Volume 65

Tata Kota Jakarta Terburuk

HEADLINE: Tata Kota Jakarta Terburuk di Dunia Versi Situs Arsitek Global, Indikatornya?

Liputan6.com 2021-08-25 00:03:05
Anak-anak bermain di Sungai Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Sungai Ciliwung menjadi tempat alternatif untuk bermain di kala pandemi karena ditutupnya ruang-ruang bermain atau taman kot

Ibu Kota Indonesia, Jakarta, kembali menjadi sorotan dunia. Media arsitektur, Rethinking The Future (RTF), menempatkan kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda tersebut sebagai juara dalam perencanaan tata kota paling buruk di dunia.

Menurut pemberitaan laman tersebut, Jakarta bersama sembilan negara lain masuk daftar "10 Examples of Bad Urban City Planning" atau 10 contoh tata kota yang buruk. Jakarta digambarkan sebagai sebuah kota yang sangat padat yang diselimuti asap serta tenggelam dalam air yang tercemar.

Sabab musababnya adalah perencanaan yang kacau selama beberapa dekade yang mengantarkan Jakarta seperti sekarang ini; ruang hijau dan terbuka yang tidak memadai, kemacetan lalu lintas yang ekstrem, dan perluasan kota yang tidak terencana.

Faktor lain yang berkontribusi adalah pembangunan infrastruktur berada di tangan pemerintah daerah, mengurangi kemungkinan pelaksanaan proyek jangka panjang.

Sebagai gambaran saja, berdasarkan platform kualitas udara iqair.com pada Selasa (24/8/2021), kualitas udara di Jakarta berada di urutan teratas yang dianggap paling buruk. Bahkan, disebut tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Tercatat, konsentrasi sebaran PM 2,5, atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron di Jakarta pada pukul 12.00 WIB sebesar 90 mikrogram per meter kubik (MPMK).

Jika mengacu standar harian nasional, yakni 65 MPMK, maka angka Jakarta pada siang hari sudah jauh melewati standar aman.

Infografis Tata Kota Jakarta Terburuk Sedunia. (Liputan6.com/Abdillah)

Jakarta Obesitas

Pengamat Tata Kota, Yayat Supriatna memandang apa yang dikeluarkan oleh RTF hanya bersifat opini, karena harus ada indikator yang jelas untuk melihat kekurangan dari suatu kota. Meskipun, dia tak menepikan bahwa memang ada masalah.

"Jakarta ini banyak pusat kegiatan yang tidak didukung sepenuhnya oleh pusat pelayanan kota karena banyak fasilitas pelayanan kota yang belum mampu memenuhi standar sebuah kota yang layak. Misal ada yang bangun perkantoran atau pusat perbelanjaan ternyata PDAM tidak mampu sediakan air akhirnya ambil jalan pintas dengan air tanah yang mengakibatkan Jakarta semakin turun," kata Yayat kepada Liputan6.com, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, fasilitas sampah dengan jumlah penduduk yang padat, akhirnya tak mempunyai TPS dan memilih ke Bekasi. "Jakarta jadi kurang didukung jaringan pelayanan kotanya, tidak mampu mengendalikan tumbuh kembangnya pusat baru diluar rencana tata ruang," ungkap Yayat.

Dia mengungkapkan, Jakarta ini bukan kota yang direncanakan sejak awal. Baru ada masterplan pembangunan di masa pemerintahan Ali Sadikin dari tahun 1965 sampai 1985.

Bahkan, lanjut Yayat, Ali Sadikin di tahun 1967 juga sempat mengutarakan bahwa jumlah ideal warga Jakarta itu 5 juta jiwa.

"Jadi sebenarnya daya tampung penduduk dengan luas wilayah kudu selesai dengan fasilitas pelayanannya. Tapi sekarang yang tinggal terlalu banyak sementara jaringan pelayanan belum mampu. Implikasinya Jadi obesitas. Karena Jakarta harus menanggung beban penduduk sekitar. Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor," jelas dia.

Dia mengungkapkan, terkait apa yang dikeluarkan RTF harus dicek ulang lagi, Seolah-olah apa yang dilontarkan hanya karena ada pernyataan dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang seakan Jakarta ini tak punya masa depan.

"Jadi cari pembanding yang apple to apple, jangan mudah terprovokasi. Karena kita tahu solusi atas masalah ini," tegas Yayat.

Menurutnya, Jakarta masih ada harapan. Persolan mendasar itu daya tampung yang sudah melebihi kapasitas, sehingga itu perlahan mulai dicari akar masalahnya.

Sehingga, apa yang harus dilakukan Jakarta saat ini adalah redistribusi fungsinya.

"Artinya menyebar beban kota Jakarta ke kota lain. Misal, kalau Jakarta udah enggak kuat industri, kalau kebanyakan mal, pindahkan ke luar Jakarta, BSD, Sentul, dan lainnya. Jangan tambah lagi di Jakarta kalau enggak mau tambah macet, sebar bebannya," kata Yayat.

Senada, Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan Nirwono Joga memandang, pembangunan kota Jakarta selalu tergantung dengan kebijakan siapa Gubernur yang memimpin bukan pada pelaksanaan rencana tata ruang yang sudah ada dan dibuat sendiri oleh Pemda DKI dengan konsisten.

"Akibatnya ganti Gubernur ganti kebijakan, bahkan cenderung harus beda meskipun itu melanggar tata ruang. Ironisnya setiap melanggar justru diputihkan, bukan dikembalikan ke fungsi semula sehingga pelanggaran tata ruang terjadi dimana-mana dan dibiarkan bertahun-tahun," kata Nirwono kepada Liputan6.com, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, jika pelanggaran rencana tata ruang kota ini terus dibiarkan, maka akan membuat Jakarta bunuh diri secara ekologis.

"Ancaman Jakarta tenggelam adalah salah satunya, banjir tahunan. Tetapi tidak ada terobosan untuk mengatasinya bahkan berhenti dalam membenahi sungai hanya karena berbeda nama," ungkap Nirwono.

Menurutnya, setiap kota akan selalu berubah selalu dinamis, dan berevoluasi. Jika penataan kota terencana baik tentu akan membawa kesejahteraan bagi warganya, tetapi ini bisa sebaliknya jika dilakukan dengan tanpa pertimbangan dan menabrak aturan.

"Gubernur DKI sebaiknya fokus pada rencana tata ruang kota yang sudah ada, patuhi dan laksanakan, jangan memberi contoh melanggar apalagi memutihkan pelanggaran tata ruang. Fokus pada penanganan banjir, penambahan RTH, peremajaan/pengembangan kawasan terpadu, pengintegrasian transportasi massal," kata Nirwono.


Jika Salah Diperbaiki

Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespon soal laporan RTF tersebut, yang disebutnya baru didengar.

"Ya itu penilaian yang baru kami dengar. Nanti akan kami pelajari, apa iya Jakarta sebagai kota terburuk di dunia dalam tata kotanya," kata Riza kepada awak media, Senin 23 Agustus 2021.

Dia mengungkapkan, siapapun yang menjadi pemimpin di Jakarta, berusaha untuk menjadikan kota tersebut lebih baik dalam semua aspek, tak terkecuali tata kotanya.

"Memang tidak mudah, kita fokus pada pengendalian banjir, pada transportasi. Alhamdulillah mendapat perbaikan dari sana-sini, masalah air bersih, polusi udara, penghijauan, semuanya termasuk pendidikan, kesehatan, sekarang dituntut juga tata kota," ungkap Politikus Gerindra ini.

Dia mengklaim, bahwa jika memang ada salah dengan Jakarta, akan berusaha diperbaiki.

"Tentu kita semua akan perbaiki Jakarta menjadi kota yang lebih baik sejajar dengan kota-kota besar di dunia," kata Riza.

Sementara, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz meski hasil itu perlu dipertanyakan lebih lanjut, banyak tantangan yang harus dihadapi saat ini. "Saya apresiasi dan melihat lima tahun terakhir banyak perubahan dan perbaikan yang sudah dilakukan," kata dia.

Aziz menyadari bahwa ini belum 100 persen, tapi konsep kolaborasi yang dikembangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah lebih baik.

"Contoh di kampung akuarium yang baru saja diresmikan, dibangun dengan desain dari masyarkaat sekitar," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan saat peresmian Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (16/9). (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)


Penuhi Janji Kampanye

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak memandang faktor penilaian itu banyak, namun menurutnya jika memang diurut memang perencanaan kota adalah kuncinya.

Bahkan, dia menyindir Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Riza Patria, salah satunya soal kualitas udara bersih.

"Paru-paru kota ditebangi 191 pohon di Monas dan tidak diketahui kemana pohonnya," kata Gilbert, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, dia juga menyindir soal transportasi yang harusnya bisa sesuai kampanye.

"Transportasi terintegrasi sesuai kampanye harusnya dilaksanakan, jauh dari target 10 ribu Jaklingko dan terintegrasi, ruang terbuka hijau RPTRA tidak terurus," sindirnya.

Gilbert pun menyinggung soal permasalahan banjir yang masih belum tertangani dengan baik. Selain itu, keberadaan infrastruktur di Jakarta justru menambah kemacetan.

"Artinya dunia juga objektif melihat bahwa kota Jakarta makin tidak kuat menopang kebutuhan warganya akan kota yang ramah warga dan lingkungan. Fokus Pemprov harusnya bikin maju kotanya bahagia warganya. Hasil ini menunjukkan sebaliknya," kata Gilbert.

Infografis Deretan Kota Perencanaan Terburuk Vs Terbaik di Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)

Bangga Tank Harimau Mendunia

Kecanggihan Harimau, Tank Buatan Indonesia yang Bakal Mendunia

Liputan6.com 2021-08-24 15:00:03
Medium Tank karya Pindad yang dinamau Harimau (dok: Pindad)

PT Pindad (Persero) bersama dengan FNSS Defence Systems (Turki) telah mengembangkan medium tank. Saat ini, medium tank yang dinamakan Harimau ini tengah siap untuk produksi massal dan ditargetkan akan dilakukan pengiriman perdana pada 2022.

Pindad dan FNSS akan memproduksi Tank Harimau ini mencapai 400 unit. Tentunya, dari jumlah tersebut, TNI AD akan menjadi pengguna utama dalam memperkuat alutsista Indonesia.

Selain itu, beberapa negara juga telah menyatakan minatnya terhadap tank yang memiliki kemampuan spesialis operasi di wilayah tropis yang memiliki banyak hutan. Negara-negara itu diantaranya Malaysia dan Filipina.

Dikutip dari data Pindad, Selasa (24/8/2021), Medium Tank Harimau sudah dipesan 18 unit. Semuanya untuk periode kontrak pengerjaan 2020-2023. Harga Tank Harimau sendiri mencaai USD 135 juta.

Banyaknya negara tertarik untuk membeli medium tank made in Bandung ini, lalu apa saja kehebatannya?

Tank Harimau dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

Desain medium tank dibuat sesuai dengan kriteria kebutuhan dari pengguna, didasarkan pada strategi pertempuran modern di mana kemudahan mobilisasi menjadi salah satu keunggulan di samping kemampuannya sendiri.

Medium tank rancangan Pindad dan FNSS memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti ancaman ranjau terkini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teknologi Terbaru

Medium tank generasi terbaru ini dilengkapi dengan kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempuran antar-kendaraan tempur.

Medium Tank berbobot maksimal 35 ton, mempunyai power 20 HP/ton, kecepatan maksimal 70 km/jam, dapat menampung tiga orang kru yang terdiri dari komandan, penembak, dan pengemudi, serta memiliki senjata utama turret kaliber 105 mm yang memiliki daya hancur besar.

Medium tank dilengkapi dengan teknologi terbaru, seperti Battlefield Management System, alat komunikasi modern, alat self awareness sehingga bisa memantau ancaman terhadap dirinya sendiri, dan dilengkapi dengan proteksi terhadap ancaman level 5 NATO.

Turret medium tank memiliki mekanisme autoloader, dengan 12 butir peluru di turret dan 30 butir peluru cadangan di dalam hull.


Jadi Negara ke-3 di Dunia Mampu Produksi Medium Tank

Industri pertahanan di Indonesia terus berkembang. Tak hanya memproduksi pesawat dan kapal perang, Indonesia kini juga mampu memproduksi sendiri kendaraan tempur seperti tank.

Melalui PT Pindad (Persero), Indonesia menjadi negara ke-3 di dunia yang mampu memproduksi medium tank, setelah Jepang dan Polandia. Medium tank made in Bandung ini dikenal dengan nama Harimau.

Setelah diperkenalkan perdana pada perayaan HUT TNI ke-72 pada 5 Oktober 2017 di Dermaga Kiat Indah, Cilegon, medium tank kini telah diminati banyak negara di dunia.

Bakar Album BTS demi Nyawa

Takut Taliban, ARMY Afghanistan Terpaksa Bakar Album BTS

Liputan6.com 2021-08-24 17:15:51
BTS di video musik Permission to Dance. (dok. Facebook/bangtan.official)

Baru-baru ini, JTBCS News melaporkan berbagai kisah remaja perempuan di Afghanistan yang merasa khawatir nyawanya terancam karena kedatangan Taliban. Pihaknya berhasil mewawancarai beberapa warga Kabul seputar situasi yang sedang dihadapi.

Salah satu cerita menarik datang dari ARMY di Afghanistan. Mereka memutuskan untuk membakar dan menyembunyikan atribut BTS, boyband grup asal Korea Selatan.

Tindakan itu terpaksa dilakukannya karena keberhasilan Taliban menduduki kursi pemerintahan. Diketahui, atribut BTS tersebut berupa album, lightstick, hingga photocard.

Mereka menyebut bahwa Taliban akan melarang warga untuk mendengarkan musik. Hal itu yang membuat ARMY merasa terancam karena haknya dibatasi untuk mendengarkan lagu dari grup favoritnya.


Terpaksa

Seorang siswa berusia 18 tahun bercerita bahwa dirinya terpaksa melakukan hal itu demi menyelamatkan nyawanya.

"Situasi kami memaksa kami untuk membakar atau menyembunyikan foto dan album BTS milik kami," katanya, dikutip dari Koreaboo, Selasa (24/8/2021).

Keputusan itu dilakukan mengingat Taliban di masa lalu tidak mengizinkan orang untuk mendengarkan musik mainstream.


Hanya mendengar musik Taliban

Warga lain mengatakan bahwa dirinya hanya tinggal di rumah saat kekacauan di mulai. Ia juga merasa sangat takut saat mendengar Taliban menculik remaja.

"Saya sangat takut dan terkejut bahwa Taliban datang. Saya takut mendengar bahwa Taliban menculik gadis-gadis. Sejak Taliban mengambil alih, saya hanya tinggal di rumah," tuturnya.

Mereka bahkan harus berhati-hati meski hanya melihat ke luar jendela. Kedatangan Taliban membuat gerak-geriknya menjadi terbatas.

"Saya tidak bisa lagi mendengar musik yang saya dengar di jalanan sebelum Taliban mengambil alih. Saya hanya mendengar musik aneh Taliban sepanjang hari," ungkapnya.


Minta bantuan masyarakat internasional

Melihat situasi Kabul saat ini, membuat mereka memohon kepada masyarakat internasional untuk melakukan sesuatu lebih dari sekadar mengawasi situasi.

"Semua orang melihat kita mati. Saya berharap masyarakat internasional tidak akan meninggalkan Afghanistan sendirian dalam hal ini," katanya.


Taliban berhasil rebut pemerintahan Afghanistan

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Taliban telah berhasil menduduki istana kepresidenan Afghanistan. Kelompok Taliban memasuki Kabul pada Minggu (15/8/2021) waktu setempat.

Mereka juga telah menguasai sebagian besar distrik di sekitar pinggiran ibu kota. Situasi ini membuat warga Afghanistan berbondong-bondong tinggalkan negaranya dengan menumpang pesawat milik militer AS.

Sukses Jadi Miliader dari Kandang Babi

Kisah Sukses Pembuat Sepatu untuk Nike hingga Converse, Mulai Bisnis di Bekas Peternakan Babi

Liputan6.com 2021-08-24 07:31:00
Ilustrasi Converse. (dok. Pixabay.com/PublicDomainArchive)

Saat Zhang Congyuan memulai bisnis sepatu ketsnya lebih dari tiga dekade lalu, ia tidak mampu membeli pabrik biasa. Tak habis akal, ia pun mengubah peternakan babi di sebelah sawah di Taiwan barat.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin, 23 Agustus 2021, kini, pendiri Huali Industrial Group tersebut memiliki kekayaan lebih dari 13 miliar dolar AS atau setara Rp187 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index. Huali memiliki langganan merek ternama, seperti Nike, Converse, dan Vans.

Perusahaan ini memproduksi lebih dari 180 juta pasang sepatu per tahun. Saham Huali telah melonjak 162 persen sejak go public di Shenzhen pada April 2021.

Hal tersebut mendorong Zhang ke puncak daftar orang kaya di Taiwan. Ia kini lebih kaya daripada daripada Terry Gou dari Foxconn Technology, yang membuat iPhone untuk Apple.

"Saya dibesarkan di desa pedalaman, dan saya hanya mengelola perusahaan kecil. Selama beberapa dekade terakhir, saya hanya mengerahkan semua upaya saya ke dalam sepatu," kata Zhang kepada Business Weekly Taiwan pada Mei lalu.

Zhang lahir dalam keluarga petani di Taiwan pada 1948. Setelah lulus dari perguruan tinggi pertanian, ia mulai bekerja di pabrik yang memproduksi sepatu perempuan, menurut laporan Business Weekly.

Zhang menabung untuk memulai perusahaannya sendiri. Zhang lantas mendirikan beberapa usaha sepatu di Taiwan dan Guangdong di Cihna selatan pada 1980-an.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perjuangan Zhang

Pada 1990, Zhang mendirikan Liangxing Industrial dengan mitra di Hong Kong, menurut keterangan tertulis penawaran umum perdana Huali. Liangxing go public di Hong Kong pada 1995 dan berganti nama menjadi Symphony Holdings.

Zhang mendirikan Huali di Zhongshan, sebuah kota daratan Cina dekat Hong Kong, pada 2004. Ia dan keluarganya membeli aset dari Symphony pada 2014 untuk mengembangkan Huali saat dia berhenti sebagai Direktur Symphony pada tahun yang sama.

Huali kini juga beroperasi di Vietnam, Myanmar, dan Republik Dominika. Prospek perusahaan ini bagus, kata Zhao Shuli, seorang analis di Industrial Securities di Shanghai. Ia mengharapkan Nike untuk mengalihkan lebih banyak pesanan ke Huali dalam jangka menengah.

"Meskipun lingkungan konsumen global dilanda pandemi pada 2020, Huali telah mempertahankan kapasitas dan pengiriman yang stabil. Lokasi pabrik globalnya sampai batas tertentu membantunya mencapai pertumbuhan laba yang lebih baik daripada rekan-rekan industri," kata Zhao.


Sukses Besar

Huali melaporkan pendapatan 13,9 miliar yuan (Rp30 triliun) tahun lalu dengan 21 basis manufaktur secara global pada akhir 2020, menurut keterangan tertulis perusahaan. Ini membukukan laba bersih 1,9 miliar yuan (Rp4,2 triliun), meningkat 8 persen dari tahun sebelumnya.

Tetapi, Zhao mencatat bahwa situasi pandemi dan ketergantungan perusahaan pada klien besar tertentu dapat menghambat pertumbuhannya. Zhang mengecilkan kesuksesannya dalam wawancara Business Weekly, dengan mengatakan itu tidak akan mengubah hidupnya.

"Saya orang yang membosankan. Saya hanya akan terus melakukan hal-hal yang saya kuasai," katanya.


Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air

 

Strategi Amerika Hadang China

Hadapi Ancaman China, AS Bakal Jalin Kerja Sama dengan Negara Sekutu

Liputan6.com 2021-08-24 17:28:20
Wakil Presiden AS Kamala Harris tiba di Singapura pada hari Minggu, 22 Agustus 2021 dalam tur ke Asia Tenggara. (Evelyn Hockstein/Pool Photo via AP)

Amerika Serikat akan mendukung sekutu dan mitranya, karena China terus "memaksa" dan "mengintimidasi" sebagai bagian dari klaimnya atas Laut China Selatan, kata Wakil Presiden AS Kamala Harris, Selasa (24/8).

"Visi kami mencakup kebebasan navigasi, yang sangat penting bagi kita semua. Mata pencaharian jutaan orang bergantung pada miliaran dolar dalam perdagangan yang mengalir melalui jalur laut ini setiap hari," katanya dalam pidato kebijakan yang disampaikan di Garden by The Bay, Singapura.

"Namun, di Laut China Selatan, kita tahu bahwa Beijing terus memaksa, mengintimidasi, dan membuat klaim atas sebagian besar Laut China Selatan."

Harris mengatakan "klaim melanggar hukum" ini ditolak pada tahun 2016 oleh Pengadilan Arbitrase Permanen, menunjuk pada putusannya tentang proses arbitrase oleh Filipina terhadap China atas dugaan pelanggaran oleh Beijing di Laut China Selatan.

"Tindakan Beijing terus merusak tatanan berbasis aturan dan mengancam kedaulatan negara," tambahnya.

"Amerika Serikat berdiri bersama sekutu dan mitra kami dalam menghadapi ancaman ini."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perjalanan Kamala Harris ke Singapura

Kamala Harris sedang dalam perjalanan resmi pertamanya ke Asia.

Dia tiba di Singapura pada Minggu (22/8) dan akan berangkat ke Vietnam pada Selasa (24/8) untuk perjalanan keduanya.

Vietnam, yang telah menjadi lawan vokal klaim teritorial China di Laut China Selatan, telah muncul sebagai mitra kunci AS.

Harris menekankan dalam pidatonya bahwa Washington tidak berusaha membuat negara-negara berpihak.

"Keterlibatan kami di Asia Tenggara dan Indo-Pasifik tidak melawan satu negara, juga tidak dirancang untuk membuat siapa pun memilih antar negara," katanya.

"Sebaliknya, keterlibatan kami adalah tentang memajukan visi optimis yang kami miliki untuk partisipasi dan kemitraan kami di kawasan ini dan visi ekonomi kami adalah bagian penting dari itu."

Balon Api Hamas Dibalas Serangan Udara

Israel Kembali Gempur Gaza Usai Hamas Luncurkan Serangan Balon Api

Liputan6.com 2021-08-24 14:00:00
Sebuah bola api membubung setelah serangan udara di Khan Yunis, Jalur Gaza, Palestina, 23 Agustus 2021. Israel melancarkan serangan udara terhadap Gaza. (SAID KHATIB/AFP)

Israel melancarkan serangan udara terhadap Gaza pada Senin 23 Agustus waktu setempat. Serangan udara itu membalas serangan balon api yang diluncurkan dari wilayah Gaza - memicu kebakaran di selatan Israel.

Dikutip dari AFP, Selasa (24/8/2021) eskalasi ketegangan terbaru antara Israel dan Hamas terjadi menyusul bentrokan di perbatasan pada akhir pekan, di mana puluhan orang terluka.

Tidak ada korban jiwa atau korban yang terluka akibat serangan udara Israel di Gaza, Khan Younes di selatan dan Jabalia di utara. Tetapi terdapat laporan adanya kerusakan material, menurut sumber keamanan Palestina, yang enggan disebutkan namanya.

Sumber itu menambahkan bahwa para petempur yang setia kepada Hamas mengeluarkan tembakan ke arah pesawat-pesawat Israel yang melancarkan serangan udara.

Dalam pernyataannya, Angkatan Bersenjata Israel (IDF) mengkonfirmasi bahwa jet-jet tempur mereka melakukan serangan udara di "situs pembuatan senjata Hamas di Khan Yunis dan pintu masuk terowongan (bawah tanah) teror di Jabalia".

"Sebuah situs peluncuran roket bawah tanah Hamas yang terletak berdekatan dengan rumah-rumah sipil dan sebuah sekolah di Shejaiya, juga diserang," sebut IDF.

"Serangan itu merupakan tanggapan terhadap Hamas yang meluncurkan balon-balon api ke wilayah Israel," demikian pernyataan IDF.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Palestina Melihat 260 Kematian Akibat Serangan Udara Israel

Israel diketahui kerap menanggapi serangan balon api Hamas dengan serangan udara, termasuk setelah perangkat tersebut digunakan pada 6 Agustus.

Itu adalah langkah umum yang digunakan oleh Hamas di Jalur Gaza, yang telah berada di bawah blokade ketat Israel sejak 2007 - ketika mereka mengambil alih kekuasaan di sana.

Dalam sebuah pernyataan sebelumnya pada Senin (23/8), dinas pemadam kebakaran mengatakan sedang bekerja untuk menahan sejumlah kebakaran di wilayah perbatasan Eshkol, yang disebut terjadi akibat setidaknya sembilan balon api yang diluncurkan dari Gaza.

Selama 11 hari pada bulan Mei 2021, Israel menggempur Gaza dengan serangan udara sebagai tanggapan atas roket yang diluncurkan dari daerah tersebut.

Sejauh ini, serangan udara Israel telah menewaskan 260 warga Palestina, termasuk anggota kelompok militan, sementara militan di wilayah itu menewaskan 13 orang di Israel, termasuk seorang tentara.


Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

 

Nikah Tanpa Mahar di Desa Muslim

Kisah Desa Muslim Menekan Angka KDRT dengan Melarang Mahar Pernikahan

Liputan6.com 2021-08-24 17:02:42
Ilustrasi pernikahan India. (dok. Pixabay.com/Free-Photos)

Terletak di kaki bukit Gutlibagh, Kashmir, Desa Baba Wayil menawarkan kehidupan yang relatif sederhana, tenang, dan tradisional. Melansir SCMP, Selasa (24/8/2021), sekitar seribu penduduk desa menghabiskan waktu mereka dengan bertani kenari, berdagang pasmina, dan menghadiri Salat Jumat di masjid setempat.

Banyak yang telah tinggal sepanjang hidup mereka di sana. Warga pun dengan bangga menelusuri akar nenek moyangnya hingga sejauh 750 tahun lalu ketika santo Sufi Syed Baba Abdul Razzaq tiba dari Samarkand, Bukhara untuk berkhotbah dan menyiarkan Islam.

Sementara tradisi ratusan tahun terpatri di Baba Wayil, desa ini dikenal secara lokal karena sikap modernnya terhadap pembayaran mahar pernikahan. Sistem maskawin telah dinyatakan ilegal di seluruh India pada 1961.

Praktiknya disebut mendorong penindasan, penyiksaan, bahkan pembunuhan perempuan. Ini biasanya di tangan keluarga pengantin pria dalam kasus pembayaran mahar dianggap tidak mencukupi.

Namun, aturan itu nyatanya tidak serta-merta meniadakan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Di Uttar Pradesh, baru-baru ini, seorang pria memukuli istrinya sampai meninggal karena gagal memenuhi tuntutan mahar pernikahannya. Sementara di Jammu dan Kashmir, tidak jarang pengantin wanita dibakar karena berselisih tentang maskawin.

Pada 2019, polisi di wilayah tersebut mencatat delapan kematian terkait mahar pernikahan berlatar belakang kekerasan berbasis gender. Terdapat 3.069 kejahatan terhadap perempuan, termasuk pemerkosaan, penganiayaan, dan KDRT, juga 381 penculikan perempuan untuk pernikahan paksa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pernikahan Bebas Mahar

Desa Baba Wayil telah menentang adanya mahar pernikahan, beberapa dekade lalu. Mereka mencela sistem itu karena bertentangan dengan ajaran santo pendiri mereka setelah pertemuan para tetua desa pada akhir 1980-an.

Pembayaran maskawin tidak hanya menyebabkan kekerasan, tapi juga menambah beban keuangan keluarga yang semakin tidak dapat diterima. Terlebih, kata para tetua, kerusakan sosial yang disebabkan sistem itu berarti tidak Islami.

Akibatnya, langkah-langkah keras diberlakukan melarang siapa pun yang menuntut maskawin memasuki masjid atau dimakamkan di pemakaman setempat. "Kami melakukan apa yang Allah dan Rasul-Nya sarankan pada kami dalam Alquran," kata imam lokal Basheer Ahmed.

Ketimbang keluarga mempelai wanita yang membayar mahar pada mempelai pria, praktik di Baba Wayil justru sebaliknya. Pada 2004, para tetua desa menyusun dokumen yang tidak hanya melarang keluarga mempelai pria menuntut apa pun dari pihak mempelai wanita, tapi juga menunjukkan bahwa mempelai pria harus membayar mempelai wanita sebesar 50 ribu rupee (Rp9,7 juta).

Ini termasuk 20 ribu rupee (Rp3,8 juta) sebagai mehr, yakni hadiah dari pengantin pria saat akad nikah), 20 ribu rupee (Rp3,8 juta) untuk pakaian pengantin, 10 ribu rupee (Rp1,9 juta) untuk biaya lain-lain, dan tiga ribu rupee (Rp582 ribu) untuk kerudung.


Anggapan Tidak Berdasar

Sejak sistem itu berlaku, para tetua desa mengatakan tidak ada kasus KDRT atau konflik antara keluarga mertua. "Putri sulung saya, Iqra Altaf Shah, menikah dengan bahagia di bawah sistem bebas mahar," kata kepala desa Altaf Shah, seorang penjahit berusia 45 tahun.

Iqra Altaf sedang mengejar gelar Magister Perdagangan dari Universitas Terbuka Indira Gandhi. "Ada beberapa anggapan yang salah tentang desa kami bahwa orang-orang yang tinggal di sini terbelakang dan tidak berasal dari latar belakang pendidikan tinggi," katanya.

"Ini semua tidak berdasar. Gadis-gadis desa kami berpendidikan tinggi dan tahu ciri-ciri hidup bahagia, hidup sederhana, bahkan setelah menikah," imbuhnya, menambahkan bahwa tingkat melek huruf di Baba Wayil berada di atas 70 persen.

Jika seorang remaja putri ingin melanjutkan studi atau bekerja setelah menikah, ia cenderung mendapat dukungan penuh dari suami dan mertuanya.


Infografis Tarik Ulur RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

 

Antre Sebulan untuk Makan di Warung

Viral Netizen Rela Antre Sebulan untuk Makan di Warung Seafood

Liputan6.com 2021-08-24 15:50:20
Viral Netizen Rela Antre Sebulan untuk Makan di Warung Seafood (Sumber: TikTok/@nmaulidaz)

Berbicara tentang kuliner memang tak ada habisnya. Apalagi setiap tempat makan memiliki menu favorit andalan banyak orang. Bahkan saking favoritnya, tempat makan tersebut selalu ramai didatangi oleh pembeli.

Bahkan demi bisa mencicipi makanan favorit tersebut, ada banyak pemburu kuliner yang rela antre. Tak tanggung-tanggung, antrenya pun bisa memakan waktu berjam-jam. Namun apa jadinya jika harus antre pesan makanan berhari-hari hingga sebulan?

Seperti warung seafood yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok. Pengguna TikTok @nmaulidaz memperlihatkan video memesan seafood dengan booking sebulan sebelumnya untuk bisa makan di warung tersebut. Pasti yang enggak sabaran akan melewatkan antrean.

Akan tetapi bagi pelanggan seafood di warung itu tetap setia menunggu, meski harus antre selama sebulan. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @nmaulidaz, Senin (23/8/2021).


Rela Antre Sebulan

Jika biasanya antre makanan hanya dalam hitungan menit atau jam, warung makan seafood ini berbeda dari lainnya. Dalam video TikTok @nmaulidaz, untuk menyantap hidangan seafood seseorang harus rela antre atau booking selama sebulan.

"Setelah penantian 1 bulan booking," tulis di keterangan video TikTok @nmaulidaz.

Usai menanti selama sebulan, orang tersebut dapat menyantap hidangan di warung seafood tersebut. Diketahui, warung seafood bernama SCI Prikphun Manow itu terletak di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tak hanya rela menunggu, pengguna TikTok itu juga memperlihatkn nota pembayaran. Keseluruhan makanan yang dipesan pun harganya mencapai lebih dari 1 juta.

@nmaulidaz

Gatau mau nulis apaan, pokoknya wajib cobain dan wajib sabar

Beggin' - Mneskin


Banyak yang Bilang Enak

Sontak saja video antre selama sebulan di warung seafood tersebut jadi viral. Hingga kini video yang diunggah di TikTok telah ditonton lebih dari 766 ribu orang. Bahkan ada pula netizen yang menyebutkan jika seafood di warung itu memang enak.

"Parah sih emang seenak itu... Makan bertiga abis 600rb, but worth it sama rasanya yg otentik Thai cuisine," komentar @Shabrina Nurin Adani

"Warung SCI yg stock seafoodnya beda2 tiap hari. Tp dijamin mo pilih menu apa aja sambil capcipcup enak semua!" @Aju

"Ohh iniii yg orang2 sering cerita tapi gamau kasi tau tempatnya karna katanya enakk pwolll dan harus WL sampe berbulan-bulan" @Yayangrf

"Sampe bulan depan udah full omg. Sampe belom boleh reserve dulu" @popfolkdarling

Rapat Online Sambil Potong Sayuran

Pria Multitasking, Rapat Online Sembari Asyik Motongin Sayuran

Liputan6.com 2021-08-24 12:04:18
Potret pria India memotong sayuran sambil WFO (@scribe_prashant/twitter.com).

Awalnya mendengar bekerja dari rumah atau work from home (WFO) tekesan menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu, masalah dan rasa jenuh pun mulai muncul.

Seperti keadaan rumah yang tidak kondusif, apalagi bagi individu yang memiliki buah hati lantaran anak yang rewel, rumah yang berantakan membuat Anda tak nyaman, atau hal lainnya yang menggangu perhatian.

Namun, ada saja tingkah kocak dan nyeleneh individu saat bekerja dari rumah. Seperti yang dilakukan seorang pria dari India ini.

Sebuah foto yang diunggah pengguna Twitter bernama @scribe_prashant, menunjukkan bagaimana seorang pria yang tengah mengikuti rapat online dengan santainya sembari memotong sayuran di atas tempat tidur.

Adanya pekerjaan rumah ini memaksa pria itu perlu bertindak secara multitasking.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Butuh keahlian untuk melakukannnya

Situasi di rumah membuat seseorang bekerja lebih ekstra selain melakukan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah pun menunggu untuk segera diselesaikan. Ya, salah satunya memasak seperti yang dilakukan pria bernama Shlok Gupta.

Dari unggahan tersebut, kedua matanya yang berusaha tetap fokus menatap layar laptop. Sementara, kedua tangannya yang tengah memega pisau untuk mengupas kentang dan beragam sayur. Sungguh butuh keahlian untuk melakukannya secara sekaligus.


Suasana rapat online-nya


Lengkap mengenakan pakaian formal

Alih-alih memakai celemek, Gupta justru mengenakan pakaian formal dan terlihat nyaman saat memotong sayuran tanpa khawatir terkena noda.

Tak sedikit, warganet yang menduga di balik tindakannya yang multitasking tidak terlepas dari sikap dia yang takut dengan istri yang dominan.

Namun, komentar malah menuai kontra bagi kaum wanita.


Kritik kaum wanita melihatnya


Hanya ingin memamerkan keterampilannya

Usai banyak komentar di luar cakupan foto itu. Gupta mengklarifikasi bahwa dirinya belum menikah dan merupakan seorang insiyur software.

Dan apa yang dia lakukan hanyalah untuk memamerkan keterampilannya dalam memasak tanpa bermaksud menyinggung gender tertentu.

Foto Nikah di Kuburan Tua

Viral Pengantin Jalani Pemotretan di Kuburan, Tuai Komentar Pro Kontra

Liputan6.com 2021-08-24 16:00:40
Pasangan baru menikah ini pemotretan di kuburan karena bosan. (Sumber: TikTok/fuad_fahrozi)

Setiap apsangan yang baru menikah tentu ingin mengabadikan momen bahagia mereka. Ada yang mengabadikannya dengan foto, ada pula yang memilihnya dalam bentuk video bak film pendek.

Apapun bentuk foto dan videonya, yang takkalah penting yakni adalah lokasi pengambilan foto serta video ersebut. Umumnya pasangan akan memilih tema di studio atau di ruamg terbuka atau outdoor.Namun ada yang berbeda dari apsangan satu ini.

Viral video pasangan pengantin baru memilih untuk mengbadikan hari pernikahan mereka di lokasi yang tak lazim. Menggunakan busana adat, pengantin ini menjadikan kuburan sebagai latar pemotretan mereka.

Sontak video berdurasi singkat yang diunggah oleh sang fotografer di akun TikToknya pun menuai beragam komentar. Hingga kini video itu bahkan sudah ditonton lebih dari 264,2 ribu views.


Foto di Kuburan

Dilansir dari akun TikTok @fuad_fahrozi oleh Liputan6.com, Selasa (24/8/2021) mengunggah video yang memperlihatkan mempelai pria dan wanita mengenakan pakaian adat Jawa Tengah. Mereka berjalan bergandengan tangan menuju kuburan.

Begitu sampai, rupanya mereka menjadikan lokasi itu sebagai tempat berfoto. Pasangan suami istri baru itu tampak santai dan malu-malu saat menjalani foto pernikahan yang akan dijadikan kenang-kenangan.

"Ketika pengantin bosan di foto dekor. #viral. #fyp," tulis si pemilik akun TikTok.

Pemotretan itu dilaksanakan pada siang hari. Tampak langit emamng cerah sehingga momen pemotretan itu berjalan lancar. Meski ebgitu, unggahan video tersebut rupanya menarik perhatian luas netizen.


Beragam Komentar Netizen

Unggahan video pasangan pengantin yang foto di kuburan dari akun TikTok @fuad_fahrozi itu rupanya ramai menarik perhatian. Sejak diunggah awal Agustus lalu, hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 264 ribu views. Tak hanya itu, netizen juga meninggalkan beragam komentar mereka. Tak sedikit yang mengingatkan mengenai kepercayaan orang Jawa. Menurut mereka, berfoto di kuburan bisa menjadi pamali dalam membangun rumah tangga.

"ti ati takut ketempelan pas pulang :(" tulis Asolole.

"pasti karena ada pohon kering estetik" tambah Emarosita.

"duh ada2 aja" imbuh parsleyiciouizy.

"Aneh-aneh pengantin jaman sekarang ya," saut Khazara.

@fuad_fahrozi

ketika pengantin bosan foto di dekor #viral #fyp #xyzbca #foryourpage #fyp #pengantinmadura #fyplah #beranda #berandatiktok

Boka Dance -