Volume 22

Lukisan Senilai Rp 2,5 Triliun

5 Lukisan Termahal Pablo Picasso, Ada yang Seharga Rp 2,5 Triliun

Liputan6.com 2021-05-22 12:51:19
Lukisan Pablo Picasso's Femme assise pres d'une fenetre. (Daniel Leal-OLIVAS / AFP)

Lukisan Pablo Picasso bertema "Wanita yang duduk di dekat jendela (Marie-Therese)" telah laku terjual seharga USD 103,4 juta atau setara Rp 1,5 triliun di New York.

Namun, menurut database AFP, lukisan itu bukanlah satu-satunya karya termahal yang pernah dilelang seniman Spanyol ini.

Melansir The Economic Times, Sabtu (22/05/2021), Marie-Therese merupakan satu dari 5 peringkat teratas lukisan karya Pablo Picasso di dunia.

Pemeringkatan ini tidak termasuk penjualan privat (private sales), yang jumlah biayanya jarang diungkapkan.

Berikut 4 lukisan Pablo Picasso lainnya:

1.Les Femmes d'Alger (Version ''O'')

Lukisan Pablo Picasso berjudul Les Femmes d'Alger (Version

Salah satunya, lukisan yang dijual seharga USD 179,4 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun (jika dihitung kurs saat ini 14.367 per dolar AS) di Christie's di New York pada tahun 2015.

Lukisan ini memegang rekor dunia untuk harga tertinggi yang pernah dilelang sebelum dikalahkan "Salvator Mundi", yang diatribusikan kepada Leonardo da Vinci.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dilaporkan pernah membayar USD 450,3 juta untuk mahakarya Renaisans pada 2017.

"The Women of Algiers (Versi O)" yang dilukis pada tahun 1955, sempat terjual pada 1997 seharga USD 31,9 juta.

2.Nude on the Sculptor's Tray

Lukisan Pablo Picasso Nude, Green Leaves and Bust (1932). Photo: Stan Honda/AFP

Pemegang rekor dunia sampai lukisan 'Women of Algiers' berada di bawah palu, kanvas kekasih muda Picasso yang sedang berbaring ini, Marie-Therese Walter.

'Nude on the Sculptor's Tray' dilukis pada tahun 1932. Nilainya USD 106,5 juta dan saat ini dipinjamkan di galeri seni Tate Modern di London.

3. Young Girl With a Flower Basket

'Young Girl With Basket of Flowers' by Pablo Picasso. (AFP/Hector Retamal)

Sedangkan peringkat lainnya ditempati lukisan tahun 1905 yang menjadi salah satu bintang lelang pada 2018 dari karya-karya yang dikumpulkan mendiang bankir AS David Rockefeller dan istrinya Peggy.

Lukisan ini menggambarkan seorang gadis muda tanpa busana yang memegang sekeranjang bunga.

4.Boy with a Pipe

Lukisan Pablo Picasso Nude, Green Leaves and Bust (1932). Photo: Stan Honda/AFP

Lukisan karya Pablo Picasso lainnya yang masuk dalam peringkat adalah "Rose Period" dari tahun 1905, dimana dia melukisnya tidak lama setelah pindah ke Paris dan menetap di Montmartre.

Lukisan itu berhasil menjadi pemegang rekor dunia lainnya ketika dijual seharga USD 104,2 juta di New York pada tahun 2004.

Pemiliknya John Hay Whitney yang keluarganya telah menghadiahkan Whitney Museum di Manhattan dan telah membelinya pada tahun 1950 seharga USD 30.000.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

Dari Jakarta untuk Gaza

Dari Jakarta untuk Gaza

Liputan6.com 2021-05-22 20:40:30
Suasana di jembatan penyebrangan orang (JPO) Gelora Bung Karno yang berhias lampu berwarna bendera Palestina, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan aksi solidaritas untuk P

Lampu-lampu hias berwarna bendera Palestina menyala di sejumlah titik Jakarta, antara lain Terowongan Kendal, Simpang Semanggi, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Monumen Nasional (Monas), dan beberapa jembatan penyeberangan orang (JPO), sejak Sabtu, 15 Mei 2021.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan bahwa hal itu merupakan simbol solidaritas dan dukungan warga Jakarta terhadap rakyat Palestina.

Warga berada di jembatan penyebrangan orang (JPO) Polda Metro Jaya yang berhias lampu berwarna bendera Palestina, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan aksi solidaritas untuk Palestina dengan menampilkan warna-warna khas bendera Palestina di 10 JPO. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Ini merupakan bentuk dukungan dari warga Jakarta, solidaritas kemanusiaan untuk saudara-saudara kita rakyat Palestina di Jalur Gaza," kata Anies melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (22/5/2021).

Anies menerangkan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta bersimpati terhadap penderitaan rakyat Palestina.

Aktivitas warga di jembatan penyebrangan orang (JPO) Gelora Bung Karno yang berhias lampu berwarna bendera Palestina, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Pemprov DKI melakukan aksi solidaritas untuk Palestina dengan menampilkan warna-warna khas bendera Palestina di 10 JPO. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bangsa Indonesia yang pernah mengalami penjajahan, kata Anies, turut merasakan jika perjuangan untuk meraih kemerdekaan bukanlah hal yang gampang.

"Kita bersimpati dengan masyarakat saudara kita di Palestina," ujar Anies.

Suasana jembatan penyebrangan orang (JPO) Gelora Bung Karno yang berhias lampu berwarna bendera Palestina, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan aksi solidaritas untuk Palestina dengan menampilkan warna-warna khas bendera Palestina di 10 JPO. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar itu mengutip pesan Presiden Soekarno pada 1962 bahwa, "Selama kemerdekaan belum diserahkan kepada Bangsa Palestina, maka perjuangan Indonesia untuk menentang penjajahan di Tanah Palestina harus terus dilakukan."

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan itu mengajak masyarakat agar mendoakan rakyat Palestina supaya diberikan kekuatan.

Massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Indonesia untuk Palestina mengibarkan bendera Palestina saat aksi solidaritas di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Selasa (18/5/2021). Massa mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mendukung dan membantu Palestina. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Ini adalah pesan untuk semua mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina, agar diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," ucap Anies Baswedan.

Masyarakat membawa bendera Palestina di jalan Basuki Rahmat, Jakarta, Kamis (20/5/2020). Aksi masyarakat tersebut untuk mengutuk penyerangan Israel ke Palestina yang telah menyebabkan ratusan korban jiwa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Mainan Mewah Seharga Rp 7 T

Mengintip Kapal Pesiar Jeff Bezos Seharga Rp 7 Triliun

Liputan6.com 2021-05-22 19:30:06
Jeff Bezos dan Lauren Sanchez saat berkunjung ke Taj Mahal (Doc: Pawan Sharma - AFP)

Jeff Bezos, pendiri Amazon dan orang terkaya di dunia saat ini baru saja membeli sebuah kapal pesiar mewah dengan panjang 127 meter.

Diketahui, Jeff Bezos membeli "mainan mewah" barunya tersebut seharga USD 500 juta atau di kisaran Rp 7 triliun.

Intip Kapal Pesiar Jeff Bezos Seharga Rp 7 Triliun. (Doc: Axel Heimken-AFP)

Dengan harga fantastis tersebut, seperti apa bentuk dan fasilitas yang tersedia di kapal pesiar mewah milik bos Amazon tersebut?

Mengutip Bloomberg, Sabtu (22/5/2021), Jeff Bezos sudah memesan kapal pesiar super mewah buatan perusahaan asal Belanda, Oceanco, sejak dua tahun lalu.

Ilustrasi kapal pesiar Jeff Bezos. (Doc: Giuseppe Cacace - AFP)

Dengan panjang 127 meter, kapal pesiar milik Jeff Bezos ini setara dengan dua pesawat A380 yang terparkir di landasan, dan bila didirikan tingginya setara dengan Piramida Agung Giza.

Rencananya, kapal pesiar mewah dengan tipe Y721 ini akan rampung dan siap meluncur di lautan pada bulan depan.

Ilustrasi kapal pesiar mewah. (Doc: Joe Raedle - AFP)

Disebutkan, kapal pesiar ini memiliki tiga geladak dan tiga tiang besar yang bertindak sebagai penopang layar.

Terlepas dari besarnya ukuran dan harga yang luar biasa mahal, kapal pesiar milik Jeff Bezos ini ternyata kekurangan satu hal penting, yakni helipad.

Jeff Bezos dan Lauren Sanchez. (Doc: Adrian Dennis - AFP)

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jeff Bezos dan Lauren Sanchez--kekasihnya dan pilot yang mampu menerbangkan helikopter--memutuskan untuk membeli sebuah kapal pesiar pendamping yang dilengkapi dengan helipad.

Selain dilengkapi dengan helipad, kapal pesiar pendukung ini juga akan digunakan sebagai "tempat penyimpanan" koleksi mobil, speedboat mewah, dan sebuah kapal selam.

Bentuk fasilitas di sebuah kapal pesiar. (Doc: Roslan Rahman - AFP)

Meski kapal pesiar milik Jeff Bezos ini cukup mengesankan, nyatanya bukan yang terbesar dan termahal di dunia. Adapun titel tersebut jatuh kepada kapal pesiar bernama History Supreme milik Robert Kuok.

Disebutkan, kapal tersebut menelan biaya USD 4,8 miliar dengan balutan 10.000 kilogram emas dan platinum yang menghiasi ruang makan, dek, rel, tangga, dan jangkar.

Robert Kuok, pemilik kapal pesiar termewah di dunia bernama History Supreme. (Doc: AFP)

Sementara itu, dinding kamar tidur utama di kapal terbuat dari batu meteorit dan Aquavista Panoramic Wall Aquarium 68 kg emas 24 karat. Ia juga memiliki patung yang terbuat dari tulang Tyrannosaurus rex.

(Ysl/Isk)

Perayaan di Tengah Reruntuhan

FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas

Liputan6.com 2021-05-21 09:45:09
Warga mengibarkan bendera Palestina saat merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di depan bangunan yang hancur di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Israel melakukan genca
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga mengibarkan bendera Palestina saat merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di depan bangunan yang hancur di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Israel melakukan gencatan senjata dengan gerakan Islam yang berkuasa di Jalur Gaza, Hamas. (MAHMUD HAMS/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga turun ke jalan untuk merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas ditengahi oleh Mesir. (MOHAMMED ABED/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan di jalan-jalan menyusul gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas mulai berlaku pada 21 Mei 2021. (MAHMUD HAMS/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di depan gedung yang hancur di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas terjadi setelah 11 hari pertempuran yang mematikan. (MAHMUD HAMS/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Pertempuran Israel dengan Palestina menewaskan lebih dari 200 orang Palestina dan belasan orang Israel. (MOHAMMED ABED/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Sebuah keluarga mengemudikan mobil saat merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Israel melakukan gencatan senjata dengan gerakan Islam yang berkuasa di Jalur Gaza, Hamas. (MOHAMMED ABED/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di jalan-jalan Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas ditengahi oleh Mesir. (SAID KHATIB/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga turun ke jalan untuk merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas mulai berlaku pada 21 Mei 2021. (MOHAMMED ABED/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di depan gedung yang hancur di Kota Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Gencatan senjata antara Israel dengan Hamas terjadi setelah 11 hari pertempuran yang mematikan. (MAHMUD HAMS/AFP)
FOTO: Warga Gaza Rayakan Gencatan Senjata Israel - Hamas
Warga merayakan gencatan senjata antara Israel dengan Hamas di jalan-jalan Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Jumat (21/5/2021). Pertempuran Israel dengan Palestina menewaskan lebih dari 200 orang Palestina dan belasan orang Israel. (SAID KHATIB/AFP)

Heroik, Bella Hadid Bela Negerinya

Cerita Pekan Ini: Cinta Bella Hadid untuk Palestina, dari Keluarga Pengungsi yang Terusir Kini Maju Bela Tanah Leluhur

Liputan6.com 2021-05-20 21:00:00
Bella Hadid. (Unggahan Instagram Stories @tuddynana, diunggah ulang @bellahadid)

Bella Hadid tak bisa tinggal diam melihat pengusiran warga Palestina di Sheikh Jarrah oleh Israel yang berujung memanasnya konflik di Jalur Gaza.

Lewat media sosial bahkan demonstrasi ke jalan, adik Gigi Hadid ini mengumandangkan satu hal: Bebaskan Palestina.

Tindakan yang diambil Bella Hadid bukan tanpa risiko. Oleh warganet pro-Israel, sang model dituduh melakukan kampanye anti-semitisme, hal yang ia bantah tegas.

Bahkan akun resmi Israel menyerangnya dengan pernyataan, "Saat selebritas seperti @BellaHadid mengadvokasi untuk melempar Yahudi ke laut, mereka mengadvokasi untuk menghapuskan negara Yahudi."

Namun, Bella Hadid tak gentar. Ia tetap menggaungkan slogan "Free Palestine."

Bella Hadid berdemo membela Palestina. (Instagram/ bellahadid - https://www.instagram.com/p/CO6y8kotR8d/)

Ada alasan mengapa Bella Hadid begitu berkeras untuk mendukung warga Palestina yang menghadapi agresi Israel. Tak hanya karena ia keturunan Palestina dari garis ayahnya, tapi karena kakek-neneknya sempat menjadi pengungsi karena Israel.

Nenek Bella Hadid, Putri Khairiah Daher Hadid. (Instagram/ mohamedhadid - https://www.instagram.com/p/COpQnDXH--V/)

Nenek Bella adalah Putri Khairiah Daher Hadid, cucu dari Pangeran Nazareth, penguasa Galilee. Sang teta, atau nenek dalam bahasa Arab-Lebanon, menikah dengan Profesor Anwar Hadid dan menetap di Palestina.

Nenek dan kakek Bella Hadid. (Instagram/ https://www.instagram.com/p/CO54jNGtgbs/)

Pada 1948, keluarga neneknya yang memiliki delapan anak, terusir dari rumah mereka di Palestina dan menjadi pengungsi di Suriah, Lebanon, lalu Tunisia.

Mohamed Hadid mengatakan saat itu, ia baru berusia sekitar sebulan.

Mohamed dan Bella Hadid, serta makanan yang dibuat sang ayah. (Instagram/ bellahadid)

Meski akhirnya menetap di Amerika Serikat dan menikah dengan Yolanda, Mohamed tak ingin anak-anaknya terputus dari akar budayanya. Ia tetap dipanggil baba oleh anak-anaknya.

Bella Hadid. (Unggahan Instagram Stories @bellahadid)

Tak hanya itu, Mohamed juga memperkenalkan kultur dan kuliner Palestina kepada anak-anaknya. Bella Hadid bahkan sempat mengatakan bahwa sarapan ala Palestina yang dibuat sang ayah adalah makanan favoritnya.

Karena itulah, ia menganggap warga Palestina adalah saudara yang patut ia bela.

"Aku berdiri bersama saudara dan saudari Palestina-ku, aku akan melindungi dan mendukung kalian sebaik mungkin. AKU CINTA KALIAN," tulisnya di sebuah unggahan Instagram.

Nasib Anak-Anak Tak Berdosa di Gaza

Potret Anak-Anak Palestina Terluka Akibat Serangan Israel

Liputan6.com 2021-05-19 16:28:59
Potret anak Palestina yang menjadi korban akibat serangan Israel (AFP)

Petugas medis di Palestina menjadi saksi kengerian saat situasi negara tersebut dengan Israel semakin memanas. Dr Natalie Thurtle, koordinator Medicines Sans Frontiers, mengatakan kepada The Sun Online tentang kondisi yang "benar-benar tidak manusiawi" karena klinik mereka di Kota Gaza rusak akibat serangan udara Israel.

Kekerasan telah berkecamuk antara Israel dan Palestina selama dua minggu terakhir karena protes dan kerusuhan berubah menjadi serangan udara dan serangan roket, demikian dikutip dari The Sun, Rabu (19/5/2021).

Anggota keluarga Palestina Abu Dayer menangis di rumah sakit Al-Shifa setelah kematian anggota keluarga dalam serangan udara Israel di Kota Gaza, Senin (17/5/2021). Tercatat ada 212 penduduk Jalur Gaza, Palestina yang kehilangan nyawa di antaranya 61 korban merupakan anak-anak. (MAHMUD HAMS/AFP)

Dr Thurtle, yang berbasis di Yerusalem, mengatakan kepada The Sun Online bahwa tim MSF di Jalur Gaza bekerja dalam shift 24 jam nyaris putus asa dalam membantu korban terluka.

Dia mengatakan, sistem kesehatan "tidak mungkin mengatasi" krisis saat ini dan menyerukan diakhirinya kekerasan, atau setidaknya gencatan senjata sehingga persediaan medis yang menipis dapat diisi kembali.

Potret anak Palestina yang menjadi korban akibat serangan Israel (AFP)

Darah menipis, ambulans berjuang untuk melewati jalan yang dibom, rumah sakit dan klinik telah rusak, dan Gaza sekarang dikhawatirkan berada di jalur wabah COVID-19.

Potret anak-anak yang mengalami luka atau bahkan meninggal juga menjadi sorotan banyak pihak. Banyak dari mereka yang jadi korban atas situasi di Israel dan Palestina.

Potret anak Palestina yang menjadi korban akibat serangan Israel (AFP)

Saat ini diperkirakan 212 orang - termasuk 61 anak-anak - telah tewas di Gaza, dengan lebih dari 1.300 orang terluka.

Israel melancarkan serangan udara terhadap Palestina sebagai tanggapan terhadap militan Hamas yang menembakkan roket ke arah mereka dari Jalur Gaza.

Potret anak Palestina yang menjadi korban akibat serangan Israel (AFP)

Pasukan Israel bersikeras mereka berusaha untuk menyerang pasukan dan pemimpin teroris - tetapi kerusakan tambahan meningkat di tengah kekhawatiran krisis kemanusiaan baru di Gaza, Palestina.


Kondisi di tengah Pandemi COVID-19

Pusat pengujian COVID-19 di Gaza telah hancur dan sekitar 40.000 orang kini mengungsi dan mencari perlindungan.

Dr Thurtle memperingatkan virus mematikan itu "kemungkinan besar akan menyebar".

WHO mengatakan bahwa hanya 38.000 orang di Gaza dari dua juta telah menerima suntikan vaksin pertama, kurang dari dua persen dari populasi.

Ini sangat kontras dengan Israel yang telah memberikan lebih dari 60 persen populasi dosis pertama mereka.

MSF mengatakan, Gaza sedang didorong ke "tepi malapetaka".


Infografis Israel-Palestina

 

Doa di Tengah Belantara Beton

FOTO: Berdoa di Kuil Tertua Hong Kong, Dipercaya Bisa Dapat Hasil Ujian Bagus

Liputan6.com 2021-05-22 08:00:21
Orang-orang membakar dupa dan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Kuil yang didirikan untuk persembahan bagi Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo) ini tampak selalu ramai
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Seorang perempuan (tengah kiri) membakar dupa dan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Berada di antara hiruk pikuk Hollywood Road, dan dikelilingi oleh hutan beton di kanan kirinya, Kuil Man Mo yang telah berdiri sejak 1847 masih berdiri tegak sampai sekarang. (Anthony WALLACE/AFP)
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Orang-orang membakar dupa dan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Kuil yang didirikan untuk persembahan bagi Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo) ini tampak selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan atau masyarakat lokal yang ingin beribadah. (Anthony WALLACE/AFP)
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Seorang perempuan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Kuil Man Mo merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi orang-orang yang berdoa untuk mendapatkan nilai bagus serta lulus ujian. (Anthony WALLACE/AFP)
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Suasana bagian dalam Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Di bagian dalam kuil terdapat dupa besar yang mengantung di langit-langit serta dilengkapi dengan potongan kertas kecil berwarna merah yang berisi harapan dari mereka yang sembayang di sini. (Anthony WALLACE/AFP)
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Orang-orang membakar dupa dan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Selain dikunjungi mereka yang ingin hasil ujiannya atau nilai selama masa sekolahnya bagus, Man Mo Temple juga dikunjungi oleh orang-orang yang bekerja sebagai penulis. (Anthony WALLACE/AFP)
Berdoa di Kuil Man Mo Hong Kong
Orang-orang membakar dupa dan berdoa di Kuil Man Mo di Hong Kong pada 19 Mei 2021. Dijelaskan bahwa tempat ini punya Pena Emas yang dipercaya akan membawa berkah untuk mereka yang mengandalkan kemampuan menulis untuk bekerja. (Anthony WALLACE/AFP)

Bangkit Usai 17 tahun Sembunyi

Face to Face dengan Jangkrik Brood X

Liputan6.com 2021-05-22 02:03:06
Jangkrik berkala dewasa yang baru berganti kulit memanjat pohon di Takoma Park, Maryland, Amerika Serikat, 17 Mei 2021. Miliaran jangkrik berkala Magicicada - anggota Brood X - telah mulai mu

Setelah sembunyi 17 tahun, kini saatnya Jangkrik Brood X merayap keluar dari bawah tanah. Memamerkan tubuh hitam dan mata oranye menyala.

Jumlahnya miliaran. Mereka telah mulai muncul di Amerika Serikat bagian timur dan selatan. Face to face. Berhadapan muka dengan muka bersama manusia dan makhluk lain di permukaan tanah.

Jangkrik Brood X memanjat pohon oak di Washington DC, Amerika Serikat, 20 Mei 2021. Miliaran jangkrik Brood X telah mulai muncul di Amerika Serikat bagian timur setelah hidup di bawah tanah selama 17 tahun. (MANDEL NGAN/AFP)

Jangkrik Brood X dengan mata merah membara sedang merayap di pohon oak di Washington DC, Amerika Serikat pada 20 Mei 2021.

Seperti dilansir AFP, mereka muncul untuk pertama kalinya sejak 2004. Jangkrik periodik atau berkala ini selama 17 tahun hidup satu atau dua kaki di bawah tanah untuk menghindari sinar matahari. Getah dari akar pohon menjadi makanannya.

Seekor jangkrik Brood X menempel pada pohon saat berganti kulit di Washington DC, Amerika Serikat, 20 Mei 202. Miliaran jangkrik Brood X telah mulai muncul di Amerika Serikat bagian timur setelah hidup di bawah tanah selama 17 tahun. (JIM WATSON/AFP)

Saat muncul ke permukaan tanah, mereka merayap dan memanjat pohon. Lalu melepaskan diri dari kerangka luar mereka. Jangkrik di Washington DC ini kemudian mengembangkan sayap.

Jangkrik berkala yang baru berganti kulit menempel pada cangkang tempat ia muncul di Takoma Park, Maryland, Amerika Serikat, 17 Mei 2021. Miliaran jangkrik Brood X telah mulai muncul di AS. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Jangkrik yang baru saja melepaskan diri dari kerangka luarnya, merayap untuk segera meninggalkannya. Setelah itu Jangkrik butuh beberapa hari untuk istirahat. Sambil menunggu cangkang baru mengeras.

Jangkrik berkala Magicicada berjalan di atas sebilah rumput saat exuvia yang dibuang terlihat tergantung pada tanaman sekitarnya di Rock Creek Park, Washington DC, Amerika Serikat, 19 Mei 2021. Miliaran jangkrik berkala Magicicada - anggota Brood X - telah mulai muncul di AS. (EVA HAMBACH/AFP)

Jangkrik Brood X dengan cangkang baru yang sudah mengeras berjalan di atas sebilah tangkai di antara rerumputan. Sementara exuvia atau cangkang kosong yang telah ditinggalkan, terlihat tergantung pada tanaman sekitarnya di Rock Creek Park, Washington DC.

Ada 3 spesies Jangkrik Brood X atau Great Eastern Brood. Mereka adalah Magicicada septendecim, Magicicada cassini, dan Magicicada septendecula.

Seekor burung menggunakan paruhnya untuk menaruh jangkrik yang baru saja berganti kulit sebelum memakannya di Takoma Park, Maryland, Amerika Serikat, 18 Mei 2021. Jangkrik Brood X menjadi sumber makanan berprotein tinggi untuk burung, hewan, dan serangga lainnya. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Hidup memang keras. Jangkrik yang baru saja keluar dari cangkang harus berakhir di paruh seekor burung di Takoma Park, Maryland. Jangkrik menjadi sumber makanan berprotein tinggi padat nutrisi untuk burung, hewan, dan serangga lainnya.

Bahkan manusia pun menyantapnya. Serangga langka Jangkrik Brood X ini menjadi menu istimewa. Diolah menjadi menjadi isian taco, diselimuti lembaran tortila. Rasanya --kata mereka yang sudah menyantapnya-- seperti udang renyah.

Jangkrik berkala naik pada jari Benjamin Verschell di rumahnya di Takoma Park, Maryland, Amerika Serikat, 20 Mei 2021. Miliaran jangkrik Brood X bermunculan di AS bagian timur dan beberapa negara bagian Midwestern. (Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Jangkrik Brood X merayap di jari telunjuk Benjamin Verschell di rumahnya di Takoma Park, Maryland. Bagi mereka yang lolos dari kerasnya kehidupan, bisa menikmati musim kawin. Para pejantan akan mengirimkan lagu kawin bernada tinggi. Kawin massal pun dimulai. Berlangsung 3-4 minggu.

Setelah itu, betina bertelur. Lalu nimfa atau hewan muda yang baru menetas akan merayap dan jatuh ke tanah. Kemudian bersembunyi di bawah tanah. Selama 17 tahun. Begitulah siklusnya.

Lelang Mobil Sang Pemenang

Melelang Mobil Pemenang: F1 McLaren Lewis Hamilton

Liputan6.com 2021-05-20 19:03:08
Staf memoles mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil yang pernah membawa Hamilton menjadi juara dunia pa

Mobil Formula 1 McLaren MP4-25A yang membawa Lewis Hamiltonjuara pada Turkish Grand Prix 2010 akan dilelang oleh RM Sotheby's pada 17 Juli 2021 mendatang.

Tampilan mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai oleh pembalap Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, saat dipamerkan di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil McLaren tersebut  akan dilelang di Grand Prix (GP) Inggris pada bulan Juli 2021 mendatang. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Dilansir Carscoops, lelang ini merupakan pertama kalinya mobil F1 yang dikemudikan oleh Lewis Hamilton ditawarkan untuk publik. Menariknya, mobil F1 tersebut akan berkeliling sirkuit saat proses lelang. Nilai jualnya sendiri diprediksi di kisaran $5 juta (Rp 71,9 miliar) hingga $7 juta (Rp100 miliar).

Staf memfoto mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil yang pernah membawa Hamilton menjadi juara dunia pada 2010 itu diperkirakan akan laku sekitar Rp 71,5 miliar hingga Rp 100 miliar. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Tidak ada informasi jelas seberapa banyak mobil F1 McLaren MP4-25A yang dimiliki secara pribadi, menurut RM Sotheby's jumlahnya hanya beberapa.

Seorang staf memoles mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil McLaren tersebut  akan dilelang di Grand Prix (GP) Inggris pada bulan Juli 2021 mendatang. (AP Photo/Alberto Pezzali)

McLaren MP4-25A mengadopsi mesin Mercedes-Benz 2.4-liter naturally aspirated V8 yang sanggup berputar hingga 18.000 rpm.

Penampakan mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil yang pernah membawa Hamilton menjadi juara dunia pada 2010 itu diperkirakan akan laku sekitar Rp 71,5 miliar hingga Rp 100 miliar. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi 7-percepatan yang dikembangkan oleh McLaren Applied Technologies bersama pembalapnya.

Bagian dalam mobil McLaren MP4-25A Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton pada GP Turki 2010, di Sotheby London, Selasa (18/5/2021). Mobil yang pernah membawa Hamilton menjadi juara dunia pada 2010 itu diperkirakan akan laku sekitar Rp 71,5 miliar hingga Rp 100 miliar. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Bobot mobil hanya berkisar 620 kg, mobil ini juga dilengkapi sistem McLaren's innovative F-Duct yang menyalurkan angin dari bagian depan melalui kokpit hingga ke sayap belakang. Sistem ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan puncak MP4-25 hingga 10 km per jam.

3 Raja Piala Domestik Eropa

3 Raja Piala Domestik Eropa: Juventus, PSG, Leicester City

Liputan6.com 2021-05-21 15:00:19
Gianluigi Buffon dan para pemain Juventus menjuarai Coppa Italia 2020/2021. Juventus menjadi juara setelah mengalahkan Atalanta di pertandingan final yang digelar di Stadion Mapei, Kamis (20/

Pada pekan ketiga bulan Mei 2021, tiga kompetisi Eropa menggelar final piala domestik. Ada Coppa Italia, Piala FA dan Coupe de France. Juventus, Leicester City dan Paris Saint-Germain keluar sebagai juara.

Menariknya bagi Juventus dan Leicester, trofi piala domestik ini menjadi pelipur lara karena di liga tidak bisa menjadi juara. PSG juga kemungkinan akan bernasib sama, karena saat ini tertinggal satu angka dari Lille di Liga Prancis atau Ligue 1 dengan tersisa satu pertandingan lagi.

Para pemain Juventus mengangkat Piala merayakan gelar juara Coppa Italia 2020-2021 usai laga final melawan Atalanta di Stadion Mapei, Kamis (20/5/2021) dinihari WIB. Juventus semakin menegaskan diri sebagai raja Coppa Italia dengan koleksi 14 gelar juara. (AP Photo/Antonio Calanni)

Juventus berhasil mengangkat trofi Coppa Italia 2020-2021 setelah menang 2-1 atas Atalanta pada final di Stadion Mapei pada 20 Mei 2021. Dua gol Juventus dicetak Dejan Kulusevski dan Federico Chiesa.

Keberhasilan ini memperpanjang rekor gelar terbanyak Coppa Italia yang dipegang Juventus menjadi 14 kali. Juve unggul jauh dari AS Roma yang mengoleksi sembilan gelar.

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo memegang trofi merayakan gelar juara Coppa Italia 2020-2021 usai laga final melawan Atalanta di Stadion Mapei, Kamis (20/5/2021) dinihari WIB. Juventus semakin menegaskan diri sebagai raja Coppa Italia dengan koleksi 14 gelar juara. (AP Photo/Antonio Calanni)

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo berpose dengan trofi Coppa Italia. Ini menjadi gelar Coppa Italia pertama bagi pria Portugal tersebut.

Ronaldo pun praktis telah menjuarai semua kompetisi domestik yang pernah diikutinya di tiga negara berbeda, Inggris, Spanyol dan Italia.

Kiper dan kapten Juventus, Gianluigi Buffon (tengah) mengangkat trofi Coppa Italia 2020/2021 di tengah-tengah rekannya usai mengalahkan Atalanta 2-1 dalam laga final di Mapei Stadium, Rabu (19/5/2021). (AP/Antonio Calanni)

Kiper Juventus Gianluigi Buffon mengangkat trofi Coppa Italia. Buffon berperan sebagai kapten tim di final sehingga berhak mengangkat piala.

Menariknya Buffon pertama kali juara Coppa Italia tahun 1999 bersama Enrico Chiesa. Tahun ini Buffon meraih Coppa Italia lagi, bersama anaknya Enrico, Federico Chiesa.

Para pemain Paris Saint-Germain atau PSG berpose dengan trofi Piala Prancis (Coupe de France) setelah menundukkan AS Monaco pada final di Stade de France, Kamis (20/5/2021) dini hari WIB. Trofi didapat usai membungkam AS Monaco dengan skor 2-0. (AP Photo/Christophe Ena)

Para pemain PSG berpesta pora mengangkat trofi Piala Prancis atau Coupe de France. PSG menang 2-0 atas Monaco pada final yang digelar 20 Mei 2021.

Dua gol kemenangan PSG atas Monaco di final Piala Prancis dihasilkan dua pemain depannya, Mauro Icardi dan Kylian Mbappe.

Penjaga gawang Leicester City Kasper Schmeichel (kanan) dan Wes Morgan mengangkat trofi Piala FA usai mengalahkan Chelsea pada pertandingan final di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (15/5/2021). Leicester City mengalahkan Chelsea 1-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, Pool)

Dua pemain senior Leicester Wes Morgan dan Kasper Schmeichel secara bersamaan mengangkat trofi juara Piala FA. Leicester menekuk Chelsea 1-0 pada 15 Mei 2021.

Bagi Leicester, ini merupakan kali pertama mereka menjuarai Piala FA sepanjang sejarah. Kesuksesan ini terjadi selang lima tahun setelah Leicester untuk pertama kalinya juara Liga Inggris.

Bos Leicester Aiyawatt Srivaddhanaprabha bersama manajer Brandon Rodgers I(AFP)/ Nick Potts)

Bos Leicester Aiyawatt Srivaddhanaprabha berpose bersama manajer Brandon Rodgers dengan memegang trofi Piala FA. Aiyawatt alias Top sukses meneruskan kepemimpinan ayahnya Vichai.

Vichai begitu dicintai fans Leicester karena mampu mewujudkan mimpi menjuarai Liga Inggris lima tahun lalu. Vichai sendiri sudah meninggal dunia tahun 2018 lalu akibat kecelakaan helikopter usai menonton laga Leicester.

Senyum Abadi Joe Biden

FOTO: Joe Biden yang Tersenyum Diabadikan di Museum Lilin Paris

Liputan6.com 2021-05-19 10:00:10
Patung lilin Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Presiden AS Joe Biden yang baru diresmikan di museum lilin Musee Grevin, Paris, Selasa (18/5/2021). Museum tersebut diperkirakan akan
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Patung lilin Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Presiden AS Joe Biden yang baru diresmikan di museum lilin Musee Grevin, Paris, Selasa (18/5/2021). Museum tersebut diperkirakan akan dibuka kembali pada 19 Mei 2021 setelah ditutup berbulan-bulan karena COVID-19. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Penata rias memberikan sentuhan akhir pada patung lilin Presiden AS Joe Biden yang baru diresmikan di museum lilin Musee Grevin di Paris, Selasa (18/5/2021). Museum tersebut diperkirakan akan dibuka kembali pada 19 Mei 2021 setelah ditutup berbulan-bulan karena COVID-19. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Gambar ini menunjukkan patung lilin Presiden AS Joe Biden saat diluncurkan di museum lilin Musee Grevin di Paris, Selasa (18/5/2021). Publik akan dapat menemukan presiden Amerika yang tersenyum di mana patung Donald Trump sebelumnya berdiri. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Gambar ini menunjukkan patung lilin Presiden AS Joe Biden saat diluncurkan di museum lilin Musee Grevin di Paris, Selasa (18/5/2021). Publik akan dapat menemukan presiden Amerika yang tersenyum di mana patung Donald Trump sebelumnya berdiri. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Patung lilin Presiden AS Joe Biden saat diresmikan di depan Patung lilin Presiden Prancis Emmanuel Macron di museum lilin Musee Grevin di Paris, Selasa (18/5/2021). Museum itu diperkirakan dibuka kembali pada 19 Mei 2021 setelah ditutup berbulan-bulan karena COVID-19. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)
Patung lilin Presiden AS Joe Biden di museum Grevin Prancis
Gambar ini menunjukkan patung lilin Presiden AS Joe Biden saat diresmikan di museum lilin Musee Grevin di Paris, Selasa (18/5/2021). Publik akan dapat menemukan presiden Amerika yang tersenyum di mana patung Donald Trump sebelumnya berdiri. (Christophe ARCHAMBAULT/AFP)

Harapan Terakhir Sembuh

FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong

Liputan6.com 2021-05-19 13:45:13
Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Pekerja swasta mengikuti proses vaksinasi COVID-19 saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksin yang disuntikkan dalam program Vaksinasi Gotong Royong adalah Sinovam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Petugas memeriksa tekanan darah pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Petugas memeriksa suhu tubuh pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Vaksin COVID-19 ditempatkan dalam wadah saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Petugas medis menyiapkan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan kepada pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksin yang disuntikkan dalam program Vaksinasi Gotong Royong adalah Sinovam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pekerja swasta saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Pekerja swasta disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas medis saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksin yang disuntikkan dalam program Vaksinasi Gotong Royong adalah Sinovam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Pekerja swasta disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas medis saat program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksinasi Gotong Royong memfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
FOTO: Pekerja Swasta Ikuti Program Vaksinasi Gotong Royong
Pekerja swasta menerima kartu Status Pemberian Vaksinasi saat mengikuti program Vaksinasi Gotong Royong di Sudirman Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Vaksin yang disuntikkan dalam program Vaksinasi Gotong Royong adalah Sinovam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)