Gaun Pengantin Paling Spektakuler, Punya Siapa?

Melihat Lebih Dekat Gaun Pernikahan Putri Diana Sepanjang 7,6 Meter

Liputan6.com 2021-06-03 12:12:58
Jurnalis berdiri di samping gaun pengantin Putri Diana selama pratinjau media untuk pameran "Royal Style in the Making" di Istana Kensington di London, Rabu (2/6/2021). Pameran yang dibuka un

Gaun yang dikenakan Princess of Wales atau yang selama ini kita kenal sebagai Putri Diana pada hari pernikahannya 40 tahun silam telah dipamerkan di kediamannya, Istana Kensington. Pangeran William telah meminjamkan gaun sang ibu ke pameran, yang dimulai sebulan sebelum Putri Diana berusia 60 tahun.

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/6/2021), gaun ini dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel untuk pernikahan Juli 1981. Gaun itu menampilkan keindahan bertahtakan payet sepanjang 25 kaki (7,6 m) yang memenuhi lorong Katedral St Paul, Inggris.

Penyelenggara pameran, Royal Style in the Making mengatakan, gaun itu "sekarang di antara yang paling terkenal dalam sejarah pengantin."

Gaun itu memiliki korset pas yang dilapisi dengan panel renda Carrickmacross antik milik Queen Mary. Selain soal sejarah, itu sangat sesuai dengan mode awal 1980-an dengan lengan mengembang besar yang mampu dikecilkan dengan menarik pita dan kerutan taffeta di dalamnya.


Kantor Berita BBC Minta Maaf Soal Putri Diana

Belum lama ini, kantor berita BBC buat heboh. Pasalnya, BBC meminta maaf kepada publik terkait wawancara fenomenalnya dengan mendiang Putri Diana lebih dari 20 tahun silam. Hasil penyelidikan mengungkap adanya taktik tak pantas yang dilakukan jurnalisnya dalam proses mendapatkan wawancara dengan Putri Diana.

Wawancara mendiang Putri Diana kepada program Panorama, BBC sangat menjadi sorotan kala itu, dan kini kembali muncul ke permukaan setelah mendapat tuduhan keras lantaran kantor berita itu menggunakan cara buruk agar Putri Diana buka suara soal pernikahannya -- hal yang tak lazim diungkapkan oleh anggota kerajaan.

"BBC menutupi taktik yang digunakan jurnalis Martin Bashir untuk mengamankan wawancaranya tahun 1995 dengan Putri Diana," tulis sebuah penyelidikan independen yang dipimpin oleh Lord Dyson, mantan hakim senior di Inggris.

Dalam laporan itu juga dijelaskan bahwa Bashir memalsukan dokumen untuk mendapatkan wawancara dan kemudian berbohong kepada manajer BBC tentang hal itu.

Lord Dyson, pensiunan hakim yang memimpin penyelidikan, mengungkap taktik tak pantas yang dilakukan Bashir itu "tidak memenuhi standar integritas dan transparansi tinggi yang merupakan ciri khas BBC."

BBC mengatakan, laporan itu menunjukkan "kegagalan yang jelas" dan "Kami sangat menyesal untuk ini," seperti dikutip dari laman BBC.com.


Hal Tak Pantas

Direktur jenderal BBC, Tim Davie, mengatakan, "Meskipun laporan tersebut menyatakan bahwa Putri Diana tertarik pada gagasan wawancara dengan BBC, jelas bahwa proses untuk mengamankan wawancara tersebut jauh dari ketidakpahaman penonton yang berhak untuk tahu prosesnya."

Meskipun BBC saat ini memiliki proses dan prosedur yang jauh lebih baik, prosedur yang ada pada saat itu seharusnya mencegah wawancara dengan cara tersebut. BBC seharusnya berusaha lebih keras untuk mengungkap apa yang terjadi saat itu dan lebih transparan tentang apa yang diketahuinya.

"Meskipun BBC tidak dapat memutar balik waktu setelah seperempat abad, kami meminta maaf secara penuh dan tanpa syarat. BBC menyampaikannya hari ini."

Wawancara Putri Diana dengan Martin Bashir untuk Panorama adalah berita besar bagi BBC.

Di dalamnya, Putri Diana berkata: "Ada tiga dari kita dalam pernikahan ini."


Infografis Putri Diana

 

Artefak Kuno di Bawah Jalan Medan Merdeka

Penampakan Artefak Kuno China di Proyek MRT Fase 2A

Liputan6.com 2021-06-04 15:43:07
Artefak yang ditemukan saat pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A ditunjukkan di kawasan Monas, Jakarta, Senin (31/5/2021). Artefak-artefak itu sudah dipajang di sebuah meja etalase di ruang

Pembangunan proyek MRT Fase 2A yang membentang dari Bundaran HI hingga Kota Tua sedang berjalan. Ada hal menarik dari pembangunan proyek yang dikerjakan PT MRT Jakarta ini.

Di lokasi proyek selama proses ekskavasi, ditemukan artefak atau benda bersejarah. Puluhan artefak itu ditemukan di 14 titik penggalian sepanjang kawasan konstruksi MRT Fase 2A, yakni bawah tanah Jalan MH. Thamrin dan sebagian Jalan Medan Merdeka Barat.

Artefak yang ditemukan mulai dari tulang sendi dan gigi bovidae (hewan pemamah biak, seperti kerbau, antelop, bison).

Kemudian fragmen keramik cina, fragmen keramik Eropa, peluru, botol tembikar, hingga koin Belanda. Temuan artefak tersebut diperkirakan berasal dari abad 18 sampai 20 Masehi.

Menurut Ketua Tim Ekskavasi Pembangunan Stasiun MRT Thamrin dan Monas, Cecep Eka Permana, seperti melansir Antara, Minggu (1/6/2021), ragam artefak tersebut ditemukan dengan penggalian kedalaman 100--150 sentimeter.

Mendekati dua meter, sudah tidak ditemukan lagi artefak. Pameran artefakRagam artefak mulai dari tembikar, fragmen keramik hingga uang koin yang ditemukan pada proses ekskavasi menandakan bagaimana aktivitas perekonomian Batavia sekitar tahun 1930-an berlangsung.

Sentuhan artefak dalam pembangunan MRT ini tentunya akan menjadi daya tarik tidak hanya bagi penumpang, tetapi juga wisatawan Ibu Kota.

Hal itu pun ditangkap oleh MRT Jakarta untuk menginisiasi pembangunan pusat informasi (visitor center) di dua titik, salah satunya di kawasan Monas.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengakui jika proyek MRT Fase 2 melalui bangunan bernilai historis tinggi.

Setidaknya ada 10 lokasi bernilai historis tinggi yang akan dilewati pada rute fase 2A. Bangunan-bangunan tersebut adalah Tugu Jam Thamrin, Bundaran Bank Indonesia, Bank Indonesia Thamrin, Monumen Nasional (Monas), Museum Nasional, Menara BTN, Istana Presiden RI, Gedung Arsip Nasional, Gedung Candra Naya, serta Museum Bank Mandiri.

Dengan melibatkan para arkeolog dari universitas ternama, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung, MRT Jakarta berupaya merawat dan menjaga nilai sejarah lintasan cagar budaya selama pembangunan berlangsung.

Sebelum konstruksi dimulai, penggalian benda-benda bersejarah atau ekskavasi dilakukan selama dua bulan pada Agustus 2020 di kawasan Monas, Kebon Sirih hingga MH Thamrin.

Setidaknya 25 objek artefak tersebut kini sudah disimpan dalam sebuah meja etalase di ruang galeri visitor center yang letaknya akan berdekatan dengan akses masuk/keluar (entrance) Stasiun MRT Monas.

Namun demikian, pameran benda bersejarah untuk publik tersebut masih menunggu kebijakan dari Kawasan Monumen Nasional yang saat ini masih ditutup untuk masyarakat umum sejak pandemi COVID-19 melanda.

Ada pun pusat informasi bagi pengunjung ini tidak hanya menampilkan artefak sebagai daya tarik utama, tetapi juga seluruh informasi terkait proyek pembangunan MRT Fase 2, sehingga publik bisa mengetahui perkembangan konstruksi berlangsung.

"Apa yang bisa ditemukan di pusat informasi, semua mengenai info proyek, progres MRT Fase 2, di dalam situ bisa dilihat maketnya, ada pajangan temuan cagar budaya juga sebagai alat edukasi masyarakat," kata Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim.


Saksikan Video Ini

Transgender Kini Punya KTP

Kemendagri Layani Pembuatan E-KTP dan KK untuk Transgender, Ini Syaratnya

Liputan6.com 2021-06-03 10:32:23
ilustrasi KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan pelayanan pendataan dan perekaman E-KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk kelompok transgender. Sesuai aturan, hanya ada dua jenis kelamin yang tertera di E-KTP yakni, laki-laki atau perempuan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah menegaskan, tidak ada jenis kelamin waria atau transgender di dalam kolom jenis kelamin E-KTP dan KK. Dia juga meminta agar kelompok transgender tetap menggunakan nama asli saat menulis data kependudukan.

"Saya minta teman-teman transgender mengisi datanya secara jujur. Namanya harus nama asli, jangan diubah. Nama Bapak dan Ibu jangan diubah. Jangan menghilangkan atau mengganti nama Bapak dan Ibu karena bisa menghilangkan nasab," jelas Zudan dikutip dari siaran persnya, Kamis (3/6/2021).

Dia menekankan, pemberian E-KTP kepada kelompok transgender untuk mencegah praktik diskriminasi dalam pelayanan publik. Dengan mengantongi E-KTP dan KK, kelompok transgender bisa mengikuti berbagai program pemerintah.

"Dengan memiliki KK dan KTP el maka kaum transgender akan mudah mendapatkan pelayanan publik seperti BPJS, SIM, bantuan sosial, membuka rekening bank dan lain-lain," katanya.

Menurut dia, negara bertanggung jawab agar seluruh warga negara Indonesia (WNI) mendapatkan pelayanan administrasi induk terbaik secara cepat dan mudah tanpa diskriminasi. Sebelum kelompok transgender, Dukcapil melayani jemput bola perekaman E-KTP para penyandang disabilitas.

"Dukcapil juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial melayani perekaman KTP-el pada kelompok masyarakat adat terpencil Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi," ujar Zudan.

Zudan mengatakan bahwa negara memiliki kewajiban untuk mendata penduduk rentan administrasi. Termasuk, memberikan identitas kepada warga negara asing (WNA) yang memiliki KITAP atau kartu izin tinggal tetap.

"Bila WNA saja kita layani apalagi kaum transgender, komunitas adat terpencil, serta kaum difabel. WNI semuanya harus dilayani setara atau non-diskriminatif," ucapnya.


Dari 9 Provinsi

Direktur Pandaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil David Yama menuturkan bahwa para transgender yang telah memiliki nomor induk kependudukan (NIK) dapat langsung mencetak E-KTP dan KK. Mereka berasal dari 9 provinsi yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Papua.

"Bagi yang datanya sudah ada langsung dicetak Kartu Keluarga dan KTP-el nya," tutur David.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ramai-ramai Tinggalkan New York

Pekerja Teknologi Ramai-Ramai Tinggalkan New York Selama Pandemi, Kenapa?

Liputan6.com 2021-06-04 12:00:22
Staf Google melakukan pemogokan di kantor pusat perusahaan Inggris di London pada 1 November 2018 sebagai bagian dari kampanye global atas penanganan pelecehan seksual oleh raksasa teknologi

Banyak pekerja teknologi yang berbondong-bondong meninggalkan San Francisco dan New York, Amerika Serikat untuk menuju ke kota-kota lain selama pandemi Covid-19. Alasannya untuk mencari kota yang lebih murah.

Menurut data terbaru, sebagaimana dikutip New York Post, Jumat (4/5/2021), Austin dan Texas mengalami gelombang masuk terbesar pekerja teknologi selama pandemi, dengan 217 pekerja perangkat lunak dan teknologi informasi pindah ke kota dari 10.000 pekerja yang ada.

Nashville berada di urutan kedua dengan 154,7 pekerja ahli, diikuti oleh Charlotte, NC, dengan 145,8; Jacksonville dan Florida dengan 136; serta Denver dengan 130,4.

Kota-kota lain yang berada di 10 besar termasuk Seattle, Tampa Bay, Las Vegas, dan Dallas-Fort Worth.

Sementara Miami berada di urutan ke-11, yang mana menarik arus masuk hanya 76,6 pekerja perusahaan perangkat lunak dan teknologi informasi per 10.000 pekerja yang ada antara Mei 2020 dan April 2021. Demikian menurut data dari LinkedIn.

Beban terberat dari migrasi ini ditanggung oleh San Francisco, yang kehilangan 80,5 pekerja teknologi per 10.000. Boston kehilangan 54,4 pekerja ahli dan New York City 42,3.

Untuk diketahui, beberapa raksasa teknologi seperti Microsoft dan Twitter mengimbau karyawannya bahwa mereka dapat bekerja dari rumah selamanya.

Sementara Apple menghabiskan miliaran dolar untuk memperluas kantor di kota-kota kecil seperti Austin dan Raleigh, NC.

Tamat, Hotel Khusus Prostitusi Anak

Potret Hotel Wisma Prima, Tempat Prostitusi Anak Ditutup Permanen

Liputan6.com 2021-06-02 19:58:55
Petugas Sudin Parekraf Jakarta Barat bersama Satpol PP melakukan penyegelan Hotel Wisma Prima di Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, Senin (31/5/2021). Penutupan dilakukan menyusul pengu

Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beserta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melakukan penutupan secara permanen operasional Hotel Wisma Prima.

Hotel yang berlokasi di Taman Sari, Jakarta Barat, itu ditutup karena menjadi tempat prostitusi online anak di bawah umur.

Hotel Wisma Prima melanggar Peraturan Daerah DKI Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Hotel tersebut juga melanggar Pasal 55 Peraturan Gubernur DKI Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

Bangunan itu telah disegel oleh petugas dan petugas melarang seluruh operasional hotel.

Petugas Satpol PP juga sudah memasang stiker, garis polisi dan spanduk di depan Hotel Wisma Prima yang disaksikan para petugas kecamatan, kelurahan dan pengurus RW setempat.

Sihir Baru Harry Potter

FOTO: Antusiasme Pengunjung saat Pembukaan Toko Harry Potter Terbesar di Dunia

Liputan6.com 2021-06-04 16:00:06
Orang-orang mengantre saat toko Harry Potter Terbesar di Dunia resmi dibuka untuk umum di New York City, Kamis (3/6/2021). Sesuai namanya, penggemar bisa berburu produk yang terinspirasi nove
Orang-orang mengantre saat toko Harry Potter Terbesar di Dunia resmi dibuka untuk umum di New York City, Kamis (3/6/2021). Sesuai namanya, penggemar bisa berburu produk yang terinspirasi novel serta film Harry Potter. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang berbelanja di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Pengunjung bisa menjelajahi 15 area dengan tema berbeda, produk eksklusif, serta elemen interaktif yang mengingatkan pada dunia sihir Harry Potter. (Angela Weiss / AFP)
Merchandise Harry Potter dipajang di jendela toko ritel Harry Potter yang baru dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Toko ini memiliki tiga lantai dan berdiri di atas area seluas 20 ribu kaki persegi. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Orang-orang berbelanja di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Toko Harry Potter ini seharusnya dibuka pada tahun lalu namun ditunda karena pandemi covid-19. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang berbelanja di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Sesuai namanya, penggemar bisa berburu produk yang terinspirasi novel serta film Harry Potter. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang minum 'Butterbeer' di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Pengunjung bisa menjelajahi 15 area dengan tema berbeda, produk eksklusif, serta elemen interaktif yang mengingatkan pada dunia sihir Harry Potter. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang mengantre saat toko Harry Potter Terbesar di Dunia resmi dibuka untuk umum di New York City, Kamis (3/6/2021). Toko ini memiliki tiga lantai dan berdiri di atas area seluas 20 ribu kaki persegi. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang berbelanja di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Toko Harry Potter ini seharusnya dibuka pada tahun lalu namun ditunda karena pandemi covid-19. (Angela Weiss / AFP)
Orang-orang berbelanja di dalam toko Harry Potter Terbesar di Dunia saat resmi dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Sesuai namanya, penggemar bisa berburu produk yang terinspirasi novel serta film Harry Potter. (Angela Weiss / AFP)
Penggemar berat, Jayne Gradel berkumpul di depan toko ritel Harry Potter yang baru dibuka di New York City, Kamis (3/6/2021). Toko ini memiliki tiga lantai dan berdiri di atas area seluas 20 ribu kaki persegi. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)

Panas Sebelum Benar-Benar Memanas

Pemanasan Peserta Euro 2020 / 2021

Liputan6.com 2021-06-04 15:00:38
Striker Prancis, Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Wales dalam laga uji coba menjelang berlangsungnya Euro 2020 di Allianz Riviera Stadium, Nice, Ra

Kurang 10 hari lagi, Euro 2020 / 2021 atau Piala Eropa 2020 / 2021 akan digelar di 11 negara berbeda. 24 tim peserta makin serius mempersiapkan diri. Mereka sudah menetapkan skuat yang akan dibawa.

Setelah kerangka tim terpilih para peserta Euro 2020 atau Euro 2021 menggelar beberapa laga uji coba sejak akhir pekan kemarin. Pertandingan uji coba ini tujuannya untuk memanaskan mesin dan menyatukan para pemain.

Pemain muda Inggris Bukayo Saka mencetak gol tunggal kemenangan 1-0 The Three Lions ke gawang Austria pada laga uji coba. Saka termasuk salah satu wonderkid yang jadi andalan Inggris.

Materi pemain timnas Inggris di Euro 2020 banyak dihuni pemain-pemain muda. Selain Saka, ada Phil Foden, Reece James hingga Declan Rice.

Bek kanan timnas Inggris Trent Alexander-Arnold terpincang-pincang di akhir laga uji coba melawan Austria. Pemain Liverpool itu terkena cedera paha.

Cedera ini memaksa Alexander-Arnold melewatkan ajang Euro 2020. Pemuda 22 tahun itu dipastikan tidak akan fit bermain di Euro 2020. Timnas Inggris akan segera memanggil penggantinya.

Para pemain Timnas Prancis merayakan gol yang dicetak di laga uji coba. Mereka memanaskan mesin dengan menghadapi Wales. Tanpa kesulitan berarti Les Bleus menang 3-0.

Prancis merupakan kandidat kuat juara Euro 2020. Materi pemain tim besutan Didier Deschamps sangat mentereng. Ada Paul Pogba, Kylian Mbappe hingga Karim Benzema.

Penyerang Prancis Karim Benzema gagal mencetak gol lewat penalti saat Prancis mencukur Wales 3-0 pada laga uji coba jelang Euro 2020.

Laga melawan Wales menandai kembalinya Benzema berseragam Prancis setelah sempat dicampakkan oleh pelatih Didier Deschamps selama enam tahun.

Striker andalan timnas Belgia Romelu Lukaku berusaha melewati hadapan pemain bertahan Yunani Giorgio Tzavellas pada laga uji coba jelang Euro 2021.

Belgia belum bisa memainkan gelandang Kevin de Bruyne di laga ini. Hasilnya mereka cuma bisa bermain imbang 1-1 denan Yunani.

Gelandang Juventus Federico Bernardeschi merayakan golnya di timnas Italia saat melawan San Marino. Bernardeschi tampil ciamik di timnas Italia walau jadi cadangan abadi di Juventus.

Timnas Italia juga ikut menggelar laga uji coba. Gli Azzurri mencukur San Marino tujuh gol tanpa balas pada 29 Mei 2021 kemarin.

Spiderman di Dalam Kereta

Bukan Lawan Musuh, Aksi Spiderman Bikin Penumpang Kereta Takjub

Liputan6.com 2021-06-04 19:06:06
Penari underground yang mengenakan kostum Spiderman tampil di kereta bawah tanah Saint Petersburg, Rusia pada 21 Mei 2021. Penampilan khusus penari Rusia tersebut membuat sejumlah penumpang y

Spiderman menjadi salah satu Superhero yang memiliki banyak penggemar. Aksinya yang bergelantung di tembok dan dinding-dinding gedung demi mengalahkan musuh mampu membuat publik terkesan.

Biasanya kita hanya bisa melihat aksi Spiderman di film. Baru-baru ini, penumpang kereta bawah tanah di Saint Petersburg, Rusia, bisa menyaksikan aksi Superhero yang identik dengan jaring laba-labanya ini secara langsung.

Namun, Spiderman kali ini tidak sedang menghadapi musuh-musuhnya. Melainkan hanya menunjukkan berbagai aksi menakjubkan kepada para penumpang kereta bawah tanah.

Nyatanya aksi tersebut dilakukan para penari underground di Rusia. Seperti dilansir AFP pada 21 Mei 2021, mereka dengan sengaja mengenakan kostum Spiderman ketika menumpangi kereta bawah tanah.

Bak Spiderman sungguhan, para penari ini tampil berjungkir, melompat dan melakukan gerakan akrobatik di kabin kereta bawah tanah.

Mereka bahkan tak ragu menunjukkan gerakan tak biasa sambil bergelantung. Bahkan, mereka sesekali berinteraksi dengan para penumpang kereta bawah tanah.

Tak sedikit pula para penumpang yang mengabadikan momen langka ketika Spiderman beraksi di dalam gerbong kereta.

Kemunculan para penari yang mengenakan kostum Spiderman itu sontak membuat sejumlah penumpang yang berada di dalam subway kaget.

Meski begitu, para penumpang tampak menikmati penampilan tersebut dan merasa terhibur.

David Beckham Ikuti Jejak Elon Musk

Ketika David Beckham Kepincut Mobil Listrik Klasik

Liputan6.com 2021-06-04 18:00:03
David Beckham mengambil 10 persen saham Lunaz (Carscoops)

David Beckham tengah membangun beragam investasi di banyak perusahaan, mulai dari e-sport, ganja, dan sekarang roda empat. Kini mantan pemain Real Madrid ini memiliki 10 persen saham Lunaz, sebuah perusahaan restorasi dan elektrifikasi mobilasal Inggris.

Melansir Reuters, pemain yang identik dengan nomor punggung 7 ini, berinvestasi di Lunaz dengan spesifik kendaraan DB Ventures.

"Saya tertarik pada perusahaan melalui pekerjaan mereka memulihkan beberapa mobil klasik yang indah melalui upcycling dan elektrifikasi," ujar suami dari Victoria Adams tersebut.

David Beckham sendiri akan bergabung dengan pendiri Lunaz, dan keluarga Barclay, Reuben dan Dellal sebagai pemegang saham.

Sebagai informasi, Lunaz sendiri didirikan pada 2018 oleh David Lorenz. Perusahaan ini merekayasa ulang berbagai mobil klasik milik Rolls-Royce, Jaguar, Range Rover dan, Bentley.

Dengan dana yang diperoleh ini, perusahaan yang berbasis di Silverstones ini pasang target menyediakan 500 lapangan pekerjaan dengan keterampilan tinggi. Selain itu, dipersiapkan juga produksi pada 2024.


Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas.

 

Badut Relawan Turun Tangan

FOTO: Kala Badut Bantu Anak-Anak Mumbai Melawan COVID-19

Liputan6.com 2021-06-04 19:00:09
Relawan pekerja sosial, Ashok Kurmi mengajarkan anak-anak cara mengikuti protokol kesehatan di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona COVID-19 di daer
Relawan pekerja sosial Ashok Kurmi, berpakaian seperti badut, menyemprotkan hand sanitiser kepada anak-anak di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi Corona COVID-19 di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Relawan pekerja sosial Ashok Kurmi, mengenakan hidung badut sebelum menyebarkan kesadaran tentang COVID-19 di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Relawan pekerja sosial Ashok Kurmi melukis wajahnya sebelum menyebarkan kesadaran tentang COVID-19 di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Relawan pekerja sosial, Ashok Kurmi berinteraksi dengan anak-anak saat mendisinfeksi ruang publik di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona COVID-19 di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Relawan pekerja sosial, Ashok Kurmi dalam perjalanan memberi penyuluhan kepada anak-anak tentang protokol keamanan Covid-19 di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi COVID-19 di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tak biasa, kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP
Relawan pekerja sosial, Ashok Kurmi mengajarkan anak-anak cara mengikuti protokol kesehatan di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona COVID-19 di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)
Relawan pekerja sosial, Ashok Kurmi berinteraksi dengan anak-anak saat mendisinfeksi ruang publik di daerah kumuh Mumbai pada 2 Juni 2021. Kurmi turun tangan memerangi virus Corona COVID-19 di daerah kumuh Mumbai menggunakan aksesori yang tidak biasa, yaitu kostum badut. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP)

Kebelet Nikah Saat Pandemi

Cerita Pekan Ini: Gaya Ariana Grande dan Pesohor Dunia Nikah Kala Pandemi, di Rumah hingga Las Vegas

Liputan6.com 2021-06-03 21:00:00
Ariana Grande bagikan momen pernikahannya yang digelar di rumahnya. (Sumber: Instagram/@arianagrande)

Kondisi dunia yang masih tak menentu akibat pandemi Covid-19, tak membuat Ariana Grande mengurungkan niatnya melangsungkan pernikahan. Tak perlu pesta besar-besaran yang mengundang banyak undangan, pelantun "Thank You, Next" ini memilih menggelar momen spesial tersebut secara intim dengan keluarga dan sahabat terdekat.

Lokasi acara yang digelar 15 Mei 2021 lalu pun di rumahnya sendiri, yang terletak di Montecito, California, Amerika Serikat.

Toh, hal ini tak mengurangi kebahagiaan Ariana Grande. Lihat saja senyum lebarnya saat berada di pelukan hangat sang suami, Dalton Gomez.

Untuk gaun pengantinnya sendiri, Ariana memilih desainer kenamaan, Vera Wang.

Tak lama setelah Ariana Grande menikah, perdana menteri Inggris Boris Johnson juga mengikat janji setia dengan Carrie Johnson. Keduanya menikah pada Sabtu 29 Mei lalu di Katedral Westminster, London. Dilansir dari BBC, sesuai protokol, tamu undangan berjumlah 30 orang.

Setelah acara pernikahan, keduanya berfoto di kantor dan kediaman resmi sang Perdana Menteri, 10 Downing Street.

Seperti Ariana Grande, bintang film The Nun dan serial kondang American Horror Story, Taissa Farmiga, juga memilih untuk menikah dalam suasana intim. Janji setia sehidup semati dengan sang kekasih, Hadley Klein, dilangsungkan pada 8 Agustus 2020.

Tak semua artis memilih rumah sendiri sebagai lokasi pernikahan. Penyanyi Lily Allen dan bintang Stranger Things David Harbour, memilih untuk menikah di Las Vegas pada 9 September 2020.

Uniknya, upacara pernikahan keduanya dipimpin oleh seorang peniru Elvis Presley. Tak cuma itu, makanan di resepsi mereka adalah burger dan kentang goreng dari restoran cepat saji yang dimakan di pinggir jalan.

Las Vegas juga menjadi tujuan Tove Lo saat hendak menikah dengan sang kekasih, Charlie Twaddle. Pelantun "Habits (Stay High) ini mengenakan gaun pernikahan bergaya vintage, sementara sang suami mengenakan jas biru muda

Kalau Anda meski menunda-nunda pernikahan karena pandemi, maka senasib dengan Putri Beatrice. Pernikahannya berkali-kali diundur, hingga akhirnya jadi digelar pada 17 Juli 2020. Pernikahannya berlangsung dengan privat dan hanya mengundang sedikit tamu.

Gaun pengantinnya adalah pinjaman dari sang nenek, Ratu Elizabeth II.

Tanah Bambu dan Baju Presiden

Makna Baju Adat Tanah Bumbu yang Dipakai Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila

Liputan6.com 2021-06-01 13:11:18
Jokowi mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu saat menghadiri upacara Hari Pancasila (Foto:instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021). Upacara kali ini digelar secara virtual karena situasi pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, upacara Hari Lahir Pancasila dimulai sekitar pukul 07.50 WIB di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. Sementara Jokowi berada di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Seperti di upacara kenegaraan lainnya, Jokowi kembali memakai baju adat dari salah satu daerah di Indonesia. Kali ini, ia mengenakan baju adat dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Baju adat dengan jas tutup bewarna hitam dengan ornamen emas serta kain tenun bewarna hijau sebagai penutup kepala itu juga pernah dipakai Jokowi pada HUT Kemerdekaan ke-72 RI pada 2017 lalu. Ciri khas dari baju adat Tanah Bumbu dari Bugis Pagatan ini adalah penggunaan kain tenun Pagatan. Kain ini biasanya dipakai sebagai sarung dan juga laung atau penutup kepala.

Dilansir dari beragam sumber, makna sarung yang dipakai dalam baju adat ini adalah sebagai simbol manusia yang terampil dan pekerja keras. Sementara simbol Laung sebagai kewibawaan dan keperkasaan. Bagian dalam baju disebut teluk balana yang menjadi simbol baju nusantara yang agamis.

Sedangkan, baju bagian luar dinamakan cekak musang tanpa kancing bermakna tingginya budi pekerti dan selalu menghargai perbedaan. Celana panjang dan ikat pinggang juga punya arti khusus. Celana menjadi simbol kesetiaan, dan ikat pinggang kain mewakili simbol kesederhanaan.


Bermalam di Tanah Bumbu

Sebagai pelengkap ada ornamen emas di dada bagian kiri sebagai simbol pemimpin yang bijaksana. Jokowi tentu punya alasan lain memilih menggumakan baju adat Tanah Bmmbu.

Selain makna filosofis tadi, alasan lainnya kemungkinan karena ia pernah berkunjung ke Tanah Bumbu pada Mei 2017. Ia bahkan sempat bermalam di sana dalam rangkaian Kunjungan Kerja Lintas Nusantara setelah sebelumnya melawat ke Gampong Lhong Raya, Banda Aceh, Provinisi Aceh.

Seperti dilansir dari Antara, untuk mencapai Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Jokowi menumpang pesawat Kepresienan RJ-85 selama 20 menit perjalanan. Jokowi dan rombongan memulai kunjungan kerja di Tanah Bumbu pada 7 Mei 2017.

Pada kesempatan itu Presiden membagi-bagikan sepeda Jokowi kepada masyarakat dan pelajar. Tujuannya untuk mencanangkan kegiatan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di seluruh kota di Indonesia, termasuk di Tanah Bumbu.


Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

 


Saksikan Video Pilihan Berikut: