Perang Belalang

Bukan Ilusi, Miliaran Belalang Serang Lahan Pertanian di Kenya

Liputan6.com 2021-04-10 19:19:03
Miliaran belalang menyerang lahan pertanian di Kenya. AP Photo/Brian Inganga

Ini bukan ilusi tetapi nyata. Miliaran belalang menyerang lahan pertanian di Kenya dan mengancam hasil panen dan bisa berimbas ke pasokan pangan.

Saat ini Kenya memasuki awal musim tanam, tetapi ada satu hal menghantui pertanian yakni wabah belalang.

Melansir laman AP, Sabtu (10/4/2021), FAO mengatakan, keberadaan belalang gurun menjadi ancaman bagi mata pencaharian berbasis pertanian dan ketahanan pangan di Afrika. Negara ini dalam kondisi rapuh di tengah krisis ekonomi, kekeringan dan konflik.

Meski musim hujan yang tertunda memicu sedikit keyakinan warga negara tersebut jika serangan wabah belalang tak akan terlalu masif ke depannya. Belalang muncul dari lokasi tempat berkembang biaknya di Somalia.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mengatakan kawanan belalang terlihat di Lembah Rift. Lokasi penghasil makanan pokok rakyat Kenya berupa jagung, gandum, dan kentang.

"Tanpa curah hujan, kawanan (belalang) ini tidak akan berkembang biak, skalanya akan terbatas demikian pula dengan tingkat ancaman mereka," mengutip penjelasan FAO.

Kabar baiknya, FAO mengatakan akibat kondisi hujan yang buruk di Kenya dan negara tetangganya Ethiopia, belalang menjadi sulit berkembang biak.

Jumlah hama ini pun terus menurun karena operasi kontrol yang sedang berlangsung dilakukan petugas.

Iring-iringan "tentara" dalam truk pickup dilengkapi dengan pistol semprot, melintasi perbukitan Baraka meninggalkan jejak debu demi memberantas hama belalang.

Tanpa curah hujan, kawanan tidak akan berkembang biak, sangat membatasi skala dan tingkat ancaman mereka, kata FAO dalam pembaruan baru-baru ini.

Dari perkiraan, belalang gurun bisa menyebar hingga 150 juta belalang per kilometer persegi.

"Kawanan ini rata-rata dapat menghancurkan tanaman pangan sebanyak yang cukup untuk memberi makan 2.500 orang," jelas Badan Regional Afrika Timur, Otoritas Antarpemerintah untuk Pembangunan.

Kenya besar-besaran mengerahkan petugas pertanian memerangi wabah belalang. Ini disebut bukti keseriusan menghadapi ancaman wabah belalang yang terus berlanjut hingga tahun kedua.

Hancurnya Pasar Kambing Kami

Pasar Kambing Tanah Abang Luluh Lantak

Liputan6.com 2021-04-11 16:37:22
Suasana Pasar Kambing usai terbakar di Jalan Sabeni RT 1 RW 12, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (9/4/2021). Tak ada korban jiwa atau luka akibat musibah tersebut. (Liputan6.com/Faiz

Kobaran api melahap sejumlah pemukiman warga di Pasar Kambing, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 8 April 2021. Api yang diperkirakan muncul sekitar pukul 16.50 WIB ini merambat cepat menghanguskan sekitarnya.

Sebanyak 174 kios yang berdiri di lahan 5.000 meter persegi hangus dilumat api. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Api baru mulai dijinakan sekitar pukul 19.40 WIB dengan mengerahkan 17 unit mobil pemadam kebakaran. Petugas menaksir kerugian akibat musibah kebakaran tersebut mencapai Rp 1 miliar.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat/Damkar) DKI Jakarta mengatakan sampai saat ini tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran di Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan konsleting listrik yang terjadi di dua lapak pegadang. Namun usaha pedagang tak memadamkan api tak kunjung berhasil.

Kampung Melayu di Atas Panggung

Potret Hunian Warga Kampung Melayu Disulap Jadi Rumah Panggung

Liputan6.com 2021-04-08 17:16:17
Para pekerja menyelesaikan pembangunan rumah panggung di dekat bantaran Kali Ciliwung, Kampung Melayu, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan renovasi terhadap 40

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan renovasi terhadap 40 hunian warga Kampung Melayu menjadi rumah panggung, Rabu (7/4/2021).

Hal ini dilakukan demi menghindari bencana banjir yang sering melanda daerah tersebut.

Tampak para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan rumah panggung di dekat bantaran Kali Ciliwung, Kampung Melayu, Jakarta.

Pembangunan 40 rumah panggung yang kaki-kakinya setinggi 3,5 meter di Kampung Melayu itu dimaksudkan agar tidak ada lagi perabotan rumah warga yang terendam saat banjir.

Pembangunan 40 rumah di RT 13, RT 11, RT 5 dan RT 6 di RW 04 Kampung Melayu, Jakarta Timur tersebut yang nilainya Rp 78 juta per rumah, seluruhnya menggunakan dana dari Baznas dan tidak menggunakan anggaran dari APBD DKI Jakarta.

Rumah panggung tersebut nantinya akan memiliki tiga lantai, dengan lantai pertama dimanfaatkan untuk tempat produksi UMKM warga seperti kue kering yang menjadi ciri khas UMKM di Kampung Melayu.

Lantai 2-3 dijadikan tempat aktivitas rumah tangga untuk warga.

Tak Berkutik dengan Tilang Elektronik

Tak Berkutik dengan Tilang Elektronik

Liputan6.com 2021-04-09 19:01:21
Kamera Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Saat ini Jakarta sudah memiliki 53 kamera ETLE yang tersebar di beberapa wilayah ibu kota. (

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) telah diluncurkan secara nasional sejak Maret 2021. Karena ETLE sudah diterapkan di 12 wilayah kepolisian daerah dengan 244 kamera tilang elektronik, para pelanggar lalu lintas kini tak bisa berkutik lagi.

12 wilayah itu yakni Polda Metro Jaya, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Timur, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Lampung, Polda Sumatera Barat, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Sulawesi Selatan.

Bagaimana cara kerja tilang elektronik nasional ini? Berikut ini adalah mekanisme tilang menggunakan metode ETLE, seperti dikutip dari laman Korlantas Polri, Jumat (9/4/2021):

Tahap 1

Perangkat ETLE secara otomatis menangkap pelanggaran lalu lintas yang dimonitor dan mengirimkan media barang bukti pelanggaran ke Back Office ETLE di RTMC Polda setempat.

Tahap 2

Petugas mengidentifikasi Data Kendaraan menggunakan Electronic Registration & Identifikasi (ERI) sebagai sumber data kendaraan.

Tahap 3

Petugas mengirimkan surat konfirmasi ke alamat publik kendaraan bermotor untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi. Surat konfirmasi adalah langkah awal dari penindakan, yang mana pemilik kendaraan wajib mengonfirmasi tentang kepemilikan kendaraan dan pengemudi kendaraan pada saat terjadinya pelanggaran.

Jika kendaraan yang dimaksud sudah bukan menjadi kendaraan milik orang yang mendapat surat konfirmasi, maka hal itu harus segera dikonfirmasikan.

Tahap 4

Penerima surat memiliki batas waktu sampai dengan 8 hari dari terjadinya pelanggaran untuk melakukan konfirmasi melalui website atau datang langsung ke kantor Sub Direktorat Penegakan Hukum.

Tahap 5

Setelah pelanggaran terkonfirmasi, petugas menerbitkan tilang dengan metode pembayaran via BRI Virtual Account (BRIVA) untuk setiap pelanggaran yang telah terverifikasi untuk penegakan hukum.

Sebagai catatan, kegagalan pemilik kendaraan untuk mengonfirmasi pelanggaran, akan mengakibatkan blokir STNK sementara. Baik itu ketika telah pindah alamat, telah dijual, maupun kegagalan membayar denda.

Selebrasi 8 Tim Berprestasi

Selebrasi 8 Tim Lolos Perempat Final Piala Menpora 2021

Liputan6.com 2021-04-09 09:30:28
Selebrasi Pemain Persebaya di Piala Menpora 2021 (Bola.com/M Iqbal)

Penyerang Persebaya Surabaya Samsul Arif bersorak gembira merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persik Kediri pada penyisihan grup Piala Menpora 2021. Persebaya tampil menawan di fase grup Piala Menpora 2021.

Selain Persebaya, tujuh tim lain yang lolos ke babak perempat final Piala Menpora 2021 adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, PS Sleman, Bali United, Barito Putera, PSM Makassar dan PSIS Semarang.

Pemain PSS Sleman merayakan gol Irfan Bachdim ke gawang Persebaya Surabaya di laga pamungkas Grup C Piala Menpora 2021 pada Rabu (7/4/2021).

PSS menjadi tim terakhir yang mengunci tiket ke perempat final. Selain lolos, PSS juga sukses menjadi juara grup C berkat kemenangan atas Persebaya, PSS unggul rekor pertemuan dari Bajul Ijo.

Pemain PSM Makassar Zulham Zamrun meluapkan kegembiraannya setelah berhasil mencetak gol di Piala Menpora 2021. Zulham jadi andalan PSM di lini depan pada ajang Piala Menpora 2021.

PSM lolos sebagai runner-up Grup B Piala Menpora 2021. Mereka terpaut satu poin dari Persija Jakarta yang menjadi penguasa Grup B.

Gelandang Barito Putera, Alif Jaelani, merayakan golnya ke gawang Arema FC pada laga Piala Menpora 2021. Barito menjadi salah satu kuda hitam di Piala Menpora 2021.

Barito Putera finis sebagai runner-up Grup A Piala Menpora 2021. Mereka sukses mendepak dua tim kuat Persikabo 1973 dan Arema FC.

Pemain depan PSIS Semarang Hari Nur Yulianto mengucap syukur usai berhasil membuat gol ke gawang Barito Putera di Piala Menpora 2021. PSIS sukses menjadi juara Grup A.

PSIS menjadi salah satu tim yang tampil perkasa di fase grup Piala Menpora 2021. Mahesa Jenar tak terkalahkan dari tiga laga dengan koleksi tujuh poin.

Pemain Bali United, Willian Silva Costa Pacheco (tengah), kegirangan usai menjebol gawang Persib Bandung. Bali United menjadi runner-up Grup D. Mereka harus mengakui keunggulan Persib yang menjadi penguasa grup.

Meski cuma jadi runner-up, Bali United masih belum pernah merasakan kekalahan dari tiga penampilan di Piala Menpora 2021.

Striker Persib Bandung, Wander Luiz (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga matchday ke-3 Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4/2021).

Persib sukses menjadi juara Grup D Piala Menpora 2021. Maung Bandung meraup tujuh poin dari tiga pertandingan di Piala Menpora 2021.

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Bhayangkara Solo FC dalam laga matchday ke-3 Grup B Piala Menpora. Persija mampu bangkit dan melaju ke perempat final.

Persija sempat membuat penggemarnya was-was setelah kalah di laga pertama Piala Menpora 2021 dari PSM Makassar. Macan Kemayoran kemudian menyapu dua laga sisa sehingga menjadi juara Grup B.

TMII Usai 44 Tahun Tak Bayar 'Upeti'

FOTO: Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan dan Pemanfaatan TMII

Liputan6.com 2021-04-08 14:28:19
Monumen Persahabatan Negara Nonblok yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pema
Monumen Persahabatan Negara Nonblok yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung berada di Museum Komodo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung sedang berada di Keong Mmas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bersepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung beraktivitas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bermain layangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung bersepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (7/4/2021). Kementerian Sekretariat Negara secara resmi mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan TMII dari Yayasan Harapan Kita yang sudah dikelolanya hampir 44 tahun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

New Spiderman Telah Lahir

Nekat, Pria Panjat Gedung Pencakar Langit Tanpa Alat Pengaman

Liputan6.com 2021-04-10 14:01:11
Doc: Pau BARRENA/AFP

Memanjat gedung pencakar langit tanpa memakai alat pengaman adalah tindakan yang riskan dan penuh bahaya, namun itulah yang dilakukan oleh George King.

Pria berusia 21 tahun dari Inggris itu kembali menantang maut dengan memanjat gedung pencakar langit Melia Barcelona Sky Hotel setinggi 381 kaki (116 meter) dalam waktu sekitar 20 menit.

King memanjat gedung tersebut pada hari Jumat (2/4) tanpa tali atau alat pengaman apapun. Ia berhasil menggunakan penempatan panel gedung itu untuk memberikan tempat bagi jari tangan dan kakinya.

Bagian yang dia naiki juga memungkinkannya untuk melingkarkan lengan di sekitar balok vertikal. Setelah memanjat gedung tersebut, King ditangkap oleh kepolisian begitu menginjakkan kakinya di tanah.

"Ketika saya berada di puncak, saya merasa bahwa saya berada di dimensi kebahagiaan lain," kata King kepada Reuters.

"Ketika saya bertemu polisi di bawah, pikiran saya masih berada di awan."

King dikenakan denda oleh Mossos d'Esquadra, polisi regional Catalan karena memanjat gedung tersebut tanpa izin. Sebelumnya, pria asal Oxford yang tengah berkeliling Eropa naik van itu juga pernah mendaki gedung tertinggi di Inggris Raya.

Para tahun 2019, King mendaki The Shard yang memiliki tinggi 1.017 kaki (310 meter). Sebagian besar aksi tersebut ia lakukan tanpa peralatan, meskipun dia menggunakan cangkir isap untuk melewati bagian terbawah.

Aksi nekatnya di Inggris itu membuatnya dihukum enam bulan penjara di pusat tahanan khusus pemuda karena memanjat gedung tanpa izin. Ia kemudian dibebaskan pada Januari 2020.

Masih Tak Percaya Corona Ada?

Abaikan Pakai Masker dan Jaga Jarak Sosial, Kasus COVID-19 di India Melonjak

Liputan6.com 2021-04-10 17:01:43
Tes COVID-19

Pandemi COVID-19 masih melanda dunia. Meski program vaksinasi telah berjalan, beberapa negara dilaporkan mengalami peningkatan kasus baru infeksi virus Corona. India, salah satunya.

Negara berjuluk Anak Benua Asia itu melaporkan 131.968 infeksi baru dan 780 kematian pada hari Jumat - peningkatan harian terbesar sejak pertengahan Oktober.

Itu membuat beban kasus keseluruhan India menjadi 13,06 juta - tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil - dan total kematian dari COVID-19 menjadi 167.642.

Beberapa hari sebelumnya, India juga telah mencatat lonjakan kasus harian tinggi pada Rabu, 7 April 2021. Ada 115.736 kasus COVID-19 baru di India. Jumlah tersebut melampaui angka kasus tertinggi pada Minggu, 4 April 2021, yang mencapai 103.844 orang.

Sementara itu, kasus fatalitas terkait COVID-19 di India pun meningkat sebanyak 630 hanya dalam waktu 24 jam pada hari itu. Angka tersebut menjadi angka tertinggi sejak November 2020. Sehingga jumlah pasien meninggal di India mencapai 166/477 kasus sejak pandemi melanda India.

Mengutip laman Al Jazeera, para ahli di India meyakini perilaku menganggap remeh aturan jaga jarak sosial serta mengenakan masker di ruang publik menjadi pola yang meningkatkan kasus COVID-19.

Peningkatan kasus pasa Rabu menjadi peningkatan kasus tertinggi sejak November 2020.


Simak Juga Video Berikut Ini

Lengan Bionik Buatan Gen Z

Lengan Bionik Cetak 3D Buatan Pelajar dengan Harga Terjangkau

Liputan6.com 2021-04-11 19:57:16
Lengan Bionik Cetak 3D Buatan Pelajar. (Doc: AFP Photo)

Dengan kemajuan teknologi 3D printer saat ini, pengembangan lengan buatan atau lengan bionik yang ada sekarang membuka potensi tak terbatas bagi jutaan pengguna yang membutuhkan.

Bila sebelumnya butuh berminggu-minggu, atau terkadang berbulan-bulan lamanya untuk mendapatkan prostesis tradisional, kini rentang waktu itu dapat dipersingkat.

Dengan printer 3D, di sisi lain, akan memungkinkan untuk memiliki prostesis dengan harga lebih terjangkau, dan semua orang dapat merancang dan mencetaknya sendiri.

Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi mereka yang kehilangan anggota tubuh, atau untuk anak-anak yang tumbuh dan bergerak dan bagi seseorang yang membutuhkan penggantian secara rutin.

Hal semacam ini jugalah yang mendorong Boris Nocheski (17), Anamaria Ilieva (17), Teo Kitanovski (16), dan Orhan Bahashov (17) untuk menciptakan solusi lebih terjangkau bagi penyandang disabilitas.

Menggunakan teknologi cetak 3D, keempat pelajar ini menciptakan lengan bionik yang 30 kali lebih murah dari harga prostetik saat ini.

Tak hanya itu, lengan bionik yang bernama VenusArm ini bisa "tumbuh" bersamaan dengan beranjaknya umur anak-anak, sebagaimana dikutip dari Generation Unlimited, Minggu (11/4/2021).

"Saat ini, lengan bionik di pasaran dibanderol dengan harga yang tinggi--dan hanya dapat dibeli di beberapa negara maju. Karena tubuh terus berkembang, maka prostetik pun jadi sering diganti," kata Boris selaku salah satu pendiri eBionics.

Untuk menekan harga, Boris dan timnya tidak memungut biaya untuk pengiriman atau tenaga kerja, atau membayar keuntungan kepada pemasok.

Siapa saja yang memiliki akses ke printer 3D dapat mencetak sendiri lengan bionik hanya dalam satu jam, menggunakan petunjuk yang tersedia di situs web eBionics.

Boris dan timnya juga memberikan opsi untuk membeli bagian individu dari penjual pihak ketiga untuk merakit sendiri.

"Kami ingin memastikan, orang-orang bisa mendapatkan lengan bionik yang berfungsi, harga terjangkau, dan tersedia untuk semua orang, dari mana pun Anda berasal."

Boris menjelaskan, lengan bionik VenusArm ini akan menangkap sinyal dari pengguna di sekitar otot (biasanya di bawah siku) yang digunakan untuk menggerakkan tangan biologis.

Sensor dirancang khusus mengambil sinyal listrik, dan menggunakannya untuk membuat gerakan tangan relatif terhadap sinyal listrik.

(Ysl/Isk)

Metamorfosis Si Duren Song Joong Ki

Cerita Pekan Ini: Metamorfosis Song Joong Ki Si Duda Keren Bintang Korea, Dari MC Music Bank hingga Pengacara Mafia di Vincenzo

Liputan6.com 2021-04-10 21:00:47
Song Joong Ki dalam Vincenzo. (Netflix)

Bagi yang tak begitu mengenal industri hiburan Korea, mungkin hanya tahu Song Joong Ki dari statusnya sebagai duda keren dari Negeri Ginseng dan perannya di drakor Descendants of the Sun yang kondang. Namun Song Joong Ki lebih dari sekadar ini.

Sejak tahun-tahun pertama kariernya, ia bahkan dijuluki Leonardo DiCaprio-nya Korea Selatan. Selain punya wajah ganteng, ia juga punya kemampuan akting yang mendapat pujian.

Masa kecil aktor kelahiran 19 September 1985 di Daejeon ini sebenarnya jauh dari dunia hiburan. Diwartakan Soompi pada 2016, saat sekolah mantan suami Song Hye Kyo ini adalah siswa yang pintar secara akademis, sekaligus aktif di olahraga atletik.

Ia bahkan menjadi perwakilan wilayahnya untuk cabang olahraga ini di Dajeon saat SMP, hanya saja berhenti setelah mengalami cedera pergelangan kaki.

Saat kuliah di Sungkyunkwan University di jurusan bisnis, wajah tampannya membuatnya dikenal sebagai salah satu ulzzang, atau sosok yang terlalu rupawan.

Menariknya, tahun 2010 ia tampil dalam drakor yang melambungkan namanya, Sungkyunkwan Scandal, yang berlatar universitas bersejarah ini pada masa Joseon.

Seperti Park Seo Joon dan Park Bo Gum pada awal kariernya, Song Joong Ki juga sempat menjadi MC untuk acara musik kondang Music Bank. Ia bertugas tahun 2009-2010, dan di episode perdananya Song Joong Ki menarikan "Hot Issue" dari 4Minute.

Film yang meroketkan nama Song Joong Ki lebih jauh rilis pada 2012, A Werewolf Boy. Ia berperan sebagai Chul Soo, remaja yang bertingkah laku seperti hewan liar. Film ini menjadi salah satu film tersukses di Korea pada 2012 dengan 7 juta penonton.

A Werewolf Boy diputar secara perdana di Toronto International Film Festival.

Setelah kembali dari wajib militer pada 2015, kembalinya Song Joong Ki dalam drakor Descendants of the Sun disambut dengan gegap gempita. Perannya sebagai Kapten Yoo Shi Jin tak hanya jadi fenomena di negaranya, tapi juga secara global.

Dalam drama ini bertemu Song Hye Kyo, dan istilah Song-Song Couple pun menggema. Namun, hubungan keduanya berakhir dengan perceraian pada 2019.

Selain Werewolf Boy, film dengan kesuksesan besar lain yang ia bintang adalah The Battleship Island. Film yang diangkat dari kisah nyata ini ia melakoni karakter menantang Park Moo Young, salah satu pejuang kemerdekaan Korea Selatan.

The Battleship Island meraih 6,5 juta penonton.

Terakhir, ia kembali membintangi drama Korea Vincenzo yang juga mendulang kesuksesan. Tantangan yang ia hadapi di drakor ini tak sedikit, mulai berbicara bahasa Italia juga melakoni adegan yang intens maupun mengocok perut penonton.

Namun toh, karakter Vincenzo Cassano sang pengacara mafia berhasil ia eksekusi dengan ciamik.

Cinta Abadi Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Sejoli Monarki 7 Dekade yang Dipisahkan oleh Maut

Liputan6.com 2021-04-11 15:01:01
Dalam foto file 18 November 2017 ini memperlihatkan Ratu Inggris Elizabeth II dan Duke of Edinburgh Pangeran Philip, berpose untuk foto di Broadlands yang menandai ulang tahun pernikahan berl

Pangeran Philip menikahi Elizabeth II saat masih berusia 20 tahunan sebelum menjadi Ratu Inggris, keduanya menjadi sejoli selama 7 dekade pernikahan, hingga maut memisahkan mereka ketika Duke of Edinburgh itu berpulang pada usia 99 tahun pada Jumat 9 April 2021.

"Dia adalah seseorang yang tidak mudah menerima pujian, tetapi dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan bagi saya dan bertahan selama ini," kata Ratu Elizabeth pada tahun 1997, memberikan penghormatan kepada suaminya pada ulang tahun pernikahan emas mereka.

Mengutip ABC News, Minggu (11/4/2021), Pangeran Philip yang lahir di Yunani pertama kali bertemu dengan Putri Elizabeth pada tahun 1934 di pernikahan Putri Marina dari Yunani dan Denmark dan Pangeran George, Duke of Kent.

Philip dan Elizabeth memiliki nenek buyut yang sama yaitu Ratu Victoria.

Philip adalah keturunan langsung dari Putri Alice, anak ketiga dari Ratu Victoria. Ratu Elizabeth adalah keturunan langsung dari putra tertua Ratu Victoria, yang menjadi Raja Edward VII, menurut situs web keluarga kerajaan.

Setelah pertemuan pertama mereka, Elizabeth dan Philip bertemu beberapa kali selama dekade berikutnya, dan Putri Elizabeth yang sangat muda jatuh cinta pada Philip yang berambut pirang dan bermata biru.

Pengasuhnya mencatat bahwa "ketampanan Viking" Philip cukup mengesankan sang putri.

Pasangan itu bertukar surat dan, pada tahun 1946, Philip, yang saat itu berusia pertengahan 20-an, diberi izin oleh Raja George VI untuk menikahi putrinya, dengan syarat mereka menunggu hingga Elizabeth berusia 21 tahun.

Namun, para abdi dalem ayahnya kurang terkesan.

Ada keraguan tentang kurangnya sumber keuangan dan sumber asing Pangeran Philip, dan Raja George VI juga dikabarkan prihatin dengan usia putrinya yang masih muda.

Pasangan itu menahan keraguan dan menikah pada 20 November 1947, dalam pernikahan kerajaan di Westminster Abbey.

Philip melepaskan gelar Yunani dan Denmark-nya dan mengadopsi nama belakang keluarga ibunya, menyebut dirinya Letnan Philip Mountbatten. Ayah mertua barunya, raja, memberinya gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth dan Baron Greenwich.

Selama beberapa tahun setelah pernikahan mereka, Philip dan Elizabeth menjalani kehidupan yang relatif normal. Dia terus bertugas di Angkatan Laut Kerajaan, dan pasangan itu segera memiliki dua anak, Pangeran Charles dan Putri Anne.

Kehidupan Philip dan Elizabeth berubah pada tahun 1952 ketika, ketika Elizabeth sedang berkeliling Kenya, ayahnya, Raja George VI, meninggal.

Dia menjadi Ratu Elizabeth II pada usia 26, dan Philip melepaskan karirnya di Royal Navy untuk menghidupi istrinya.

Ratu tidak memberi suaminya gelar resmi "permaisuri pangeran", seperti yang dilakukan di masa lalu. Lima tahun setelah ratu naik tahta, pada tahun 1957, dia mengangkat Philip, Duke of Edinburgh, seorang pangeran Kerajaan Inggris.

Philip, yang memiliki empat anak dengan ratu, dilaporkan marah mengetahui, setelah aksesi istrinya, bahwa anak-anaknya tidak akan pernah menyandang nama belakangnya, menurut biografi ratu tahun 2012 oleh penulis Sally Bedell Smith.

"Aku hanyalah amuba berdarah," kata Philip yang marah.

"Saya satu-satunya pria di negara ini yang tidak diizinkan memberikan namanya kepada anak-anaknya sendiri."

Meskipun mereka tidak menyandang nama belakangnya, Philip mengambil peran yang sangat aktif dalam membesarkan anak-anaknya - Charles, Anne, Andrew, dan Edward - dan sangat melindungi keluarga dan bisnis keluarga tempat ia menikah.

Duke of Edinburgh dikenal sebagai salah satu anggota keluarga kerajaan yang bekerja paling keras selama masa jabatannya bersama raja yang paling lama memerintah di negara itu.

Ketika dia pensiun dari tugas resmi kerajaan pada tahun 2017 pada usia 96 , Philip telah menyelesaikan lebih dari 22.000 perjalanan kenegaraan solo sejak 1952, memberikan 5.496 pidato dalam perjalanannya ke lebih dari 76 negara, menulis 14 buku, menjabat sebagai pelindung bagi 785 organisasi dan membuat 637 kunjungan tunggal ke luar negeri, menurut Istana Buckingham.

Majangtengah nan Malang

FOTO: Penampakan Rumah-Rumah Rusak di Kampung Majangtengah Akibat Gempa

Liputan6.com 2021-04-11 15:30:03
Kondisi rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Dusun Krajan, Majangtengah, merupakan salah satu wilayah yang
Kondisi bagian belakang sebuah rumah yang ambruk setelah gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Dusun Krajan merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak paling parah dari gempa bermagnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4). (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Kondisi rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Kariono, warga RT5 RW1, menunjukkan kondisi rumahnya yang rusak akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Dusun Krajan merupakan salah satu wilayah yang terdampak paling parah dari gempa bermagnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4). (merdeka.com/Nanda F Ibrahim)
Kondisi rumah Kariono, warga RT5 RW1 Dusun Krajan, yang mengalami kerusakan akibat gempa di Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Dusun Krajan merupakan salah satu wilayah yang terdampak paling parah dari gempa bermagnitudo 6,1. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Prajurit TNI merobohkan rumah yang mengalami kerusakan berat akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Reruntuhan rumah terdampak gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Warga RT5 RW1, Wahyuni menunjukkan kondisi rumahnya yang rusak akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Seorang warga melintas di dekat rumah warga yang ambruk setelah diguncang gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Kondisi rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Dusun Krajan merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak paling parah dari gempa bermagnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4). (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)
Kondisi rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Dusun Krajan, Majangtengah, Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (11/4/2021). Sejumlah rumah yang rusak berat terpaksa dirobohkan untuk meminimalisir adanya korban jika terjadi gempa susulan. (merdeka.com/Nanda F. Ibrahim)