Volume 67

Dulu Menteri Kini Jadi Kurir Pizza

Viral Menteri Afghanistan Jadi Kurir Pizza di Jerman

Liputan6.com 2021-08-26 11:46:49
Ilustrasi pizza (Dok.Unsplash/ Alan Hardman)

Dalam perkembangan yang mengejutkan terkait Afghanistan terkini, seorang mantan menteri Afghanistan terlihat mengantar pizza di Jerman setahun setelah ia meninggalkan posisinya di negara tersebut. Jauh sebelum Taliban berkuasa atas negara tersebut.

Syed Ahmad Shah Saadat, mantan menteri informasi Afghanistan, terlihat mengenakan pakaian berwarna oranye dengan tas tergantung di punggungnya di Leipzig, India Today yang dikutip Kamis (26/8/2021) melaporkan.

Foto-foto Saadat yang diambil oleh seorang jurnalis Jerman kemudian menjadi viral di media sosial. Wartawan itu mengklaim bahwa dia telah melihat Saadat di jalan-jalan Leipzig saat dia mengantarkan pizza menggunakan sepeda.

"Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai menteri komunikasi Afghanistan selama dua tahun lalu. Saya bertanya apa yang dia lakukan di Leipzig. "Saya akan menuju Essen untuk Lieferando (pria itu mengatakan kepada wartawan)"," tulis jurnalis tersebut di situs mikroblogging, Twitter.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Lieferando menyediakan layanan pengiriman makanan di Jerman.

Kabarnya, Saadat saat berbicara kepada Sky News Arabia dan membenarkan bahwa foto-foto yang beredar memang dirinya.

Syed Ahmad Shah Saadat bergabung dengan pemerintah Afghanistan yang dipimpin Ashraf Ghani sebagai menteri kabinet pada tahun 2018. Dia menjabat selama dua tahun sebagai menteri informasi dan teknologi Afghanistan dan kemudian mengundurkan diri pada tahun 2020. Lalu dilaporkan tiba di Jerman pada bulan Desember tahun 2020 lalu.

Menariknya, Saadat juga memegang dua gelar master dalam bidang komunikasi dan teknik elektronik dari Universitas Oxford, Hindustan Times melaporkan.

Foto-foto mantan menteri Afghanistan itu beredar di saat negaranya telah dikuasai oleh Taliban. Sementara pasukan asing berjibaku dengan waktu mengevakuasi orang-orang dari berbagai negara.

Konon pengambilalihan Afghanistan yang menakjubkan dan cepat oleh Taliban adalah hasil tidak hanya dari kekuatan medan perang mereka, tetapi juga dorongan berkelanjutan untuk memaksa menyerah dan memotong kesepakatan.

Kelompok tersebut mencampuradukkan ancaman dan iming-iming dengan propaganda dan perang psikologis saat mereka merebut kota demi kota -- beberapa dengan nyaris tanpa tembakan -- akhirnya merebut ibu kota Kabul pada 15 Agustus.

Ketika ditanya tentang perkembangan di Afghanistan, Saadat mengatakan kepada media, "Jatuhnya pemerintahan Ashraf Ghani begitu cepat, tidak diharapkan."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gerak Cepat Taliban

Mengutip Tribune.pk, ketika pasukan asing memulai penarikan terakhir mereka pada bulan Mei, Washington dan Kabul yakin militer Afghanistan akan melakukan perlawanan yang kuat terhadap Taliban.

Dengan lebih dari 300.000 personel dan peralatan bernilai miliaran dolar yang lebih canggih daripada persenjataan Taliban, pasukan Afghanistan sangat tangguh---di atas kertas.

Pada kenyataannya, mereka terganggu oleh korupsi, kepemimpinan yang buruk, kurangnya pelatihan dan moral yang anjlok selama bertahun-tahun. Desersi adalah hal biasa dan inspektur pemerintah AS telah lama memperingatkan bahwa kekuatan itu tidak dapat dipertahankan.

Pasukan Afghanistan melakukan perlawanan kuat musim panas ini di beberapa daerah seperti Lashkar Gah di selatan, tetapi mereka sekarang menghadapi Taliban tanpa serangan udara reguler AS dan dukungan militer.

Dihadapkan dengan musuh yang lebih kecil tetapi bermotivasi tinggi dan kohesif, banyak tentara dan bahkan seluruh unit pergi begitu saja atau menyerah, meninggalkan Taliban untuk merebut kota demi kota.

Atlet Disabilitas Banggakan Indonesia

Profil Ni Nengah Widiasih, Ratu Paralifting Indonesia yang Merebut Perak di Paralimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com 2021-08-26 13:45:37
Atlet para angkat berat, Ni Nengah Widiasih, saat beraksi pada Asian Para Games di Balai Sudirman, Jakarta, Minggu (7/10/2018). Ni Nengah berhasil mempersembahkan medali perak dengan total an

Atlet paralifting Indonesia, Ni Nengah Widiasih berhasil mempersembahkan perak untuk Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. Ini menjadi kepingan medali pertama bagi Merah Putih di ajang ini.

Tampil di kelas 41 kg putri kategori PWL, Ni Nengah berhasil mencapai angkatan terbaik, 98 kg. Dia terpaut 2 kg dari atlet paralifting Tiongkok, Lingling Guo yang berhasil merebut emas. Sementara posisi ketiga ditempati oleh atlet dari Venezuela dengan angkatan terbaik 97 kg.

Ajang para powerlifting berlangsung di Tokyo International Forum, mulai pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 11.00 WIB. Setelah mulus di angkatan 96 kg, Ni Nengah sebenarnya sempat gagal pada angkatan kedua untuk berat 98 kg. Upayanya baru membuahkan hasil pada angkatan keempat.

Ini merupakan peningkatan prestasi bagi Nengah setelah pada Olimpiade Rio 2016 merebut perunggu. Sedangkan pada Asian Para Games 2018 lalu, Ni Nengah juga berhasil merebut satu perak.


Siapa Ni Nengah Widiasih?

Ni Nengah Widiasih akrab disapa Widi. Dari namanya sudah bisa ditebak, kalau Widi berdarah Bali.

Ya, wanita berusia 28 tahun itu lahir di Karangasem, Bali, 12 Desember 1992. Penyakit polio memang membuat Widi harus menggunakan kursi roda sejak masih berusia 4 tahun. Hanya saja, kondisi tersebut tidak membuatnya patah semangat untuk terus menjalani hidup dan mengukir prestasi.

Perjalanan Widi sebagai atlet disabilitas terbilang cukup panjang. Kiprahnya di cabang paralifting berawal dari dorongan sang kakak yang juga atlet angkat besi, I Gede Suantaka.

Widi kemudian berlatih empat kali seminggu dan pada tahun 2008 sudah berhasil meraih medali perunggu di ajang ASEAN Para Games yang berlangsung di Thailand. Setahun kemudian, Widi kembali merebut medali perunggu dalam sebuah kejuaraan yang berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia.

Namanya pun semakin diperhitungkan. Pada Asian Para Games yang berlangsung di Singapura (2015) dan Malaysia (2017), Widi berturut-turut menyumbang emas. Sementara pada Asian Games Incheon, Korea Selatan 2014, Widi berhasil merebut medali perak. Dia sempat berharap merebut emas di Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Palembang-Jakarta. Sayang, Widi kembali merebut perak.


Kiprah di Paralimpiade

Pada Paralimpiade Rio de Janeiro 2016, Ni Nengah Widiasih kembali mengharumkan nama Indonesia. Tampil di kelas -41 kg putri, Widi meraih perunggu yang menjadi satu-satunya medali Indonesia pada ajang tersebut. Di Rio, Widi berhasil melakukan angkatan 95kg. Dia berada di belakang wakil Turki Nazmiye Muratli (emas) dengan 104kg dan Zhe Chui asal Tiongkok (perak) dengan 102kg.

Sebelum tampil di Paralimpiade Tokyo 2020, Widi mengaku hanya ingin memberikan yang terbaik. Tekadnya ternyata terbukti, dengan meraih total angkatan 98 kg dan berhak atas medali perak.

Vaksin Booster Baru Tersedia 2022

HEADLINE: Rencana Vaksin COVID-19 Booster Berbayar di 2022, Sasaran dan Targetnya?

Liputan6.com 2021-08-27 00:02:52
Vaksinator menunjukkan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan di RSUD Matraman, Jakarta, Jumat (6/8/2021). Pemberian vaksin dosis ketiga atau booster kepada tenaga k

Beberapa negara mempertimbangkan untuk memberi suntikan ketiga atau booster vaksin COVID-19 guna melindungi masyarakatnya dari infeksi virus SARS-CoV-2. Terlebih dengan adanya temuan bahwa efikasi (tingkat kemanjuran) vaksin COVID-19 menurun setelah beberapa waktu atau ketika dihadapkan pada varian-varian baru yang kini mulai bermunculan.

Vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac misalnya, diketahui mengalami penurunan efikasi sekitar enam bulan setelah dosis kedua disuntikkan. Para ilmuwan pun sepakat bahwa suntikan ketiga atau vaksin booster akan sangat membantu dalam mengatasi serangan virus Corona penyebab COVID-19.

Rencana mengenai vaksinasi booster juga dipertimbangkan oleh Indonesia. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan rencana vaksin COVID-19 booster berbayar untuk masyarakat umum pada 2022 dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu, 25 Agustus 2021. Budi Gunadi menyebut, vaksinasi booster atau suntik vaksin ketiga itu akan dilaksanakan jika vaksinasi yang saat ini tengah berjalan telah rampung.

"Rencananya kapan Pemerintah akan melakukan suntik ketiga (booster)? Kalau kita semakin cepat (laju vaksinasi), diharapkan mungkin Januari (2022) sudah bisa selesai semua. Di awal tahun depan kita sudah mulai melakukan suntik ketiga," ungkap Budi Gunadi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengkaji rencana pemberian dosis vaksin COVID-19 booster pada masyarakat umum. Menurut kajian ITAGI, dosis ketiga vaksin COVID-19 bisa diberikan pada 2022.

"Sesuai rekomendasi ITAGI, memang pada monitoring titer antibodi terjadi penurunan untuk vaksin Sinovac. Maka, bisa direncanakan untuk pemberian booster setelah 12 bulan dari vaksinasi pertama, itu artinya di 2022," ucap Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi pada awal Agustus 2021.

Meski demikian, ITAGI menyarankan bahwa vaksinasi boosterCOVID-19 pada masyarakat umum perlu direncanakan tersendiri mengingat masalah logistik dan sumber daya manusia.


Jika Herd Immunity Tidak Tercapai

Rencana vaksin boosterjuga sebagai antisipasi jika upaya herd immunitytidak tercapai. Seperti disampaikan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu, 25 Agustus 2021, jika kekebalan kelompok tak tercapai dalam target 208 juta penduduk Indonesia maka perlu ada vaksin boosterbagi masyarakat umum.

Merujuk pada jurnal terkait vaksinasi yang dikeluarkan oleh Australia, Wakil Ketua Umum PB IDI Slamet Budiarto menjelaskan bahwa rata-rata efikasi vaksin menuju herd immunity dihitung berdasarkan persentase target populasi penduduk.

"Bahwa dengan vaksin yang efikasinya 95 persen itu untuk mencapai herd immunityminimal adalah 63 populasi yang divaksin. Kalau efikasi vaksinnya 90 persen, minimal 66 persen populasi."

Selanjutnya, bila efikasi vaksin 80 persen, minimal 75 persen populasi harus tervaksin. Efikasi vaksin 70 persen, 86 persen populasi harus tervaksin.

"Kalau efikasi vaksinnya 50 persen itu ya tidak pernah terbentuk herd immunity," lanjut Slamet.

Diketahui, efikasi vaksin Sinovac sebesar 70 persen, berarti 86 persen jumlah penduduk Indonesia harus dilakukan vaksinasi untuk mencapai herd immunity. IDI juga menilai penurunan efikasi vaksin terhadap varian virus berdampak antibodi bisa ikut menurun.

"Apabila (herd immunity) tidak tercapai, bulan Januari, Februari, Maret, April (tahun depan) perlu dilakukan booster, karena antibodinya sudah turun," imbuh Slamet.


Gratis bagi Kelompok Masyarakat Tertentu

Perihal rencana vaksin boosterberbayar, Budi Gunadi mengaku sudah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Vaksin booster berbayar diperkirakan akan dihargai 7 hingga 8 dollar atau setara Rp100.000 - Rp150.000. Menurutnya, perkiraan harga Rp100 ribu akan membuka peluang bagi masyarakat umum dapat memilih, mau boosteratau tidak.

"Harga suntikannya mungkin 7 dollar AS atau 8 dollar AS satu kali suntik. Itu sekitar ya enggak sampai Rp100.000 atau Rp150.000-an, sehingga bisa langsung dilakukan oleh yang bersangkutan," terangnya.

"Menurut pendapat saya, kita akan juga buka secara terbuka vaksin-vaksin yang masuk, jadi rakyat yang ingin mendapatkan boosterbisa memilih. Yang memiliki uang mau menyuntik Rp100.000 atau Rp150.000 bisa memilih (untuk booster).

Walau demikian, Budi Gunadi juga menyampaikan bahwa vaksin booster tak berbayar atau gratis akan tersedia bagi kelompok masyarakat tertentu. Kelompok masyarakat yang dimaksud, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Dalam hal ini, vaksin boosteruntuk masyarakat kurang mampu dari kelompok PBI akan dibayar negara. Sementara itu, bagi masyarakat umum lain yang mampu dipatok berbayar, dengan kisaran harga Rp100.000 sekali suntik.

"Diskusi juga dengan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah diputuskan oleh Beliau. Bahwa ke depan, yang akan dibayari negara kemungkinan besar hanya PBI saja," ungkap Budi Gunadi.

"Sedangkan yang lainnya, kalau toh biayanya juga tidak terlalu mahal akan dimasukkan ke skema yang umum. Bisa beli langsung diri sendiri atau melalui mekanisme BPJS Kesehatan."

Sementara itu detail mengenai vaksin booster berbayar seperti target dan sasarannya belum diketahui. Seperti disampaikan Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi bahwa rencana vaksin 2022 tersebut belum final dan masih perlu dimatangkan.

"Kalau (vaksin booster) 2022 ini belum final ya masih dimatangkan," ujar Siti Nadia kepada Health Liputan6.commelalui pesan singkat, Kamis (26/8/2021).


Mekanisme Vaksin Booster Berbayar

Opsi kemungkinan program vaksin mandiri bagi masyarakat yang ingin mendapat vaksin booster juga disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani menjelaskan merek dan harga vaksin mandiri nantinya akan ditentukan oleh Menteri Kesehatan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Mekanismenya akan dibahas kedua pihak tersebut dan mereka akan menentukan mana vaksin yang untuk mandiri dan yang akan gratis," tuturnya dikutip dari Antara, Kamis (26/8/2021).

Kendati demikian, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut berharap pada tahun 2022 vaksin Merah Putih sudah bisa diproduksi, sehingga bisa mendukung peningkatan pengadaan vaksin di dalam negeri.

Selain itu, Sri Mulyani menegaskan tetap mencadangkan anggaran pengadaan vaksin sebesar Rp 35 triliun hingga Rp36 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

"Kalau COVID-19 masih dalam posisi wabah pandemi dan kita harus mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity, kami akan memenuhi untuk menggunakan APBN dan itu gratis," ujar Sri Mulyani.


Ketersediaan Vaksin

Terkait rencana vaksin boosterberbayar tahun depan, apakah stok vaksin COVID-19 yang tersedia mencukupi? Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto menanggapi, estimasi stok vaksin untuk rencana boostertahun depan belum ada diskusi lebih lanjut.

Dalam hal ini, belum ada pembahasan mengenai perluasan akses vaksin merata (untuk booster) kepada Bio Farma. Walau begitu, Bio Farma mendukung penuh kebijakan Pemerintah.

"Pada prinsipnya, kami akan support(dukung) atas kebijakan yang akan disiapkan oleh Pemerintah," kata Bambang saat dihubungi Health Liputan6.commelalui pesan singkat, Kamis (26/8/2021).

"Sampai saat ini, belum ada pembahasan terkait akses vaksin yang merata bagi seluruh masyarakat sesuai target Pemerintah hingga Januari 2022."

Vaksin COVID-19 yang sudah masuk ke Indonesia, baik bahan baku (bulk) yang akan diproduksi oleh Bio dan vaksin jadi. Dari sisi bahan baku, yang sudah diterima Bio Farma sebesar 144,7 juta dosis.

Saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR kemarin, Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan, dari total bahan baku vaksin, yang diolah berjumlah 131,5 juta dan sudah menjadi vaksin 107,12 juta. Kemudian yang dirilis 86 juta dosis, sisanya masih proses yang akan keluar dalam waktu seminggu sampai dua minggu ke depan.

"Vaksin jadi yang juga sudah kami terima di angka 45,5 juta. Untuk sumber kedatangan vaksin, kami ada yang kerja sama secara bilateral to bilateral (B to B), yang mana Bio Farma langsung berkontrak dengan AstraZeneca," terang Honesti.

"Kami juga ada kontrak dari COVAX ataupun hibah dan donasi dari negara-negara. Misalnya, Sinopharm yang bentuk donasi dari Emirat Arab 500.000 dosis dan juga Moderna serta Pfizer yang baru masuk."

Sebagian besar vaksin yang diterima Bio Farma pun sudah didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.

"Kami mengelola hampir semua vaksin yang masuk ke Indonesia, kecuali Pfizer yang sifatnya kontak langsung antara Pfizer Global dengan Kementerian Kesehatan. Untuk distribusi langsung dipegang oleh Pfizer Indonesia," jelas Honesti.

"Sementara kedatangan vaksin yang sifatnya donasi atau COVAX didistribusikan oleh Bio Farma langsung. Karena kami juga nanti akan mendapatkan hibah Ultra Cold Chain (UCC)--untuk penyimpanan Pfizer--dari Kementerian Kesehatan."

Lebih Modis dari Kate Middleton

Siapa Beatrice Borromeo, Bangsawan Eropa Termodis yang Geser Posisi Kate Middleton?

Liputan6.com 2021-08-26 16:02:00
Beatrice Borromeo sosok yang dinobatkan sebagai bangsawan Eropa yang paling stylish (dok.bborromeo1/https://www.instagram.com/p/CStM7cDsfpc/Komarudin)

Baru-baru ini, nama Beatrice Borromeo menjadi buah bibir publik usai dinobatkan sebagai 'bangsawan Eropa paling stylish' oleh Tatler, bergeser dari tokoh populer Eropa lainnya seperti Kate Middleton. Hal tersebut tak mengherankan, karena Beatrice juga memiliki latar belakang fesyen.

Siapa Beatrice Borromeo itu? Sebelum menikah dengan keluarga kerajaan Monako, dia tumbuh sebagai bangsawan Italia dengan uskup agung di antara leluhurnya. Ia bekerja sebagai model, jurnalis, dan dokumenter, seperti dilansir dari laman People, Kamis (26/8/2021).

Beatrice Borromeo bukan bangsawan biasa yang menikah dengan dengan keluarga kerajaan Monako pada 2015 dengan putra Putri Caroline, Pierre Casiraghi. Beatrice sendiri berasal dari keluarga aristokrat dan telah membuat resume profesionalnya sendiri yang mengesankan.

Ia lahir di Italia dari ibu Countess Donna Paola Marzotto dan ayah Don Carlo Ferdinando Borromeo yang bergelar Pangeran Arona dan berasal dari keluarga bangsawan Italia Borromeo. Keluarga tersebut mulai mengakuisisi Kepulauan Borromean di Italia utara pada abad ke- 16 dan masih memiliki sebagian besar dari mereka, serta memiliki perkebunan di pedesaan di negara itu.

Melalui ayahnya, ia berhubungan dengan Carlo Borromeo, yang adalah uskup agung Milan dari 1564 hingga 1584. Ia adalah seorang kardinal dan kemudian dikanonisasi oleh Gereja Katolik sebagai orang suci.

Beatrice memiliki kakak laki-laki, Carlo Ludovico Borromeo, serta tiga saudara perempuan tiri dari pernikahan ayahnya dengan model Jerman Marion Sybil Zota: Isabella, Lavinia dan Matilde.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Berpangku Tangan

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya pada 2004 di Liceo Classico Giovanni Berchet Milan, ia belajar di Universitas Bocconi di Milan. Dia kemudian memperoleh gelar Master dalam bidang jurnalisme dari Universitas Columbia, yang segera digunakan untuk bekerja untuk Newsweek, Daily Beast, dan surat kabar Italia Il Fatto Quotidiano.

Beatrice juga membawa keterampilan jurnalismenya ke layar kecil, bekerja untuk acara bincang-bincang Italia dan siaran radio. Dia juga menjadi pembawa acara mingguan di Radio 105 Network, dengan semua orang mulai dari senator Italia hingga penulis buku Amerika. Dia juga menyutradarai beberapa film dokumenter, termasuk Mafia Mamma berbahasa Inggris tentang wanita dalam mafia.

Di antara semua ini, Beatrice mulai menjadi model ketika dia berusia 15 tahun, berjalan di atas catwalk untuk merek-merek seperti Chanel, Valentino dan Tussardi dan menjadi wajah Blumarine. Dia berjalan di karpet merah bersama Valentino di Festival Film Venesia pada 2006 untuk pemutaran film The Devil Wears Prada.


Kisah Cinta

Kisah cinta Beatrice dan Pierre dimulai pada 2008, dengan mereka mengikat simpul di musim panas 2015. Mereka menikah dalam upacara sipil di taman Istana Pangeran Monako, diikuti dengan upacara keagamaan di Italia beberapa hari kemudian. Beatrice mengenakan empat gaun pengantin yang berbeda: dua oleh Valentino untuk layanan sipil di Monaco dan dua oleh Armani Priv untuk layanan keagamaan di Danau Maggiore.

Terlepas dari status bangsawan kedua keluarga, baik Pierre maupun Beatrice tidak memegang gelar kerajaan. Karena count hanya dapat mewariskan gelar kepada anak laki-laki dan Pierre bukanlah seorang pangeran, walaupun dia adalah cucu dari Putri Grace Kelly dan Pangeran Rainier dan keponakan Pangeran Albert).

Pasangan itu adalah orangtua dari dua putra, Stefano Ercole Carlo lahir pada Februari 2017, diikuti oleh Francesco Carlo Albert, pada Mei 2018. Beatrice membuka tentang hubungannya dengan Pierre dalam wawancara tahun 2017 dengan Vanity Fair Espaa.

"Terkadang saya berpikir betapa beruntungnya saya telah menciptakan keluarga sejati dengan seseorang yang saya percayai sepenuhnya, bahwa kami telah saling mencintai selama hampir 10 tahun dan saya tahu itu akan bertahan seumur hidup," katanya. "Tinggal di Monako bukanlah suatu nilai tambah, itu hanyalah hidup kami sekarang. Hak istimewa yang besar adalah menemukan seseorang yang membuat saya bahagia."


5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

 

Tarian Liar Asteroid Tercepat

Ilmuwan Temukan Asteroid Baru yang Mengorbit Supercepat di Tata Surya

Liputan6.com 2021-08-25 20:10:58
Ilustrasi asteroid (Wikipedia)

Belum lama ini asteroid bernama 2021 PH27 mampu menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari setiap 113 hari Bumi. Fenomena ini menjadi periode orbit terpendek dari objek tata surya, selain planet Merkurius, yang hanya membutuhkan 88 hari untuk mengelilingi matahari.

Namun, asteroid 2021 PH27 berjalan di jalur yang jauh lebih elips daripada Merkurius. Maka ini jauh lebih dekat dengan matahari --- sekitar 12,4 juta mil (20 juta kilometer) pada pendekatan terdekat, dibandingkan dengan 29 juta mil (47 juta km) untuk Merkurius si planet terdalam.

Tim peneliti memperkirakan selama lintasan matahari yang dekat itu, permukaan asteroid 2021 PH27 menjadi cukup panas untuk melelehkan timah - sekitar 900 derajat Fahrenheit (500 derajat Celcius). Penurunan yang dalam terhadap sumur gravitasi matahari sama saja asteroid mengalami efek relativitas umum terbesar dari objek tata surya lainnya. Efek ini memiliki sedikit goyangan pada orbit elips PH27 2021 saat mengelilingi matahari.

Dikutip dari Space pada Rabu (23/8/2021), nantinya orbit itu akan tidak stabil dalam jangka panjang. Asteroid 2021 PH27 kemungkinan akan bertabrakan dengan matahari, Merkurius atau Venus beberapa juta tahun dari sekarang. Bilamana tidak dikeluarkan dari jalurnya saat ini oleh interaksi gravitasi terlebih dahulu.

Asteroid 2021 PH27 pertama kali terlihat pada 13 Agustus oleh para astronom melalui Dark Energy Camera (DEC), instrumen serbaguna yang kuat yang dipasang pada Teleskop 4 meter Vctor M. Blanco di Cerro Tololo Inter-American Observatory di Chili.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membuat Studi Lain Tertunda

Berkat pengamatan lebih lanjut oleh DEC dan Teleskop Magellan di Observatorium Las Campanas di Chili. Terlebih lagi ruang lingkup yang lebih kecil di Chili dan Afrika Selatan yang dioperasikan oleh Observatorium Las Cumbres. Sehingga para tim peneliti dapat menentukan orbit asteroid selama beberapa hari ke depan. Namun, pengamatan asteroid PH27 2021 membuat beberapa pengamatan lainnya menjadi tertunda.

"Meskipun waktu teleskop untuk para astronom sangat berharga, sifat internasional dan cinta yang tidak diketahui membuat para astronom sangat bersedia mengesampingkan sains. Pengamatan ini demi menindaklanjuti penemuan baru yang menarik seperti ini," tegas pemimpin tim penemuan Scott Sheppard, seorang astronom di Carnegie Institution for Science di Washington DC.

Para tim memperkirakan bahwa asteroid 2021 PH27 memiliki lebar sekitar 0,6 mil (1 km). Asteroid ini mungkin berasal dari sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, kemudian terjun ke dalam akibat interaksi gravitasi dengan satu atau lebih planet.

Sementara jalur orbit 2021 PH27 dimiringkan 32 derajat relatif terhadap bidang tata surya. Kecenderungan tinggi seperti itu menunjukkan bahwa itu mungkin sebuah komet punah yang lahir di tata surya terluar jauh. Kemudian ditangkap ke orbit yang lebih dekat setelah melewati Mars, Bumi, atau planet berbatu lainnya.

Pengamatan lebih lanjut dirasa akan lebih memecahkan misteri ini, tetapi Sheppard dan astronom lainnya harus menunggu beberapa bulan untuk mengumpulkan lebih banyak data. Asteroid 2021 PH27 sekarang bergerak di belakang matahari dari sudut pandang bumi. Dimana itu tidak akan muncul kembali hingga awal 2022.

Reporter: Bunga Ruth

Gajah Wajib Ber-KTP

Unik, Gajah di Sri Lanka Wajib Punya KTP

Liputan6.com 2021-08-26 04:02:00
Ilustrasi gajah (Dok.Unsplash)

Gajah dianggap sebagai hewan suci dan istimewa di Sri Lanka, khususnya bagi umat Buddha. Namun, gajah tidak selalu dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Untuk itu pemerintah setempat membuat kartu identias biometrik atau semacam KTP untuk gajah penangkaran dan melarang pengendara mereka mabuk di tempat kerja.

Langkah-langkah baru tersebut bertujuan melindungi kesejahteraan mamalia itu, termasuk peraturan ketat tentang gajah yang bekerja. Di samping, peraturan itu juga mengamanatkan gajah untuk mandi 2,5 jam setiap hari, melansir laman abc.net.au, Rabu 25 Agustus 2021.

Selama ini, banyak orang Sri Lanka memelihara gajah sebagai simbol kekayaan. Namun baru-baru ini, ada peningkatan jumlah keluhan tentang perlakuan buruk dan kekejaman terhadap spesies yang terancam punah.

Catatan resmi menunjukkan ada sekitar 200 gajah peliharaan di Asia Selatan, dengan populasi di alam liar diperkirakan 7.500 ekor. Undang-undang baru akan mengharuskan semua pemilik memiliki kartu identitas baru dengan stempel DNA untuk gajah di bawah perawatan mereka.

Bayi gajah tidak bisa lagi dipekerjakan, bahkan dalam kontes budaya, dan mereka tidak dapat dipisahkan dari induknya. Gajah yang digunakan untuk mengangkut kayu akan dibatasi, tidak boleh lebih dari empat jam sehari, dan tidak boleh kerja pada malam hari.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pembatasan di Sektor Pariwisata

Pembatasan baru juga berdampak pada industri pariwisata. Aturannya mengizinkan tidak lebih dari empat orang naik gajah sekaligus, dan mereka harus duduk di atas pelana yang empuk.

Gajah juga dilarang digunakan dalam film, kecuali untuk produksi pemerintah. Namun, Menteri Perlindungan Satwa Liar Sri Lanka Wimalaweera Dissanayaka mengatakan akan ada pengawasan ketat dari dokter hewan jika gajah tersebut digunakan untuk produksi pemerintah.

"Orang yang memiliki atau memelihara gajah harus memastikan bahwa mahout tidak mengonsumsi minuman keras atau obat-obatan berbahaya selama bekerja," katanya.


Pemeriksaan Kesehatan

Pemilik juga harus mengirim gajah mereka untuk pemeriksaan kesehatan setiap enam bulan. Mereka yang melanggar undang-undang baru akan membawa gajah mereka ke perawatan negara dan bisa menghadapi hukuman penjara tiga tahun.

Menangkap gajah liar di Sri Lanka sudah merupakan pelanggaran pidana yang dapat dihukum mati, tetapi penuntutan jarang terjadi. Aktivis hak-hak binatang dan pakar gajah telah menuduh bahwa selama 15 tahun terakhir, lebih dari 40 bayi gajah telah dicuri dari taman margasatwa nasional.

Membunuh gajah memang merupakan pelanggaran hukum di Sri Lanka, namun binatang tersebut kerap terjebak konflik dengan warga pedesaan. Sebagian petani di Sri Lanka menganggap gajah sebagai hama.


Infografis Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah COVID-19

 

Petinju Indonesia Bikin PacMan Kabur

Sepenggal Kisah Yani Malhendo, Petinju Indonesia yang Bikin Pacquiao 'Kabur'

Liputan6.com 2021-08-26 00:30:48
Manny Pacquiao kalah dari Yordenis Ugas pada pertandingan memperebutkan sabuk juara welter versi WBA di Las Vegas, Minggu (22/8/2021) (AP Photo/John Locher)

Yani Malhendo sudah lama pensiun sebagai petinju. Namun rekam jejak mantan juara kelas terbang WBO International itu ikut mewarnai perjalanan karier petinju sekelas Manny Pacquiao.

Manny Pacquiao tengah berada di tubir karier bertinjunya. Di usia yang sudah mencapai 43 tahun, petinju asal Filipina itu semakin dekat dengan kekalahan. Terbaru, Pacman--julukan Pacquiao--kalah angka dari petinju Kuba, Yordenis Ugas pada pertarungan di T-Mobile, Las Vegas, Minggu (22/8).

Ini merupakan kekalahan ke-8 Pacquiao sepanjang kariernya. Tiga diantaranya berakhir dengan KO.

Usai pertarungan, Pacquiao memang tidak secara gamblang menyampaikan keinginannya untuk pensiun. Hanya saja, pemilihan presiden Filipin 2022 nanti sepertinya bakal menguras pikirannya. Karena itu wajar bila banyak pihak menganggap sudah waktunya Pacman beranjak dari tinju.

Apalagi sudah tidak ada yang perlu dibuktikan oleh Pacquiao. Gelar juara dunia di delapan kelas berbeda sudah cukup untuk menjadikannya sebagai legenda tinju profesional sepanjang masa.


Bertemu Pacquiao

Yani Malhendo memang tidak setenar Pacman. Namun sepenggal kisah mantan petinju asal Surabaya tersebut tidak akan bisa dihilangkan dari warna-warni perjalanan terjal Pacman menuju pentas dunia.

"Selama 25 tahun kenangan itu selalu saya simpan," kata Yani ketika berbincang dengan Liputan6.com. "Tahun 1996 saya dijadwalkan bertanding melawan Manny Pacquiao," ujarnya.

Saat itu Yani bernaung di sasana Pirih Surabaya. Sementara Pacquiao juara nasional Filipina.

Sama halnya dengan Pacquiao, saat itu Yani juga tengah merintis jalan menuju kejuaraan dunia. Maklum saat itu, dia sudah berhasil merebut gelar juara kelas terbang jr IBF International.

Pertarungan dijadwalkan berlangsung di Filipina pada bulan April. Yani pun bertolak bersama manajer dan pelatihnya yang juga berasal dari Filipina, Mario Lumcad. Promotor menjajikan bayaran 1500 USD.


Pacquiao Menghindar

"Kami sudah timbang badan dan sudah cek kesehatan, jadi tinggal bertanding saja," ujar Yani.

"Saya masih ingat, saat pukul 12.00 siang, saya berada di kamar. Tiba-tiba promotor masuk bersama manajer dan perwakilan tim Pacman. Singkat cerita, mereka bilang kalau Pacquiao tidak jadi bertanding. Promotor pun menjanjikan petinju lain sebagai lawan saja," kata Yani Malhendo.

"Saat itu saya bilang tidak bisa, karena saya datang untuk bertemu Pacquiao," Yani menambahkan.

Perbincangan berlangsung alot. Namun kubu Yani akhirnya mengalah dan bersedia bertanding melawan petinju lain dengan catatan, bayaran dinaikkan menjadi 4500 USD.

"Kami akhirnya sepakat, daripada tidak bertanding sama sekali," kata Yani.

Yani mengaku tidak mengetahui persis alasan Pacquiao mundur dari pertandingan itu. Hanya saja dia yakin bila duel tetap berlangsung, Pacquiao tidak akan mampu bertahan lama.

"Ronde ketiga bisa KO. Saat itu dia masih muda sekali, masih 18 atau 19 tahun. Belum matang. Apalagi, saat bertemu Ippo Gala saya bisa menang KO," beber Yani.


Berhubungan Baik

Ippo Gala juga asal Indonesia. Dia pernah bertandingan melawan Pacquiao di Manadaluyong, 27 Juli 1996. Dalam laga tersebut, Ippo kalah TKO ronde kedua dari 10 ronde yang direncanakan. Dua tahun kemudian, Ippo lalu bertemu Yani pada perebutan gelar WBC Internasional dan kembali kalah KO.

Yani akhirnya bertanding melawan pengganti Pacqiao, Joes Makad dan menang ronde kedua.

Meski gagal bertemu di atas ring, hubungan Yani dan Pacquiao kabarnya tetap terjalin dengan baik. Dalam wawancara pengamat tinju Indonesia, Finon Manullang, yang dilansir dari situs Rondeaktual.com, disebutkan bila Yani dan Manny Pacquiao masih kerap berkomunikasi.

Saat hendak bertarung melawan Juan Manuel Marquez di Las Vegas, Pacquiao pun katanya sempat mengundang Yani. "No Money, aku jawab seperti itu. Terus Pacquiao mau kasih tiket pesawat, tapi aku bilang tidak usah," kata Yani yang juga mengaku sempat dicari Pacquiao saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu kemudian. Saat itu, menurut Yani, Pacquiao hendak bertemu dengan salah seorang warga negara Filipina, Mary Jane Fiesta yang terancam hukuman mati akibat penyelundupan heroin.

"Seorang reporter televisi menghubungi saya kemudian menyambungkan teleponnya kepada Manny. Dia mengira saya berada di Jakarta. Saya bilang saya di Surabaya, bukan di Jakarta," kata Yani.


Biodata

Nama: M. Yani. ( Yani. Malhendo)

Lahir: Bima NTB, 8 September 1968

Pekerjaan saat ini: Wiraswasta

Titel Kejuaraan:

- Juara nasional3 kelas berbeda

- Juara IBF Internasional kelas terbang yunior

- Juara WBC Internasional kelas bantam yunior

Musuh Bebuyutan Taliban

Masalah Taliban Belum Usai, ISIS Mulai Mengancam Afghanistan

Liputan6.com 2021-08-26 16:55:49
Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Saat warga Afghanistan yang putus asa memadati bandara Kabul yang mencoba melakukan penerbangan evakuasi untuk melarikan diri dari Taliban, para pejabat telah memperingatkan ancaman terorisme lainnya yakni kelompok militan ISIS.

Presiden Joe Biden mengatakan ada "risiko akut dan berkembang" dari serangan di bandara oleh cabang regional kelompok itu, yang disebut Islamic State-Khorasan atau ISIS-K. Demikian seperti melansir Channel News Asia, Kamis (26/8/2021).

Amerika Serikat, Inggris dan Australia telah mengatakan kepada warganya untuk meninggalkan daerah itu ke lokasi yang lebih aman.

Ketika ditanya langsung tentang ancaman itu, seorang juru bicara Taliban mengakui risiko "gangguan" yang menyebabkan masalah dalam situasi kacau yang mereka tuduh sepenuhnya pada evakuasi yang dipimpin AS.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kelompok ISIS Regional

Beberapa bulan setelah ISIS mendeklarasikan kekhalifahan di Irak dan Suriah pada tahun 2014, kelompok yang memisahkan diri dari Taliban Pakistan bergabung dengan militan di Afghanistan untuk membentuk cabang regional, berjanji setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Kelompok itu secara resmi diakui oleh pimpinan pusat ISIS pada tahun berikutnya karena berakar di timur laut Afghanistan, khususnya provinsi Kunar, Nangarhar dan Nuristan.

Ia juga berhasil mendirikan sel-sel tidur di bagian lain Pakistan dan Afghanistan, termasuk Kabul, menurut pemantau PBB.

Perkiraan terbaru kekuatannya bervariasi dari beberapa ribu pejuang aktif hingga serendah 500, menurut laporan Dewan Keamanan PBB yang dirilis bulan lalu.

"Khorasan" adalah nama historis untuk wilayah tersebut, mengambil bagian dari apa yang sekarang disebut Pakistan, Iran, Afghanistan, dan Asia Tengah.

Cabang Negara Islam Afghanistan-Pakistan telah bertanggung jawab atas beberapa serangan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Kelompok ini telah membantai warga sipil di kedua negara, di masjid, tempat suci, alun-alun dan bahkan rumah sakit.

Kelompok ini secara khusus menargetkan Muslim dari sekte yang dianggap sesat, termasuk Syiah.


Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting:

 

Skandal Pacaran di JKT48

Ara JKT48 dan Chika JKT48 Terlibat Skandal Pacaran, ini 4 Faktanya

Liputan6.com 2021-08-26 16:20:52
Potret Ara JKT 48 dan Chika JKT 48. (Sumber: Instagram/chika.ara48)

Dua member JKT48 yakni Zahra Nur Khaulah atau yang lebih dikenal dengan Ara JKT48 dan Yessica Tamara atau yang lebih dikenal dengan nama Chika JKT 48 baru-baru ini tengah hangat diperbincangkan di Twitter. Kedua member JKT48 ini dikabarkan tengah tersandung skandal pacaran.

Dilansir dari unggahan akun Instagram anonimus, terdapat foto Ara dan Chika tengah melakukan double date. Dalam foto tersebut, Chika nampak berfoto mesra dengan Fajri UN1TY sedangkan Ara bersama dengan Fiki UN1TY.

Padahal, ada aturan yang mengikat semua member JKT48 dan disebut dengan 'Golden Rules'. Salah satunya yakni tidak memperbolehkan anggotanya untuk berpacaran selama masih menjadi anggota aktif JKT48.

Seperti apakah faktanya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (26/8/2021).


1. Tertangkap basah sedang double date

Skandal ini berawal dari beredarnya sebuah foto yang memperlihatkan pose mesra dari Chika JKT48 serta Ara JKT48 sedang melakukan double date atau kencan ganda dengan dua personel UN1TY yakni Fajri dan Fiki. Foto tersebut pun viral di kalangan warganet dan menjadi perbincangan hangat.

Atas viralnya foto tersebut, akhirnya banyak penggemar JKT48 yang turut kecewa. Pasalnya, Chika dan Ara dianggap melakukan pelanggaran yang dapat berpotensi membuat keduanya dipecat dari JKT48.


2. Kedapatan melanggar 'Golden Rules'

Di JKT48 terdapat aturan yang diberi nama Golden Rules. Aturan ini bersifat mengikat dengan ketat kepada seluruh anggota aktif JKT48.

Dalam aturan ini, setiap anggota tidak diperbolehkan untuk berpacaran selama masih menjalin kerja sama atau kontrak sebagai anggota resmi JKT48. Sedangkan dengan beredarnya potret mesra tersebut, membuat Chika dan Ara melanggar peraturan yang sangat dijunjung tinggi oleh anggota JKT48.


3. Pengakuan Chika

Setelah foto mesra dengan anggota UN1TY viral, akhirnya Chika JKT48 pun angkat bicara terkait hal ini. Dalam klarifikasi tersebut, Chika membenarkan bahwa foto tersebut adalah dirinya. Dirinya pun mengaku telah menjelaskan semuanya kepada pihak manajemen.

Dalam video yang diunggah secara live di Instagram resmi JKT48 tersebut, Chika menyatakan bahwa dirinya menyesal akan kejadian tersebut. Dirinya juga meminta maaf, tidak hanya kepada fans yang telah setia mendukungnya, tetapi juga kepada pihak manajemen.

Tak hanya itu, Chika juga meminta maaf kepada seluruh member JKT48 karena namanya pun banyak yang ikut terseret. Selain itu, Chika juga telah siap menerima segala konsekuensi atau hukuman yang akan diberikan kepadanya.


4. Sikap tegas manajemen

Berbeda dengan Chika yang langsung memberikan klarifikasi atas kegaduhan yang ditimbulkannya, pihak Ara JKT48 malah masih bungkam hingga kini. Bahkan, pihak manajemen juga menganggap ponakan dari Dara The Virgin ini tak memiliki iktikad baik untuk menjelaskan pokok permasalahan yang dihadapi. Maka dari itu, pihak manajemen pun mengambil tindakan tegas atas tindakan Ara.

"Setelah satu minggu lebih berusaha untuk menghubungi Zahra Nur, yang bersangkutan tidak menunjukkan itikad baik untuk berkomunikasi dan tidak memenuhi panggilan yang diberikan oleh manajemen. Oleh karena pelanggaran kewajiban dan peraturan sebagai member, terhitung mulai hari ini yang bersangkutan tidak lagi tercatat sebagai member JKT48. Maka, segala aktivitasnya pun tidak lagi berhubungan dengan JKT48,"tulis pihak manajemen dalam press rilis yang diunggah di website resmi JKT48 pada Rabu (25/8).

Sedangkan untuk Chika, pihak manajemen mengambil keputusan yang berbeda karena ia kooperatif dalam menyelesaikan masalah.

"Kami memutuskan untuk menangguhkan aktivitas Yessica Tamara sebagai member JKT48 sampai dengan akhir Oktober 2021. Selama ditangguhkan, yang bersangkutan tidak akan tampil di panggung publik seperti teater, event, media, dan sejenisnya. Selama masa tersebut, kami harap yang bersangkutan dapat melakukan hal-hal yang bisa membuatnya melakukan introspeksi diri dan beraktivitas dengan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang sepantasnya."dilansir dari website resmi JKT48 pada Rabu (25/8).

Putus Sekolah tapi Jadi Miliarder

Cerita Pemuda Putus Sekolah dan Terlilit Utang Jadi Miliarder Lewat Dagang Online

Liputan6.com 2021-08-25 21:08:51
(Doc:Laura Muriel)

Mainan pistol Nerf, permen pelega tenggorokan, sampo, cookies, dan ribuan produk lainnya yang dijual di Amazon menyelamatkan hidup Larry Lubarsky dari lilitan utang sebesar USD 100 ribu (Rp 1,4 miliar).

Bahkan dia pernah menghasilkan USD 18 juta (Rp 258,8 miliar) pada 2017 lalu dari hasil penjualan ribuan produknya.

Lubarsky adalah seorang siswa putus sekolah yang tinggal bersama sang ibu. Dia tidak memiliki uang tabungan bahkan terlilit utang.

Melansir dari CNBC, Rabu (25/8/2021), Lubarsky kemudian memutuskan mulai berdagang, di salah satu platform.

Dia membeli produk, seperti elektronik, perlengkapan kecantikan, atau mainan dalam jumlah besar. Kemudian menjualnya kembali di Amazon untuk mendapatkan keuntungan sebagai pihak ketiga.

Saat melihat mainan pistol Nerf dijual seharga USD 20 (Rp 287 ribu) per buah di Amazon, Lubarsky kemudian membeli ratusan atau ribuan mainan serupa seharga USD 10 (Rp 143 ribu) per buah.

Dia kemudian menjualnya di Amazon dengan mengambil keuntungan sebesar USD 5 (Rp 71 ribu) per mainan.

Bisnis Lubarsky terus berkembang. Bahkan dia memiliki hampir 3.000 total produk terdaftar di Amazon pada waktu-waktu tertentu. Rata-rata, ia bisa menjual 1.500 hingga 2.000 pesanan per hari di AS dan Eropa.


Awal Mula Merintis Bisnis Pribadi

Lahir dan dibesarkan di Brooklyn, Lubarsky keluar dari sekolah menengah atas untuk menjadi broker saham saat berusia 17 tahun.

Meskipun telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk menjual saham, krisis keuangan pada 2008 membuatnya memiliki utang lebih dari USD 100 ribu (Rp 1,4 miliar).

Ia mencari pekerjaan yang bisa ditemukan di restoran pizza dan bisnis lokal lainnya. Pendapatan sebesar USD 500 (Rp 7,1 juta) dalam seminggu digunakan untuk membayar tagihan dan mulai melunasi utang.

Salah seorang teman Lubarsky yang memiliki toko optik di Brooklyn memperkerjakannya untuk menjawab telepon masuk dengan bayaran sebesar USD 500 (Rp 7,1 juta) per minggu pada 2012.

Temannya juga memiliki bisnis sampingan untuk menjual kacamata hitam dan kacamata grosir di Amazon sebagai pihak ketiga.

Bahkan, Lubarsky membantu temannya memperluas bisnis ke Amazon UK dan menjalankannya dengan mengambil sedikit dari keuntungan yang didapatkan. Hanya dalam setahun, bisnis yang dipegang Lubarsky menghasilkan beberapa juta dolar.

Peluang dalam merintis bisnis di Amazon itu membuat Lubarsky bangkit kembali. Akhirnya, ia berhasil menyewa apartemen sendiri di Brooklyn dan menggunakan keahliannya yang baru untuk meluncurkan bisnis Amazon pribadi pada 2014.

Modal menjadi satu-satunya hal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis. Jadi, Lubarsky mengajukan idenya kepada beberapa teman untuk menginvestasikan USD 60 ribu (Rp 862,7 juta).

Uang sebesar USD 10 ribu (Rp 143,7 juta) dihabiskan untuk membeli perlengkapan pengiriman dan penyewaan sebuah rumah kecil dengan satu kamar tidur di Brooklyn. Lubarsky mulai bekerja di luar garasi.

Lalu, sisa uangnya digunakan untuk membeli persediaan produk tahap pertama yaitu hampir 100 produk grosir yang berbeda, didominasi produk kesehatan dan perawatan pribadi. Menurutnya, produk tersebut akan terjual dengan baik berdasarkan pengalamannya saat berjualan di Amazon dulu.

"Kami membeli produk sebesar USD 50 ribu (Rp 719 juta). Produk dijual setidaknya dalam 60-90 hari. Uang sebesar USD 50 ribu (Rp 719 juta) tadi akan kembali kepada kami menjadi USD 70 ribu (Rp 1 miliar)," kata Lubarsky.


Seluruh Hasil Penjualan Digunakan untuk Investasi

Lubarsky akan mengambil seluruh hasil penjualan tersebut untuk melakukan investasi kembali kepada lebih banyak pembelian produk.

"Ketika memulai bisnis, kami tidak membayar diri sendiri. Kami juga tidak mengambil satu dolar pun selama lebih dari satu setengah tahun. Kami terus menjual barang, mengambil uangnya, menginvestasikannya kembali ke produk baru," tambah Lubarsky.

Sebagian besar pengiriman dan pengepakan barang dilakukan langsung oleh Lubarsky dan rekannya. Mereka juga bekerja selama seminggu penuh agar bisnis tetap berjalan.

Saat arus kas bisnisnya mulai stabil, Lubarsky mulai membayar satu pekerja tambahan. Pada 2018, Lubarsky sudah memiliki 10 orang pekerja yang bekerja di gudang seluas 4.400 meter persegi itu.

Strateginya untuk mengalihkan seluruh hasil penjualan menjadi modal dalam membeli produk baru membuat bisnis Lubarsky terus bertumbuh. Ia mampu menghasilkan USD 3 juta (Rp 43,1 miliar) dan USD 4 juta (Rp 57,5 miliar) dalam setahun pertama.

Produk paling populer yang dijual Lubarsky terdiri dari lima kategori, yaitu elektronik, produk kecantikan, bahan makanan, mainan, dan produk kesehatan. Saat memutuskan pembelian produk, hal pertama yang akan dilakukan Lubarsky adalah memeriksa situs Amazon's Fulfillment terlebih dahulu.

Situs tersebut adalah peringkat produk terlaris yang akan digunakan Lubarsky agar mendapatkan gambaran tentang kecepatan penjualan produk. Ia juga tidak akan mempertimbangkan penjualan produk yang berada di luar peringkat teratas karena berpotensi tidak diminati pembeli.

Hal kedua yang dilakukan Lubarsky adalah mempertimbangkan pengembalian yang diharapkan atas investasi yang dilakukan (ROI).

"Saya mencari ROI minimal 30 persen. Jika saya membelanjakan USD 10 (Rp 143 ribu) untuk sebuah produk, saya ingin mendapatkan kembali keuntungan setidaknya USD 3 (Rp 43 ribu)."

Kemudian, hal terakhir yang dilakukan Lubarsky adalah tidak akan membeli produk kecuali saat mendapatkan keuntungan minimal USD 3 (Rp 43 ribu). Apabila tidak mendapatkan USD 3 (Rp 43 ribu), marginnya akan menjadi terlalu kecil dan tidak sepadan dengan waktu dan usaha yang dihabiskan.


Membuka Bisnis di Amazon Bukan Pekerjaan Mudah

Bisnis yang sukses membuat hidup Lubarsky berubah sepenuhnya. Namun, ia tidak ingin memberi kesan bahwa menghasilkan jutaan di Amazon adalah pekerjaan yang mudah.

Membuka bisnis di Amazon tidak menjadi jalan pintas untuk kaya atau sesuatu yang menjadi penghasilan pasif saat Anda hanya bekerja sekitar satu hingga dua jam dalam sehari atau seminggu melalui laptop.

Labersky berpendapat, "Menjual di Amazon adalah sebuah bisnis yang luar biasa. Akan tetapi, sama seperti bisnis apa pun, ini adalah bisnis nyata yang membutuhkan kerja, membutuhkan usaha. Saya sering membandingkan bisnis Amazon milik saya dengan orang lain yang membuka bisnis fisik. Ini membutuhkan kerja, investasi, waktu, kesabaran. Ada sejuta hal yang bisa berjalan dengan tidak tepat, tetapi bagi orang yang mau bekerja, saya pikir ini adalah bisnis yang luar biasa."

Reporter: Shania