Volume 8

Kuburan Penuh, Pemakaman Covid-19 Terus Diperluas

Potret Suasana Makam Jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua

Liputan6.com 2021-03-19 14:55:45
Petugas melakukan perawatan makam jenazah protokol Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dinkes DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat Covid-19 pada

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat COVID-19 pada Maret 2021 berada di atas 40 orang atau meningkat dari 1,6 menjadi 1,7 persen. Hal ini membuat Pemprov DKI mempersiapkan lahan untuk makam jenazah-jenazah COVID-19 tersebut.

Alat berat jenis eskavator terlihat menyiapkan makam untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Ini menjadi kegiatan yang lumrah di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang turut menimpa Indonesia.

Petugas melakukan pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dinkes DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat Covid-19 pada Maret 2021 berada diatas 40 atau meningkat dari 1,6 menjadi 1,7 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah petugas melakukan pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Ini nyaris menjadi tugas mereka sehari-hari setelah meningkatnya jumlah kematian akibat COVID-19 di Jakarta.

Warga berziarah di makam jenazah dengan protokol Covid-19, TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dinkes DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat Covid-19 pada Maret 2021 berada diatas 40 atau meningkat dari 1,6 menjadi 1,7 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tampak ada warga yang berziarah di makam jenazah dengan protokol Covid-19, TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Mereka berziarah ditemani alat berat eskavator yang dipakai untuk menggali makam jenazah COVID-19 lainnya.

Warga berziarah di makam jenazah dengan protokol Covid-19, TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dinkes DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat Covid-19 pada Maret 2021 berada diatas 40 atau meningkat dari 1,6 menjadi 1,7 persen. (Liputan6.com/HelmiFithriansyah)

Pemandangan penuh nisan berwarna putih khas makam jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Terlihat seorang warga melintas makam-makan itu setelah berziarah di sana.

Alat berat menyiapkan makam jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Dinkes DKI Jakarta mencatat penambahan kasus kematian akibat Covid-19 pada Maret 2021 berada diatas 40 atau meningkat dari 1,6 menjadi 1,7 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beberapa petugas berkaus hijau terlihat melakukan perawatan terhadap makam jenazah protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jakarta, Kamis (18/3/2021). Mereka juga kerap membantu proses pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Dua.

Kisah Sedih All England 2021

Balada All England 2021, Jonatan Christie: Kita Ambil Hikmahnya

Liputan6.com 2021-03-20 11:31:26
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengalahkan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand pada babek pertama All England 2021 di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Rabu, 17 Maret. (foto: BWF-limi

Andalan tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menyambut gembira rencana kepulangan tim Indonesia dari Birmingham, Inggris, ke Indonesia. Mereka akan segera pulang usai dipaksa mundur dari All England 2021.

"Iya Puji Tuhan banget kita bisa pulang sebelum waktu yang ditentukan," kata Jonathan Christie.

Jonatan Christie yang sempat bertanding dan mengalahkan Kunlavut Vitidsarn pada babak pertama, dengan skor 21-13, 24-22, mengucapkan rasa terima kasih pada KBRI di Inggris, Kemenpora, bahkan Presiden Joko Widodo yang sudah memperhatikan dan meminta kasus ini untuk ditangani secepat mungkin. "Termasuk kepada PBSI juga yang menanggapi dengan sangat cepat," ujarnya.

Skuat Indonesia dipastikan dapat kembali lebih cepat dan tidak harus menjalani isolasi seperti yang diinstruksikan pihak NHS (National Health Service) hingga 23 Maret mendatang.

"Ya walaupun kita tidak dapat lanjut bertanding, tetapi kita ambil hikmahnya. Pastinya kita akan lakukan yang terbaik untuk pertandingan berikutnya," kata Jonatan.


Secepatnya Kembali

Sebelumya, Manajer Tim Indonesia, Ricky Soebagdja membenarkan soal kepulangan lebih cepat ini. Dia mengatakan meski kecewa berat karena dipaksa mundur di All England 2021, tapi kondisi tim Indonesia bisa menerima kondisi ini dengan tegar.

Pihaknya, dikatakannya, ingin fokus bagaimana tim secepatnya dapat kembali ke Indonesia. Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan Duta Besar RI di London, Desra Percaya, tim akan kembali ke Indonesia pada Minggu (21/3).


Tes Kit

Selain membantu untuk kepulangan tim Indonesia, pihak KBRI juga memfasilitasi tes kit untuk swab secara mandiri, yang nantinya dibawa oleh KBRI ke laboratorium di Birmingham untuk dites PCR. Proses swab dilakukan oleh dokter PP PBSI.

"Alhamdulillah, setelah Pak Dubes, yaitu Pak Desra bertemu dengan pihak NHS, beliau mendapatkan izin dan keputusan bahwa kami bisa lebih cepat pulang ke Indonesia. Hari ini kami semua akan melakukan Swab PCR untuk syarat kepulangan kami nanti, yang juga alat tes kit-nya diberikan oleh KBRI. Ini semua sudah mendapatkan izin baik dari NHS, maupun panitia All England," kata Ricky Soebagdja seperti dikutip situs resmi PBSI.


Kabar Baik

Hal ini merupakan kabar baik, terutama untuk para atlet. Sejatinya, setelah kecewa karena batal berlaga, setidaknya tidak perlu berlama-lama di Negeri Ratu Elizabeth ini hanya untuk berdiam diri di kamar hotel.

"Kepulangan Tim Indonesia, Insya Allah dijadwalkan pada Minggu, 21 Maret melalui London, karena tidak ada penerbangan dari Birmingham di tanggal tersebut. Untuk transportasi dari Birmingham ke London akan dibantu oleh KBRI, kami akan dijemput dan diantar hingga ke bandara nanti oleh Pak Desra, Dubes RI di London," kata Ricky.


Simak Video Menarik Berikut Ini

ISIS Musnahkan Warisan Dunia

Potret Rusaknya Situs Warisan Dunia UNESCO di Suriah Akibat ISIS dan Perang

Liputan6.com 2021-03-20 14:00:01
Benteng Fakhr al-Din II dengan pemandangan Great Colonnade di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Suriah memiliki enam situs yang terdaftar dalam daftar elite warisan d

Kehadiran kelompok ekstremis dan teroris ISIS di Suriah, di samping adanya perang saudara antara rezim Presiden Bashar al-Assad dan para oposisi. telah menjadi salah satu faktor instabilitas berkepanjangan di negara Timur Tengah tersebut.

Tak hanya itu, perang berkepanjangan telah membawa kehancuran fisik di Suriah, termasuk terhadap situs-situs bersejarah peradaban kuno di kawasan Levant --badan PBB UNESCO mencatat.

Nahasnya, UNESCO menyebut "6 dari 6" situs warisan dunia yang ada di Suriah telah hancur atau rusak signifikan selama konflik dan pertempuran yang telah terjadi sejak 2011 silam.

Sebagian pemandangan Kuil Bel yang rusak di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Suriah memiliki enam situs yang terdaftar dalam daftar elite warisan dunia UNESCO dan semuanya mengalami kerusakan dalam perang 10 tahun. (LOUAI BESHARA/AFP)

Palmyra

Sebelum kedatangan Negara Islam (IS, sebelumnya ISIS/ISIL), Palmyra, yang berarti "Kota Sawit",adalah museum terbuka yang dihormati hanya 210 km dari ibukota Suriah Damaskus.

Situs unik, yang digambarkan oleh UNESCO sebagai "oasis di gurun Suriah" ditangkap oleh Negara Islam pada Mei 2015. Sebelum konflik Suriah meletus pada 2011, lebih dari 150.000 wisatawan mengunjungi kota itu setiap tahun.

Permata reruntuhan kuno di situs warisan UNESCO di Palmyra - Lengkungan Triumph yang ikonik - diledakkan oleh ekstremis IS yang terlibat dalam apa yang telah dijuluki sebagai "pembersihan budaya" Timur Tengah.

Pemandangan reruntuhan kota kuno Palmyra di Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Selain Palmyra dan Aleppo, kota kuno Damaskus dan Bosra juga mengalami kerusakan. (LOUAI BESHARA/AFP)

Kota Tua Aleppo

Sebagai salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia, Aleppo, dengan gerbang abad pertengahannya, struktur Kristen abad ke-6, rencana jalan periode Romawi dan banyak rumah dan istana periode Ottoman, telah lama menjadi pusat perkotaan, komersial, dan budaya suriah barat laut

Salah satu situs budaya paling terkenal di Aleppo adalah Masjid Agung, yang didirikan pada periode Umayyah dan dibangun kembali pada abad ke-12. Aleppo telah berada di garis depan dalam konflik saat ini. Pemerintah dan pasukan oposisi terus bentrok di dalam dan di sekitar kota. Catatan konflik di Aleppo menguraikan konflik yang ditandai dengan pertempuran berat dan penembakan luas oleh tank dan artileri.

Kerusakan yang cukup besar terlihat di dalam kota tua, termasuk kerusakan masjid agung Aleppo dan pasar tertutup Suq al-Madina kuno. Pada musim semi 2013, dilaporkan bahwa menara Masjid Agung Aleppo telah dihancurkan selama pertempuran.

Sebagian pemandangan Kuil Bel yang rusak di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Selain Palmyra dan Aleppo, kota kuno Damaskus dan Bosra juga mengalami kerusakan. (LOUAI BESHARA/AFP)

Kota Tua Damaskus

Sebelum Palmyra ditangkap oleh IS, para pejabat berhasil menghapus beberapa artefak berharga dari situs dan membawa mereka ke Damaskus. Namun, ibukota Suriah - dengan Kota Kuno Damaskus tertulis dalam daftar UNESCO pada tahun 1979, dirinya menderita dari konflik yang sedang berlangsung.

Salah satu kota tertua di dunia telah dilanda perang saudara yang sama yang telah membuat seluruh negara terganggu. Warga mengatakan mereka tidak ingat seperti apa perdamaian itu.

Pada tahun 2013, situs Yahudi paling suci di Suriah - Sinagoge Jobar berusia 2.000 tahun di Damaskus - dijarah dan dibakar, dan atapnya meledak. Tentara Suriah dan pasukan pemberontak telah saling menyalahkan atas pembongkaran tengara bersejarah itu, yang dianggap sebagai tempat ziarah paling suci di Suriah bagi orang Yahudi.

Patung yang rusak terlihat di museum di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Selain Palmyra dan Aleppo, kota kuno Damaskus dan Bosra juga mengalami kerusakan. (LOUAI BESHARA/AFP)

Bosra

Terletak di kegubernnan Daara Suriah selatan, kota kuno Bosra paling dikenal sebagai situs arkeologi utama, yang membanggakan sisa-sisa dari periode Romawi, Bizantium, dan Awal Islam.

Teater Romawi abad ke-2 adalah salah satu contoh terbaik yang diawetkan dari periode ini, dan ada sisa-sisa arkeologi Romawi yang luas di dekatnya. Di kota itu pernah ada reruntuhan Kristen awal dan beberapa masjid. Arsitektur periode Islam tetap ada di Bosra termasuk Masjid Al-Omari (720 AD), salah satu masjid tertua di dunia.

Sejak eskalasi krisis Suriah, kota ini telah menderita kerang dan pertempuran yang tidak pernah berakhir. Laporan mengatakan kota telah dihancurkan sebagian.

Pemandangan reruntuhan kota kuno Palmyra di Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Suriah memiliki enam situs yang terdaftar dalam daftar elite warisan dunia UNESCO dan semuanya mengalami kerusakan dalam perang 10 tahun. (LOUAI BESHARA/AFP)

Benteng Crac des Chavaliers

Terletak di punggung bukit tinggi dalam posisi pertahanan utama, kedua kastil mewakili contoh arsitektur benteng kastil Tentara Salib yang dibangun pada abad ke-12 dan yang paling terpelihara. Elemen arsitektur yang masih ada berasal dari periode Bizantium dan Islam.

Crac des Chevaliers juga dikenal sebagai Qal'at al-Hosn, dan awalnya berasal dari abad ke-11. Ini pertama kali disebut Kastil Kurdi. Laporan kerusakan pada Crac des Chevaliers dan kekerasan di wilayah sekitarnya telah berlimpah. Pada awal Mei 2012, ada laporan tentang pria bersenjata di kastil.

Pada Juli 2012, pejuang Tentara Suriah Bebas dilaporkan menggunakan situs ini, dan militer Suriah merespons dengan menyerang kastil, menyebabkan kehancuran. Situs ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2006, lima tahun sebelum ditangkap oleh pasukan anti-Assad pada tahun 2011. Kerusakan Crac des Chevaliers dan harta budaya lainnya di Suriah telah berulang kali menarik kecaman dari PBB, yang telah menyerukan penghentian penghancuran warisan budaya negara itu.

Kondisi Arch of Triumph yang rusak di kota kuno Palmyra, Provinsi Homs, Suriah, 7 Februari 2021. Selain Palmyra dan Aleppo, kota kuno Damaskus dan Bosra juga mengalami kerusakan. (LOUAI BESHARA/AFP)

Kota Mati Suriah Utara

Desa-desa Kuno Suriah Utara, juga dikenal sebagai "Kota Mati," adalah taman arkeologi di barat laut Suriah. Lanskap budaya ini ditandai dengan banyaknya reruntuhan arkeologi yang berasal terutama pada akhir periode Antik dan Bizantium (sekitar abad ke-1-7).

Ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011, situs warisan budaya ini terdiri dari delapan taman (Jebel al A'la, Jebel Barisha, Jebel Seman 1, Jebel Seman 2, Jebel Seman 3, Jebel Wastani, Jebel Zawiye 1, dan Jebel Zawiye 2), dan ini termasuk empat puluh situs desa individu. Risiko yang signifikan bagi Kota-kota Mati adalah kedekatan mereka dengan daerah yang diperebutkan. Bab al-Hawa adalah persimpangan perbatasan utama antara Suriah dan Turki, dan titik masuk untuk pasokan ke kombatan bersenjata di seluruh Suriah.

Di Suriah barat laut, ada kekhawatiran khusus atas status dan kondisi orang yang terlantar secara internal (IDP). Kamp-kamp IDP Suriah yang didirikan telah berada di dalam makam kuno dan di antara reruntuhan Kota-kota Mati.

Mau Mobil Balap Mr Bean, Bisa!

Klasiknya Mobil Balap Mr Bean yang Bisa Anda Miliki

Liputan6.com 2021-03-19 11:06:26
Mobil balap Rowan Atkinson sedang mencari pemilik baru (Carscoops)

Di balik sosok konyol Mr Bean, pria yang bernama asli Rowan Atkinson rupanya memiliki selera yang tinggi di bidang otomotif. Rowan Atkinson memiliki koleksi mobil mewah, mobil canggih, hingga mobil balap.

Mobil balap Rowan Atkinson sedang mencari pemilik baru (Carscoops)

Salah satunya, adalah Ford Falcon 1964 yang kini tengah mencari pemilik baru. Mobil balap klasik ini dibangun dengan regulasi FIA-Homologated dan balapan di acara Masters, HSCC, HRDC, dan Goodwood, seperti dilansir Carscoops.

Mobil balap Rowan Atkinson sedang mencari pemilik baru (Carscoops)

Mobil tersebut sejatinya sudah dimiliki Atkinson sejak 2006, dan belakangan ini tengah disiapkan oleh John Freeman Racing untuk dilelang. Kendaraan ini mengalami ubahan yang cukup signifikan, dengan radiator baru, bumper alumunium, dan sejumlah perbaikan lain di sistem pendingin mesin.

Mobil balap Rowan Atkinson sedang mencari pemilik baru (Carscoops)

Mobil ini belum digunakan Atkinson pada 2019 atau 2020, dan pihak Silverstone Auctions yang menangani penjualan telah menyelesaikan dokumen dan siap dilelang.

Mobil balap Rowan Atkinson sedang mencari pemilik baru (Carscoops)

Ford Falcon ini sejatinya tidak dibuat secara eksklusif untuk balap trek, tapi juga legal di jalan raya. Mobil ini didukung mesin V8 yang dibangun kembali oleh Steve Warrior dengan dilengkapi satu set roda dan ban cadangan.

Mobil Balap Mr Bean Siap Cari Pemilik Baru, Minat? (Carscoops)

Lelang mobil milik Rowan Atkinson ini diharapkan terjual 55 ribu poundsterling hingga 65 ribu poundsterling atau setara Rp 1,1 miliar hingga Rp 1,3 miliar.

Korban Perang, Kakek Urus 11 Cucu Yatim Piatu

Potret Haru Kakek Rawat 11 Cucunya yang Yatim Piatu

Liputan6.com 2021-03-19 16:00:01
Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Perang Suriah telah memisahkan Abderrazaq Khatoun dari istri dan 13 anaknya. Tetapi ia terpaksa mengatasi kesedihannya dengan cepat untuk membesarkan 11 cucunya yang yatim piatu.

Di sebuah perkemahan di benteng pemberontak besar terakhir Suriah di Idlib, orang-orang mengatakan Khatoun memiliki julukan "ayah para syuhada" dan akan melakukan segalanya untuk mempersiapkan anak-anak itu mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Mengungsi dari rumah asalnya di provinsi Hama tengah, Khatoun dan 30 anggota keluarga yang masih hidup telah mendirikan empat tenda di sebidang tanah yang dikelilingi oleh pohon zaitun di desa Harbanoush.

Melansir dari The National News, sebelum perang Khatoun adalah seorang petani dan ayah dari 27 anak yang lahir dari tiga istri berbeda. Tapi konflik Suriah, yang memasuki tahun kesebelasnya bulan ini, telah menghancurkan sebagian besar keluarganya untuk selamanya.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

"Saya kehilangan tujuh anggota keluarga, istri dan anak-anak saya," katanya. Matanya berkaca-kaca saat dia mengeluarkan ponselnya dan memutar rekaman petugas penyelamat yang mencari puing-puing setelah serangan itu.

"Dalam sekejap, saya kehilangan semuanya," kata Khatoun, berjuang untuk mengingat tanggal pasti tragedi tersebut.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Perang Suriah telah menewaskan lebih dari 387.000 orang dan menelantarkan lebih dari setengah populasi sebelum perang negara itu sejak dimulai pada 2011 dengan protes anti-pemerintah. Tapi Khatoun mengatakan dia tidak menyesal.

"Kehilangan anak memang menghancurkan, tetapi mempertahankan tanah Anda membutuhkan pengorbanan dan saya bangga dengan mereka," katanya tentang putranya yang tewas di medan perang.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Dia berharap suatu hari, keadilan untuk putra-putranya akan ditegakkan. Sementara itu dia mengatakan bahwa dirinya akan melakukan apa saja untuk cucu-cucunya.

"Saya akan mengajari anak-anak mereka bahwa pengorbanan diperlukan untuk mempertahankan apa yang benar dan menuntut kehidupan yang bermartabat.Saya berharap mereka hidup bahagia dan mereka ingat cerita ayah mereka yang mengorbankan diri untuk mempertahankan tanah kami," katanya.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Di dalam salah satu tenda keluarga, 11 cucu Tuan Khatoun berjongkok untuk makan roti pipih, zaitun, dan timi kering yang disiram minyak zaitun.

"Kadang-kadang kita kelaparan, dan kadang kita makan," kata Khatoun, menjelaskan bahwa dia sudah terlalu tua untuk bekerja.

Potret haru Kakek 83 tahun bernama Abderrazaq Khatoun rawat 11 cucunya yang yatim piatu (foto: Ahmad al-ATRASH/AFP)

Batoul, salah satu menantu Khatoun yang menjanda, membantunya merawat anak-anak. Beberapa dari anak-anak Khatoun yang masih hidup meninggalkan Suriah yang dilanda perang untuk mencari kehidupan yang lebih baik di negara tetangga Turki dan Lebanon.

"Kami sangat menderita, tapi ayah mertuaku berusaha keras untuk memberi kami kehidupan yang bermartabat," kata Batoul sambil berduka atas almarhum suaminya.

Gawai Canggih Ramah Difabel

Deretan Gadget Canggih Pendukung Aktivitas Disabilitas

Liputan6.com 2021-03-19 18:00:03
Gadget khusus untuk disabiltas. Liputan6.com

Aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti membersihkan rumah hingga memesan produk via online adalah pekerjaan yang sangat mudah. Akan tetapi, bagi beberapa penyandang disabilitas, melakukan tugas-tugas seperti itu butuh perjuangan yang menyita waktu, kesabaran, dan terkadang perlusedikit bantuan.

Inovasi teknologi kian hari terus berkembang, dan seiring dengan kemajuan itu banyak gadget canggih yang dapat membantu mereka.

Komputer khusus disabilitas. Sumber: AFP

Komputer Khusus

Ada komputer khusus yang menyediakan opsi aksesibilitas secara khusus untuk para disabilitas. Perangkat ini memungkinkan mereka untuk mengetik lewat perintah suara, dilengkapi pembaca digital, mouse dan keyboard berukuran besar, serta sistem yang bisa mengontrol komputer dengan gerakan mata.

Robot pembersih. Dok: AFP

Robot Pembersih

Robot vakum adalah opsi robot pembersih rumah yang sebagian besar bekerja cukup baik di atas karpet dan menyedot kotoran di berbagai jenis lantai. Ini sangat memudahkan disabilitas saat ingin membersihkan setiap sudut rumah.

Sistem tanggap darurat pribadi. Sumber: ThisisEngineering RAEng/Unsplash

Sistem Tanggap Darurat Pribadi

Teknologi ini harus dimiliki penyandang disabilitas. Perangkat tersebut sering kali hadir dalam bentuk liontin, gelang, atau pin yang dapat dikenakan. Tinggal menekan tombol kecil yang tersedia, mereka bisa menghubungi orang terdekat jika terluka parah atau mengalami keadaan darurat lainnya.

Asisten rumah cerdas. Sumber: AFP

Asisten Rumah Cerdas

Mereka dapat berbicara dengan asisten virtual layaknya seperti berkomunikasi dengan seorang teman. Gadget ini bisa menangani tugas rutin, seperti membuat janji temu di kalender dan memberi tahu cuaca, hingga memutar lagu tertentu dan memesan produk secara online.

Jam tangan pintar. Sumber: AFP

Jam Tangan Pintar

Jam tangan pintar dapat disinkronkan ke smartphone dan melacak jadwal ketika ingin melakukan sesuatu. Mereka bahkan dapat menyaring panggilan, email, dan pesan tanpa harus merogoh saku atau kantong di kursi roda saat ingin menerima panggilan telepon atau SMS.

Gitar Homade Lawan Covid-19

Putar Otak Industri Gitar Rumahan demi Bertahan dari Pandemi

Liputan6.com 2021-03-20 17:46:49
Soedarmadi (51) yang akrab disapa Bone menyelesaikan pembuatan gitar di workshop Bone's Costum Guitar, Jatinegara, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Pandemi virus Corona menyebabkan usaha pembuatan

Pandemi Corona telah berlangsung lebih dari 1 tahun di Indonesia. Tak hanya memakan korban nyawa, wabah penyakit ini juga melumpuhkan hampir seluruh sektor usaha.P

Pria bernama Soedarmadi (51) yang akrab disapa Bone pun terpaksa ikut merasakan ganasnya pandemi dari Pandemi Covid-19. Pagebluk ini menyebabkan usaha pembuatan dan servis gitar itu nyaris tanpa pemasukan.

Soedarmadi yang akrab disapa Bone menyelesaikan pembuatan gitar di workshop Bone's Costum Guitar, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ayah dari 4 anak ini mencari sampingan dengan membuka ternak cupang hias sembari menunggu pelanggan gitar. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Bone memproduksi gitar di workshop yang diberi nama Bone's Costum Guitar. Dirintis sejak 1989, workshop ini terletak di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Potret Bone di sela aktivitasnya di workshop Bone's Costum Guitar, Jatinegara, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Pandemi virus Corona menyebabkan usaha pembuatan dan servis gitar yang dirintis sejak 1989 itu nyaris tanpa pemasukan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Untuk pembuatan gitar atau bass costum, Bone membanderol Rp1,5 juta sampai Rp6 juta per buah, tergantung jenis bahan dan model.

Potret Bone di sela aktivitasnya di workshop Bone's Costum Guitar, Jatinegara, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Bone berharap Covid-19 segera hilang agar usahanya dapat kembali bangkit dan menciptakan produk gitar dalam negeri yang membanggakan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Lantaran usaha produk gitarnya seret selama pandemi, ayah dari 4 anak ini mencari sampingan dengan membuka ternak cupang hias sembari menunggu pelanggan gitar. Hal tersebut dilakukan agar mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Bone bermain gitar di sela merawat ternak ikan cupang hias di workshop Bone's Costum Guitar, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ayah dari 4 anak ini mencari sampingan dengan membuka ternak cupang hias sembari menunggu pelanggan gitar. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Bone berharap Covid-19 segera hilang agar usahanya dapat kembali bangkit dan menciptakan produk gitar dalam negeri yang membanggakan.

BTS Taklukkan Dunia

Cerita Pekan Ini: BTS, Dari Negeri Gingseng Mengguncang Dunia

Liputan6.com 2021-03-20 21:00:12
BTS pada 2013. (Big Hit Entertainment via Facebook: bangtan.official)

Beberapa tahun terakhir, industri musik dunia diguncang dengan keberadaan tujuh pria muda dari Korea Selatan yang bergabung dalam grup idola BTS. Setiap bulan ada saja kabar pencapaian yang mereka raih.

Mulai dari kabar soal tur konser di stadium besar dunia, penghargaan internasional, hingga masuk tangga lagu Billboard. Terakhir mereka bahkan masuk nominasi Grammy Awards 2021, menjadi grup Korea pertama yang mendapatkannya.

Awal perjalanan hebat ini dimulai saat tujuh trainee Big Hit Entertainment debut pada 2013. Mereka adalah RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

BTS pada 2013. (Big Hit Entertainment via Facebook: bangtan.official)

Sejak awal debut, BTS mesti bekerja keras di jagat K-Pop yang dikenal kompetitif. Apalagi mereka bukan bagian dari The Big Three, sebutan bagi agensi besar Korea Selatan.

Namun kerja keras mereka akhirnya terbayar. Pelan-pelan musik dan kepribadian mereka mencuri perhatian penggemar K-Pop. Army, sebutan bagi para penggemar mereka, mulai menunjukkan eksistensi dan loyalitas mereka.

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Salah satu gong yang paling awal menggaungkan nama BTS kepada publik umum, bukan hanya penggemar K-Pop, adalah saat mereka memenangkan kategori Top Social Artist di Billboard Music Awards 2017.

Kemenangan ini mencuri perhatian publik karena BTS mematahkan rekor Justin Bieber yang sebelumnya membawa pulang penghargaan ini enam tahun berturut-turut.

RM BTS dan Jin dalam American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11).(Mark Ralston/AFP)

BTS kian dikenal publik. Apalagi mereka kerap diundang ke acara talk show kondang, dan untuk pertama kalinya tampil di American Music Awards.

Tak hanya di dunia hiburan, BTS bahkan telah masuk ke ranah politik internasional. Mereka diundang untuk berpidato dalam Sidang Umum PBB pada 2018.

Boyband Korea Selatan, BTS berbicara dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Senin (24/9). Dengan bahasa inggris penuh, BTS menyampaikan kampanye mereka dengan UNICEF yang bertemakan 'Love Myself'. (AP/Craig Ruttle)

Pengakuan juga didapatkan BTS dari sejumlah artis papan atas dunia. Mereka sempat berkolaborasi dengan Steve Aoki, Halsey, Lauv, hingga Honne. Sejumlah pesohor juga mengaku kagum dengan Jungkook dkk, mulai dari Ariana Grande hingga pegulat John Cena.

BTS dala Grammy Awards 2021. (Twitter/ bts_bighit)

Dengan segala pencapaian yang diraih BTS, banyak yang berharap bahwa Grammy 2021 akan menjadi klimaks bagi perjalanan grup ini. Sayang, piala gramofon ini lepas dari genggaman mereka.

Namun RM menanggapi hal ini secara optimistis. "Aku tak melihatnya sebagai sebuah kegagalan, coba dilihat dari sisi positifnya. Kami dinominasikan untuk pertama kalinya dan tampil untuk pertama kalinya secara solo," tuturnya.

Spiderman Rasa Lokal, Tak Ada Matinya

Patung Spiderman Pegang Ceker Ayam dan Kerokan Mejeng di Pameran Seni Instalasi Tak Pernah Pudar

Liputan6.com 2021-03-20 05:03:00
Patung Spiderman sedang memegang makanan dengan bungkus bentuk daun pisang di pameran seni instalasi Seni yang Tidak Pernah Pudar di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin, 15 Maret 2021 (Liputan6.c

Seni instalasi mulai diminati masyarakat di tanah air, salah satunya terlihat dihadirkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar'. Seni instalasi merupakan karya yang dibuat dengan menyusun, merakit, dan memasang berbagai media seni, sesuai dengan istilah bahasa Inggrisnya "installation".

Di dunia, seni instalasi tak lepas dari munculnya aliran pop art era 1950-1970-an. Sementara, gejala kemunculan seni instalasi mulai dikenal di Indonesia paling tidak sejak munculnya apa yang disebut dengan Gerakan Seni Rupa Baru pada 1975--1979, seperti melansir dari laman gbsri.com, Jumat, 19 Maret 2021.

Tujuannya adalah meruntuhkan definisi seni rupa yang terkungkung oleh seni patung, lukis dan seni grafis, serta anti elitisme, seperti tampak dari karya-karya mereka, termasuk dalam bentuk seni instalasi. Kehadiran seni instalasi diawali perkembangan teknik asemblasi, teknik menggabungkan berbagai objek untuk membuat bentuk baru, seperti patung.

Sebanyak 43 karya dari 21 seniman merupakan rangkaian acara bertemakan '31 Years & Fabulous' di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Pameran tersebut akan berlangsung hingga 31 Maret 2021.

Seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam pameran itu, terdapat berbagai patung dengan berbagai bentuk, seperti manusia, hewan, dalam posisi yang beragam. Salah satunya patung kaki-kaki manusia yang dengan posisi terbalik.

Seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Karya-karya tersebut dibuat dengan berbagai bahan, seperti batu, kayu, hingga fiberglass. Dalam karya-karya tersebut sangat kental nuansa Indonesia.

Selain itu, ada juga karya instalasi tokoh Spiderman tampak seperti sedang kerokan sambil duduk di bangku panjang kayu. Sementara, tokoh yang mengerok adalah salah satu dari empat punakawan yaitu Gareng.

Pengunjung mengabadikan seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam karya yang lain, ada patung perempuan dengan mengenakan kaus merah dan jeans biru. Tangan kirinya memegang tas cokelat. Seorang perempuan tampak sedang memotretnya.

Pengunjung melintasi seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya itu, pada bagian lain terlihat manusia dengan kepala binatang yang tergantung. Patung-patung berwarna keemasan itu juga mencuri perhatian para pengunjung.

Seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak ketinggalan ada patung buah tomat merah, tak jauh dari patung Spiderman yang sedang duduk. Di atas patung itu terdapa beberapa hewan dengan bentuk kecil.

Seni instalasi yang dipamerkan dalam pameran 'Seni yang Tidak Pernah Pudar' di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sebanyak 43 karya dari 21 seniman tersebut merupakan rangkaian acara yang bertemakan '31 Years & Fabulous'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ada juga patung orang yang sedang duduk di bangku kayu dengan bagian badannya penuh dengan iklan. Kehadiran seni instalasi itu menjadi daya pikat bagi para pengunjung.

Memorial Atas Nama Kesembuhan

Kenang Korban COVID-19, Instalasi Sayap dan Pita Putih di Kediaman Gubernur Illinois

Liputan6.com 2021-03-19 20:01:16
Kediaman Gubernur Illionis JB Pritzker dan istrinya MK Pritzker di Springfield, Illinois, AS. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

COVID-19 menjadi salah satu pandemi terhebat yang melanda nyaris seluruh pelosok dunia. Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang terdampak virus SARS-CoV-2.

Memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Pita yang menjulur lebih dari 5.500 masing-masing mewakili sekitar empat warga Illinois yang meninggal karena COVID-19. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

Gubernur Illionis JB Pritzker dan istrinya MK Pritzker punya cara unik untuk mengenang setahun korban meninggal akibat pandemi COVID-19. Kepala negara bagian itu menyediakan sebagian halaman rumah dinasnya di Springfield, Illinois untuk digunakan sebagai tempat peringatan pada 16 Maret 2021.

Sebuah memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Instalasi tersebut dibuat untuk mengenang para korban COVID-19 di Illinois dan menandai satu tahun pandemi. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

Area memorial itu ditandai dengan instalasi berbentuk sayap yang berjumlah 102, angka tersebut mewakili 102 wilayah di Illinois yang dihiasi dengan lebih dari 5.500 pita putih. Masing-masing mewakili sekitar empat warga Illionis yang kehilangan nyawa mereka akibat pandemi COVID-19.

Memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Pita yang menjulur lebih dari 5.500 masing-masing mewakili sekitar empat warga Illinois yang meninggal karena COVID-19. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

Di malam hari, area tersebut diberi lampu sehingga berpendar syahdu. Sesuai dengan tujuan dibuatnya, tak hanya sebagai tempat mengenang para korban pandemi, melainkan juga tempat menyembuhkan rasa kehilangan.

Memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Pita yang menjulur lebih dari 5.500 masing-masing mewakili sekitar empat warga Illinois yang meninggal karena COVID-19. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

"Memorial ini memberi ruang bagi semua warga Illinois, baik individu maupun kelompok, untuk menumpahkan kesedihan akan kehilangan, atas nama kesembuhan," ujar istri Gubernur JB Pritzker, mengutip State Journal.

Memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Pita yang menjulur lebih dari 5.500 masing-masing mewakili sekitar empat warga Illinois yang meninggal karena COVID-19. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

"Satu tahun pandemi ini, bersama-sama kita menghormati mereka yang telah meninggal, dan keluarga yang ditinggalkan. Dengan peringatan ini, kita sebagai satu Illinois akan bergerak maju, berkomitmen terhadap visi bersama akan keberlimpahan dan harapan. Semoga kenangan dari mereka yang telah pergi akan menjadi penunjuk jalan dan berkat."

Sebuah memorial atas nyawa yang hilang akibat virus corona di halaman kediaman gubernur di Springfield, Illinois pada 16 Maret 2021. Instalasi tersebut dibuat untuk mengenang para korban COVID-19 di Illinois dan menandai satu tahun pandemi. (Justin L. Fowler/The State Journal-Register via AP)

Kampung Mati Cigobang

Setahun Cigobang Pasca Diterjang Banjir Bandang

Liputan6.com 2021-03-21 15:45:53
Sebuah bangunan ditumbuhi tanaman liar di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kampung Cigobang pada 1 Januari 2020 lalu

Gemuruh tiba-tiba terdengar dari bawah tanah di Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, awal Januari 2020.

Kondisi salah satu bangunan di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kampung Cigobang pada 1 Januari 2020 lalu mengakibatkan sekitar 154 kepala keluarga (KK) meninggalkan kampung tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dikutip dari Antara, Lilis dan beberapa warga lainnya khawatir gemuruh itu membawa petaka. Dia dan beberapa warga lainnya terpaksa angkat kaki menyelamatkan diri dari ancaman bencana alam.

Kondisi sebuah mobil yang rusak di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kampung Cigobang pada 1 Januari 2020 lalu mengakibatkan sekitar 154 kepala keluarga (KK) meninggalkan kampung tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setahun lebih bencana berlalu namun trauma tidak kunjung hilang dari ingatan. 154 kepala keluarga yang bermukim di perkampungan tersebut memilih untuk meninggalkan kampungnya pasca banjir bandang dan longsor menghantam.

Marjuk (41) bersama keluarga berpose di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Pascabencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kampung Cigobang pada 1 Januari 2020 lalu mengakibatkan sekitar 154 kepala keluarga (KK) meninggalkan kampung tersebut. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sisa kengerian bencana alam itu masih tampak dari rumah-rumah yang tertimbun tanah. Barang-barang seperti baju dan peralatan dapur yang berserakan ditinggal empunya rumah, serta kendaraan yang dibiarkan tertimbun longsoran.

Memasuki perkampungan tidak ada lagi suara tawa warga yang berkumpul di salah satu rumah tetangga. Hanya suara derit engsel daun jendela rumah yang tidak berpenghuni.

Bangunan terbengkalai yang ditinggalkan di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Kampung itu ditinggalkan sekitar 154 KK karena mengalami trauma, tidak memiliki biaya perbaikan dan khawatir potensi bencana akibat stuktur tanah yang labil terjadi kembali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Beberapa warga pergi meninggalkan kampung Cigobang, berharap pada penghidupan baru di tempat yang juga baru. Namun sebagian lainnya bertahan di lahan kosong tak jauh dari Cigobang dengan rumah berdinding triplek dan terpal.

Sejumlah barang yang tertinggal di Kampung Cigobang, Lebak, Banten, Sabtu (20/3/2021). Kampung itu ditinggalkan sekitar 154 KK karena mengalami trauma, tidak memiliki biaya perbaikan dan khawatir potensi bencana akibat stuktur tanah yang labil terjadi kembali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Balapan Unta Pakai Joki Robot

FOTO: Berpacu dalam Balapan Unta di Sudan

Liputan6.com 2021-03-20 16:30:30
Unta lepas landas saat balapan di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, di Sudan, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara u
Balap Unta
Unta lepas landas saat balapan di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, di Sudan, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan dan merayakan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Pemuda Sudan bersorak dari belakang truk saat balapan unta di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, pada 19 Maret 2021. Perlombaan diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Petugas Sudan bergegas keluar dari trek menjelang balapan unta di dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, 19 Maret 2021. Perlombaan diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan dan merayakan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Warga Sudan menonton balapan unta di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan dan merayakan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Pemilik unta bersorak saat balapan di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, di Sudan, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan dan merayakan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Unta diikat pada tiang saat balapan di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, di Sudan, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan dan merayakan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)
Balap Unta
Pemuda Sudan bersorak dari belakang truk saat balapan unta di trek dekat desa al-Ikhlas, barat kota Omdurman, pada 19 Maret 2021. Perlombaan itu diselenggarakan oleh keluarga suku tradisional yang memelihara unta dari desa setempat untuk melestarikan warisan budaya mereka. (ABDULMONAM EASSA/AFP)