Volume 19

Transgender yang Mengubah Permainan

Kutek Biru Wasit Transgender di Lapangan Hijau

Liputan6.com 2021-05-07 18:01:01
Kapten dan gelandang Beitar Jerusalem, Idan Vered (kanan) memeriksa jari-jari terawat wasit sepak bola transgender pertama Israel, Sapir Berman (tengah) sebelum Liga Premier Israel melawan Ha

Jari jemari nan lentik dan kuku berkutek biru Sapir Berman menarik perhatian kapten dan gelandang Beitar Jerusalem, Idan Vered. Berman mencetak sejarah sebagai wasit sepak bola transgender pertama Israel.

Dikutip dari CNN, Berman pada usia 26 tahun sudah menjadi wasit teratas di liga sepak bola terkemuka Israel. Dia selalu melihat dirinya sebagai seorang wanita sejak usia muda.

Wasit Sapir Berman menghadiri pemanasan sebelum Liga Premier Israel antara Hapoel Haifa vs Beitar Jerusalem di kota Haifa, Senin (3/5/2021). Wasit sepak bola transgender pertama Israel turun ke lapangan untuk pertama kalinya sejak tampil di depan umum sebagai wanita.  (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Penampilan Berman di Liga Premier Israel untuk pertama kalinya usai mengumumkan diri sebagai transgender tentu saja mencuri perhatian publik. Terlebih lagi ketika memamerkan kuku panjangnya yang dilengkapi dengan cat kuku biru muda saat memimpin pertandingan sepak bola Beitar Jerusalem vs Hapoel Haifa di Stadion Samy Ofer, Kota Haifa, Israel, 3 Mei 2021.

Wasit Sapir Berman memimpin pertandingan Liga Premier Israel antara Hapoel Haifa vs Beitar Jerusalem di kota Haifa, Senin (3/5/2021). Wasit sepak bola transgender pertama Israel turun ke lapangan untuk pertama kalinya sejak tampil di depan umum sebagai seorang wanita.  (AP Photo/Sebastian Scheiner)

"Saya pria yang sukses. Entah di persatuan wasit, di sekolah atau dengan anak perempuan. Tapi ketika saya sendirian, saya adalah seorang wanita. Dan saya memisahkan antara dunia ini karena saya mengerti bahwa masyarakat tidak akan menerima saya," curhat Berman.

Wasit Sapir Berman memimpin pertandingan Liga Premier Israel antara Hapoel Haifa vs Beitar Jerusalem di kota Haifa, Senin (3/5/2021). Wasit sepak bola transgender pertama Israel turun ke lapangan untuk pertama kalinya sejak tampil di depan umum sebagai seorang wanita pekan lalu. (JACK GUEZ / AFP)

Berman memang bukan wasit transgender pertama dalam dunia sepak bola. Wasit Inggris, Lucy Clark, juga menyatakan diri sebagai transgender pada 2018. Tapi Berman adalah wasit olahraga profesional pertama yang menyatakan diri sebagai transgender.

Wasit sepak bola Israel, Sapir Berman memberikan konferensi pers di Ramat Gan, Selasa (27/4/2021). Sapir Berman mengumumkan bahwa dirinya telah menerima dukungan dari keluarganya, serikat wasit setempat dan para pejabat sepak bola Israel dan internasional. (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Ini momen saat Berman secara terbuka mengumumkan dirinya sebagai transgender pada 27 April 2021. Beralih dari seorang pria menjadi wanita. Dia menyatakan dirinya telah menerima dukungan dari keluarganya, serikat wasit setempat, serta para pejabat sepak bola Israel dan internasional.

Kutek berwarna biru sudah menghiasi jari jemarinya yang lentik. Tak ketinggalan aksesori emas lengkap berupa cincin, gelang, jam tangan, kalung, dan anting menghiasi penampilannya.

Wasit Sapir Berman mengamati para pemain Liga Premier Israel antara Hapoel Haifa vs Beitar Jerusalem di kota Haifa, Senin (3/5/2021). Wasit sepak bola transgender pertama Israel turun ke lapangan untuk pertama kalinya sejak tampil di depan umum sebagai seorang wanita.  (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Asosiasi Sepak Bola Israel memuji penampilan perdana Berman di lapangan hijau sebagai transgender. Melalui akun Twitter resmi mencuit, "Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan yang panjang dan indah. Sapir, kami bangga melakukannya bersama Anda."

Seorang penggemar di luar stadion juga memuji Berman dengan membawa spanduk bertuliskan, "Wanita super, luar biasa, berani".

Wasit Sapir Berman memimpin pertandingan Liga Premier Israel antara Hapoel Haifa vs Beitar Jerusalem di kota Haifa, Senin (3/5/2021). Wasit sepak bola transgender pertama Israel turun ke lapangan untuk pertama kalinya sejak tampil di depan umum sebagai seorang wanita.  (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Berman pun mengaku mendapat dukungan dan telah "dipeluk" oleh para pemain sepak bola yang memanggilnya dengan bentuk kata feminim dalam bahasa Ibrani.

"Para pemain berbicara kepada saya sebagai seorang perempuan. Mereka benar-benar merasa ingin mengambil bagian dalam proses ini. Jadi terima kasih," ucap Berman.

Batu Hitam dari Surga

Lebih Dekat Melihat Hajar Aswad

Liputan6.com 2021-05-07 17:07:47
Seorang pria membubuhkan wewangian pada batu hajar aswad di sudut Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (27/7/2020). Karena pandemi COVID-19, Arab Saudi membatasi jumlah jemaah

Warnanya hitam. Asalnya dari Surga. Tidak mudah untuk menciumnya, karena ada ribuan orang yang berebut ingin melakukan dalam waktu bersamaan.

Namanya Hajar Aswad. Batuan yang berada di sudut Ka'bah itu menjadi salah satu sunah bagi umat Muslim yang melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Meski tak semua muslim dapat menciumnya, tapi kini semua orang di seluruh dunia bisa melihat bentuk Hajar Aswad dengan jelas.

Hajar Aswad. (Foto: Reasahalharmain)

Karena Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi baru-baru ini mendokumentasikan foto Hajar Aswad di Ka'bah dalam Masjidil Haram menggunakan teknik fokus panorama bertumpuk.

Dengan teknik itu, foto-foto dengan kejernihan berbeda digabungkan untuk menghasilkan satu foto Hajar Aswad dengan tingkat akurasi dan kualitas tinggi. Butuh tujuh jam untuk mengambil foto hingga 49.000 megapiksel.

Hajar Aswad. (Foto: Reasahalharmain)

Dengan foto itu, menjadikan momen kali pertamanya dunia bisa melihat Hajar Aswad lebih dekat. Karena gambar yang diambil sangat jelas sehingga setiap orang bisa melihat setiap bagian batu yang tidak terlihat sebelumnya.

Hajar Aswad terletak di sudut timur Kakbah dan terlihat seperti satu batu yang terlindung dalam bingkai perak, tetapi sebetulnya Hajar Aswad terdiri dari delapan batu kecil yang digabung dengan frankincense Arab.

Hajar Aswad. (Foto: Reasahalharmain)

Batu terkecil ukurannya tak lebih dari 1 cm, yang terbesar tidak melebihi ukuran 2 cm. Bingkai yang dibuat dari perak berfungsi sebagai pelindung dari batu suci itu.

Berdasarkan buku sejarah, Hajar Aswad yang berasal dari surga ditempatkan di Kakbah oleh Nabi Ibrahim setelah diberikan oleh malaikat Jibril.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mendekati Hajar Aswad saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Kerajaan Arab Saudi berencana memperluas Masjidil Haram. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Dilansir dari buku 'Rujukan Utama Haji & Umrah untuk Wanita' karya Ablah Muhammad al-Kahlawi, terdapat 6 keistimewaan hajar aswad yang jarang diketahui banyak masyarakat sebagai berikut:

1. Berasal daribebatuan surga

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. "Hajar aswad berasal dari surga," (HR Ahmad dan al-Turmudzi).

2. Terletak di tempat paling mulia di dalam Baitullah

Hajar aswad terletak di atas fondasi fondasi dasar yang telah ditinggikan Nabi Ibrahim bersama putranya, Nabi Ismail. Sebagaimana Allah SWT, berfirman di dalam surah Al Baqarah. "Dan ingatlah ketika Ibrahim meninggikan fondasi-fondasi Baitullah bersama Ismail" (QS Al Baqarah : 127).

Presiden Joko Widodo didampingi kedua anaknya, Gibran dan Kaesang mencium hajar aswad di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Senin (15/4). Seperti diketahui, Jokowi yang juga calon pertahana pada Pilpres 2019 ini mengisi masa tenang dengan beribadah umrah. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

3. Satu satunya batu yang sangat dianjurkan untuk dikecup dan di usap

"Sungguh, aku tahu, kamu hanya batu. Tidak bisa memberi manfaat atau bahaya apa pun. Andai saja aku ini tak pernah sekalipun melihat Rasulullah shallahu alaihi wa sallam menciummu, aku pun enggan menciummu," (HR Bukhari)

4. Menjadi titik awal dimulainya tawaf di sekeliling Ka'bah

5. Menjadi saksi di hari kiamat bagi orang yang mengusapnya dengan benar

6. Dikatakan sebagai tangan kanan Allah SWT di bumi yang bisa dijabat oleh hambanya.

Ramai-Ramai Angkat Nanggala 402

Sederet Kapal Super yang Bakal Angkat KRI Nanggala 402 dari Dasar Laut Bali

Liputan6.com 2021-05-04 12:00:03
Kapal Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy) yang tiba di Perairan Bali, Minggu (2/5/2021), untuk membantu Indonesia mengevakuasi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam pada

TNI AL terus berusaha untuk mengangkat KRI Nanggala 402 dari dasar perairan utara Bali. Dengan kedalaman 838 meter, membuat pengangkatan harus melibatkan kapal-kapal dari negara lain.

China menjadi salah satu negara yang akan terlibat dalam pengangkatan KRI Nanggala 402 ini dengan mengerahkan dua kapal 'Super' nya. Selain itu, Indonesia pun juga memiliki kapal super, yaitu kapal milik SKK Migas.

Berikut daftar kapal-kapal punya kemampuan khusus yang terlibat dalam pengangkatan KRI Nanggala 402, seperti dikutip Liputan6.com dari akun instagram TNI AL, Selasa (4/5/2021):

Pada 21 April yang lalu, dua kapal Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy/PLA Navy), hari Minggu (2/5) tiba di perairan Bali.

Kedatangan kedua kapal tersebut yakni PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195 dan PRC Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao-863 disambut KRI Layang 635, dengan ucapan selamat datang serta ucapan terimakasih atas bantuan melalui alat komunikasi.

Kapal Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy) yang tiba di Perairan Bali, Minggu (2/5/2021),  untuk membantu Indonesia mengevakuasi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam pada 21 April lalu. (Ist)

Dukungan PLA Navy kepada Indonesia ini berawal tawaran Duta Besar China untuk Indonesia kepada Menteri Pertahanan RI berkaitan bantuan kemanusiaan pihak China dalam penanganan KRI Nanggala 402 berupa kapal salvage. Tawaran bantuan kemanusiaan ini disambut dengan senang hati pemerintah Indonesia.

Spesifikasi kapal-kapal salvage tersebut yakni Ocean Salvage and Rescue Yongxingdao-863 memiliki panjang 156 meter, lebar 21 meter dan tinggi 7,5 meter. Kapal ini memiliki robot, sonar, side scane sereta boat rescue.

Sementara itu, Ocean Tug Nantuo-195 memiliki panjang 119 meter, lebar 16 meter dan tinggi 6,5 meter. Kapal-kapal salvage AL China ini memiliki kemampuan untuk melaksanakan evakuasi sampai kedalaman 4500 meter.

Kapal Timas 201. www.timas.com

Selain bantuan dari pemerintah China, TNI AL berencana mengangkat badan KRI Nanggala 402 beserta ABK yang gugur ini bekerja sama dengan SKK Migas yang akan mengoperasikan kapal Timas 1201.

Kapal yang akan dioperasikanpengangkatan KRI Nanggala 402 ini spesifikasinya yakni panjang 162,3 meter, lebar 37,8 meter dan tinggi 16,1 meter.

Kapal ini menggunakan crane berkapasitas 1.200 MT yang cocok untuk instalasi platform konvensional.

Nepal akan Jadi India Kedua?

FOTO: Terdampak India, Nepal Kewalahan Hadapi Penyebaran Covid-19

Liputan6.com 2021-05-06 10:30:11
Seorang pasien COVID-19 menerima oksigen di koridor bangsal gawat darurat rumah sakit di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Lockdown di ibu kota Kathmandu dan distrik sekitarnya diperpanjang ketika
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Pria Nepal mengkremasi jenazah korban COVID-19 sementara yang lain memperluas krematorium saat jumlah kematian meningkat di dekat kuil Pashupatinath di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Nepal kewalahan oleh lonjakan Covid-19 ketika wabah India menyebar ke seluruh Asia Selatan. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Anggota keluarga pasien COVID-19 beristirahat di koridor bangsal gawat darurat rumah sakit di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Lockdown di ibu kota Kathmandu dan distrik sekitarnya diperpanjang ketika negara Himalaya mencatat infeksi harian COVID-19 dan kematian tertinggi. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Seorang pria Nepal berjalan di antara dua tumpukan kayu saat mengkremasi jenazah korban COVID-19 di dekat kuil Pashupatinath di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Nepal kewalahan oleh lonjakan Covid-19 ketika wabah India menyebar ke seluruh Asia Selatan. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Anggota keluarga pasien COVID-19 beristirahat di koridor bangsal gawat darurat rumah sakit di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Lockdown di ibu kota Kathmandu dan distrik sekitarnya diperpanjang ketika negara Himalaya mencatat infeksi harian COVID-19 dan kematian tertinggi. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Seorang pasien COVID-19 duduk di dalam mobil saat dipindahkan dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain karena tidak tersedianya tempat tidur di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Nepal kewalahan oleh lonjakan Covid-19 ketika wabah India menyebar ke seluruh Asia Selatan. (AP Photo/Niranjan Shrestha)
Situasi Covid-19 Memburuk di Nepal
Seorang pasien COVID-19 menerima oksigen di koridor bangsal gawat darurat rumah sakit di Kathmandu, Rabu (5/5/2021). Lockdown di ibu kota Kathmandu dan distrik sekitarnya diperpanjang ketika negara Himalaya mencatat infeksi harian COVID-19 dan kematian tertinggi. (AP Photo/Niranjan Shrestha)

Rindu Kampung, Tahan Dulu

Tahan Rindumu

Liputan6.com 2021-05-08 13:40:58
Calon penumpang kereta api jarak jauh menanti waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (1/5/2021). Calon penumpang KA Jarak Jauh memilih berangkat lebih awal sebelum jatuh t

Lebaran kali ini akan sama dengan lebaran sebelumnya di tahun 2020. Pemerintah terpaksa meminta masyarakat bersabar tidak pulang kampung atau mudik demi memutus sebaran wabah Covid-19.

Seluruh interaksi dibatasi dan hanya diperkenankan secara virtual. Riuh riang ruang fisik bergeser di ruang siber. Meski jarak makin dekat dengan dimediasi teknologi internet, namun tampak sulit untuk menghapus tradisi lebaran yang turun temurun berlangsung dan bercengkerama bersama. Tahan rindumu.

Calon penumpang kereta api jarak jauh menanti waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (1/5/2021). Calon penumpang KA Jarak Jauh memilih berangkat lebih awal sebelum jatuh tempo batas pelarangan mudik lebaran 2021 pada 6 hingga 17 Mei 2021, (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat pulang kampung secara virtual usai kebijakan dilarang mudik digaungkan.

"Salah satu solusi dalam mengatasi kerinduan terhadap keluarga untuk tidak mudik ini adalah melakukan berbagai upaya silaturahmi secara virtual," kata Doni dalam siaran tertulis Satgas Covid-19 terkait kebijakan dilarang mudik, Selasa (27/4/2021).

Anak-aban berada dalam bus saat menunggu pemberangkatan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (11/2/2021). Berdasarkan data Dishub hingga pukul 14.00 WIB, Terminal Terpadu Pulo Gebang telah memberangkatkan 466 pemudik menuju luar Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Doni meminta, masyarakat menahan diri untuk tidak mudik. Dia mengingatkan, mudik berisiko tinggi menularkan virus SARS-CoV-2 itu.

"Mohon bersabar, jangan pulang kampung dulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis," kata dia.

Pemudik kendaraan roda empat membawa barang di atas mobilnya di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/5/2019) dini hari. Satu hari sebelum larangan mudik diberlakukan pada 6 Mei 2021, para pemudik yang akan menuju Pulau Sumatera mulai memadati Pelabuhan Merak. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Doni menyebut, kebijakan pemerintah melarang mudik Lebaran belajar dari pengalaman sebelumnya. Pada tahun 2020, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik Lebaran Idul Fitri. Akibatnya, kasus positif Covid-19 sempat meningkat tajam.

Tak hanya itu, libur panjang Natal dan tahun baru 2021 juga sempat memicu peningkatan kasus positif Covid-19 di Indonesia.

"Kepulangan perantau ke kampung halaman akan menimbulkan persoalan, meningkatkan kasus Covid-19 di berbagai daerah. Apalagi kalau daerah tidak memiliki fasilitas rumah sakit yang memadai, maka dampaknya akan sangat fatal," papar Doni.

Pemudik Yang Terkena Penyekatan Di Tol Tangerang-Merak. (Dokumentasi Korlantas Polri).

Saksikan Video Terkait

Misbar di era Netflix

Misbar, Redupnya Industri Layar Tancap

Liputan6.com 2021-05-07 08:31:01
Adul (29) mengecek kualitas film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Layar tancap jadi salah satu hiburan yang cukup populer pada era 1980--awal 2000-an. Mereka yang menggelar acara pernikahan biasanya 'menanggap' layar tancap di tanah lapang sehingga sempat muncul istilah 'misbar' atau 'gerimis bubar].

Saat itu, kehadiran layar tancap tak sekadar untuk tontonan yang menghibur warga, tapi juga menunjukkan status sosial seseorang. Biasanya mereka yang menyewa layar tancap untuk acara hajatan adalah mereka yang berkantung tebal.

Adul (29) menyiapkan film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Biasanya Adul dan ayahnya menyewakan peralatan dan film seluloid 35mm untuk layar tancap dengan harga Rp50 ribu sampai Rp200 ribu saja. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Seiring munculnya gedung-gedung bioskop, secara perlahan-lahan layar tancap pun kian sulit bernapas. Orang mulai tertarik menonton di bioskop dengan film yang lebih variatif dan terbaru serta lebih nyaman, tanpa diganggu nyamuk.

Adul (29) menyiapkan film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Selama pandemi order penyewaan untuk layar tancap terjun bebas hingga menurun 90 persen. Pemberlakuan kebijakan selama Covid-19 sungguh sangat menampar usaha mereka. (Liputan6.com

Kerinduan terhadap layar tancap juga sempat diselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Jakarta Biennale 2013 untuk menghidupkan layar tancap sebagai hiburan warga. Lewat Kineforum Misbar acara diadakan di lapangan futsal Monumen Nasional (Monas), seperti dilansir dari antaranews, Kamis, 6 Mei 2021.

Peralatan dan film seluloid 35mm terlihat di gudang rumah adul (29) di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Dimasa emasnya, layar tancap merupakan ajang bergengsi bagi orang yang bisa menyuguhkannya untuk warga saat menggelar hajatan di desa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Misbar dinilai sebagai acara nostalgia tentang bioskop rakyat. Film-film yang ditayangkan saat itu di antaranya Apa yang Kau Tjari, Palupi?, Kejarlah Daku Kau Kutangkap.

Adul (29) saat memutar film layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Adul mengaku saat ini usahanya sedang istirahat, karena kondisi pandemi dan sebagian alat mereka yang

Apa yang dirasakan Adul (29) tentang megap-megapnya layar tancap juga sebenarnya dirasakan Herman, yang tinggal di Karang Tengah, Tangerang. Ia juga memiliki penyewaan film seluloid untuk layar tancap, termasuk proyektor dan layarnya.

Adul (29) mencari film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Sambil sesekali saat alat bisa digunakan mereka menggelar layar tancap untuk menghibur warga di lingkungan mereka saja. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sepinya penyewaan itu membuat Herman sering memutar layar tancap saat bersama teman-temannya. Kepada Liputan6.com, lelaki yang juga menyewakan sound system itu berusaha untuk melestarikan layar tancap, meski kondisi kian sepi.

Adul (29) mengecek film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Saat ini Adul dan ayahnya hanya bisa merawat peralatan dan film seluloid 35mm di gudang rumah mereka. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Herman menjelaskan terdapat dua jenis alat yang dimanfaatkan. Versi jadulnya memakai seluloid dengan pilihan film terbatas, sementara yang terbaru memakai teknologi digital dengan pengoperasian lebih mudah dan banyak opsi film.

Adul (29) mengecek film seluloid 35mm untuk pertunjukan layar tancap di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Bioskop modern telah menyingkirkan keberadaannya sebagai alternatif hiburan warga yang berada di kota ataupun kampung-kampung. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Memudarnya layar tancap juga tak hanya alasan kehadiran bioskop, tapi juga kehadiran hiburan lain, seperti kehadiran televisi dengan menayangkan film bagus, mulai dari film-film Bollywood hingga Hollywood dan 'drakor' (drama Korea), sinetron, dan hiburan lain, seperti musik.

Adul (29) mengecek video di sebuah layar di gudang rumahnya di Jakarta, Rabu (28/4/2021). Sebelum masa pandemi, industri layar tancap memang perlahan mulai redup. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perkembangan teknologi komunikasi pun kian menyulitkan gerak industri layar tancap, salah satunya dengan kehadiran smartphone. Orang dengan mudah untuk menonton berbagai acara telepon genggam.

1000 Wajah Sang Aktor Tampan

Cerita Pekan Ini: 1000 Wajah Reza Rahadian di Layar Lebar, dari Bossman yang Buncit hingga Si Kribo Rosid

Liputan6.com 2021-05-06 21:00:00
Reza Rahadian dalam My Stupid Boss. (Falcon via Instagram/ https://www.instagram.com/p/Bp6EvrvA-7K/?hl=en)

Film Surga yang Tak Dirindukan 3 dengan Reza Rahadian sebagai salah satu bintangnya, kini telah ditayangkan. Dalam film ini, aktor 34 tahun tersebut kebagian peran sebagai Ray Sastrowardoyo, pria yang mengaku sebagai ayah dari Akbar, anak kandung Meirose (Marsha Timothy).

Soal akting, peraih tiga Piala Citra untuk Aktor Utama Pria Terbaik ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Namun hal lain yang menarik, ia tampil sedikit beda dalam film ini. Rambutnya agak gondrong dan berantakan.

Rez Rahadian dalam Surga yang Tak Dirindukan 3. (MD Pictures via Instagram/ https://www.instagram.com/p/CNADswPLZrJ/)

Sebenarnya bukan di sini saja Reza mengubah penampilan untuk mendukung aktingnya. Semua penampilan ini, tentu harus ia hayati hingga terlihat sebagai bagian tubuh yang alami dari tokoh yang diperankannya, bukan sekadar tempelan belaka.

Dalam My Stupid Boss(2016) misalnya, ia jadi Bossman yang berperut buncit dan kepalanya mulai botak.

Reza Rahadian dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Auranya berbeda jauh saat tampil sebagai H.O.S. Tjokroaminoto di film garapan Garin Nugroho, Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015). Ia tampil gagah dengan kumis yang melintang dan baju beskap.

Adegan film Abracadabra. (Foto: Dok. FourColourFilms)

Salah satu bagian tubuh yang paling sering diotak-atik, adalah rambut. Di Abracadabra (2020), rambut Reza di-bleaching dan dicat piranguntuk menghidupkan dunia imajinatif Lukman si pesulap.

Salah satu adegan film Toko Barang Mantan.

Di film Toko Barang Mantan (2020), ia menjadi si gondrong Tristan yang mendirikan tempat melego barang-barang dari si dia yang dulu pernah dekat di hati.

Reza berperan sebagai Rosid di 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.

Sementara dalam 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010), ia memerankan Rosid, perjaka berambut kribo yang berprofesi sebagai wartawan paruh waktu dan terobsesi jadi penyair. Rambut kribonya membuat Rosid tak bisa pakai peci, sehingga sang ayah kesal, karena penutup kepala ini dianggap lambang kesalehan.

Berbeda lagi dengan di Pendekar Tongkat Emas (2014). Di sini ia tak hanya ditantang menjadi seorang pendekat silat, tapi juga menghayati tokoh antagonis, Biru.

Reza Rahadian dan BJ Habibie. (MD Pictures via Instagram/ habibieainunmovie -https://www.instagram.com/p/B6XAi8VlRhx/ )

Bisa dibilang, salah satu transformasi yang paling drastis adalah di Habibie & Ainun 3 (2019). Berbeda dari film pendahulunya, Reza Rahadian kini harus mengenakan makeup prosthetic, untuk membuatnya berubah menjadi Habibie di usia tua.

Gagal Mudik, Putar Balik

Gagal Mudik, Putar Balik

Liputan6.com 2021-05-07 17:30:06
Petugas gabungan memeriksa dokumen pengendara di check point penyekatan arus mudik di kawasan Pasar Mudik, Bogor, (7/5/2021). Penyekatan pemudik pada jalur alternatif Parung diberlakukan jela

451 kendaraan diperiksa dan 172 kendaraan mobil dan sepeda motor diputarbalikkan di enam pos sekat pada hari pertama Operasi Ketupat Lodaya (OKL) 2021 oleh petugas gabungan di Kota Bogor, Kamis (6/5/2021). Kendaraan-kendaraan itu melanggar larangan untuk tidak mudik lebaran.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, di Kota Bogor mengatakan, jumlah kendaraan yang diperiksa dan diputarbalikkan tersebut pada pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. "Setelah itu, jumlahnya bertambah lagi," katanya.

Petugas memeriksa kendaraan yang melintas di check point penyekatan arus mudik di kawasan Pasar Mudik, Bogor, Jumat (7/5/2021). Penyekatan pemudik pada jalur alternatif Parung diberlakukan jelang Lebaran guna mengantisipasi risiko peningkatan kasus COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menurut Susatyo, kendaraan yang diperiksa adalah kendaraan dari luar aglomerasi Jabodetabek menuju ke Kota Bogor dan dari Kota Bogor menuju ke luar Jabodetabek.

Petugas memeriksa surat Tes Rapid Antigen pengendara di check point penyekatan arus mudik di kawasan Pasar Mudik, Bogor, Jumat (7/5/2021). Penyekatan pemudik pada jalur alternatif Parung diberlakukan jelang Lebaran guna mengantisipasi risiko peningkatan kasus COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan yang dihentikan diperiksa identitas orang yang berada di kendaraan dan surat keterangan negatif Covid-19, sedangkan untuk ASN, Polri, dan TNI yang akan mudik dan pendatang juga ditanyakan surat izin dari atasannya.

Berdasarkan data dari Polresta Bogor Kota, dari 172 kendaraan yang diputarbalikkan arahnya adalah 137 mobil (R4) dan 35 sepeda motor (R2).

Petugas memeriksa kendaraan yang melintas di check point penyekatan arus mudik di kawasan Pasar Mudik, Bogor, Jumat (7/5/2021). Penyekatan pemudik pada jalur alternatif Parung diberlakukan jelang Lebaran guna mengantisipasi risiko peningkatan kasus COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan tersebut diputarbalikkan arah di empat sekat yakni dekat pintu Tol Baranangsiang, Simpang BORR, Jalan Wangun, dan simpang Gunung Batu, sedangkan di dua pos sekat lainnya yakni di simpang Yasmin dan simpang Cifor tidak ada kendaraan yang diputarbalikkan.

Menurut Susatyo, kegiatan penyekatan kendaraan ini harus lebih diintensifkan lagi karena banyaknya kendaraan yang melintas di enam pos sekat yang telah disiapkan, terutama untuk kendaraan pendatang ke Kota Bogor.

"Kendaraan pendatang yang tidak memenuhi syarat, kami minta untuk memutarbalikkan arah," katanya.

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan surat pengendara di pos cekpoin penyekataan arus mudik di kawasan Pasar Jumat, Kamis (6/5/2021). Penyekatan dan cek poin dilakukan saat penerapan larangan mudik Lebaran 2021 sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di pos sekat yang disiapkan, terutama di pos sekat Baranangsiang dan Jalan Wangun, tampak sejumlah kendaraan dengan plat nomor F yang diputarbalikkan. Menurut Susatyo, kendaraan yang diputarbalikkan tersebut terutama dari Sukabumi dan Cianjur.

"Meskipun pelat nomornya sama-sama F tapi Sukabumi dan Cianjur, di luar aglomerasi Jabodetabek," katanya.

Susatyo mengakui, adanya penyekatan dan pemeriksaan kendaraan yang melintas di enam pos sekat, menyebabkan terjadinya kepadatan kendaraan karena harus mengantre.


Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lockdown, Rayakan Lebaran

FOTO: Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran

Liputan6.com 2021-05-06 11:00:00
Orang-orang mengabaikan jarak sosial dan banyak yang tidak memakai masker wajah saat berbelanja untuk liburan Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan setelah pemeri
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Orang-orang mengabaikan jarak sosial dan banyak yang tidak memakai masker wajah saat berbelanja untuk liburan Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan setelah pemerintah mengumumkan pembatasan baru, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu (5/5/2021). (AP Photo/Anjum Naveed)
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Para perempuan mendapatkan informasi dari petugas polisi tentang penutupan pasar untuk mengendalikan penyebaran virus corona, di Lahore, Pakistan (5/5/2021). Pihak berwenang Pakistan berencana untuk melakukan penguncian sembilan hari dari 8 hingga 16 Mei sebelum lebaran. (AP Photo/K.M. Chaudary)
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Sejumlah wanita berbelanja untuk Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan di Karachi, Pakistan, Rabu (5/5/2021). Pembatasan baru juga termasuk penutupan semua resor wisata, pantai, hotel, restoran, pusat perbelanjaan, taman, dan tempat umum lainnya. (AP Photo/Fareed Khan)
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Orang-orang mengabaikan jarak sosial dan banyak yang tidak memakai masker wajah saat berbelanja untuk liburan Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan setelah pemerintah mengumumkan pembatasan baru, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu (5/5/2021). (AP Photo/Anjum Naveed)
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Orang-orang mengabaikan jarak sosial dan banyak yang tidak memakai masker wajah saat berbelanja untuk liburan Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan setelah pemerintah mengumumkan pembatasan baru, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu (5/5/2021). (AP Photo/Anjum Naveed)
Pakistan Akan Lockdown Jelang Lebaran
Orang-orang mengabaikan jarak sosial dan banyak yang tidak memakai masker wajah saat berbelanja untuk liburan Idul Fitri mendatang yang menandai akhir bulan suci puasa Ramadhan setelah pemerintah mengumumkan pembatasan baru, di Rawalpindi, Pakistan, Rabu (5/5/2021). (AP Photo/Anjum Naveed)

Duel Maut Dua Saudara

All English Final di Liga Champions 2020 - 2021

Liputan6.com 2021-05-07 14:00:10
Edouard Mendy. Kiper Chelsea ini mencetak rekor baru dengan membuat 8 clean sheet, terbanyak dibandingkan klub Inggris lainnya dalam satu musim Liga Champions. (AFP/Glyn Kirk)

Liga Champions 2020-2021 sudah menyelesaikan babak semifinal. Partai puncak akan mempertemukan dua wakil Inggris Manchester City dan Chelsea. All English Final dilangsungkan di Istanbul, Turki pada 29 Mei 2021.

Bagi City lolos ke final Liga Champions merupakan yang pertama kali dalam sejarah klub. City lolos ke final usai mendepak Paris Saint Germain. Sedangkan Chelsea menyingkirkan Real Madrid. Sedangkan Chelsea sudah dua kali melakoni All English Final di Liga Champions. Tahun 2008 Chelsea juara usai mengalahkan Manchester United di partai puncak.

Kesuksesan Chelsea membungkam Real Madrid 2-0 sekaligus menyingkirkan tim berjuluk Los Galacticos di leg kedua semifinal Liga Champions 2020/2021, Rabu (5/5/2021) menorehkan beberapa fakta menarik. Berikut 6 di antaranya. (AFP/Glyn Kirk)

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel memeluk bek Andreas Christiansen usai timnya dipastikan lolos ke final Liga Champions setelah menang 2-0 atas Real Madrid di leg kedua semifinal, Kamis (6/5/2021) dinihari WIB.

Tuchel menorehkan prestasi lolos ke final Liga Champions dua kali beruntun dengan tim berbeda. Tahun lalu Tuchel lolos bersama Paris Saint Germain, namun kalah dari Bayern Munchen di final.

Bek Chelsea, Thiago Silva, melakukan tendangan salto saat melawan Real Madrid pada laga semifinal Liga Champions di Stadion Alfredo di Stefano, Rabu (28/4/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AFP/Javier Soriano)

Bek Chelsea Thiago Silva mati-matian menghalau serangan Real Madrid saat berjumpa di semifinal Liga Champions. Kokohnya pertahanan Chelsea membuat Los Blancos gigit jari.

Chelsea cuma kemasukkan satu gol di dua laga semifinal Liga Champions. Satu-satunya gol Madrid dibuat penyerang Karim Benzema.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola merayakan gol yang dicetak gelandang Phil Foden ke gawang Borrusia Dortmund pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions di stadion Signal Iduna Park di Dortmund, Jerman, Kamis (15/4/2021). City menang atas Dortmund 2-1. (AP Photo/Martin Meissner)

Manajer City Josep Guardiola meluapkan kegembiraannya bersama dua pemain andalannya Phil Foden dan Kyle Walker usai menyingkirkan PSG di semifinal Liga Champions, Rabu (5/5/2021) dinihari WIB.

Ini menjadi final Liga Champions ketiga Guardiola. Tapi sudah 10 tahun Guardiola tak pernah berkiprah di partai puncak Liga Champions.

Gelandang Real Madrid, Eden Hazard saat dilanggar bek Chelsea, Andreas Chistensen pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions di Stamford Bridge di London, Kamis (6/5/2021). Chelsea akan bertemu Manchester City di babak final. (AP Photo/Alastair Grant)

Bintang Real Madrid Eden Hazard tak berdaya menghadapi kawalan ketat pemain bertahan Chelsea. Hazard tak bisa mempermalukan mantan klubnya.

Hazard pernah jadi bintang Chelsea. Namun pria Belgia itu memilih pindah ke Real Madrid demi bisa juara Liga Champions. Ironisnya, justru Chelsea yang kini berpeluang besar menjuarai Liga Champions.

Petugas membersihkan salju yang menutupi rumput jelang laga Manchester City melawan PSG pada laga semifinal Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (5/5/2021). (AFP/Paul Ellis)

Petugas stadion berusaha keras membersihkan salju di Etihad Stadium, markas Manchester City. Laga City melawan PSG di semifinal Liga Champions diganggu oleh salju tebal.

Babak pertama berlangsung dengan kondisi salju masih menghiasi lapangan. Untungnya pertandingan dapat tetap berjalan dengan baik.

Selamat Ulang Tahun Buddha

FOTO: Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha

Liputan6.com 2021-05-08 18:00:00
Biksu dan pengikutnya mengenakan masker sambil menjaga jarak sosial sebagai pencegahan terhadap virus corona membawa lampion di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Warna-warni lampio
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Biksu dan pengikutnya mengenakan masker sambil menjaga jarak sosial sebagai pencegahan terhadap virus corona membawa lampion di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Warna-warni lampion dipasanga untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Umat Buddha mengenakan masker membawa lampion untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Banyaknya jumlah lampion warna-warni yang terpasang membuat tempat ibadah ini semakin menarik untuk dikunjungi. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Biksu dan pengikutnya mengenakan masker sambil menjaga jarak sosial sebagai pencegahan terhadap virus corona membawa lampion di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Di negeri Ginseng ini, ulang tahun Buddha dirayakan dengan menggelar 'Lotus Lantern Festival'. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Umat Buddha mengenakan masker membawa lampion untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Warna-warni lampion dipasanga untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Umat Buddha mengenakan masker membawa lampion untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Di negeri Ginseng ini, ulang tahun Buddha dirayakan dengan menggelar 'Lotus Lantern Festival'. (AP Photo/Lee Jin-man)
Warna-warni Lampion Hiasi Kuil Jogye Jelang Ulang Tahun Buddha
Umat Buddha mengenakan masker membawa lampion untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei di kuil Jogye, Seoul, Korea Selatan (6/5/2021). Warna-warni lampion dipasanga untuk merayakan ulang tahun Buddha yang akan datang pada 19 Mei. (AP Photo/Lee Jin-man)

Sampah Antariksa Ancam Bumi

Bahaya Sampah Antariksa Mengancam Manusia dan Bumi

Liputan6.com 2021-05-08 15:00:36
Sampah antariksa. (Photo by STR / AFP) / China OUT

Tahukah kamu ada berapa sampah antariksa yang saat ini mengorbit di atas Bumi? Diprediksi, saat ini lebih dari setengah juga keping sampah antariksa buatan manusia yang ada di orbit Bumi.

Sebagai informasi, sampah antariksa dapat didefinisikan sebagai objek yang sengaja ditinggalkan di orbit Bumi atau pun hasil dari tubrukan dua objek ketika ada misi luar angkasa.

Sampah antariksa. ((Photo by STR / AFP)

Karena saking banyaknya jumlah dan beragam bentuk ukuran sampah antariksa yang mengorbit di atas Bumi, setiap penerbangan ke luar angkasa saat ini hingga masa mendatang semakin berbahaya setiap misinya.

Adapun sampah antariksa ini mulai menumpuk di orbit setelah manusia memulai percobaan untuk terbang ke luar angkasa, dan mulai mengirim satelit ke orbit pada akhir 1950-an.

Sampah antariksa. (Photo by Handout / NASA / AFP)

Alih-alih kembali ke Bumi, kebanyakan satelit yang sudah mati atau rusak sengaja ditinggal di luar angkasa sehingga berpotensi memicu tabrakan dengan meteor atau puing-puing buatan manusia lainnya.

Seperti yang dapat kamu bayangkan, sampah antariksa tidak terbang begitu saja ke luar angkasa setelah ditabrak. Mereka akan terjebak di orbit terdekat karena gravitasi, atau turun ke Bumi.

Sampah antariksa. (Photo by Bill INGALLS / NASA / AFP)

The National Oceanic and Atmospheric Administration's (NESDIS) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan, rata-rata antara 200 dan 400 objek terlacak memasuki atmosfer Bumi setiap tahun.

NESDIS melaporkan, dari jutaan keping puing ruang angkasa yang diperkirakan mengorbit planet ini, sekitar 30.000 di antaranya lebih besar dari bola softball dan hanya sekitar 1.000 yang merupakan pesawat ruang angkasa.

Sampah antariksa. (Photo by Handout / NASA / AFP)

Data lebih dari 50 tahun menunjukkan, rata-rata satu bagian puing jatuh kembali ke Bumi setiap hari, meskipun tidak ada korban meninggal dunia yang dikonfirmasi atau cedera serius dari orang-orang yang terkena puing-puing ruang angkasa.

Tergantung dari tempat sampah antariksa tersebut jatuh, puing-puing ini dapat menyebabkan kerusakan pada Bumi dan membahayakan jiwa manusia yang berada di sekitarnya. Sangat mengerikan, bukan?

Ilustrasi sampah antariksa di orbit Bumi (NASA)

Tercatat, Skylab seberat hampir 100 ton milik NASA jatuh di sebuah kota kecil di Australia pada 1979. Sementara itu, stasiun luar angkasa seberat 43 ton Salyut-7 milik Uni Soviet mendarat di Argentina pada tahun 1991.

Paling terkini, Mei 2020 roket China Long March 5B melepaskan puing-puing di atas Pantai Gading Afrika, setelah menghabiskan seminggu di orbit Bumi yang rendah.

(Ysl/Isk)