Volume 51

Miliarder Muslim Sumbang Rp 28,6 T, Beneran?

Kisah Kedermawanan Miliarder Muslim India Azim Premji

Liputan6.com 2021-08-04 21:00:54
Miliarder Azim Premji. (Foto: AFP)

Kekayaan tidak menjadi penghalang untuk berbagi. Azim Premji salah satunya. Dia menjadi salah satu miliarder Muslim India yang dikenal sangat dermawan.

Bahkan menurut sebuah laporan, taipan ini menyumbangkan uang 10 kali lebih banyak daripada orang terkaya India Mukesh Ambani pada 2020.

Azim mendirikan Yayasan Azim Premji pada 2001 untuk mengembangkan sistem pendidikan sekolah dasar pemerintah di pedesaan.

Selain itu, Azim menyumbangkan USD 2 miliar (Rp 28,6 triliun) untuk yayasan. Jumlah tersebut menjadi sumbangan terbesar yang pernah diberikan di India.

Melansir dari Hindustan Times dan geotv, Rabu (4/8/2021), ketika India berjuang dengan tingginya infeksi virus corona, Yayasan Azim Premji berkomitmen memberikan 1.000 crores (Rp 2 triliun) untuk mengatasi pandemi.

Yayasan juga menjanjikan 100 crores dari Wipro dan 25 crores dari Wipro Enterprises, sehingga total donasinya adalah 1.125 crores (Rp 2,3 triliun).

Tidak hanya donasi yang diberikan yayasan tersebut, Wipro juga sering melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan Yayasan Azim Premji juga melakukan kegiatan filantropi.

Azim adalah pemilik perusahaan Wipro, perusahaan IT multinasional di India. Ia berjanji untuk menyumbangkan 34 persen saham Wipro kepada yayasan pada 2019 lalu.

Hal yang dilakukan oleh Azim meninggalkan jejak yang mengakar begitu kuat pada dunia bisnis. Diketahui ia memiliki total kekayaan mencapai USD 32,8 miliar (Rp 475 triliun).

Meskipun ia telah pensiun dari posisinya sebagai ketua di Wipro, ia masih melanjutkan kebiasaan untuk membantu sesama. Hal ini menjadi campuran yang langka antara kekayaan dan sifat rendah hati yang dimiliki seorang miliarder.


Asal Mula Perusahaan Wipro

Ayah Azim, Mohamed Hashem Premji adalah seorang pengusaha. Inilah yang menjadi alasan mengapa Azim juga memiliki ketertarikan di dunia bisnis.

Ketika sedang menempuh pendidikan di Universitas Stanford, ayahnya meninggal pada 1966. Akhirnya, Azim harus meninggalkan studi dan kembali ke India untuk mengambil alih bisnis keluarga.

Mulanya, bisnis yang dirintis oleh Hashem bernama Western Indian Vegetable Products Ltd, yang menghasilkan produk minyak goreng dan sabun.

Namun, Azim mengembangkan bisnis sang ayah sehingga perusahaan tersebut dapat memproduksi perlengkapan mandi, bola lampu, hingga perawatan rambut.

Adanya perubahaan tersebut membuat nama perusahaan berganti menjadi Wipro (Western India Palm Refined Oils Limited) pada tahun 1977.

Selanjutnya, kemunculan komputer pada 1980-an dan 1990-an membuat Azim mengalihkan fokus Wipro menjadi perusahaan yang memproduksi perangkat komputer. Dalam waktu singkat, Azim berhasil membawa Wipro menjadi perusahaan IT terkemuka dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Azim membawanya mendapatkan banyak penghargaan. Ia pernah masuk ke dalam "100 Most Influential People" yang dipublikasikan oleh majalah Times. Ia juga kembali melanjutkan pendidikannya yang sempat terhenti sehingga menerima gelar di bidang teknik elektro pada usia 55 tahun.

Reporter: Shania

Jenazah Pasien Covid-19 Dibawa Pakai Motor

Miris, Suami Bawa Jenazah Istri Terpapar Covid-19 dengan Motor karena Tak Ada Ambulans

Liputan6.com 2021-08-05 02:30:10
Seorang pengendara sepeda motor di jalanan Boyolali membuat geger pengendara lain lantaran membawa jenazah di atas sepeda motornya. (Ist)

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu,melakukan "jemput bola" tes usap atau swab terhadap seorang suami yang nekat membawa jenazah istrinya yang diduga positif COVID-19 menggunakan sepeda motor karena tidak mendapatkan ambulans.

"Kini kami lagi mengambil tes swab tadi mengambil swab salah satu keluarganya (suami)," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu, dikutip Antara.

Seorang suami di Kabupaten Mukomuko sebelumnya terpaksa membawa jenazah istrinya yang diduga positif COVID-19 memakai sepeda motor karena tidak mendapatkan mobil ambulans dari RSUD setempat.

Seorang suami bernama Soni Efendi (42) warga Desa Pelokan, Kecamatan XIV Koto, membawa jenazah istrinya Ompilawati (38) menggunakan sepeda motor dari rumah sakit pada Selasa (3/7) dini hari.

Satgas Penanganan COVID-19 bersama dengan Dinas Kesehatan setempat selain mengambil tes usap terhadap warga setempat termasuk melakukan tes cepat antigen terhadap warga yang diduga kontak erat dengan pasien.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cegah Penularan Covid-19

"Kalau sekarang ini baru satu orang yang menjalani tes usap, dan kami masih membujuk warga yang kontak erat dengan pasien agar mereka bersedia menjalani tes usap dan tes cepat antigen," ujarnya.

Ia mengatakan, jika hasil tes cepat antigen dinyatakan positif, berarti jenazah harus dilakukan pemakaman secara protokol kesehatan.

"Prinsipnya lebih baik kita mengatakan orang itu positif, tapi negatif, dari pada kita menyampaikan negatif, tapi positif," ujarnya.

Ia mengatakan, daerah ini berada di zona B, hasil PCR lebih dari 24 jam, tes cepat antigen yang sudah keluar dan dinyatakan positif, maka prosedur dalam pemulasaran jenazah menerapkan prokes.

"Sebenarnya harus dilakukan prokes, pihak RSUD maupun kita di Satgas tidak ingin ada keributan, dan kita maupun pihak RSUD tidak ada kepentingan dan tujuannya untuk menghindari penularan COVID-19," ujarnya.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Habis Resesi Terbitlah Optimisme

HEADLINE: Indonesia Lepas dari Jerat Resesi, Apa Dampaknya?

Liputan6.com 2021-08-06 00:00:00
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Akhirnya, Indonesia lepas dari jerat resesi saat tengah berjibaku melawan pandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 melesat 7,07 persen. Itu artinya, ekonomi tumbuh positif di periode tersebut.

Selain bebas dari jerat resesi, capaian pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021 ini terbilang fantastis. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, ekonomi Indonesia mampu tumbuh hingga tembus 7 persen.

Sebagai catatan, sejak Covid-19 diumumkan secara resmi masuk ke Indonesia pada Maret 2020 lalu, pertumbuhaan ekonomi nasional selalu negatif.

Pada kuartal II 2020 misalnya, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen. Kemudian di kuartal III 2020, meski membaik, pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi minus 3,49 persen dan begitu pula pada kuartal IV tahun lalu yang minus 2,19 persen.

Hingga kuartal I 2021 pun, pertumbuhan ekonomi Indonesia belum menyentuh angka positif karena masih minus 0,71 persen. Baru akhirnya pada kuartal II 2021, ekonomi Indonesia bisa tumbuh positif bahkan langsung melejit ke angka 7,07 persen.

Bahkan, pertumbuhan ekonomi kali ini menjadi yang tertinggi sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kuartal IV 2004, di mana saat itu ekonomi mampu tumbuh 6,65 persen yoy.

"Ini tertinggi sejak kuartal IV-2004," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam Rilis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021.

Margo menjelaskan, capaian pertumbuhan ekonomi 7,07 persen secara tahunan ini diukur dari bedaran produk domestik bruto (PDB) pada harga berlaku yang mencapai Rp 2.772,8 triliun.

Adapun secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester I 2021 juga naik 3,10 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya, atau pada Januari-Juni 2020.

Pendorong Pemulihan Ekonomi

Menurut Margo, perbaikan penanganan pandemi jadi catatan utama dari pemulihan sektor ekonomi di kuartal II 2021. "Dengan semakin masifnya masyarakat penerima vaksin, kasus harian juga lebih rendah dibanding kuartal I 2021," tuturnya.

Penyebaran varian baru Covid-19 di kuartal II tahun ini memang turut mempengaruhi pergerakan masyarakat. Kondisi tersebut membuat aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di rumah atau work from home (WFH).

Namun akselerasi vaksinasi hingga penyediaan alat kesehatan yang lebih masif ikut menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat untuk meningkatkan mobilisasi, sehingga Indonesia resmi lepas resesi di kuartal II 2021.

Konsumsi rumah tangga yang tercatat tumbuh 5,93 persen secara tahunan atau year on year (YoY) juga berperan dalam membuat Indonesia lepas dari jurang resesi.

Pendorong lain adalah pertumbuhan ekonomi positif secara spasial atau di masing-masing wilayah. Pulau Jawa sebagai kontributor terbesar perekonomian nasional tumbuh positif 7,88 persen. Jawa itu memberikan kontribusi atau share-nya dalam ekonomi nasional sebesar 57,92 persen.

Pencapaian positif juga terjadi di Pulau Sumatera dengan share 21,73 persen, dengan pertumbuhan ekonomi 5,27 persen. Diikuti Kalimantan dengan share 8,21 persen dan pertumbuhan ekonomi 6,28 persen.

Pertumbuhan ekonomi terkecil terjadi di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Meski masih di angka positif, namun Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki kontribusi 2,85 persen hanya tumbuh 3,70 persen.

Pertumbuhan ekonomi tertinggi justru terjadi di kawasan Indonesia timur, seperti di Pulau Sulawesi dengan share 6,88 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional tumbuh 8,51 persen.

Adapun capaian tertinggi terjadi pada kawasan Maluku dan Papua. "Sedangkan Maluku dan Papua dengan share ekonomi 2,41 persen mampu tumbuh 8,75 persen," ujar Margo Yuwono.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sesuai Harapan Jokowi

Pertumbuhan ekonomi 7,07 persen di kuartal II 2021 ini memang telah ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir April 2021 lalu.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi nasional yang mulai menunjukan gejala perbaikan. Hal itu bisa dicapai lantaran kasus harian positif Covid-19 telah bisa ditekan.

"Bulan Maret-April ini sudah kelihatan, ekonomi sudah hampir menuju pada posisi normal. Sehingga target kita secara nasional di tahun 2021 ini target pertumbuhan kita 4,5-5,5 persen itu bisa kita capai," ujarnya dalam siaran video Pengarahan Presiden RI kepada Kepala Daerah se-Indonesia Tahun 2021

Jokowi menilai, pertumbuhan ekonomi positif tersebut sangat bergantung sekali pada apa yang terjadi di kuartal II 2021. Artinya, gerak ekonomi di sepanjang April, Mei dan Juni ini akan sangat-sangat menentukan.

"Kalau kita bisa menekan Covid-nya, tanpa membuat guncangan di ekonomi, ini lah keberhasilan. Dan target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai, Insya Allah kita pada kuartal berikutnya akan lebih memudahkan," ungkapnya.

Optimisme itu dipancarkannya lantaran ia melihat adanya pergerakan ekonomi di sektor pabrik, industri dan manufaktur. Itu tercermin dari Purchasing Managers Index (PMI) yang sebelum pandemi berada di angka 51, sekarang justru sudah di atas kenormalan sebelum pandemi pada level 53,2.

Kemudian konsumsi listrik yang mulai bertumbuh juga jadi sorotannya. Jokowi menilai positif angka konsumsi listrik yang terus naik dari sebelumnya selalu negatif.

Selain Jokowi, sejumlah pihak juga telah meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 7 persen di kuartal II 2021 ini.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, meyakini jika pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7 persen pada kuartal II 2021. Prediksi ini mengacu pada kondisi perekonomian Indonesia yang mulai menunjukkan tren membaik bahkan menuju pemulihan.

"Meningkatnya mobilitas masyarakat pada kuartal II/2021 mendorong kenaikan permintaan yang berpengaruh pada kredit yang mulai mencatatkan pertumbuhan cukup tinggi di Juni 2021 sebesar 1,83 persen (ytd), sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II/2021 sebesar 7 persen dapat tercapai," jelas Wimboh.

Optimisme senada juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

"Tapi trennya ke arah positif dan perekonomian kita tumbuh V curve. Kita berharap pertumbuhan ekonomi kuartal II akan masuk jalur positif dan diperkirakan bisa mencapai 7 persen," kata Airlangga dalam Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran.

Infografis Laju Pertumbuhan Ekonomi Berdasarkan Produk Domestik Bruto 2019-2021. (Liputan6.com/Abdillah)


Lebih Tinggi dari Jepang dan Korea

Melejitnya pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021 ini membuat menteri ekonomi Kabinet Indonesia Maju bisa bernafas lega. Sebab, bukan hanya mampu tumbuh tinggi, capaian ini juga diklaim mampu mengalahkan pertumbuhan ekonomi negara-negara lain di Asia.

Menko Airlangga menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode tersebut lebih tinggi dibanding negara-negara tetangga seperti Vietnam dan Korea Selatan (Korsel) pada kuartal kedua tahun ini.

"Pada kuartal kedua 2021, atau pada April-Mei-Juni, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen secara yoy. Itu lebih tinggi dari negara-negara tetangga dan negara sekitar seperti Vietnam 6,6 persen, Korea Selatan 5,9 persen," paparnya dalam sesi teleconference, Kamis (5/8/2021).

Selain Vietnam dan Korsel, Airlangga mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga masih lebih tinggi dari Jepang dan India.

Namun, perbandingan ini masih memakai tolak ukur pertumbuhan ekonomi kedua negara pada kuartal I 2021. Ekonomi jepang tercatat terkontraksi minus 1,6 persen di triwulan I 2021, sementara India tumbuh positif 1,6 persen di periode yang sama.

Lebih lanjut, Airlangga menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 turut ditopang permintaan ekspor dari negara mitra yang masih tinggi. Kemudian juga besarnya permintaan domestik untuk sektor makanan dan minuman.

"Sektor pengolahan dan perdagangan jadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi, dan juga membaiknya perekonomian domestik serta global," ujar Menko Airlangga.

Mesin Mulai Berjalan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan raihan 7,07 persen pada kuartal II 2021 menggambarkan jika mesin pertumbuhan ekonomi sudah mulai pulih kembali.

Sejak terjadi pandemi Covid-19, satu-satunya instrumen yang berperan penting adalah ekspansi fiskal dari pemerintah yang melakukan countercyclical. "Pemulihan ini sudah didukung dengan mesin pertumbuhan yang makin merata," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan jika mesin pertumbuhan lain sedang mengalami penurunan disebabkan pandemi Covid-19. Konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor negatif.

Adapun satu-satunya faktor yang mencoba menarik perekonomian adalah belanja pemerintah. Sehingga tidak bisa menghasilkan hasil yang optimal.

Namun berdasarkan data Badan Pusat Stastisik (BPS) kini mesin pertumbuhan sudah mulai pulih pada kuartal II 2021. Konsumsi Rumah Tangga tercatat tumbuh 5,9 persen yoy, investasi tumbuh di level 7,5 persen dan ekspor tumbuh 31,8 persen.

Ekspor semenjak kuartal I 2021 sudah mulai masuk ke zona positif degan pertumbuhan 7 persen, kuartal II semakin meningkat.

Demikian juga dengan impor yang tumbuh positif 5,5 persen pada kuartal I, dan momentumnya semakin terakselerasi dan menguat pada kuartal II dengan pertumbuhan 31,2 persen. Sementara konsumsi pemerintah tumbuh 8,1 persen.

"Ini artinya pertumbuhan ekonomi dari sisi permintaan sekarang seluruh mesin pertumbuhan sudah mulai berkontribusi dan mulai aktif mendukung pertumbuhan," tutur Sri Mulyani.

Hal ini juga diamini Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Selain konsumsi rumah tangga, pertumbuhan ekonomi kuartal II juga ditopang pembentukan modal tetap bruto investasi 7,54 persen.

Penopang lain, pertumbuhan ekspor 31,78 persen, pertumbuhan impor 31,22 persen yang 90,1 persennya adalah bahan baku penolong dan bahan modal, dan pertumbuhan pemerintah tumbuh 8,06 persen.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi ikut terdorong pertumbuhan sektoral yang menggembirakan, terutama sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 25,1 persen. "Artinya logistik ini tumbuh tinggi sekali dibandingkan pada periode yang sama tahun 2020," imbuhnya.

Kemudian, sektor akomodasi dan makanan minuman tumbuh 21,58 persen. Lalu, sektor perdagangan termasuk ritel tumbuh 9,44 persen, dan sektor industri pengolahan juga tumbuh sebesar 6,58 persen.

"Harapan tersebut juga semakin membaik karena indeks kepercayaan konsumen untuk Januari Februari 2021 yang masih berada di 88 poin. Di mana artinya belum optimis, tetapi pada Mei- Juni 2021 sudah tumbuh 107 poin, artinya kepercayaan indeks konsumen ini sangat baik dan sangat menguat," ujarnya.

Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan penjualan mobil pada kuartal II-2021 ini tumbuh 758 persen dibanding periode sama tahun 2020. Serta sejajar dengan penjualan sepeda motor pada kuartal II ini tumbuh 268 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Pertumbuhan juga terlihat dalam penjualan ritel dengan pertumbuhan terjadi pada kelompok barang makanan minuman, suku cadang, sandang dan barang lainnya.


Titik Balik Bangkit dari Resesi

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan (BPP HIPMI), Ajib Hamdani mengatakan, pertumbuhan sebesar 7,07 persen di kuartal II 2021 ini menjadi titik balik Indonesia untuk bisa keluar dari resesi.

Setelah selama empat kuartal sebelumnya, Indonesia terus mengalami konstraksi ekonomi dan pertumbuhan negatif.

"Makna yang lebih mendasar daripada sekedar angkanya adalah, bahwa periode ini menjadi momen Indonesia keluar dari resesi. Untuk selanjutnya, bagaimana pemerintah mendesain regulasi-regulasi ekonomi untuk terus menjaga pertumbuhan ini dalam tren yang terus positif," kata Ajib.

Kenaikan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua ini relatif sudah diprediksikan karena ada beberapa indikator yang mendukung ke arah perbaikan dan peningkatan aktivitas ekonomi. Pertama, indikator Purchase Manager's Index (PMI) yang sangat ekspansif selama periode April-Juni 2021.

PMI Bulan April menunjukkan angka 54,6. Kemudian pada bulan April terus ekspansif ke angka 55,3. Dan sedikit turun di periode Bulan Juni menjadi sebesar 53,5. Selama 3 bulan penuh PMI menunjukkan indikasi yang konsisten ekspansif. Sektor permintaan dan sektor supply menggeliat positif.

Indikator yang kedua adalah mulai bebasnya mobilitas orang karena efek kebijakan pelonggaran setelah setahun lebih pandemi. Moment pembatasan mobilitas orang, sempat terjadi pada moment iedul fitri. Tetapi, kondisi tersebut tertolong dengan mengalirnya likuiditas di masyarakat, karena momentum mengalirnya THR.

"Penambahan likuiditas di masyarakat di perkirakan mencapai lebih dari Rp 150 triliun pada momen tersebut. Sehingga tetap terjadi daya ungkit ekonomi yang relatif signifikan," katanya.

Ketiga, melesatnya Harga Batubara Acuan (HBA) secara konsisten di periode kuartal kedua ini. Pada Bulan April 2021, HBA di kisaran USD86,68 per ton, naik sekitar 2,6 persen. Bulan Mei 2021, HBA meningkat menjadi USD89,74 per ton, atau setara dengan peningkatan 3,53 persen.

Periode Juni 2021 juga terjadi lonjakan yang begitu luar biasa dengan meningkat menjadi USD 100,33 per ton. Periode bulan ini terjadi lonjakan sebesar 11,8 persen. Peningkatan nilai komoditas batubara ini memberikan multiplier effect yang cukup positif dalam ekonomi nasional.

Meski tercatat tumbuh, dirinya memandang indikator pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2021 ini masih semi absurd untuk disebut pencapaian yang luar biasa. Karena pembandingnya adalah ketika terjadi konstraksi ekonomi yang terdalam.

"Selanjutnya yang perlu dijaga adalah, konsistensi pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh," tandasnya.

Ekonom Senior, Chatib Basri pun menyambut baik pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen terjadi di kuartal II-2021. Menurutnya, pertumbuhan tersebut semakin menggambarkan adanya perbaikan dan pemulihan ekonomi domestik pada tahun ini.

"Pertama saya ingin menyampaikan bahwa performance atau kinerja di triwulan kedua ini ini mencapai 7,07 persen. Kalau dibulatkan 7,1 persen, itu menunjukkan bahwa perbaikan ekonomi terjadi dan ini konsisten dengan berbagai liding indikator," kata dia dalam Dialog Ekonomi tentang Kinerja Ekonomi Kuartal II-2021.

Dia menyampaikan beberapa kinerja cukup manis adalah sektor konsumsi yang meningkat tajam. Hal ini tercermin dari pertumbuhan terhadap volume penjualan sepada motor dan mobil selama kuartal II-2021. Peningkatan ini pun tidak terlepas dari peran dan kebijakan pemerintah dalam pembebasan biaya pajak.

"Angka penjualan mobil itu mengalami peningkatan terima kasih kepada kebijakan untuk ke penurunan PPnBM pada waktu itu yang juga mendorong konsumsi untuk ke otomotif," jelas dia.

BPS sendiri mencatat penjualan sepeda motor secara volume selama kuartal II-2021 mengalami peningkatan mencapai 1,15 juta unit. Angka ini meningkat sebanyak 268,64 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya mencapai 313,6 ribu unit.

Sementara volume penjualan mobil pada kuartal II-2021 juga mengalami peningkatan signifikan. Di mana pada periode April-Juni mencapai penjualan sebanyak 206,4 ribu unit. Angka ini meningkat 758,68 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya hanya 24 ribu unit.

Dia menambahkan, peran besar pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode Arpil-Juni ini juga ditopang oleh besarnya kontribusi ekspor. Di mana ekspor Indonesia meningkat sebanyak 31 persen.


Harus Tetap Waspada

Meski sudah keluar dari jurang resesi, bukan berarti pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak bisa kembali lagi minus, khususnya pada kuartal III 2021.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno meramal, pengetatan pembatasan sosial seperti PPKM Level 3 dan PPKM Level 4 yang tengah berlaku saat ini berpotensi membuat pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2021 akan kembali minus, setelah sempat bangkit dengan tumbuh positif 7,07 persen.

"Kuartal ketiga 2021 akan terjadi kontraksi lagi karena PPKM akan ada dampaknya. Semoga kuartal ke IV akan naik lagi," kata Benny kepada Liputan6.com.

Menurut dia, perpanjangan PPKM memang akan sangat mempengaruhi angka pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2021. Agar ekonomi tidak terkontraksi lagi, ia pun mendorong pemerintah menggelar program penanganan pandemi secara lebih masif agar Indonesia tidak kembali jatuh ke lubang resesi.

"Perpanjangan PPKM memang ada hubungan dengan ekonomi, namun utamanya adalah kinerja penurunan penyebaran Covid-19 dan meningkatkan kemampuan vaksin serta penyembuhan yang sakit harus meningkat supaya tidak resesi lagi," imbuh Benny.

Secara perhitungan, Benny menilai, rumus pertumbuhan ekonomi terdiri dari poin konsumsi masyarakat, pengeluaran belanja pemerintah, investasi hingga capaian ekspor dikurangi impor.

"Hanya konsumsi masyarakat yang menurun, sedang lainnya meningkat. Maka angka tersebut tercapai secara makro ekonomi sehingga Indonesia tak lagi resesi," ujar Benny.

Namun demikian, ia memberi catatan, pertumbuhan ekonomi berskala mikro saat ini mungkin masih mengalami kontraksi. Itu lantaran adanya pembatasan mobilitas aktivitas usaha atau masyarakat selama masa PPKM ini.

Hal yang sama juga diungkapkan Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Anis Byarwati. Meski mengapresiasi pertumbuhan yang positif, namun menurutnya pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 bukan sesuatu yang luar biasa.

"Saya memberikan apresiasi atas upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan Pemerintah menunjukkan perbaikan, laporan BPS menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional pada Triwulan II APBN 2021 tahunan mencapai 7,07 persen (yoy). Secara quarter to quarter (q-to-q) tumbuhnya 3,31 persen," kata Anis kepada Liputan6.com.

Namun dia menegaskan, bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II 2021 juga dipicu oleh faktor baseline yang rendah (low base) atau kontraksi ekonomi yang sangat dalam di triwulan II 2020 sebesar 5,32 persen.

"Jadi sebenarnya bukan sesuatu yang luar biasa ya terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi Triwulan II 2021," imbuhnya.

Di sisi lain, pemerintah juga perlu terus waspada mengingat masih tingginya penyebaran Covid 19, serta kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai pada tanggal 5 Juli hingga 9 Agustus 2021, tentu akan memberikan dampak terhadap kinerja perekonomian dan pelaksanaan APBN pada paruh triwulan ke III dan IV tahun 2021.

Anis juga menyoroti terkait program PEN, Pemerintah perlu memperhatikan serapan anggaran perlindungan sosial yang hingga kuartal kedua ini masih belum optimal, bahkan sasarannya pun mungkin masih belum banyak perbaikan dari tahun lalu.

"Pemerintah juga perlu melakukan akselerasi program vaksinasi COVID-19, karena dari yang ditargetkan 180 juta orang, tapi hingga penyuntikan kedua masih mencapai 40 juta dosis," pungkasnya.


Upaya Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 ini, perlu tetap mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan konsumsi domestik utamanya konsumsi rumah tangga.

"Struktur ekonomi Indonesia didorong oleh konsumsi domestik yang sangat dipengaruhi mobilitas masyarakat," jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Adanya kebijakan stimulus di sektor properti dan kendaraan bermotor yang mempunyai multiplier effect telah berhasil mendorong konsumsi rumah tangga. Penjualan mobil naik 758,68 persen (yoy) dan sepeda motor sebesar 268,64 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi tersebut juga didukung pertumbuhan kredit yang hingga Juni 2021 mencapai sebesar Rp 5.581 triliun atau tumbuh sebesar Rp 100,23 triliun (1,83 persen ytd).

Di sisi lain, peningkatan pembiayaan melalui pasar modal juga mencapai sebesar Rp 116,6 triliun sampai dengan 27 Juli 2021 atau naik sebesar 211 persen (ytd).

Di sisi lain, salah satu komponen penting dalam pembentukan PDB adalah belanja Pemerintah. Sehubungan dengan itu, OJK mendukung rencana percepatan serapan belanja Pemerintah, terutama Pemerintah Daerah, dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Pemerintah daerah diharapkan dapat mendorong ekonomi daerah yang berbasis pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan penyaluran KUR Pertanian yang telah menjadi sektor prioritas.

Untuk memperluas ruang pertumbuhan ekonomi baru perlu didorong sektor yang menyerap banyak tenaga kerja dan berorientasi ekspor, dan ramah lingkungan yang sejalan dengan kebijakan Pemerintah di bidang perubahan iklim (climate change dan sustainable finance).

OJK akan terus memonitor dan meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam pembiayaan dunia usaha melalui konsumsi domestik, pertumbuhan ekonomi daerah, dan sektor ekonomi baru.

Vaksin Orang Kaya Vs Si Miskin

WHO Minta Booster Vaksin COVID-19 Ditangguhkan dan Dialihkan untuk Negara Miskin

Liputan6.com 2021-08-05 05:49:50
Vaksinator menyiapkan vaksin AstraZeneca untuk disuntikka kepada warga saat peresmian Sentra Vaksinasi COVID-19 di RS St. Carolus, Jakarta, Senin (14/6/2021). Sentra vaksinasi ini guna menduk

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyerukan penangguhan booster vaksin untuk COVID-19 setidaknya hingga akhir September.

Kepala WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan jeda akan memungkinkan setidaknya 10% dari populasi di setiap negara untuk divaksinasi.

Melansir BBC, Kamis (5/8/2021), sejumlah negara termasuk Israel dan Jerman telah mengumumkan rencana untuk memberikan dosis ketiga.

Tapi Dr Tedros telah memperingatkan adanya negara-negara miskin yang tertinggal.

Menurut WHO, negara-negara berpenghasilan rendah hanya mampu memberikan 1,5 dosis untuk setiap 100 orang karena kurangnya pasokan.

Dr Tedros mengatakan bahwa perlu ada pembalikan dan sebagian besar vaksin harus diberikan ke negara-negara berpenghasilan rendah.

"Saya memahami kepedulian semua pemerintah untuk melindungi rakyatnya dari varian Delta. Tetapi kami tidak dapat menerima negara-negara yang telah menggunakan sebagian besar pasokan vaksin global menggunakan lebih banyak lagi," tambahnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesenjangan Negara Miskin dan Kaya

Ini merupakan seruan keras dari WHO, karena badan tersebut berusaha untuk mempersempit kesenjangan antara negara-negara berpenghasilan tinggi dan berpenghasilan rendah.

WHO ingin 10% orang di setiap negara divaksinasi bulan depan, tetapi target itu tidak mungkin terpenuhi pada lintasan saat ini.

Di Haiti dan Republik Demokratik Kongo, tidak ada penduduk yang menerima dua dosis vaksin.'

Sementara Indonesia, yang telah mengalami lonjakan infeksi dan kematian dalam beberapa bulan terakhir karena varian Delta, hanya memvaksinasi penuh 7,9% dari populasinya, menurut Our World in Data.

Sementara itu Israel mulai meluncurkan suntikan booster untuk warga berusia lebih dari 60-an, sementara Jerman mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan mulai menawarkan dosis ketiga vaksin Moderna dan Pfizer.

Di Inggris, jutaan orang yang tergolong rentan dapat ditawari booster mulai September.

AS belum mengumumkan kebijakan tentang booster vaksin tetapi Gedung Putih mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya memiliki dosis yang cukup untuk mendistribusikan vaksin ke luar negeri sambil juga memastikan orang Amerika dapat divaksinasi sepenuhnya.

"Kami benar-benar merasa itu pilihan yang salah dan kami bisa melakukan keduanya," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki.

Ini bukan pertama kalinya Dr Tedros meminta negara-negara kaya untuk menyumbangkan pasokan vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Pada bulan Mei, ia meminta negara-negara kaya untuk menunda rencana pemberian vaksin kepada anak-anak dan remaja dan sebagai gantinya menyumbangkan persediaan itu.

Dr Tedros mendesak negara-negara untuk memasok lebih banyak vaksin ke skema akses adil global Covax. Namun sejumlah negara, termasuk Inggris, terus maju dengan rencana untuk memvaksinasi anak-anak dan remaja.


Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO:

 

Terancam Bui Gara-Gara Bikini

Kronologi Penangkapan Dinar Candy Buntut Berbikini di Pinggir Jalan karena Protes PPKM Diperpanjang

Liputan6.com 2021-08-05 12:02:40
Dinar Candy. (Instagram/dinar_candy)

Dinar Candy membuat konten tak senonoh di pinggir ruas jalan kawasan Jakarta Selatan. Rekaman video aksi vulgar Dinar Candy saat memprotes perpanjangan PPKM itu pun viral di media sosial.

Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan turun tangan mengusut kasus tersebut hingga berhasil mengamankan Dinar Candy di salah satu rumah di kawasan Fatmawati, Jaksel pada Rabu, 4 Agustus 2021 sekira pukul 21.30 WIB.

"Kita berhasil mengamakan saudara DC alias DM ini di sekitar Jalan Fatmawati Jaksel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat konferensi pers, Kamis (5/8/2021).

Yusri menerangkan, Dinar Candy saat itu baru keluar dari rumah salah satu temannya. Ia kemudian digiring ke Polres Metro Jaksel.

"Baru pulang dari rumah temannya karena kediamannya sendiri di Tangsel. Jadi tim bergerak mengetahui yang bersangkutan ada di daerah Fatmawati, dan pada saat dia keluar dari rumah temennya itu kita amankan lalu kita bawa ke Polres Jaksel," ucap dia.

Yusri menegaskan, Dinar Candy masih dimintai keterangan berkaitan dengan rekaman video yang viral di medsos.

"Kita ambil keterangan untuk bisa mempertanggungjawabkan tentang video yang viral di medsos. Sampai saat ini kita masih ambil keterangannya," ucap dia.


Protes Perpanjangan PPKM

Dinar Candy mengunggah rekaman video aksinya tersebut di akun media sosial instagram miliknya, @dinar_candy.

Dalam video tersebut, seseorang dari dalam mobil merekam aksi Dinar Candy di jalanan. Dinar Candy terlihat mengenakan bikini sambil berdiri memegang sebuah poster berisikan penolakan terhadap perpanjangan PPKM Level 4.

"Saya stres karena PPKM diperpanjang," bunyi tulisan di poster tersebut. Aksi itu pun mengundang reaksi netizen.


Infografis Aturan di Tempat Makan, dari PSBB, sampai PPKM Level 3 - 4

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Rihanna Kaya Raya, Tapi bukan karena Musik

Rihanna Didaulat Jadi Musisi Wanita Terkaya, Berapa Hartanya?

Liputan6.com 2021-08-05 12:21:27
Rihanna (Martin BUREAU / AFP)

Rihanna kini resmi menjadi musikus wanita terkaya dengan total kekayaan bersih mencapai USD 1,7 miliar (Rp 24,3 triliun).

Forbes mencatat bintang pop berusia 33 tahun ini juga menjadi wanita terkaya kedua di dunia hiburan setelah Oprah Winfrey.

Sudah lima tahun berlalu sejak album "Anti" miliknya pada 2016 menempati tangga lagu Billboard selama 63 minggu.

Rihanna mendedikasikan waktunya untuk membangun kerajaan bisnis melalui produk kecantikan Fenty Beauty dan pakaian dalam Savage x Fenty.

Melansir dari CNN, Kamis (5/8/2021), Forbes memperkirakan Fenty Beauty bernilai USD 2,8 miliar (Rp 40,1 triliun).

Produk kecantikan yang dijual di Sephora tersebut menghasilkan pendapatan lebih dari USD 550 juta (Rp 7,8 triliun) pada 2018.

Bahkan, jumlah pendapatan tersebut melebihi pendapatan produk KKW Beauty dari Kim Kardashian West, Kylie Cosmetics dari Kylie Jenner, dan Honest Company dari Jessica Alba.

NBC News menyebutkan pesanan untuk perusahaan produk kecantikan cukup stabil selama pandemi yang cenderung mengganggu pasar ritel. Laporan tahunan dari LVMH, perusahan multinasional barang mewah, melihat adanya penurunan pendapatan karena pandemi.

Namun, hal tersebut juga menunjukkan adanya ketahanan yang baik dan tren yang meningkat secara signifikan dalam segala aktivitas bisnis produk kecantikan dibandingkan sembilan bulan pertama pada 2020.


Kunci Kesuksesan Bisnis Rihanna

Secara historis, fashion wanita dan produk kecantikan telah mengabadikan standar kecantikan Eurosentris (terpusat pada orang-orang Eropa) dan sering kali bersifat tidak realistis.

Pendiri Bluestock Advisors sebagai konsultan produk konsumen, Shannon Coyne berpendapat bahwa salah satu kunci kesuksesan Rihanna adalah memasarkan produk untuk wanita yang memiliki berbagai bentuk badan, ukuran, dan warna kulit.

"Dia mengeluarkan salah satu merek tersebut untuk pertama kalinya dan seolah menyampaikan 'Saya ingin berbicara dengan semua orang yang berbeda itu'. Banyak wanita merasa mereka tidak memiliki jalan keluar yang dapat menyesuaikan warna kulit mereka, seperti terang, sedang, gelap," jelas Coyne.

Forbes melaporkan Rihanna juga memiliki 30 persen dari Savage x Fenty. Bisnis tersebut mengumpulkan USD 115 juta (1,6 triliun) pada Februari setelah menerima valuasi sebesar USD 1 miliar (Rp 14,3 triliun). CEO LVMH Bernard Arnault dan rapper Jay Z juga merupakan investor utama dalam merek pakaian dalam.

Reporter: Shania

Model Ganteng, Pacar Baru Agnez Mo

Akhirnya Agnez Mo Akui Pacaran dengan Adam Rosyadi

Liputan6.com 2021-08-04 14:00:27
Agnez Mo. (Foto: Instagram @agnezmo)

April 2021, beredar isu Agnez Mo dekat dengan model bernama Adam Rosyadi. Kabar ini menguat beberapa hari lalu, saat Adam Rosyadi mengunggah fotonya bareng sang artis.

Foto itu memperlihatkan Adam mengenakan kemeja lengan panjang dengan motif menyerupai kulit macan tutul. Agnes Monica tampil dengan atasan putih polos tanpa lengan dan celana jin biru.

"You smell like love," tulis Adam Rosyadi di medsos, 27 Juli 2021. Kala itu, pelantun "Tak Ada Logika" belum memberikan klarifikasi apa pun terkait hubungannya dengan Adam.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Awalnya Kangen Nongkrong

Dua hari setelah Adam Rosyadi pamer foto, Agnez Mo mengunggah koleksi foto bareng keluarga termasuk dengan keponakannya, Chloe Xaviera, di akun Instagram terverifikasinya.

"Miss hangin out with my fam. My fave is definitely slide 6: me and my beautiful niece@chloexavierain our natural state (Kangen nongkrong dengan keluarga. Favorit gue pasti slide 6: gue dan keponakan yang cantik @chloexaviera dalam kondisi natural)," cuitnya.


Deg-degan dan Takut

Hingga artikel ini disusun, enam foto yang diunggah pemilik album And The Story Goes To... dan Sacredly Agnezious tersebut disukai lebih dari 260 ribu warganet.

Seribuan komentar membanjiri kolom. Salah satu komentar datang dari warganet dengan akun @mo.aggy. Ia mencuit, "Pas nge-slide deg-degan juga takut ada foto Botak di akhir."


Kenapa Mesti Deg-degan?

Botak yang dimaksud netizen itu adalah Adam Rosyadi. Di luar dugaan, komentar ini direspons Agnez Mo. Ia mengingatkan @mo.aggy tak perlu deg-degan.

"Kenapa mesti deg-degan?" tanya Agnez Mo. Setelahnya, penyanyi kelahiran Jakarta, 1 Juli 2985 ini terang-terangan mengakui telah pacaran dengan Adam Rosyadi.


He Is My Boyfriend

"He (Adam Rosyadi) is my boyfriend and u know it. U should be happy for me. (Dia adalah pacarku dan kamu tahu itu. Kamu mestinya turut berbahagia untukku)," Agnez menyambung.

Klarifikasi ala Agnez Mo ini disukai sekaligus direspons ratusan orang. "Yes, I am happy for you," @musaasep_ mencuap. "Oh, finally," yang lain menimpali.

ARMY Indonesia Dipuji WHO

Penggemar BTS ARMY Indonesia Adakan 10.000 Vaksin COVID-19, Diapresiasi Dirjen WHO

Liputan6.com 2021-08-04 15:15:14
Penggemar BTS ARMY Indonesia Adakan 10.000 Vaksin COVID-19, Diapresiasi Dirjen WHO (Sumber: Kapanlagi.com)

Masih tingginya angka pasien COVID-19 di Indonesia membuat program vaksinasi terus berlanjut. Kegiatan vaksin yang mulai diadakan sejak awal 2021 ini pun terus mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta melakukan vaksin COVID-19.

Tak hanya dari pemerintah saja, saat ini juga cukup banyak kalangan yang memilih membuka program vaksinasi massal. Salah satunya ialah penggemar dari boy grup Korea Selatan BTS. Penggemar BTS atau yang disebut ARMY di Indonesia beberapa waktu lalu diketahui baru saja menyelenggarakan program vaksin COVID-19.

Sasaran vaksinasi ini sendiri mengikutsertakan sebanyak 10.000 masyarakat Indonesia. Kegiatan vaksin yang bertajuk Senyum Army ini sendiri diselenggarakan pada Sabtu (31/7/2021) di Jakarta Convention Center (JCC).

Vaksinasi yang diadakan oleh Army Indonesia ini diketahui menjadi bagian dari upaya pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat program vaksinasi bersama GoTix serta Polda Metro Jaya. Kegiatan Senyum Army juga diketahui melibatkan sepuluh ribu Army untuk mengikuti vaksinasi dengan usia 12 tahun ke atas untuk menjalani vaksin COVID-19 Sinovac secara gratis seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2021).


Terdapat Instalasi Stay Gold untuk foto

Bukan hanya menyediakan vaksin massal untuk 10.000 Army, akan tetapi dalam program Senyum Army ini juga terdapat sebuah instalasi bernama Stay Gold untuk berfoto. Instalasi inii sengaja dibangun menyerupai sebuah set dalam video klip milik BTS berjudul Stay Gold.

Aksi sosial yang dilakukan oleh Army Indonesia ini pun bukanlah yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, beberapa waktu lalu penggemar BTS Indonesia ini juga membagikan berbagai tips serta dukungan kepada driver ojek online yang ikut mengantre saat menu BTS Meal rilis di Indonesia.


Tuai apresiasi Dijen WHO

Aksi Army Indonesia yang mengadakan vaksinasi bagi 10.000 orang di Indonesia ini pun menuai berbagai respons di media sosial. Bahkan, Direktur Jendral World Health Organization (WHO) turut memberikan apresiasi melalui laman resmi Twitter. Bukan hanya mengabarkan aksi sosial yang menginspirasi, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Dirjen WHO juga turut menyampaikan terima kasih atas usaha yang dilakukan demi menekan angka COVID-19.

"Kabar inspirasi dari #BTSARMY di #Indonesia yang bersama BTS dan mengorganisir vaksinasi COVID-19 untuk 10.000 masyarakat Indonesia. Terima kasih, INDOMYS atas kontribusinya untuk #VaccinEquity! Pertahankan kerja yang hebat!" tulis Tedros dalam akun Twitter pribadinya, Rabu (4/8/2021).

Hidangan Firaun Kini Makanan Rakyat Jelata

Molokhia, Makanan Firaun yang Kini Merakyat di Mesir

Liputan6.com 2021-08-05 06:01:16
Sup Molokhia, hidangan yang dahulu merupakan hidangan firaun. (dok. Instagram @omarsfood/ https://www.instagram.com/p/B_kT0RdlGFm/?utm_source=ig_web_copy_link / Gabriella Ajeng Larasati)

Namanya mungkin terdengar kurang familiar, tapi molokhia punya julukan tak main-main, yakni 'makanan raja'. Makanan yang pengucapannya mo-lo-hi-a itu pernah disajikan untuk Firaun sang penguasa Mesir.

Dikutip dari BBC, Selasa, 3 Agustus 2021, menurut cerita turun-temurun, Firaun yang hidup sekitar abad ke-10 Masehi menyantap sup molokhia sebagai makanan penyembuhan. Makanan itu pun menjadi salah satu hidangan kerajaan.

Meski begitu, The Caliphh of Kairo, salah satu pemimpin Mesir dari Dinasti Fatimid yang hidup di abad ke-10 Masehi, pernah melarang konsumsi molokhia. Berdasarkan cerita rakyat setempat, itu lantaran molokhia berefek merangsang nafsu pada wanita.

Aturan itu seiring waktu dicabut. Molokhia kembali dikonsumsi, bahkan oleh warga biasa. Michelle Berriedale-Johnson, seorang sejarawan makanan dan penulis isu kesehatan, menuturkan bahwa warga memakan ful (sup kacang fava hangat) dan molokhia pada masa Firaun hingga saat ini.

"Karena sudah menjadi menjadi kebiasaan dan cocok dengan iklim dan menu makanan mereka," tambah Berriedale-Johnson

Molokhia kini menjadi bagian dari makanan pokok di Mesir. Warga setempat menganggapnya sebagai simbol negara. Karenanya, restoran-restoran Mesir umumnya mencantumkan molokhia sebagai salah satu menu mereka.

Makanan ini biasanya disantap saat malam hari dengan tambahan nasi, roti, atau daging. Tidak jarang, anak-anak mengonsumsinya sebagai menu makan siang. Ada pula yang mengonsumsinya dengan udang, seperti warga Alexandria, atau bahkan kelinci rebus seperti warga pedalaman.

"Makanan ini mudah ditelan, para ibu di Mesir memberikan ini kepada bayi-bayi mereka setelah menyusui," ucap Emad Farag, pegawai di St. Regis Kairo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pisau Khusus

Bentuk tanaman molokhia mirip dengan bayam berwarna hijau lumut. Tapi, mengolahnya memerlukan keterampilan khusus. Juru masak Helmy menggunakan pisau melengkung yang disebut makhrata untuk memotong daun-daun molokhia. Pemotongan ini akan menghasilkan tekstur dari molokhia seperti permen karet.

Sementara, Mohammed Fatih, seorang koki di restoran Aswan's Makka yang berlokasi di Jalan Abtal el Tahrir, memiliki kreasi sendiri untuk mengolah molokhia.

"Rahasia saya yaitu memasak kuah kaldu yang terbuat dari tulang ekor sapi dan didihkan selama tiga jam. Lalu, ditambahkan molokhia yang sudah dicincang ke dalam kaldu," ungkap Fatih.

Beda lagi dengan Tarek Helmy, seorang pensiunan konsultan di Kairo. Ia mengatakan cara mengonsumsi molokhia bisa berbeda-beda dari satu rumah dan rumah lainnya. Baginya, ia mencampurkannya dengan nasi, persis seperti ajaran ayahnya.

Menurut Helmy, hidangan molokhia yang baik sebaiknya menempel pada nasi. "Saya bahkan sampai memanggil ibu saya ke Dubai, ketika saya tinggal di sana, hanya untuk mengajari juru masak saya untuk membuat molokhia," ujarnya.


Manfaat Molokhia

Berriedale-Johnson mengatakan, molokhia memiliki semua jenis manfaat yang baik untuk pencernaan. Menurut studi dalam Journal of Ethnopharmacology, daun molokhia dapat mencegah peradangan usus dan obesitas. Molokhia mengandung vitamin C, E, potasium, zat besi, dan serat.

"Molokhia juga mengandung karotenoid antioksidan dan elemen antioksidan lainnya, yang bermanfaat ketika ditambahkan dalam menu diet," ujar Mai Amer, seorang ahli gizi anak di Kairo.

Sementara itu, Hussein Mustafa, yang bekerja di tiga kapal pesiar mewah Sanctuary Retreat, membocorkan tentang sumber terbaik molokhia. "Molokhia terbaik ditanam di antara ladang tebu. Maka dari itu, molokhia yang bagus adalah molokhia yang tumbuh di selatan Mesir dibandingkan utara," ujar pria kelahiran Luxor.

Fayoum yang terletak 100 km barat daya Kairo di Mesir Tengah mempunyai daerah oasis yang subur, dengan padang gurun dihiasi pohon palem, mata air belerang yang alami, dan hamparan padang hijau. Firaun Amenemhat III (1818-1770 SM) mengamati potensinya sebagai lahan pertanian.

Sekitar 3.500 tahun kemudian, petani molokhia Fayoum terus menggunakan lahan tersebut untuk bercocok tanam. Sinar matahari dan tanah yang dikeringkan merupakan kondisi yang baik untuk pertumbuhan molokhia, yang tumbuh dari Mei hingga Agustus hanya dalam waktu 60 hari. (Gabriella Ajeng Larasati)


Benarkah Covid-19 Menyebar Lewat Makanan?

 


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Hadiah Miras untuk Pejabat Lenyap

Hadiah Botol Wiski Rp 83 Juta dari Jepang untuk Pompeo Hilang, Pemerintah AS Luncurkan Penyelidikan

Liputan6.com 2021-08-05 15:00:00
Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)

Pemerintah Amerika Serikat sedang menyelidiki hilangnya sebuah botol wiski senilai US$5.800 (Rp 83,2 juta) - disebut merupakan pemberian dari Jepang kepada mantan menteri luar negeri Mike Pompeo.

Dikutip dari AFP, Kamis (5/8/2021) laporan New York Times mengatakan bahwa seorang pejabat Jepang memberikan hadiah wiski itu kepada Departemen Luar Negeri AS pada 24 Juni 2019, ketika Pompeo tengah berkunjung ke Arab Saudi pada saat itu.

Tidak diketahui secara jelas apakah Pompeo pernah menerima hadiah itu secara langsung.

Diketahui, pejabat pemerintah AS berhak menyimpan hadiah yang nilainya kurang dari US$390, dan bila harganya bernilai lebih, mereka diharuskan membelinya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mike Pompeo Tidak Mengetahui Hal Terkait Hilangnya Botol Wiski

Laporan New York Times, yang mengutip pejabat AS yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa pemerintah tidak pernah dibayar untuk botol minuman keras yang hilang.

Surat kabar itu menambahkan bahwa tidak biasa bagi Departemen Luar Negeri AS, menyatakan secara terbuka bahwa keberadaan suatu barang tidak diketahui.

Seorang pengacara untuk Pompeo mengatakan bahwa mantan menteri luar neger AS tersebut, tidak mengetahui kondisi terkini dari botol wiski yang hilang itu.


Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah COVID-19

 

Jadi Model di Usia 99 Tahun

Nenek Buyut Ini Memulai Debut Modeling di Usia 99 Tahun

Liputan6.com 2021-08-05 19:10:00
Helene Simon (Hasil tangkap layar Instagram account @saiebeauty)

Tidak ada batasan usia untuk melakukan semua hal, seperti dunia modeling. Model yang identik dengan usia muda, tubuh proposional dan lainnya. Nenek buyut di California membuktikan bahwa usia tidak menghalanginya untuk menjadi model yang luar biasa, seperti dilansir dari Good Morning America, Kamis (5/08/2021).

Helene Simon (99), baru-baru ini wajahnya tampak di salah satu merek kecantikan Saie.

Dalam foto tersebut, ia mengenakan blus putih dan kalung manik-manik bersama dengan perusahaan kosmetik Slip Tint, Maskara 101 dan Dew Blush. Ia juga bergaya dengan senyum cerianya.

Dalam beberapa unggahan, layaknya seorang model profesional, ia juga memperlihatkan penggunaan produk Saie dalam wajahnya.

Saie menyebutkan bahwa "Nanna" menyukai produknya yang mudah diaplikasikan dan menyehatkan kulitnya dari dalam ke luar.

"Saya senang berada di lokasi syuting, fotografernya luar biasa dan menyenangkan. Benar-benar menyenangkan dalam menata rambut dan riasan saya," kata Simon.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

View this post on Instagram

A post shared by Saie (@saiebeauty)


Asal Mula Menjadi Model di Saie

View this post on Instagram

A post shared by Saie (@saiebeauty)

Pendiri Saie, Laney Crowell meminta Simon menjadi model di Saie karena banyaknya permintaan konsumen di komunitas Instagram-nya memilih "ya" untuk Nanna menjadi model Saie.

Simon yang sekaligus merupakan nenek buyut dari Laney, awalnya menolak permintaan Laney. Namun, Laney bersikeras dan mendorong Simon untuk menunjukkan kepada dunia bahwa wanita berusia 99 tahun masih harus diwakili.

Sejak Simon menjadi model di produk Saie, Saie telah menerima banyak pujian yang bagus.

Saie menjelaskan tujuan dari merek tersebut untuk menormalkan bahwa tidak peduli berapa usia Anda, merawat riasan dan kulit Anda tidak membuat awet muda.

Dalam setiap kampanyenya, model yang digunakan dalam produk Saie memiliki latar belakang dan usia yang berbeda.

Setelah menerima dan mendengar tentang umpan balik positif dari konsumen, Simon mengatakan ia sangat terkejut oleh semua orang yang mengirimkan catatan bahwa dirinya menjadi inspirasi mereka.

Kemudian Simon juga tidak akan menolak jika ada tawaran model di masa depan untuknya, ia akan melakukannya dengan senang hati.

Reporter: Cindy Damara