Volume 87

Coldplay Colek Jokowi

Heboh Presiden Jokowi Diundang Coldplay Hadiri Global Citizen Live

Liputan6.com 2021-09-19 12:00:00
Aksi vokalis band Inggris Coldplay, Chris Martin saat tampil di The Stade de France Arena di Saint Denis, Paris, Prancis (15/7). (AFP Photo/Geoffroy Van Der Hasselt)

Jagat lini masa dihebohkan dengan cuitan grup band Coldplay. Band yang beranggotakan Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, Will Champion ini mengumumkan sebuah undangan di akun Twitter terverifikasinya pada 18 September 2021.

Undangan tersebut ditujukan Coldplay untuk Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Band yang dikenal melalui lagu "Speed of Sound" dan "Yellow" mengundang Presiden Jokowi untuk terlibat dalam Global Citizen Live.

"Jokowi, maukah Anda bergabung dengan@bankimooncentredan koalisi penggiatiklimIndonesia di #GlobalCitizenLive untuk membuat komitmen terhadap planet ini?," cuit Coldplay yang langsung dibanjiri 18,7 ribu tanda suka.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan Bagi Pemimpin

"Di mana Anda memimpin, orang lain akan mengikuti," tulis band yang baru-baru ini dikabarkan akan berkolaborasi dengan boyband Korea Selatan BTS itu lebih lanjut.

Dalam salah satu cuitan balasan, Dino Patti Djalal, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat mengatakan sudah menyampaikan surat undangan pidato itu lewat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Surat undangan kpd Presiden utk pidato di konser akbar @GlblCtznsudah saya sampaikan 2 minggu lalu via Menko @airlangga_hrt," tulisnya. "Semoga Pres @jokowi bisa sampaikan suara &aspirasi Indonesia utk perubahan iklim > isyu terpenting bagi umat manusia dan planet bumi. @fpcindo," kata Dino Patti Djalal.


Undang Pemimpin Negara Lain

Rupanya, bukan hanya Presiden Jokowi saja yang diundang untuk terlibat dalam kampanye tersebut. Dalam cuitan lain, Coldplay juga mengundang Presiden Prancis Emmanuel Macron lewat akun Twitter resminya, untuk bergabung dengan mereka.

"Presiden Emmanuel Macron: 6 tahun setelah perjanjian Paris,#GlobalCitizenLiveakan datang ke Paris. Kepemimpinan Anda adalah kunci untuk maju sebelum presidensi#COP26dan#EUAnda," tulis mereka.


Kampanye Global Citizen Live

Mengutip laman resminya, Global Citizen Live adalah kampanye untuk membangun gerakan 100 juta warga global, dalam mengambil tindakan demi membantu mencapai visi mereka yaitu mengakhiri kemiskinan ekstrem di 2030.

Salah satu kegiatan mereka adalah pertunjukkan Global Citizen Live, yang tahun ini disiarkan mulai pada 25 September 2021 dari berbagai kota di berbagai negara, di mana salah satu pengisi acaranya adalah Coldplay.


Disiarkan 6 Benua

Disiarkan dari enam benua, siaran itu akan menampilkan, artis, selebritas, dan pemimpin dunia yang bersatu untuk menciptakan perubahan dan berdampak pada iklim dan kemiskinan.

Global Citizen Live merupakan bagian dari kampanye Global Citizen 2021 yaitu Recovery Plan for the World.

Recovery Plan for the World sendiri berfokus pada lima tujuan utama yaitu: mengakhiri Covid-19 untuk semua, mengakhiri krisis kelaparan, melanjutkan pembelajaran untuk semua, melindung planet, dan memajukan kesetaraan untuk semua.

Jemaah RI Belum Bisa Umrah

Mohon Bersabar, Calon Jemaah Indonesia Belum Bisa Umrah

Liputan6.com 2021-09-19 15:00:00
Umat muslim memakai masker untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona COVID-19 saat berdoa di depan Al Safaa di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Minggu (30/5/2021). (AP Photo/Amr

Para calon Jemaah umrah Indonesia harus lebih bersabar. Hal ini karena hingga kini pemerintah belum membuka kegiatan umrah ke tanah suci hingga pandemi covid-19 terkendali.

"Saya infokan sampai saat ini umrah untuk Indonesia masih belum di buka, kita masih menunggu keputusan untuk umrah kembali dibuka untuk jemaah Indonesia," kata Wakil Sekretaris Jenderal Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) Adji Mubarok, Minggu (19/9/2021).

"Insyaallah syarat-syarat untuk umrah sudah kita sounding ke teman-teman travel umrah, dari mulai dosis vaksin lengkap, PCR, dan lain-lain," lanjut dia.

Adji menyampaikan, persiapan persyaratan yang hendak dipenuhi oleh calon Jemaah umrah, jika nanti Pemerintah Saudi Arabia sudah membuka pintu umrah untuk Indonesia.

"InsyaAllah, dalam waktu dekat pemerintah Saudi akan menginformasikan Umrah untuk jamaah Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Saudi tidak mewajibkan PCR dan karantina, kecuali peraturan dari Pemerintah Indonesia menerapkan keberangkatan dan kepulangan mewajibkan adanya hasil test PCR. Harga PCR di Saudi (130 SAR).

Adapun Persyaratan Umrah :

a. Usia > 18 tahun

b. Sudah vaksin 2 dosis

c. Vaksin Sinovac + vaksin booster

d. Vaksin Sinopharm + vaksin booster

e. Memiliki sertifikat vaksin (PeduliLindungi).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fasilitas

Jamaah Umrah diperbolehkan dan mendapatkan fasilitas :

a. sholat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

b. Itikaf di Masjid

c. Umrah lebih 1 kali (tentative)

d. Ziarah

e. Hotel sekamar berdua (double)

f. Kapasitas Bus maks. 25 pax

g. Makanan Catering

h. Daftar aplikasi Tawakalna & Eatamarna jamaah oleh provider koordinasi dengan Muassasah.

Kemudian, apabila jamaah terdeteksi covid-19 saat di Saudi, maka biaya dicover oleh Asuransi. Sertifikat vaksin asli harus di upload di sistem visa. Provider visa mengambil paket melalui sistem Muasasah (include visa+hotel+bus+asuransi).

Harga visa USD 202 (Include visa, asuransi, biaya IT, dan jasa Muassasah), Muthowwif travel bisa di daftarkan ke Muassasah, dan Umrah plus bisa dilaksanakan namun harus mengikuti regulasi peraturan dari negara terkait.

PSK jadi Nama Jalan

Brussel Menamai Salah Satu Jalan dengan Nama Pekerja Seks yang Jadi Korban Pembunuhan

Liputan6.com 2021-09-18 10:00:04
(Worldakkam.com)

Kota Brussel akan menamai jalan baru dengan nama seorang pekerja seks Nigeria yang terbunuh, sebagai bagian dari kampanye yang lebih luas untuk mengakui para perempuan di Belgia.

Dewan kota mengatakan, jalan itu akan bernama Eunice Osayande, yang ditikam sampai mati oleh salah satu pelanggannya pada Juni 2018 silam.

Tertarik dengan iming-iming akan masa depan pekerjaan yang cerah di Eropa, Osayande datang ke Brussel pada tahun 2016.

Awalnya ia percaya pria yang mengundangnya ke Eropa adalah agen akting yang akan menjadikannya bintang film. Namun kenyataannya, lelaki itu adalah pedangan manusia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kilas Balik Seorang Pekerja Seks, Eunice Osayande

Begitu tiba di Brussel, dia langsung dipaksa untuk menjalankan pekerjannya. Ia diberi tahu bahwa dia berutang kepada geng penyelundup sebesar 45.000 atau sekitar 754 juta Rupiah untuk transit, mucikari, dan harga sewa.

Dalam minggu-minggu sebelum kematiannya, ia telah menghubungi 'badan amal pekerja seks' dan memberi tahu tentang apa yang ia alami, kekerasan dan intimidasi saat bekerja. Alasan ia tidak menghubungi polisi karena dia seorang migran yang tidak berdokumen.

Juni 2018, pada saat usianya 23 tahun, Osayande ditikam 17 kali oleh seorang pelanggan di distik Gare du Nord.

Protes yang dipimpin oleh komunitas pekerja seks migran di Brussel langsung meletus. Para pengunjuk rasa menuntut kondisi kerja yang lebih baik dan meminta pihak berwenang setempat untuk membuat pedoman hukum yang jelas untuk sektor tersebut.

Prostitusi tidak ilegal di Belgia namun tidak ada aturan nasional terpadu.


Pawai Meminta Keadilan Atas Kematian Osayande

Maxime Maes, direktur pekerja seks UTSOPI di Brussel, mengorganisir pawai.

"Kematian Eunice sangat menyedihkan, terutama bagi migran yang tidak berdokumen di daerah tempat ia bekerja," katanya kepada BBC.

"Daerah itu telah mengalami peningkatan kekerasan dan perempuan yang terpinggirkan menjadi sasaran."

Seorang pria berusia 17 tahun didakwa atas pembunuhan Osayande dan sedang menunggu persidangan. Empat anggota jaringan perdagangan manusia juga ditangkap dan pada Januari tahun ini menerima hukuman penjara setidaknya empat tahun.

Dengan menamai jalan baru setelah Ms Osayande, kota Brussel mengatakan ingin menarik perhatian kepada semua "perempuan yang terlupakan yang menjadi korban perdagangan manusia, kekerasan seksual dan pembunuhan."

Jalan itu akan menjadi jalan pertama yang dinamai pekerja seks di negara itu, menurut penyiar Belgia RTBF.


Nama Osayande Ditetapkan Menjadi Sebuah Nama Jalan

Jalan baru yang akan berada di bagian utara kota Brussel, merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan oleh dewan untuk menamai lebih banyak daerah dengan nama perempuan.

Dewan telah menamai jalan-jalan dengan beberapa wanita terkenal, termasuk pejuang perlawanan Yvonne Nvejean dan Andre De Jongh, dan sebuah jembatan dengan nama Suzan Daniel, seorang aktivis LGBT Belgia.

Ans Persoons, Alderwoman untuk kota Brussel, mengatakan "Feminisme bagi kami bukan hanya tentang wanita yang unggul. Feminisme inklusif adalah tentang hak-hak perempuan di setiap tingkatan sosial."

Persoons mengatakan bahwa 42% wanita di Belgia antara usia 16 dan 69 tahun pernah mengalami kekerasan seksual fisik di beberapa titik.

"Presentase ini jauh lebih tinggi di kalangan pekerja seks. Dan itulah tepatnya mengapa Eunice Osayande mendapatkan namanya untuk sebuah jalan."

Jalan yang sedang dibangun itu akan resmi dibuka dalam beberapa bulan ke depan.

Dewan kota mengatakan pekerja seks dan komunitas migran akan diundang untuk berbicara pada peresmian.

Penulis : Azarine Natazia


Infografis Kekerasan dalam Pacaran

 

Mesin Penyedia Alat Tes Covid-19

Singapura Sediakan Alat Tes Covid-19 Mandiri di Vending Machine

Liputan6.com 2021-09-19 14:31:51
Ilustrasi tes rapid antigen COVID-19. (dok. Mika Baumeister/Unsplash.com)

Berbeda dengan Indonesia yang menerapkan aturan pengetesan Covid-19 dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih, Singapura sejak beberapa waktu lalu mengambil kebijakan bahwa warga bisa mengetes Covid-19 secara mandiri. Bahkan, baru-baru ini, negeri singa itu menyediakan menyediakan vending machine yang berisi alat tes COVID-19 mandiri mulai Sabtu, 18 September 2021.

Melansir Asia One, Minggu (19/9/2021), menurut Kementerian Kesehatan (MOH), tes antigen (ART) akan tersedia di vending machine sepanjang waktu. Mesin itu tersebar di 56 lokasi, termasuk Choa Chu Kang, Toa Payoh, Woodlands, dan Pasir Ris.

Daftar lengkap lokasi pengumpulan dan langkah yang diperlukan untuk mendapatkan alat tes mandiri tersedia di laman gowhere.gov.sg. Masyarakat dapat memindai NRIC atau FIN (semacam kartu identitas warga Singapura) untuk mengambil tiga paket yang berisi kit tes antigen di vending machine.

Paket alat tes dari vending machine dapat digunakan untuk tes mandiri, guna memenuhi persyaratan peringatan risiko kesehatan. Peringatan itu diberikan kepada warga yang berada dekat dengan area infeksi virus Covid-19 dalam waktu lama atau teridentifikasi berkontak erat dengan pasien.

Peringatan ini akan dikirimkan via SMS, kepada masyarakat yang selama 14 hari terakhir berkontak dengan warga yang memiliki catatan kasus COVID-19. Rujukannya adalah data SafeEntry, yaitu sistem check-in digital Singapura yang mencatat detail identitas individu, seperti kartu identitas dan nomor ponsel, yang mengunjungi tempat-tempat umum.

Sejak kemarin, Kementerian Kesehatan Singapura mulai mengirimkan SMS peringatan risiko kesehatan kepada warga. Dalam peringatan itu pula disertakan hal-hal apa yang harus dilakukan individu untuk menekan risiko.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Langkah Penanggulangan

Masyarakat yang menerima SMS notifikasi peringatan risiko kesehatan terlebih dulu harus menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) di klinik swab tes maupun dokter praktik pribadi. Kemudian, mereka harus menjalani isolasi mandiri hingga hasil PCR pertama menunjukkan hasil negatif.

Menurut Kementerian Kesehatan, praktisi swasta yang menawarkan tes PCR yaitu Fullerton Health Testing Centre, Rumah Sakit Raffles, dan Klinik Medis Kingsway. Pertemuan dapat dijadwalkan lewat laman di atas.

Selain itu, masyarakat yang menerima peringatan risiko kesehatan diminta untuk melakukan tes ART mandiri pada hari ketiga, kelima, ketujuh dihitung sejak terakhir kali terpapar COVID-19. Pada hari kedelapan, mereka juga harus melakukan tes PCR lagi.

"Jika semua dilaksanakan, maka masa HRW atau health risk warning mereka akan berakhir pada hari ke sepuluh setelah terpapar. Semua biaya swab akan ditanggung oleh pemerintah," ujar Kementerian Kesehatan.


90 Persen

Menurut Menteri Kesehatan, Ong Ye Kung, sekitar 90 persen rumah tangga akan menerima alat tes mandiri. Sekolah dan perusahaan telah diberikan juga alat tes ini.

"Saya mendorong semua orang untuk melakukan tes mandiri... Saya pikir penggunaan ini menjadi sebuah kebiasaan baru di era new normal COVID-19 ini," ujar Kung.

Walaupun tidak seakurat tes PCR, tes ART dapat membantu mendeteksi kasus dengan cepat dan dapat mencegah penularan virus. Fungsinya sebagai skrining awal. (Gabriella Ajeng Larasati)


Tes Massal Deteksi Covid-19

 

Ali Kalora Tamat

Pimpinan MIT Ali Kalora Tewas, Bagaimana Kelanjutan Operasi Madago Raya?

Liputan6.com 2021-09-19 14:00:09
Anggota MIT yang tewas berwajah dan perawakan mirip dengan Ali Kalora, sang pimpinan kelompok yang bertanggung jawab atas kekerasan terhadap sejumlah petani di Kabupaten Poso, Sigi, dan Parig

Aparat keamanan memastikan Operasi Madago Raya tetap berlanjut meski Pimpinan MIT, Ali Kalora telah tewas.

Kapolda Sulteng yang juga Penanggungjawab Operasi Madago Raya, Irjen Pol. Rudy Sufahriadi mengungkapkan, operasi tetap dilanjutkan lantaran masih adanya DPO MIT yang masih bersembunyi di hutan dan pegunungan.

Berdasarkan data Satgas Madago Raya, sebelum Ali Kalora dan Jaka Ramadhan berhasil dilumpuhkan di Parigi Moutong, terdapat 6 anggota MIT yang diburu aparat gabungan.

"Tersisa 4 orang lagi yang belum tertangkap setelah Ali Kalora dan Jaka Ramadhan tewas," kata Irjen Pol. Rudy Sufahriadi di Mapolres Parigi Moutong, Minggu pagi (19/9/2021).

Keempat buron yang tersisa itu yakni Faisal, Askar, Alfin, dan Galuh. Rudy bilang keempatnya sejak pertengahan tahun 2021 bersembunyi terpisah dari rombongan Ali Kalora.

"Kami berharap masyarakat membantu aparat. Kami akan cari sampai dapat DPO yang tersisa," Rudy menegaskan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baku Tembak

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Rudy Sufahriadi menyampaikan, Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora bersama rekannya sempat dikepung aparat dalam operasi penangkapan, sebelum akhirnya tewas dalam baku tembak.

"Mereka berdua dikepung ketika berada di Desa Astina, Kecamatan Torue," tutur Rudy saat konferensi pers di Polres Parigi Moutong, Minggu (19/9/2021).

Menurut Rudy, Ali Ahmad alias Ali Kalora tewas bersama dengan DPO lainnya yakni Ikrima alias Jaka Ramadhan alias Rama. Mereka hanya berdua di lokasi operasi penangkapan tersebut.

"Kini DPO MIT tersisa 4 orang dan sampai saat ini masih terus dilakukan pengejaran," jelas Rudy.

Diberitakan sebelumnya, kontak tembak antara Satuan Tugas Madago Raya dan kelompok DPO teroris Poso kembali terjadi, Sabtu 18 September 2021.

Dari informasi yang diterima, kontak tembak tersebut menewaskan dua orang teroris Poso, salah satunya adalah pimpinan teroris Poso, Ali Ahmad alias Ali Kalora dan satu orang anggotanya yakni Jaka Ramadhan.

Danrem 132 Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf mengatakan, kontak tembak terjadi pada Sabtu 18 September 2021 sekitar pukul 17.20 Wita di Pegunungan Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Film Yuni Menang

6 Fakta Yuni, Film Indonesia yang Menang di Festival Film Internasional Toronto 2021

Liputan6.com 2021-09-19 15:00:00
Adegan film Yuni

Indonesia kembali diharumkan oleh sineas dari negeri sendiri. Kali ini, sutradara Kamila Andini mendulang prestasi dengan film terbarunya, Yuni.

Film Yuni berhasil menjadi pemenang dalam Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, bersaing dengan sejumlah film internasional lainnya.

Tak tanggung-tanggung, pengumuman pemenang ini disampaikan oleh aktor kondang Hollywood yang sempat tampil dalam film Venom, Riz Ahmed.


Sejumlah Fakta

Dari pengumuman ini, tersimpan sejumlah fakta menarik yang meyelimuti film Yuni dan kemenangannya. Apa saja itu? Berikut deretannya.


1. Dibintangi Arawinda Kirana

Film Yuni dibintangi oleh Arawinda Kirana, aktris muda yang memiliki latar belakang di dunia teater dan tari sejak kecil. Arawinda Kirana sudah tampil di film antologi Quarantine Tales dan film pendek X&Y.


2. Bahasa Sunda dan Jawa Banten

Sutradara Kamila Andini memilih bahasa Jawa Banten dan Sunda Banten untuk dialog film Yuni lantaran hampir tidak adanya film panjang Indonesia dengan bahasa daerah Banten.


3. Ditunjuk Langsung Oleh Riz Ahmed

Riz Ahmed tak hanya mengumumkan kemenangan film Yuni. Aktor Sound of Metal ini juga menyampaikan bahwa ia memilih sendiri judul film yang dianggap layak menyabet Platform Prize.


4. Sempat Berlaga di Busan International Film Festival

Yuni tak hanya berlaga di Toronto International Film Festival, namun juga sempat berlaga di Busan International Film Festival (BIFF) bersama dua film lain, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas; dan film pendek Laut Memanggilku.


5.Film Ketiga Kamila Andini diTIFF

Dalam pidato kemenangannya tahun ini, Kamila Andini menyebutkan bahwa Yuni merupakan film ketiganya berlaga di TIFF.

"Aku ingat pertama kali di TIFF pada 2015 bersama film pendek saya. Dan sekarang saya kembali ke sini untuk ketiga kalinya menghadirkan pahlawan wanita di sinema dan TIFF, lewat film ketiga saya," ujar Kamila dalam pidato kemenangannya.

Dakwaan Baru Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi Diseret ke Persidangan Kasus Korupsi oleh Junta Myanmar

Liputan6.com 2021-09-19 07:00:21
Aung San Suu Kyi (AFP)

Junta Myanmar akan mengadili pemimpin sipil yang digulingkan Aung San Suu Kyi atas tuduhan korupsi, kata pengacaranya pada Jumat 17 September 2021.

Persidangan ini menambah serangkaian kasus yang sedang berlangsung yang dapat membuatnya dipenjara selama beberapa dekade, demikian seperti dikutip dari Channelnewsasia, Sabtu (18/9/2021).

Aung San Suu Kyi telah berada di bawah tahanan rumah sejak dia dan pemerintah terpilihnya digulingkan oleh militer dalam kudeta Februari 2021 yang memicu pemberontakan massal dan tindakan keras brutal terhadap perbedaan pendapat.

Pemenang Nobel berusia 76 tahun itu saat ini diadili karena tuduhan melanggar pembatasan virus corona selama pemilu yang dimenangkan partainya secara telak tahun lalu; secara ilegal mengimpor walkie-talkie; dan tuduhan hasutan.

Dia akan menghadapi persidangan baru atas empat tuduhan korupsi yang dimulai pada 1 Oktober di ibukota Naypyidaw, kata pengacaranya Khin Maung Zaw.

Setiap tuduhan korupsi membawa hukuman maksimal 15 tahun.

Sidang yang sedang berlangsung ditunda selama dua bulan karena Myanmar bergulat dengan lonjakan virus corona dan baru dilanjutkan minggu ini, dengan Aung San Suu Kyi melewatkan hari pertama dengan alasan kesehatan.

Wartawan telah dilarang dari semua proses persidangan sejauh ini.

Junta juga menuduhnya menerima pembayaran emas ilegal dan melanggar undang-undang kerahasiaan era kolonial, meskipun ini belum didaftarkan ke pengadilan.


Sekilas Kudeta Myanmar

Pemerintah Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) digulingkan oleh militer karena dugaan kecurangan pemilih selama pemilihan 2020, di mana ia mengalahkan partai politik yang berafiliasi dengan para jenderal.

Pemberontakan nasional dan kerusuhan yang sedang berlangsung telah melumpuhkan ekonomi negara Asia Tenggara.

Lebih dari 1.100 orang telah tewas dan lebih dari 8.000 ditangkap, menurut sebuah kelompok pemantau setempat.

Militer mengatakan jumlah korban jauh lebih rendah.

Kepala Junta Min Aung Hlaing mengatakan bulan lalu bahwa pemilihan akan diadakan dan keadaan darurat dicabut pada Agustus 2023, memperpanjang batas waktu satu tahun awal militer yang diumumkan beberapa hari setelah kudeta.

Miliarder Ogah Wariskan Harta

4 Miliarder Ini Ogah Wariskan Kekayaan pada Anak, Begini Alasannya

Liputan6.com 2021-09-17 21:00:31
Ilustrasi uang. (dok. Brett_Hondow/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Terlahir dari orang tua yang sangat kaya memiliki banyak keuntungan. Para anak miliarder, misalnya banyak yang mengira jika kemungkinan besar mereka bisa mendapatkan warisan besar dari orang tua sudah di depa mata.

Tetapi banyak orang-orang terkaya di dunia, termasuk Bill Gates salah satunya, tidak berencana untuk menyimpan kekayaannya untuk keluarga.

Sebaliknya, mereka berencana untuk menyumbangkan kekayaan mereka untuk amal dan ingin mengajari anak-anak mereka nilai kerja keras.

Siapa sajakah mereka?

Berikut adalah empat miliarder terkenal dunia yang memutuskan untuk tidak mewariskan kekayaannya pada anak mereka seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (17/9/2021):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Warren Buffett

Dikutip dari South China Morning Post, CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett pernah menjadi sorotan karena secara terang-terangan mengungkapkan bahwa ia ingin membuat anak-anaknya merasa cukup mampu untuk kerja keras.

Buffet mengatakan bahwa ia ingin anak-anaknya merasa "cukup mampu sehingga mereka akan merasa bahwa mereka dapat melakukan apa saja, tetapi dengan tidak terlalu banyak uang sehingga mereka tidak akan merasa tidak ingin melakukan apa-apa".

Buffet juga mendirikan kampanye The Giving Pledge bersama Bill Gates.

Dia juga telah berjanji untuk memberikan lebih dari 99 persen kekayaannya untuk amal, meninggalkan relatif lebih sedikit untuk anak-anaknya.

Namun, masing-masing dari mereka sudah memiliki yayasan senilai USD 2 miliar yang didanai oleh ayah mereka, menurut The Washington Post.


2. Bill Gates

Secara individual, pendiri Microsoft Bill Gates memiliki penghasian USD 129,6 miliar. Sementara mantan istrinya, Melinda Gates memiliki penghasilan sebesar USD 5,7 miliar.

Gates mentransfer lebih dari USD 3 miliar saham kepada mantan istrinya Melinda setelah pengumuman perceraian mereka pada Mei 2021 - cukup untuk menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia, menurut Bloomberg, dan sahamnya saja sekarang bernilai lebih dari USD 5,7 miliar.

Namun, bagaimana dengan warisan anak-anak mereka?

Sebuah laporan pada tahun 2011 menyebutkan bahwa Gates berencana untuk meninggalkan USD 10 juta untuk setiap anaknya, tetapi laporan ini tidak pernah dikonfirmasi.

Dalam sebuah wawancara dengan The Daily Mail pada tahun 2011, Gates telah menyebutkan bahwa meninggalkan "anak-anak sejumlah besar uang bukanlah bantuan bagi mereka" dan bahwa "Melinda dan saya merasa senang tentang hal itu".

Namun, hal ini bisa berubah setelah perceraian keduanya.

Menurut laporan Page Six, seorang ahli perceraian mengatakan bahwa pengajuan cerai Melinda mengisyaratkan bahwa dia dapat mengubah warisan ketiga anaknya.

Page Six menambahkan bahwa Melinda memiliki "pengacara perwalian dan warisan terkenal yang terlibat dalam kasus ini," dan bahwa "paling tidak biasa nama-nama pengacara perwalian dan harta warisan dicantumkan pada pengajuan perceraian".


3. Mark Zuckerberg

Pada tahun 2015, CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan menyambut kelahiran putri pertama mereka Max.

Keduanya mengumumkan kelahiran putri pertama mereka dalam sebuah surat terbuka yang mengungkapkan bahwa mereka akan memberikan 99 persen saham perusahaan mereka selama hidup mereka ke yayasan yang mereka buat untuk "mempromosikan kesetaraan untuk semua anak di generasi berikutnya".


4. George Lucas

Segera setelah George Lucas, pembuat film Star Wars, menjual perusahaannya Lucasfilm ke Disney, dia mengumumkan bahwa sebagian besar kekayaannya akan digunakan untuk filantropi pendidikan.

Penjualan perusahaa milik Lucas pun memberinya keuntungan sekitar USD 4 miliar.

"Itu (pendidikan) adalah kunci untuk kelangsungan hidup umat manusia. Kita harus merencanakan masa depan kolektif kita -- dan langkah pertama dimulai dengan alat sosial, emosional, dan intelektual yang kita berikan kepada anak-anak kita," tutur Lucas.

Lucas juga berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaannya untuk amal sebagai bagian dari kampanyeThe Giving Pledgeyang ia ikuti.

Lucas memiliki empat anak. Tiga anaknya ia adopsi, dan anak keempat lahir dari ibu pengganti. Untuk melanjutkan cita-citanya membantu dalam mendidik anak-anak, ia juga mendirikan The George Lucas Educational Foundation.

PacMan Incar Jabatan Presiden

Petinju Manny Pacquiao Jadi Kandidat Presiden dalam Pemilu Filipina 2022

Liputan6.com 2021-09-19 20:02:41
Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao bersiap mengikuti sesi latihan di sebuah gym di Kuala Lumpur, Malaysia (11/7). Manny Pacquiao akan bertanding pada kelas welter melawan petinju Argentina

Bintang tinju Filipina Manny Pacquiao mengatakan dia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan.

Dia dicalonkan sebagai kandidat oleh faksi partai yang berkuasa, PDP-Laban, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (19/9/2021).

Di atas karier yang berkilauan sebagai pejuang, Manny Pacquiao, 42, adalah seorang senator di parlemen Filipina.

Petahana Rodrigo Duterte dilarang dari masa jabatan lain tetapi telah dipilih oleh faksi partai saingan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang menurut para kritikus adalah upaya untuk berpegang teguh pada kekuasaan.

Dia dipilih untuk mencalonkan diri bersama sekutu dekat, Christopher "Bong" Go, tetapi Go mengatakan dia tidak ingin menggantikan sang petahana presiden Filipina.

Sementara partainya mengatakan ingin Go mempertimbangkan kembali keputusannya, penolakannya terhadap nominasi telah menyebabkan saran bahwa putri Presiden Duterte Sara Duterte-Carpio dapat bergabung dengannya dalam kandidasi.


Sekilas Tentang Pacquiao

Sebagai petinju, Pacquiao memenangkan gelar dunia dalam delapan divisi berat yang berbeda yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia kalah dalam pertarungan terakhirnya melawan lawan Kuba dan mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk pensiun.

Menerima nominasi, dia berkata: "Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring."

Pacquiao telah berjanji untuk berkampanye melawan kemiskinan dan korupsi.

Dia adalah tokoh populer di negara asalnya tetapi menghadapi perjuangan berat, tertinggal dalam jajak pendapat yang secara konsisten diatapi oleh Sara Duterte-Carpio.

Tidak jelas fraksi mana yang akan diakui oleh komisi pemilihan umum untuk pemilu 2022.

Misteri di Gunung Ciremai

Misteri Batu Kepala Singa di Gunung Ciremai

Liputan6.com 2021-09-17 22:02:00
Misteri batu berkepala singa di kawasan Gunung Ciremai jadi salah satu perhatian wisatawan (dok.Instagram/@gunung_ciremai/https://www.instagram.com/p/CT6Omo0pR4o/Komarudin)

Gunung Ciremai di Jawa Barat jadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi pelancong. Di sana terdapat batu kepala singa di Manguntapa di kawasan Gunung Ciremai yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

"Kita tak menutup mata. Memang masih banyak 'sejarah' fenomena alam di gunung Ciremai, Jawa Barat yang belum diketahui secara pasti," tulis pengelola akun Instagram Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Jumat (17/9/2021). Ketiadaan sumber lisan dan tulisan seolah menjadi penyebab fenomena alam itu bagaikan misteri.

Misalnya, keberadaan batu kepala Singa di wisata alam 1001 Tangga Manguntapa, desa Singkup, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Bagaimana cara terbentuk batu tersebut sehingga menyerupai kepala Singa atau mirip kepala Barongsai?

Ada beberapa jawaban alternatif tentang batu kepala Singa tersebut. Pertama, Batu itu merupakan tunggangan Nyi Pelet yang dikutuk menjadi batu oleh Singgih dalam dongeng perseteruan masyhur nan dahsyat abad ke-14 Masehi. "Jawaban cukup menggelitik," tulis akun tersebut.

Kedua, batu itu terbentuk akibat letusan gunung Ciremai pada 1698. Saat itu Ciremai mengamuk seperti dituliskan Brascamp pada 1919, "Gunung di Cirebon telah roboh yang mengakibatkan air begitu tinggi sehingga merusak tanah daerahnya dan menyebabkan korban manusia," tulis akun tersebut.

Muntahan marerial erupsi Ciremai saat itu menerjang wilayah utara. Sisa erupsi besar ini masih bisa kita saksikan hingga kini yakni bebatuan hitam di sana. Terkadang bebatuan tersebut seolah menyerupai sesuatu makhluk atau benda.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jawaban yang Mendekati

Ketiga, batu kepala Singa terbentuk akibat erosi angin atau 'deflasi'. Fenomena pengikisan batu oleh hembusan angin kecang secara terus-menerus dalam waktu yang sangat lama sehingga membentuk batu formasi baru.

"Mana jawaban yang meyakinkan?" tanya akun tersebut. "Atau sobat punya jawaban lain?" lanjutnya.

Situs batu kepala singa tersebut terdapat di lokasi 1001 Tangga Manguntapa. Lokasi wisata alam ini dikembangkan sejak 2017 yang dikelola oleh kelompok Benda Langit, masyarakat Desa Singkup, Pasawahan, Kuningan. Dari lokasi berbukit batu ini disuguhkan panorama alam kota Majalengka, Cirebon, Kuningan dan Gunung Ciremai dari kejauhan, seperti dilansir dari laman ksdae.menlhk.go.id.


Cerita Legenda

Situs Ki Buyut Manguntapa, konon menggambarkan sosok keturunan para wali yang menyebarkan agama Islam di tataran wilayah utara Gunung Ciremai. Beberapa orang yang berasal dari berbagai daerah terlihat sering berkunjung ke lokasi ini khususnya pada malam 1 Suro atau 1 Muharram.

Cerita legenda yang beredar di masyarakat adalah tentang kepala singa. Berdasarkan cerita masyarakat, dahulu ada seorang yang gagah perkasa sakti mandraguna, "saciduh metu saucap nyata" (ucapannya mujarab).

Namun. karena kesombongannya merusak hutan yang ada di lokasi tersebut, ia kena petaka menjadi batu yang menyerupai kepala singa. Keberadaan situs Ki Buyut Manguntapa dan kepala singa berada pada satu hamparan dengan 1001 Tangga Manguntapa.

Lokasi dengan ketinggian 345-400 mdpl dapat membangkitkan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung. Tak jarang pelancong datang untuk menikmati suasana sore, hingga munculnya bulan dan bintang, bahkan ada juga yang bermalam.


Infografis Ancaman Klaster Covid-19 di Lokasi Wisata

 

Misi Selamatkan Ibukota

Journal: Tanggul Jakarta dan Misi Menyelamatkan Ibukota

Liputan6.com 2021-09-20 00:00:05
Poster Jurnal Pemukaan Tanah Jakarta turun 6 cm per Tahun (Trie Yas/Liputan6.com)

Jarum jam menunjukkan pukul 5 pagi. Sarwana (48) bergegas menyiapkan warung nasinya. Sambil memasak, ia menyiapkan gelas-gelas untuk air teh. Pelanggan setia warungnya ialah pekerja proyek tanggul di kawasan Gedung Pompa, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Selain pekerja proyek, nelayan yang mau pergi ke laut juga sering makan dulu di sini," Sarwana bercerita kepada Liputan6.com.

Sarwana sudah sejak lahir tinggal di daerah Muara Baru. Ia merasakan betul bagaimana kawasan pesisir ibu kota berubah. Dulu, kata Sarwana, air laut di daerah tempat tinggalnya tidak setinggi sekarang. Bahkan dasar laut masih terlihat secara kasatmata.

"Kalau sekarang, terasa sekali airnya tinggi, dalam, dan tanah ini makin turun. Untung ada tanggul yang jadi penghalang," lanjut dia.

Tanggul di daerah Muara Baru dipasang sejak lima tahun lalu. Tujuannya untuk mencegah air laut yang semakin tinggi masuk ke daerah pemukiman warga. "Kalau dulu, air naik langsung banjir, apalagi ketika tanggul jebol. Kalau sekarang ada tanggul, paling cuma rembesan saja airnya," ujar Sarwana, lagi.

Tanggul-tanggul di kawasan Muara Baru memiliki tinggi kurang-lebih 4 meter. Tanggul yang pernah jebol pada 2019 tersebut membentengi kawasan pesisir Jakarta Utara dari lautan.

Setiap harinya banyak warga setempat yang beraktivitas di sekitar tanggul. Ada yang memancing, menjaring ikan, mencuci baju, berjualan makanan, hingga menjadi tempat bagi anak-anak kecil untuk bermain.

Tanggul di kawasan Gedung Pompa, Muara Baru, Jakarta Utara (Liputan6.com / Jonathan Pandapotan)

Merasa Lebih Aman

Hal senada dikatakan Nur Rochman (57). Pria yang sudah lebih dari 35 tahun tinggal di Kampung Gedong Pompa tersebut mengakui, sebelum ada tanggul, warga sering khawatir, terutama saat air laut pasang yang menyebabkan banjir besar. Kampung Gedong Pompa dulu biasa terendam air laut. Namun setelah ada tanggul, hanya rembesan air yang masuk ke kampung.

"Alhamdulillah tidak tembus. Kalau dulu banjir besar. Sekarang banjir, tapi rembesen saja. Dengan adanya tanggul ini lebih nyaman, warga lebih senang," katanya ketika ditemui Liputan6.com.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua RT ini sempat mendengar berita Jakarta tenggelam dalam beberapa tahun mendatang dari pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Tapi, Nur Rochman mengaku tidak percaya dengan pernyataan tersebut sehingga dia tidak takut untuk tetap tinggal di kawasan pesisir.

Anak-anak kecil bermain di kawasan Gedung Pompa, Muara Baru, Jakarta Utara (Liputan6.com / Jonathan Pandapotan)

Apabila di masa depan, pemukiman di Kampung Gedong Pompa akhirnya harus direlokasi, Nur Rochman pasrah. Tapi, dia meminta pemerintah menyediakan lokasi baru yang kondisinya baik. Kampung Gedong Pompa sendiri menurut Nur Rochman masuk dalam 16 kampung prioritas dari Pemprov DKI Jakarta.

Tanggul pantai raksasa di pesisir Jakarta memang merupakan salah satu upaya pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah tenggelamnya ibu kota di masa depan. Proyek ini bernama Proyek Pengembangan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN)/National Capital Integrated Coastal Development atau dikenal dengan NCICD.


Tanggul yang Lindungi Pesisir Jakarta

NCICD adalah tanggul pantai besar yang bertujuan melindungi Kota Jakarta untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang, dari krisis air baku serta risiko banjir akibat fenomena penurunan permukaan tanah di wilayah ibu kota.

Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat setuju bekerja sama melaksanakan masterplan NCICD, yang telah dilakukan sejak Oktober 2014. Masterplan NCICD merupakan proyek gabungan antara Pemerintah Indonesia dan Belanda, di mana studi kelayakan NCICD sebagian besar didanai Pemerintah Belanda.

Proyek ini membutuhkan dana fantastis senilai USD40 miliar atau setara Rp570 triliun dan rencananya akan dibiayai bersama oleh Pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sektor-sektor swasta. Pembangunan tanggul laut raksasa ini dilakukan di wilayah kritis yang terjadi penurunan muka tanah di pesisir Jakarta.

Master Plan NCICD memiliki tiga tahap pembangunan yakni Tahap A dengan memperkuat tanggul yang ada, Tahap B dan Tahap C adalah konstruksi pembangunan tembok laut dan retensi luar kolam. NCICD bukan hanya mengamankan Jakarta dari banjir, namun juga sebagai sumber air baku untuk masyarakat dengan menjaga kualitas air.

Pembangunan tanggul juga bentuk upaya pengendalian kawasan pesisir Jakarta untuk mitigasi kenaikan muka air laut. Total pembangunan tanggul di pantai utara Jakarta mencapai 46 km.

Tapi, hingga 2020 baru terbangun tanggul raksasa sepanjang 13 km, sehingga masih tersisa 33 km. Pemprov DKI sepakat menggarap sisa 22 km di antaranya, sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerjakan sisa lainnya sepanjang 11 km.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal, menyatakan, pengerjaan porsi 22 km tanggul laut raksasa diperkirakan paling lambat selesai pada 2030. Sebab, kata Yusmada, terdapat dua wilayah yang perlu dilakukan kolaborasi dengan otoritas setempat sebelum dibangun tanggul. Untuk pembangunan tahun ini baru dilakukan di Kali Adem dan Kali Kamal.

"Itu ada kaitannya dengan daerah Sunda Kelapa, dan Tanjung Priok. Kita pendekatannya harus kerjasama, kolaborasi dengan otoritas di sana. Sunda Kelapa sama Tanjung Priok kan itu otoritas Pelindo," beber Yusmada kepada Liputan6.com.

Masalah Anggaran dan Relokasi

Tanggul laut di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Selasa (12/2) (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Yusmada mengakui, anggaran masih menjadi kendala dalam proses pembangunan tanggul laut raksasa. Selain itu, tanggul juga bersentuhan dengan pemukiman warga sehingga perlu pendekatan yang integratif sebelum pembangunan dilakukan. Pemukiman warga di pinggir-pinggir pantai yang akan dibangun tanggul harus direlokasi lebih dulu.

Dalam pembangunan tanggul di pesisir Jakarta, dikerjakan per wilayah dan per klaster, yang kondisi penurunan muka tanahnya kritis. Yusmada menjelaskan, tanggul mesti tertutup dari klaster-klaster yang ada, sebab yang terbuka masih menyebabkan kebocoran.

"Ini kan ada klaster-klaster kanal muara, ada cengkareng drain, ada kali angke dan muara angke," bebernya.

Dia juga percaya kualitas material beton untuk tanggul terjamin. Yusmada mengungkapkan, spesifikasi material beton tanggul sudah disesuaikan untuk menghadapi korosi akibat pengaruh air laut. Justru, yang perlu dijaga menurut dia adalah pengamanan tanggul terhadap aktivitas-aktivitas tak diinginkan di pantai, termasuk di pelabuhan.


Penurunan Muka Tanah Pesisir Jakarta

Ancaman Jakarta bakal tenggelam pada 2030 terus menjadi pembahasan, terutama setelah Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, turut mengatakan soal potensi tersebut beberapa waktu silam.

Sesungguhnya, prediksi Jakarta akan tenggelam telah bertahun-tahun lalu didengungkan. Sejumlah penelitian menyebut permukaan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan, terutama di daerah pesisir Jakarta. Bahkan data Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mencatat bahwa sejak 2007 sampai 2016, penurunan tanah terjadi hingga satu meter.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal, mengungkapkan, kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, telah berada di bawah permukaan laut dan terus mengalami penurunan muka tanah. Pada 2050, Muara Baru bisa berada 4,6 meter di bawah permukaan laut apabila tidak dilakukan pencegahan sejak dini.

Selain Muara Baru, tujuh wilayah pesisir utara Jakarta juga terancam tenggelam paada 2030, karena berada di bawah permukaan air. Wilayah Pluit diperkirakan mencapai 4,35 meter di bawah permukaan air laut, Kamal Muara 3 meter, Gunung Sahari 2,90 meter, Tanjungan 2,10 meter, Ancol 1,70 meter, Marunda 1,3 meter, dan Cilincing 1 meter.

Menurut Yasmada, Pemda DKI Jakarta mengawali pengendalian banjir rob di utara Jakarta dari penataan tanah timbul yang ada di sepanjang pesisir. Selain itu, dilakukan penataan mangrove pantai publik serta pembangunan deselerasi air sebagai subtitusi penyedotan air tanah.

Wilayah Jakarta dan sekitarnya yang terancam tenggelam (Climate Central)

Sistem Polder

Dinas SDA DKI Jakarta mengandalkan sistem polder untuk membuang air yang tergenang di permukaan yang ada di bawah permukaan air laut. Setidaknya 10 polder baru akan dibangun sebagai upaya mengatasi banjir rob di pesisir Jakarta.

Yusmada menyatakan, tanggul memang bentuk antisipasi awal peningkatan muka air laut serta penurunan muka tanah di wilayah pesisir Jakarta. Dia menambahkan, wilayah-wilayah yang sudah dibangun tuntas tanggulnya, tergolong aman.

Persoalannya, kata Yusmada, apabila turun hujan, air hujan mesti dipompa ke sungai atau ke laut. Oleh karena itu, di daerah pantai harus dibangun sistem polder. Yusmada menerangkan, sistem polder yang akan dibangun itu berbarengan dengan tanggul pantai, seperti polder di daerah Kamal yang mesti dimulai tahun ini.

"Karena air itu kan sudah tidak bisa lagi mengalir secara gravitasi ke laut. Kita kumpulkan dulu di waduk, harus dipompa ke laut atau ke sungai. Ke sungai yang di muara-muara itu," paparnya.

Yusmada mengatakan, di muara tersebut, tanggul akan dipanjangkan ke arah hulu sebatas rambatan pasangnya. Terdapat daerah-daerah yang posisinya sampai lima meter di bawah tanggul seperti di Pluit dan Muara Karang, sehingga air hujan yang tidak bisa mengalir di daerah tersebut mesti dimasukkan ke waduk lebih dulu dan dipompa ke laut atau sungai.

Polder sendiri merupakan sebuah sistem untuk menangani banjir rob, yang terdiri dari kombinasi tanggul, kolam retensi, dan pompa. Air yang datang dari lautan ditampung, lalu disalurkan kembali ke lautan sehingga banjir tidak terjadi di daratan. Sistem ini banyak dipakai di kota-kota di Belanda, yang posisinya lebih rendah dari permukaan laut.


Hentikan Ekstraksi Air Tanah

Koordinator Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara, Tata Mustasya, menilai penurunan muka tanah adalah salah satu faktor utama yang membuat Jakarta terancam tenggelam. Dan ini adalah konsekuensi dari cara Jakarta membangun ekonomi dengan mengabaikan lingkungan.

"Kita sudah tak bisa lagi pakai cara lama membangun ekonomi. Jadi lingkungan memang harus menjadi prioritas di depan, menjadi inti bersama ekonomi dan manusia itu sendiri," kata Tata kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, salah satu penyebab utama permukaan tanah Jakarta menurun adalah penggunaan air tanah. Hal ini sebenarnya bisa diantisipasi sejak dulu.

"Kita semua menggunakan air dari sumur bor yang sangat merusak lingkungan. Tapi kan sebenarnya ada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), namun ini bukan merupakan sistem besar yang dipakai untuk maintaining seluruh Jakarta. Jadi tidak seperti kota-kota besar lain di dunia."

Menurut dia, penurunan muka tanah jadi peringatan bagi Jakarta untuk segera berbenah dalam membangun ekonomi.

Hal senada dikatakan Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi. Menurut dia, jika melihat data banjir di Jakarta, maka lokasinya itu berada di wilayah yang mengalami penurunan tanah signifikan. Termasuk juga banjir rob yang mengalami peningkatan 10 tahun terakhir ini.

"Jadi memang tak ada cara selain pemerintah menggunakan penghentian ekstraksi air tanah," ucap Tubagus kepada Liputan6.com.

"Kita dorong di tingkatan regulasi bahwa pemerintah provinsi segera membuat aturan tidak boleh lagi mengambil air tanah terutama untuk kepentingan bisnis dan itu harusnya dipenuhi dan dilayani oleh PDAM."

Infografis: Penurunan Muka Tanah Ancaman Nyata Untuk Jakarta (Liputan6.com / Triyasni)

Di pesisir Jakarta, permukaan tanah terus menurun. Karena itu, pemerintah pusat dan provinsi sedang membangun tanggul, sekaligus untuk mengantisipasi kenaikan air laut. Namun, tanggul dinilai hanya solusi jangka pendek.

Menurut Tata Mustasya, solusi yang fundamental adalah mengatasi krisis iklimnya. "Yang harus dilakukan adalah langkah mitigasi untuk mengatasi masalah di hulunya. Kalau masalah di hulunya tak dihentikan, mau bagaimana pun juga tanggulnya, dampak-dampak lain juga akan terjadi," ucap Tata.

Menurut dia, jika suhu udara dan permukaan air laut naik terus, maka tanggul-tanggul di pesisir Jakarta juga takkan bisa mengatasi. "Jadi pemerintah pusat harus menunjukkan komitmen iklim yang kuat juga."

Masih Bisa Diselamatkan

Menurut Tubagus Soleh Ahmadi, DKI Jakarta masih bisa diselamatkan. Caranya adalah dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat bekerja cepat dan menerapkan kebijakan pro lingkungan.

Pemerintah provinsi, kata dia, bisa segera melakukan penghentian ekstraksi air tanah untuk kepentingan bisnis dan juga melakukan pemulihan dengan mengembalikan air tanah dalam. Selain itu, proyek yang memperparah kerentanan pesisir juga sebaiknya dihentikan.

"Kalau pemerintah pusat bisa segera beralih transisi energi dari energi kotor menjadi energi terbarukan. Pemerintah pusat harus segera meninggalkan penggunaan listrik dengan batubara, kemudian juga memastikan tidak ada lagi pembakaran hutan dan lahan."

Ia percaya jika semua hal itu dilakukan, maka ibukota bisa diselamatkan dari ancaman tenggelam yang diprediksi banyak ilmuwan.

"Karena kalau kita lihat sebenarnya angka kenaikan air laut itu lebih lambat ketimbang angka penurunan tanah. Angka penurunan tanah itu di beberapa lokasi ada yang sampai sampai 24 cm per tahun, sedangkan angka kenaikan laut 0 sampai 2 milimeter per tahun. Jadi, Jakarta masih bisa sebenarnya diselamatkan dan yang penting adalah komitmen dari pemeritah provinsi dan pusat," pungkasnya.


INFOGRAFIS