Volume 88

Horor di Kuburan Kuno

Heboh Temuan Rambut Manusia Keluar dari Kuburan Berusia 100 Tahun

Liputan6.com 2021-09-19 21:00:00
Ilustrasi pemakaman (pexels)

Seorang pria di California mengaku telah menemukan rambut manusia keluar dari kuburan yang ia perkirakan berusia 100 tahun lamanya. Penemuan misterius ini menakuti pengguna TikTok.

Joel Morrison (37), sedang mengunjungi kuburan di California ketika ia menemukan sesuatu yang aneh sekaligus mengerikan.

Ia mengingat kembali bagaimana ia berjalan melewati kuburan dan melihat sekumpulan rambut yang menyembul keluar dari makam.

"Ketika saya pertama kali melihatnya, saya terkejut -- saya tidak yakin apa yang saya lihat adalah nyata," ujar Marrison. "Tetapi setelah diperiksa lebih dekat, saya mneyadari bahwa itu rambut manusia yang keluar dari kuburan."

Dilansir laman Lad Bible, Minggu (19/9/2021), ketika ia kembali untuk menyelediki kejadian aneh itu di lain hari, Morrison menemukan kejadian serupa. Meski rambut nya tampak didorong kembali masuk ke celah makam -- yang ia anggap mungkin adalah ulah penjaga taman.

"Sepertinya yang terjadi pada saya adalah ada pohon besar yang sangat dekat dengan makam atau kuburan dan akar dari pohon telah tumbuh ke dalam kuburan, mengganggu penghalang beton dan mortar bata, mungkin mendorong mayatnya.

"Lalu begitu kuburan dibuka, tupai, hewan pengerat, dan hewan apa pun bebas masuk dan keluar. Sepertinya mereka mencoba bersarang di rambut manusia."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teori Lain Netizen

Marrison mengabadikan kejadian aneh tersebut dan mengunggah rekaman video ke TikTok di mana video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 1,5 juta kali dan mendapatkan 290 ribu likes.

Banyak orang ikut membagikan teori lain, seperti karena banjir besar dan hujan yang mengangkat mayatnya atau posisi makam yang berada di dekat pohon.

Sepertiga lain mengatakan makam mungkin telah dipindahkan oleh perampok makan atau vampir.

Sementara yang lainnya mengatakan mungkin ini adalah pekerjaan hewan yang menemukan lubang dan ingin membuat tempat tidur di rambut misterius tersebut.

Marrison mengatakan ia berencana untuk mengambil sampel rambut dan membawanya ke kantor koroner untuk mengidentifikasi apakah itu manusia atau bukan.

Reporter: Ielyfia Prasetio

RI Tergila-gila pada Gula

Miris, Indonesia Jadi Negara Pengimpor Gula Terbesar di Dunia

Liputan6.com 2021-09-20 13:30:59
Perwakilan petani tebu menuliskan kata kata saat berunjuk rasa di sekitar depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/10). Puluhan perwakilan petani tebu berunjuk rasa menuntut pemerintah menyet

Ketergantungan Indonesia terhadap gula impor masih sangat tinggi. Hal ini terbukti dari sata yang menunjukkan bahwa Indonesia negara terbesar importir gula.

Direktur Utama PTPN III Muhammad Abdul Gani mengatakan, tingginya impor gula ini salah satu sebabnya dalah jumlah penduduk yang kian bertambah. Belum lagi dipengaruhi oleh peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sekarang Indonesia adalah negara terbesar importir gula. Jadi ini memprihatinkan bagi kita," ujar Gani saat rapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (20/9/2021).

"Dari tahun ke tahun peningkatan terus terjadi, karena pertambahan jumlah penduduk dan peningkatan kesejahteraan dan konsumsi per kapita naik," jelasnya.

Dengan adanya permasalahan tersebut, PTPN memiliki 4 tujuan untuk memperbaiki kinerja produksi gula konsumsi di Indonesia. Gula konsumsi terus digenjot, sementara kebutuhan gula sektor lain masih harus impor.

"Tujuan dari PTPN kita ingin mewujudkan kemandirian gula konsumsi. Kenapa tidak secara total? Kayaknya kalau melihat kemampuan lahan kemudian kebutuhan padi, kayaknya tidak mungkin Indonesia memaksakan swasembada untuk seluruh gula. Tapi minimal gula konsumsi PTPN bisa berkontribusi memperluas lahan tebu dan kerjasama dengan petani," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Swasembada Pangan

Kedua dengan adanya produksi PTPN naik, maka impor gula akan berkurang, devisa hemat dan memandirikan pangan.

Ketiga, meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, tidak mungkin meningkatkan produksi gula tanpa mensejahterakan petani.

"Minimal tanaman petani dengan semua bibit dari kita. Semua digratiskan bibit di awal tanam, setelah itu baru dia beli sendiri. Bibir unggul dari kita yang sudah diteliti. Selama ini belum dilakukan. kita akan dukung petani. Terakhir kita akan menjaga stabilitas harga gula ritel," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

PPKM Tanpa Level 4

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 4 Oktober, Tak Ada Lagi Daerah Level 4

Liputan6.com 2021-09-20 17:33:07
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa Bali mulai 21 sampai 4 Oktober 2021. Hal ini lantaran situasi Covid-19 di Jawa-Bali mulai membaik.

"Dalam arahan yang diberikan oleh Presiden dalam Rapat Terbatas hari ini diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada, maka perubahan PPKM Level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Kendati begitu, kata dia, evaluasi PPKM level 2-4 di Jawa dan Bali tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat. Luhut menyampaikan saat ini sudah tidak ada lagi wilayah di Jawa-Bali yang masuk kategori PPKM level 4.

"Dengan berbagai perbaikan tersebut, Saya bisa sampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten kota yang berada di level 4 di Jawa Bali" jelasnya.


PPKM Telah Diperpanjang Sebanyak 9 Kali

Seperti diketahui, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berakhir pada, Senin (13/9/2021). Pemerintah sendiri telah memperpanjang kebijakan PPKM ini sebanyak sembilan kali.

Awalnya, pemerintah menerapkan kebijakan PPKM darurat pada 3-20 Juli 2021 karena lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. PPKM darurat kemudian kembali diperpanjang sampai 25 Juli 2021 dan pemerintah berjanji akan melakukan pelonggaran apabila kasus virus corona menurun.

Selanjutnya, pemerintah melanjutkan dengan kebijakan PPKM Level 4 dan 3 yang berlaku sejak 26 Juli sampai 13 September 2021 yang diperpanjang setiap satu minggu sekali.

Kendati kasus sudah menurun, Luhut Binsar Panjaitan menekankan PPKM akan terus diberlakukan selama Covid-19 masih menjadi pandemi. Menurut dia, pemerintah akan menurunkan level PPKM suatu daerah apabila situasi Covid-19 di wilayah tersebut semakin membaik.

Jika PPKM sudah mendekati level 2 dan level 1, maka masyarakat sudah mendekati situasi kehidupan new normal. Pemerintah, kata dia, akan terus melakukan evaluasi kebijakan PPKM setiap minggunya.

"Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat direspon secara cepat," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin 16 Agustus 2021.

Ancaman 19 Daerah Banjir Bandang

Infografis 19 Provinsi di Indonesia Terancam Banjir Bandang

Liputan6.com 2021-09-21 09:03:19
Banner Infografis 19 Provinsi di Indonesia Terancam Banjir Bandang. (Liputan6.com/Trieyasni)

Indonesia memasuki musim peralihan atau pancaroba dari kemarau ke penghujan. Seiring dengan itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah beberapa kali mengeluarkan peringatan kewaspadaan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, dan banjir bandang.

Peringatan potensi banjir bandang pun dikeluarkan BMKG. Menurut BMKG, banjir bandang mengancam 19 provinsi di Tanah Air.

Kewaspadaan terhadap jenis bencana hidrometeorologi ini berlaku sejak Senin 20 September 2021 pukul 07.00 WIB hingga jam yang sama pada Selasa (21/9/2021). Banjir bandang dapat terjadi akibat curah hujan tinggi atau hujan lebat.

Provinsi mana saja yang perlu waspada? Apa saja rekomendasi BMKG terkait antisipasi banjir bandang? Simak dalam Infografis berikut ini:


Infografis

 


5 Banjir Bandang Terkini

 

BTS Wakili Negara di PBB

BTS Tiba di New York untuk Wakili Korsel di Markas PBB

Liputan6.com 2021-09-20 17:15:25
Jungkook, V (Taehyun), dan Jin BTS di MV Permission to Dance. Dok: Hybe Labels

Grup musik telah BTS berangkat ke New York untuk mendampingi Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di markas besar PBB. BTS menjadi utusan khusus (special envoy).

Menurut laporan Yonhap, Senin (20/9/2021), grup itu terbang ke New York pada Sabtu lalu. Mereka akan hadir di acara terkait Sustainable Development Goals (SDGs).

Presiden Moon juga akan pidato di PBB, serta bertemu bos Pfizer.

Grup asuhan Hybe (dulunya BigHit) sudah tiba di New York. Agenda mereka di New York berlangsung pada Senin waktu setempat.

BTS dijadwalkan akan memberikan pidato, serta menampilkan klip performa mereka. Sebelumnya Kim Nam-joon (Rap Monster/RM) yang fasih berbahasa Inggris juga pernah menjadi jubir BTS ketika pidato di Unicef.

SDGs terdiri atas 17 tujuan global untuk dunia yang lebih baik, yakni:

  1. Menghapus kemiskinan
  2. Mengakhiri kelaparan
  3. Kesehatan yang baik dan kesejahteraan
  4. Pendidikan bermutu
  5. Kesetaraan gender
  6. Akses air bersih dan sanitasi
  7. Energi bersih dan terjangkau
  8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi
  9. Infrastruktur, industri, dan inovasi
  10. Mengurangi ketimpangan
  11. Kota dan komunitas yang berkelanjutan
  12. konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab
  13. Penanganan perubahan iklim
  14. Menjaga kelestarian laut
  15. Menjaga ekosisten darat
  16. Perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat
  17. Kemitraan untuk mencapai tujuan

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kunjungan Presiden Moon

Presiden Korsel Moon Jae-in akan mengirimkan keynote speech terkait perdamaian di Korsel, serta sumbangsih Korsel dalam melawan pandemi COVID-19 dan krisis iklim.

Ia rencananya akan berkunjung ke AS selama total lima hari, termasuk kunjungan ke Hawaii untuk acara peringatan Perang Korea.

Presiden Moon turut mengadakan pertemuan dengan Presiden Slovenia Borut Pahor dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela sesi PBB.

Tak hanya itu, Presiden Moon akan menemui CEO Pfizer Albert Bourla. Ia ingin Korsel menjadi hub vaksin global.

Namun, Presiden Moon tak ada jadwal untuk bertemu secara terpisah dengan Presiden AS Joe Biden.

Moral Warga Diurus Negara

Taliban Bubarkan Kementerian Perempuan, Diganti Menteri Moral

Liputan6.com 2021-09-20 12:56:33
Pejuang Taliban menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Seorang pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebut Presiden Afghanistan

Pemerintahan Taliban membubarkan Kementerian Urusan Perempuan di Afghanistan. Kementerian itu diganti menjadi mengurus moral dan mencegah keburukan.

Dilansir AP News, Senin (20/9/2021), para pegawai kementerian diantar keluar oleh Taliban pada Sabtu lalu. Pegawai Bank Dunia di gedung itu juga diminta keluar.

Tulisan di depan gedung itu kini menjadi Menteri Ceramah dan Penyuluhan dan Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Keburukan.

Sebelumnya, Bank Dunia padahal memiliki program pemberdayaan ekonomi perempuan dan rural dengan nilai proyek US$ 100 juta.

Pemimpin Jaringan Perempuan Afghanistan, Mabouba Suraj, mengaku kaget terhadap derasnya kebijakan Taliban yang mengekang perempuan dan gadis. Aturan bagi siswi yang ingin mengemban pendidikan juga tidak jelas.

"Ini telah menjadi sangat, sangat menyulitkan," ucap Suraj. Inikah tahap di mana gadis-gadis akan terlupakan?"

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Taliban Tuduh Wanita Tak Cocok jadi Menteri

Sebelumnya dilaporkan, Taliban secara tegas menolak kehadiran wanita di kabinet mereka. Juru bicara Taliban menyebut wanita Afghanistan tidak kuat mengemban tugas sebagai menteri.

Tak hanya itu, Taliban berkata tugas wanita Afghanistan adalah melahirkan dan mendidik anak secara Islami. Ucapan itu dilontarkan oleh Sayed Zekrullah Hashimi dalam wawancara viral dengan Tolo News dari Afghanistan.

"Wanita Afghanistan adalah mereka yang melahirkan rakyat Afghanistan, mendidik mereka, mendidik etika-etika Islam," ujar Sayed Zekrullah Hashimi kepada Tolo News, dikutip Senin (13/9).

Seluruh anggota kabinet terbaru Taliban adalah laki-laki. Hal itu berbeda dari janji Taliban yang menebar janji akan lebih inklusif.

"Dia (wanita) tidak becus mengerjakan tugas sebuah kementerian," lanjut Sayed ketika ditanya apa masalah dari menteri perempuan. "Ini seperti membebankan di leher mereka sesuatu yang tak bisa mereka pikul."

Ia pun tak memusingkan wanita yang berdemo di jalan yang menuntut hak. Para pendemo dinilai tak mewakili wanita Afghanistan.

"Empat perempuan yang protes di jalanan tidak mewakili para perempuan Afghanistan," ucap Sayed.

Kota Teraman di Dunia

20 Kota Teraman di Dunia, Kopenhagen Raih Posisi Puncak

Liputan6.com 2021-09-20 16:04:00
Ilustrasi Copenhagen, Denmark. (dok. Unsplash.com/@avaluria)

Keamanan menjadi salah satu faktor penting yang diperhatikan oleh turis ketika bepergian. Safe City Index (SCI) Economist Intelligence Unit merilis daftar kota teraman di dunia.

Dilansir dari CNN Travel, Senin (20/9/2021), pemeringkatan kota teraman di dunia ini melihat sederet aspek, mulai dari keamanan digital, keamanan kesehatan, infrastruktur, keamanan pribadi, serta keamanan lingkungan. Dari tahun ke tahun, kota-kota di Asia seperti Tokyo, Singapura dan Osaka jadi langganan di posisi teratas.

Namun di 2021, Kopenhagen dinobatkan sebagai kota teraman di dunia untuk pertama kalinya. Kota ini meraih 82,4 poin dari 100 dalam laporan tahunan.

Ibu kota Denmark ini meluncur dari peringkat kedelapan pada 2019 ke posisi puncak. Hal ini tentu berkat pengenalan bagian keamanan lingkungan dan kota itu mendapat nilai yang sangat baik, sekaligus dengan keamanan pribadi.

"Salah satu faktor kunci yang membuat Kopenhagen menjadi kota yang aman adalah tingkat kejahatannya yang rendah, saat ini berada pada tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade," kata Lars Weiss, Wali Kota Kopenhagen dalam laporan tersebut.

Weiss melanjutkan, Kopenhagen juga dicirikan oleh kohesi sosial yang besar dan kesenjangan kekayaan yang relatif sempit. "Ini adalah kota campuran, asisten kebersihan dan CEO bertemu satu sama lain di supermarket lokal dan memiliki anak-anak mereka di sekolah yang sama," jelasnya.

"Ini adalah salah satu landasan budaya Denmark, dan ini berkontribusi besar pada tingkat kepercayaan dan keamanan yang tinggi yang kami manfaatkan," ungkap Weiss.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Toronto hingga Wellington

Toronto, Kanada menyusul di posisi kedua dengan 82,2 poin dan Singapura di urutan ketiga dengan 80,7 poin. Meski Sydney berada di urutan keempat dengan 80,1 poin, kota Australia menduduki puncak kategori keamanan digital. Pemenang 2019, yakni Tokyo mendapat 80,0 poin, menempatkan mereka di posisi kelima.

"Kopenhagen jelas merupakan pemimpin keseluruhan yang layak dan Toronto adalah runner-up yang layak, tetapi juga karena keberhasilan jangka panjang dalam membuat penduduk aman dari peningkatan tertentu dalam dua tahun terakhir. Toronto dan Kopenhagen jauh lebih baik dalam pilar keamanan lingkungan baru daripada tiga kota teratas dari tahun-tahun sebelumnya," bunyi laporan itu.

Amsterdam, Belanda berada di urutan keenam dengan 79,3 poin. Sedangkan Wellington, Selandia Baru berada di urutan tujuh dengan 79,0 poin yang merupakan pemimpin keseluruhan dalam kategori keamanan lingkungan.


Hong Kong hingga Yangon

Kota-kota Asia Pasifik, Hong Kong dan Melbourne, menempati urutan kedelapan bersama setelah masing-masing menerima 78,6 poin. Stockholm, Swedia melengkapi 10 besar dengan 78,0 poin.

New York adalah kota AS tertinggi dalam daftar, berbagi tempat ke-11 dengan Barcelona Spanyol (kedua kota menerima 77,8 poin). Washington DC berada di belakang di tempat ke-14, sementara London dan San Francisco imbang di urutan ke-15.

Ada beberapa kejutan di ujung lain daftar. Kota Lagos Nigeria, Kairo Mesir, Caracas Venezuela, Karachi Pakistan dan Yangon Myanmar menempati lima terbawah.


Infografis WFH Bukan Berarti Jalan-Jalan ke Luar Kota

 

Kucing Lucu Tapi Mematikan

Mengenal Felis Nigripes, Kucing Afrika yang Paling Mematikan Sedunia

Liputan6.com 2021-09-19 20:30:00
Kucing berkaki hitam Africa (Photo: Zbyszko/Wikimedia Commons)

Felis nigripes, kucing berkaki hitam Afrika ini tingginya hanya 8 hingga 10 inci (20-25 cm) dan beratnya kira-kira 200 kali lebih kecil dari singa rata-rata. Kendati demikian ia adalah kucing predator paling mematikan di planet Bumi.

Kucing berkaki hitam itu sebenarnya adalah kucing Afrika terkecil, bahkan lebih kecil dari kucing pada umumnya. Namun, jangan terkecoh dengan perawakannya yang kecil, karena kucing ini adalah yang paling mematikan dari semua kucing di dunia.

Kucing berbulu yang menggemaskan ini memiliki metabolisme yang cepat, sehingga mengharuskannya berburu hampir tanpa berhenti, yang berarti dia membunuh rata-rata 10 hingga 14 tikus atau burung kecil setiap malam, lebih banyak korban daripada perburuan macan tutul dalam sebulan.

Selain itu, keberhasilan pemangsaannya sekitar 60 persen, sementara singa hanya berhasil menangkap korbannya sekitar 20 hingga 25 persen, seperti dikutip dari Oddity Central, Sabtu (18/9/2021).

Bagi kita manusia, dan bahkan bagi hewan besar seperti rusa kutub, kucing berkaki hitam Afrika bukanlah masalah, tetapi bagi penghuni sabana yang lebih kecil, mereka adalah mimpi buruk yang nyata.

Penglihatan dan pendengaran malamnya yang luar biasa mengubah hampir semua yang bergerak menjadi makanan potensial, dan peluang untuk lolos sangat kecil.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Habitat Kucing Kaki Hitam Afrika Terancam

Kucing berkaki hitam hanya ditemukan di tiga negara Afrika selatan, yakni Botswana, Namibia dan Afrika Selatan, dan spesies ini dianggap langka dibandingkan dengan kucing lain di benua Afrika.

Mereka lebih suka dataran rumput, gurun semak, dan dataran pasir, daerah dengan kepadatan hewan pengerat dan burung yang tinggi.

Menurut International Society for Endangered Cats, seekor kucing berkaki hitam Afrika dapat berburu dan memakan hingga 3.000 hewan pengerat setahun.

Bahkan ada legenda asli Afrika yang mengklaim bahwa kucing berkaki hitam dapat menjatuhkan jerapah. Ini jelas hanya mitos, tetapi ini memberi penghormatan kepada kegigihan pembunuh alami yang lucu ini.

Sayangnya, kucing kaki hitam Afrika menghadapi beberapa ancaman ulah manusia, mulai dari kerusakan habitat, hingga berkurangnya jumlah mangsa, keduanya terutama disebabkan oleh penggembalaan ternak yang berlebihan.

Reporter: Cindy Damara

Nyetir Mobil Ini Bebas SIM

Nyetir Mobil Jenis Ini Diperbolehkan Tanpa Harus Punya SIM

Liputan6.com 2021-09-20 15:13:28
EPA-Tractor (Hemmings/Ronan Glon)

Umumnya, pengendara mobil harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Secara internasional, batas usia yang diperbolehkan untuk mendapatkan SIM antara 17-18 tahun.

Tapi lain halnya di Swedia. Di negara Skandinavia ini tidak perlu menunggu berusia 17 tahun bagi seseorang untuk mengemudi dengan lisensi SIM.

Namun tunggu dulu, seperti dikutip dari hemmings.com, Kamis (16/9/2021), peraturan tersebut hanya dengan kendaraan EPA-Tractor dan A-Tractor.

Mobil tersebut kerap terlihat di Swedia dan dikemudikan oleh pemuda berumur 15 tahun tanpa perlu menggunakan SIM.

Ini bukan berarti Swedia membiarkan remaja berumur 15 tahun melanggar peraturan, namun kendaraan tersebut memang dirancang khusus agar tidak membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain. Karena itu kecepatannya dibatasi hanya 30 km/jam.

EPA-Tractor dan A-Tractor pada dasarnya berfungsi sebagai mobil yang sama. Hanya saja peraturan dan mobil yang digunakan berbeda.

EPA-Tractor lebih home-made dibandingkan A-Tractor di mana bodi mobil disatukan ke sasis khusus agar sesuai aturan yang berlaku.

Peraturan tersebut di antaranya menyebutkan bahwa mobil memiliki bak belakang, tanda segitiga bahaya, tow hitch, panjang antar sumbu roda tidak lebih dari 223 cm, suspensi belakang bergardan dan tidak mempunyai baris kedua.

Bagian depan EPA-Tractor dibuat berdasarkan basis Volvo PV544 tahun 1947-1966, dan diletakkan di atas sasis berukuran khusus.

Sementara A-Tractor merupakan pembaruan dari EPA-Tractor. Pada 1963, peraturan untuk membangun A-Tractor tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Hanya saja ada peraturan baru seperti penggunaan sasis unibody, jarak sumbu roda tidak perlu diubah, kondisi mobil masih road legal, serta suspensi belakang tidak perlu memiliki gardan.

Artinya dengan peraturan A-Tractor, mobil konvensional bisa dengan mudah dikonversikan sebagai kendaraan untuk remaja berumur 15 tahun.

Meski demikian karena peraturan baris kedua dan mempunyai bak belakang masih berlaku, buntut mobil A-Tractor perlu dimodifikasi.

Tidak heran jika A-Tractor di Swedia terlihat seperti pickupsingle cab yang berawal dari mobil sedan. Mobil yang sering digunakan adalah Volvo lawas, mengingat merek tersebut berasal dari Swedia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Legaldengan KecepatanMaksimal30 km/jam

Sebenarnya EPA-Tractor dan A-Tractor bukan hasil dari permintaan masyarakat, melainkan sebuah loophole pada peraturan yang ditetapkan.

Mobil ini di Swedia di kategorikan sebagai traktor. Sesuai namanya, kendaraan tersebut bisa digunakan tanpa menggunakan SIM dan mempunyai kecepatan maksimal yang rendah.

Kecepatan maksimal A-Tractor dibatasi mencapai 30 km/jam. Hal ini dilakukan dengan cara menghilangkan gigi paling atas atau pada transmisi otomatis menggunakan reduction gearbox.

Cara lain adalah untuk menyetting valve timing-nya dengan mengganti camshaft yang putarannya lebih netral.

Penggunaan EPA-Tractor dan A-Tractor sering ditemukan di area perkotaan Swedia. Selain itu mobil-mobil tersebut juga memiliki komunitas tersendiri berdasarkan basis dari bentuk traktor yang digunakan.

Sumber: Otosia.com


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

 

Bunga Paling Langka di Dunia

Middlemist's Red Si Bunga Paling Langka Sedunia, Hanya Tumbuh di Dua Lokasi Ini

Liputan6.com 2021-09-20 10:00:01
Middlemist's Red (Sumber: Facebook/ Flowerss)

Middlemist's Red atau dikenal sebagai mawar musim semi, dianggap sebagai bunga paling langka di dunia. Mengapa demikian?

Tanaman cantik ini ternyata hanya tumbuh di dua negara yakni Selandia Baru dan Inggris. John Middlemist, pemberi nama bunga ini, yang mengumpulkannya di China pada 1804.

Middlemist's Red menjadi bunga langka yang hanya dapat ditemukan di rumah-rumah mewah Inggris dari keluarga kaya yang mampu membelinya.

Middlemist's Red sendiri menyumbangkan spesimennya ke Kew Gardens, tetapi entah bagaimana menghilang, bersama dengan yang lain di seluruh London dan seluruh Inggris, kecuali satu tempat.

Pada 1823, Chiswick House & Gardens, sebuah rumah megah di Inggris, menjadi satu-satunya tempat di Inggris di mana Middlemist's Red dapat dikagumi, seperti dikutip dari Oddity Central, Senin (20/9/2021).

Anehnya bunga ini musnah dari tempat asalnya di China, lalu bertahan di Selandia Baru selama hampir dua abad. Ini menjadi misteri yang tidak akan tahu jawabannya, bagaimanapun bunga ini sangat langka dan berharga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dibandrol Harga Sekitar Rp 53 Juta

Meskipun kata "merah" secara harfiah tersemat dalam namanya, Middlemist's Red sebenarnya berwarna pink tua. Spesimen Selandia Baru dapat ditemukan di Treaty House di Waitangi, di mana dilaporkan ditanam pada 1833.

Secara resmi, Treaty House Selandia Baru dan Chiswick House & Gardens di Inggris, adalah dua tempat di mana kamu dapat melihat tanaman Middlemist's Red, tetapi itu tidak benar secara teknis, karena pihak Inggris telah menjualnya kepada orang-orang yang cukup kaya membeli bunga itu.

Mereka sangat selektif tentang siapa yang menerima sepotong harta karun hidup ini, tetapi pada akhirnya, harganya turun. Penerima terbaru dari kebun Middlemist's Red yang berbasis di Inggris adalah Sky Gardens by Rafal, gedung tinggi di Riyadh, Arab Saudi.

Geraldine King, tukang kebun di Chiswick House & Gardens, mengatakan bahwa bahkan beberapa abad yang lalu, ketika Duke of Devonshire memiliki Chiswick House & Garden, dia menjual Middlemist's Red seharga sekitar 3,200 atau setara Rp 53 juta.

"Kami cukup rewel tentang siapa yang mendapatkannya," kata Geraldine. "Tanaman yang kami berikan ke Arab Saudi adalah salah satu stek pertama yang kami ambil dari Middlemist's Red."

Reporter: Cindy Damara

Kulit Durian Jadi Perban

Ilmuwan Singapura Kembangkan Kulit Durian Jadi Perban Anti-Bakteri

Liputan6.com 2021-09-20 18:35:17
Ilustrasi durian (AFP)

Para ilmuwan di Nanyang Technological University (NTU) Singapura, sedang menangani limbah makanan dengan mengubah kulit durian menjadi perban gel anti-bakteri. Prosesnya yaitu, mengekstrak bubuk selulosa dari kulit buah setelah diiris dan dikeringkan, kemudian dicampur dengan gliserol.

Hasil dari campuran menjadi hidrogel lunak, yang akan dipotong menjadi strip perban. Dilansir dari CTV, Senin (20/9/21), Profesor William Chen selaku direktur program ilmu dan teknologi pangan di NTU mengatakan bahwa per tahun di Singapura konsumsi durian sekitar 12 juta.

Buah durian setelah dagingnya dimakan, biasanya kulitnya dibuang dan dibakar. Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan.

Chen menambahkan bahwa ia juga dapat mengubah limbah makanan lainnya, seperti kacang kedelai dan biji-bijian bekas menjadi hidrogel. Dibandingkan dengan perban konvensional, perban organo-hidrogel juga mampu menjaga area luka lebih dingin dan lembab agar dapat membantu mempercepat penyembuhan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kulit Durian Dimanfaatkan di Singapura

Para peneliti mengatakan, menggunakan bahan limbah dan ragi untuk perban antimikroba lebih hemat biaya daripada produksi perban konvensional.

Perban konvensional yang sifat anti-mikrobanya berasal dari senyawa logam lebih mahal, seperti ion perak atau tembaga.

Tan Eng Chuan, pedagang grosir durian, mengatakan ia menjual sebanyak 30 peti durian atau 1.800 kg sehari selama musim durian. Jika hal ini dapat menghasilkan yang bermanfaat, permasalahan pencemaran lingkungan akan berkurang.

Penulis : Alicia Salsabila


Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19.