Volume 29

Mati Suri di Rumput Hijau

Kala Christian Eriksen Mati Suri di Rumput Hijau

Liputan6.com 2021-06-18 22:00:35
Gelandang Finlandia, Robin Lod (kanan) memberi isyarat kepada paramedis saat bek Denmark, Simon Kjaer (kiri) berlari ke arah rekan setimnya, Christian Eriksen yang pingsan di lapangan pada la

Euro 2020 / 2021 hampir memakan korban jiwa. Gelandang timnas Denmark Christian Eriksen tersungkur tak sadarkan diri di lapangan akibat serangan jantung saat berlaga melawan Islandia pada 12 Juni 2021.

Beruntung nyawa Eriksen terselamatkan meski sempat mati suri di lapangan. Kesigapan rekan setim dan tim medis membuat pemain Inter Milan itu sadarkan diri. Namun kelanjutan karier sepak bola Eriksen terancam.

"Dia meninggal. Itu serangan jantung. Kami segera melakukan CPR. Kami mendapatkannya kembali setelah satu defibrilasi (kejut listrik pada jantung)," ungkap kepala tim dokter yang menangani Eriksen, Martin Boasen.

Gelandang Denmark, Christian Eriksen tergeletak di tanah setelah pingsan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Copenhagen, Sabtu (12/6/2021). Eriksen tiba-tiba terjatuh dan kehilangan kesadaran saat hendak menyambut lemparan ke dalam. (Friedemann Vogel/Pool via AP)

Tim medis Denmark bekerja keras menyelamatkan nyawa Christian Eriksen saat tersungkur di laga Euro 2020 melawan Islandia. Kapten Simon Kjaer sangat berperan dalam penanganan awal Eriksen.

Kjaer menarik lidah Eriksen sebelum tim medis masuk ke lapangan. Aksi Kjaer ini sangat vital menyelamatkan nyawa Eriksen.

Pemain Denmark mengelilingi tim medis yang tengah merawat Christian Eriksen pada laga melawan Finlandia di Euro 2020, Sabtu (12/6/2021). (AFP/Wolfgang Rattay)

Para pemain timnas Denmark sesuai arahan kapten tim Simon Kjaer berdiri mengelilingi Eriksen yang sedang mendapat perawatan dari tim medis di lapangan usai tersungkur akibat serangan jantung.

Aksi ini dilakukan agar Eriksen terhindar dari jepretan kamera media maupun fans yang menyaksikan langsung di stadion. Kejadian tragis ini dinilai tak layak untuk disebarluaskan di media sosial.

Bendera Finlandia juga menjadi salah satu pahlwan bagi Eriksen. Bendera yang diberikan oleh salah satu suporter Finladia itu berjasa untuk menutupi keadaan Eriksen yang terkulai lemas dari seisi Stadion Parken. (Foto: AFP/Pool/Jonathan Nackstrand)

Pemain Denmark Christian Eriksen ditutupi kain putih saat mendapat perawatan medis di lapangan. Eriksen sempat mati suri setelah terkena serangan jantung.

Akibat kejadian ini belum diketahui apakah Eriksen akan bisa bermain sepak bola lagi. Beberapa pemain harus pensiun dini karena sakit jantung.

Pemain Denmark, Kasper Schmeichel (kanan) dan Simon Kjaer (tengah) menghibur Sabrina Kvist Jensen, kekasih gelandang Denmark, Christian Eriksen setelah pingsan di lapangan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Copenhagen, Sabtu (12/6/2021). (WOLFGANG RATTAY/AFP/POOL)

Kekasih Christian Eriksen, Sabrina Kvist Jensen, sangat panik melihat insiden yang dialami pemain Inter Milan itu. Sabrina sempat ingin masuk ke dalam lapangan menghampiri Eriksen.

Sabrina ditenangkan oleh kapten Denmark Simon Kjaer dan penjaga gawang Kasper Schmeichel. Kjaer menuai pujian karena begitu sigap menghadapi insiden Eriksen.

Kabar baik datang dari kondisi Christian Eriksen. Dokter yang menangani Eriksen mengindikasikan kondisi sang playmaker sudah membaik bahkan saat Eriksen dibawa keluar lapangan. (Foto: AP/Pool/Friedemann Vogel)

Paramedis menandu Christian Eriksen keluar dari lapangan setelah pingsan pada laga Denmark vs Finlandia di Grup B Euro 2020 di Parken Stadium, Sabtu 12 Juni 2021. Eriksen tiba-tiba terjatuh dan kehilangan kesadaran saat hendak menyambut lemparan ke dalam.

"Terima kasih, saya tidak akan menyerah," begitu komentar pertama Eriksen. Dia dipastikan tidak akan bisa bermain lagi di sisa Euro 2020. Timnas De Mar juga ikut terpengaruh. Tanpa Eriksen, mereka terpuruk di perhelatan yang digelar pada Juni-Juli 2021 ini.

Orang-orang menulis harapan baik pada mural untuk gelandang timnas Denmark Christian Eriksen di dinding fanzone di Kopenhagen, Senin (14/6/2021). Eriksen mengalami serangan jantung dan sempat tak sadarkan diri saat memperkuat timnas Denmark vs Finlandia di Euro 2020. (AP Photo/Martin Meissner)

Orang-orang menulis dukungan pada mural untuk gelandang timnas Denmark Christian Eriksen di dinding fanzone di Kopenhagen, Senin 14 Juni 2021. Eriksen mengalami serangan jantung dan sempat tak sadarkan diri saat memperkuat timnas Denmark vs Finlandia di Euro 2020.

Kejadiannya memilukan yang menimpa Eriksen di laga Denmark melawan Islandia membuat banyak pihak bersimpati. Fans tim lawan juga ikut bersedih.

Ada momen menarik pada laga Denmark kontra Belgia pada pertandingan kedua Grup B Piala Eropa 2020. Jersey Christian Eriksen berukuran raksasa dibentangkan di tengah lapangan pada laga tersebut. (Hannah McKay/Pool via AP)

Jersey raksasa untuk mendukung bintang timnas Denmark, Christian Eriksen ditampilkan menjelang laga grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis 17 Juni 2021. Duel Denmark vs Belgia berhenti sejenak pada menit ke-10 untuk memberi penghormatan kepada Eriksen.

Timnas Belgia sangat prihatin dengan kejadian yang dialami Christian Eriksen. Belgia yang menjadi lawan kedua Denmark di Euro 2020 memberikan penghormatan untuk Eriksen.

Mobil yang Tertelan Bumi

Mobil Parkir Tiba-Tiba Ditelan Bumi, Videonya Viral

Liputan6.com 2021-06-15 13:04:34
Mobil terperosok ke tanah berlubang (India Today)

Kejadian tak mengenakan menimpa pemilik mobil di Ghatkopar, Mumbai, India. Mobilnya yang tengah diparkir tiba-tiba ditelan bumi. Sontak peristiwa yang terjadi pada Minggu 13 Juni 2021 viral di media sosial.

Mengutip India Today, kejadian ini bermula saat mobil nahas tersebut diparkir. Sementara itu, area parkir tersebut dulunya adalah sumur dengan kedalaman 50 kaki.

Menurut kesaksian warga, umur tersebut telah berusia hampir 100 tahun. Karena hendak dipakai sebagai lahan parkir, alhasil sumur itu ditutup menggunakan beton bertulang.

Sayangnya saat kejadian beton bertulang itu hanyut karena hujan lebat yang melanda Mumbai. Alhasil sumur terbuka kembali dan membuat mobil tenggelam.

Setelah mendapatkan laporan atas insiden itu, pejabat Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) bekerjasama dengan pemadam kebakaran, polisi, dan penduduk setempat untuk menarik mobil nahas tadi keluar. Dengan bantuan derek, mobil tersebut berhasil diangkat setelah 12 jam tenggelam.

"Tidak ada yang tewas atau terluka dalam insiden itu karena tidak ada orang di dalam mobil. Dalam hubungan ini, pekerjaan pengambilan air sedang dikoordinasikan oleh kantor departemen terkait dari Perusahaan Kota," kata BMC dalam sebuah pernyataan.


Pemilik Mobil Merekam Kejadian

Sementara itu, pemilik mobil nahas tersebut adalah Pankaj Mehta. Saat kejadian ia bergegas keluar dari mobil dan merekamnya. Kejadiannya begitu cepat hingga ia tak bisa berbuat apa-apa.

"Anak-anak mulai berteriak bahwa mobil itu akan turun. Saya segera turun, mobil itu setengah di dalam sumur. Saya mengambil gambar," katanya kepada India Today TV.

"Sebelum saya bisa berbuat apa-apa, mobil itu terendam air di depan mata saya," kata Pankaj Mehta lagi.

Sumber: Otosia.com


Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

 

Musuh Baru Israel

Israel Desak Dunia Waspadai Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi, Menuduhnya Ekstremis

Liputan6.com 2021-06-20 14:00:01
Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)

Israel mengatakan komunitas internasional harus khawatir dengan presiden Iran yang baru dilantik, Ebrahim Raisi.

Juru bicara kementerian luar negeri Israel, Lior Haiat, mengatakan, Raisi adalah presiden Iran yang paling ekstremis, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (20/6/2021).

Dia juga memperingatkan, pemimpin baru Persia itu akan meningkatkan kegiatan nuklir Iran, yang bukan untuk tujuan damai.

Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran pada Sabtu 19 Juni 2021, dalam pemilu yang secara luas dipandang 'dirancang' untuk mendukungnya.

Raisi, yang akan dilantik pada bulan Agustus 2021, adalah hakim top Iran dan memiliki pandangan ultra-konservatif. Dia berada masuk daftar sanksi AS dan dikaitkan dengan eksekusi tahanan politik pada masa lalu.

Dalam sebuah pernyataan menyusul kemenangannya, ia berjanji untuk memperkuat kepercayaan publik kepada pemerintah, dan menjadi pemimpin bagi seluruh bangsa.

"Saya akan membentuk pemerintahan yang bekerja keras, revolusioner, dan anti-korupsi," kata dia seperti dimuat kantor berita Iran.

Namun dalam utas Twitter, Jubir Kemlu Israel Lior Haiat mengatakan, Raisi adalah "tokoh ekstremis, yang berkomitmen menggenjot program nuklir militer Iran".


Ketegangan Iran-Israel

Iran dan Israel tidak berperang secara fisik. Tapi kedua negara sudah lama berkonflik dan selalu tegang. Namun, baru-baru ini, eskalasi permusuhan antara keduanya melonjak.

Situasinya kompleks, tetapi salah satu pemicu ketegangan adalah kegiatan nuklir Iran.

Iran menyalahkan Israel atas pembunuhan ilmuwan nuklir topnya tahun lalu dan serangan terhadap salah satu pabrik pengayaan uraniumnya pada bulan April.

Sementara itu, Israel tidak percaya bahwa program nuklir Iran murni damai, dan yakin bahwa Negeri Syiah itu sedang berupaya membangun senjata nuklir.

Kesepakatan nuklir Iran 2015, di mana sanksi keras dicabut terhadap Iran selama menghentikan beberapa kegiatan nuklir, runtuh ketika mantan Presiden AS Donald Trump meninggalkan kesepakatan itu pada 2018, dan kembali memberlakukan sanksi ekonomi yang melumpuhkan Tehran. Pemerintahan Biden sekarang sedang untuk kembali ke kesepakatan.

Menanggapi sanksi yang diperketat, Iran meningkatkan kegiatan nuklirnya, dan saat ini telah memperkaya uranium pada tingkat tertinggi yang pernah ada -- meskipun belum memenuhi syarat untuk membuat senjata kelas nuklir.


Disukai Ayatollah Ali Khamenei

Ebrahim Raisi yang kini berusia 60 tahun itu bakal menggantikan posisi presiden sebelumnya Hassan Rouhani, pemimpin Iran ke-7 yang menjabat sejak 3 Agustus 2013.

Kepala peradilan Iran yang dikenal karena perannya dalam eksekusi massal ribuan tahanan pada akhir 1980-an, sangat diunggulkan untuk memenangkan pemilihan presiden Iran sejak awal.

Mengutip Al Monitor, Ebrahim Raisi disebutkan lahir pada tahun 1960 di sebuah desa kecil dekat kota suci Masyhad, yang merupakan kota terbesar kedua di Iran.

Sebagai seorang remaja, ia memasuki sebuah seminari di Qom, di mana ia belajar di bawah Khamenei dan berpartisipasi dalam protes terhadap Shah.

Karir peradilannya dimulai pada 1981 ketika Raisi diangkat menjadi jaksa Kota Karaj, dan pada 1985 ia menjadi wakil jaksa di Teheran.

Menyusul berakhirnya perang Iran-Irak pada tahun 1988, Pemimpin Tertinggi saat itu Ruhollah Khomeini menunjuk Raisi ke "komisi kematian" yang membantu memfasilitasi pembersihan para pembangkang.

Amnesty International memperkirakan lebih dari 5.000 tahanan, mayoritas dari mereka berafiliasi dengan kelompok pembangkang Mujahidin Rakyat Iran, tewas di 32 kota.

Pada tahun 2009, ia membela eksekusi selusin orang yang ambil bagian dalam protes setelah terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Ebrahim Raisi telah memegang beberapa posisi yudisial tingkat tinggi, termasuk menjabat sebagai jaksa agung Iran. Pada 2016, Khamenei menunjuk Raisi sebagai penjaga Astan Quds Razavi, yayasan berkantong tebal yang mengelola tempat suci Imam Reza di Masyhad.

Ulama konservatif itu meraih hampir 16 juta suara selama pemilihan presiden 2017, tetapi kalah telak dari Presiden Hassan Rouhani.

New York Post menyebut, Raisi adalah ulama garis keras yang disukai oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan telah dilihat sebagai calon penggantinya. Dia memiliki catatan pelanggaran berat hak asasi manusia, termasuk tuduhan memainkan peran dalam eksekusi massal lawan politik pada tahun 1988, dan saat ini berada di bawah sanksi Amerika Serikat.

Duit Haram Artis Hollywood

Duit Haram 1MDB di Hollywood

Liputan6.com 2021-06-20 06:50:47
Ilustrasi skandal 1MDB Malaysia (AFP PHOTO/Manan Vatsyayana)

1Malaysia Development Berhad atau 1MDB, yang digadang-gadang akan membawa manfaat besar bagi seluruh rakyat Malaysia, justru menjelma jadi salah satu skandal korupsi terbesar di dunia.

Duit miliaran dolar lenyap dalam labirin sistem keuangan global yang pelik, lalu mendarat di kantong segelintir orang.

Sebagian dipakai untuk membeli properti mewah, yacht, pesawat pribadi, perhiasan mahal, lukisan para maestro seperti Van Gogh dan Monet, mendanai sejumlah film Hollywood, menggelar pesta pora, dihabiskan di meja judi, dan untuk membayar para selebritas ternama. Salah satunya dibayar mahal hanya untuk muncul tiba-tiba dari dalam kue ulang tahun.

"Sejumlah pejabat korup memperlakukan dana publik ini sebagai akun bank pribadi," kata Jaksa Agung Amerika Serikat Loretta Lynch pada 2016 yang kini tak lagi menjabat, seperti dikutip dari BBC.

Versi AS menyebut, setidaknya lebih dari US$ 4,5 miliar dolar dijarah. Jumlah totalnya diyakini lebih besar.

Setelah skandal 1MDB terkuak, efeknya bak bola liar. Skandal 1MDB menyeret sejumlah institusi keuangan, termasuk sang raksasa Goldman Sachs yang harus membayar denda dan memangkas gaji CEO-nya.

Rezim pemerintahan UMNO, yang berkuasa sejak Malaysia merdeka pun terguling pada 2018. Eks Perdana Menteri Najib Razak dan istrinya yang terkenal glamor, Rosmah Mansor jadi pesakitan di pengadilan.

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor (AFP)

Najib Razak alias 'Malaysian Official 1' diperkarakan terkait kemunculan US$ 731 juta di rekening pribadinya. Ia menolak tuduhan yang dialamatkan kepadanya dan bersikukuh uang itu adalah donasi dari seorang pangeran Arab Saudi.

Orang dekat Najib yang juga terseret skandal 1MDB adalah Riza Aziz, anak tirinya. Eks banker yang tak punya pengalaman bikin film itu mendadak menjelma jadi produser papan atas Hollywood.

Keterlibatan Riza Aziz kemudian menyeret sejumlah selebritas. Namun, jumlahnya lebih sedikit dibanding lingkaran pertemanan Jho Low, salah satu otak dalam skandal 1MDB.

Nama Jho Low, yang keberadaannya kini masih misterius, ada dalam gugatan teranyar yang dilayangkan Departemen Kehakiman AS. Bersama rapper Pras Michel, ia diduga melobi Pemerintahan Donald Trump agar menghentikan penyelidikan kasus 1MDB. Mereka juga melobi agar miliarder Guo Wengui, pengkritik kebijakan Beijing, diekstradisi ke China.

Seperti dikutip dari Straits Times, sebelumnya keduanya didakwa pada 2019 karena berusaha menyalurkan jutaan dolar uang Jho Low ke pemilihan presiden. Duit yang tak jelas sumbernya itu diaku sebagai sumbangan kampanye yang sah.

Prakazrel 'Pras' Michel adalah eks anggota Fugees bersama Lauryn Hill dan Wyclef Jean. Pada tahun 1990-an grup musik itu menelurkan sejumlah hits termasuk Killing Me Softly With His Song.

Uang bicara. Di Hollywood sekalipun, di mana para bintang hidup mewah, seakan memiliki segalanya. Selain Pras Michel, berikut nama-nama selebritas yang terseret skandal 1MDB:


Leonardo DiCaprio dan The Wolf of Wall Street

Sesaat setelah menerima Golden Globe, Leonardo DiCaprio mengucapkan terimakasih untuk tiga orang: Joey (Joey McFarland), Riz (Riza Aziz) and Jho (Jho Low).

Penghargaan bergengsi untuk kategori aktor terbaik itu diterima DiCaprio untuk perannya dalam film The Wolf of Wall Street pada 2013. Film besutan Martin Scorsese tersebut juga dibintangi Jonah Hill dan Margot Robbie.

Riza Aziz adalah salah satu produser sekaligus penyandang dananya.

Kejaksaan Agung Amerika Serikat menyebut, uang 1MDB yang disalahgunakan digunakan untuk membiayai perusahaan film Red Granite, yang memproduksi The Wolf of Wall Street.

Red Granite membantah tuduhan tersebut. Mereka membayar US$ 60 juta untuk menyelesaikan gugatan perdata dengan pemerintah AS.

Skandal 1MDB sempat membuat DiCaprio berurusan dengan hukum. Sang bintang pun harus merelakan sebagian koleksinya yang berharga: Piala Oscar milik Marlon Brando, lukisan Nature Morte au Crane de Taureau karya Pablo Picasso (US$ 3,2 juta), dan komposisi artistik karya Jean-Michel Basquiat yang nilainya mencapai US% 9 juta.

Karya-karya seni itu adalah hadiah dari Jho Low, yang diduga kuat dibeli dengan uang 1MDB.


Kasseem Dean (Swizz Beatz) dan Alicia Keys

Pasangan Kasseem Dean alias Swizz Beatz dan Alicia Keys pernah jadi bagian dari lingkaran dalam Jho Low. Mereka kerap datang dan foto bareng dalam pesta-pesta mewah yang digelar pria asal Malaysia itu.

Swizz Beatz juga pernah tampil dalam pesta ulang tahun ke-31 Jho Low yang digelar besar-besaran. Konon ia dibayar US$ 800 ribu sekali tampil.

Ia juga disebut-sebut sebagai orang yang memperkenalkan Jho Low pada koleksi seni bernilai tinggi, yang dibayar dengan uang 1MDB.

Beatz dan istri Alicia Keyes juga dikabarkan kerap keliling dunia bersama Jho Low. "Mereka tidak menyukainya, tetapi mereka menyukai uangnya," kata sumber seperti dikutip dari pagesix.com.

Perusahaan investasi milik Low yang bermarkas di Hong Kong, Jynwel Capital menjadi alat yang dia gunakan untuk menggelontorkan U$100 juta ke EMI Music Publishing, yang mendekatkannya dengan banyak bintang musik, salah satunya Busta Rhymes.


Paris Hilton dan Britney Spears

Paris Hilton bertemu Jho Low pada 2009. November tahun itu ia naik pesawat pribadi yang disewa Jho Low. Tujuan mereka adalah Whistler, resor ski di Canada.

Sejak kuliah di Wharton, Low sudah menggagumi Paris Hilton. Selebritas yang juga pewaris jaringan hotel ternama itu adalah fantasinya.

Keduanya akhirnya dekat. Pada pesta ulang tahun Paris Hilton ke 29 di sebuah klub malam di Las Vegas, Low memberikan kado jam mewah Cartier dan chip senilai US$ 250 ribu untuk digunakan di meja baccarat.

Tak hanya di Amerika, Low dan Paris Hilton berpesta di Saint-Tropez, nongkrong bareng di klub malam Les Caves du Roy yang berlapis emas.

Saat Low menang taruhan banyak-banyakan membeli sampanye Cristal, yang dia beli seharga US$ 2,3 juta, Paris Hilton membuka salah satunya, yang berukuran besar, dan menyemprotkannya ke Low.

Masalah psikologis kembali dialami Britney Spears akibat bertengkar dengan mantan suaminya ( Chiang Ying Ying/AP)

Sementara, Britney Spears bukan teman dekat. Namanya dikaitkan 1MDB karena penampilannya di pesta ulang tahun Jho Low yang digelar besar-besaran pada 2012.

Britney melompat dari dalam kue ulang tahun dan menyanyikan 'Happy Birthday' dengan suara menggoda, meniru gaya Marilyn Monroe saat mempersembahkan lagu yang sama untuk Presiden AS John F Kennedy pada 1962. Untuk itu, sang penyanyi dikabarkan dibayar US$ 1 juta.

Penyanyi Korea, Psy yang populer dengan 'Gangnam Style' konon dibayar lebih mahal untuk tampil dalam acara yang sama.

Dalam perayaan ulang tahun ke-30, Jho Low mengundang 300 orang. Sejumlah nama besar ada dalam daftar tamu, termasuk Leonardo DiCaprio, Jamie Foxx, Paris Hilton, Kanye West, Kim Kardashian, Robert De Niro, Benicio Del Toro, dan juara renang Michael Phelps.


Miranda Kerr

Belum lama bercerai dengan Orlando Bloom, model asal Australia Miranda Kerr muncul mengenakan gaun di acara makan malam yang digelar Jho Low di Koreatown, Manhattan pada awal 2014. Ia salah kostum. Itu bukan restoran mewah yang menerapkan aturan berpakaian.

Keduanya berbincang soal potensi memasarkann KORA Organics, lini produk perawatan kulit milik Kerr.

Beberapa lama kemudian kedua dekat, bahkan diam-diam terlibat hubungan asmara. Pada Hari Valentine tahun itu, Low memberikan kalung berlian senilai US$ 1,3 juta.

Pebisnis Malaysia itu juga menggelar pesta mewah untuk merayakan ulang tahun Kerr yang ke-31 di Chelsea Piers. Salt-N-Pepa dan Vanilla Ice diundang tampil, Low yang bayar.

Pada Juli 2014, Low membawa Kerr berlayar selama 10 hari, keliling Itali dan Yunani, naik yacht Equanimity yang juga dibeli dengan uang 1MDB.

Dalam pelayaran itu Kerr dimanjakan dengan makanan mahal dan juga perhiasan yang harganya tentu saja lebih mahal.

Belakangan, Miranda Kerr menyerahkan perhiasan senilai US$ 8,1 juta ke aparat Amerika Serikat.

"Sejak awal penyelidikan, Miranda Kerr kooperatif dan berjanji untuk menyerahkan hadiah perhiasan kepada pemerintah," kata juru bicaranya kepada Dow Jones Newswires, seperti dikutip dari Guardian.

Sebelum mendekati Miranda Kerr, Jho Low mengincar penyanyi Taiwan, Elva Hsiao.


Jamie Foxx

Jamie Foxx dilaporkan dekat dengan Jho Low. Ia kerap muncul di pesta-pesta yang digelar buron 1MDB itu. Salah satunya untuk merayakan tahun baru 2013.

Low dan sejumlah bintang, termasuk DiCaprio dan Foxx, naik pesawat carteran ke Sidney, Australia. Setelah berpesta, mereka balik ke Amerika. Tujuannya, untuk merayakan malam tahun baru dua kali.

"Aku punya teman, dia punya banyak duit, dan ia menerbangkan aku, Leonardo DiCaprio, Jonah Hill, dan beberapa orang langsung ke Australia. Kami merayakan malam tahun baru di Australia, balik ke pesawat, lalu merayakan tahun baru di Vegas. Itu gila! Gokil!," kata Foxx seperti dimuat Quartz.

Pelesiran Khusus Miliader

Wisata Luar Angkasa Super Mahal Patok Tarif Ratusan Miliar, Apa Enaknya?

Liputan6.com 2021-06-19 08:00:47
Peserta menikmati Blue Origin Space Simulator selama konferensi Amazon tentang robotika dan kecerdasan buatan di Hotel Aria di Las Vegas, Nevada. Mark Ralston/AFP

Bagi sebagian banyak masyarakat umum, kesempatan untuk terbang ke luar angkasa, merasakan sensasi bergerak di gravitasi nol, dan melihat bulan dari dekat hanyalah sebatas mimpi.

Paling nyata, kita hanya dapat "menduga" kondisi di luar angkasa dari berbagai film, serial TV, atau dokumenter yang mengangkat cerita di luar angkasa.

Blue Moon, kendaraan khusus untuk menjelajahi bulan, setelah diperkenalkan oleh CEO Amazon Jeff Bezos pada acara Blue Origin di Washington, 9 Mei 2019. Kapal ini memiliki berat lebih dari tiga metrik ton kosong dan mampu membawa 3,6 ton ke permukaan bulan.  (SAUL LOEB / AFP)

Akan tetapi, pada 28 April 2001, Dennis Tito berhasil mewujudkan mimpinya sebagai masyarakat umum pertama yang menjelajah angkasa atau wisata luar angkasa.

Tito sendiri bukanlah seorang astronot, dia adalah seorang insinyur dan pengusaha asal Amerika Serikat berumur 80 tahun. Dikutip dari The Conversation, Jumat (18/6/2021).

Untuk satu kursi di pesawat ruang angkasa Rusia bernama Soyuz dan kesempatan berkunjung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dirinya rela merogoh kocek sebesar USD 20 juta atau sekitar Rp 290 miliar.

Foto selebaran yang diperoleh dari Blue Origin menunjukkan Crew Capsule 2.0 di tempat yang dirahasiakan. Blue Origin/AFP

Sejak itu, dalam kurun 20 tahun hanya ada tujuh orang yang mengikuti jejak Tito melakukan wisata ke luar angkasa. Akan tetapi, jumlah tersebut akan bertambah dalam satu hingga dua tahun mendatang.

Berhubung NASA masih sungkan menjadi penyelenggara wisata ke luar angkasa, banyak yang memprediksi Rusia akan menjadi "pemain utama" bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berwisata di luar angkasa.

Foto selebaran ini diperoleh dari Blue Origin menunjukkan mesin roket BE-3 untuk pendaratan yang sukses. Blue Origin/AFP

Namun, hal tersebut dapat digagalkan oleh bangkitnya perusahaan penerbangan luar angkasa swasta seperti Blue Origin, Virgin Galactic dan SpaceX.

Dengan semakin terbukanya akses dan banyak orang yang rela mengucurkan uang untuk menjelajah di luar angkasa, ketiga perusahaan swasta tersebut berlomba-lomba menawarkan "paket" wisata langka tersebut.

Wisata luar angkasa. Blue Origin/AFP

Salah satu orang pertama yang mengambil kesempatan itu adalah miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa.

Walau tidak menyebutkan berapa uang yang dihabiskan untuk perjalanan pribadi mengelilingi bulan dan kembali ke Bumi dengan SpaceX, Yusaku direncanakan akan melesat ke luar angkasa pada 2023.

Kapsul Blue Origin untuk wisata manusia ke luar angkasa (Sumber: CNET)

Paling terkini adalah seseorang mengeluarkan USD 28 juta atau Rp 404 miliar, untuk terbang dengan pesawat New Shepard Blue Origin bersama dengan pemilik perusahaan penerbangan luar angkasa tersebut.

Yup, meski belum diungkap siapa namanya. Dia akan mendapatkan kesempatan langka untuk berwisata ke luar angkasa bersama dengan miliarder Amazon, Jeff Bezos, dan saudaranya, Mark Bezos pada Juli 2021.

Blue Origin. (Foto: CNN Money)

Sementara itu, SpaceX saat ini berencana untuk meluncurkan dua penerbangan wisata antariksa. Pertama dijadwalkan pada awal September 2021, didanai oleh pengusaha miliarder Jared Isaacman.

Perjalanan lainnya direncanakan untuk 2022, diselenggarakan oleh Axiom Space. Perjalanan ini akan memakan biaya USD 55 juta atau Rp 793 miliar untuk penerbangan dan menginap di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Seru, bukan?

(Ysl/Isk)

Ronaldo Singkirkan Coca Cola

Botol Tersingkir Tangan Cristiano Ronaldo, Coca-Cola Relakan Rp 57 Triliun

Liputan6.com 2021-06-18 22:27:21
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo dalam konferensi pers jelang laga melawan Hungaria dalam Euro 2020 di Puskas Arena, Budapes, Senin, 14 Juni 2021. (Handout / UEFA / AFP)

Pemain sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo sontak jadi perhatian dunia. Geseran tangannya untuk menyingkirkan botol Coca Cola saat konferensi pers Euro 2020/2021 ternyata berdampak besar.

Coca Cola harus menelan pil pahit saat sahamnya anjlok 1,6 persen. Alhasil, kapitalisasi pasar saham Coca Cola terjun USD 4 miliar atau Rp 57 triliun.

Ironisnya, Coca Cola merupakan sponsor utama Euro 2020. Logo merek minuman berkarbonasi ini terpampang di papan iklan selama Euro 2020.

Ilustrasi coca-cola (AFP/Justin Sullivan)

Geseran tangan Cristiano Ronaldo terhadap botol Coca Cola seakan menjadi 'pesan' jika dirinya tak menginginkan minuman tersebut.

Mengutip tbsnews.com, setelah mengambil tempat duduk selama konferensi pers, mantan superstar Real Madrid itu mengambil dua botol Coca Cola yang telah diletakkan di atas meja dan berkata "Minum air".

Tak mengindahkan minuman yang ada di atas meja dan memilih mengambil sebotol air. Aksi Cristiano Ronaldo tidak disadari berdampak terhadap sektor keuangan. Hal itu terutama dengan kata-katanya.

Striker Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam laga perdana Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021). (Attila KISBENEDEK / POOL / AFP)

Seperti dilansir dari Marca, pada pembukaan pasar di Eropa, saham Coca Cola bernilai USD 56,1. Akan tetapi, saat Ronaldo dan Pelatih Timnas Portugal Fernando Santos meninggalkan konferensi pers, saham Coca Cola turun menjadi USD 55,2.

Penurunan 1,6 persen saham Coca Colamembuat kapitalisasi pasar saham Coca Cola merosot USD 4 miliar atau Rp 57,03 triliun (asumsi kurs Rp 14.258 per dolar AS). Di sisi lain, Coca Cola menjadi sponsor utama Euro 2020. Coca Cola terpampang di papan iklan selama Euro 2020.

Minuman coca cola. Foto: AFP/Ahmad YUSNI  AHMAD YUSNI / AFP

Coca Cola angkat bicara setelah tindakan Cristiano Ronaldo saat konferensi pers tim Portugal menjadi viral di media sosial. Saat konferensi pers, Cristiano Ronaldo menggeser dua botol Coca Cola.

Coca Colamenyatakan, setiap orang memiliki pilihan minuman sendiri. Selain itu, setiap orang memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda.

"Pemain ditawari air bersama Coca Cola dan Coca Cola Zero Sugar, pada saat kedatangan di konferensi pers kami," ujar seorang juru bicara Euro 2020/2021 dilansir dari foxsports.com Rabu (16/6/2021).


Saksikan Video Ini

Model Palestina Diserang

Ramai Seruan Boikot Zara Usai Kepala Desainer Serang Model Palestina

Liputan6.com 2021-06-15 10:15:43
Seorang pria duduk di depan toko Zara di pusat kota Nantes, Prancis barat, pada 25 Maret 2021. (LOIC VENANCE / AFP)

Riuh seruan memboikot perusahaan pakaian, Zara, setelah Kepala Desainer Vanessa Perilman ketahuan menyerang model Palestina Qaher Harhash. Kepala desainer untuk departemen wanita Zara ini dikecam usai melecehkan Harhash dalam pesan Instagram pribadi.

Dilansir Middle East Monitor, Selasa (15/6/2021), dalam pesan kebenciannya kepada model Palestina tersebut, Perilman membela kejahatan perang Israel. Perempuan itu juga mencela orang-orang Palestina dan keyakinan Muslim dalam serangkaian pesan.

"Mungkin jika orang-orang Anda berpendidikan maka mereka tidak akan meledakkan rumah sakit dan sekolah yang Israel bantu bayar di Gaza," tulis Perilman kepada Harhash, yang berasal dari Yerusalem Timur. "Orang Israel tidak mengajari anak-anak untuk membenci atau melempar batu pada prajurit seperti yang dilakukan orang-orangmu."

Desainer mengakhiri ujaran anti-Palestina dengan komentar Islamofobia. "Juga saya pikir itu lucu bahwa Anda seorang model karena pada kenyataannya itu bertentangan dengan apa yang diyakini oleh iman Muslim dan jika Anda keluar dari lemari di negara Muslim mana pun, Anda akan dirajam sampai mati," tulis Perilman.

Usai mengunggah serangan awal Perilmal, model itu membagikan tangkapan layar percakapan lanjutan di antara keduanya. Tampak khawatir akan kemungkinan kehilangan pekerjaan, Perilman menawarkan permintaan maaf karena melampiaskan kemarahannya kepada model itu.

Harhash mengambil ceritanya untuk menuntut Zara meminta maaf secara resmi dan mengadukan semua retorika Islamofobia dan anti-pribumi. "Mereka perlu mengatasi Islamofobia yang sebagian besar diabaikan masyarakat Eropa," tulis Harhash di Instagram Story-nya. "Ketika perancang busana tertentu mengatakan hal-hal anti-Semit, mereka dipecat dari pekerjaan mereka di rumah mode mewah."


Serukan Boikot

Harhash lantas meminta pengikutnya untuk memboikot Zara dengan tagar Boycot Zara. Tagar ini telah menjadi tren karena kurangnya keberlanjutan dan etika yang dipertanyakan sebagai merek fast-fashion itu.

Ketika tangkapan layar dari percakapan tersebut tersebar di Twitter, pengguna mengutuk keterlibatan Zara dalam komentar rasis dan Islamofobia yang dibuat oleh perancang. Tak sedikit yang menyerukan boikot Zara dan pemecatan Perilman sebagai kepala desainer.

Di tengah riuh kecaman, Perilman menghapus media sosialnya menyusul reaksi keras dari ribuan pengguna. Banyak pula warganet yang mengajukan keluhan resmi ke Zara.

Reaksi keras juga datang dari pengacara Khaled Beydoun. Melalui unggahan di akun Instagram pribadi, ia menyerukan soal sikap kepala desainer.


Reaksi Keras

"@Zara yang terhormat, Kepala desainer Anda berhak atas opini politiknya. Namun, ini adalah retorika anti-Palestina dan Islamofobia yang keji. Biarkan saya mengingatkan Anda, @Zara menghasilkan jutaan dolar dari negara-negara "mayoritas Muslim" seperti Arab Saudi dan Indonesia, UEA dan Turki," tulisnya pada unggahan Selasa (15/6/2021).

Ia turut mengingatkan, bahwa miliaran Muslim di seluruh dunia yang membeli produk dari toko utama Zara, juga di Zara Man dan Zara Home. Ia menyebut kebencian dan rasisme akan berdampak buruk untuk bisnis mereka.

"Rasisme semacam ini, untuk merek global seperti milik Anda, sangat merusak. Jutaan orang sudah menyerukan boikot. Tagar #boycottzara sudah menjadi trending. Sebuah tamparan di tangan tidak cukup --- Apakah Anda mendukung pandangan kebencian Ms. Perliman?" tambahnya.

Ia juga menuliskan bahwa Zara dimiliki oleh perusahaan induk Indetex, yang juga memiliki Pull&Bear, Massimo Dutti, Bershka, Stradivarius, Oysho, dan Uterqe. "Perusahaan seperti milik Anda tampaknya hanya bertindak ketika itu merugikan keuntungan Anda," tutupnya.


Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Wag's yang Bikin Letoy

Saat WAGs Jerman Sibuk dengan HP di Tribune Euro 2020

Liputan6.com 2021-06-19 10:30:48
Cathy Fischer (kanan), istri bek Jerman Mats Hummels, berfoto jelang pertandingan Grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich pada 15 Juni 2021. (AFP/Pool/Matth

Timnas Jerman dihantam mimpi buruk di laga awal Euro 2020. Di pertandingan pertama Grup F, mereka dipermalukan Prancis 0-1 melalui gol bunuh diri Mats Hummels. Padahal Jerman bermain di kandang sendiri, Stadion Allianz Arena.

Kehadiran para istri dan pacar alias wives and girlfriends (WAGs) yang terus memberikan semangat, ternyata tak mampu memanaskan"mesin panser" Jerman untuk mengejar ketertinggalan sejak menit ke-20 itu.

Jessica Kroos (tengah), istri dari gelandang Jerman Toni Kroos, mengambil gambar dengan ponselnya menjelang pertandingan sepak bola Grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich pada 15 Juni 2021. (AFP/Pool/Matthias Hangst)

Ya di laga ini, WAGs Jerman memang tampak hadir di tribune Stadion Allianz Arena. Mulai dari Cathy Fischer, istri Hummels, sampai Christina Raphaella, pacar bek Matthias Ginter.

Nina Weiss (tengah), istri penjaga gawang Jerman Manuel Neuer, mengambil tempat duduknya menjelang pertandingan sepak bola Grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich pada 15 Juni 2021. (AFP/Pool/Matthias Hangst)

Gerak-gerik Christina dan kawan-kawan tentu saja memancing perhatian, apalagi Stadion Allianz Arena memang tak terisi penuh lantaran protokol Covid 19.

Christina Raphaella (tengah), pacar bek Jerman Matthias Ginter, terlihat di kerumunan menjelang pertandingan sepak bola Grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich pada 15 Juni 2021. AFP/Pool/Matthias Hangst)

Tampak, para WAGS ini tidak hanya mendukung Manuel Neuer dan kawan-kawan di lapangan, melainkan juga asyik sendiri, terutama dengan kamera handphone (HP) atau telepon genggamnya masing-masing.

Cathy Fischer (kiri), istri bek Jerman Mats Hummels, berfoto jelang pertandingan Grup F UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Jerman di Allianz Arena di Munich pada 15 Juni 2021. (AFP/Pool/Matthias Hangst)

Ada yang sibuk mengabadikan aksi-aksi pacar atau suaminya di lapangan. Tapi, ada juga yang asyik sendiri, berselfie, atau meminta rekannya mengambil gambar dirinya berpose berlatarkan tribune stadion.

Ah, ada-ada saja...

Hikayat Pohon Ganja

4 Tanggapan Pro Kontra Penyitaan Buku Hikayat Pohon Ganja di Kasus Anji

Liputan6.com 2021-06-18 17:07:35
Ilustrasi Ganja (Liputan6.com)

Disitanya buku Hikayat Pohon Ganja usai penangkapan musikus Erdian Aji Prihartanto alias Anji terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba menjadi sorotan.

Sebelumnya, Anji diciduk pada Jumat 11 Juni 2021 oleh Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Cibubur. Melalui jumpa persnya, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengungkap temuan barang bukti terkait kasus ini.

Selain ganja seberat 30 gram, ternyata ada sebuah buku edukasi tentang ganja yang turut disita polisi.

"Kami juga temukan bukti buku berjudul 'Hikayat Pohon Ganja'," kata Ady saat jumpa pers, Rabu 16 Juni 2021.

Sementara itu, mengutip Dhira Narayana, Ketua Lingkar Ganja Nusantara (LGN), bahwa buku tersebut adalah sebuah pernyataan intelektual dan gagasan LGN yang berdasar hasil science.

Dhira pun menegaskan, bahwa semua yang masuk ke dalam buku tersebut valid dan siap dikupas dari sisi hukum dan budaya.

"Buku Hikayat Pohon Ganja adalah pernyataan intelektual Lingkar Ganja Nusantara (LGN). Bahwa gagasan dan tindakan kami (LGN) didasari oleh tatanan ilmu pengetahuan yang berani kami pertanggung-jawabkan di hadapan mahkamah hukum ataupun kebudayaan," kata Dhira di buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2011 itu.

Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan juga turut menyoroti penyitaan buku ilmiah tersebut.

"Selain menyita 30 gram ganja, dari kasus Anji penyidik juga ikut menyita buku Hikayat Pohon Ganja sebagai barang bukti," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Berikut deretan pro dan kontra terkait buku Hikayat Pohon Ganja yang disita polisi usai penangkapan Anji dihimpun Liputan6.com:


Buku Disita dan Polisi Sebut Anji Baca untuk Edukasi

Penyalahgunaan narkotika jenis ganja, menjadi pelanggaran pidana yang mengancam musisi Anji Manji. Pria bernama asli Aji Erdian Aji Prihartanto (EAP) ini diciduk Polres Metro Jakarta Barat di Cibubur, Jumat 11 Juni 2021.

Melalui jumpa persnya, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengungkap temuan barang bukti terkait kasus ini. Selain ganja seberat 30 gram, ternyata ada sebuah buku edukasi tentang ganja yang turut disita polisi.

"Kami juga temukan bukti buku berjudul 'Hikayat Pohon Ganja'," kata Ady saat jumpa pers, Rabu 16 Juni 2021.

Menurut Ady, Anji membaca buku tersebut sebagai sarana edukasi. Ady juga mengakui bahwa ganja sudah legal di sejumlah negara.

"Jadi memang menurut saudara AN ini adalah bagian dari edukasi yang bersangkutan terkait dengan ganja itu sendiri karena sudah rekan-rekan pahami juga di 48 negara bagian di Amerika sudah melegalkan tanaman ganja ini. Tapi itu bukan ranah kita kepolisian," tutur Ady.

Buku kerap dinilai polisi sebagai barang bukti relevan sebuah kasus dugaan pidana. Mulai dari buku agama dalam kasus-kasus terorisme dan radikalisme, hingga buku berisi ilmu pengetahuan alam dan riset klinis soal ganja dalam kasus dugaan penyalahgunaan zat psikotropika.


Isi Buku Bisa Dipertanggungjawabkan

Mengutip Dhira Narayana, Ketua Lingkar Ganja Nusantara (LGN), bahwa buku tersebut adalah sebuah pernyataan intelektual dan gagasan LGN yang berdasar hasil science.

Dhira pun menegaskan, semua yang masuk ke dalam buku tersebut valid dan siap dikupas dari sisi hukum dan budaya.

"Buku Hikayat Pohon Ganja adalah pernyataan intelektual Lingkar Ganja Nusantara (LGN). Bahwa gagasan dan tindakan kami (LGN) didasari oleh tatanan ilmu pengetahuan yang berani kami pertanggung-jawabkan di hadapan mahkamah hukum ataupun kebudayaan," kata Dhira di buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2011 itu.

Dhira menambahkan, sejarah dan ilmu pengetahuan tentang ganja telah ada mulai dari tahun 12.000 SM sampai dengan tahun 1900-an. Ganja dikenal sebagai pohon kehidupan karena manfaatnya untuk menopang peradaban manusia.

Dalam buku tersebut dijelaskan, serat ganja dahulu berguna untuk pakaian dan kertas, bijinya sebagai sumber protein dan minyak nabati, bunga dan daunnya sebagai obat dan sarana rekreasi maupun spiritual.

"Harusnya perspektif terhadap ganja, dengan adanya potensi yang besar di Indonesia, mulai harus beralih jadi pemanfaatan. Bukan melulu dicap tindak kriminal," seperti dikutip Liputan6.com dari Instagram resmi LGN.


Tanggapan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)

Hikayat Pohon Ganja merupakan buku yang disusun oleh Lingkar Ganja Nusantara. Dalam buku tersebut, turut memberi pengantar Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Komaruddin Hidayat.

Terkait buku Hikayat Pohon Ganja yang ikut diamankan, Komaruddin mengaku belum dapat menanggapi sikap kepolisian yang menjadikan bukunya sebagai barang bukti pengungkapan kasus.

"Maaf, no comment. Aku lagi sibuk banget, maaf ya," tutur Komaruddin saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 17 Juni 2021.


Disorot Koalisi Advokasi Narkotika

Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan menyoroti kasus narkoba yang menjerat musikus Erdian Aji Prihartanto alias Anji. Yang dipermasalahkan adalah disitanya buku-buku yang mengandung konten bertema ganja.

Padahal, penyitaan buku-buku yang bersifat keilmuan tersebut sebagai barang bukti sama sekali tidak ada kaitannya dengan proses pembuktian dalam ketentuan Undang-Undang Narkotika yang menjerat Anji.

"Selain menyita 30 gram ganja, dari kasus Anji penyidik juga ikut menyita buku Hikayat Pohon Ganja sebagai barang bukti," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Koalisi Advokasi Narkotika mengutip Pasal 39 ayat (1) KUHAP. Menurutnya, buku yang disita penyidik dalam kasus Anji jelas tidak memenuhi klasifikasi barang-barang yang dapat disita berdasarkan ketentuan dalam KUHAP.

"Seharusnya penyitaan terhadap buktu-buku tersebut tidak perlu dan bertentangan dengan undang-undang," ucap dia.

Sebaliknya, Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan menilai buku-buku semacam itu mengandung keilmuan mengenai tanaman ganja yang dalam berbagai negara telah diakui manfaatnya termasuk pengobatan, dapat menjelaskan secara akurat dan ilmiah bahwa kebijakan narkotika yang diterapkan di negara ini telah salah arah.

Terkait hal ini, Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan mendorong supaya reformasi kebijakan narkotika yang berbasiskan bukti (evidence-based policy) dapat segara dilakukan oleh Pemerintah dan DPR.

Hal tersebut tentu dengan memperhatikan berbagai perkembangan dunia internasional terkait posisi tanaman ganja seperti perkembangan terakhir pada akhir 2020, yakni mengenai perubahan penggolongan ganja dalam Konvensi Tunggal Narkotika berdasarkan rekomendasi WHO setelah mempertimbangkan manfaat medis yang dikandungnya.

Oleh karena itu, Koalisi Advokasi Narkotika untuk Kesehatan telah mengajukan permohonan uji materiil Pasal 8 ayat (1) UU Narkotika yang melarangan penggunaan narkotika untuk kepentingan kesehatan kepada Mahkamah Konstitusi.

"Dengan adanya permohonan uji materil ini diharapkan dapat menyadarkan kembali para pembuat kebijakan bahwa tujuan ketersediaan narkotika sebagaimana diamanatkan oleh UU Narkotika adalah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, sehingga peluang penelitian-penelitian terhadap Narkotika Golongan I yang berorientasi untuk kepentingan medis dapat juga segera dilakukan," tandas dia.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saatnya Lockdown?

COVID-19 RI Melonjak Tajam, 5 Organisasi Profesi Dokter Minta PPKM Total

Liputan6.com 2021-06-18 16:05:39
Suasana kawasan RW 10 Kelurahan kalibata, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Pemerintah mulai menerapkan PPKM skala mikro mulai 9-22 Februari 2021 untuk tujuh provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat,

Menyikapi lonjakan COVID-19 yang terjadi di sejumlah daerah, 5 organisasi profesi dokter mendorong pemerintah segera memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) total yang dilakukan secara menyeluruh.

Apalagi data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada 17 Juni 2021 menunjukkan bahwa kasus baru COVID-19 di INdonesia menembus angka 12.624.

Di DKI Jakarta, kapasitas Bed Occupation Rate (BOR) untuk ruang isolasi dan ICU COVID-19 sudah hampir penuh. Data sampai 17 Juni 2021 tercatat sekitar 8.000 tempat tidur isolasi yang tersedia, sudah terisi 84 persen dan ruang ICU 74 persen.

Sistem kesehatan Indonesia dapat kolaps jika pihak yang berwenang dan terlibat tidak segera melakukan upaya-upaya maksimal untuk penanganan COVID-19 ini. Pada konferensi pers 5 Organisasi Profesi tentang Situasi Terkini Pandemi COVID19 di Indonesia, Jumat (18/6/2021), ada sejumlah rekomendasi yang disampaikan organisasi profesi dokter.

Perhimpunan dokter-dokter spesialis, yang terdiri dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) mendorong dan merekomendasikan:

1. Agar Pemerintah pusat memberlakukan PPKM secara menyeluruh dan serentak, terutama di Pulau Jawa

2. Agar Pemerintah atau pihak yang berwenang memastikan implementasi serta penerapan PPKM yang maksimal

3. Agar Pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan percepatan dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar

4. Agar semua pihak lebih waspada terhadap varian baru COVID-19 yang lebih mudah menyebar, mungkin lebih memperberat gejala, mungkin lebih meningkatkan kematian dan mungkin menghilangkan efek vaksin. Lakukan tracing dan testing dengan lebih masif

5. Agar masyarakat selalu dan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berpergian jika tidak mendesak, menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan lainnya

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Samas-sama 'Menderita' dan Berjuang Lawan COVID-19

Adanya rekomendasi dari 5 organisasi profesi kedokteran, dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) Erlina Burhan mengajak masyarakat tetap berjuang melawan pandemi COVID-19. Protokol kesehatan harus terus dilakukan.

"Kelima isi rekomendasi organisasi profesi dokter ini sebetulnya sangat layak dilakukan. Tapi memang sebagian masyarakat menganggap ini 'suatu penderitaan'. Karena banyak sekali pembatasan," ajaknya.

"Saya mengimbau, marilah kita bersama sebagai suatu bangsa, 'sama menderita' dan berusaha sangat keras, sangat maksimal. Menderita dalam waktu singkat, kemudian berjuang bersama juga supaya terbebas dari pandemi. Dan kita bisa menjalani kehidupan normal dalam jangka waktu panjang.

Berdasarkan data kasus COVID-19 harian, sejak diberlakukannya PPKM pada 11 Januari 2021, kasus pada Februari mulai turun. Pada awal-awal COVID-19 hanya di Jakarta, pembatasan kegiatan masyarakat dapat hanya di DKI Jakarta.

Namun, setelah merebak, maka pembatasan harus semua wilayah, terutama se-Jawa. Awalnya, pembatasan dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, seperti PSBB, sekarang kewenangan ditentukan oleh pemerintah pusat melalui PPKM mikro.


Kasus COVID-19 Naik Tajam Juni 2021

Pemberlakuan PPKM mikro di berbagai wilayah, terutama di seluruh Pulau Jawa terlihat penurunan angka kasus COVID-19 pada Februari 2021. Sayangnya, saat ini kasus COVID-19 kembali naik tajam pada Juni 2021 dan merebak di berbagai wilayah di Indonesia, yang mana pasien COVID-19 banyak dirawat.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Isman Firdaus menyampaikan, dampak dari pasien COVID-19 yang masuk rumah sakit, pasien non COVID-19 sulit mendapat perawatan.

"Akhir-akhir ini, ada pasien yang serangan jantung, bahkan sudah susah ke rumah sakit. Kenapa? Karena rumah sakit sudah terisi oleh pasien-pasien COVID-19 yang berat dan kritis. Dampaknya, beberapa pasien kardiovaskular akhirnya tidak mendapatkan tatalaksana yang seharusnya," ujarnya.

"Mereka seharusnya mendapatkan obat untuk mengurangi kematian akibat serangan jantung. Ini menjadi keprihatinan tersendiri dari kami di PERKI dengan tingginya okupansi bed pasien COVID-19 di rumah sakit."


Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

 


Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Pulau Padar bak Pasar

Seperti Pasar, Viral Situasi Pulau Padar Dipenuhi Pengunjung Tanpa Jaga Jarak

Liputan6.com 2021-06-20 16:45:19
Penampakan Pulau Padar Ramai Dikunjungi Wisatawan. (Sumber: Twitter/ @KawanBaikKomodo)

Pulau Padar merupakan salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyajikan ragam keindahan. Bahkan Pulau Padar selalu ramai dikunjungi setiap harinya, baik dikunjungi wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Belum lama ini viral di media sosial suasana Pulau Padar yang ramai dikunjungi oleh wisawatan lokal. Menilik dari laman Twitter @KawanBaikKomodo, wisatawan tersebut kebanyakan wisatawan yang berasal dari Jakarta.

"Ini situasi di Pulau Padar Taman Nasional Komodo pagi ini, Sabtu 19 Juni. Pengunjung kebanyakan "tamu dari Jakarta" (istilah umum di Flores untuk turis domestik dari Jakarta dan kota2 lainnya)," dilansir dari laman Twitter @KawanBaikKomodo pada (19/6/2021).

Kembali banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Padar tentunya disambut baik oleh banyak pihak, namun penting untuk tetap menaati protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaranCovid-19 di Indonesia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari laman Twitter @KawanBaikKomodo tentang video penampakan Pulau Padar dipenuhi pengunjung, Minggu (20/6/2021).


Pulau Padar Ramai Dikunjungi

Keindahan Pulau Padar yang bak surga tentunya membuat siapapun ingin datang ke Pulau Padar tersebut. Bahkan walaupun Covid-19 masih mewabah di Indonesia, wisatawan tetap berkunjung ke tempat wisata tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan sederet tempat wisata pun tetap dibuka dan selalu ramai pengunjung, salah satunya adalah Pulau Padar. Bahkan belum lama ini beredar sebuah video yang memperlihatkan penampakan Pulau Padar yang ramai dikunjungi oleh orang-orang dari Jakarta.

Dalam video tersebut terlihat bahwa Pulau Padar memang sangat padat oleh wisatawan lokal. Hal tersebut diketahui melalui caption pada video tersebut yang memberikan penjelasan bahwa pada 19 Juni 2021, Pulau Padar ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Bahkan dalam video tersebut terdengar suara seseorang yang seperti tengah menjajakan barang dagangannya seperti di pasar yang terdengar sangat kreatif namun sarat akan makna.

Dilansir dalam unggahan lanjutan di Twitter @KawanBaikKomodo tertulis bahwa, "Dengarkan suaranya! Menurut videografernya, kawan @andrisugara_, melihat situasi seramai ini dia spontan mengisi suara spt yang Anda dengar. Kreatif. Dan semoga kita bisa menangkap pesannya."

Ramainya Pulau Padar merupakan bukti bahwa pariwisata di Indonesia sudah kembali berkembang. Pasalnya sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, banyak tempat wisata yang tutup. Namun perlahan pariwisata bangkit sejak era new normal, yang di mana masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar rumah namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Namun dibalik itu semua, tentunya ada rasa khawatir yang muncul karena lonjakan jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan tempat umum, salah satunya tempat wisata.


Penerapan Protokol Kesehatan Belum Maksimal

Dalam video yang diunggah pada laman Twitter @KawanBaikKomodo terlihat bahwa penerapan protokol kesehatan belum maksimal. Liburan tentunya akan semakin menyenangkan jika pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan. Warganet pun berharap agar masyarakat bisa mengindahkan peraturan pemerintah untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik saat berwisata sekalipun.

Al-Qur’an yang Ditulis dengan Darah

Kisah Al-Qur'an yang Ditulis dengan Darah Pemimpin Irak Saddam Hussein

Liputan6.com 2021-06-20 20:04:42

Sebuah kitab suci Al-Qur'an disimpan rapat-rapat, di balik kaca, di ruang bawah tanah Masjid Umm al-Qura (sebelumnya disebut Umm al-Ma'arik) di Bagdad, Irak. Tak semua orang boleh melihatnya.

Kaligrafi dalam kitab tersebut sungguh indah. Sangat layak dipajang di museum atau galeri seni. Masalahnya, huruf-huruf itu tidak ditulis dengan tinta melainkan darah Saddam Hussein.

Saddam memerintahkan Al-Qur'an itu dibuat pada 1997, dalam rangka ulang tahunnya yang ke-60. Tahun 1990-an adalah masa-masa sulit buat sang diktator. Dikutip dari Today I Found Out, Minggu (20/6/2021), ia jadi alim setelah percobaan pembunuhan yang menargetkan putranya, Uday Hussein pada 12 Desember 1996.

Menurut Saddam, kitab tersebut adalah ucapan terimakasihnya pada Sang Pencipta, yang membantunya melalui banyak "konspirasi dan bahaya". "Hidupku penuh penuh dengan bahaya, seharusnya aku sudah kehilangan banyak darah. Namun, karena hanya sedikit darah tertumpah, aku memerintahkan seseorang menuliskan ayat-ayat Allah dengan darahku sebagai rasa syukur."

Selama dua tahun pembuatan, Saddam duduk bersama dengan penulis kaligrafi Abbas Shakir Joody al-Baghdadi dan perawat yang bertugas mengambil darah. Konon, total 27 liter darah yang dipompa dari tubuhnya, untuk memenuhi 605 halaman.

Sang penulis kaligrafi mengaku terpaksa. Ia tak bisa menolak setelah menerima perintah lewat telepon. Baghdadi kala itu diminta datang ke Rumah Sakit Ibnu Sina di Baghdad, di mana putra Saddam, Uday memulihkan diri dari percobaan pembunuhan

"Aku tak ingin membicarakannya lagi," kata Baghdadi, dari lokasi tempat tinggalnya di negara bagian Virginia, Amerika Serikat, seperti dikabarkan The Guardianpada 2010. "Itu adalah bagian yang menyakitkan dalam hidupku, yang ingin aku hapus dari ingatan."

Kitab hasil karyanya diserahkan ke Saddam dalam sebuah acara pada September 2000. Tak lama kemudian, Al-Qur'an yang ditulis dengan darah itu dipamerkan di Masjid Umm al-Ma'arik (Mother Of All Battles).

Masjid itu didirikan Saddam sebagai peringatan kemenangan atas Perang Teluk yang berlangsung pada 1990-1991. Desainnya pun khusus, dengan menara mirip rudal Scud dan laras bedil Kalashnikov.