Volume 74

Tentara AS Lancar Bahasa Indonesia

Sosok Halima Fairchild, Tentara AS yang Fasih Berbahasa Indonesia

Liputan6.com 2021-09-02 20:02:00
Halima Fairchild ingin berkunjung ke Yogyakarta setelah pandemi (dok.YouTube/TNI AD)

Nama Halima Fairchaild mendadak jadi buah bibir publik. Di luar dugaan, warga negara Amerika Serikat itu ternyata sangat fasih berbahasa Indonesia.

Halima merupakan tentara dari US Army. Ia peserta program latihan bersama (Latma) Garuda Shield yang diselenggarakan oleh TNI AD dan US Army yang bertugas sebagai penerjemah.

Lewat video di kanal YouTube TNI AD, Selasa, 31 Agustus 2021, Halima mengungkapkan kemampuannya fasih berbahasa Indonesia diperolehnya setelah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama setahun. Dalam pandangan Halimah, bahasa dan kebudayaan Indonesia sangat menarik.

Ia mengaku bahagia dan senang bisa datang ke Indonesia karena sudah belajar banyak dan bisa menggunakan bahasa yang telah dipelajarinya itu. "Pertama kali saya bertemu TNI AD dan saya berkata saya bisa berbicara Bahasa Indonesia mereka berkata 'wah Anda mempunyai kulit putih, Anda bisa bicara bahasa Indonesia?' Saya berkata ya saya bisa," ujar Halimah dengan wajah bungah.

Dalam video tersebut, Halimah juga mengatakan, dalam Latma Garuda Shield bertugas sebagai penerjemah yang membantu para petinggi militer US Army dan TNI AD dalam rapat. "Ada beberapa kosa kata yang rumit dalam bahasa Inggris dan saya akan terjemahkan dan mungkin mencari kosa kata lebih baik untuk menjelaskannya," kata Halimah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gugup Bertemu KSAD

Hal lain yang membuat Halimah senang saat bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama istrinya, Hetty. Ia mengaku gugup dan memberikan pujian saat bertemu KSAD.

"Itu adalah kesempatan yang baik tetapi saya cukup gugup dan khawatir karena dia penting sekali," ujar Halima. "Dia ramah hati dan juga dia mau bertemu dan berkenalan dengan saya. Baik sekali, itu adalah kesempatan mungkin terbaik," ungkap Halima.

Kepada Halimah, KSAD mengatakan tidak banyak orang dari Amerika Serikat yang bisa bicara dalam bahasa Indonesia, tapi Halimah mau belajar bahasa dan sejarah Indoensia. Halimah sangat senang dengan pertemuan itu.

Halima Fairchild sosok tentara Amerika Serikat yang fasih berbahasa Indonesia (dok.YouTube/TNI AD)


Datangi Yogyakarta

Halimah mengungkapkan usai wabah corona Covid-19, ia akan datang lagi ke Indonesia. Ia akan mengunjungi pulau-pulau yang ada di Indonesia.

"Setiap pulau berbeda, kekayaan berbeda. Saya ingin mempelajari semuanya dan ingin berkumpul dengan orang-orang," kata Halima.

Jika boleh memilih, Halimah mengatakan ingin mengunjungi Yogyakarta. Bagi Halimah, Yogyakarta menarik karena memiliki sejarah yang panjang sekali dan ada keraton.


Komandan-Komandan Baru TNI AD

 

Masih Merdeka dari Taliban

Lembah Panjshir, Satu-Satunya Wilayah Afghanistan yang Bebas dari Taliban

Liputan6.com 2021-09-03 15:55:58
Gerakan perlawanan Afghanistan dan pasukan pemberontakan anti-Taliban mengambil bagian dalam pelatihan militer di daerah Abdullah Khil, Distrik Dara, Provinsi Panjshir, Afghanistan, 24 Agustu

Taliban telah menguasai Afghanistan dengan kecepatan luar biasa. Tetapi ketika mereka berkuasa di Kabul merencanakan pemerintahan baru, masih ada duri besar di pihak mereka yakni sebuah lembah kecil perlawanan anti-Taliban di timur laut ibu kota yang menolak untuk menyerah meskipun sepenuhnya dikepung.

Melansir BBC, Jumat (3/9/2021), pemimpin senior Taliban Amir Khan Motaqi telah meminta penduduk Lembah Panjshir untuk meletakkan senjata mereka, tetapi ada sedikit tanda dari mereka yang mematuhi.

Puluhan anggota Taliban dikatakan telah tewas dalam pertempuran di sepanjang perbatasannya sejak 15 Agustus, ketika Kabul jatuh, dan pertempuran terus berlanjut.

Lembah Panjshir, lembah di Afghanistan timur yang telah menjadi rumah bagi Front Perlawanan Nasional (NRF), sebuah kelompok multi-etnis yang terdiri dari milisi dan mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan, yang dilaporkan berjumlah ribuan.

Foto-foto yang dirilis minggu ini menunjukkan apa yang tampak sebagai kelompok yang terorganisir, bersenjata lengkap, dan terlatih.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konflik di Lembah Panjshir

Kelompok militan Taliban telah mendorong gagasan bahwa "Imarah Islam Afghanistan adalah rumah bagi semua warga Afghanistan" milik Taliban.

Perlawanan Lembah Panjshir - tepat di ambang pintu ibu kota - merupakan pukulan bagi citra persatuan ini.

Di media sosial, tagar yang menyuarakan dukungan untuk perlawanan mulai bermunculan.

Taliban dan NRF telah bernegosiasi, tetapi meskipun kedua belah pihak mengatakan mereka ingin menghindari perang, belum ada penyelesaian yang tercapai, dan tampaknya pembicaraan telah membuka jalan untuk pertempuran terbuka.

Taliban mengatakan mereka telah mengirim ratusan anggotanya, tetapi Panjshir sudah siap.

Menurut kantor berita AFP, anggota Taliban yang berhasil mencapai tepi lembah akan disambut oleh sarang senapan mesin, mortir dan pos pengawasan yang dibentengi dengan karung pasir.

Kedua belah pihak mengatakan mereka telah menimbulkan korban, tetapi jumlah pastinya sulit untuk diukur. Klaim oleh Taliban bahwa mereka telah menguasai daerah-daerah tertentu juga telah dibantah oleh NRF.

Taliban juga dilaporkan mencoba untuk memotong jalur pasokan ke lembah, berpotensi berharap untuk memaksa perlawanan untuk menyerah.


Infografis Taliban Belum Usai, Bom ISIS-K Guncang Kabul:

 

Melambai Dilarang Tampil

Pemerintah China Larang Artis Kurang Maskulin Tampil di TV

Liputan6.com 2021-09-03 09:30:10
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Pemerintah China melarang pria kemayu tampil di TV. Otoritas setempat juga mewajibkan stasiun penyiaran mereka mempromosikan 'budaya revolusioner', memperluas kampanye untuk mengetatkan kontrol terhadap bisnis dan masyarakat, serta menegakkan moralitas.

Presiden Xi Jinping menyebutnya sebagai peremajaan bangsa, dengan Partai Komunis mengetatkan kontrol terhadap bisnis, pendidikan, budaya, dan agama. Perusahaan dan publik ditekan agar menjalankan aktivitasnya sesuai visi tersebut untuk China yang lebih kuat dan masyarakat yang lebih sehat.

Partai juga telah mengurangi akses anak-anak untuk bermain gim online. Mereka juga sedang mencoba mencegah sikap yang dipandang sebagai perhatian tidak sehat terhadap selebritas.

"Stasiun penyiaran harus tegas mengakhiri (tayangan) pria banci dan 'estetika abnormal' lainnya," kata regulator TV. Mereka juga menggunakan kata sindiran untuk menyebut pria kurang maskulin dengan sebutan niang pao, yang berarti 'senjata perempuan'.

Dilansir dari AP, Jumat (3/9/2021), kebijakan itu merefleksikan keprihatinan bahwa bintang pop China, gagal mendorong para pemuda Tiongkok lainnya untuk cukup maskulin. Para bintang itu kebanyakan dipengaruhi tampilan 'feminin' ala idol dan aktor Korea Selatan dan Jepang.

Selain soal penampilan, lembaga penyiaran juga diminta menghindari promosi selebritas internet yang vulgar. Begitu pula dengan konten yang menggambarkan soal kekayaan selebritas secara berlebihan. Alih-alih, program yang ditayangkan semestinya mempromosikan 'budaya tradisional Tiongkok yang unggul, budaya revolusioner, dan budaya sosialis yang maju'.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kontrol Ketat Internet

Pemerintahan Xi juga mengetatkan kontrol terhadap industri internet dalam negerinya. Mereka meluncurkan anti-monopoli, keamananan data, dan aksi penegakan hukum lainnya kepaada sejumlah perusahaan, termasuk gim dan penyedia layanan media sosial Tencent, dan Grup Alibaba.

Pimpinan partai berkuasa mengambil langkah demikian karena khawatir mereka menjadi telalu besar dan mandiri. Kebijakan yang berlaku mulai Rabu 1 September 2021, membatasi mereka yang berusia 18 tahun ke bawah hanya bisa mengakses gim online tiga jam per minggu dan melarang dimainkan di hari sekolah.

Pencipta gim lebih dulu diminta memasukkan judul baru yang harus disetujui pemerintah sebelum mereka bisa merilisnya. Pejabat menyerukan agar mereka menambahkan tema nasionalistik ke dalamnya.


Kontrol Selebritas

Selain itu, pemerintah juga makin mengetatkan program di televisi. Lembaga penyiaran dilarang menampilkan aktor atau selebritas yang melanggar ketertiban umum atau kehilangan moralitas. Program yang menampilkan anak-anak selebritas juga dilarang tayang.

Pada Sabtu lalu, platform Weibo menonaktifkan ribuan akun klub penggemar dan berita hiburan. Dampaknya, nama Zhao Wei alias Vicky Zhao, aktris populer Tiongkok juga menghilang dari platform streaming tanpa penjelasan. Namanya juga dihilangkan dari film dan program televisi.

Lembaga regulator juga meminta stasiun penyiaran membatasi bayaran untuk para artis dan menghindari kontrak yang memungkinkan mereka tidak membayar pajak. Zheng Shuang, aktris Tiongkok lainnya, menjadi contoh bagi artis lain. Ia didenda 299 juta yuan atau nyaris Rp660 miliar pada minggu lalu karena menghindari pajak.


Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China

 

PM Jepang Mundur Gara-Gara Covid-19 ?

Gagal Tangani COVID-19 Sambil Kampanye, Alasan PM Jepang Yoshihide Suga Bakal Mundur

Liputan6.com 2021-09-03 14:30:53
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga melambaikan tangan saat berjalan setibanya di Istana Kepresidenan, di Hanoi, Vietnam, Senin (19/10/2020). Yoshihide Suga melakukan kunjungan resmi ke Vi

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan dia berencana untuk mengundurkan diri, keputusan yang mengejutkan sebelum pemilihan pemimpin partai menjelang pemilihan umum.

Melansir Bloomberg, Jumat (3/9/2021), Suga mengatakan pada konferensi pers hari Jumat di Tokyo bahwa dia tidak akan mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa akhir bulan ini. Siapa pun yang menjadi pemimpin LDP berikutnya hampir dipastikan menjadi perdana menteri karena dominasi partai di parlemen.

"Sejak saya menjadi perdana menteri setahun yang lalu, menangani Virus Corona COVID-19 telah menjadi pusat upaya saya," kata Suga kepada wartawan dalam sebuah pernyataan singkat tanpa bertanya.

"Berurusan dengan virus saat berkampanye untuk pemilihan akan membutuhkan energi yang sangat besar. Saya menyadari bahwa saya tidak dapat melakukan keduanya dan saya harus memilih salah satu."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Batal Rombak Eksekutif Partai

Suga juga membatalkan rencana perombakan eksekutif partai yang berkuasa minggu depan.

Peringkat dukungan Suga telah anjlok ketika kasus Virus Corona COVID-19 melonjak di seluruh Jepang dalam beberapa minggu setelah Olimpiade di Tokyo.

Dalam beberapa pekan terakhir, dia telah melihat serangkaian kemunduran, termasuk kekalahan salah satu sekutunya bulan lalu dalam pemilihan walikota Yokohama, kota tempat dia memulai karir politiknya.

Burger Berlapis Emas 22 Karat

Restoran India di Dubai Bikin Burger Berlapis Emas 22 Karat, Warganet Tak Senang

Liputan6.com 2021-09-03 06:02:00
Vada Pav jadi salah satu makanan India yang digemari di Dubai karena berlapis emas (dok.Twitter/@masarat/https://twitter.com/masarat/status/1432357846788739076/Komarudin)

Setelah memperkenalkan biryani dan es krim emas, sebuah restoran India di Dubai kini merilis vada pav emas 22 karat pertama di dunia. Vada pav merupakan makanan sejenis burger asal India.

Restoran bernama O'Pao yang terletak di Karama, Dubai ini memang dikenal menyajikan ragam hidangan India. Sekarang, restoran tersebut telah memperkenalkan menu baru seharga 99 dirham atau Rp385 ribu dan hanya tersedia untuk layanan makan di tempat, seperti dilansir dari laman India Times, Kamis, 2 September 2021.

Dalam sebuah video yang dirilis, mereka memperlihatkan proses pembuatan vada pav. Setelah dilapisi lembaran emas 22 karat, makanan ini disajikan dengan kentang goreng.

Sebuah video yang memperlihatkan vada pav berlapis emas ini dibagikan seorang pengguna Twitter bernama Masrat Dawood. Dia menulis, "Inilah yang salah dengan dunia: terlalu banyak pemberontak tanpa alasan."

Kreasi ini rupanya tak membuat warganet senang, terutama mereka yang sudah terbiasa makan vada pav dengan biaya murah. Selain itu, beberapa orang bahkan tak peduli kemewahan vada pav tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bagaimana Rasanya?

Unggahan akun Twitter tersebut mendapat banyak komentar dari warganet. Mereka menanyakan soal rasa makanan tersebut dengan harga lebih murah.

"Saya berani bertaruh bahwa vada pav emas tersebut rasanya tidak lebih enak dari yang harga 12 rupee (Rp2,5ribu)," kata seorang warganet.

"Lapisan emas adalah cara paling bodoh untuk meningkatkan harga makanan dan itu seharusnya ilegal," kata warganet yang lain dengan nada keras. "Mari kita jumpa di sana untuk sarapan," komentar yang lain.


Apa Itu Vada Pav?

Vada pav merupakan makanan kaki lima khas India yang digemari banyak orang. Menurut BBC, vada pav tak terpisahkan dari kota Mumbai.

Lebih dari dua juta roti isi yang renyah dan lezat ini dikonsumsi di pusat keuangan dan metropolis terbesar di India setiap hari. Harganya pun bisa dijangkau orang-orang dari semua strata sosial.

Makanan ini diyakini ditemukan pada 1966 oleh seorang warga Mumbai, Ashok Vaidya. Ia membuka kios vada pav pertama di seberang Stasiun Kereta Api Dadar.


Covid-19 Varian Delta India Hantui Indonesia

 

20 Tahun Wujudkan Ibu Kota Baru

HEADLINE: Pembangunan Ibu Kota Baru di Kaltim Butuh 20 Tahun, Masterplannya?

Liputan6.com 2021-09-04 00:00:00
Presiden Jokowi meninjau ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Pemerintah tetap melanjutkan proyek ibu kota baru. Rencana ini terus dimatangkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Namun memang, pemindahan ibu kota Indonesia ke Penajam Paser Utara Kalimatan Timur dari DKI Jakarta ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pemerintah membutuhkan perencanaan yang matang dan jika dilakukan maka membutuhkan waktu puluhan tahun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, berdasarkan masterplan yang sudah dirancang, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara ini membutuhkan waktu tak kurang dari 20 tahun.

"Dalam masterplan Bappenas sudah selesai, itu diperkirakan 15 sampai 20 tahun," kata Suharso, dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI yang berlangsung pada Kamis 2 September 2021.

Suharso menegaskan, membangun Ibu Kota Negara dalam waktu 2-4 tahun tidak mungkin tercapai. Sebab membangun kota itu bukan sulap yang bisa langsung cepat berdiri.

"Kita tidak mungkin membangun ibu kota negara sulapan dalam waktu 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun. Jadi sebenarnya perencanaan pengerjaannya 15-20 tahun," imbuhnya.

Dari masterplan itu, langkah selanjutnya adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai pembangunan ibu kota baru. Kata Suharso, saat ini Rancangan Undang-Undang IKN telah siap, pelaksanaannya tinggal menunggu pandemi covid-19 terkendali.

"Nah, itu tinggal kita membagi-bagi segmentasinya mau dimulai kapan dan kapan dimulai, jadi itu yang kita coba selesaikan. RUU-nya sudah siap ini tinggal menunggu pandemi dan kita ingin melakukan adaptasi di masa pandemi ini untuk IKN," ujar Suharso.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy S Prawiradinata menyampaikan, pembangunan fisik ibu kota baru dikerjakan setelah Undang-Undang atau UU IKN terbit.

Masterplan proyek ibu kota baru kini sudah selesai, dan tinggal dilakukan penyesuaian dengan tata ruang yang ada di lapangan. Disebutkan Rudy, pendetilan dari desain ibu kota baru milik juara 1 sayembara yang disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih harus dipersiapkan lagi.

"Site plant-nya bagaimana, land development-nya seperti apa, karena kan di sana lokasinya berbukit. Itu yang lagi dipersiapkan teman-teman PUPR," ujar Rudy kepada Liputan6.com, Jumat (3/9/2021).

"Kemudian kan yang pasti sudah disiapin akses. Pak Jokowi juga kemarin kan sudah lihat. Lalu beberapa kebutuhan air bersih juga sedang disiapkan. Awalnya untuk memenuhi air bersih di Balikpapan, tapi bisa untuk Ibu Kota Negara," tandasnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sempat meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana Ibu Kota Negara di Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa 24 Agustus 2021.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi menekankan bahwa dalam membangun Ibu Kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke IKN untuk nanti membawa logistik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Bangun Ibu Kota Baru di Kaltim Perlu Waktu 20 Tahun. (Liputan6.com/Abdillah)

Kementerian PUPR Matangkan Desain

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus mempersiapkan desain dan kajian tentang Ibu Kota Negara (IKN). Desain ibu kota baru ini disiapkan sambil menunggu pengesahan undang-undang (UU) IKN.

"Tentang IKN, memang kami sedang mempersiapkan desain dan kajian atau software namun tetap menunggu pengesahan undang-undangnya dan Bapak Presiden Joko Widodo yang akan mengumumkannya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono belum lama ini.

Basuki mengatakan, anggaran untuk ibu kota baru ini belum ada, bahkan dalam pagu indikatif tahun anggaran 2022 ini terdapat catatan belum termasuk IKN.

"Jadi terkait IKN-nya kami sedang menyiapkan untuk groundbreaking, istana, jalan dan air serta drainase, tapi itu sedang kami siapkan software atau desain dan kajian-kajian mengenai IKN namun tetap menunggu pengesahan undang-undang IKN dari DPR RI," kata Basuki.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian, pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah infrastruktur jaringan jalan sebagai akses menuju kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kita sudah persiapkan konektifitas dan sistem jaringan jalan di ibu kota negara," ujar Hedy kepada Liputan6.com.

Namun begitu, ia melanjutkan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga masih menunggu penerbitan UU IKN untuk pengerjaan infrastruktur lainnya. Hedy pun belum mau membocorkan persiapan yang sudah dan akan dilakukan untuk pembangunan proyek ibu kota baru.

"Kita masih menunggu UU IKN-nya. Detilnya nanti aja," ucapnya.

Pemerintah sendiri telah mempersiapkan sejumlah jaringan jalan sebagai akses menuju kawasan Ibu kota baru. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Agustus 2021 lalu telah meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 km.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda pun memiliki sodetan akses menuju kawasan Ibu kota baru, tepatnya berlokasi di Km 14.

Kementerian PUPR juga sudah merencanakan jaringan jalan kerja sebagai bagian dari logistik konstruksi,byanf nantinya akan digunakan untuk mobilisasi alat dan material pengerjaan ibu kota baru.

Hedy menjelaskan, jalan kerja ini akan masuk ke tahap pertama dari pembangunan jaringan jalan di sekitar area ibu kota baru.


Serahkan Surpres ke DPR

Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, rencana pemindahan ibu kota tersebut tidak berhenti di tengah jalan meskipun negara masih dalam mode penanganan pandemi Covid-19. Salah satu buktinya adalah rencana pembuatan sodetan jalan tol menuju ibu kota baru dalam pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda.

"Berlanjut dan tuntas Penajam Paser Utara Kaltim sebagai ibu kota negara. Isyarat melanjutkan pembangunan fisik IKN ditandai sendiri oleh Presiden jokowi dengan menetapkan sodetan tol ke IKN di kilometer 14 jalan tol Balikpapan-Samarinda," kata Fadjroel kepada Liputan6.com, Jumat (3/9/2021).

Fadjroel melanjutkan, pemerintah yang akan diwakili oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait RUU IKN kepada DPR. Kendati begitu, Fadjroel tidak merinci kapan surpres akan diserahkan.

"Rencana penyerahan Surpres RUU IKN ke DPR di parpol koalisi dan PAN," jelas Fadjroel.

Infografis Menanti Dimulainya Pembangunan Ibu Kota Baru. (Liputan6.com/Abdillah)

Petakan Aset

Secara paralel, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun tengah melakukan pemetaan aset-aset negara berupa gedung milik kementerian dan lembaga untuk disewakan. Monetisasi aset negara ini guna mendukung pendanaan proyek pemindahan Ibu Kota Negara.

"Saat ini memang baru dilakukan pemetaan terhadap aset mana yang dapat dimonetisasi guna pembiayaan IKN baru," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban.

Dia menjelaskan, untuk mencari tambahan anggaran melalui aset yang dimiliki pemerintah bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui pemanfaatan dan kedua melalui pemindahtanganan.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sendiri tengah memetakan kemungkinan instansi mana yang akan pindah terlebih dahulu ke IKN baru. Dengan demikian, gedungnya bisa mulai ditawarkan untuk mendapatkan dana.

"Namun semua tergantung sikon instansi mana yang lebih dulu akan pindah ke IKN baru, sehingga nanti kita bisa memiliki rencana monetisasi," kata dia.


Hati-Hati Mangkrak

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai, pemerintah perlu menentukan sektor prioritas dalam pembangunan ibu kota baru. Hal yang paling utama kata dia adalah payung hukum.

"Ini butuh komitmen politik, tanpa ada kepastian hukum, dukungan politik, perencanaan ini memang butuh waktu apalagi pelaksanaannya, kalau belum ada aturan hukum, ini bisa terhambat," katanya kepada Liputan6.com, Jumat (3/9/2021).

Terkait dasar hukum ini, ia menyinggung terkait isu rencana amandemen UUD 1945 yang terkait dengan konteks pembangunan jangka panjang. Bahwa ada kemungkinan pencantuman pemindahan IKN dimasukkan dalam aturan tersebut.

Sehingga dengan masuknya aturan tersebut, siapapun pemimpin negara selanjutnya, proyek IKN ini akan terus dilanjutkan. "Mungkin kita butuh ibu kota yang mencerminkan indonesia sebagai negara maju, sebagai negara terkemuka dengan GDP tinggi, pendapatan tinggi, industri maju, masyarakat sejahtera," katanya.

Terkait jangka waktu pembangunan hingga 20 tahun, Yayat menilai hal itu normal dalam rencana pembangunan sebuah kota baru. Apalagi, ini terkait dengan pembangunan Ibu Kota Negara yang jadi ikon Indonesia.

Sebagai contoh, ia mengisahkan tentang rencana pembangunan kawasan BSD yang di direncanakan sejak 1984 dan baru mulai beroperasi efektif pada circa 2000-an. Namun, yang menurutnya penting adalah pemerintah perlu memiliki skenario per lima tahun.

"Misalnya, dalam lima tahun pertama ini harus ditentukan kapan mulai groundbreaking, pemerintah harus kasih kepastian kapan mulai groundbreaking," katanya.

Ia menilai, langkah groundbreaking akan jadi satu tonggak sejarah sehingga bisa dilanjutkan dengan rencana lima tahun selanjutnya.

"Harus ditetapkan (target) 5 tahun kedepan (dan) sudah bisa terwujud, harus sudah ada bentuk awalnya, jadi perlu skenario tahun pembangunan, per lima tahun," katanya.

Tarkait panjangnya waktu proyek yang berpotensi mangkrak di tengah jalan pembangunan, Yayat mengingatkan tentang pentingnya skenario prioritas. Pemerintah perlu menyusun tiga bentuk skenario, yakni skenario optimis, skenario tingkat sedang, dan skenario pesimis.

"Jadi kalau tidak dibuat itu, maka harus diambil satu skenario kebijakan dengan tingkat skenario paling rendah, tetapkan target mana yang harus didahulukan, misalnya pembangunan utilitas dasar, kapan jalan selesai di bangun, kapan air minum tersedia?," katanya.

Ia menekankan, utilitas dasar dan keperluan dasar tersebut juga perlu ditarget kapan akan selesai. Menimbang itu akan jadi penopang pertumbuhan ekonomi dan sosial di lokasi tersebut.

Dengan demikian, pemerintah juga perlu untuk menentukan sumber dana pembangunan IKN tersebut. jika tidak, potensi mangkrak dan proyek tidak selesai akan semakin besar.

Ia menyarankan, biaya APBN bisa digunakan untuk pembuatan utilitas awal penunjang perekonomian dan kegiatan di lokasi IKN tersebut. Jadi, ketika ekonominya sudah mulai merangkak naik, perpindahan IKN tidak akan terlalu besar. Karena ia memandang ibu kota harus bisa menjadi sentra penggerak ekonomi.


Keinginan Bersama

Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun menanggapi lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Negara. Ia menilai lamanya durasi tersebut sebagai hal yang wajar.

Bahkan, Misbakhun mengatakan rencana perpindahan tersebut perlu dilanjutkan karena hal itu adalah keinginan bersama. Ia juga mengatakan adanya ibu kota baru tersebut tak menjadikan DKI Jakarta sebagai kota yang terlantar.

Karena nantinya akan ada dua ibu kota dengan dua fungsi yang berbeda. Pertama, pusat pemerintahan, dan pusat ekonomi.

"Kan ibu kota negara itu kan keinginan bersama, dan ini sekarang jadi harapan karena nanti akan ada ibu kota pemerintahan, ada ibu kota ekonomi. Jakarta tak akan kehilangan sebagai kota besar pengendali kegiatan ekonomi," katanya kepada Liputan6.com saat dihubungi, Jumat (3/9/2021).

Misbakhun mengambil contoh dari beberapa negara maju yang juga menerapkan hal yang sama dengan adanya dua pusat. Ia mencontohkan Washington DC yang menjadi ibu kota pemerintahan sementara New York sebagai ibu kota ekonomi Amerika Serikat.

Ia juga melihat bagaimana Sydney mampu jadi ibu kota ekonomi sementara Canberra menjadi ibu kota pemerintahan Australia. "Di banyak negara itu terjadi, kita jangan terlalu mengkhawatirkan, kita jangan terlalu mempertentangkan situasi ini berlanjut atau tidak," katanya.

Dengan demikian ia menyimpulkan bahwa adanya ibu kota baru tersebut sebagai jalan keluar dari permasalah-permasalahan yang terjadi di DKI Jakarta. Misalnya jika daya dukung DKI Jakarta tak lagi efektif dan efisien dengan segala permasalahannya, ibu kota baru termasuk jalan keluarnya.

Ia juga menyinggung terkait waktu yang diperlukan untuk membangun ibu kota baru tersebut. Rentang waktu 15 sampai 20 tahun menurutnya adalah waktu yang wajar dalam membangun satu kota baru, apalagi ini berkaitan dengan pusat pemerintahan.

"Itu proses yang wajar, itu membangun sebuah sistem, desain lanskap dan sebagainya, apa lagi itu IKN, itu bukan proses cepat, bukan proses seketika, dikemudian hari dibuat dan besok jadi. Tidak begitu," katanya.

Waktu tersebut wajar karena menurutnya dalam membangun satu ibu kota diperlukan perencanaan atau konsep yang matang dengan nilai filosofis yang memadai. Kemudian, rencana teknologi digital dalam pengembangannya juga telah menjadi perhatian.

Nyamuk Tercantik di Dunia

Berwarna Biru Berkilau, Jenis Nyamuk Ini Disebut yang Terindah di Dunia

Liputan6.com 2021-09-02 19:40:00
Nyamuk Sabethes cyaneus (Sumber: Facebook / Environmental News)

Nyamuk cantik bernama Sabethes cyaneus ditemukan di hutan tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nyamuk ini adalah jenis nyamuk tropis yang sulit ditangkap.

Sabethes terkenal dengan warna birunya yang berkilau dan bulu yang berbentuk seperti dayung yang dibentuk oleh sisik memanjang, serta terletak di tibia setiap kaki tengah.

Kedua kaki belakang yang melengkung di atas tubuh saat sedang makan juga mengesankan dan membuatnya telihat lebih megah. Mengagumi keindahannya adalah sebuah keuntungan, karena nyamuk ini sangat lincah dan sulit untuk difoto dengan baik.

"Nyamuk merespons gerakan terkecil dan perubahan intensitas cahaya," kata fotografer satwa liar Gil Wizen baru-baru ini kepada BBC, seperti dilansir dari Oddity Central, Kamis (2/9/2021).

"Artinya, kamu harus tetap diam saat mencoba memotretnya, dan juga bersiap-siap untuk meloloskan diri dari nyamuk jika menggunakan lampu kilat. Untungnya, kamu tidak pernah sendirian dengan seekor nyamuk, karena biasanya ada lusinan nyamuk yang melayang di atas kepala kamu."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nyamuk Terkenal Dengan Ritual Kawin yang Rumit

Salah satu ciri khas nyamuk ini terletak pada kaki tengah nyamuk yang empuk, tetapi para ilmuan belum mengetahui tujuannya. Kaki tengah itu diyakini berperan dalam ritual kawin nyamuk yang rumit.

Namun, percobaan telah menunjukkan bahwa saat dayung dikeluarkan dari kaki jantan, mereka berhasil kawin. Bagaimanapun, mereka terlihat bagus.

Seperti 3.300 lebih spesies nyamuk yang dikenal di dunia, hanya nyamuk betina yang menghisap darah, hanya saja mereka melakukannya saat akan menghasilkan telur.

Selebihnya, mereka memakan nektar. Setiap kali mereka makan, kaki belakang melengkung ke depan, bukan sebagai pose, tetapi karena kaki sensorik mereka mendeteksi gerakan dan membiarkan serangga melarikan diri jika ada bahaya.

Terlepas dari keindahannya yang tak terbantahkan, perlu diingat bahwa Sabethes masih merupakan nyamuk, oleh karena itu vektor penyakit tropis seperti demam kuning dan demam berdarah.

Reporter: Cindy Damara

Dono Kasino Indro KW2

6 Potret 3 Pemuda Mirip Dono Kasino Indro Warkop DKI, Bak Pinang Dibelah Dua

Liputan6.com 2021-09-02 19:30:16
6 Potret 3 Pemuda Mirip Dono Kasino Indro, Bak Pinang Dibelah Dua (sumber: Instagram/alfindk)

Nama Warkop DKI sudah dikenal masyarakat sebagai grup komedi legenda Tanah Air. Warkop DKI berisikan komedian Dono, Kasino dan Indro. Komedian yang sukses sejak tahun 80-an telah menelurkan banyak karya film komedi yang selalu diingat publik.

Banyak judul film yang telah dibintangi mereka dan sukses di pasaran. Adapun judul filmnya yakni Mana Tahan, Maju Kena Mundur Kena dan Gengsi Dong merupakan deretan karya yang masih lekat diingatan publik. Karya legendaris tersebut bahkan masih bertahan sampai sekarang dan sering diputar lagi di televisi.

Dono, Kasino dan Indro yang melegendaris kini mulai muncul lagi. Ya, ada 3 pemuda yang parasnya mirip sekali dengan anggota Warkop DKI dan kini mereka jadi sorotan. Ketiga pemuda tersebut bernama Alfin Dwi Krisnandi, Sepriadi Chaniago dan Alfred.

Alfin disebut mirip Indro, paras Sepriadi layaknya Dono dan Alfred sebelah dua belas dengan Kasino. Berikut Liputan6.com rangkum rangkum dari berbagai sumber, potret 3 pemuda mirip Warkop DKI, Kamis (2/9/2021).


1. Ini dia 3 pemuda yang lagi viral karena disebut mirip dengan Indro, Dono dan Kasino Warkop DKI.

 


2. Kemiripan ketiganya sampai dibuatkan Sketsa Warkopi yang tayang di YouTube.

 


3. Bila diperhatian, paras ketiganya memang sangat mirip dengan Indro, Dono dan Kasino.

 


4. Gestur dan senyum dari Alfred, Sepriadi dan Alfin sebelah dua belas dengan Kasino, Dono dan Indro.

 


5. Apalagi saat ketiga senyum lebar, sudah sangat cocok perankan Warkop DKI.

 


6. Ini dia momen keseruan saat Alfred, Sepriadi dan Alfin berkumpul bersama main golf.

@krisnandialfin

Songong bet tawain gw lu kek ya bisa aja ah @alfredkus_ @sepriadi_1997 maklum ya orang ndso gw mah biasanya maen gundu di kampung wkwk #fyp

original sound - Vr....BAHAGIA - Vr....BAHAGIA

Pereda Stres ala Bella Hadid

Bella Hadid Terjun ke Bisnis Minuman Diklaim Pereda Stres

Liputan6.com 2021-09-02 18:02:00
Model AS Bella Hadid berpose saat tiba untuk pemutaran film "Tre Piani" (Three Floors) di Festival Film Cannes edisi ke-74 di Cannes, Prancis selatan, pada 11 Juli 2021. (CHRISTOPHE SIMON / A

Bella Hadid dikenal sebagai salah seorang supermodel dunia yang telah malang melintang di sederet peragaan busana rumah mode mewah. Kini, perempuan berusia 24 tahun tersebut melebarkan sayap ke dunia bisnis.

Dilansir dari Page Six, Kamis (2/9/2021), Bella Hadid mengumumkan pada Rabu, 1 September 2021 bahwa ia kini menjadi salah seorang co-founder Kin Euphorics. Ini adalah merek minuman adaptogenik nonalkohol yang diklaim dapat menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Kepada Vogue, adik Gigi Hadid ini menyebut ia tidak ingat pertama kali menemukan perusahaan itu. Bella mengatakan "alam semesta menempatkan minuman itu di lemari esnya pada 2019."

Tahun itu, ia menyebut tengah berjuang dengan jadwal super padat. Kesempatan ini Bella ambil ketika Kendal Jenner merilis 818 Tequila dan selebritas lain seperti Kate Hudson, Dwayne "The Rock" Johnson, dan George Clooney berkecimpung dalam industri alkohol.

Bella menyebut, ia tidak minum bersama teman-temannya sebanyak dahulu. Ia pun membuat perumpamaan terkait minum alkohol dan produk yang kini jadi bagian bisnisnya.

"Anda dapat mengambil satu gelas wiski untuk merasa lebih baik selama 20 menit atau Anda dapat minum Kin setiap hari untuk merasa lebih baik seumur hidup," kata Bella.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sinergi Keluarga Hadid

Hadid bergabung dengan CEO Jen Batchelor sebagai salah satu co-founder perusahaan. Ia bahkan akan membawa bagian dari properti terkenal keluarganya untuk pekerjaan itu.

Minuman Kin akan segera ditambahkan dengan lavender yang ditanam di pertanian keluarga Hadid di Pennsylvania. Properti Yolanda Hadid telah menjadi rumah bagi keluarga Hadid selama pandemi Covid-19.

Gigi dan Zayn Malik bahkan membeli rumah di dekat properti itu sebelum menyambut putri mereka, Khai. Bella sendiri kerap mengunggah foto merawat tanaman dan hewan.


Gaun Terinspirasi Cairan Tubuh

Sebelum mengumumkan keterlibatannya di merek tersebut, Bella menarik perhatikan ketika berpose untuk serangkaian potret yang dibagikan di akun Instagram-nya, Minggu, 15 Agustus 2021. Ia berbalut mini dress tembus pandang seharga 2.840 dolar Amerika Serikat (AS) (Rp40,8 juta) dari Di Petsa.

Visual gaun yang tampak basah kuyup, melansir Page Six Style, sebenarnya dibuat menggunakan teknik menutupi, dilengkapi jahitan khas desainer Dimitra Petsa. Metode ini membuat busana Bella Hadid yang kering terlihat basah.

Petsa menyebut tampilan gaun Hadid terinspirasi "cara kita memperlakukan cairan tubuh." "Jika kita menangis di depan umum, kita harus menyembunyikannya," katanya.

"Jika kita menyusui di depan umum, kita harus menyembunyikannya. Penyensoran dan rasa malu inilah yang kami tuju untuk menghilangkan stigma melalui desain kami," tutur Petsa. "Saya ingin menciptakan visi seorang wanita yang diberdayakan cairan tubuhnya."


Infografis Poin-Poin Penting Usulan RUU Larangan Minuman Beralkohol

 

Punya 24 Anak Sampai Lupa Nama

Kisah Orangtua di Malaysia Sering Lupa Nama 24 Anaknya

Liputan6.com 2021-09-03 10:02:00
Ilustrasi seorang lelaki memiliki 24 anak yang membuat ia lupa terhadap nama anaknya sendiri (dok.unsplash)

Seorang ayah di Malaysia sering lupa nama anak-anaknya sendiri yang berjumlah 24 orang anak. Hal itu diceritakan dari salah satu anak lelakinya bernama Muhammad Mukmin Al Muttaqi dalam akun TikTok.

Ia menceritakan bahwa 24 anak tersebut berasal dari dua orang ibu. Sebanyak 15 anak berasal dari istri pertama, sedangkan sembilan anak lainnya berasal dari istri kedua.

"Saya merupakan anak kelima dari 24 kakak beradik dan kami mempunyai dua ibu. Ibu pertama ada 15 orang anak dan ibu kedua sembilan orang anak," ujar Muhammad Mukmin Al Muttaqi, seperti dikutip dari mStar, Kamis, 2 September 2021.

Dari 24 orang itu, lanjut Al Muttaqi, anak paling besar berumur 35 tahun. Sementara, anak paling kecil berumur 12 tahun. Meski begitu, mereka selalu ramah dengan kakak dan adiknya dan selalu ramai.

"Setiap hari memang meriah, tetapi kalau hari raya, lebih meriah. Tak perlu tunggu saudara datang pun, adik-adik sendiri sudah ramai. Biasanya kalau untuk warna tema kaos kita ada dua warna," ujar Al Muttaqi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lupa Nama Anak

Meski tinggal dalam satu rumah, Al Muttaqi mengatakan kedua orangtuanya sering lupa nama anak-anaknya sendiri. Tak jarang mereka bahkan salah sebut saat memanggil anaknya yang lain, terlebih ada beberapa nama anak yang memiliki nama panjang.

"Ada antara kami yang diberi nama panjang macam saya sendiri... itu memang susahlah untuk diingat terlebih kalau ditanya dengan spontan. Begitu juga kalau orang tanya adik yang ini, yang itu nomor berapa?" ujar Al Muttaqi.

Selain salah sebut nama anak, kedua orangtua Al Muttaqi tak tahu mana adik dan mana yang kakak. Tak sedikit masyarakat yang terkejut saat mengetahui bahwa Al Muttaqi mempunyai saudara 24 orang, termasuk dirinya.


151 Anak dari 16 Istri

Cerita seorang lelaki yang memiliki anak banyak juga dialami seorang ayah dari Zimbabwe. Lelaki bernama Mischeck Nyandoro yang kini berusia 66 tahun itu memiliki 151 anak dari 16 istrinya.

Melansir dari Daily Mail, Kamis, 2 September 2021, Misheck Nyandoro tidak bekerja dan mengklaim pekerjaan penuh waktunya adalah 'memuaskan istri-istrinya', yang memasak, membersihkan, dan memenuhi setiap keinginannya. Dia berencana menikahi pengantinnya yang ke-17 di musim dingin dan berharap memiliki 100 istri dan 1.000 anak sebelum dia meninggal.

Nyandoro, dari Distrik Mbire, Provinsi Tengah Mashonaland, telah merancang jadwal yang memungkinkan dia untuk 'memuaskan' setidaknya empat istrinya per malam. Pria berusia 66 tahun itu menjadi seorang poligami pada 1983 dan mengatakan dia tidak berencana untuk menghentikan poligaminya sampai dia meninggal.


5 Poin Penting Cegah Penularan Covid-19 pada Anak