Volume 97

Perkenalkan, Gadis Bond Terbaru

Mengenal Ana de Armas, Gadis Bond dalam No Time To Die

Liputan6.com 2021-09-30 14:51:14
Ana de Armas. (Foto: Dok. IMDb)

Berhasil curi perhatian dalam film terbaru James Bond, Ana de Armas diprediksi akan jadi bintang besar. Nama aktris berdarah Kuba-Spanyol ini melejit dan dikenal orang-orang saat membintangi film Blade Runner 2049.

Penampilannya dalam film franchise James Bond terbaru, No Time To Die telah lama dinanti sejak penundaan perilisannya 18 bulan yang lalu.

Ini bukan pertama kali bagi Ana de Armas beradu akting dengan Daniel Craig, pemeran si legendaris James Bond. Keduanya sempat membintangi film detektif yang terkenal tahun 2019, Knives Out.

Pesona cerdas Ana de Armas dalam Knives Out membuatnya mendapatkan nominasi Golden Globe. Sejak saat itu, namanya terus naik hingga mendapat peran sebagai Gadis Bond di No Time To Die.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib diketahui tentang aktris Ana de Armas, dilansir Cinema Blend, Kamis (30/9/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Lahir dan Dibesarkan di Kuba

Sebelum mengejar karir akting pada usia 18 tahun, aktris kelahiran 30 April 1988 ini dibesarkan di Kuba. Ana de Armas adalah putri seorang guru dan pekerja sdm. Lahir di Santa Cruz de Norte dan tumbuh di Havana, memiliki seorang saudara laki-laki.

Ana belajar akting di Sekolah Teater Nasional Kuba sekitar 14 tahun dan kemudian menerima peran utama pertamanya dalam film Una rosa de Francia pada 2006.

Sejak itu, Ana de Armas pindah ke Spanyol untuk mengejar ambisinya dalam berakting. Ia diketahui membintangi serial Spanyol El Internado pada 2007, kemudian terus berpindah-pindah antara TV dan film.


2. Peran Internasional Pertama di Hands Of Stone (2016)

Setelah bekerja di sejumlah produksi berbahasa Spanyol, Ana de Armas membuat debut internasionalnya dengan film biografi, Hands Of Stone. Dalam film tersebut ia berperan sebagai Felicidad Iglesias, istri dari karakter utama yaitu petinju terkenal Roberto Duran (diperankan oleh Edgar Ramirez).

Ana berterima kasih kepada Jonathan Jakubowicz karena telah memberikan dirinya kesempatan dan membuka jalannya menuju ke banyak film Hollywood lain.

Ambisinya sebagai aktris membuatnya pindah dari Spanyol ke Los Angeles pada tahun 2014. Namun, Ana de Armas hanya berbicara bahasa Spanyol saat itu. Lalu, ia belajar bahasa Inggris dan mengembangkan resume aktingnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Ia sempat bermain dalam film Eli Roth (2015), Knock Knock bersama Keanu Reeves, kemudian dalam film-film besar seperti Blade Runner 2049 dan Knives Out yang melejitkan namanya.


3. Sempat Menikah Dengan Aktor Marc Clotet

Sebelum pindah ke AS, dia pernah menikah dengan aktor Marc Clotet pada 2011. Sayangnya, pernikahan itu tidak berlangsung lama. Hanya dua tahun kemudian pada 2013, pasangan itu bercerai, diikuti dengan kepindahan Ana de Armas ke AS pada 2014.

Tidak dijelaskan kenapa keduanya berpisah. Dikatakan bahwa aktris tersebut merahasiakan kehidupan romantisnya.


4. Mencontoh dari Aktris Hebat Lain

Semua orang suka bermimpi besar, terutama di industri akting. Termasuk Ana de Armas. Tentu saja ada banyak bintang di Hollywood yang menginspirasi dan memotivasi aktris Kuba-Spanyol ini.

Dia telah beradu akting dengan sejumlah artis papan atas dalam film-film keren lainnya di Hollywood.

Namun, ambisinya tidak terhenti sampai di sana. Dalam wawancaranya dengan The Independent, Ana mengatakan bahwa ia ingin mencontoh karir aktingnya dari aktris bertalenta pemenang penghargaan seperti Cate Blanchett, Meryll Streep, Penelope Cruz, dan Kate Winslet.


5. Masa Depan Sebagai Pemeran Utama

Ana de Armas diketahui akan menjadi pemeran utama dalam beberapa film yang akan tayang. Selain menjadi Gadis Bond dalam No Time To Die yang sudah tayang saat ini.

Ia juga membintangi Deep Water bersama Ben Affleck yang adalah mantan kekasihnya pada awal 2020. Deep Water film besutan sutradara Adrian Lyne akan rilis pada 2022.

Namun, peran utamanya yang akan dinanti-nanti mungkin pada film biografi bertajuk Blonde. Ana de Armas akan memerankan mendiang Marilyn Monroe. Film ini disutradarai oleh Andrew Dominik dan akan tayang di Netflix pada 2022.

Ana de Armas merupakan aktris yang potensial di masa depan. Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenal bintang No Time To Die ini.

Penulis: Anastasia Merlinda

Elon Musk Terkaya di Dunia

Salip Jeff Bezos Lagi, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com 2021-09-30 14:31:16
Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Christophe Gateau/AFP

Elon Musk kembali tercatat sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar USD 200 miliar atau setara Rp 2,8 kuadriliun, versi majalah Forbes. Posisi terbaru Musk tersebut membuat saham Tesla melonjak.

Dikutip dari laman Forbes, Kamis (30/9/2021) Musk berada di dalam daftar orang terkaya mengikuti pendiri Amazon dan saingan industri luar angkasanya, Jeff Bezos, yang pertama kali tercatat memiliki kekayakan sebesar USD 200 miliar pada Agustus 2020.

Saham perusahaan kendaraan listrik Tesla melanjutkan reli empat bulan, ditutup naik 2,2 persen pada USD 791,36, yang tertinggi sejak Februari 2021.

Menurut Forbes, Musk tercatat memiliki kekayaan berlebih USD 3,8 miliar pada Senin (27/9) dan bernilai USD 203,4 miliar pada penutupan pasar.

Dia melampaui Bezos, yang kekayaannya turun USD 1 miliar menjadi USD 197,7 miliar karena penurunan 0,6 persen dalam saham Amazon.

Musk bahkan lebih kaya sekarang daripada saat dia berada di puncak Tesla pada Januar 2021 --- ketika dia sempat menjadi orang terkaya di dunia untuk pertama kalinya karena menerima hibah opsi saham tambahan yang telah meningkatkan kepemilikannya di Tesla.

Musk memiliki lebih dari seperlima saham Tesla. Forbes mendiskon sebagian saham ini untuk memperhitungkan saham yang dia janjikan sebagai jaminan pinjaman.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kekayaan Elon Musk Terkait Kepemilikan di Tesla

Kekayaan Musk sangat terkait dengan kepemilikannya atas Tesla, yang mengakhiri dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 792 miliar, dan SpaceX, yang bernilai USD 74 miliar setelah putaran pendanaan pada Februari 2021.

Setelah berjanji 2020 lalu bahwa dia tidak akan menyimpan hampir semua harta pribadinya, termasuk enam rumah mewah, Musk sekarang memiliki satu rumah dan hanya memiliki tempat tinggal utamanya.

Saham Tesla meroket lebih dari 720 persen pada tahun 2020, membantu meningkatkan kekayaan bersih Musk lebih dari USD 125 miliar dalam setahun.

Tetapi setelah bertukar tempat dengan Bezos sebagai orang terkaya di dunia selama beberapa hari di bulan Januari, saham Tesla mulai turun.

Pada April 2021, Musk juga sempat dikalahkan oleh Arnault. Pergeseran yang luar biasa sering terjadi di peringkat miliarder bulan lalu, ketika Musk menjadi orang terkaya kedua setelah Bezos.

Keduanya, yang mengepalai perusahaan roket antariksa --- SpaceX dan Blue Origin --- juga memilki persaingan ketat dalam industri mereka.

Bulan lalu, ketegangan terjadi ketika Blue Origin meluncurkan gugatan terhadap pemerintah federal untuk membantah kontrak NASA senilai USD 2,9 miliar yang diberikan kepada SpaceX.

Tuntutan Naik Gaji di Tengah Pandemi

HEADLINE: Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen, Realistis Saat Kondisi Pandemi?

Liputan6.com 2021-10-01 00:00:02
Puluhan nisan berjejer rapi di sekitar area Monas, Jakarta, pada Hari Buruh Internasional, Sabtu (1/5/2021). Nisan hitam itu dihiasi tulisan yang mewakili perasaan para buruh, Antara lain RIP

Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menuntut upah di 2022 naik 7 persen sampai 10 persen. Tuntutan ini diajukan di tengah pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhirnya.

Namun, buruh beranggapan bahwa tuntutan kenaikan upah di 2022 ini justru untuk membantu pemerintah. Dengan kenaikan ini maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target pemerintah.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, kebijakan upah buruh sangat erat kaitannya dengan daya beli masyarakat. Apabila kenaikan upah tidak tercapai, dia sangsi target pertumbuhan ekonomi 5,2 persen di 2022 yang dicanangkan pemerintah bisa tergapai.

"Dengan daya beli turun konsumsi menurun kan. Kalau konsumsi turun pasti pertumbuhan ekonomi tidak sesuai harapan seperti yang ditargetkan pemerintah dong," ujar Iqbal kepada Liputan6.com, Kamis (30/9/2021).

Iqbal lantas memposisikan kaum buruh sebagai kelompok masyarakat menengah bawah, yang sulit menabung dan cenderung menghabiskan seluruh pendapatannya untuk konsumsi.

"Yang namanya buruh, uang enggak mungkin ditabung. Kita tahu sendiri, begitu dapat gaji abis enggak tuh duit? Abis," ungkap dia.

Menurut dia, konsumsi kaum buruh memainkan peran penting dalam roda perekonomian nasional. Jika sektor konsumsi bisa terangkat, secara otomatis itu akan berpengaruh terhadap permintaan produksi.

"Kalau konsumsi naik, produksi barang kan naik. Misal gini, upah saya Rp 1 juta, beli Indomie dua. Terus upah saya naik Rp 1,2 juta, pasti saya beli tiga atau empat Indomie," tuturnya.

"Pabrik indomie produksi pasti naik. Kalau produksi Indomie naik, pabrik tepung produksinya naik. Jadi ada mata rantai produksi, enggak bisa lepas," kata dia.

Namun, Iqbal menyayangkan kebijakan pemerintah yang saat ini lebih gencar terhadap pemasukan investasi ketimbang peningkatan konsumsi dan kesejahteraan buruh.

"Cuman kita masih enggak percaya yang kayak gitu-gitu, masih senengnya investasi, investasi. Padahal China, Brazil, selain kekuatan investasinya kuat, dia konsumsi," tegas Iqbal.

Turun ke Jalan

Ia melanjutkan, hitungan kenaikan upah hingga 10 persen tersebut juga berdasarkan hitungan kebutuhan hidup layak buruh yang terdiri dari 60 item.

"Setelah dikalkulasi dari 60 item muncul kenaikan rata-rata antara 7 sampai 10 persen. Dengan demikian KSPI meminta pemerintah tetapkan UMK 2020 sebesar 7 sampai 10 persen," jelas dia.

Demikian, kata Said, jika tuntutannya tersebut tidak didengarkan oleh pemerintah dan para pengusaha, buruh akan melakukan unjuk rasa serempak di seluruh Indonesia.

Unjuk rasa akan dilakukan di depan kantor Bupati dan Wali kota untuk menuntut tidak diberlakukannya UMK 2022 dengan UU Cipta Kerja.

"Akan ada aksi unjuk rasa serempak seluruh Indonesia, dan sekarang jumlah di KSPI dan afiliasi lainnya kita sudah ada di 34 provinsi, kami serempak akan unjuk rasa di depan kantor bupati walikota menuntut tidak diberlakukan UMK 2022 dengan UU cipta kerja, dan menuntut upah minimum jenis industri dan kelompok usaha lebih besar dari UMK 2022," tuturnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Buruh Tuntut Upah Minimum 2022 Naik 10 Persen. (Liputan6.com/Trieyasni)

Landasan Hukum

Direktur Hubungan Kerja dan Pengupahan Kemnaker, Dinar Titus Jogaswitani pun menjawab tuntutan buruh tersebut. Penentuan upah minimum buruh masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Di mana PP tersebut merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).

"Sesuai UU Cipta Kerja kenaikan upah minimum berdasarkan variabel inflasi atau Pertumbuhan Ekonomi (PE) mana yang lebih besar. Kita lihat saja antara dua variabel itu yang nilainya lebih besar dengan menghitung juga batas atas dan sebagainya batas bawah," jelas Dinar kepada Liputan6.com, Kamis (30/9/2021).

Memang dalam PP 36 tahun 2021 tersebut, upah ditetapkan berdasarkan formulasi dari kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan, baik meliputi pertumbuhan ekonomi daerah atau inflasi pada kabupaten kota yang bersangkutan.

Bahkan di dalam pasal 25 ayat 4 dijelaskan, kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud meliputi variabel paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja, dan median upah. Di mana penetapan ini bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik.

Tolak UUCipta Kerja

Namun, KSPI menegaskan menolak penetapan upah minimum pada 2022 memakai UU Omnibus Law Cipta Kerja. Pihaknya bahkan memastikan diri tidak mengikuti proses pembahasan dan penetapan UMK 2022 yang dasarnya menggunakan UU Omnibus Law.

KSPI menilai kepala daerah baik bupati atau walikota berhak menetapkan upah sektoral. Hak ini dikatakan tidak bertentangan dengan UU Omnibus Law.

Penetapan ini nantinya bisa mengacu pada peraturan daerah (perda). "Tidak ada kata-kata upah minim sektoral dilarang dalam UU Omnibus Law. Tidak ada ayat satupun yang menyatakan upah minimum sektoral dilarang dengan demikian perda tidak bertentangan sepanjang nilainya lebih baik dari UU," tegas dia.

Infografis Acuan Penentuan Upah Minimum 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)


Pengusaha Menolak

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Adi Mahfudz Wuhadji menilai permintaan buruh untuk naik upah 10 persen tidak realistis.

di tengah kondisi yang belum stabil akibat dampak negatif pandemi covid-19, belum tepat untuk menaikkan upah.

"Tuntutan tersebut tidaklah realistis jika didasarkan atas survei pasar sendiri, kecuali yang berdasarkan data dari Lembaga Statistik dalam hal ini BPS. Kenaikan tersebut harus didasarkan atas inflasi atau pertumbuhan ekonomi," katanya kepada Liputan6.com.

"Seperti kita ketahui bahwa nilai upah minimum ditentukan sesuai kesejahteraan wilayah, diukur dari tingkat pengeluaran konsumsi masyarakat. Upah minimum juga harus bisa menjamin bahwa rumah tangga pekerja bukan merupakan rumah tangga miskin dan juga seberapa besar orang yang yang bekerja mampu menanggung biaya hidup rumah tangganya," tambahnya.

Dalam hal ini, upah minimum kabupaten dan kota dapat ditetapkan oleh gubernur dengan syarat tertentu. syarat upah minimum kabupaten dan kota ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan.

Data pertumbuhan ekonomi daerah atau inflasi kabupaten dan kota bersangkutan, paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah bersumber dari lembaga yang berwenang di bidang statistik.

Lebih lanjut, Adi menilai bahwa kondisi pengusaha saat ini belum stabil. Sehingga pengusaha keberatan untuk memenuhi permintaan buruh tersebut.

"Tidak bisa (naikkan upah), hal yang mana saat kondisi sekarang ini juga masih terjadi gelombang ekonomi yang belum stabil dari akibat Pandemi Covid-19," tegasnya.

Sekjen Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo), Masbukhin Pradhana menilai permintaan buruh tersebut memberatkan pengusaha.

"Saya rasa berat buat kami untuk memenuhinya (kenaikan gaji)," katanya kepada Liputan6.com, Kamis (30/9/2021).

Ia menilai, saat ini sebagian pengusaha masih terdampak oleh pandemi. Jadi, katanya, pengusaha di berbagai sektor, termasuk juga kuliner masih berusaha untuk bertahan.

"Sebagai pengusaha yang terkena dampak negatif pandemi, tuntutan ini memberatkan pengusaha," katanya.

Bahkan, Masbukhin menambahkan, banyak pengusaha melakukan pengurangan karyawan agar bisa lebih ekonomis.

"Kami ini masih berjuang bagaimana tetap eksis. Kami sudah mengurangi pengeluaran termasuk pengurangan karyawan agar ekonomis," ujarnya.

Kendati begitu, ia tak menampik bahwa kebutuhan orang setiap tahun akan meningkat. Namun, kembali ia menyoroti bahwa kondisi saat ini bukan saat yang tepat untuk menentukan kenaikan upah.

"Kecuali memang sektor industrinya lagi tumbuh. Sangat memungkinkan untuk dilakukan. Misal farmasi atau rumah sakit swasta," katanya.

Takut Gelombang Ketiga Covid-19

Lebih lanjut, Masbukhin menyebut pihaknya masih dibayang-bayangi ketakutan adanya gelombang ketiga Covid-19. Artinya, hal itu akan kembali memperburuk kondisi ekonomi pengusaha.

"Tahun ini bulan April dan Mei memang sudah kelihatan ada perbaikan dibandingkan tahun lalu. Eh tiba-tiba dihajar gelombang kedua dgn PPKM kemarin jadinya amsiong lagi. Kami juga masih dibayang-bayangi ketakutan akan adanya gelombang ke-3," katanya.

Sementara itu terkait sikap buruh atau karyawan, ia berharap ada dukungan dari buruh terhadap perusahaannya.

"Iya, pastinya menunjukkan dukungan ke perusahaan. Pastinya karyawan tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaannya tempat dia bekerja," tukasnya.


Pengamat Membela Buruh

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, tuntutan buruh merupakan hal yang wajar dengan pertimbangan empat hal utama.

"Pertama, tidak semua pekerja bahkan yang berada di sektor formal menerima subsidi bantuan upah dari pemerintah. Karena tidak semua menerima subsidi upah, maka wajar upah minimum yang naik menjadi social safety nett atau jaring pengaman sosial yang harusnya diperjuangkan oleh Negara," kata Bhima kepada Liputan6.com pada Kamis (30/9/2021).

Kemudian soal pertimbangan yang kedua, pemulihan ekonomi diperkirakan tidak merata diseluruh kelompok pendapatan.

"Kelas pekerja akan pulih lebih lambat dibandingkan kelas atas karena sedikitnya tabungan yang dimiliki, serta tunjangan belum tentu langsung normal dibayarkan seperti sebelum pandemi COVID-19," papar Bhima.

Ketiga, Bhima menyebutkan, bahwa selama ini pemerintah telah memberikan berbagai fasilitas bagi pengusaha seperti UU Cipta Kerja, keringanan berbagai pajak termasuk penurunan PPNBM kendaraan bermotor, PPh badan, dan insentif pajak lain yang sebagian besar merupakan usulan pengusaha.

"Artinya, sudah saatnya pemerintah memperdulikan masukan dari kelas pekerja untuk menaikkan upah minimum," ujarnya.

Kemudian yang terakhir, disebutkan juga bahwa logika kenaikan upah minimum diterapkan di banyak negara pasca krisis untuk memicu naiknya permintaan agregat. Hal ini pada akhirnya pertumbuhan ekonomi bisa meningkat diatas proyeksi pemerintah.

"Upah naik, buruh akan belanja lebih banyak, yang untung adalah pengusaha juga karena ada kenaikan omset. Saya rasa usulan menaikkan upah minimum harus dijadikan bahan pertimbangan secara matang oleh pemerintah," imbuh Bhima.


Selesaikan dengan Dialog

Komisi IX DPR RI merespons tuntutan serikat buruh dan pekerja yang meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 sebesar 7-10 persen. Mereka juga akan menggelar aksi demo di seluruh daerah untuk menyuarakan tuntutan ini.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkiades Laka Lena meminta agar tuntutan kenaikan UMK 2022 tersebut disampaikan melalui dialog antara pemerintah, pengusaha, dan asosiasi buruh.

"Perlu dialog tripartit pemerintah melalui Kemenaker, asosiasi pengusaha, dan asosiasi buruh, bisa perlu libatkan asosiasi pemda untuk bahas dan sepakati UMK," kata Melki saat dikonfirmasi, Kamis (30/9/2021).

Melki meminta, baik pengusaha maupun buruh agar berembuk dan tidak saling memaksakan keinginan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Harus kedepankan dialog, semua pihak bertemu," katanya.

Lebih lanjut, Politikus Golkar itu meminta para buruh untuk tidak turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi, mengingat situasi pandemi Covid-19 belum usai. Dia mengingatkan bahwa kerumunan dalam aksi demonstrasi rentan terjadi penularan virus corona.

"Mengingat saat ini pandemi, lebih baim tidak berkerumun. Kedepankan dialog, hindari demo," kata Melki menandaskan.

Greta Thunberg: Blah Blah Blah

Ejek Para Pemimpin Dunia dalam Aksi Iklim, Greta Thunberg: Blah Blah Blah

Liputan6.com 2021-09-29 20:40:00
Greta Thunberg Pemenang Penghargaan Majalah TIME 2019. (Liputan6/AP)

Aktivis iklim asal Swedia, Greta Thunberg, mengejek kata-kata pemimpin dunia soal iklim dalam pidatonya di konferensi Youth4Climate Milan. Para pemimpin dunia yang dimaksud termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Dilansir CNN, Rabu (29/9/2021), Thunberg meniru para pemimpin dengan mengulangi ungkapan yang biasa mereka gunakan terkait krisis iklim. Menyebutnya sebagai 'kata-kata dan janji kosong'.

"Net zero, blah blah blah. Iklim netral, blah blah blah. Ini semua yang kita dengar dari orang-orang yang kita sebut pemimpin. Kata-kata yang terdengar hebat tapi sejauh ini tidak menghasilkan tindakan atau harapan. Kata-kata dan janji kosong," kata Thunberg.

Pidato dan cemoohannya dilanjutkan pada PM Inggris Boris Johnson, Thunberg mencemooh retorika pemimpin tersebut terkait rencana 'pemulihan hijau' pemerintahannya.

"Kita harus menemukan transisi yang mulus menuju ekonomi rendah karbon. Tidak ada Planet B. Tidak ada Planet Blah Blah Blah ...," ia menambahkan, merujuk pada pidato yang diberikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Kemudian dalam pidatonya, dia mendesak orang agar tidak putus asa, dengan mengatakan bahwa perubahan itu 'tidak hanya mungkin terjadi, tetapi sangat diperlukan'.

Pidato ini disampaikan Thunberg pada forum Youth4Climate, sebuah acara yang diadakan dua hari sebelum para menteri berkumpul di Milan untuk membicarakan KTT iklim COP26 di Glasgow November mendatang. Presiden COP26 Alok Sharma hadir di acara pemuda tersebut dan akan memimpin pertemuan para menteri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Target Emisi dari Berbagai Negara

Banyak negara telah mengumumkan target ambisius untuk mengurangi emisi mereka untuk mengatasi perubahan iklim.

Seperti dikutip dari BBC, analis mengatakan beberapa pengumumpan baru-baru ini, seperti pernyataan China bahwa mereka tidak akan membangun batu bara lagi di luar negeri. AS, Uni Eropa, dan lainnya yang berjanji untuk mengurangi emisi metana hingga 30% pada 2030. Semua ini adalah tanda-tanda bahwa kemajuan sedang dibuat.

Namun, harus diperhatikan bahwa ada tantangan besar.

Inggris, misalnya, telah berjanji untuk mengurangi 78% emisinya pada 2035 dari baseline 1990. Namun, rencana pemerintah saat ini diproyeksikan hanya berkontribusi kurang dari seperempat upaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.


Janji Iklim dari Si Kaya

Satu dekade lalu, para pemimpin dari negara-negara maju sepakat untuk mentransfer uang ke negara-negara berkembang sebagai bantuan bagi mereka mengurangi emisi karbon, juga untuk beradaptasi dengan krisis iklim. Janji tersebut ditegaskan kembali pada kesepakatan iklim Paris 2015.

Kesepakatan untuk mentransfer 100 miliar dolar AS (atau setara dengan 1.430 triliun rupiah) kepada Global South di 2020 telah melewati tenggat waktu.

Seorang aktivis dari Uganda, Vanessa Nakate mengatakan bahwa pemenuhan janji pendanaan iklim tersebut masih ditunggu oleh negara-negara berkembang.

"Ada terlalu sedikit bukti dari $100 miliar per tahun yang dijanjikan untuk membantu negara-negara rentan terhadap iklim. Namun, dana itu dijanjikan akan tiba pada 2020 dan kami masih menunggu," kata Nakate.

"Anda tidak dapat beradaptasi dengan budaya, tradisi, dan sejarah yang hilang. Anda tidak dapat beradaptasi dengan kelaparan. Sudah waktunya bagi para pemimpin untuk menempatkan kerugian dan kerusakan di pusat negosiasi iklim."

Penulis: Anastasia Merlinda

Polemik Daun Kratom

PKS Tak Sepakat dengan BNN Soal Kratom

Liputan6.com 2021-09-30 16:26:24
Petugas menata barang bukti 25 kilogram sabu di Kantor BNN, Jakarta, Senin (22/5). BNN mengungkap kasus peredaran Narkoba jaringan internasional yang dikendalikan terpidana mati, Togiman alia

Anggota Komisi IX DPR Fraksi PKS Alifudin tak sepakat dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menyamakan kratom dengan narkotika. Stigma itu akan merugikan petani kratom, khususnya di Kalimantan Barat.

"Kratom berbeda dengan ganja. Menurut mayoritas orang yang mengonsumsi kratom bahwa mereka tidak berhalusinasi, sedangkan ganja itu berhalusinasi," ujar Alifudin dalam keterangan tertulis, Kamis (30/9/2021).

Menurut Alifudin, kratom bisa dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan aturan yang tepat guna. Sebab itu, ia juga meminta agar pemerintah mendukung legalitas tanaman kratom.

Dia menyatakan bahwa pelarangan kratom berdampak terhadap perekonomian petani. Terlebih lagi di daerah seperti Kapuas Hulu yang merupakan sentra pertanian kratom.

Hal ini pun berpotensi menambah jumlah pengangguran di tengah situasi krisis akibat pandemi Covid-19.


Kratom Masuk Kategori Narkotika Golongan I

BNN memasukkan kratom sebagai narkotika golongan I. Sementara itu, dalam Permenkes nomor 4 Tahun 2021, tanaman kratom tidak masuk dalam golongan narkotika.

"Puluhan juta pohon kratom sudah ada di Kalimantan Barat sejak dahulu kala, kalau dilarang dan ditebang, bisa jadi cap dari UNESCO terhadap daerah Hutan Betung Karibun dan Danau Sentarum Kalimantan Barat, tidak lagi menjadi paru-paru dunia," tukasnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyerahkan polemik kratom ke para ahli untuk diteliti dampak positif dan negatifnya. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan BNN membahas kratom.

Pajak Orang Kaya Naik 35%

Tarif Pajak Orang Kaya Indonesia Naik Jadi 35 Persen

Liputan6.com 2021-09-30 16:34:13
Ilustrasi miliarder (iStock)

Pemerintah menaikkan tarif pajak orang kaya Indonesia menjadi sebesar 35 persen. Kenaikan tarif pajak ini tertuang dalam Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP).

Pemerintah bersama DPR RI sepakat untuk meneruskan pembahasan RUU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, yang dalam pembahasan disepakati berubah menjadi RUU tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP) ke Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan pada sidang paripurna DPR.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, kepastianpenetapan RUU KUP menjadi UU akan digelar dalam rapat paripurna bersama DPR RI pada awal pekan depan.

Dalam perubahan kelima atas UU 6/1983 ini, pemerintah akan memungut tarif pajak lebih besar dari orang-orang super kaya di Indonesia.

Mengutip draft RUU HPP Pasal 17, Kamis (30/9/2021), aturan ini memuat perubahan pengenaan tarif pajak bagi wajib pajak orang pribadi yang sebelumnya diatur dalam UU Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan (PPh).

Perubahan pertama berlaku pada kategori wajib pajak orang pribadi tingkat terkecil, yang batas penghasilan per tahun dinaikan dari Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta.

Selain itu, terdapat satu penambahan kategori wajib pajak orang pribadi, yakni berpenghasilan di atas Rp 5 miliar dan akan terkena pungutan pajak sebesar 35 persen.


Rincian Besaran Tarif Pajak

Berikut daftar tarif pajak bagi orang super kaya yang berlaku dalam aturan perpajakan terbaru:

1. Penghasilan sampai dengan Rp 60 juta, tarif pajak 5 persen

2. Penghasilan di atas Rp 60 juta sampai dengan Rp 250 juta, tarif pajak 15 persen

3. Penghasilan di atas Rp 250 juta sampai dengan Rp 500 juta, tarif pajak 25 persen

4. Penghasilan di atas Rp 500 juta sampai dengan Rp 5 miliar, tarif pajak 30 persen

5. Penghasilan di atas Rp 5 miliar, tarif pajak 35 persen

Waspada, Covid-19 Gelombang III

Pemerintah Diminta Waspada Covid-19 Gelombang Ketiga

Liputan6.com 2021-09-30 14:00:43
Petugas jaga mengecek data pasien COVID-19 yang dibawa petugas medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pemerintah menyiapkan 2.700 tempat tidur di RSD

Badan Anggaran DPR-RI meminta pemerintah tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 gelombang ketiga. Pasalnya meski saat ini kasus bisa dikendalikan, namun beberapa negara di sekitar tengah mengalami lonjakan kasus baru.

"Kita tidak boleh lengah, beberapa negara tetangga kita sedang mengalami tren kenaikan kasus," kata Ketua Banggar, Said Abdullah, dalam Sidang Paripurna di Kompleks DPR-RI, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Sampai pertengahan September tahun ini, total kasus aktif Covid-19 di Malaysia mencapai 263.746. Lalu Philipina mencapai 283.708 kasus. Di Vietnam sebanyak 169.402 kasus dan di Thailand sebanyak 199.750 kasus. Sementara di Indonesia tercatat sebanyak 81.171 kasus.

Karena itu, Said meminta kewaspadaan terhadap mobilitas manusia ditingkatkan. Khususnya pada pintu-pintu masuk dari luar negeri baik di bandara, dan pelabuhan.

"Bandara dan pelabuhan harus dijaga dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Said mengatakan, Pemerintah telah berhasil mengendalikan kasus varian delta. Banggar mengapresiasi kerja Pemerintah yang mampu melakukan flattening the curve sejak munculnya gelombang kedua Covid-19 pada akhir Mei 2021 lalu. Dia berharap pengendalian Covid-19 bisa terus konsisten agar bisa menjadi fondasi untuk mencapai target pembangunan tahun 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertumbuhan Ekonomi

Momentum pertumbuhan ekonomi juga sudah mulai dirasakan kembali dengan dibukanya sejumlah sektor perekonomian. Untuk itu, momentum ini harus dijaga dari munculnya gelombang penyebaran baru, sebab ongkos pengendalian Covid-19 tidak murah.

"Kita tidak menginginkan momentum pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional yang telah berjalan dengan baik ini terganggu, sebab mahalnya ongkos sosial dan ekonomi yang harus kita bayarkan," katanya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Celana Jeans dari Limbah Botol Plastik

Gandeng Brand Lokal, Ridwan Kamil Desain Celana Jeans dari Limbah Botol Plastik

Liputan6.com 2021-09-30 18:02:53
Gandeng Brand Lokal, Ridwan Kamil Desain Celana Jeans dari Limbah Botol Plastik. (dok.Instagram @bespoke.project/https://www.instagram.com/p/CUY5X_opAzZ/Henry)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal sering mendesain bangunan seperti masjid maupun tempat wisata. Yang terbaru, ia bukan mendesain bangunan, tapi celana jeans.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini merilis sebuah celana jeans buatan brand lokal asal Kota Bandung, Bespoke Project. Uniknya, celana itu dibuat dengan menggunakan bahan limbah botol plastik.

Hasil kolaborasi itu ia unggah lewat video di akun Instagram pribadinya pada Rabu, 29 September 2021. Kolaborasi ini merupakan gerakan sosial yang diinisiasi Ridwan Kamil dan pemilik brand lokal untuk sama-sama bangkit selama hantaman pandemi Covid-19 yang sempat memukul penghasilan para pelaku ekonomi kecil, mikro dan menengah atau UMKM.

Program itu diberi nama "Inilokal Inikolaborasi". "Saya berkolaborasi mendesain jeans bersama Bespoke Project untuk membantu UMKM Jawa Barat berbahan daur ulang sampah botol plastik," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Desain jeans tersebut memiliki tema gradasi dwiwarna dengan sentuhan pola megamendung di bagian saku. "Tema desain jeans nya adalah gradasi duotone dan pola Megamendung favorit saya. Meski pakai bahan jeans, tapi pas saya cpba rasanya nyaman dan tidak menganggu mobilitas saya," tambahnya.

Ridwan Kamil pun mengajak masyarakat untuk membantu pelaku UMKM lokal dengan membeli produknya. "Ayo pada beli dan mari dukung ekonomi UMKM sambil menyelamatkan lingkungan," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Hanya Celana Jeans

Selain, celana jeans ada sejumlah produk hasil kolaborasi serupa yang sudah bisa dipesan lewat marketplace atau melalui Instagram @inilokalinikolaborasi. Tak hanya celana jeans, ada juga produk lain seperti helm, jam tangan kayu, baju muslim pria, hingga jaket.

Semua produk merupakan hasil desain Kang Emil bersama pemilik brand lokal. "Saya terharu karena produknya keren-keren, luar biasa, bukan kaleng-kaleng. Prosesnya seru. Waktu saya mengkritisi dan diskusi itu bagian dari menyempurnakan produk. Jadi saya senang karena mengingatkan saya kepada jati diri saya sebagai desainer," terangnya.

Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo pun mendukung penggunaan produk lokal sehingga ia mengajak warga untuk mendukung produk lokal. "Presiden juga beri masukan apa yang membuat produk lokal bisa bersaing dengan produk luar. Jangan sampai orang tidak beli karena merasa kalah dengan produk luar. Saya meyakini kita bisa memproduksi dengan kualitas baik," ujar Kang Emil.


Ukuran dan Harga

Celana jeans ramah lingkungan ini juga diunggah di akun Instagram Bespoke Project. Dalam unggahan pada Rabu, 29 September 2021, mereka membagikan foto-foto celana jeans hasil kolaborasi tersebut.

"Kain jeans ini merupakan daur ulang limbah botol plastik ( cacahan botol PET ). Setelah itu dijadikan benang polyster lalu ditenun bersama kapas dan menjadi kain jeans bersama @tentang.kain," tulis mereka.

"Untuk ukuran tersedia dari size 28.30.32.34.36.38. Harga retail Rp425 ribu ya guys, dan dapetfree totebag ya edisi ridwankamil x bespokeproject," lanjut akun tersebut.


Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Jasa Melupakan Mantan

Viral Jasa Melupakan Mantan, Benaran Ada atau Konten Semata?

Liputan6.com 2021-09-30 12:29:19
Akun Facebook Khoirul Anam mengunggah konten hiburan "Jasa Melupakan Mantan", Kamis (15/8/2019). Unggahannya itu ramai diperbincangkan di media sosial. (Sumber: Facebook Khoirul Anam)

Proses yang harus dilewati usai putus cinta tidak selalu berjalan mulus. Banyak hati yang ternyata masih kesulitan untuk move on. Saking banyaknya, usaha dengan nama unik seperti Jasa Melupakan Mantan pun viral di media sosial.

Kabar bermula dari unggahan akun Twitter @unmanfaat belum lama ini. Unggahan tersebut berisi foto empat lelaki dengan kemeja merah yang berdiri di depan spanduk bertuliskan Jasa Melupakan Mantan, lengkap dengan tagline berupa Cukup Bawa Foto Mantan, Anda Bisa Move On dari Mantan Seumur Hidup.

Spanduk yang terpajang dalam unggahan itu juga bertuliskan jam operasional usaha Senin-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Serta nomor WhatsApp yang dapat dihubungi para peminat Jasa Melupakan Mantan.

Berdasarkan keterangan, tempat ini sebenarnya merupakan sebuah barbershop yang berada di Magelang sejak dahulu kala. Namun, pada 2019, spanduk tersebut dibuat Khoirul Anam, seorang pria yang biasa membuat spanduk-spanduk viral.

"Itu sebenarnya barbershop, terus saya basisnya membuat konten. Saya bikin spanduk itu, tahunya meledak. Barbershop-nya sudah lama, tapi konten (spanduk) itu sudah dua tahun lalu. Tapi fotonya masih menyebar-menyebar sampai sekarang," ujar Khoirul melalui sambungan telepon dengan Health Liputan6.com pada Rabu, 29 September 2021.

Khoirul, menjelaskan, Jasa Melupakan Mantan telah menerima sekitar 18.000 pesan melalui WhatsApp sejak viralnya spanduk tersebut. Dia bahkan sampai sempat mematikan telepon selulernya karena menerima terlalu banyak pesan.

"Orang Indonesia tandanya banyak yang enggak bisa move on ya. Sampai sekarang juga masih ada yang WA beberapa. Banyak cewek-cewek curhat itu, 80 persen cewek. Berarti banyak cewek gak bisa move on lama ya itu," kata Khoirul.


Wanita lebih susah move on, benar gak ya?

Spanduk tersebut hanya ditujukan sebagai hiburan, terungkap bahwa ternyata banyak yang kesulitan untuk move on. Terlebih, ternyata sebuah penelitian pun mengungkapkan hal serupa, lho.

Melansir laman Bustle, studi oleh Binghamton University in New York mengungkapkan bahwa wanita biasanya akan merasa lebih sedih dan terpuruk ketika putus cinta. Sehingga lebih sering meluapkan perasaannya secara langsung pada kondisi tersebut.

Dari 5.705 partisipan yang ada, 6.84 persen wanita mengekspresikan kesedihan secara emosional usai putus cinta. Sedangkan pria hanya sekitar 6.58 persen. Begitupun secara fisik, wanita yang mengekspresikan kesedihan lewat fisik ada pada rata-rata 4.21 persen, dan pria hanya 3.75 persen.

Meskipun perbedaan angkanya terlihat tidak terlalu jauh, namun penelitian tersebut mengambil kesimpulan bahwa wanita lebih terluka ketika putus cinta. Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa wanita sebenarnya akan lebih tenang dan bahagia jangka panjang usai melewati fase putus cinta.

Berbeda dengan pria, yang dianggap akan lebih lama dan tidak benar-benar pulih usai putus cinta. Pria mungkin sudah move on, hanya rasa sedih dan sakit yang tertanam kemungkinan akan sulit untuk dihilangkan.


Infografis

 

Pembunuhan Kucing Positif COVID-19

Pembunuhan 3 Kucing Positif COVID-19 di China Tuai Kontroversi

Liputan6.com 2021-09-30 17:33:51
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Pembunuhan tiga kucing peliharaan di China yang dinyatakan positif COVID-19 telah menimbulkan kecaman publik.

Kucing-kucing itu milik pasien terkonfirmasi COVID-19 yang tinggal di Harbin, China timur laut. Dikutip dari laman South China Morning Post, Kamis (30/9/2021) wanita yang diketahui bermarga Liu itu tertular virus COVID-19 pada 21 September dan dirawat di rumah sakit.

Ia meninggalkan kucingnya di rumah dengan banyak makanan dan air, dan pekerja masyarakat membantu merawat mereka, The Beijing News melaporkan.

Kemudian, dia menerima pemberitahuan dari pekerja kesehatan bahwa kucingnya telah dites positif terkena Virus Corona COVID-19.

"Karena tidak ada contoh perawatan kucing sebelumnya, mereka ingin membunuh kucing itu dan ingin saya memberi mereka izin tertulis, saya tidak setuju," kata Liu menambahkan bahwa dia ingin kucing peliharaannya mendapatkan perawatan.

Kemudian, pekerja komunitas mengatakan bahwa tidak ada perawatan profesional yang tersedia untuk hewan dan mereka memberi tahu Liu bahwa kucing-kucing itu akan di-eutanasia.

Kemudian, kucing-kucing itu akhirnya dibunuh oleh petugas China, demikian laporan dari The Beijing News.

"Saya tidak pernah ingin menyalahkan siapa pun, saya hanya ingin memberi mereka kesempatan untuk tetap hidup, tetapi kesempatan itu tidak pernah diberikan," tulis Liu di Weibo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kontroversi

Kasus ini menuai kontroversi publik. Beberapa mendukung penghentian, mengatakan itu untuk kebaikan yang lebih besar.

Tahun lalu, pakar veteriner pemerintah Hong Kong yang mengamati dan menguji 52 hewan di bawah karantina menyimpulkan bahwa hewan peliharaan tidak memainkan peran signifikan dalam menyebarkan Virus Corona COVID-19.

Dokter hewan di Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi menguji 32 anjing, 18 kucing, dan dua hamster yang dikarantina untuk periode yang berbeda-beda sejak Februari 2021, hanya dua anjing dan satu kucing yang dinyatakan positif terkena virus.

Mereka menyimpulkan bahwa hewan peliharaan tidak mudah terinfeksi, dan tidak menularkan virus ke hewan peliharaan lain atau manusia.

Tenun Bali untuk Hyun Bin

Didiet Maulana dan Fans Indonesia Hadiahkan Hyun Bin Cardigan Tenun Endek Bali

Liputan6.com 2021-09-30 11:40:00
Hyun Bin (VAS Entertainment/ Naver - VAST)

Aktor Hyun Bin baru berulang tahun yang ke-39 yang pada 25 September 2021 lalu. Di momen spesial ini, desainer Didiet Maulana bersama fans club Hyun Bin Indonesia mempersiapkan hadiah.

Mereka akan memberi bintang Crash Landing On You sebuah busana. Ini disampaikan oleh Didiet Maulana melalui akun Instagram terverifikasi miliknya.

"Kami bersama fansclub Hyun Bin Indonesia @thebinnies_id membuat sebuah persembahan untuk hari ulang tahun HyunBin tahun ini. Dikirimkan langsung ke Korea Selatan bulan ini," tulis sang desainer, Rabu (29/9/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tenun

Mereka memberikan satu stel cardigan yang terbuat dari tenun khas Indonesia. Diharap pakaian ini sampai ke tangan Hyun Bin dan dapat dikenakan.

"Sebuah tenun yang dibuat dari tenun Endek Bali buatan tangan, dengan inspirasi model cardigan outerwear yang mudah2an bisa dipakai oleh Hyun Bin," ucap Didiet Maulana.


Minta Bantuan

Di akhir kalimatnya, Didiet meminta bantuan warganet untuk menerjemahkan pesan untuk Hyun Bin ke dalam bahasa Korea.

"Semoga dengan dukungan kalian, desain yang sudah dikirimkan ini bisa dipakai oleh HyunBin. Amin. Ada yg bisa bantu terjemahin gag biar agency Hyun Bin bisa tau Kamsahamnida," tutupnya.


Respons

Warganet tentunya menyambut positif proyek Didiet bersama fans Hyun Bin.

"Terimakasih Mas Didiet atas bantuannya telah mendesain gift kami untuk Hyun Bin.. semoga bisa di notice oleh tim @vast.ent yah amin!" kata salah satu warganet.

"Keren skali apalagi memakai tenun endek Bali," tambah yang lainnya.