Volume 15

 

Menanti Keajaiban Penyelamatan Awak KRI Nanggala 402

Liputan6.com 2021-04-25 09:02:40
Foto yang dirilis 21 April 2021 kapal selam KRI Nanggala 402 berlabuh di pangkalan angkatan laut di Surabaya. Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak saat m

Tim SAR gabungan terus bekerja keras mencari dan menyelamatkan awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021). Pada hari keempat pencarian, kapal selam milik TNI AL itu telah dinyatakan subsunk atau tenggelam di perairan Bali.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI AL telah menemukan bukti-bukti otentik tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 saat latihan penembakan torpedo.

"TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," kata Hadi saat konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Dia pun menuturkan, seluruh tim sudah bekerja keras melakukan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang sudah menghilang lebih dari tiga hari ini. Apalagi Sabtu kemarin merupakan batas akhir ketersediaan oksigen di kapal selam tersebut.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir life supportberupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam," jelas Hadi.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono membeberkan serpihan dan barang-barang milik KRI Nanggala 402 yang ditemukan bersamaan dengan tumpahan oli. Serpihan dan tumpahan oli itu ditemukan di sekitar 2 mil dari lokasi kapal tersebut menyelam pada Rabu 21 April 2021 dini hari.

Salah satunya alas yang biasa dipakai awak kapal selam beribadah. "Ini alas yang biasa dipakai ABK KRI untuk salat," kata Yudo.

Selain itu, tim menemukan pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, grace atau pelumas periskop, sponge, dan oli.

"Yang tengah ini pembungkus pipa pendingin, 2012 KRI Nanggala 402 pernah diperbaiki di Korea Selatan. Botol orange itu adalah grace untuk melumaskan periskop kapal selam," tutur Yudo.

"Sponge press room, harusnya lebar bentuknya lebar tapi ini ditemukan sudah kecil-kecil," ujarnya.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto (tengah) menyampaikan keterangan dan menunjukkan puing-puing yang ditemukan dalam operasi pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 di Pangkalan Udara Militer Ngurah Rai, Bali, Sabtu (24/4/2021). KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam atau subsunk. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Yudo meyakini serpihan tersebut milik kapal selam KRI Nanggala 402. Dia mengatakan, barang ini bukan barang yang biasa dimiliki oleh kapal lain. Selain itu, dipastikan tidak ada kapal melintas di permukaan.

Keyakinan itu diperkuat dengan keterangan para ahli dan prajurit TNI mantan awak kapal selam KRI Nanggala 402.

"Barang-barang ini tidak dimiliki kapal lain, dan di radius 10 mil tidak ada kapal yang melintas. Berdasarkan keterangan ahli dan para mantan awak kapal selam, diyakini ini adalah barang KRI Nanggala," kata Yudo.

Dia menuturkan, ditemukannya serpihan-serpihan tersebut menunjukkan bahwa KRI Nanggala 402 mengalami keretakan. Kemungkinan besar keretakan terjadi karena kapal selam berada di kedalaman 850 meter. Sementara kemampuan selam maksimal kapal itu hanya berada di kedalaman 500 meter.

"Pasti ada keretakan karena kedalamannya segitu. Pelurus torpedo keluar, artinya ada keretakan yang cukup besar," ujar Yudo.

Meski begitu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan kapal selam KRI Nanggala 402 tak meledak. Dia memastikan, kapal tersebut mengalami keretakan dan tenggelam ke dasar laut.

"Tidak meledak, kalau meledak pasti sudah buyar semua, dan suara ledakannya pasti terdeteksi, kemungkinan mengalami retakan," ujar Hadi.


Berharap Ada Keajaiban

Namun demikian, masih ada asa tim SAR gabungan menyelamatkan para awak kapal selam KRI Nanggala 420 dari kedalaman laut 850 meter. Kita semua berharap ada keajaiban dalam proses pencarian yang telah ditingkatkan dari submiss menjadi subsunk.

KSAL Laksamana Yudo Margono menerangkan, peningkatan fase artinya akan disiapkan berbagai peralatan medis guna mengevakuasi awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang kemungkinan masih selamat.

"Kita akan siapkan evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan selamat, kita evakuasi. Kita lanjutkan proses berikutnya," ujar dia.

Dia menuturkan, tim SAR gabungan yang ada di lapangan akan berjuang lebih keras. "Karena pada kedalaman 850 yang terdeteksi, jadi sangat memiliki kesulitan tinggi," ujar Yudo.

Meski akan lebih menyulitkan tim pencari gabungan lantaran berada di kedalaman 850 meter, namun Yudo menyatakan pihaknya terus berupaya menemukan dan mengangkat kapal selam KRI Nanggala 402.

"Sehingga dengan kesulitan ini kita tetap jalankan prosedur pengangkatan dan evakuasi. Demikian, semoga Tuhan beri jalan terbaik," kata Yudo.

Yudo mengungkapkan, ada bagian dalam kapal selam KRI Nanggala 402 yang kedap udara dan tak akan kemasukan air, meski ada keretakan dalam kapal.

Yudo berharap prajurit TNI yang berada dalam kapal tersebut masih sempat menutup bagian itu. Sehingga dia berharap para prajurit masih selamat, meski hingga kini, KRI Nanggala 402 belum ditemukan.

"Masuknya air kemungkin ada. Tapi ada kemungkinan air juga enggak masuk, karena ada bagian kabin-kabin yang air enggak bisa masuk. Jadi ada sekat-sekat di dalamnya. Jadi di dalam ruang itu ada bagian kompartemen yang pintunya kedap, diputar. Kemudian jika anggota sempat menutup, ada kemungkinan enggak kemasukan air," ujar Yudo dalam jumpa pers, Sabtu (24/4/2021).

Terkait dengan cadangan oksigen, menurut Yudo ada kemungkinan oksigen masih ada di KRI Nanggala 402. Dia menyebut, cadangan oksigen di kapal selam tersebut bisa bertahan sampai lima hari.

"Saya sampaikan kemarin, 72 jam itu ketika kapal black out. Tapi kalau enggak black out, kalau ada listrik bisa sampai lima hari. Kita tidak bisa lihat apakah dia black out atau engga. Soalnya pas masuk air lampunya masih menyala. Namun demikian kalau saat menyelam itu black out, kemampuan hanya 72 jam. Tapi kalau listrik hidup bisa tahan 5 hari," kata dia.

KSAL belum bisa memastikan kondisi awak KRI Nanggala 402, mengingat baru serpihan kapal selam yang ditemukan.

"Kami tidak bisa melihat sampai bagaimana karena belum ketemu untuk korbannya jadi baru ditemukan. Kita semua tidak bisa menduga-duga sampai tahu bagaimana kondisi korban dan sebagainya. Dengan evakuasi nanti baru bisa kita tentukan," kata Yudo.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti serpihan apa pun dari awak KRI Nanggala-402, sehingga tidak bisa menduga kondisinya seperti apa. Menurut dia, dengan ditemukannya komponen-komponen yang diyakini bagian dari KRI Nanggala-402, menjadi titik terang pertama.

"Tidak ada bukti serpihan apa pun dari korban, sehingga tidak bisa menduga kondisinya. Tapi dengan adanya penemuan barang-barang bagian dari kapal selam, jadi silakan rekan-rekan media mengevaluasi sendiri seperti apa dengan itu," katanya seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, dia belum bisa memastikan waktu evakuasi, karena selanjutnya akan melihat perkembangan setelah membicarakan bersama organisasi ISMERLO.

Dalam proses evakuasi kapal selam ini, ada organisasi The International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) yang juga dilibatkan dalam penyelamatan kapal. ISMERLO setiap dua tahun kerap membicarakan bagaimana proses penyelamatan kapal selam.

"Jadi tetap akan kami upayakan untuk bisa dievakuasi. Saya tidak bisa menentukan kapan waktunya. Nanti akan kami bicarakan dari tim kami, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri," katanya.


Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala 402

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Motor Raksasa Sang Penyelamat

1 Motor 8 Orang, Penyambung Kehidupan di Kamerun yang Terpencil

Liputan6.com 2021-04-24 14:47:30
Motor raksasa yang jadi sumber kehidupan di Kamerun. (AFP)

Rodanya dua, tapi mampu membonceng delapan orang. Mengalahkan mobil bahkan truk. Inilah motor raksasa penyambung kehidupan di Kamerun.

Bukan hanya orang, motor ini juga mampu membawa hasil panen petani sekaligus. Bahkan, mampu melibas jalan rusak bergelombang tanpa aspal.

Sepeda motor raksasa ini dibuat sangat disesuaikan dengan kondisi daerah di Kamerun yang terpencil. Panjangnya bisa lebih dari tiga meter, yang dirancang secara khusus untuk memenuhi celah di pasar transportasi Kamerun.

Motor raksasa yang jadi sumber kehidupan di Kamerun. (AFP)

Motor-motor itu digunakan untuk membawa petani dan hasil panennya ke pasar dan membawa barang-barang kembali ke desa-desa terpencil. Para petani di Baye mengatakan, sepeda motor raksasa adalah penyelamat mereka untuk dapat mencapai pasar di Bafoussam, sekitar 15 kilometer jauhnya, di jalan yang tidak lebih dari trek off road.

"Sepeda motor ini sangat membantu kami. Mobil tidak dapat pergi ke pedesaan. Hanya benskineur (tukang ojek) yang bisa pergi untuk kami," kata Elisabeth Ninkam, seorang petani.

Motor raksasa yang jadi sumber kehidupan di Kamerun. (AFP)

"Jika kita tidak memilikinya, pisang raja, akar talas kita, jagung atau buncis akan membusuk di ladang. Di mana kita tinggal, mobil tidak bisa lewat karena keadaan jalan. Hanya sepeda motor seperti ini yang bisa membawa hasil panen kami ke pasar," kata petani lain, Makam Rose.

Seorang "benskineur" dengan motor yang dipasangi besi-besi penyangga dan jok berukuran panjang, dapat memiliki penghasilan lebih baik hingga tiga kali lipat lebih banyak daripada ojek biasa, yang biasanya menghasilkan sekitar Rp 123 ribu per hari.

Motor raksasa yang jadi sumber kehidupan di Kamerun. (AFP)

Di Bafoussam, dua mekanik, Emmanuel Wembe dan Kuate Bachile, bekerja di bengkel beralas tanah untuk membuat sepeda motor raksasa. Sepeda motor ini pada dasarnya dibuat khusus, mekanik menyatukan sasis baru untuk sepeda motor yang kuat dan meningkatkan suspensi.

"Kami membuatnya sesuai pesanan - dari empat kursi hingga 10 kursi," kata Wembe.

Motor raksasa yang jadi sumber kehidupan di Kamerun. (AFP)

Sepeda motor seperti ini memang berguna di Kamerun, meskipun pengendaraannya hampir tidak nyaman dan keselamatan di jalan raya sangat berisiko.

"Ada banyak risiko, terutama dalam hal mengelola keseimbangan," kata Ngaleu Michel, seorang guru teknik otomotif di perguruan tinggi teknik Bafoussam, menunjuk pada bahaya dari selip ataupun penumpang yang jatuh.

Captain America di Dunia Nyata

Aksi Polisi Berkostum Captain America Mengedukasi Anak agar Aman dari COVID-19

Liputan6.com 2021-04-23 18:00:48
Polisi militer Everaldo Pinto, berkostum superhero Captain America, menyapa seorang pengemudi di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Dalam aksinya, Pinto membagikan kotak b

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna mengedukasi anak-anak soal tetap tinggal di rumah pada masa pandemi COVID-19. Seperti yang dilakukan polisi militer Brazil Everaldo Pinto.

Sersan polisi berusia 45 tahun itu menggunakan cara edukasi yang menurutnya bakal mudah mendapat respons anak-anak. Everaldo tak sungkan berupaya sedikit keras dengan mengenakan kostum superhero demi mendapat perhatian anak-anak dan mengedukasi mereka mengenai protokol kesehatan COVID-19.

Polisi militer Everaldo Pinto, berkostum Captain America, berfoto dengan anak-anak di tengah pandemi COVID-19 di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Dalam aksinya, Pinto membagikan kotak berisi produk pembersih dan masker untuk mencegah paparan corona. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Kostum pahlawan super Captain America dipilih Everaldo untuk menjalankan misinya. Pilihan jatuh pada sosok superhero itu karena anak-anaknya sendiri merupakan penggemar berat Captain America.

Polisi militer Everaldo Pinto, mengenakan kostum Captain America dengan bantuan istrinya di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Dalam aksinya, Pinto membagikan kotak berisi produk pembersih dan masker untuk mencegah paparan corona pada anak-anak. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Sejak pandemi melanda Brazil, Everaldo jadi lebih sering berada di rumah dan bermain dengan anak-anaknya. Mereka kerap bermain dengan kostum Captain America. Everaldo pun kemudian mengunggah fotonya bersama anak-anak ke media sosial. Lama-kelamaan banyak orangtua yang mengiriminya pesan, meminta Everaldo untuk menyampaikan pesan pada anak-anak mereka.

Petugas polisi militer Everaldo Pinto, berkostum superhero Captain America, menyapa anak-anak di tengah pandemi COVID-19 di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Pinto memberitahu anak-anak tentang perlunya melindungi diri dari virus corona. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Ide untuk memanfaatkan alter-ego sebagai Captain America untuk mengedukasi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya mengenai pentingnya mengenakan masker dan menjaga kebersihan tangan agar aman dari COVID-19 muncul pada awal 2021, mengutip laman wkrg.

Petugas polisi militer Everaldo Pinto, berkostum superhero Captain America, memakaikan masker pada anak-anak di tengah pandemi COVID-19 di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Pinto memberitahu anak-anak tentang perlunya melindungi diri dari virus corona. (AP Photo/Silvia Izquierdo

Everaldo pun mulai memesan masker dan hand sanitizer bertema Captain America. Semuanya dari kocek pribadi. Dia pun mulai mengatur jadwal kunjungan untuk memberi kejutan pada anak-anak di waktu luangnya. Everaldo juga mengunjungi anak-anak yang kehilangan keluarga akibat COVID-19.

Seorang anak duduk di atas sepeda motor Everaldo Pinto, petugas polisi militer yang berkostum superhero Captain America di Petropolis, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (15/4/2021). Pinto memberitahu anak-anak tentang perlunya melindungi diri dari virus corona. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Simak Juga Video Berikut Ini

Bertaruh Nyawa di Tengah Amukan Api

Pantang Pulang Sebelum Padam, Meski Nyawa Jadi Taruhan

Liputan6.com 2021-04-24 10:35:11
Kebakaran lapak ban bekas yang terjadi Senin (19/4/2021) petang tersebut hingga Kamis (22/4/2021) belum bisa dipadamkan karena banyaknya bahan yang mudah terbakar dan sumber api yang berasal

Motto mereka adalah 'Pantang Pulang Sebelum Padam'. Kalimat ini yang menjadi penyemangat pasukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana.

Petugas seragam biru ini menjadi barisan terdepan manakala orang lain menjauh dari bahaya kebakaran. Pasukan pemadam justru mendekat menjinakan bahaya yang ada di hadapannya.

Ekspresi petugas pemadam kebakaran seusai memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Kamis (22/4/2021). Kebakaran lapak ban bekas yang terjadi Senin (19/4) petang tersebut hingga saat ini belum bisa dipadamkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Motto tersebut bukan sekedar kata yang berderet begitu saja, namun menjadi pengingat para pasukan pemadam untuk menuntaskan dan memastikan api tidak kembali muncul, kendati si jago merah mengamuk hingga berhari-hari.

Seperti kebakaran yang melanda lapak ban bekas di Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 19 April 2021.

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Kamis (22/4/2021). Kebakaran lapak ban bekas yang terjadi Senin (19/4) petang tersebut hingga saat ini belum bisa dipadamkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Empat hari berkobar, api masih menyala di lokasi kebakaran. Petugas pemadam yang bejibaku memadamkan pun bergiliran menjinakan api. Karet yang mudah terbakar menjadi kendala upaya pemadaman.

Meski bahaya menantang, apa yang mereka terima tidak sebanding dengan yang dilakukan. Hal itu tergambar dari curahan hati seorang honorer Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Sandi (31).

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Kamis (22/4/2021). Banyaknya bahan yang mudah terbakar dan sumber api yang berasal dari bawah tumpukan ban membuat  api di lokasi belum juga padam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sandi mengungkapkan, walaupun dituntut untuk selalu bekerja maksimal, namun fasilitas keselamatan bagi pekerja tidak memadai. Contohnya, Seperti pemberian sepatu kerja. Sandi menerima sepatu kerja (PDL) tidak sesuai dengan spek untuk mendukung mobilitasnya dalam bekerja.

"Sepatu yang saya terima merupakan pengadaan 2018 yang tidak dilengkapi tapal besi atau plat," terang Sandi.

Petugas pemadam kebakaran seusai memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Kamis (22/4/2021). Kebakaran lapak ban bekas yang terjadi Senin (19/4) petang tersebut hingga saat ini belum bisa dipadamkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Padahal medan pekerjaan yang dihadapi tidak sesuai prediksinya. Apabila mendapatkan panggilan untuk membantu evakuasi ular atau sarang tawon, terkadang dirinya harus memasuki pekarangan rumah atau kebun yang rawan akan paku atau benda tajam yang menusuk di kakinya.

Petugas pemadam kebakaran berjalan usai memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Kamis (22/4/2021). Kebakaran lapak ban bekas yang terjadi Senin (19/4) petang tersebut hingga saat ini belum bisa dipadamkan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tidak sampai di situ, saat diminta untuk melakukan evakuasi ular, tongkat besi untuk menangkap ular tidak layak pakai sehingga harus membuat tongkat sementara dari besi. Sandi sempat meminta pengadaan saran tongkat besi, namun Sandi hanya menerima jawaban ketidakpastian.

Petugas pemadam kebakaran beristirahat usai memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Kamis (22/4/2021). Banyaknya bahan yang mudah terbakar dan sumber api yang berasal dari bawah tumpukan ban membuat  api di lokasi belum juga padam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ironisnya, saat pembayaran insentif selama melakukan penyemprotan disinfektan, Sandi sempat diminta untuk menandatangani pembayaran sebesar Rp 1,7 juta. Namun uang pembayaran yang diterimanya hanya sebesar Rp 850 ribu.

Tidak banyak petugas seperti Sandi yang berteriak ketika ada ketidakadilan. Tidak sedikit yang memilih diam daripada membuka borok di dalam institusi pelayanan ini. Kini apa yang disuarakan sandi bersambut. Proses hukum berjalan mencari siapa biang kerok yang memakan hak para pemadam tersebut.

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor memadamkan api di lapak ban bekas, Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Kamis (22/4/2021). Banyaknya bahan yang mudah terbakar dan sumber api yang berasal dari bawah tumpukan ban membuat  api di lokasi belum juga padam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jejak Gim Pertama di Dunia

Mengenal Gim Pertama di Dunia dan Siapa Pembuatnya

Liputan6.com 2021-04-24 18:00:14
Tampilan mesin gim pertama di dunia yang berjudul Tennis for Two buatan Dr. William "Willy" Higinbotham. (Doc: gbatemp.net)

Sebelum era gim Super Mario Bros, Metal Gear Solid, FIFA, hingga GTA 5, banyak orang rela mengantre bermain gim di arena arcade atau tempat nongkrong populer lainnya.

Lebih dari 63 tahun yang lalu, sebelum ada area arcade (atau dingdong) atau konsol gim rumahan, gamer harus mengantre di Brookhaven National Laboratory untuk bermain gim.

Perangkat gim pertama di dunia jauh dari bentuk konsol, pc, atau smartphone yang lebih ringkas. (Doc: bugsplat.com)

Pada musim gugur Oktober 1958, fisikawan nuklir, Dr. William "Willy" Higinbotham, menyiapkan sesuatu yang istimewa untuk para pengunjung pameran.

Agar menarik bagi pengunjung dan memperlihatkan teknologi yang digunakan di lab, pria yang akrab dipanggil Willy ini membuat sebuah gim unik.

Dr. William

Debut pada 18 Oktober 1958, gim berjudul "Tennis for Two" buatan Higinbotham ini menjadi gim pertama di dunia dan cikal bakal dari gim modern saat ini.

Saat pertama kali dipertunjukkan, ada dua orang bermain gim itu berbekal kontroler terpisah yang terhubung ke komputer analog menggunakan osiloskop sebagai layar.

Layar berukuran 5 inci untuk main gim Tennis for Two. (Doc: gbatemp.net)

Dalam sisi gameplay, Tennis for Two memang sangat standar dalam skala gim modern saat ini. Saat diperkenalkan, gim ini tampil di sebuah layar berukuran dengan "gambar" lapangan tenis dan jaring di tengahnya.

Satu-satunya bagian dari permainan yang bergerak adalah bola cahaya yang dipantulkan bolak-balik melewati net.

Bentuk mesin gim Tennis for Two buatan Dr. William

Sontak, ciptaan William ini langsung menjadi pusat perhatian ratusan pengunjung pameran penasaran dan ingin mencoba secara langsung oleh banyak pihak sebagai gim pertama di dunia.

Baru pada tahun berikutnya, William menyempurnakan konsep Tennis for Two ini dengan menggunakan layar yang lebih besar dan memberi pemain opsi untuk menyesuaikan "gravitasi" di dalam gim.

Tak lama kemudian, perangkat untuk memainkan gim ini pun terpaksa dibongkar dan bagian-bagiannya dipakai kembali untuk proyek lain.

Skematik rancangan perangkat gim pertama di dunia. (Doc: bugsplat.com)

Berhubung Higinbotham adalah pegawai pemerintah federal dan tidak memiliki apa pun yang dibuat, dia tidak berkesempatan untuk mengajukan paten untuk ciptaannya.

Selain itu, masih banyak perdebatan tentang apakah "Tennis for Two" ini memang benar-benar gim pertama di dunia.

Bentuk kontroler untuk bermain gim pertama di dunia. (Doc: videogamehistorian.wordpress.com)

Selain gim buatan Higinbotham, ada tiga gim lainnya yang diklaim sebagai gim pertama di dunia, yaitu Cathode-Ray Amusement Device (dipatenkan pada 1948) dan simulasi catur buatan Alan Turing, yakni Turochamp.

Terakhir adalah gim simulasi tic-tac-toe berjudul OXO yang muncul pada 1952.

(Ysl/Isk)

Hiu Langka Serbu Wisatawan

Fenomena Serbuan Kawanan Hiu Langka

Liputan6.com 2021-04-24 00:11:22
Seekor hiu berenang melewati perenang di Laut Mediterania di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Fenomena yang menjadi perhatian warga ini diduga akibat su

Sirip hiu terlihat mencuat, mengiris permukaan air Laut Mediterania. Berenang melewati seorang perenang pria di lepas pantai Kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel pada 20 April 2021.

Serbuan kawanan hiu langka menjadi fenomena. Ada puluhan jumlahnya. Mereka berhimpun di perairan dangkal dan hangat.

Pemandangan udara hiu yang berenang di dekat kayak tiup di perairan Laut Mediterania dangkal di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Lusinan hiu pasir yang dapat tumbuh hingga mencapai tiga meter itu mendadak berkumpul di lepas pantai Israel utara. (JACK GUEZ/AFP)

Pemandangan udara hiu berenang di dekat kayak dan tiga wisatawan. Hiu di perairan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 3 meter.

Orang-orang dengan ponsel merekam hiu yang berenang melewati perairan Laut Mediterania yang dangkal di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Lusinan hiu pasir yang dapat tumbuh hingga tiga meter itu mendadak berkumpul di lepas pantai Israel utara. (JACK GUEZ/AFP)

Ini bukan momen mencekam seperti yang dibayangkan saat berhadapan langsung dengan hiu. Pelancong justru mendekat meski tidak menyentuhnya, bahkan merekam hiu dengan ponsel.

Pemandangan udara orang-orang menggunakan ponsel untuk merekam hiu yang berenang melewati perairan Laut Mediterania yang dangkal di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Pihak berwenang memperingatkan penduduk agar menjauh dari hiu-hiu tersebut  (JACK GUEZ/AFP)

Fenomena langka serbuan hiu ini terjadi tahunan. Hiu berkumpul setiap tahun di dekat tempat saluran keluar air panas pembangkit listrik yang mengalir ke Laut Mediterania, sehingga air laut menjadi hangat.

Seekor hiu berenang melewati perempuan dengan pakaian selam di Laut Mediterania di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Fenomena yang menjadi perhatian warga ini diduga akibat suhu air laut Mediterania berubah menjadi hangat. (JACK GUEZ/AFP)

Hiu berenang melewati seorang perempuan berpakaian selam. Penyelam amatir dan profesional telah diperingatkan agar tidak berenang bersama hiu.

Pemandangan udara orang-orang menggunakan ponsel untuk merekam hiu yang berenang melewati perairan Laut Mediterania yang dangkal di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Pihak berwenang memperingatkan penduduk agar menjauh dari hiu-hiu tersebut  (JACK GUEZ/AFP)

Otoritas Taman dan Alam Israel menyatakan interaksi dengan hiu tidak dapat diprediksi atau dikendalikan. Apalagi telah terjadi perubahan perilaku hiu dalam beberapa hari terakhir.

Orang-orang dengan ponsel merekam hiu yang berenang melewati perairan Laut Mediterania yang dangkal di lepas pantai kota Hadera di utara Tel Aviv, Israel, Selasa (20/4/2021). Fenomena yang menjadi perhatian warga ini diduga akibat suhu air laut Mediterania berubah menjadi hangat. (JACK GUEZ/AFP)

Mayoritas hiu kehitaman atau Carcharhinus obscurus dan sebagian kecil hiu pasir atau Carcharhinus plumbeus yang mendekati perairan Laut Mediterania terancam punah. Memberi makan atau mengganggu mereka adalah pelanggaran hukum.

Keledai Penyelamat Warga Kota

"Keledai Air", Hewan Pembawa Sumber Kehidupan

Liputan6.com 2021-04-24 09:46:35
Kekurangan air di Santa Cruz Acalpixca, Meksiko. Foto: CLAUDIO CRUZ / AFP

Air sumber kehidupan. Setiap tetesan memberikan harapan buat manusia bisa menapaki hidup. Mulai dari air minum, memasak, mandi dan lainnya.

Apa jadinya jika manusia mulai kekurangan air, sungguh tak terbayangkan dampaknya. Menempuh lokasi jauh pun akan dilakukan manusia demi mendapatkan air bersih.

Seperti terlihat di beberapa wilayah di Kota Meksiko. Selama puluhan tahun, masyarakat setempat memanfaatkan hewan seperti keledai untuk mengirimkan air ke desa-desa terpencil yang sulit dijangkau.

Seperti di Acalpixc, satu dari 14 kota asli yang membentuk Xochimilco. Wilayah yang masih kekurangan layanan air. Padahal dulu, Xochimilco dikenal dengan kanal dan "trajineras" (rakit) warna-warni.

Kekurangan air di Santa Cruz Acalpixca, Meksiko. Foto: CLAUDIO CRUZ / AFP

Aureliana, warga Xochimilco mengaku mulai mengirimkan air dengan keledai ke daerah yang sulit dijangkau, sejak 30 tahun lalu.

Saat ini, dia tetap setia menjalani pekerjaan yang sama. Mengambil air untuk keluarga yang membutuhkan.

"Sebelumnya ada banyak keledai. Kami memiliki 10 atau 15 hewan, tetapi sekarang mereka telah menukar keledai dengan mobil karena truk dapat mencapai hampir semua tempat. Atau mereka membayar truk air dan tidak membutuhkan keledai lagi," ujar Aureliana, melansir laman mexiconewsdaily.com, Sabtu (24/4/2021).

Kekurangan air di Santa Cruz Acalpixca, Meksiko. Foto: CLAUDIO CRUZ / AFP

Awalnya, banyak orang yang bekerja menjual air dengan memanfaatkan hewan. Karena di kawasan itu tidak ada layanan air umum.

Keledai pun tampak di mana-mana sebagai alat mengangkut air. Tak heran, wilayah itu dijuluki "Kota Keledai."

Kekurangan air di Santa Cruz Acalpixca, Meksiko. Foto: CLAUDIO CRUZ / AFP

Eulalia, adalah pekerja pengiriman lain yang masih setia mengirimkan air dengan keledai miliknya. Saat banyak rekannya menjual keledai mereka dan membeli mobil karena kondisi jalan sudah membaik.

Hampir setiap hari, Eulalia mengisi keledai miliknya dengan empat wadah berukuran 20 liter. Hewan-hewan dan orang-orang pengantar harus menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer dari sumber air untuk menjangkau pelanggan mereka yang tersisa.

Kekurangan air di Santa Cruz Acalpixca, Meksiko. Foto: CLAUDIO CRUZ / AFP

Zaman yang modern ternyata tak menyurutkan metode tradisional masih dipakai masyarakat memenuhi kebutuhan airnya. Seperti terlihat di Meksiko.

"Metode pengiriman ini telah digunakan selama sekitar 50 tahun. Ini dimulai di Barrio de las Cruces, yang merupakan salah satu lingkungan berpenduduk pertama, dan orang-orang dikirim dengan keledai karena tidak ada cara lain untuk mendapatkan air, "kata Abel Martnez, jurnalis lokal.

Putri Mahkota Berkabung

Gaun Hitam Kate Middleton Saat Pemakaman Pangeran Philip

Liputan6.com 2021-04-22 16:03:00
Kate Middletone, Duchess of Cambridge berdiri menjelang pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Inggris (17/4/2021). Kate Middletone, Duchess of Cambridge tampil memesona dengan busana d

Sejak Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April 2021 suasana berkabung menyelimuti kerajaan Inggris. Begitu juga saat pemakaman suami Ratu Elizabeth II itu pada Sabtu, 17 April 2021 di Kastil Windsor, Inggris.

Suasana duka membalut semua anggota keluarga kerajaan yang berbusana hitam, termasuk masker yang mereka kenakan. Begitu pula Kate Middleton, istri Pangeran William.

Kate Middletone, Duchess of Cambridge berada di dalam mobil saat menghadiri acara pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Inggris (17/4/2021). Pangeran Philip meninggal 9 April pada usia 99 tahun setelah 73 tahun menikah dengan Ratu Inggris Elizabeth II. (Chris Jackson/Pool via AP)

Dari banyak anggota keluarga kerajaan, Kate Middleton jadi salah satu yang menarik perhatian yang juga berbusana hitam. Hitam merupakan warna berkabung bagi keluarga kerajaan.

Kate Middletone, Duchess of Cambridge berada di dalam mobil saat menghadiri acara pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Inggris (17/4/2021). Pangeran Philip meninggal 9 April pada usia 99 tahun setelah 73 tahun menikah dengan Ratu Inggris Elizabeth II. (Alastair Grant/Pool via AP)

Sebagai istri Pangeran William, kehadiran Kate Middleton jadi salah satu yang dinantikan di Kapel St. George di Istana Windsor. Menurut People, dalam momen penting dan bersejarah itu, ia tampil anggun dengan gaun mantel karya Catherine Walker.

Kate Middletone, Duchess of Cambridge (kanan) berdiri menjelang pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Inggris (17/4/2021). Kate Middletone, Duchess of Cambridge tampil memesona dengan busana dan masker hitam. (Victoria Jones/Pool via AP)

Kate juga melengkapi penampilannya dengan kalung mutiara Jepang warna putih milik sang ratu yang mengkilat. Kalung itu dinamakan Four Row Japanese Pearl Choker.

Kate Middletone, Duchess of Cambridge turun dari mobil saat tiba menghadiri acara pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Inggris (17/4/2021). Pangeran Philip meninggal 9 April pada usia 99 tahun setelah 73 tahun menikah dengan Ratu Inggris Elizabeth II. (Justin Tallis/Pool via AP)

Sebelumnya, kalung ini sebelumnya ia kenakan di pesta ulang tahun pernikahan ke-70 Ratu dan Pangeran Philip pada 2017 lalu. Warna senada juga ia gunakan untuk anting-antingnya, Bahrain Pearl Drop Earrings.

Kate Middletone, Duchess of Cambridge bersama suami Pangeran William saat pemakaman Pangeran Philip, di Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Tiba di kapel St. George, Duchess of Cambridge itu tampil dengan anggota keluarga kerajaan Inggris yang lain. Ia juga tampak berdiri di dekat Pangeran William yang juga memakai masker hitam.

Selamatkan Myanmar dengan Sepeda

Potret Aksi Bersepeda Kecam Kudeta Militer Myanmar

Liputan6.com 2021-04-22 09:22:24
Peserta bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk "'Gowes for Democracy #SaveMyanmar" di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Aksi tersebut juga mengecam militer Myanmar

Militer Myanmar menggulingkan pemerintah sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi dan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pada 1 Februari lalu.

Banyak masyarakat di dunia, protes keras terhadap aksi kudeta tersebut.

Peserta bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk

Salah satu protes juga dilakukan di Indonesia dalam bentuk aksi bersepeda. Peserta bersepeda melakukan aksi unjuk rasa bertajuk "'Gowes for Democracy #SaveMyanmar"

Peserta bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk

Kegiatan ini dilakukan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (17/4/2021).

Aksi tersebut mengecam kudeta di Myanmar dan menuntut militer untuk mengembalikan demokrasi sesuai dengan keinginan rakyat Myanmar.

Peserta bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk

Para peserta bersepeda membentangkan kertas yang bertuliskan "Save Myanmar!"

Peserta bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk

Militer Myanmar secara konsisten membenarkan kudeta tersebut dengan menuduh kecurangan yang meluas dalam pemilu pada November lalu, yang dimenangkan oleh partai Suu Kyi secara telak.

Mereka mengklaim kekuasaan akan diserahkan kembali ke pemerintahan sipil setelah pemilu diadakan dalam waktu sekitar satu tahun, meskipun mereka baru-baru ini memperpanjang jangka waktu menjadi periode dua tahun.

Bos Besar di Balik Drama European Super League

Bos Besar di Balik Drama Singkat European Super League

Liputan6.com 2021-04-23 23:00:52
Florentino Perez - Tak perlu dipungkiri presiden Real Madrid ini merupakan orang yang tak puas dengan kinerja UEFA. Sosok yang paling bersemangat atas terbentuknya Liga super Eropa ini pun ak

Presiden Real Madrid Florentino Perez menjadi aktor utamanya. Perez didaulat sebagai chairman European Super League. Perez memang sudah lama mengidamkan kompetisi baru saingan Liga Champions.

European Super League sempat mengejutkan pecinta bola pada 18 April 2021. Liga Super Eropa menjadi tandingan Liga Champions yang akan diikuti 20 klub besar di benua Eropa setiap musimnya.

Manchester United, Real Madrid, Juventus, Barcelona, Atletico Madrid, Inter Milan, AC Milan, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur menjadi 12 peserta awal. Namun European Super League hanya bertahan dua hari setelah resmi diumumkan ke publik. 11 klub memutuskan mundur. Ajang ini pun resmi ditunda.

Presiden Juventus, Andrea Agnelli. (AP Photo/Matthias Schrader)

Selain Florentino Perez, pemilik Juventus Andrea Agnelli juga menjadi tokoh kunci di balik European Super League. Agnelli menjabat sebagai wakil chairman.

Agnelli begitu mendambakan European Super League. Agnelli bahkan langsung mundur sebagai ketua Asosiasi Klub Eropa (ECA) begitu European Super League diluncurkan.

Joel Glazer - Boss Besar Manchester United ini tak ketinggalan ambil bagian dari Liga Super Eropa. Meski banyak penolakan dari para legenda klub nampaknya tak mengurungkan niat Glazer ikut serta pada gelaran tersebut. (AFP/Andrew Yates)

Salah satu pemilik Manchester United Joel Glazer juga berada di balik lahirnya European Super League. Glazer menjadi wakil chairman bersama Agnelli.

Fans MU semakin tak menyukai keluarga Glazer dengan adanya tindakan dari Joel membawa klub ikutan ke European Super League, meski kemudian telah mundur.

John W. Henry - Pemilik utama Liverpool FC ini berada di barisan terdepan atas terselenggaranya Liga Super Eropa. Pria asal Amerika Serikat ini juga memegang jabatan sebagai wakil presiden Liga Super Eropa. (AFP/Oli Scarff)

Pemilik utama Liverpool FC John W Henry turut berada di barisan terdepan atas terselenggaranya Liga Super Eropa. Henry kemudian meminta maaf setelah fans menolak kompetisi baru ini.

Liverpool termasuk salah satu dari enam klub Inggris yang akhirnya mundur dari European Super League. Pasalnya PM Boris Johnson juga menolak kompetisi ini.

PEMAIN BARU - Wakil Ketua MU, Ed Woodward, menegaskan akan memboyong beberapa pemain baru lagi. (MUTV)

Meski namanya tak masuk jajaran pengurus teras European Super League, executive vice-chairman MU Ed Woodward juga dinilai berperan besar atas terciptanya ajang saingan Liga Champions.

Woodward sampai mundur sebagai executive vice-chairman mulai akhir musim nanti. Woodward mundur beberapa jam sebelum MU memutuskan cabut dari European Super League. Dia pergi karena gagal membantu rencana Glazer tersebut.

Aleksander Ceferin (AFP/ARIS MESSINIS)

Presiden UEFA Aleksander Ceferin merupakan sosok penting yang membuat European Super League ditunda. Ceferin dengan tegas menentang kompetisi baru bikinan 12 klub besar ini.

Usai pengumuman European Super League, Ceferin langsung menggelar jumpa pers dan menegaskan akan memberikan sanksi berat kepada klub peserta.

Pencitraan Kerudung, Demi Apa?

Cerita Pekan Ini: Parade Pesohor Dunia Tampil Santun dengan Kerudung dan Hijab, dari Angelina Jolie hingga Paris Hilton

Liputan6.com 2021-04-22 21:00:00
Angelina Jolie mengujungi pengungsi Suriah di Lebanon pada 2012. (Foto oleh: J. Tanner via Facebook resmi UNHCR - https://web.facebook.com/UNHCR/photos/a.113847718437/10151428672953438)

Sebagai selebritas, Angelina Jolie tentu saja kerap muncul dengan dandanan glamor. Entah saat berjalan di karpet merah atau dalam pemotretan di majalah. Namun hal berbeda terlihat saat ia sedang melakukan kegiatan humanitarian. Goodwill ambassador dari UNHCR ini tampil sederhana saat mengunjungi para pengungsi.

Bahkan tak jarang ia menghormati budaya setempat, dengan mengenakan pakaian tertutup dan santun. Saat mengunjungi pengungsi Suriah di Lebanon tahun 2012 misalnya, ia memakai baju panjang longgar dipadu kerudung untuk menutupi rambutnya.

Artis Hollywood dan pesohor dunia yang pernah tampil dangan busana muslimah bukan hanya Angelina Jolie saja. Baru-baru ini misalnya, Jada Pinkett Smith membagikan fotonya dengan hijab di Instagram.

Jada Pinkett Smith. (Instagram/ jadapinkettsmith)

Ia tampil sederhana dengan jaket denim, hijab oranye dan rok batik. Dalam unggahan 9 April 2021 lalu, ia diketahui tengah berada di Timur Tengah, menemani sang suami.

Kendall Jenner dan Gigi Hadid. (Instagram/ gigihadid - https://www.instagram.com/p/xMPxUPjCZQ)

Kendall Jenner dan Gigi Hadid juga tampil dengan pakaian santun dan penutup rambut saat mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2014 silam. Sejumlah pesohor lain juga mengenakan pakaian tertutup saat mengunjungi masjid ini.

Paris Hilton mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Instagram/ parishilton - https://www.instagram.com/p/BNYkqfCA56E/ dan https://www.instagram.com/p/BNZkhCQAbzR/)

Paris Hilton salah satunya. Meski tampil santun, ia tetap tak melepaskan status sebagai fashionista. Lihat saja kacamata besar yang melindungi wajahnya dan tas yang ia tenteng.

Meghan Markle mengenakan kerudung saat mengunjung masjid tertua di Afrika Selatan bersama Pangeran Harry. (DAVID HARRISON / AFP)

Saat lawatan ke Afrika Selatan tahun 2019 lalu, Meghan Markle dan Pangeran Harry menyempatkan diri untuk mengunjungi Masjid Auwal di Cape Town yang dibangun pada abad ke-18. Saat mengunjungi rumah ibadah ini, Meghan Markle menyesuaikan penampilannya dengan mengenakan gaun longgar dan kerudung.

Pangeran William dan Kate Middleton mengunjungi Masjid Bahashi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Kamis (17/10/2019). Dalam kesempatan itu, Kate Middleton terlihat mengenakan kerudung atau kain penutup kepala. (Photo by AAMIR QURESHI / AFP)

Sementara pada tahun yang sama sang kakak ipar, Kate Middleton, juga mengenakan penutup kepala dalam lawatannya. Kala itu ia mengunjungi Masjid Bahashi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, dengan kerudung dan pakaian tradisional shalwar kameez.

Lindsay Lohan mengunggah fotonya sedang menggunakan hijab ke Instagram,

Salah satu artis Hollywood yang membuat heboh karena hijabnya adalah Lindsay Lohan. Tahun 2016 ia mengunggah foto berhijab rapi saat mengunjungi pengungsi Suriah di Turki. Sayang, kini fotonya telah dihapus dari Instagram-nya.

Rihanna mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed. (Instagram/ badgalriri - https://www.instagram.com/p/fqaqxXBM3v/)

Namun tak semua artis mendapat pujian. Meski tampil serba tertutup, Rihanna membuat kontroversi karena berpose di Masjid Agung Sheikh Zayed. Pasalnya, ia foto-foto di bagian masjid yang tak boleh didatangi pengunjung. Jadilah ia akhirnya diusir dari lokasi masjid.

Duh, RiRi...

SPG Mobil Tampil Beda Saat Pandemi

Suasana Pameran Otomotif di Tengah Pandemi COVID-19

Liputan6.com 2021-04-22 20:00:59
Aneka kendaraan dipamerkan di IIMS Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (16/4/2021). Pemerintah memberikan prioritas terhadap pengembangan industri otomotif agar bisa lebih berdaya

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 resmi berlangsung 15 -- 25 April 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Berbeda dengan penyelenggaraan IIMS sebelumnya, kondisi pandemi virus Corona Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia mengharuskan penyelenggara untuk melakukan pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sales Promotion Girl berdiri dekat mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/4/2021). Pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 berlangsung pada 15-25 April. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam pameran IIMS hybrid 2021 ini, berbagai agen pemegang merek (APM) mobil dan motor hadir, seperti BMW, DFSK, Honda, MG, MINI, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota dan Wuling dan Brand X.

Aneka kendaraan dipamerkan di IIMS Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (16/4/2021).  Pemerintah memberikan prioritas terhadap pengembangan industri otomotif agar bisa lebih berdaya saing global sesuai dengan sasaran pada peta jalan Making Indonesia 4.0. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sedangkan untuk motor, Astra Honda Motor (AHM) Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, serta Velocifero.

SPG berdiri dekat mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/4/2021). Acara digelar secara daring dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan COVID-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Berbicara target pengunjung, memang mengalami pembatasan kapasitas offline, dan hal itu menjadi mutlak dalam memenuhi protokol kesehatan. Targetnya, adalah 25 persen dari kapasitas gedung.

Sales Promotion Girl berdiri dekat mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/4/2021). Pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 berlangsung pada 15-25 April. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Pengunjung 25 persen kapasitas normal," ungkap Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, saat virtual press conference, beberapa waktu lalu.

SPG berdiri dekat mobil yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/4/2021). Acara digelar secara daring dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan COVID-19. (Liputan6.com/JohanTallo)

Meskipun target pengunjung 25 persen, Rudi MF, Project Manager IIMS Hybrid 2021 optimisis target transaksi Rp 4 triliun bisa tercapai. Menurut Rudi, pengunjung 25 persen tersebut merupakan potential buyer yang akan melakukan transaksi.


INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: