Volume 24

Tragedi Paus Bungkuk Raksasa

Kejadian Langka, Paus Bungkuk Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Prancis

Liputan6.com 2021-05-28 17:29:58
Alat berat mengevakuasi seekor paus bungkuk yang terdampar di pantai Carnon dekat La Grande-Motte, Prancis selatan, Rabu (27/5/2021). Paus bungkuk sepanjang tujuh meter (23 kaki) itu dievakua

Satu kejadian langka menghebohkan warga Mediterania. Seekor paus bungkuk ditemukan mati di sebuah pantai di Prancis Selatan.

Dilansir dari Channelnewsasia, hewan sepanjang tujuh meter itu kemudian dievakuasi dari pantai di Carcnon, dekat kota tepi laut La Grande-Motte dan menjalani otopsi untuk menentukan penyebab kematiannya.

Pengunjung melihat proses evakuasi seekor paus bungkuk setelah terdampar di pantai Carnon dekat La Grande-Motte, Prancis selatan, Rabu (27/5/2021). Paus bungkuk biasanya tidak ditemukan di Laut Mediterania di mana paus sirip lebih umum. (Pascal GUYOT/AFP)

"Begitu kami tiba, dia sudah mati," kata Elodie Sene, seorang juru kunci di sebuah akuarium di kota Grau-du-Roi. "Saya belum pernah melihat yang seperti ini, ini pertama kalinya saya melihat ini di Mediterania," tambahnya.

Seekor paus bungkuk dievakuasi dengan alat berat setelah terdampar di pantai Carnon dekat La Grande-Motte, Prancis selatan, Rabu (27/5/2021). Paus bungkuk biasanya tidak ditemukan di Laut Mediterania di mana paus sirip lebih umum. (Pascal GUYOT/AFP)

Paus bungkuk biasanya tidak ditemukan di Mediterania di mana paus sirip lebih umum.

Kematian paus bungkuk menambah insiden lain dengan cetacea, istilah yang diberikan untuk semua spesies paus, lumba-lumba, dan pesut.

Alat berat mengevakuasi seekor paus bungkuk yang terdampar di pantai Carnon dekat La Grande-Motte, Prancis selatan, Rabu (27/5/2021). Paus bungkuk sepanjang tujuh meter (23 kaki) itu dievakuasi dari pantai dan harus menjalani autopsi untuk menentukan penyebab kematian. (Pascal GUYOT/AFP)

Bahkan, selama beberapa minggu perhatian terfokus pada paus abu-abu kelaparan yang hilang di Mediterania, jauh dari habitat aslinya di lautan Pasifik.

Seekor paus bungkuk dievakuasi dengan alat berat setelah terdampar di pantai Carnon dekat La Grande-Motte, Prancis , Rabu (27/5/2021). Paus sepanjang tujuh meter itu ditemukan mati di pantai sepanjang Mediterania di Prancis selatan, yang menurut para ahli merupakan insiden langka. (Pascal GUYOT/AFP)

Paus tersebut, dengan panjang sekitar delapan meter dan berusia sekitar 15 bulan, telah terlihat di lepas pantai Maroko pada bulan Maret, dan kemudian lagi di perairan Italia, pertama di dekat Napoli, lalu Roma, dan kemudian Genoa. Itu terakhir terlihat beberapa hari lalu di lepas pantai Majorca, Spanyol.

Para ahli berspekulasi bahwa paus abu-abu itu bisa saja tersesat di perjalan ke Pasifik utara dan berbelok ke timur melalui Arktik yang mencair dan berakhir di Atlantik dan kemudian Mediterania.

Ngeyelnya (Sebagian) Warga +62

Puluhan Warga Jalani Tes GeNose C19 Usai Terjaring Razia Masker

Liputan6.com 2021-05-29 19:00:53
Warga meniupkan kantong saat menjalani tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes

Puluhan orang di Sudimara Barat, Kota Tangerang yang tak menggunakan masker terjaring razia. Lalu, mereka diminta tes GeNose C19. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menskrining COVID-19 di salah satu kota di Banten itu.

Razia masker dilakukan pada 27 Mei 2021, sejumlah petugas mengarahkan warga yang berada di luar rumah tanpa menggunakan masker. Mereka yang terjaring razia ini kemudin diarahkan untuk menuju lokasi tes GeNose C19.

Petugas mengarahkan warga yang terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Mereka yang terjaring razia diminta untuk melakukan tes GeNose C19 guna mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga Sudimara Barat yang masuk dalam razia masker ini kemudian diarahkan ke lokasi pemeriksaan tes GeNose C19. Pemeriksaan ini dilakukan mengingat Kota Banten gencar menekan penularan kasus COVID-19.

Petugas menurunkan warga yang terjaring razia penggunaan masker dari kendaraan di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Mereka yang terjaring razia diminta untuk melakukan tes GeNose C19 guna mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga antre menunggu untuk menjalani tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker. Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona di wilayah tersebut.

Warga antre menunggu untuk menjalani tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona di wilayah tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Secara bergantian para warga yang tidak memakai masker tersebut untuk menerima plastik dari petugas. Lalu, mereka diminta untuk mengembuskan napas ke dalam plastik tersebut.

Petugas memberikan kantong kepada warga untuk menjalani tes GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona COVID-19 di wilayah tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga yang terjaring razia masker kemudian diminta untuk menghembuskan napas ke plastik yang sudah disediakan oleh pemerintah yakni tes GeNose C19.

Warga meniupkan kantong saat menjalani tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona di wilayah tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sesudah mendapatkan plastik, warga yang terjaring razia masker duduk dengan jarak tertentu. Lalu mengembuskan napas ke plastik tersebut.

Saat meniup udara mereka masih menggunakan masker. Lalu, secara meniupkan udara ke dalam plastik.

Warga meniupkan kantong saat menjalani tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona di wilayah tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sesudah selesai meniupkan napas ke dalam plastik lanjut dengan memberikannya kepada petugas.

Warga memberikan kantong tes deteksi COVID-19 dengan metode GeNose C19 usai terjaring razia penggunaan masker di Kelurahan Sudimara Barat, Kota Tangerang, Kamis (27/5/2021). Tes tersebut untuk menekan penyebaran corona di wilayah tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anak Negeri Bukan Jago Kandang

Bikin Bangga, Ini Deretan Produk BUMN Pertahanan yang Bersaing di Pasar Global

Liputan6.com 2021-05-26 21:00:37
Maung, Kendaraan taktis 4x4 terbaru yang diproduksi PT Pindad (Persero). (Dok Pindad)

BUMN Industri Pertahanan siap menyongsong kemandirian industri pertahanan terutama dalam pemenuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam), serta pemenuhan Alat Utama Sistem Pertahanan. Hal tersebut ditegaskan oleh Tazar Marta Kurniawan, Direktur Teknologi PT Len Industri (Persero).

Menurut Tazar yang juga ditunjuk sebagai koordinator bidang teknologi informasi BUMN Industri Pertahanan ini, BUMN Industri Pertahanan yang terdiri dari PT Len Industri (Persero), PT PINDAD (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Pal Indonesia (Persero) serta PT DAHANA (Persero) tercatat memiliki produk-produk pertahanan yang bersaing dengan produk pertahanan di pasar global.

"Di antara produk pertahanan buatan dalam negeri tersebut antara lain, Maung (Pindad), KRI Semarang (Pal Indonesia), CN 235-220 (Dirgantara Indonesia), Communication Tactical Datalink Link System/CTDLS (Len Industri) dan Bomb P Series (DAHANA)," ungkap Tazar Marta Kurniawan, dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu (26/5/2021).

Bila disimpulkan, PT Len Industri (Persero) akan fokus pada C5ISR Platform beserta MRO dan solusi integrasi 3 matra (interoperability) melalui Network Centric Warfare.

PT Pindad (Persero) memiliki fokus pada platform matra darat, MRO dan penyediaan senjata serta munisi, PT Dirgantara Indonesia (Persero) dengan fokus pada platform matra udara dan MRO, PT Pal Indonesia (Persero) dengan fokus pengembangan matra laut dan MRO, serta PT DAHANA (Persero) dengan fokus pada pengembangan produk energetic material (bahan peledak/propelan) untuk seluruh matra pertahanan.

"BUMN yang tergabung di dalam Holding Industri Pertahanan memiliki segmentasi sesuai core competency-nya masing-masing dan bersinergi satu sama lain," ungkap Tazar.


Rincian Produk Unggulan BUMN Pertahanan

1. Maung

Maung merupakan kendaraan taktis ringan 4X4 yang ditujukan untuk mendukung operasi pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit. Dengan desain yang kompak, Maung dapat bermanuver dengan gesit dan handal. Kecepatan aman Maung berada di angka 120km/jam dengan jarak tempuh 800km.

Selain itu, Maung juga dilengkapi dengan bracket senjata 7,26mm, konsol senjata SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

2. KRI Semarang

KRI Semarang, yang telah dibangun oleh PAL mulai beroperasi di perairan Indonesia dengan nahkoda dari TNI Angkatan Laut dan bermarkas di Dermarga Ujung Koarmada II Surabaya.

KRI Semarang-594 memiliki spesifikasi panjang 124,00 meter dengan lebar 21,80 meter, berat 7200 ton, dan kecepatan jelajah 14 knots, dan mampu berlayar secara endurance selama 30 hari.

"Selain itu, KRI Semarang-594 dilengkapi dengan dua unit kapal Landing Craft Utilities (LCS) yang mampu mengangkut 8 unit Anoa, 28 truk, 3 unit helikopter, serta diperkuat dengan 121 anak buah kapal dan 650 prajurit," lanjut Tazar.


3. CN235-220

Sementara itu, CN235-220 merupakan pesawat terbang keluaran PT Dirgantara Indonesia yang terbukti tangguh untuk melakukan berbagai misi khusus seperti Search and Rescue (SAR), pengawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), pencegahan dan pengontrolan pencemaran laut, pengawasan dan keamanan laut, Anti-Surface Warfare (ASuW) dan Anti-Submarine Warfare (ASW).

Dari pengalaman sebelumnya, CN235-220 dengan kemampuan penuh dapat bertahan terbang lebih dari 11 jam, sementara time on station di radius 200 NM lebih dari 9 jam.

4. Communication Tactical Datalink Link System (CTDLS)

CTDLS buatan PT Len Industri dalam sistem pertahanan modern berbasis Network Centric Warfare digunakan sebagai sarana pertukaran data taktis antar unsur atau matra, yaitu unsur laut, darat, maupun udara ke Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal).

Sistem komunikasi dilengkapi fitur keamanan anti jamming dan anti intersep berupa pengamanan enkripsi dan frekuensi hopping dengan konsep TDMA (Multi Participant unit).


5. Bom P Series

Produk berikutnya adalah Bom P Series yang terdiri dari Bom P-100L, P-250L dan P-500L, merupakan bomb yang didesain untuk dapat digunakan pada pesawat standar NATO maupun standar Rusia.

Memiliki banyak keunggulan dengan kandungan lokalnya, Bom P Series besutan DAHANA ini telah digunakan oleh TNI Angkatan Udara Republik Indonesia.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Makin Bersinar di Tengah Kelamnya Pandemi

Cerita Pekan Ini: Panggung Fenomenal The Weeknd, Si Sad Boy yang Makin Bersinar di Tengah Kelamnya Pandemi

Liputan6.com 2021-05-27 21:00:00
The Weeknd saat tampil di Super Bowl 2021 Halftime Show. (AP Photo/David J. Phillip)

Seperti banyak pesohor dunia lainnya, kehidupan asmara Abel Tesfaye alias The Weeknd kerap menghiasi judul pemberitaan. Termasuk dua mantan yang namanya mendunia: Selena Gomez dan Bella Hadid.

Konon kabarnya, terselip pesan untuk dua dara ini di sejumlah lirik dalam album terbarunya, After Hours. Sebenarnya bukan hal aneh bila seorang musikus menuangkan rasa sakit akibat hati yang ambyar ke dalam musiknya.

Yang luar biasa dari After Hours, adalah lagu-lagu berlirik patah hati ini membawa The Weeknd ke sejumlah pencapaian fenomenal dalam kariernya.

Begitu dirilis pada Maret 2020, album ini langsung jadi pembicaraan. Lagu "Blinding Lights" dan "Save Your Tears" dari album ini masuk posisi jawara di Billboard Hot 100 dan di tangga lagu berbagai negara. Tak cuma jagoan chart, The Weeknd membuktikan bahwa ia bertaji di setiap penampilannya live-nya. Bahkan pandemi Covid-19 pun tak jadi halangan untuknya.

The Weeknd di AMA 2020. (AP Photo/Chris Pizzello)

Panggung demi panggung yang dijajal The Weeknd, selalu menjadi buah bibir. Di American Music Awards misalnya, ia tampil dengan wajah diperban.

The Weeknd saat tampil di Super Bowl 2021 Halftime Show. (AP Photo/David J. Phillip)

Selanjutnya, ia tampil di Halftime Show Superbowl, kompetisi olahraga terakbar di Amerika Serikat. Meski tanpa penonton yang hadir di stadion karena pandemi Covid-19, The Weeknd tetap menghadirkan panggung megah berbentuk lanskap kota.

The Weeknd saat tampil di Super Bowl 2021 Halftime Show. (AP Photo/Ashley Landis)

Ia juga membawa puluhan penari berjas merah--ciri khasnya di era After Hours--yang mengenakan perban di wajahnya. Demi penampilan akbarnya ini, The Weeknd sampai merogoh kocek sendiri sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp 98 miliar.

Penampilan The Weeknd di Billboard Music Awards 2021. (NBC via AP)

"Kalau artis lain pakai penari latar, The Weeknd pakai mobil," begitu komentar warganet yang menyaksikan penampilan musisi 31 tahun ini di Bilboard Music Awards 2021.

Ya, publik dibuat terkesima melihat belasan mobil kap terbuka hingga truk "menari" mengikuti lantunan lagu The Weeknd, yang memenangkan 10 piala di acara tahunan ini.

The Weeknd (Instagram/ theweeknd)

Tak cuma di atas panggung, The Weeknd juga menuangkan ide artistiknya di video klip. Salah satu yang bikin heboh adalah kala ia mengenakan prosthetic dalam "Save Yourself" dan dikira telah permak wajah lewat operasi plastik.

The Weeknd saat tampil di Super Bowl 2021 Halftime Show.  (AP Photo/Mark Humphrey)

Dalam kemenangan di Billboard Music Awards, The Weeknd menjanjikan arah musik yang baru, dan mengucap selamat tinggal kepada jas merah ikonisnya.

Kira-kira di album mendatang, penampilan macam apa lagi yang bakal ia tampilkan? Kita tunggu saja, sambil kembali mendengarkan "Blinding Lights" untuk kesekian kalinya.

Si Jenius Pendeteksi Virus

Aksi Anjing Menggemaskan Endus Covid-19 dari Keringat Manusia

Liputan6.com 2021-05-29 12:00:06
Seekor anjing pelacak mengikuti pelatihan eksperimental untuk mendeteksi Covid-19 melalui keringat, di Rumah Sakit Universitas Kampus Bio-medico di Roma pada 31 Maret 2021. Alberto PIZZOLI/AF

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang terinfeksi Covid-19 mengeluarkan bau berbeda, yang mana dapat dideteksi oleh anjing yang sangat terlatih dengan tepat.

The London School of Hygiene & Tropical Medicine (LSHTM) melakukan penelitian terhadap sejumlah anjing untuk medeteksi Covid-19 melalui sampel bau atau keringat manusia. Yuk, intip aksi mereka yang pintar dan menggemaskan.

Anjing labrador retriever diberi hadiah saat tes mengendus Covid-19 dari sampel keringat di Universitas Chulalongkorn di Bangkok pada 21 Mei 2021. Ratusan sampel keringat penderita Covid-19 dikumpulkan mulai dari yang tidak bergejala sampai yang harus dirawat di rumah sakit (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Mengutip The Guardian, Sabtu (29/5/2021), penciuman anjing bisa melarutkan molekul bau dari udara dan membawanya ke reseptor penciuman di bagian atas hidung mereka.

Sebagai perbandingan, manusia hanya memiliki sekitar 5 juta reseptor penciuman, sedangkan anjing memiliki hingga 300 juta.

Anjing labrador retriever diberi hadiah saat tes mengendus Covid-19 dari sampel keringat di Universitas Chulalongkorn di Bangkok pada 21 Mei 2021. Ratusan sampel keringat penderita Covid-19 dikumpulkan mulai dari yang tidak bergejala sampai yang harus dirawat di rumah sakit (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Ditemukan bahwa anjing dapat mendeteksi Covid-19 pada pakaian yang dikenakan oleh manusia yang terinfeksi dengan sensitivitas hingga 94,3 persen.

Dalam artian, mereka akan mengidentifikasi dengan benar: 94 dari setiap 100 orang yang terinfeksi. Tes aliran lateral memiliki sensitivitas 58-77 persen dan 97,2 persen untuk uji PCR.

Bobby, anjing pelacak K9 jenis Retriever mengendus sampel keringat dalam tes mendeteksi Covid-19 di Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan di Universitas Chulalongkorn di Bangkok pada 21 Mei 2021. Penelitian dilakukan sejak awal Mei dan anjing tersebut sudah memeriksa ribuan sampel (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Yang mengejutkan, penciuman anjing mengalahkan tes PCR dari sisi kecepatan, yang mana bisa mendeteksi Covid-19 dalam waktu kurang dari satu detik.

Bobby, anjing pelacak K9 jenis Retriever, mengendus sampel keringat untuk mendeteksi Covid-19 di Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan di Universitas Chulalongkorn di Bangkok pada 21 Mei 2021. Tiga dari enam anjing labrador retriever di Thailand berhasil mendeteksi virus corona. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

"Ini termasuk orang yang tidak menunjukkan gejala dan juga orang dengan viral load rendah," kata Prof James Logan dari LSHTM, yang ikut memimpin penelitian.

Bobby, anjing pelacak K9 jenis Retriever, mengendus sampel keringat untuk mendeteksi Covid-19 di Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan di Universitas Chulalongkorn di Bangkok pada 21 Mei 2021. Tiga dari enam anjing labrador retriever di Thailand berhasil mendeteksi virus corona. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Meski akurat, anjing tidak akan pernah menggantikan tes PCR. Mereka mungkin sangat berguna di bandara untuk menyaring penumpang yang turun.

Jika anjing mencurigai ada penumpang yang terinfeksi Covid-19, dia mungkin akan digiring untuk melakukan tes PCR dan mungkin dimasukkan ke dalam karantina.

Akhir Kegembiraan yang Tragis

Terjangkit Sepulang Mudik

Liputan6.com 2021-05-30 09:26:42
Calon penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menjalani rapid test antigen COVID-19 di Terminal Pulogebang, Jakarta, Rabu (30/12/2020). Pengelola Terminal Pulogebang mewajibkan calon pen

Lebaran telah usai. Kegembiraan selama lebaran, khususnya bagi warga yang mudik, rupanya berubah muram. Kepolisian mencatat per Kamis 27 Mei 2021, 109.984 warga Ibu Kota yang kembali ke Jakarta usai berlebaran di kampung halaman, terdapat 834 orang yang reaktif terjangkit Covid-19.

Hal ini usai jajaran Polda Metro Jaya menggelar swab antigen Covid-19 di beberapa pintu masuk Jakarta seperti terminal, stasiun, dan beberapa titik lainnya.

Pemudik tiba di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (23/5/2021). Plt Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaludin mencatat hingga hari Sabtu, 22 Mei 2021, atau sepekan arus balik Lebaran, jumlah warga yang tiba di Jakarta sudah mencapai angka 27.160 orang. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"460 orang isolasi mandiri, 168 dirawat di Wisma Atlet, dan 206 lainnya dirujuk di beberapa tempat," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis (27/5/2021).

Yusri menerangkan, proses pemeriksaan kepada pemudik terus berjalan sampai 31 Mei 2021. Dia menyebut, ada 14 titik pos pemeriksaan yang didirikan untuk menyeleksi pemudik yang kembali ke Jakarta.

Warga melakukan tes usap PCR Covid-19 di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021). Sebanyak 51 orang warga di RT03/RW03 Kelurahan Cilangkap Kecamatan Cipayung positif Covid-19 yang berasal dari klaster halal bi halal saat lebaran Idul Fitri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Itu masih kita lakukan sampai tanggal 31 Mei 2021 mendatang. Jadi 14 titik ini belum diperintahkan kembali, masih melaksankan tugasnya termasuk di KM 34 sana yang paling banyak dan juga di Cikupa itu yang dari Lampung," ucap dia.

Beberapa Wilayah Jabodetabek Lockdown

Lockdown lokal di RT 003/RW 003 Kelurahan Cipayung, Jaktim dilakukan usai 80 warga setempat dinyatakan positif Covid-19.

Bantuan bahan pokok kepada pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya terlihat di pagar di RT03/RW03, Kelurahan Cilangkap, Jakarta, Jumat (21/5/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengungkapkan karantina atau lockdown lokal di kawasan tersebut akibat interaksi warga saat silaturahmi atau halalbihalal pada Lebaran 2021.

Riza mengingatkan kembali bahwa lebih baik tidak melakukan kumpul-kumpul dan membuat kegiatan berkerumun seperti halalbihalal.

"Kami sampaikan mohon jangan abaikan arahan protokol kesehatan. Terbukti bagi warga yang melakukan kunjungan silaturahmi terjadi kontak dan akhirnya terjadi penularan. Oleh karena itu, kami tetap minta untuk lebih diperhatikan lagi protokol kesehatan," ucapnya.

Di Ciracas, Jakarta Timur, 10 RT di-lockdown usai penelusuran adanya pemudik yang terpapar Covid-19.

Sebuah bambu saat menutup akses permukiman warga RT 003 RW 003, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Sebagian besar warga yang positif Covid-19 telah dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet dan sisanya menjalani isolasi mandiri (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan penyebabnya karena ada pemudik yang terlambat terindetifikasi telah terpapar virus Covid-19, sehingga menyebarkan ke warga lain.

Lockdown juga dilakukan warga RT 04/02, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan setelah 13 warganya yang mudik diketahui terjangkit Virus Corona.

Warga melakukan tes usap PCR Covid-19 di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021). Kawasan tersebut memberlakukan mikro lockdown serta tes usap PCR secara massal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di Bogor, lockdown diberlakukan di Perumahan Griya Melati, Keluraha Bubulak, Kota Bogor. 90 orang warga setempat dinyatakan positi Covid-19.

Wali Kota Bima Arya mengatakan, penyebaran di kawasan tersebut diketahui setelah salah satu anggota keluarga di sana terjangkit virus usai mudik lebaran.

Spanduk pemberlakuan mikro lockdown terlihat di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021). Kawasan tersebut memberlakukan mikro lockdown serta tes usap PCR secara massal. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Datanglah ke Sini untuk Berbahagia

Lebih Dekat dengan Taman Terapung Little Island di Atas Sungai Hudson New York

Liputan6.com 2021-05-28 11:02:00
Pemandangan 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Taman yang diresmikan pada 21 Mei 2021 untuk membahagiakan warga setel

Sungai Hudson merupakan salah satu sungai yang sangat terkenal di New York, Amerika Serikat. Di sungai itu sempat terjadi peristiwa heroik yang menggemparkan dunia.

Sungai itu jadi saksi bisu pendaratan darurat pesawat US Airways 1549 pada 15 Januari 2009. Aksi itu dilakukan pilot Chesley Burnett "Sully" Sullenberger III.

Pemandangan 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Sebanyak 132 tulip beton besar dipasang pada pilar di tepi Sungai Hudson untuk mengangkat 'Pulau Kecil'. (Angela Weiss/AFP)

Sungai ini mengalir hampir seluruhnya di dalam negara bagian, kecuali segmen terakhirnya, di mana ia membentuk batas antara New York dan New Jersey sejauh 21 mil atau 34 kilometer.

Hudson berasal dari beberapa danau kecil pascaglasial di Pegunungan Adirondack dekat Gunung Marcy sepanjang 1.629 meter, titik tertinggi di New York, dan mengalir sekitar 315 mil atau 507 km melalui bagian timur negara bagian itu, seperti dilansir dari laman Britannica.com, Kamis, 27 Mei 2021.

Pemandangan 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Sebanyak 132 tulip beton besar dipasang pada pilar di tepi Sungai Hudson untuk mengangkat 'Pulau Kecil'. (Angela Weiss/AFP)

Sungai itu dikenal oleh orang Indian Mahikan (Mohican) sebagai Muhheakunnuk "Perairan Besar yang Terus Bergerak". Sungai itu menggunakan nama orang Inggris Henry Hudson, yang menjelajahinya pada 1609.

Pemandangan 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Taman yang diresmikan pada 21 Mei 2021 untuk membahagiakan warga setelah lebih dari satu tahun pandemi tersebut menghabiskan dana sebesar USD 260 juta. (Angela Weiss/AFP)

Kini, di sungai tersebut terdapat pemandangan baru nan indah yang diberi nama Little Island atau Pulau Kecil, sebuah taman publik dan gratis bagi warga New York. Ide untuk membuat taman tersebut sudah ada sejak delapan tahun lalu.

Seorang pelari berlari melewati 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Taman yang diresmikan pada 21 Mei 2021 tersebut menghabiskan dana sebesar USD USD 260 juta. (Angela Weiss/AFP)

Perancang taman itu Thomas Heatherwick yang berbasis di London mengungkapkan kepada Architectural Digest, ia menempatkan beberapa tanaman dan pohon. Ia tak ingin tempat tersebut hanya menjadi tempat parkir mobil.

Orang-orang mengunjungi 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Sebanyak 132 tulip beton besar dipasang pada pilar di tepi Sungai Hudson untuk mengangkat 'Pulau Kecil'. (Angela Weiss/AFP)

Ia menciptakan lingkungan yang berbeda dari bagian lain Taman Sungai Hudson. Ia membuat penyangga antara taman dan jalan raya. Untuk mencapai itu, Heatherwick membuat papan jalan yang membentang di Hudson River Park dan Little Island.

Meskipun disebut Pulau Kecil, tapi taman itu memiliki luas 2,4 hektare, terdapat auditorium dengan 687 kursi dan tersedia ruang untuk pertunjukan budaya.

Orang-orang mengunjungi 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Taman yang diresmikan pada 21 Mei 2021 untuk membahagiakan warga usai lebih dari satu tahun pandemi tersebut menghabiskan dana sebesar USD 260 juta. (Angela Weiss/AFP)

Di tempat itu juga bisa dibuat panggung dengan 200 kursi yang memberi kesempatan untuk pertunjukan yang lebih intim. Secara keseluruhan, lebih dari 400 spesies pohon dan tumbuhan menciptakan lingkungan lanskap yang subur.

Orang-orang mengunjungi 'Pulau Kecil', taman umum baru dan gratis di Hudson River Park, New York City, Amerika Serikat, 21 Mei 2021. Sebanyak 132 tulip beton besar dipasang pada pilar di tepi Sungai Hudson untuk mengangkat 'Pulau Kecil'. (Angela Weiss/AFP)

Taman tersebut diharapkan bisa berfungsi dengan baik sebagai taman umum, yaitu menyatukan orang. "Di tengah semua krisis lain yang sedang kita hadapi, kita berada di dalam krisis tempat," kata Heatherwick.

Kolombia Tetap Membara

FOTO: Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok

Liputan6.com 2021-05-29 14:00:00
Pengunjuk rasa berdiri dengan perisai di sekitar barikade yang terbakar selama protes anti-pemerintah di Bogota, Kolombia (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-min
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Pengunjuk rasa berdiri dengan perisai di sekitar barikade yang terbakar selama protes anti-pemerintah di Bogota, Kolombia (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-minggu setelah pemerintah mengusulkan kenaikan pajak. (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Pengunjuk rasa antipemerintah bentrok dengan polisi di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-minggu setelah pemerintah mengusulkan kenaikan pajak pada layanan publik, bahan bakar, upah dan pensiun. (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Pengunjuk rasa berdiri dengan perisai sambil mengibarkan bendera Kolombia di sekitar barikade yang terbakar selama protes anti-pemerintah di Bogota (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-minggu setelah pemerintah mengusulkan kenaikan pajak. (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Seorang pengunjuk rasa anti-pemerintah melemparkan sekantong cat ke kendaraan polisi selama bentrokan di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Pengunjuk rasa anti-pemerintah berlindung dari meriam air polisi selama bentrokan di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-minggu setelah pemerintah mengusulkan kenaikan pajak. (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Pengunjuk rasa anti-pemerintah berdiri dengan perisai mereka selama kebuntuan dengan polisi di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). Warga Kolombia telah turun ke jalan selama berminggu-minggu setelah pemerintah mengusulkan kenaikan pajak. (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Seorang pengunjuk rasa anti-pemerintah berlari melewati awan gas air mata selama bentrokan dengan polisi di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). (AP Photo/Ivan Valencia)
Suasana Tegang di Kolombia, Pengunjuk Rasa dan Polisi Kembali Bentrok
Sebuah keluarga duduk di mobil mereka di sebuah penghalang jalan yang didirikan oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah di Madrid, di pinggiran Bogota, Kolombia (28/5/2021). (AP Photo/Ivan Valencia)

Lockdown Lagi, Lockdown Lagi

Melbourne Lockdown Lagi

Liputan6.com 2021-05-28 20:55:07
Stasiun Flinders Street hampir sepi selama jam sibuk pagi hari ketika penduduk kota kembali menjalani lockdown selama 7 hari di Melbourne, Jumat (28/5/2021). Melbourne kembali menerapkan lock

Sekitar lima juta warga Melbourne menerima kenyataan kota mereka kembali "dikunci" alias lockdown selama sepekan ke depan, terhitung sejak Jumat (28/5) dini hari waktu setempat. Ini merupakan keempat kalinya Melbourne menjalani lockdown sejak dimulainya pandemi, tahun lalu.

Pemerintah Negara Bagian Victoria memutuskan kebijakan lockdown setelah menemukan 39 kasus penularan baru covid 19. Dari 39 kasus ini terdeteksi 15.000 orang lainnya yang merupakan kontak erat dengan mereka.

Warga berlari melewati Stasiun Flinder Street yang hampir sepi selama jam sibuk pagi hari ketika pemberlakukan lockdown di Melbourne, Jumat (28/5/2021). Melbourne kembali menerapkan lockdown untuk keempat kalinya setelah wabah COVID-19 menyebar cepat di wilayah tersebut. (William WEST/AFP)

Seperti dilansir AFP, warga Melbourne hanya diperkenankan ke luar rumah untuk alasan-alasan penting. Seperti membeli kebutuhan pokok, pekerjaan resmi yang tidak bisa dilakukan di rumah, berobat, atau menerima vaksin.

Pemerintah Victoria juga menutup sekolah-sekolah. Pertemuan-pertemuan, pribadi dan publik juga dilarang. Sedangkan restoran dan kafe-kafe hanya diperkenankan menerima pesanan untuk dibawa pulang atau take away.

Petugas membersihkan gate Stasiun Flinders Street selama jam sibuk yang biasanya ramai saat pemberlakukan lockdown di Melbourne, Jumat (28/5/2021). Melbourne kembali menerapkan lockdown untuk keempat kalinya setelah wabah COVID-19 menyebar cepat di wilayah tersebut. (William WEST/AFP)

Pemerintah Victoria sendiri saat ini masih menginvestigasi penyebab melonjaknya kembali kasus positif di negeri mereka. Pemerintah juga meminta bantuan militer untuk melakukan investigasi.

Seorang pria melintasi Bourke Street Mall yang biasanya sibuk di Melbourne ketika penduduk kota kembali menjalani lockdown selama 7 hari, Jumat (28/5/2021). Melbourne kembali menerapkan lockdown untuk keempat kalinya setelah wabah COVID-19 menyebar cepat di wilayah tersebut. (William WEST/AFP)

Sebelumnya, negara bagian New South Wales juga melakukan lockdown pada awal bulan lalu. Itu dilakukan setelah ditemukan sepasang suami istri positif terinveksi virus corona covid 19.

Polisi berpatroli di Bourke Street Mall yang biasanya sibuk di Melbourne ketika penduduk kota kembali menjalani lockdown selama 7 hari, Jumat (28/5/2021). Melbourne kembali menerapkan lockdown untuk keempat kalinya setelah wabah COVID-19 menyebar cepat di wilayah tersebut. (William WEST/AFP)

Pesta 4 Juara Baru Liga Papan Atas Eropa

Pesta Para Juara Baru Liga Papan Atas Eropa

Liputan6.com 2021-05-28 15:00:34
Para pemain Lille melambai kepada para penggemar dari atas bus atap terbuka saat merayakan juara Juara Ligue 1 Prancis di Lille, Prancis utara (24/5/2021). Lille tampil sebagai juara Ligue 1

Liga-liga top Eropa musim 2020-2021 telah rampung. Menariknya dari empat liga top Eropa, Liga Inggris, Liga Italia Serie A, Liga Spanyol dan Liga Prancis Ligue 1 di musim 2020-2021 memiliki juara baru.

Dari Liga Inggris, Manchester City yang berkuasa. Sedangkan Inter Milan mengakhiri dominasi sembilan musim Juventus di Serie A Liga Italia. Kemudian Atletico Madrid menjuarai La Liga. Yang paling mengejutkan Lille meruntuhkan dominasi Paris Saint- Germain di Liga Prancis.

Para pemain Manchester City melakukan selebrasi usai menjuarai Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (24/5/2021). City menang dengan skor 5-0. (Peter Powel/Pool via AP)

Manchester City merayakan gelar juara Liga Inggris 2020-2021. Mereka mengungguli Manchester United di peringkat kedua. Sedangkan juara musim sebelumnya Liverpool ada di urutan tiga.

City tampil begitu perkasa di musim 2020- 2021. Mereka sebelumnya juga sudah juara Piala Liga Inggris dan akan bermain di final Liga Champions melawan Chelsea pada 30 Mei 2021 dinihari WIB.

Striker Manchester City, Sergio Aguero, mengangkat trofi usai menjuarai laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (24/5/2021). City menang dengan skor 5-0. (Dave Thompson/Pool/AFP)

Penyerang Manchester City Sergio Aguero memegang trofi juara Liga Inggris 2020-2021. Gelar juara Liga Inggris 2020-2021 menjadi kado perpisahan indah bagi Aguero.

Pemuda Argentina itu akan mengakhiri pengabdian di City selama 10 tahun akhir musim ini. Aguero tak memperpanjang kontraknya yang habis dan kabarnya bakal pindah ke Barcelona.

Para pemain Atletico Madrid merayakan kemenangan atas Real Valladolid pada laga Liga Spanyol di Stadion Jose Zorrilla, Sabtu (22/5/2021). Atletico Madrid menang dengan skor 2-1. (AP/Manu Fernandez)

Para pemain Atletico Madrid menerima trofi juara La Liga 2020-2021. Pasukan Diego Simeone ini juara dengan perjuangan luar biasa. Kepastian baru terjadi di pekan terakhir.

Atletico cuma unggul dua poin saja dari Real Madrid. Jika tak menang atas Real Valladolid di laga terakhir, Atletico bisa tidak juara La Liga 2020-2021.

Inter Milan merayakan gelar Scudetto Serie A 2020/2021 setelah laga terakhir kontra Udinese, Minggu (23/5/2021) di Stadion Giuseppe Meazza. (AFP/Miguel Medina)

Pemain-pemain Inter Milan berpesta pora merayakan kesuksesan menjuarai Liga Italia Serie A 2020-2021. Inter tampil begitu dominan sehingga sudah juara saat laga masih tersisa beberapa laga lagi.

Kesuksesan Inter Milan terbilang luar biasa. Mereka juara di tengah kesulitan ekonomi yang dialami pemilik klub Suning Group. Usai juara, Inter langsung ditinggal pelatih Antonio Conte.

Lille Juara Liga Prancis (AFP)

Lille menerima trofi juara Ligue 1 atau Liga Prancis 2020-2021. Lille juara secara mengejutkan dengan cuma unggul satu poin dari PSG.

Keberhasilan Lille sungguh mengejutkan. Pasalnya PSG selama ini begitu dominan dan memiliki materi bertabur bintang seperti Neymar Jr dan Kylian Mbappe.

Para pemain Bayern Munchen merayakan gelar juara usai menaklukkan Moenchengladbach pada laga Liga Jerman di Allianz Arena, Sabtu (8/5/2021). Bayern Munchen menang enam gol tanpa balas. (AP/Matthias Schrader, Pool)

Praktis satu-satunya tim yang bisa mempertahankan gelar juara dari lima liga top Eropa cuma Bayern Munchen. FC Hollywood tak terbendung di Liga Jerman atau Bundesliga.

Di klasemen akhir, Bayern Munchen unggul 13 poin dibanding Red Bull Leipzig yang berada di posisi kedua. Munchen juga begitu produktif dengan selisih gol 55.

Lemah, Rudal Israel Anti Klimaks

Jejak Rudal Israel yang Tak Meledak di Rumah Warga Palestina

Liputan6.com 2021-05-27 20:25:22
Pakar peledak Hamas saat sedang memeriksa rudal Israel yang tidak meledak setelah menghantam di sebuah rumah di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan (20/5/2021). (AFP/Said Khatib)

Pasukan Israel dan Hamas Palestina sepakat melakukan gencatan senjata. Setelah hampir sebulan saling serang, kini ditemukan ratusan peluru dan rudal tidak meledak yang jatuh di rumah-rumah warga Palestina selama agresi Israel baru-baru ini di daerah kantong yang terkepung.

Direktur Jenderal Polisi Palestina di Jalur Gaza, Mahmoud Salah mengatakan, pasukan polisi telah menetralkan hampir sekitar 300 peluru dan rudal tersebut, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (27/5/2021).

Pakar peledak Hamas saat sedang memeriksa rudal Israel yang tidak meledak setelah menghantam di sebuah rumah di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan (20/5/2021). Dari sekian banyak rudal Israel yang meluncur dan meledak di Gaza, ada beberapa rudal yang tak meledak usai menghantam sasaran. (AFP/Said Khatib

Salah mengatakan, teknisi penjinak bom masih bekerja untuk menetralkan persenjataan lain yang tidak meledak meskipun kemampuan teknis mereka terbatas.

Pakar peledak Hamas saat sedang memeriksa rudal Israel yang tidak meledak setelah menghantam di sebuah rumah di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan (20/5/2021). (AFP/Said Khatib)

Dia menambahkan, aksi Israel membom markas polisi untuk mencegah memberikan layanan pada masyarakat, "tetapi polisi tidak ragu untuk berpartisipasi dalam menghadapi pendudukan."

Pakar peledak Hamas mengeluarkan rudal Israel yang tidak meledak setelah menghantam di sebuah rumah di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan (20/5/2021). Dari sekian banyak rudal Israel yang meluncur dan meledak di Gaza, ada beberapa rudal yang tak meledak usai menghantam sasaran. (AFP/Said Khatib)

"Pendudukan (Israel) gagal total dalam menggoyahkan keamanan kami dan mengancam front internal kami, dan petugas polisi tetap teguh dalam posisi mereka, memberikan layanan kepada orang-orang kami," kata Salah, menambahkan bahwa personel polisi berkontribusi untuk "memberikan bantuan bantuan kepada orang-orang kami, dan menyediakan suasana yang sesuai untuk tim dan kru penyelamat, yang bekerja untuk melindungi nyawa dan properti warga."

Pakar peledak Hamas dibantu dengan kendaraan saat mengeluarkan rudal Israel yang tidak meledak dari sebuah rumah di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan (20/5/2021). (AFP/Said Khatib)

Salah mengatakan, sejumlah polisi Palestina tewas atau terluka saat menjalankan tugasnya selama serangan bom Israel.


Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina.

 


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lockdown Seperti Siap Perang

Aksi Tentara Sri Lanka Jaga Lockdown Naik Motor

Liputan6.com 2021-05-28 19:34:21
Tentara Sri Lanka dengan sepeda motor berpatroli di sepanjang jalan saat negara itu bersiap untuk lockdown di Kolombo, Selasa (25/5/2021). Sri Lanka bersiap menerapkan lockdown ketat selama d

Pemerintah Sri Lanka memberlakukan status lockdown akibat tingginya angka kasus Virus Corona Covid-19. Agar penerapan lockdown efektif, tentara Sri Lanka turut tangan dalam membantu pengamanannya.

Status lock down di Sri Lanka berlangsung selama dua pekan di wilayah Kolombo. Tentara nampak berpatroli untuk memastikan tidak ada warga yang berkeliaran selama lockdown.

Tentara Sri Lanka dengan sepeda motor berpatroli di sepanjang jalan saat negara itu bersiap untuk lockdown di Kolombo, Selasa (25/5/2021). Sri Lanka bersiap menerapkan lockdown ketat selama dua minggu untuk menekan penyebaran corona Covid-19. (ISHARA S. KODIKARA / AFP)

Pembatasan terpaksa diterapkan untuk menekan angka penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China, tersebut. Nampak dalam foto, tentara Sri Lanka melakukan patroli menggunakan sepeda motor.

Tentara Sri Lanka berjaga-jaga di pos pemeriksaan saat negara itu bersiap untuk lockdown di Kolombo, Selasa (25/5/2021). Sri Lanka bersiap menerapkan lockdown ketat selama dua minggu untuk menekan penyebaran corona Covid-19. (ISHARA S. KODIKARA / AFP)

Moda transportasi roda dua ini memang terkenal fleksibel dalam penggunaannya. Dengan menggunakan motor, tentara dapat dengan mudah menjangkau wilayah pemukiman yang terpencil.

Tentara Sri Lanka berjaga-jaga di pos pemeriksaan saat negara itu bersiap untuk lockdown di Kolombo, Selasa (25/5/2021). Sri Lanka bersiap menerapkan lockdown ketat selama dua minggu untuk menekan penyebaran corona Covid-19. (ISHARA S. KODIKARA / AFP)

Motor yang digunakan merupakan keluaran TVS, namun tidak diketahui jenisnya. Dari perawakannya, motor tersebut mirip dengan naked bike 150cc yang beredar di Indonesia.

Personel keamanan memeriksa kendaraan di pos pemeriksaan saat negara itu bersiap untuk lockdown di Kolombo, Selasa (25/5/2021). Sri Lanka bersiap menerapkan lockdown ketat selama dua minggu untuk menekan penyebaran corona Covid-19. (ISHARA S. KODIKARA / AFP)

Petugas yang berjaga memberhentikan kendaraan dan menanyakan kepada siapa saja yang masih berkeliaran saat lockdown. Petugas yang berpatroli juga dipersenjatai untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.


Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran