Volume 57

Skandal Vaksin Covid-19 Isi Air Garam

Skandal Dugaan Vaksin COVID-19 Isi Air Garam, Jerman Minta 8 Ribu Warganya Divaksin Ulang

Liputan6.com 2021-08-13 14:35:21
Seorang penghuni Senior Centre Riehl menerima suntikan dosis vaksin COVID-19 di Senior Centre Riehl di Cologne, Jerman (27/12/2020). Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, va

Pihak berwenang di Jerman utara telah meminta lebih dari 8.000 orang untuk mendapatkan vaksinasiCOVID-19 ulang. Hal itu terjadi karena seorang perawat diduga menyuntikkan saline (larutan garam) alih-alih vaksin dalam banyak kasus.

Polisi sedang menyelidiki tindakan perawat di pusat vaksinasi di Friesland, dekat pantai Laut Utara.

Mengutip BBC, Jumat (13/8/2021), awalnya hanya enam orang yang diyakini telah menerima larutan garam yang tidak berbahaya di sana pada bulan Maret dan April.

Banyak dari mereka yang terkena dampak berusia di atas 70 tahun--kelompok berisiko tinggi dalam pandemi COVID-19.

Inspektur Peter Beer, yang dikutip oleh Sddeutsche Zeitung, mengatakan wanita berusia 40 tahun itu telah berbagi "informasi kritis Corona" di media sosial, mengkritik pembatasan pemerintah yang bertujuan untuk mengekang penyebaran virus itu.

Penyiar regional NDR mengatakan 8.557 orang telah diminta untuk kembali untuk vaksinasi ulang, dan sejauh ini sekitar 3.600 janji baru telah dikonfirmasi.

Pada bulan April, perawat itu mengaku memberikan saline kepada enam orang untuk menutupi fakta bahwa dia telah menjatuhkan botol vaksin ke lantai. Tetapi ketika penyelidikan polisi dibuka, menjadi jelas bahwa lebih banyak orang telah diberikan saline daripada vaksin Pfizer/BioNTech.

Sejauh ini polisi tidak mengesampingkan bahwa motif politik dapat mendorong tindakan perawat, meskipun pengacaranya telah menolak klaim tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kontroversi Vaksinasi COVID-19

Lebih banyak saksi sedang diperiksa dan sejauh ini tidak ada tuduhan yang dilaporkan dalam kasus ini.

Jerman telah mengalami banyak protes anti-vaksinasi. Kelompok sayap kanan termasuk di antara mereka yang menolak data dan kesimpulan resmi tentang penyebaran COVID-19.

Bonus Atlet Jaminan Prestasi?

HEADLINE: Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo Terima Bonus, Pacu Prestasi Lanjutan?

Liputan6.com 2021-08-14 00:01:31
Banner Infografis Bonus Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Sumber Foto: Dok. AP Photo dan AFP)

Pemerintah Indonesia memberi apresiasi tinggi kepada pahlawan negara yang mengharumkan bangsa di pentas internasional. Untuk para atlet yang mengibarkan Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020, pemerintah mengganjar bonus besar.

Peraih medali emas Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang turun di cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda putri masing-masing mengantongi Rp5,5 miliar.

Pendulang perak yakni Eko Yuli (angkat besi, 61kg putra) mendapat Rp2,5 miliar. Sementara pemetik perunggu Windy Cantika Aisah (angkat besi, 49kg putri), Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi, 73kg putra), dan Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkistu, tunggal putra) membawa pulang Rp1,5 miliar.

Presiden Joko Widodo memberi langsung apresiasi tersebut saat menerima menerima atlet Indonesia yang mengikuti Olimpiade Tokyo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8/2021).

"Saya mengapresiasi hasil dari medali yang telah diraih, jadi selamat bagi para peraih emas, perunggu dan perak, dan terima kasih kepada para pendamping, chief de mission, pelatih, dan Duta Besar RI di Tokyo," kata Jokowi.

"Atas prestasi yang saudara raih, pemerintah memberi penghargaan berupa bonus, tapi mungkin angkanya tidak perlu saya sebut, apa perlu saya sebut? Karena situasinya pandemi. Tidak apa-apa ya saya sebut. Kepada peraih medali emas Rp5,5 miliar, peraih perak Rp2,5 miliar, peraih perunggu Rp1,5 miliar," sambung Jokowi menuruti permintaan atlet.

Infografis Bonus Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)

Bonus ternyata tak hanya dikucurkan bagi peraih medali. Para pelatih dan seluruh atlet lain yang gagal naik podium Olimpiade 2020 juga mendapat penghargaan dari pemerintah.

Pelatih yang mengantarkan atletnya meraih medali emas berhak atas Rp2,5 miliar, perak Rp1 miliar, dan perunggu Rp600 juta. Sementara atlet dan pelatih yang tampil di Tokyo 2020 mendapat Rp100 juta.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian para atlet non peraih medali juga diberikan (bonus)," ujar Presiden.

"Semoga prestasi yang saudara (atlet) raih saat ini dapat menjadi inspirasi, dapat menjadi teladan, dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi para atlet dan masyarakat kita (Indonesia) semuanya, agar terus bekerja keras, terus berprestasi, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara."

Satu per satu pejuang Indonesia dipanggil maju pada acara ini, mulai dari Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Total ada 28 atlet yang mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Namun, peselancar Rio Waida absen karena menjalani kompetisi di Meksiko. Dia diwakili Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia Arya Sena Subyakto.

Indonesia mengikuti delapan cabor di Tokyo 2020, yakni bulu tangkis, atletik, angkat besi, panahan, dayung, menembak, selancar, dan renang.

Dengan demikian, atlet peraih medali di Olimpiade 2020 menerima bonus lebih besar dibanding sebelumnya. Pada Rio 2016, peraih medali emas mendapat Rp5 miliar. Sementara peraih medali perak dan perunggu masing-masing mengantongi Rp2 miliar dan Rp1 miliar.


Perolehan Medali Bertambah

Dengan raihan satu emas, satu perak, dan tiga perunggu, Kontingen Merah Putih menempati peringkat 55 klasemen akhir. Indonesia jadi negara Asia Tenggara terbaik kedua setelah Filipina (satu emas, dua perak, satu perunggu).

Amerika Serikat jadi juara umum dengan 39 emas, 41 perak, 33 perunggu. Negeri Paman Sam unggul tipis atas Tiongkok (38 emas, 32 perak, 18 perunggu), dengan tuan rumah Jepang (27 emas, 14 perak, 17 perunggu) menduduki peringkat tiga.

Secara peringkat, Indonesia gagal memenuhi target masuk 40 besar dan memperbaiki catatan di Rio 2016 (peringkat 46).

Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali tidak menganggapnya demikian. Sebab, perolehan medali Indonesia di Tokyo 2020 lebih banyak ketimbang edisi sebelumnya. Di Brasil, Skuat Garuda meraih satu emas dan dua perak.

"Apakah kita melorot? Saya kira tidak. Karena kalau menggunakan ukuran medali, kita malah bertambah. Kita menghitung ranking, kita harus menyesuaikan. Ini menjadi catatan Komite Olimpiade Indonesia dan internal kami," kata Zainudin.

Infografis Para Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)


Pacu Semangat Insan Olahraga

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berharap bonus dari pemerintah dapat memacu semangat insan olahraga di Tanah Air untuk masuk dan mengincar prestasi di Olimpiade. Pasalnya, ajang itu adalah puncak multievent olahraga paling bergengsi sedunia.

"Penghargaan yang diberikan pemerintah juga telah sejalan dengan Olympic Charter (Piagam Olimpiade). Atlet yang bisa tampil di Olimpiade ini memang berbeda dengan atlet yang tampil di Asian Games ataupun ajang lainnya. Sebab, mereka yang tampil di Olimpiade harus lolos kualifikasi yang diikuti seluruh atlet di dunia," kata Okto dalam siaran pers.

Pengamat olahraga Anton Sanjoyo juga mengapresiasi upaya pemerintah dalam memberikan penghargaan untuk atlet yang berjasa mengibarkan Merah Putih di kancah internasional. Dia mengakui perkembangan jumlah bonus seagai tanda baik.

Dia menyebut pemberian bonus besar bagi atlet dapat memotivasi kolega mereka. Lebih jauh, pemberian bonus bahkan berpotensi membuat generasi muda tertarik menjadi atlet sebab merasa masa depannya bisa terjamin.

"Itu (pemberian bonus) sangat memotivasi. Misalnya (dengan melihat) Apri, bagi atlet lain yang sekarang dalam posisi belum bisa meraih emas, saya rasa itu bisa mendorong," ujar Anton ketika dihubungi Liputan6.com.

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)


Tanggung Jawab Lain Pemerintah

Meski begitu, Anton menilai pekerjaan pemerintah tidak sebatas memberi hadiah. Dia menilai tugas tidak kalah penting yakni pelatihan dan pembinaan atlet.

"Saya apresiasi sekali pemerintah dan pihak-pihak lain yang berlomba-lomba memberikan penghargaan bagi atlet-atlet kita. Akan tetapi persoalannya tidak sampai di sana. Jangan sampai ini kemudian dilihat sebagai ujung atau akhir dari yang harus dilakukan pemerintah," paparnya.

Anton menyoroti kecenderungan dunia olahraga Indonesia yang baru ramai ketika para atlet meraih prestasi. Namun, dalam perkembangan sehari-hari, atlet sangat jarang menerima dukungan dari pemerintah. Mereka cenderung berjuang sendiri dengan bantuan pelatih.

Dia juga menganggap pemerintah masih belum memiliki kemauan politik yang cukup untuk membawa olahraga ke jenjang lebih tinggi. Menurutnya, olahraga masih belum disadari sebagai salah satu bidang penting yang dapat membangun bangsa.

"Pekerjaan pemerintah masih jauh. Jangan sampai bonus yang jumlahnya oke menutup kekurangan dalam pembinaan olahraga, jangan sampai upaya pembinaan dianggap sudah selesai (hanya dengan memberikan bonus)," paparnya.

Anton menyebut pemerintah perlu melakukan pembinaan dari akar (grassroot) bagi para calon atlet hingga mampu meraih prestasi. Sejauh ini dia menilai klub-klub olahraga lebih berjasa dalam menciptakan atlet berprestasi.

Di sisi lain, regenerasi juga menjadi hal penting dalam memajukan olahraga. Oleh karena itu, di tengah pandemi Covid-19, pemerintah dan asosiasi olahraga dalam negeri diharapkan dapat menjaga gairah bertanding para atlet melalui berbagai cara.

"Kalau saya sih melihatnya, mereka bisa membuat turnamen internal untuk menjaga terus gairah bertanding atlet. Memang tidak seideal kalau bertanding di ajang terbuka, tetapi paling tidak bisa menjaga gairah bertanding para atlet," jelasnya.

Usai Pesta, Datang Bencana

Usai Olimpiade Tokyo 2020, Kasus COVID-19 di Jepang Meroket

Liputan6.com 2021-08-13 07:30:00
Penampilan penari dalam upacara pembukaan Olimpiade tokyo 2020 di Stadion Olimpiade, Tokyo, Jumat (23/7/2021). (Foto: AP/Lee Jin-man)

Kasus harian COVID-19 di Jepang mencatat rekor baru beberapa hari setelah Olimpiade Tokyo 2020 berakhir. Pada Kamis (13/8), total kasus tembus 18 ribu kasus.

Angka itu merupakan rekor terbaru setelah kasus mencapai 15 ribu pada sehari sebelumnya, demikian laporan Kyodo, Jumat (13/8/2021).

Ibu kota Tokyo masih menjadi episentrum kasus aru dengan 4.989 kasus baru. Jumlah tambahan pasien dengan gejala parah mencapai 218, angka itu termasuk tinggi di Jepang.

Selama sepekan terakhir, rata-rata kasus baru adalah 3.976 kasus di Tokyo, naik sembilan persen dari sepekan sebelumnya. Otoritas kesehatan sudah mulai khawatir ada orang yang tak bisa tertolong akibat situasi ini.

Pada laju ini, kita tidak akan bisa lagi menyelamatkan nyawa yang bisa diselamatkan. Hal ini sudah mulai terjadi," ujar Shigeru Omi, penasihat terkait virus corona di Jepang.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, ada 1 juta total kasus COVID-19 di Jepang. Sebanyak 3.757 pasien tercatat meninggal karena corona terkait pandemi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jepang Dianggap Sukses Gelar Olimpiade

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Senin (9/8) waktu setempat.

Biden pun memuji Suga atas keberhasilan dalam penyelenggaraan Olimpiade dan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang memungkinkan mereka untuk diadakan, menurut pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip dariChannel News Asia, Selasa (10/8).

Biden juga menegaskan dukungan AS untuk tuan rumah Paralimpiade Jepang, yang dimulai pada 24 Agustus mendatang, kata pernyataan itu.

"Presiden Biden memuji kinerja semua atlet dan menyoroti keberhasilan Olimpiade Jepang dan AS," tutur Gedung Putih, sambil mencatat "langkah-langkah kesehatan masyarakat yang diambil sehingga atlet Olimpiade dapat bersaing dalam tradisi terbaik semangat Olimpiade".

Suga, yang merupakan sekutu penting bagi Biden dalam melawan sikap China yang semakin tegas, telah mengalami penurunan dukungan domestik di tengah kenaikan infeksi COVID-19.

Sebuah survei yang diterbitkan pada Senin (9/8) menunjukkan dukungan untuk PM Suga berda di bawah 30 persen untuk pertama kalinya sejak ia menjabat pada September 2020 lalu.

Namun, jajak pendapat selama akhir pekan oleh media harian Yomiuri menunjukkan 64 persen responden senang bahwa Olimpiade berlangsung, dibandingkan dengan 28 persen yang tidak setuju.


Infografis COVID-19:

 

Persembahan Iwan Fals untuk Korban Covid-19

Jelang HUT SCTV 31 Xtraordinary, Iwan Fals Lelang Lukisan Karyanya dan Didonasikan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Liputan6.com 2021-08-12 20:40:23
Jelang HUT SCTV 31 Xtraordinary, Iwan Fals Lelang Lukisan Karyanya untuk Kemanusiaan

Sang living legend musik Indonesia, Iwan Fals, turut berkontribusi dalam acara HUT SCTV 31 Xtraordinary. Tak hanya sebagai pengisi acara, Iwan Fals ikut meramaikan program Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary yang diselenggarakan SCTV.

Iwan Fals memberikan hasil karya tangannya sendiri berbentuk lukisan untuk dilelang. Nantinya, hasil lelang tersebut akan disalurkan oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) dalam program SCTV Untuk Negeri untuk membantu penanganan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Lukisan dari Iwan Fals menjadi sangat istimewa lantaran memang diakuinya, lukisan tersebut cukup pribadi. Iwan Fals mengatakan bahwa lukisan tersebut merupakan pelampiasan dari berbagai perasaan yang dirasakan selama ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Lukisan

"Ini urek-urek, ya bagian penggalan waktu saya lah," kata Iwan Fals.

"Di samping main musik memang kalau ada waktu senggang dalam suasana apapun saya suka urek-urek (melukis). Ini jadi teman saya di saat-saat kritis, saat-saat turun naik, ini banyak menolong. Saya percaya aja sama warna, di dalam warna itu banyak sekali kehidupan-kehidupan yang kadang kita nggak pernah tau kan. Ini yang membuat saya ngerasa lega, ada ruang merdeka," lanjutnya.


Ikut Serta

Iwan Fals mengatakan bahwa ia begitu antusias saat mendapat kabar untuk ambil bagian dalam HUT SCTV. Tak berpikir panjang, ia langsung siap untuk ikut serta berbagi bersama beberapa artis lain untuk mengumpulkan dana sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19.

"Ini kan persoalan dunia, kita semua mengalami hal itu, ya udah lah saya ada lukisan. Ini teman suka maupun duka. Kalau buat saya, lukisan itu pribadi banget, dan bisasanya pecinta lukisan itu juga pribadi. Hubungannya dengan amal, itu juga pribadi juga," paparnya.


Harapan

Saat ditanya harapannya soal angka lelang lukisan tersebut, Iwan Fals menjawabnya dengan sedikit bercanda. Pada intinya, ia ingin lukisannya itu bisa terjual dengan harga tinggi agar hasil donasinya bisa memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat.

"Harganya gimana ya? Bentar, saya mikir dulu. Gimana kalau 2,4 triliun? ha ha ha ha," jawab Iwan Fals sambil tertawa.

"Nenek Saya Korban Senjata Nuklir"

Tampil di PBB, Gadis Remaja Jepang Ingin Dunia Bebas Senjata Nuklir

Liputan6.com 2021-08-13 16:54:22
Penyanyi asal Jepang, Misia tampil saat pengibaran bendera nasional Jepang dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). (Foto: AP/Ashley

Remaja Jepang dari Hiroshima tampil di konferensi PBB secara virtual untuk meminta dunia agar bebas senjata nuklir. Ia merupakan cucu dari korban serangan bom atom Hiroshima-Nagasaki.

Siswi SMA bernama Rio Sasaki itu membahas rasa sakit fisik dan psikologis yang dirasakan neneknya sebagai korban senjata nuklir. Sebagai generasi muda, ia ingin mendorong agar senjata nuklir tak ada lagi di dunia.

"Kita harus mengambil langkah besar menuju eliminasi total senjata-senjata nuklir," ujar Rio, seperti dilaporkan Kyodo, Jumat (13/8/2021).

Rio yang masih berusia 18 tahun itu tidak sendirian. Ia tampil bersama remaja dari Kanada dan Vietnam yang memiliki aspirasi serupa.

"Saya harap dunia merespons ajakan kami," kata Rio.

Perwakilan Tinggi PBB untuk Urusan Pelucutan Senjata, Izumi Nakamitsu, memberi sambutan sebelum para remaja ini menyampaikan pandangan mereka.

Izumi mengingatkan bahwa 40 persen warga dunia berusia di bawah 25 tahun dan para pemuda bisa membawa perubahan positif bagi dunia dalam isu pelucutan senjata.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pelucutan Senjata

Para remaja yang tampil di PBB secara virtual itu tergabung dalam kelompok remaja SMA yang tiap tahun dipilih untuk mengirimkan pesan terkait nuklir.

Biasanya mereka berbicara di markas PBB di Eropa yang berlokasi di Jenewa, kemudian mengirimkan tanda tangan agar senjata nuklir dimusnahkan.

Namun, tahun ini mereka tak bisa pergi ke Jenewa akibat COVID-19.

Agustus 2021 juga menandakan 76 tahun setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di Jepang. Serangan AS itu mengakhiri perlawanan Kekaisaran Jepang di Perang Dunia II.

Jokowi Promosi Produk Greysia Polii

Kala Jokowi Beli Sepatu Sneaker Baru Produksi Greysia Polii

Liputan6.com 2021-08-13 16:46:03
Presiden Jokowi memberikan hadiah dan bonus untuk para atlet Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pada atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Pertemuan dengan para atlet dilakukan di Istana Bogor, hari ini, Jumat (13/8/2021) pukul 09.00 WIB.

Namun, ada hal menarik di sela-sela pertemuan tersebut, yaitu Presiden Jokowi membeli sepatu buatan dalam negeri yang merupakan produk usaha dari atlet bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii.

Jokowi mengaku memang menggemari sepatu berjenis Sneaker.

"Saya baru saja membeli sepatu baru. Jenisnya sneakerkesukaan saya, mereknya Fine Counsel, dan yang istimewa, sepatu ini buatan dalam negeri yang pemilik usahanya Anda kenal semua, Greysia Polii," tutur Presiden Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi dikutip dari Antara, Jumat (13/8/2021).

Jokowi mengatakan Greysia datang ke Istana Kepresidenan pada Jumat pagi tadi untuk menerima bonus karena berhasil meraih medali dalam Olimpiade Tokyo 2020. Dalam kesempatan itu Greysia juga menawarkan sepatu yang diproduksi oleh lini usahanya.

Sepatu sneakers itu, menurut Greysia, yang dikutip Presiden, dikerjakan oleh tangan-tangan terampil warga Indonesia yang berkualitas dunia.

"Ya, peraih medali emas di Olimpiade Tokyo ini diam-diam rupanya telah menyiapkan rencana masa depannya setelah nanti tak lagi mengayun raket. Ia sudah punya usaha sepatu dan pakaian yang produksinya di Malang (Jawa Timur)," kata Presiden Jokowi.

"Kebetulan juga, sudah saatnya saya menambah sepatu sneakers," ujar Presiden Jokowi menutup unggahannya di Instagram.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Peraih Emas Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii dan pasangannya, Apriyani Rahayu, merupakan punggawa tim ganda putri bulu tangkis yang berhasil menyumbang satu-satunya medali emas bagi Indonesia di perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi karena keberhasilan Greysia dan Apriyani telah melanjutkan tradisi Indonesia memperoleh medali emas dari cabang bulu tangkis di ajang olahraga di Olimpiade.

Presiden Jokowi juga memberikan bonus bagi Greysia dan Apriani serta seluruh atlet dan pelatih yang bertanding pada Olimpiade Tokyo 2020.

Presiden Jokowi mencoba sepatu buatan dalam negeri yang merupakan produk usaha dari atlet bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii. (sumber: Instagram @jokowi)

Cacing Tanah Tapi Sepanjang Ular

Dikira Kabel, Pria Ini Temukan Cacing Tanah Terbesar di Dunia

Liputan6.com 2021-08-13 13:20:10
Pria ini tak sengaja temukan cacing tanah sepanjang hampir 2 meter. (Sumber: Giantearthworm.org.au)

Cacing tanah atau earthworm adalah salah satu jenis cacing yang jarang naik ke permukaan tanah. Cacing ini umumnya ditemukan hidup di tanah serta memakan bahan organik hidup dan mati.

Meski sebagian orang menganggap cacing tanah ini hewan yang menjijikan, namun hewan ini punya peran penting yang luar biasa bagi lingkungan. Bahkan cacing tanah dinilai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Jika umumnya cacing tanah punya ukuran ukuran kecil dan tak lebih dari 20 sentimeter, baru-baru ini seorang pria menemukan cacing tanah yang diklaim terbesar di dunia. Ia menemukan cacing jenis tersebut dengan panjang hampir 2 meter.

Saat menemukannya, pria ini bahkan sempat mengira itu adalah kabel saat menggali tanah. Setelah diamati rupanya benda itu bergerak dan menyadari kalau itu cacing tanah.


Panjangnya Hampir 2 Meter

Dilansir dari Oddity Central oleh Liputan6.com, Jumat (13/8/2021) penemuan itu terjadi di Lembah Sungai Bass yang berada di South Gippsland, negara bagian Victoria, Australia Tenggara. Beda dari cacing tanah pada umumnya yang berukuran kecil, cacing ini punya ukuran yang ebgitu panjang.

Diduga ukurannya mencapai 6,6 kaki atau hampir 2 meter. Bisa dibilang cacing tanah di Lembah Sungai Bass adalah cacing terbesar di dunia. Cacing tanah raksasa ini dinamakan cacing tanah Gippsland raksasa (Megascolides australis).

Cacing tanah Gippsland raksasa ini disebut-sebut termasuk salah satu makhluk yang paling sulit dipahami oleh mansuia namun paling memesona di dunia. Hal itu lantaran banyak peneliti yang sulit menemukan cacing ini di area permukaan tanah.


Ditemukan Tak Sengaja

Cacing tanah lebih banyak hidup di dalam tanah, sekalipun tanah itu sudah tercemar. Cacing tanah Gippsland raksasa pertama kali ditemukan pada 1800-an. Waktu itu para pekerja yang membangun jalur kereta api secara tidak sengaja menemukan satu spesimen langka ini.

Sejak itu penemuan spesimen cacing tanah raksasa itu terus terjadi, dengan ukuran yang konsisten yakni lebih dari satu meter. Meski ada juga yang menemukan spesimen cacing tanah Gippsland raksasa berukuran hingga dua meter.

Penemuan cacing tanah terbaru ini juga ditemukan secara tak sengaja. Bahkan pria yang menemukannya itu awalnya mengira adalah kabel. Ia menemukannya di galian tanah sedalam 1,5 meter.

Hingga kini cara hidup cacing tanah masih menjadi misteri. Profesor di University of Melbourne sempat menjelaskan banyak peneliti yang masih belum mengetahui bagaimana siklus perkembangbiakan cacing tanah secara pasti. Ada yang menyebut cacing menghasilkan satu telur dalam setahun dan bisa hidup selama 10 tahun.

Aksi Pramugari Panjat Burj Khalifa

Aksi Pramugari Panjat Puncak Gedung Burj Khalifa Ini Curi Perhatian

Liputan6.com 2021-08-13 14:35:28
Aksi Pramugari Emirate Panjat Puncak Gedung Burj Khalifa untuk Iklan Curi Perhatian (sumber: Instagram/emirates)

Banyak orang berpikir jika berada di sebuah tempat yang tinggi terasa cukup mengerikan. Apalagi, tak sedikit pula masyarakat yang memiliki trauma atau bahkan fobia dengan ketinggian.

Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh salah satu pramugari penerbangan ternama. Seorang wanita yang diketahui berprofesi sebagai pramugari dari maskapai penerbangan Emirates memilih untuk berdiri di atas menara tertinggi di dunia yaitu gedung Burj Khalifa yang berada di Dubai.

Aksi wanita ini yang memanjat puncak gedung Burj Khalifa pun berhasil mencuri perhatian banyak netizen. Pasalnya, hal tersebut dilakukan hanya untuk membuat sebuah iklan komersial.

Aksi sang pramugari yang pilih panjat puncak gedung Burj Khalifa yang memiliki ketinggian 828 meter ini pun diunggah melalui akun Instagram resmi Emirates. Bahkan, akun Instagram maskapai penerbangan tersebut juga mengunggah prosesi di balik layar saat pembuatan iklan karena banyak yang tidak percaya.


Panjat menara tertinggi di dunia

Media sosial terutama Instagram tengah dihebohkan dengan adanya sebuah video singkat dari maskapai penerbangan Emirates. Pasalnya, dalam akun Instagram resmi milik Emirates, maskapai penerbangan ternama tersebut terlihat memperlihatkan aksi seorang wanita yang menggunakan busana pramugari tengah berdiri di puncak menara Burj Khalifa, Dubai.

Bahkan, dalam aksinya wanita tersebut terlihat membawa beberapa papan yang berisi ajakan untuk terbang dengan maskapai penerbangan tersebut. Di akhir video singkat tersebut juga memperlihatkan sang wanita yang berdiri begitu tegak namun terlihat santai di puncak menara Burj Khalifa. Bahkan, pemandangan gedung-gedung tinggi lainnya yang ada di Dubai terlihat sangat jelas.


Unggah momen latihan hingga di balik layar pembuatan video

Banyak orang yang percaya jika video yang beredar luas di media sosial terkait dengan iklan maskapai penerbangan tersebut hanya editan semata. Para netizen pun percaya jika maskapai penerbangan tersebut menggunakan teknologi tinggi untuk membuat video.

Namun, untuk membantah jika video yang tersebar hanya editan semata, pihak maskapai pun memilih mengunggah video momen sang wanita menjalani latihan hingga harus memanjat menara gedung Burj Khalifa. Bahkan, dalam video di balik layar tersebut sang wanita yang terlihat tersenyum memberikan sebuah pesan untuk sang ibu tercinta.

"Hai ma, aku sedang berada di atas dunia (menara Burj Khalifa)" ujar sang wanita berpakaian pramugari Emirates tersebut.

Video tersebut juga menjelaskan jika proses untuk memanjat menara Burj Khalifa membutuhkan waktu satu jam. Bahkan, sang wanita menyebut jika posisinya yang berada di puncak menara Burj Khalifa setara dengan ketinggian sebuah pesawat yang tengah terbang.


Respons netizen

Mengetahui jika sang wanita dengan berani memanjat menara tertinggi dunia, tak sedikit netizen yang turut memberikan respons. Bahkan, banyak netizen yang mengaku kagum akan keberanian wanita tersebut yang berhasil memanjat gedung yang diresmikan pada 2010 lalu.

"Berikan wanita itu penghargaan atas keberaniannya" tulis akun @noodz

"Video ini memberikanku khawatir, tapi aku juga berharap bisa melakukan yang sama" ujar akun @insta.elma

"Wow, ini benar-benar nyata ternyata, sangat bagus Emirates" uajr akun @suzyjatau.

"Wow ini sangat mengagumkan, tapi aku tidak akan melakukannya meski dibayar satu juga dollar" tulis akun @slembaugcha_

Atta Halilintar Borong Makanan 5 Truk

Atta Halilintar Borong Makanan Sampai 5 Truk untuk Dibagikan Secara Gratis

Liputan6.com 2021-08-13 15:30:14
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Atta Halilintar, dikenal sebagai seorang YouTuber yang memiliki jiwa sosial cukup tinggi. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Tepat pada Jumat (13/8/2021), suami Aurel Hermansyah kembali melakukan kebaikan.

Kali ini pemilik nama panjang Muhammad Attamimi Halilintar, membagikan makan siang.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


5 Truk

Dalam Instagram terverifikasi miliknya, terlihat Atta Halilintar, berpose di depan truk yang disewanya. "Jumat Berkah. Borong 5 Truk!" tulisnya.

Isi truk tersebut berupa makanan siap santap, yang akan dibagikan Atta Halilintar bersama krunya. "Untuk Makan Gratis Keliling sejabodetabek.#PandemiBerbagi," lanjutnya.


Makan Gratis

Atta Halilintar mengaku sedang melakukan kampanye makan gratis bagi orang-orang yang membutuhkan. Untuk sementara food truck akan beroperasi di 10 titik di Jakarta. Aksi sosial itu merupakan kerjasama antara Ahha Berbagi dan Witjaksono Foundation. "Ini truk bakal paling viral se-Indonesia raya," celetuk Atta Halilintar. "Truk makanan terkeren," Aurel Hermansyah menimpali.

Dalam video berdurasi 10.58 menit itu juga ada Witjaksono dan Eko Pujianto. Keduanya merupakan pihak pengembang dari truk makanan tersebut. "Food truck ini kita desain resto dilengkapi videotron pertama di Indonesia," ungkap Eko, CEO Sari Kreasi Boga (SKB) Food.


Beramal

Menantu Anang Hermansyah ini juga ingin beramal kepada orang-orang yang membutuhkan.

"Temen2 Yang dirumah butuh apa?Kita main amal2 ya.Hari ini Jumat Berkah hari berbagi," ia mengakhiri.


Banyak Permintaan

Kebaikan Atta Halilintar ini pun mendapat respons dari warganet. Tak sedikit yang menuliskan permintaannya.

"Bismillah,, btuh hp bang buat jualan online biar ga rebutan anak daring bang," tulis akun @tria3a_ia.

"Butuh uang buat makan sehari2 bang atta," tambah akun @kiki_rafi_rafa.

"Bismillah yallah semoga rezeki aku dan keluarga pengen beli beras bng ata smaa makanan bergizi buat anakk aku bismillah semoga kebaca aminn allahuma aminnnn," lanjut akun @desmita_rahmadhani29.

Afganistan Mencekam Lagi

Taliban Bikin Resah Afghanistan, AS Kerahkan 3.000 Tentara Bantu Pemulangan Staf Kedutaan di Kabul

Liputan6.com 2021-08-13 13:29:55
Pejuang Taliban berpatroli dalam Kota Ghazni, barat daya Kabul, Afghanistan, Kamis (12/8/2021). Taliban merebut kota strategis tersebut yang berjarak hanya 150 kilometer dari Ibu Kota Kabul.

Amerika Serikat akan mengerahkan ribuan tentara ke bandara Kabul untuk mendukung penarikan staf kedutaan karena situasi keamanan di Afghanistan terus memburuk.

"Kami semakin mengurangi jejak sipil di Kabul, mengingat situasi keamanan yang berkembang. Kami berharap untuk menarik kehadiran diplomatik inti di Afghanistan dalam beberapa minggu mendatang," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan dalam briefing harian.

"Untuk memfasilitasi pengurangan ini, Departemen Pertahanan untuk sementara akan mengerahkan personel tambahan ke bandara internasional Hamid Karzai," tambahnya, demikian dikutip dari laman Xinhua, Jumat (13/8/2021).

Dia mengatakan bahwa kedutaan tetap terbuka, dan Amerika Serikat berencana untuk melanjutkan pekerjaan diplomatik di negara itu.

Sebelumnya, kedutaan mendesak orang Amerika untuk segera meninggalkan Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan kepala Pentagon Lloyd Austin sebelumnya melakukan panggilan telepon dengan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani untuk mengoordinasikan rencana tersebut.

Sekretaris Pers Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa tiga batalion infanteri, sekitar 3.000 tentara, akan dikerahkan ke bandara Kabul dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Selain itu, sekitar 1.000 personel tim gabungan Angkatan Darat dan Angkatan Udara AS akan dikirim ke Qatar untuk memfasilitasi pemrosesan pemohon Afghanistan untuk Visa Imigran Khusus (SIV).

Sebuah tim tempur brigade infanteri akan tiba di Kuwait minggu depan jika pasukan tambahan diperlukan.

"Ini adalah misi sementara dengan fokus yang sempit," kata Kirby, menyebut langkah itu "hal yang bijaksana untuk dilakukan mengingat situasi keamanan yang memburuk dengan cepat di dan sekitar Kabul."


1.400 Staf Kedubes AS di Afghanistan

Menurut laporan media, saat ini, ada sekitar 650 tentara AS di negara itu dan sekitar 1.400 staf AS di kedutaan.

Pengumuman pengurangan staf kedutaan dan bala bantuan militer datang ketika militan Taliban membuat kemajuan militer yang cepat di seluruh negeri.

Kelompok pemberontak merebut kota Ghazni, ibu kota provinsi Ghazni timur pada Kamis pagi, sehingga jumlah ibu kota provinsi yang direbut oleh kelompok pemberontak menjadi 10 dalam waktu kurang dari seminggu.

Situasi di negara yang dilanda perang telah memburuk sejak penarikan pasukan pimpinan AS mulai 1 Mei.

Banyak kota Afghanistan dan sekitar setengah dari 34 provinsi negara itu dalam beberapa pekan terakhir telah menyaksikan pertempuran sengit dan pertempuran jalanan antara pasukan Afghanistan dan Taliban.

Presiden Joe Biden memerintahkan militer AS untuk mengakhiri misinya di Afghanistan pada akhir bulan ini.

Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat akan terus memberikan dukungan dan peralatan militer ke Afghanistan sambil mencatat pasukan negara itu harus "berjuang untuk diri mereka sendiri, berjuang untuk bangsa mereka."

"Kami akan terus menjaga komitmen kami. Tapi saya tidak menyesali keputusan saya," katanya.