Volume 59

Bos Taliban Penguasa Baru Afganistan

Sosok Abdul Ghani Baradar, Tokoh Taliban Pemimpin Afghanistan Saat Ini

Liputan6.com 2021-08-17 13:00:20
Abdul Ghani Baradar Akhund. (AFP)

Nama Abdul Ghani Baradar tengah jadi sorotan. Ia diterbangkan dari Doha, Qatar, untuk mengambil alih kekuasaan di Afghanistan usai larinya Presiden Ashraf Ghani ke luar negeri. Siapa dia?

Ketika 20 tahun petualangan militer AS ambruk dalam sebuah hari dramatis, Minggu 15 Agustus 2021, salah seorang tokoh pendiri Taliban itu diplot menjadi pemimpin Emirat Islam Afghanistan yang baru dideklarasikan.

Laporan DW Indonesiayang dikutip Selasa (17/8/2021) menyebut bahwa saat ini Haibatullah Akhundzada masih menjadi episentrum pergerakan para talib, sejak pendahulunya, Mullah Mansour Akhtar, tewas dalam serangan udara AS pada 2016. Sebaliknya, Baradar adalah pemimpin politik dan tokoh Taliban yang paling dikenal di dalam dan luar negeri.

Baradar lahir di Provinsi Uruzgan dan dibesarkan di Kandahar, yang sekaligus menjadi awal mula pergerakan Taliban. Seperti warga Afgan lain, masa kecilnya dibebani oleh pertumpahan darah selama invasi Uni Soviet pada dekade 1970an, yang ikut mendorongnya mengangkat senjata.

Ketika seisi negeri terjerembab dalam perang antar warlords pasca hengkangnya Uni Soviet, dia membantu saudara iparnya, Mohammad Omar, membuka sebuah pesantren yang mengkampanyekan pembentukan kekhalifahan Islam. Kekuatan Taliban kian menggurita, sampai menyita perhatian dinas rahasia Pakistan, yang lalu membantu Omar merebut kekuasaan pada 1996.

Di periode awal masa keemasan tersebut, Baradar dianggap sebagai ahli strategi yang ulung dan dirayakan sebagai arsitek kejayaan Taliban. Namun, menyusul invasi Amerika Serikat pada 2001, Baradar dikabarkan mendekati Presiden Hamid Karzai untuk menawarkan kesepakatan demi pengakuan Taliban atas pemerintahan bentukan Washington.

Dia akhirnya ditangkap di Pakistan pada 2010 dan dibebaskan atas desakan Presiden AS Donald Trump pada 2018. Saat itu militer AS meyakini Baradar yang cenderung berpandangan moderat bisa memimpin tim negosiasi Taliban. Sejak itu dia hidup di Doha, Qatar, hingga penaklukan Kabul pada 15 Agustus 2021.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kepemimpinan Kolektif

Meski berstatus pemimpin umat, Baradar akan berbagi kekuasaan dengan Haibatullah Akhundzada yang merupakan pemimpin resmi Taliban. Sang mullah selama ini dikenal sebagai tokoh spiritual, ketimbang komandan perang.

Usai diangkat pada 2016 silam, Akhundzada menerima baiat kesetiaan dari pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri yang menjulukinya sebagai "Amir al-Mu'minin." Pengakuan oleh gembong Al-Qaeda itu diyakini menempatkannya dalam posisi elit dalam gerakan jihad dan di antara sekutu-sekutu lama Taliban.

Sang mullah dianggap berhasil menyatukan kembali gerakan militan yang sempat cerai berai oleh serangan Amerika Serikat dan militer Afganistan itu.

Tokoh lain Taliban yang termasuk paling berpengaruh adalah Sirajuddin Haqqani yang memimpin kelompok teror, Jaringan Haqqani, yang ditakuti. Dia saat ini berstatus wakil pemimpin Taliban dan diakui sebagai salah satu komandan perang paling disegani di Afganistan.

Kelompok Haqqani rajin melancarkan serangan bom bunuh diri, termasuk terhadap sejumlah tokoh kunci di Kabul. Kelompok ini pula yang memimpin serangan Taliban terhadap ibu kota dan menduduki istana negara. Tidak sedikit yang menulis, Haqqani merupakan pasukan elit Taliban.

Namun, ketika Haqqani diyakini akan lebih banyak beroperasi dalam sunyi di dalam negeri, Baradar antara lain bertugas mencari pengakuan internasional. Saat ini Pakistan dan Cina disebut-sebut sebagai dua negara paling dekat dengan Taliban.

"Sekarang adalah ujian sesungguhnya. Sekarang kita harus menunjukkan bahwa kita mampu mengabdi kepada negeri dan menjamin keamanan serta kenyamanan hidup," kata Baradar dalam sebuah pernyataan yang diunggah di media sosial.

Bocah Indonesia Juara Panahan Berkuda di Turki

Gokil, Atlet Cilik Indonesia Juara Umum Panahan Berkuda di Turki

Liputan6.com 2021-08-17 08:30:39
Aksi pemanah berkuda cilik Indonesia Arum Nazlus Shobah (Ist)

Pemanah Berkuda (Horseback Archery) putri Indonesia memberikan kado indah untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi juara umum pada turnamen Internatinal Horseback Archery Championship 2021 yang digelar oleh Performa Horseback Archery Academy di Ankara, Turki pada 13-15 Agustus 2021.

Peraih juara umum adalah Arum Nazlus Shobah yang baru berusia 13 tahun. Yang luar biasa, Arum sukses menjadi juara umum pada pertandingan kategori umum dewasa. Arum merupakan atlet panahan berkuda dari Perkumpulan Panahan Berkuda Idonesia (KPBI). Dia mewakili Indonesia pada turnamen itu bersama empat pemanah berkuda putra yang juga sukses meraih prestasi terbaik.

Tim putra terdiri dari Kharisma Zaky, Najib Hardika, Bambang Minarno dan Bagas Satria Prabowo. Turnamen ini diikuti 37 peserta dari 10 klub panahan berkuda dari Turki, Denmark dan Indonesia.

Sebenarnya Rusia, Ukraina, Iran dan Malaysia juga dijadwalkan mengirimkan atletnya di turnamen ini, namun, tiga hari sebelum jadwal pertandingan mereka mundur. Keempat negara tersebut batal ikut serta karena terkendala peraturan Covid-19 di negara masing-masing.

Pada kompetisi ini terdapat tiga sistem track yang dipertandingkan untuk kategori putra dan putri yakni CEMBER PARKURU (Track lingkaran), TURAN PARKURU (Track dengan target jarak jauh), SUR PARKURU (Track benteng).


Tim Putra

Ketiga sistem track itu mampu dimenangkan semua oleh Arum Nazlus Shobah dengan konsisten menempati peringkat pertama. Menyusul kesuksesan Arum, Tim Putra juga memenangi tiga sistem track yang dipertandingkan.

Pada kategori putra, Najib Hardika dari Indonesia sukses meraih juara umum putra dan Kharisma Zaky menempati peringkat dua dengan selisih tipis 2 point. Sementara posisi ketiga ditempati Bunyamin Basal dari Denmark dan Bagas Satria Prabowo menempati peringkat lima.

Dua wakil Indonesia lainnya, Bambang Minarno dan Bagas Satria meraih peringkat dua pada sistem SUR TRACK dengan jumlah point sama.


Pujian

Prestasi lima wakil Indonesia ini mendapat banyak pujian dari para peserta lain yang mengungkapkan respeknya pada kemampuan teknik memanah berkuda tim Indonesia.

Ketua penyelenggara turnamen, Ali Fuat Kurtulus, presiden organisasi Performa Horseback Archery Academy, mengungkapkan kekagumannya pada kemampuan tim Indonesia.

"Kita melihat tim Indonesia tampil sempurna dan nyaris tidak melakukan kesalahan di setiap sistem track. Mereka sangat layak menjadi juara untuk semua kategori," kata Ali Fuat Kurtulus dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada 17 Agustus 2021.


Dubes RI untuk Turki

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal turut hadir langsung bersama Staf KBRI ke lokasi pertandingan guna memberikan dukungan pada tim Indonesia.

"Selamat untuk KPBI sudah mewakili Indonesia sebagai juara umum putra dan putri sehingga merah putih berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya digemakan di Turki" ungkap Duta Besar bangga.

Sementara itu Ketua Umum KPBI, Alda Amtha, mengungkapkan bahwa pada masa pandemi yang berat, KPBI berusaha memperjuangkan Indonesia di pentas Panahan Berkuda dunia agar menginspirasi masyarakat Indonesia, meski pada kondisi sesulit apapun, Indonesia harus tetap tegak berwibawa.


Hasil Lengkap

Berikut peringkat juara umum

PUTRA:

Juara I: Najib Hardika (Indonesia) dengan total point 257

Juara II: Kharisma Zaky (Indonesia) dengan total point 255

Juara III: Bunyamin Basal (Denmark) dengan total point 247

PUTRI

Juara I: Arum Nazlus Shobah (Indonesia) dengan total point 176

Juara II: Ayse Sude Nemli (dengan total point 128

Juara III: Feyza Alptekin (Turki) dengan total point 60

Jokowi Bicara Ekonomi hingga Baduy

Pidato Jokowi: Dari Pandemi hingga Baduy

Liputan6.com 2021-08-17 00:03:20
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengikuti Sidang Paripurna DPR 2021 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). Jokowi membacakan RUU APBN 2022 dan Nota Keuangan. (Liputan

Mengawali pidatonya di depan Sidang Tahunan MPR 2021, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengibaratkan pandemi Covid-19, resesi dan krisis seperti api. Menurutnya, banyak hal yang bisa dipelajari dalam masa sulit saat pandemi jika tak bisa menghindari.

"Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi. Kalau terkendali, dia menginspirasi dan memotivasi. Dia menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan," kata Jokowi dalam pidato Sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (16/8/2021).

Jokowi ingin pandemi Covid-19 ini menerangi bangsa Indonesia untuk selalu mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan.

"Pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, yang mengajarkan, dan sekaligus mengasah. Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya," kata Jokowi.

Semua pilar kehidupan dan kekuatan, ketabahan, kesabaran, ketahanan, ketahanan, kebersamaan, kepandaian dan kecepatan kita, kata Jokowi, telah diuji dan diasah.

Ujian dan asahan, kata dia, menjadi dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Bukan hanya beban yang diberikan, tetapi kesempatan untuk memperbaiki diri.

"Tatkala ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan," kata Jokowi.

Presiden Jokowi megatakan pemerintah tetap memperhatikan agenda-agenda besar dan program prioritas nasional walau saat ini juga fokus menangani pandemi Covid-19.

"Perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, pengembangan sumber daya manusia berkualitas tetap menjadi prioritas. Penyelesaian pembangunan infrastruktur yang memurahkan logistik, untuk membangun dari pinggiran dan mempersatukan Indonesia, juga terus diupayakan.

"Reformasi struktural dalam rangka memperkuat pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tetap menjadi agenda utama," kata dia.

Jokowi juga menekankan, pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada kita untuk mencari titik keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan perekonomian.

"Dalam mengambil keputusan, pemerintah harus terus merujuk kepada data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru," ucap Jokowi.

Jokowi memastikan, pemerintah harus selalu tanggap terhadap perubahan keadaan, dari hari ke hari secara cermat. Menurutnya, tujuan dan arah kebijakan tetap dipegang secara konsisten, tetapi strategi dan manajemen lapangan harus dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan.

"Pengetatan dan pelonggaran mobilitas masyarakat, misalnya, harus dilakukan paling lama setiap minggu, dengan merujuk kepada data terkini. Mungkin hal ini sering dibaca sebagai kebijakan yang berubah- ubah, atau sering dibaca sebagai kebijakan yang tidak konsisten," kata dia.

Justru itulah yang harus kita lakukan, Jokowi menegaskan, untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan kepentingan perekonomian masyarakat.

"Karena virusnya yang selalu berubah dan bermutasi, maka penanganannya pun harus berubah sesuai dengan tantangan yang dihadapi," jelas Jokowi.

Presiden menyadari adanya kejenuhan di masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih bertahan di Indonesia. Namun demikian, dia meminta agar seluruh pohak tetap menjalankan protokol kesehatan dan displin diri.

"Kita lewati ujian pandemi dan ujian-ujian lain setelah ini, dengan usaha yang teguh, disertai dengan doa pengharapan yang tulus. Kita jaga kesehatan kita, disiplinkan diri dalam protokol kesehatan, serta saling menjaga dan saling membantu," ucap Jokowi.

"Tidak ada orang yang bisa aman dari ancaman Covid-19, selama masih ada yang menderitanya," lanjut Presiden.

Dia memahami, banyaknya kritik kepada pemerintah yang dilayangkan terhadap sejumlah program pemerintah yang belum terlaksana dengan baik. Menurut dia, kritik tetap penting dan diperlukan bagi pemerintah.

"Kritik yang membangun itu sangat penting, dan selalu kita jawab dengan pemenuhan tanggung jawab, sebagaimana yang diharapkan rakyat," ucap Jokowi.

Jokowi memahami, walau jenuh, lelah dan sedih, namun dia berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang tetpat tangguh dan mampu menghadapi pandemi Covid-19 ini dengan sabar.

"Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian yang akan kita hadapi dan kita harus terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa," ucap dia.

Dia pun mengajak di momen peringatan Kemerdekaan RI ini, agar seluruh masyarakat saling membantu dan dan bekerja sama menghadapi pandemi Covid-19.

"Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, yang menjadi semboyan Bulan Kemerdekaan pada tahun ini, hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah menghadapi dunia yang penuh disrupsi. Indonesia 17 Tangguh, Indonesia Tumbuh, hanya bisa dicapai jika kita semua bahu-membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan," ucap Jokowi.


Vaksin Dicari Vaksin Diproduksi

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengakui kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan menjadi kelemahan serius di masa pandemi Covid-19. Menurut dia, masalah ini harus dipecahkan sehingga Indonesia dapat memproduksi obat serta vaksin sendiri.

"Kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus kita pecahkan," ujar Jokowi.

Namun, kata dia, pandemi Covid-19 telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri. Salah satunya, pengembangan vaksin Covid-19 merah putih dan juga oksigen untuk kesehatan.

"Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita, dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menilai, kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi.

"Hal ini membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yangtinggi dalam pandemi," ucap Jokowi.

Presiden menekankan bahwa pemerintah akan terus menjamin ketersediaan dan keterjangakauan harga obat-obatan di masa pandemi Covid-19. Jokowi menegaskan pemerintah tak akan memberi toleransi kepada siapapun yang mempermainkan misi kemanusian ini.

"Ketersediaan dan keterjangkauan harga obat akan terus kita jamin, dan tidak ada toleransi sedikit pun terhadap siapa pun yang mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan ini," jelas Jokowi.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional. Jokowi menyebut kesadaran dan antusiasme masyarakat Indonesia untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi.

Jokowi mengatakan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, kata dia, 2022 masih dibayang-bayangi oleh ketidakpastiaan karena situasi pandemi.

"Sampai saat ini, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Di tahun 2022, kita masih akan dihadapkan pada ketidakpastian yang tinggi," tegas dia.

Bukan hanya itu, dia mengingatkan, masih ada berbagai tantangan global yang masih akan dihadapi ke depan. Mulai dari, ancaman perubahan iklim, peningkatan dinamika geopolitik, serta pemulihan ekonomi global yang tidak merata.

Untuk itu, Jokowi menyampaikan APBN tahun 2022 harus antisipatif, responsif, dan fleksibel merespons ketidakpastian. Namun, dia meminta APBN 2022 tetap mencerminkan optimisme dan kehati-hatian.

"APBN berperan sentral untuk melindungikeselamatan masyarakat dan sekaligus sebagai motor pengungkit pemulihan ekonomi," ucap Jokowi.

Menurut dia, pemerintah sejak awal pandemi telah menggunakan APBN sebagai perangkat kontra-siklus atau countercyclical, mengatur keseimbangan rem dan gas, mengendalikan penyebaran Covid-19, melindungi masyarakat rentan, sekaligus mendorong kelangsungan dunia usaha. Dia menyebut strategi ini membuahkan hasil.

"Mesin pertumbuhan yang tertahan di awal pandemi sudah mulai bergerak," ujar Jokowi.

Presiden juga menyinggung peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang melakukan berbagai penyesuain di masa pandemi Covid-19. Jokowi mengatakan pemeriksaan keuangan yang cepat merupakan upaya menyelamatkan masyarakat dari pandemi.

"Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari pandemi, peran pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI juga telah dilakukan beberapa penyesuaian," kata Jokowi.

"Yang utama adalah menyelamatkan rakyat. Menyelamatkan rakyat adalah hukum tertinggi dalam bernegara," sambungnya.

Dia mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 bukanlah situasi yang normal. Oleh sebab itu, pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK RI harus disesuaikan dengan situasi pandemi.

"Situasi pandemi bukan situasi normal, dan tidak bisa diperiksa dengan standar situasi normal," ucapnya.

Jokowi menuturkan inovasi BPK mewujudkan akuntabilitas patut dihargai. Disisi lain, dia mengapresiasi upaya BPK yang memberikan informasi temuan pemeriksaan keuangan baik di pusat maupun daerah.


Pakaian Baduy Curi Perhatian

Penampilan Presiden Jokowi yang memakai baju adat suku Baduy saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR bersama DPR-DPD RI di Kompleks Parlemen Jakarta, juga mencuri perhatian. Jokowi pun mengaku suka dengan desain baju suku Baduy yang sederhana dan nyaman dipakai.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simple dan juga nyaman dipakai," kata Jokowi saat mengakhiri Pidato Kenegaraan.

Adapun Jokowi mengenakan baju adat Baduy bewarna hitam lengkap dengan penutup kepala bewarna biru dan tas rajutan. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkam baju tersebut.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saijah, Ketua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," ucap Jokowi.

Baju yang dikenakan Jokowi, merupakan pakaian adat yang digunakan setiap hari oleh warga Kanekes, sebutan lain bagi warga Baduy. Pakaian adat itu disiapkan langsung oleh Jaro Saija, yang diproduksi melalui tangan asli warga Baduy dan dibuat secara tradisional.

Jaro atau kepala desa bernama Saija mengatakan pakaian tersebut bermakna persatuan dan kesatuan, melalui lomar atau ikat kepala yang digunakan Presiden Jokowi. Melalui baju tersebut, Baduy berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia menjaga alamnya.

"Harapan kami, mudah-mudahan semuanya terikat, tenteram, sejahtera, subur makmur, gemah ripah loh jinawi. Ikat itu lambang, supaya terikat seluruh bangsa dan negara dalam aturan undang-undang," kata Jaro Saija, Senin (16/08/2021).

Salah satu tokoh pemuda adat Baduy Luar, Mulyono, menerangkan baju adat yang dikenakan Jokowi bernama Jamang Hideung Kancing Batok.

Jamang hideung biasanya dipadukan dengan samping poleng atau sarung tenun motif poleng. Bisa juga dipadu dengan celana tenun ukuran selutut atau biasa di sebut pokek cele. Adapun penutup kepala warna biru atau biasa disebut lomar untuk pakaian warga Baduy Luar.

Sedangkan warga Baduy Dalam mengenakan Jamang Kurung untuk atasan, sedangkan bawahan menggunakan Samping Aros. Untuk Baduy Dalam identik dengan warna hitam putih. Sedangkan Baduy Luar ada tiga warna, hitam, putih dan biru.

"Baju yang dikenakan Bapak Presiden kami sebut Jamang Hideung Kancing Batok. Itu adalah baju resmi adat Baduy. Tentu ini menjadi sejarah sekaligus kebanggaan luar biasa bagi kami. Momen ini semoga generasi milenial akan termotivasi untuk semakin mencintai budaya," kata Mulyono, melalui pesan elektroniknya, Senin (16/08/2021).

Masih menurut pria yang akrab disapa Kang Mul ini, bagi warga Baduy, warna-warna itu menunjukkan sikap dalam memahami kehidupan dan alam. Warna hitam melambangkan gelap malam hari sedangkan putih terang siang hari.

Artinya, manusia hanya bisa melihat hitam gelap di malam hari dan terang di siang hari, tidak bisa memastikan apa yang akan terjadi di hari esok. Sedangkan warna biru dalam ikat kepala warga Baduy Luar adalah warna pertama yang dihasilkan dari daun-daun kayu.

Pakaian adat Baduy tidak dibedakan untuk acara dan untuk keseharian. Masyarakat Baduy diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat setiap hari. Pakaian adat sudah di kenalkan orang tua kepada anaknya sejak dini sehingga diharapkan ketika dewasa sudah terbiasa menggunakan pakaian adat, begitupun dengan golok.

"Golok adalah alat pelengkap keseharian warga Baduy. Golok digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengambil kayu bakar atau sekadar untuk mengambil daun pisang sebagai payung saat kehujanan di tengah jalan," ujarnya soal baju adat Baduy yang dikenakan Jokowi.

Pakaian adatnya dikenakan Presiden Jokowi, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Baduy Luar, seperti yang dikatakan oleh Mulyono.

"Keren pisan euy. Mantap lah, semoga Baduy akan semakin dikenal," kata Mulyono.

Ucapan senada juga datang dari Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Dia juga kerap tampil mengenakan pakaian khas Baduy. Wanita yang sudah sembuh dari paparan Covid-19 ini mengaku senang, pakaian suku asli daerahnya bisa dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Bangga, karena secara tidak langsung Lebak terpromosikan. Dimana momentum khalayak luas melihat semua di pidato kenegaraan," kata Iti Octavia melalui pesan elektroniknya, Senin (16/08/2021).

Iti berharap, dengan dikenakannya pakaian adat Suku Baduy, bisa terus membuat suku asli Kabupaten Lebak itu lestari dan menjadi ikon positif bagi Indonesia.

"Presiden cocok pakai baju adat Baduy. Sebab Baduy sebagai festival pariwisata terpopuler penghargaan API Award 2021," terangnya.

Takhta dan Sengketa di Keraton Cirebon

Polemik Berebut Tahta Belum Berakhir, Penyegelan Keraton Kasepuhan Cirebon Terjadi Lagi

Liputan6.com 2021-08-17 17:00:00
Sekelompok orang yang berasal dari Santana Kesultanan Cirebon, menyegel gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa (17/8/2021). (Liputan6.com/ Panji Prayitno)

Polemik perebutan tahta di Keraton Kasepuhan Cirebon masih berlanjut. Aksi penyegelan kembali terjadi. Sekelompok orang yang berasal dari Santana Kesultanan Cirebon, menyegel gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa (17/8/2021) pukul 8.30 WIB.

Pantauan di lokasi, selain penggembokan, mereka juga memasang spanduk bertuliskan 'segel'. Namun, beberapa saat kemudian salah seorang menurunkan spanduk tersebut hanya saja gembok masih tetap terpasang.

"Kami segel agar keraton dibenahi. Kami meminta agar ada mediasi. Pemerintah juga mau melakukan apa yang menjadi keinginan kami," kata Ketua Buhun Santana Kesultanan Cirebon, Pangeran Heru Rusyamsi Arianatareja di Keraton Kaprabonan Cirebon, Selasa (17/8/2021).

Pria yang akrab disapa Pangeran Kuda Putih tersebut mengatakan, penyegelan dan penggembokan gerbang Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan upaya menyampaikan aspirasi.

Heru meminta agar aktivitas dan status sultan di Keraton Kasepuhan Cirebon dibekukan terlebih dahulu. Menurutnya, keluarga sultan yang saat ini menduduki tahta bukan bagian dari pewaris.

"Hingga sekarang tidak ada satu pun pernyataan saya yang menyebut saya berhak menjadi sultan. Saya hanya ingin dirapikan," kata Heru.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Klaim Keturunan Sunan Gunung Jati

Heru juga mengklaim, Santana Kesultanan Cirebon sebagai keluarga atau turunan dari Sunan Gunung Jati yang sah.

Sebelumnya, polemik antara Santana Kesultanan Cirebon dengan Keraton Kasepuhan ini terjadi sejak tahun lalu. Namun demikian, upaya media menghubungi pihak Keraton Kasepuhan untuk memberikan keterangan resmi hingga saat ini belum direspons.

"Kami ingin bicara dengan mereka. Mungkin mereka menganggap bahwa kami ingin merebut tahta," kata Heru.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Tisu Bekas Messi Laku Rp 14 M

Tisu Bekas Menyeka Air Mata Lionel Messi Saat Pisah dengan Barcelona Dijual Rp 14 Miliar

Liputan6.com 2021-08-16 12:05:08
Lionel Messi tak kuasa membendung air mata ketika melakukan konferensi pers atas perpisahannya dengan Barcelona pada Minggu (08/08/2021) sore WIB. (Foto: AFP/Pau Barrena)

Setelah meninggalkan Barcelona, pesepakbola Lionel Messi kembali menjadi perbincangan publik karena tisu bekas menyeka air matanya dijual seharga Rp 14 miliar.

Messi mengucapkan salam perpisahan kepada klub kesayangannya, Barcelona, Minggu (8/8/2021). Dalam konferensi pers di Camp Nou tersebut, Messi tampak tak kuasa menahan diri hingga menangis saat menyampaikan pidatonya.

Dalam suasana haru tersebut, istrinya memberikan tisu untuk menyeka air matanya. Namun, siapa yang sangka kini tisu bekas menyeka air mata Lionel Messi dijual dengan harga milyaran rupiah.


Tisu bekas Messi dijual Rp 14 miliar

Diketahui, seseorang mengambil tisu yang Messi gunakan untuk mengelap air matanya saat konferensi pers perpisahannya dengan Barca beberapa waktu yang lalu.

Melansir Gulf Today, Senin (16/8/2021), orang tersebut seperti mendapat harta karun yang berharga, yakni tisu bekas menyeka air mata salah satu bintang sepakbola dunia tersebut. Kemudian, ia pun memasang iklan di salah satu situs online dan memberikan tawaran untuk menjual kertas tisu bekas Messi seharga satu juta dolar atau senilai Rp 14 miliar.

Penjualnya mengklaim bahwa tisu tersebut mengandung materi genetik Messi yang memungkinkan Anda untuk mengkloning pemain sepak bola, seperti pemain dengan julukan La Pulga itu.


Jersey Messi habis terjual dalam 7 menit

Setelah berpisah dengan Barcelona, Messi bergabung dengan PSG dengan kontrak dua tahun hingga Juni 2023. Bernomor punggung 30, jersey PSG atas nama Messi telah terjual 150.000 jersey hanya dalam waktu tujuh menit. Diketahui penghasilan dari penjualan jersey tersebut mencapai Rp 400 miliar.

Gadis Pembawa Bendera Pusaka di Istana

Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 di Istana Negara

Liputan6.com 2021-08-17 08:33:09
Istana Kepresidenan menggelar geladi kotor upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan

Paskibraka Nasional 2021 wakil Sumatera Utara, Ardelia Muthia Zahwa, didapuk sebagai Pembawa Baki pada upacara pengibaran Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Selasa pagi, 17 Agustus 2021.

Dengan terpilihnya Ardelia Muthia Zahwa pada HUT ke-76 RI, provinsi Sumatera Utara kembali mencatat satu lagi nama perwakilannya yang dipercaya mengemban tugas sebagai Pembawa Baki.

Pada HUT ke-72 RI, Ruth Cheline Eglesya Purba terpilih sebagai Pembawa Baki di sore hari. Tiga tahun berselang atau tepatnya 2020, tongkat estafet diberikan kepada Paskibraka Sylvia Kartika Putri. Sylvia juga bertugas pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Berikut profil Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 dari Sumatera Utara.


Profil Paskibraka Nasional Sumatera Utara

Ardelia Muthia Zahwa, Paskibraka Nasional 2021 kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, merupakan anak ke-3 Dr Marsono. Seorang karyawan BUMN PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

Gadis pemilik tinggi 170 cm dengan berat 60 kilogram tercatat sebagai siswi Kelas X SMA Harapan 1 Medan, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Mainum, Kota Medan.

Ardelia Muthia Zahwa memiliki keterampilan di bidang tari dan gemar berolahraga basket. Selain itu, Ardelia juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang aktif.


Infografis Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui.

 

Cegah Warga Afganistan Bergantungan di Pesawat

900 Tentara Inggris Amankan Bandara Kabul untuk Evakuasi Warganya dari Afghanistan

Liputan6.com 2021-08-17 16:26:11
Pasukan Inggris dari Brigade Serangan Udara ke-16 tiba di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Inggris mengirim 600 pasukan dalam Operasi PITTING untuk mengevakuasi warganya dari Afghanist

Inggris akan mengirim 200 tentara lagi ke Kabul setelah Taliban menguasai ibu kota Afghanistan.

Mengutip BBC, Selasa (17/8/2021), sebanyak sekitar 900 tentara Inggris akan berpatroli di bandara Kabul setelah kekacauan terjadi di landasan pacu, sebagai bagian dari upaya mengamankan penerbangan evakuasi.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengkonfirmasi 350 lebih warga negara Inggris dan Afghanistan yang bekerja dengan pasukan Inggris akan dievakuasi dalam "beberapa hari yang akan datang". Dia mengatakan Inggris sedang mempertimbangkan berapa banyak pengungsi Afghanistan yang akan diterimanya.

"Ini bukan situasi yang kami inginkan, tetapi kami harus menghadapi kenyataan baru," ujar Raab.

Dia mengatakan 289 warga Afghanistan yang bekerja dengan Inggris telah datang ke Inggris "selama seminggu terakhir". Dan pada Senin malam, Home Office mengatakan Inggris telah menerima lebih dari 3.300 penerjemah Afghanistan, staf dan keluarga mereka ke Inggris untuk pemukiman kembali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertimbangkan Pengungsi Afghanistan

Kantor Dalam Negeri mengatakan proses "itu akan dipandu oleh kapasitas otoritas lokal" ketika memutuskan berapa banyak pengungsi Afghanistan yang diizinkan untuk menetap di Inggris setelah Taliban merebut kekuasaan.

Sebuah sumber pemerintah kemudian mengatakan kepada BBC bahwa para menteri sedang mengembangkan skema "dipesan lebih dahulu" untuk memprioritaskan perempuan dan anak perempuan untuk datang ke Inggris.

Para pejabat sedang melihat tanggapan yang serupa dengan skema pemukiman kembali Suriah dari tahun 2014 yang melihat Inggris menerima pengungsi dalam kebutuhan terbesar, sumber itu menambahkan.

Kementerian Pertahanan mengatakan tidak ada lagi pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang akan berangkat dari Kabul pada hari Senin. 150 warga negara Inggris lainnya dijadwalkan tiba di Inggris dari Kabul pada Selasa pagi.

Kementerian Luar Negeri telah menyarankan lebih dari 4.000 warga Inggris yang diperkirakan berada di Afghanistan untuk pergi.

Pada Kamis malam, pemerintah mengumumkan sekitar 600 tentara Inggris akan dikirim ke negara itu untuk membantu warga Inggris dan warga negara Afghanistan yang memenuhi syarat untuk pergi.

Kementerian Pertahanan mengatakan personel lebih lanjut akan dikerahkan ke wilayah tersebut dan dapat pindah ke Afghanistan jika diperlukan, sementara lebih banyak pasukan akan disiapkan di Inggris.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan:

 

Kala Puan Pakai Baju Bundo Kanduang

Pakai Baju Bundo Kanduang, Puan Maharani Dinilai Ingin Ambil Hati Warga Sumbar

Liputan6.com 2021-08-17 17:09:35
Ketua DPR Puan Maharani membaca Teks Proklamasi dalam Upacara HUT ke-76 RI di halaman Istana Merdeka, (17/8/2021).

Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan pakaian adat Bundo Kanduang, asal Tanah Datar, Sumatera Barat pada Upacara HUT ke-76 RI di halaman Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Pilihan pakaian adat Puan Maharani itu menarik perhatian publik. Pengamat politik Adi Prayitno menilai, Puan berusaha menunjukkan pesan damai kepada warga Sumbar, setelah beberapa waktu lalu pernyataannya terkait warga Sumbar kurang pancasilais menuai polemik.

"Puan ingin mengirimkan 'pesan damai' terhadap warga Sumbar yangg beberapa waktu lalu sempat ramai karena kritikannya. Apalagi yang dipakai adalah baju adat lambang kebesaran dan kemegahan perempuan Sumbar," kata Adi saat dikonfirmasi, Selasa (17/8/2021).

Adi menyebut, Puan berusaha mengambil hati warga Sumbar yang sempat sakit hati karena kata-kata Puan.

"Puan ingin mengambil hati warga Sumbar setelah sempat kisruh beberapa waktu lalu. Selain itu, Puan ingin menegaskan perempuan tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, tapi perempuan juga bisa berkontribusi penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia.


Berujung Menarik Elektabilitas

Sementara itu, menurut pengamat politik Pangi Syamwri Chaniago menyebut, Puan pernah melukai hati suku Minang, hal itulah yang mendorong Puan berusaha mengambil hati kembali lewat diplomasi baju adat.

"Puan pernah bilang Minang tidak pancasilais, tentu ini luka bagi rakyat Minang, walaupun bisa dimaafkan tetapi tetap berbekas. Sekarang Puan paham itu, soal selera, bagaimana pun ini adalah cara Puan kembali mengambil empati rakyat Sumatera Barat, khilaf dan berikhtiar kembali untuk ada kembali di hati dada rakyat Minang," ucap dia.

Namun, ia menyebut apa pun pilihan politikus pasti berujung menarik elektabilitas. "Apapun yang namanya aktivitas dilakukan politisi bukan lah ruang hampa yang kosong, selalu aktivitas politisi ada bonus insentif elektoral menjadi ujung dari lagunya," pungkas dia.

Dulu Bintang Panas, Kini Pakai Jilbab

Mantan Bintang Panas Windy Chindyana Hijrah dan Pakai Hijab, Dapat Hidayah Setelah Umrah

Liputan6.com 2021-08-16 13:30:00
Potret terbaru Windy Chindyana, mantan bintang panas era 1990-an. (Foto: Koleksi Pribadi Windy Chindyana)

Mantan bintang panas dekade 1990-an, Windy Chindyana tampil di muka publik dengan jilbab. Ia mengaku telah hijrah selama beberapa tahun terakhir dan pamit dari dunia akting.

Di kalangan pencinta film Indonesia, nama Windy Chindyana tak asing lagi. Ia salah satu aktris yang digelari (maaf) bom seks oleh khalayak, sejajar dengan Sally Marcelina dan Kiki Fatmala.

Lawan main Ibra Azhari dalam film Bisikan Nafsu dan Bergairah di Puncak itu kali terakhir tampil di layar lebar tahun 1997. Setelah itu, Windy Chindyana menyeberang ke televisi sejenak lalu vakum.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejak 2016

"(Saya memutuskan hijrah dan pakai hijab) tahun 2016. Setelah pulang dari umrah, pulang dari Makkah dan Madinah," katanya dalam wawancara khusus via telepon dengan Showbiz Liputan6.com, Minggu (15/8/2021).

"Setelah pulang umrah, saya seperti mendapat hidayah. Langsung ingin memperdalam ilmu agama. Saya mulai mengaji dan masuk ke dalam sebuah majelis ilmu agama," Windy Chindyana menambahkan.


Fokus Belajar Agama

Di tengah interviu, ia terkenang prinsip lawas yakni jangan setengah-setengah menjalani hidup. Mereka yang setengah hati tak akan bisa mendaki hingga ke puncak kesuksesan.

Berbekal prinsip yang diyakininya itu, Windy Chindyana mantap mundur dari dunia showbiz, fokus belajar agama, mengurus keluarga, sembari berbisnis daring memanfaatkan medsos.


Kini Mengejar Akhirat

"Karena dari dulu prinsip hidup saya: Jangan setengah-setengah dalam menjalani setiap tujuan hidup. Kalau ingin mengejar dunia, kejarlah dunia hingga sukses menjadi orang yang kaya raya," urainya.

"Kalau ingin mengejar akhirat, kejarlah akhirat hingga bisa menggapai surga. Meskipun dunia adalah penjaranya orang yang ingin mencapai surga," Windy Chindyana berpendapat.


Lebih dari 25 Film Panas

Windy Chindyana debut di layar lebar lewat lewat film panas Akibat Hamil Muda (1993) bersama Sally Marcelina. Setelahnya, ia membintangi Susuk Nyi Roro Kidul dan Ranjang Pemikat.

Sepanjang dekade 1990-an, aktri kelahiran Bandung, 4 Maret 1977 ini membintangi lebih dari 25 film panas. Selain Akibat Hamil Muda, film Windy Chindyana yang bikin gempar publik yakni Akibat Bebas Sex dan Hukuman Zinah.

Ilmuwan Indonesia Cetak Sejarah

Berkenalan dengan Husni Mubarok, Pengembang Teknologi Geotermal Pertama di Dunia

Liputan6.com 2021-08-17 15:30:12
Husni Mubarok, Production Enginer Pertamina Geothermal Energy berhasil mengembangkan sistem pengukuran laju alir dua fase sebagai terobosan teknologi geotermal pertama di dunia. (Dok PGE)

Husni Mubarok, Production Enginer PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) berhasil mengembangkan sistem pengukuran laju alir dua fase atau two phase flow meter. Sistem ini merupakan terobosan teknologi geotermal pertama di dunia.

Teknologi fluida dua fasa karya Husni Mubarok ini sekaligus menjadi persembahan Pertamina Geothermal Energy untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-76. "Ini hadiah sederhana dari kami untuk negeri," kata Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

Terobosan ini bermula dari penelitian saat mengambil program doktoral di Selandia Baru, Husni mengembangkan sistem pengukuran laju alir dua fase. Teknologi ini berfungsi untuk memastikan data real-time fluida geotermal pada sumur produksi.

Dengan begitu, bisa dipastikan performa operational excellence suatu sumur panas bumi sehingga kualitas sumur pun bisa terjaga. Husni memulai penelitian dengan mengidentifikasi persoalan yang terjadi pada sumur geotermal.

"Saya melihat belum ada teknologi yang mengukur fluida dua fase geotermal. Selama 3,5 tahun kuliah di Selandia Baru, saya fokus memikirkan bagaimana menciptakan teknologi ini," kata Husni.

Penelitian Husni mendapat dukungan langsung dari Pertamina Geothermal Energy dan pemerintah Selandia Baru. Perusahaan energi di negara itu pun bersedia memfasilitasi penelitiannya. Yaitu dengan memberikan fasilitas percobaan di sejumlah sumur mereka. Dari situlah Husni bisa menemukan komposisi yang tepat untuk bisa menghasilkan teknologi mengukur fluida dua fase yang bisa diimplementasikan di sumur geotermal.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keunggulan

Lantas apa keunggulan dari teknologi geotermal pertama di dunia ini?

Dengan teknologi karya anak bangsa ini perusahaan geotermal bisa memonitor sumur saat produksi. Perusahaan pun bisa mengatasi potensi masalah di sumur geotermal tanpa mengganggu produksi.

"Yang tak kalah penting, staf atau pekerja di bagian produksi bisa memprediksi sumber daya yang ada di lapangan. Alat ini bisa memprediksi berapa lama produktivitas sumur geotermal," kata Husni.

Saat ini, teknologi fluida dua fase ini masih dalam tahap field prototype untuk pengujian operasi di lapangan panas bumi. Jika tahap ini rampung, penggunaannya bisa diterapkan lebih luas lagi.

Untuk pelaksanaan pengujian, PT PGE sudah menandatangani kerja sama dengan PT Elnusa Tbk, yang juga anak usaha Pertamina. Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung oleh Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto dan Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir pada 3 Juni 2021.

"Setelah dilakukan uji operasi, teknologi ini diharapkan dapat digunakan secara luas. Ini juga menjadi kontribusi PGE terhadap pengembangan teknologi geotermal di Indonesia maupun dunia internasional," ujar Ahmad Yuniarto.

Ditargetkan produk ini bisa launching dan diproduksi secara komersial pada akhir 2021 atau awal 2022.

PPKM Diperpanjang hingga 23 Agustus

PPKM Luar Jawa-Bali Masih Berlaku hingga 23 Agustus 2021

Liputan6.com 2021-08-16 20:56:05
Orang-orang mengunjungi kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (14/8/2021). Pemerintah resmi menanggung Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen atas sewa toko atau gerai para pedagang eceran (sew

Pemerintah menegaskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali selama dua pekan mulai 10 Agustus hingga 23 Agustus 2021, masih berlaku hingga tenggat waktu yang telah ditetapkan tersebut. Tidak ada perubahan, termasuk mengenai ketentuannya.

"Kami kembali tegaskan bahwa dalam perpanjangan yang mulai 10-23 Agustus 2021, seluruhnya masih diberlakukan dengan level yang sudah dituliskan di dalam Instruksi Mendagri," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers PPKM pada Senin (16/8/2021).

Ia pun kembali mengungkapkan beberapa hal yang menjadi ketentuan perpanjangan PPKM di luar Jawa dan Bali, selama dua pekan sejak 10 Agustus 2021 tersebut. Cakupan penerapan level PPKM ini terdiri dari level 4 di 45 kabupaten/kota, level 3 di 302 kabupaten/kota, dan level 2 di 39 kabupaten/kota.

Terkait PPKM level 3 di luar Jawa-Bali, antara lain yang diregulasi adalah kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tatap muka dengan maksimal 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Selain itu, industri berorientasi ekspor dan dan penunjangnya beroperasi 100 persen dengan prokes ketat. Namun apabila ditemukan ada klaster maka ditutup 5 hari.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Makan di Restoran

Kemudian restoran diperbolehkan makan di tempat dengan maksimal kapasitas 50 persen. Mal dan pusat perbelanjaan diperbolehkan buka sampai pukul 20.00 dengan maksimal 50 persen kapasitas dan wajib mengenakan masker.

Kemudian tempat ibadah di wilayah PPKM level 3 juga diperbolehkan dengan 50 persen maksimal kapasitas atau 50 orang dengan pres ketat.

"Sedangkan terkait PPKM level 4, kemarin kita juga sudah dibuat regulasi bahwa industri berorientasi ekspor dengan prokes ketat dan bila ditemukan kasus ditutup 5 hari," jelas Airlangga.

Ketentuan lain untuk PPKM level 4 luar Jawa dan Bali adalah tempat ibadah diperbolehkan berkegiatan maksimal 25 persen kapasitas atau 30 orang dengan prokes ketat.

"Dan hal lain yg sudah dibuka baik itu warteg, PKL, toko kelontong, pasar tradisional dan hal lain yang sudah diatur di Instruksi Mendagri," kata Airlangga.