Volume 45

Konspirasi Putri Diana Paling Menggemparkan

Ada Putri Diana, 2 Teori Konspirasi Ini Kabarnya Paling Menggemparkan Sepanjang Masa

Liputan6.com 2021-07-29 19:10:21
Predikat anggun tak pernah lepas dari sosoknya, namun ternyata Putri Diana juga tamil menggemaskan saat kecil. Penasaran seperti apa? (Foto: AP)

Masih ingatkah dengan sosok Putri Diana? Pernikahannya dengan Pangeran Charles menjadi idaman semua orang karena seperti cerita dalam dongeng.

Seandainya berlanjut, pernikahan dongeng Putri Diana dan Pangeran Charles berusia 40 tahun, jatuh bulan ini tepatnya pada 29 Juli. Bahkan dijuluki khalayak sebagai wedding of the century alias pernikahan abad ini.

Tetapi bagi Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer, semuanya berakhir dengan air mata, tuduhan dan tragedi, dengan efek samping yang masih dirasakan oleh para bangsawan Inggris hingga hari ini.

Putri Diana dan Pangeran Charles bercerai karena isu perselingkuhan. Setelah satu tahun bercerai, Diana mengalami kecelakaan mobil Bersama kekasihnya. Berakhir tragis dengan kematiannya.

Lika-liku kehidupan Putri Diana ternyata menjadi salah satu teori konspirasi yang konon paling menggemparkan sepanjang masa.

Berikut ini dua teori konspirasi -- salah satunya soal Putri Diana-- paling heboh dikutip dari elt.oup.com, Kamis (29/7/2021):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Kematian Putri Diana Bersama Dodi Fayed

Kabar kedekatan Putri Diana dan kekasihnya Dodi Fayed sudah tidak disembunyikan lagi. Pada 1997, Diana dan Dodi sedang berada di Paris, saat itu Dodi berencana melamar Diana. Namun, musibah menimpa mereka karena kecelakaan mobil di terowongan Place de L'Alma.

Saat berita duka ini terdengar, situs konspirasi Diana muncul untuk pertama kalinya di internet Australia. Hanya selang beberapa jam setelah kematiannya, diperkirakan ada 36.000 situs konspirasi Diana.

Mulai dari konspirasi yang mengatakan bahwa kematian Diana adalah plot MI6 untuk melindungi monarki. Ada pula yang mengatakan bahwa Diana, Putri Wales tidak meninggal karena kecelakaan mobil di Paris.

Melainkan Diana dan Dodi memalsukan kematian mereka agar bisa hidup dengan damai di sisa hidupnya.

Lalu, konspirasi ini juga mengatakan bahwa Diana sudah muak dengan tekanan dalam kehidupan kerajaan, sehingga mereka memalsukan kematiannya dan tinggal di sebuah pulau kecil, berkomunikasi dengan anaknya menggunakan video konferensi.

Konspirasi ini dipercaya karena mereka tidak pernah benar-benar melihat jasad Diana Dodi.

Kemudian, Paul Burrell, mantan kepala pelayan Putri Diana mengklaim bahwa Diana sudah meramalkan kematiannya dalam kecelakaan mobil.

Diana sudah merasakan bahwa plot sedang dibuat oleh anggota keluarga kerajaan dalam kecelakaan Diana agar Pangeran Charles bisa menikah lagi.


2. Tidak Ada Pendaratan di Bulan, Semuanya Palsu

Konspirasi ini mengatakan bahwa astronot Neil Amstrong tidak membuat 'lompatan raksasa bagi umat manusia'. Pendaratan di Bulan pada 1969 hanyalah akal-akalan Amerika untuk memenangkan perlombaan angkasa luar.

Puncak konspirasi ini saat televisi Fox menyiarkan program berjudul Apakah Kita Mendarat di Bulan pada 15 Februari 2001.

Acara tersebut mengatakan bahwa seluruh pendaratan di Bulan telah dilakukan dalam sebuah studio film di pangkalan militer AS di gurun Mojave.

Kemudian para progamer mengklaim beberapa pernyataan. Pertama, bendera AS yang ditanam dipermukaan Bulan terlihat berkibar, padahal tidak ada angin di Bulan.

Kedua, foto yang diambil oleh para astronot pada malam hari, tidak ada bintang yang memukau.

Ketiga, banyangan dalam gambar yang berasal lebih dari satu sudut, di mana satu-satunya sumber cahaya adalah matahari. Oleh karena itu, bayangan tersebut mustahil terjadi di Bulan.

Terakhir, salah satu batu Bulan yang dibawa Kembali oleh astronot Apollo ditandai dengan huruf 'C' lebih tampak seperti properti film.

Namun, para ilmuwan dengan tegas sepakat bahwa ahli konspirasi itu tidak memiliki permulaan sebuah kasus. Mereka benar-benar percaya bahwa astronot pergi ke Bulan.

Reporter: Cindy Damara

Kalah dari Malaysia Sungguh Menyakitkan

Hasil Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020: Sempat Banting Raket, Kevin / Marcus Kalah dari Ganda Malaysia

Liputan6.com 2021-07-29 09:46:02
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memasukan poin melawan pasangan India Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy pada cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya / Marcus Gideon gagal melangkah ke fase berikutnya usai dikalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia / Wooi Yik Soh, Kamis (28/7/2021) WIB di perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Kekalahan ini terbilang mengejutkan karena Aaron / Wooi sebetulnya tak berpredikat unggulan.

Kevin / Marcus yang sebetulnya menempati unggulan pertama dipaksa menyerah dua gim langsung, 21-14, 21-17. Dengan kekalahan ini, harapan Indonesia meraih medali emas di ganda putra ada di pundak Mohamad Ahsan / Hendra Setiawan.

Aaron / Wooi benar-benar memberikan perlawanan sengit sejak gim pertama. Pada interval pertama, Kevin / Marcus dipaksa terus mengejar torehan poin Aaron / Wooi.

Keadaan tak berubah di interval kedua. Kevin / Marcus lagi-lagi dipaksa membuntuti perolehan poin Aaron / Wooi.

Pada akhirnya, Aaron / Wooi memenangkan pertandingan gim pertama. Mereka hanya membutuhkan waktu 13 menit untuk mengalahkan Kevin / Marcus.


Gim Kedua

Kevin / Marcus mengawali gim kedua dengan kurang mulus. Mereka tertinggal 1-3 setelah pengembalian Marcus meleset dari sasaran.

Reli panjang sempat terjadi untuk perebutan poin ke-4. Namun Aaron / Woi kembali memimpin 5-3 setelah Kevin / Marcus gagal mengembalikan bola.

Aaron / Wooi mampu menjaga jarak 11-7 setelah pukulan Kevin melebar dari sasaran. Mereka pun menutup interval pertama dengan keunggulan.

Kevin / Marcus mencoba bangkit di interval kedua. Sayangnya, kesalahan sendiri kerap menghalangi mereka untuk mengejar poin Aaron / Wooi.

Kevin bahkan sempat kesal karena permainannya dan Marcus tidak kunjung membaik.

Asa sempat muncul ketika Kevin / Marcus menyamai torehan poin Aaron / Wooi 16-16. Akan tetapi, pengembalian tak sempurna yang terjadi berkali-kali membuat Kevin / Marcus tertinggal.

Aaron / Wooi akhirnya memenangkan gim kedua setelah pukuan mereka gagal dikembalikan. Mereka menutup gim kedua dengan skor 21-17.


Saksikan Video Olimpiade Tokyo 2020

Varian Delta Plus Gegerkan Dunia

COVID-19 Varian Delta Plus Gegerkan Dunia, Kepala Ilmuwan WHO Ungkap Fakta-Faktanya

Liputan6.com 2021-07-29 15:52:54
Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan membahas vaksin COVID-19 dari China. Dok: WHO

Dunia kembali dikhawatirkan dengan kemunculan varian baru Virus Corona COVID-19, yaitu varian Delta plus. Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Soumya Swaminathan membeberkan fakta-fakta terkait COVID-19 varian Delta plus.

"Alasan varian itu disebut dengan 'plus' karena memiliki mutasi lain, yang juga terlihat pada varian Beta, dan varian Gamma, yang juga berpotensi dapat berdampak pada antibodi virus," kata Soumya Swaminathan, dalam wawancara yang disiarkan WHO via Youtube, dikutip Kamis (29/7/2021).

Soumya juga mengakui adanya kekhawatiran Virus Corona jenis ini mungkin menjadi lebih mematikan, karena sekarang juga kan menjadi resisten terhadap obat dan vaksin.

Namun, ia melanjutkan, hal baiknya adalah masih sangat sedikit kasus yang dijelaskan secara global - bisa dilihat dari platform WHO yang disebut sebagai GSAID, yang mengumpulkan seluruh urutan genom virus dimana hanya beberapa puluh varian Delta yang menambahkan mutasi.

"Kita perlu mencermati hal ini, kita perlu secara pasti meningkatkan pengurutan genom di negara-negara di seluruh dunia sehingga kita dapat melacak apa yang terjadi," jelasnya.

Soumya menambahkan, diperlukan juga untuk dilakukannya lebih banyak penelitian untuk melihat apakah varian Delta plus ini dengan mutasi tambahan memiliki mutasi lain yang bersifat berbeda dari varian Delta.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sekilas Tentang COVID-19 Varian Delta Plus

Dikutip dari laman CNN, Kamis (29/7/2021) Virus Corona varian Delta plus, yang merupakan versi baru dan sedikit berubah dari COVID-19 varian delta telah menyebar di sejumlah negara termasuk Inggris, Amerika Serikat dan India.

Strain ini, yang telah menghasilkan sejumlah besar perhatian media global, disebut B.1.617.2.1 atau AY.1 --atau varian Delta Plus singkatnya, dan merupakan versi dari varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India pada bulan Februari.

Ini pertama kali dilaporkan Public Health England, badan kesehatan pemerintah Inggris, pada 11 Juni. Tetapi beberapa kasus pertama Inggris yang telah diurutkan pada 26 April menunjukkan bahwa varian mungkin telah hadir dan menyebar pada musim semi.

Pemerintah India mengatakan telah menyerahkan varian tersebut ke Global Data System, dan mengirim sampel untuk pengujian genomik. Sekitar 200 kasus telah terlihat di 11 negara.

Para ahli kesehatan sedang menyelidiki apakah Delta Plus mungkin lebih menular daripada strain lain seperti varian Alpha atau Delta. Tetapi, masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti apa efeknya.


Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

 

Paling Dermawan Setelah Bill Gates

Keluarga Akidi Tio, Penyumbang Dana Terbesar ke-2 di Dunia Setelah Bill Gates

Liputan6.com 2021-07-29 16:15:45
Bantuan dana sebesar Rp2 triliun, disalurkan keluarga mendiang Akidi Tio, melalui dokter keluarga mendiang Akidi Tio, Prof Hardi Darmawan ke Polda Sumsel (Dok.Humas Polda / Nefri Inge)

Beberapa hari lalu, keluarga besar almarhum pengusaha Akidi Tio viral pasca membantu masyarakat Sumatera Selatan yang terdampak pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung, bantuan yang diberikan keluarga pengusaha asal Langsa, Nangroe Aceh Darussalam ini mencapai Rp 2 triliun.

Nilai yang fantastis ini mengundang decak kagum sejumlah masyarakat di Indonesia. Salah satunya Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dalam tulisannya seperti dikutip Liputan6.com dari Disway.id, Kamis (29/7/2021), Dahlan membayangkan alangkah pusingnya Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Eko Indra Heri sebagai pihak yang diberi kepercayaan untuk menerima dan menyalurkan bantuan uang senilai Rp 2 triliun itu.

Pusing, karena tidak bisa sembarang orang bisa menerima uang dengan jumlah yang fantastis, begitu juga oleh lembaga pemerintahan, seperti Polda Sumsel. Pusing lagi, bagaimana dana itu akan dialokasikan.

"Yang paling aman tentunya lewat rekening khusus. Rekening baru. Itupun akan menyisakan pertanyaan: siapa yang akan membuka rekening itu. Atas nama siapa. Kalau rekening baru itu atas nama "saya" bisa bahaya. Kalau atas nama instansi tidak boleh. Pusing. Pusing sekali," tulis Dahlan.

Dahlan mengatakan, digadang-gadang sumbangan oleh keluarga ini menjadi yang terbesar kedua di dunia, setelah Bill Gates. Bahkan, Bos Grup Mayapada, Datuk Tahir yang terkenal akan sumbangannya saja dinilai kalah jauh.

Dicontohkannya seperti Bill Gates. Dia disebut lebih berpengalaman dalam penyaluran dana bantuan seperti ini. Dana sumbangan Bill Gates masuk ke lembaga non profit utuk diputar lagi. Alhasil sumbangan Bill Gates tetap utuh dan justru terus berkembang. Ini yang tidak dilakukan keluarga Akidi Tio.


Tampar Konglomerat Negeri Ini

Dahlan menyadari, masih banyak pertanyaan seputar sumbangan Rp 2 triliun ini.

"Akidi telah menampar begitu banyak konglomerat negeri ini. Dan ia tidak peduli. Ia sudah 11 tahun meninggal dunia," kata Dahlan.

"Akidi telah lama meninggal dunia. Tapi namanya hidup kembali. Ia telah mengalahkan orang-orang yang masih hidup menjadi seolah-olah sudah lama mati," tutup Dahlan.


Viral, Keluarga Akidi Tio Bantu Warga Terdampak Covid-19 hingga Rp 2 Triliun

Keluarga besar almarhum pengusaha Akidi Tio viral pasca membantu masyarakat Sumatera Selatan yang terdampak pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung, bantuan yang diberikan keluarga pengusaha asal Langsa, Nangroe Aceh Darussalam ini mencapai Rp 2 triliun.

Donasi fantastis ini viral setelah diunggah oleh akun Facebook Humas Polda Sumsel pada Senin (26/7/2021) kemarin.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Salah satu arah bantuan keluarga Akidi Tio terkait ketersediaan oksigen, obat, insentif bagi tenaga medis, dan penyediaan tempat isolasi bagi masyarakat umum.

Terpenting juga menambah laboratorium reaksi berantai polimerase (PCR) yang kini hanya ada 15 unit dan total berkapasitas 2 ribu sampel per hari.

"Nanti kita koordinasikan dengan tim ahli agar bisa direalisasikan," ujar Eko, seperti dikutip Selasa (27/7/2021).


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Viral Agama Baha'i, Apa Itu?

Mengenal Agama Baha'i yang Dapat Ucapan Selamat Hari Raya Naw Ruz dari Menag

Liputan6.com 2021-07-29 08:53:41
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menggelar konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Pemerintah memastikan tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia p

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Naw-Ruz 178 EB kepada umat Baha'i. Pernyataan itu disampaikan Menag Yaqut dalam rekaman video resmi Kementerian Agama.

"Kepada saudaraku masyarakat Baha'i di manapun berada, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Naw Ruz 178 EB," kata Menag dalam video yang dikutip Liputan6.com, Kamis (29/7/2021).

Menag menambahkan, hari raya tersebut digelar setelah umat Baha'i menunaikan ibadah puasa. Hari raya itu juga dinilainya sebagai sebuah hari pembaruan bagi insan yang merayakannya.

"Suatu hari pembaharuan yang menandakan musim semi sprititual dan jasmani setelah umat Baha'i menjalankan ibadah puasa selama 19 hari," jelas Menag Yaqut.

Ucapan Menag Yaqut kepada umat Baha'i ini pun menjadi sorotan. Netizen mempertanyakan tentang agama tersebut hingga mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Di Indonesia disebutikan sejarah agama Baha'i dimulai oleh dua orang pelopor yang diutus pendiri Baha'i, Baha'ullah. Keduanya adalah Sulayman KhanTunukabani (Jamal Effendi) yang berasal dari Iran berusia 65 tahun, dan pemuda dari Iraq Sayyid Mustafa Rumi berusia 33 tahun. Dua orang tersebut menginjakan kaki ke Indonesia pertama kali di Batavia yang kini bernama Jakarta, tahun 1885.

Dikutip dari bahai.id, situs yang berisi tentang kegiatan dan komunitas Baha'i, menjelaskan tentang sejarah agama Baha'i masuk di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Disebutkan dalam laman itu, Bah'u'llh ini menugaskan Jamal Effendi untuk melakukan perjalanan ke India.

"Dia tiba di India sekitar tahun 1875. Selain mengunjungi beberapa wilayah di India, dia juga mengunjungi Sri Langka," tulisnya.

Pada perjalanan-perjalanan berikutnya, Jamal Effendi didampingi oleh Sayyid Mustafa Rumi termasuk kunjungan ke Burma, Myanmar, pada tahun 1878 dan juga ke Penang, sekitar tahun 1883.

Pada sekitar tahun 1884-1885, mereka meninggalkan usaha dagang mereka di Burma dan kembali melakukan perjalanan ke India. Dari sini mereka melanjutkan perjalanan ke Dacca, yang kini dikenal dengan nama Dhaka, ibu kota Bangladesh. "Kemudian ke Bombay dan setelah tinggal di sana selama tiga minggu, mereka pergi ke Madras."

Dari Madras, mereka berlayar ke Singapura ditemani dua orang pelayan yaitu Shamsu'd-Din dan Lapudoodoo dari Madras. Setelah mendapatkan izin untuk berkunjung ke Jawa, mereka tiba di Jakarta yang kala itu bernama Batavia. "Mereka ditempatkan di pemukiman Arab, Pakhojan. Mereka hanya diizinkan untuk mengunjungi kota-kota pelabuhan di Indonesia oleh pemerintah Belanda."

Sayyid Mustafa Rumi, yang sangat berbakat dalam mempelajari bahasa, segera menguasai bahasa Melayu, menambah daftar panjang bahasa-bahasa yang telah dikuasainya. Dari sini mereka berkunjung ke Surabaya, dan sepanjang garis pantai, mereka juga singgah di pulau Bali dan kemudian Lombok.

"Di sini, melalui kepala bea cukai, mereka diatur untuk bertemu dan disambut oleh Raja yang beragama Buddha dan permaisurinya yang beragama Islam, dan mereka berbicara mengenai hal-hal kerohanian dengan Raja dan permaisurinya," tulisnya.

Pemberhentian mereka selanjutnya adalah Makassar, di pulau Sulawesi. Menggunakan sebuah kapal kecil mereka berlayar ke pelabuhan Pare-Pare. Mereka disambut Raja Fatta Arongmatua Aron Rafan dan anak perempuannya, Fatta Sima Tana.

"Fatta Sima Tana, belakangan, menyiapkan surat-surat adopsi untuk dua orang anak asli Bugis, bernama Nair dan Bashir, untuk membantu dan mengabdi di rumah di Akka. Sang Raja juga sangat tertarik dengan agama baru ini. Lalu mereka melanjutkan perjalanan ke Sedendring, Padalia dan Fammana," terang situs itu.

Dengan menggunakan sampan, mereka melanjutkan perjalanan sepanjang sungai sampai mereka tiba dengan selamat di Bone. Disini, Raja Bone, seorang lelaki muda dan terpelajar, meminta mereka untuk menyiapkan suatu buku panduan untuk administrasi kerajaan dan Sayyid Mustafa Rumi melaporkan bahwa mereka telah menulisnya sejalan dengan ajaran-ajaran Bah'i.

"Karena batas kunjungan empat bulan yang secara tegas diberikan oleh Gubernur Belanda di Makassar, mereka meninggalkan Sulawesi menuju ke Surabaya dan kemudian kembali ke Batavia."

Setelah itu kembali ke Singapura dan ke bagian-bagian lain di Asia Tenggara. Penyebaran agama Bah' di Indonesia yang melalui asimilasi budaya terus menerus mencapai pengikut hingga mereka memiliki Majelis Rohani Nasional Bah' (MRN) sebagai pusat administrasi dan pusat kegiatan keagamaan.


Bersifat Independen

Peneliti Utama Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kemenag, Nuhrison M. Nuh mengungkapkan, agama Baha'i adalah agama yang independen dan bersifat universal, ia bukan sekte/aliran dari agama lain, termasuk Islam.

Pernyataan itu disampaikan dalam acara seminar hasil penelitian yang diselenggarakan Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Acara itu berlangsung pada 22 September 2014 lalu di Jakarta.

Nuhrison mengungkapkan salah satu temuan dari penelitian adalah tidak ditemukannya fakta tentang keterkaitan antara agama Baha'i dengan agama apapun, termasuk Islam. Ia menambahkan bahwa konsep ajaran agama Baha'i memiliki ciri khas yang berbeda dengan konsep keagamaan di dalam Islam. Begitupula dalam tata cara peribadatan.

"Meskipun tampaknya memiliki kesamaan dengan peribadatan Islam (seperti sembahyang, puasa, ziarah dan lainnya), tetapi pada praktiknya tata cara peribadatan yang mereka lakukan sama sekali berbeda," kata dia yang dikutip dari Kemenag.go.id.

Nuhrison mencontohkan dalam pelaksanaan sembahyang misalnya, para penganut Baha'i mengerjakan sembahyang sebanyak tiga kali dalam sehari. Kiblat yang dijadikan sebagai arah sembahyangpun juga berbeda. Jika Umat Islam menghadap ke arah Mekah, maka umat Baha'i sembahyang menghadap Barat Laut (kota Akka-Haifa).


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

IIs Dahlia Ngamuk

Dikabarkan Jual Surat Swab Antigen dan PCR Palsu, Iis Dahlia Tuntut Klarifikasi dan Siap Tempuh Jalur Hukum

Liputan6.com 2021-07-29 08:30:00
Iis Dahlia. (Foto: Instagram @isdadahlia)

Iis Dahlia naik pitam gara-gara sebuah media daring berbasis di Sulawesi Tengah, mengabarkannya terlibat kasus jual beli surat swab antigen dan PCR palsu lalu diciduk aparat.

Rupanya, tersangka yang diciduk memiliki nama yang sama dengan ibunda Devano Danendra. Yang bikin pelantun "Tamu Tak Diundang" ngamuk, berita itu memuat foto Iis Dahlia, seolah benar ia yang jadi tersangka.

Celakanya, tautan berita ini disebarluaskan oleh aplikasi pengumpul berita dari berbagai media. Lewat akun Instagram terverifikasinya, istri Satrio Dewandono mengunggah pernyataan tertulis untuk aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menyampaikan Keberatan

Kepada pemimpin redaksi aplikasi pengumpul berita, Iis Dahlia memperkenalkan diri sebagai artis yang beralamat di Jakarta Selatan. Ia keberatan dengan berita yang disebarluaskan pada 28 Juli 2021.

"Dengan ini menyampaikan keberatan atas pemberitaan yang dipublikasikan oleh H***-B*** dengan judul Iis Dahlia Ditangkap Usia Jual Surat Swab Antigen serta PCR Palsu, Terancam 6 Tahun Penjara di H***-B*** pada tanggal 28 Juli 2021," cuitnya, hari yang sama.


Merugikan Saya

Bintang film Terlalu Tampan menilai, "Memasang foto saya Iis Dahlia yang seolah-olah dikaitkan dengan kejadian ditemukannya hasil test PCR palsu yang dilakukan oleh tersangka yang kebetulan bernama sama dengan saya, merupakan hal yang merugikan saya."

Lebih lanjut, tindakan sembrono ini mencemarkan nama baik pemilik album Air Mata Tiada Arti. Iis Dahlia menanggapi serius pemberitaan yang mencantumkan fotonya dalam kasus kriminal ini.


Paling Lama 1 X 24 Jam

Iis Dahlia menyebut tindakan situs pengumpul berita dari beragam media ini berpotensi melanggar ketentuan Pasal 27 ayat 3 UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Eelektronik (UU ITE).

"Yang berbunyi: Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik," kutipnya.


Pidana dan Perdata

Iis Dahlia menuntut klarifikasi dan permohonan maaf yang memuat sanggahan keberatannya. Tak main-main, ibu dua anak ini memberi waktu 1 kali 24 jam untuk pihak seberang.

"(Jika tidak memenuhi permintaan di atas), maka saya tidak akan segan-segan untuk mengambil langkah hukum lanjutan dalam menyelesaikan masalah ini, baik pidana maupun perdata sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," ia memperingatkan.

Daftar Lengkap Bantuan PPKM

Daftar Lengkap Insentif Selama PPKM Level 4, Ada Subsidi Gaji hingga Bansos Tunai

Liputan6.com 2021-07-29 13:46:22
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia selama sekitar 1,5 tahun ini. Penanganan dampak Covid-19 harus dilakukan dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek seperti penerapan PPKM Level 3 dan PPKM Level 4.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah harus melihat situasi ini secara helicopter view, tidak bisa melihat secara parsial.

Menurut dia, jika hanya dilihat dari sisi kesehatan, kebijakan terkesan kurang tegas. Namun jika dilihat dari sisi ekonomi saja, kebijakannya terkesan terlalu membatasi.

"Ini harus dilakukan secara hati-hati dan dihitung dengan cermat, karena Pemerintah harus mempertimbangkan berbagai aspek ini," dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/7/2021).

Pemerintah juga terus mengeluarkan sejumlah program dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan memberikan berbagai program tambahan kepada masyarakat, UMKM dan dunia usaha, terutama pada masa penerapan PPKM Level 4 ini. Beberapa bantuan tambahan untuk masyarakat tersebut disalurkan melalui program-program:

(1) Kartu Sembako sebesar untuk 18,8 juta KPM;

(2) Kartu Sembako PPKM untuk 5,9 juta KPM Usulan Daerah;

(3) Perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST) selama 2 bulan untuk 10 j uta KPM;

(4) Subsidi Kuota Internet 5 bulan (Agustus -- Desember 2021) untuk 38,1 juta Penerima;

(5) Diskon Listrik selama 3 bulan (Oktober -- Desember 2021) untuk 32,6 juta pelanggan;

(6) Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen selama 3 bulan (Oktober -- Desember 2021) untuk 1,14 juta pelanggan;

(7) Tambahan Kartu Prakerja dan Bantuan Subsidi Upah; dan (8) Bantuan Beras @10 kg untuk 28,8 juta KPM.

Sedangkan, bantuan yang akan diberikan untuk usaha mikro dan kecil (UMK) selama penerapan PPKM Level 4 ini antara lain adalah penambahan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk usaha mikro yang ada di daerah PPKM Level 4 yang akan diberikan untuk 3 juta penerima baru sebesar @ Rp1,2 Juta, serta pemberian Bantuan untuk PKL dan Warung yang akan disalurkan secara langsung oleh TNI/ POLRI, untuk 1 juta penerima baru sebesar @ Rp1,2 juta.

Sementara, untuk dunia usaha, Pemerintah mendorong pemberian Insentif Fiskal selama PPKM Level 4, berupa pemberian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang akan Ditanggung Pemerintah (DTP) atas Sewa Toko atau Outlet di Pusat Perbelanjaan atau Mal, untuk masa pajak Juni -- Agustus 2021, dan juga mendorong pemberian Insentif Fiskal untuk beberapa sektor lain yang terdampak, misalnya sektor transportasi, Horeka, pariwisata dan lain-lain.


Kasus Covid-19

Saat ini, angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia tercatat mengalami peningkatan, terutama karena adanya varian Delta. Pemerintah terus melakukan berbagai upaya menangani kasus Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan dan peningkatan kasus.

Pemerintah mengakselerasi program vaksinasi agar segera tercapai kekebalan komunal atau herd immunity, karena meyakini bahwa vaksinasi memiliki peran sentral dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini, program vaksinasi telah mencapai 66,5 juta vaksinasi, yang terdiri dari dosis pertama sejumlah 46,7 juta dan dosis kedua sebanyak 19,8 juta dosis.

"Tahun depan akan ditambahkan anggaran untuk memperbaiki fasilitas kesehatan, dan juga mendorong pengembangan vaksin dalam negeri dengan mengerahkan universitas atau perguruan tinggi tanah air untuk melakukan riset dan pengembangan untuk vaksin dan obat-obatan," kata dia.

Pemerintah juga terus menggenjot Testing, Tracing, dan Treatment (3T) dan menambah ketersediaan fasilitas layanan kesehatan serta menjaga ketersediaan oksigen dan memperbanyak persediaan obat-obatan.

Untuk memperkuat 3T, utamanya dalam meningkatkan Tracing, Pemerintah mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pelaksanaan Digital Tracingdan penggunaan Aplikasi Silacak untuk meningkatkan Tracing yang akan dilakukan para Tracer di daerah, terutama dari Babhinsa dan Bhabinkamtibmas.

Digital tracing atau pelacakan digital adalah upaya pemerintah untuk mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital. Aplikasi ini dihubungkan dan terintegrasi dengan sistem dan database yang ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan dengan menggunakan QR Code akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan hasil Testing (Tes PCR atau Swab Antigen).

"Hasil Tracing dengan aplikasi PeduliLindungi akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan Treatment atau penanganan jika diperlukan. Penanganan ini tentunya dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Menko Airlangga.


Aplikasi PeduliLindungi

Masyarakat dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi di App Store atau Google Play dan kemudian harus mengaktifkan data lokasi (karena aplikasi ini berbasis GPS), sehingga secara berkala dapat melakukan identifikasi lokasi serta memberikan informasi terkait dengan tingkat risiko lokasi dan zonasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, Aplikasi PeduliLindungi juga akan terus didorong untuk digunakan sebagai alat dalam melakukan screening bagi masyarakat yang akan melakukan mobilitas (perjalanan udara, kereta api dll), dan akan digunakan sebagai Venue Check-in untuk masyarakat yang akan melakukan aktivitas atau memasuki tempat-tempat umum (mal, restoran, toko, bandara, stasiun, tempat wisata, dll.).

Berdasarkan sejumlah indikator kasus Covid-19 yang dilihat dari jumlah kasus aktif, konfirmasi harian, tingkat kematian, positivity rate dan Bed Occupancy Rate (BOR), sejumlah wilayah di luar Jawa dan Bali masih belum menunjukkan tren penurunan atau perbaikan. Pemerintah pun terus meningkatkan berbagai upaya untuk mengendalikan laju lonjakan kasus aktif, antara lain dengan:

Pertama, upaya di hulu yaitu Peningkatan 3M, terutama memakai masker perlu terus digalakkan, dan didukung dengan Program Pembagian Masker. Kedua, untuk mendorong percepatan vaksinasi di daerah-daerah dengan Kasus Aktif tertinggi, Kemenkes akan mendorong distribusi dan suplai vaksin ke daerah. Ketiga, dalam pelaksanaan 3T, Testing perlu ditingkatkan (sesuai target di InMendagri), Tracing dengan peningkatan Tracer dan Digital Tracing. Dan, keempat adalah upaya di hilir dengan mengendalikan BOR, kemuian daerah dengan BOR tinggi harus meningkatkan konversi TT untuk Covid-19, serta meningkatkan fasilitas isolasi.

"Untuk di daerah dengan angka kasus tinggi, akan dilakukan percepatan vaksinasi, dan peningkatan kapasitas TT untuk Covid-19 melalui konversi TT di RS, serta penyediaan fasilitas isolasi. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan obat-obatan, Pemerintah melakukan penanganan terkoordinasi melalui Satgas dan juga telah mempermudah importasinya apabila diperlukan," ujar Menko Airlangga.

Para Kepala Daerah dan Forkopimda (KaPolda, Pangdam, Kajati) juga diminta secara aktif untuk terus bersama-sama mengkoordinasikan berbagai upaya dan langkah konkret di daerah untuk mengendalikan laju kasus Covid-19.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang relatif lebih ketat dibandingkan sebelumnya, terutama untuk wilayah dengan PPKM Level 4, akan membatasi berbagai mobilitas dan aktivitas masyarakat.

"Keputusan menerapkan PPKM yang ketat tidaklah mudah, namun penting untuk dilakukan agar menekan angka penularan Covid-19. Penanganan pandemi ini adalah menjaga keseimbangan antara aspek Life atau keselamatan jiwa dengan aspek Livelihood atau mata pencaharian masyarakat. Pemerintah tetap mengutamakan penanganan kesehatan, namun juga tidak mengesampingkan aspek ekonomi masyarakat," papar Menko Airlangga.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pisang Goreng yang Dipuji Erick Tohir

Sambangi Penjual Pisang Goreng Fans Didi Kempot, Erick Thohir: Rasanya Enak!

Liputan6.com 2021-07-29 10:45:40
Ketua INASGOC, Erick Thohir usai melakukan rapat Asian Games di Kantor KOI, Jakarta, (11/6/2018). Rapat tersebut membahas sosialisasi Asuransi dan sponsor Atlet Indonesia. (Bola.com/Nick Hano

Menteri BUMN Erick Thohir menyambangi seorang pedagang pisang goreng di daerah Srengseng, Jakarta Barat. Adalah Pak Bromo, pedagang pisang goreng kepok yang juga fans berat almarhum Didi Kempot.

Dalam kunjungannya, Erick Thohir melihat beberapa nama menu yang disajikan dan menanyakan kepada Pak Bromo. Misalnya, menu Pisang Goreng Layang Kangen, dan Pisang Goreng Cidro yang ditanyakan Erick kepada pemilik usaha tersebut.

"Itu karena saya ngefans sama almarhum Didi Kempot," kata Pak Bromo, dalam cuplikan unggahan di Instagram Erick Thohir, Kamis (29/7/2021).

Erick Thohir kemudian berbincang mengenai awal mula Pak Bromo memulai usaha. Ia menuliskan, pak Bromo adalah salah satu dari sekian banyak orang yang terdampak pandemi.

Ternyata, langkah awal pria gempal tersebut memulai usahanya dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat dari BRI.

"Dan sampai saat ini pun, pak Bromo masih menjadi nasabah Bank BRI. Senang rasanya mendengar ada usaha yang mendapat bantuan dari salah satu Himbara," kata Erick Thohir.

Guna bertahan di masa pandemi dan segala kegiatan dagang yang masih dibatasi, kata Erick Thohir, pemilik usaha pisang goreng Berkah Mbak Pur itu mengandalkan pelayanan pemesanan online. Kendati omsetnya menurun dan dibawah omset normal, Pak Bromo justru lebih bersemangat.

Dalam cuplikan video, menutup kunjungannya, Erick Thohir membeli 50 porsi pisang goreng dan meminta pak Bromo membagikannya ke tetangga sekitar yang membutuhkan.


Tersedia di Platform Online

Ia juga mengimbau followers-nya yang berminat mencicipi pisang goreng kepok tersebut untuk mencarinya di platform online.

"Teman-teman yang mau coba pisang goreng buatan Pak Bromo dan Istri, bisa cari di aplikasi online ya. Rasanya enak!," katanya.

"Terima kasih pak Bromo, semoga sehat selalu dan rejekinya dilancarkan oleh Allah SWT. Teman-teman lain yang merintis usaha, tetap bersemangat ya!," tulis Erick, menutup unggahannya.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cuek Main Game di Tengah Banjir

Viral Bocah Tetap Main Game di Warnet saat Diterjang Banjir dan Badai, Santai Banget

Liputan6.com 2021-07-29 09:50:21
Viral bocah tetap asyik main game padahal sedang banjir dan diterjang badai. (Sumber: Metro UK)

Sejak beberapa hari yang lalu, beberapa negara tengah dilanda bencana alam banjir dan juga badai. Akibat dari peristiwa tersebut, ribuan orang yang tinggal di tempat rawan banjir pun harus dievakuasi.

Dilanda banjir dan juga badai, tentunya tak sedikit yang merasa panik dan takut sehingga semaksimal mungkin untuk menyelamatkan diri. Namun hal itu justru berbeda dari sejumlah bocah berikut ini.

Beredar foto bocah yang menjadi viral lantaran tengah asyik bemain game disebuah warnet ditengah rendaman banjir. Padahal dikabarkan jika suasana disana tengah dilanda banjir dan juga badai.

Mereka tampak santai duduk di depan komputer dan fokus pada game yang sedang dimainkan. Kejadian yang terjadi di FIlipina itu pun sontak menjadi viral. Banyak netizen yang tak habis pikir hingga khawatir jika ada yang tersengat listrik.


Bocah Asyik Main Game saat Banjir dan Badai

Dilansir dari Metro Uk oleh Liputan6.com, Kamis (29/7/2021) segerombolan bocah tampak asyik bermain game online disebuah warnet di tengah kepungan air yang merendam mereka. Mereka tampak santai duduk di depan komputer .

Beberapa bocah laki-laki itu tetap tak beranjak dari kursi dan masih fokus bermain di depan komputer, lengkap menggunakan headphone di telinga mereka. Padahal air banjir bahkan bercampur lumpur dan sampah itu pun tampak sudah mencapai bagian kursi tempat mereka duduk. Alhasil tubuh bagian bawah para gamer ini pun basah.

Hal lain yang tak kalah mengkhawatirkan adalah tampak kabel-kabel komputer yang menjalar di beberapa tempat. Kabel itu dalam kondisi yang masih menyambung dengan stopkontak. Netizen pun banyak ayng khawatir jika terjadi sengatan listrik.


Sudah Sempat Diusir Pemilik Warnet

Pemilik kafe yang ada di Kota Cainta, Filipina itu pun sudah berusaha untuk menyuruh anak-anak keluar karena dikhawatirkan mereka akan hanyut oleh banjir atau tersengat arus listrik. Sedangkan sang pemilik kafe telah memindahkan semua peralatan ke tempat yang lebih tinggi.

Tak beranjak dari kursi, bocah itu tetap santai bermain. Beruntungnya tak terjadi hal yang membahayakan, lantaran semua kabel dan stopkontak terpsang di dinding atas.

Sementara itu, bencana topan yang bernama topan In-fa atau Fabian tersebut telah meluluh lantahkan seluruh bagian negara Filipina. Banyak rumah yang terendam banjir, lahan pertanian beserta tanaman juga terendam banjir, dan ribuan orang terpaksa harus dievakuasi.

Sosis Daun Kelor

Sosis Ikan Barakuda, Singkong dan Kelor Inovasi Mahasiswa Unibraw

Liputan6.com 2021-07-29 09:29:45
Salah satu mahasiswa FPIK Unibraw Malang di laboratorium saat proses pembuatan sosis BASOKE (Humas UB Malang)

Ikan barakuda, singkong, dan daun kelor merupakan makanan lezat. Perpaduan ketiga bahan pangan dapat diolah menjadi sebuah produk olahan bergizi dan aman dikonsumsi. Lima mahasiswa Unibraw Malang berinovasi menerapkan itu.

Menghasilkan sebuah produk olahan daging ikan berupa sosis yang diberi nama BASUKE (Barakuda Singkong dan Daun Kelor). Makanan olahan aman dikonsumsi dan bergizi itu inovasi lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unibraw.

"Produk pangan ini menggunakan bahan pengawet dari kulit udang, aman dikonsumsi," kata Surya Rachman Susilowati, anggota tim inovasi BASUKE di Unibraw Malang, Rabu, 28 Juli 2021.

Kulit udang sangat aman jadi bahan pengawet alami sebab mengandung protein hingga 40 persen, kalsium karbonat 40-50 persen, dan kitin 20-36,61 persen yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme perusak. Serta mengandung kitosan yang berfungsi melapisi produk yang diawetkan.

"Sementara ikan barakuda, singkong dan daun kelor memiliki beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh," ucap Surya.

Ikan barakuda mengandung vitamin B2 yang sangat bermanfaat menjaga sistem syaraf, memperlancar metabolisme. Serta berkhasiat untuk penyembuhan radang kulit, mencegah penyakit jantung dan bagus untuk kesehatan mata.

Sementara kandungan daun kelor sudah banyak diuji secara ilmiah, kaya gizi dan manfaat untuk kesehatan. Mengandung protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, dan Vitamin A. Sedangkan singkong mengandung zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat dan lemak.

"Sehingga makanan ini kaya nutrisi dan menyehatkan untuk tubuh," ucap Surya.

Selain Surya Rachman, anggota tim itu Susilowati, Erviana Shinta Dewi, Surya Dewa Ramadhan, Lalu Octavian Diandra P dan Yesica Wulanda Eka P. Kelimanya mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unibraw.


Proses Hak Paten

Ide Sosis BASUKE berangkat dari keprihatinan terhadap makanan olahan mengandung pengawet berbahaya yang beredar di pasaran. Sehingga butuh inovasi olahan makanan aman dan sehat untuk tubuh.

"Produk kami dikemas plastik hampa udara jadi lebih tahan lama dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat merusak produk," ucap Surya.

Inovasi olahan pangan sosis BASUKE ini sedang dalam tahap uji proksimat di Universitas Muhammadiyah Malang. Termasuk dalam proses pengurusan Hak Kelayakan Intelektual serta pengajuan sertifikat dan logo halal dari MUI dan pengajuan BPOM.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dulu Imut, Kini Macho dengan Tato

6 Potret Transformasi Miller Khan, Dari Balita yang Imut Hingga Tampil Macho Bertato Saat Dewasa

Liputan6.com 2021-07-29 18:15:33
Transformasi Miller Khan, Dari Balita yang Imut Hingga Tampil Macho

Nama Miller Khan sempat dikenal sebagai salah satu pesinetron dengan jadwal yang padat. Beberapa tahun terakhir, aktor kelahiran Kuala Lumpur, 30 Maret 1987 ini lebih banyak bermain film dan serial web. Dari segi fisik, pemain film Foxtrot Six juga banyak perubahan.

Di awal pemunculannya, Miller memiliki tubuh yang tinggi dan kurus serta rambut agak gondrong. Kesan imut melekat lewat sejumah perannya di sinetron. Logat Melayunya menjadi ciri khas saat bermain di sinetron perdananya pada 2008, Azizah (SCTV).

Kini, pemain film Ratu Ilmu Hitam (2019) tampil dengan tubuh berotot dan banyak tato yang menghiasi tubuhnya. Berikut 6 potret transformasi Miller Khan dari balita hingga dewasa dirangkum Showbiz Liputan6.com dari akun Instagram terverifikasinya, Kamis (29/07/2021)

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Masa Kecil

Potret pemain film Rasuk ketika usia tiga tahun. Imut dan bule banget, ya?


Bocah

Pemain Surga yang Kedua terlihat bermain di kasur bayi. Wajahnya yang menggemaskan tampak serius mengamati sesuatu.


Sekolah Dasar

Miller saat masih di bangku sekolah dasar. Mulai terlihat ganteng sejak usia kecil.


Remaja

Beranjak remaja, Miller terlihat unyu-unyu. Peran cowok tengil ia dapat di awal kariernya.


Dewasa

Foto yang diunggah Miller pada tahun 2014. Badannya mulai terbentuk dan penampilannya jauh lebih matang.


Pangling

Meski kini bertato, tak menghalangi Miller untuk bermain di web series Islami. Lihatlah perbedaan gaya Miller ketika bermain di serial Assalamualaikum Calon Imam dan The Bridge yang bergenre action, bikin pangling bukan?

(Panditio Rayendra)

Gempa Dahsyat 8,2 Guncang Alaska

Gempa Bumi Magnitudo 8,2 Guncang Alaska, Sejumlah Wilayah Berpotensi Tsunami

Liputan6.com 2021-07-29 15:14:02
Ilustrasi gempa. (Liputan6.com)

Gempa bumi magnitudo 8,2 mengguncang Alaska. Peringatan tsunami pun diberlakukan untuk beberapa bagian pantai Alaska.

Menurut laporan CNN dari data awal dari US Geological Survey (USGS) yang dikutipKamis (29/7/2021), beberapa bagian Alaska berada di bawah peringatan tsunami setelah gempa berkekuatan magnitudo 8,2 terjadi di lepas pantai.

"Gempa yang sangat kuat itu terletak sekitar 56 mil (91 kilometer) timur tenggara Perryville, Alaska, dan terjadi Rabu malam sekitar pukul 22:15 waktu setempat," kata USGS.

Pada kedalaman 29 mil (46,7 km), gempa dianggap dangkal. Gempa bumi dangkal memiliki kedalaman antara 0 dan 70 km. Setidaknya ada dua gempa susulan yang kuat, termasuk kekuatan awal magnitudo 6,2 dan 5,6, lapor USGS.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk sebagian negara bagian, menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS.

Peringatan tsunami tersebut termasuk Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska, dari Hinchinbrook Entrance (90 mil timur Seward) ke Unimak Pass, dan untuk Kepulauan Aleutian dari Unimak Pass (80 mil timur laut Unalaska), ke Samalga Pass, Alaska, yang berjarak 30 km sebelah barat daya dari Nikolski.

Polisi di Kodiak, kota terbesar di pulau Kodiak, menyarankan warga untuk pindah ke dataran tinggi, menambahkan bahwa sekolah menengah di sana dibuka sebagai lokasi evakuasi.

Kodiak berada di dekat ujung barat laut Pulau Kodiak, yang merupakan pulau terbesar di Alaska dan merupakan pulau terbesar kedua di AS.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Peringata Tsunami Juga Mencakup Hawaii

Menurut National Weather Service (NWS) Pacific Tsunami Warning Center, peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Hawaii,

"Gelombang untuk Hawaii diperkirakan kurang dari 0,3 meter (0,98 kaki) di atas permukaan air pasang," kata Gubernur Hawaii David Ige di Twitter.

Tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi untuk pantai Pasifik AS dan Kanada di Amerika Utara, menurut NWS.