Volume 32

8 Tahun BTS Mengguncang Mendunia

Cerita Pekan Ini: Potret BTS dari Zaman Piyik hingga Jadi Superstar K-Pop, Bikin ARMY Gemes

Liputan6.com 2021-06-24 21:00:00
BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS () - Twitter/ bts_bighit)

Juni jadi bulan yang penuh makna bagi para anggota BTS dan ARMY, sebutan bagi penggemar grup ini. Delapan tahun lalu, tepatnya tanggal 12 Juni 2013, RM dkk merilis lagu debut mereka, "No More Dream."

Sejak awal berkarier di industri musik K-Pop, mereka telah menarik perhatian publik. Namun kesuksesan besar yang mereka raih tak terjadi secara serta merta. Semua mereka lalui dengan menumpahkan darah, keringat, dan air mata.

Namun pengorbanan mereka tak sia-sia. Kini, bahkan orang-orang yang bukan penggemar K-Pop tahu siapa BTS dan warna ungu yang identik dengan mereka.

Nah, memasuki tahun kedelapan BTS, tak ada salahnya kan bila kita melakukan kilas balik perjalanan grup ini dalam sejumlah potret masa lalu, sejak debut hingga sekarang

BTS Menang  di Melon Music Awards 2013. (Facebook/ BTS ())

Para idola K-Pop yang baru menetas, pasti mendambakan penghargaan Rookie Terbaik. BTS meraihnya dalam sejumlah ajang penghargaan, salah satunya di Melon Music Awards 2013.

BTS pada 2014. (Facebook/ BTS ())

Ultah debut BTS diistilahkan sebagai Festa, dan BTS selalu merilis foto grup untuk momen spesial ini. Foto ini, adalah dari Festa pertama tahun 2014.

BTS pada Festa 2015. (Facebook/ BTS ())

Tak hanya foto resmi, Big Hit juga kerap merilis foto-foto di balik layar pemotretan Festa. Seperti yang satu ini, contohnya.

Konsep foto album Wings (2016) BTS. (Facebook/ BTS ())

Memasuki tahun 2016, BTS makin unjuk gigi di jagat musik Korea Selatan. Pada tahun tersebut, mereka menelurkan hits demi hits seperti "Fire" dan ""Blood Sweat & Tears."

BTS dalam Idol Star Athletic Championships 2017. (MBC via Facebook/ BTS ())

Sejak debut, BTS selalu tampil di Idol Star Athletic Championships, bahkan langganan juara. Mereka terakhir kali tampil pada 2017, dan belum kembali berlaga di ajang olahraga ini.

BTS saat hadir di Billboard Music Awards 2018 (Foto: AFP / LISA O'CONNOR)

Billboard mencatat pada 2016 untuk pertama kalinya BTS menduduki peringkat pertama Social Chart. Setahun berikutnya, J-Hope dkk meraih Top Social Artist di Billboard Music Awards dan pada 2018, giliran mereka manggung perdana di ajang ini.

Personel BTS di karpet merah Grammy Awards 2019 di Los Angeles, Amerika Serikat, 10 Februari 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Memasuki 2019, BTS makin tak terbendung. Mereka tampil untuk pertama kalinya di Grammy Awards. Dua tahun kemudian, mereka dinominasikan dalam ajang ini di kategori Best Pop Duo/Group Performance.

BTS dalam Hari Pemuda Korea Selatan di Gedung Biru, Seoul, Korea Selatan. (Lee Jin-wook/Yonhap via AP)

Pencapaian BTS yang membanggakan tak hanya terjadi di bidang musik. Mereka beberapa kali berbicara di Sidang Umum PBB dan juga hadir di acara kenegaraan. Salah satunya berpidato pada Hari Pemuda pertama tahun 2020 di Gedung Biru, Seoul, di depan Presiden Moon Jae In.

BTS. (Twitter/ bts_bighit

Terakhir, adalah unggahan terbaru dari akun Twitter resmi mereka, saat artikel ini ditulis. Cuitan yang menyertai foto ini, menggambarkan bahwa pengaruh BTS sudah mendapat pengakuan dari industri fashion kelas dunia. Twitnya berbunyi, "@BTS_twt menerima undangan untuk menyaksikan peragaan #LouisVuitton berikutnya dari @VirgilAbloh."

Bravo, BTS! Kita tunggu transformasi apa lagi yang akan mereka lakukan pada masa mendatang.

Kok Bisa Ada Apartemen Roboh di AS ?

Korban Hilang dalam Runtuhnya Apartemen di Miami AS Naik Jadi 159 Orang

Liputan6.com 2021-06-26 10:00:00
Tim penyelamat dan anjing mencari orang-orang di bawah puing-puing dari sebagian menara apartemen tepi laut yang runtuh di Surfside, Miami, Kamis (24/6/2021). Puluhan orang yang selamat ditar

Jumlah korban yang dinyatakan hilang dalam runtuhnya gedung 12 lantai di Kota Miami, Amerika Serikat telah meningkat menjadi 159 orang, kata para pejabat setempat. Empat korban diketahui tewas.

Dikutip dari BBC, Sabtu (26/6/2021) Wali Kota Miami-Dade, Daniella Levine Cava mengatakan bahwa mereka "masih memiliki harapan" untuk menemukan korban yang selamat.

Tim pencari yang bekerja kerja juga melaporkan mendengar suara orang-orang di bawah puing-puing.

Penyebab runtuhnya gedung berusia 40 tahun itu masih belum diketahui secara jelas.

Setidaknya 102 orang kini telah dilaporkan, tetapi tidak diketahui pasti berapa banyak orang yang berada di dalam gedung ketika runtuh.

Sementara itu, puluhan orang telah dievakuasi dari reruntuhan bangunan.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menyetujui deklarasi darurat untuk Florida, yang berarti Badan Manajemen Darurat Federal (Fema) akan membantu lembaga negara bagian dengan upaya bantuan.

Wali Kota Surfside tempat peristiwa itu terjadi, Charles Burkett, mengatakan dalam pada konferensi pers bahwa sekitar 15 keluarga telah dievakuasi dari gedung.

Dikatakannya, sebagian besar warga pasti sudah tertidur ketika keruntuhan terjadi sekitar pukul 01:00 malam waktu setempat.

"Ini memilukan karena menurut saya kita tidak akan menemukan orang hidup," kata Burkett.

Namun, pada 25 Juni 2021, Levine Cava mengatakan pihaknya akan melakukan "segala cara yang memungkinkan" untuk menemukan korban selamat.

"Kami akan melanjutkan pencarian dan penyelamatan karena kami masih memiliki harapan bahwa kami akan menemukan orang yang masih hidup," pungkasnya.


Hujan dan Badai Persulit Upaya Pencarian

Semalaman, tim pencari mendeteksi suara benturan dan suara lainnya, tetapi tidak mendapati suara yang datang dari puing-puing.

Para pejabat pun memperingatkan upaya itu berbahaya karena puing-puing bisa berjatuhan lagi dan mebahayakan mereka.

Upaya encarian dan penyelamatan juga disulitkan dengan hujan dan badai yang terus-menerus turun.

Sementera itu, otoritas Miam telah mulai mengambil sampel DNA dari kerabat korban yang hilang untuk proses identifikasi anggota keluarga mereka.

Keluarga korban yang hilang pun masih berkumpul di lokasi kejadiam dan di sekitarnya, menunggu informasi dan mencemaskan kemungkinan terburuk.

Mereka telah mengajukan permohonan di media sosial untuk informasi yang dapat membantu mereka menemukan orang yang mereka cintai.

"Saya pikir mereka sudah pergi," kata seorang keluarga korban, benama Nicolas Fernandez kepada CBS.

"Saya tidak ingin pesimis, tetapi kami telah memanggil mereka tanpa henti tanpa jawaban," ujarnya.

Jenny Urgelles, terbangun dengan berita bahwa gedung tempat tinggal orang tuanya runtuh.

"Saya berpegang pada harapan. Saya sangat putus asa untuk mengetahui apa yang terjadi," ungkap Urgelles kepada saluran TV lokal.

Seorang warga, Barry Cohen, sedang berada di tempat tidurnya ketika bangunan itu mulai runtuh.

"Kedengarannya seperti guntur, dan saya dan istri saya, kami pergi ke balkon; mengecek suara yang terdengar seperti sebuah bom meledak," katanya kepada BBC.

"Saat kami membuka pintu balkon, tampak tidak ada bangunan di sana, hanya tumpukan puing-puing," cerita Cohen.


Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

 

Rumah Sakit Kewalahan

Potret RSUD Cengkareng Tangani Pasien COVID-19 yang Membeludak

Liputan6.com 2021-06-26 08:00:31
Suasana IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/06/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Jakarta membuat pasien harus mengantre di luar IGD untuk mendapatkan tempat perawatan. (Liputan6.com/He

Kasus COVID-19 Indonesia tengah meningkat drastis, termasuk di DKI Jakarta. Dalam sehari, penambahan kasus baru orang yang terkonfirmasi COVID-19 di Jakarta kisaran 3 - 6 ribu orang dalam sepekan terakhir. Tak heran, bila rumah sakit kini penuh seperti yang terjadi di RSUD Cengkareng, Jakarta, pada Rabu, 23 Juni 2021.

Pasien COVID-19 terus berdatangan. Petugas kesehatan RSUD Cengkareng pun harus bekerja keras untuk membantu merawat pasien.

Petugas medis (kiri) mendorong pasien yang duduk di kursi roda di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Jakarta membuat pasien harus mengantre di luar IGD untuk mendapatkan tempat perawatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Antrean orang melakukan tes PCR terlihat di salah satu titik rumah sakit yang terletak di Jalan Bumi Cengkareng Indah Jakarta Barat ini terlihat panjang. Mengenakan hazmat, petugas kesehatan mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan.

Petugas medis (kanan) yang mengenakan hazmat melakukan tes usap PCR di selasar IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan rumah sakit kewalahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bila menilik kondisi Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada hari tersebut dipenuhi dengan pasien COVID-19. Bahkan, terlihat ada antrean di luar IGD. Para pasien menunggu untuk mendapatkan tempat tidur perawatan.

Mereka mengantre sambil duduk di kursi roda dan ditemani jarum infus yang menancap di tangan.

Suasana IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/06/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan rumah sakit kewalahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sembari menunggu mendapatkan kamar untuk mendapatkan perawatan, pasien COVID-19 terus dipantau kesehatannya. Petugas kesehatan tampak pada saat itu terlihat memeriksa tekanan darah pasien yang sedang antre di luar ruangan IGD.

Petugas medis (kanan) memeriksa kondisi pasien di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan rumah sakit kewalahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ada juga beberapa pasien yang belum dapat tempat tidur butuh bantuan oksigen. Terlihat bukan cuma selang infus tapi juga tabung oksigen berada di samping pasien agar kondisi kesehatannya tetap stabil meski harus dirawat sementara di luar ruangan.

Pasien dirawat di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Jakarta membuat pasien harus mengantre di luar IGD untuk mendapatkan tempat perawatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mengingat IGD penuh dengan pasien COVID-19, pada hari itu, untuk sementara waktu, IGD RSUD Tangerang tidak menerima pasien non-COVID-19. Hal itu ditandai dengan kertas pengumuman kecil dekat pintu masuk rumah sakit.

Petugas keamanan berjaga di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan rumah sakit kewalahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala COVID-19.

 

Tinggal di Hotel 3,5 Hari Bayar Rp 72 Miliar

Melongok Hotel Luar Angkasa Super Mewah Bertarif Rp 72 Miliar

Liputan6.com 2021-06-26 17:00:13
Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Blue Origin, perusahaan dirgantara milik Jeff Bezos, mengumumkan akan melakukan perjalanan luar angkasa dengan penumpang pertamanya pada 20 Juli 2021.

Selain wisata luar angkasa untuk mengelilingi Bumi dan Bulan, ada juga hotel luar angkasa yang tengah dikerjakan yaitu Voyager Station dari Orbital Assembly Corporation.

Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Hotel luar angkasa yang digadang-gadang akan menjadi yang pertama di dunia itu dijadwalkan bakal mulai menyambut tamu pada tahun 2027 mendatang.

Terinspirasi dari film fiksi ilmiah, seperti "2001: A Space Odyssey" dan "Interstellar", Voyager Station akan menciptakan gravitasi buatan menggunakan gaya sentrifugal. Demikian sebagaimana dilansir Travel+Leisure, Sabtu (26/6/2021).

Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Hotel ini juga mengadopsi bentuk seperti kincir ria, berputar untuk mensimulasikan gravitasi di pod-nya.

Meskipun bentuknya mungkin tidak biasa dibandingkan dengan hotel di Bumi, kamar dan fasilitasnya akan sangat familiar bagi wisatawan biasa.

Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Dalam situs resminya, Voyager Station menjelaskan bakal memanfaatkan teknologi luar angkasa dan kenyamanan Bumi untuk menciptakan pengalaman unik yang tak tertandingi dalam sejarah.

"Simulasi gravitasi akan menawarkan fasilitas seperti toilet, pancuran, dan tempat tidur yang berfungsi serupa dengan yang biasa Anda gunakan di Bumi," tulis perusahaan di voyagerstation.com.

Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Voyager Station rencananya akan menyediakan akomodasi mewah yang bisa menampung hingga 280 tamu, termasuk vila yang tersedia untuk dapat dibeli. Fasilitas lainnya adalah restoran gourmet, bar, gimnasium, dan pusat hiburan.

Hotel Luar Angkasa Voyager Station. Dok: voyagerstation.com

Voyager Station sudah menerima reservasi dengan biaya US$ 5 juta atau sekitar Rp 72 miliar untuk masa tinggal tiga setengah hari. Tertarik?

Laser Pembunuh Drone Milik Israel

Israel Pamer Teknologi Laser Pemburu Drone

Liputan6.com 2021-06-23 10:28:03
Drone canggih teranyar milik Israel. Dok: Twitter Kementerian Pertahanan Israel @Israel_MOD

Kementerian Pertahanan Israel memamerkan sistem pertahanan udara baru mereka, yakni sebuah drone dengan sistem High-Power Laser. Sistem ini akan mendukung Iron Dome Israel.

Teknologi High-Power Laser ini dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan Israel, Angkatan Udara Israel, bersama perusahaan high-technology Elbit System.

"Israel adalah salah satu negara pertama di dunia yang menampilkan kapabilitas semacam itu," tulis Kementerian Pertahanan Israel via Twitter, dikutip Selasa (22/6/2021).

Kementerian tersebut berkata melakukan pengujian dengan menerbangkan sejumlah unmanned aerial vehicle (UAV).

"Dalam pengujian, sistem High Power Laser diinstal pada aircraft dan diuji dalam sejumlah skenario. Ia sukses mengintersepsi dan menghancurkan 100 persen dari UAV yang diluncurkan selama tes," tulis Kementerian Pertahanan Israel.

Teknologi terbaru ini masih dikembangkan dan masih dalam tahap pertama. Perkembangan akan dilakukan dalam beberapa tahun agar ada sistem laser udara yang memperkuat pertahanan Israel, seperti Iron Dome, David's Sling, dan Arrow.

Menurut kepala tim penelitian dan pengembangan Kemenhan Israel, Brigjen Yaniv Rotem, butuh tiga sampai empat tahun sebelum perangkat itu bisa dipasang. Targetnya, akhir 2024.

"Kami akan melakukan uji operasional pada akhir tahun ini. Jika berhasil, dalam tiga tahun, kita akan akan punya laser di wilayah Gaza," kata Rotem seperti dikutip dari The Time of Israel.


Ambisi Puluhan Tahun

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mendukung uji sistem High-Laser terbaru milk Israel tersebut. Ia memujinya sebagai terobosan teknologi dari unit Research and Development (R&D) pada pertahanan Israel.

"Saya ingin memberikan selamat kepada Direktorat Pertahanan R&D atas terobosan teknologi yang telah mereka raih," ujar Gantz seperti dikutip The Times of Israel.

"Hari ini anda telah membawa kita kepada pijakan penting lainnya dalam pengembangan multi-tier defense array dari Negara Israel, dan hal ini signifikan dalam hal keefektifan biaya dan kapablitas pertahanan," ujarnya.

Sistem pertahanan berbasis laser telah menjadi ambisi Israel selama puluhan tahun untuk mengintersepsi misil yang datang. Namun, perkembangannya sulit karena terbentuk masalah biaya dan batasan teknologi.

Pada 2018, media finansial Israel, Globes, melaporkan mantan Menteri Pertahanan Avigdor Liberman telah memerintahkan Kementerian Pertahanan untuk berinvestasi besar-besaran pada teknologi laser agar produksinya lebih cepat.

Gajah Bikin Kaget

Gajah Bikin Kaget Muncul di Dapur

Liputan6.com 2021-06-25 20:10:37
Foto yang diambil pada 20 Juni 2021 dan mendapat izin dari Radchadawan Peungprasopporn melalui akun Facebooknya pada 22 Juni 2021 menunjukkan gajah mencari makanan di dapur rumahnya, Pa La-U,

Menempati permukiman atau mempunyai rumah pinggir hutan memang memiliki banyak risiko. Terutama saat malam hari, ketika banyak hewan liar berkeliaran di luar rumah dengan suara menyeramkan. Sesuatu hal yang menakutkan bagi yang tak biasa.

Namun, apa jadinya bila seekor gajah liar menyelonong tiba-tiba ke dalam rumah, tepatnya dapur? Inilah yang dialami satu keluarga di kawasan Pa La-U, Provinsi Hua Hin, Thailand, Minggu dini hari, 20 Juni 2021.

Foto yang diambil pada 20 Juni 2021 dan mendapat izin dari Radchadawan Peungprasopporn melalui akun Facebooknya pada 22 Juni 2021 menunjukkan gajah mencari makanan di dapur rumahnya, Pa La-U, Hua Hin, Thailand. Gajah mencari makanan melalui lubang di dapur. (Radchadawan PEUNGPRASOPPORN/FACEBOOK/AFP)

Kemungkinan didorong oleh bau masakan tengah malam, hewan berbelalai panjang itu menjulurkan kepalanya ke dapur. "Gajah datang untuk 'memasak lagi'," tulis Kittichai Boodchan, sang suami, dalam keterangan unggahan video di Facebook, seperti dikutip AFP.

Sang gajah terlihat menggunakan belalainya untuk mencari makanan melalui lubang pada dinding dapurnya.

Ilustrasi gajah (AFP)

Kittichai dan istrinya, Radchadawan Peungprasopporn, memang tinggal di dekat taman nasional di Thailand bagian barat. Di tepi danau di mana gajah liar kerap mandi sembari berkeliaran di hutan.

Foto yang diambil pada 20 Juni 2021 dan mendapat izin dari Radchadawan Peungprasopporn melalui akun Facebooknya pada 22 Juni 2021 menunjukkan gajah mencari makanan di dapur rumahnya, Pa La-U, Hua Hin, Thailand. Kejadian ini bikin kaget pemilik rumah. (Radchadawan PEUNGPRASOPPORN/FACEBOOK/AFP)

Menurut Kittichai, aturan umum dalam menangani 'pengunjung' yang tak diinginkan, yakni tidak memberi mereka makan. "Ketika tidak mendapatkan makanan, gajah pergi dengan sendirinya," ujarnya kepada AFP.

Ilustrasi gajah (Dok.Unsplash)

Gajah liar menjadi pemandangan umum di taman nasional Thailand dan daerah sekitarnya. Dengan petani terkadang melaporkan insiden buah dan tanaman jagung mereka dimakan oleh kawanan gajah yang kelaparan. "Saya sudah terbiasa dengan kedatangan gajah, jadi tidak begitu khawatir," Kittichai memungkasi.

Bui untuk Penolak Vaksin

FOTO: Ancaman Bui Bagi Warga Filipina Penolak Vaksin Corona

Liputan6.com 2021-06-22 19:00:22
Pengendara sepeda mengantre untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memen
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Pengendara sepeda mengantre untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Seorang sepeda motor disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang yang menolak divaksinasi saat Filipina memerangi salah satu wabah terburuk di Asia. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Pengendara sepeda mengantre untuk menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Seorang wanita memegang tangan suaminya saat bersiap menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Istri tukang becak menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Pengendara sepeda motor mengantre untuk disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang yang menolak divaksinasi saat Filipina memerangi salah satu wabah terburuk di Asia. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Pengemudi motor pengantar makanan disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang yang menolak divaksinasi saat Filipina memerangi salah satu wabah terburuk di Asia. (AP Photo/Aaron Favila)
Duterte Ancam Penjarakan Warga yang Menolak Vaksin COVID
Seorang pengemudi becak menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di pusat vaksinasi drive-thru di Manila, Selasa (22/6/2021). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan memenjarakan orang-orang yang menolak untuk divaksinasi virus corona. (AP Photo/Aaron Favila)

Selamat Jalan Suster Liza

Cerita Pilu dari Nakes Pertama di Wisma Atlet yang Gugur Akibat Covid-19

Liputan6.com 2021-06-26 05:35:42
Petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri berada di luar RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Selasa (22/6/2021). Bertepatan dengan HUT ke-494 DKI Jakarta, ada peningkatan kasus COVID-19

Untuk pertama kalinya, seorang tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, meninggal dunia saat bertugas.

Nakes tersebut bernama Liza Putri Noviana. Ibu dua anak kelahiran Surakarta, 8 November 1987 itu gugur akibat terpapar Covid-19.

Kepergian Liza, sontak membuat rekan-rekan seperjuangannya di RSDC merasakan duka cita mendalam. Bahkan kesedihan juga datang dari Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Saya merasakan duka dan ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Liza Putri Noviana yang telah gugur dalam menjalankan tugas mulia di garda terdepan melawan Covid-19. Semoga Allah SWT menerima amalan almarhumah dan menempatkannya di tempat sebaik-baiknya," ucap Puan, di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Menurut keterangan Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Mulyo, sebelum mengembuskan nafas terakhir, kondisi Liza terus dilaporkan memburuk sejak masuk ke IGD Wisma Atlet, pada 3 Juni 2021 lalu.

Bahkan pada Selasa, 8 Juni 2021, almarhum sempat pula dirujuk ke RSU Persahabatan. Namun, pada akhirnya Liza dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 24 Juni 2021 kemarin.

Berikut cerita pilu dari nakes pertama Wisma Atlet yang gugur akibat terpapar Covid-19:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.


1. Masuk IGD Wisma Atlet Sejak 3 Juni 2021

Mulyo Aji menuturkan, Liza telah masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSDC Wisma Atlet sejak 3 Juni 2021. Namun, kondisinya terus memburuk ditunjukkan dengan turunnya angka saturasi oksigen, demam, sesak napas, dan batuk berdahak.

Mendiang Liza juga sempat dirawat di ruangan HCU dan ICU, serta menggunakan ventilator.

Almarhumah juga sempat dirujuk ke RSU Persahabatan pada 8 Juni 2021 hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada 24 Juni 2021.


2. Nakes Beri Penghormatan Terakhir

Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Mulyo Aji memimpin upacara penghormatan dan pelepasan jenazah seorang tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet yang gugur akibat virus corona.

Acara penghormatan yang berlangsung di halaman Tower I RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Kamis malam (24/6/2021), diisi dengan kegiatan salat jenazah dan menyalakan lilin sebagai simbol duka.

"Hari ini kita telah kehilangan seorang tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi, saudari Liza Putrie Noviana, AMK. Almarhum lahir di Surakarta, 8 November 1987," kata Mulyo Aji dikutip dari Antara.

Pangdam Jaya mengungkapkan bahwa Liza merupakan tenaga kesehatan pertama di RSDC Wisma Atlet yang gugur akibat Covid-19.

"Meninggalkan seorang suami dan dua orang anak," ujarnya.

Usai acara penghormatan, jenazah Liza pun dibawa menggunakan ambulans untuk dimakamkan kemungkinan di daerah tempat tinggalnya di Cilacap, Jawa Tengah.


3. Dikabarkan Tengah Mengandung

Liza telah mengabdi sebagai nakes perawat di Wisma Atlet sejak awal masa pandemi pada Maret 2020. Dia meninggal dunia sepekan setelah dirawat di ruang ICU. Liza juga diketahui tengah mengandung.

Seluruh nakes di Wisma Atlet sempat mengiringi kepulangan almarhumah Liza. Mereka menyalakan lilin sebagai tanda penghormatan ketika jenazah Liza keluar untuk diantarkan ke tempat peristirahatannya yang terakhir.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cacing Super untuk Makanan Manusia

Mengintip Peternakan Cacing Super di Kuwait, Berprotein Tinggi dan Digadang-gadang Jadi Santapan

Liputan6.com 2021-06-27 15:37:54
Sejumlah cacing super terlihat di peternakan Jassem Buabbas, Kabad, Kuwait, 20 Mei 2021. Jassem Buabbas telah bertahun-tahun membiakkan cacing super untuk pakan ternak. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Apa yang Anda rasakan ketika mendengar kata cacing?. Mungkin ada yang bergidik geli, takut atau biasa saja dengan hewan melata ini.

Buat yang merasa geli atau jijik dengan hewan ini, mungkin bisa berpikir ulang. Hewan ini ternyata bisa menjadi ladang cuan.

Seperti dilakukan pengusaha Kuwait Jassem Buabbas yang mengembangbiakkan cacing super di peternakannya di Kabad, Kuwait.

Sejumlah cacing super terlihat di peternakan Jassem Buabbas, Kabad, Kuwait, 20 Mei 2021. Jassem Buabbas telah bertahun-tahun membiakkan cacing super untuk pakan ternak. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Di sebuah ruangan kecil dan gelap di luar Kota Kuwait, Buabbas menempatkan larva cacing, untuk dikembangbiakkan, ke dalam kotak transparan di atas dedak dan tepung jagung.

Ternyata, Jassem Buabbas telah bertahun-tahun menjadi peternak cacing super untuk dijual sebagai pakan ternak.

Sejumlah cacing super ditempatkan dalam wadah di peternakan Jassem Buabbas, Kabad, Kuwait, 20 Mei 2021. Saat ini, Jassem Buabbas berharap cacing super bisa menjadi makanan warga Teluk. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Bahkan, dia berharap cacing super bisa menjadi makanan warga Teluk. Seperti serangga yang telah lama menjadi santapan warga di beberapa negara.

Cacing terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi. "Ambisi saya adalah cacing menjadi alternatif makanan yang sukses bagi manusia," katanya kepada AFP.

Sejumlah cacing super terlihat di peternakan Jassem Buabbas, Kabad, Kuwait, 20 Mei 2021. Diperkirakan sebanyak 1.000 spesies serangga muncul di piring makan sekitar dua miliar orang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Diperkirakan sebanyak 1.000 spesies serangga muncul di piring makan sekitar dua miliar orang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

Serangga selama ini memang kerap menjadi santapan di negara-negara seluruh dunia. Bahkan diprediksi 1.000 spesies muncul di piring makan sekitar dua miliar orang di Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

Selain cacing super, Jassem Buabbas juga membiakkan kumbang Darkling.

Pengusaha Kuwait Jassem Buabbas menunjukkan kumbang Darkling dalam ruangan khusus di peternakannya di Kabad, Kuwait, 20 Mei 2021. Serangga dimakan secara luas di seluruh dunia. (YASSER AL-ZAYYAT/AFP)

Namun terlepas dari makanan tradisional, pasta jangkrik dan smoothie tepung ulat telah menjadi tren makanan terbaru di beberapa ibu kota dunia. Panganan hewan ini kerap dipromosikan sebagai alternatif makanan sumber protein.

Beberapa negara Teluk bahkan memiliki tradisi mengkonsumsi belalang kering dan dipanggang. Ini terjadi saat hewan ini banyak ditemukan ketika terjadi wabah.

Serangga dianggap sebagai makanan yang melezatkan oleh beberapa orang, meskipun konsumsi makanan ini sudah mulai tidak diminati di zaman modern.

Penyusup Cantik di Laga Euro 2020

Penyusup Cantik di Laga Euro 2020

Liputan6.com 2021-06-25 22:00:07
Tak berapa lama kemudian, salah satu petugas keamanan berhasil menangkap wanita tersebut dan membawanya ke luar lapangan. (Foto: AP/Pool/Dmitri Lovetsky)

Euro 2020 / 2021 digelar dengan memperbolehkan kehadiran penonton. Fans dapat menyaksikan langsung di stadion meski jumlahnya tidak bisa 100 persen dari kapasitas. Terkecuali di Hongaria, kapasitas stadion sudah bisa diisi penuh.

Kehadiran kembali penonton di stadion justru juga menghadirkan masalah lain bagi panitia. Ada saja tingkat aneh fans, bahkan sampai ada yang berani menyusup masuk ke tengah lapangan.

Sejumlah pihak keamanan sebenarnya telah berusaha mengejar wanita tersebut. Namun apa daya, wanita itu berlari dengan cepat dan berhasil mencapai tengah lapangan. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)

Seorang penonton wanita berlari ke tengah lapangan pada pertandingan Finlandia melawan Belgia pada Laga Grup B Euro 2020 / 2021, seperti dilansir AP pada 22 Juni 2021.

Sejumlah pihak keamanan sebenarnya telah berusaha mengejar wanita tersebut. Namun apa daya, wanita itu berlari dengan cepat dan berhasil mencapai tengah lapangan.

Menjelang akhir pertandingan antara Finlandia melawan Belgia pada Selasa (22/06/2021) dini hari WIB, ada suporter cantik nan seksi yang mengenakan baju serba hitam berlari ke tengah lapangan. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)

Aksi penonton wanita ini masuk ke lapangan diyakini untuk ajang promosi. Wanita tersebut mengenakan pakaian seksi bertuliskan WTF Coin.

Menurut informasi yang dilansir oleh media-media Inggris, WTF Coin merupakan saingan Bitcoin, uang digital yang saat ini sedang naik daun.

Tampaknya mungkin ada motif terselubung masuknya Pitch Invader cantik itu. Namun terlepas dari itu semua, aksi penyusup cantik seperti ini kadang menjadi bumbu pemanis pertandingan. Laga dilanjutkan dan Belgia keluar sebagai pemenang dengan skor 0-2. (Foto: AP/Pool/Anatoly Maltsev)

Masuknya penyusup cantik ke tengah lapangan membuat pertandingan Euro 2020 / 2021 antara Finlandia melawan Belgia harus tertunda sejenak. Wasit menghentikan laga sembari menunggu petugas keamanan menangkap wanita tersebut.

Menariknya, pakaian hitam wanita itu mempromosikan sesuatu yaitu WTF Coin. Menurut informasi yang dilansir oleh The Sun, WTF Coin adalah saingan Bitcoin, uang digital yang saat ini sedang naik daun. (Foto: AP/Pool/Anatoly Maltsev)

Aksi penyusup wanita di laga Euro 2020 antara Finlandia melawan Belgia tak berlangsung lama. Petugas keamanan dengan sigap berhasil menangkapnya dan membawanya ke luar lapangan.

Sang wanita kemungkinan akan mendapat sanksi berat. Biasanya pembuat onar di pertandingan sepak bola di Eropa bisa terkena sanksi larangan menonton di stadion lagi.

Jakarta Gelap Lebih Awal

Ketika Jakarta Istirahat Lebih Awal

Liputan6.com 2021-06-26 17:10:22

Pembatasan mobilitas yang diterapkan dalam sepekan terakhir membuat Kota Jakarta menjadi sepi. Ya, ibukota negeri ini seperti istirahat lebih awal.

Seperti diketahui, sejak Senin (21/6) di Jakarta diberlakukan pembatasan mobilitas. Pembatasan mobilitas ini diterapkan di 10 ruas jalan di Jakarta, di antaranya Jalan Cikini Raya, Jalan Sabang, BKT, Kemang, PIK 2, Kota Tua, dan Bulungan.

Suasana kawasan Kota Tua yang sepi saat pemberlakuan pembatasan mobilitas warga guna menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Selasa (22/6/2021). Pembatasan dilakukan pukul 21.00 - 04.00 WIB di 10 titik Ibu Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pembatasan mobilitas ini dilakukan mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. Tujuannya tentu saja untuk menekan penyebaran virus corona covid-19 yang belakangan makin masif menyerang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, rujukan pemberlakukan pembatasan mobilitas pengguna jalan ini adalah Undang-Undang No 2 Tahun 2002, Undang-Undang No 22 Tahun 2009, Keputusan Gubernur DKI Jakarta, Instruksi Gubernur Jakarta dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan saat pemberlakukan pembatasan mobilitas warga guna menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Selasa (22/6/2021). Pembatasan dilakukan karena meningkatnya jumlah kasus COVID 19 di Ibu Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Setelah sepekan diterapkan Sambodo pun mengklaim, pembatasan mobilitas ini berefek pada kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. "10 kawasan tersebut sudah kita nyatakan tertib," ujar dia.

Suasana jalan protokol yang sepi saat pemberlakuan pembatasan mobilitas warga guna menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Selasa (22/6/2021). Pembatasan dilakukan pukul 21.00 - 04.00 WIB di 10 titik Ibu Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Karena itu, Ditlantas Polda Metro Jaya bersama pihak-pihak akan berembuk kembali. Rencananya evaluasi kebijakan pembatasan mobilitas diselenggarakan Minggu, 27 Juni 2021. Sementara hasil evaluasi diumumkan pada keesokan hari.

Suasana jalan daerah Bulungan yang sepi saat pemberlakuan pembatasan mobilitas warga guna menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta, Selasa (22/6/2021). Pembatasan dilakukan pukul 21.00 - 04.00 WIB di 10 titik Ibu Kota. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Senin pagi akan kita sampaikan kepada masyarakat apakah tetap 10 titik atau ada penambahan, atau titiknya nanti pindah ke titik lain," ujar Sambodo.

Vonis Janggal Jaksa Pinangki

Beda Vonis Pinangki-Angelina Sondakh yang Sama-Sama Punya Balita

Liputan6.com 2021-06-16 08:32:22
Terdakwa suap dan tindak pidana pencucian uang terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung untuk Djoko S Tjandra, Pinangki Sirna Malasari saat sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/12/20

Vonis Mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung (Kejagung) Pinangki Sirna Malasari disunat dari 10 tahun menjadi 4 tahun penjara.

Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta memotong 6 tahun vonis jaksa yang menerima suap dan membantu buronan Djoko Soegiarto Tjandra itu. Setidaknya ada lima alasan yang dijadikan dasar pemotongan vonis terhadap Pinangki.

Salah satu alasan PT DKI Jakarta memotong vonis Pinangki yakni karena memiliki anak kecil yang masih membutuhkan perhatian seorang ibu. Anak Pinangki masih balita, yakni usia 4 tahun.

Alasan lain yakni lantaran Pinangki menyesali perbuatannya, rela dipecat dari profesinya sebagai jaksa, serta Pinangki adalah seorang wanita yang harus mendapat perhatian, perlindungan, dan diperlakukan secara adil. Keempat, perbuatan Pinangki tidak terlepas dari keterlibatan pihak lain yang turut bertanggung jawab, sehingga kadar kesalahannya memengaruhi putusan ini.

Terdakwa suap dan TPPU terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung untuk Djoko S Tjandra, Pinangki Sirna Malasari (kiri) saat jeda sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/2/2021). Pinangki divonis bersalah, dihukum 10 tahun penjara, denda Rp 600 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Alasan kelima, tuntutan pidana jaksa penuntut umum selaku pemegang azas Dominus Litus yang mewakili negara dan pemerintah dianggap telah mencerminkan rasa keadilan masyarakat.

Pinangki memang dituntut 4 tahun oleh jaksa di Kejagung. Namun, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor mengesampingkan tuntutan jaksa dan memvonis Pinangki selama 10 tahun. Pinangki tak terima dan mengajukan banding ke PT DKI Jakarta dan berbuah manis, vonis Pinangki serupa dengan tuntutan jaksa.

Adapun putusan Pinangki ini diketuk oleh ketua majelis Muhammad Yusuf dengan anggota Haryono, Singgih Budi Prakoso, Lafat Akbar, dan Reny Halida Ilham Malik.

Padahal, pada pengadilan tingkat pertama, hakim menyatakan Pinangki terbukti menerima suap, melakukan pencucian uang dan melakukan pemufakatan jahat terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung untuk Djoko Tjandra. Pinangki terbukti menerima duit US$ 500 ribu, lalu menggunakannya untuk membeli mobil, pembayaran apartemen dan operasi kecantikan di luar negeri.


Punya Balita

Pertimbangan hakim yang memperingan hukuman Pinangki terkait masih memiliki anak balita ini, mengingatkan kepada vonis Angelina Sondakh dalam kasus suap Wisma Atlet di Palembang. Kala itu, anak Angie masih berusia lima tahun, tanpa suami yang bisa membantu merawat anaknya karena meninggal dunia.

Pada November 2013, Angie divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor dan dijatuhi hukuman penjara 4 tahun 6 bulan. Hukuman politikus Demokrat ini diperkuat oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, dalam vonis kasasi yang diajukan jaksa, hukuman Angie justru diperberat menjadi 12 tahun penjara.

Meski, pada akhirnya, hukuman Angelina Sondakh akhirnya diperingan 2 tahun. Mahkamah Agung mengabulkan peninjauan kembali yang diajukan Angelina Sondakh. Hukuman penjara terpidana kasus korupsi dalam pembangunan wisma atlet Kemenpora dan Kemendiknas itu berkurang menjadi 10 tahun dari sebelumnya 12 tahun.

Tersangka dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, Pinangki Sirna Malasari (kiri) bersiap menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020). Sidang beragenda pembacaan eksepsi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Adalah almarhum Artidjo Alkostar lah yang memperberat vonis Angie dalam kasasi pertama. Artidjo memperberat hukuman Angie sesuai dengan tuntutan yang diajukan jaksa KPK, yakni 12 tahun penjara. Pertimbangannya, Angie terbukti aktif meminta uang dari Mindo Rosalina Manulang.

Sementara, pada kasus Pinangki, hakim menilai jaksa itu sudah terbiasa mengurus perkara. Hal itu terbukti dengan percakapan Pinangki dengan mantan kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Percakapan keduanya terekam pada aplikasi WhatsApp, 26 November 2019. Mereka membicarakan soal kepengurusan grasi mantan Gubernur Riau Annas Maamun.

"Selain terkait dengan kasus Joko Soegiarto Tjandra, terdakwa sudah biasa mengurus perkara dengan bekerja sama dengan saksi Dr Anita Dewi Kolopaking, khususnya terkait dengan institusi Kejaksaan Agung dan MA," ungkap Ketua Majelis Hakim Ignatius Eko Purwanto.


Aneh

Menurut Pakar TPPU Yenti Ganarsih, pemotongan hukuman terhadap Pinangki sangat aneh. Bagaimana tidak, Pinangki dijerat dalam tiga perkara sekaligus, yakni suap, TPPU, dan pemufakatan jahat.

Putusan tersebut dinilai kian aneh lantaran majeis hakim banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tak mempertimbangkan alasan yang memberatkan. Yakni Pinangki saat melakukan tidak pidana adalah seorang penegak hukum.

"Iya, itu dia ajaib, kenapa justru pemberatnya tidak dipertimbangkan, yaitu dia sebagai aparat penegak hukum," kata Yenti kepada Liputan6.com, Selasa (15/6/2021) malam.

Tersangka dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, Pinangki Sirna Malasari bersiap menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020). Sidang beragenda pembacaan eksepsi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)


Tak Adil

Tak hanya itu, menurut Yenti, alasan hakim yang memotong masa hukuman Pinangki juga terbilang tak adil. Sebab, salah satu alasan yang meringankan lantaran Pinangki merupakan seorang ibu yang masih memiliki balita.

Menurut Yenti, banyak terpidana yang dijerat dengan hukumam tinggi meski memiliki balita. Seperti Angelina Sondakh yang saat divonis tengah memiliki anak balita.

"Bagaimana dengan Angelina Sondakh? Bagaimana napi yang punya anak 1 tahun? Alasan peringannya sungguh sangat aneh dan bisa dianggap tidak adil untuk terpidana lain," kata Yenti.

Selain itu, pemotongan vonis akan menjadi preseden buruk bagi pemberantasan tindak pidana korupsi ke depan. Menurut Yenti, bukan tidak mungkin dengan pemotongan tersebut menjadikan aparat penegak hukum berani menerima suap dan korupsi.

"Dan hati-hati, nanti aparat hukum akan ikut-ikutan coba-coba korupsi dan rentan disuap," Yenti menandaskan.


Merusak Akal Sehat

Sebelumnya, kritik juga datang dari Indonesia Corruption Watch (ICW). ICW tak habis pikir dengan pemotongan masa pidana eks jaksa di Kejaksaan Agung (Kejagung) Pinangki Sirna Malasari. Vonis Pinangki disunat 6 tahun, dari 10 menjadi 4 tahun oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

"ICW menilai putusan banding PT DKI Jakarta terhadap Pinangki Sirna Malasari sudah benar-benar keterlaluan," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Selasa (15/6/2021).

Menurut dia, Pinangki seharusnya menerima hukuman pidana seumur hidup. Sebab, saat melakukan tindak pidana, Pinangki merupakan seorang jaksa yang notabene merupakan penegak hukum. Hal tersebut seharusnya menjadi alasan utama pemberat vonis Pinangki.

"Selain itu, Pinangki melakukan tiga kejahatan sekaligus, yakni korupsi suap, pencucian uang, dan pemufakatan jahat. Dengan kombinasi ini saja publik sudah bisa mengatakan bahwa putusan banding Pinangki telah merusak akal sehat publik," kata Kurnia.

ICW menilai pemotongan vonis Pinangki memperlihatkan lembaga kehakiman kian tidak berpihak pada pemberantasan tindak pidama korupsi. Menurut data ICW, vonis terhadap para koruptor sepajang 2020 hanya 3 tahun 1 bulan penjara.

"Untuk itu, ICW merekomendasikan agar Komisi Yudisial dan Badan Pengawas Mahkamah Agung menelusuri kejanggalan di balik putusan tersebut," kata Kurnia.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: