Volume 83

Ancaman Kiamat Internet

Kiamat Internet Akibat Badai Matahari Akan Hampiri Bumi

Liputan6.com 2021-09-13 20:00:58
Badai Matahari 2012 (NASA)

Sebuah studi baru memberikan peringatkan bahwa badai matahari super yang terjadi sekali dalam sekitar satu abad, dapat menjerumuskan dunia ke dalam kiamat Internet.

Dikutip dari laman gadgets.ndtv.com, Senin (13/9/2021) hal ini diprediksi bisa membuat sebagian besar perangkat selular masyarakat offline selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Matahari terus-menerus membombardir Bumi dengan partikel elektromagnetik. Normalnya, partikel-partikel yang menciptakan angin matahari biasanya dikirim ke kutub oleh perisai magnet Bumi yang pada akhirnya melindungi planet ini dari kerusakan nyata.

Sekitar setiap 100 tahun, angin matahari ini berubah menjadi badai matahari besar, menurut para peneliti, yang dapat memiliki konsekuensi serius bagi kehidupan modern.

Dalam studi berjudul 'Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse' yang dipresentasikan pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021, penulisnya Sangeetha Abdu Jyothi dari University of California, mengungkap bahwa kemajuan teknologi modern bertepatan dengan periode aktivitas matahari yang lemah dan pusat Tata Surya ini diperkirakan akan menjadi lebih aktif dalam waktu dekat.

Para ilmuwan memperkirakan kemungkinan cuaca ruang angkasa yang ekstrem berdampak langsung ke Bumi antara 1,6 dan 12 persen dalam dekade berikutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belajar dari Pandemi COVID-19

Menurut penelitian, infrastruktur internet regional akan menghadapi risiko kerusakan yang rendah bahkan ketika badai matahari besar-besaran terjadi. Lantaran serat optik itu sendiri tidak terpengaruh oleh arus yang diinduksi secara geomagnetik.

Tetapi risikonya lebih tinggi untuk kabel bawah laut. Jika badai matahari mengganggu sejumlah kabel, hal itu dapat menyebabkan terputusnya konektivitas antar negara meskipun infrastruktur lokal tetap utuh.

"Infrastruktur kami tidak siap untuk peristiwa matahari skala besar. Kami memiliki pemahaman yang sangat terbatas tentang tingkat kerusakan yang akan terjadi," kata Abdu Jyothi seperti dikutip Wired.

Pandemi dan ketidaksiapan dunia menghadapi keadaan darurat di tingkat global membuat peneliti berpikir tentang ketahanan internet di masa depan.

Untuk badai matahari yang parah, Bumi akan memiliki waktu sekitar 13 jam untuk bersiap, tambah Abdu Jyothi. Baru ada dua badai seperti itu yang tercatat dalam sejarah baru-baru ini (pada tahun 1859 dan tahun 1921).


Infografis Tidak Buta Karena Gerhana Matahari

 

PNS Tak Netral Dipecat

Jokowi Keluarkan Aturan, PNS Tak Netral di Pemilu Bisa Dipecat

Liputan6.com 2021-09-14 16:27:14
Ratusan ASN atau PNS di lingkungan Setda Garut, Jawa Barat, akhirnya kembali melayani masyarakat, setelah sepekan lingkungan Setda diisolasi, akibat penyebaran Covid-19.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Aturan itu salah satunya menekankan bahwa PNS harus netral dalam Pemilu dan tak boleh memberikan dukungan kepada calon presiden maupun calon kepala daerah manapun.

"PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/WakilPresiden, calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah, atau calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah," demikian bunyi Pasal 5 sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan PP, Selasa (14/9/2021).

Adapun PNS yang terbukti melanggar tak bersikap netral dalam Pemilu dapat dikenakan hukuman disiplin berat yang terdiri dari, penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan. Selain itu, pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan hingga pemberhentian dengan hormat.

"Hukuman disiplin berat dijatuhkan bagi PNS yang melanggar ketentuan larangan memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden, calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota Dewan Perwakilan Ralryat, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah, atau calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah," bunyi Pasal 14.

Hukuman disiplin berat diberikan kepada PNS yang terbukti menjadi peserta kampanye dengan mengerahkan PNS lain, ikut kampanye dengan menggunakan fasilitas negara. Kemudian, membuat keputusan dan/atau tindakan yangmenguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.

Lalu, mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye. Mulai dari, pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

"Memberikan surat dukungan disertai fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau Surat Keterangan Tanda Penduduk," jelas PP 94 tahun 2021.


Kampanye dengan Atribut

Sementara itu, PNS yang menjadi peserta kampanye dengan menggunakan atribut partai atau atribut PNS sebagaimana akan dijatuhi hukuman disiplin sedang. Jenis hukuman disiplin sedang terdiri dari, pemotongan tunjangan kinerja sebesar 25 persen selama 6 bulan hingga 12 bulan.

"Hukuman disiplin yang telah dijatuhkan sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah ini dan sedang dijalani oleh PNS yang bersangkutan dinyatakan tetap berlaku," bunyi Pasal 40.

Hujan Bangkai Burung Pipit

Ratusan Burung Pipit Berjatuhan Mati Mendadak di Kawasan Balai Kota Cirebon, Ada Apa?

Liputan6.com 2021-09-14 12:00:00
Ratusan burung pipit mati mendadak dan bangkainya memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon. (Liputan6.com Panji Prayitno)

Fenomena aneh terjadi di area parkir Balai Kota Cirebon. Ratusan burung pipit mati mendadak dan bangkainya memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon.

Pantauan di lokasi, sejumlah ASN dan pegawai lain tampak sibuk mengangkat bangkai burung pipit itu. Beberapa ekor burung di antaranya masih terpantau hidup namun tak bisa terbang karena terkena air hujan.

Burung Pipit mati diduga setelah Cirebon memasuki musim hujan. Namun belum diketahui secara pasti penyebab kematian massal burung pipit tersebut.

Namun, diketahui burung tersebut biasa bersarang di antara pepohonan yang ada di kawasan Balai Kota Cirebon. Kematian massal burung pipit tersebut bersamaan dengan guyuran hujan deras di daerah Cirebon.

"Ini pertama kalinya dan tidak tahu apa penyebabnya," kata salah seorang pegawai sembari mengangkat bangkai burung, Selasa (14/9/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terjadi Juga di Bali

Beberapa orang yang datang ke Balai Kota Cirebon pun mengungkapkan simpati atas kematian ratusan Burung Pipit itu. Fenomena yang dianggap langka tersebut oleh sebagian orang direkam. Mereka mengaku kejadian tersebut belum pernah terjadi. Sejumlah ASN Kota Cirebon tampak berusaha menyelamatkan burung pipit yang masih hidup dengan memindahkannya ke lokasi lain. Diketahui fenomena yang sama belum lama ini juga pernah terjadi di Bali.

"Kasihan kalau sampai terlindas mobil," ungkap seorang pegawai.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Peringatan Teror dari Jepang

HEADLINE: Jepang Rilis Peringatan Teror di Asia Tenggara, Antisipasi Indonesia?

Liputan6.com 2021-09-15 00:15:25
Polisi antiteror Indonesia menangkap teroris saat simulasi penanggulangan teror di Pelabuhan Benoa, Bali, (8/3). Simulasi penanggulangan teror di kawasan pelabuhan wisata itu atas kerja sama

Pemerintah Jepang memperingatkan warganya yang berada di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia mewaspadai potensi serangan terorisme. Dalam peringatan teror yang dikirim lewat email itu, warga Jepang diminta menjauh dari fasilitas keagamaan dan keramaian.

Mengutip AP News, Jepang mengklaim telah memperoleh informasi bahwa ada peningkatan risiko teror seperti bom bunuh diri. Peringatan yang dikeluarkan Senin, 13 September 2021 itu berlaku untuk warga Jepang di Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Namun sayangnya tidak ada informasi lanjutan terkait ancaman teror yang dimaksud. Jepang tidak menjelaskan lebih detil menyusul peringatan yang dikeluarkan untuk warganya di beberapa negara Asia Tenggara.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah mengkonfirmasi peringatan tersebut ke Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Jakarta. Hasilnya, tidak ada pesan untuk Indonesia.

"Kemlu sudah konfirmasikan dengan Kedubes Jepang di Jakarta dan dijelaskan bahwa Kedubes Jepang tidak mengeluarkan warning tersebut," kata Juru Bicara (Jubir) Kemlu, Teuku Faizasyah saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (14/9/2021).

"Kalau ada informasi yang credible, pihak Jepang sebaiknya berbagi informasi dengan negara-negara yang disebutkan di berita tersebut," sambungnya.

Secara terpisah, Kedubes Jepang di Jakarta juga membantah adanya email atau surat elektronik (surel) peringatan terorisme kepada warga mereka di Indonesia.

Berdasarkan informasi Kedubes Jepang, peringatan tersebut tak disebar di Indonesia, meski beredar di negara Asia Tenggara lain. Malaysia menjadi salah satu negara yang mengkonfirmasi adanya email tersebut untuk warga Jepang di wilayahnya.

"Yang dapat kami sampaikan saat ini adalah bahwa ada semacam alertyang dikeluarkan oleh beberapa Kedutaan Jepang. Namun untuk kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, sampai saat ini tidak mengeluarkan peringatan kepada warga Jepang di Indonesia," kata pihak Kedubes Jepang kepada Liputan6.com, Selasa (14/9/2021).

Infografis Jepang Peringatkan Potensi Teror di Asia Tenggara. (Liputan6.com/Abdillah)

Meski begitu, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan pihaknya selalu siap dalam mencegah dan meningkatkan upaya pelacakan terhadap segala bentuk ancaman teror.

"Densus selalu dalam kondisi siaga untuk memonitor gerakan-gerakan jaringan teroris di wilayah kita, termasuk regional dan internasional. Akan ada tindak lanjut terhadap informasi-informasi seperti ini," ujar Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, Selasa (14/9/2021).

Aswin menyebut, Polri tentunya mendalami sumber informasi ancaman teror yang disampaikan Kementerian Luar Negeri Jepang. Densus 88 Antiteror Polri sejak awal telah melakukan upaya preemptive strikeatau pencegahan terhadap aksi terorisme di Tanah Air.

"Densus 88 tidak pernah berhenti bergerak, baik dalam pencegahan maupun penindakan," kata Aswin menandaskan.


Berkaitan dengan Situasi Global

Pengamat terorisme, Ridlwan Habib berpandangan, early warning atau peringatan dini yang disampaikan pemerintah Jepang justru bagus agar pemerintah Indonesia dan negara-negara tetangga yang disebutkan tidak kecolongan.

"Jadi lebih waspada dan hati-hati, early warning dari Jepang justru akan membuat intelijen negara lain waspada dan segera melakukan pencegahan," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Meski tidak ada penjelasan lebih rinci dalam peringatan tersebut, Ridlwan percaya Pemerintah Jepang tidak asal mengeluarkan warning.

"Intelijen Jepang pasti mendapatkan sumber yang valid dan akurat sehingga menyampaikan peringatan bagi warga Jepang. Kementerian Luar Negeri Jepang dan intelijen Jepang tentu tidak sembarangan dalam membuat analisa, tapi didasari bahan dan info A1 yang terpercaya," tuturnya.

Ridlwan mengamini peringatan yang dikeluarkan Jepang berkaitan dengan situasi global terkini, seperti eskalasi politik di Afghanistan, momentum dua dekade serangan teroris 11 September, termasuk penangkapan terduga teroris yang gencar dilakukan di Tanah Air belakangan ini.

"Tentu berkaitan dengan semua situasi," katanya.

Namun begitu, Direktur The Indonesia Intelligence Institute ini meminta agar masyarakat tidak takut dan khawatir berlebihan terhadap peringatan yang dikeluarkan Jepang.

Dia percaya, pemerintah Indonesia telah melakukan langkah-langkah antisipasi jauh sebelum Negeri Sakura mengeluarkan peringatan dini potensi teror.

"Densus 88 Polri profesional dan pasti juga segera melakukan langkah-langkah antisipasi agar tidak terjadi serangan. Tetap beraktivitas seperti biasa, tentu dengan waspada. Yakinlah bahwa BIN dan Densus 88 Polri pasti bekerja maksimal mencegah setiap upaya serangan sekecil apapun," kata Ridlwan.


Sikap Malaysia dan Thailand

Warga Jepang di Malaysia telah dan Thailand mendapat email peringatan potensi teror yang dikirim Pemerintah Negeri Sakura. Namun pemerintah dua negara itu tidak ambil pusing. Namun Malaysia dan Thailand tidak ambil pusing dengan warning tersebut.

Mengutip laporan The Star, Selasa (14/9/2021), kepolisian Malaysia menyatakan bahwa peringatan dari Jepang itu adalah hal rutin saja, dan masih berkaitan dengan peringatan serangan 11 September 2001.

"Travel advisory yang dikeluarkan Kedubes Jepang adalah tindakan rutin yang mengingatkan warga Jepang di wilayah ini untuk berhati-hati, terkait peringatan ke-20 serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat," ujar Komisaris Datuk Zamri Yahya dari Kepolisian Kerajaan Malaysia.

Ia pun menduga peringatan tersebut juga masih berkaitan dengan bangkitnya Taliban di Afghanistan. Pihak kepolisian pun berjanji akan memonitor situasi-situasi yang berkembang di Malaysia.

Sama seperti Malaysia, Pemerintah Thailand juga menilai tak ada tanda-tanda terorisme di dalam negeri. Peringatan dari Jepang pun dinilai hanya bersifat umum.

"Otoritas-otoritas keamanan dan Special Branch Bureau telah bersikeras bahwa tak ada tanda-tanda serangan teroris baru yang sedang diplot atau menarget Thailand saat ini," ujar Kolonel Kissana Phathanacharoen, deputi jubir Kepolisian Kerajaan Thailand, seperti dilaporkan Bangkok Post.

Selain itu, ia menyebut pihak Kedubes Jepang di Bangkok juga tak memberikan detail mengenai peringatan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Thailand mengaku sudah mengecek ke pihak Kedubes Jepang. Thailand menyebut pihak Jepang juga tidak memberikan spesifikasi mengenai sumber informasi yang membuat mereka memberikan peringatan teroris, atau lokasi mana yang mereka soroti.


Infografis Penangkapan Terduga Teroris dan Waspada Euforia Kemenangan Taliban

 

Lawan Taliban Hingga Titik Darah Penghabisan

Melawan Taliban di Lembah Panjshir, 20 Warga Sipil Tewas

Liputan6.com 2021-09-14 06:30:31
Gerakan perlawanan Afghanistan dan pasukan pemberontakan anti-Taliban mengambil bagian dalam pelatihan militer di daerah Abdullah Khil, Distrik Dara, Provinsi Panjshir, Afghanistan, 24 Agustu

Laporan BBC menemukan bahwa setidaknya 20 warga sipil telah tewas oleh Taliban di Lembah Panjshir.

Rekaman dari pinggir jalan berdebu di Panjshir menunjukkan seorang pria mengenakan perlengkapan militer dikelilingi oleh anggota Taliban. Tembakan dilemparkan dan dia pun merosot ke tanah.

Melansir BBC, Selasa (14/9/2021), tidak jelas apakah pria yang tewas itu adalah seorang anggota tentara lantaran seragam tempur yang dikenakan adalah hal biasa di wilayah tersebut.

Dalam video tersebut, seorang pengamat bersikeras bahwa dia adalah warga sipil.

BBC telah menetapkan setidaknya ada 20 kematian seperti itu di Panjshir.

Salah satu korban adalah seorang penjaga toko dan ayah dua anak bernama Abdul Sami. Sumber-sumber lokal mengatakan pria itu tidak akan melarikan diri ketika Taliban maju, mengatakan kepada mereka: "Saya hanya pemilik toko yang miskin dan tidak ada hubungannya dengan perang."

Tapi dia ditangkap, dituduh menjual kartu sim ke pejuang perlawanan. Beberapa hari kemudian mayatnya dibuang di dekat rumahnya. Saksi yang melihat tubuhnya mengatakan adanya tanda-tanda penyiksaan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perlawanan di Lembah Panjshir

Ketika Taliban berkuasa bulan lalu, hanya satu wilayah yang bertahan.

Lembah Panjshir telah lama menjadi titik fokus perlawanan di Afghanistan.

Di bawah komandan oposisi Ahmad Shah Massoud, wilayah itu memukul mundur pasukan Soviet dan Taliban.

Puncak gunung mengelilingi lembah sehingga sulit bagi siapa pun yang mencoba untuk menangkapnya.

Putra Massoud, Ahmad, memimpin perlawanan terhadap Taliban untuk kedua kalinya mereka menguasai Afghanistan, tetapi minggu lalu kelompok militan itu menyatakan kemenangan, memposting rekaman para pejuang mereka mengibarkan bendera mereka.

Pasukan perlawanan telah bersumpah untuk terus berjuang, dengan Ahmad Massoud menyerukan "pemberontakan nasional" melawan Taliban.

Sekarang perhatian beralih ke apa yang terjadi selanjutnya di Panjshir, seperti di tempat lain di Afghanistan, dengan Taliban kembali bertanggung jawab.

Ketika Taliban memasuki lembah, mereka mendorong warga untuk beraktivitas seperti biasa.

1 Jam Menikah Langsung Cerai

Baru Satu Jam Menikah, Pasangan Ini Memutuskan untuk Bercerai

Liputan6.com 2021-09-14 09:02:58
ilustrasi cincin/Photo by rawpixel.com from Pexels

Pernikahan bertujuan untuk menjadi pelabuhan terakhir dua insan manusia. Karena itu, keputusan yang dibuat haruslah berhati-hati dan tidak terburu-buru.

Tidak ada yang mau terjebak dengan orang yang salah, pernikahan juga sejatinya tidak dilakukan di bawah tekanan. Kedua belah pihak hendaknya membuat keputusan dengan tenang dan tanpa paksaan.

Namun tidak demikian dengan kisah pernikahan yang dilakukan pasangan berikut ini. Setelah hanya satu jam menikah, pasangan muda dari Provinsi China Barat Daya memutuskan untuk bercerai.

Tak tanggung-tanggung, sang istri menuntut ganti rugi sebesar 300 ribu yuan atau sekitar Rp 662 juta dari mantan suaminya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Suami yang mengajukan gugatan

Menurut laporan Global Times, suamilah yang mengajukan gugatan cerai setelah pernikahan. Dia mengaku tidak ingin menikah dan hanya memilih untuk melakukannya karena tekanan yang dia terima dari istrinya.

Dia juga mengklaim bahwa dia benar-benar putus dengan wanita itu sebelum pernikahan, tetapi berulang kali sang wanita memaksanya melalui pesan teks. Ini mendorongnya untuk membuat keputusan yang tergesa-gesa dan terburu-buru.


Istri menuntut ganti rugi

Sang istri, sebagai tanggapan atas permintaan suaminya yang meminta cerai, menuntut ganti rugi. Uang ganti rugi sebesar Rp 662 juta ia minta dengan mengklaim bahwa sang suami telah sengaja berselingkuh dalam pernikahan.

Namun demikian, dengan jumlah ganti rugi yang begitu besar, sang suami pun tak mau mengabulkan permintaan tersebut. Menurutnya, sang istri terlalu serakah karena meminta ganti rugi yang di luar kemampuannya.


Membawa permasalahan tersebut ke pengadilan

Karena mereka gagal untuk menemukan titik temu perceraian, mereka membawa kasus tersebut ke pengadilan. Pengadilan setempat menyatakan bahwa kedua belah pihak memiliki dasar emosional tertentu dan sang suami gagal membuktikan bahwa hubungan tersebut telah rusak.


Ditolak pengadilan

Pengadilan menyimpulkan bahwa permohonan cerai tidak didukung. Meski kasus tersebut tercatat sebagai gugatan cerai yang amat cepat, namun pernikahan terpendek pernah dicatat oleh pasangan lain di Kuwait.

Pada tahun 2019, pasangan yang baru menikah diyakini bercerai dalam tiga menit saja setelah mereka menikah.

9 Miliarder Jadi Kepala Negara

9 Miliarder Dunia yang Terpilih Jadi Kepala Negara

Liputan6.com 2021-09-13 21:00:01
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Kesuksesan yang diraih para miliader di dunia bisnis tidak menghentikan langkahnya untuk terjun ke dunia politik. Bahkan, sebagian dari mereka berhasil menempati posisi sebagai kepala negara.

Meskipun demikian, hasil dari kepemimpinan para miliarder cukup beragam. Ada yang sukses dalam membangun negara dan ada pula yang terlibat skandal hingga kudeta militer.

Salah satu miliarder yang sukses jadi kepala negara adalah Mantan Presiden AS Donald Trump. Dia berhasil memimpin negara Adidaya selama beberapa tahun dan dikenal dengan berbagai kebijakan kontroversialnya.

Forbes mencatat sebagian besar kekayaan Trump berasal dari bisnis real estate. Saat ini, kekayaan bersih Trump senilai USD 2,4 miliar (Rp 34,2 triliun).

Selain Trump, berikut 10 miliarder yang juga masuk ke dunia politik seperti yang dilansir dari The Hindu dan Forbes, Senin (13/9/2021).

1. Silvio Berlusconi (Italia)

Kekayaan Bersih: USD 8 miliar (Rp 114,1 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Media Fininvest

Posisi: Perdana Menteri Italia (2008-2011)

2. Manuel Villar (Filipina)

Kekayaan Bersih: USD 6,8 miliar (Rp 96,9 triliun)

Asal Kekayaan: Saham di Perusahaan Pengembang Proyek Perumahan dan Kondominium Golden MV Holdings

Posisi: Senator Filipina (2001-2013)

3. Bidzina Ivanishvili (Georgia)

Kekayaan Bersih: USD 4,8 miliar (Rp 68,4 triliun)

Asal Kekayaan: Bisnis Logam dan Perbankan Rusia

Posisi: Perdana Menteri Georgia (2012-2013)


4. Andrej Babis (Ceko)

Kekayaan Bersih: USD 3,5 miliar (Rp 49,9 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Konglomerat (Agrikultur, Makanan, Logistik, hingga Media) Agrofert

Posisi: Perdana Menteri Republik Ceko (2017-sekarang)

5. Najib Mikati (Lebanon)

Kekayaan Bersih: USD 2,9 miliar (Rp 41,3 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Investasi M1 Group

Posisi: Perdana Menteri Lebanon (sekarang)


6. Sebastian Pinera (Chili)

Kekayaan Bersih: USD 2,8 miliar (Rp 39,9 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Kartu Kredit Bancard

Posisi: Presiden Chili (2018-sekarang)

7. Thaksin Shinawatra (Thailand)

Kekayaan Bersih: USD 2 miliar (Rp 28,5 triliun)

Asal Kekayaan: Saham di Perusahaan Properti SC Asset

Posisi: Perdana Menteri Thailand (2001-2006)


8. Petro Poroshenko (Ukraina)

Kekayaan Bersih: USD 1,6 miliar (Rp 22,8 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Manufaktur Manisan (Cokelat, Wafer, Karamel, atau Cakes) Roshen

Posisi: Presiden Ukraina (2014-2019)

8. Ihor Kolomoyskyy (Ukraina)

Kekayaan Bersih: USD 1,8 miliar (Rp 25,6 triliun)

Asal Kekayaan: Perusahaan Perbankan PrivatBank

Posisi: Gubernur Wilayah Dnipropetrovsk (2014-2015)

Reporter: Shania

Koleksi Tatto Tanda Tangan

Miliki Lebih dari 225 Tato di Punggungnya, Pria Ini Pecahkan Rekor Dunia

Liputan6.com 2021-09-14 12:03:56
foto: IG/@funky

Funky Matas, seorang entertainer di media sosial yang berbasis di Florida, Amerika Serikat, memegang rekor dunia untuk ratusan tanda tangan yang ditato di punggungnya.

Funky yang memiliki nama asli Juan Matas itu dulu bekerja sebagai seniman tato. Funky pun memiliki ide untuk membuat tato dari tanda tangan orang-orang mulai dari keluarga, kerabat dekat hingga selebritas ternama termasuk milik selebritas seperti Will Smith atau Gerard Butler.

Funky Matas mengejar selebritas dan meminta mereka untuk menandatangani punggungnya sehingga dia kemudian bisa secara permanen mengoleskannya ke tubuhnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lebih dari 225 Tato

Dikutip dari Oddity Central, Selasa (14/9/2021), punggungnya sekarang memiliki lebih dari 225 tanda tangan bertato dan telah berhasil memecahkan rekor dunia.

"Sejauh siapa pun yang mencoba membujuk saya, kebanyakan orang sudah tahu gaya hidup liar saya dan fakta bahwa saya tidak pernah membiarkan apa pun menghalangi saya. Jadi tidak ada yang benar-benar mencoba untuk mencegah sesuatu terjadi. Saya cukup keras kepala dalam hal hal yang saya inginkan," kata Funky tentang proyek epiknya.


Nama Selebritas Ternama

View this post on Instagram

A post shared by Funky Matas (@funky)

Punggung Funky Matas sekarang menampilkan tanda tangan dari selebritas seperti Elijah Wood, Michael J. Fox, Christopher Lloyd dan Steve-O. Beberapa dari mereka benar-benar menato tanda tangan mereka langsung di punggung Funky sendiri.

"Jika Anda menandatangani punggung saya, itu karena Anda menginspirasi saya dengan cara atau kami menjalani momen yang keren bersama," kata Funky.


Tidak Pernah Berhenti

View this post on Instagram

A post shared by Funky Matas (@funky)

Dalam salah satu unggahan Instagram-nya, Funky Matas menjelaskan bahwa meskipun beberapa orang mungkin menganggap pencapaiannya sepele, sampai ke titik ini membutuhkan waktu lebih dari satu dekade.

Fungku telah menyelinap ke berbagai acara, dikejar oleh keamanan dan ditolak berulang kali oleh selebritas. Tetapi pada akhirnya, itu adalah perjalanan yang layak dilakukan, karena ia berhasil mencapai tujuannya.

Meskipun Funky secara resmi menetapkan rekor Guinness untuk sebagian besar tanda tangan yang ditato di punggungnya pada tanda tangan nomor 190, dia tidak pernah benar-benar berhenti.

Pada tahun 2019, dia sudah memiliki 225 tanda tangan yang ditorehkan secara permanen di punggungnya dan menganggap dia masih memiliki cukup ruang untuk mencapai 300.

Rp 213 M untuk Bangkitkan Mammoth

Ilmuwan Siapkan Rp 213 Miliar Untuk Ciptakan Mammoth KW

Liputan6.com 2021-09-14 12:31:24
Kerangka mammoth yang sudah punah sejak ribuan tahun lalu, ditemukan oleh pekerja drainase di Desa Tultepec, dekat Mexico City, 24 Juni 2016. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 50 mammoth yan

Perusahaan biosains dan genetika Colossal dari Amerika Serikat berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 15 juta (Rp 213 miliar) untuk menciptakan mammoth KW dari zaman purba. Rencananya, hewan raksasa itu akan dilepas di Arktik, Kutub Utara.

Mammoth sudah punah puluhan ribu tahun yang lalu. Para ilmuwan ingin menciptakan hibrida gajah-mammoth dengan membuat embrio di laboratorium. Embrio-embrio itu akan mengandung DNA mammoth.

Berdasarkan laporan The Guardian, Selasa (14/9/2021), proyek ini akan dimulai dengan mengambil sel kulit gajah Asia yang juga terancam punah, lalu sel itu diprogram ulang agar menjadi lebih versatil sehingga bisa mengandung DNA mammoth.

Untuk gen yang terkait tubuh mammoth, peneliti akan membandingkan genom yang diekstrasi dari mammoth yang membeku dengan genom dari gajah Asia.

Hal itu bertujuan mengidentifikasi gen-gen terkait bulu mammoth yang lebat, lemak yang tebal, dan kemampuan lain hewan purba itu untuk beradaptasi dengan iklim dingin.

Embrio-embrio itu kemudian akan diberikan ke ibu pengganti (surrogate mother), atau rahim artifisial. Harapannya, peneliti bisa menyambut bayi-bayi mammoth itu dalam enam tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mammoth Hibrida

Profesor genetika dari Universitas Harvard, George Church, ikut terlibat dalam penelitian ini. Ia menegaskan bahwa mammoth yang lahir adalah gajah yang mirip mammoth.

"Tujuan kita adalah membuat gajah yang resisten terhadap dingin, tetapi ia akan terlihat dan bertingkah seperti mammoth," ujar Church kepada The Guardian.

"Ini bukannya karena kita ingin menipu siapapun, tetapi karena kita ingin sesuatu yang secara fungsional mirip dengan mammoth yang akan menikmati waktunya di minus 40 derajat celcius, dan melakukan hal-hal yang gajah dan mammoth lakukan, terutama meruntuhkan pohon," lanjutnya.

Meruntuhkan pohon itu merujuk kepada upaya membuka lahan di Arktik. Dengan cara itu, para hewan tersebut bisa membuka lahan untuk rerumputan di Arktik, sehingga melawan dampak perubahan iklim.

Meski demikian, ilmuwan meragukan tujuan tersebut. Pasalnya, butuh sangat banyak mammoth untuk meraihnya.

"Pemikiran personal saya terkait justifikasi tersebut, yakni ide bahwa kamu bisa melakukan rekayasa geo pada lingkungan Arktik menggunakan kawanan mammoth, tidaklah plausible," ujar Dr. Victoria Herridge, pakar biologi evolusi dari Natural History Museum.

Victoria menjelaskan bahwa butuh ratusan ribu mammoth untuk meraih tujuan itu, sementara satu mammoth saja butuh 30 tahun untuk meraih usia dewasa.

13 Gorila Tertular Covid-19

13 Gorila di Kebun Binatang Atlanta Positif COVID-19, Diduga Tertular dari Penjaga

Liputan6.com 2021-09-14 13:01:26
Ilustrasi gorila (pexels)

Lebih dari selusin gorila telah dinyatakan positif COVID-19 di kebun binatang Atlanta, kemungkinan virus ditularkan seorang penjaga, tutur pejabat kebun binatang.

Melansir dari lama The Guardian, Selasa (14/9/2021), staf telah disiagakan ketika beberapa dari 20 gorila di kebun bintang mulai menunjukkan gejala, termasuk pilek, batuk ringan, dan kehilangan nafsu makan.

Atlanta Journal-Constitution melaporkan bahwa melalui sampel tinja dan swab yang dikirim ke laboratorium diagnostik veteriner Universitas Georgia menunjukkan 13 gorila terinfeksi COVID-19.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke situs kebun binatang, para pejabat mengatakan mereka percaya bahwa anggota tim perawat yang sudah divaksinasi, mengenakan alat pelindungan diri, dan tanpa gejala mungkin telah menularkan virus saat ia bekerja.

"Tim-tim tersebut sangat ketat memantau gorila yang terkena dampak dan berharap mereka akan sembuh total," ujar Sam Rivera, direktur senior kesehatan hewan di kebun binatang Atlanta.

Sementara itu, tes lebih lanjut yang dikirim ke laboratorium layanan veteriner nasional di Ames, Iowa untuk konfirmasi masih tertunda.

Beberapa gorila menerima antibodi monoklonal, dan staf memperhatikan Ozzie, pejantan 60 tahun yang dianggap paling berisiko terdampak COVID-19.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vaksin COVID-19 untuk Hewan di Kebun Binatang

Gorila di kebun binatang Atlanta hidup berdekatan dalam 4 kelompok, sehingga mustahil mengisolasi satu per satu. Saat mereka pulih, mereka akan menerima vaksin Virus Corona Zoetis yang dikembangkan untuk penggunaan hewan.

Hewan lain di kebun binatang Atlanta yang akan menerima vaksin beberapa hari mendatang antara lain orangutan Kalimantan dan Sumatra, harimau Sumatra, singa Afrika, dan macan dahan.

Pada Februari, kebun binatang San Diego mengumumkan bahwa kedelapan gorilanya yang terinfeksi COVID-19 beberapa minggu sebelumnya, termasuk Witson, pejantan 49 tahun, telah pulih sepenuhnya.

Kebun binatang California juga melaporkan pada bulan Juli bahwa 2 macam tutul salju yang terancam punah terinfeksi COVID-19, tetapi memberi respon baik terhadap pengobatan yang diberi.

Reporter: Ielyfia Prasetio