Volume 100

Geger Pandora Papers

Daftar Nama 35 Pemimpin Negara yang Muncul di Pandora Papers

Liputan6.com 2021-10-04 14:00:51
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

Dunia politik dan keuangan global tengah dikejutkan oleh laporan terbaru Pandora Papers yang dirilis oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Sejumlah pemimpin dunia diklaim ketahuan merahasiakan harta mereka melalui badan usaha di luar negeri alias offshore company.

Ada 35 pemimpin negara yang ketahuan memakai offshore, termasuk Raja Abdullah II dari Yordania. Nama-nama orang dekat penguasa juga muncul, seperti wanita yang dirumorkan sebagai kekasih gelap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Penggunaan offshore bukan sesuatu yang ilegal, namun aktivitas itu disorot karena kerahasiaannya berpotensi terkait tindakan ilegal, seperti pencucian uang hingga suap.

Berikut nama orang-orang berpengaruh yang namanya disebut di Pandora Papers:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemimpin Dunia

1. Raja Abdullah II - Yordania

2. PM Andrej Babis - Republik Ceko

3. Presiden Ali Bongo - Gabon

4. Presiden Uhuru Kenyatta - Kenya

5. Presiden Denis Sassou-Nguesso - Kongo

6. PM Patrick Achi - Pandai Gading

7. PM Najib Mikati - Lebanon

8. PM Muhammad bin Rashid Al-Maktoum - Uni Emirat Arab

9. Presiden Luis Abinader - Republik Dominika

10. Presiden Guillermo Lasso - Ekuador

11. Presiden Milo Djukanovic - Montonegro

12. Presiden Volodymyr Zelenskyy - Ukraina

13. Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani - Qatar


Mantan Pemimpin Negara

1. PM Tony Blair - Inggris

2. PM Aires Ali - Mozambik

3. Presiden Cesar Gaviria - Kolombia

4. Presiden Porfirio Lobo Sosa - Honduras

5. Presiden Alfredo Cristiani - El Salvador

6. PM Abdelkarim Kabarita - Yordania

7. Presiden Frasisco Flores - El Salvador

8. PM Nader Dahabi - Yordania

9. Presiden Horacio Cartes - Paraguay

10. PM Laurent Lamothe - Haiti


Selanjutnya

11. Presiden Pedro Pablo Kuczynski - Peru

12. Presiden Juan Carlos Varela - Panama

13. PM Bidzina Ivanishvili - Georgia

14. PM Martin Rushwaya - Mongolia

15. Presiden Ricardo Martinelli - Panama

16. Presiden Ernesto Perez Balladares - Panama

17. Presiden Andres Pastrana - Kolombia

18. PM Hassan Diab - Lebanon

19. Emir Sabah Al-Ahmad Al-Sabah - Qatar

20. PM Hamad bin Jassim Al-Thani - Qatar

21. Chief Executive CY Leung - Hong Kong

22. Chief Executive Tung Chee-hwa - Hong Kong


Orang Dekat Penguasa

1. Menteri Nirujama Rajapaksa - Sri Lanka

2. Duta Bear Zakaria Idriss Deby Itno - Chad

3. Putri Lalla Hasnaa - Maroko

4. Anak presiden, Heydar Aliyeva - Azerbaijan

5. Anak presiden, Heydar Aliyev - Azerbaijan

6. Anak presiden, Leyla Aliyeva - Azerbaijan

7. Anak-anak Presiden Sebatian Pinera - Chile

8. Orang dekat Vladimir Putin, Gennady Timchenko - Rusia

9. Orang dekat Vladimir Putin, Konstanti Ernst - Rusia

10. Wanita dekat Vladimir Putin, Svetlana Krivonogikh - Rusia

11. Penasihat presiden, Nour EL Fath Azali - Komoro

12. Penasiat presiden, Martin Rushwaya - Mongolia

13. Anggota parlemen, Nir Barkat - Israel

14. Menteri Keamanan, Jim Muhwezi - Uganda

15. Delegasi Provinsi Henan, Qiya Feng - China

16. Menteri Keuangan Shaukat Tarin - Pakistan

17. Menteri Sumber Daya Air Moonis Elahi - Pakistan

18. Menteri Ekonomi Paulo Guedes - Brasil

19. Menteri Keuangan Sinisa Mali - Serbia

20. Mantan Menteri Keuangan (serta Komisi Uni Eropa) John Dalli - Malta

21. Mantan Menteri Keuangan, Dominique Strauss-Kahn - Prancis

22. Menteri Urusan Politik, Mohsen Marzouk - Tunisia

Jisoo BLACKPINK Memukau Dior

Pietro Beccari, CEO Dior yang Siap Menampung Jisoo BLACKPINK

Liputan6.com 2021-10-03 21:35:25
Tas Lady Dior (Dok. Dior)

Heboh di media sosial tentang candaan CEO Dior, Pietro Beccari kepada Jisoo BLACKPINK bahwa ia siap menampung Jisoo jika ditelantarkan agensinya. Diketahui, anggota BLACKPINK ini sebagai global ambassador Dior Fashion dan Dior Beauty pada Maret 2021.

Baru-baru ini, Jisoo BLACKPINK menghadiri Paris Fashion Week sebagai tamu spesial rumah mode Dior. Selain itu, direktur Kreatif Dior pun telah terinspirasi oleh Jisoo saat merancang koleksi musim gugur 2021 Dior.

Lantas siapakah CEO Dior, Pietro Beccari yang sedang heboh di media sosial? Dikutip dari berbagai sumber, berikut profilnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Karir Pietro Beccari

Pietro Becarri lahir di Italia pada 23 Agustus 1967. Lelaki ini adalah lulusan Administrasi Bisnis dari Universitas Parma di Italia.

Salah satu eksekutif puncak LVMH, Pietro Beccari telah menggantikan Sidney Toledano sebagai kepala eksekutif Christian Dior Couture di salah satu perombakan eksekutif terbesar di LVMH.

Sebelum berkarir di pemasaran, ia menjabat sebagai wakil presiden perusahaan perawatan rambut.

Pada tahun 2006 ia bergabung dengan LVMH sebagai wakil presiden eksekutif pemasaran dan komunikasi untuk Louis Vuitton sebelum menjadi ketua dan CEO Fendi pada tahun 2012.

Sejak Februari 2018, ia menjabat sebagai ketua dan CEO Chirstian Dior Couture, ia juga menjadi anggota komite eksekutif LVMH.

Penulis : Alicia Salsabila


INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

 

Tantangan TNI di HUT ke-76

HEADLINE: Perayaan HUT ke-76 TNI, Kualitas dan Modernisasi Alutsista Jadi Tantangan?

Liputan6.com 2021-10-05 00:01:13
Prajurit TNI menaiki sejumlah kendaraan tempur saat parade alutsista pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). TNI memamerkan berbagai jenis

Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 76 tahun hari ini, 5 Oktober 2021. Di hari jadinya, TNI memamerkan 112 alat utama sistem persenjataan (alutsista) di sekitar Istana Merdeka, Jakarta.

Beberapa jenis alutsista yang akan ditampilkan, yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, delapan unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dua unit Rantis Bushmaster, 19 unit P6 Atav.

Selanjutnya 24 unit kendaraan Rudal Mistral, dua unit BTR 4, satu unit Aligator, dua unit APC Turangga, lima unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), dua unit Orlikon Skyshield, empat unit MLRS Astros dan enam unit Armed Caesar 155 MM.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto mengatakan, alutsista yang dipamerkan tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini.

Namun sesungguhnya, seberapa besar kekuatan militer Indonesia saat ini?

Global Firepower Index (GFI) merilis, kekuatan militer Indonesia pada 2021 berada di urutan ke-16 dari 140 negara dengan PowerIndex 0,2697, sementara PowerIndex paling tinggi adalah 0,0000.

Di Asia, TNI berada di bawa militer China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Pakistan.

Untuk mengukur kekuatan militer suatu negara, Global Firepower menggunakan lebih dari 50 faktor yang menentukan skor Power Index ('PwrIndx') dengan kategori mulai dari kekuatan militer, keuangan, kemampuan logistik dan geografi.

Berasarkan situs Global Firepower, TNI memiliki kekuatan 1.080.000 personel, dengan rincian personel aktif sebanyak 400.000, personel cadangan sebanyak 400.000, sementara paramiliter sebanyak 280.000 orang.

Sementara kekuatan alutsista, TNI Angkatan Udara memiliki 458 unit pesawat militer, 41 jet tempur, 38 pesawat serang darat, 15 helikopter tempur, helikopter 188 dan pesawat latih sebanyak 109. Kemudian kekuatan armada transportasi mencakup tipe strategis, taktis sebanyak 64 unit. Lalu pesawat untuk misi khusus sebanyak 17 unit.

TNI Angkatan Darat memiliki 332 tank, kendaraan lapis baja sebanyak 1.430 unit, artileri swagerak sebanyak 153, dan peluncur roket sebanyak 63.

Kemudian, Angkatan Laut memiliki kekuatan yaitu kapal perang sebanyak 282 unit, fregat sebanyak 7, korvet sebanyak 24, kapal selam sebanyak 5, kapal patroli sebanyak 179, kapal penyapu ranjau sebanyak 10 unit.

TNI Sendiri memiliki anggaran pertahanan sebesar US$ 9,2 miliar per tahun.

Sementara untuk pertahanan di dunia maya, Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI telah memiliki Satuan Siber (Satsiber) TNI yang memiliki tugas pokok melaksanakan langkah-langkah cyber attack baik sebagai bagian dari defense maupun sebagai suatu tindakan respons atas serangan yang terjadi.

Satuan Siber ini dibentuk untuk mengantisipasi perang siber atau cyber war yang telah menjadi mandala perang baru.

Namun hingga berita ini diturunkan, Liputan6.com belum mendapat keterangan baik dari TNI maupun Kementerian Pertahanan tentang seberapa kuat Satuan Siber dan alutsista TNI. Pesan singkat yang dikirimkan Liputan6.com tidak dibalas begitupun sambungan telepon.

Saat ini Kementerian Pertahanan sendiri tengah mengupayakan memodernisasi alutsista. Pada Februari 2021 lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas rencana modernisasi alutsista ini bersama Komisi I DPR secara tertutup.

Belakangan, beredar Rancangan Peraturan Presiden Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020-2024 (Alpalhankam).

Pada pasal 7, dana yang dibutuhkan untuk membeli alutsista mencapai USD 124.995.000.000. Jika dirupiahkan, maka dana yang dibutuhkan mencapai Rp 1.788 triliun dengan kurs 14.300 per dolar AS. Meski disebutkan bahwa angka itu masih bersifat rencana.

"Sudah saatnya memang mendesak harus diganti. Kebutuhan-kebutuhan sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang dengan sangat pesat," jelas Prabowo.

Meski demikian, Ketua Umum Partai Gerindra itu tak menjelaskan apakah angkanya masih berada disekitar Rp 1,700 triliun atau bisa berubah.

"Ini sedang digodok, sedang direncanakan," tutur Prabowo.

Infografis Atraksi di Perayaan HUT ke-76 TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)

Siapkan Konsep MDO

Penasehat Kepala Staf Presiden (KSP) yang juga Analisis Utama Politik Keamanan Lab 45, Andi Widjajanto mengatakan, saat ini pemerintah tengah memodernisasi alutsista dengan mengikuti rencana strategis pembangunan Kekuatan Pertahanan 2024.

Andi mengatakan, Renstra 2024 ini diharapkan akan meningkatkan kesiapan operasional dan tempur TNI terutama untuk beberapa jenis alutsista yaitu tank, kendaraan angkut tempur infanteri, kapal permukaan, kapal selam, pesawat tempur, pesawat tanpa awak, pesawat angkut, dan rudal pertahanan udara.

"Modernisasi ini belum cukup untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan sebagai kekuatan pengimbang di Asia Timur," ujar Andi kepada Liputan6.comdi Jakarta, Senin (4/10/2021).

Modernisasi pertahanan ini, kata dia, harus kita teruskan sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional dan global. Namun, transformasi pertahanan ini akan menghadapi beberapa tantangan utama, seperti friksi relasi negara besar AS dan China, pelemahan ekonomi global, perkembangan teknologi militer baru, dan kemunculan ancaman-ancaman hibrida.

"Tujuan utama transformasi pertahanan adalah memastikan Indonesia memiliki program pembangunan dan investasi pertahanan jangka panjang hingga tahun 2045 yang akan meningkatkan ketahanan strategis Indonesia," ujar Andi.

Sementara untuk pertahanan siber, kata Andi, pemerintah sedang mempersiapkan konsep baru yang disebut Multi Domain Operations, yaitu militer yang bisa melakukan operasi lintas ruang, baik darat, laut, udara, maupun siber.

"Sedang dikaji untuk mengoperasionalkan MDO," tandas Andi.


Siapkah Hadapi Perang Hybrid?

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai alutsista TNI saat ini belum mencapai Minimum Essential Force (MEF) atau Kekuatan Pokok Minimum. Sehingga tak heran kekuatan militer Indonesia saat ini ada di peringkat 16 dunia.

Khairul mengatakan, lebih dari 50 persen alutsista TNI sudah cukup tua dan teknologinya jauh tertinggal.

"Perlu moderensiasi TNI secara umum, juga perkembangan atau progres moderinisasi di tiap matra artinya jangan sampai timpang. Misal angkatan darat sudah 80 persen alutsista dalam kondisi baik sementara angkatan laut baru sekitar 60 persen. Angkatan udara misal belum sampai 50 persen, itu kan timpang justru akan nggak bagus buat sektor pertahanan kita," kata Khairul kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Selain alutsista, kata Khairul, moral dan kompetensi prajurit juga harus ditingkatkan. Moral artinya terkait kedisplinan, kepatuhan, sementara kompetensi terkait pemahaman dan kemampuan menjalankan tugas dan fungsinya.

"Dia misalnya termasuk bagian yang menggunakan tank tentu saja harus sangat qualified di situ jangan asal-asalan itu yang saya kira kompetensi pengembangan, spesialisasi menjadi hal penting selain peremajaan alutsista," kata dia.

Dia berharap di HUT ke-76 TNI ini, militer Indonesia mendapat hadiah berupa moderenisasi alutsista.

Selain alutsista berupa persenjataan, Khairul juga menyoroti pertahanan siber yang belum ideal. "Bahkan saya kira masih banyak yang harus disiapkan untuk mencapai kemampuan pertahanan siber yang baik," ujar Khairul.

Apalagi di masa depan, dimungkinkan adanya perang kombinasi antara siber dan konvensional.

"Perang hybrid itu yang harus diantisipasi, masih banyak (yang harus diperkuat) bukan hanya alutsista yang diperkuat," kata dia.

Sehingga dia berharap segera ada pembahasan untuk menciptakan pertahanan siber yang mumpuni.

"Karena menyangkut aspek hybrida sehingga ini harus bersama-sama menyiapkan nggak bisa sendiri-sendiri," tandas Khairul.

Sementara Pengamat Pertahanan Keamanan dan Intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menilai modernisasi alutsista merupakan keniscayaan. Dia berharap biaya pembangunan kekuatan pertahanan tidak nilai sebagai biaya yang harus dikeluarkan, namun justru investasi yang akan memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia.

"Pengembangan Alutsista sesuai dengan MEF adalah investasi untuk keutuhan NKRI dan menjamin keberlangsungan pembangunan nasional," kata Susaningtyas kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Sebab, kata dia, tanpa alutsista yang handal, maka pembangunan nasional dapat terganggu bahkan terhambat.

"Sudah saatnya pemerintah memberikan alokasi anggaran pertahanan dengan skema prosentase PDB. Dibandingkan dengan beberapa negara, maka nilai yang moderat sekitar 1,8 sampai 2 persen dari PDB," tandas Susaningtyas.


Terbentur Kondisi Ekonomi Akibat Pandemi

Anggota Komisi I Dave Laksono juga menilai masih banyak alutsista yang harus diperbarui. Sehingga kita bisa mengantisipasi segala macam potensi ancaman baik dari dekat maupun jauh.

"Melihat kondisi alutsista saat ini sudah banyak yang dimodernisasi, perbaharui atau upgrade sistemnya. Tapi secara keseluruhan masih banyak peralatan yang perlu diperbaiki khususnya alutsista peralatan tempur utama seperti pesawat terbang, ada juga kapal laut, jumlahnya mesti ditambah ada juga yang musti upgrade sehingga mampu kita menangkis segala macam ancaman," kata Dave kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Meski banyak yang harus dimodernisasi, kata Dave, namun kondisi ekonomi Indonesia saat ini masih belum mampu memperbarui sistem pertahanan. Mengingat banyak anggaran yang terserap selama pandemi Covid-19.

"Memang kondisi perekonomian Indonesia masih belum bisa untuk investasikan di peralatan lebih daripada sekarang, tapi ini bukan jadi patokan. Kita harus berpikir kreatif menggunakan seluruh sumber daya yang kita miliki untuk saling menutupi kekurangan," kata dia.

Dave juga berharap masing-masing matra bisa membentuk cyber army untuk menghadapi perang siber di masa yang akan datang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, tentu harus menambah jumlah SDM dan sistem yang mendukung pertahanan siber.

"Investasi dari TNI harus ditingkatkan dan kembali lagi itu kaitan dengan kemampuan ekonomi, seberapa jauh negara bisa dan mau investasi di hal tersebut," ujarnya.

Dia berharap, di tengah terbatasnya alutsista, TNI terus melakukan reformasi transformasi internal, selalu meningkatkan moralitas dan kemampuan tempur prajurit serta bisa menjaga seluruh wilayah kedaulatan.

Sementara Anggota Komisi I DPR, Bobby Rizaldi mengatakan, alutsista TNI sudah ketinggalan 10 tahun karena tidak dimodernisasi sejak 1998. Saat ini, kata dia, banyak pesawat tempur kapal selam yang tak terpakai lantaran sudah lewat masanya. Sementara kapal selam sampai hari ini masih digunakan meski sudah lama.

"1 skuadron tidak terpakai, kapal selam juga seharusnya kita harus perbarui tapi masih dipakai," kata Bobby kepada Liputan6.com di Jakarta.

Seharusnya, kata Bobby, alutsista TNI sudah harus diperbarui sejak 1998 namun saat itu terjadi krisis ekonomi sehingga pemerintah lebih mengutamakan menyelamatkan perekonomian.

"Negara mengutamakan pembangunan, dan demokrasi yang perlu uang banyal. Sehingga 10 tahun modernisasi TNI terhambat," ujar dia.

Bobby mengatakan, satu-satunya hambatan untuk memperbarui alutsista adalah dana. Untuk memodernisasi seluruh alutsista, kata Bobby, pemerintah membutuhkan setidaknya Rp 1.000 triliun. Uang sebesar itu, kata dia, digunakan untuk merevitalisasi alutsista dan kesejahteraan SDM karena harus sesuai dengan keterampilan, kemampuan dan mobilitas.

"Kita butuh sangat besar, amannya 1,5 perse PDB atau sekitar Rp 1.000 triliun. Sekitar Rp. 300 triliun pertahun idealnya. Tapi kita tidak punya uang sebanyak itu," kata dia.

Ditambah lagi, saat ini pemerintah harus menyeimbangkan kebutuhan pertahanan dan capaian target ekonomi di tengah perlambatan pertumbuhan akibat Covid-19.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Langit Glowing di Bukit Menoreh

Heboh Fenomena Langit Glowing di Bukit Menoreh

Liputan6.com 2021-10-04 15:00:00
pemandangan bukit Menoreh dari Geblek Pari Kulon Progo

Langit Bukit Menoreh, Kamis malam (30/9/2021), mengeluarkan cahaya 'glowing' mirip api. Semburat warna kehijauan yang muncul membuat banyak orang yang melihatnya takjub. Apalagi fenomena alam seperti ini masih jarang terjadi di Indonesia.

Meski demikian, laporan ilmiah terkait fenomena langit glowing itu sudah jauh-jauh hari diterbitkan oleh American Geophysical Union, dalam Journal of the Geophyisical Research Atmosphere pada 16 November 2020. Laporan tersebut menjelaskan fenomena langit glowing yang dapat dilihat oleh mata telanjang di daerah tropis, yaitu di Argentina, Amerika Selatan, pada 17 Maret 2020.

Erma Yulihastin, Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer-BRIN, Senin (4/10/2921) menyebut, feomena langka itu terjadi karena keberadaan gelombang gravitas atmosfer (GGA) atau yang disebut Atmospheric Gravity Wave.

GGA adalah gelombang gravitas yang terdapat di atmosfer dengan skala planet yang dapat terbentuk karena suatu gangguan di atmosfer pada suatu lokasi tertentu, sehingga mengganggu lapisan-lapisan di atmosfer dari permukaan hingga lapisan yang paling tinggi di atmosfer, seperti lapisan mesosfer.

"Gangguan di atmosfer permukaan atau yang terjadi di lapisan troposfer, yang diketahui dapat membangkitkan GGA adalah aktivitas konvektif yang menghasilkan awan konveksi tinggi (deep convection)," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Badai Skala Meso

Laporan langit glowing di Argentina itu menunjukkan GGA yang tampak kehijauan, berkaitan dengan aktivitas badai skala meso yang terjadi sekitar 100 km dari tempat di mana langit glowing tersebut dapat diamati dengan mata telanjang. Lalu bagaimana dengan langit glowing di Menoreh, Jateng? Apakah juga berkaitan dengan aktivitas badai skala meso?

"Pengamatan terhadap data dari Satellite-Based Disaster Early Warning System (SADEWA)-BRIN menunjukkan badai skala meso yang kuat dan meluas terbentuk di atas lautan berjarak sekitar 200 km dari lokasi, di Selat Karimata sebelah barat Kalimantan," kata Erma.

Badai skala meso ini sepanjang hari bergerak seperti pendulum, pada awalnya terbentuk di Sumatera pagi hari lalu menuju timur ke arah Kalimantan melintasi laut Tiongkok Selatan hingga sore hari.

Pada malam hari badai ini bergerak kembali dari Kalimantan menuju ke laut dan menetap di sana hingga tengah malam. Aktivitas badai skala meso yang bergerak bolak-balik seperti pendulum ini, kemungkinan yang telah menjadi pengganggu bagi lapisan-lapisan di atmosfer sehingga terbentuklah GGA yang sangat kuat, dan penampakannya dapat dilihat di suatu lokasi di Jawa Tengah.

"Pengamatan citra terhadap langit glowing ini seharusnya dapat dikumpulkan dari berbagai arah atau sudut sehingga membentuk citra langit glowing GGA yang lengkap, seperti yang terjadi di Argentina," katanya.

Putri Duterte Jadi Capres

Rodrigo Duterte Restui Putrinya Jadi Capres Filipina di 2022

Liputan6.com 2021-10-04 10:00:38
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (kiri), dan putrinya Sara Duterte saat menghadiri pembukaan Konferensi Tahunan Forum Boao untuk Asia (BFA) 2018 di Boao, Provinsi Hainan, China selatan, 10

Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan. Ajudan lama ayahnya, Senator Bong Go akan menjadi cawapresnya, demikian laporan ABS-CBN melaporkan Sabtu malam (2/10).

Sara Duterte-Carpio saat ini adalah wali kota Davao, kota terbesar ketiga di Filipina. Davao adalah basis keluarga Duterte. Meski demikian, detail pencapresan Sara masih belum jelas.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (4/10/2021), kantor berita ABS-CBN mendasarkan laporannya pada ucapan Duterte dengan seorang jurnalis setelah dia mengumumkan bahwa dia pensiun dari politik sembari mendampingi Senator Bong Go.

Dia ditanya: "Jadi sudah jelas, Sara-Go?"

"Sara-Go," kata Duterte sebagai tanggapan.

Ketika diminta untuk mengkonfirmasi apa yang dikatakan presiden, juru bicara Duterte-Carpio, wali kota Christina Garcia Frasco mengatakan kepada Reuters: "Sejauh pengetahuan saya juga seperti yang dilaporkan dalam berita lokal. Kami tidak memiliki komentar tentang hal yang sama."

Go tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pencalonan Presiden

Dalam klip yang sama, Duterte ditanya kapan putrinya akan mengajukan pencalonannya sebagai presiden. Dia berkata: "Saya benar-benar tidak tahu. Saya tidak punya ide sama sekali".

Ketika ditanya apakah dia telah memberikan izin kepada putrinya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, dia berkata: "Ah, tidak, sebenarnya kami tidak berbicara tentang politik, kami tidak pernah berbicara tentang politik. Saya akan mengatakan bahwa itu untuk yang lebih baik."

Duterte (76) mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia pensiun dari politik, sebuah langkah mengejutkan yang memicu spekulasi bahwa dia membuka jalan bagi pemilihan presiden yang dijalankan oleh putrinya.

Lagu Rock untuk Usir Beruang Ganas

Jepang Putar Lagu Rock untuk Lindungi Warga dari Serangan Beruang

Liputan6.com 2021-10-04 08:01:01
(Unsplash.com/@t_lipke)

Pemerintah Jepang berusaha melatih masyarakatnya untuk melindungi diri dari beruang dengan lagu rock.

Hal tersebut dipicu dengan adanya peningkatan beruang yang berkeliaran di pedesaan Jepang Utara. Mereka telah menyerang dan membunuh penduduk setempat.

Lalu pemerintah menugaskan penulis lagu Kaoru Toudou (61) untuk membuat lagu dan dinyanyikan oleh Yuuzen Taguchi (69), seperti dikutp dari UPI, Minggu (3/9/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diputar hingga Akhir Oktober

"Apakah menurutmu anak beruang itu lucu?" bunyi lirik lagu itu. "Buang cara berpikir naif itu! Di dekat anak itu ada induk beruang yang akan menyerangmu tiba-tiba!"

Lagu ini menampilkan kiat-kiat keselamatan termasuk "jangan pernah berbalik dan melarikan diri, dan mencoba berpura-pura mati tidak berhasil."

Pemerintah mengatakan lagu rock itu akan diputar di pusat perbelanjaan pinggir jalan dan lokasi strategis lainnya hingga akhir Oktober.

Reporter: Cindy Damara

Jadi Seleb Tiktok Tanpa Bersuara

Sosok Khaby Lame, Raih Popularitas di TikTok Tanpa Bersuara

Liputan6.com 2021-10-04 11:02:00
TikToker Khaby Lame tiba untuk pemutaran film "Illusions Perdues" (Lost Illusions) pada 5 September 2021 selama Festival Film Venesia ke-78 di Venice Lido. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

TikToker Khaby Lame tentu bukan nama asing bagi Anda yang kerap berselancar di jagat maya. Sosok pemilik nama lengkap Khabane Lame ini begitu mencuri atensi lewat konten-konten jenaka yang dibawakan dengan gayanya yang khas, wajah tanpa ekspresi, dan tanpa bersuara.

Dilansir dari CNN, Senin (4/10/2021), jauh sebelum meraih popularitas di TikTok, Khaby adalah salah seorang yang kehilangan pekerjaan di sebuah pabrik di utara kota Turin, Italia. Hal itu terjadi ketika Italia pertama kali lockdown karena Covid-19 pada 2020 lalu.

Khaby pun menghabiskan hari-hari di rumah orangtuanya di Chivasso untuk mencari pekerjaan lain. Suatu ketika, ia mengunduh TikTok, mulai mengulik media sosial itu dan mengunggah video dirinya dengan nama Khaby Lame.

Secara bertahap, popularitasnya menanjak. Awalnya, TikToker membuat video sedang menari, menonton video game, dan beraksi komedi. Namun pada awal 2021, ia mulai mengolok-olok video life-hack yang membanjiri platform media sosial.

Khaby bereaksi terhadap video tersebut dengan mengangkat bahu, tanpa bicara dan berekspresi putus asa. Kini, ia jadi salah satu orang paling populer di TikTok dengan 114 juta pengikut.

"Saya datang dengan ide itu karena saya melihat video-video ini beredar, dan saya menyukai ide untuk membawa beberapa kesederhanaan ke dalamnya," kata Khaby kepada CNN.

"Jenis isyarat datang secara kebetulan, tetapi keheningan tidak. Saya memikirkan cara untuk menjangkau sebanyak mungkin orang. Dan cara terbaik adalah tidak berbicara," tambahnya.

Di sebagian besar klipnya, pria kelahiran Senegal ini "menyentil" video life-hack orang-orang yang terlalu rumit. Ia kemudian merespons dengan cara yang lebih sederhana dan lebih logis untuk aksi yang sama.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aksi Khaby

Dalam satu video, Khaby mengupas pisang dengan tangannya sebagai tanggapan atas video seseorang dengan hati-hati mengiris pisang dengan golok. Pada video lain, dia bereaksi terhadap video seorang perempuan yang mengupas mentimun dengan giginya dengan menggunakan alat pengupas sayuran untuk menyelesaikan hal yang sama.

Reaksinya mempersonifikasikan istilah "shaking my head," atau SMH dalam singkatan internet. Usai menyelesaikan suatu hal dengan akal sehatnya, Lame mengulurkan tangannya dengan telapak tangan menghadap ke atas, seolah-olah mengatakan "duh".

Terkadang dia merespons dengan eye roll atau menggelengkan kepala. Reaksi tanpa bersuara tapi ekspresif ini membuatnya menjadi salah satu kreator digital yang paling dikenal di media sosial.

"Mungkin karena ekspresi wajah saya lucu dan membuat orang tertawa, kesederhanaan ini membuat orang tertawa dan saya menyukainya," kata Khaby.

Aksi jenaka Khaby membuat penggemarnya dari seluruh dunia secara teratur mengiriminya video orang-orang yang menjalankan tugas sederhana dengan cara yang rumit. "Mereka tahu sayalah yang memecahkan masalah sehingga mereka menandai saya atau menyebut saya dan mereka seperti, 'Khaby giliranmu, selesaikan masalah ini karena kami membutuhkanmu,'" katanya.

Seperti popularitasnya, latar belakang Khaby melampaui berbagai benua. Ia lahir di Senegal dan pindah ke Italia bersama orangtuanya saat ia berusia satu tahun. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di perumahan umum, yang disebutnya melindunginya dari rasisme dan mengeksposnya ke dunia di luar Italia.

"Di sana kami adalah orang-orang dari setiap etnis, jadi kami akan sangat melindungi satu sama lain. Tidak pernah ada masalah rasisme," katanya.


Makna Kesederhanaan

Meskipun belum menjadi warga negara Italia, dia berbicara bahasa Italia dengan fasih dan mengatakan bahwa dia menganggap negaranya sebagai rumah. Khaby mengajukan permohonan kewarganegaraan dan sambil menunggu proses yang harus dilalui. Dia mengatakan sulit baginya untuk bepergian ke acara-acara di Amerika Serikat dan negara-negara lain dengan paspor Senegal-nya.

Tapi ketidakmampuan untuk bepergian tidak memengaruhi ketenarannya. Popularitasnya telah membuka pintu kemitraan dengan perusahaan internasional, termasuk Netflix, perusahaan makanan Italia Barilla, dan platform olahraga fantasi India Dream11.

Khaby memiliki beberapa kesepakatan lain yang belum bisa dia ungkapkan, katanya. Lame menolak untuk mengatakan jumlah uang yang dia hasilkan dari kemitraan, meskipun bintang media sosial terbesar dapat menghasilkan jutaan dolar setahun dari konten mereka.

Khaby mengatakan pembelian terbesarnya sejak dia menjadi terkenal adalah iPhone 12 sehingga dia bisa merekam video yang lebih baik. "Saya tidak membeli sesuatu yang gila," katanya.


Infografis Donald Trump Vs TikTok.

 

Pria Tertua Berusia 112 Tahun

Berusia 112 Tahun, Pria Ini Dinobatkan Orang Tertua di Dunia

Liputan6.com 2021-10-04 14:12:31
(indiatimes.com)

Seorang pria dari Spanyol, baru-baru ini disertifikasi oleh Guinness World Records sebagai manusia tertua di dunia.

Saturnido de la Fuente Garcia menjadi manusia tertua (laki-laki) yang hidup pada usia 112 tahun 211 hari pada 10 September 2021.

Melansir dari India Times, Senin (4/10/2021), menurut Guinness World Records, Saturnino lahir di Puente Castro, di barat laut Spanyol pada 11 Februari 1909, meskipun ia selalu memutuskan untuk merayakan ulang tahunnya sedikit lebih awal, pada 8 Februari.

Ketika ditanya tentang rahasia umur panjangnya, dia mengatakan bahwa itu semua tentang kehidupan yang tenang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bekerja sebagai pembuat sepatu

Pria yang memiliki tinggi 150 cm ini menambahkan bahwa tinggi badannya yang pendek adalah alasan dia bisa menghindari pertempuran dalam perang saudara Spanyol yang dimulai pada tahun 1963.

Saat konflik itu, dia menjalani kehidupan yang dengan dengan istrinya dan melanjutkan hidupnya dengan bekerja sebagai pembuat sepatu.


Aktif bermain sepak bola

Dia juga penggemar sepak bola, bahkan telah bermain selama bertahun-tahun dengan ikut mendirikan tim lokal, Puente Castro.

Sedangkan untuk klub-klub besar, dia pernah menjadi pendukung Cultural Leonesa. Dua tahun lalu, dia dihormati oleh Puente Castro sebagai anggota tertua klub yang masih hidup.


Miliki delapan anak

Saturnino dan istrinya, Antonina Barrio Gutierrez memiliki tujuh putri dan seorang putra, yang telah meninggal saat masih kecil. Di usianya yang senja, saat ini dia dirawat oleh salah satu putrinya dan menantunya.

Sayangnya, 18 bulan terakhir menjadi masa sulit bagi pria yang memiliki 22 cucu ini, karena dia tidak bisa bertemu dengan keluarga besarnya akibat pandemi Covid-19.


Orang tertua dari berbagai negara

Pada saat penulisan, rekor untuk orang tertua yang masih hidup yakni milik Kane Tanaka dari Jepang. Dia berusia 118 tahun, hanya empat tahun lagi untuk memecahkan rekor orang tertua yang pernah ada, yang saat ini dimiliki oleh Jeanne Louise Calment dari Prancis, yang lahir pada 21 Februari 1875 dan meninggal pada usia 122 tahun.

Museum Koleksi 1.300 Sepeda

Kisah Lelaki China Bangun Museum untuk Sepeda Miliknya

Liputan6.com 2021-10-04 09:29:00
ilustrasi sepeda (dok.pexels)

Berapa banyak sepeda yang Anda butuhkan dalam hidup Anda? Untuk Chai Lin yang berusia 67 tahun, jawabannya adalah 1.300 buah dan terus bertambah.

Sepeda pertama kali diperkenalkan ke China pada abad ke-19. Selama beberapa dekade terakhir, mereka telah berevolusi dari simbol kekayaan menjadi alat transportasi umum, seperti mengutip dari Global Times, Sabtu, 25 September 2021.

Obsesi Chai pada sepeda dimulai pada 1960-an ketika dia melihat beberapa orang mengendarai kendaraan roda dua di kota kelahirannya Lanzhou, ibu kota Provinsi Gansu, China Barat Laut.

"Mereka seperti terbang di jalanan, dan hati saya terbang bersama mereka," kenang Chai. Sejak saat itu, ia bermimpi memiliki sepeda.

Di era kelangkaan itu, sepeda masih menjadi barang mewah bagi orang Tionghoa biasa. Bahkan ketika Chai mulai bekerja pada 1979, dengan penghasilan lebih banyak dari rekan-rekannya, dia harus mengurangi pengeluaran lain setidaknya selama empat bulan sebelum dia bisa menabung untuk membeli sepeda domestik.

Untuk mendapatkan cukup uang lebih cepat, Chai memanfaatkan bakatnya dalam kaligrafi dan melukis - keterampilan yang mulai dipelajarinya sejak usia 6 tahun - dengan menjual karya seni di jalanan.

Berkat semua upaya dan "crowd-funding" di keluarganya, Chai mendapatkan sepeda pertamanya, Raleigh buatan Inggris, seharga 880 Yuan atau Rp1,9 juta pada 1980. Seluruh keluarga menghargai sepeda itu. Ibu Chai membuat "mantel" anti-debu untuknya, dan Chai sangat menyayanginya sehingga dia bahkan enggan mengendarainya

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Investasi Uang

Setelah menjadi pengusaha bertahun-tahun kemudian dan berpenghasilan cukup untuk membeli sepeda motor dan mobil mewah, kecintaan Chai terhadap sepeda tidak berkurang sama sekali. Dia mulai mengoleksi sepeda dari berbagai merek dan usia, terutama barang antik, dari seluruh dunia melalui lelang dan cara lainnya.

Pengalaman mengumpulkannya memang mengasyikkan, tetapi terkadang juga bisa "membosankan", katanya, terutama ketika perbedaan waktu memaksanya untuk menghadiri lelang online di luar negeri pada larut malam di China.

"Saya harus terus mengklik dengan mouse saya setiap kali saya mengajukan penawaran. Saya mengklik sepanjang malam, dan jari-jari saya mati rasa," katanya. "Untungnya, saya masih muda saat itu dan bisa menanggungnya."

Barang-barang yang diperoleh dengan susah payah telah memberikan kepuasan yang luar biasa bagi Chai, tetapi banyak orang di sekitarnya tidak berpikir demikian. Beberapa teman mengatakan Chai membeli tidak lebih dari setumpuk besi tua, sementara yang lain berpikir dia menghambur-hamburkan uang untuk omong kosong.

Tapi, dia tidak pernah terpengaruh oleh komentar sinis itu. Di matanya, sepeda yang dikumpulkannya juga menampilkan perkembangan peradaban industri global.

Misalnya, katanya, sepeda buatan Jepang telah menyaksikan proses standarisasi produksi kerajinan Jepang. Spesifikasi ketat berlaku untuk setiap bagian sepeda, mulai dari sekrup 4 milimeter hingga roda dan ban, katanya. Chai telah mengumpulkan hampir 100 sepeda Jepang, mencatat bahwa mereka adalah "sayang" dari kolektor sepeda secara global.

Dengan bertambahnya koleksinya, tidak ada ruang yang cukup besar untuk menyimpannya. Pada 2009, dengan dukungan dari pemerintah provinsi Gansu, ia menginvestasikan 200 juta yuan untuk sebuah museum hanya untuk sepedanya.


Luas Museum

Setelah upaya 10 tahun, Museum Sepeda Gansu Sanmu, yang terletak di distrik Chengguan, Lanzhou, akhirnya dibuka untuk umum pada Januari 2019 secara gratis. Dengan luas 18.659 meter persegi, museum ini tidak hanya menyimpan sepeda, sekitar 200 tahun, tetapi juga sekitar 13.500 aksesori, manuskrip, buku, dan foto terkait sepeda.

Museum ini telah ditetapkan sebagai pusat penelitian di luar kampus untuk siswa sekolah dasar dan menengah setempat dan juga populer di kalangan wisatawan. Pada paruh pertama tahun 2021 saja, ia menerima lebih dari 900.000 wisatawan.

Chai terus meningkatkan fasilitas di dalam museum, melengkapinya dengan teknologi mutakhir. Misalnya, instalasi VR tersedia bagi pengunjung untuk merasakan sensasi mengendarai berbagai jenis sepeda.

Karena ruang terbatas, sebagian besar koleksi Chai belum dipamerkan dan harus disimpan di gudang, mendorongnya untuk meningkatkan museum.

"Sepeda membawa kenangan unik dan berharga dari generasi kita. Saya berharap dapat memperluas skala area pajangan museum dan memberikan 'rumah' yang nyaman bagi sepeda saya," katanya.


Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

 

Prancis Kekurangan Donor Sperma

Legalkan Perawatan Kesuburan untuk Lesbian dan Perempuan Lajang, Prancis Kini Kekurangan Donor Sperma

Liputan6.com 2021-10-03 20:02:00
Ilustrasi kehamilan. (dok. Unsplash.com/@by_syeoni)

Sebuah undang-undang disahkan pemerintah Prancis yang melegalkan perawatan kesuburan untuk pasangan lesbian dan perempuan lajang. Ini setelah Menteri Kesehatan Prancis menandatangani keputusan pada Rabu, 29 September 2021.

Dilansir dari CNN, Minggu (3/10/2021), pasangan lesbian yang bermimpi memiliki anak bersama adalah Aurore Foursy dan Julie Ligot. Pasangan yang bertemu di aplikasi kencan online ini berencana tinggal bersama dan akan membeli tempat tidur bayi.

"Logis bagi kami untuk membangun keluarga bersama," kata Foursy.

Foursy adalah aktivis LGBT sejak lama, sedangkan Ligot bekerja di bidang IT. "Ini adalah langkah besar bagi Prancis. Kami telah berjuang begitu lama untuk hak ini," ungkap Foursy.

Prancis kini berada di antara total 13 negara di Eropa, yakni 11 negara anggota Uni Eropa serta Inggris dan Islandia. Negara ini menawarkan perawatan kesuburan bagi perempuan lesbian dan lajang.

Klinik kesuburan memperkirakan lonjakan permintaan. "Kami memperkirakan tambahan 200 pasien per tahun," kata Laurence Pavie selaku manajer di pusat kesuburan Diaconesses Croix Saint-Simon di Paris.

"Dunia perlu tahu bahwa pasangan lesbian dan perempuan lajang sangat disambut. Kami akan mencoba memberi mereka perawatan terbaik," tambahnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Klinik Perawatan

Awal bulan ini, Kementerian Kesehatan mengumumkan pengeluaran tambahan sebesar 9,3 juta dolar AS (Rp132 miliar). Dana ini dialokasikan untuk staf dan peralatan untuk klinik kesuburan untuk membantu mereka mengantisipasi lonjakan permintaan.

Ini bertujuan untuk mengurangi waktu tunggu pengobatan dari satu tahun yang merupakan rata-rata saat ini, menjadi enam bulan. Bagi Dr. Meryl Toledano, yang menjalankan klinik kesuburannya sendiri, target ini tampaknya ambisius.

"Dengan sperma dari Prancis saja, kami akan berjuang untuk memenuhi permintaan," katanya.

Prancis tidak mengizinkan impor sperma dari luar negeri. Karena undang-undang melarang sumbangan sperma demi uang, Prancis juga berjuang untuk memproduksi sperma sendiri dalam jumlah yang cukup.

Undang-undang baru juga mencakup penghentian anonimitas yang dijamin untuk donor sperma mulai September 2022, sebuah langkah yang kemungkinan akan menambah kekurangan. Angka resmi terbaru menunjukkan bahwa total hanya 317 donasi sperma dilakukan di Prancis pada 2019, angka ini turun dari 386 pada 2018, dan 404 pada tahun sebelumnya.


Donor Sperma

Badan Biomedis, sebuah badan yang didanai negara, berencana untuk meluncurkan kampanye informasi online pada 20 Oktober dalam upaya untuk mengatasi krisis sperma. "Menyumbangkan sperma adalah tindakan solidaritas yang intim," kata Helene Duguet, juru bicara agensi tersebut.

"Langkah pertama adalah memberi tahu orang-orang bahwa sumbangan ini mungkin dan dapat membantu orang untuk membentuk keluarga. Idenya adalah untuk mendorong para donor selama bertahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Waktu tunggu yang lama didorong oleh kekurangan sperma membuat banyak lesbian dan perempuan lajang yang lebih tua berencana melanjutkan perawatan kesuburan di luar negeri, meskipun ada undang-undang baru. Toledano sering merekomendasikan agar perempuan yang lebih tua mengambil langkah ini.

"Di Spanyol bisa mendapatkan sperma dalam satu hari, jadi pasien dengan uang pergi ke sana. Mereka yang tidak punya uang harus menunggu 6--12 bulan dan berisiko tidak berhasil karena usia 40 tahun berefek yang sangat besar pada kemungkinan kehamilan," katanya.


Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19