Volume 68

Pulau di Indonesia Dijual Rp1,4 T

Di Mana Lokasi Pulau Tambelan yang Heboh Dijual Rp1,4 Triliun di Instagram?

Liputan6.com 2021-08-27 09:01:05
Pulau Tambelan di Kabupaten Bintan dilelang Rp1,4 triliun di Instagram membuat heboh banyak orang. (Liputan6.com/ Google Map)

Nama Pulau Tambelan baru-baru ini jadi bahan perbincangan. Pangkalnya, beredar isu penjualan pulau seharga Rp,14 triliun di Instagram. Di manakah Pulau Tambelan berada?

Dilansir dari laman dishub.bandaacehkota.go.id, Pulau Tambelan berada di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau itu merupakan kecamatan terluar dan terpisah jauh dari dari pusat Kabupaten Bintan.

Secara geografis, Tambelan berbatasan dengan perairan Kecamatan Midai di sebelah utara dan Selat Karimata di sebelah selatan. Sementara, sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan bagian timur berbatasan dengan perairan Natuna, Kalimantan Barat. Karena berdekatan dengan Natuna, masyarakat sering menganggap Tambelan bagian dari kabupaten itu.

Kecamatan ini dikaruniai keindahan alam yang menjadi daya tarik wisata. Mulai dari pantai perawan hingga Gunung Kute menjadi objek wisata yang patut dikunjungi.

Pada Juni 2019, Kementerian Perhubungan mulai membangun Bandara Tambelan sebagai upaya penyediaan akses transportasi untuk warga dan pelancong yang berkunjung. Sebelumnya, warga dan pendatang hanya bisa keluar masuk pulau lewat jalur laut yang membutuhkan waktu tempuh 24 jam dari Bintan.

Bandara tersebut mulai beroperasi pada 2020. Bandara itu memiliki landasan pacu 1.200m x 30m dan luas terminal 600m2 dengan jarak tempuh dari kota Kecamatan Tambelan ke bandara kurang lebih dua kilometer. Bandara ini bisa didarati pesawat ATR dan Casa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bikin Heboh

Terkait kabar penjualan pulau, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menilai hal itu dilakukan oleh orang iseng. Meski begitu, ia meminta aparat penegak hukum untuk mengusut pemilik akun yang melelang pulau milik Indonesia itu.

"Perlu ditelusuri oleh aparat hukum maupun camat di Kecamatan Tambelan, agar berita seperti ini tidak memicu kehebohan di tengah-tengah masyarakat," kata Ansar, di Tanjungpinang, Kamis, 27 Agustus 2021, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Ansar menegaskan pulau terluar itu tidak bisa dilelang oleh siapa pun karena dimiliki banyak pihak. Apalagi, di Tambelan banyak terdapat aset pemerintah seperti bandara, fasilitas pendidikan, hingga kesehatan.

Pulau Tambelan pun hanya boleh dimanfaatkan untuk investasi melalui mekanisme penanaman modal dalam negeri (PDN) dan penanaman modal asing (PMA). "Kalau untuk investasi boleh, asal sesuai kaidah hukum dan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku," kata Ansar.


Akun Menghilang

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara menyampaikan kabar Pulau Tambelan dilelang menghebohkan masyarakat. Itu menyusul pemberitaan oleh salah satu media nasional, Rabu, 25 Agustus 2021

Pihaknya sempat mencoba menelusuri akun Instagram yang melelang pulau berpenduduk sekitar 4.000 jiwa itu, tapi tidak berhasil ditemukan.

"Masyarakat Tambelan tidak perlu panik, karena sampai hari ini belum ada yang membuat pengaduan soal Pulau Tambelan dilelang via Instagram," ujar Sekda, saat itu.


Gua Langse

 

Viral, Kembaran Jokowi Versi Perempuan

Viral Sosok Ibu di Makassar Wajahnya Mirip Presiden Joko Widodo, Jadi Sorotan

Liputan6.com 2021-08-27 18:10:49
Seorang ibu bernama Ani Pina di Makassar mendadak viral di media sosial. (SUmber: Instagram/@jokowi/Merdeka)

Media sosial kerap kali membuat orang awam menjadi terkenal hingga viral di dunia maya. Entah karena aksinya yang mencuri perhatian hingga memiliki wajah yang mirip artis atau pejabat publik.

Seperti yang baru-baru ini ramai diperbincangkan warganet. Sosok wanita di Makassar mendadak viral karena disebut memiliki wajah yang mirip dengan Presiden Joko Widodo. Wanita paruh baya itu menjadi viral di media sosial setelah videonya banyak dibagikan ulang di Instagram.

Dalam video yang beredar, ibu rumah tangga bernama Ani Pina itu memang memiliki wajah yang begitu mirip dengan Presiden RI ke-7 ini. Apalagi saat tersenyum hingga bentuk mata hingga dahinya yang berkerut.

Sontak video yang berawal direkam dan diunggah oleh seorang ustaz bernama Ustaz Amri atau Ustaz Delon itu membuat Ani Pina yang mirip Jokowi menajdi perhatian. Banyak warganet yang meninggalkan komentarnya.


Mirip Presiden Jokowi

Dilansir dari keterangan di Instagram @memomedsos oleh Liputan6.com, Jumat (27/8/2021) sosok Ani Pina mendadak jadi sorotan setelah Ustaz Amri atau Ustaz Delon membagikan video Pina di media sosial.

Kemiripan wanita berusia 51 tahun ini dengan orang nomor satu di Indonesia itu sangat terlihat jelas saat ia tersenyum dan mengerutkan keningnya.

"Tidak ada bedanya, mirip. Semua orang disini katanya (mirip) makanya viral," kata Ustaz Delon, dikutip dari Instagram @memomedsos.


Jadi Sorotan

Ani Pina yang merupakan warga Jalan Rappokalling Barat, ini sontak jadi perbincangan usai video dirinya beredar di media sosial. Banyak warganet yang menganggap dan berkomentar jika Pina memang mirip dengan wajah Jokowi.

"Saudara dengan pak presiden kah? mirip lho ini cuma versi perempuannya pak Presiden versi laki-lakinya," kata pria dalam video.

Setelah sosoknya viral, Ani Pina justru mengaku tak menyangka jika videonya tersebut akan ramai jadi perbincangan di media sosial.

"Dulu ji kapang iya (dulu banyak bilang mirip presiden). Tapi saya tidak tau kalau mirip," kata Pina dikutip dari Instagram @memomedsos oleh Liputan6.com.Kesehariannya Ani Pina berjualan ke tetangga untuk menghidupi kelima anaknya. Sementara ia menyebut, sang suaminya telah lama meninggal dunia.

Beli Mobil 1 Pakai Uang 10 Karung

Pria Ini Beli Mobil Rp 113 Juta Pakai Uang Koin 10 Karung

Liputan6.com 2021-08-26 18:13:13
Ilustrasi uang koin. (Bola.com/Pixabay)

Pria di China membayar mobil yang dibelinya menggunakan uang koin. Alhasil staf membutuhkan waktu lebih dari tiga jam untuk menghitung pembayarannya.

Sejatinya jarang orang membeli kendaraan dengan uang tunai. Mereka yang melakukannya hanya menyulitkan pemilik toko mobil untuk menghitung uang dan memastikan jumlahnya akurat.

"Saya yakin tidak ada yang mengharapkan pelanggan membayar mobil menggunakan koin, tetapi satu orang ini benar-benar melakukannya!," kata salah satu pemilik toko seperti dikutip dari World of Buzz, Kamis (26/8/2021).

Media China melaporkan seorang pria di Zhoukou, Provinsi Henan, China yang membeli mobil senilai 51.000 yuan atau sekitar Rp 113 juta dengan koin.

Chen, salah satu karyawan di toko dealer mobil mengatakan pria yang bekerja di bisnis tepung itu membawa 10 kantong tepung berisi koin untuk membeli mobil putranya. Dia mengatakan butuh lebih dari 20 staf untuk menghitung koin satu per satu, yang berlangsung selama lebih dari tiga jam.

Dia menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya dia menemukan sesuatu seperti ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Respons Netizen

Beberapa netizen heran bahwa para staf masih mau menghitung uang, sementara yang lain menyarankan agar menggunakan penghitung koin.

"Toko ini sangat bagus. Mereka bersedia menghitung. Saya tidak akan mau," komentar seorang netizen.

"Bank memiliki mesin yang dapat menghitung koin. Itu akan lebih nyaman," kata netizen lain.

"Setelah menghitung koin, mereka akan pergi ke bank untuk menyetor uang, dan staf bank harus menghitungnya lagi," komentar lainnya.

Taliban Haramkan Musik

Taliban Akan Larang Musik di Ruang Publik Afghanistan

Liputan6.com 2021-08-26 19:25:17
Perempuan Afghanistan dengan burqa berjalan di sebuah jalan di Kabul, pada Minggu (22/8/2021). Taliban merebut kembali kendali Afghanistan, hampir dua dekade setelah mereka digulingkan koalis

Petinggi Taliban mengumumkan bahwa musik dilarang di area publik Afghanistan. Musik dinyatakan tak sesuai ajaran agama.

Pelarangan musik ini akan diterapkan Taliban meski mereka mengklaim sudah lebih toleran. Otomatis hal ini bakal berdampak ke pertunjukkan seni musik di depan umum.

"Musik dilarang dalam Islam," ujar juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada The New York Times, Rabu (25/8).

Zabihullah berkata akan memakai cara yang persuasif dalam mempromosikan larangan musik.

"Kami berharap bahwa kita bisa mempersuasi masyarakat agar tidak melakukan hal demikian ketimbang menekan mereka," jelas Zabihullah.

Zabihullah santer disebut akan menjadi menteri informasi dan budaya di rezim baru Taliban di Afghanistan. Ia fasih bahasa Pashtun dan Dari yang umum di Afghanistan, serta pernah belajar yurispundensi Islam di madrasah Darul Uloom Haqqania di Pakistan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Direktur CIA Temui Taliban

Sementara itu, Direktur CIA Wiliam J. Burns terkuak sedang diam-diam mengunjungi Afghanistan untuk bertemu Taliban. Namun, Gedung Putih ogah berkomentar ketika ditanya media.

"Saya memahami pertanyaan Anda. Saya mengarahkan Anda ke CIA terkait pertanyaan yang spesifik atau perannya (Bill Burns)," ujar juru bicara Gedung Putih Jen Psaki pada Selasa (24/8).

Saat ada jurnalis yang bertanya lebih lanjut, Psaki berkata tak mau lagi menjawab topik tersebut.

"Saya tidak akan menerima ini lagi," ujarnya. Jen Psaki menyebut AS memang punya kontak dengan Taliban yang saat ini berkuasa di Afghanistan. Diskusi CIA dengan Taliban lantas dianggap suatu keperluan, dan Psaki menyuruh jurnalis bertanya langsung ke CIA.

"Itulah pekerjaan dari tim keamanan nasional kita, tetapi mengenai detail-detail tentang CIA, saya mengarahkan Anda ke CIA," ujarnya.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

 

Pria Ini Bikin Macet Selama 7 Tahun

Silent Man, Pria Pemicu Kemacetan di Inggris Selama 7 Tahun

Liputan6.com 2021-08-26 20:40:10
Ilustrasi Kemacetan (Sumber Foto: Pexels)

Seorang pria Inggris yang diberi julukan 'Silent Man' menjadi penyebab banyak kemacetan lalu lintas di kotanya selama 7 tahun terakhir dengan hanya berdiri di tengah lalu lintas.

Melansir laman Oddity Central, Kamis (26/8/2021), ia tak pernah mengucapkan sepatah kata pun. Tidak ada yang tahu mengapa ia melakukan hal tersebut.

Sejak 2014, David Hampson telah berulang kali menghambat lalu lintas dengan berdiri di tempat yang sama persis, di tengah jalanan. Pria 51 tahun itu dituntut berperilaku kriminal yang melarangnya menghalangi jalan raya umum di Inggris dan Wales, tetapi tindakannya di masa lalu menunjukkan ia tak peduli pada tuduhan semacam itu.

Pada 2018, David dijatuhi hukuman 3 tahun penjara karena memblokir jalan di tempat yang sama persis seperti biasa, yakni tepat di luar kantor polisi pusat Swansea. Seperti biasa pula, ia menolak memberi penjelasan atau mengatakan apa pun tentang tindakan anehnya.

Pada Desember 2020, hal sama terjadi terakhir kali ia memutuskan untuk memblokir jalan. Sekarang, ia menghadapi tuntutan pidana.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Pernah Kapok

Karena Silent Man tak pernah berbicara pada siapa pun tentang motif tindakan yang selalu dilakukannya setiap beberapa bulan, tidak ada yang tahu mengapa ia terus memblokir jalan di tempat yang sama.

Saksi mata, termasuk polisi mengatakan kepada pengadilan Swansea bahwa David dapat berbicara. Bahkan salah satu orang menggambarkan David sebagai pria yang sangat sopan yang akan mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan apa yang ia minta.

David Hampson telah dipenjara 9 kali karena selama 7 tahun terakhir menyebabkan kemacetan lalu lintas. Hal tersebut tidak membuatnya kapok. Bahkan ketika ia diborgol dan ditangkap, ia menolak memberikan motif apa pun atas tindakannya.

"Entah David akan menghabiskan sisa hidupnya di penjara atau sesuatu telah dilakukan untuk membantunya dengan masalah serius," kata Hakim Paul Thomas dalam sidang baru-baru ini. "Pengadilan ingin membantunya daripada menghukumnya, apakah ia bersedia membantu kita melakukan itu adalah masalah lain."

Hakim kemudian memerintahkan pemeriksaan psikiatri atas tindakan David, tetapi terdakwa menolak berbicara dengan dokter. Hakim juga meminta agar rekam medisnya diserahkan pada dokter, dengan harapan mereka dapat menemukan jawaban atas 2 teka-teki, mengapa ia konsisten memblokir lalu lintas di tempat yang sama, dan mengapa ia menolak untuk membicarakannya.

Reporter: Ielyfia Prasetio

Taliban Vs ISIS

HEADLINE: Taliban Menguasai Afghanistan, ISIS Manfaatkan Situasi?

Liputan6.com 2021-08-28 00:02:03
Asap mengepul dari ledakan mematikan di luar bandara di Kabul, Afghanistan, Kamis (26/8/2021). Dua pelaku bom bunuh diri dan pria bersenjata menargetkan massa yang berkumpul di dekat bandara

Tiga ledakan mengguncang Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Kamis 26 Agustus 2021. Ledakan itu menewaskan 90 warga sipil, 13 tentara Amerika, dan 150 orang terluka.

Ledakan pertama yang dilaporkan berasal dari bom bunuh diri, terjadi sekitar pukul 18.00 waktu setempat di dekat Hotel Baron. Hotel yang digunakan pemerintah Inggris untuk mengatur proses evakuasi warga Afghanistan yang ingin mengungsi itu, berada di dekat perimeter bandara.

Rentetan suara tembakan terdengar mengiringi ledakan di dekat Hotel Baron. Tak berselang lama, bom kedua meledak di dekat Abbey Gate, salah satu pintu masuk utama Bandara Kabul, yang saat itu dipenuhi warga Afghanistan sedang menunggu proses untuk bisa keluar dari negara yang kini dikuasai Taliban.

Dua jam kemudian, sekitar pukul 20.00 waktu setempat, suara ledakan ketiga mengejutkan warga Afghanistan. Jurnalis Al Jazeera Rob McBride melaporkan, ledakan tersebut terdengar seperti, "dentuman yang sangat keras, dan berasal dari ledakan yang sangat besar". Menurut juru bicara Taliban, ledakan ketiga itu berasal dari militer AS yang menghancurkan amunisi.

Kelompok ISIS-K kemudian mengklaim bertanggung jawab atas rangkaian serangan bom bunuh diri tersebut. ISIS-K atau ISKP (Islamic State Khorasan Province) merupakan cabang kelompok ISIS di Afghanistan.

Dilansir The Guardian, media ISIS, Amaq news agency mengatakan saluran Telegramnya menyebut seorang anggota bernama Abdul Rahman al-Logari melakukan operasi syahid di dekat Bandara Kabul. "Pemboman hari ini mampu menembus semua benteng keamanan, dan berada dalam jarak lima meter dari pasukan AS sebelum ledakan," ungkap pihak ISIS-K.

Pakar tentang ISIS dari London University's International Centre for the Study of Radicalisation (ICSR) Tore Hamming menilai teror yang dilakukan ISIS-K di Bandara Kabul sebagai tantangan untuk Taliban yang kini menguasai Afghanistan.

"Mereka mencapai beberapa hal: mereka mencapai target yang sah (dari sudut pandang mereka), mereka mengirim sinyal masih menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dan mereka menantang proyek Taliban dengan menyoroti bahwa kelompok itu tidak dapat mengamankan Kabul," kata Hamming.

Menurut pakar terorisme dari Universitas Malikussaleh, Al Chaidar, pada dasarnya aliran yang dianut ISIS dan Taliban jauh berbeda. ISIS menganut Wahabi-Takfiri, sementara Taliban Hanafi-Deobandi.

"Mereka punya agenda sendiri yang berlawanan dengan tujuan Taliban," jelas Al Chaidar kepada Liputan6.com, Jumat (27/8/2021). "ISIS hanya ingin membentuk negara khilafah. Taliban ingin membuat negara Islam tanpa demokrasi."

Infografis Kecaman Pemimpin Dunia untuk Bom Bandara Kabul Afghanistan (Liputan6.com/Abdillah)

Hubungan Taliban dan ISIS-K, dinilai pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia Yon Machmudi, saat ini diperkeruh oleh kepentingan Taliban menjaga Afghanistan dari ISIS dan Al-Qaeda sesuai perjanjian dengan Amerika. Tak hanya itu, Taliban juga belum lama ini mengeksekusi seorang tokoh ISIS, yakni Omar Khorasani.

Yon menduga ada faktor balas dendam dalam serangan ISIS-K di Bandara Kabul. "Salah satu pemimpin ISIS Asia Selatan Omar Khorasani itu dieksekusi oleh kelompok Taliban setelah mereka bisa menguasai Kabul. Omar Khorasani itu ditahan oleh pemerintah sebelumnya."

Situasai kevakuman pemerintahan di Afghanistan, menurut Yon juga telah dimanfaatkan ISIS-K. "Tentara Afganistan belum mampu menjaga kondisi setelah tentara Afghanistan dari pemerintah sebelumnya itu sudah vakum. Apakah itu sepenuhnya diganti tentara Taliban, saya kira itu masih belum juga jelas," ujar Yon.

"Kekosongan tentara secara resmi ini saya kira menjadi problem akan ketidakpastian keamanan di Afghanistan, sehingga memungkinkan masuknya aksi-aksi bom bunuh diri yang biasa dilakukan ISIS secara sporadis. Kemampuan-kemampuan mendeteksi seperti itu nampaknya belum kuat oleh tentara Taliban saat ini," lanjutnya.

Pasukan keamanan di Afghanistan juga belum bisa menjangkau seluruh daerah secara merata. "ISIS sendiri mencoba untuk mencari tempat yang di mana konflik itu sedang berkecamuk, itu (ISIS) mendapat posisi lebih aman. Jadi tidak melihat strategis atau tidak. Jadi wilayah ada konflik mereka bisa masuk," ungkap Yon.

Sementara itu, Charlie Winter, peneliti senior di London University's International Centre for the Study of Radicalisation (ICSR) menyatakan, "Lintasan ISIS-K telah menjadi salah satu kebangkitan setelah masa sulit pada 2019 dan paruh pertama 2020 ... tetapi mereka tiba-tiba terdiam sejak pengambilalihan Taliban dan kemungkinan alasannya adalah kelompok itu bersiap untuk kampanye baru."

Sedangkan Antonio Giustozzi, seorang ahli dan penulis di Royal United Services Institute di London, menyebut ISIS-K terbukti lebih pragmatis daripada yang diperkirakan, meskipun ideologinya ekstrem. "Kelompok ini menavigasi politik regional. Antara Afghanistan dan Pakistan ada banyak aktor yang berebut pengaruh dan ISIS-K cukup efektif dalam memposisikan dirinya," ucap Giustozzi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Amerika Marah

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memperingatkan dalang di balik serangan bom bunuh diri Kabul yang menewaskan 13 tentara AS dan 60 warga sipil Afghanistan.

"Kami akan memburu Anda dan membuat Anda membayar," tegas Biden.

Di hari tergelap masa kepresidenannya, Biden menolak untuk memperpanjang tengat waktu hingga 31 Agustus untuk penarikan pasukan AS dari Afghanistan, tetapi berjanji akan mengevakuasi setiap warga AmerikaSerikat yang ingin pergi dari sana.

Biden dilaporkan berada di The Situation Room bersama tim kemanan nasionalnya ketika rincian serangan teoris muncul. Hal ini membuat Gedung Putih masuk ke mode krisis penuh.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada warga AS, Joe Biden memberikan penghormatan kepada yang gugur sebagai pahlawan yang "terlibat dalam misi berbahaya tanpa pamrih untuk menyelamatkan nyawa orang lain", kemudian bersumpah akan melakukan pembalasan dengan kekerasan yang setimpal terhadap para pemimpin Negara Islam yang bertanggung jawab.

Dengan penuh kemarahan, Biden berkata, "Kepada mereka yang melakukan serangan ini hari ini -- serta siapa pun yang ingin membahayakan Amerika -- ketahuilah ini: kami tidak akan memaafkan. Kami tidak akan lupa. Kami akan memburu Anda dan harus membayarnya."

Ia mengatakan telah memberi perintah pada Pentagon untuk "mengembangkan rencana operasional guna menyerang aset, kepemimpinan, dan fasilitas ISIS-K", dan menambahkan, "Kami akan menanggapi dengan kekuatan dan ketepatan pada waktu kami, di tempat yang kami pilih dan saat yang kami pilih."

"Sehubungan dengan menemukan dan melacak para pemimpin ISIS yang memerintahkan ini, kami memiliki beberapa alasan untuk percaya bahwa kami tahu siapa mereka dan kami akan menemukan cara yang kami pilih, tanpa operasi militer besar, untuk menangkap mereka. Dimana pun mereka berada," tambah Biden.

Presiden tidak memberikan tanda-tanda bahwa ia bermaksud untuk menghentikan evakuasi lebih awal dari yang direncanakan atau memperpanjangnya lebih dari akhir bulan.

Pada Rabu departemen luar negerti mengatakan ada sebanyak 4.500 warga Amerika telah diterbangkan, dengan sekitar 1.500 masih harus pergi. Ia berjanji untuk menyelamatkan warga AS yang masih ada di Afghanistan.

"Kita bisa dan kita harus menyelesaikan misi ini dan kita akan melakukannya. Kami tidak akan dihalangi oleh teroris," ujar Biden.

Pemerintah AS percaya bahwa mereka mulai mengarah pada narasi yang menguntungkan setelah mengevakuasi lebih dari 95.000 orang sejak 14 Agustus, sehari sebelum ibu kota Kabul jatuh ke tangan Taliban.

Evakuasi itu jadi pengangkutan udara terbesar dalam sejarah Amerika, mengangkut warga negara AS, mitra dan sekutu Afghanistan. Jen Psaki selaku sekretaris pers Gedung Putih berkata, "Saya tidak akan mengatakan ini sebagai apapun selain sebuah kesuksesan."

Namun, kematian personel layanan AS kemungkinan akan menyinggung publik dan menambah tekanan politik domestik pada Biden, yang dimana keputusannya untuk menarik pasukan AS pada 31 Agustus menyebabkan runtuhnya pemerintah dan tentara nasional.

Kevin McCarthy, pemimpin Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat, memanggil pembicara, Nancy Pelosi, untuk mempertimbangkan undang-undang yang akan melarang penarikan AS sampai semua orang Amerika keluar dari Afghanistan.

"Musuh kita telah mengambil keuntungan dari sifat penarikan yang kacau ini," ujar McCarthy. "Sudah waktunya bagi kongres untuk bertindak cepat untuk menyelamatkan nyawa."

Juru bicara Pelosi, Drew Hammill, mengatakan di Twitter: "Saat ini, pahlawan Amerika mempertaruhkan dan memberikan hidup mereka untuk melakukan evakuasi yang sangat berbahaya. Apa yang tidak akan membantu evakuasi warga Amerika adalah lebih banyak aksi penghalang dan gangguan."

Gedung Putih telah memperingatkan selama berhari-hari bahwa bahaya serangan dari Negara Islam merupakan faktor pendorong dalam upaya untuk menyelesaikan evakuasi pada akhir bulan.

Dengan terpecah-pecahnya Afghanistan dan kebangkitan COVID-19, keseluruhan peringkat persetujuan terhadap pekerjaan Biden sekarang adalah 41% yang menyetujui dan 55% yang tidak setuju, menurut sebuah berita di USA Today/ Suffolk University opinion poll.

Di hari tragedi, anggota partai Republik berduka atas hilangnya nyawa dan menahan kritik pedas mereka terhadap Biden. Donald Trump, mantan presiden, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Melania dan saya mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga Anggota Tentara yang brilian dan pemberani. Belasungkawa juga dengan keluarga dari warga sipil tak berdosa yang tewas hari ini dalam serangan kabul yang biadab."

"Tragedi ini seharusnya tidak pernah dibiarkan terjadi, yang membuat kesedihan kami semakin dalam dan semakin sulit untuk dipahami."

Namun, ada beberapa anggota partai Republikan dalam retorika mereka dan bahkan meminta Biden untuk mengundurkan diri.

Josh Hawley, seorang senator untuk Missouri, mengatakan: "Sekarang sangat jelas bahwa ia tidak memiliki keinginan atau kapasitas untuk memimpin. Ia harus mengundurkan diri."


Pengakuan ISIS-K Sebagai Dalang

Bom bunuh diri di luar bandara Kabul pada Kamis (26/8) menewaskan puluhan warga Afghanistan termasuk belasan tentara Amerika Serikat.

ISIS-K atau ISKP (Islamic State Khorasan Province) merupakan cabang kelompok ISIS di Afghanistan yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Dikutip dari The Straits Times, Jumat (27/8/2021), pernyataan oleh media ISIS, Amaq news agency yang diterjemahkan oleh Site mengatakan bahwa "pemboman hari ini mampu menembus semua benteng keamanan," dan berada dalam jarak lima meter dari pasukan AS sebelum ledakan.

Pernyataan itu hanya menyebutkan satu pelaku bom bunuh diri dan satu peristiwa ledakan. Sementara itu, setidaknya dua insiden ledakan bom diyakini terjadi pada Kamis di dekat bandara Kabul.

ISIS-K, pertama kali mencapai provinsi Nangarhar timur di Afghanistan pada 2015, tetapi telah mendapat tekanan dalam beberapa tahun terakhir dari koalisi pimpinan AS, tentara Afghanistan dan Taliban. Namun, serangan mematikan terkait kelompok militan tersebut masih terjadi di Kabul.

Dilansir The Guardian, Amaq news agency mengatakan saluran Telegramnya menyebut seorang anggota bernama Abdul Rahman al-Logari melakukan "operasi syahid di dekat Bandara Kabul".

ISIS-K merupakan kelompok yang paling ekstrem dan keras dari semua kelompok militan di Afghanistan. Mengutip BBC, Jumat (27/8/2021), kelompok itu didirikan pada Januari 2015 pada puncak kekuasaan ISIS di Irak dan Suriah, sebelum kekhalifahan yang dideklarasikan sendiri dikalahkan dan dibongkar oleh koalisi pimpinan AS.

Kelompok ini merekrut dari kedua ekstremis Afghanistan dan Pakistan, terutama membelot anggota Taliban Afghanistan yang tidak melihat organisasi mereka sendiri sebagai cukup ekstrem.

ISIS-K telah dianggap bertanggung jawab atas beberapa kekejaman terburuk dalam beberapa tahun terakhir, seperti menargetkan sekolah perempuan, rumah sakit dan bahkan bangsal bersalin di mana mereka dilaporkan menembak mati wanita hamil dan perawat.

Berbeda dengan Taliban, yang kepentingannya terbatas pada Afghanistan, ISIS-K adalah bagian dari jaringan ISIS global yang berupaya melakukan serangan terhadap target barat, internasional, dan kemanusiaan di mana pun mereka dapat menjangkaunya.

ISIS-K berbasis di provinsi timur Nangarhar, dekat dengan rute penyelundupan narkoba dan manusia dalam jalur masuk dan keluar dari Pakistan.

Pada puncaknya, kelompok itu berjumlah sekitar 3.000 orang - tetapi telah mengalami korban yang signifikan dalam bentrokan dengan pasukan keamanan AS dan Afghanistan, dan juga dengan Taliban.

Sebelumnya, pada 22 Agustus 2021, penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan sudah memperingatkan dan ancaman "akut" dan "terus-menerus" oleh ISIS-K terhadap evakuasi yang berkelanjutan di Kabul.

Banyak yang khawatir dengan intensifikasi serangan yang terkait dengan ISIS-K dalam beberapa bulan terakhir.


Kecaman Pemimpin Dunia

Bom bunuh diri terjadi di luar bandara Kabul pada Kamis (26/8), dan menewaskan 13 tentara Amerika Serikat dan puluhan warga Afghanistan.

Sejumlah pemimpin negara-negara di dunia menyampaikan kecaman mereka atas insiden mematikan tersebut. Pesan tersebut disampaikan di masing-masing laman Twitter resmi mereka.

1. PM InggrisBoris Johnson

"Saya benar-benar mengutuk serangan teroris yang kejam di Kabul di mana warga Afghanistan dan anggota militer AS kehilangan nyawa mereka," tulis Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, di laman Twitter-nya pada Jumat (27/8/2021).

"Ancaman serangan teroris adalah salah satu kendala dalam upaya yang telah kami operasikan, tetapi proses evakuasi kami akan berlanjut dengan lebih dari 12.000 yang sudah dievakuasi sejauh ini," lanjut Johnson.

2.Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

Di Twitter, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, "Saya mengutuk keras serangan pengecut dan tidak manusiawi di bandara Kabul. Sangat penting untuk melakukan segalanya untuk memastikan keselamatan orang-orang di bandara".

"Komunitas internasional harus bekerja sama secara erat untuk menghindari kebangkitan terorisme di Afghanistan dan sekitarnya," tegasnya.

3. PMKanada Justin Trudeau

Ada juga komentar yang dibagikan oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Ia pun menyampaikan bela sungkawa kepada rakyat Afghanistan.

"Kami mengutuk keras serangan teroris di Kabul. Hati kami hancur untuk rakyat Afghanistan dan keluarga terkasih para korban, termasuk para perempuan dan pria pemberani dari Sekutu kami. Kami akan terus bekerja dengan mitra kami untuk mendukung warga Afghanistan dan memukimkan kembali pengungsi di Kanada," tutur Trudeau dalam postingannya di Twitter.

4.PM Australia Scott Morrison

"Sangat sedih dengan kematian personel militer AS dan warga Afghanistan dalam serangan teroris yang mengerikan di Kabul. Kami berduka atas peristiwa tragis tersebut," demikian disampaikan oleh Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

"Australia mengutuk serangan kejamidan biadab ini," pungkasnya.

Dalam postingannya, Morrison juga mengatakan bahwa semua anggota militer Australia yang berada di Afghanistan tidak terdampak dalam ledakan di bandara Kabul.

"Semua personel ADF dan Australia kami yang pemberani selamat," terang Morrison.

5. Korea Selatan

Korea Selatan juga mengecam keras ledakan bom bunuh diri di dekat bandara di Ibu Kota Afghanistan, Kabul yang menewaskan puluhan orang, termasuk anggota pasukan Amerika Serikat dan lebih dari 100 orang terluka.

"Pemerintah kami mendefinisikan pemboman itu sebagai serangan teroris, mengungkapkan keprihatinan mendalam bahwa itu telah menimbulkan banyak korban dan mengecam keras serangan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Choi Young-sam dalam pernyataannya, seperti dikutip dari laman Yonhap News Agency, Jumat (27/8/2021).

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada para korban dan keluarga mereka yang berduka," tutur Choi. Korea Selatan pun menegaskan kembali posisinya bahwa terorisme tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun dan akan secara aktif berpartisipasi dalam upaya internasional untuk memberantas terorisme, tambah Choi.

6. Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi memberikan kecaman keras kepada serangan yang terjadi di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan. Serangan terjadi bom itu terjadi pada Kamis kemarin (26/8).

"Arab Saudi berharap kondisi di Afghanistan stabil sesegera mungkin," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, dilaporkan Saudi Gazette, Jumat (27/8/2021).

Pihak Kerajaan pun menegaskan mereka berdiri bersama rakyat Afghanistan, serta memberikan duka kepada korban dan keluarga mereka.

Kemlu Saudi menyebut tindakan kriminal seperti itu tidak cocok dengan semua agama, moral, atau nilai-nilai kemanusiaan.

7. Indonesia

Indonesia mengecam insiden dua ledakan bom dahsyat yang menghantam perbatasan Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, saat warga sipil terus berusaha melarikan diri dengan penerbangan dari Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Melalui akun Twitter @Kemlu_RI,pemerintah Indonesia menyatakan kecamannya.

"Indonesia mengutuk keras serangan teroris di dekat Bandara Kabul (26/8) yang menewaskan puluhan orang dan melukai banyak orang," tulis akun tersebut yang dikutip Jumat (27/8/2021).

Sepatu dari Ampas Kopi

Sepatu Ampas Kopi Hasil Kolaborasi Janji Jiwa x Sage Footwear

Liputan6.com 2021-08-27 06:35:54
Sepatu Langkah Sejiwa. (dok. Sage Footwear)

Kolaborasi eco-concious dua brand lokal lintas bidang kembali terjadi. Kali ini dijalin oleh Janji Jiwa, brand gerai kopi, dan Sage Footwear, jenama sepatu. Hasilnya adalah sepatu ramah lingkungan yang memanfaatkan ampas kopi dan dinamai Langkah Sejiwa.

Hamzah Dwi Putra, pendiri Sage Footwear, menerangkan ampas kopi dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami. Mereka mengumpulkan nyaris satu ton ampas kopi espresso dari beragam outlet Janji Jiwa yang berada di sekitar pabrik pengolahan mereka di Majalaya, Kabupaten Bandung.

"Kita kumpulin dari outlet (Janji Jiwa) dekat facility kita. Total hampir satu ton ampas kopi dipakai untuk mewarnai ini. 800 kilogram lah," ujar Hamzah dalam jumpa pers virtual Langkah Sejiwa untuk Bumi, Kamis, 26 Agustus 2021.

Sebelumnya, tim Sage Footwear lebih dulu menyiapkan potongan-potongan kain cotton twill dari beragam pabrik garmen. Kain tersebut biasanya terbuang percuma karena dianggap limbah fesyen. Potongan kain dicacah hingga bisa dipintal dan jadi material baru.

Kain itulah yang diwarnai dengan ampas kopi. Hamzah menyebut prosesnya berjalan lambat karena mereka tak bisa mencelup terlalu dalam. Belum lagi proses pengeringan yang mengandalkan panas matahari.

"Itu berkali-kali banget. Total 30 hari," kata dia.

Proses produksi di workshop di Cikupa, Tangerang, juga tak bisa berjalan cepat karena terpengaruh PPKM Level 4. Menurut Varian Erwansa, sesama pendiri Sage Footwear, kapasitas pekerja pabrik yang dibatasi membuat proses produksi tidak bisa secepat yang diharapkan.

"Tapi, kita pengen bikin ini sustainable. Berusaha sedemikian rupa, pakai recycle, tapi cost efficiency-nya bisa masuk agar recycle-nya bisa terus muter," ia menambahkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diproduksi Terbatas

Hamzah menerangkan sepatu didesain dengan konsep semi slip on dengan tambahan tali yang bisa ditarik dan velcro. Sepatu juga dibuat dengan potongan rendah mengingat konsumen saat ini mencari kepraktisan.

"Market Janji Jiwa dan Sage ini mass banget, bermacam-macam banget. Gimana caranya bisa diterima publik mengingat keadaan saat ini orang cari simpel," ucapnya.

Sepatu didesain senetral mungkin agar bisa dipakai baik oleh pria maupun wanita. Harganya juga relatif terjangkau, Rp389 ribu, dengan ukuran mulai dari 37--45. Sepatu itu mulai dirilis pukul 17.00 WIB di Shopee dengan jumlah terbatas.

"Untuk Batch I, 250 pasang dulu,"dia menjelaskan.


Warna Memudar

Hamzah menerangkan pewarna alami seperti kopi tak akan secerah sepatu yang terbuat dari pewarna sintetik. Warnanya juga akan memudar seiring waktu, tapi akan terlihat lebih estetik.

"Jadi aging naturally gitu," sambung dia.

Perawatannya juga tak disarankan dicuci menggunakan sabun. Ia merekomendasikan penggunaan pembersih sepatu khusus yang banyak dijual di pasaran. Kalau pun tidak ada, cukup disikat dan dilap dibantu air bersih.

"Generally, sabun enggak bagus untuk sepatu karena kan sepatu ada lemnya," ucap dia.

Billy Kurniawan, pendiri Jiwa Group, mengungkapkan rasa senangnya bisa diajak terlibat dalam proyek kolaborasi itu. Ia awalnya tak menyangka ampas kopi bisa digunakan dalam produksi sepatu.

"Saya pikir mau diapain sama sepatu, tapi kita keep the option open. Yang penting kita punya visi sama, misi sama, dan nilai-nilai kita itu," kata dia seraya menyebut kampanye Janji Sayang Bumi yang menjadi komitmen untuk berkontribusi terhadap lingkungan.


Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

 

Bayi Nirvana Menggugat

Spencer Elden Si Bayi di Sampul Album Ikonis Nevermind Menggugat Nirvana

Liputan6.com 2021-08-27 15:20:00
Sampul album Nirvana, Nevermind. (Situs Nirvana.com)

Para pecinta musik grunge di era 90-an sudah pasti familiar dengan album Nirvana Nevermind. Tak cuma dengan lagu ikonis "Smells Like Teen Spirit" dan "Come As You Are" yang termuat di dalamnya, tapi juga sampul albumnya.

Album yang rilis pada 1991 tersebut memperlihatkan seorang anak bayi yang sedang menyelam di sebuah kolam renang dalam nuansa biru. Tangannya terentang lebar, sementara uang pecahan satu dolar AS dikaitkan dengan tali pancingan di depannya.

Kini bayi dalam sampul album tersebut, Spencer Elden, telah berusia 30 tahun. Diwartakan BBC, Kamis (27/8/2021) kemarin, ia mengajukan gugatan atas fotonya di sampul album Kurt Cobain dkk.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Soal Izin hingga Dugaan Pornografi Anak

Spencer Eden mengklaim bahwa orangtuanya tak pernah menandatangi izin penggunaan foto dirinya saat berumur empat bulan tersebut untuk album ini.

Ia juga mempermasalahkan foto di album ini yang memperlihatkan (maaf) alat kelaminnya. Alhasil, ia menuding foto ini bisa dianggap sebagai pornografi anak.


Soal Seksualisasi Anak

"Gambar ini mengekspos bagian tubuh intim Spencer yang secara terang-terangan ditampilkan sejak ia masih kanak-kanak hingga saat ini," begitu isi dokumen gugatan yang didaftarkan ke pengadilan California.

BBC mencatat bahwa foto anak-anak yang tak diseksualisasi, bukanlah pornografi anak dalam undang-undang Amerika Serikat. Namun pengacara Elden berargumentasi bahwa gambar uang dolar yang ditempel lewat penyuntingan di foto ini, membuat anak-anak yang ditampilkan "seperti pekerja seks."

Pihak Elden juga mengklaim bahwa Nirvana melanggar janji mereka untuk menutupi alat vitalnya dengan stiker.


Tekanan Emosional

Spencer Elden mengatakan indentitas dirinya selalu melekat dengan "eksploitasi seksual yang ia alami saat masih di bawah umur, yang telah dijual dan tersebar luas ke seluruh dunia."

Ia mengatakan hal ini telah menimbulkan kerusakan seumur hidupnya, memberikannya tekanan emosional yang ekstrem dan permanen, yang mengganggu perkembangannya secara normal.


Menuntut Ratusan Ribu Dolar AS

Pria ini menuntut ganti rugi sebesar US$ 150 ribu, atau sekitar Rp 2,1 miliar dari masing-masing tergugat yang berjumlah 15 pihak.

Pihak tergugat termasuk anggota band Nirvana yang masih ada, yakni Dave Grohl dan Krist Novoselic; manajer aset Kurt Cobain, istri mendiang Kurt Courtney Love, hingga fotografer Kirk Weddle.

Perwakilan Nirvana dan label rekamannya, belum angkat suara mengenai hal ini.

Cinta Terlarang Perempuan dan Simpanse

Punya Hubungan dengan Simpanse, Wanita Ini Dilarang ke Kebun Binatang

Liputan6.com 2021-08-27 16:02:57
Ilustrasi simpanse (pixabay.com)

Kebun binatang Antwepen di Belgia, melarang seorang wanita berkunjung karena memiliki "hubungan" dengan seekor simpanse yang membuatnya kesulitan untuk bersosial dengan simpanse lainnya.

Melansir dari World of Buzz, Jumat (27/8/2021), Adie Timmermans rutin mengunjungi simpanse jantan, Chita (38) setiap minggu selama 4 tahun. Sejak itu, Timmermans mengklaim bahwa mereka memiliki hubungan setelah dia dan simpanse menjalin ikatan yang kuat satu sama lain.

Namun, hubungan tersebut membuat Chita dikucilkan oleh simpanse lain di kandang. Kondisi tersebut yang membuat pihak kebun binatang melarang Timmermans bertemu dengan simpanse itu lagi.

"Saya mencintai hewan itu dan dia mencintai saya. Saya tidak punya apa-apa lagi. Mengapa mereka ingin mengambilnya," kata Timmermans.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Simpanse itu sebelumnya hewan peliharaan seseorang

Layaknya hubungan asmara, Timmermans tampak menunjukkan rasa sayangnya dengan memberikan ciuman kepada Chita melalui kaca kandangnya.

"Kami berselingkuh, saya hanya akan mengatakannya. Puluhan pengunjung lainnya diizinkan untuk melakukan kontak, tapi mengapa saya tidak?" ungkapnya.

Sarah Lafaut, kurator di Kebun Binatang Antwerpen menceritakan bahwa Chita sebelumnya adalah hewan peliharaan seseorang.

"Tentu kami senang ketika pengunjung kami merasa begitu terlibat dengan hewan, tapi kesejahteraan hewan diutamakan di sini," kata Sarah.


Kebun binatang ingin simpanse itu bahagia

Chita dibawa ke kebun binatang 30 tahun lalu karena dia adalah hewan peliharaan pada saat itu.

"Sikapnya tidak terkendali. Dia mempelajari perilaku simpanse dari kami, tapi minat pada manusia tetap ada," ucap Sarah.

Ternyata fokus Chita pada manusia menyebabkan dia kesulitan bersosial, bahkan simpanse lain kurang menghormatinya.

"Hewan yang terlalu fokus pada manusia kurang dihormati oleh teman-temannya. Kami ingin Chita menjadi simpanse seperti yang lain. Di luar jam berkunjung di kebun binatang, ia harus mengatur 15 jam sehari dalam kelompoknya. Kami ingin memberinya kesempatan untuk sebahagia mungkin," lanjutnya.

"Ketika Chita selalu sibuk dengan pengunjung, monyet-monyet lain mengabaikannya dan tidak menganggapnya bagian dari kelompok, padahal itu penting. Dia kemudian duduk sendiri di luar jam berkunjung," kata pihak kebun binatang kepada Timmermans.

Honor Pemakaman Covid-19 untuk Pejabat

Terima Honor Pemakaman Covid-19 Rp 70 Juta, Bupati Jember: Saya Berikan ke Keluarga Korban

Liputan6.com 2021-08-27 18:08:30
Bupati Jember Hendy Siswanto (Foto: jemberkab.go.id)

Bupati Jember Hendy Siswanto tidak menampik dirinya menerima honor pemakaman Covid-19. Dia menegaskan hal itu sesuai aturan yang berlaku.

"Memang benar saya menerima honor sebagai pengarah tim pemakaman, karena pada regulasi yang ada, ada pengarah, tim, ketua, dan anggota terkait monitoring dan evaluasi," katanya, Jumat (27/8/2021), dikutip dari Antara.

Menurut Hendy, setiap ada pasien COVID-19 di Jember yang meninggal, honor yang diterima sebesar Rp 100 ribu. Namun, honor tersebut tidak dipakai untuk kepentingan sendiri.

"Saya memang menerima dan terus terang itu sesuai regulasi yang ada. Honor itu saya berikan kepada keluarga pasien COVID-19 yang meninggal," ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya tidak mengharapkan ada warga yang meninggal akibat COVID-19 dan honor tersebut sebagai konsekuensi bupati yang menjadi pengarah dalam melakukan monitoring kegiatan pemakaman.

"Pada Juni-Juli 2021 tercatat pemakaman warga yang meninggal akibat COVID-19 cukup tinggi, sehingga honor kegiatan pemakaman terlihat banyak," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


DPRD Menyayangkan

Pansus Covid-19 DPRD Jember Hadi Supaat menyanyangkan penerimaan pemberian honor kepada Bupati Jember Hendy Siswanto dan sejumlah pejabat, yakni sekretaris daerah, Plt kepala hingga Kabid Kedaruratan Logistik BPBD, sebagai tim pemakaman jenazah pasien COVID-19.

Nilai honor yang diterima masing-masing pejabat tersebut sebesar Rp70 juta lebih dari total 705 kali pemakaman atau jumlah warga Jember yang meninggal karena COVID-19 berdasarkan kode rekening 5.1.0204.01.0003 pada Juni 2021.

Total anggaran yang dikeluarkan Pemkab Jember untuk honor empat pejabat tersebut mencapai Rp 282 juta.

"Kami menyayangkan honor pemakaman yang diberikan kepada pejabat Pemkab Jember," katanya dikutip dari Antara, Jumat (27/8/2021).

Menurutnya, para pejabat tidak etis menerima honor di tengah penderitaan masyarakat, apalagi honor tersebut dari kegiatan pemakaman pasien terkonfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Jember.