Volume 53

Orang Indonesia Terbukti Baik Hati

Pandemi Covid-19 Bikin Orang Sengsara, Tak Harus Kaya untuk Berbagi

Liputan6.com 2021-08-09 00:00:55
special content_Berbagi Meski Didera Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)

Muhammad Ridwan, duduk santai sejenak di pos ronda yang jaraknya hanya selemparan batu dari tempat tinggalnya. Sambil menghisap rokok, ia ditemani Herman, sahabat karibnya.

Sejak pandemi Covid-19 Ridwan sangat sibuk. Sebagai Ketua RT di Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, ia punya tanggung jawab memantau kesehatan dan keperluan warganya yang menjalani isolasi mandiri.

Selama masa PPKM Level 4, sedikitnya ada 25 orang yang berjuang melawan Covid-19 di lingkungannya. Data itu diperoleh Ridwan dari warga yang berinisiatif melaporkan kepada pengurus RT.

"Tugas kita mengontrol dan sosialiasi kepada tetangga-tetangga terdekat bahwa warga ini lagi isoman. Barang kali bapak, ibu ada rezeki silahkan bantu," kata Ridwan kepada Liputan6.com.

Di lingkungan Ridwan, ada program bertajuk "Dari Warga Untuk Warga". Jadi, uang kas yang dihimpun dari warga, dibelikan sembako dan diberikan kepada warga yang menjalani isoman.

"Sebelum PPKM, (bantuan untuk warga isoman) dari uang kas dulu, pas masa PPKM kasus meledak. Akhirnya uang kas jebol juga," ujar dia.

Pembagian sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok (Liputan6.com / Ady Anugrahadi)

Ridwan kemudian berinisiatif menggalang dana. Ia mengirimkan pesan ke grup RT yang diikuti 150 warga. "Saya share ke grup bunyinya begini 'Ada beberapa orang yang isoman, barang kali ada yang ingin membantu silahkan kirim langsung ke posko'," ucap dia.

Tak disangka, ajakan itu disambut baik warga. Mereka berbondong-bondong mendatangi posko logistik untuk menyerahkan berbagai sembako seperti beras, minyak, telor, gula, teh dan suplemen seperti lemon dan kelapa hijau. Ada pula yang memberikan dalam bentuk uang.

"Alhamdulillah di lingkungan kami, rasa kemanusiaan selalu hidup. Kami bersyukur warga kami punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap sesama," ucapnya.

Tak Perlu Kaya Untuk Bantu Orang Lain

Di Timur Jakarta, ratusan orang tiap harinya antre di depan sebuah rumah, di daerah Cilangkap. Mereka ingin mendapatkan nasi bungkus gratis.

Adalah Aditya Prayoga yang mendirikan sebuah tempat bernama Rumah Makan Gratis. Di rumah tersebut, Adit membagi-bagikan ratusan bungkus nasi setiap hari. Semuanya gratis.

"Dulu sebelum pandemi bisa 300 bungkus setiap hari, tapi saat PPKM ini sekitar 150 per hari," kata Adit kepada Liputan6.com.

Pembagian nasi bungkus di Rumah Makan Gratis (Liputan6.com / Jonathan Pandapotan Purba)

Adit percaya, kebahagiaan bisa diraih dengan membahagiakan orang lain. Ia mengaku merasakan ketenangan, kebahagiaan dan keberkahan ketika berbagi dan membantu sesama.

Adit mendirikan Rumah Makan Gratis buat siapa pun yang lapar dan membutuhkan makanan. Ia percaya, tak perlu jadi orang kaya untuk membantu orang lain. "Mau orang Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, siapa pun dia, apapun agamanya, boleh makan di sini," kata Adit.

Tiap harinya, ratusan orang dari berbagai latar belakang datang. Mulai dari pemulung, pelajar, tukang ojek, pedagang sampai karyawan swasta. Tak ada syarat untuk bisa makan kenyang di Rumah Makan Gratis. "Semakin banyak kita memberi, semakin banyak kita merasakan kebahagiaan, semakin besar kita merasakan keberkahan itu datang," ujarnya.

IndahnyaBerbagi

Di Banyuwangi, semangat solidaritas antarwarga juga bermunculan. Salah satunya datang dari komunitas pelukis, Artos Kembang Langit, yang menyediakan lapak berbagai kebutuhan pokok warga untuk diambil secara gratis bagi mereka yang membutuhkan.

Lapak Berbagi Teman Peduli Sesama (Lapak TPS), begitu mereka menjulukinya. Ini adalah aksi sedekah yang mengajak warga yang mampu secara ekonomi untuk membantu warga lain yang terdampak pandemi covid-19.

Bantuan yang diberikan bisa bermacam-macam, mulai aneka sayuran, sembako, hingga nasi bungkus. "Siapapun boleh menaruh sedekahnya di Lapak TPS ini. Dan siapapun yang membutuhkan, silakan mengambil apa yang ada di sini. Gratis," kata Imam Maskun, Ketua Komunitas Artos Kembang Langit.

"Sebenarnya semua ikut terdampak. Termasuk para pelaku seni juga terdampak. Namun, kami yakin masih banyak orang yang mampu (ekonominya) dan memiliki jiwa solidaritas tinggi. Makanya, kami sepakat membuat TPS ini untuk mengajak warga saling berbagi. Ayo bersama saling membantu," urai Imam.


Tak Ada Ruang untuk Egois

Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, mengatakan, dalam situasi pandemi seperti saat ini, kesadaran tentang solidaritas sosial otomatis akan muncul. Baik itu antarnegara, antardaerah, antarkomunitas, hingga antarorang.

Dan jika seseorang dalam konteks pandemi bersikap egois, maka pasti akan dikecam masyakarat. Hal ini terlihat dari beberapa kasus yang terjadi.

"Kemarin kita lihat ada pedagang manfaatin situasi dengan naikkin harga obat. Dikecam masyarakat kan. Padahal kalau dalam situasi tidak pandemi, situasi normal, masyarakat paling diam saja, orang-orang berpikir ya namanya juga dagang, wajar naikkin harga," kata Hamdi kepada Liputan6.com.

Dalam psikologi, manusia sangat kuat digerakkan oleh norma sosial di sekitarnya. Dan secara otomatis, situasi pandemi mengaktifkan norma-norma solidaritas sosial yang jauh lebih kuat dibanding keadaan normal.

"Orang itu sulit orang berperilaku berlawanan dengan norma solidaritas sosial di tengah pandemi, karena pasti akan dikecam. Dan kita inginnya, mudah-mudahan, setelah pandemi ini selesai, semangat solidaritas sosial seperti ini kita pelihara."

Peringkat Indonesia di World Giving Index 9 Tahun Terakhir (Liputan6.com/Abdillah)

Orang yang memiliki sifat egois pun, kata Hamdi, bisa berubah di tengah pandemi. Sebab, nilai-nilai solidaritas sosial yang ada sekarang cukup tinggi.

"Orang yang tak solider juga bakal punya persepektif dimana dia berpikir, kalau tak bantu orang sekarang, kalau giliran saya nanti kena Covid-19, nanti tak ada yang mau bantuin."

Mantan anggota pansel KPK itu menjelaskan, manusia berperilaku dengan selalu memperkirakan apa konsekuensi dari tindakannya di mata orang lain dan bagaimana antisipasi dia, ketika orang lain melihat tingkah lakunya.

"Gampangnya, dia berpikir hukum take and give itu berlaku. Jadi, walapun orang itu egois, paling tidak dia merasa ada prinsip pertukaran sosial ketika membantu orang lain di masa pandemi."

Motif Altruistik

Dalam psikologi, ada teori Altruisme. Artinya tindakan sukarela yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tindakan ini biasanya didasari oleh pengaruh emosional, seperti empati.

Altruisme dapat mencakup berbagai macam perilaku, mulai dari mengorbankan hidup seseorang untuk menyelamatkan orang lain, memberikan uang untuk amal atau menjadi sukarelawan di dapur umum, hingga hanya menunggu beberapa detik untuk menahan pintu terbuka bagi orang asing.

Seringkali orang berperilaku altruistik ketika mereka melihat orang lain dalam keadaan yang menantang dan merasakan empati, sehingga muncul keinginan untuk membantu.

"Dan dalam keadaan pandemi seperti ini, mudah sekali motif Altruistik terbangkitkan karena norma sosialnya lebih dominan ke arah solidaritas," ucap Hamdi.


Bantuan Spontanitas

Sosiolog Universitas Gadjah Mada, Sunyoto Usman, mengatakan, pola bantuan yang terjadi di masyarakat saat ini lebih banyak bersifat spontanitas. Hal itu, kata Sunyoto, sebaiknya diatur dan dikembangkan agar jadi lebih teratur.

"Perlu diatur bagaimana retribusinya, mekanismenya. Kalau spontanitas seperti sekarang, ya warga misalnya, bisa bantu ketika ada uang, tapi kalau tidak ada uang, ya tidak kasih bantuan lagi," kata Sunyoto kepada Liputan6.com.

Oleh karena itu, menurut Sunyoto, harus dibangun pola ketika bantuan itu datang, baik dari yang berbasis agama, adat, komunitas sampai bisnis.

Misalnya pengusaha memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, pemerintah bisa memberikan keringanan pajak kepada pengusaha tersebut. "Jadi ketika pengusaha memberikan bantuan, bisnisnya bisa tetap jalan."

(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pria lulusan University of Guelph, Canada itu menilai, di tengah situasi pandemi saat ini, hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja tidak akan cukup. Bantuan seperti bansos sudah bagus, tapi tetap kurang. Apalagi jumlah orang miskin di Indonesia begitu banyak.

Menurut dia, ibarat piramid, jumlah orang miskin Indonesia jauh lebih besar dibanding negara maju seperti Singapura. "Kalau di sana, mungkin santunan lebih mudah karena jumlah orang miskinnya lebih sedikit," ujarnya.

Dia menjelaskan, di negara agraris seperti Indonesia, bantuan sosial yang bukan berasal dari pemerintah, memang biasanya lebih kuat. "Tapi kalau negara industri seperti Singapura atau Korea Selatan, bobot jaminan sosial dari negaranya yang justru lebih kuat," ujar Sunyoto, lagi.


Paling Dermawan

Laporan World Giving Index (WGI) yang dirilis Charity Aid Foundation (CAF) menempatkan Indonesia di peringkat pertama sebagai negara paling dermawan tahun 2021.

Indonesia mendapatkan skor 69 persen, naik dari skor 59 persen di indeks tahunan terakhir yang diterbitkan pada 2018. Saat itu, Indonesia juga menempati peringkat pertama dalam WGI.

WGI adalah laporan tahunan yang diterbitkan oleh CAF, menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup, dan memeringkat lebih dari 140 negara di dunia berdasarkan seberapa dermawan mereka dalam menyumbang.

Pada laporan WGI 2021, Indonesia menempati 2 peringkat teratas dari 3 katagori atau indikator yang menjadi ukuran WGI, yakni menyumbang pada orang asing/tidak dikenal, menyumbang uang dan kegiatan kerelawanan/volunteer.

Hasil penelitian CAF menunjukkan lebih dari 8 dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uang pada tahun ini. Sementara tingkat kerelawanan di Indonesia tiga kali lipat lebih besar dari rata-rata tingkat kerelawanan dunia.

Infografis: Deretan Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Nomor 1 (Liputan6.com / Abdillah)

Direktur Filantropi Inonesia, Hamid Abidin, menyambut baik prestasi yang ditorehkan oleh sektor filantropi Indonesia ini. Menurutnya, pandemi dan krisis ekonomi tak menghalangi masyarakat Indonesia untuk berbagi.

"Yang berubah hanya bentuk sumbangan dan jumlahnya saja. Masyarakat yang terkena dampak tetap berdonasi uang, meski nilai sumbangan lebih kecil, atau berdonasi dalam bentuk lain, seperti barang dan tenaga (relawan). Terbukti di beberapa lembaga sosial dan filantropi jumlah donasi tetap naik, meski peningkatannya tidak setinggi pada saat normal," ujarnya.

Laporan WGI 2021 menunjukkan Indonesia berhasil mempertahankan posisinya di peringkat pertama di tengah pandemi dibandingkan negara-negara lain yang posisinya jatuh dalam WGI karena penerapan kebijakan penguncian dan pembatasan wilayah.

Sebagian besar negara Barat yang biasanya menempati 10 besar daftar negara paling dermawan posisinya merosot kemungkinan karena efek pandemi.

Misalnya, Amerika Serikat jatuh ke posisi 19 dunia, setelah sebelumnya secara konsisten ditempatkan di Top 5. Sementara Irlandia, Inggris dan Singapura merosot dari peringkat 5 dan 6 ke peringkat 26 dan 22.

Penutupan Olimpiade Paling Tidak Meriah

Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Amerika Juara Umum

Liputan6.com 2021-08-08 20:19:48
Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo 2020 (AFP)

Setelah berlangsung sejak 23 Juli 2021, Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditutup pada Minggu (8/8/2021) malam WIB. Amerika Serikat keluar sebagai juara umum setelah unggul tipis dari China.

Upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium berlangsung sederhana di tengah keprihatinan akibat pandemi Covid- 19 yang belum berhenti.

Jepang menonjolkan budaya dan kesenian lokal mereka di upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020.

Rangkaian acara penutupan Olimpiade 2020 dimulai dengan bendera 205 negara peserta yang dibawa oleh atlet dan sukarelawan masuk ke tengah lapangan dan berjejer membentuk lingkaran.

Kemudian para atlet dari seluruh negara peserta yang masih bertahan di Tokyo masuk ke lapangan. Indonesia sendiri sudah tak mengirimkan atlet di upacara penutupan ini. Seluruh atlet Indonesia telah pulang ke Tanah Air.


Paris

Di sela-sela upacara penutupan, juga berlangsung prosesi penyerahan medali untuk pemenang cabang olahraga lari maraton putra dan putri. Eliud Kipchoge dari Kenya menjadi peraih emas maraton putra. Sedangkan emas maraton putri direbut Peres Jepchirchir, juga dari Kenya.

Tak lupa juga diadakan seremoni penghormatan untuk para volunteer yang telah bekerja keras menyukseskan Olimpiade Tokyo 2020. Penghargaan secara simbolis diserahkan oleh tiga orang atlet.

Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya resmi ditutup setelah api di kaldron utama dipadamkan setelah berkobar sejak 23 Juli lalu. Tulisan besar Arigato (terima kasih) terpampang di stadion. Tiga tahun mendatang, Olimpiade akan dilangsungkan di Paris, Prancis.


Klasemen Medali

Amerika Serikat menyalip China untuk menguasai puncak daftar medali Olimpiade Tokyo 2020 setelah meraih tiga emas pada hari terakhir kompetisi, Minggu (8/8/2021).

Mereka mengoleksi 39 emas, 41 perak dan 33 perunggu. China menempati posisi kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu.

Adapun Indonesia harus puas finis di urutan 55. Indonesia merebut satu emas, satu perak, dan dua perunggu di Tokyo 2020.

Messi Bercucuran Air Mata

Bercucuran Air Mata, Lionel Messi Ucapkan Selamat Tinggal ke Barcelona

Liputan6.com 2021-08-08 17:23:54
Lionel Messi menangis saat mengucapkan selamat tinggal kepada Barcelona. (AFP/Pau Barrena)

Lionel Messi tidak mampu menahan emosi dan menangis saat mengucapkan selamat tinggal kepada Barcelona.

Menggunakan sapu tangan yang diberikan sang istri Antonella, Messi menghapus air mata sebelum bicara di depan media pada konferensi pers di Auditori 1899, Camp Nou, Minggu (8/8/2021).

"Saya yakin bakal tinggal di Barcelona. Itulah yang saya inginkan. Tapi hari ini saya harus mengucapkan selamat tinggal," kata Messi.

"Saya tidak pernah membayangkan bakal bicara seperti itu, karena saya tidak pernah berpikir demikian. Saya juga sedih tidak bisa ucapkan selamat tinggal kepada suporter," sambungnya.

Setelah bicara, Messi mendapat aplaus panjang dan standing ovation dari yang hadir. Mendapat reaksi demikian, pemain asal Argentina itu kembali menangis.

Turut datang pada acara ini Presiden Barcelona Joan Laporta, Antonella dan ketiga anak Messi, serta pemain El Azulgrana.


Terbentur Peraturan

Beberapa hari sebelumnya Barcelona menyatakan Messi bakal meninggalkan klub karena terbentur peraturan La Liga.

Kontrak Messi dan Barcelona sudah habis Juni lalu. Kedua pihak dilaporkan sudah mencapai kesepakatan baru berdurasi lima tahun, dengan Messi menyetujui pengurangan gaji demi mempermudah kesulitan klub.

Namun, hal tersebut ternyata tidak cukup karena Barcelona gagal menjual pemain bergaji tinggi seperti Antoine Griezmann, Miralem Pjanic, Philippe Coutinho, hingga Samuel Umtiti.

Paris Saint-Germain (PSG) jadi destinasi favorit Messi selanjutnya setelah Manchester City mundur dari persaingan. PSG dikabarkan menawarkan kontrak tiga tahun bagi sang megabintang.


Pemain Bersejarah

Bergabung di Akademi Barcelona pada 2000, Messi jadi pemain yang paling banyak membela tim yakni sebanyak 778 laga. Dia mencetak 672 gol yang juga menjadi rekor klub.

Membantu Barcelona juara La Liga 10 kali dan merebut empat titel Liga Champions, Messi memenangkan Ballon d'Or dalam enam kesempatan.

Ombak Pantai Pacitan Karya SBY

SBY Tekuni Hobi Melukis Selama PPKM di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com 2021-08-08 09:30:16
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjukkan hasil karya lukisannya selama Pandemi Covid-19. (Foto:Twitter @jansen_jsp).

Wasekjen Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon memamerkan lukisan karya Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang digarap selama kebijakan pemberlakukan PPKM di masa pandemi Covid-19.

Lewat akun Twitternya @jansen_jsp, lukisan pertama yang ditunjukkan berjudul Debur Ombak di Pantai Pacitan.

"Fresh dari studio beliau. Lukisan terbaru Pak SBY pagi ini. Saya tanya Uda Ossy apa judulnya "Debur Ombak Di Pantai Pacitan". Acrylic, 60X90 cm. Sebenarnya ini masih "trial" memakai kanvas dan kuas jenis baru (Winsor & Newton type Professional Galeria), sehat selalu ayahanda," tulis Jansen yang dikutip pada Minggu (8/8/2031).

Pada foto yang diunggah Jansen, SBY nampak berdiri di samping karyanya mengenakan baju berwarna hitam dengan topi berwarna senada, dan celana abu-abu.

Karya SBY yang lain juga ditunjukkan Jansen, lukisan itu menurutnya bertema alam yang mencerminkan keindahan alam Pacitan, Jawa Timur.

"Saya sudah lihat beberapa lukisan pak SBY yang lahir selama pandemi ini, memang banyak "diilhami Pacitan", tempat kelahirannya yang memang indah sekali banyak pantai dan gunung-gunung," kata Jansen.


Lukis Merapi

Tak hanya bertema alam Pacitan, SBY juga disebut Jansen melukis keindahan Merapi, Jogja.

"Termasuk Pak SBY sdh melahirkan 2 lukisan tentang "Merapi" yang dulu dekat dengan kesehariannya sebagai Danrem Jogya," tulisnya.

Jansen menyebut kegiatan SBY selama pandemi dan masa tuanya adalah melukis di studio pribadinya di Cikeas, Jawa Barat.

"Inilah kegiatan pak SBY selama menjalani PPKM ini dan hari tuanya. Melukis di studio di Cikeas," pungkas Jansen.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tubuh Pria Favorit Luna Maya-Sophia Latjuba

Luna Maya dan Sophia Latjuba Ungkap Bagian Tubuh Pria yang Disukai, Jawabannya Kompak

Liputan6.com 2021-08-08 14:00:00
[Foto: YouTube TS Entertainment]

Luna Maya dan Sophia Latjuba melakukan sesi tanya jawab tentang berbagai hal lewat kanal YouTube TS Entertainment. Pertanyaannya sudah tersedia dalam potongan kertas.

Mantan kekasih Reino Barack itu diminta menyebutkan bagian tubuh cowok selain wajah yang paling diperhatikan dan disuka.

"Ya (gigi) sama kaki, legs, tapi kalau dia belum pakai celana pendek kan kita enggak tahu gimana," jawab bintang film The Doll dalam video yang diunggah pada 6 Agustus 2021.

"Makanya ajak berenang dulu," celetuk Sophia Latjuba sambil tertawa.


Melihat Kepribadian

Luna Maya pun menjelaskan alasan menyukai dan memperhatikan dua bagian tubuh tersebut. Dia mengaku dapat menilai kepribadian seseorang lewat dua hal itu.

"Tapi kalau baru kenal yang paling bisa dilihat kan sepatunya kan, itu penting. Jadi kelihatan gayanya, kepribadiannya hmm sepertinya dia seperti ini," tuturnya.


Terawat

Baginya, tak masalah dengan pria yang tidak terlalu tampan asalkan kaki dan giginya terawat dengan baik serta bersih.

"Kadang-kadang lagi lihat gini, eh sepatunya bagus ya, pas lihat ke atas pas senyum eh giginya bersih, bagus. Walaupun mukanya agak kurang ya," jelasnya.


Jawaban Sophia

Tak disangka, Sophia Latjuba juga memiliki jawaban yang mirip dengan Luna Maya. Dia sangat memeperhatikan jemari kaki laki-laki.

"Feet, legs nomor dua. Sama sepatu," ungkapnya.

"Berarti sama, nanti kita ajak berenangnya bareng ha ha," Luna Maya menyahut.

Baru 27 Tahun Punya Bisnis Rp 111 T

Luna Maya dan Sophia Latjuba Ungkap Bagian Tubuh Pria yang Disukai, Jawabannya Kompak

Liputan6.com 2021-08-08 14:00:00
[Foto: YouTube TS Entertainment]

Luna Maya dan Sophia Latjuba melakukan sesi tanya jawab tentang berbagai hal lewat kanal YouTube TS Entertainment. Pertanyaannya sudah tersedia dalam potongan kertas.

Mantan kekasih Reino Barack itu diminta menyebutkan bagian tubuh cowok selain wajah yang paling diperhatikan dan disuka.

"Ya (gigi) sama kaki, legs, tapi kalau dia belum pakai celana pendek kan kita enggak tahu gimana," jawab bintang film The Doll dalam video yang diunggah pada 6 Agustus 2021.

"Makanya ajak berenang dulu," celetuk Sophia Latjuba sambil tertawa.


Melihat Kepribadian

Luna Maya pun menjelaskan alasan menyukai dan memperhatikan dua bagian tubuh tersebut. Dia mengaku dapat menilai kepribadian seseorang lewat dua hal itu.

"Tapi kalau baru kenal yang paling bisa dilihat kan sepatunya kan, itu penting. Jadi kelihatan gayanya, kepribadiannya hmm sepertinya dia seperti ini," tuturnya.


Terawat

Baginya, tak masalah dengan pria yang tidak terlalu tampan asalkan kaki dan giginya terawat dengan baik serta bersih.

"Kadang-kadang lagi lihat gini, eh sepatunya bagus ya, pas lihat ke atas pas senyum eh giginya bersih, bagus. Walaupun mukanya agak kurang ya," jelasnya.


Jawaban Sophia

Tak disangka, Sophia Latjuba juga memiliki jawaban yang mirip dengan Luna Maya. Dia sangat memeperhatikan jemari kaki laki-laki.

"Feet, legs nomor dua. Sama sepatu," ungkapnya.

"Berarti sama, nanti kita ajak berenangnya bareng ha ha," Luna Maya menyahut.

Pizza Mahal Bertabur Berlian

7 Pizza dengan Harga Selangit, Bertabur Berlian hingga Kaviar

Liputan6.com 2021-08-07 21:00:42
Magic Gold Pizza.

Sepotong pizza seharusnya tidak akan membuat Anda kehilangan semua uang di dompet. Berbeda dengan tujuh sajian pizza ini. Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pizza adalah makanan umum yang disajikan oleh restoran dengan rasa yang unik. Oleh karena itu, setiap orang akan memiliki preferensi pizza yang berbeda.

Beberapa restoran membuat pizza yang khusus ditujukan untuk golongan elit. Biaya, proses pembuatan, dan ketersediaan bahan untuk membuat pizza menjadi penyebab harga pizza melambung tinggi.

Melansir dari The Richest, Sabtu (7/8/2021), berikut adalah tujuh pizza termahal di dunia.

1. Magic Gold Pizza

Pizza ini menjadi pilihan makanan yang lebih sehat. Adonannya terbebas dari gluten sehingga menjadi salah satu pilihan terbaik bagi para vegan yang ingin menikmati makanan yang lezat.

Magic Gold Pizza dibuat oleh restoran Magic Oven yang terkenal di Toronto, Kanada. Hiasan yang menggunakan emas 24 karat menjadi hal yang paling menarik dari pizza ini.

Anda harus mengeluarkan uang sebesar USD 108 (Rp 1,5 juta) untuk menikmati Magic Gold Pizza.

2. Gordon Ramsay Pizza

Pizza yang paling terkenal dan mahal ini dapat ditemukan di restoran Maze, London. Ramsay hadir dengan topping mewah seperti puree dari bawang Italia, pasta truffle putih, mozzarella dari susu kerbau, keju fontina, rempah segar, daging pancetta, dan jamur cep.

Selain merupakan resep yang dibuat oleh Gordon Ramsay, seorang koki terkenal di dunia, penggunaan topping mewah tersebut menjadi alasan pizza ini dihargai sebesar USD 250 (Rp 3,5 juta).

Sebelumnya, Gordon Ramsay Pizza pernah memegang rekor sebagai pizza termahal di dunia menurut Guinness World Records.


3. C6 Pizza

C6 adalah pizza yang dibuat oleh restoran Steveston Pizza, British Columbia. Topping yang digunakan adalah salmon asap, udang windu (tiger prawn), lobster thermidor, ikan cod hitam Alaska, dan kaviar ossetra Rusia.

Pizza tersebut menjadi menu yang paling laris di Stevenson Pizza. Penggunaan topping mewah ini membuat C6 dihargai sebesar USD 450 (Rp 6,4 juta).

4. Not So Poor Man's Pizza

Nama menu Not So Poor Man Pizza langsung menunjukkan bahwa pizza yang dibuat oleh restoran Margo's Mistra Bay, Malta ini memiliki harga yang fantastis.

Serupa dengan pizza mewah lainnya, topping yang digunakan adalah daun emas 24 karat, truffle putih Italia, dan mozzarella dari susu kerbau.

Anda harus mengeluarkan uang sebesar USD 1.800 (Rp 25,8 juta) untuk menikmati pizza ini.

5. Pizza Royale 007

Penggemar James Bond akan menyukai pizza ini karena memiliki tema action hero seperti namanya. Royale 007 menggunakan serbuk emas 24 karat, kaviar yang direndam sampanye, dan lobster yang direndam konyak selama 100 tahun.

James Bond menjadi simbol dari sesuatu yang berkelas dan menakjubkan. Pizza Royale 007 dibuat oleh Domenico Crolla di Glasgow. Harga pizza ini mencapai USD 4.200 (Rp 60,3 juta).


6. Pizza for Lovers

Pizza for Lovers memiliki bahan rahasia berupa berlian yang datang dalam bentuk serbuk berlian atau cincin berlian dengan satu botol sampanye Dom Perignon. Hal tersebut menjadi penyebab pizza ini dihargai sebesar USD 8.180 (Rp 117 juta).

Pizza berbentuk hati ini dibuat oleh Favitta's Family Pizzeria, Henrietta, New York.

7. Louis XIII Pizza

Louis XIII Pizza menjadi pizza paling mahal di dunia dan menghabiskan waktu yang cukup panjang dalam proses pembuatannya. Dibutuhkan sekitar tiga hari untuk membuat pizza menjadi sempurna.

Faktor lain yang menyebabkan pizza memiliki harga yang tinggi karena bahan eksklusif yang digunakan. Adonannya terbuat dari Arabian fur yang dicampur dengan serbuk garam merah muda dan pinggiran kerak yang dibuat 72 jam sebelum ditambahkan topping.

Adapun toppingyang diberikan berupa berbagai jenis kaviar, mozzarella dari susu kerbau, berbagai jenis keju, udang dari Cilento, udang mantis, dan lobster. Tidak heran, pizza ini memiliki harga sebesar USD 12.000 (Rp 172,4 juta).

Reporter: Shania

Chacha Frederica Jadi Ketua PKK

Cerita Chacha Frederica Jadi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal

Liputan6.com 2021-08-08 07:00:00
Chacha Frederica (Instagram/chafrederica)

Chacha Frederica kini sedang menjalani bahtera rumah tangga yang harmonis dengan Dico Ganinduto. Sang suami sedang menjabat sebagai Bupati Kendal, Jawa Tengah.

Selama menjadi istri bupati, Chacha Frederica otomatis ditunjuk sebagai Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Bahkan, ia diwajibkan untuk setia dengan jabatannya.

Rupanya, jabatan tersebut membuat Chacha harus menjalani kegiatan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Kesibukannya sebagai ketua Tim Penggerak PKK pun seolah tak pernah berhenti.


Otomatis Menjabat

"Kalau misalkan suami pejabat tertinggi, berarti saya kan otomatis menjabat ketua PKK Kabupaten Kendal," terang Chacha Frederica di acara televisi Kopi Viral yang kemudian diunggah di kanal YouTube salah satu stasiun televisi swasta, baru-baru ini.


Sudah Disumpah

Chacha Frederica pun mengaku bahwa kesetiannya dengan jabatan lantaran ia sudah diambil sumpah untuk menjalani kewajiban sebaik-baiknya.

"Saya pun diambil sumpah ya untuk menjalankan pekerjaan itu," terangnya.


Demi Masyarakat

Chacha pun mengatakan bahwa selama menjabat sebagai ketua TP PKK ia harus bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Pekerjaannya sesuatu yang berkaitan dengan kemaslahatan banyak orang seperti kegiatan sosial," jelas Chacha.


Lebih Sering di Kendal

Alhasil, Chacha pun kini jadi lebih sering berdomisili di Jawa Tengah ketimbang di Jakarta.

"Aktivitas banyak di Kendal. Ke Jakarta kalau lagi kangen saja pengin syuting gitu," ungkap Chacha.

Amerika Menang Tipis dari China

Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Peringkat Berapa?

Liputan6.com 2021-08-08 16:00:23
Banner Infografis Olimpiade 2020 Diundur, Corona Serang Atlet Bugar. (Sumber Foto: AP)

Amerika Serikat menyalip Tiongkok untuk menguasai puncak daftar medali Olimpiade Tokyo 2020 setelah meraih tiga emas pada hari terakhir kompetisi, Minggu (8/8/2021).

Capaian tersebut membuat Negeri Paman Sam menjadi juara umum Olimpiade Tokyo.

Mereka mengoleksi 39 emas, 41 perak dan 33 perunggu. Tiongkok menempati posisi kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu.

AS kini menjadi juara umum Olimpiade dalam enam dari tujuh edisi terakhir sejak Atlanta 1992. Satu-satunya kegagalan terjadi saat Tiongkok menjadi raja di tanah sendiri pada Beijing 2008.

Raihan tiga emas yang dibutuhkan untuk menyalip Tiongkok datang dari basket putri, voli putri, dan balap sepeda putri.


Posisi Indonesia

Indonesia merebut satu emas, satu perak, dan dua perunggu di Tokyo 2020. Rapor tersebut menempatkan Kontingen Garuda di posisi 55.

Tanah Air harus mengakui keunggulan Filipina yang menjadi negara Asia Tenggara terbaik di urutan 50, setelah memetik satu emas, dua perak, dan satu perunggu.


Klasemen Medali Akhir

No. Urut Negara Emas Perak Perunggu
1 Amerika Serikat 39 41 33
2 Tiongkok 38 32 18
3 Jepang 27 14 17
4 Inggris Raya 22 21 22
5 ROC 20 28 23
6 Australia 17 7 22
7 Belanda 10 12 14
8 Prancis 10 12 11
9 Jerman 10 11 16
10 Italia 10 10 20
55 Indonesia 1 1 3

Daftar perolehan medali di Olimpiade Tokyo 2020 selengkapnya dapat Anda cek di sini.

Peringatan Bahaya dari Ilmuwan Wuhan

Ilmuwan Wuhan Peringatkan Potensi Varian Virus Corona yang Lebih Mematikan

Liputan6.com 2021-08-07 15:00:00
Ahli virologi China Shi Zhengli di dalam laboratorium P4 di Wuhan (Gambar: AFP melalui Getty Images)

Ahli virologi yang berbasis di Wuhan, Shi Zhengli memperingatkan bahwa varian COVID-19 yang lebih mematikan akan datang, seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (07/08/2021).

Zhengli merupakan peneliti tentang virus Corona dan telah menemukan lusinan virus mirip SARS yang mematikan di gua kelelawar.

Karena kecerdasannya, Zhengli dijuluki "batwoman" China. Julukan itu didapatkan setelah dia bekerja dengan kelelawar, menemukan daerah subtropis China selama 16 tahun.

Dia mempelajari sampel yang diambil dari beberapa orang yang terinfeksi penyakit pernapasan. Kemudian, ditemukan bahwa virus tersebut mirip dengan SARS.

Berdasarkan penelitian lanjutan, dia memperingatkan bahwa varian baru yang lebih mematikan akan melanda dunia.

"Karena jumlah kasus yang terinfeksi baru saja menjadi terlalu besar, yang memungkinkan lebih banyak peluang virus Corona baru untuk bermutasi dan memilih," ujar Zhengli kepada media.

Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE) menerbitkan sebuah dokumen yang berisi tentang varian virus Corona di masa depan bisa sama mematikannya seperti MERS.

Jika virus Corona mencapai tahap setara dengan MERS, virus itu dapat membunuh 35 persen dari mereka yang terinfeksi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Virus COVID-19 Berasal Dari Laboratorium Wuhan

Wuhan merupakan kota pusat wabah awal virus Corona pada Desember 2019. Klaim bermunculan bahwa virus itu berasal dari laboratorium Wuhan.

Zhengli dengan tegas membantah klaim tersebut dan mengatakan bahwa lab Wuhan tidak pernah melakukan atau bekerja sama dalam melakukan eksperimen gain-of-function yang dapat meningkatkan virulensi virus.

Dia juga membantah laporan yang mengatakan tiga peneliti dari institutnya telah mencari perawatan di rumah sakit pada November 2019 karena gejala mirip flu sebelum kasus COVID-19 pertama dilaporkan.

Dia mengklaim lab itu mendukung virus dan menyimpan informasi tentang penyebarannya secara rahasia adalah spekulasi yang berakar pada ketidakpercayaan total.

"Saya tidak tahu bagaimana dunia menjadi seperti ini, terus-menerus menuang kejelekan pada ilmuwan yang tidak bersalah."

Dalam pernyataannya, terlihat bahwa Zhengli kecewa dengan klaim-klaim yang tidak berdasarkan fakta dan hanya menggiring opini bagi banyak orang.

Reporter: Cindy Damara