Ijab Kabul Unik, 1 Pria 2 Wanita

Viral Pria di Lombok Nikahi Dua Wanita Sekaligus, Momen Persiapan Akad Curi Perhatian

Liputan6.com 2021-07-28 09:15:12
Pernikahan Viral. (Sumber: Facebook/ Doyok Potret)

Pernikahan adalah momen sakral yang tentunya sangat dinantikan karena menikah dengan seseorang yang dicintai. Setiap pasangan akan mempersiapkan pernikahan dengan matang karena akan menjadi momen manis yang akan selalu terkenang.

Namun, tak jarang momen pernikahan yang terdengar bahkan terlihat aneh mencuri perhatian netizen. Perkembangan media sosial memang membuat segala informasi lebih cepat menyebar dan menuai beragam respon dari warganet.

Mendengar momen pernikahan pasangan yang sudah menjalin hubungan pacaran selama bertahun-tahun dan berakhir di pelaminan tentunya sering terjadi. Namun, apa jadinya jika seorang pria menikahi dua wanita sekaligus dalam satu waktu dan sekali akad nikah?

Belum lama ini ramai di media sosial, seorang mempelai pria menikahi dua wanita sekaligus. Pernikahan viral yang terjadi di Kuta, Lombok Tengah ini menuai ragam respon dan menyita perhatian warganet dan ramai beredar di akun gosip.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang pria menikahi dua wanita sekaligus dengan sekali akad, Rabu (28/7/2021).


Pria Nikahi Dua Wanita Sekaligus

Melangsungkan pernikahan adalah momen yang selalu dinantikan oleh setiap orang. Bahkan seseorang akan membuat momen pernikahan menjadi momen manis yang kelak akan selalu terkenang.

Saat ini, pernikahan yang terdengar unik kerap kali viral di media sosial bahkan sampai ramai di akun gosip. Seperti momen pernikahan seorang pria yang menikahi dua wanita sekaligus. Sontak saja video pernikahan pasangan ini ramai di kalangan warganet bahkan sudah ditonton lebih dari 3 juta kali di akun gosip.

Pernikahan tersebut pada awalnya diunggah oleh salah satu pengguna akun Facebook yakni Doyok Potret. Berawal dari unggahan tersebut, pernikahan pria dengan dua wanita sekaligus masih menjadi perhatian di kalangan warganet.

Dua istri cupuk pengantin kute...

Dalam video yang diunggah pada 26 Juli 2021 tersebut terlihat seorang pria duduk diantara dua wanita. Aura kebahagiaan yang terpancar di wajah dua wanita tersebut tak lepas dari perhatian warganet.

Video berdurasi 27 detik ini memperlihatkan momen sebelum ijab kabul. Mendengar penuturan dari sang pembawa acara, pernikahan tersebut berlangsung pada sore hari dan terlihat cukup banyak tamu undangan yang hadir.

Tak hanya satu video, pemilik akun Doyok Potret juga unggah video sebelum acara dimulai, tepatnya saat ketiga calon mempelai tengah bersiap-siap. Video sebelumnya yang memperlihatkan momen persiapan mempelai pun sukses menyita perhatian warganet.


Komentar Warganet

Viralnya video pernikahan seorang pria dengan dua wanita sekaligus membuat pasangan ini tak lepas dari perhatian warganet. Ada beragam komentar yang dibubuhkan warganet pada kolom komentar mulai dari ucapan selamat dan doa, hingga banyak pula yang bertanya-tanya bagaimana bisa menikah dengan dua wanita sekaligus.

"yang laki menang banyak ." Tulis Mhot Jan.

"Ya allah dua2 sisain gw wooiii." Kata Poho Ngaran.

"semoga samawa.. istri 2 lahir batin hrs bsa terpenuhi,jgn sampai ada yg ngedumel dlm hati." Timpal Vio Vankha.

"Bisa gt yaak." Imbuh yeyen_octaviani.

Ini 10 Orang Terkaya RI

Update Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes

Liputan6.com 2021-07-28 06:00:47
Ilustrasi Orang Kaya

Forbes memperbaharui daftar orang-orang terkaya di dunia melalui The Real-Time Billionaires List. Beberapa nama masih merupakan orang lama.

Di mana, posisi nomor wahid orang terkaya dunia masih dipegang Jeff Bezos. Menyusul kemudian Bernard Arnault, dan posisi ketiga ditempati pemilik mobil Tesla, Elon Musk.

Daftar The Real-Time Billionaires List diperbarui setiap hari sehingga dapat mengetahui siapa saja yang mengalami kenaikan atau penurunan peringkat.

Demikian pula untuk di Indonesia. Terdapat 10 orang terkaya di Indonesia. Mereka juga masuk dalam jajaran orang terkaya dunia.

Mengutip Forbes, Rabu (28/7/2021), berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia dan nilai hartanya mengacu pada data Selasa, 27 Juli 2021. Siapa saja?

1. Robert Budi Hartono

Orang terkaya pertama di Indonesia yang menduduki peringkat 102 dari seluruh dunia. Robert Budi Hartono adalah pemilik perusahaan Djarum yang memiliki saudara kandung bernama Michael Hartono. Mereka berdua adalah kakak beradik terkaya di Indonesia, meskipun kekayaannya tercantum secara terpisah.

Keluarga Hartono mulai membeli saham BCA setelah kehilangan kendali bank selama memasuki krisis ekonomi Asia pada 1997-1998.

Keluarga inilah yang pertama kali dianggap kaya akan tembakau karena menjadi salah satu pembuat rokok terbesar di negara Indonesia.

Tak hanya itu, bersama saudaranya, Michael, mereka memiliki usaha lain seperti Polytron, real estate di Jakarta dan memiliki saham di sebuah startup gaming, yaitu Razer. Kekayaan bersih yang dimiliki mencapai USD 18,3 miliar atau setara Rp 265,8 triliun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Michael Bambang Hartono

Menyusul sang kakak, Michael tepat berada posisi kedua setelah Budi Hartono. Total kekayaan bersih yang dimiliki saat ini tercatat sebanyak USD 17,6 miliar (Rp 255,1 triliun). Dia berada di peringkat 108 orang terkaya dunia.

Kekayaan yang ia dapatkan didominasi oleh investasi saham yang ditanamkan di Bank Central Asia (BCA). Kemudian, kekayaan tersebut juga didapat dari perusahaan tembakau milik keluarga.

Dalam kesehariannya, kekayaan Michael bertambah sebesar Rp 2,64 triliun. Namanya pun pernah dikenal berprestasi mengharumkan nama bangsa karena menyumbang medali perunggu di Asian Games 2018 sebagai atlet Bridge.

3. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia menghasilkan kekayaan yang didapatkan dari polyester bottle-grade (PET) dan petrokimia lainnya. Sekitar 1970-an, Lohia dan ayahnya bermigrasi dari India ke Indonesia mendirikan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal.

Perusahaan tersebut sekarang menjadi pembangkit listrik tenaga petrokimia, membuat produk industri, seperti pupuk poliolefin, bahan baku tekstil, dan sarung tangan medis.

Sekarang Lohia menjabat sebagai ketua, tetapi tinggal di London. Sementara itu, putranya, Amit, yang menjadi wakil ketua di perusahaan. Keluarga Lohia memang berasal dari keluarga kaya. Mengingat, adik laki-lakinya, Aloke Lohia, merupakan seorang miliarder di Thailand yang juga menjalankan PET Indorama Ventures Public Co.

Kekayaan bersih yang ia miliki saat ini senilai USD 6,2 miliar setara Rp 89,8 triliun. Namun, menurut data kekayaan Forbes, Lohia mengalami penurunan kekayaan yang sebelumnya sebesar Rp 94,25 triliun. Dia berada di posisi 460 dunia.

Prajogo Pangestu, dikenal sebagai putra seorang pedagang karet. Prajogo memulai bisnis kayunya di akhir 1970-an. Perusahaan miliknya yang bernama Barito Pacific Timber mulai dikenal secara publik pada 1993.

Lalu, perusahaan berganti nama pada 2007 menjadi Barito Pacific usai mengurai penjualan dari bisnis kayunya. Pada tahun yang sama setelah berganti nama, Barito Pacific mengakuisisi 70 persen perusahaan petrokimia Chandra Asri, perusahaan yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Kemudian, memasuki 2011, Chandra Asri akhirnya bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi salah satu produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Namun, sayangnya saham Barito Pacific mengalami penurunan harga aset karena melemahnya permintaan global untuk petrokimia. Oleh karena itu, kekayaan bersih yang tercatat saat ini senilai USD 5,6 miliar setara Rp 81,1 triliun. Dia berada pada peringkat 514 orang terkaya dunia.


5. Jerry Ng

Jerry Ng, seorang bankir veteran yang sudah memiliki pengalaman lebih dari tiga dekade di dunia perinvestasian. Kekayaan yang selama ini ia dapatkan dari saham di Bank Jago.

Pada 2019, Jerry mengakuisisi saham yang disebut Bank Artos. Kemudian Bank Jago ini bertransformasi menjadi bank digital yang ingin berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan fintech yang masih dalam kelompok kecil dan menengah.

Sebelumnya, Jerry pernah memegang posisi teratas di Bank Danamon Indonesia dan Bank Central Asia (BCA). Hingga memasuki Februari 2019, Jerry akhirnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank BTPN.

Kekayaan yang ia miliki saat ini tercatat sebesar USD 4,6 miliar Rp 66,6 triliun dengan menduduki peringkat 646 dari seluruh dunia.

Namun, jika dilihat dari ruang lingkup Indonesia, kekayaannya tersebut mengalami kenaikan dari sebelumnya yang menduduki posisi 8 di Indonesia dengan kekayaan sebanyak Rp 36,25 triliun.

6. Chairul Tanjung

Nama yang cukup familiar di dengar di berbagai media. Chairul Tanjung, dikenal karena menerbitkan kartu kredit, mengoperasikan hypermart, dan menjalankan stasiun televisi.

Chairul memiliki Trans Retail atau dikenal dengan toko kelontong dengan merk Carrefour dan Transmart. Kelompok konglomerat ini juga turut menguasai restoran franchise Wendy's di Indonesia dan franchise Versace, Mango, dan Jimmy Choo.

Tak hanya itu, ia juga menanamkan sahamnya di maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Dengan begitu banyak bisnis yang dijalankan di berbagai industri, kekayaan yang dimiliki adalah sebesar USD 4 miliar setara Rp 57,9 triliun.

Kekayaan tersebut mengalami penurunan sehingga membuatnya turun peringkat menjadi orang kaya ke-6 di Indonesia. Posisi awalnya dahulu berada di posisi ke-5 dengan kekayaan senilai Rp 69,6 triliun.

7. Eddy K Sariaatmadja

Eddy Sariaatmadja, pendiri PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau EMTEK. Perusahaan didirikan pada 1983, awalnya sebagai distributor komputer di Indonesia.

EMTEK kini dikenal memiliki jaringan media yang luas. Seperti televisi SCTV, Indosiar, dan O Channel, serta media digital.

Kekayaannya tercatat mencapai USD 3,6 miliar setara Rp 52,1 triliun. Kekayaan yang dimilikinya naik dibanding awal tahun 2021 yang berada pada nilai Rp 43,5 triliun. Di dunia, dia menduduki peringkat 879 sebagai orang terkaya sejagat.


8. Keluarga Dato' Sri Tahir

Salah satu nama yang menjadi pendiri grup Mayapada, Tahir. Grup tersebut dianggap sebagai sekelompok konglomerat yang memiliki minat yang sama pada dunia perbankan, perawatan dan kesehatan, dan real estate.

Keluarga ini memiliki saham di Bank Mayapada dan Maha Properti Indonesia yang terdaftar sebagai perusahaan properti yang terdaftar pada 2018. Selain itu, Tahir juga memiliki properti di Singapura termasuk perusahaan properti yang terdaftar di MYP.

Tahir memiliki kepemilikan lisensi bersama yang menerbitkan Forbes Indonesia. Aset yang berfokus pada dunia perbankan membuatnya berada di peringkat 8 dengan kekayaan sebanyak USD 3,4 miliar setara Rp 49,3 triliun. Dia masuk peringkat 939 orang terkaya dunia.

9. Djoko Susanto

Pendiri Alfamart yang sudah memiliki 16 ribu toko di seluruh Indonesia. Divisi propertinya, Alfaland, mengoperasikan Omega Hotel Management di seluruh Indonesia.

Kekayaan yang dimiliki sekarang tercatat sebanyak Rp 31,9 triliun dengan menduduki peringkat kesembilan di Indonesia.

Djoko Susanto memiliki sepuluh bersaudara. Rintisan bisnis yang dijalankan pertama kali adalah mengelola rumah makan sederhana milik orang tuanya di sebuah pasar tradisional Jakarta pada usianya yang menginjak 17 tahun.

Sedari muda, ia mulai bermitra dengan konglomerat rokok kretek di Indonesia, Putera Sampoerna, untuk membuka kios serupa. Kemudian, jaringan diskon dari supermarket.

Hal tersebut pun akhirnya membawa Djoko semakin sukses. Ketika Putera menjual bisnis rokoknya kepada Philip Morris International di 2005, Djoko lalu membeli bisnis ritel tersebut dan mengembangkan Alfamart miliknya sampai sekarang.

10. Mochtar Riady dan Keluarga

Peringkat terakhir diisi oleh Mochtar Riady. Kekayaannya sudah mencapai Rp 30,45 triliun. Ia merupakan pendiri grup Lippo, tetapi sekarang sudah diteruskan kepada kedua putranya, James dan Stephen.

Langkah awal yang pertama kali dilakukan adalah membuka toko sepeda di kota kelahirannya, Malang, Jawa Timur. Di usianya yang masih muda, 22 tahun, ia juga membangun karir perbankannya yang sukses hingga krisis keuangan pada 1997.

Perusahaan tersebut memiliki minat pada sektor pendidikan, perawatan dan kesehatan, ritel, real estate, dan perusahaan media. Dia menduduki peringkat 1583 sebagai orang terkaya dunia.

Reporter: Caroline Saskia Tanoto


Saksikan Video Ini

Lagi Isoman Terpergok Jajan Bakso

Viral Pasien Covid-19 Isolasi di Hotel Jajan Bakso Keliling, Ini Kata Satpol PP Jakarta Barat

Liputan6.com 2021-07-27 14:55:17
Petugas kemanan mengenakan baju hazmat saat menjaga aktivitas pasien di sebuah hotel kawasan Salemba, Jakarta, Senin (22/2/2021). Para pasien Covid-19 memilih hotel dengan alasan lebih nyaman

Aksi sejumlah pasien Covid-19 yang jajan bakso keliling saat menjalani isolasi di sebuah hotel kawasan Jakarta Barat viral di media sosial.

Dalam gambar yang salah satunya diunggah akun Twitter @AREAJULID, terlihat ada enam pria diduga pasien Covid-19 makan bakso di halaman hotel. Mereka memesan jajanan dari pedagang bakso keliling yang ada di luar pagar hotel.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, membenarkan informasi terkait adanya sejumlah pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi di salah satu hotel di wilayahnya tengah jajan bakso keliling.

Kata dia, para pasien tersebut membeli bakso melalui pagar hotel. Diduga, aksi itu terjadi saat para pasien sedang olahraga di halaman hotel.

"Itu pagarnya kan terbuka, pagarnya kan jeruji besi gitu. Jadi, mereka itu bisa sambil senam kali ada lewat bakso itu dipanggil," kata Tamo saat dikonfirmasi, Selasa (27/7/2021).

Dia memastikan, pasien tidak keluar pagar hotel. Namun, para pasien dilayani penjual dari balik pagar besi.

"Jadi mereka tidak keluar pagar ya, bukan. Dari dalam dia panggil abang bakso itu," ucapnya.

Dis! Yang jaga kemana? Ko dibiarin aja :( pic.twitter.com/SG3mjUA8XY


Pengelola Hotel Ditegur

Terkait insiden itu, pihak hotel langsung mendapatkan teguran karena tidak mengawasi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi.

Tamo juga tidak mengetahui detail kapan kejadian tersebut. Namun, dia memastikan, pihak hotel telah menutup pagar dengan terpal, untuk mencegah peristiwa serupa terulang.

"Udah kita kasih peringatan, udah diperbaiki, udah ditutup (terpal di pagar), jadi enggak bisa lagi dari dalam keluar," jelas dia.

Sebelumnya, sebuah foto viral di akun media sosial. Foto tersebut menunjukkan terdapat sejumlah pasien Covid-19 yang tengah isolasi di hotel makan bakso keliling.

Foto yang diunggah memperlihatkan beberapa orang sedang makan di sebuah area yang dekat dengan jalan dan terhalang oleh pagar besi. Sedangkan seorang pedagang melayani dari luar pagar.


Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala Covid-19

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

11 Tahun Bui Menanti Juliari

Eks Mensos Juliari Dituntut 11 Tahun Penjara Terkait Suap Bansos Covid-19

Liputan6.com 2021-07-28 14:02:09
Terdakwa kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 yang juga mantan Menteri Sosial Juliari Batubara saat jeda sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (10/5/2021). Sidang lanjutan te

Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dituntut 11 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Tim jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menyatakan Juliari terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi berupa suap bansos pandemi Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

"Menuntut majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana, menjatuhkan pidana selama 11 tahun denda 500 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 6 bulan," ujar jaksa KPK dalam tuntutannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (28/7/2021).

Dalam melayangkan tuntutannya, tim penuntut umum mempertimbangkan hal memberatkan dan meringankan. Untuk hal memberatkan, Juliari dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme, berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya serta melalukan pidana di masa pandemi Covid-19.

Sementara hal yang meringankan yakni Juliari belum pernah dihukum.

Juliari Peter Batubara didakwa menerima suap terkait pengadaan bansos pandemi Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek di Kemensos. Jaksa penuntut umum pada KPK mendakwa Juliari menerima total Rp 32,48 miliar dalam perkara ini.

Uang tersebut diterima Juliari dari sejumlah pihak, yakni dari pengusaha Harry Van Sidabukke sejumlah Rp 1,28, kemudian dari Ardian Iskandar Maddanatja sejumlah Rp 1,95 miliar, dan Rp 29,25 miliar dari beberapa vendor bansos Covid-19 lainnya.

Uang tersebut diterima Juliari lewat dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos, yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso.

Jaksa menyebut duit itu diterima Juliari terkait dengan penunjukan PT Pertani (Persero), PT Mandala Hamonangan Sude, dan PT Tigapilar Agro Utama serta beberapa vendor lainnya dalam pengadaan bansos sembako untuk penanganan Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial Tahun 2020.


Suap Puluhan Vendor

Terkait dengan uang Rp 29,25 miliar, jaksa menyebut diterima Juliari dari puluhan perusahaan vendor bansos Covid-19. Puluhan vendor itu memberikan uang beragam kepada Juliari, dari mulai Rp 5 juta hingga Rp 1,2 miliar.

Juliari Batubara diyakini melanggar Pasal 12 huruf b juncto Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Krisis Ganda Menyandera Myanmar

Myanmar Dihantam Krisis Ganda, Kudeta dan COVID-19

Liputan6.com 2021-07-28 15:56:12
Orang-orang antre menunggu di lokasi yang menyumbangkan oksigen secara gratis di Yangon, Myanmar pada 14 Juli 2021. Mereka putus asa mencari oksigen untuk menjaga orang yang dicintai tetap be

Sistem kesehatan di Myanmar termasuk salah satu yang paling lemah di dunia. Kian terpuruk menghadapi pandemi COVID-19.

Ditambah kudeta militer, telah mendorong negara tersebut terjerumus ke sebuah titik kehancuran total. Efek ganda.

Sekitar empat bulan sebelum gelombang ketiga Virus Corona COVID-19 melanda Myanmar, yang merenggut nyawa ratusan orang tiap harinya, Soe Moe Naung (nama samaran), seorang pengusaha, mengunggah postingan di media sosial, bahwa ia dan keluarganya telah divaksinasi di sebuah pusat inokulasi publik.

Ia juga mendesak sesama warganya untuk mendapatkan vaksinasi. Namun, pesannya mengundang teguran keras dan ejekan, sehingga memaksa Soe Moe Naung menyembunyikan postingannya untuk sementara.

Para pengkritiknya meyakini, divaksinasi, dalam beberapa hal, melegitimasi kudeta militer pada bulan Februari yang menyebabkan digulingkannya pemerintah yang dipilih secara demokratis yang dipimpin oleh Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) dari Aung San Suu Kyi, demikian dikutip dari laman DW Indonesia, Rabu (28/7/2021).

Soe Moe Naung, yang merupakan pendukung NLD, pada saat itu menjelaskan alasan mengapa ia setuju untuk menerima suntikan tersebut. "Vaksin-vaksin itu telah diperoleh pemerintah NLD untuk masyarakat Myanmar. Itu merupakan hak seorang warga... vaksinasi adalah hal yang berbeda dan tidak berkaitan dengan politik."

Soe Moe Naung mungkin pragmatis, tetapi hanya sedikit orang di Myanmar yang memiliki cara pandang serupa.

Menentang militer dengan tidak divaksinasiSejak kudeta pada 1 Februari, banyak orang di Myanmar telah menolak untuk menerima vaksin anti corona sebagai bentuk perlawanan terhadap militer.

"Ibu saya, terlepas dari umurnya yang sudah tua, tidak divaksinasi, mungkin karena anaknya, saudara laki-laki saya, mengatakan 'revolusi belum berakhir'," tutur Hnin Yee Aung (nama samaran), seorang perempuan paruh baya asal Yangon, kepada DW.

Saudara laki-lakinya adalah seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit pemerintah dan telah berpartisipasi dalam Gerakan Pembangkangan Sipil (CDM) selama beberapa bulan terakhir.


Pilihan Warga Myanmar

Sejumlah warga telah memilih untuk tidak divaksinasi, karena rasa takut akan reaksi negatif dari kelompok-kelompok pro-demokrasi dan pengucilan. Mereka yang divaksinasi kerap menjadi korban "bully" dan menerima respon negatif di media sosial.

Banyak orang di sektor kesehatan menjadi kelompok yang pertama berhenti bekerja dan bergabung dalam CDM melawan junta militer.

Karyawan-karyawan sektor publik lainnya mengikuti hal tersebut, menyebabkan sebuah pukulan besar terhadap administrasi dan membuat junta militer meningkatkan tekanan terhadap para pegawai pemerintah untuk kembali bekerja.

Junta mulai menangkap para tenaga kerja kesehatan profesional, sementara tim medis lainnya saat ini masih bersembunyi.

Beberapa orang dokter yang terafiliasi dengan CDM, awalnya merawat pasien di tempat-tempat praktek swasta, tetapi berhenti setelah menyaksikan pengerahan polisi dan tentara di dekat klinik pribadi mereka.

Asrama dan Rusun untuk Pasien COVID-19

Daftar Asrama hingga Rusun yang Disulap Jadi RS Darurat Covid-19

Liputan6.com 2021-07-28 13:31:39
Rs. Darurat Covid Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Dok

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan tambahan sekurangnya 16 bangunan berbentuk asrama hingga rumah susun (rusun) yang dikonversi menjadi fasilitas Rumah Sakit atau RS Darurat Covid-19.

Tambahan RS Darurat Covid-19 tersedia di 7 kawasan perkotaan, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, dan Bali.

"Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip Rabu (28/7/2021).

Menteri Basuki menyebutkan, salah satu tempat yang diubah menjadi RS Darurat Covid-19 adalah Asrama Haji di Pondok Gede yang terdiri dari lima gedung. "Total tersedia hampir 900 tempat tidur, termasuk untuk menampung tenaga kesehatan," sambungnya.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan, Gedung Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit Covid-19 adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, dan terakhir Gedung D5 yang sudah beroperasi secara bertahap sejak Jumat (16/7/2021).

"Termasuk Gedung D3 dan D4 yang akan dimanfaatkan untuk para tenaga kesehatan (nakes) pasien Covid-19," ujar Endra.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rusun Pasar Rumput

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, dan Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput memanfaatkan 3 tower yang ada dengan total 5.952 tempat tidur. Untuk Tower 1 akan memanfaatkan 689 unit dengan total 2067 tempat tidur, Tower 2 sebanyak 606 unit total 1818 tempat tidur, dan Tower 3 sebanyak 689 unit total 2067 tempat tidur.

Sementara itu, Gedung PKIA Kiara di RSCM akan memanfaatkan bangunan di lantai 3,4,5 dan 8,9,10 dengan total 394 tempat tidur.

Selain itu, Endra menambahkan, terdapat 2 fasilitas di Bali, 4 fasilitas di Yogyakarta, dan 3 fasilitas RS Darurat Covid-19 di Bandung yang telah beroperasi sejak beberapa waktu lalu.

Untuk di Surabaya, Endra menyatakan, saat ini tengah disiapkan RS Indrapura Surabaya untuk menjadi layanan pasien Covid-19 yang diperkirakan penyelesaian renovasinya rampung awal Agustus 2021.

"Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan fasilitas isolasi dan perawatan COVID-19 di Semarang dan Solo Raya," sebutnya.


Asrama Haji Donohudan

Tambahan lainnya, Kementerian PUPR juga memastikan RS Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah siap beroperasi memenuhi kebutuhan fasilitas isolasi dan treatment pasien Covid-19 per 2 Agustus 2021.

Asrama Haji Donohudan dialihkan fungsinya menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang bagi masyarakat Solo Raya, termasuk Solo, Boyolali, Sragen dan Klaten.

RS Darudat Asrama Haji Donohudan telah menyiapkan Gedung Madinah untuk fasilitas isolasi dan treatment pasien Covid-19 berkapasitas 352 tempat tidur (TT), yang terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU) dengan melibatkan sebanyak 128 pekerja.

Untuk di luar Pulau Jawa, Kementerian PUPR melalui Balai-Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi, Ditjen Cipta Karya juga terus siap mengkonversi bangunan menjadi RS Darurat Covid-19. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan hasil evaluasi bersama Kementerian Kesehatan dan Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Sebelumnya, sejak pandemi terjadi pada 2020 lalu terdapat beberapa RS Darurat Covid-19 yang telah disiapkan Kementerian PUPR antara lain RS Pulau Galang Kepri, Wisma Atlet Kemayoran, Rusun Pasar Rumput, RSUD Lamongan, RS Universitas Muhammadiyah Malang, dan RS Akademik UGM Yogyakarta.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Varian Delta Plus Menghantui Kita

Setelah Varian Delta Kini Ada Delta Plus, Lebih Bahaya Mana?

Liputan6.com 2021-07-28 17:00:00
ilustrasi obat corona | pexels.com/@edward-jenner

Varian Delta Plus merupakan mutasi dari strain Delta yang teridentifikasi pertama kali di India. Dan, kini varian Delta Plus sudah ada di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah mengatakan sudah ada 7 warga di provinsi ini terpapar virus Corona varian Delta Plus. Data tersebut terungkap setelah ada laporan penelitian dari Lembaga Eijkman terhadap sampel pasien dari RSUD Raden Mattaher Jambi.

"Tujuh orang dinyatakan terkonfirmasi varian Delta Plus ini dipastikan dirawat di RSUD Raden Mattaher," kata Johansyah mengutip Regional Liputan6.com di Jambi, Rabu (28/7/2021).

Varian Delta memang dikenal memiliki penularan yang lebih cepat. WHO menyebut varian ini sebagai variant of concern.

Varian Delta telah menyebabkan ledakan kasus di India. Juga telah menyebar di banyak negara dunia termasuk Indonesia. Saat ini, sekitar 80-90 persen, penyebab COVID-19 di Indonesia karena virus varian Delta.

Pada pertengahan Juni 2021 Public Health England mengeluarkan arahan berupa fokus pada penanganan varian Delta, termasuk mutasinya varian Delta Plus.

Masih pada bulan Juni 2021, petugas kesehatan di India meminta negara bagian untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap varian Delta Plus seperti mengutip CBS.

Lebih dari 40 kasus dari varian Delta Plus ditemukan di masing-masing negara bagian. Lalu, paling tidak ada satu orang yang tidak divaksin meninggal dunia karena terpapar varian ini.


Tampaknya Lebih Cepat Menular

Peneliti di India mengatakan bahwa varian Delta Plus tampaknya lebih menular. Varian ini menyerang sel paru.

Namun, pada saat yang sama para ilmuwan mengatakan bahwa butuh banyak data untuk mengenal strain baru ini.

"Tetap tenang," kata ahli virus di Pusat Ilmu Kesehatan Unversitas Negeri Louisina, Jeremy Kamil.

"Saya rasa India atau negara lain belum memiliki rilis atau data yang cukup tentang risiko Delta Plus apakah lebih menular dari varian Delta atau tidak," katanya.


Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta.

 


Simak Video Pilihan Berikut Ini:

53 Dokter Meninggal dalam 2 Minggu

53 Dokter Gugur dalam Kurun 2 Minggu Akibat COVID-19

Liputan6.com 2021-07-28 15:43:47
Anak-anak berada di lahan baru Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19, Jombang, Tangerang Selatan, Banten,Senin (26/7/2021). Pembukaan lahan baru TPU khusus COVID-19 dikarenakan tingginy

Sebanyak 598 dokter meninggal dunia akibat COVID-19, setelah adanya penambahan 53 orang dokter yang gugur karena tertular virus Corona dalam dua minggu terakhir.

"Sampai 27 Juli 2021 jumlah kematian dokter yang terkonfirmasi COVID-19 berjumlah 598 orang, dan dikhawatirkan bulan ini akan tembus 600," kata Ketua Pelaksana Harian Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr Mahesa Paranadipa dalam konferensi pers virtual pada Rabu, 28 Juli 2021.

Sebelumnya, pada 18 Juli 2021, Tim Mitigasi IDI melaporkan jumlah dokter yang meninggal akibat COVID-19 sebanyak 545 orang. Dengan kata lain, angka kematian dokter akibat COVID-19 dalam dua minggu terakhir bertambah 53 orang.

Mahesa menambahkan, 598 dokter yang meninggal karena COVID-19 tersebut terdiri dari:

-Dokter Umum: 319 dokter (5 guru besar).

-Spesialis: 270 dokter (29 guru besar).

-Residen: 9 dokter.


Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala COVID-19

 


Simak Video Berikut Ini:

Insiden Injak Kepala Bikin Panglima Murka

Panglima TNI Copot Danlanud JA Dimara Buntut Kasus Injak Kepala Warga di Merauke

Liputan6.com 2021-07-28 18:36:32
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat sambangi Kota Semarang terkait penanganan Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Humas Polda Jateng)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo mencopot Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) JA Dimara di Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto.

Hal ini dilakukan terkait insiden dua personel TNI AU yang sudah melakukan tindakan berlebihan yakni menginjak kepala terhadap seorang warga di Jalan Raya Mandala, Muli, Merauke, Papua. Tak hanya itu, Panglima juga meminta Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Merauke turut dicopot dari jabatannya.

"Saya sudah memerintahkan KASAU untuk mencopot Komandan Lanud dan Komandan Satuan Polisi Militernya-nya," kata Hadi saat dihubungi, Rabu (28/7/2021).

Hadi pun juga memerintahkan agar prosesi serah-terima jabatan tersebut segera dilakukan pada malam ini.

"Jadi saya minta malam ini langsung serah-terimakan (jabatan). Saya minta malam ini sudah ada keputusan itu," tegas dia.

Selain itu, jenderal bintang empat ini mengaku jika dirinya murka dengan sikap dua anggota tersebut yang bertindak berlebihan kepada seorang warga dengan menginjak kepala.

Lalu, terkait dengan alasan pencopotan jabatan terhadap Danlanud dan Dansatpom tersebut karena dinilai tak dapat membina anggotanya tersebut.

"(Alasan pencopotan Danlanud dan Dansatpom Lanud) karena mereka tidak bisa membina anggotanya. Kenapa tidak peka, memperlakukan disabilitas seperti itu. Itu yang membuat saya marah," jelasnya.

KSAU Minta Maaf

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan permohonan maaf atas insiden dua anggotanya yang sudah melakukan tindakan berlebihan terhadap seorang warga di Jalan Raya Mandala, Muli, Merauke, Papua.

"Saya selaku Kepala Staf Angkatan Udara ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh saudara-saudara kita di Papua, khususnya warga di Merauke, terkhusus lagi kepada korban dan keluarganya," kata Fadjar dalam sebuah tayangan video yang dilihat merdeka.com, Rabu (28/7).

Jenderal bintang empat ini memastikan, apa yang dilakukan oleh dua personelnya itu terhadap seorang warga tersebut bukanlah perintah dari kedinasan.

"Hal ini terjadi semata-mata emang kesalahan dari anggota kami dan tidak ada niatan apapun juga apalagi dari berupa perintah kedinasan," ujarnya.

Tindak Tegas Anggota

Fadjar pun menegaskan, bakal menindaktegas kedua anggotanya tersebut yang diduga telah berlebihan dalam bertindak.

"Kami akan mengevaluasi seluruh anggota kami dan juga akan menindak secara tegas terhadap pelaku yang berbuat kesalahan," tegasnya.

Dengan adanya insiden tersebut, ia ingin agar masyarakat khususnya warga Merauke agar dapat membukakan pintu maaf atas insiden itu.

"Sekali lagi saya ingin menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya, mohon dibuka pintu maaf," tutupnya.


Kronologi Kejadian

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, kejadian berawal pada saat kedua anggota TNI hendak membeli makan di salah satu rumah makan padang yang ada di jalan raya Mandala-Muli, Merauke, Senin, 26 Juli 2021.

"Insiden yang diawali oleh keributan seorang warga yang diduga mabuk dengan pemilik warung, dan melibatkan dua anggota Pomau yang bermaksud melerai," kata Indan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/7) malam.

Keributan terjadi antara seorang warga dengan penjual bubur ayam yang lokasinya berdekatan dengan rumah makan padang tersebut. Warga yang diduga mabuk, melakukan pemerasan kepada penjual bubur ayam dan juga kepada pemilik rumah makan padang dan sejumlah pelanggannya.

Kedua anggota berinisiatif melerai keributan dan membawa warga yang membuat keributan tersebut ke luar warung. Namun pada saat mengamankan warga, kedua oknum melakukan tindakan yang dianggap berlebihan terhadap warga.

Indan menegaskan, TNI AU akan menindak secara tegas setiap prajurit TNI AU yang melakukan tindakan pelanggaran.

"Kita akan tindak lanjuti kejadian ini, kedua oknum anggota ini akan ditindak secara tegas, sesuai aturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI," kata Marsma Indan.

Sebelumnya kejadian terekam pada sebuah video berdurasi 1.20 menit di media sosial yang menampilkan aksi dua personel TNI AU tengah mengamankan seorang pria di sebuah warung makan. Ketika hendak diamankan, salah satu personel pun lantas menginjak kepala pria tersebut dengan menggunakan sepatunya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Gunung Sinabung Meletus Lagi

Gunung Sinabung Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 4.500 Meter, Status Siaga

Liputan6.com 2021-07-28 18:59:59
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, kembali erupsi (PVMBG-BG-KESDM)

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali erupsi. Sinabung semburkan abu vulkanik setinggi 4.500 meter, Rabu (28/7/2021) sekitar pukul 13.20 WIB.

Saat ini petugas pos pemantau Gungung Sinabung telah mengeluarkan Status Level III atau Siaga. Petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra menerangkan, aktivitas erupsi terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 120 milimeter (mm). Durasi sekitar 12 menit 22 detik.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan," kata Armen.

Dijelaskannya, erupsi kali ini disertai luncuran awan panas ke arah timur 1.000 meter dan ke arah tenggara juga 1.000 meter. Diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di radius radial 3 Kilometer (Km) dari puncak Gunung Sinabung.

"Masyarakat juga diimbau tidak beraktifitas pada radius sektoral 5 Km dan sektor selatan timur dan 4 km sektor timur-utara. Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status kevel III atau Siaga," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Masyarakat Diimbau Pakai Masker dan Waspada

Terkait erupsi Gunung Sinabung kali ini, masyarakat diimbau untuk memakai masker. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diingankan apabila terjadi hujan abu vulkanik. Masyarakat juga diminta mengamankan air bersih dan segera membersihkan atap rumah dari abu vulkanik.

"Segera bersihkan abu vulkanik yang ada di atap rumah agar tidak roboh," imbaunya.

Kepada masyarakat yang bermukim di sungai yang berhulu dari Gunung Sinabung juga diminta untuk mewaspadai datanganya lahar panas.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Atlet Ganteng Dijuluki Oppa Malaysia

6 Fakta Welson Sim, Atlet Renang di Olimpiade Tokyo 2020 yang Dijuluki Oppa Malaysia

Liputan6.com 2021-07-28 09:30:10
Welson Sim, atlet renang asal Malaysia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. Instagram @welsonsim/https://www.instagram.com/p/B57YJD8Hox3/)

Sesuai prediksi banyak pihak, para atlet Olimpiade Tokyo 2020 mendapat lebih banyak ruang sorotan di acara olahraga empat tahunan itu. Salah satu figur yang memenuhi obrolan di jagat maya adalah atlet renang asal Malaysia, Welson Sim.

Paras yang menawan bahkan membuatnya dijuluki sebagai "oppa Malaysia." Namun, kekaguman publik tentu tidak semata soal visual, mengingat pria asal Kuching, Serawak, Malaysia, ini juga menorehkan sejumlah prestasi, termasuk deretan pencapaiannya. Berikut sejumlah fakta tentang Sim, seperti dilansir dari Says, Selasa, 27 Juli 2021.

1. Berenang untuk Melawan Asma

Saat berusia 10 tahun, Sim mulai hobi berenang setelah seseorang menyarankan pada ibunya bahwa itu akan membantu memperkuat paru-parunya. Sifat kompetitif dan kecintaannya untuk berada di air membawanya berkompetisi di Piala Presiden di Sarawak setahun kemudia, dan ia berhasil masuk ke tim renang negara bagian Sarawak.

Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, Sim menceritakan bahwa pada saat berusia 12 tahun, ia tahu berenang adalah olahraga yang ingin dilakukan secara profesional. Di Olimipade Tokyo 2020, pria 24 tahun berkompetisi di nomor 200 m dan 400 m gaya bebas selama akhir pekan kemarin.

2.Penuhi Hobi Melancong karena Renang

Sim mengaku bahwa ia tidak berasal dari keluarga kaya, dan bersyukur kompetisi renang memberinya kesempatan untuk bepergian. Ia juga mengaku bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari peran ibunda.

"Ketika saya menjalani sesi pelatihan pada pukul 5.30, ibu akan mengantar saya ke kolam renang dan menunggu saya selesai dua jam kemudian. Ia adalah segalanya bagi saya," katanya, menurut Malay Mail.

"Karena renang, saya telah bepergian ke lebih dari 20 negara, bertemu teman baru dengan budaya berbeda, dan saya tidak berencana untuk menghentikannya dalam waktu dekat. Keluarga saya juga jadi alasan utama di balik semua ini. Mereka mendukung saya," cerita atlet yang juga berlaga di Olimpiade Rio 2016 itu pada Swimming World.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Perenang Malaysia Pertama untuk 2 Olimpiade

Selain mendapatkan beberapa medali dan gelar, Sim sebelumnya adalah perenang Malaysia pertama yang lolos ke dua Olimpiade di bawah kategori A. Selama beberapa tahun terakhir, ia juga telah mengantongi tiga emas dan beberapa medali perak di SEA Games dan Commonwealth Youth Games.

4.Sempat Kecelakaan

Di unggahan media sosial, Sim beberapa kali berpose dengan sepeda motor. Oktober tahun lalu, Sim mengalami kecelakaan sepeda motor yang melukai pergelangan tangannya, sehingga harus dioperasi.

Menurut New Straits Times, pelatihnya, Chris Martin, mengatakan bahwa Sim memiliki dua pin yang dimasukkan ke lengan kirinya dan kadang-kadang berjuang dengan rasa sakit selama latihan. Meski demikian, Sim terus berusaha dan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan kompetisi.


5. Perenang Tercepat Malaysia

Sim sempat jadi perenang tercepat Malaysia. Ia jadi pemain reguler dalam kuartet estafet gaya bebas 4x200 meter putra dan terlibat dalam semua prestasi pemecahan rekor nasional dari 2013 hingga 2014. Ia juga orang Malaysia pertama yang memecahkan rintangan 50 detik dalam gaya bebas 100 m putra di Kejuaraan Australia 2019.

"Sebelum berhenti suatu hari nanti, saya ingin meninggalkan warisan dengan memecahkan semua rekor gaya bebas nasional," kata Sim seperti dikutip dari The Star.

6.Penonton Drama

Di luar karier atletiknya, Sim juga suka seorang penonton drama Cina. Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, ia mengungkap beberapa hal yang mungkin tidak banyak orang ketahui tentang dirinya. Pertama, ia menganggap dirinya seorang foodie, tapi tidak suka saus tomat. Juga, ia menikmati menonton drama Cina.


Infografis Olimpiade Tokyo 2020

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: