Kuburan Massal di Tepi Sungai

FOTO: Ratusan Jenazah Ditemukan Terkubur di Sepanjang Tepi Sungai India

Liputan6.com 2021-05-17 09:45:14
Beberapa jenazah terlihat dimakamkan di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tep
Beberapa jenazah terlihat dimakamkan di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tepi Sungai Gangga yang memicu spekulasi mereka adalah jenazah korban COVID-19. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Keluarga berdoa setelah menguburkan jenazah di kuburan pasir dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 16 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan mayat yang terkubur di kuburan pasir dangkal atau terdampar di tepi Sungai Gangga. (AP Photo/Rajesh Kumar Si
Sapi memakan karangan bunga di kuburan pasir dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 16 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan mayat yang terkubur di kuburan pasir dangkal atau terdampar di tepi Sungai Gangga. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Polisi berdiri di dekat jenazah yang dimakamkan di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tepi Sungai Gangga yang memicu spekulasi mereka adalah korban COVID-19. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Jenazah korban terduga Covid-19 terlihat di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tepi Sungai Gangga yang memicu spekulasi mereka adalah jenazah korban COVID-19 (AP Photo/Rajesh Kumar Singh
Jenazah korban terduga Covid-19 terlihat di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tepi Sungai Gangga yang memicu spekulasi mereka adalah jenazah korban COVID-19 (AP Photo/Rajesh Kumar Singh
Jenazah korban terduga Covid-19 terlihat di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj, 15 Mei 2021. Polisi menjangkau penduduk desa di India utara untuk menyelidiki penemuan jasad di tepi Sungai Gangga yang memicu spekulasi mereka adalah jenazah korban COVID-19 (AP Photo/Rajesh Kumar Singh

Titanic Reborn

FOTO: Replika Titanic Bakal Jadi Destinasi Wisata China

Liputan6.com 2021-05-15 17:00:17
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 26 April 2021. Lebih dari satu abad berada di kedalaman samudera
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 26 April 2021. Lebih dari satu abad berada di kedalaman samudera, pengusaha China 'membangkitkan Titanic' guna menjadi destinasi wisata baru di Sichuan. (NOEL CELIS/AFP)
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Sang investor Su Shaojun mengaku terinspirasi dari film box office yang dibintangi Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet, Titanic (1997). (NOEL CELIS/AFP)
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 26 April 2021. Kapal ini dibangun autentik seperti kapal pesiar yang karam di Samudera Atlantik pada 1912 silam. (NOEL CELIS/AFP)
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Replika autentik ini, kata Su Shaojun, akan dibukanya sebagai museum kapal sepanjang 160 meter. (NOEL CELIS/AFP)
Foto dari udara menunjukkan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 26 April 2021. Su Shaojun memastikan proyek replika Titanic ini bakal seautentik mungkin dengan yang dibuat di galangan kapal Southampton pada awal abad 20. (NOEL CELIS/AFP)
Para pekerja berjalan dekat replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Dari mulai ruang makan, kabin mewah, bahkan hingga gagang pintu akan dibuat seautentik mungkin dengan Titanic yang karam. (NOEL CELIS/AFP)
Wujud replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Proyek replika Titanic ini dianggarkan pembangunannya selama enam tahun. (NOEL CELIS/AFP)
Seorang pekerja mengerjakan pembuatan replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Proyek replika Titanic menggunakan 23 ribu ton besi dan melibatkan lebih dari seratus pekerja. (NOEL CELIS/AFP)
Seorang pekerja mengelas replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Proyek ini, kata Su Shaojun, diperkirakan menghabiskan biaya satu miliar yuan (sekitar Rp 2,2 triliun). (NOEL CELIS/AFP)
Seorang pekerja menyapu bagian dalam replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Museum Titanic itu akan berada di tengah taman bertema di Provinsi Sichuan yang berjarak sekitar 1.000 kilometer dari lautan. (NOEL CELIS/AFP)
Su Shaojun, investor replika Titanic dekat model kapal saat wawancara di kantornya di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 26 April 2021. Su Shaojun menyatakan pengunjung bisa menginap satu malam untuk mendapatkan layanan kapal pesiar bintang lima dengan 2.000 yuan (Rp 4,4 juta). (NOEL CELIS/AFP)
Pekerja berjalan dekat pajangan di lokasi replika kapal Titanic yang masih dalam tahap konstruksi (tidak digambarkan) di Daying County, Provinsi Sichuan, China, 27 April 2021. Su Shaoujun menargetkan setidaknya lima juta pengunjung tahunan akan datang menikmati 'Titanic' ini. (NOEL CELIS/AFP)

Di balik Foto Keluarga para Pesohor

Cerita Pekan Ini: Gaya Ciamik Pesohor Tanah Air Berfoto dengan Keluarga di Lebaran 2021, Semringah Euy..!

Liputan6.com 2021-05-13 21:00:21
Keluarga Dude Harlino - Alyssa Soebandono. (Instagram/ ichasoebandono - https://www.instagram.com/p/COzFCXbN677/)

Masyarakat Indonesia punya segudang tradisi menyambut Lebaran. Mulai dari sungkeman, makan ketupat berikut opor ayam, hingga foto keluarga pada Idul Fitri.

Khusus yang terakhir disebut, membanjir di linimasa media sosial pada hari pertama Lebaran 2021, Kamis (13/5/2021).

Hanya saja, gayanya kebanyakan itu-itu saja: posisi duduk atau berdiri yang ditata rapi, senyum mengembang terbit lewat aba-aba fotografer, dan tangan yang mengatup di depan dada.

Namun beberapa pesohor Indonesia memilih gaya yang berbeda pada Lebaran tahun ini. Anti-jaim dan enggak ada kaku-kakunya. Salah satunya adalah keluarga Dude Harlino dan Alyssa Soebandono. Pasangan ini tampil kompak dengan anak-anaknya, mengenakan kacamata hitam.

Sementara Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar membebaskan anak-anaknya memasang mimik wajah apa pun. Mau melirik atau merengut, bebas!

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membagikan dua jenis foto keluarga, satu yang teratur rapi, dan lainnya "freestyle" dan bahkan di beberapa momen tampak seperti kurang siap berpose.

Tapi foto seperti ini justru mengeluarkan sinar wajah bahagia yang tak dibuat-buat, kan!

Zaskia Sungkar dan Irwansyah mencontohkan foto keluarga yang posenya diarahkan, tapi tetap terlihat luwes dan natural.

Salah satunya saat Irwansyah mengecup kening sang istri yang tersenyum lebar, sementara sang buah hati tidur di pangkuan Zaskia.

Nah, kalau keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca lain lagi. Ketimbang berpose dengan pakaian muslim seragam yang terlihat rapi dan formal, mereka tampil santai dengan kaos.

Istimewanya, kaos ini bertuliskan "Baju Lebaran" ditambah dengan nama pemiliknya.

Tak harus punya momongan untuk membuat foto keluarga menggemaskan. Gendong saja si mpus kesayangan, seperti yang dilakukan Sherina dan Baskara Mahendra.

Toh, ini pun mencerminkan keluarga bahagia, bukan?

Tak Aman di Rumah Tuhan

FOTO: Potret Warga Palestina Sholat Idul Fitri di Tengah Ketegangan dengan Israel

Liputan6.com 2021-05-13 17:00:00
Umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di luar masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa, Yerusalem Tua (13/5/2021). Beberapa malam bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan polis
Umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di luar masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa, Yerusalem Tua (13/5/2021). Beberapa malam bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel, terutama di sekitar masjid Al-Aqsa, meningkat awal pekan ini. (AFP/Ahmad Gharabli)
Umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di luar masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa, Yerusalem Tua (13/5/2021). Rentetan tembakan roket dari Gaza dan serangan udara Israel yang mematikan sebagai pembalasan. (AFP/Ahmad Gharabli)
Siluet jamaah Muslim saat merayakan di depan masjid Dome of the Rock sebelum sholat Idul Fitri pagi, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, di kompleks masjid Al-Aqsa, di Yerusalem (13/5/2021). (AFP/Ahmad Gharabli)
Umat Muslim merayakan setelah sholat Idul Fitri pagi, menandai akhir bulan suci Ramadhan, di luar masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem Tua (13/5/2021). (AFP/Ahmad Gharabli)
Dua warga Palestina mengibarkan bendera nasional di depan masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem Tua selama sholat Idul Fitri pagi, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, (13/5/2021). (AFP/Ahmad Gharabli)
Wanita Palestina berfoto selfie di depan masjid Dome of the Rock setelah shalat Idul Fitri pagi, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem Tua (13/5/2021). (AFP/Ahmad Gharabli)
Umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri di luar masjid Kubah Batu di kompleks masjid Al-Aqsa, Yerusalem Tua (13/5/2021). Rentetan tembakan roket dari Gaza dan serangan udara Israel yang mematikan sebagai pembalasan. (AFP/Ahmad Gharabli)
Wanita Muslim meniup balon saat jamaah merayakan hari raya Idul Fitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, setelah sholat subuh di kompleks masjid Al-Aqsa, dengan latar belakang masjid Kubah Bat di Yerusalem Tua (13/5/2021). (AFP/Ahmad Gharabli)

Rivalitas Abadi MU vs Liverpool

Rivalitas Abadi MU vs Liverpool

Liputan6.com 2021-05-14 15:30:32
Pemain Manchester United Eric Bailly (kiri) duel perebutan bola dengan pemain Liverpool Diogo Jota pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (13/5/202

Pemain Liverpool Diogo Jota berlari kencang menghindari sliding tackle pemain bertahan Manchester United Eric Bailly. Jota berhasil membuat satu gol ke gawang MU pada menit 34. Gol Jota membuat Liverpool menyamakan kedudukan. Pemuda Portugal ini menjadi penentu kebangkitan Liverpool.

MU dan Liverpool memang merupakan musuh abadi di Inggris. Keduanya merupakan tim tersukses dalam sejarah Liga Inggris. MU sudah 20 kali juara, Liverpool 19 kali.

Gelandang Liverpool Roberto Firmino melepaskan sundulan yang berbuah gol kedua timnya ke gawang Manchester United.

Saat berhadapan dalam duel tunda Liga Inggris 2020-2021 pekan ke-35 pada Jumat 14 Mei 2021, MU di kandangnya sendiri di Stadion Old Trafford, harus mengakui keunggulan Liverpool 2-4. Padahal di klasemen, MU berada jauh di atas Liverpool.

Winger Liverpool Mohamed Salah melepaskan tembakan guna menjebol gawang MU. Salah membuat gol terakhir The Reds beberapa saat sebelum laga usai.

Gol Salah menjadi penentu kemenangan 4-2 Liverpool. Ini merupakan gol ke-20 Salah di Liga Inggris 2020-2021. Salah cuma terpaut satu gol dari top skor sementara Harry Kane dari Tottenham Hotspur.

Bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold menerobos pertahanan MU. Pemuda Inggris ini menjadi salah satu bintang kemenangan Liverpool. TAA membuat satu assist kepada Roberto Firmino guna membawa Liverpool berbalik unggul 2-1.

Penyerang MU Marcus Rashford memperdaya kiper Liverpool Alisson Becker. Rashford membuat satu gol saat Setan Merah kalah 2-4 dari Liverpool.

MU sempat menyimpan Rashford di laga sebelumnya melawan Leicester City. Sayangnya meski banyak pemain disimpan, The Red Devils tetap tak mampu mengalahkan Liverpool.

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes melepaskan tendangan keras. Fernandes membawa MU unggul lebih dulu di pertandingan ini.

Namun setelah gol Fernandes, MU kecolongan, sehingga Liverpool berbalik unggul 1-2 saat jeda babak pertama.

Di luar Stadion Old Trafford saat MU menjamu Liverpool, sekelompok fans melakukan aksi demonstrasi menentang pemilik klub, keluarga Glazer.

Demo fans MU ini berjilid-jilid. Sebelumnya aksi demo dilakukan 3 Mei 2021, sehingga membuat laga MU melawan Liverpool terpaksa ditunda. Ketika itu pendemo sukses menembus ke tengah lapangan Old Trafford.

Cantik dengan Perkakas Dapur

Pisau Daging Perindah Mahkota Kepala Manusia

Liputan6.com 2021-05-14 21:10:39
Dalam gambar pada 8 April 2021, tukang cukur Pakistan Ali Abbas menggunakan palu dan pisau daging untuk memotong rambut pelanggan di tokonya di Lahore. Berharap membuktikan kemampuannya dalam

Gunting menjadi alat standar yang lazim bagi seorang tukang cukur. Namun, seorang ahli pangkas rambut di Kota Lahore, Provinsi Punjab, Pakistan, menggunakan beberapa alat yang tak lazim dan unik.

Betapa tidak? Tukang cukur bernama Ali Abbas itu menggunakan pisau daging. Tak hanya itu, Ali juga memakai palu, obor las, hingga pecahan kaca untuk memotong ataupun menata rambut para pelanggannya.

Sejak 2016, Ali Abbas mengandalkan berbagai alat tidak biasa untuk melatih keahlian memangkas rambut. "Saya pikir saya harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk menarik lebih banyak klien," ujar Ali kepada AFP, Selasa 11 Mei 2021.

Video mengenai keahlian unik Ali memperindah mahkota kepala manusia itu pertama kali dibagikan melalui saluran media lokal, Ary Stories. Video itu kemudian menjadi viral.

Ali menuturkan, setiap hari dirinya mencoba mencari cara baru untuk memotong rambut para pelanggannya. Ketika memutuskan menggunakan pisau daging dan palu, ia pun terus berlatih mengasah kemampuannya.

Para pelanggan Ali bukan hanya kaum Adam. Kaum Hawa pun banyak yang mencoba gaya potongan rambut unik Ali, bahkan mereka menyukainya.

Keahlian unik yang kini dimiliki Ali buah dari upaya keras dan latihan selama beberapa tahun terakhir. Khusus pisau daging dan palu, ia membutuhkan latihan dan eksperimen selama setahun. Pun demikian dengan obor las dan pecahan kaca.

Ali Abbas juga menggunakan pecahan kaca untuk menata rambut pelanggannya. Penggunaan pecahan kaca sama baiknya dengan memakai gunting, bahkan ada sensasi berbeda.

Lebaran Mencekam di Jalur Gaza

Lebaran di Tengah Ancaman Gempuran Bom

Liputan6.com 2021-05-14 13:20:48
Siluet jamaah Muslim saat merayakan di depan masjid Dome of the Rock sebelum sholat Idul Fitri pagi, yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, di kompleks masjid Al-Aqsa, di Yerusalem (13/5/20

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari tersuci dalam kalender Islam. Dengan mayoritas muslim, masyarakat Palestina di Jalur Gaza pun memaknai seperti itu.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (13/5/2021), penduduk Palestina di Jalur Gaza bangun pagi untuk memperingati Idul Fitri. Mereka beramai-ramai merayakan Salat Id seperti juga dilakukan umat muslim lainnya di saat bLebaran.

Namun, berbeda dengan belahan dunia lainnya, mereka harus merayakan Lebaran di tengah ancaman bom. Seperti diketahui, dalam tiga hari terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri, Jalur Gaza terus dibombardir serangan dan gempuran bom dari Israel yang tiada henti.

"Dari waktu ke waktu Anda mendengar ledakan keras, dan gedung-gedung terguncang," kata Safwat al-Kahlout dari Al Jazeera.

Bassem Issa, seorang komandan Hamas, Kelompok yang menguasai Jalur Gaza, tewas dalam serangan udara Israel bersama dengan anggota senior lainnya. Kantor keamanan nasional Hamas juga dilaporkan dilanda serangan Israel pada Kamis pagi.

Sumber lokal mengatakan jet tempur Israel mengebom situs-situs milik kelompok bersenjata Palestina, selain gedung keamanan dan polisi.

Di lingkungan Tel al-Hawa Kota Gaza, seorang wanita hamil, Reema Telbani dan anaknya tewas dalam serangan Israel di rumah mereka. Pasangan lansia di lingkungan Sheikh Zayed di Gaza juga terkubur di bawah reruntuhan kediaman mereka, setelah serangan Israel.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan jumlah korban tewas secara keseluruhan sejak dimulainya serangan terbaru mencapai 69, termasuk 17 anak-anak dan delapan wanita pada Kamis pagi. Lebih dari 390 lainnya terluka.

Kalau Begini, Kapan Corona Pergi?

Kalau Begini, Kapan Corona Pergi?

Liputan6.com 2021-05-16 08:59:11
Foto udara menunjukkan keramaian pengunjung di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Anc

Kendati wabah Corona masih menjadi momok di tengah kehidupan saat ini, namun bagi sebagian masyarakat kondisi sekarang seperti tidak terjadi ancaman apa-apa. Buktinya, beberapa tempat wisata justru dipadati pengunjung. Seolah tidak ada ancaman meski jutaan nyawa meninggal dunia karena terkena wabah Corona.

Antusiasme masyarakat untuk libur Lebaran di Taman Impian Jaya Ancol seperti tak terbendung. Hari kedua Lebaran saja Ancol dikunjungi 28.000 wisatawan.

Konsentrasi wisatawan di pantai Ancol selama libur Lebaran itulah yang membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan teguran keras kepada Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali.

"Ini (penutupan Ancol) merupakan tindak lanjut dari teguran Pak Gubernur. Diinstruksikan untuk langsung tutup pantai. Kami langsung bertindak sejalan dengan upaya Pemprov DKI untuk menekan potensi penyebaran virus Covid-19," kata Sahir dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 15 Mei 2021.

Akibat teguran tersebut, Dinas Pariwisata DKI Jakarta memutuskan menutup sementara tiga tempat wisata di Ibu Kota pada 16-17 Mei 2021. Yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Margasatwa Ragunan.

Hal itu tercantum dalam surat yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Surat itu ditandatangani oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Keputusan itu diambil setelah evaluasi peningkatan pengunjung di tiga tempat wisata tersebut selama 14-15 Mei 2021. Penutupan dimaksudkan untuk penguatan protokol kesehatan

"Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2021 sampai dengan tanggal 17 Mei 2021 agar melakukan penutupan sementara tempat usaha dalam rangka penguatan protokol kesehatan," ujar Gumilar dalam surat tersebut, Sabtu (15/5/2021).

Sementara itu, Ancol, TMII dan Ragunan diperbolehkan untuk buka kembali pada Selasa (18/5).

Ketua Satgas COVID-19, Doni Monardo mengatakan bahwa saat libur Lebaran ada beberapa tempat wisata yang diperbolehkan buka di tengah pandemi.

Doni mengimbau pengelola kawasan wisata bekerja sama dengan kepolisian dan Satgas COVID-19 daerah saat membuka operasional. Jika tak menjalankan aturan protokol kesehatan dengan benar, pengelola tempat wisata harus bersedia melakukan penutupan.

Namun, bila tempat wisata tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan maka pihak kepolisian bisa tegas menutup lokasi tersebut.

"Bahkan bila perlu, apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja. Bicara yang terbuka dengan pengelola (kawasan wisata)," kata Doni dalam konferensi pers virtual pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Penutupan dilakukan demi mencegah penularan kasus COVID-19. Bila kasus meningkat, maka otomatis destinasi wisata juga tidak bisa buka.

"Kita harapkan pengelola-pengelola tempat wisata pun bisa bekerja sama. Karena kalau kasus aktif Covid-19 meningkat otomatis semuanya akan mundur lagi," kata Doni.

Tumbuhan Secanggih Kita

Tumbuhan Ternyata Seperti Manusia, Ini Buktinya...

Liputan6.com 2021-05-15 13:00:20
Luo Yifei, mahasiswa PhD Sekolah Ilmu dan Teknik Material Nanyang Technological University memasang elektroda pada permukaan tanaman penangkap lalat Venus di laboratorium, Singapura, 24 Maret

Para peneliti di Singapura menemukan cara untuk mengendalikan tanaman penangkap lalat Venus menggunakan sinyal listrik dari smartphone.

Inovasi ini diharapkan bisa digunakan untuk robotika hingga pemanfaatan tumbuhan sebagai sensor lingkungan.

Luo Yifei, seorang peneliti di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, menunjukkan bagaimana sinyal dari aplikasi smartphone yang dikirim ke elektroda kecil yang terpasang pada tanaman dapat membuat jebakannya menutup seperti saat menangkap lalat.

"Tumbuhan itu seperti manusia, mereka menghasilkan sinyal listrik, seperti EKG (elektrokardiogram) dari hati kita," kata Luo, yang bekerja di Sekolah Sains dan Teknik Material NTU, sebagaimana dilansir New York Post, Sabtu (15/5/2021).

"Kami mengembangkan teknologi non-invasif untuk mendeteksi sinyal listrik dari permukaan tanaman tanpa merusaknya," ucap Luo menambahkan.

Para ilmuwan juga telah melepaskan bagian perangkap tumbuhan insektivora Venus dan menempelkannya ke lengan robotik sehingga ketika diberi sinyal, ia dapat menggenggam sesuatu yang tipis dan ringan seperti seutas kawat.

Dengan cara ini tanaman dapat digunakan sebagai "robot lunak" untuk mengambil benda-benda rapuh yang mungkin dirusak oleh industrial grippers, serta lebih ramah lingkungan.

Aksi Presiden Ini Jangan Ditiru

Aksi Presiden Brasil Jair Bolsonaro Pimpin Konvoi Motor di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com 2021-05-15 18:10:28
Presiden Brasil Jair Bolsonaro memimpin konvoi ratusan pengendara motor saat melakukan tur di Brasilia, di tengah COVID-19, Minggu (9/5/2021). Bolsonaro melakukan perjalanan dari istana presi

Presiden Brasil Jair Bolsonaro memimpin ratusan pengendara motor melakukan perjalanan mengelilingi Ibu Kota Brasil. Konvoi itu digelar untuk memperingati Hari Ibu.

Mirisnya, kegiatan yang melibatkan banyak orang ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Padahal, Brasil sendiri merupakan salah satu negara yang paling parah akibat pandemi ini. Tercatat, angka kematian akibat virus Covid-19 mencapai 420 ribu jiwa.

Dalam menjalankan tur sepeda motor ini ia tidak mengenakan masker.

Sebagaimana diketahui, penggunaan masker di masa pandemi merupakan salah satu protokol kesehatan yang mesti dijalankan setiap orang.

Dalam konvoi itu, Presiden Jair Bolsonaro mengenakan jaket hijau dan helm half face kelir putih.

Nampak dalam foto, beberapa warga yang melihat konvoi tersebut mengenakan masker.

Dengan mengendarai sepeda motor bergaya touring, Jair Bolsonaro nampak tidak mengenakan sarung tangan.

Seperti diketahui, sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang wajib dikenakan.

Jair Bolsonaro berada di barisan terdepan diikuti ratusan motor lainnya yang tak lain merupakan pendukungnya.

Jair Bolsonaro nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Itu bisa dilihat dari senyum lebarnya yang terus mengembang ketika menyapa para pendukungnya.


Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lautan Lilin di Depan Kastil

Nyala Puluhan Ribu Lilin untuk Hormati Korban Meninggal COVID-19 di Ceko

Liputan6.com 2021-05-15 18:00:01
Lilin dinyalakan untuk memperingati para korban pandemi virus corona COVD-19 di Kastil Praha, Praha, Republik Ceko, Senin (10/5/2021). Republik Ceko melonggarkan pembatasan terkait COVID-19 s

Temaram ribuan lilin menyala di depan Kastil Praha, Praha, Republik Ceko pada 10 Mei 2021. Pada hari itu, warga di sana mengenang nyaris 30 ribu orang yang meninggal karena COVID-19.

Sebelum penyalaan lilin, Presiden Milos Zeman mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan serta siapapun yang sudah berjuang menghadapi COVID-19. Lalu, Zeman menyalakan lilin pertama dari 29.711 lilin yang ada.

Dalam pidatonya, Zeman mengatakan bahwa sebagian yang meninggal karena tergoda untuk melakukan pelonggaran protokol kesehatan sebelum waktunya. Kini, Ceko sudah melakukan pelonggaran aktivitas sosial mengingat kasus virus Corona di sana menurun.

Bila di Maret sempat 17 ribu kasus baru COVID-19 di Ceko dalam sehari, pada Minggu, 9 Mei ada 381 yang terinfeksi COVID-19. Ya memang masih ada tapi jauh lebih sedikit.

Melihat jumlah kasus yang menurun, pemerintah Ceko melonggarkan pembatasan kegiatan pada pekan ini. Toko dan mal kembali buka. Jasa pelayanan seperti tato, agensi travel, salon, dan toko perbaikan sepatu sudah buka pada Senin ini.

Zeman berharap pemerintah dan warga bisa belajar dari pandemi yang sudah berjalan 1,5 tahun ini. Jangan sampai terjadi lonjakan tinggi kembali sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Berdasarkan data WHO pada Sabtu, 15 Mei 2021, hampir 30 ribu orang sudah meninggal karena COVID-19 di Republik Ceko. Dari 1.651.178 orang yang terinfeksi virus Corona, 29.857 meninggal karena SARS-CoV-2.

Bisnis Cuan Saat Lebaran

Usaha yang Cuan saat Hari Raya Lebaran

Liputan6.com 2021-05-15 19:21:07
Pedagang meletakkan bedug untuk dijual di pinggir jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta, Senin (10/6/2021). Pedagang bedug di sepanjang jalan itu juga mengalami penurunan omzet sekitar 5

Momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri jadi yang paling ditunggu Umat Muslim seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Meski pandemi Covid-19 masih menghantui, masyarakat tetap suka cita menyambut momen Lebaran usai berpuasa sebulan penuh.

Lebaran pun membuka peluang usaha buat masyarakat menambah penghasilan. Apalagi, konsumsi masyarakat jelang Lebaran cenderung meningkat jelang Lebaran.

Kucuran Tunjangan Hari Raya (THR) seakan jadi salah satu pendorong masyarakat, memberikan dirinya sedikit kesenangan di momen hari raya.

Mulai dari membeli pakaian baru, memenuhi rumah dengan beraneka panganan maupun kue khas lebaran hingga menukar uang baru demi dibagikan ke handai taulan.

Seperti dirangkum Liputan6.com, Sabtu (15/5/2021), berikut beberapa bisnis yang cuan saat Lebaran. Apa saja?

1. Penukaran Uang Baru

Ada tradisi menarik di masyarakat setiap momen Lebaran. Sekedar berbagi sedikit rejeki ke sanak saudara seakan tak bisa dilepaskan dari bagian merayakan Hari Raya Lebaran.

Ini membuka peluang jasa penukaran uang pecahan. Selain bisa ditukar di bank yang merupakan lokasi penukaran resmi, ada masyarakat yang ikut mencoba mencicipi cuan dari jasa bisnis penukaran uang baru ini.

Mereka bisa dijumpai di pinggir jalan jelang sepekan momen lebaran. Penjual jasa penukaran uang memungut tambahan biaya sebesar 5 sampai 10 persen dari jumlah uang yang ditukarkan.

2. Kuedan Makanan Lebaran

Tak lengkap rasanya jika saat sanak saudara bertandang bersilaturahmi saat Lebaran tak ada panganan tersaji di meja. Kue kering Lebaran seakan jadi pertanda, sambutan hangat sang tuan rumah.

Tak heran, bisnis kue lebaran menjadi yang banyak dipilih masyarakat. Penjualannya dipastikan naik saat Lebaran. Usaha kue kering Lebaran dari skala rumahan hingga industri UMKM menambah produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mulai dari kue basah seperti dodol hingga aneka kue kering seperti cookies dan lainnya.

3. Busana Muslim

Memakai pakaian baru maupun busana muslim lainnya juga salah satu yang bisa menambah cuan saat Lebaran. Mulai dari baju koko, mukena, sajadah pasti diincar masyarakat untuk dipakai di hari fitri.

Sejak jauh-jauh hari produsen busana muslim menambah produksinya. Kerap kali, momen Lebaran memunculkan tren busana Muslim tertentu, yang kemudian banyak diincar pembeli.

4. Bedug

Satu lagi bisnis yang juga menjanjikan saat Lebaran, yakni penjualan bedug. Alat tabuh yang terbuat dari drum dan kulit hewan ini juga banyak dicari saat Lebaran.

Menjelang Idul Fitri 1442 H, pedagang bedug di sepanjang jalan itu mulai ramai menjajakan dagangannya dari harga 40 ribu - Rp 2,5 juta tergantung jenis, bahan dan ukuran.

Masyarakat memakai bedug untuk memeriahkan takbiran saat Lebaran saat mengumandangkan takbir maupun salawat.