Volume 93

Bertani di Atap Taksi

Taksi-Taksi Berubah Jadi Kebun Sayur di Thailand Akibat Pandemi

Liputan6.com 2021-09-25 20:02:00
Akibat pandemi Covid-19 sejumlah taksi berubah jadi kebun sayur di Thailand (dok.YouTube/LIVE UPDATE)

Pandemi Covid-19 yang melanda Thailand membuat layanan taksi sepi. Kondisi itu membuat banyak pengemudi yang kehilangan pekerjaan karena pembatasan dan penguncian.

Mobil mereka dibiarkan menganggur seperti kuburan kecil taksi di tempat parkir. Banyak pengemudi meninggalkan kota menuju desa asal mereka.

Sekarang, satu perusahaan telah memutuskan untuk menggunakan atap kendaraan yang menganggur sebagai petak sayuran kecil. Mereka berharap dapat membantu memberi makan pengemudi yang tidak bekerja dan karyawan lainnya, seperti melansir dari laman BBC, Sabtu (25/9/2021).

Foto-foto kebun mereka yang sedang berkembang menjadi viral di seluruh dunia. Berbicara kepada Associated Press, seorang eksekutif koperasi taksi Thapakorn Assawalertkul mengatakan, dengan gelombang baru virus Covid-19 tahun ini, koperasi taksi "benar-benar lumpuh."

Ribuan mobil diserahkan oleh pengemudi mereka. "Jika kami tidak segera mendapatkan bantuan, kami akan berada dalam masalah besar," katanya, melansir dari laman India.com.

Thapakorn berkata, kebun sayur adalah tindakan protes dan cara untuk memberi makan staf saya selama masa sulit ini. "Thailand mengalami gejolak politik selama bertahun-tahun, dan banjir besar pada tahun 2011, tetapi bisnis tidak pernah seburuk ini," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Merusak Taksi

Para pekerja di Koperasi Taksi Ratchaphruek membangun taman mini dengan merentangkan tempat sampah hitam pada bingkai bambu dan menutupinya dengan tanah. Mereka kemudian menanam berbagai tanaman, termasuk cabai, mentimun, dan cukini.

Diharapkan setelah membantu para pengemudi, sisa makanan bisa dijual di pasar lokal. "Menanam sayuran di atap tidak akan merusak taksi karena sebagian besar sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Mesin rusak, ban kempes. Tidak ada yang bisa dilakukan," katanya.

Perdagangan taksi di Bangkok biasanya sangat bergantung pada pariwisata tetapi pembatasan ketat untuk memasuki negara itu berarti hampir terhenti. "Ini adalah pilihan terakhir kami," Thapakorn. Nenurut dia, banyak kendaraan masih memiliki pinjaman besar yang belum dibayar.


Delapan Destinasi

Sementara itu, Bangkok salah satu dari delapan tujuan wisata yang akan dibuka kembali untuk turis pada 1 Oktober 2021. Meskipun Bangkok masih diklasifikasikan sebagai zona merah dan episentrum Covid-19 dengan ribuan infeksi baru yang dilaporkan.

Dalam sebuah laporan, Kementerian Kesehatan Masyarakat telah meluncurkan persiapan untuk pembukaan kembali. Selain Bangkok, destinasi lain yang juga akan dibuka, termasuk Chiang Mai, Pattaya, Hua Hin di Prachuap Khiri Khan, Chiang Khan di Loei, Koh Kood dan Koh Chang di Trat, dan Koh Samet dari Rayong, seperti dilansir dari laman The Thaiger.

Rencana tersebut masih perlu disetujui oleh Pusat Administrasi Situasi Covid-19. Tanggal yang diusulkan hari mulai sejalan dengan tujuan PM Prayut Chan-o-cha untuk membuka kembali negara itu pada Oktober 2021.


[INFOGRAFIS] Kutukan Kudeta di Negeri Gajah Putih

 

Bayi Jadi Manusia Silver

Heboh Bayi 10 Bulan Jadi Manusia Silver di Tangsel

Liputan6.com 2021-09-26 10:18:55
Manusia silver yang ikut cat anaknya di Tangsel diamankan petugas Dinsos Tangsel. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Seorang wanita muda di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diduga mengemis menjadi manusia silver dengan membawa bayinya yang masih berusia 10 bulan. Dia juga mengecat tubuh bayinya dengan cat silver.

Aksi pengemis tersebut sempat mendapat perhatian warganet di media sosial. Pada video tersebut, tubuh bayi laki-laki berinisial F tersebut dicat silver, begitu juga dengan wajah hingga mengenai rambutnya.

Perempuan muda yang mendampingi bayi tersebut belakangan diketahui sebagai ibunya. Dari keterangan video yang beredar tersebut, diketahui perempuan tersebut mengemis dengan membawa anaknya di depan SPBU Pertamina Parakan, Pamulang, Kota Tangsel.

Dari video dan laporan masyarakat tersebut, Satpol PP Kota Tangsel langsung bergerak mencari tahu keberadaan ibu dan anak tersebut.

"Terkait viral adanya bayi yang dibawa oleh warna silver di Pamulang viral, kami dari satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangerang Selatan, melakukan pengumpulan bahan keterangan di beberapa titik yang termasuk di pom bensin. Parakan kami dapati namanya dan tinggal di Jalan Salak, ngontrak bersama anak dan katanya suami sirinya," ungkap Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kota Tangsel Muhammad Muksin, Minggu (26/9/2021).


Diamankan

Benar saja, bayi tersebut memang tinggal bersama ibunya yang sehari-hari berprofesi sebagai Manusia Silver. Kepada petugas diketahui, ibu muda muda tersebut berusia 21 tahun dan anaknya masih berusia 10 bulan.

"Sudah kami data awalan, langsung kami bawa ke rumah singgah Dinas Sosial, selanjutnya kami serahkan ke Dinas Sosial kota Tangsel, " ujar Muksin.

Jakarta Tanpa Air Tanah

Journal: Tinggalkan Air Tanah untuk Selamatkan Jakarta, Siapkah PAM Jaya?

Liputan6.com 2021-09-27 00:00:05
Banner Journal: Beralih dari Air Tanah demi Menyelamatkan Jakarta, Menanti Kesiapan PAM Jaya (Liputan6.com/Trie Yasni)

Sudah lebih dari lima tahun Endah (32) tinggal di daerah Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Sejak itu, ia tak pernah menggunakan air tanah dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk dimasak.

Endah dan suami lebih memilih menggunakan air PAM Jaya (Perusahaan Daerah Air Minum Jakarta Raya). Ini bukan tanpa sebab. Ketika pindah ke Kalibaru, ia sempat ingin memakai air tanah di tokonya yang letaknya tak jauh dari rumah, tapi ternyata air yang keluar berwarna kuning.

Melihat kondisi air demikian, Endah pun enggan menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari. Beruntung air PAM di tempat tinggalnya tergolong baik kualitasnya.

"Air PAM bisa dipakai buat mandi, bisa juga buat masak," ucap Endah kepada Liputan6.com.

Kendati belakangan pelayanan PAM hampir tidak pernah ada gangguan, dia jauh-jauh hari menyiasati dengan memasang toren air, yang digunakan menampung air PAM. Hal itu Endah lakukan untuk berjaga-jaga apabila ada gangguan dalam pelayanan PAM.

Warga membawa air yang diambil dari sumur timba di kawasan Sukapura, Cilincing, Jakarta, Senin (22/3/2021) (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Bukan Pilihan

Di utara Jakarta yang dekat dengan laut, air tanah boleh jadi bukan pilihan bagi sebagian warga untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun terus berupaya memasukkan program PAM untuk beberapa daerah di Jakarta Utara yang penurunan tanahnya sudah kritis dan rawan.

Kepala Seksi Perencanaan Bidang Geologi, Konservasi Air Baku, dan Penyediaan Air Bersih DKI Jakarta, Elisabeth Tarigan, menyatakan, pemakaian air tanah di Jakarta yang dimonitor oleh pihaknya adalah yang tercatat. Wanita yang akrab disapa Lisa itu mengatakan, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta lebih fokus memonitor pemakaian jenis Air Tanah Dalam, yang baru dapat ditemukan pada kedalamanan mencapai 100 meter. Sebab, menurut Elisabeth, kategori air tanah itu yang lebih berpengaruh dalam penurunan muka tanah.

Air Tanah sendiri digolongkan menjadi dua jenis yakni Air Tanah Dalam dan Air Tanah Freatik. Air Tanah Freatik letaknya dangkal atau tidak jauh dari permukaan tanah dan berada di atas lapisan kedap air seperti air sumur, yang dapat ditemukan pada kedalaman mencapai 20 meter.

Lisa menyebut bahwa yang diawasi Pemprov DKI Jakarta adalah air tanah yang dipakai dalam skala besar yaitu untuk industri. Biasanya, kata Lisa, industri memakai air tanah kategori Air Tanah Dalam, yang berada pada lapisan tertutup atau confined. Perhatian Pemprov DKI saat ini masih untuk area lapisan confined.

Di kedalaman tanah mencapai 100 meter, menurut Lisa, posisi Air Tanah Dalam seperti sebuah ice cream wafer, di mana ice cream berada di tengah-tengah sementara wafer menutupnya di atas dan di bawah. Lisa menjelaskan, untuk menembus lapisan confine terbilang susah dan butuh waktu lama secara alamiah.

Sementara untuk pengambilan air tanah dangkal atau Freatik di rumah-rumah pribadi, Pemprov DKI tidak mengatur dan tidak melakukan pengawasan dari rumah ke rumah. Namun, keinginan Pemprov yakni semua air bersih warga disediakan dengan sistem perpipaan yang terdapat di DKI Jakarta.

Lisa mengatakan, walaupun dalam segi jumlah kecepatan dan pengaruh pemakaian air tanah antara rumah pribadi dan industri berbeda, dampaknya tetap ada untuk penurunan muka tanah di masa depan. Selain itu, Pemprov DKI juga tidak dapat mengontrol soal kualitas air tanah yang dipakai masyarakat. "Sebab, di beberapa daerah Jakarta, kualitas air tanah masih bagus, tapi di sejumlah wilayah lain sudah tidak bagus," kata Lisa kepada Liputan6.com.


Eksploitasi Air Tanah dan Penurunan Muka Tanah

Salah satu penyebab penurunan muka tanah di Kota Jakarta adalah karena pengambilan air tanah. Penyebab lainnya yakni akibat beban konstruksi, akibat konsolidasi alami tanah aluvium, dan penurunan tanah tektonik.

Penurunan muka tanah akibat ekstraksi atau pengambilan air tanah menjadi fenomena yang dominan terjadi di Jakarta. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah merekomendasikan supaya wilayah DKI Jakarta yang laju amblesan tanahnya besar, agar mengurangi eksploitasi air tanah di area-area tersebut.

Penurunan muka tanah erat kaitannya dengan genangan banjir dan tingkat kerusakan yang terjadi akibat adanya banjir. Seperti dilansir Antara, BPPT melalui Pusat Teknologi Reduksi dan Resiko Bencana (PTRRB) menganjurkan Pemprov DKI Jakarta menerbitkan peraturan daerah pelarangan pengambilan air tanah, terutama di area-area yang kritis mengalami penurunan muka tanah atau amblesan.

Berdasarkan catatan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kerusakan Cekungan Air Tanah (CAT) Jakarta yang berakibat terjadinya penurunan muka tanah adalah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan. Cekungan Air Tanah adalah suatu wilayah yang dibatasi oleh batas hidrogeologis, tempat semua kejadian hidrogeologis seperti proses pengimbuhan, pengaliran, dan pelepasan air tanah berlangsung.

Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat lebih dari 4.500 sumur produksi yang mengambil air tanah Jakarta untuk keperluan komersil. Belum lagi sumur-sumur ilegal yang tidak memiliki izin pengusahaan air tanah, yang tidak masuk dalam hitungan. Kondisi itu yang membuat penurunan muka tanah Jakarta kian menjadi ancaman serius.

Penggunaan air tanah DKI Jakarta berdasarkan data pemakaian sumur bor (Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah, Dinas Sumber Daya Air Jakarta)

Harus Dikendalikan

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengungkapkan, pengendalian pemakaian air tanah memang merupakan salah satu skema mengatasi penurunan muka tanah atau land subsidence. Selain itu, pihaknya juga melakukan konservasi air tanah.

"Pengawasan dan penindakan terhadap upaya pengambilan air tanah yang berlebihan, pembatasan dan pelarangan izin pengambilan air tanah di seluruh sektor," papar Yusmada dalam Webinar bertajuk 'Jakarta The Sinking City'.

Pada periode 2011-2018, laju penurunan muka tanah di Jakarta memang turun menjadi 12 cm per tahun, dari periode sebelumnya yang mencapai 20 cm per tahun. Yusmada optimistis laju penurunan muka tanah Ibu Kota dapat dikendalikan menjadi tidak di atas 10 cm jika pengendalian pengambilan air tanah terus dilakukan.

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, titik penurunan muka tanah di Ibu Kota berkurang menjadi lima titik dari sebelumnya 20 titik. Hal itu disebabkan berkurangnya aktivitas pengambilan air tanah untuk konsumsi air bersih.

Dalam diskusi virtual bertajuk 'Pelayanan Merata Air Minum Jakarta', Anies juga mengklaim kegiatan pengambilan air tanah berkurang, karena sudah ada pasokan air dari sumber lain, salah satunya program PAM.


Aturan Pengambilan Air Tanah

Untuk jenis Air Tanah Dalam, aturan mengenai pengambilan air tanah sesungguhnya sudah ada. Pemprov DKI Jakarta sendiri mengenakan pajak atas air tanah. Selain itu, terdapat pula aturan soal perizinan pemakaian air tanah.

Kepala Seksi Perencanaan Bidang Geologi, Konservasi Air Baku, dan Penyediaan Air Bersih DKI Jakarta, Elisabeth Tarigan, menjelaskan, setiap bangunan yang ingin mengambil air tanah, harus mengajukan perizinan terlebih dahulu. Izin dikeluarkan oleh Kementerian ESDM dan pengajuan prosesnya melalui PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Menurut wanita yang akrab disapa Lisa ini, pertimbangan memberikan izin kepada sebuah bangunan untuk mengambil air tanah salah satunya dengan melihat lebih peta Cekungan Air Tanah. Apabila ternyata tidak diizinkan, kata Lisa, maka pihak tersebut harus mencari sumber air alternatif.

"Tapi kalau ternyata masih boleh, akan ditentukan batas maksimum yang bisa diambilnya berapa," tambah Lisa.

Ia menerangkan, pelarangan mengambil air tanah sendiri masih diusulkan hanya untuk daerah-daerah di Jakarta yang sudah bisa dilayani PAM Jaya. Sampai saat ini belum ada pelarangan, melainkan hanya aturan. Lisa menyatakan, Pemprov DKI tidak ingin melarang sesuatu yang merupakan hajat hidup orang banyak tanpa ada penggantinya yang telah siap digunakan.

INFOGRAFIS: Gedung-Gedung Jakarta Bakal Dilarang Memakai Air Tanah (Liputan6.com / Triyasni)

Pengaturan

Pengaturan tentang penggunaan air tanah di DKI Jakarta terdapat dalam Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pajak Air Tanah atau Perda DKI 17/2010 juncto Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2017 tentang Pemungutan Pajak Air Tanah atau Pergub DKI 38/2017 (Pasal 1 angka 10 Perda DKI 17/2010 jo. Pasal 1 angka 13 Pergub 38/2017). Kedua peraturan itu mendefinisikan air tanah sebagai air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.

Di DKI Jakarta, pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah ditetapkan sebagai objek pajak air tanah. Namun, tidak semua termasuk objek pajak air tanah. Sesuai Pasal 3 ayat (4) Pergub DKI 38/2017, yang tidak termasuk objek pajak air tanah antara lain:

1. Pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;

2. Pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah untuk keperluan dasar rumah tangga, pengairan pertanian dan perikanan rakyat, peribadatan; dan

3. Pengambilan atau pemanfaatan atau pengambilan dan pemanfaatan air tanah untuk keperluan pemadaman kebakaran.

Sedangkan untuk subjek pajak air tanah sekaligus wajib pajak air tanah sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Pergub DKI 38/2017 adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah.

Aturan lain mengenai penggunaan air tanah juga terdapat pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA), tepatnya Pasal 47 ayat (1) dan Pasal 16 ayat (2) huruf a. Peraturan itu mendefinisikan hak guna air sebagai hak memperoleh air untuk keperluan tertentu dan/atau mengalirkan air itu di atas orang lain. Hak guna air merupakan salah satu bentuk hak atas air dan ruang angkasa.

Selain itu, Undang Undang Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan pada pasal 1 angka 33, yang berbunyi: Air adalah semua air yang terdapat di dalam dan atau berasal dari sumber-sumber air, baik yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah, tidak termasuk dalam pengertian ini air yang terdapat di laut.

Pemprov DKI sendiri mengatur volume air yang boleh diambil setiap gedung yang telah memiliki izin memakai air tanah. Ada batasan volume air tanah yang bisa diambil setiap gedung. "Yang mengambil lebih dari volume yang disyaratkan, maka itu akan kena sanksi dan denda. Kalau misalnya dia tidak menjalani teguran, akan ada penutupan," ungkap Lisa.


Faktor Migrasi Industri

Ahli Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), Heri Andreas, mengatakan, laju penurunan muka tanah di Jakarta sebenarnya sudah melambat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diduga salah satunya karena faktor migrasi industri.

Dulu, kata Heri, sentra industri di Jakarta berpusat di daerah seperti Daan Mogot, Kalideres dan Pulogadung. Sementara sekarang sudah berkurang karena banyak perusahaan yang memindahkan pabrik atau kantor ke daerah Tangerang dan Bekasi.

"Jadi sekarang aktivitas penurunan tanah di situ, seperti di Cikarang, Bekasi, itu luar biasa. Dalam 10 tahun terakhir ini, Bekasi tiba-tiba merah. Merah di sini maksudnya penurunan tanah di atas 10 cm per tahun," kata Heri kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, meski secara umum penurunan tanah di Jakarta sudah melambat, namun masih ada daerah-daerah DKI ke arah Tangerang yang mengalami penurunan tanah cukup cepat. Salah satunya daerah Kamal Muara ke arah Kosambi dan Teluknaga.

"Penurunan muka tanah juga semakin meluas ke daerah Tangerang Selatan, bahkan sedikit ada yang ke Depok. Kalau Tangerang Selatan karena mulai banyak pemukiman di sana."

Laju penurunan tanah DKI Jakarta dan sekitarnya (Earth Observatorium of Singapore, Institut Teknologi Bandung)

Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB itu menjelaskan, di Jakarta sebenarnya sudah ada soal aturan pelarangan penggunaan air tanah, terutama di zona rusak air tanah berdasarkan rekomendasi ESDM. Namun, hal ini sulit diimplementasikan.

Sebab, air merupakan kebutuhan hidup sehari-hari dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum bisa menyuplai seluruh Jakarta.

"Jadi di sini dilemanya. Kemampuan DKI masih minus untuk penyediaan air, ya bukan hanya DKI, dimana-mana juga begitu. DKI kalau tak salah minus 11 m/detik. Masalahnya, salah satunya di PDAM karena belum bisa mencakup suplai seluruh kebutuhan Jakarta. Kenapa tak bisa mencakup? Ya karena sumbernya bermasalah."

Menurut Heri, banyak sumber air bagus di Pulau Jawa yang disia-siakan manusia, seperti waduk dan danau yang menghilang hingga sungai-sungai yang tercemar. "Jadi kalau ditarik ke belakang itu sumber airnya yang bermasalah, sehingga PDAM kurang mampu menyediakan," ucap dia.


Masalah Infrastruktur

Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo, mengatakan infrastruktur perpipaan PAM memang belum mencakup seluruh wilayah Jakarta. Baru sekitar 65 persen penduduk DKI yang menjalani akses pelayanan air minum perpipaan.

"Jadi masih ada gap sekitar 35 persen yang belum mendapatkan akses. Dan yang belum mendapatkan itu ada dua bagian besar, yakni bagian Barat-Utara dan Selatan Jakarta," kata Priyatno kepada Liputan6.com.

Bagian Barat-Utara, kata Priyatno, seperti daerah Pegadungan, Kamal Muara dan Rorotan. Daerah-daerah tersebut sangat urgent dijadikan prioritas pelayanan karena sudah tak memungkinkan lagi mengambil air tanah dangkal atau kalau mengambil, maka air tanahnya sangat buruk kualitasnya. "Sementara yang Selatan untuk pengambilan air tanah masih bisa."

Ia menjelaskan, sumber air Jakarta mayoritas masih berasal dari Waduk Jatiluhur dengan kapasitas 16.800 liter/detik. Sementara yang berasal dari Cisadane untuk kemudian diolah PDAM Tangerang dan diambil Jakarta sebagai air bersih sekitar 2.875 liter/detik.

"Tapi, yang dipakai dari sana belum terlalu banyak kira-kira 1.400 liter/detik."

Petugas sedang menarik pipa ilegal yang digunakan warga untuk menyedot air Pam Jaya, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (22/5/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo).

4 Strategi PAM

Guna memenuhi kebutuhan warga DKI, PAM memiliki empat strategi. Yang pertama adalah menambah pasokan air yang masuk. Kedua, menambah infrastruktur untuk mengalirkan tambahan air. Ketiga, menurunkan tingkat kebocoran perpipaan.

"Dan keempat dan yang paling penting adalah bagaimana warga berpindah dari pemakaian air tanah ke air minum perpipaan. Karena masih ada warga yang menggunakan air tanah, walaupun jaringan perpipaan sudah ada di depan rumahnya."

Terkait sektor industri, Priyatno mengatakan, di Jakarta ada disinsentif untuk perusahaan atau pabrik. Jadi, ketika perusahaan atau pabrik mengambil air tanah, makan tarifnya itu lebih tinggi 2,5 sampai 3 kali lipat daripada tarif air minum perpipaan.

"Jadi secara ekonomi mestinya, ketika sudah ada jaringan perpipaan, mereka akan berpindah ke air minum perpipaan daripada yang pakai deep well (sumur dalam)."

Di kawasan perkantoran seperti Sudirman-Thamrin, akan segera diterapkan peraturan zero deep well. Artinya, semua gedung-gedung tak boleh lagi memakai air tanah.

"Daerah Sudirman itu kan pernah ada inspeksi, dan ada beberapa yang kemudian ketemu memakai air tanah dalam. Jadi, nanti untuk daerah yang memang sudah bisa dilayani PAM seperti Sudirman, Thamrin, Pulogadung, itu daerah-daerah di tahap pertama yang kita jadikan zero deep well," ucap dia.

Nantinya, di kawasan tersebut hanya boleh memakai air perpipaan. Air tanah hanya sebagai cadangan saja, ketika ada persoalan dengan distribusi air minum perpipaan.

Guna mencukupi kebutuhan air bersih pada zona zero deep well tersebut, PAM berjanji bakal menaikkan layanannya, termasuk dengan menambah kapasitas air.


INFOGRAFIS

 

Anak Nia Daniaty Disorot

Anak Nia Daniaty Diduga Lakukan Penipuan Penerimaan CPNS, Ini 7 Faktanya

Liputan6.com 2021-09-26 12:00:06
Setelah menjalani rumah tangga sekitar tiga tahun, Olivia Nathania atau biasa dikenal Oi menggugat cerai suaminya, Ardy Prasetya. Sejak 18 Januari, Oi mengajukan gugatan di PA Jakarta Selatan

Kabar kurang menyenangkan datang dari putri penyanyi Nia Daniaty yang bernama Olivia Nathania. Pasalnya, Olivia Nathania dilaporkan ke Polda Metro Jaya lantaran kasus penipuan. Wanita yang akrab disapa Oli itu diduga melakukan praktik penipuan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Oli dilaporkan bersama suami, Rafly N Tilaar atau Raf dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Jumat (24/9/2021). Tak hanya melakukan penipuan, Olivia Nathania juga melakukan penggelepan dana hingga palsukan dokumen surat.

"Kami laporkan Oli dan RAF yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan bahkan berani palsukan surat dengan kop BKN," kata penasihat hukum korban, Odie Hodianto, Jumat (24/9/2021).

Penipuan yang dilakukan oleh putri Nia Daniaty itu pun memakan korban ratusan orang dengan nilai kerugian yang mencapai miliaran rupiah. Berikut beberapa fakta mengenai anak Nia Daniaty yang diduga lakukan penipuan penerimaan CPNS, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (26/9/2021).


1. Modus Penerimaan CPNS

Sebelum modus Oli dan suaminya ini terbongkar, mereka menggunakan banyak cara agar modus penipuannya bisa dilancarkan pada para korban. Hal tersebut terungkap oleh salah satu korban yang juga merupakan guru sekolahnya, Agustin yang mengatakan bahwa Oli sering mengaku kenal banyak pejabat.

"Oli adalah mantan murid saya, setelah dia lulus dari SMA, saya udah lama tidak bertemu dia kira-kira sejak lulus 2009. Kemudian saya baru dihubungi 2019 akhir, dia menelepon saya. Malam hari dia chat saya menawarkan cpns ini," ungkap Agustin seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Minggu (26/9/2021).

"Dia bilang 'ada yang mau masuk cpns nggak?' Kebetulan anak saya baru lulus 2018, nah dia menyampaikan bahwa sudah melakukan ini 4 tahun, ini tahun kelima itu yang buat saya percaya," lanjutnya.


2. Iming-Imingi Penerimaan CPNS Jalur Khusus

Selain itu, Agustin mengaku tak menaruh curiga sama sekali karena Olivia Nathania adalah mantan muridnya dulu. Apalagi dengan tutur kata dan iming-iming Oli yang manis, Agustin pun percaya. Agustin juga menyampaikan penerimaan CPNS darinya ini merupakan penerimaan jalur khusus.

Di mana para kandidat disebut oleh Oli menjadi pengganti untuk CPNS lain yang meninggal atau terindikasi narkoba. Sang guru juga menyebutkan jumlah uang yang harus ia dan korban lain bayar pun beragam, bahkan Agustin juga membawa enam belas orang kerabatnya.

"Kemudian tahun 2020 dia menawarkan ada calon cpns prestasi pengganti, karena sakit, meninggal karena covid, atau terindikasi narkoba, nah disitu lah mulai dia bilang tawarkan pada keluarga saya aja mumpung dia masih bisa bantu, dengan nominal awal-awal itu Rp 25-30 juta. Jadi saya karene saking percaya membawa lah keluarga saya sendiri ada enam belas orang," pungkasnya.


3. Olivia Nathania Menghilang

Ketika semua kebohongan terbongkar, Agustin menyebut Olivia Nathania langsung menghilang bagai ditelan bumi. Selain itu, Agustin pun sempat mencoba untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik, bahkan ia juga mendatangi rumah Nia Daniaty untuk meminta pertanggung jawaban.

"Setelah pengkuan ini tersebar Olivia menghilang, lost kontak karena semua udah ketahuan jadi nggak bisa alasan apapun. Dia tidak pernah muncul lagi, nggak bisa dichat ditelepon juga. Udah berupaya meminta baik-baik ke Oli sudah kita lalui semua tapi janji terus dan tidak pernah terwujud, akhirnya kami mendatangi rumah orangtuanya, mau gimana pun dia punya keluarga dan kebetulan saya juga kenal orangtuanya," pungkasnya.


4. Memalsukan Surat

Penasihat hukum korban, Odie Hodianto juga menerangkan, bahwa tak lama setelah uang diterima oleh Oli dan RAF, para korban menerima surat-surat dengan kop Badan Kepegawaian Negara (BKN) lengkap dengan tanda tangan sang Kepala BKN.

Belakangan diketahui, surat-surat tersebut palsu. Nyatanya, tidak ada satupun yang ikut program CPNS seperti yang dijanjikan oleh Oli dan RAF.

"Para korban sudah mendatangi BKN untuk mencari kebenaran mengenai program CPNS. Ternyata nama-nama korban tidak pernah terdaftar sebagai CPNS," kata Odie.


5. Dilaporkan ke Polisi

Upaya korban mencari kepastian telah dilakukan. Sebagian klien pernah menyambangi kantor RAF di Ditjen Pemasyarakatan pekan lalu. Saat itu, RAF berjanji membayar ganti rugi. Namun usai pertemuan tersebut, tak ada kelanjutannya. Bahkan, ia sulit dihubungi.

"Maka dari itu kami memutuskan untuk melaporkan ke Mapolda Metro Jaya agar tak ada lagi korban penipuan," ungkap dia.

Laporan diterima Polda Metro Jaya. Adapun terdaftar dengan Nomor LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal : 23 September 2021. Atas perbuatan Oli dan RAF dipersangkakan melanggar Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP.


6. Kerugian hingga Miliaran Rupiah

Dalam kasus penipuan itu, anak Nia Daniaty itu memberikan syarat kepada para korban. Mereka wajib menyerahkan sejumlah uang dengan besaraan bervariasi yakni antara Rp 25 juta sampai Rp 156 juta.

Odie mengatakan, ada 225 orang yang menjadi korban dengan nilai kerugian mencapai Rp 9,7 Miliar. Ia juga menyebut, beberapa di antaranya korban adalah kliennya.


7. Bukan Pertama Kali

Rupanya, kasus dugaan penipuan yang dilakukan Olivia Nathania bukan kali pertama. Sebelumnya ia juga sempat terjerat kasus dugaan penipuan. Pada 2012 silam, Olivia Nathania Oi sempat dilaporkan oleh pedagang emas dan berlian ke Polres Jakarta Selatan. Oli dilaporkan karena tak kunjung membayar cincin berlian seharga Rp 700 juta.

Kasus tersebut berakhir damai, tanpa harus sampai ke meja hijau. Kemudian pada 2016, Olivia kembali terjerat masalah, yang diduga telah menggelapkan uang dan mobil seorang wanita bernama Yetti. Mobil yang disewa Oli telah hilang. Namun, kasus ini berakhir damai, karena Oi siap menggantikan mobil serta uang sewanya.

Olivia Nathania, kembali terjerat kasus dugaan penipuan pada 2017. Olivia Nathania lagi-lagi dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penggelapan uang sebesar Rp 61 juta. Kejadian tersebut berlangsung sejak April hingga Juli 2017. Olivia terlihat tenang saat mendatangi Polda Metro Jaya bersama kuasa hukumnya, Muhammad Zakir Rasyidin. Terbaru, Olivia dilaporkan oleh 225 orang yang menjadi korban dengan kerugian sebesar Rp 9,7 miliar ke Polda Metro Jaya.

Bukti Kebiadaban Taliban

Taliban Gantung Jasad di Pusat Kota Afghanistan, Sebut Hukuman Keras Akan Diterapkan

Liputan6.com 2021-09-26 11:01:00
Pasukan Taliban berjaga di luar Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 31 Agustus 2021. Taliban menguasai Bandara Kabul setelah Amerika Serikat menarik semua pasukannya dari

Taliban mengatakan mereka telah menembak mati empat tersangka penculik dan menggantung tubuh mereka di lapangan umum di kota Herat, Afghanistan.

Tampilan mengerikan itu terjadi sehari setelah seorang pejabat Taliban yang terkenal memperingatkan bahwa hukuman ekstrem seperti eksekusi dan amputasi akan dilanjutkan, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/9/2021).

Orang-orang itu tewas dalam baku tembak setelah diduga menangkap seorang pengusaha dan putranya, kata seorang pejabat setempat.

Penduduk setempat mengatakan jasad digantung dengan crane di pusat kota.

Wazir Ahmad Seddiqi, seorang penjaga toko setempat, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa empat jasad dibawa ke alun-alun, satu digantung di sana dan tiga jasad lainnya dipindahkan ke alun-alun lain di kota untuk ditampilkan.

Wakil gubernur Herat, Maulwai Shair, mengatakan memajang jasad-jasad itu dilakukan untuk mencegah penculikan lebih lanjut. Dia mengatakan orang-orang itu tewas dalam baku tembak setelah Taliban mengetahui bahwa mereka telah menculik seorang pengusaha dan putranya - yang keduanya dibebaskan.

BBC belum secara independen mengkonfirmasi keadaan di mana orang-orang itu terbunuh.

Namun, gambar yang dibagikan di media sosial tampaknya menunjukkan jasad berdarah di bagian belakang truk pick-up dengan derek mengangkat satu orang.

Video lain menunjukkan seorang jasad pria digantung dengan derek dengan tanda di dadanya bertuliskan: "Penculik akan dihukum seperti ini."

Sejak mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada 15 Agustus, Taliban telah menjanjikan bentuk pemerintahan yang lebih ringan daripada masa jabatan mereka sebelumnya.

Tetapi sudah ada banyak laporan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan di seluruh negeri.


Taliban: Hukuman Ekstrem Akan Dilanjutkan di Afghanistan

Mantan kepala polisi agama Taliban mullah Nooruddin Turabi -- yang sekarang bertanggung jawab atas penjara -- mengatakan pada hari Kamis 23 September bahwa hukuman ekstrem seperti eksekusi dan amputasi akan dilanjutkan di Afghanistan karena mereka "diperlukan untuk keamanan".

Dalam sebuah wawancara dengan AP, dia mengatakan hukuman ini mungkin tidak dijatuhkan di depan umum, yang sempat diterapkan di bawah pemerintahan Taliban sebelumnya pada 1990-an.

Eksekusi publik sering diadakan di stadion olahraga Kabul atau di halaman luas masjid Eid Gah selama lima tahun pemerintahan kelompok itu.

Tetapi dia menolak kemarahan atas eksekusi publik mereka di masa lalu: "Tidak ada yang akan memberi tahu kami apa hukum kami seharusnya."

Turabi -- yang berada dalam daftar sanksi PBB atas tindakan masa lalunya -- menambahkan bahwa "semua orang mengkritik kami atas hukuman di stadion, tetapi kami tidak pernah mengatakan apa-apa tentang hukum dan hukuman mereka".

Pada bulan Agustus, Amnesty International mengatakan bahwa pejuang Taliban berada di balik pembantaian sembilan anggota minoritas Hazara yang dianiaya.

Sekretaris Jenderal Amnesty Agns Callamard mengatakan pada saat itu bahwa "kebrutalan berdarah dingin" dari pembunuhan itu adalah "pengingat dari catatan masa lalu Taliban, dan indikator mengerikan tentang apa yang mungkin dibawa oleh pemerintahan Taliban".

Jejak Manusia Purba di Amerika

Fosil Jejak Kaki Ini Bukti Manusia Purba di Amerika Utara 22.800 Tahun Silam

Liputan6.com 2021-09-25 18:35:50
Fosil Kaki Purba (NPS/AP)

Fosil jejak kaki ditemukan oleh para peneliti yang menggali parit dalam tanah gipsum di Taman Playa Barat, White Sands National Park, New Mexico.

Jejak kaki itu berada di kedalaman yang berbeda di bawah permukaan, di atas dan di bawah jejak kakinya ada benih rumput purba.

Dilansir Sky News, Sabtu (25/9/21), para ilmuwan di US Geological Survey menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menganalisis benih dan menyimpulkan bahwa jejak kaki itu berusia sekitar 22.800 tahun. Banyak ilmuwan berpikir migrasi kuno datang melalui jembatan darat yang menghubungkan Asia dan Alaska, meskipun jembatan ini telah tenggelam.

Tetapi berdasarkan bukti seperti peralatan batu, tulang fosil, dan analisis genetik, yang lain mengatakan manusia bisa tiba di Amerika antara 13.000 dan 26.000 tahun yang lalu.

Pejabat direktur regional Rocky Mountain USGS Allison Shipp mengatakan bahwa studi ini menggambarkan proses sains, bukti baru dapat mengubah paradigma yang telah lama dipegang.

Sementara itu, jejak kaki yang ditemukan di New Mexico mengkonfirmasi kapan manusia sudah berada di negara itu, temuan ini bisa saja tiba lebih awal.

Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Sciencemenyebutkan bahwa jejak kaki fosil adalah bukti yang lebih kuat daripada artefak budaya, tulang yang dimodifikasi atau fosil lain yang lebih konvensional. Menurut para penulis setelah menggambarkan, jejak kaki itu ditinggalkan oleh anak-anak dan remaja.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Penemuan Jejak Kaki Manusia Purba di Arab Saudi (twitter.com/Saudi Ministry of Culture)

Jejak Kaki Berasal dari Lumpur, Rapuh

Jejak kaki yang berasal dari lumpur itu rapuh, sehingga para peneliti harus mengumpulkan sampel dengan cepat. Bustos melakukan cara dengan merekam maupun mengambil banyak foto dan membuat model 3D.

Para ilmuwan dibantu oleh para ahli dari National Park Service di taman tersebut. Taman Nasional White Sands adalah harta karun bagi para arkeolog, dengan koleksi jejak kaki fosil zaman es terbesar di dunia.

Selain itu, jejak kucing bertaring tajam, serigala mengerikan dan hewan zaman es lainnya telah ditemukan. Inspektur Marie Sauter mengatakan bahwa, Taman Nasional White Sands bukan hanya tujuan rekreasi kelas dunia, tetapi juga laboratorium ilmiah yang telah menghasilkan penelitian fundamental yang inovatif.

Penulis : Alicia Salsabila


Infografis Berisiko Penularan Covid-19, Hindari 3 Kondisi Tempat Ini

 

Titi DJ Rias ART

Titi DJ Merias Wajah Pembantu yang Sudah 36 Tahun Bekerja Untuknya, Alasannya Mengharukan

Liputan6.com 2021-09-26 12:30:00
Titi DJ berbagi cerita saat menjadi juru rias untuk pembantunya. (Foto: Instagram @ti2dj)

"Ini adalah Mersyong. Saya kemarin jadi MUA-nya dia. Sayang fotonya agak blur. Dan yang berikut ini adalah cerita saya kemarin," demikian Titi DJ mengawali cerita di akun Instagram terverifikasinya, 25 September 2021.

Jumat (24/9/2021), pelantun "Sang Dewi" dan "Bahasa Kalbu" bangun jam 4 pagi untuk menjadi juru rias Mersyong. Mersyong dan suaminya, Slamet, hari itu akan menikahkan putrinya, Mita Yuliana.

"Tadi bangun jam 4 pagi, utk dandanin asisten pribadi sy yg sudah bekerja bersama sy selama 36 tahun. Namanya Marsini, panggilan sayangnya: Mersyong. Mersyong jadi karyawan sy sejak dia remaja sampai sudah punya suami," tulis Titi Dwi Jayanti.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Titi dan Mersyong

Mersyong kini punya tiga anak. Kali pertama mendengar kabar Mersyong akan menikahkan putrinya, Titi DJ antusias. Ia berjanji akan menjadi penata rias Mersyong pada hari bahagia putrinya.

Tak hanya itu, Titi DJ menyewa penata rias artis, Yazid. Yazid adalah penatas rias langganan artis papan atas Tanah Air. Selain Titi DJ, ia menangani riasan Denada hingga Ruth Sahanaya. Titi DJ ingin, putri Mersyong menjadi diva sehari.


Kenapa Turun Tangan

"Nah kenapa saya turun tangan sendiri utk mendandani Mersyong? Karena ini sy anggap sebagai salah satu bentuk terima kasih sy atas kesetiaan dia selama ini," pemilik album Kuingin menjelaskan.

Bagi Titi, Mersyong dan Slamet bukan pembantu atau asisten. Pasangan ini dan ketiga anak mereka dianggap sebagai keluarga Titi DJ. Kebahagiaan Mersyong adalah kebahagiaan sang diva.


Yuli Teman Main Salmaa

"Dia dan Slamet sudah seperti keluarga sy sendiri, begitu juga anak2nya. Yuli seumuran dengan Daffa. Jadi dulu Mersyong dan sy barengan hamilnya. Lucu yaaa!" ibu empat anak ini menerangkan.

"Yuli pun teman main Salmaa Salwaa di rumah waktu mereka masih kecil2. Jadi terharu banget deh tadi bisa dandanin Mersyong di hari pentingnya dia. Sayang banget sm km Syong," pungkas Titi DJ lalu membubuhkan emotikon mata berkaca.


Andien Merinding

Keputusan Titi DJ menjadi juru rias sang pembantu merefleksikan kebaikan hatinya. Sejumlah selebritas menyanjung bintang film Madame X. "Luar biasa sayang," cetus Krisdayanti di kolom komentar.

"Mbak Titi, merinding aku bacanya yaa Allah," Andien menyahut. "You are very kind hearted, Mbak Titi sayang. Selamat buat Mersyong dan Yuli!" Reza Artamevia menyelamati.

Harta Pejabat yang Terjerat KPK

Harta 12 Pejabat Korupsi Terjerat KPK Setahun Terakhir, dari Menteri hingga Anggota DPR

Liputan6.com 2021-09-26 12:53:40
Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Pemprov Papua merupakan daerah yang memiliki risiko korupsi tertinggi dengan. (Merdeka.c

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga yang dinanti masyarakat memberangus upaya korupsi di negara ini. Tercatat dalam setahun terakhir, di tengah pandemi yang meresahkan masyarakat, KPK menangkap pejabat korupsi dari tingkat pusat dan daerah.

Mulai dari menteri, gubernur, anggota dewan, bupati hingga pejabat kementerian harus masuk ke jeruji besi. Salah satu yang cukup mengagetkan adalah penangkapan 2 menteri yakni Menteri Sosial Juliari Batubara dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Liputan6.com merangkum para pejabat yang ditangkap KPK terkait kasus korupsi setahun terakhir dan harta yang mereka miliki, Minggu (26/9/2021). Siapa saja mereka?

1. Azis Syamsuddin

Wakil Ketua DPR ini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pria terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng).

Azis Syamsuddin tercatat memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 100.321.069.365. Hal tersebut berdasarkan Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id. Ini terdiri dari tanah dan bangunan, kendaraan bermotor dan harta bergerak lainnya.

Harta kekayaan Azis Syamsuddin melonjak Rp 3,75 miliar selama pandemi Covid-19, di mana dalam LHKPN yang dilaporkan per 31 Desember 2019, harta kekayaan Azis Syamsuddin masih tercatat sebesar Rp 96.563.663.074.

Sedangkan jika dilihat sejak 2014, harta kekayaan Azis Syamsuddin naik hampir 2 kali lipat, di mana pada tahun tersebut politisi Parta Golkar ini memiliki kekayaan Rp 59.878.108.283.

2.Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur

Penangkapan bupati ini dilakukan oleh Tim Satgas KPK pada Selasa, 21 September 2021 malam. Baru 3 bulan menjabat Bupati, Andi diamankan tim penindakan KPK.

Dalam laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Andi tercatat memiliki harta sebesar Rp 478.078.198.

Harta itu dilaporkan Andi pada 9 September 2020. Saat itu Andi menyampaikan LHKPN-nya sebagai calon Wakil Bupati Kolaka Timur.

Dalam laman LHKPN-nya, Andi tercatat memiliki tanah seluas 8.000 meter. Tapi dia melaporkan tak memiliki rumah.

Andi juga tidak tercatat memiliki kendaraan. Namun, dia tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 374.400.000. Andi juga tercatat memiliki kas dan setara kas senilai Rp 13.678.198.


3. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono

KPK menjerat Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara dan gratifikasi.

Budhi tercatat memiliki harta sebanyak Rp 23,8 miliar, yang disampaikan pada 25 Januari 2021 untuk pelaporan periodik 2020.

Budhi tercatat memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan namun tak memiliki alat transportasi dan mesin. Dia juga melaporkan harta bergerak lainnya dan tak punya utang. Harta Budhi didominasi surat berharga dan kas atau setara kas lainnya.

4. Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari

Bupati ini ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Probolinggo, Jawa Timur. Melansir laman e-LHKPN, Puput Tantriana Sari memiliki kekayaan total senilai Rp. 10.019.266.906. Ini terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

5. Pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Dadan Ramdani

Pejabat Kemenkeu ini ditahan KPK usai menjadi tersangka tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017.

Dari penelusuran terkait nilai kekayaan dari situs KPK, Dadan Ramdani terakhir menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK pada 27 Februari 2020.

Dia melaporkan jika total harta kekayaannya mencapai Rp 953.039.247. Ini terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan harga bergerak lainnya.


6. Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat

Tim penindakan KPK menangkap Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dalam operasi tangkap tangan (OTT). Penangkapan Novi diduga berkaitan dengan transaksi suap mutasi jabatan di Pemkab Nganjuk.

Mengutip LHKPN, Novi yang menjadi orang nomor satu di Nganjuk sejak 24 September 2018 ini tercatat memiliki harta senilai Rp 116.897.534.669.

Harta tersebut dilaporkan Bupati Nganjuk tersebut pada 27 April 2020 untuk laporan periodik tahun 2019. Harta Novi sekitar Rp 116 miliar itu didominasi oleh tanah dan bangunan.

7.Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial

KPK menetapkan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial sebagai tersangka dijerat sebagai pemberi suap.

Syahrial diduga menyuap penyidik KPK Ajun Komisaris Polisi Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain.

Suap bertujuan agar Robin membantu menghentikan penyelidikan kasus dugaan korupsi Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai. Syahrial memiliki harta harta Rp 11.665.783.179.

Syahrial melaporkan hartanya pada 4 Februari 2021 untuk pelaporan periodik tahun 2020. Harta yang dilaporkan Syahrial didominasi oleh tanah dan bangunan yang tersebar di Tanjungbalai dan Labuhanbatu.


8. Nurdin Abdullah

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat, 26 Februari 2021 malam hingga Sabtu (27/2/2021) dinihari.

Nurdin diamankan beserta sejumlah pihak lainnya. Mereka dibekuk tim penindakan lantaran diduga terlibat tindak pidana suap.

Dalam laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, harta Nurdin Abdullah mencapai Rp 51,3 miliar. Nurdin terakhir melaporkan hartanya pada 29 April 2020 untuk laporan periodik tahun 2019.

Harta yang dimiliki Nurdin Abdillah didominasi oleh harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan.

9. Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo

Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo terjaring OTT KPK pada Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan laman harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Bupati Banggai Laut Wenny melaporkan hartanya pada 3 Maret 2020 untuk tahun periodik 2019. Dalam laman tersebut tercatat Wenyy memiliki harta senilai Rp 5.435.500.000.

Wenny tercatat memiliki enam bidang tanah dan bangunan yang tersebar di kota Surabaya, Banggai, dan Banggai Laut.

Dia juga memiliki alat transportasi dan mesin berupa mobil dan motor. Utang Bupati Banggai Laut itu tercatat senilai Rp 450 juta.


10. Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna

Satgas KPK menangkap Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dalam operasi tangkap tangan (OTT) pukul 10.30 WIB, Jumat (27/11/2020).

Berdasarkan laman LHKPN, harta Wali Kota Ajay mencapai Rp 8,1 miliar. Ajay melaporkan hartanya pada 21 Februari 2020 untuk pelaporan periodik tahun 2019.

Harta Ajay yang dilaporkan KPK terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

11.Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

Penangkapan KPK yang menggegerkan adalah saat Tim Satgas KPK mengamankan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Bandara Sokarno Hatta, Rabu (25/11/2020) dini hari sekitar pukul 01.23 WIB.

Edhy Prabowo ditangkap bersama keluarganya dan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan usai perjalanan dari Amerika Serikat.

Berdasarkan harta yang dilaporkan ke KPK, tercatat Edhy Prabowo memiliki harta sebesar Rp 7,4 miliar. Politikus Partai Gerindra itu melaporkan hartanya pada 31 Desember 2019. Kekayaan yang dilaporkan tersebut terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

12.Menteri Sosial Juliari Batubara

Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara, harus berurusan dengan hukum dalam kasus dugaan suap pengelolaan dana bantuan sosial untuk penanganan dampak pandemi Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Pada Minggu (6/12/2020) dini hari, Ketua KPK Firli Bahuri mengonfirmasi menetapkan lima orang sebagai tersangka dugaan kasus suap pengadaan barang untuk bantuan sosial Covid-19. Salah satunya Mensos Juliari.

Berdasarkan Laporan LHKPN yang dilaporkan 30 April 2020, Juliari memiliki harta kekayaan sebesar Rp 47,19 miliar. Secara terperinci, Juliari paling banyak memiliki tanah dan bangunan dan alat transportasi. Juliari juga tercatat masih memiliki utang senilai Rp17,58 miliar.

Jasa Pendamping Kondangan

Zikri Daulay Buka Jasa Pendamping Kondangan

Liputan6.com 2021-09-26 09:00:13
Zikri Daulay dijanjikan akan diundang ke pernikahan mantan istri. (Foto: Instagram @zikridaulay1)

Zikri Daulay, hingga kini masih menjomlo usai bercerai dari istrinya, Henny Rahman, pada Maret 2021 lalu. Sementara, sang istri telah memiliki pendamping baru.

Meski begitu, kakak Syakir Daulay terlihat lebih santai dalam menjalani kehidupan percintaannya.

Bahkan, duren alias duda keren ini menawarkan diri kepada para wanita untuk menemaninya pergi.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Buka Jasa

"Siap buka jasa pendamping kondangan," tulis Zikri Daulay di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (24/9/2021).


Pakai Baju Khusus

Dalam video yang diunggah terlihat Zikri Daulay telah siap dengan pakaian khusus. Ia siap mendatangi tempat resepsi.


Ganteng

Tak sedikit warganet yang terpesona dengan wajah Zikri Daulay mengenakan pakaian khusus.

"Durennya ganteng banget," tulis akun @nabilanabila9006.

"BEHH KECE BANGET ," tambah akun @nurfathiyyah_05.

"MasyaAllah ganteng bgt," timpal akun @andria_andriany.


Berapa?

Namun ada juga warganet yang justru menanyakan harga Zikri Daulay untuk menemaninya kondangan.

"Brpaaa xixixi," lanjut akun @amirandabyy.

"Berapa per jam? ," tanya akun @olaa_aisyah15.

"Akhir tahun kebeneran temen saya banyak yg mau nikah bang,mau jadi partner kondangan ?? ," akun @diaaaaaaaann94.


Groomsman

Tentu saja Zikri Daulay hanya canda saja membuka jasa kondangan. Ia mengenakan pakaian khusus memang untuk menghadiri acara lamaran Ria Ricis dan Teuku Ryan sebagai groomsman.

Youtuber China Menghilang

Youtuber Terkaya China dan Jago Masak Li Ziqi Dikabarkan Menghilang

Liputan6.com 2021-09-26 13:32:19
Youtuber Terkaya China dan Jago Masak Li Ziqi Dikabarkan Menghilang. (dok.Instagram @liziqiofficialcn/https://www.instagram.com/p/CRVPwH7FrA-/Henry)

YouTuber terkaya China Li Ziqi tiba-tiba menghilang dan lama tidak membuat konten video di akun YouTube miliknya. Berbagai spekulasi beredar seputar menghilangnya Li Ziqi.

Ada yang meyakini ia memang berhenti membuat konten di YouTube. Ada yang memberitakan ia terlibat kasus hukum, bahkan ada yang menghubungkannya dengan sensor Pemerintah China terhadap para figur publik. Popularitas dan kekayaan mereka dianggap dapat mengancam negara.

Dilansir dari NZ Herald, 22 September 2021, dua bulan terakhir ini Li Ziqi memang tidak lagi mengunggah konten video baru di kanal YouTube. Padahal, biasanya Li Ziqi mengunggah video baru setiap bulan.

Pada Juli 2021 merupakan terakhir kalinya Li Ziqi mengunggah konten video di YouTube. Pada bulan lalu, salah satu asisten Li Ziqi membuat unggahan di Weibo. Pada unggahannya tersebut menyebutkan bahwa wanita berusia 31 tahun itu memutuskan untuk rehat dan mundur sejenak dari YouTube.

Li Ziqi dikatakan banyak menghabiskan waktu untuk membuat konten YouTube sehingga dirinya perlu kembali menjalani pendidikan. Hal ini belum dikonfirmasi lebih lanjut, tapi asistennya mengatakan bahawa Li Ziqi belum lulus dari pendidikan sekolah menengah.

Sementara itu, pada 30 Agustus 2021, Li Ziqi mengunggah foto di Weibo miliknya yang menampilkan dirinya sedang mengajukan laporan di kantor polisi. Namun kini unggahan itu telah dihapus.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Memasak

Dalam komentar unggahan tersebut terlihat bahwa Li Ziqi meluapkan kekesalannya. "Saya meminta pengacaya saya mencatat semuanya. Ini sangat mengerikan! Sebuah bisnis memang harus punya trik yang bagus!," tulis Li Ziqi.

Li Ziqi merupakan Youtuber wanita modern yang menerapkan hidup tradisional di desanya, Mianyang, Provinsi Sichuan, Tiongkok. Namanya mulai dikenal lewat akun Weibo, sebuah media sosial yang banyak digunakan di Tiongkok.

Ia sering mengunggah video kesehariannya di desa. Ada video memasak dengan cara tradisional seperti zaman Dinasti Han, membuat pakaian dari bulu domba, sampai membuat skincare dan makeup seperti zaman dahulu.


Bak Negeri Dongeng

Li Ziqi banyak menampilkan pemandangan indah desanya. Deretan pengunungan dengan kabutnya, hutan dengan keindahan pohon berbunga, pekarangan penuh mawar dan sayur-mayur, serta peternakan kecil di rumahnya.

Youtuber ini seakan mengajak penonton ke negeri dongeng. Ia sangat pandai memasak makanan tradisional Tiongkok. Li Ziqi belajar dari mendiang kakeknya sewaktu kecil.

Ia juga belajar membuat keranjang bambu, memancing, menanam sayur, serta piawai membuat sesuatu dari kayu. Video masakannya selalu diakhiri dengan Li Ziqi makan bersama neneknya di pekarangan.


Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China