Volume 79

Akun Fans Artis K-pop Diblokir

China Bekukan Akun Penggemar Artis K-Pop Blackpink Sampai BTS di Weibo, Dianggap Irasional

Liputan6.com 2021-09-09 12:00:41
Jet Li, Vicky Zhao, Kris Wu (dari kiri ke kanan). (Instagram/jetli/kriswu/vicki_zhaowei)

Belakangan ini China tengah gencar menertibkan industri hiburan. Mulai dari artis Vicky Zhao, Zhang Zhehan, Kris Wu jadi sasaran, konten mereka dilenyapkan dari platform negara tersebut, seperti Tencent Video, iQIyi dan Youku.

Para penggemar K-pop di platform Weibo kini jadi sasaran terbaru dari kebijakan China. Alhasil Weibo, media sosial seperti Twitter di China, menjadi sangat disensor.

Bahkan China mengumumkan telah menangguhkan 21 akun penggemar khusus berbagai artis K-pop. Lantaran China menganggap perilaku mereka dalam mengejar para idola tidaklah rasional.

Akun yang bakal dibekukan atau suspensi selama 30 hari itu melibatkan para penggemar artis populer Korea Selatan atau K-pop, termasuk fan BTS, Blackpink, EXO dan IU.

Diwartakan dari CNN Business pada Kamis (9/9/2021), larangan ini berawal dari akun penggemar anggota boyband "BTS" Jimin yang ditangguhkan.

Sebuah pemberitahuan di akun fan club Jimin menyampaikan bahwa "Akun tersebut untuk sementara waktu dilarang memposting, karena melanggar peraturan komunitas Weibo."

Pihak Weibo mengatakan bahwa beberapa postingan pada media sosial tersebut juga turut dihapus. Lalu secara tegas menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan menindaklanjuti perkara lebih serius. Dan berjanji untuk mempromosikan kegiatan mengejar bintang yang rasional dan mengatur ketertiban masyarakat.

Dalam beberapa pekan terakhir, industri hiburan China menjadi bidikan peraturan ketat oleh Partai Komunis yang berkuasa saat ini, usai tindakan keras Presiden China Xi Jinping terhadap bisnis swasta telah meluas melampaui target awalnya di sektor teknologi.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Era Sebelumnya Pernah Terjadi

Adapun Zhao Wei, salah satu aktris paling terkemuka di China juga jadi target. Sebagian besar bentuk informasi yang tersebar tentangnya tak tanggung-tanggung dihapus dari situs internet China dalam waktu semalam saja.

Halaman penggemarnya di Weibo ditutup. Beberapa film dan acara televisi yang ia bintangi dikeluarkan dari platform streaming, dan namanya juga dihapus dari daftar pemeran - sejak dua dekade lalu.

Pihak berwenang juga membidik budaya penggemar selebritas yang populer di kalangan anak muda China. Cyberspace Administration of China (CAC) yang belum lama ini mengumumkan 10 langkah untuk menyapu bersih "kekacauan" klub penggemar selebritas, termasuk melarang segala upaya untuk memeringkat selebritas berdasarkan popularitas, memperketat peraturan seputar agensi bakat dan akun klub penggemar.

Sehari sebelumnya, platform video populer iQiyi membatalkan semua acara pencarian bakat idola, menyebutnya "tidak sehat."

Sebenarnya selebritas China lainnya telah menjadi sasaran pemerintah sebelumnya. Hanya saja saat ini jauh lebih ketat ketimbang era sebelumnya.

Beberapa komentar di media sosial China, mengatakan tindakan keras itu mengingatkan pada Revolusi Kebudayaan, satu dekade kekacauan politik dan sosial antara 1966 dan 1976. Dimana seni dan budaya dibatasi demi mempromosikan propaganda partai.

Partai Komunis yang memandang budaya populer sebagai medan pertempuran ideologis utama, telah lama menjaga ketat sektor hiburan dengan sensor ketat.

Padahal ini juga yang mendorong pertumbuhan negara, mendukung film dan pertunjukan domestik yang dimaksudkan untuk membantu memenangkan publik China dari Hollywood dan produksi asing lainnya.

Sayangnya di bawah Xi, partai semakin terobsesi dengan kontrol ideologis dan budaya. Pesona ketenaran dan hiruk-pikuk fandom semakin dipandang sebagai pengaruh yang berbahaya dan merusak. Apalagi pada kaum muda di negara yang dijuluki negeri tirai bambu itu.

Reporter: Bunga Ruth

Belenggu Taliban untuk Perempuan

13 Aturan Taliban untuk Perempuan Afghanistan, Dilarang Bermusik hingga Dihukum Rajam

Liputan6.com 2021-09-08 20:38:58
Mahasiswa dan mahasiswi menghadiri kelas yang dipisahkan dengan tirai di sebuah universitas swasta di Kabul, Afghanistan, Selasa (7/9/2021). Universitas di Afghanistan memisahkan pria dan wan

Pemerintahan Taliban berjanji agar lebih inklusif terhadap perempuan di Afghanistan. Namun, belum ada kepastian apakah janji itu akan ditepati.

Baru-baru ini, Taliban bahkan memasang tirai di ruang kelas untuk memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, tak ada pejabat perempuan di kabinet baru pemerintahan Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Ketika berkuasa dulu, ada banyak lagi aturan Taliban yang mengekang perempuan. Bahkan perempuan tak boleh bertemu teman laki-laki di atas 12 tahun.

Berikut 13 aturan ketat bagi perempuan yang pernah dibuat Taliban, seperti dirangkum dari India Today, Rabu (8/9/2021):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Bisakah perempuan pergi ke pasar?

Perempuan boleh ke pasar. Tetapi, dulu Taliban mensyaratkan harus didampingi anggota keluarga laki-laki (anak atau dewasa) ketika keluar rumah.

2. Bisakah perempuan nongkrong dengan teman?

Dulu, Taliban pernah menerapkan tahanan rumah bagi perempuan yang ketahuan nongkrong dengan teman-temannya di luar rumah.

3. Bisakah perempuan bertemu teman laki-laki?

Para perempuan tidak boleh berinteraksi dengan laki-laki berusia di atas 12 tahun yang bukan anggota keluarga mereka.

Meski demikian, sempat ada video dari akun Twitter pro-Taliban ketika guru wanita di Afghanistan bicara dengan reporter sambil disaksikan anggota Taliban.


4. Pendidikan perempuan?

Perempuan boleh mendapatkan pendidikan, tetapi tidak di sekolah reguler, kampus, atau madrasah tempat laki-laki juga bersekolah.

Namun, baru-baru ini mahasiswa yang sudah kuliah tetap belajar dengan pemasangan tirai.

5. Boleh pakai make-up?

Ketika berkuasa dulu, Taliban melarang pemakaian riasan, termasuk kutek, bagi perempuan.

6. Bolehkan perempuan bermain musik?

Taliban menilai musik hukumnya haram. Dulu, Taliban melarang orang yang bermusik di pesta.

Terkini, Taliban juga menegaskan musik haram, tetapi berjanji akan memakai cara persuasif untuk melarangnya.

7. Bolehkah perempuan kerja di kantor?

Taliban berkata bahwa perempuan boleh bekerja. Namun, ada laporan bahwa banker dan PNS perempuan dipulangkan oleh Taliban.

Posisi mereka diminta digantikan oleh saudara laki-laki mereka.


8. Wajibkah pakai burqa?

Dulu, Taliban mewajibkan pemakaian burqa.

Akan tetapi, kini Taliban menyebut burqa tidak wajib. Taliban hanya mewajibkan memakai hijab.

9. Cara bicara perempuan

Saat berkuasa dulu, wanita tidak boleh bicara hingga terdengar orang asing.

Aturan itu sepertinya juga berubah bila melihat video akun Twitter pro-Taliban yang sempat menampilkan seorang guru perempuan yang bicara terang-terangan kepada seorang anggota Taliban.

Ada juga sejumlah perempuan yang berdemo.

10. Sepatu hak tinggi

Dulu, Taliban juga melarang wanita menggunakan sepatu hak tinggi.

Perempuan juga harus berjalan perlahan sampai laki-laki tak mendengar langkahnya. Aturan ini juga sepertinya sudah tak diikuti.


11. Perempuan duduk di balkon

Dulu, perempuan tidak boleh duduk di balkon rumah mereka.

Belum jelas apakah aturan ini masih dianut.

12. Model perempuan

Menampilkan foto perempuan di koran, buku, atau poster dilarang di pemerintahan Taliban.

Ketika Taliban menguasai Kabul, para toko-toko langsung menyensor foto-foto perempuan.

13. Bagaimana jika perempuan melanggar syariah?

Dulu, Taliban dipermalukan secara publik apabila melanggar hukum syariah.

Hukuman mulai dari cambuk hingga dirajam.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

 

Abdi Negara Kok Main Tiktok

Bikin Konten TikTok Saat Jam Kerja, Tujuh ASN Pemkot Bekasi Disanksi

Liputan6.com 2021-09-08 21:46:15
Ratusan ASN atau PNS di lingkungan Setda Garut, Jawa Barat, akhirnya kembali melayani masyarakat, setelah sepekan lingkungan Setda diisolasi, akibat penyebaran Covid-19.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan sanksi kepada tujuh orang pegawainya yang bermain konten TikTok di saat jam kerja. Para pemeran diberikan sanksi administratif karena dinilai membuat konten yang tak pantas sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Baru-baru ini tersiar video 7 orang aparatur berstatus Tenaga Kerja Kontrak Pemkot Bekasi viral di media sosial Tiktok dan dianggap melanggar norma kepatutan," kata Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati, dalam keterangannya, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, ketujuh pemeran TikTok telah dipanggil oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Seluruhnya mendapat sanksi serta pembinaan yang disertai dengan berita acara.

"Pemeran dikenakan sanksi administratif berupa pernyataan tidak puas dari perangkat daerah," ujar Reny.

Pihaknya juga secara tegas melarang seluruh ASN membuat dan mengunggah video pada media sosial dengan konten di luar kepatutan, saat jam kerja maupun di luar jam kerja.

Larangan ini dimuat dalam Surat Edaran Nomor 800/6519/BKPPD-PKA tanggal 2 September 2021, yang ditujukan kepada kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bekasi untuk dipedomani.

"Diterbitkannya surat edaran ini, agar seluruh aparatur mampu menjaga nama baik Pemkot Bekasi," tegasnya.

Selain itu, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 42 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pembinaan Tenaga Kerja Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, memuat tentang:

1. Disiplin Pegawai.

2. Kewajiban menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan martabat Pegawai Negeri Sipil.

3. Menghindarkan diri dari perbuatan tercela serta menjaga nama baik diri dan Pemerintah Kota Bekasi.


Tetap Mendukung Kreativitas

Meski demikian, lanjut Reny, Pemkot Bekasi tetap mendukung bentuk kreativitas selama itu tidak bertentangan dengan norma, kaidah dan etika yang berlaku di masyarakat maupun di lingkup Pemkot Bekasi.

"Media sosial mampu menjadi sarana informasi perangkat daerah kepada masyarakat," tandasnya.

Waras dengan Terapi Kuda

Ada Menu Porsi Jumbo di Gerai Bakmi Food Vlogger Tanboy Kun

Liputan6.com 2021-09-17 21:18:00
Ada Menu Porsi Jumbo di Gerai Bakmi Food Vlogger Tanboy Kun. foto: dok. Ngebakmee!

Ada kabar terbaru yang pas untuk para penggemar kuliner bakmi di Jakarta. Food vlogger Bara Ilham Bakti Perkasa atau akrab dikenal sebagai Tanboy Kun, baru saja membuka gerai kuliner bakmi dengan label 'Ngebakmee!'.

Lokasi restoran milik pria yang juga dikenal sebagai konten kreator dan kerap menyajikan konten 'mukbang' ini, berada di Jalan Kapten Tendean No. 18 C, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Gerai bakmi yang mengusung tagline 'Makan Satu Kurang, Dua Nggak Cukup' ini, menawarkan beberapa menu olahan bakmi.

Sesuai dengan ciri khas dari Tanboy Kun yang kerap menyajikan konten mukbang dengan porsi super banyak alias jumbo dan bercita rasa pedas ini, di gerainya juga ada bakmi bercita rasa pedas.

Menu yang ditawarkan bagi penikmat bakmi di gerai ini, ada Bakmi Gongso Ori, Gongso Pedas Manis, dan Bakmi Kuah dengan tiga paket, yakni Anak Kost, Spesial, dan Bapak Kost (Porsi 1.5). Aneka menu bakmi itu, dilengkapi bakso dan keripik pangsit dengan pilihan topping daging ayam atau daging sapi.

Lalu apa spesialnya dari menu NgeBakmee! ini, dibandingkan dengan kedai bakmi lainnya yang sudah ada? "Ngebakmee menghadirkan cita rasa bakmi yang wangi karena proses pembuatannya si Gongso, dengan bumbu khas Ngebakmee!. Jadi bakalan wangi," kata Bara Ilham pada akhir pekan lalu.

Selain itu, menu bakmi di gerainya, untuk topping daging sapi menggunakan daging tenderloin atau daging has dalam asli yang dikenal teksturnya lebih empuk dan lembut.

"Jadi cobaiin aja, karena kami pakai daging tenderloin asli bukan daging meltique," terangnya.Sekadar diketahui, daging meltique adalah proses merubah bagian daging sapi menjadi marbling (bintik-bintik putih dan garis-garis lemak di dalam bagian daging sapi).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Makanan dan Minuman

Sedangkan harga menu bakmi di Ngebakmee! termasuk terjangkau. Per porsinya mulai dari Rp 18.000 sampai dengan Rp 60.000 untuk porsi jumbo. Selain itu ada menu tambahan, seperti Pangsit Gongso, Pangsit Rebus, Pangsit Goreng, dan bakso.

Menu tambahan itu, dihargai mulai Rp12.000 sampai dengan Rp15.000 per porsi. Sedangkan untuk minuman, di tempat ini menghadirkan aneka minuman dengan harga Rp7000 per cup, seperti iced lemon tea, sweet iced tea, iced lemonade, pure orange.

"Kalau untuk minuman lebih untuk pelengkap aja," ucap Bara.Sedangkan untuk konsep dari gerai Ngebakmee! ini, menurut Bara lebih diutamakantake away alias pesan untuk dibawa pulang. "Tapi untuk dine in (makan di tempar) juga bisa dengan catatan prokes kesehatan," katanya.


Batasi Makan di Tempat

Dia menambahkan, selama adanya aturan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Ngebakmee!, membatasi tamu untuk makan di tempat.

"(Selama PPKM) Kami membatasi tamu sekitar 8 sampai 10 tamu untuk makan di tempat. Jadi bisa pesan take away atau dari ojek online," kata Bara Ilham.

Setelah hadir perdana di kawasan Mampang Prapatan, gerai Ngebakmee! rencananya akan hadir di 15 titik di wilayah Jakarta dan Tangerang. "Yang akan segera dibuka di Kelapa Gading, Pejaten, Lebak Bulus dan Gading Serpon," pungkas Bara Ilham.


Infografis Titik Lengah Makan Bersama

 

Usia 17 Tahun Jadi CEO

Cerita Remaja Korea Selatan Sukses Jadi CEO di Usia 17 Tahun

Liputan6.com 2021-09-08 21:00:33
Pengusaha Muda Sukone Hong asal Korea Selatan. Foto: paradox-computer

Di usianya yang baru 17 tahun, Sukone Hong telah mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha, dengan menjalankan dua bisnis.

Dilansir CNBC, Kamis (8/9/2021) Hong menjadi CEO merek fashion Korea Selatan, Olaga Studios, dan telah menghasilkan lebih dari USD 1 juta dalam penjualan tahun ini serta memenangkan pengakuan dari Universitas Harvard.

Tak sampai di situ, produk jam tangan pintar Braille untuk tunanetra yang ia jual, telah dipesan dalam jumlah ribuan.

Sebelum kesuksesannya, Hong mengungkap ia sempat mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya.

"Sulit bagi saya untuk bergaul di sekolah. Aku seperti di-bully. Aku harus menemukan sesuatu yang dapat mengubah hidupku," ungkap Hong kepada CNBC Make It.

Hong memulai perjalanan kewirausahaannya empat tahun lalu, ketika dia baru duduk di bangku kelas delapan.

Ia pun berjuang untuk menyesuaikan diri dengan teman-teman sekelasnya di sekolahnya di Seoul, dan ingin sekali menemukan kegemaran lain.

Akhirnya, Hong memutuskan untuk menjual kembali pakaian bermerek di platform belanja online Korea Selatan, Naver.

Tetapi dengan hanya modal USD 150 di sakunya, yang dengan cepat "habis," Hong menyadari bahwa dia harus mengubah caranya memulai bisnis.

Hong membutuhkan nilai jual yang unik. Jadi, dengan pinjaman USD 5.000 dari kakek-neneknya dan bantuan bisnis percetakan, dia mulai bekerja membuat situs pakaiannya sendiri yang menawarkan pakaian kasual berukuran unisex dengan desain sederhana namun menarik.

Dari situlah, brand Olaga Sudios lahir.

"Tidak ada yang terjadi selama seminggu," beber Hong.

"Kemudian, Senin pagi, ada sekitar 15 pesanan. Lima puluh pesanan saat jam makan siang. Delapan puluh pesanan menjelang malam. Pekan itu, saya menjual 300 kaos," ceritanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Olaga Studios Tembus Pasar Asia

Merek pakaian berusia tiga tahun ini telah mencapai kesuksesan secara regional, mengumpulkan uang sebesar USD 1,2 juta dalam penjualan tahunan di enam pasar Asia dan menempati peringkat No. 1 dalam kategori kaos Style Share.

Pencapaian tersebut telah memungkinkan Hong mempekerjakan tim yang terdiri dari 12 orang untuk membantu menjalankan situs tokonya.

Tetapi hal itu juga memungkinkan dia untuk melunaskan hutang pinjamannya dengan orang tuanya untuk biaya sekolah di sekolah internasional Amerika di Seoul, tempat dia pindah menempuh pendidikan.

Dan di sanalah Hong mendapatkan inspirasi untuk usaha terbarunya, yang menurutnya adalah panggilannya yang sebenarnya.

"Sebelumnya, saya pikir bisnis hanya tentang menghasilkan banyak uang," kata Hong.

"Tapi setelah pindah sekolah, saya mendapat pendidikan yang bagus," ungkapnya.

"Guru saya mengatakan bahwa pengalaman saya dapat digunakan untuk membuat bisnis untuk membantu orang lain," beber Hong.

Dengan Paradox Computers, perusahaan di balik jam tangan pintar braille buatan Hong, bertujuan untuk membantu tunanetra.

Tugas Negara Agnez Mo

6 Momen Agnez Mo Didapuk Kementerian Pertahanan Jadi Duta Bela Negara

Liputan6.com 2021-09-08 17:45:21
Agnez Mo didapuk jadi Duta Bela Negara. (Instagram/agn.agnezmo)

Prestasi membanggakan kembali diterima oleh Agnez Mo. Pelantun lagu Matahariku itu didapuk menjadi Duta Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Tentu hal itu menjadi prestasi lain di luar bidang seni untuk penyanyi yang telah go internasional itu.

"Hari yang indah. Terima kasih atas kehormatan ini. Saya ditunjuk oleh Kementerian Pertahanan RI sebagai Duta Nasional untuk Patriotisme," tulisnya dalam keterangan unggahan di Instagram dikutip Liputan6.com, Rabu (8/9/2021).

Agnez juga bersyukur karena perjuangannya dalam menghasilkan karya menuai prestasi yang membanggakan. Ketika seseorang punya prestasi, ia bisa memberi pengaruh luas walaupun tidak berada di politik. Itu juga yang dibuktikan Agnez ketika ditunjuk menjadi duta MTV EXIT (End Exploitation and Trafficking) dalam misi memberantas perdagangan manusia.

"Bagiku, kompetisi adalah bertarung dengan diriku sendiri. Itu lebih penting. Makanya aku nggak pernah komentarin orang lain karena aku tahu setiap orang punya jalannya sendiri," lanjut penyanyi berusia 35 tahun itu.

Bagikan potret saat dirinya menerima piagam sebagai duta, berikut momen Agnez Mo saat didapuk jadi Duta Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan RI, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (8/9/2021).


1. Agnez Mo ditunjuk sebagai Duta Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan RI.

 


2. Momen Agnez Mo menerima piagam Duta Bela Negara oleh Dirjen Potesi Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Dadang Hendra Yudha.

 


3. Agnez Mo dengan bangga saat menyematkan medali Bela Negara.

 


4. Indonesia patut berbangga memiliki salah satu artis yang sangat berbakat seperti Agnez Mo.

 


5. Kariernya yang telah ia mulai dari usia belia memiliki pengaruh besar di belantika musik Tanah Air.

 


6. Kariernya yang sudah go internasional secara tidak langsung telah membawa harum dan kebanggaan tersendiri untuk Indonesia.

 

Wakil Rakyat Seharusnya Taat

HEADLINE: 239 Anggota DPR Belum Lapor Harta Kekayaan, Perlu Sanksi Tegas Agar Tak Berulang?

Liputan6.com 2021-09-10 00:03:41
Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Tak bosan-bosan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berteriak agar para Penyelenggara Negara (PN), termasuk anggota DPR, menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Namun nyatanya, aturan yang disuarakan lembaga antirasuah ini dianggap angin lalu.

Data KPK menyebutkan, hingga 6 September 2021, dari 569 anggota terhormat, baru 239 orang yang melaporkan harta kekayaannya. Laporan itu seyogyanya diterima KPK paling akhir 31 Maret 2021.

Ini bukan pertama kali dilakukan Anggota DPR. Pada tahun 2020, sebanyak 169 anggota parleman juga melakukan hal yang sama, enggan melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. Sikap yang berulang ini mendulang dugaan miring dari publik terhadap harta kekayaan yang mereka dapatkan.

"Bisa jadi untuk menyembunyikan hartanya, dugaannya begitu," kata Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Dia menambahkan, DPR selalu mengatakan tidak ada aturan jelas terkait LHKPN. Padahal LKPN ini ada beleidnya sebelum menjabat selama menjabat dan setelah menjabat.

"Jadi aturan itu aja mereka akali dan tak patuh, jadi saya kira ini komitmennya mereka untuk mengakali aturannya sendiri. Karena bukan LHKPN-nya aja yang tidak dipatuhi tapi juga aturan lainnya padahal yang buat aturannya mereka sendiri," ujar dia.

Lucius menerangkan LHKPN ini bukan sekadar laporan dewan terhadap harta yang dimilikinya saja. Ada kesadaran yang ingin dibangun dalam aturan tersebut.

"Alasan yang paling kuat karena dengan LHKPN ini, anggota DPR selalu diingatkan tiap harta dimiliki dan didapatnya itu dapat mencegah dia dalam penyimpangan anggaran dan menguntungkan diri sendiri," kata Lucius.

Dengan tidak patuh melaporan harta kekayaan, menurut dia, sama artinya secara sadar DPR tak mau mendorong pemberantasan korupsi dengan mengawalinya dari diri mereka sendiri

"Ini menunjukkan korupsi masih ada di DPR dan melekat pada mereka. Dan itu ada pada tata kelola mereka khususnya saat pembahasan anggaran. Masih ada 1-2 Anggota DPR korup dan karena itu merasuki lembaga, maka wajar sebagian anggota tak lapor hartanya karena sangat mungkin harta mereka sumbernya ilegal," jelas Lucius.

Dia meyakini anggota dewan yang duduk di gedung parlemen tersebut merupakan sosok pilihan yang berpendidikan tinggi. Namun begitu, keilmuan yang ada pada mereka tidak mampu mewarnai nilai-nilai komitmen terhadap aturan yang dibuatnya.

"Saya awalnya mikir, masa sih DPR butuh sanksi? Ini kan sederhana cuma laporan. Mereka kan dewasa dan terhormat tapi komitmennya ternyata rendah dan tidak jujur dan akhirnya kita harus anggap mereka sekelas anak TK dan SD yang semua harus ditakutin dengan sanksi bila tak patuh aturan. Jadi sanksi ini perlu dibuat," ujar dia.

Lucius pun mendesak agar para pimpinan di DPR mencari format tepat agar LHKPN ini dipatuhi anggotanya. Dengan melaporkan harta kekayaan, secara tidak langsung memberikan citra positif bagi anggota dan parpolnya lantaran dianggap pro terhadap pemberantasan korupsi.

"Jadi coba inisiatif dari pimpinan DPR dan pimpinan fraksi bisa jadi solusi agar tak harus ubah UU karena ini kan bagi anggota mereka sendiri. Karena mereka adalah citra partai. Jadi fraksi punya kewajiban mencitpakan citra yang baik sebagai partai yang mendukung pemberantasan korupsi," jelas Lucius.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Infografis Ratusan Wakil Rakyat Belum Sampaikan Laporan Harta Kekayaan. (Liputan6.com/Abdillah)

Peneliti Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Wasanti juga menyoroti hal yang sama. Dia menilai penyerahan laporan kekayaan anggota DPR merupakan harga mati. Tak ada alasan apa pun bagi pejabat untuk tidak melakukannya.

"Mereka pejabat publik yang digaji dan dibayar menggunakan uang rakyat. Sudah sewajarnya mereka harus melaporkan harta kekayaan agar masyarakat bisa mengontrol. Kan kita bisa lihat itu kalau mereka melaporkan harta kekayaanya per tahun naiknya seberapa," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (9/9/2021).

Dari sini masyarakat bisa mengukur apakah mereka berpotensi korupsi atau tidak. Jika harta yang didapatkan dengan cara tidak menyimpang, para anggota DPR hendaknya tidak perlu takut untuk menyampaikan LHKPN.

"Kalau mereka tidak melakukan (korupsi) itu sebetulnya enggak ada soal untuk melaporkan harta kekayaan mereka. Tidak ada itikad baik sih mas kalau ku pikir. Ada unsur kesengajaan dan kelalaian lah di situ," ujar dia.

Wasanti menilai, dalih yang dikemukakan pimpinan DPR lantaran adanya kebijakan WFH merupakan alasan yang mengada-ada. Karena semua proses penyampaian LHKPN dilakukan secara online.

"Ku pikir enggak ada alasan, karena KPK juga sekalipun WFH semua kan online. Dengan adanya pandemi ini pemerintah kan langsung penyesuaian. Mereka kan rata-rata rapat online. Jadi sebetulnya WFH tdak harus menggugurkan mereka untuk melaporkan harta kekayaan mereka," terang dia.

Karena itu, dia menekankan sebenarnya ketidakpatuhan anggota DPR dalam menyampaikan LHKPN lantaran tak memiliki niat untuk itu. Terlebih semua sistem sudah berjalan secara elestronik.

"Kalau niat mah bisa, orang KPK kan ada layanan online. Toh pegawai KPK itu enggak semua WFH, jadi saya pikir enggak ada alasan WFH," ujar dia.

Agar ini tidak terulang, Wasanti menilai perlu ada sanksi tegas terhadap pelanggar. Sanksi itu sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam menerapkan aturan.

"Harusnya memang dikenakan sanksi. Sanksinya itu memang bukan sanksi tertulis, tapi entah sanksi yang sifatnya denda atau seperti apa ketika mereka tidak melapor. Ini juga bentuk keseriusan negara untuk melakukan pemberantasan korupsi, jadi tidak hanya sanksi tertulis," ujar dia.

"Atau bisa juga KPK mempublikasikan nama-nama yang tidak melaporkan. Itu bisa juga dijadikan kampanye bahwa ini tdak melaporkan, jadi buat pemilihan berikutnya kita bisa bilang ini enggak melaporkan terus kenapa dipilih," imbuh Wasanti.

Terkait LHKPN yang tidak akurat, dia menilai butuh kejujuran pejabat dalam mengisi daftar kekayaan hartanya. Sebab KPK hanya menginput laporan dari mereka.

"KPK hanya menginput laporan mereka. Nah berarti kan ini sebetulnya dibutuhkan kejujuran dari si pelapor ya. Kalau mereka enggak jujur ya gimana? Sedangkan KPK kan hanya menginput dari pejabat itu," ujar Wasanti.

Infografis Sederet Temuan KPK Terkait Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara. (Liputan6.com/Abdillah)

Respons DPR

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad merespons desakan agar anggota yang belum melaporkan LHKPN untuk segera menyampaikannya kepada KPK. Ia menegaskan sudah memerintahkan langsung kepada anggota dewan maupun melalui fraksinya masing-masing.

"Sudah kita sampaikan ke semua, kita sudah sampaikan ke fraksinya juga," kata Dasco pada wartawan, Kamis (9/9/2021).

Dia mengklaim, penyerahan LHKPN butuh waktu lantaran tiap fraksi harus melakukan sosialisasi ke tiap anggota di saat kondisi masih WFH.

"Memang butuh waktu untuk sosialisasi di masing-masing fraksi," katanya.

Dasco menyebut rendahnya anggota Dewan yang menyerahkan LHKPN karena ada masalah teknis. Sebab, para staf dan tenaga ahli yang membantu untuk melaporkan LHKPN, terhambat dengan penerapan WFH.

"Itu LHKPN kan harus dimasukkan pada saat-saat pandemi, nah mereka kan biasanya dibantu oleh TA, oleh staf, nah ini kan kita WFH semua sehingga staf yang membantu itu rata-rata juga pada WFH," ujar dia.

"Karena masalah teknis. Tahun yang sebelumnya bagus itu (LHKPN)," katanya.

Kendati demikian, Anggota komisi II DPR Mardani Ali Sera menilai tak ada hambatan dalam menyampaikan LHKPN. Hanya saja memerlukan ketekunan.

"Di masa pandemi mestinya tidak ada kesulitan juga. Ini bab komitmen," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Dia pun menyayangkan banyak anggota DPR yang tidak menyampaikan LHKPN. Menurutnya, perlu ada pembicaraan untuk mencari solusi bersama atas persoalan tersebut.

"Berulang hampir tiap tahun. Mesti duduk bersama mencari solusi. Bisa dimudahkan prosesnya atau tidak dibuat tiap tahun. Atau dilakukan berbasis permintaan dari aparat," kata dia.

Melaporkan harta kekayaan merupakan kewajiban bagi setiap penyelenggara negara (PN) sesuai dengan ketentuan Pasal 5 ayat 2 dan 3 Undang-undang No 28 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme.

Undang-Undang mewajibkan PN bersedia untuk diperiksa kekayaannya sebelum, selama, dan setelah menjabat. PN juga wajib melaporkan dan mengumumkan kekayaannya sebelum dan setelah menjabat.

KPK sesuai dengan pasal 7 Undang-Undang No 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas UU No 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, berwenang untuk melakukan pendaftaran dan pemeriksaan terhadap LHKPN sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi.


Banyak Tak Jujur Sampaikan LHKPN

Hampir separuh dari anggota DPR terungkap tak mematuhi aturan terkait laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Berdasarkan data dari kedeputian pencegahan KPK, sebanyak 239 anggota DPR RI belum melaporkan hartanya kepada KPK.

"Tercatat pada tanggal 6 September 2021, anggota DPR RI dari kewajiban laporan 569, sudah melaporkan diri 330 dan belum melaporkan 239, atau tingkat persentase laporan baru 58%," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam webinar bertajuk 'Apa Susahnya Lapor LHKPN Tepat Waktu dan Akurat', Selasa (7/9/2021).

Dalam webinar ini turut hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo mewakili unsur legislatif, Menteri BUMN Erick Thohir mewakili unsur eksekutif dan BUMN/BUMND, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewakili unsur pemerintah daerah, dan Peneliti FORMAPPI Lucius Karus.

Firli mendorong seluruh anggota DPR RI untuk menyampaikan LHKPN secara patuh setiap tahunnya. Tak hanya kepada para legislator, Firli meminta hal tersebut kepada seluruh penyelenggara negara yang masuk dalam kategori wajib lapor (WL).

"Kami sungguh mengajak rekan-rekan penyelenggara negara untuk membuat dan melaporkan harta kekayaannya. Kenapa? karena tujuannya satu, mengendalikan diri supaya tidak melakukan praktek-praktek korupsi," kata Firli.

KPK sebelumnya juga menemukan banyak penyelenggara negara yang tak jujur dalam menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). KPK mendorong agar para pejabat negara yang masuk kategori wajib lapor (WL) agar melaporkan hartanya secara akurat.

"KPK masih mendapati banyak laporan kekayaan yang disampaikan tidak akurat," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

Ipi mengatakan, berdasarkan data KPK per semester 1 tahun 2021 ini, tingkat kepatuhan LHKPN bidang legislatif di tingkat pusat terjadi penurunan kepatuhan. Pada periode sebelumnya tercatat 74 persen bidang legislatif melaporkan hartanya, namun kini menurun menjadi 55 persen.

Meski demikian, secara nasional dari seluruh bidang eksekutif, legislatif, yudikatif, dan BUMN/BUMD terjadi peningkatan kepatuhan dari 95 persen menjadi 96 persen. Ipi mengatakan, kepatuhan LHKPN menjadi bukti komitmen penyelenggara negara dalam pencegahan korupsi.

"Komitmen tersebut seharusnya didasari pada keyakinan bahwa penyelenggara negara wajib menjaga integritas dengan menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya sebagai pejabat publik," kata Ipi.

Ipi mengatakan, KPK sudah memberikan kemudahan pelaporan secara online, tidak mengharuskan melampirkan semua dokumen kepemilikan harta, serta memberikan bimbingan teknis dan sosialisasi pengisian LHKPN secara regular.

"Sehingga, tidak ada alasan bagi penyelenggara negara untuk tidak melaporkan harta kekayaan secara tepat waktu dan akurat. Menyampaikan LHKPN kini sangat mudah dan cepat," kata Ipi.

Kopi Aceh Sihir Warga Estonia

Aroma Kopi Aceh Gayo Sukses Memesona Warga Estonia

Liputan6.com 2021-09-08 20:14:41
Penampilan Indonesia pada festival kopi tahun ini mengedepankan produk kopi Gayo dengan sajian utama Caf Femenino (Kemlu RI)

Kopi Aceh Gayo berhasil memesona para pemerhati di Estonia yang memenuhi paviliun Indonesia pada 'Tallinn Coffee Festival 2021' yang diselenggarakan di Tallinn, Ibukota Estonia (3-4/09/2021).

Penampilan Indonesia pada festival kopi tahun ini di Estonia mengedepankan produk kopi Gayo dengan sajian utama Caf Femenino, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id, Rabu (8/9/2021).

Caf Femenino adalah produk kopi yang dihasilkan dari program pemberdayaan perempuan di Gayo, Aceh dan berhasil mendapatkan sertifikasi Uni Eropa yaitu Fairtrade dan European Union Organic, dengan didukung oleh Roaster kopi Mokkamestarit Finlandia.

Selain menampilkan produk kopi Gayo, paviliun Indonesia di Estonia juga menampilkan berbagai produk kopi lainnya dari seluruh wilayah Indonesia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tarik Perhatian

Produk-produk tersebut juga menjadi perhatian dan diminati para pengunjung yang ditunjukan dengan pertanyaan dan permintaan informasi kontak dengan produsen kopi di Indonesia.

Lebih dari seribu pengunjung telah meluangkan waktu mengunjungi paviliun Indonesia dan mencicipi kenikmatan khas kopi Indonesia yang disajikan.

Tallin coffee Festival adalah kegiatan pameran kopi yang diselenggarakan setiap tahun di Kota Tallinn dan diikuti oleh para roaster, brand coffee shop dan pemerhati kopi dari Kawasan Skandinavia dan Baltik.

Gelang Marie-Antoinette Dilelang

Gelang Berlian Ratu Prancis Marie-Antoinette Bakal Dilelang, Diprediksi Terjual Rp58 Miliar

Liputan6.com 2021-09-09 13:01:36
Dua gelang Ratu Prancis Marie-Antoinette diperlihatkan di Jenewa, Swiss, 6 September 2021. Perhiasan bersejarah ini diyakini akan mudah terjual dengan harga yang fantastis bahkan bisa menemb

Dua gelang yang pernah dimiliki Ratu Prancis, Marie-Antoinette, akan dilelang di balai lelang Christie di Jenewa, Swiss. Gelang dengan tiga baris berlian itu dideskripsikan "bisa saling dihubungkan dan dipakai sebagai kalung."

Dilansir dari Japan Today, Kamis, (9/9/2021), setidaknya ada 112 berlian berukuran besar dan kecil yang terpasang di gelang tersebut. Aksesori berharga itu akan dilelang mulai dari 2 juta dolar AS atau sekitar Rp28 miliar.

Harga jualnya diprediksi bisa mencapai 4 juta dolar AS atau sekitar Rp58 miliar. Hal ini ditegaskan Marie-Cecile Cisamolo dari balai lelang Christie pada AFP.

Perhiasan bersejarah ini diyakini akan mudah terjual dengan harga fantastis saat dilelang pada 9 November 2021. Menurut direktur di balai lelang Christie di Jenewa, Francois Curiel, biasanya lelang perhiasan yang berkaitan dengan para bangsawan bisa terjual dengan harga sangat tinggi.

Terlebih, gelang ini disebut memiliki berlian antik berkisar satu hingga empat karat. Selain memiliki nilai intrinsik, pembeli juga diyakini akan punya kebanggaan tersendiri bisa menggunakan perhiasan bangsawan Prancis itu.

"Sebenarnya agak sulit mengukur kadar karat gelang berlian ini, karena di masa lalu tidak ada penggunaan ukuran kadar berlian yang tepat. Tapi dengan keunikan, bentuk, dan nilai sejarahnya, perhiasan ini akan sangat diminati," jelas Cisamolo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lelang Liontin

Ini bukan kali pertama perhiasan Ratu Marie-Antoinette dilelang. Pada 2018, sebuah liontin mutiara dengan berlian alami juga dijual rumah lelang Sotheby. Awalnya, liontin itu ditawarkan seharga 1--2 juta dolar AS, namun akhirnya laku 36 juta dolar AS atau sekitar Rp522 miliar.

Marie-Antoinette adalah ratu terakhir Prancis sebelum era revolusi. Ia dipenggal di Paris pada Oktober 1793 dalam usia 37 tahun. Marie-Antoinette memesan gelang dari perhiasan Charles August Boehmer di Paris pada 1776, dua tahun setelah naik takhta.

Ia membayar 250 ribu livre, jumlah yang sangat besar pada saat itu. Tak lama kemudian terjadi revolusi dan kekuasaan suami Marie-Antoinete, Raja Louis XVI, berakhir.

Sebelum mencoba melarikan diri dari Prancis bersama Raja Louis XVI dan anak-anak mereka, Marie-Antoinette terlebih dahulu memastikan perhiasannya dikirim ke luar negeri. Semuanya dikirim ke Brussel, Belgia sebelum menuju kampung halamannya di Austria yang saat itu dikuasai kaisar yang merupakan sepupu Marie-Antoinette.


Sensasi Tersendiri

Pada 1792, keluarga Marie-Antoinette dipenjara di Paris. Setahun kemudian, pasangan suami-istri itu dieksekusi mati, sementara putra mereka Louis XVII meninggal dalam tahanan. Hanya putri mereka, Marie Therese, yang bertahan hidup. Ia dibebaskan pada 1795 dan dikirim ke Austria. Di sana, ia diberikan warisan perhiasan milik ibunya.

"Sejak itu perhiasan ini bisa dilacak dan dipastikan milik Marie-Antoinette. Mereka yang telah berhasil membawanya sampai ke tempat ini akan sangat dihargai sepanjang hidup mereka," ucap Cisamolo.

Menurut Cisamolo, ada sensasi tersendiri saat mengenakan gelang berlian bersejarah tersebut. "Bukan hanya karena pernah dikenakan Marie-Antoinette, tapi berlian ini memang luar biasa. Saat mengenakannya, gelang ini akan sangat bersinar dan seakan menyatu dengan kulit Anda, seolah kulit Anda yang berkilau," pungkasnya.


Heboh Pin Emas Wakil Rakyat Jakarta

 

Suntik Mati Agar Tak Menderita

Sakit Tua, Salah Satu Penguin Tertua Dunia dari Kebun Binatang Oregon Disuntik Mati

Liputan6.com 2021-09-09 16:29:31
Ilustrasi penguin Humboldt (wikimedia commons)

Dunia kehilangan salah satu penguin tertua pada akhir pekan di Kebun Binatang Oregon, AS. Mochica, yang dikenal sebagai Mo mati di usia 31 tahun.

Melansir dari laman CNN, Kamis (9/9/2021), Mo adalah penguin Humboldt jantan tertua di Amerika dan menjalani sepanjang hidupnya di kebun binatang di Portland sampai ia di suntik mati pada hari Sabtu akibat penyakit usia tua.

"Ia menderita katarak dewasa di satu mata, (dan) mata tua di sisi lain, radang sendi bilateral di pinggulnya," ujar Travis Koons, orang yang mengawasi populasi burung di kebun binatang tersebut.

"Ia hanya seekor burung yang sangat tua. Sulit baginya untuk melihat, dan terkadang sulit baginya untuk berjalan."

Menetas pada 6 Juli 1990, Mo menikmati waktu yang ia habiskan bersama orang-orang di kebun binatang dan lebih sering bersama penjaga daripada teman-teman burungnya.

"Cukup umum untuk berjalan ke area dapur penjaga dan menemukan Mo sedang membantu menyiapkan makanan atau hanya bercengkrama dengan starf perawat di sana," ujar Koons.

Mo adalah penguin pejantan tertua dari spesiesnya di kebun binatang atau akuarium di Amerika utara, dan mungkin seluruh dunia, kata Koons. Spesies Mo, yakni Humboldt liar, jarang hidup melewati usia 20 tahun.

"Ini adalah hari yang luar biasa menyedihkan bagi tim perawatnya dan bagi semua orang yang menghabiskan waktu dengan burang-burung yang menakjubkan ini," ujar Koons. "Kita semua pernah mengalami saat-saat dalam hidup kita di mana hewan telah meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di hati kita. Mochica telah melakukan itu pada ribuan orang. Ia menginspirasi generasi-generasi."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Spesien Penguin yang Rentan

Penguin Humboldt adalah binatang asli Amerika Selatan dan dilindungi oleh U.S. Endangered Species Act. Penangkapan mangsa yang berlebihan serta terjerat jaring ikan dapat mengancam populasi mereka.

Menurut kebun binatang, spesies Humboldt adalah penguin yang paling rentan, dengan estimasi populasi mencapai 12.000 pasangan kawin.

"Penguin Humboldt hidup di wilayah yang sangat dipengaruhi oleh aktivitas manusia," ujar Koons. "Mereka butuh habitat laut yang sehat untuk berkembang, dan kami dapat membantu membuat perbedaan - bahkan dengan cara yang sederhana seperti mengunduh aplikasi Seafood Watch dan memilih makanan laut yang berkelanjutan."

Reporter: Ielyfia Prasetio