Volume 7

Mafia Tanah di Banjir Jakarta

Batu Penarung Normalisasi Ciliwung

Liputan6.com 2021-03-13 08:03:49
Warga bersama anak-anak di pemukiman kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap dua kendala terkait pembebasan lahan untuk norma

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan dua masalah utama dalam pembebasan lahan untuk program normalisasi sungai sebagai upaya mengatasi banjir di ibu kota.

"Satu, masalahnya banyak (lahan) yang bersengketa, masih di pengadilan," kata Riza Patria di Jakarta, Jumat, 5 Maret 2021.

Warga melihat Kali Ciliwung yang melintasi kawasan pemukiman padat penduduk, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap dua kendala terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung sebagai upaya mencegah banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dengan begitu, Pemprov DKI membutuhkan waktu menunggu proses sengketa lahan selesai sebelum melakukan pembebasan lahan untuk penanganan banjir.

Selain itu, pembebasan lahan untuk proyek normalisasi sungai di Jakarta juga terkendala anggaran. "Kedua masalah anggarannya, kami kan punya keterbatasan," kata Riza.

Suasana pemukiman kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Panjang lahan bantaran Kali Ciliwung yang sudah dibebaskan dan bisa dinormalisasi sepanjang 7,6 kilometer. Sementara sisanya 17 kilometer belum dinormalisasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Politikus Gerindra itu menuturkan, Pemprov DKI sudah menganggarkan sekitar Rp 5 triliun sampai dengan tahun 2024 hanya untuk pembebasan lahan untuk proyek normalisasi di aliran Sungai Ciliwung.

Jika dibandingkan dengan daerah lain, anggaran tersebut terbilang jauh lebih besar. Riza memberi contoh pembebasan lahan dan waduk di Ciawi dan Sukabumi, Jawa Barat yang menelan sekitar Rp 1,3 triliun, namun sudah mendapatkan waduk berkapasitas besar.

Suasana pemukiman kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap dua kendala terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung, pertama status kepemilikan tanah dan anggaran yang dimiliki. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain itu Riza mengatakan, mafia tanah menjadi salah satu hambatan terkait pembebasan lahan untuk normalisasi sungai.

"Kami sendiri terkait penanganan banjir, termasuk yang menjadi lambat terkait pembebasan lahan normalisasi. Karena terkait masalah sengketa lahan, masalah tanah, kepemilikan dan sebagainya dan juga mafia-mafia tanah," kata Riza di Balaikota, Jakarta, Selasa 9 Maret 2021.

Anak-anak bermain di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 10 KM dari sisi kiri dan kanan membutuhkan anggaran sebesar Rp 5 triliun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain itu, Riza juga mengakatan masalah kepemilikan lahan juga menjadi permasalahan semua pihak. Karena hal itu, Riza menyatakan perlunya aturan yang tegas.

"Ini memang PR yang tidak mudah, soal aset kita tahu tanah ini adalah satu aset. Saya sering menyampaikan tidak bisa dikloning, tidak bisa dikembangkan, sementara penduduk bertambah," kata Riza.

Warga bersama anak-anak di kawasan pemukiman bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap dua kendala terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung sebagai upaya mencegah banjir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ahmad Riza Patria mengatakan pembebasan lahan untuk program normalisasi untuk pengendalian banjir akan dilakukan secara bertahap.

Kata dia, pembebasan lahan akan dilakukan melalui Dinas Sumber Daya Air dan Walikota setempat.

Suasana pemukiman kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Panjang lahan bantaran Kali Ciliwung yang sudah dibebaskan dan bisa dinormalisasi sepanjang 7,6 kilometer. Sementara sisanya 17 kilometer belum dinormalisasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Kita akan teruskan pembangunan normalisasi di Jakarta. InsyaAllah kita akan kebut dalam dua tahun ke depan," kata Riza di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021).

Selain itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementrian PUPR terkait pelaksanaan program normalisasi tersebut. Riza juga mengklaim pembebasan lahan setiap tahun dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Warga bersama anak-anak di pemukiman kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap dua kendala terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Sungai Ciliwung, pertama status kepemilikan tanah dan anggaran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pesta Ganja untuk Ritual Suci

Tradisi Mengisap Ganja dalam Festival Maha Shivaratri

Liputan6.com 2021-03-12 05:03:00
Festival Maha Shivaratri 2021 diadakan setiap 11 Maret. Orang-orang suci Hindu di Nepal mengisap ganja untuk menghormati tradisi ( (AFP/Prakash Mathema)

Setiap agama memiliki hari penting masing-masing. Dalam Hindu, salah satu tradisinya adalah Festival Maha Shivaratri yang jatuh setiap 11 Maret.

Festival tersebut dirayakan untuk menghormati Dewa Siwa. Prosesinya pun menjelma jadi salah satu tradisi penting dan utama dalam agama Hindu.

Sadhu atau orang suci Hindu mengambil bagian dalam prosesi keagamaan menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). (AFP/Prakash Mathema)

Festival Maha Shivaratri dilaksanakan pada akhir musim dingin dan sebelum datangnya musim semi. Maha Shivaratri dipercaya sebagai malam di mana Siwa melakukan tarian surgawi tentang penciptaan, pelestarian, dan penghancuran.

Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini merupakan peringatan besar untuk menghalau kegelapan dan ketidaktahuan dalam kehidupan di dunia. (AFP/Prakash Mathema)

Cerita di balik Maha Shivaratri sedikit berbeda tergantung pada Purana. Purana merupakan bagian dari kesusastraan Hindu yang memuat mitologi, legenda, dan kisah-kisah zaman kuno.

Seorang Sadhu atau orang suci Hindu mengoleskan cat di wajahnya menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di dekat kuil Pashupatinath di Kathmandu (9/3/2021). Orang Suci Hindu tidak diizinkan untuk menjual atau membiarkan peziarah mengisap ganja. (AFP/Prakash Mathema)

Di Nepal, misalnya. Orang-orang suci Hindu bergabung dengan umat dan publik untuk melakukan prosesi penting. Yang dimaksud tak lain adalah membakar ganja dan mengisapnya.

Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menggunakan 'chillum', pipa tanah liat tradisional, menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini juga menandai hari penyempurnaan pernikahan Siwa. (AFP/Prakash Mathema)

Biasanya mereka berkumpul di sekitar kuil yang dipadati pengisap ganja untuk merayakan festival tersebut. Ada larangan untuk mengisap ganja, tapi mereka juga harus menghormati tradisi yang sudah ada berabad-abad.

Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menggunakan 'chillum', pipa tanah liat tradisional, menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini dirayakan sebagai bentuk persembahan kepada Dewa Siwa. (AFP/Prakash Mathema)

Nepal terkenal dengan mariyuana dan narkotika lain pada era 1960-an, ketika kaum hippie sampai ke negara Himalaya. Toko-toko dan kedai teh dulu mengiklankan dan menjualnya secara legal. Namun, ganja dilarang pada pada 1976, seperti dikutip dari laman Independent.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Piringan Hitam, Meski Jadul Tetap Mantul

Digerus Streaming, Piringan Hitam Tetap Dicari

Liputan6.com 2021-03-13 14:15:42
Pecinta musik memilah Piringan Hitam, CD, dan Kaset pita di toko "Wow Record Store", Blok M Squere, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Pedagang Piringan Hitam, CD, dan Kaset Pita ini bertahan diteng

Rilisan fisik musik rupanya masih bertahan meski terus digerus zaman. Buktinya, meski kini telah memasuki era music streaming digital, piringan hitam (PH), compact disc (CD), ataupun kaset pita masih diburu orang.

Walau memang, perputarannya tidak sekencang dulu di era 1970, 1980, atau 1990-an. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang.

Pecinta musik memilah Piringan Hitam, CD, dan Kaset pita di toko

Meski begitu, toh masih ada saja pecinta rilis fisik yang singgah di Blok M Square, Jakarta. Kawasan ini memang dikenal sebagai btempat berkumpulnya para penjual rilisan fisik musik, selain Taman Santa, Taman Puring, Jl Jenderal Oerip, dan Jalan Surabaya.

Pecinta musik memilah Piringan Hitam, CD, dan Kaset pita di toko

Beberapa toko di Blok M Square tetap buka seperti biasa lantaran telah memiliki pelanggan masing-masing. Beigtu juga di WOW Record Store. Sore itu beberapa pengunjung terlihat asyik memilah-milah piringan hitam atau cd incarannya.

Pecinta musik memilah Piringan Hitam, CD, dan Kaset pita di toko

Mereka tak peduli, meski music streaming menjanjikan banyak kemudahan karena langsung ada di genggaman.

Pecinta musik memilah Piringan Hitam, CD, dan Kaset pita di toko

Bagi mereka, mendengarkan musik melauli rilisan fisik sambil melihat dan membaca-baca lembaran covernya, jelas lebih mengasyikkan.

Potret 10 Tahun Setelah Bencana Fukusima

Mengenang 10 Tahun Gempa dan Tsunami Berujung Bencana Nuklir di Jepang

Liputan6.com 2021-03-13 10:00:01
Foto kombinasi kondisi porak-poranda wilayah pesisir Jepang setelah dihantam tsunami pada 11 Maret 2011 (atas) dan kondisi lokasi yang sama 10 tahun kemudian (bawah). Tepat hari ini 10 tahun

Gempa bumi, tsunami, dan bencana nuklir. Jepang pada Kamis 11 Maret 2021 menandai 10 tahun tragedi Fukushima yang melumpuhkan wilayah timur lautnya, menewaskan ribuan orang dan meninggalkan jejak kehancuran --yang telah membuat banyak orang yang selamat masih berjuang untuk menyatukan kembali kehidupan mereka usai satu dekade.

Pemerintah Jepang telah menghabiskan sekitar US$ 300 miliar untuk membangun kembali wilayah terdampak di Fukushima. Tetapi, menonaktifkan kembali pabrik secara aman akan memakan waktu puluhan tahun dan biaya hingga miliaran dolar, demikian seperti dikutip dari NBC, Sabtu (13/3/2021).

Foto kombinasi menunjukkan penduduk (atas) berjalan di sepanjang jalan yang dipenuhi dengan mobil yang tertimpa tsunami di kota Ofunato, prefektur Iwate pada tanggal 14 Maret 2011; dan area yang sama (bawah) hampir 10 tahun kemudian pada 27 Januari 2021. (AFP/Toshifumi Kitamura dan Kazuhiro Nogi)

Gempa berkekuatan 9,0 magnitudo, terkuat dalam sejarah negara itu, melanda pada 11 Maret 2011. Lindu kemudian memicu tsunami yang menyapu jauh ke daratan, menghancurkan kota-kota, dan menyebabkan kehancuran di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daichi.

Lebih dari 20.000 orang diperkirakan meninggal, sebagian besar akibat tersapu tsunami, dan hampir setengah juta orang mengungsi karena wilayah itu menderita bencana nuklir terburuk di dunia sejak Chernobyl di Ukraina.

Foto kombinasi kondisi porak-poranda wilayah pesisir Jepang setelah dihantam tsunami pada 11 Maret 2011 (atas) dan kondisi lokasi yang sama 10 tahun kemudian (bawah). Tepat hari ini 10 tahun lalu, gelombang tsunami akibat gempa berkekuatan magnitudo 9,0 menyapu wilayah pesisir Jepang. (AFP Photo)

Sepuluh tahun kemudian, banyak orang di Jepang menuju pantai pada Kamis 11 Maret 2021, membawa karangan bunga atau mengunjungi kuburan untuk berdoa, sementara yang lain mengambil bagian dalam protes anti-nuklir untuk menandai tragedi tersebut.

Kaisar Jepang Naruhito dan istrinya mengambil bagian dalam peringatan suram di Tokyo bersama dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga, mengamati sejenak keheningan pada pukul 2:46 malam waktu setempat. "Hatiku sakit" memikirkan mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai, pekerjaan dan komunitas, Naruhito mengatakan, mencatat bahwa banyak penduduk Fukushima masih belum bisa kembali.

Foto kombinasi menunjukkan kerusakan (atas) yang disebabkan oleh tsunami 11 Maret 2011 dilihat dari bukit yang menghadap ke kota Otsuchi, prefektur Iwate pada tanggal 6 April 2011 dan area yang sama (bawah) hampir 10 tahun kemudian pada 28 Januari 2021. (AFP/Kazuhiro Nogi)

Kaisar Naruhito melanjutkan, "Saya juga menganggap penting untuk menyembuhkan bekas luka emosional dan mengawasi kesehatan mental dan fisik mereka yang menderita, termasuk orang tua dan anak-anak," katanya kepada audiens yang mengenakan masker karena pandemi virus corona.

Sementara PM Suga, mengenakan setelan jas hitam, mengatakan dalam peringatan bahwa hilangnya nyawa masih mustahil untuk direnungkan.

Foto kombinasi menunjukkan seorang yang selamat (atas) berjalan melewati puing-puing dan bangunan yang runtuh di Kesennuma, Prefektur Miyagi pada tanggal 18 Maret 2011; dan area yang sama (bawah) hampir 10 tahun kemudian pada 27 Januari 2021. (AFP/Kazuhiro Nogi, Philippe Lopez)

Tragedi bencana Fukushima telah menggantung di atas kehidupan Jepang selama 10 tahun terakhir. Itu telah menjadi berita utama global, dan pada hari Kamis dukungan dituangkan dari luar negeri. Penyanyi Lady Gaga, yang memiliki basis penggemar besar di negara itu, menyuarakan pesan solidaritas.

"Sepertinya kemarin saya sedang menonton rekaman mengejutkan dari gempa dahsyat dan tsunami di berita dan berpikir, 'Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu?'" katanya dalam sebuah video di Twitter.

Foto kombinasi menunjukkan orang-orang (atas) mengungsi dengan perahu di jalan yang dibanjiri oleh gelombang tsunami di kota Ishinomaki, Prefektur Miyagi pada 12 Maret 2011; dan area yang sama (bawah) hampir 10 tahun kemudian pada tanggal 26 Januari 2021. (STR, Kazuhiro NOGI / AFP / JIJI PRESS)

Setelah bencana, penyanyi itu menyumbangkan lagu untuk album amal "Songs for Japan" dan US$ 1,5 juta untuk dana bantuan dari penjualan gelang di situs webnya. Dia juga tampil di acara amal Palang Merah Jepang.

"Mari kita semua terus saling mendukung, berbaik sangkur dan saling mencintai," tambahnya, menggambar perbandingan dengan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.

Foto kombinasi menunjukkan pesawat pribadi (atas) yang terdampar di darat tsunami di puing-puing di samping mobil di luar Bandara Sendai di Natori, Prefektur Miyagi pada 13 Maret 2011, dua hari setelah tsunami memukul wilayah tersebut dan area yang sama (bawah) hampir 10 tahun kemudian pada 26 Janua

Gempa bumi umum terjadi di Jepang, salah satu daerah yang paling aktif secara seismik di dunia. Bulan lalu, gempa bermagnitudo 7,3 melanda lepas pantai prefektur Fukushima, meningkatkan kekhawatiran akan krisis berulang tetapi menyebabkan sedikit kerusakan.

Sekitar 40.000 orang masih mengungsi akibat bencana tersebut, tidak dapat pulang ke daerah dekat pabrik rusak yang masih terlarang karena kontaminasi radioaktif.

Robot Gundam Raksasa, Tertinggi di Dunia

Mengenal Lebih Dekat Robot Gundam Setinggi 18 Meter di Yokohama

Liputan6.com 2021-03-13 19:00:00
Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Penggemar seri Mobile Suit Gundam pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok robot ikonik RX-78-2.

Tampil sebagai Gundam pertama di serial yang populer pada 1979-an, Bandai Namco Group mewujudkan mimpi banyak penggemar setia seri itu dengan membuat robot raksasa ini di dunia nyata.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Terletak di luar Gundam Factory di Yokohama, RX-78-2 Gundam memiliki ukuran tinggi 18 meter dan berat 25 metrik ton, sebagaimana dilansir dari Sora News 24.

Bandai Namco Group membangun robot Gundam ini sebagai upaya memperingati 40 tahun penayangan serial TV "Mobile Suit Gundam" tahun lalu.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Layaknya sosok RX-78-2 di serial TV dan film, robot Gundam raksasa yang dibangun selama 6 tahun ini juga dapat bergerak.

Diketahui, RX-78-2 dapat melakukan sejumlah gerakan yang sederhana hingga kompleks, seperti menggerakkan kaki, tangan, dan kepala hingga berlutut.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Agar terlihat seperti di seri anime, para insinyur menyertakan beberapa lampu yang terpasang di bagian-bagian tertentu robot RX-78-2 ini, seperti di kepala, mata, dada, dan lutut.

Robot humanoid ini rencananya akan menjadi daya tarik utama Gundam Factory di Yokohama saat dibuka resmi pada 1 Oktober 2020.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Namun karena pandemi COVID-19, pihak penyelenggara memutuskan menunda pembukaan atraksi robot Gundam raksasa tersebut untuk umum.

Baru pada 19 Desember 2020, fans setia Gundam dan robotika dari seluruh dunia berkesempatan untuk melihat secara langsung penampilan RX-78-2 ini.

Robot Gundam Setinggi 18 Meter dari Yokohama. Kredit: Domenico Vescio - Nansei2

Bagi yang berkesempatan datang langsung ke Yokohama, pengunjung dapat melihat kepala dan tubuh RX-78-2 ini dari dek observasi yang memiliki ketinggian 15 hingga 18 meter.

Rencananya, atraksi robot Gundam RX-78-2 ini hanya akan dibuka hingga 31 Maret 2022.

Perang Bintang NBA All-Star 2021

Ajang Perang Bintang NBA All-Star 2021

Liputan6.com 2021-03-12 11:00:42
Giannis Antetokounmpo Melakukan Slam Dunk di NBA All-Star 2021 (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

NBA All-Star 2021 akhirnya bisa berlangsung cukup meriah di State Farm Arena, Atlanta pada Senin 9 Maret 2021 pagi WIB. Ajang perang bintang ini sempat dibayangi kecemasan karena masih tingginya pandemi Covid-19 di Amerika Serikat.

Tim LeBron sukses memenangi pertandingan NBA All-Star 2021. LeBron James dan kawan-kawan menang telak 170-140 atas tim Durant. Tim LeBron menyapu bersih seluruh hadiah di empat kuarter.

Anfernee Simons memamerkan kemampuannya melakukan slam dunk di NBA All-Star 2021(AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Anfernee Simons dari Portland Trail Blazers melakukan atraksi saat kontes slam dunk. Simons menjadi juara usai mengalahkan Obi Toppin (New York Knicks) dan Cassius Stanley (Indiana Pacers).

Kontes slam dunk NBA All-Star 2021 hanya diikuti tiga pemain dan semua peserta bukanlah nama besar. Banyak pemain top menolak tampil di tengah situasi pandemi Covid-19.

Pemain New York Knicks Obi Toppin melakukan slam dunk di NBA All-Star 2021 (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Pemain New York Knicks Obi Toppin melakukan slam dunk dahsyat dengan melompati ayahnya Obadiah dan rekan setimnya Julius Randle. Sayangnya Toppin gagal menjadi juara karena kalah bersaing dengan Anfernee Simons.

Kontes slam dunk kali ini diadakan di jeda pertandingan NBA All-Star 2021. Biasanya dilakukan sehari sebelumnya. Pasalnya NBA mempercepat rangkaian ajang All-Star 2021 menjadi satu hari dari biasanya tiga hari.

Zach LaVine beraksi di NBA All-Star 2021 (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Salah satu debutan di NBA All-Star 2021 Zach LaVine tak mau melewatkan kesempatan unjuk gigi. Pemain Chicago Bulls itu terbang tinggi melakukan dunk.

LaVine baru pertama kali main di NBA All-Star. Debutan lainnya di tahun 2021 ada Zion Williamson, Julius Randle, Mike Conley dan Jaylen Brown.

Damian Lillard Melakukan Slam Dunk di NBA All-Star 2021 (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Point guard tim LeBron, Damian Lillard melakukan slam dunk dua tangan di pertandingan NBA All-Star 2021. Lillard membuat alley-oop dunk meneruskan umpan dari Chris Paul.

Sepanjang NBA All-Star 2021, Lillard tampil begitu menghibur. Dia banyak membuat tembakan tiga angka dari tengah lapangan, termasuk saat mengunci kemenangan tim LeBron 170-140.

Kyrie Irving beraksi saat NBA All-Star 2021 (AFP/TIMOTHY A. CLARY)

Point guard Kyrie Irving yang biasanya jarang melakukan slam dunk tak mau kalah dengan Chris Paul dan Stephen Curry menunjukkan kemampuannya nombok di NBA All-Star 2021.

Irving jadi penampil terbaik di tim Durant pada NBA All-Star 2021. Pemain Brooklyn Nets itu menghasilkan 24 poin, 12 assists dan lima rebound.

Klasiknya Mobil Sport Maradona

Keistimewaan Mobil Sport Klasik Mendiang Diego Maradona

Liputan6.com 2021-03-12 11:04:09
Mobil Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Tubro Look milik mendiang Diego Maradona dipamerkan jelang pelelangannya oleh Bonhams di Vichte, Belgia, Rabu (24/2/2021). Diperkirakan

Diego Armando Maradona telah meninggal dunia pada 25 November 2020. Pesepak bola legendaris Argentina itu wafat karena serangan jantung.

Mantan pemain Napoli tersebut diketahui memiliki selera yang tinggi di dunia otomotif semasa hidupnya. Sebagai pesepak bola hebat yang memiliki bayaran tinggi, tentu tidak sulit bagi Diego Maradona memiliki mobil yang ia idamkan.

Salah satu mobil yang ia miliki saat itu adalah Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look. Dan beberapa waktu lalu, mobil sport bekas Maradona itu dilelang.

Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona. (BENOIT DOPPAGNE/Belga/AFP)

Mobil Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona dipamerkan menjelang pelelangannya oleh Bonhams di Vichte, Belgia, Rabu (24/2/2021).

Ini akan menjadi pertama kalinya mobil legendaris sepak bola itu dilelang.

Bagian buritan Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona. (BENOIT DOPPAGNE/Belga/AFP)

Bersama mobil ini, Maradona pernah dihentikan polisi karena menerobos lampu merah dan ngebut hingga 177 km/jam di dalam kota.

Interior Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona. (BENOIT DOPPAGNE/Belga/AFP)

Mobil ini bisa menempuh kecepatan hingga 257 km/jam, supercar mumpuni pada masanya.

Gantungan kunci Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona. (BENOIT DOPPAGNE/Belga/AFP)

Mobil bekas milik Maradona ini adalah satu dari 1.200 unit yang pernah dibuat dengan spek khusus.

Instrumen panel Porsche 911 Type 964 Carrera 2 Convertible Works Turbo Look milik mendiang Diego Maradona. (BENOIT DOPPAGNE/Belga/AFP)

Porsche 911 Type 964 tersebut akan dilelang pada Maret 2021. Namun belum ada informasi lanjutan mengenai lelang tersebut.

Rileks Dulu Ahh...

Potret Menggemaskan Monyet Salju Berendam di Mata Air Panas

Liputan6.com 2021-03-12 15:01:43
Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Terletak di lembah Sungai Yokoyu di utara Prefektur Nagano, Jepang, terdapat taman Jigokudani yang secara harfiah berarti "Lembah Neraka." Dijuluki demikian karena di tempat tersebut, di antara tebing yang sangat curam, terdapat mata air panas yang muncul secara alami.

Menariknya, di taman Jigokudani, Anda bisa menemukan monyet-monyet Jepang yang tampak anteng menikmati berendam di mata air panas itu. Orang-orang kemudian menjuluki monyet-monyet tersebut sebagai "Snow Monkey" alias monyet salju.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Melansir dari Japan-forward, diketahui bahwa taman tersebut diciptakan pada tahun 1964 oleh Satoru Hara. Ia menciptakan taman alami tersebut dalam upaya memberi monyet ruang sendiri di mana mereka akan diberi makan secara teratur, sehingga mereka tidak akan menjarah makanan dari peternakan terdekat.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Tiga tahun kemudian, pemandian air panas "onsen" ditambahkan untuk monyet. Hal ini setelah para monyet itu membuat keributan dengan berkelana ke pemandian terbuka untuk mencari kehangatan dan mengganggu turis yang singgah di penginapan terdekat.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Merupakan hal yang wajar para monyet tersebut mencari kehangatan di pemandian air panas. Sebab selama hampir empat bulan dalam setahun, daerah sekitar habitat monyet tersebut tertutup salju dengan suhu yang sering turun di bawah minus 10 derajat Celsius.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Bila musim dingin tiba, sekitar 160 ekor monyet akan turun dari tebing curam dan hutan untuk mencari makan dan duduk di mata air panas di siang hari, kemudian kembali ke perlindungan hutan di malam hari.

Jigokudani kini telah menjadi tempat yang populer untuk mengamati monyet di habitat aslinya. Malahan, taman ini menjadi salah satu tujuan wisata utama Prefektur Nagano yang dikunjungi oleh lebih dari 200 ribu orang.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Menariknya, meski monyet salju kerap diidentikkan dengan monyet-monyet yang berendam di mata air panas, faktanya hanya 20-30 persen dari monyet-monyet tersebut yang benar-benar melakukannya. Menurut seorang anggota staf di taman tersebut, monyet salju sebenarnya lebih suka menghangatkan diri di bawah sinar matahari atau meringkuk bersama kawanan ketimbang membasahi tubuh mereka.

Doc: AP Photo/Kiichiro Sato

Di dalam taman tersebut, Anda tak hanya bisa melihat monyet dewasa yang berendam di air panas. Anak-anak mereka pun ada di sana: berpegangan pada punggung ibu mereka, bermain-main dengan dahan pohon, berlarian di lereng yang tertutup salju, atau bahkan hanya sekadar mencari kutu satu sama lain.

Atta-Aurel Hermansyah, Selangkah Lagi Sah

Cerita Pekan Ini: Momen Manis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Selangkah ke Pelaminan

Liputan6.com 2021-03-13 21:00:30
Hari pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah tinggal menghitung hari. Semula berencana menikah di GBK, Senayan, Jakarta, namun nampaknya rung dilakukan mengingat masih pandemi. (Insta

Setahun sudah jalinan asmara Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar bersemi. Selama itu, hubungan keduanya tak mulus, mereka sempat putus nyambung. Tapi siapa sangka, hati mereka saling tertaut satu sama lain.

Atta Halilintar mengakui putri sulung Anang Hermansyah dan Krisdayanti sukses menggaet hatinya. Ia pun tak bisa berpaling ke lain hati. Tak mau berlama-lama lagi pacaran, YouTuber nomor satu se-Asia ini ingin segera menghalalkan sang kekasih.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, beberapa waktu lalu, Atta Halilintar mengungkapkan perasaannya kepada Aurel Hermansyah. "Setelah hampir 1 tahun tunangan.. semakin yakin diri ku kalau kamu puzzle pelengkap hidupku ," tulisnya.

(Instagram/attahalilintar)

Kedekatan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar berawal dari kolaborasi konten YouTube di tahun 2019. Kolaborasi konten pasangan ini dimulai dengan Atta Halilintar melakukan makeup challenge untuk Aurel Hermansyah.

(Instagram/attahalilintar)

Kemudian karena banyak permintaan dari penggemar, pasangan ini pun membuat konten bersama secara rutin. Kemudian baik Atta maupun Aurel pun menjalin hubungan dekat dengan keluarga Gen Halilintar dan The Hermansyah.

(Sumber: Instagram/@aurelie.hermansyah)

Setelah cukup lama dekat, Atta Halilintar pun melamar Aurel Hermansyah pada Juli 2020. Kemudian, pasangan ini juga sempat diisukan alami cekcok hingga putus. Kabar ini pun dibenarkan oleh Atta, kendati demikian keduanya akhirnya balikan dan berlibur bersama di Pulau Sumba.

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Akhirnya, pada Jumat (12/2/2021), pasangan ini mantap untuk maju ke jenjang pernikahan. Atta Halilintar pun mengumumkan tanggal rencana akad nikah yang digelar pada 21 Maret 2021.

"Bismillah Insyallah tgl 21 maret 2021 kita Akad dulu..Semoga tidak ada gangguan dan ga undur2 Makasih ya dukungan dari semua yang mendoakan ," Atta Halilintar menuliskan.

Badut-Badut yang Menyembuhkan

Hadir Sebagai Terapi, Para Badut Rumah Sakit Siap Terbitkan Tawa Pasien-Pasien Cilik

Liputan6.com 2021-03-12 18:00:46
Badut dari Sonrisa Medica hibur pasien cilik di rumah sakit.

Dokter dan perawat adalah sosok-sosok yang pasti ditemukan di rumah sakit. Lalu, badut biasa ditemukan di taman hiburan atau pesta ulang tahun. Umumnya demikian, bukan?

Dua badut dari LSM Sunrise Media (Senyuman Medis) tampil untuk pasien berusia delapan tahun Miquel di sayap anak-anak Rumah Sakit Son Llatzer, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

Tapi, banyak yang bilang, tawa adalah obat paling mujarab. Setidaknya perasaan bahagia mampu membuat pasien, terutama pasien anak, untuk sejenak melupakan sakitnya. Menyadari hal itu, Miguel Borras kemudian mendirikan Sonrisa Medica, sebuah organisasi nirlaba yang menjadi pionir Hospital Clowning di Spanyol.

Seorang badut dari LSM Sunrise Media (Senyuman Medis) tampil untuk pasien berusia lima bulan Mario di sayap anak-anak Rumah Sakit Son Llatzer, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

Miguel punya pengalaman pribadi terkait kehadiran badut di rumah sakit. Suatu ketika, putrinya--Laura--yang kala itu berusia 10 tahun, tengah dirawat di rumah sakit. Miguel bercerita, Laura bisa kembali tertawa setelah sekian lama karena kehadiran badut-badut itu.

Badut dari LSM Sunrise Media (Senyuman Medis) tampil untuk pasien berusia empat tahun Emilyn di sayap anak-anak Rumah Sakit Son Espases, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

"Sudah sangat lama sejak terakhir kali aku melihatnya tertawa seperti itu. Sejak saat itu, kami memberikan semua energi kami agar anak-anak lain yang sedang dirawat di rumah sakit di Balearic Islands dapat memiliki pengalaman yang sama," ujar Miguel.

Dua badut dari LSM Media Sunrise (Senyuman Medis) tampil di Rumah Sakit Son Llatzer, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

Sonrisa Medica menawarkan jasa hiburan ilusi dan banyolan dalam bentuk sosok badut lucu sebagai alat terapi di rumah sakit-rumah sakit umum di Kepulauan Balearic.

"Kami adalah pionir dalam metodologi Hospital Clowning di Spanyol. Dan kami sangat yakin bahwa humor terapeutik meningkatkan kualitas hidup seorang pasien dan pendampingnya," tulis laman Sonrisamedica.

Dua badut dari LSM Sunrise Media (Senyuman Medis) tampil untuk pasien Iris berusia sembilan tahun di sayap anak-anak Rumah Sakit Son Llatzer, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

Sonrisa Medica telah dinyatakan sebagai perusahaan utilitas publik pada 2004 oleh Menteri Dalam Negeri Spanyol. Badut-badut di Sonrisa Medica bukanlah badut biasa, mereka merupakan badut terapeutik yang dibekali pengetahuan khusus seputar seni, musik, kesehatan, dan psikologi. Semuanya aktif, memiliki akreditasi yang baik, serta berpengalaman di bidang seni pertunjukan.

Dua badut dari LSM Media Sunrise (Senyuman Medis) tampil di Rumah Sakit Son Llatzer, Palma de Mallorca, Spanyol, 8 Maret 2021. (JAIME REINA/AFP)

Merias Kolong Jembatan

FOTO: Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over

Liputan6.com 2021-03-12 19:00:00
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebag
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercocok tanam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Taman Bibit dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan bibit tanaman di beberapa daerah di Jakarta Selatan serta bagi warga yang membutuhkan akan diberikan secara gratis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercocok tanam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Taman Bibit dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan bibit tanaman di beberapa daerah di Jakarta Selatan serta bagi warga yang membutuhkan akan diberikan secara gratis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU menyiram tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercocok tanam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Taman Bibit dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan bibit tanaman di beberapa daerah di Jakarta Selatan serta bagi warga yang membutuhkan akan diberikan secara gratis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercocok tanam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Taman Bibit dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan bibit tanaman di beberapa daerah di Jakarta Selatan serta bagi warga yang membutuhkan akan diberikan secara gratis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Selain untuk mempercantik area kolong flyover, taman bibit tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercocok tanam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Melihat Budidaya Bibit Tanaman di Bawah Fly Over
Petugas PPSU merawat tanaman di kolong flyover di Taman Bibit di Kebayoran, Jakarta, Jumat (12/3/2021). Taman Bibit dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan bibit tanaman di beberapa daerah di Jakarta Selatan serta bagi warga yang membutuhkan akan diberikan secara gratis. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aprilia Manganang Sekarang Laki-Laki