Volume 14

Jeff Smith Diringkus

Jeff Smith Ditangkap Tak Jauh dari Kantor Manajemennya

Liputan6.com 2021-04-15 20:50:59
(Adrian Putra/Fimela.com)

Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap selebriti berinisial JS atau diduga Jeff Smith, atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Tak sendiri, Jeff Smith ditangkap bersama rekannya saat berada di dalam kendaraan

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (15/4/2021).

"Saat ditangkap dia (Jeff Smith) bersama seorang rekan kerjannya," ujar Yusri Yunus.


Dekat Kantor Manajemen

Yusri Yunus melanjutkan, Jeff Smith ditangkap di kawasan Jakarta Selatan tak jauh dari kantor manajeman yang menaunginya saat ini.

"Diamankan di sekitar basecamp manajemennya di Jagakarsa, Jaksel," kata Yusri Yunus.


Barang Bukti

Dalam penangkapannya, polisi mengamankan narkotika yang disimpan dalam kendaraannya. Namun sayangnya polisi belum menjelaskan secara detail barang bukti tersebut.

"Ditemukan narkotika di sebuah kendaraan yang ia pakai," ujar Ronaldo.


Penyidikan

Hingga berita ini diturunkan, polisi masih terus melakukan pemeriksaan terhadap JS terkait narkoba yang ditemukan di dalam kenadaraannya.

Patung Sang Pelindung

Patung Yesus Tertinggi ke-3 Sedunia Berdiri Megah di Brasil

Liputan6.com 2021-04-15 21:35:04
Pemandangan patung raksasa Yesus baru yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Patung "Christ the Protector" tersebut dikaim akan lebih t

Salah satu ikon Kota Rio de Janeiro, Brasil, adalah patung Yesus yang berdiri setinggi 38 meter. Kini patung itu tak berdiri sendirian lagi, karena Brasil sedang membangun patung raksasa Yesus yang baru dan lebih tinggi.

Patung Yesus yang dilabeli dengan nama Kristus sang Pelindung itu dibangun di Kota Encantado, yang berlokasi di Brasil selatan.

Pemandangan patung raksasa Yesus baru yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Kepala dan lengan terentang telah ditambahkan ke struktur patung pekan lalu, yang pembangunannya telah dimulai pada 2019. . (SILVIO AVILA/AFP)

Patung itu memiliki tinggi 43 meter, membuatnya menjadi patung Yesus tertinggi ketiga di dunia, seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/4/2021). Patung itu juga lebih tinggi dari patung Yesus yang telah dibangun Brasil sebelumnya di Rio Janeiro yang memiliki tinggi 38 meter.

Pemandangan patung raksasa Yesus baru yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Ide pembangunan patung tersebut dicetuskan oleh politisi lokal Adroaldo Conzatti, yang meninggal pada Maret karena Covid-19. (SILVIO AVILA/AFP)

Kepala dan lengan terentang telah ditambahkan ke struktur patung pekan lalu, yang pembangunannya telah dimulai pada 2019. Ide pembangunan patung tersebut dicetuskan oleh politikus lokal Adroaldo Conzatti, yang meninggal pada Maret karena COVID-19.

Pemandangan patung raksasa Yesus baru yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Patung itu juga lebih tinggi dari patung Yesus yang telah dibangun Brasil sebelumnya di Rio Janeiro yang memiliki tinggi 38 meter. (SILVIO AVILA/AFP)

Proyek bernilai Rp 5,1 miliar itu ditargetkan selesai pada 2021, menurut kelompok Association of the Friends of Christ, yang mengelola proyek tersebut. Proyek ini didanai melalui donasi dari individu dan sejumlah perusahaan, tambah asosiasi tersebut.

Seorang pekerja terlihat di depan patung Kristus yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Proyek dengan dana sebesar 350.000 dolar AS atau setara Rp5,1 miliar direncanakan untuk selesai pada tahun ini. (SILVIO AVILA/AFP)

Patung Yesus itu memiliki rentang 36 meter dari tangan satu ke tangan lainnya. Adapun lift yang dibangun di dalam patung akan membawa wisatawan ke sudut pandang di area dada, setinggi 40 meter.

Pemandangan patung raksasa Yesus baru yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. Patung yang dilabeli dengan nama Kristus sang Pelindung itu akan memiliki tinggi 43 meter, dan menjadi patung Yesus tertinggi ketiga di dunia. (SILVIO AVILA/AFP)

Sementara itu, patung Yesus Buntu Burake di Sulawesi, Indonesia, dengan tinggi 52,55 meter, jika undakannya turut dihitung, hingga kini masih menjadi patung Yesus tertinggi di dunia. Sementara patung Kristus Sang Raja di Swiebodzin, Polandia, memiliki tinggi 52,5 meter.

Sedangkan patung Kristus sang Penebus, memiliki tinggi 38 meter. Kendati demikian, banyak patung lain di seluruh dunia yang lebih tinggi, termasuk beberapa patung Perawan Maria dan patung Buddha.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aksi Koboi Kertas

Aksi Unik Koboi Kertas Usir Jenuh Saat Bosan Karantina

Liputan6.com 2021-04-16 12:00:34
David Marriott mengunggangi kuda kertasnya "Russell" di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 1 April 2021. Saat berada dalam kamar hotel untuk karantina, direktur seni di iklan TV itu b

Bagi banyak individu, masa karantina sangatlah membosankan. Begitu pula bagi David Marriott, pria asal Sydney yang harus menjalani isolasi di sebuah hotel di Brisbane, Australia, selama 10 hari.

Berawal dari rasa bosannya tersebut, David memiliki ide unik untuk menjadi seorang koboi dan membuat seekor kuda menggunakan kantong kertas makanan yang dia terima setiap hari.

David Marriott berpose dengan kuda kertasnya Russell di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 6 April 2021. Saat berada dalam kamar hotel untuk karantina, direktur seni di iklan TV itu bosan dan mulai membuat pakaian koboi dari kantong kertas makanannya yang dikirimkan. (David Marriott via AP)

Pria yang berprofesi sebagai art director pada iklan TV ini membuat kerangka kuda tersebut dari papan setrika yang ditemukan di dalam lemari. Sementara mata dan lubang hidung kudanya dibuat dari biji kopi. David pun menamai "kuda" nya tersebut dengan sebutan Russell.

Tak cukup sampai di situ, David pun membuat rompi, celana dan topi dari kantong makanan yang sama yang membuatnya terlihat seperti seorang koboi.

David Marriott berpose dengan kuda kertasnya Russell di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 1 April 2021. Direktur seni di iklan TV itu juga membuat pakaian koboi, celana topi dan juga rompi kantong kertas makanannya yang dikirimkan selama menjalani karantina. (David Marriott via AP)

Dikutip dari ABC News, Jumat (16/4/2021), David harus menjalani karantina selama dua pekan usai melakukan perjalanan ke London untuk menghadiri pemakaman ayahnya, Harry.

Harry jatuh di rumahnya di London dan dibawa ke rumah sakit, di mana dia menjalani operasi dan dirawat. Tapi kemudian dia terjangkit virus Corona Covid-19 dan akhirnya meninggal dunia.

David Marriott berpose dengan kuda kertasnya Russell di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 3 April 2021. Saat berada dalam kamar hotel untuk karantina, direktur seni di iklan TV itu bosan dan mulai membuat pakaian koboi dari kantong kertas makanannya yang dikirimkan. (David Marriott via AP)

"Saya sangat beruntung ibu dan saudara perempuan saya ada di sana, dan diizinkan masuk untuk menemuinya," kata David.

"Saya akan melakukan Zoom dengannya pada jam 3 pagi. Melihat kondisinya yang memburuk sungguh memilukan. Tapi saya bisa mengucapkan selamat tinggal dan berdamai. "

David Marriott berpose dengan kuda kertasnya Russell di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 6 April 2021. Saat berada dalam kamar hotel untuk karantina, direktur seni di iklan TV itu bosan dan mulai membuat pakaian koboi dari kantong kertas makanannya yang dikirimkan. (David Marriott via AP)

David terbang dari Australia untuk menghadiri pemakaman dalam perjalanan yang menurutnya suram. Seperti warga Australia lainnya yang kembali ke rumah, dia diharuskan melakukan karantina di hotel selama dua minggu.

Karena tamu karantina dianggap berpotensi menularkan, makanan mereka dikirim dalam wadah sekali pakai dan piring yang dibuang dan bukan didaur ulang, yang menurut David agak sedikit sia-sia.

David Marriott berpose dengan kuda kertasnya Russell di kamar hotelnya di Brisbane, Australia, 3 April 2021. Direktur seni di iklan TV itu juga membuat pakaian koboi, celana topi dan juga rompi kantong kertas makanannya yang dikirimkan selama menjalani karantina. (David Marriott via AP)

Hal itu membuat dia memiliki ide untuk mendaur ulang wadah makanannya menjadi sebuah karya unik yang kini mencuri perhatian publik.

"Dia (Russell) adalah superstar sekarang," kata David.

Bunga Tulip Musim Semi

Menikmati Panorama Hamparan Bunga Tulip Aneka Warna di Korea Selatan

Liputan6.com 2021-04-17 07:02:00
Seorang pengunjung yang memakai masker memegang kamera di ladang tulip di sebuah taman di Paju, Korea Selatan, pada 14 April 2021. Korea Selatan sedang menyambut musim semi yang akan berlangs

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati panorama hamparan bunga tulip beragam warna. Pelancong asal Asia Tenggara, termasuk Indonesia, bisa mempersingkat perjalanan dengan bertandang ke Korea Selatan.

Tulip dalam bahasa Latin disebut Tullipa, yakni tumbuhan tahunan berumbi. Bunga ini mekar dalam beragam warna, mulai dari merah, oranye, kuning, hijau, biru, hingga ungu.

Merayakan datangnya musim semi, berbagai kota di Negeri Ginseng biasanya menggelar festival tulip. Festival Tulip Taean di Korea Flower Park, Taean bahkan sempat terpilih sebagai satu dari lima festival tulip terbaik di dunia pada 2018 lalu.

Pengunjung yang memakai masker berjalan di dekat ladang tulip di sebuah taman di Paju, Korea Selatan, pada 14 April 2021. Korea Selatan sedang menyambut musim semi yang akan berlangsung dari Maret hingga Mei. (AP Photo/ Lee Jin-man)

Selain di Taean, Goyang juga menyuguhkan pemandangan kebun bunga tulip yang tak kalah indah. Goyang sendiri merupakan kota yang berlokasi tak jauh dari Seoul.

Seorang pengunjung memegang smartphone di dekat ladang tulip di sebuah taman di Paju, Korea Selatan, pada 14 April 2021. Korea Selatan sedang menyambut musim semi yang akan berlangsung dari Maret hingga Mei. (AP Photo/ Lee Jin-man)

Di Goyang terdapat danau buatan terkenal, yakni Ilsan Lake Park. Keberadannya menambah menawan pemandangan di padang bunga tulip warna-warni.

Seorang perempuan yang memakai masker mengambil gambar bunga tulip di sebuah taman di Goyang, Korea Selatan, pada 13 April 2021. Korea Selatan sedang menyambut musim semi yang akan berlangsung dari Maret hingga Mei. (AP Photo/ Ahn Young-joon)

Menambah panjang daftarnya, kota Paju juga tidak ingin kalah menyuguhkan keindahan tulipnya. Di Paju, tepatnya di Byukchoji Gardens, biasanya diselenggarakan festival tulip.

Sejumlah perempuan yang memakai masker mengambil foto bunga tulip di sebuah taman di Goyang, Korea Selatan, pada 13 April 2021. Korea Selatan sedang menyambut musim semi yang akan berlangsung dari Maret hingga Mei. (AP Photo/ Ahn Young-joon)

Mengingat pendemi masih berlangsung, pengunjung menikmati pemandangan kebun bunga tulip ini di tengah berbagai keterbatasan, termasuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Donor Darah Ramadan

FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan

Liputan6.com 2021-04-15 19:15:19
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar me
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
FOTO: PMI Kerahkan Mobil Donor Darah Keliling Selama Ramadan
Warga melakukan donor darah saat Ramadan dalam mobil milik PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (15/4/2021). Donor darah dalam mobil tersebut dilakukan PMI untuk menarik minat masyarakat agar mendonorkan darah dan dapat menjaga stok darah aman selama bulan puasa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Wanita Penghancur Batu

FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan

Liputan6.com 2021-04-16 16:45:16
Habiba, penghancur kerikil berusia 50-60 tahun, mengayak dengan saringan improvisasi untuk memisahkan kerikil dari pasir di dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 20
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Habiba, penghancur kerikil berusia 50-60 tahun, mengayak dengan saringan improvisasi untuk memisahkan kerikil dari pasir di dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Seorang wanita menghancurkan kerikil untuk dijual sebagai pelengkap beton murah di sebuah tempat dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Idjele (kanan), 38, dan bibinya yang sudah tua duduk di antara batu untuk dihancurkan dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Seorang penghancur kerikil menggendong anaknya di antara lempengan dan batu yang lebih kecil dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Sebuah gerobak digulingkan dan diguncang untuk melepaskan setiap batu kecil oleh penghancur kerikil di sebuah tempat dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Habiba (ketiga kanan), penghancur kerikil berusia 50-60 tahun, dan Idjele (tengah), 38, memilih lempengan batu dari gerobak dekat Cite International des Affaires di N'Djamena, Chad, 12 April 2021. Dalam debu dan panas, wanita Chad menghancurkan kerikil untuk memenuhi kebutuhan. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Sebuah truk menurunkan batu dan bahan konstruksi sisa lainnya yang digunakan oleh para wanita untuk dihancurkan menjadi kerikil dan dijual sebagai pelengkap beton murah di sebuah lokasi dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. (MARCO LONGARI/AFP)
FOTO: Dalam Debu dan Panas, Wanita Chad Hancurkan Kerikil untuk Penuhi Kebutuhan
Sebuah truk menurunkan batu dan bahan konstruksi sisa lainnya yang digunakan oleh para wanita untuk dihancurkan menjadi kerikil dan dijual sebagai pelengkap beton murah di sebuah lokasi dekat Cite International des Affaires, N'Djamena, Chad, 12 April 2021. (MARCO LONGARI/AFP)

Muatan Kapal Tanker Raksasa

Berlayarnya Kapal Tanker Raksasa Pembawa 2 Juta Barel Minyak

Liputan6.com 2021-04-17 06:35:22
Kapal tanker raksasa Very Large Crude Carrier (VLCC) berkapasitas 2 juta barel milik PT Pertamina (Persero) mulai melaut (dok: Pertamina)

Pasokan minyak jadi barang penting dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Di Indonesia, PT Pertamina yang memikul tanggung jawab tersebut.

Bila selama ini kita mengenal kilang minyak, Pertamina kini memiliki kapal tanker minyak raksasa. Tak tanggung-tanggung, kapal ini mampu membawa 2 juta barel minyak.

Pertamina Pride dan Pertamina Prime, 2 kapal kontainer raksasa atau Very Large Crude Carrier (VLCC) ini diberi nama.

VLCC Pertamina Pride dan Prime merupakan milik PT Pertamina International Shipping (PIS), Sub Holding Pertamina.

Kapal tanker raksasa atau Very Large Crude Carrier (VLCC) berkapasitas 2 juta barel milik PT Pertamina (Persero) mulai melaut (dok: Pertamina)

Pertamina membangun 2 unit kapal tipe VLCC, ditujukan untuk mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke refinery/kilang Pertamina.

Kapal Tanker Pertamina Pride berukuran 301.000 DWT dibangun di Galangan Japan Marine United (JMU), Ariake, Jepang sejak tahun 2018.

Kapal mulai berlayar pada 9 Februari 2021 setelah serah terima langsung di JMU Ariake Shipyard. Kini kapal tersebut telah tiba di Indonesia dan siap menunjang penyaluran pasokan energi nasional.

Kesiapan tersebut ditandai dengan peresmian oleh Menteri BUMN, Erick Tohir di atas kapal yang sedang bersandar di Teluk Semangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

"Pertamina harus kembali ke masa kejayaannya di tahun 70-an, menjadi global player dan siap bersaing yang didasari oleh Good Corporate Governance,"ucap Erick, Kamis (15/4/2021).

Menteri BUMN, Erick Tohir di atas kapal PERTAMINA PRIDE (dok: KBUMN)

VLCC Pertamina Pride disebut telah memenuhi regulasi internasional antara lain seperti IMO (International Maritime Organization) serta regulasi IMO PSPC (Performance Standard for Protective Coatings).

Regulasi yang diterapkan pada Cargo Oil Tanks (COT) dan Water Ballast Tank (WBT), yang penting untuk kemudahan perawatan dan menjaga kapal selalu dalam kondisi baik.

Kapal tanker ini merupakan kapal dengan single screw driven single deck type crude oil tanker, dengan panjang keseluruhan (LOA) sebesar 329.904 meter, deadweight Tonnage sebesar 301,781 ton, gross tonnage sebesar 157,116 ton, dan cargo carrying capacity sebesar abt. 2 juta barrel.

Keunggulan desain VLCC Pertamina Pride antara lain adalah penggunaan teknologi Super Stream Duct untuk mengurangi bubble.

Di mana hal tersebut dapat menyebabkan kavitasi sehingga akan merusak propeller, Surf Bulb (Swept Back Up-Thrusting Rudder Fin with Bulb) yang menambah kemampuan maneuvering kapal, dan A-LVfin atau Advanced Low Viscous Resistance Fin untuk menambah stabilitas kapal.

PT Pertamina International Shipping (PIS) mulai 8 Maret siap melakukan uji coba kapal tanker raksasa keduanya yang bertajuk PERTAMINA PRIME.

Sementara VLCC Pertamina Prime mulai berlayar pada Maret lalu. Kapal ini juga dibangun di Galangan JMU.

Kapal yang sudah melakukan sea trial pada 8 Maret 2021 hingga 13 Maret 2021 di Goto Islandsof Nagasaki Prefecture, Jepang ini akan ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Seperti halnya VLCC Pertamina Pridee, Kapal kedua ini pun memiliki kapasitas 2 juta barel yang merupakan single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang keseluruhan (LOA) 330 meter dan draft 21.5 meter.

PT Pertamina International Shipping (PIS) mulai 8 Maret siap melakukan uji coba kapal tanker raksasa keduanya yang bertajuk PERTAMINA PRIME.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan investasi yang dilakukan dengan menghadirkan 2 kapal yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime ini sejalan dengan arahan pemegang saham untuk go global.

"Kedua kapal ini akan melayani pasar luar negeri dan mengangkut crude dari Aramco ke Indonesia. Dengan kapal sendiri kita memiliki fleksibilitas yang lebih karena Pertamina memiliki cadangan di luar negeri dan produksi 110 ribu barel per hari," ujar Nicke.

Gemerlap Olimpiade Tokyo

Gemerlap Cahaya Menyambut Olimpiade Tokyo 2020 / 2021

Liputan6.com 2021-04-16 22:00:03
Gambar hitungan mundur menunjukkan angka 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 ditampilkan di Tokyo Skytree yang menyala di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021. (Kazuhiro NOGI / AFP)

Pelaksanaan Olimpiade Tokyo sudah semakin dekat. Rencananya ajang paling bergengsi di dunia olahraga itu akan berlangsung mulai 23 Juli 2021. Event ini terpaksa mundur setahun karena pandemi virus corona Covid-19.

Panitia Olimpiade Tokyo berusaha memeriahkan sekaligus mengingatkan kembali kepada warga Jepang akan penyelenggaraan event empat tahunan itu melalui hitung mundur 100 hari pada 14 Maret 2021. Meski sederhana, perayaan menyambut 100 hari Olimpiade cukup meriah.

Gambar menunjukkan Ariake Arena, tempat pertandingan bola voli dan bola basket kursi roda, tampak disoroti warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021. (Behrouz MEHRI / AFP)

Ariake Arena, tempat pertandingan bola voli dan bola basket kursi roda, tampak disoroti warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021.

Olimpiade Tokyo seharusnya digelar 24 Juli - 9 Agustus 2020. Pandemi Covid-19 membuat International Olympic Committee atau IOC memundurkannya menjadi 23 Juli - 8 Agustus 2021.

Gambar hitungan mundur menunjukkan angka 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 ditampilkan di Tokyo Skytree yang menyala di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021. (Kazuhiro NOGI / AFP)

Gambar hitungan mundur menunjukkan angka 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 ditampilkan di Tokyo Skytree, yang merupakan salah satu bangunan ternama di kota tersebut.

Untuk menandai hitung mundur 100 hari jelang Olimpiade, pemerintah Jepang memang membuat gebrakan dengan menyulap bangunan terkenal disana dengan pernak-pernik ajang empat tahunan tersebut.

Gambar menunjukkan Tokyo Aquatics Center, tempat acara renang, menyelam, dan renang artistik, tampak disoroti warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021. (Behrouz MEHRI / AFP)

Tokyo Aquatics Center juga ikut bermandikan warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 14 April 2021.

Gedung ini bakal menjadi tempat dilangsungkannya cabang olahraga renang, menyelam, dan renang artistik pada Olimpiade Tokyo.

Menara Tokyo, bangunan tertinggi kedua di Jepang dengan ketinggian 332,9 meter, tampak diterangi warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, pada 14 April 2021. (Charly TRIBALLEAU / AFP)

Menara Tokyo juga tak luput diterangi warna-warni cahaya Olimpiade untuk menandai 100 hari jelang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, pada 14 April 2021.

Tokyo Tower merupakan bangunan tertinggi kedua di Jepang dengan ketinggian 332,9 meter. Warga Tokyo pun dapat melihat gemerlap 100 hari jelang Olimpiade dari jarak jauh.

Pemandangan umum menunjukkan Cincin Olimpiade di depan Stadion Nasional, tempat utama untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, 100 hari sebelum upacara pembukaan di Tokyo pada 14 April 2021. (Charly TRIBALLEAU / AFP)

Stadion Nasional Tokyo juga bersolek menyambut 100 hari jelang Olimpiade 2021. Simbol Olimpiade berupa lima cincin terpampang di depan Stadion Nasional Tokyo.

Upacara pembukaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2021 memang akan berlangsung di Stadion Nasional ini.

Rumah 3D Tunawisma

Intip Kemewahan Rumah Cetak 3D untuk Tunawisma

Liputan6.com 2021-04-16 19:00:07
Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Tunawisma yang selama ini hidup di jalanan--setidaknya mereka yang menetap di Austin, Amerika Serikat--kini memiliki harapan baru dan bisa hidup lebih nyaman dengan rumah baru yang jauh lebih layak.

Sebuah perusahaan teknologi kontruksi membangun rumah cetak 3D untuk mereka yang membutuhkan. Tak tanggung-tanggung, rumah yang dibangun menggunakan teknologi printer 3D ini memiliki desain terbilang mewah dan detail dengan fasilitas cukup lengkap. Yuk, intip menampakannya berikut ini.

Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Perusahaan kontruksi bernama ICON itu telah menyelesaikan serangkaian rumah cetak 3D, sebagai bagian dari kemitraan berkelanjutannya dengan Mobile Loaves & Fishes (MLF).

MLF adalah organisasi nirlaba Austin yang dikenal luas karena layanan welas asihnya kepada komunitas tunawisma di daerah tersebut.

Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Rumah seluas 400 kaki persegi (sekitar 37 meter persegi) ini dicetak 3D dengan printer ICON's Vulcan II.

Mengutip laman resmi perusahaan, Jumat (16/4/2021), hunian unik tersebut dilengkapi satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur lengkap, ruang tamu, dan teras besar dengan pemandangan matahari terbenam.

Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Rangkaian rumah cetak 3D besutan ICON terletak di Community First! Village, yang seluruh propertinya seluas 51 hektar.

Ketika Fase II selesai dan dalam kapasitas penuh, Community First! Village akan menampung sekitar 480 orang yang sebelumnya tunawisma.

Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Rumah cetak 3D untuk para tunawisma ini didanai oleh MLF dan pendukungnya, seperti Cielo Property Group, yang menugaskan salah satu printer ICON untuk didedikasikan ke kota Austin untuk mewujudkan perumahan terjangkau.

Arsitektur rumah ini didesain oleh Logan Architecture, yang mana dicetak secara bersamaan (tiga sekaligus) untuk meningkatkan kecepatan dan menekan biaya.

Rumah cetak 3D untuk Tunawisma. Dok: iconbuild.com

Tim Shea (70) adalah tunawisma pertama yang tinggal di rumah ini. Sebelum tinggal di rumah permanen, dia menetap di komunitas mobil rumah atau recreational vehicle (RV).

Kepada New York Post, Shea mengatakan hidupnya berubah drastis sejak tinggal di Community First! Village, dan peralihannya dari tempat tinggal RV ke rumah cetak 3D berjalan mulus.

Langka Nan Mewah

Koleksi Mobil Langka Nan Mewah Milik Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2021-04-15 20:35:03
Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II. (GQ Magazine)

Sebagai seorang bangsawan, memiliki kendaraan mewah tentu menjadi suatu hal yang lumrah. Ini juga berlaku bagi mendiang Pangeran Philip yang meninggal dunia pada Jumat 9 April 2021 pada usia 99 tahun.

Semasa hidupnya, suami Ratu Inggris Elizabeth II itu diketahui mengoleksi sejumlah mobil. Dilansir GQ Magazine, mobil yang dimiliki saat itu berstatus mewah dan langka.

Lagonda 3-litre Drophead Coupe tahun 1954 (GQ Magazine)

Lagonda 3-litre Drophead Coupe lansiran 1954 merupakan mobil kerajaan pertama dari pria berjuluk Duke of Edinburgh tersebut.

Dibalut dengan cat Edinburg Green, mobil tersebut sempat digunakan oleh Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II untuk meresmikan M1 yang merupakan jalan raya pertama di Inggris pada 1959. Pada 2016 mobil tersebut dijual dan laku dengan harga 350 ribu Poundsterling atau setara Rp 7 miliar.

Alvis TD21 Series II Drophead Coupe 1961. (GQ Magazine)

Mobil kedua adalah Alvis TD21 Series II Drophead Coupe produksi 1961. Mobil ini menarik perhatian Pangeran Philip saat dirinya berkunjung ke London Motor Show.

Disebutkan, Alvis TD21 Series II Drophead Coupe dibekali mesin enam silinder segaris berdaya 115 Tk. Namun Pangeran Philip mesti membayar lebih karena sistem transmisinya di-upgrade menggunakan ZF lima percepatan.

(GQ Magazine)

Menariknya, koleksi mobil sang isteri Ratu Elizabeth II juga tak kalah memesona. Ia diketahui memiliki Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet 1955. Dari sekian banyak Rolls-Royce Phantom IV dan V yang dimiliki keluarga kerajaan, boleh dibilang Her Majesty's 1955 State Landaulet lah yang paling spesial.

Mobil dengan mesin 5.7 liter delapan silinder segaris itu hanya diproduksi 18 unit oleh Rolls-Royce. Mobil tersebut tetap beroperasi selama 43 tahun sebelum dikembalikan kepada Rolls-Royce pada 2002.

Vauxhall Cresta PA Friary Estate produksi 1961. (GQ Magazine)

Mobil berikutnya adalah Vauxhall Cresta PA Friary Estate 1961. Konon mobil ini merupakan favorit dari Ratu Elizabeth II.

Disebutkan, mobil dengan baluran cat Imperial Green tersebut hingga hari ini masih berada di garasi kerajaan di Sandringham.

Bentley State Limousine lansiran 2002. (GQ Magazine)

Mobil lainnya ialah Bentley State Limousine produksi 2002. Mobil ini merupakan hadiah dari pabrikan otomotif yang berbasis di Crewe itu untuk Ratu Elizabeth II pada 2002 dalam rangka memperingati 50 tahun kenaikan takhta.

Mobil ini dibekali mesin V8 6,75 liter yang sanggup menyemburkan daya hingga 400 Tk. Beberapa bagian mobil ini dimodifikasi untuk menyesuaikan kenyamanan sang Ratu.


Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Festival Baisakhi

Potret Unik Para Penari India di Ladang Gandum Sambut Panen Raya Baisakhi

Liputan6.com 2021-04-16 16:45:15
Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021. Baisakhi adalah festival yang d

Perempuan-perempuan muda Sikh terlihat asyik menunjukkan aksi tarian tradisional Punjab atau Bhangra sembari menyambut festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021.

Baisakhi adalah festival yang dirayakan masyarakat di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. Mereka menari bersama-sama sambil diiringi musik khas India yang selalu membuat ingin berjoget.

Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021. Baisakhi adalah festival yang dirayakan di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. (NARINDER NANU/AFP)

Para laki-laki terlihat memainkan alat musik yang merdu agar sejumlah penari di ladang gandum tak berhenti bergoyang. Sebuah traktor dijadikan properti untuk para penari berjoget di atasnya sambil riang gembira sebagai tanda musim panen akan tiba.

Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021. Baisakhi adalah festival yang dirayakan di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. (NARINDER NANU/AFP)

Para penari tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra tampak membawa alat untuk panen sebagai simbol betapa mereka menyambut antusias festival panen Baisakhi yang segera tiba. Festival ini hanya dilakukan ketika terjadi panen raya di India Utara.

Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021. Baisakhi adalah festival yang dirayakan di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. (NARINDER NANU/AFP)

Baisakhi juga disebut Vaisakhi, dikenal sebagai festival panen Punjab. Festival ini dirayakan oleh semua orang lintas agama di India, tepatnya di pinggiran Amritsar.

Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021. Baisakhi adalah festival yang dirayakan di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. (NARINDER NANU/AFP)

Selain menandai musim panen, Baisakhi juga mempunyai makna religius bagi penganut Sikh. Baisakhi menandai awal Tahun Baru Sikh. Acara puncak perayaan Baisakhi yakni pertunjukkan tarian tradisional Bhangra dan Gidda oleh laki-laki dan perempuan.

Prajurit Terjatuh di Pemakaman Pangeran

FOTO: Momen Prajurit Inggris Terjatuh saat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Liputan6.com 2021-04-18 14:00:00
Seorang anggota The Rifles terjatuh menjelang pemakaman Pangeran Philip di luar Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17//4/2021). Prajurit yang tidak disebutkan namanya
Momen Prajurit Inggris Terjatuh saat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Seorang anggota The Rifles terjatuh menjelang pemakaman Pangeran Philip di luar Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17//4/2021). Prajurit yang tidak disebutkan namanya itu tampak tercengang saat dia jatuh ke tanah. (Arthur Edwards/Pool via AP)
Momen Prajurit Inggris Terjatuh saat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Seorang anggota The Rifles terjatuh menjelang pemakaman Pangeran Philip di luar Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17//4/2021). Seorang prajurit dekatnya berusaha menangkapnya saat rekannya jatuh. (Arthur Edwards/Pool via AP)
Momen Prajurit Inggris Terjatuh saat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Anggota The Rifles dibantu rekanya usai terjatuh menjelang pemakaman Pangeran Philip di luar Kapel St George, Windsor, Inggris (17//4/2021). Pemakaman ini menerapkan protokol kesehatan, semua tamu termasuk Keluarga Kerajaan, harus mengenakan masker dan duduk terpisah. (Arthur Edwards/Pool via AP)
Momen Prajurit Inggris Terjatuh saat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Anggota RAF berbaris di rute prosesi ketika anggota Rifles berbaris melewati Kastil Windsor, Windsor, Inggris (17/4/2021). Pangeran Philip meninggal 9 April pada usia 99 setelah 73 tahun menikah dengan Ratu Inggris Elizabeth II. (Steve Parsons/Pool via AP)