Volume 48

Masa Lalu Kelam Sang Atlet Cantik

Sosok Yusra Mardini, Atlet Olimpiade Tokyo 2020 yang Kabur dari Perang Suriah

Liputan6.com 2021-08-02 17:01:56
Sosok Yusra Mardini, Atlet Olimpiade Tokyo 2020 yang Kabur dari Perang Suriah. (dok.Instagran @yusramardini/https://www.instagram.com/p/CRlrWtxsen9/Henry)

Yusra Mardiniadalah atlet dari cabang olahraga renang yang merupakan salah satu wakil tim pengungsi atau IOC Refugee Olympic Team di Olimpiade Tokyo 2020. Yusra merupakan seorang pengungsi dari Suriah yang kini tinggal di Berlin, Jerman.

Sosoknya menarik perhatian warganet karena perjuangannya yang menginspirasi banyak orang. Sebelum bergabung dan mengikuti Olimpiade Tokyo 2020, Yusra dikabarkan harus melewati perjuangan yang begitu berat agar bisa kabur dari konflik Suriah yang berlangsung sejak 2011.

Karena perang di negaranya, tak jarang ia harus berlatih di kolam renang yang atapnya hancur dan bolong karena bom. Dilansir dari laman Today, 28 Juli 2021, Yusra dan kakaknya, Sara, memutuskan untuk kabur dari Suriah pada Agustus 2015.

Saat itu, rumah keluarganya hancur dan situasi semakin memanas. Ia dan Sarah memilih jalur laut dengan menumpang sebuah kapal kecil bersama 18 pengungsi lain untuk pergi ke Pulau Lesbos, Yunani. Padahal, kapal tersebut sebenarnya hanya untuk ditumpangi enam orang.

Kapal yang ditumpangi oleh Yusra kemudian mengalami mati mesin ketika berada di tengah laut. Saat itu, dari 20 orang yang menumpang kapal tersebut, hanya Yusra, Sara, dan dua orang lain yang bisa berenang.

Mereka lalu membantu dengan terjun ke dalam laut dan berenang agar kapal yang ditumpangi tidak tenggelam di Laut Mediterania. Setelah berenang selama 3,5 jam sambil berpegangan pada tali kapal, Yusra dan Sara pun sampai di Yunani.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Remaja Paling Berpengaruh

Namun, perjuangannya tidak sampai di situ saja. Yusra dan kakaknya harus berjalan kaki selama beberapa hari untuk bisa sampai di kamp pengungsian di Berlin, Jerman.

Berkat perjuangannya itu, ia pernah dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berpengaruh di dunia (Most Influential Teens) oleh majalah Time pada 2016. "Saat itu saya sangat senang. Saya lega telah berada di Jerman, memiliki saudara di samping saya, hanya itu yang saya inginkan," kenang Yusra ketika diwawancara New York Times.

Tak lama kemudian, orangtuanya dan adiknya, Shaed, juga meninggalkan Suriah dan menyusul ke Jerman dengan naik pesawat terbang. Pada 2016, wanita kelahiran Damaskus, Suriah, 5 Maret 1998 ini berhasil lolos ke Olimpiade Rio di Brasil.

Prestasi serupa juga diraihnya empat tahun kemudian dengan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 yang baru berlangsung di tahun ini. Tapi, langkah Yusra di Olimpiade Tokyo 2020 terhenti di babak penyisihan setelah berjuang di nomor 300 meter gaya kupu-kupu.


Terus Berjuang

Meski begitu, kisah dan perjuangannya telah menginspirasi banyak orang. Ia pun bertekad untuk meneruskan perjuangannya di olahraga renang,

"Saya bangga karena bisa mewakili sekitar 80 juta pengungsi di seluruh dunia. Saya berharap mereka semua bisa menjalani kehidupan dengan baik. Kami semua ingin menunjukkan bahwa para pengungsi tak akan mudah menyerah dan akan terus berjuang," tutur Yusra Mardini.

Bersama IOC Refugee Olympic Team, Yusra sebelumnya juga tampil di Olimpiade Rio 2016. Mereka terdiri dari sejumlah atlet yang berstatus sebagai pengungsi dari berbagai negara. Dikutip dari laman UNCHR, ada 29 atlet Tim Pengungsi yang mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Mereka berasal dari 11 negara dan mengikuti 12 cabang olahraga.


Greysia Polii / Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

 


Saksikan Video Pilihan Berikut:

Ubah Skandal Jadi Kemenangan Gemilang

Olimpiade Tokyo 2020 : Greysia Polii Ubah Noda Hitam Menjadi Emas

Liputan6.com 2021-08-02 15:40:04
Ganda putri Indonesia Greysia Polii / Apriyani Rahayu berpose dengan medali emas badminton Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang, Senin, 2 Agustus 2021. (Alexan

Greysia Polii memenangkan medali emas cabang badminton Olimpiade Tokyo 2020. Bersama Apriyani Rahayu, ganda putri bulu tangkis Indonesia ini meraih podium tertinggi di pesta olahraga dunia itu.

Greysia Polii / Apriyani Rahayu merebut medali emas usai mengalahkan Chen Qing Chen / Jia Yi Fan dari China di final Olimpiade Tokyo. Pasangan peringkat enam dunia tersebut menang 21-19 dan 21-15 dalam waktu 57 menit.

Bermain di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021) siang WIB, Chen / Jia lebih difavoritkan ketimbang Greysia / Apriyani. Selain memiliki peringkat dunia yang lebih baik, yakni tiga, mereka juga unggul rekor pertemuan dari Greysia / Apriyani.

Dari sembilan pertemuan sebelumnya, Chen / Jia menang tujuh kali. Kemenangan terakhir terjadi di World Tour Finals 2019. Saat itu, Chen / Jia menang 17-21, 21-10, dan 21-16 atas Greysia / Apriyani.

Namun, torehan itu tidak bisa menjadi acuan bahwa Chen / Jia bakal menang. Sebab, duel melawan Greysia / Apriyani kembali dimulai dari skor 0-0 lagi.

Berlaga di final, Greysia / Apriyani tampil seperti laga-laga sebelumnya. Mereka bermain lepas dan tidak peduli dengan beban untuk meraih medali emas.

Sebaliknya, Chen / Jia justru tampil tertekan. Kesalahan demi kesalahan dibuat pasangan ini yang justru sangat menguntungkan Greysia / Apriyani dalam meraih poin.

Hingga akhirnya pengembalian bola Jia Yi Fan keluar sehingga Greysia / Apriyani menang. Medali emas Olimpiade pun diraih pasangan Indonesia.


Olimpiade London

Bagi Greysia Polii, Olimpiade Tokyo 2020 merupakan edisi ketiga baginya. Sebelumnya, pebulu tangkis berusia 33 tahun itu pernah tampil di Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Sementara buat Apriyani Rahayu, ini adalah Olimpiade pertamanya.

Khusus Greysia, putri dari pasangan Willy Polii dan Evie Pakasi ini pernah memiliki catatan kelam. Saat tampil di Olimpiade London, dia bersama pasangannya Meiliana Jauhari mendapat kartu hitam.

Insiden itu berawal saat Greysia / Meiliana menghadapi Ha Jung Eun / Kim Min Jung dari Korea Selatan di penyisihan Grup C. Kedua pasangan bermain buruk dan terkesan tak sportif. Mereka berupaya kalah agar terhindar dari pasangan peringkat satu dunia asal China Wang Xiaoli / Yu Yang di perempat final.

Wasit sempat empat kali menghentikan pertandingan. Penonton yang memadati Wembley Arena juga geram melihat aksi Greysia / Meiliana dan Ha / Kim.

Geregetan, wasit kehormatan Torsten Berg kemudian turun ke lapangan dan langsung mengeluarkan kartu hitam bagi kedua pasangan. Ini artinya mereka didiskualifikasi dan tak dapat bertanding lagi di Olimpiade London 2012.

Kedua pasangan ditemani para pelatihnya lalu bernegosiasi dengan wasit kehormatan dan wasit lapangan untuk membatalkan sanksi kartu hitam. Protes dikabulkan dan dengan catatan kedua pasangan dapat melanjutkan permainan dengan serius.

Akhirnya, Ha / Kim mengalahkan Greysia / Meiliana dengan skor 18-21, 21-12, dan 21-14. "Kami dilatih oleh senior-senior yang mempunyai pengalaman mendunia, kami siap kalah. Namun, kami tidak siap untuk dituduh curang," kata Meiliana di situs PBSI, Agustus 2012.

"Sebagai pemain, kejadian ini membuat kami terpukul, tapi setidaknya kami sudah berusaha dan menyelesaikan pertandingan," ujarnya. "Tapi, kami mengucap syukur pada Tuhan, buat keadaan ini lebih baik daripada sedih," ucap Greysia.


Bangkit bersama Apriyani

Greysia Polii sempat ingin pensiun pada 2017 setelah tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bersama Nitya Krishinda Maheswari. Pasangan ini hanya mencapai perempat final setelah dikalahkan Yu Yang / Tang Yuanting dari China dengan skor 11-21 dan 14-21.

Namun, niatnya itu dibatalkan dan dia dipasangkan dengan Apriyani Rahayu yang usianya 10 tahun lebih muda. "Pada 2017, saya berada di tim nasional dan akan berhenti ketika pasangan saya (Nitya) cedera dan menjalani operasi," kata Greysia saat wawancara dengan BWF, belum lama ini.

"Tetapi, pelatih saya mengatakan tunggu sebentar dan bantu pemain muda untuk bangkit, dan saat itulah Apriyani datang."

"Dan kemudian kami memenangkan Korea Open dan Thailand Open, begitulah cepatnya kami datang. Saya seperti, ya Tuhan, saya harus berlari selama empat tahun lagi!" ucap Greysia menambahkan.

Bersama Apriyani, Greysia telah menghapus noda hitam yang pernah dibuatnya di Olimpiade London 2012 menjadi medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020. "Saya kira Olimpiade London mengajari saya untuk tidak pernah menyerah pada impian Anda. Dan saya tahu saya tidak hanya mengatakannya, saya ingin bersungguh-sungguh," tutur Greysia.


Kado ulang tahun

Medali emas Olimpiade Tokyo 2020 terasa spesial bagi Greysia Polii. Ini menjadi kado ulang tahun bagi wanita yang dinikahi Felix Djimin pada Desember 2020. Greysia bakal genap berusia 34 tahun pada 11 Agustus 2021.

Selain itu, medali emas ini juga menjadi kado spesial bagi Indonesia yang akan merayakan HUT Kemerdekaan ke 76 pada 17 Agustus mendatang.


Infografis

 


Saksikan Video Olimpiade Tokyo 2020 di Bawah Ini

Indonesia Kena Prank Rp 2 Triliun?

Terbongkar, Fakta-Fakta Sumbangan Fantastis Rp 2 Triliun Akidi Tio

Liputan6.com 2021-08-02 11:00:29
Bantuan dana sebesar Rp2 triliun, disalurkan keluarga mendiang Akidi Tio, melalui dokter keluarga mendiang Akidi Tio, Prof Hardi Darmawan ke Polda Sumsel (Dok.Humas Polda / Nefri Inge)

Keluarga pengusaha Akidi Tio selama beberapa hari terakhir ini menarik perhatian publik. Keluarganya memberikan sumbangan Rp 2 triliun atas nama almarhum Akidi Tio untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Donasi fantastis Akidi Tio ini viral setelah diunggah oleh akun Facebook Humas Polda Sumsel pada Senin (26/7/2021).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, mengatakan bahwa salah satu arah bantuan keluarga Akidi Tio terkait ketersediaan oksigen, obat, insentif bagi tenaga medis, dan penyediaan tempat isolasi bagi masyarakat umum.

Terpenting juga menambah laboratorium reaksi berantai polimerase (PCR) yang kini hanya ada 15 unit dan total berkapasitas dua ribu sampel per hari.

"Nanti kita koordinasikan dengan tim ahli agar bisa direalisasikan," jelas Eko.

Sumbangan diberikan melalui dokter keluarganya. Adapun penyerahan bantuan Covid-19 tersebut dilakukan pada Senin, 26 Juli 2021.

Prof Hardi Darmawan selaku dokter keluarga almarhum Akidi Tio, menjelaskan mengapa sumbangan tersebut diserahkan kepada Kapolda Sumsel.

Menurut Hardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri memiliki hubungan yang baik dengan almarhum dan putra sulung Akidi Tio saat masih bertugas di Aceh.

"Saya ditelepon anak bungsu dari Akidi Tio. Mereka mau bantu masyarakat, dalam keadaan pandemi Covid-19," katanya, Selasa, 27 Juli 2021.

Sumbangan Fantastis

Jika dibandingkan dengan alokasi anggaran pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, donasi Rp 2 triliun keluarga Akidi Tio memang tak main-main. Bahkan, jumlah tersebut lebih besar dari alokasi pembagian 2 juta paket obat untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri (isoman) senilai Rp 1,17 triliun.

Angka bantuan Covid-19 tersebut juga masih lebih banyak dari anggaran untuk percepatan vaksinasi yang sebesar Rp 1,96 triliun yang dipersiapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Anggaran ini digelontorkan pasca Bendahara Negara gemas dengan realisasi pemerintah daerah untuk program vaksinasi yang tak berjalan baik.

Selain itu, sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio ini juga hampir setara dengan dana pembangunan berbagai pusat rumah sakit darurat penanganan Covid-19, yang dikucurkan Sri Mulyani sekitar Rp 2,75 triliun.

"Asrama haji dikonversi jadi RS Darurat di Pondok Gede, Surabaya, Boyolali, Bandung, Yogyakarta, itu membutuhkan Rp 2,75 triliun untuk konversi mereka untuk melengkapinya," ungkap Sri Mulyani beberapa waktu lalu.


Cair Hari Ini

Sumbangan Akidi Tio ini mendapatkan perhatian banyak pihak, termasuk Dahlan Iskan. Ia bahkan melalui blog pribadinya, disway.id, sejak 28 Juli hingga hari ini, Senin 2 Agustus 2021, membuat tulisan khusus yang membahas sumbangan tersebut.

Masing-masing tulisannya diberi judul "Bantuan 2 T, Pusing 2 T, Menunggu 2 T, Perjuangan 2 T, dan Harapan 2 T.

Melalui lima tulisan yang diunggahnya setiap hari sejak 28 Juli tersebut, Dahlan menelusuri kebenaran sumbangan tersebut hingga kapan pencairannya.

Ia menghubungi berbagai pihak, termasuk seorang perempuan yang disebut memiliki hubungan dekat dengan salah satu anak Akidi Tio, Heryanti.

Menurut laporan seorang wartawan di Palembang, kata Dahlan, rumah salah satu anak Akidi yakni Heryanti, dijaga polisi mulai Kamis sore kemarin.

Terlihat ada mobil polisi berhenti di depan rumah. Wartawan diminta menjauh dari jalan depan rumah Heryanti, dan dilarang memotret.

Saat itu, ada kabar kemungkinan dana sumbangan dari Akidi Tio tersebut cair para Kamis 29 Juli 2021 pukul 15.00 WIB. Namun kenyataannya belum ada dana yang dicairkan.

Kemudian pada Sabtu 31 Juli 2021, Dahlan kembali membahas soal sumbangan tersebut. Berdasarkan penulisannya, sumbangan sebesar Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 tersebut akan cair pada hari ini, Senin 2 Agustus 2021.

Informasi tersebut didapatkannya melalui seorang perempuan yang dekat dengan salah satu anak Akidi Tio, Heryanti. Dahlan mengaku sempat pesimis sumbangan itu akan terealisasi karena tak kunjung cair, tapi informasi dari sumbernya ini memberikan titik cerah.

Sumber Dahlan Iskan itu pun meyakini sumbangan Rp 2 triliun dari Akidi Tio itu akan cair, meski utang Rp 3 miliar kepadanya belum dibayar. Terlebih lagi, sumbangan tersebut juga telah diserahkan secara simbolis kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, pada Senin (26/7/202).

"Mungkin paling lambat Senin lusa cair (sumbangan dari Akidi Tio). Saya baru saja telepon Heryanti, dia bilang begitu. Saya percaya dia, dia bilang begitu," demikian kata sumber tersebut kepada Dahlan Iskan, seperti dikutip pada Sabtu (31/7/2021).


Harapan 2 T

Harapan 2 T merupakan judul tulisan terbaru Dahlan mengenai sumbangn Akidi Tio. Masih berdasarkan sumber yang sama, sumbangan tersebut dikatakan akan cair pada hari ini.

Perempuan tersebut telah menghubungi Heryanti beberapa kali untuk memastikan hal tersebut. Dahlan pun menanyakan mengenai kepastiannya.

"Jadi, katanya. Dia bilang tegas sekali: jadi. Senin pagi akan ditransfer dengan cara RTGS lewat Bank Mandiri," kata sumber tersebut kepada Dahlan, seperti dikutip pada Senin (2/8/2021).

Sebelumnya ada informasi bahwa sumbangan tersebut akan cari melalui Bank BRI dan BCA.

Dahlan pun mempertanyakan kepercayaan sumbernya tersebut kepada Heryanti. Skala 1 sampai 100, sumber tersebut menempatkan kepercayaannya terhadap Heryanti di skala 70.

Uang untuk sumbangan tersebut dilaporkan berada di sebuah bank di Singapura. Proses pencairan yang sulit disebut menyebabkan sumbangan belum bisa disalurkan.

"Laporan lainnya dana Rp 2 triliun itu masih ada di sebuah bank di Singapura. Uang itu tulis media tersebut hasil tabungan Aki sendiri. Di masa hidupnya, sejak dolar masih 4 ribu per dolar AS," jelas Dahlan dalam tulisannya pada Jumat (30/7/2021).

"Itu berarti sejak jauh sebelum krisis moneter tahun 1998. Masuk akal saja. Banyak orang Indonesia yang punya tabungan dolar di Singapura. Lalu menjadi lebih kaya raya setelah krismon. Ketika dolar menjadi 15 ribu per dolar," ungkapnya.

Masuk Rekor Dunia karena Bermulut Besar

Perempuan AS Raih Rekor Dunia Guinness untuk Mulut Terbesar

Liputan6.com 2021-08-02 09:33:00
Meraih gelar sebagai pemilik mulut terbesar dari Rekor Dunia Guinness, perempuan AS ini bisa membuka mulut selebar 6,5 centimeter. (dok. Instagram @samramsdell5/https://www.instagram.com/p/CG

Perempuan dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat bernama Samantha Ramsdell berhasil mengantongi Rekor Dunia Guinness. Bintang TikTok dengan 1,7 juta pengikut tersebut ditasbihkan sebagai perempuan yang memiliki mulut terbesar di dunia.

Dilansir dari laman Daily Mail, Senin (2/8/2021), penampilan unik perempuan AS berusia 31 tahun ini viral di jagat maya. Ia dapat membuka mulutnya hingga selebar 2,56 inci atau sekitar 6,5 sentimeter (cm).

Kini, Samantha diakui berhasil memecahkan rekor Guinness untuk perempuan dengan mulut menganga terbesar di dunia. Ia mengaku kepada Guinness bahwa ia merasa 'hebat' dengan bentuk mulutnya. Sebelumnya, ia merasa mulutnya memberi ketidaknyamanan yang sangat besar.

"Berusia 31 tahun dan bisa mendapatkan rekor untuk sesuatu yang benar-benar membuat saya tidak aman, sesuatu yang sangat kecil ingin saya pertahankan, itu hebat karena kini itu seperti salah satu hal terbesar dan terbaik tentang saya," kata Samantha.

Ia pun menyampaikan pesan terkait siapa saja yang memiliki bagian tubuh yang besar atau sesuatu yang sangat unik. Jika mereka ingin meraih gelar Guinness World Records, Samantha menyarankan untuk melakukannya.

"Lakukan dengan bangga dan jadikan itu aset terbesar Anda. Ini adalah kekuatan super Anda. Itu adalah hal yang membuat Anda istimewa dan berbeda dari orang lain," tambah perempuan peraih Rekor Dunia Guinness ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Viral di Media Sosial

Samantha awalnya kerap memamerkan penampilannya di akun media sosialnya. Ia tak menyangka fitur wajahnya akan menarik perhatian.

Pada 2019, Samantha hanya memiliki sekitar 300 pengikut di media sosial. Namun kini, ia memiliki 1,7 juta penggemar berdedikasi di TikTok, @samramsdell5. "Saya menurunkan lebih dari 50 pound dua tahun lalu dan rasa percaya diri saya kembali," katanya pada November 2020.

Samantha mulai kursus menyanyi dan mengunggah video menyanyi di Instagram. Ia juga jatuh cinta dengan improvisasi dan komedi, dan mulai mengunggah lebih banyak hal itu di media sosial juga.

"Saya membuat akun TikTok pada musim gugur 2019, tetapi tidak mulai mengunggahn secara konsisten sampai Covid melanda sekitar April 2020. Saya mulai semakin populer selama lockdown," katanya.


Sempat Insecure

"Saya membuat banyak video wajah lucu, sandiwara komedi, dan parodi bernyanyi. Tapi setiap video yang melibatkan mulut dan wajah yang bisa saya buat selalu menjadi viral," ungkap Samantha.

Pada salah satu video viralnya, Samantha menanggapi komentar seseorang tentang rasa tidak aman soal mulutnya. "Saya menanggapi dengan video konyol, mulut terbuka lebar dan berkata, 'Dulu saya merasa tidak aman, tetapi itu adalah bagian dari diri saya, jadi kini saya membiarkan mulut besar saya bersinar di bawah sinar matahari'" jawabnya.

Hal tersebut sukses membuat 100 ribu followers mengikutinya pada Agustus tahun lalu. "Video viral besar saya berikutnya adalah saya melakukan tantangan 'Saya ingin melihat wajah Anda bersinar merah' yang membuat saya mendapatkan hampir 500 ribu (pengikut)" tambahnya.


Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

 


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pramugari Nyambi di Bilik Karaoke

Wanita Pemandu Karaoke Singapura Klaim Banyak Pramugari Nyambi di Tempat Karaoke Selama Pandemi

Liputan6.com 2021-08-01 21:01:29
Foto 30 Agustus 2018, ruang karaoke di Tokyo yang disewakan untuk tempat kerja para karyawan yang bosan di kantor. Di Jepang, para pekerja kantoran bisa bekerja di tempat lain, seperti di dal

Pada pertengahan Juli 2021, Singapura melaporkan 172 kasus baru Covid-19 di negara tersebut, Jumlah tersebut terdiri dari 116 infeksi terkait dengan klaster Pelabuhan Perikanan Jurong dan 20 kasus terkait dengan klaster KTV (Karaoke TV). Siapa sangka kalau klaster KTV itu dihubung-hubungkan dengan pramugari maskapai penerbangan negara itu.

Masa pandemi memang mengubah segalanya, termasuk dunia penerbangan. Para awak kabin, termasuk pramugari, banyak yang kehilangan pekerjaan atau masih menjalani pekerjaan tapi hanya sesekali terbang. Selama tidak bekerja, beberapa dari mereka diklaim bekerja di sejumlah KTV sebagai hostess atau pemandu tamu.

"Sebenarnya ada cukup banyak gadis S** yang bekerja di KTV," ungkap Amy--bukan nama sebenarnya--mengenai dugaan adanya pramugari sebagai pemandu tamu karaoke plus plus di Singapura, seperti dilansir dari Asiaone, 30 Juli 2021. Amy termasuk salah seorang pemandu tamu di sebuah KTV.

Wanita berusia 30-an tahun ini mengungkapkan dugaan tentang pramugari maskapai itu pada Asiaone, baru-baru ini. Ia mengatakan, sekarang sudah jadi hal biasa melihat para pramugari berprofesi ganda, yaitu sebagai pemandu tamu tempat karaoke.

Amy mulai bekerja di KTV pada Januari lalu. Ia mengaku diajak dan diperkenalkan oleh seorang teman. Namun yang mengejutkannya adalah kehadiran gadis-gadis pramugari di ruang tunggu KTV.

Dia memperhatikan bahwa gadis-gadis ini diperlakukan sebagai komoditas berharga oleh pemilik dan pelanggan KTV. Mereka biasa disebut Singapore Girl atau S** Girls.

Menurut Amy, di dalam KTV ada dua ruang tunggu. Satu untuk wanita Singapura 'normal' dan satu lagi untuk pramugari. "Gadis-gadis S** memiliki "tarif yang biasanya lebih tinggi daripada gadis-gadis Singapura normal," ucapnya.

Amy menambahkan, "Jika pelanggan lebih memilih pramugari S** itu berarti dia harus mempertahankan standarnya. Mirip dengan apa yang biasanya dia lakukan sebagai pramugari." Meski begitu, AsiaOne tidak dapat memverifikasi secara independen bahwa pramugari yang bekerja di KTV tersebut adalah pramugari maskapai tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mudah Mendapatkan Uang

Wanita yang bekerja di ruang tunggu KTV, selain berasal dari Singapura, banyak juga yang berasal dari China, Thailand, dan Vietnam. Mereka umumnya berusia antara 18 dan 40 tahun. Amy melihat peningkatan jumlah hostess lokal di KTV akhir-akhir ini meningkat drastis, dari nol menjadi lebih dari 100.

Lonjakan angka ini bisa jadi karena iming-iming penghasilan tinggi dalam waktu singkat. Seorang wanita pemandu bisa menghasilkan antara 300 dan 500 dolar Singapura atau sekiatr Rp3.1 juta sampai Rp5,2 juta per malam dari minum dengan pelanggan selama tiga hingga empat jam. Tapi, tugas mereka bisa lebih dari sekadar pemandu karaoke.

"Penghasilan mereka dalam semalam bisa mencapai 1.000 dolar AS (sekitar Rp10,6 juta). Jika mereka ingin melangkah lebih jauh untuk mendapatkan tip tambahan bisa dengan menawarkan "layanan rahasia" di luar KTV," ungkap Amy. Sebagai orangtua tunggal dan punya dua anak yang harus dicukupi kebutuhannya, Amy mengakui bekerja sebagai pemandu KTV adalah hal termudah dalam mendapatkan uang.

Ditambah lagi, waktunya fleksibel dan jam kerjanya lebih pendek. Ia akan berusaha menghibur pelanggan sebanyak mungkin dalam satu malam. Amy mengamati para tamu bisa menghabiskan setidaknya 800 dolar Singapura di ruang KTV, bahkan ada yang menghabiskan sampai 7.000 dolar Singapura atau sekitar Rp73 juta.

Mengingat betapa mahalnya biaya menghabiskan malam di KTV, tidak mengherankan jika pelanggan tetap disamakan dengan "bos perusahaan atau pengusaha yang menjalankan bisnis mereka sendiri. "Mengunjungi KTV bagi kebanyakan pelanggan merupakan pelarian dari kenyataan atau masalah yang dihadapi."Mereka mungkin tidak memiliki hubungan yang sangat baik di rumah dan mereka cenderung mencari kebahagiaan di KTV," kata Amy lagi.

Gerai kehidupan malam di Singapura masih banyak yang tutup sejak Maret tahun lalu, tapi beberapa tempat hiburan seperti KTV tetap buka dengan sejumlah pembatasan. Karena itu, sebagian KTV buka secara sembunyi-sembunyi alias ilegal. Tak hanya untuk berkaraoke, para tamu juga biasa berkumpul dengan teman-temannya sambil menyantap makanan.


Klaster Covid-19

"Tempat itu berubah menjadi semacam bistro. Jika Anda mengunjungi KTV, kini sepertinya wajib untuk memesan makanan sebelum melakukan hal-hal lainnya," lanjut Amy. Dengan semakin bertambahnya pengunjung dan tempat KTV pun semakin padat, hal itu akhirnya mengarah pada klaster Covid-19 yang muncul pada Juli 2021.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gerai-gerai karaoke ini juga menjadi sarang bagi pekerja seks komersial (PSK) untuk menawarkan jasa mereka. PSK ini mayoritas berasal dari China dan Vietnam yang datang ke Singapura dengan menggunakan visa turis selama 30 hari.

Mereka bergaya seperti pramuria, para wanita ini hilir-mudik dari satu ruangan ke ruangan karaoke untuk mencari target pria yang akan mereka temani. Pihak kementerian Singpaura mengatakan mereka tengah menyelidiki penularan di antara pramuria asal Vietnam yang sering mengunjungi tempat karaoke KTV. Mereka juga menawarkan tes Covid-19 gratis bagi siapa pun yang kemungkinan terpapar.

Singapura belum membuka lagi gerai-gerai karaoke KTV dan otoritas setempat mengatakan tempat-tempat di mana virus menyebar dioperasikan sebagai gerai makanan dan minuman. Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan polisi akan bertindak tegas terhadap para pelanggar. Namun, Ong mengatakan belum ada rencana untuk kembali mengetatkan pembatasan Singapura yang sudah dilonggarkan, setelah penemuan klaster tersebut.

Meski begitu, Amy menganggap itu tidak adil. "Semua orang, termasuk pemandu dan pelanggan, bertanggung jawab atas klaster ini Saya masih merasa ini adalah sesuatu yang bisa terjadi kapan saja," pungkasnya.


Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi

 


Saksikan Video Pilihan Berikut:

Isoman Unik di Gerbong Kereta

Thailand Akan Ubah 15 Gerbong Kereta Jadi Tempat Perawatan Pasien COVID-19

Liputan6.com 2021-08-01 20:30:01
Seorang pasien COVID-19 (kanan) bersiap untuk naik kereta di Stasiun Rangsit, Provinsi Pathum Thani, Thailand, Selasa (27/7/2021). Otoritas Thailand mengirim pasien COVID-19 dari Bangkok ke k

Thailand memutuskan untuk segera mengubah 15 gerbong kereta yang tidak digunakan di Bangkok sebagai bangsal darurat untuk merawat pasien COVID-19 gejala ringan-sedang, kata para pejabat menyusul lonjakan kasus dan program vaksinasi yang lambat.

Rencana itu muncul ketika sistem perawatan kesehatan Thailand berjuang untuk mengikuti kebangkitan infeksi yang konstan, sehingga kehabisan tempat tidur rumah sakit bagi mereka yang paling membutuhkannya.

Bangkok Metropolitan Administration (BMA) mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat kereta siap sebagai bangsal perawatan COVID-19, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Minggu (1/8/2021).

"Beberapa modifikasi masih harus dilakukan seperti melepas tempat tidur susun atas, memasang jaring jendela, serta sistem air dan listrik," kata BMA dalam sebuah pernyataan.

"Lebih banyak toilet dan kamar mandi akan dibangun di luar gerbong."

Orang mungkin mempertanyakan mengapa menggunakan gerbong kereta tua diperlukan. Tapi itu masuk akal ketika Anda melihat angka COVID-19 Thailand. Misalnya, pada 27 Juli saja, negara itu mencatat 14.150 kasus baru dan 118 kematian. Ini membawa total nasional menjadi 526.828 kasus dan 4.264 kematian sejak awal pandemi.

Dan dengan diperkenalkannya varian Delta yang sangat menular, kasus hanya akan meningkat kecuali langkah-langkah yang lebih ketat diberlakukan untuk mengurangi penyebarannya.

Namun sebelum semua itu bisa terjadi, rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 harus mencari cara untuk mendapatkan tempat tidur isolasi yang lebih bebas.

Pada situasi itulah rencana gerbong kereta sebagai bangsal perawatan COVID-19 mulai dipertimbangkan.


Sebagai Tempat Isolasi

Rencana untuk bangsal kereta COVID-19 sebenarnya sederhana pada dasarnya --mereka akan berfungsi sebagai bangsal isolasi untuk pasien yang saat ini berada di daftar tunggu rumah sakit.

Ini mengurangi kemungkinan mereka menyebarkan virus ke orang lain sambil menunggu tempat tidur rumah sakit mereka sendiri.

Pada saat yang sama, mereka akan dapat menerima pemantauan konstan dari petugas kesehatan yang mengelola kereta, sesuatu yang mungkin tidak akan mereka dapatkan jika mereka mengisolasi di rumah atau di tempat lain.

Bangsal kereta COVID-19 akan siap menampung pasien paling cepat 30 Juli 2021.

Sejauh ini, hanya 5,6 persen dari 66 juta orang Thailand yang telah sepenuhnya divaksinasi (menerima kedua dosis). Jumlah ini tidak menggembirakan, mengingat fakta bahwa negara ini bertujuan untuk mengotasi 50 juta orang pada akhir 2021.

Hanya 18,9 persen dari populasi negara itu yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin sejauh ini.

Beli Roti Rp 86 Ribu Dibayar 1 Juta

Viral, Ustaz Adi Hidayat Beli Roti Seharga Rp 86 Ribu Dibayar Cash Rp 1 Juta

Liputan6.com 2021-08-02 14:00:00
Ustaz Adi Hidayat (Instagram: @ustadzadihidayat)

Ustaz Adi Hidayat atau karib disapa UAH mendadak viral. Videonya menawar dagangan tukang roti menyebar luas di TikTok hingga sejumlah akun di Instagram. Ustaz Adi Hidayat diketahui membayar pembelian roti dengan harga yang tak diduga-duga.

Melalui saluran YouTube Adi Hidayat Official berjudul Tutorial Nawar PPKM Ala UAH yang tayang 28 Juli 2021, Ustaz Adi Hidayat terlihat mendatangi tukang roti yang sedang berjualan di depan kantornya. Ia menyapa sang tukang roti yang terlihat masih menjual dagangannya dalam jumlah banyak.

Dalam video tersebut, terlihat Ustaz Adi Hidayat membeli roti usai selepas Maghrib. "Sudah salat belum?," tanya Ustaz Adi Hidayat kepada tukang roti yang salah tingkah mengetahui pembelinya adalah penceramah yang dikenal luas oleh masyarakat.


Memilih Roti

Perbincangan dengan tukang roti beralih kepada sajian roti yang dijual. Kepada Ustaz Adi Hidayat, tukang roti tersebut menjelaskan varian rasa dari roti-roti yang masih tersisa dalam jumlah banyak di gerobak sepedanya.

"Ada (rasa) kacang merah sama kacang tanah," beri tahu si tukang roti kepada Ustaz Adi Hidayat.


Traktir Teman

Ustaz Adi Hidayat tak membeli roti untuk dirinya. Ada empat rekannya yang kemudian ditawari untuk mengambil roti yang ada di hadapan mereka.

Tanpa ragu, keempat rekan Ustaz Adi Hidayat mengambil roti dengan varian rasa yang diinginkan. Mulai dari kacang merah, keju susu hingga cokelat.


Total Rp 86 Ribu

Tibalah Ustaz Adi Hidayat menanyakan berapa jumlah uang yang harus dibayarkan kepada si penjual roti. Ustaz Adi Hidayat juga membantu si tukang roti menghitung jumlah roti yang dibelinya dan jumlah uang yang harus dibayarkannya.

"Jadi berapa 86 (ribu) atau seratus ribu?" tanya Ustaz Adi Hidayat.

"86 ribu," jawab si tukang roti.


Bayar Rp 1 Juta

Tanpa diduga, Ustaz Adi Hidayat membayar semua roti yang dijumlahkan tadi senilai Rp 1 juta. "Saya nawar nih, 1 juta saja ya," kata Ustaz Adi Hidayat yang segera mengambil uang tunai dari tasnya.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Adi Hidayat meminta si tukang roti untuk cepat kembali ke rumah untuk melaksanakan salat Isya. "Ini, makasih banget ya Allah?" kata si tukang roti dengan ekspresi haru.

Kolaborasi Keren Driver Ojol - Dewa Budjana

Keren, Driver Ojol Konser Bareng Dewa Budjana Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Liputan6.com 2021-08-02 18:00:09
Kolaborasi unik antara Dewa Budjana dan driver ojol Mas Bomeen alias Ojol Bergitar. (Foto: Instagram/ @ojolbergitar).

Gitaris Indonesia Dewa Budjana berkolaborasi dengan driver Gojek, Mas Bomenn. Mas Bomenn dikenal dengan nama Ojol Bergitar di akun Instagram dan YouTube-nya.

Melalui akun Instagram @ojolbergitar, Mas Bomenn membagikan ucapan terima kasih kepada Dewa Budjana dan Gotix yang memungkinkannya dapat berkolaborasi (konser virtual) dengan sang gitaris.

Kolaborasi bertajuk #NouroraChallenge ditayangkan secara livestreaming melalui plaform Gopay pada Sabtu, 31 Juli 2021 guna mendukung Sentra Vaksinasi Covid-19 Gojek.

Kolaborasi gitar keduanya kini bisa disaksikan melalui akun YouTube Dewa Budjana dan channel Ojol Bergitar. Dewa Budjana dan Bomenn berkolaborasi memainkan lagu berjudul Naurora.

Naurora adalah album baru dari Dewa Budjana, di mana salah satunya berisi lagu Naurora.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kini Diunggah ke YouTube

Di YouTube, #NouroraChallenge oleh Dewa Budjana dan Ojol Bergitar disaksikan lebih dari 16 ribu kali.

"Musim saat ini memang tidak mudah untuk kita semua, setiap kita berjuang untuk menyambung hidup. Tidak terkecuali teman-teman ojek online, yang dengan gigih kesana-kemari mengantar paket untuk kita semua yang berada di rumah untuk mematuhi PPKM yang masih berlangsung ini," kata Dewa Budjana dalam keterangan video yang dibagikan ke YouTube-nya.


Tentang Akun @ojolbergitar

Sekadar informasi, akun @ojolbergitar milik Mas Bomenn mengidentifikasikan diri sebagai seorang driver online untuk layanan GoFood, GoSend, dan GoBike.

Akun ini membagikan kegiatan-kegiatan Mas Bomenn ketika memetik dawai gitar menggunakan jaket Gojek.

(Tin/Isk)


Infografis Unicorn

 

Mantan Guru Ini Berharta Rp 193 T

Cerita Brian Kim, Eks Guru Privat yang Jadi Orang Terkaya di Korsel Berharta Rp 193 T

Liputan6.com 2021-08-01 21:06:29
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Kekayaan pendiri Kakao, Brian Kim melonjak lebih dari USD 6 miliar (Rp 86,6 triliun) tahun ini. Lonjakan tersebut membawanya menjadi orang terkaya di Korea Selatan.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Kim bernilai USD 13,4 miliar (Rp 193,4 triliun), setelah saham Kakao naik 91 persen pada 2021.

Kim berhasil melampaui kekayaan pewaris Samsung, Jay Y. Lee sebesar USD 12,1 miliar (Rp 175,1 triliun) yang sempat jadi orang terkaya di Negeri Ginseng.

Melansir dari Al Jazeera, Minggu (1/8/2021), hal tersebut menjadi contoh bagaimana para pengusaha teknologi menempati daftar orang terkaya di Korea Selatan, melampaui anggota keluarga para konglomerat lainnya.

Selain itu, kekuatan IPO juga ditunjukkan karena saham Kakao meningkat setelah anak perusahaannya menjual atau baru berencana untuk menjual sahamnya.

"Strategi Kakao adalah mengembangkan bisnisnya secara cepat dengan menarik investasi secara agresif. IPO adalah cara yang paling lancar dan pasti," ujar analis di Hyundai Motor Securities Seoul, Hyunyong Kim.

Kakao memiliki 32 persen saham di pemberi pinjaman online, KakaoBank, yang akan dibuka untuk umum bulan depan.

Perusahaan akan mengumpulkan USD 2,3 miliar (Rp 33,2 triliun) setelah menetapkan harga di atas kisaran pasar.

Kemudian, layanan pembayaran online terbesar di Korea Selatan, Kakao Pay dijadwalkan meluncur pada 12 Agustus mendatang.

Akan tetapi, jadwal tersebut ditunda setelah sebuah regulator, Financial Supervisory Service memintanya untuk merevisi keterangan tertulis terkait kegiatan perusahaan.


Pengembangan Bisnis Kakao

Kim mendirikan pendahulu Kakao, Iwilab pada 2006 dan meluncurkan KakaoTalk empat tahun setelahnya. Layanan pesan instan ini memiliki 53 juta pengguna global, diketahui 88 persen di antaranya berada di pasar domestik.

Kakao telah mengembangkan bisnisnya dari sebuah pesan instan di perangkat seluler menjadi beberapa area bisnis, seperti pembayaran dan perbankan, game, hingga transportasi massal berbasis digital. Kakao menjadi perusahaan terbesar keempat di Korea Selatan yang memiliki nilai pasar hingga USD 58 miliar (Rp 839 triliun).

Pandemi membuat terjadinya peningkatan permintaan untuk layanan yang disediakan Kakao untuk mengurangi interaksi tatap muka. Laba meningkat tiga kali lipat menjadi USD 209 juta (Rp 3 miliar) dalam tiga bulan pertama tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.


Mengenal Brian Kim

Kim yang saat ini berusia 55 tahun memiliki latar belakang keluarga yang sederhana. Bahkan, ia harus berbagi kamar dengan tujuh anggota keluarga lainnya.

Dia menjadi orang pertama dari saudara-saudaranya yang berhasil menempuh pendidikan di Universitas Nasional Seoul. Kim harus bekerja sebagai guru les privat untuk membayar uang kuliahnya.

Kim telah menandatangani The Giving Pledge, sebuah inisiatif yang dimulai dari Warren Buffett, Bill Gates, dan Melinda French Gates untuk menyumbangkan sebagian kekayaan dengan tujuan membantu memecahkan permasalahan sosial.

"Tumbuh dalam kemiskinan, hingga usia 30-an, saya menganggap bahwa menjadi kaya adalah satu-satunya ukuran kehidupan yang sukses," tulis Kim dalam sebuah pernyataan pada bulan Maret. "Namun, setelah mencapai kekayaan yang saya tuju, saya merasa kehilangan arah."

Reporter: Shania

Raffi Ahmad Bicara Soal Selingkuh

Akhirnya Raffi Ahmad Buka Suara soal Isu Perselingkuhan Setelah Menikahi Nagita Slavina

Liputan6.com 2021-08-02 07:00:00
Raffi Ahmad. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Menikah dengan Nagita Slavina, Raffi Ahmad dikaruniai anak laki-laki bernama Rafathar Malik Ahmad. Sayang tak lama setelahnya, rumah tangga mereka diterpa isu perselingkuhan.

Suami Gigi ini pernah dikabarkan punya hubungan spesial dengan seorang penyanyi. Kini saat isu main serong mereda, Raffi Ahmad buka suara, dimulai dengan pengakuan hidupnya dulu terlalu bebas.

"Mungkin karena dulu gue orangnya terlalu bebas terlalu liar, merasa pernikahan itu setelah Nagita hamil punya anak, aduh dulu kan gue enggak pernah pulang. Suka-suka hati gue, mungkin gue kebablasan juga," beber Raffi.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Genit Sama Cewek

Lebih lanjut, bintang film 40 Hari Bangkitnya Pocong dan Love Is Cinta kerap genit dengan lawan jenis. Beruntung, Raffi Ahmad punya Nagita Slavina yang disebutnya istri terbaik.

"Dalam arti kata, ya gue juga masih suka genit-genit sama cewek. Dalam arti genit-genit itu memang bawaan gue genit. Cuma istri gue itu adalah istri yang the best-lah," kata Raffi Ahmad.


Dapat Hikmah Lagi

"Nah ini, gue mendapatkan hikmah lagi. Mungkin kalau gue enggak menikah sama Nagita Slavina, gue sudah diceraiin sama cewek," bintang sinetron Senandung Masa Puber menyambung.

Ini terekam dalam video Ya Udah Lu Mau Keluar? Gua Kalau Sama Gigi Berantem Gua Gak Pulang-pulang Raffi Ahmad di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, 31 Juli 2021.


Dia Adalah Pelindung Gue

"Jadi Nagita itu dalam keadaan terburuknya gue, gue diomongin orang, diisukan ini, ada cewek lagi, ada sampai gue diisukan menikah lagi. Dia itu adalah pelindung gue," ia blak-blakan.

Menghadapi Raffi Ahmad yang bebas hingga kebablasan, Nagita Slavina mencoba sabar. Kala kesabaran tiba di perbatasan, Gigi membuat pernyataan yang membuat Raffi Ahmad syok.


Aku Akan Bertahan

"Jadi istri gue itu cuma pernah ngomong begini sama gue: Apa pun kamu, apa pun berita (yang beredar) di luar sana, aku akan bertahan sekuat aku," cetus aktor kelahiran Bandung, 17 Februari 1987.

Mendengar perkataan ini, hati nurani Raffi Ahmad akhirnya terketuk sekaligus tersentuh. Perlahan ia memperbaiki kelakuan demi istri dan anak. "Nah saat itu gue langsung des!" pungkasnya.

Bulu Bebek Ini Paling Mahal di Dunia

Bebek Laut Ini Memiliki Bulu Termahal di Dunia, Jika Jadi Selimut Senilai Rp 72 Juta

Liputan6.com 2021-08-02 19:40:00
Bebek Eiderdown (Pixabay)

Jika biasanya orang mencari harta karun berupa barang-barang gemerlap, tidak dengan pemburu di Teluk Breizafjorzur Islandia yang mencari harta karun yang tidak biasa, yakni bulu bebek laut.

Eiderdown, bebek yang diburu karena memiliki daya nilai jual yang tinggi. Bulu Eider adalah salah satu serat alami terhangat yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, seperti dikutip dari Oddity Central, Senin (2/8/2021).

Eiderdown melepaskan sesuatu yang berharga dari dada mereka dan menggunakannya untuk melapisi sarang mereka untuk melindungi mereka selama menetas.

Sarang binatang tersebut yang diburu selama perburuan Eiderdown tahunan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selimut Mewah Seharga 72 Juta

Bulu Eiderdown tidak hanya ringan dan terisolasi, tetapi juga sangat langka. Per tahunnya, hasil global bulu Eider kurang dari empat ton, tiga perempatnya berasal dari Islandia.

Untuk mendapatkan satu kilogram bulu, terdapat kurang lebih 60 bebek yang harus diburu.

Bulu Eider juga harus melewati pemeriksaan kualitas yang ketat agar mendapatkan harga jual yang maksimal.

Kemudian bulu Eider ini nantinya akan diolah menjadi selimut berkualitas yang memiliki harga tinggi. Satu kilogram Eiderdown dijual seharga ribuan dolar. Tidak heran, hingga 400 pemburu mencari bulu Eider selama musim panas untuk dijual.

Kepala Raja Eider, Erla Fridriksdottir mengatakan bahwa jika bulu Eider diambil di antara dua jari dengan tetap utuh dan tidak jatuh, kualitas bawahnya bagus.

Selimut Eider ini menjadikan para pecinta alam dan hewan ingin memilikinya, tetapi tidak semua dari mereka yang mampu membeli produk Eiderdown, karena selimut berisi 800 gram bulu memiliki harga sekitar 5.000 dolar atau setara dengan 72 juta rupiah.

Reporter: Cindy Damara