Volume 34

Nenek Moyang Berusia 140.000 Tahun

Giginya Tinggal Dua, Wujud Fosil Manusia Purba 140.000 Tahun

Liputan6.com 2021-07-04 00:08:47
Gambar yang dirilis 24 Juni 2021 menunjukkan menunjukkan sisa-sisa fosil tengkorak dan rahang yang ditemukan di situs penggalian dekat pusat kota Ramla. Para peneliti dari Israel menemukan si

Ditemukan fragmen tengkorak dan tulang rahang manusia purba. Diperkirakan hidup 120.000 - 140.000 tahun yang lalu.

Fosil manusia purba berupa tengkorak atau tulang kepala tinggal sebagian. Sementara di tulang rahang, masih ada 2 gigi geraham yang tertancap.

Situs penggalian tempat penemuan sisa-sisa tulang dari jenis manusia purba yang tidak dikenal di dekat kota Ramla yang dirilis pada 24 Juni 2021. Peneliti berpikir manusia purba itu merupakan keturunan spesies awal yang menyebar ke wilayah tersebut ratusan ribu tahun lalu. (TEL AVIV UNIVERSITY/AFP)

Peneliti meyakini fosil manusia purba merupakan salah satu dari kelompok manusia yang sangat kuno, yang bertahan paling akhir.

Bersamaan dengan penemuan tengkorak dan rahang manusia purba, juga ada sisa-sisa tulang-belulang binatang buruan.

Gambar yang dirilis 24 Juni 2021 menunjukkan situs penggalian tempat penemuan sisa-sisa tulang dari jenis manusia purba yang tidak dikenal di dekat kota Ramla, Israel. Para ilmuwan telah menamai garis keturunan yang baru ditemukan itu sebagai

Fosil manusia purba ditemukan di penggalian tambang pabrik semen di dekat pusat kota Ramla, Israel.

Gambar yang dirilis 24 Juni 2021 menunjukkan menunjukkan sisa-sisa fosil tengkorak dan rahang yang ditemukan di situs penggalian dekat pusat kota Ramla. Para peneliti dari Israel menemukan sisa-sisa tulang dari jenis manusia purba yang tidak dikenal. (TEL AVIV UNIVERSITY/AFP)

Manusia purba jenis baru di Israel ini disebut sebagai Homo Nesher Ramla. Penamaan yang diberikan sesuai dengan lokasi penemuan.

Manusia purba ini disebut tidak sama dengan genus Homo lain. Peneliti dari Universitas Tel Aviv dan Universitas Ibrani Yerusalem menyebut temuan ini menjadi mata rantai baru evolusi manusia.

Gambar yang dirilis pada 24 Juni 2021 menunjukkan situs penggalian tempat penemuan sisa-sisa tulang dari jenis manusia purba yang tidak dikenal di dekat kota Ramla. Para peneliti dari Israel menemukan manusia purba jenis baru yang hidup lebih dari 100.000 tahun lalu. (TEL AVIV UNIVERSITY/AFP)

Seperti dilansir AFP, gambar sisa-sisa tulang belulang dirilis pada 24 Juni 2021 dari situs penggalian. Laporan penelitian diterbitkan dalam jurnal Science.

Gambar yang dirilis 24 Juni 2021 menunjukkan situs penggalian tempat penemuan sisa-sisa tulang dari jenis manusia purba yang tidak dikenal di dekat kota Ramla. Temuan itu adalah sebagian tengkorak dan rahang dari orang yang hidup sekitar 120.000 hingga 140.000 tahun lalu. (TEL AVIV UNIVERSITY/AFP)

Para peneliti percaya tipe Nesher Ramla akan beririsan dengan Homo sapiens, garis keturunan manusia modern.

Mereka juga yakin fosil manusia purba yang baru ditemukan itu diturunkan dari spesies sebelumnya. Kemungkinan telah menyebar dari Timur Tengah ratusan ribu tahun yang lalu, lalu bermigrasi sehingga muncul Neanderthal di Eropa, dan padanannya di Asia.

Skenario Terburuk Covid-19

Peneliti: Skenario Terburuk COVID-19 RI, 1 Juta Kasus Baru dan 5.000 Kematian per Hari di Agustus

Liputan6.com 2021-06-30 13:06:16
Petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri berada di luar RS Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Selasa (22/6/2021). Bertepatan dengan HUT ke-494 DKI Jakarta, ada peningkatan kasus COVID-19

Bila tidak dilakukan penanganan COVID-19 dengan optimal, penambahan kasus harian Corona di Indonesia masih bisa lebih tinggi lagi. Skenario terburuknya, dalam sehari bisa bertambah 1 juta orang mengalami sakit yang diakibatkan virus Corona.

Skenario terburuk kasus COVID-19 di Indonesia pada Agustus 2021 disampaikan epidemiolog yang juga peneliti Griffith University, Australia, Dicky Budiman.

Dicky membuat perhitungan skenario terburuk lonjakan kasus COVID-19 RI dengan memasukkan beberapa unsur, yaitu pembatasan yang tidak efektif dan angka positivity rate 20 persen-an, lalu tes dan lacak kecil, serta ditambah varian Delta yang memiliki angka reproduksi 8 (satu orang terinfeksi bisa menularkan ke delapan orang lainnya).

Untuk proyeksi terburuk, masa puncak dicapai pada pada akhir Juli hingga Agustus. Puncaknya terjadi pada pertengahan Agustus yang bisa mencapai satu juta kasus COVID-19 per hari. Lalu, jumlah kematian yang bisa terjadi adalah sekitar 5.000-an kasus per hari.

"Prediksi angka kematian itu karena banyak kasus tidak terdeteksi di rumah, sehingga ya lambat ketemu, lambat ditangani, lambat dirujuk, dan lambat mendapatkan perawatan kesehatan. Saat ingin membawa ke rumah sakit tapi penuh, sehingga bisa banyak yang tidak tertanggulangi," kata Dicky lewat pesan suara ke HealthLiputan6.compada Kamis, 30 Juni 2021.


Laporan COVID-19 Pemerintah yang Seadanya

Mengingat mayoritas banyak orang dengan COVID-19 di Indonesia tidak menjalani tes, maka banyak kasus yang tidak terlapor dalam data pemerintah. Ditambah lagi, kultur sebagian masyarakat Indonesia tidak memeriksakan diri saat jatuh sakit.

"Yang tambahan 20-ribuan kasus COVID-19 sekarang itu hanya mereka yang datang saja ke rumah sakit atau pusat layanan medis. Mayoritas orang Indonesia tidak di-tes kan," kata Dicky.

"Jadi, laporan yang disampaikan pemerintah itu laporan seadanya. Laporan dari mereka yang ada di RS atau melaporkan ke pusat layanan kesehatan. Karena memang kita bukan negara dengan intervensi testing yang masif, aktif, dan agresif," dia menambahkan.


Menghindari Skenario Terburuk

Guna menghindari kondisi dengan skenario terburuk di atas, Dicky mengatakan ada tiga strategi. Strategi utama adalah mengoptimalkan tes dan lacak kasus COVID-19, isolasi dan karantina, rawatan awal, serta vaksinasi lalu skrining orang yang masuk dari perbatasan dan karantina 14 hari.

Ditambah dengan melakukan strategi tambahan berupa disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, kebersihan diri, membatasi mobilitas, membatasi interaksi, dan menjauhi kerumunan.

Serta strategi penguat berupa pembatasan yang ketat entah itu PSBB, lockdown, karantina wilayah, atau PPKM plus seperti disampaikan Dicky.

Terkait skenario terburuk adanya peningkatan kasus COVID-19 hingga satu juta per hari pada akhir Juli dan Agustus, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan hal tersebut tentu tidak diharapkan terjadi. Malah yang terjadi adalah vaksinasi COVID-19 yang mencapai satu juta orang per hari di Juli 2021.

"Kalau Juli itu bisa sejuta orang divaksin COVID-19," kata Nadia optimistis lewat pesan singkat ke Health-Liputan6.com.

Nadia yakin masyarakat Indonesia memiliki semangat untuk mengendalikan COVID-19. Sehingga nantinya kasus ini akan bisa rendah.

"Tetap semangat dan optimis, kita yakin masyarakat Indonesia tidak gampang menyerah," kata Nadia.


Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta.

 


Simak Juga Video Berikut

Korban Pertama Wabah Maut Hitam

Menyingkap Misteri Pasien 0 Wabah Maut Hitam

Liputan6.com 2021-07-04 19:02:35
Pemakaman korban wabah Black Death atau maut hitam (Public Domain)

Sebelum COVID-19 kini menyandera dunia, sejumlah wabah pernah terjadi dalam sejarah manusia. Black Death atau 'maut hitam' adalah salah satu yang paling mematikan.

Wabah pes (sampar) yang dipicu bakteri Yersinia pestis itu menyebar ke seluruh Eropa antara tahun 1346 dan 1353. Nyawa sepertiga hingga dua pertiga populasi Benua Biru terenggut.

Mengapa disebut Black Death?

Istilah itu dipicu gejala yang timbul di area kulit sebagian besar pasien yang berubah menjadi hitam oleh karena pendarahan dalam tubuh.

Penyebaran wabah tersebut diyakini bermula dari serangga, umumnya kutu, yang terinfeksi melalui kontak langsung dengan hewan pengerat termasuk di antaranya tikus.

Setelah tikus mati, kutu menggigit manusia dan menyebarkannya penyakit ke orang-orang lainnya. Wabah menyebar dari Asia Tengah, lewat Mediterania, ke Eropa, ketika para pelaut mencapai Krimea.

Hingga kini, asal usul Black Death masih jadi perdebatan. Ada yang berteori, pandemi bermula dari Asia Tengah atau Asia Timur. Namun, secara definitif, kemunculan pertamanya terdeteksi di Krimea pada tahun 1347.

Belakangan, para ilmuwan menemukan petunjuk baru soal Black Death atau 'maut hitam'. Yakni, terkait pasien 0 atau korban pertama wabah mematikan itu.

Bukti baru itu ditemukan di Latvia, sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa Utara.

Kerangka manusia yang diteliti para ahli adalah milik seorang pria. Ia meninggal dunia 5.300 tahun lalu. Pemicu kematianya adalah infeksi varian (strain) awal dari penyakit yang mewabah itu.

"Setidaknya hingga saat ini, ia adalah korban wabah tertua yang teridentifikasi," kata Dr Ben Krause-Kyora dari University of Kiel, Jerman, seperti dikutip dari BBC.

Korban dikebumikan bersama tiga jasad lainnya di situs pemakaman Neolitik di Latvia, yang letaknya di tepian Sungai Salac yang mengalir hingga Laut Baltik.

Para peneliti melakukan sekuensing DNA tulang dan gigi dari empat kerangka yang ditemukan. Pengujian terkait bakteri dan virus dilakukan.

Hasilnya mengejutkan para ilmuwan. Salah satu kerangka, milik pemuda 20-an tahun, diketahui terinfeksi varian kuno wabah pes. Pria itu diduga bermatapencaharian berburu dan meramu.

"Ia kemungkinan digigit hewan pengerat, terinfeksi Yersinia pestis, dan meninggal beberapa hari kemudian, mungkin sekitar seminggu akibat syok septik," kata Dr Krause-Kyora dalam laporan riset yang dipublikasikan di jurnal Cell Reports.

Syok septik adalah kondisi mengancam jiwa yang disebabkan oleh infeksi lokal maupun seluruh sistem parah dan segera memerlukan bantuan medis.

Para peneliti menemukan indikasi, varian kuno itu muncul sekitar 7.000 tahun lalu kala pertanian mulai dikembangkan di bagian tengah Eropa.

Bakteri itu diduga melompat secara sporadis, dari hewan ke manusia. Awalnya, hal tersebut terjadi tanpa memicu wabah.

Seiring waktu, varian bakteri itu beradaptasi dan kian menginfeksi manusia, dan akhirnya berkembang dalam bentuk wabah bubonik yang disebarkan oleh kutu. Pagebluk pun mengamuk di segala penjuru Eropa pada Abad Pertengahan, memicu jutaan kematian.

Sementara itu, pencarian pasien 0 atau patient zero COVID-19 masih dilakukan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, siapa gerangan dia, mungkin tak akan pernah diketahui.

"Kita mungkin tidak akan pernah menemukan siapa pasien 0," kata Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis di WHO ketika melakukan investigasi COVID-19 di Wuhan, China pada Januari 2021 lalu.


Hoaks, Spekulasi, dan Mitos Black Death

Awalnya, wabah pes mematikan itu disebut 'Great Mortality' atau 'Great Plague'. Istilah 'Black Death' dicetuskan pada 1350 oleh astronom Belgia, Simon de Covino.

Ia menggunakan kata tersebut dalam puisinya 'On the Judgement of the Sun at a Feast of Saturn'.

Ilustrasi wabah maut hitam atau Black Death (Wikipedia)

Serupa dengan hoaks yang menyebar di tengah pandemi COVID-19, wabah maut hitam juga diwarnai banyak kabar dusta, spekulasi, juga mitos.

Hal itu dipicu ketidaktahuan. Para dokter pada tahun 1300-an sama sekali tak tahu apa gerangan penyebab wabah.

Akibatnya, spekulasi dan takhayul muncul tak terhitung banyaknya.

Sejumlah orang Eropa menuding sekelompok orang seperti kaum Yahudi, pengemis, penderita lepra, dan bahkan biarawan sebagai biang keladi.

Lainnya menuding hewan. Yang paling terkenal adalah terkait kucing pembawa kutukan dan kaitan binatang karnivora itu dengan setan.

Dampaknya, sejumlah kucing dibantai. Itu tindakan fatal yang justru membuat wabah kian gawat. Sebab, tikus ikut andil dalam penyebaran Black Death.

Sebab, tanpa kucing yang jadi predatornya, populasi tikus-tikus menggila. Hewan pengerat itu beranak pinak tak terkendali.

Orang-orang Eropa terus membantai kucing selama 300 tahun. Mereka sangat rentan pada wabah, ketika pagebluk itu kembali menyerang pada tahun 1600-an.

Penyakit tersebut hanya menghilang selama musim dingin, saat sebagian besar kutu tak aktif.

Namun, setiap musim semi, ia bangkit kembali dan merenggut korban baru.


Apa itu Pasien 0?

Istilah 'Patient Zero' alias 'pasien 0' merujuk pada individu yang diidentifikasi sebagai pembawa (carrier) pertama terkait wabah yang sedang terjadi.

Kemajuan dalam analisis genetik saat ini memungkinkan para ahli melacak asal-usul virus melalui orang-orang yang telah terinfeksi.

Dikombinasikan dengan studi epidemiologi, para ilmuwan, juga bisa menentukan individu-individu yang mungkin merupakan orang pertama yang mulai menyebarkan sebuah penyakit dan memicu wabah.

Misalnya dalam kasus wabah Ebola pada tahun 2014 hingga 2016 di Afrika Barat.

Penanganan wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo (AFP/Jiji)

Wabah tersebut adalah yang terbesar sejak virus pertama kali ditemukan pada tahun 1976, menewaskan lebih dari 11.000 orang dan menginfeksi lebih dari 28.000 lainnya di 10 negara, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain negara-negara Afrika, kasus positif Ebola juga dilaporkan di Amerika Serikat, Spanyol, Inggris dan Italia.

Para ilmuwan menyimpulkan, wabah strain atau jenis Ebola baru tersebut berawal dari satu individu: seorang bocah lelaki berusia 2 tahun dari Guinea. Ia diduga terinfeksi virus setelah bermain di pohon berlubang yang menjadi sarang koloni kelelawar.

Sebelum menerbitkan hasil temuannya, para ilmuwan melakukan pelacakan yang membawa mereka ke desa di mana bocah itu tinggal di Meliandou, mengambil sampel, dan mewawancarai penduduk setempat untuk menemukan sumber penularan penyakit.

Namun, Patient Zero yang paling terkenal adalah Mary Mallon, yang mendapat julukan 'Typhoid Mary' karena dilaporkan menyebabkan wabah demam tifoid di New York pada tahun 1906.

Berasal dari Irlandia, Mallon beremigrasi ke AS, di mana ia kemudian menjadi juru masak di sejumlah keluarga tajir di Kota Big Apple.

Kemudian, kasus tipes atau tifus dilaporkan terjadi di kalangan keluarga kaya di New York. Para dokter kemudian melakukan pelacakan dan menemukan Mallon sebagai sumbernya.

Dilaporkan bahwa di mana pun perempuan itu bekerja, anggota keluarga sang majikan mulai menunjukkan gejala demam tifoid.

Para ahli menyebut Mallon sebagai 'healthy carrier' atau individu yang terinfeksi oleh suatu penyakit tetapi menunjukkan sedikit atau tidak sama sekali gejalanya.

Dan ada bukti-bukti yang terus menguatkan bahwa sejumlah orang 'lebih efisien' di banding yang lain dalam hal menyebarkan virus tertentu. Mallon adalah salah satu kasus paling awal yang tercatat sebagai individu yang memiliki kemampuan tersebut, yang dikenal sebagai super-spreader atau penyebar super.

Seperti dikutip dari BBC, mengidentifikasi Patient Zero dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting tentang bagaimana, kapan dan mengapa wabah bermula.

Hal tersebut juga kemudian dapat membantu mencegah lebih banyak orang terinfeksi saat ini atau dalam potensi wabah lainnya di masa depan.

(Ein)

Makna di Balik Patung Putri Diana

Makna di Balik Pakaian Sederhana Patung Putri Diana

Liputan6.com 2021-07-02 14:04:55
Patung Putri Diana di Istana Kensington. (dok. Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Patung Putri Diana yang ditunggu-tunggu akhirnya diungkapkan ke publik pada Kamis, 1 Juli 2021. Patung tersebut dibuat untuk memperingati ulang tahun Putri Diana ke-60.

Melansir The Independent, Jumat (2/7/2021), Pangeran William dan Pangeran Harry berdiri berdampingan dalam acara peresmian yang berlangsung di Taman Sunken, Istana Kensington, Inggris. Peresmian itu turut dihadiri saudara kandung Putri Diana, yakni Lady Sarah McCorquodale, Lady Jane Fellowes, dan Earl Spencer.

Patung tersebut resmi dipamerkan sekitar empat tahun setelah ditugaskan. Patung perunggu tersebut dirancang oleh Ian Rank-Broadley.

Patung Putri Diana berukuran 1,25 kali ukuran aslinya. Istana Kensington menjelaskan bahwa keberadaannya bertujuan untuk "mencerminkan kehangatan, keanggunan dan energi Diana" yang ditampilkan berdiri di samping tiga anak yang dipilih untuk mewakili "universalitas dan dampak generasi" dari karyanya.

Sang Putri digambarkan dalam tampilan smart casual. Penampilannya terdiri dari kemeja berkerah terbuka dengan bagian depan yang berlipat dan rok pensil berpinggang tinggi yang dipadu dengan sabuk gesper besar.

Putri Diana dikenal karena mengenakan banyak pakaian yang rumit dan berani selama kurun waktu 1980-an dan 1990-an. Rank-Broadley telah memilih sesuatu yang lebih klasik untuk patung itu.

Menurut pihak istana, pakaian itu didasarkan "pada periode terakhir hidupnya saat dia mendapatkan kepercayaan dalam perannya sebagai duta besar untuk tujuan kemanusiaan dan bertujuan untuk menyampaikan karakter dan kasih sayang".


Pernyataan Bersama William dan Harry

Mengomentari patung itu, Pangeran William dan Pangeran Harry merilis pernyataan bersama yang diunggah dalam akun Instagram istana.

"Hari ini, pada apa yang akan menjadi ulang tahun ke-60 Ibu kami, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya--kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan untuk kebaikan di seluruh dunia, mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik."

"Setiap hari, kami berharap dia masih bersama kami, dan harapan kami adalah patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya."

Rank-Broadley menambahkan bahwa menjadi keistimewaan untuk bekerja dengan Pangeran Harry dan William di patung itu sebelum menguraikan inspirasinya untuk potret tersebut. "Kami ingin menangkap kehangatan dan kemanusiaannya sambil menunjukkan dampak yang dia miliki dari generasi ke generasi," katanya.

"Saya berharap orang-orang akan senang mengunjungi patung dan Taman Sunken, dan meluangkan waktu sejenak untuk mengingat Sang Putri," ujar Ian.


Kutipan Puisi

Bagian bawah patung tersebut memiliki alas yang diukir dengan nama Putri Diana dan tanggal pembukaannya. Di depan patung, sebuah batu paving diukir dengan kutipan dari puisi "The Measure of a Man". Puisi itu juga ditampilkan dalam upacara peringatan sang Putri pada 2007.

Kutipan itu bertuliskan, "Ini adalah unit untuk mengukur nilai/Dari wanita ini sebagai seorang wanita terlepas dari kelahiran/Bukan apa kedudukannya?/Tapi apakah dia punya hati?/Bagaimana dia memainkan perannya yang diberikan Tuhan?"

Penulis puisi itu tidak diketahui sosoknya. Namun, syair-syair populer biasanya dibacakan di pemakaman untuk mengingat orang yang dicintai yang telah berpulang. (Jihan Karina Lasena)


Profil Putri Diana

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Euro 2020, Tumbangnya Para Raksasa

Tim Raksasa Tumbang, Pemain Bintang pun Redup di Euro 2020

Liputan6.com 2021-07-02 22:00:56
Dua penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe (kiri) dan Antoine Griezmann. (AFP/FRANCK FIFE).

Euro 2020 atau Euro 2021 sudah sampai babak perempat final. Banyak kejutan terjadi selama Piala Eropa 2020 / 2021 digelar. Sejumlah tim besar yang diunggulkan menjadi juara malah terkapar di babak 16 besar.

Juara bertahan Portugal, juara dunia Prancis, Jerman, dan Belanda tak mampu lolos ke babak perempat final. Keempatnya padahal sangat diunggulkan dan memiliki materi pemain bertabur bintang. Sinar para bintang pun redup.

Reaksi kecewa para pemain Prancis usai melawan Swiss pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion National Arena, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021). Swiss menyingkirkan Prancis usai menang 5-4 (3-3). (Robert Ghement/Pool via AP)

Para pemain timnas Prancis tertunduk lesu setelah secara mengejutkan disingkirkan Swiss di babak 16 besar lewat adu penati. Prancis membuang keunggulan 3-1 di waktu normal sehingga harus melakoni adu penalti.

Sial bagi Prancis, di babak adu penalti kelima penendang Swiss semuanya mampu memperdaya kiper Hugo Lloris. Sedangkan satu algojo Prancis Kylian Mbappe gagal menaklukkan Yann Sommer.

Lima algojo penalti Swiss sukses menjalankan tugasnya. Sedangkan gi kubu Prancis, Kylian Mbappe yang menjadi penendang terakhir justru gagal. (AP Photo/Vadim Ghirda, Pool)

Penyerang Prancis Kylian Mbappe kecewa berat setelah gagal mengeksekusi penalti. Tendangan Mbappe mampu ditepis oleh penjaga gawang Swiss Yann Sommer.

Akibat kegagalan Mbappe, Prancis kalah 4-5 dari Swiss lewat adu penalti. Prancis pun harus pulang lebih awal dari Euro 2020.

Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer memegang kepalanya setelah babak 16 besar Euro 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Puskas Arena, Minggu (27/6/2021). Belanda yang bermain dengan 10 pemain setelah turun minum secara mengejutkan disingkirkan Ceko usai kalah 0-2. (AP Photo/Darko Bandic, Pool)

Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer memegang kepalanya setelah babak 16 besar Euro 2020 antara Belanda dan Republik Ceko di Puskas Arena, Minggu 27 Juni 2021. De Boer kecewa berat timnya tersisih di 16 besar.

Belanda cukup diunggulkan setelah tampil sangat ciamik di fase grup. Frank de Boer dan kawan-kawan selalu menang di tiga laga grup.

Pemain Belanda, Matthijs de Ligt awalnya diganjar dengan kartu kuning, namun setelah wasit meninjau kembali lewat VAR, keputusan berubah menjadi kartu merah. Akibat ulahnya, Belanda yang awalnya lebih diunggulkan dari Republik Ceska, malah mengalami kekalahan 0-2. (Foto: AFP/Pool/Laszlo Balogh)

Bek Belanda Matthijs De Ligt termasuk salah satu pemain bintang yang jadi pecundang di Euro 2020. Penggawa Juventus itu diganjar kartu merah langsung di babak 16 besar saat Belanda melawan Republik Ceko.

Akibat De Ligt diusir wasit, Belanda harus kalah 0-2 dari Ceko. Dua gol kemenangan Ceko terjadi setelah Belanda main dengan 10 pemain.

Cristiano Ronaldo bereaksi ketika pertandingan babak 16 besar Euro 2020 antara Belgia melawan Portugal yang berlangsung di Stadion La Cartuja, Sevilla pada Minggu (27/06/2021). (AFP/Pool/Thanassis Stavrakis)

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo meluapkan kekecewaannya usai Portugal gagal lolos ke perempat final Euro 2020. Portugal kalah 0-1 dari Belgia di 16 besar.

Ronaldo sebenarnya sudah tampil cukup bagus selama Euro 2020 / 2021. Pemain Juventus ini masih memimpin daftar top skor dengan koleksi lima gol.

Bruno Fernandes diyakini bakal jadi kekuatan besar timnas Portugal di Euro 2020 (Euro 2021). Bruno Fernandes tampil gemilang di Manchester United, baik sebagai pengatur serangan maupun gelandang yang haus gol. (Foto: AP/Pool/Bernadett Szabo)

Bruno Fernandes gagal bersinar bersama Portugal di Euro 2020. Pemain Manchester United ini tak mampu membuat gol dan assist. Akibatnya Portugal terhenti di 16 besar.

Karena tampil buruk, Bruno Fernandes pun digusur jadi pemain cadangan di dua laga terakhir Portugal. Bruno terdepak oleh Renato Sanches.

Serge Gnabry tak mampu menyembahkan satu pun gol atau assit di semua penampilannya dengan Jerman. Ia diharapkan tampil seperti di musim 2019/2020 bersama Bayern Munich namun gagal. Jerman harus kandas dari Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020. (Foto: AFP/Pool/Christof Stache)

Dua pemain Jerman Kai Havertz dan Serge Gnabry kecewa berat setelah gawang timnya dijebol Inggris. Jerman terhenti di 16 besar usai kalah 0-2 dari Inggris.

Tersingkirnya Jerman membuat tiga kontestan dari Grup F yang dikenal sebagai grup neraka tak ada yang lolos ke perempat final. Jerman menyusul Prancis dan Portugal.

Larung Sesajen di Kawah Bromo

Suku Tengger Gelar Upacara Yadnya Kasada Mohon Keselamatan dan Kemakmuran di Gunung Bromo

Liputan6.com 2021-07-03 05:02:00
Suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak,

Indonesia merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari suku, bahasa, agama. Keberagaman itu menjadi kekuatan yang dimiliki Indonesia.

Dari banyaknya suku itu, salah satunya suku Tengger yang mendiami kawasan Gunung Bromo dan Semeru, Jawa Timur. Suku Tengger biasa disebut sebagai orang Tengger.

Suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Akhir Juni 2021, suku Tengger merayakan upacara Yadnya Kasada. Momen perayaan Yadnya Kasada salah satu yang menarik wisatawan.

Meski di tengah pandemi corona Covid-19, upacara melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo ini tetap diperingati suku Tengger karena sudah berlangsung turun-temurun. Ritual ini untuk memohon keselamatan, kemakmuran, dan tolak bala kepada Sang Hyang Widhi.

Suku Tengger melarung sesajen ke kawah Gunung Bromo saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Upacara adat umah Hindu suku Tengger ini sudah berlangsung sejak abad ke-14. Secara historis, upacara ini bentuk penghormatan terhadap leluhur mereka, yakni pasangan suami istri, Roro Anteng dan Joko Seger.

Orang-orang mencoba menangkap sesajen yang dilemparkan suku Tengger ke kawah Gunung Bromo saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Keduanya rela mengorbankan anaknya, yakni Raden Kusuma untuk dilarung ke dalam kawah Gunung Bromo. Sebagai bentuk penghormatan tersebut, suku Tengger melarung sesajen dan barang persembahan yang dilarung di kawah puncak Gunung Bromo.

Orang-orang mencoba menangkap sesajen yang dilemparkan suku Tengger ke kawah Gunung Bromo saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Sesajen dan persembahan ini ternyata diperebutkan oleh banyak orang. Usai tokoh masyarakat dan suku Tengger memanjatkan doa meminta keselamatan dan berkah.

Suku Tengger berjalan ke puncak Gunung Bromo untuk melarung sesajen ke kawah saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Sebagai bentuk penghormatan kepada suku Tengger yang memperingati Yadnya Kasada, pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menutup kawasan wisata itu selama tiga hari. Penutupan dilaksanakan pada 24 Juni--26 Juni 2021.

Suku Tengger berjalan ke puncak Gunung Bromo untuk melarung sesajen ke kawah saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Penutupan kawasan wisata Gunung Bromo tersebut dilakukan mulai dari Probolinggo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dan dari Pasuruan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Penutupan juga dilaksanakan dari wilayah Malang, dan Lumajang, pada pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Suku Tengger berjalan ke puncak Gunung Bromo untuk melarung sesajen ke kawah saat upacara Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (26/6/2021). Suku Tengger mempersembahkan sesajen berupa beras, buah, ternak, dan barang lainnya untuk mencari berkah dari dewa. (Juni Kriswanto/AFP)

Penutupan sementara kawasan wisata Tanam Nasional Bromo Tengger Semeru juga dilakukan mulai 3 Juli--20 Juli 2021. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan yang telah diambil oleh Presiden Joko Widodo, yang menetapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali dengan target penurunan kasus Covid-19. "Semoga pandemi ini segera berakhir ya sahabat, agar rindu kalian kepada Bromo dan Semeru segera terobati," tulis akun @bbtnbromotenggersemeru, Jumat, 2 Juli 2021.

Oksigen Jadi Barang Langka

FOTO: Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat

Liputan6.com 2021-06-28 15:00:00
Pembeli mengantre dengan membawa tabung di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta al
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pembeli mengantre dengan membawa tabung di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pembeli mengantre dengan membawa tabung di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pekerja melayani pembeli di tempat pengisian Oxygen Medical di kawasan Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pembeli mengantre dengan membawa tabung di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pekerja mengisi tabung oksigen di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Pekerja mengisi tabung oksigen di tempat pengisian Oxygen Medical di Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Imbas kasus COVID-19 Melonjak, Permintaan Pengisian Tabung Oksigen Meningkat
Sebuah tabung terlihat di tempat pengisian Oxygen Medical di kawasan Jalan Minang Kabau, Jakarta, Senin (28/6/2021). Permintaan pengisian oksigen di agen tabung oksigen di Jakarta alami peningkatan seiring lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi dalam satu pekan terakhir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta Genting!

Anies: Jakarta Genting, Semua Diminta di Rumah dan Tidak Bepergian

Liputan6.com 2021-07-02 17:02:46
Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Do

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Ibu Kota saat ini masuk dalam situasi yang genting terkait adanya kenaikan kasus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Anies usai Apel Aman Nusa II Penanganan Covid-19 di Polda Metro Jaya, Jumat (2/7/2021).

"Bahwa Jakarta sedang dalam keadaan genting, situasi darurat, semua diminta untuk berada di rumah, tidak bepergian, kecuali ada kebutuhan mendesak dan kebutuhan yang mendasar," kata Anies.

Dia mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah pihak. Yakni Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta, hingga Pangdam Jaya untuk merumuskan langkah-langkah dalam menangani keadaan genting di Ibu Kota.

"Salah satunya yang terkait dengan masyarakat adalah akan ada pembatasan ruang mobilitas dan itu artinya jalan-jalan, mulai nanti malam akan ada penutupan," papar dia.

Lanjut dia, pembatasan mobilitas tersebut akan dilakukan di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah dan oranye.

"Di situ akan ada pembatasan mobilitas, petanya anda bisa lihat di corona.jakarta.go.id," jelas Anies.


Terapkan PPKM Darurat

Sebelumnya, pemerintah pusat memutuskan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat. Tarik rem darurat ini dilakukan karena lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air terutama karena adanya varian baru Virus Corona.

"Pandemi Covid-19 dalam beberapa hari terakhir berkembang sangat cepat karena varian baru yang juga menjadi persoalan serius di banyak negara. Situasi ini mengharuskan kita mengambil langkah-langkah yang lebih tegas agar bisa bersama-sama membendung penyebaran Covid-19 ini," kata Jokowi seperti disiarkan langsung dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021).

Menurut dia, kebijakan ini diambil setelah mendapat masukan dari para menteri, ahli terkait dan kepala daerah.

"Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli khusus di Jawa dan Bali," ujar Jokowi.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Hukum Ekonomi Vs Hati Nurani

Harga Ivermectin hingga Susu Bear Brand Melonjak, Aksi Cari Untung Sesaat kala Pandemi Covid-19

Liputan6.com 2021-07-04 12:12:16
Obat Ivermectin. Foto: AFP

Pemerintah menerapkan kebijakan PPKM darurat demi menahan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia. Seiring sejalan langkah vaksinasi digenjot untuk diberikan ke masyarakat.

Namun seiring langkah pemerintah ini, muncul kabar jika ada segelintir orang yang memanfaatkan keadaan untuk mengambil keuntungan sepihak. Harga obat maupun kebutuhan sehari-hari mulai naik.

Seperti obat Ivermectin yang bisa ditemukan dijual bebas melalui situs belanja online dengan harga selangit. Harga mencapai ratusan ribu rupiah, naik berkali lipat dari harga eceran aslinya.

Obat Ivermectin dianggap bisa meringankan pasien COVID-19 dengan gejala parah. Meski hingga saat ini butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya dalam penanganan Covid-19.

Obat Ivermectin. Foto: AFP

Alhasil, pemerintah mengambil tindakan untuk mengatur harga obat di pasaran agar tidak merugikan masyarakat. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menetapkan harga eceran tertinggi obat terapi COVID-19, termasuk Ivermectin.

Ini tertuang melalui Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/4826/2021 tentang Harga Eceran Tertinggi Obat Dalam Masa Pandemi COVID-19.

"Harga eceran tertinggi ini merupakan harga jual tetinggi obat di Apotek, Instalasi farmasi, RS, klinik dan Faskes yang berlaku di seluruh Indonesia," kata Budi pada Konferensi Pers secara virtual, Sabtu (3/7/2021).

Susu Bear Brand. Dok Liputan6.com

Selain obat, kebutuhan sehari-hari juga mulai diserbu masyarakat. Seperti yang sedang viral video yang menggambarkan masyarakat tengah berebut susu yang dikenal susu beruang Bear Brand di salah satu ritel modern.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, sejumlah warga tampak berebut untuk mengambil kantong-kantong Bear Brand. Bahkan, karena banyaknya masyarakat berusaha mengambil, membuat kemasan botol susu ini berjatuhan serta membuat troli belanja salah satu pembeli terbalik.

Salah satu konsumen bernama Pamulang bernama Tantri (37) mengakui jika merasakan kesulitan mendapatkan susu beruang tersebut. Padahal sebelumnya selalu mudah ditemukan. Bahkan banyaknya masyarakat yang membeli Bear Brand membuat pengelola ritel modern membatasi pembelian.

"Saya kaget saat belanja bulanan tidak bisa berbelanja Bear Brand dengan ukuran satu pak yang biasa saya lakukan di hypermart dekat rumah di kawasan Pamulang. Katanya hanya boleh beli satuan kaleng dan dibatasi hanya 6 kaleng," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (3/7/2021).

Susu Bear Brand. Dok Liputan6.com

Pengurus Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Irwan S Widjaja menyatakan jika aksi borong yang dilakukan oleh masyarakat terhadap produk tertentu seperti susu beruang Bear Brand ini merupakan respons terhadap kondisi yang terjadi saat ini, terutama akibat meningkatnya kasus Covid-19.

"Kalau yang kita tahu sejak dulu kan susu itu (Bear Brand) katanya bisa membantu orang yang keracunan, mengalami sakit pencernaan. Cuma perihal disebut itu (video) berkaitan dengan Covid-19, itu pasti. Sekarang lagi heboh, apa-apa Covid-19. Karena stigma orang ketakutan, jadi apa-apa dibeli," jelas kepada Liputan6.com, Sabtu (3/7/2021).

Irwan pun menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan pembelian terhadap sebuah produk secara berlebihan seperti susu Bear Brand. Dengan demikian, tidak akan menimbulkan gejolak harga nantinya.

"Kalau melihat kondisi sekarang, seperti orang butuh oksigen tapi kemudian tidak ada, itu semacam keterkejutan orang dengan situasi kondisi saat ini. Tapi nanti kita akan coba cek lagi," tutup dia.

Gemerlap Harta Sang Jenderal

Baru Laporkan Kekayaan, KSAD Andika Perkasa Miliki Harta Rp 179 Miliar

Liputan6.com 2021-07-02 10:00:10
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) memberi keterangan pers di Mabes TNI AD, Jakarta, Rabu (9/10/2019). (Liputan6.com/Pool/Dispen TNI AD)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa akhirnya menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Andika menyampaikan hartanya pada 20 Juni 2021.

Dalam laman elhkpn.kpk.go.id,tercatat Andika memiliki harta senilai Rp 179.996.172.019. Harta Andika terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta tidak bergerak, Andika tercatat memiliki 20 bidang tanah yang tersebar di Indonesia hingga luar negeri.

Berikut rincian tanah dan bangunan milik Andika:

1. Tanah dan bangunan seluas 460 m2/460 m2 di Jakarta Timur, hibah tanpa akta, Rp 340 juta.

2. Tanah dan bangunan seluas 300 m2/300 m2 di Sleman, hibah tanpa akta Rp 1,5 miliar.

3. Bangunan seluas 84 m2 di Jakarta Pusat, hibah tanpa akta Rp 700 juta.

4. Tanah dan bangunan seluas 340 m2/340 m2 di Cianjur, hibah tanpa akta, Rp 150 juta.

5. Tanah dan bangunan seluas 435 m2/435 m2 di Jakarta Selatan, hibah tanpa akta, Rp 4,5 miliar.

6. Bangunan seluas 32 m2 di Sleman, hibah tanpa akta Rp 575 juta.

7. Bangunan seluas 76 m2 di Allen Street Pyrmont NSW, Australia, hibah tanpa akta, Rp 1,5 miliar.

8. Bangunan seluas 32 m2 di Sleman, hibah tanpa akta, Rp 500 juta.

9. Tanah dan bangunan seluas 450 m2/450 m2 di Surabaya, hibah tanpa akta Rp 10.537.250.000.

10. Tanah seluas 490 m2 di Bogor, hibah tanpa akta, Rp 362 juta.

11. Tanah seluas 490 m2 di Bogor, hibah tanpa akta, Rp 362 juta.

12. Tanah seluas 490 m2 di Bogor, hibah tanpa akta, Rp 362 juta.

13. Tanah seluas 788 m2 di Bogor, hibah tanpa akta, Rp 582 juta.

14. Tanah seluas 2.950 m2 di Tabanan, hibah tanpa akta, Rp 201 juta.

15. Tanah seluas 566 m2 di Bandar Lampung, hibah tanpa akta, Rp 35 juta.

16. Tanah seluas 1.000 m2 di Bogor, hasil sendiri, Rp 500 juta.

17. Tanah seluas 1.145 m2 di Bantul, hibah tanpa akta, Rp 458 juta.

18. Tanah dan bangunan seluas 2.223 m2/2.736 m2 di 7801 Cadbury Avenue Potomac MD 20854, USA, hibah tanpa akta, Rp 4,5 miliar.

19. Tanah dan bangunan seluas 4.875 m2/4.832 m2 di 5001 Cedar Croft Lane Bethesda MD 20814, USA, hibah tanpa akta, Rp 5 miliar.

20. Tanah dan bangunan seluas 6.248 m2/6.248 m2 di 9 Alloway Court Potomac MD 20854, USA, hibah tanpa akta, Rp 5,5 miliar.


Imbauan KPK Pejabat Laporkan Kekayaan

Diberitakan sebelumnya, KPK mengingatkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa segera melaporkan harta kekayaannya. Sebab, sejak 2018 saat diangkat menjadi KSAD hingga kini, Andika belum menyampaikan jumlah hartanya melalui laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Ipi mengatakan, sedianya Andika Perkasa segera menyampaikan laporan hartanya kepada KPK. Sebab, menurut Ipi, penyampaian LHKPN merupakan salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

"KPK mengimbau para penyelenggara negara (PN) yang merupakan wajib lapor LHKPN agar memenuhi kewajibannya sesuai peraturan perundang-undangan. LHKPN merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi yang dilakukan KPK demi menjaga integritas dan akuntabilitas penyelenggara negara," kata Ipi.

Ipi berharap kewajiban penyelenggara negara dalam melaporkan LHKPN diharapkan dapat menimbulkan keyakinan bahwa harta kekayaan mereka diperiksa dan diawasi oleh KPK.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Perseteruan Dua Pangeran

Cerita Pekan Ini: Potret 3 Dekade Pangeran Harry - Pangeran William, Lengket Saat Bocah Kini Malah Merenggang

Liputan6.com 2021-07-01 21:00:00
Pangeran William dan Pangeran Harry menghadiri premiere film The Star Wars: The Last Jedi di The Royal Albert Hall, London, Selasa (12/12). Dalam film itu, Pangeran William dan Harry menjadi

Pangeran Harry dan Pangeran William akan kembali dipertemukan dalam sebuah acara publik pada Kamis (1/6/2021). Tanggal ini adalah peringatan ulang tahun ibunda mereka, Putri Diana, yang ke-60.

Patung Putri Wales ini akan diresmikan di Sunken Garden, Kensington Palace, Inggris. Namun bukan acara seremonial ini saja yang akan disorot publik dan media.

Publik menanti-nanti seperti apa interaksi kedua pangeran di acara ini. Maklum, hubungan keduanya dikabarkan panas dingin sejak beberapa tahun belakangan, terutama setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari tugas kerajaan.

Namun hubungan keduanya tak selalu seperti ini. Dulu keduanya sangat lengket, bahkan saat kecil mereka sering nampak "sepaket."

Pangeran William dan Pangeran Harry saat pergi ke sekolah pada 1989 silam (Express Newspapers Via AP Images)

Pangeran Harry dan Pangeran William punya jarak umur yang tak terlalu jauh. Si sulung lahir tahun 21 Juni 1982, dan adiknya pada 15 September 1984. Tak heran, keduanya sangat lengket, termasuk saat sedang berangkat sekolah pada atahun 1989 ini....

Pangeran Harry dan Pangeran William cilik. (Instagram/ dukeandduchessofcambridge  - https://www.instagram.com/p/BW65MTRAfiP/)

...atau saat main polisi-polisian dengan topi yang kebesaran seperti ini.

Pangeran William dan Kate Middleton ternyata mencontek Putri Diana saat mendidik anak-anaknya (Alastair Grant/AP Files)

Tak cuma kedekatan umur, hangatnya hubungan kakak beradik ini kemungkinan besar juga berkat didikan sang ibu, Putri Diana.

File foto 6 September 1997, dari kiri, Pangeran Philip dari Inggris, Pangeran William, Earl Spencer, Pangeran Harry dan Pangeran Charles berjalan di luar Biara Westminster selama prosesi pemakaman Putri Diana. Pangeran Philip meninggal pada 9 April 2021. (AP Photo/Jeff J. Mitchell, Pool, File)

Mereka memiliki satu sama lain tak hanya dalam suka, tapi juga dalam duka. Termasuk pukulan hebat berupa kematian sang ibu pada 31 Agustus 1997.

Pangeran William (kanan) bercakap-cakap dengan adiknya Pangeran Harry (kiri) di laga penyisihan Grup C PD 2010 antara Inggris vs Aljazair di Cape Town Stadium, Cape Town, 18 Juni 2010. AFP PHOTO / PAUL ELLIS

Setelah memasuki usia dewasa, keduanya mulai menjalankan tugas kebangsawanan. Tak jarang mereka melakukannya berdua. Termasuk hadir dalam penyisihan Piala Dunia 2010.

Sumber juga mengatakan bahwa menurut Pangeran William, pernyataan yang dikeluarkan Pangeran Harry adalah sebuah problema. (AFP/Bintang.com)

Mereka juga datang bersama saat mengunjungi Glasgow pada 2014 silam.

Pangeran William dan Pangeran Harry melihat robot droid BB-8 ketika berjalan di karpet merah premiere film The Star Wars: The Last Jedi yang digelar di The Royal Albert Hall, London, Inggris, Selasa (12/12). (Eddie Mulholland/Pool Photo via AP)

Keduanya juga sempat menghadiri premier film The Star Wars: The Last Jedi pada 2017, bahkan menjadi cameo sebagai stormtrooper dalam film ini.

Pangeran Harry (depan) memimpin perlombaan membelakangi Pangeran William dan Kate Middleton saat lomba lari estafet dalam acara amal Heads Together di Taman Queen Elizabeth II di London, Inggris (5/2). (AP Photo / Alastair Grant, Pool)

Meski bergelar pangeran, kakak beradik ini tak jarang tampil kasual, bahkan memeriahkan suasana dengan berjuang mati-matian dalam lomba lari estafet pada 2017.

Pangeran William, Duke of Cambridge (kiri) dan Pangeran Harry, Duke of Sussex saat hadir di prosesi pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh di Kapel St George di Kastil Windsor di Windsor, London, pada 17 April 2021. (ALASTAIR GRANT / AFP / POOL).

Mengingat hubungan keduanya yang sangat dekat, tak sedikit yang menyayangkan keretakan hubungan dua bersaudara ini.

Tak heran banyak yang menunggu momen reuni Pangeran Harry dan Pangeran William, berharap komunikasi dapat merekatkan kembali hubungan keduanya yang goyah.

Foto Putri Diana bersama kedua putranya Pangeran William dan Pangeran Harry di meja kerjanya ketika tinggal di Istana Kensington jelang pameran Hadiah Kerajaan di Istana Buckingham, London (20/07). (AFP PHOTO / Tolga Akmen)

Semoga saja momen peringatan ulang tahun wanita yang sama-sama mereka cintai, Putri Diana, cukup untuk mengobati rasa sakit dan membuat mereka beranjak dari luka masa lalu.

Ya, semoga saja...

Supremasi Teknologi Kalah oleh Pandemi

Euforia MWC 2021 di Tengah Pandemi

Liputan6.com 2021-07-03 17:00:08
Orang-orang mengunjungi pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC dianggap sebagai salah satu dari tiga acara teratas di dunia. (AFP/Pau Barrena)

Pameran teknologi mobile terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2021, kembali digelar pada tahun ini secara langsung.

Sempat absen tahun lalu karena pandemi Covid-19, GSMA (Global System for Mobile Communications Association), selaku penyelenggara menggelar pameran tahunan ini pada 28 Juni hingga 1 Juli 2021.

Seorang pria melihat kebun hijau vertikal di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 berlangsung mulai 28 Juni sampai 1 Juli secara virtual, dan offline. (AFP/Pau Barrena)

"Jelas ada perbedaan yang sangat besar dari tahun-tahun sebelumnya," kata Mats Granryd, direktur jenderal Global System for Mobile Communications Association (GSMA), kepada Reuters.

"Acara ini akan jauh lebih kecil, jauh lebih aman dari perspektif kesehatan dan keselamatan."

Seorang wanita menggunakan ponselnya di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC dianggap sebagai salah satu dari tiga acara teratas di dunia. (AFP/Pau Barrena)

Karena digelar secara langsung, sejumlah protokol kesehatan pun harus dipenuhi oleh para peserta atau pengunjung MWC 2021 di Grand Fira Barcelona, Spanyol tersebut.

Penyelenggara mempersyaratkan hadirin untuk membawa hasil negatif tes Covid-19, pakai masker wajah KN95 FFP2, dan lencana digital untuk pelacakan kontak saat hadir.

Seorang wanita menggunakan ponselnya di pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 menargetkan 35 ribu pengunjung pada tahun ini. (AFP/Pau Barrena)

Terlepas dari berbagai protokol kesehatan, perusahaan seperti Google, Ericsson, Nokia, Intel, Sony dan Qualcomm memutuskan untuk tidak datang tahun ini. Samsung sendiri memutuskan untuk mengadakan peluncuran perangkatnya secara virtual.

Salah satu perangkat paling inovatif di MWC 2021 adalah NXTWEAR G TCL. Ini merupakan teknologi layar yang dapat dikenakan dan memungkinkan pengguna menikmati konten melalui layar 140 inci, yang diproyeksikan langsung ke matanya.

Orang-orang mengunjungi pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). MWC 2021 berlangsung mulai 28 Juni sampai 1 Juli secara virtual, dan offline. (AFP/Pau Barrena)

Perusahaan lain yang pamer perangkat teknologi baru di ajang MWC 2021 adalah Lenovo dan Qualcomm. Pada acara tahun ini, Lenovo mengumumkan Yoga Tab 13, Yoga Tab 11, Yoga Tab P11 Plus, dan Smart Clock 2.

Sementara itu, Qualcomm akhirnya secara resmi mengungkap kehadiran prosesor tercepat di pasaran saat ini, yaitu Snapdragon 888+. Perusahaan menyebutkan, Snapdragon 888+ ini memiliki kecepatan CPU hingga 2.996GHz--sementara SD 888 hanya 2.84GHz.

Seorang wanita mencoba kacamata virtual reality di stan Orange selama pameran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona (28/6/2021). (AFP/Pau Barrena)

Bagi peserta yang hadir secara online, mereka berkesempatan untuk bergabung dengan tur pameran secara virtual yang dipimpin oleh pakar industri teknologi.

Sedangkan yang hadir secara langsung di lokasi, mereka dapat mengunjungi berbagai booth menarik, seperti milik ZTE, Xiaomi, LG, dan lainnya yang memamerkan inovasi teknologi mereka masing-masing.

Lalu bagaimana dengan MWC 2022? Berkaca dari gelaran acara tahun ini, bukan hal yang tidak mungkin tahun depan acara ini akan diadakan secara online atau offline.

(Ysl/Isk)