Volume 28

Jakarta Berpotensi Kolaps

Sehari Tembus 600 Pasien Covid-19, RSD Wisma Atlet Berpotensi Kolaps

Liputan6.com 2021-06-15 17:38:00
Tenaga kesehatan mengantarkan pasien Covid-19 ke RSD Wisma Atlet, Jakarta (30/5/2021). Berdasarkan data Penerangan Kogabwilhan mencatat hingga hari ini jumlah pasien rawat inap di Tower 4, 5

Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet naik signifikan mencapai 500-600 dalam sehari.

Hal ini berpotensi membuat RSD Wisma Atlet memasuki fase krisis atau kolaps apabila tak ada kebijakan yang lebih ketat.

"Ya kalau sehari gini terus 500 600, semua fasilitas kesehatan kolaps lah. Seminggu ini tinggi 500 (sampai) 600," kata Koordinator Humas dan Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Letkol TNI Arifin kepada Liputan6.com, Selasa (15/6/2021).

"Bisa juga kalau memang masif, nanti seminggu ke depan positivity rate-nya tinggi, harus ada kebijakan yang diambil," sambungnya.

Untuk itu, dia menyarankan pemerintah untuk mengambil kebijakan yang dapat menekan laju penyebaran Covid-19. Misalnya, dengan menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat yang diberlakukan awal pandemi.

"Kalau memang diperlukan dan merasa kondisi lapangan tidak memungkinkan dan saking banyak angka positifnya, itu rumah sakit di PIK sudah penuh. Jadi sbg indikatorlah, bisa diliat sbnrnya mana yang paling efektif," jelasnya.

Arifin mengatakan berdasarkan grafik, angka penyebaran Covid-19 cenderung turun saat PSBB ketat diberlakukan. Sebaliknya, angka kasus positif langsung melonjak naik saat PSBB mulai dikendorkan dan masa libur panjang berlangsung.


Perlu Penanganan Hulu ke Hilir

Hingga kini, kata dia, belum ada tanda-tanda pasien di Wisma Atlet akan menurun. Pasalnya, tracing atau penulusuran kontak di Puskesmas masih banyak.

"Kalau saran kami, masih macet-macet gini berarti kan ada kebijakan (PSBB ketat) itu dilaksanakan," ucapnya.

Menurut dia, kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia terjadi karena tingginya mobilitas masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan penanganan dari hulu untuk membatasi pergerakan masyarakat sehingga angka penyebaran Covid-19 berkurang.

"Kalau hulunya dikendalikan ya segera turun. Itu intinya. Tugas saya, sembuhkan pasien yang disini negatif. Kemudian yang hulu jg dikendalikan bagaimana menurunkan mobilisasi oramg. Kita nanti ketemu titik temunya, dan angka yang masuk sedikit," tutur Arifin.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

BTS Meal, yang Penting Bungkusnya

BTS Meals dan Sederet Sanksi di Sejumlah Gerai McDonald's

Liputan6.com 2021-06-12 17:11:38
Antrean ratusan ojol di gerai McDonald's untuk memesan orderan BTS Meal di Serang Banten (Liputan6.com / Yandhi Deslatama)

Promo menu BTS Meal yang menyebabkan sejumlah gerai McDonald's ramai dikunjungi di sejumlah kota di Indonesia berbuntut panjang.

Mengingat, saat ini Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19 yang seharusnya tidak boleh ada kerumunan masyarakat.

Kerumunan pengemudi ojek online saat antre mengambil pesanan di gerai cepat saji McDonald's Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). BTS Meal merupakan menu kolaborasi boyband asal Korea, BTS, dengan McDonald's yang hadir di 50 negara termasuk Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Misalnya seperti yang terjadi di Bandung, Jawa Barat. Sejumlah gerai McDonald's pun disegel aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, pihaknya menerima dan langsung menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait adanya kerumunan yang terjadi pada saat promo produk baru BTS Meal di sejumlah restoran cepat saji McD di Bandung pada Rabu 9 Juni 2021.

Adapun gerai restoran cepat saji yang berada di Kota Bandung sebanyak 12 gerai, dan 3 gerai di antaranya langsung dilakukan tindakan penyegelan. Ketiga gerai yang disegel yaitu gerai McD Buah Batu, Cibiru, dan Kopo Mas.

Sejumlah pengemudi ojek online berkerumun saat antre mengambil pesanan di gerai cepat saji McDonald's Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). BTS Meal merupakan menu kolaborasi boyband asal Korea, BTS, dengan McDonald's yang hadir di 50 negara termasuk Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Tindakan penyegelan gerai tersebut lantaran diduga melanggar protokol kesehatan (prokes). Salah satunya soal kerumunan," ujar Rasdian.

Rasdian menjelaskan, ketiga gerai melanggar Pasal 14 Peraturan Wali Kota Bandung No.37 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kelima Atas PerWali No.1 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara Proporsional dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19.

"Sanksi bukan hanya terhadap gerai yang disegel itu. Sanksi juga akan diberikan kepada gerai restoran cepat saji lainnya di Kota Bandung yang diduga telah melanggar prokes pada saat promo produk baru tersebut, yaitu dikenakan sanksi administratif berupa biaya paksa penegakan hukum," jelas Rasdian.

Sejumlah pengemudi ojek online berkerumun saat antre mengambil pesanan di gerai cepat saji McDonald's Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). Puluhan driver ojek online terlihat mengabaikan protokol kesehatan saat mengantre pesanan BTS Meal yang mulai dijual. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Satgas Covid-19 Pekanbaru menjatuhkan sanksi kepada McDonald's di Jalan Jenderal Sudirman. Restoran cepat saji ini wajib tutup selama tiga hari karena kerumunan akibat BTS Meal pada Rabu siang, 9 Juni 2021.

Asisten I Sekretariat Daerah Pekanbaru Azwan menyampaikan surat penutupan sementara itu ke pengelola pada Kamis siang, 10 Juni 2021.

"Karena kerumunan pada 9 Juni lalu, McDonald's wajib tutup 3x24 jam," kata Azwan.

Penyegelan McDonald's dengan pemasangan garis polisi oleh Satgas Covid-19 Pekanbaru karena kerumunan BTS Meal. (Liputan6.com/M Syukur)

Sejumlah gerai McDonald's (McD) di DKI Jakarta kebanjiran order menu BTS Meal hingga memicu kerumunan, pada Rabu, 9 Juni 2021. Polisi pun turun tangan untuk mencegah potensi penularan Covid-19 akibat kerumunan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah melayangkan panggilan kepada manajemen beberapa gerai McDonald's di wilayah hukumnya terkait kerumunan tersebut.

"Ada beberapa Polsek, Polres mengundang klarifikasi manajemen gerai untuk diambil keterangannya," kata Yusri, Kamis, 10 Juni 2021.

Sejumlah pengemudi ojek online berkerumun saat antre mengambil pesanan di gerai cepat saji McDonald's Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). BTS Meal merupakan menu kolaborasi boyband asal Korea, BTS, dengan McDonald's yang hadir di 50 negara termasuk Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Yusri menyampaikan, Satgas Covid-19 DKI Jakarta mengedepankan pendekatan preventif dalam mengatasi kerumunan akibat penjualan menu BTS Meal.

Yusri mengklaim Satgas Covid-19 DKI Jakarta telah menegur langsung pihak manajemen yang gerainya terjadi kerumunan orang.

"Tim satgas sudah menegur langsung bahkan ada yang disegel 1x24 jam, ada yang kita bubarkan, ada yang kita tertibkan, melihat situasional, kan tidak semuanya gerai McD itu seperti apa yang viral itu," ucap dia.

Yusri menuturkan, penegakan hukum bersifat situasional. Menurut dia, yang terpenting pihak manajemen sudah datang ke Polsek dan Polres untuk memberikan keterangan. Mereka juga sudah minta maaf dan berjanji akan memprbaiki sistem.


Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

Misteri Ledakan Beruntun

2 Kilang Besar Pertamina Kebakaran dalam Waktu 3 Bulan

Liputan6.com 2021-06-12 10:24:08
Tangkapan kamera drone kebakaran hebat yang melanda kilang minyak Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Liputan6.com/ BPBD Indramayu)

Kebakaran di kompleks kilang minyak milik Pertamina kembali terjadi. Terbaru, pada 11 Juni 2021, pada pukul 19.30 WIB, salah satu tanki di Kilang Cilacap terbakar.

Sebelumnya, kebakaran hebat juga terjadi di kilang milik Pertamina. Pada 29 Maret 2021, kilang minyak Balongan terbakar. Kejadian ini mebuat heboh masyarakat sekitar karena api membumbung tinggi.

Bahkan, kebakaran kilang Balongan ini juga menimbulkan korban. Sejumlah warga yang saat kejadian melintas, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit.

Selain itu, dari insiden kebakaran di kilang minyak VI Balongan, ada petugas Pertamina yang terluka. Plt Kasie Penyelamatan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayu, Suyanto menyebut ada 6 petugas Pertamina alami luka bakar. Namun Suyanto mengabarkan bahwa tidak ada sama sekali korban yang meninggal.

"Meninggal nggak ada, luka karena terbakar 6 orang. Mereka petugas kilang, karena ada di lokasi," kata Suyanto kepada Liputan6.com.

Usai kebakaran, kilang minyak Balongan mulai beroperasi normal lagi dalam waktu 10 hari. Akibat kejadian ini, sejumlah pihak mempertanyakan SOP Pertamina dalam pengelolaan kilang minyak. Bahkan, DPR meminta Pertamina untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh.


Kilang Cilacap Terbakar

Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 (11/06) dan penyebab kebakaran masih belum diketahui.

Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.

Pada saat terbakar, tangki di area bundwall hanya berisikan 1/3 produk Benzene atau sebanyak 1.100 barel dari kapasitas tanki 3.000 barel. Benzene adalah produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, tidak terkait dengan produk BBM atau LPG.


Warga Tak Terdampak

PT Pertamina (Persero) memastikan kondisi masyarakat di sekitar kilang aman dan tidak terdampak terkait insiden terbakarnya salah satu area tangki atau bundwall di Kilang Cilacap. Mengingat, lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari pemukiman warga.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR, Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan mengungkapkan, kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Adapun penyebab kebakaran masih belum diketahui.

"Kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Penyebab kebakaran belum diketahui," terangnya melalui siaran pers, Sabtu (12/6/2021).

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rahman memastikan kebakaran ini tidak berdampak pada masyarakat sekitar karena titik kebakaran berada jauh dari pemukiman. "Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir," ujarnya.

Wabup juga menyampaikan, tim pemadam kebakaran Pertamina Cilacap secara profesional melakukan tugasnya. "Atas nama Pemkab Cilacap kami sampaikan terima kasih Pertamina menangani semuanya secara profesional. Kapan pun dibutuhkan tim pemadam dari kabupaten juga siap diturunkan. Kami bersama TNI dan Polri siap membantu Pertamina sebagai objek vital Nasional," tegasnya.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Akhirnya Sekolah lagi

Potret Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Jakarta, Guru dan Siswa Disiplin Prokes

Liputan6.com 2021-06-12 15:30:04
Siswa mencuci tangan saat uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang di

Siswa mencuci tangan saat uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang ditetapkan sebagai tempat uji coba kegiatan belajar tatap muka tahap kedua.

Sejumlah siswa mengikuti uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi telah menjalani evaluasi (assesment) dan dinilai telah memenuhi persyaratan untuk pembelajaran tatap muka sesuai protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah siswa mengikuti uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi telah menjalani evaluasi (assesment) dan dinilai telah memenuhi persyaratan untuk pembelajaran tatap muka sesuai protokol kesehatan.

Orangtua siswa menjemput anaknya saat uji coba belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang ditetapkan sebagai tempat uji coba kegiatan belajar tatap muka tahap kedua. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Orangtua siswa menjemput anaknya saat uji coba belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang ditetapkan sebagai tempat uji coba kegiatan belajar tatap muka tahap kedua.

Para siswa bersiap melakukan uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang ditetapkan sebagai tempat uji coba kegiatan belajar tatap muka tahap kedua. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para siswa bersiap melakukan uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi menjadi salah satu dari 226 sekolah di Jakarta yang ditetapkan sebagai tempat uji coba kegiatan belajar tatap muka tahap kedua.

Sejumlah siswa saat uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi telah menjalani evaluasi (assesment) dan dinilai telah memenuhi persyaratan untuk pembelajaran tatap muka sesuai protokol kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah siswa saat uji coba kegiatan belajar tatap muka di SDN Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Rabu (9/6/2021). SDN Kenari 07/08 Pagi telah menjalani evaluasi (assesment) dan dinilai telah memenuhi persyaratan untuk pembelajaran tatap muka sesuai protokol kesehatan.

Monas Tanpa Puncak Emas

Ada Monas di Kertas Koran Bekas, Asah Kreativitas lewat Limbah Ditinggalkan

Liputan6.com 2021-06-12 07:50:33
Sugito (68) menyelesaikan pembuatan miniatur Monas dari kertas koran bekas di Bank Sampah Tri Alam Lestari, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021). Pengolahan Kertas bekas itu dikumpu

Sugito, pria berusia 68 tahun tampak fokus memasang rangkaian kertas bekas yang sudah diolah sedemikian rupa pada sebuah miniatur monas, Rabu (9/6/2021).

Disampingnya tampak lintingan koran, lemm gunting melengkapi kegiatannya. Lelaki paruh baya ini, mengolah sampah kertas koran bekas menjadi barang bernilai. Ikon Ibu Kota negara DKI Jakarta jadi pilihan.

Sugito (68) menyelesaikan pembuatan miniatur Monas dari kertas koran bekas di Bank Sampah Tri Alam Lestari, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021).  Barang kerajinan yang dibuat Sugito di antaranya tempat tisu, lampu hias, wadah buah, tatakan gelas, dan wadah air mineral. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kemampuan untuk membuat kerajinan itu Sugito dapatkan secara otodidak. Pembuka jalan tambahan penghasilan yang bisa didapat dari minat membeli para pelancong ke Jakarta.

Sugito bergabung dalam Bank Sampah Tri Alam Lestari yang berlokasi di Jakarta Selatan. Usut punya usut, bank sampah ini dikelola putri Sugito. Kerajinan yang memanfaatkan limbah kertas koran bekas hasil setoran para nasabah di bank sampah.

Sugito (68) menyelesaikan pembuatan miniatur Monas dari kertas koran bekas di Bank Sampah Tri Alam Lestari, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021). Kemampuan untuk membuat kerajinan itu ia dapat secara otodidak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bank Sampah Tri Alam Lestari, Wadah yang memanfaatkan limbah yang banyak dibuang masyarakat bisa kembali punya nilai komersil.

Tentu tak bisa sembarang orang mengerjakan buah tangan kerajinan dari sampah koran bekas ini. Butuh ketekunan dan kreativitas. Meski bila mau belajar, sejatinya semua bisa mengikuti jejak Sugito.

Nilai ekonomis tercipta lewat kreativitas. Bisa jadi alternatif tambahan penghasilan selain mengandalkan pekerjaan bergaji setiap bulannya.

Sebuah miniatur dari kertas koran bekas buatan Sugito (68) di Bank Sampah Tri Alam Lestari, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021). Sugito mengatakan usaha memanfaatkan kertas bekas menjadi berbagai kerajinan bernilai ekonomi ditekuninya sejak 2014. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tak hanya miniatur Monas, barang kerajinan yang dibuat Sugito di antaranya tempat tisu, lampu hias, wadah buah, tatakan gelas, dan wadah air mineral.

Barang-barang tersebut bisa dimiliki dari harga mulai Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu tergantung pada jenis dan ukuran.

Satu kegiatan yang bisa ditiru yang lain, bukti ikut dalam menjaga lingkungan. Maklum, sampah seakan menjadi momok masyarakat sejak lama.

Sugito (68) menyelesaikan pembuatan miniatur Monas dari kertas koran bekas di Bank Sampah Tri Alam Lestari, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (9/6/2021). Pengolahan Kertas bekas itu dikumpulkan melalui bank sampah yang dikelola putrinya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

DPR Darurat Covid-19

Anggota dan Staf di DPR Terinfeksi Covid-19 Bertambah Jadi 51 Orang, Kegiatan Parlemen Dibatasi

Liputan6.com 2021-06-18 09:04:41
Suasana Rapat Paripurna pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja menjadi UU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Fraksi Partai Demokrat dan PKS menolak pengesahan, sementa

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Indra Iskandar menyebutkan sampai hari ini, ada sekitar 51 oang terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan parlemen.

Mereka yang terkonfirmasi terdiri dari Anggota DPR, ASN, Tenaga Ahli (TA) hingga staf DPR.

"Sampai kemarin ada 46 orang positif, hari ini bertambah 5 orang," kata Indra saat dihubungi, Jumat (18/6/2021).

Indra penyebut penambahan kasus 5 orang hari ini terdiri dari 4 ASN dan 1 anggota DPR.

"Ada ASN dan anggota 1," kata dia.

Saat ini, Indra menyebut Satgas Covid-19 di DPR masih melakukan tracing (pelacakan) di lingkungan Setjen DPR.

"Belum semua yang dilaporkan pada kami, masih di-trace oleh tim Satgas," katanya.


Rincian Pegawai dan Anggota Positif Covid-19

Rincian sementara yang terkonfirmasi yakni Tenaga Ahli ada 11 orang, dari PPN terdiri dari Pamdal dan TV Parlemen ada 7 orang, dari PNS ada 21 orang, kemudian dari yang tercatat sampai hari ini Anggota DPR ada 12 orang.

Untuk mencegah penyebaran, rapat di lingkungan DPR dilakukan pengetatan dan membatasi kegiatan fisik atau bahkan penundaan rapat.

"DPR sudah memperketat akses masuk, sebagian ASN mulai bekerja dari rumah," pungkas dia.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Peristiwa Tak Terduga di Tengah Gerhana

Kelahiran Nabi Muhammad hingga Penyaliban Yesus, 5 Peristiwa Sejarah Ketika Gerhana Matahari

Liputan6.com 2021-06-08 20:10:57
Astronom Mempelajari Gerhana yang dilukis oleh Antoine Caron pada tahun 1571 (Wikipedia/Public Domain)

Gerhana matahari pertama pada 2021 bakal muncul pada Kamis 10 Juni 2021. Saat itu, Bulan hampir seluruhnya akan menghalangi matahari, hanya menyisakan cincin berapi-api atau disebut Gerhana Matahari Cincin.

Sejak zaman kuno, masyarakat di seluruh dunia sudah melihat Gerhana Matahari yang sepenuhnya tertutup oleh Bulan.

Kejadiannya hanya beberapa menit dan kerap dianggap sebagai pertanda yang menunjukkan keajaiban akan datang, murka Tuhan, atau kehancuran dinasti yang berkuasa.

Gerhana Matahari yang tercatat paling awal dijelaskan pada tablet tanah liat kuno, di Ugarit, Suriah modern. Ada banyak kejadian-kejadian tak terduga yang terjadi bersamaan dengan Gerhana Matahari.

Seperti dikutip dari laman Livescience, Selasa (8/6/2021), berikut kejadian-kejadian tak terduga tersebut:


1. Penyaliban Yesus

Injil umat Kristen mengatakan bahwa langit menjadi gelap selama berjam-jam setelah penyaliban Yesus, yang oleh para sejarawan anggap sebagai keajaiban atau pertanda masa kegelapan yang akan datang.

Sejarawan kemudian menggunakan astronomi untuk menentukan kematian Kristus berdasarkan penyebutan gerhana ini. Beberapa sejarawan mengaitkan penyaliban dengan Gerhana Matahari total yang berlangsung selama 1 menit 59 detik yang terjadi pada tahun 29 Masehi. Sementara yang lain mengatakan, gerhana total kedua, menghalangi Matahari selama 4 menit dan 6 detik, pada tahun 33 Masehi.


2. Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Al-Qur'an menyebutkan Gerhana Matahari mendahului kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sejarawan kemudian mengaitkan ini dengan gerhana total yang berlangsung 3 menit 17 detik pada 569 Masehi.

Nabi Muhammad SAW mengingatkan, meskipun matahari dan bulan adalah tanda-tanda dari Allah SWT, namun gerhana bukanlah penyebab kematian atau kelahiran siapa pun.

Selain itu, Matahari juga menghilang selama 1 menit 40 detik setelah kematian putranya Nabi Ibrahim AS.


3. Kematian Raja Henry I

Ketika Raja Henry I dari Inggris meninggal pada tahun 1133 Masehi, peristiwa tersebut bertepatan dengan Gerhana Matahari total yang berlangsung selama 4 menit 38 detik.

Dalam manuskrip "Historia Novella," William dari Malmesbury menceritakan bahwa "kegelapan yang mengerikan" menggetarkan hati manusia.

Setelah kematian, perebutan tahta melemparkan kerajaan ke dalam kekacauan dan perang saudara.


4. Pemberontakan Asyur

Pada tahun 763 SM, kerajaan Asyur, yang menduduki tempat yang sekarang disebut Irak, matahari mengalami gerhana matahari total selama 5 menit.

Catatan awal dari periode tersebut menyebutkan gerhana muncul saat ada pemberontakan di kota Asyur, yang sekarang dikenal sebagai Qal'at Sherqat di Irak.


5. Donald Trump Berulah

Pada 22 Agustus 2017, Presiden Amerika Serikat Donald Trump buat ulah. Jelas ini bukan ulah pertama yang ia buat dalam hidupnya, tetapi aturan Gerhana Matahari total mengharuskan manusia menggunakan kacamata khusus.

Dari balkon Gedung Putih, Presiden Donald Trump melakukannya dengan caranya sendiri. Mengagumi fenomena astronomi tanpa menggunakan kacamata khusus.

"Jangan lihat," teriak seorang ajudan dari kerumunan di bawah balcon. Namun upaya itu gagal untuk mengingatkan presiden agar tidak melihat langsung ke Matahari.

Target Baru Pasukan Khusus

Blusukan Tim Pemburu Covid-19 Naik Motor Bubarkan Kerumunan

Liputan6.com 2021-06-10 18:03:59
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, bersama TNI, Dishub, Satpol PP serta Pemprov DKI Jakarta saat melakukan pelepasan tim pemburu Covid-19 di Polda Metro Jaya, Senin (7/6/2021). Tim ini ber

Seiring dengan meningkatnya kasus Corona Covid-19, Polda Metro Jaya menerjunkan Tim Pemburu Covid-19. Agar bisa menjangkau wilayah terpencil dan cepat sampai lokasi, sebagian tim blusukan menggunakan kendaraan roda dua.

"Kita berkumpul untuk konsolidasi, mengingatkan kembali, mengeratkan ikat pinggang untuk bersama menghadapi peningkatan kasus Covid-19 di Wilayah DKI Jakarta," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadli Imran di Polda Metro Jaya.

Tim Pemburu Covid-19 bertugas untuk menindak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Terlebih yang menyebabkan kerumunan. "Jika ada kerumunan yang membandel, tidak mengikuti ketentuan Pergub, Perda, nanti tim penindak ini akan kita turunkan," ujar Fadil.

Agar operasi ini berjalanan maksimal, Tim Pemburu Covid-19 yang diterjunkan akan didampingi pihak TNI, Dishub, Satpol PP serta Pemprov DKI Jakarta.

Tim pemburu Covid-19 saat acara pelepasan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/6/2021). Pembentukan dan pelepasan tim pemburu Covid-19 guna membantu masyarakat serta daerah yang terdapat penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran di ibu kota DKI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tim pemburu Covid-19 yang merupakan anggota Brimob ini melindungi dirinya dengan mengenakan baju hazmat, memakai masker dan juga sarung tangan. Saat berkendara, mereka juga mengenakan helm sebagai pelindung kepala.

Tim pemburu Covid-19 saat acara pelepasan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/6/2021). Pembentukan dan pelepasan tim pemburu Covid-19 guna membantu masyarakat serta daerah yang terdapat penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran di ibu kota DKI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tim Pemburu Covid-19 menggunakan motor jenis trail. Dengan kemampuan di segala medan, motor ini diharapkan mampu menunjang dan mempermudah kerja tim.

Tim pemburu Covid-19 saat acara pelepasan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/6/2021). Pembentukan dan pelepasan tim pemburu Covid-19 guna membantu masyarakat serta daerah yang terdapat penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran di ibu kota DKI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tim Pemburu Covid-19 juga dilengkapi dengan alat penyemprot cairan desinfektan. Seperti diketahui, cairan desinfektan berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan mikroorganisme dan juga ampuh membunuh kuman.

Tim pemburu Covid-19 saat acara pelepasan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/6/2021). Pembentukan dan pelepasan tim pemburu Covid-19 guna membantu masyarakat serta daerah yang terdapat penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran di ibu kota DKI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wadah cairan desinfektan yang digendong Tim Pemburu Covid-19 tertempel stiker Polisi. Wadah ini mampu menampung beberapa liter air.

Tim pemburu Covid-19 saat acara pelepasan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/6/2021). Pembentukan dan pelepasan tim pemburu Covid-19 guna membantu masyarakat serta daerah yang terdapat penyebaran dan peningkatan kasus Covid-19 usai libur lebaran di ibu kota DKI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota Dinas Perhubungan (Dishub) bermotor turut diturunkan untuk membantu kinerja Tim Pemburu Covid-19.


Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

 

Ring of Fire di Gelapnya Langit Siang

Detik-Detik Gerhana Matahari Terjadi di Sejumlah Negara Dunia

Liputan6.com 2021-06-10 21:40:58
Siluet Patung Our Lady, Star Of The Sea saat gerhana matahari parsial di langit di Bull Wall, Dublin, Kamis (10/6/2021). Fenomena gerhana matahari cincin memperlihatkan bulan tidak sepenuhnya

Momen menakjubkan gerhana Matahari cincin atau annular Solar eclipse yang terjadi pada Kamis (10/6/2021) sore waktu Indonesia, berhasil diabadikan di sejumlah negara.

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Pada gerhana Matahari cincin, Bulan tidak sepenuhnya menutup seluruh bagian Matahari, dan bagian pinggirnya masih bercahaya. Matahari pun tampak seperti cincin terang di langit alias 'ring of fire'.

Berikut ini merupakan penampakan gerhana Matahari cincin yang terlihat di sejumlah negara:

Gerhana matahari sebagian muncul di balik awan, Arbutus, Md, Kamis (10/6/2021).  (AP Photo/Julio Cortez)

Ini merupakan fase awal gerhana Matahari yang terlihat di langit Maryland, Amerika Serikat.

Menurut NASA, di beberapa tempat, cincin di sekitar Matahari tidak terlihat, malah akan mengalami gerhana matahari sebagian.

Matahari yang mengalami gerhana sebagian muncul dari balik awan saat terbit di atas Manhattan di New York, Kamis (10/6/2021). NASA menjelaskan beberapa wilayah Bumi yang bisa melihat fenomena tersebut yakni di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara. (AP Photo/Seth Wenig)

Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, gerhana Matahari sebagian akan terlihat di sepanjang bagian Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan di Alaska Utara.

Fenomena ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya.

Siluet burung menghadap matahari saat bulan menghalangi sebagian matahari selama gerhana matahari parsial di St. Petersburg, Rusia, Kamis (10/6/2021). Gerhana Matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)

Penduduk di bagian timur Amerika Serikat dan Alaska utara akan melihat gerhana matahari parsial pada 10 Juni, bersama dengan sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara.

Di banyak lokasi ini, gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan segera setelah matahari terbit. Ini berarti bahwa pemirsa harus mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit untuk melihat gerhana.

Gerhana matahari cincin muncul di atas cakrawala Toronto, Kamis (10/6/2021). Fenomena gerhana matahari cincin jatuh pada 10 Juni 2021. Gerhana matahari cincin menjadi fenomena yang dinanti setelah gerhana Bulan total pada 26 Mei 2021 lalu.  (Frank Gunn/The Canadian Press via AP)

NASA mengungkap, hanya beberapa wilayah Bumi seperti di bagian Kanada, Greenland, dan Rusia utara yang mengalami gerhana Matahari cincin, seperti foto di atas.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

1.000 Tahun Bertahan di Septic Tank

Langka, Arkeolog Temukan Telur Ayam Berusia 1.000 Tahun

Liputan6.com 2021-06-11 14:04:52
Arkeolog menunjukkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang ditemukan selama penggalian di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Otoritas Barang Antik Israel tampak senang dengan telur ayam berus

Para arkeolog menemukan telur ayam berusia 1.000 tahun yang sangat langka. Temuan telur ayam tersebut terjadi selama penggalian baru-baru ini di pusat kota Yavne. Demikian menurut Otoritas Barang Antik Israel.

Temuan mengejutkan itu terungkap selama penggalian penyelamatan IAA, yang dilakukan menjelang pengembangan lingkungan baru, dari sebuah lubang pembuangan kuno yang berasal dari periode Islam.

Arkeolog menunjukkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang ditemukan selama penggalian di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Menurut Otoritas Barang Antik Israel, peternakan unggas dimulai sekitar 2.300 tahun yang lalu di Israel. (Emmanuel DUNAND/AFP)

Menurut siaran pers IAA, para arkeolog terkejut menemukan telur ayam yang rapuh, yang diawetkan dengan sempurna satu milenium yang lalu.

Para arkeolog dan pekerja menggali situs penggalian di mana telur ayam berusia 1.000 tahun ditemukan di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Telur ayam tersebut ditemukan di tengah-tengah kotoran manusia. (Emmanuel DUNAND/AFP)

Telur ayam tersebut ditemukan di dalam lubang pembuangan dan tertutup oleh kotoran manusia. Menurut Alla Nagorsky, seorang arkeolog dari IAA, telur tersebut dapat terawetkan dengan baik selama berabad-abad berkat kotoran manusia yang mengawetkannya.

"Bahkan hari ini, telur jarang bertahan lama di karton supermarket. Sungguh menakjubkan untuk berpikir bahwa ini adalah penemuan berusia 1.000 tahun," ujar Nagorsky.

Arkeolog menunjukkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang ditemukan selama penggalian di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Bahkan di seluruh dunia, ini adalah penemuan yang sangat langka. (Emmanuel DUNAND/AFP)

Penggalian arkeologi skala besar di daerah tersebut dipimpin oleh Elie Haddad, Liat Nadav-Ziv dan Jon Seligman. Para arkeolog sejauh ini telah menemukan kawasan industri yang luas dan beragam yang berasal dari periode Bizantium, menurut IAA.

Arkeolog menunjukkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang ditemukan selama penggalian di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Telur ayam yang hampir utuh tersebut ditemukan baru-baru ini di sebuah tangki septik. (Emmanuel DUNAND/AFP)

"Fragmen kulit telur diketahui dari periode sebelumnya, misalnya di Kota Daud dan di Caesarea dan Apollonia, tetapi karena cangkang telur yang rapuh, hampir tidak ada telur ayam utuh yang diawetkan," kata Lee Perry Gal dari IAA dalam sebuah pernyataan.

"Dalam penggalian arkeologi, kami kadang-kadang menemukan telur burung unta purba, yang cangkangnya lebih tebal menjaganya tetap utuh."

Arkeolog menunjukkan telur ayam berusia 1.000 tahun yang ditemukan selama penggalian di Kota Yavne, Israel, Rabu (9/6/2021). Otoritas Barang Antik Israel mengumumkan penemuan langka tersebut pada 9 Juni 2021. (Emmanuel DUNAND/AFP)

Menurut Perry Gall, "telurnya retak kecil di bagian bawah sehingga sebagian besar isinya bocor. Hanya sebagian dari kuning telur yang tersisa, yang diawetkan untuk analisis DNA di masa depan."

Para arkeolog tidak yakin bagaimana telur itu berakhir di lubang pembuangan, dan membayangkan bahwa mereka tidak akan pernah tahu alasan sebenarnya. Selain telur, juga ditemukan tiga boneka tulang khas periode Islam yang digunakan sebagai mainan.

Euro 2020, Bukan karena Salah Tahun

Balon Raksasa di Pesta Pembukaan Euro 2021

Liputan6.com 2021-06-12 18:53:22
Balon raksasa di pembukaan Euro 2020 (Andrew Medichini / POOL / AFP )

Euro 2020 atau Euro 2021 telah resmi dimulai pada 12 Juni 2021 dini hari WIB. Balon raksasa mewarnai pesta pembukaan yang berlangsung di kandang Italia, Stadion Olimpico, Roma. Laga pertama mempertemukan Italia dengan Turki.

Sebelum laga Italia kontra Turki, dilakukan opening ceremony yang cukup sederhana. Penyanyi kenamaan Italia Andrea Bocelli dipercaya mengisi upacara pembukaan.

Suasana Opening Ceremony dari tribun penonton yang memperlihatkan kembang api warna-warni yang menghiasi stadion kebanggan AS Roma dan juga Lazio. (Foto: AP/Pool/Andrew Medichini)

Suasana Opening Ceremony dari tribun penonton yang memperlihatkan kembang api warna-warni yang menghiasi stadion kebanggan AS Roma dan juga Lazio.

Selain Italia, Euro 2020 ini akan digelar 10 negara lainnya. Babak final berlangsung di Stadion Wembley, Inggris.

Acara pembukaan ini bisa dibilang sederhana hanya ada beberapa artis yang tampil dan juga ornamen-ornamen bendera negara peserta Euro 2020 berupa balon raksasa. (Foto: AP/Pool/Alessandra Tarantino)

Acara pembukaan ini bisa dibilang sederhana hanya ada beberapa artis yang tampil dan juga ornamen-ornamen bendera negara peserta Euro 2020 berupa balon raksasa.

Pembukaan Euro 2020 tak digelar terlalu megah karena masih dalam suasana prihatin pandemi Covid-19. Euro 2020 terpaksa tertunda setahun akibat Covid-19 yang sempat menggila di Eropa.

Hadir juga mantan pemain Timnas Italia, Francesco Totti dan Alessandro Nesta dalam ajang empat tahunan tersebut. (Foto: AP/Pool/Andrew Medichini)

Dua legenda timnas Italia Francesco Totti dan Alessandro Nesta juga hadir di upacara pembukaan Euro 2020 / 2021. Keduanya sempat dipanggil ke tengah lapangan.

Totti dan Nesta memang memiliki kedekatan dengan Stadion Olimpico. Totti merupakan mantan kapten AS Roma. Sedangkan Nesta pernah bermain di Lazio. Roma dan Lazio bermarkas di Olimpico.

Andrea Bocelli beraksi di pembukaan Euro 2020 (AP Photo/Andrew Medichini)

Penyanyi ternama Italia Andrea Bocelli tampil menghibur penonton di pembukaan Euro 2020. Opening ceremony Euro 2020 terasa sangat sederhana.

Italia dipercaya menjadi tuan rumah pembukaan ajang empat tahunan ini. Namun secara keseluruhan Euro 2020 digelar di 11 negara.

Striker Italia, Domenico Berardi (tengah) dkk. merayakan gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Alessandra Tarantino/Pool)

Pemain Italia merayakan gol gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Sabtu 12 Juni 2021 dini hari WIB.

Italia memulai Euro 2020/2021 dengan sangat baik. Pasukan Roberto Mancini berhasil mencukur Turki tiga gol tanpa balas.

Aksi Suporter timnas Italia di laga pembukaan Euro 2020. Gli Azzurri melawan Turki (Filippo MONTEFORTE / POOL / AFP)

Suporter timnas Italia bersorak gembira saat timnya menghajar Turki di laga pembukaan Euro 2020/2021. Pertandingan Euro 2020 memang sudah bisa dihadiri penonton dalam jumlah terbatas.

Saat upacara pembukaan dan laga perdana Euro 2020, Stadion Olimpico dihadiri 16.000 penonton alias 25 persen dari kapasitas stadion.

Badak Putih Mencari Jodoh

Jauh-Jauh ke Jepang, Badak Putih Ini Mencari Cinta

Liputan6.com 2021-06-13 21:49:38
Emma, badak putih betina berusia lima tahun, berdiri di Kebun Binatang Tobu, prefektur Saitama, pinggiran Tokyo pada 11 Juni 2021. Menurut rencana, badak itu seharusnya sudah pergi sejak bula

Namanya Emma, seekor badak putih betina. Ia menempuh perjalanan jauh, selama 16 jam, dari Taiwan ke Jepang, demi menemukan cinta dan pasangan.

Emma aslinya adalah penghuni Leofoo Safari Park di Taiwan. Ia terpilih dari calon 23 badak yang akan dikirim ke Jepang.

Bukan tanpa alasan badak betina itu terpilih. Kata staf kebun binatang yang merawatnya, Emma punya kepribadian lembut dan jarang berkelahi.

Emma, badak putih betina berusia lima tahun, memakan rumput di Kebun Binatang Tobu, pinggiran Tokyo pada 11 Juni 2021. Ia dipilih dari sekelompok 23 badak lainnya untuk dikirim ke Jepang karena memiliki kepribadian yang lembut dengan staf mengatakan ia

"Dia jarang berkelahi dengan badak lainnya atau merampas makanan hewan lain," kata Sean Wu, kepala dokter hewan di Leofoo Safari Park seperti dikutip dari Japan Today.

Alasan lain, ukuran Emma relatif kecil. Jadi, ia lebih mudah bepergian ke luar negeri.

Emma, badak putih betina berusia lima tahun, memakan rumput di Kebun Binatang Tobu, prefektur Saitama, pinggiran Tokyo pada 11 Juni 2021. Badak tersebut tiba pada hari Selasa 8 Juni 2021 setelah perjalanan sekitar 16 jam dari Taman Safari Leofoo di Taiwan, tempat asalnya. (Philip FONG / AFP)

Sudah lama perjalanan ini direncanakan. Harusnya Emma bertolak ke Negeri Sakura Maret lalu. Namun, rencana buyar akibat pandemi Covid-19.

"Setelah mengalami penundaan akibat virus corona, Emma, seekor badan putih selatan, tiba di kebun binatang kami pada 8 Juni malam," demikian pernyataan dari pihak Kebun Binatang Saitama Tobu, seperti dikutip dari BBC News, Minggu 13 Juni 2021.

Setelah peti yang mengangkutnya dibuka, tanpa malu-malu Emma menuju ke kandang yang telah disiapkan untuknya.


Bertemu Calon Jodoh

Di kebun binatang itu, Emma akan dipertemukan dengan calon jodohnya bernama Moran, badak jantan berusia 10 tahun.

Niat mempertemukan Emma dengan pasangannya adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan jumlah badak putih penangkaran di Asia.

Badak putih masuk kategori terancam punah, demikian menurut World Wide Fund for Nature (WWF). Jumlahnya tinggal 18 ribu di alam liar.

Manajer divisi Kebun Binatang Tobu, Yasuhiro Shimo (tengah) melihat Emma, badak putih betina berusia lima tahun di Miyashiro, pinggiran Tokyo pada 11 Juni 2021. Badak putih tersebut telah melakukan perjalanan dari Taiwan ke Jepang untuk menemukan cinta. (Philip FONG / AFP)

Perburuan jadi ancaman utama. Para pemburu mengincar cula badak untuk dipasarkan di Asia, terutama China dan Vietnam.

Cula badak diaku sebagai afrodisiak atau obat kanker. Padahal, klaim itu tidak terbukti secara ilmiah. Cula tersusun dari keratin, zat yang sama yang bisa ditemukan di kuku dan rambut manusia.

Cara Gajah Melepas Lelah

Pemandangan Unik Gajah Tidur Siang Setelah Lelah Berjalan 500 Km

Liputan6.com 2021-06-13 20:25:51
Gambar yang diambil dari video yang dirilis oleh China Central Television (CCTV) pada 7 Juni 2021 menunjukkan gajah, bagian dari kawanan yang telah mengembara 500 kilometer ke utara dari habi

Kawanan gajah tertangkap kamera sedang berbaring di atas hamparan rumput di wilayah Xiyang, Yunnan, China. Rupanya, hewan-hewan Pachydermata itu sedang tidur siang. Mereka lelah.

Sudah 15 bulan para gajah mengembara, berjalan kaki sepanjang 500 kilometer dari habitat aslinya. Saat hujan lebat memperlambat perjalanan, mereka pun memutuskan istirahat.

Pergerakannya dipantau ketat aparat keamanan. Lebih dari 410 petugas, 374 kendaraan dan 14 drone dikerahkan untuk memonitor pergerakan, saat para gajah berkeliaran di ladang, desa, juga kota.

Gajah-gajah itu dilaporkan memakan tanaman bernilai mahal hingga 6,8 juta yuan atau sekitar Rp 15 miliar, merusak bangunan, dan menghantamkan belalai mereka ke pintu-pintu dan jendela rumah warga. Suatu ketika mereka mampir ke Kunming, kota yang dihuni 3 juta manusia.

Dalam foto udara yang diambil 7 Juni 2021 ini seekor gajah yang bermigrasi beristirahat di dekat Kotapraja Xinyang di Distrik Jinning kota Kunming di Provinsi Yunnan, China barat daya. Kawanan gajah liar itu beristirahat setelah berjalan sejauh 500 km. (Yunnan Forest Fire Brigade via AP)

Rombongan gajah tertangkap kamera sedang menyusuri jalan raya yang kosong, dengan mobil-mobil yang terparkir di pinggir.

Warga yang berada di rute perjalanan pun dievakuasi. Dua ton pakan disebar agar gajah-gajah tak mendekati permukiman, termasuk nanas dan jagung kesukaan mereka.

Namun, upaya pengalihan gagal. Meski demikian, kawanan hewan itu terpantau berbalik arah, pulang ke rumah. Diduga mereka menuju ke Cagar Alam Mengyangzi di Xishuangbanna, di barat daya provinsi Yunnan.

Seperti dikutip dari BBC, ada 15 anggota dalam kawanan itu, termasuk tiga yang masih kecil. Awalnya jumlah total mereka 16, namun satu gajah jantan memisahkan diri.

Dia terpantau berada di jarah 4 kilometer dari sesamanya, demikian menurut Brigade Pemadam Kebakaran Hutan Yunnan yang bertugas memonitor para gajah.


Mengapa Para Gajah Pergi?

Tingkah polah para gajah bikin ahli dan otoritas satwa liar bingung. Mengapa hewan-hewan ini memutuskan pergi?

Sejumlah pihak menduga, itu gara-gara pemimpin yang tak becus, kurang pengalaman, yang justru menyesatkan kawanannya. Ada lagi yang meyakini hewan-hewan itu sedang mencari habitat baru.

Pengembaraan para gajah kali pertama terpantau pada Maret 2020. Menurut Xinhua, pada November 2020, para gajah tiba di Pu'er, Yunnan di mana salah satu betina melahirkan. Di sana mereka menetap lima bulan sebelum akhirnya kembali mengembara pada 16 April 2021.

Dalam foto udara yang diambil 7 Juni 2021 ini sekawanan gajah yang bermigrasi beristirahat di dekat Kotapraja Xinyang di Distrik Jinning kota Kunming di Provinsi Yunnan, China barat daya. Kawanan gajah liar itu beristirahat setelah berjalan sejauh 500 km. (Yunnan Forest Fire Brigade via AP)

Gajah Asia, seperti halnya rombongan pengembara itu, adalah spesies yang terancam punah. Jumlahnya hanya sekitar 300 di China, mayoritas di selatan provinsi Yunnan.

Para ilmuwan mengatakan, 500 kilometer adalah pengembaraan gajah liar terjauh dari habitatnya.

Tingkah Polah Bocah-Bocah Bangsawan

Cerita Pekan Ini: Kiyutnya Cicit-Cicit Ratu Elizabeth II dalam Sorotan Kamera, Saat Ngambek hingga Jumpalitan

Liputan6.com 2021-06-10 21:00:15
Pangeran Louis dan Kate Middleton. (Foto oleh Matt Porteous via Instagram @ dukeandduchessofcambridge https://www.instagram.com/p/BxqMjT4HnGs/)

Kelahiran Lilibet Diana pada 4 Juni 2020 lalu, menambah panjang daftar cicit-cicit Ratu Elizabeth II. Di usia 95 tahun, ibunda Pangeran Charles kini telah memiliki 11 cicit.

Lahirnya putri Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat publik penasaran, siapa saja kesebelas cicit dari sang Ratu. Namun sayang, tak banyak momen yang memperlihatkan para bangsawan cilik ini saat sedang bersama.

Salah satu foto langka keberadaan mereka, dibagikan dalam suasana duka kepergian Pangeran Philip untuk selamanya pada 9 April lalu.

Potret kenangan Pangeran Philip semasa hidup bersama Ratu Elizabeth II dan ketujuh cicit mereka. (dok. Instagram @  kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CNqNDq9FmXf/)

Di foto lawas ini, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip berfoto bersama ketujuh cicit mereka. Mereka adalah Pangeran George, Putri Charlotte, Pangeran Louis, Lena dan Mia Tindall, serta Savannah dan Isla Phillips.

Di antara para cicitnya ini, anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton yang paling sering disorot kamera.

Pangeran George dan Putri Charlotte berlarian di atas rumput saat menghadiri acara amal Maserati Royal Charity Polo Trophy untuk mendukung sang ayah, Pangeran William yang bertanding di Beaufort Polo Club, Gloucestershire, Minggu (10/6). (AP Photo)

Tak cuma dalam acara kenegaraan yang formal, kadang tingkah polos mereka layaknya anak-anak biasa juga diabadikan fotografer.

Putri Charlotte melakukan jungkir balik saat menghadiri acara amal bertajuk Maserati Royal Charity Polo Trophy di Beaufort Polo Club, Gloucestershire, Minggu (10/6). Charlotte terlihat lucu dan menggemaskan dalam balutan floral dress warna pink (AP Photo)

Termasuk saat Putri Charlotte melakukan aksi jumpalitan dengan kacamata hitam dan dress pink yang imut.

Kate Middleton berusaha menggendong anaknya, Putri Charlotte, yang merajuk dalam kunjungan mereka ke Pabrik Airbus di Hamburg, 21 Juli 2017. Putri Charlotte mendadak merajuk dan enggan naik helikopter di pabrik pesawat terbang itu. (Patrik STOLLARZ / AFP)

Namanya juga anak kecil, ada kalanya Putri Charlotte ngambek. Salah satunya terlihat saat ia ikut orangtuanya mengunjungi Pabrik Airbus di Hamburg, 21 Juli 2017. Si putri kecil rupanya ogah naik helikopter.

Oalah...

Pangeran George mengusap matanya sambil menggenggam tangan sang ayah, Pangeran William setibanya di Bandara Tegel, Berlin, Rabu (19/7). George ikut dalam tur keluarga kerajaan Inggris bersama Pangeran William dan Kate Middleton. (Kay Nietfeld/dpa via AP)

Ada juga momen saat Pangeran George ngantuk setibanya di Berlin dalam kunjungan tahun 2017 tersebut.

Kate Middleton rilis series foto memperlihatkan Pangeran William dan ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. (dok. Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/CBs47LKlPig/)

Pangeran William dan Kate Middleton sendiri beberapa kali mengunggah foto keluarga mereka yang kasual, dan membumi. Salah satunya saat pewaris takhta Kerajaan Inggris urutan kedua ini tengah bergulat dengan ketiga anaknya.

Pangeran Louis. (Instagram/ dukeandduchessofcambridge -  https://www.instagram.com/p/B_UHBjUl963/)

Banyak foto yang dibagikan terasa intim dan personal, karena diambil sendiri oleh Kate Middleton. Coba lihat, ekspresi Pangeran Louis dengan wajah cemong ini, tak terlihat dibuat-buat, kan!

Kartu Natal 2019 pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang juga memperlihatkan anak mereka, Archie Harrison. (dok. Twitter @queenscomtrust)

Di sisi lain, Archie belakangan memang tak begitu banyak dipotret oleh juru kamera. Apalagi Pangeran Harry dan Meghan Markle memang telah mundur dari tugas kerajaan.

Namun terlihat dari kartu Natal tahun 2019, Archie tampak tak kalah imut dari sepupu-sepupunya, kan!