Volume 85

Aturan Taliban Dilawan

Perempuan Afghanistan Pamer Gaun Warna-warni, Protes Aturan Hijab Hitam Taliban

Liputan6.com 2021-09-16 07:03:43
Perempuan Afghanistan pamer gaun warna-warni dalam aksi protes aturan hijab hitam oleh Taliban. (dok. Twitter @WasHasNaz)

Perempuan Afghanistan di seluruh dunia angkat suara memprotes persyaratan hijab baru Taliban di sekolah-sekolah. Ini dilakukan dengan mengunggah foto mengenakan pakaian tradisional berwarna-warni di media sosial.

Dalam beberapa hari terakhir, Taliban telah mengamanatkan pemisahan jenis kelamin di ruang kelas. Juga, mengatakan mahasiswa perempuan, dosen, dan karyawan harus mengenakan hijab syariah, lapor CNN, Rabu, 15 September 2021.

Pekan lalu, foto-foto sekelompok mahasiswi mengenakan pakaian hitam dari ujung kepala sampai kaki dan mengibarkan bendera Taliban di ruang kuliah sebuah universitas yang dikelola pemerintah di Kabul beredar. Perempuan Afghanistan lain menanggapi dengan mengunggah foto mereka memakai gaun berwarna-warni yang sangat kontras dengan mandat hijab hitam Taliban.

Bahar Jalali, mantan anggota fakultas American University of Afghanistan, membantu memulai kampanye tersebut, berdasarkan kicauan seorang perempuan Afghanistan di Twitter. Jalali quote-tweet gambar seorang wanita dalam busana hitam.

Ia menuliskan, "Tidak ada wanita yang pernah berpakaian seperti ini dalam sejarah Afghanistan. Ini benar-benar asing bagi budaya Afghanistan. Saya mengunggah foto saya dalam (busana) tradisional Afghanistan untuk menginformasikan, mendidik, dan menghilangkan informasi salah yang disebarkan Taliban."

Perempuan Afghanistan lain segera mengikuti jejaknya di media sosial. Waslat Hasrat-Nazimi, kepala dinas Afghanistan di DW News, mengunggah foto dirinya dalam pakaian tradisional Afghanistan dan hiasan kepala. "Ini adalah budaya Afghanistan dan ini adalah cara berpakaian wanita Afghanistan," tulisnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kultur Busana Perempuan Afghanistan

Sana Safi, seorang jurnalis BBC yang berbasis di London, mengunggah foto dirinya dalam pakaian tradisional berwarna-warni. Ia menambahkan komentar, "Jika saya berada di Afghanistan, saya akan mengenakanhijabdi kepala saya. Ini 'se-konservatif' dan 'se-tradisional' (busana) yang saya/Anda bisa dapatkan."

Sodaba Haidare, jurnalis BBC lainnya, mengatakan, "Ini adalah pakaian tradisional kami. Kami menyukai banyak warna. Bahkan nasi kami berwarna-warni dan begitu pula bendera kami." Peymana Assad, seorang politisi lokal di Inggris yang berasal dari Afghanistan, juga berkicau, "Pakaian budaya kami bukanlah pakaian Dementor yang dikenakan wanita Taliban."

Shekiba Teimori, seorang penyanyi dan aktivis Afghanistan yang melarikan diri dari Kabul bulan lalu, mengatakan, hijab sudah ada sebelum jatuhnya Ibu Kota negara itu. "Kita bisa melihat wanita berhijab, tapi ini didasarkan pada keputusan keluarga, bukan pemerintah," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa sebelum Taliban datang ke Afghanistan, nenek moyangnya "mengenakan gaun warna-warni yang sama seperti yang Anda lihat di foto saya."


Tanda Tanya Besar Nasib Perempuan

Nasib perempuan di Afghanistan telah jadi pusat keprihatinan sejak Taliban mengambil alih negara itu dengan cepat. Taliban, yang memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001, secara historis memperlakukan perempuan sebagai warga negara kelas dua.

Para perempuan tercatat dijadikan sasaran kekerasan, pernikahan paksa, dan nyaris menghilang sama sekali dari jalan-jalan Afghanistan. Setelah Taliban merebut kembali ibu kota negara itu bulan lalu, kepemimpinannya mengklaim bahwa mereka tidak akan memaksakan kondisi kejam seperti itu.

Tapi tidak adanya perwakilan perempuan dari pemerintahan sementara yang baru mereka bentuk. Hilangnya perempuan hampir dalam semalam dari jalan-jalan negara telah menyebabkan kekhawatiran besar tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk setengah dari populasinya.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

 

Ini Penyebab Jakarta "Tenggelam"

Pakar Iklim Ungkap Faktor Utama Tenggelamnya Sebagian Wilayah Jakarta

Liputan6.com 2021-09-16 17:41:16
Aktivitas masyarakat di kawasan Cilincing, Jakarta, Selasa (2/8/2021). Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan wilayah Jakarta bagian Utara akan tenggelam akibat kenaikan permu

Pakar Iklim dan Meteorologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Edvin Aldrian menegaskan bahwa faktor utama tenggelamnya sebagian wilayah Jakarta bukan karena pemanasan global. Melainkan disebabkan karena penurunan muka tanah atau land subsidence.

"Itu lebih disebabkan karena penurunan muka air tanah. Jadi penurunan karena land subsidence bukan karena perubahan iklim. Jadi ini mohon diluruskan ini bukan karena perubahan iklim tapi lebih banyak karena land subsidence yang terjadi," ujar Wakil Ketua Kelompok Kerja I Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) itu dalam sebuh webinar, Kamis (16/9/2021).

Mengacu pada data IPCC, Edvin menerangkan bahwa kenaikan muka air laut secara global yang dipicu oleh pemanasan di bumi hanya 3,6 milimeter saja. Hal yang sama juga dikonfirmasi oleh data Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Laporan dari BPPT pernah mengadakan tahun 2010 ada laporannya. Di sini angkanya tidak jauh beda, angka kenaikan air laut di Jakarta itu 3,7 milimeter per tahun. Nah angka ini yang jadi patokan, tadikan di IPCC 3,6 milimeter. Angka itu hampir-hampir mirip," terangnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua


Penurunan Muka Tanah Jakarta

Sementara penurunan muka tanah di Jakarta disebut Edvin ada yang mencapai lebih dari 100 sentimeter.

"Apa yang terjadi di Jakarta itu ternyata penurunan, tadikan 3,6 milimeter (karena pemanasan global) ternyata ada 112 sentimeter di Jakarta Utara itu. Itu lebih disebabkan karena penurunan muka air," papar dia.

Menurutnya penurunan muka tanah di Jakarta karena eksploitasi yang berlebih terhadap air bawah tanah.

"Ya, biasanya karena terlalu banyak air dipompa ke atas keluar untuk minuman," ungkap Edvin.

Mantri Nyamuk Masuk Daftar TIME

Sosok Adi Utarini, Mantri Nyamuk Indonesia yang Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Dunia 2021 Versi TIME

Liputan6.com 2021-09-16 14:03:42
Adi Utarini, ilmuwan Indonesia yang masuk daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021 versi TIME. (dok. Instagram @adiutarinimusik/https://www.instagram.com/p/CLxmGv1r_jz/)

TIME merilis daftar 100 orang paling berpengaruh dunia tahun 2021 pada Rabu, 15 September 2021, dan berencana menampilkan daftar tersebut dalam tujuh sampul khusus di seluruh dunia. Figur-figur yang dipamerkan di sampul termasuk Pangeran Harry dan Meghan, serta pesenam Simone Biles.

Ada pula aktris Kate Winslet, penyanyi-penulis lagu Billie Eilish, direktur jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Ngozi Okonjo-Iweala, CEO NVIDIA Jensen Huang, dan penulis Cathy Park Hong. Dalam daftar tersebut juga terdapat wakil Indonesia.

Sosok yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah Adi Utarini. Melansir laman majalah itu, Kamis (16/9/2021), filantropis Amerika Serikat, sekaligus mantan manajer umum Microsoft Melinda French Gates adalah figur yang merekomendasikan Prof Uut, sapaan akrabnya.

Penulis buku laris The Moment of Lift itu menjabarkan, "Beberapa tahun lalu dalam perjalanan ke Indonesia, saya mengunjungi sebuah keluarga di dekat lab Adi Utarini di Yogyakarta. Saya ingin mendengar bagaimana ia berhasil meyakinkan mereka membiarkannya melepaskan sekawanan nyamuk di sekitar lingkungan mereka."

"Kebanggaan yang nyata merupakan bukti kepercayaan yang diperoleh Utarini dari komunitasnya. Juga, atas urgensi yang dirasakan jutaan orang di seluruh dunia dalam memerangi demam berdarah. Ini adalah kemenangan kemajuan global bahwa sebagian besar tingkat penyakit menular cenderung menurun dari tahun ke tahun," imbuhnya.

"Demam berdarah, bagaimana pun, adalah pengecualian yang keras kepala. Penyakit yang ditularkan nyamuk memengaruhi hampir 400 juta orang setiap tahun dan telah digambarkan WHO sebagai salah satu dari 10 ancaman terbesar bagi kesehatan dunia," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mantri Nyamuk

French Gates menyambung, "Utarini bekerja sama dengan tim peneliti internasional dari Program Nyamuk Dunia untuk mengekang ancaman ini dengan menginokulasi nyamuk dengan Wolbachia, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia, tapi mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya."

"Sebuah studi terobosan yang ia bantu pimpin adalah yang pertama, membuktikan teknik ini berhasil menurunkan tingkat penyakit di lingkungan masyarakat. Saat ini, hampir semua orang di Yogyakarta mengenal seseorang yang pernah terkena DBD. Utarini sendiri telah selamat dua kali," tutupnya.

Atas kontribusinya, Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) ini juga dikenal sebagai "mantri nyamuk." Nyatanya, daftar bergengsi TIME bukan prestasi pertamanya.

Di laman UGM,perempuan yang juga aktif sebagai pianis, pemain tenis meja, dan suka bersepeda ini menempati peringkat 311 peneliti Indonesia terbaik dalam semua mata pelajaran yang diterbitkan Webometrics 2017. Prof Uut menerbitkan karyanya di sekitar 30 jurnal kesehatan internasional.


Mengubah Dunia Lewat Sains

Tahun lalu, majalah terkemuka Nature memasukkan nama Prof Uut sebagai salah satu dari 10 sosok yang berhasil mengubah dunia lewat sains. "Sangat melegakan," katanya mengomentasi prestasi itu, seperti dikutip dari merdeka.com.

Proyek penelitian yang dipimpinnya menggunakan pendekatan baru dalam mengendalikan wabah DBD. Tekniknya dengan membiakkan nyamuk Aedes aegypti yang menularkan virus DBD, Zika, chikungunya, tapi nyamuk itu dibuat membawa bakteri bernama Wolbachia, sebagaimana dijelaskan French Gates di atas.

Bakteri ini akan melemahkan virus dan mencegah nyamuk itu menularkannya ke manusia. Telur dari nyamuk yang sudah dimodifikasi itu kemudian ditempatkan di sekitar kota, termasuk di rumah-rumah warga.

Koleganya sepakat, Prof Uut, jadi faktor kunci keberhasilan mereka. "Ia sosok yang menyatukan semuanya selama uji coba yang ruwet ini," kata Scott O-Neill, direktur Program Nyamuk Dunia di Ho Chi Minh City, Vietnam "Adi dan timnya mengeksekusi uji coba berkualitas tinggi yang memberikan kami hasil terbaik dari teknologi ini."


Infografis Virus Corona Berbahaya vs DBD Mematikan

 

Beli Vaksin Akan Semudah Beli Obat

Rencana Booster 2022, Menkes: Pilih Vaksin Seperti Beli Obat di Apotek

Liputan6.com 2021-09-16 13:00:57
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan Alumni Menteng 64 di Balai Sidang Jakarta, 7 Agustus 2021. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Rencana vaksinasi booster pada 2022, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, masyarakat bisa membeli vaksin seperti obat di apotek. Skema ini ditujukan untuk booster mandiri atau berbayar bagi masyarakat umum.

"Kita harapkan akan terbuka juga booster. Rakyat bisa membeli vaksinnya sendiri. Jenis vaksin akan kami tentukan," ungkap Budi Gunadi saat Rapat Kerja Bersama Komisi IX DPR RI baru-baru ini.

"Tentunya, yang sudah mendapatkan Emergency Use Listing (EULL) Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Nanti orang-orang bisa memilih vaksinnya apa, ya sama seperti beli obat di apotek. Ini akan kami buka pasarnya agar masyarakat bisa memilih membeli booster vaksin apa."

Rencana vaksinasi booster juga terbuka kepada masyarakat yang dibayari oleh negara melalui APBN. Kelompok masyarakat tersebut adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Selain itu, ada juga yang dibayarkan melalui skema APBD yakni sasaran Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU kelas 3). Dalam hal ini, pemerintah daerah (pemda) akan membayarkannya.

"Rencananya nanti tahun depan, negara hanya akan membayar PBI. Yang PBI akan mendapatkan satu kali booster. Kebutuhan dosisnya adalah sejumlah orang yang mendapatkan booster besar ditambah buffer 10 persen," terang Budi Gunadi.

"Sedangkan yang PBPU ini dibayar oleh pemda. Nanti akan menjadi beban pemda."

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Vaksinasi 4,4 Juta Anak Usia 12 Tahun

Budi Gunadi Sadikin menambahkan, rencana vaksinasi tahun 2022 juga menyasar anak usia 12 tahun, yang dibayarkan melalui APBN. Vaksinasi terus digencarkan dengan penyuntikkan dua kali.

"Kami juga akan menyuntikan anak-anak yang masuk umur 12 tahun. Itu jumlahnya 4,4 juta, disuntiknya 2 kali. Yang akan dibayar oleh negara dengan APBN," tambahnya.

Adanya skenario vaksinasi booster tahun 2022 masih rencana dan perlu tahap finalisasi.

"Masih rencana ini ya. Kami perlu finalkan lagi dengan dengan teman-teman di pemerintahan 1-2 kali putaran (diskusi)," pungkas Menkes Budi Gunadi.


Rincian Skema Booster Vaksinasi 2022

Usulan skenario vaksinasi booster 2022 dari Kemenkes yang masih perlu tahap finalisasi, sebagai berikut:

Skema APBN

9,9 juta dosis untuk usia 12 tahun dengan sasaran 4,4 juta (hanya dua kali suntik, bukan booster)

PBI 97,1 juta dosis untuk sasaran 87,4

Skema APBD

PBPU 30,2 juta dosis untuk sasaran 27,2 juta

Out-of-pocket

Mandiri 104,1 juta dosis untuk sasaran dengan 93,7

Total keseluruhan 241,3 juta dosis untuk 212,7 juta orang


Infografis Rencana Vaksin Ketiga Covid-19 Berbayar di 2022

 

Mengenang Sang Legenda

Peringatan Ulang Tahun Chrisye, Mengenang Perjalanan Hidup Sang Legenda

Liputan6.com 2021-09-16 17:00:31
Chrisye. foto: kompal.co

Tanggal 16 September merupakan peringatan ulang tahun Chrismansyah Rahadi, atau dikenal dengan nama panggung Chrisye. Lahir pada tahun 1949, Chrisye merupakan salah satu penyanyi Indonesia legendaris. Lagu-lagu suami Damayanti Noor ini tak lekang oleh waktu.

Sejumlah musisi kenamaan tanah air mendaur ulang lagu hitnya. Belum lama ini, band NOAH merilis Badai Pasti Berlalu, salah satu hit milik Chrisye. Lagu ini dipakai untuk soundtrack sinetron SCTV berjudul sama.

Meski telah 14 tahun meninggal dunia, sejumlah karyanya masih diminati oleh berbagai kalangan dan lintas generasi.

Dalam rangka memeringati tanggal lahir Chrisye, berikut perjalanan karier Chrisye dirangkum Showbiz Liputan6.com, Kamis (16/09/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Anak Band

Bakat musik Chrisye sudah tampak sejak almarhum duduk di bangku SMA. Bersama Joris, sang kakak, ia membentuk sebuah band.

Pada akhir 1960an, Chrisye sempat tergabung dengan band Sabda Nada (yang lantas mengubah nama menjadi Gipsy) dan The Pro's pada 1970an.


Album

Pada tahun 1976, pelantun Hip Hip Hura merilis album bersama Guruh Gipsy dan album soundtrack film Badai Pasti Berlalu pada tahun 1977.

Pada tahun yang sama, Chrisye merilis album perdananya berjudul Jurang Pemisah. Sepanjang hidupnya, Chrisye menelurkan 20 album solo.


Menikah

Dalam buku Chrisye: Sebuah Memoar Musikal karya Alberthiene Endah yang disarikan Wikipedia, disebutkan Chrisye mulai mendekati Gusti Firoza Damayanti Noor pada tahun 1981.

Yanti kala itu dikenal sebagai sekretaris Guruh Soekarno Putra. Pada 12 Desember 1982, Chrisye dan Yanti menikah. Mereka dikaruniai empat anak.


Penghargaan

Pelantun Pergilah Kasih telah meraih banyak penghargaan dari berbagai dekade. Pada 1979, ia menang Penyanyi Pria I Kesayangan Angket Siaran ABRI.

Pada era 80-an, ia menang tiga kali BASF Awards untuk album terlaris. Video klip Kala Cinta Menggoda bahkan sukses meraih MTV Video Music Award for South-East Asia pada tahun 1998.

Tahun 2003, SCTV Awards menganugerahi Lifetime Achievement Awards.


Meninggal

Pada tahun 2005, Chrisye didiagnosis mengidap kanker paru-paru. Penyanyi Galih dan Ratna ini meninggal pada 30 Maret 2007. Sementara sang istri, Damayanti Noor meninggal pada 8 Februari 2020.

Astronot Paling Luar Biasa

Hayley Arceneaux, Astronaut Amerika Termuda dan Pertama dengan Prostesis

Liputan6.com 2021-09-15 20:10:51
Hayley Arceneaux, asisten dokter di St. Jude, astronot dengan prostesis (Inspiration4/John Kraus)

Pada pekan ini, tepatnya 15 September pukul 20.02 EDT (16 September pukul 7 WIB) akan diberangkatkan empat warga sipil Amerika ke luar angkasa. Empat orang yang akan berwisata ke luar angkasa tersebut diberi nama Inspiration4.

Salah satunya adalah Hayley Arceneaux, seorang asisten dokter di Rumah Sakit Penelitian Anak Saint Jude yang berusia 29 tahun. Arceneaux akan mencetak dua rekor dari penerbangan Inspiration4. Pertama, menjadi orang Amerika termuda yang terbang ke luar angkasa; kedua, menjadi orang pertama atau astronaut yang terbang ke luar angkasa dengan prostesis.

Berdasarkan ensiklopedia kesehatan, prostesis adalah sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk menggantikan bagian tubuh tertentu untuk dapat berfungsi lebih baik. Biasanya bagian tubuh tersebut telah mengalami kecelakaan atau terkena penyakit. Dalam kasus ini, Arceneaux memiliki kaki palsu.

Dilansir dari Space.com (14/9/2021), Arceneaux akan terbang bersama komandan Jared Isaacman, seorang miliarder teknologi yang menyewa pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon; Sian Proctor, seniman luar angkasa, ahli geologi, dan komunikator sains; serta Chris Sembroski, seorang veteran Angkatan Udara dan insinyur data.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Inspiration4 dan Inspirasi

Walaupun bekerja sebagai asisten dokter di St. Jude, Arceneaux sebenarnya telah terlibat dengan rumah sakit penelitian sejak kecil. Ia didiagnosis mengalami kanker tulang setelah merasakan sakit di kakinya. Kisah ini telah diceritakan oleh Arceneaux dan keluarganya dalam serial dokumenter di Netflix tentang misi Inspiration4 yang berjudul Countdown: Inspiration4 Mission to Space.

Saat diwawancarai oleh Space.com, Arceneaux merasa sangat terhormat ketika menyadari bahwa dia akan menjadi astronot Amerika termuda. "Saya memiliki batang logam di kaki saya, jadi saya tidak pernah menyangka akan menjadi astronot," katanya dengan haru. Siapa yang menyangka bahwa batang logam tersebut membawanya mendapatkan gelar sebagai orang pertama yang pergi ke luar angkasa dengan prostesis.

Seperti pengalaman pertama lainnya, tentu ada hal yang dinanti-nanti oleh seorang Hayley Arceneaux. Selain dapat melihat bumi dari luar angkasa serta berada di zona 0 gravitasi (zero-g), Arceneaux paling menantikan panggilan telepon yang akan dilakukan dari luar angkasa ke para pasien di St. Jude.

Proyek Inspiration4 sekaligus menjadi proyek pengumpulan dana. Targetnya, mengumpulkan 200 juta dollar AS (2,8 triliun rupiah) untuk RS Penelitian Saint Jude.

"Akan sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk melihat seseorang yang berada di posisi yang sama, tumbuh dan mencapai impian mereka, serta mengetahui bahwa mereka dapat melakukan hal yang sama," kata Arceneaux.

Penulis: Anastasia Merlinda

Vaksin Merah Putih Siap 2022

HEADLINE: Vaksin Merah Putih Siap Uji Klinis ke Manusia, Optimistis Bisa Produksi di 2022?

Liputan6.com 2021-09-17 00:01:08
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Titik cerah kehadiran vaksin COVID-19 buatan dalam negeri alias Vaksin Merah Putih mulai terlihat. Dari enam lembaga ilmu pengetahuan yang mengembangkan vaksin Merah Putih sejak tahun lalu, ada dua nama terdepan.

Universitas Airlangga dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia disusul Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bersama PT Biofarma memimpin dalam adu balap pembuatan Vaksin Merah Putih.

Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Unair dibuat dari inactivated virus Corona yang diisolasi di Indonesia. Sementara, Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Lembaga Eijkman menggunakan seed vaksin subunit protein rekombinan ekspresi protein spike.

Untuk Vaksin Merah Putih yang digarap Universitas Airlangga dan Biotis, saat ini yang paling memperlihatkan titik cerah. Vaksin yang digarap dengan platform whole genome inactivated saat ini sudah selesai uji praklinik fase 1 dan hampir selesai uji praklinik fase 2 seperti disampaikan Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia FX Sudirman.

Selama proses uji praklinik diamati bagaimana keamanan (safety) dan immunogenitas terkait apakah vaksin menimbulkan antibodi yang baik serta efikasi.

"Kami melakukan uji praklinik bersama dengan tim Unair. Tim Unair bahkan melakukan challenge trial atau uji tantang menggunakan virus lokal," terang Sudirman.

Uji praklinik fase 1 diamati menggunakan mencit transgenik yang sudah disesuaikan dengan reseptor sama persis seperti manusia.

"Sehingga apa yang kita lakukan pada mencit itu akan sama dengan apa yang kita lihat kalau kejadiannya pada manusia. Kemudian uji praklinik fase 2 sekarang sedang berjalan dan diharapkan akhir bulan ini, 30 September selesai dilakukan," ujar Sudirman saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bersama Komisi VII DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Setelah uji praklinik fase 2 selesai, selanjutnya, persiapan proses uji klinik yakni dilakukan pada manusia dalam waktu dekat.

"Kami berharap paling lambat bulan Juli 2022, vaksin kami sudah bisa dipakai oleh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Untuk mencapai tahap kesiapan produksi agar digunakan dalam program vaksinasi, sejumlah tahapan masih harus dilakukan Unair - Biotis.

"Setelah itu, bulan depan kami bisa mendapatkan hasil praklinik dan bisa mempersiapkan uji klinik fase 1 kepada 100 orang, uji klinik fase 2 dengan 400 orang, dan uji fase tiga 3.000 orang. Mudah-mudahan, semua tahapan berjalan baik."

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Prediksi Harga Vaksin Merah Putih Unair - Biotis Kurang dari USD 5

Untuk kapasitas produksi Vaksin Merah Putih, menurut Sudirman, PT Biotis Pharmaceutical Indonesia mampu mencapai 240 juta dosis.

"Fill and finish 240 juta dosis, kemudian bulk bisa 1 miliar dosis. Misalnya, ada negara lain atau pihak lain yang membeli barang bisa saja," ujarnya.

"Kapasitas upstream, kami bisa memproduksi antigen atau virusnya itu kira-kira 3 miliar dosis setahun. Mudah-mudahan ini bisa tercapai."

Dari sisi harga Vaksin Merah Putih, Sudirman memperkirakan bisa kurang dari 5 dollar AS. Harga tersebut diharapkan dapat ditanggung Pemerintah dengan biaya minim.

"Mudah-mudahan, kami bisa melakukan atau mengembangkan vaksin dan memproduksi vaksin dengan harga affordable (terjangkau), kurang dari 5 dolar AS (berkisar Rp71.000)," katanya.

"Sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa ditanggung oleh Pemerintah dengan anggaran yang lebih sedikit dengan belanja vaksin tahun ini. Saya dengar terakhir, belanja vaksin bisa mencapai Rp83 triliun."


Update Vaksin Merah Putih Garapan Eijkman-Biofarma

Kepala LBM Eijkman, Prof dr Amin Soebandrio PhD, SpMK menjelaskan bahwa meski sama-sama bernama Vaksin Merah Putih, tapi platform yang digunakan berbeda-beda sehingga hasilnya nanti pun akan berbeda pula.

Terkait sudah sejauh mana perkembangan Vaksin Merah Putih dari Eijkman, Amin, menyebut, masih dalam tahap proses peralihan dari laboratorium ke industri.

"Kami ingin semuanya cepat. Kami sekarang sedang berupaya memercepat prosesnya, tapi ada beberapa proses yang memang butuh waktu lama," kata Amin saat dihubungiHealth Liputan6.commelalui sambungan telepon pada Kamis, 16 September 2021.

Amin, menambahkan, dalam proses peralihan itu ada tiga hal yang perlu Eijkman lakukan.

"Dari skala laboratorium ke skala industri itu kan berbeda. Kalau di laboratorium volumenya kecil, tapi kalau industri volumenya harus lebih besar. Kemudian, optimasi kondisinya harus disesuaikan dengan kondisi industri," kata Amin.

Bila Unair-Biotis menargetkan Vaksin Merah Putih garapannya bisa disuntikan kepada masyarakat pada Juli 2022, Eijkman masih belum bisa memastikan akan memproduksinya.

Menurut Amin, waktu produksi tergantung uji klinisnya. Sebab, uji klinis Vaksin Merah Putih yang akan lahir dari 'rahim' Eijkman harus menggunakan populasi yang belum vaksinasi.

"Salah satu yang mungkin menjadi tantangan adalah populasi yang akan diuji itu tidak bisa di Pulau Jawa lagi, tapi harus di luar Pulau Jawa karena Pulau Jawa mungkin sampai akhir tahun yang divaksinasi sudah sangat banyak," katanya.

"Itu akan memengaruhi karena kita harus pakai populasi yang belum vaksinasi," Amin menekankan.

Untuk pengujian pertama, lanjut Amin, akan menyasar populasi usia 18 sampai dengan 59. Apabila mendapatkan hasil yang bagus, akan diuji coba ke usia yang lebih muda lagi, yaitu 12 sampai 18 tahun.

Vaksin Merah Putih buatan mereka akan langsung disuntikan kepada masyarakat begitu mengantongi izin penggunaan darurat (EUA) Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI)

"Sesegera mungkin. Setelah dapat EUA, sudah bisa dipakai," ujarnya.

Terpenting sejauh ini, rencana untuk uji klinis fase I, II, III akan dimulai pada Januari 2022.


Vaksin Merah Putih Garapan Unair-Biotis Sudah Dapat CPOB dari BPOM

Gerak cepat Unair dan Biotis dalam mengembangkan vaksin COVID-19 bisa dilihat dengan sudah adanya sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) kepada PT Biotis Pharmaceutical Indonesia dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Yang sedang dan sudah kami siapkan, pertama adalah sarana produksi downstreamatau fill and finish. Kami sudah mendapatkan CPOB tanggal 18 Agustus yang lalu," tambahnya.

Pemberian sertifikat ini diberikan BPOM melakukan pengawalan secara bertahap pengembangan vaksin tersebut. Pengawalan dimulai dari desain fasilitas, inspeksi, gap assesment, asistensi, konsultasi, hingga perbaikan pengembangan Vaksin Merah Putih.

"Itu tahapan-tahapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan CPOB. Jadi ini bukan sesuatu yang mudah," kata Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Badan POM RI, Rabu, 18 Agustus 2021.

Penny menyebut, pemberian CPOB ke PT Biotis ini khusus untuk fill and finish Vaksin Merah Putih. BPOM berjanji akan terus mendampingi PT Biotis dalam mengembangkan vaksin Merah Putih.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk segala kerja sama yang sudah ditunjukkan dan komitmen yang ditunjukkan oleh PT Biotis sehingga kita mencapai pada titik ini dengan pemberian CPOB untuk fill and finish. Tentunya ke depan kami siap mendampingi," ujarnya.


Muncul Varian Baru, Hambat Pengembangan Vaksin Merah Putih?

Pengembangan vaksin COVID-19 dalam Vaksin Merah Putih menggunakan virus penyebab COVID-19 yang beredar di Indonesia.

Dalam pengembangan Vakisn Merah Putih, Unair dan Biotis sudah menggunakan virus Delta yang beberapa bulan terakhir menyebabkan angka infeksi COVID-19 yang tinggi di Indonesia.

"Uji praklinik juga menggunakan Varian Delta yang lagi happening. Mudah-mudahan hasilnya baik," kata Sudirman.

Sementara Amin Soebandrio menyebut bahwa kemunculan sejumlah varian Virus Corona tidak menghambat produksi vaksin Merah Putih di laboratorium Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Jakarta.

Amin yang menjabat sebagai Kepala LBM Eijkman, mengatakan, justru mereka mengembangkan Vaksin Merah Putih yang berbasis varian-varian virus Corona yang baru, yang dilakukan secara paralel.

Sejauh ini yang menjadi patokan Eijkman dalam mengembangkan vaksin Merah Putih adalah Varian Delta.

"Sementara ini baru yang Varian Delta, karena sudah meluas. Sedangkan Varian Mu masih sedikit dan Indonesia belum ada yang masuk," kata Amin.

Bukan tidak mungkin, terus muncul varian baru virus Corona penyebab COVID-19. Hal ini mungkin saja bisa membuat vaksin COVID-19 yang lahir dari laboratorium-laboratorium besar Indonesia terpengaruh mutasi virus penyebab COVID-19 yang bisa terjadi di masa mendatang.

"Selama virus COVID-19 bermutasi memang akan berpengaruh terhadap kinerja Vaksin Merah Putih. Artinya bisa jadi Vaksin Merah Putih yang dibuat sekarang jadi tidak efektif untuk mencegah virus yang bermutasi di beberapa waktu yang akan datang," kata ahli mikrobiologi Universitas Padjajaran (UNPAD), Dr Mia Miranti kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks Kamis (16/9/2021).


Vaksin Merah Putih Bakal untuk Siapa?

Melihat proses pembuatan Vaksin Merah Putih yang masih berlangsung, timbul pertanyaan terkait penggunaannya di masa mendatang. Mengingat, program vaksinasi nasional diperkirakan rampung tahun depan. Lantas, jika programnya sudah usai vaksin Merah Putih akan digunakan untuk apa?

Health-Liputan6.com mencoba menghubungi Kepala Peneliti Vaksin Merah Putih Unair Prof. Fedik Abdul Rantam tapi tidak mendapatkan jawaban.

Sementara itu, menurut Mia Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai boostervaksin dan dapat disumbangkan pada negara yang belum mendapatkan akses vaksin.

Tolak Bertanding Lawan Israel

Tolak Bertanding Lawan Israel di Olimpiade 2020, Atlet Aljazair Dihukum 10 Tahun

Liputan6.com 2021-09-16 12:17:51
Fethi Nourine, atlet judo asal Aljazair. (Sumber: YouTube/Judo Klub Crvena Zvezda - Judo Club Red Star)

Keputusan atlet judo Aljazair Fethi Nourine menolak bertanding dengan pejudo Israel di Olimpiade Tokyo 2020 berakibat fatal. Nourine kini dikenai hukuman larangan bertanding selama 10 tahun.

Nourine seharusnya berjumpa dengan pejudo Israel Tohar Butbul di cabor Judo nomor -73 kilogram putra setelah menang di laga pertama melawan Muhamed Abdalrasool dari Sudan.

Namun Nourine memilih tidak mau bertanding melawan Butbul. Alasannya karena Nourine mendukung Palestina. Seperti diketahui Palestina terus berkonflik dengan Israel.

Usai keputusan Nourine mundur, Komite Olimpiade Aljazair langsung menarik akreditasinya di Olimpiade Tokyo 2020. Pelatih Nourine, Amar Benikhlef juga dicabut. Keduanya langsung dipulangkan ke Aljazair.

Seperti dilansir dari BBC, Federasi Internasional Judo (IJF) pada pertengahan September 2021 ini akhirnya menjatuhkan hukuman berat untuk Nourine dan pelatihnya. Keduanya diskors selama 10 tahun.


Kesalahan Besar

Komisi disiplin IJF menilai keduanya sudah dengan melakukan pelanggaran yang jelas dan serius terhadap undang-undang, kode etik, dan piagam Olimpiade. Nourine dinilai IJF memiliki niat jahat menggunakan Olimpiade sebagai platform untuk protes dan promosi propaganda politik dan agama.

Nourine dan pelatihnya tak bisa bertanding di kejuaraan internasional Judo manapun hingga 23 Juli 2031. Keduanya masih bisa melakukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).


Sudah Pernah

Beratnya sanksi untuk Nourine dikarena bukan kali ini saja dirinya menolak bertanding melawan atlet Israel. Pada Kejuaraan Dunia Judo 2019 di Tokyo, Nourine melakukan hal yang sama.

Hukuman ini praktis bisa mematikan karier Nourine di olahraga judo. Pasalnya usia Nourine kini sudah 30 tahun.

Siap Kembali ke Bumi

3 Astronaut China Selesai Misi 90 Hari di Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Siap Menuju Bumi

Liputan6.com 2021-09-16 17:03:03
Nie Haisheng (56) Liu Boming (54) dan Tang Hongbo (45) akan menjadi astronot China pertama yang mendarat di tahap awal stasiun ruang angkasa, yang disebut Tiangong atau Istana Surgawi (AP)

Tiga astronaut China telah menyelesaikan misi ruang angkasa terlama yang pernah dilakukan oleh negara tersebut.

Kini, mereka memulai perjalanan pulang pada Kamis (16/9) setelah 90 hari di stasiun ruang angkasa Tiangong melakukan eksperimen ilmiah.

"Pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-12 telah berhasil dipisahkan dari modul inti stasiun ruang angkasa," kata penyiar CCTV, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (16/9/2021).

Misi itu adalah bagian dari program ruang angkasa China yang sangat dipromosikan. Pasalnya, negara itu mendaratkan rover di Mars dan mengirim probe ke bulan.

Pesawat yang membawa tiga astronaut itu diperkirakan akan kembali ke bumi secepatnya, lapor pemerintah China.

Peluncuran misi awak pertama Beijing dalam hampir lima tahun bertepatan dengan peringatan 100 tahun Partai Komunis yang berkuasa pada 1 Juli 2021, dan merupakan puncak dari kampanye propaganda besar-besaran.

Tiangong, yang berarti "istana surgawi", diperkirakan akan bertahan setidaknya 10 tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fasilitas Bagi 3 Astronaut

Modul inti stasiun ruang angkasa, tempat para astronaut tinggal, memiliki ruang hidup terpisah untuk setiap astronaut, treadmill khusus angkasa dan sepeda olahraga, serta pusat komunikasi untuk email dan panggilan video dengan kontrol darat, kata administrasi antariksa China.

Misi ini dipimpin oleh Nie Haisheng. Dua astronaut lainnya, Liu Boming dan Tang Hongbo yang juga sedang menjalani wajib militer.

Badan antariksa China merencanakan total 11 peluncuran sebelum akhir tahun depan, termasuk tiga misi berawak lagi yang akan mengirimkan dua modul lab untuk memperluas stasiunnya.

Misi Mulia di Balik Kostum Aneh

Pelari London Marathon Pakai Kostum Otak Demi Pecahkan Rekor Dunia, Alasannya Bikin Haru

Liputan6.com 2021-09-16 10:02:19
(Unsplash.com/Amutiomi)

Seorang pelari asal Inggris ini ingin memecahkan Guinness World Record dengan menyelesaikan kompetisi London Marathon sambil berpakaian seperti otak manusia.

Bryce Alford, manajer penggalangan dana Headway untuk badan amal cedera otak, telah berulang kali terlihat dalam beberapa hari terakhir berlari di jalan Jersey, Inggris, sambil mengenakan kostum otak yang menutupi tubuhnya.

Petugas dari unit kepolisian Kota Saint Helier bahkan berpose untuk foto bersama Alford yang masih mengenakan kostum otaknya.

Para polisi tersebut meminta berfoto saat tak sengaja bertemu Alfred ketika ia sedang berlatih untuk London Marathon yang akan diadakan pada Selasa 3 Oktober mendatang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Alasan Alford Mengenakan Kostum Otak

Alford sedang mencoba untuk memecahkan rekor Guinness sebagai pelari maraton tercepat dan berpakaian sebagai otak. Sebelumnya, ia membuat rekor Guinness pada tahun 2003 untuk 100 kilometer (62,1 mil) tercepat di treadmill.

Ia mengatakan kostum itu dirancang sebagai representasi dari apa yang dirasakan oleh orang-orang yang terkena cedera otak.

"Saya mendengar berulang-ulang kali bahwa kebanyakan orang merasa terjebak di dalam otak mereka sendiri. Jadi ketika kamu melihat saya sedang memakai kostum itu, kamu mungkin akan merasakan perasaan itu juga, kamu bisa membayangkan tekanan itu, dan apa rasanya jika harus berhadapan dengan perasaan tekanan itu di setiap harinya," katanya kepada ITV News.

Penulis : Azarine Natazia

Pindah Rumah Gara-Gara Suara Domba

Cristiano Ronaldo Pindah Rumah Lagi Gara-Gara Suara Domba

Liputan6.com 2021-09-16 10:01:00
Georgina Rodriguez mendampingi Cristiano Ronaldo usai sidang terkait pajak di Madrid pada Januari 2019. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Cristiano Ronaldo dan keluarganya terpaksa pindah rumah dikarenakan domba yang terus mengembik dekat kediamannya. Hal tersebut tak jarang membangunkan pesepakbola Manchester United ini.

Ronaldo memutuskan pindah ke rumahnya yang senilai 3 juta Pound sterling atau setara Rp59 miliar. Kediaman tersebut memiliki tujuh kamar.

Dilansir dari The Sun, Kamis (16/9/2021), sebelumnya, tim keamanan membawa Ronaldo dan keluarga ke rumah 6 juta Pound sterling atau sekitar Rp118 miliar. Momen ini terjadi 23 hari setelah Ronaldo resmi kembali ke Manchester United.

Namun, ketenangan Ronaldo, pasangannya Georgina Rodriguez dan keempat anak mereka terganggu. Mereka memilih pindah dari rumah itu karena keributan dari domba dan kekhawatiran keamanan.

"Sementara properti itu indah dan terletak di ladang berbukit dan hutan, itu juga dekat dengan domba-domba yang sangat bising di pagi hari," kata seorang sumber.

Rumah itu, dikatakan sumber, juga memiliki jalan setapak umum di seberang tanah. Sementara saat berada di depan, orang akan dapat melihat rumah dan pekarangannya.

"Ronaldo adalah seorang profesional sejati yang butuh banyak istirahat dan pemulihan setelah pertandingan, jadi diputuskan yang terbaik jika dia dan keluarganya pindah," tambah sumber itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fasilitas Rumah

Rumah baru Ronaldo di Cheshire memiliki beragam fasilitas. Kediaman Ronaldo dilengkapi kolam renang, ruang bioskop, garasi empat mobil untuk beberapa supercar seharga 17 juta Pound sterling atau setara Rp334 miliar miliknya.

Hunian tersebut juga dipasangi kamera CCTV, gerbang listrik dan dipatroli oleh penjaga. Menurut agen real estate, properti ini unik berkat kebun yang mengelilingi rumah.

"Anak-anaknya menuntut ilmu di sekolah swasta dan dia berharap begitu kabar kembalinya dia ke United mereda, dia bisa mengajak Georgina keluar dan menunjukkan tempat lokal favoritnya," tambah sumber.


Kembali ke MU

Cristiano Ronaldo kembali ke MU setelah pergi pada 2009. Pesepakbola berusia 36 tahun ini direkrut dari klub Juventus setelah sempat juga membela Real Madrid.

MU mengontraknya selama dua tahun dengan opsi perpanjangan semusim. Bersama MU, ia sudah tampil di dua pertandingan dan mencetak tiga gol.

Kontribusinya membawa MU meraih kemenangan atas Newcastle United. Namun, MU menderita kekalahan dari Young Boys di Liga Champions beberapa hari lalu.


Infografis Performa Cristiano Ronaldo

 

Bulu Ketiak Putri Madonna

Putri Madonna Pamer Bulu Ketiak di Met Gala 2021

Liputan6.com 2021-09-16 03:03:00
Lourdes Leon, putri penyanyi Madonna, tiba untuk Gala Met 2021 di Metropolitan Museum of Art pada 13 September 2021 di New York. (ANGELA WEISS / AFP)

Putri Madonna, Lourdes Leon, menjadi salah satu pesohor yang hadir di Met Gala 2021. Acara ini berlangsung di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin, 13 September 2021, waktu setempat.

Dilansir dari People, Rabu, 15 September 2021, Lourdes tampil dalam balutan busana bernuansa fuchsia dari Moschino. Busana putri Madonna ini terdiri dari atasan halter bikini dan rok senada yang dihiasi payet.

Lourdes Leon tak tampak hadir bersama Madonna. Perempuan berusia 24 tahun ini tampak berpose mengangkat lengan dan memamerkan bulu ketiaknya.

Ia hadir di Met Gala setelah tampil di Vogue edisi September untuk cerita "Generation America: The Models Changing an Industry." Di acara tersebut, Lourdes berfoto dengan Bella Hadid, Kaia Gerber, Precious Lee, Anok Yai, Ariel Nicholson, Sherry Shi, dan Yumi Nu.

"Orang-orang mengira saya adalah anak kaya tidak berbakat yang memiliki segalanya, tapi saya tidak begitu," katanya kepada Vogue.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hidup Masing-Masing

Lourdes mengatakan bahwa ia membayar uang kuliahnya sendiri dan tinggal di lingkungan Bushwick di Brooklyn yang jauh dari kemewahan di Hollywood. Ia dan Madonna menjalani kehidupan sendiri-sendiri, meski begitu ibu dan anak ini sama-sama suka menari.

"Seorang guru saya membuat saya memahami gerakan dengan cara yang benar-benar baru," katanya. "Anda menggunakan tubuh Anda untuk menentukan ruang di sekitar Anda untuk mengubahnya. Itu adalah bentuk ekspresi yang sangat terbuka."


Met Gala

Setelah tampil di sampul Vogue, Lourdes juga didaulat sebagai wajah kampanye mendatang Swarovski. Menurut brand, ini "berfungsi sebagai platform untuk representasi orang-orang dari semua budaya dan orientasi."

Met Gala 2021 adalah penghormatan terhadap evolusi mode Amerika. Penyelenggara menyebut pelaksanaannya merupakan perayaan peran label Amerika dalam memperjuangkan keberlanjutan, keragaman, dan inklusi.

Pamerannya berjudul 'In America: A Lexicon of Fashion" akan debut pada 18 September, dan berlangsung hingga 5 September 2022. Ini merupakan bentuk perayaan ulang tahun ke-75 The Costume Institute dan menjelajahi kosakata modern mode Amerika.


Infografis WFH Bukan Berarti Jalan-Jalan ke Luar Kota