Volume 109

Siklus 100 Tahun Tsunami

HEADLINE: Modeling Tsunami Siklus 100 Tahunan di Pesisir Selatan Jawa, Bagaimana Mitigasinya?

Liputan6.com 2021-10-15 00:00:00
Banner Infografis Waspada Siklus 100 Tahunan Tsunami di Pesisir Selatan Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)

Kamis 3 Juni 1994 menjadi hari yang kelam bagi warga Banyuwangi. Saat mereka terlelap, gelombang tsunami setinggi 7 meter datang menghantam pesisir selatan Jawa Timur. Kawasan pesisir Banyuwangi menjadi titik lokasi yang paling parah terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, tsunami Banyuwangi 1994 dipicu gempa bumi tektonik yang berpusat di Samudera Hindia. Gempa terjadi pada Kamis 2 Juni 1994, sekitar pukul 18.00 WIB.

Usai gempa warga menyaksikan air laut surut hingga malam, suatu pemandangan aneh, karena biasanya air laut akan naik di malam hari. Tak disangka air laut tumpah ke perkampungan mereka. Pemukiman penduduk dan pantai-pantai rata dengan tanah. Tercatat 250 orang meninggal dunia dalam peristiwa nahas itu.

Jika dirunut, selain tsunami Banyuwangi 1994, tercatat ada 10 tsunami lain yang pernah terjadi di selatan Pulau Jawa. Yang paling jauh terjadi pada 1818 di Banyuwangi, Bantul (1840), Tulungagung (1859), Kebumen (1904), Jember 1921), Pangandaran (1921), Banyuwangi (1925), Purworejo (1957), Pangandaran (2006), dan selatan Jawa Barat (2009).

Masyarakat perlu menyadari, Indonesia negara kepulauan yang terletak persis di pertemuan empat lempeng tektonik, yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia, dan lempeng Samudera Pasifik. Tak hanya itu, pada bagian selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera, melintasi Pulau Jawa, hingga ke Sulawesi. Hal ini yang menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara paling rawan gempa bumi. Dan jika itu terjadi di tengah laut, akan berpotensi menjadi tsunami.

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tsunami yang terjadi di Indonesia kebanyakan disebabkan gempa-gempa tektonik yang terjadi di sepanjang daerah subduksi dan seismic aktif. Tercatat, selama kurun waktu tahun 1.600 hingga 2.000 terjadi 105 peristiwa tsunami yang 90 persen di antaranya disebabkan gempa tektonik, 9 persen letusan gunung berapi, dan sisanya karena tanah longsor.

Sadar akan hal itu, BMKG terus mengingatkan warga, terutama yang berada di kawasan pesisir untuk lebih waspada terhadap potensi gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan tsunami dahsyat.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang Ma'muri, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/10/2021) mengatakan, di pesisir Jawa Timur misalnya, ada potensi gempa besar Magnitudo 8,7 yang bisa berdampak , dan ini perlu diwaspadai.

"Tapi bukan berarti di selatan Jawa Timur itu tiap seratus tahunan ada gempa. Tapi memang ada metode untuk menghitung periode ulangnya. Itu juga tidak pasti kebenarannya," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Modeling Jika Gempa Magnitudo 8,7 Terjadi

BMKG sudah mengeluarkan juga kajian yang menyebut ada potensi gempa besar di selatan Jawa Timur, bahkan sebenarnya bukan hanya di selatan Jawa Timur, tapi juga di seluruh Indonesia. Ma'mur menyebut, berdasarkan kajian para ahli dan buku Pusat Studi Gempa Bumi Nasional tahun 2017, disebutkan ada potensi gempa Magnitudo 8,7 di selatan Jawa Timur.

'Kapan terjadinya, tidak ada yang tahu, tapi memang ada potensi seburuk itu," katanya.

Memang tidak ada yang tahu pasti kapan bencana akan terjadi, namun demikian, Ma'mur mengambil kemungkinan terburuk jika gempa Magnitudo 8,7 benar-benar terjadi, gelombang tsunami seperti apa yang bakal melanda pesisir Jawa Timur?

Ma'mur kemudian melakukan modelling tsunami. Tujuannya agar pemerintah daerah pemda benar2 siap menentukan jalur dan titik evakuasi yang benar-benar aman. Dan menentukan titik evakuasi akhir yang benar-benar aman.

"Makanya kemarin itu di Tulungagung saya melakukan verifikasi di Pantai Popoh. Ternyata dari hasil survei itu, pemda sudah ploting jalur evakuasinya. Dan ternyata kita cek, berdasarkan hasil modelingnya kan di Tulungagung tsunaminya kurang lebih 24-27 meter di bibir pantai. Waktu tibanya itu sekitar 27-30 menit setelah gempa," katanya.

Dari situ, Ma'mur melihat ternyata di Pantai Popoh, kira-kira saat dimodelingkan, rendamannya itu cukup tinggi, yaitu sekitar 22 meter. Ma'mur kemudian menghitung berapa waktu yang diperlukan warga untuk sampai ke titik evakuasi paling aman jika kemungkinan terburuk itu benara-benar terjadi.

"Setelah kita hitung, di Pantai Popoh, untuk sampai di titik evakuasi teraman butuh waktu sekitar 15 menit. Artinya masih cukup waktu bagi masyarakat untuk masuk ke jalur evakuasi. Itu jalan lambat, kalau dalam keadaan panik secara bergerombol itu akan lebih cepat," katanya.

Usai sampai di titik evakuasi, pemerintah daerah juga perlu memastikan titik itu benar-benar menjadi lokasi paling aman, mengingat rendaman air di lokasi itu berpotensi mencapai 22 meter.

"Nah saya mau luruskan, yang siklus 100 tahunan ini bukan di selatan Jawa Timur. Seperti yang heboh dibicarakan media-media, saya hanya memberi contoh ke media," katanya.

Meski begitu Ma'mur tidak menampik ada cara penghitungan gempa menggunakan periode ulang, ada yang seratusan, ada yang dua ratusan. Tapi tidak ada orang yang bisa memastikan kapan bencana itu akan terjadi. Makanya BMKG melakukan modelling dengan melihat survei di lapangan, topografinya seperti apa, dan dilakukan di semua wilayah Indonesia.

"Modeling tsunami ini dibuat untuk memudahkan pemda melakukan langkah mitigasi. Kalau tiak ada modelling seperti ini, kita akan bingung saat evakuasi," katanya.

Ma'mur menegaskan, modelling tsunami yang dilakukan ini sifatnya bukan untuk menakuti masyarakat. Namun tujuannya lebih kepada untuk menyiapkan mitigasinya, dan mengingatkan masyarakat bahwa ada potensi ini.

'Mudah-mudahan masyarakat sekarang sudah lebih teredukasi dengan ini semua. Ini adalah potensi, artinya bisa terjadi, bisa juga tidak," katanya.


Strategi Mitigasi

Ma'mur menilai, secara umum mitigasi yang dilakukan berbagai pemerintah daerah di Jawa Timur saat ini sudah bagus. Jalan evakuasi kebanyakan sudah beraspal, meski ada beberapa pesisir yang masih belum. Masyarakat di lokasi juga sudah mulai teredukasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa yang menimbulkan tsunami.

"Tapi kita sebagai pemda atau BMKG perlu terus mengingatkan, jangan sampai masyarakat lupa lagi. Edukasi secara kontinyu itu yang perlu dilakukan," katanya.

BMKG juga telah menyiapkan early warning system berupa sirine tsunami yang bakal berbunyi jika potensi itu ada. Ma'mur mengharapkan masyarakat merawat dengan baik sistem peringatan dini yang ada. Mengingat pihaknya selalu merawat dan melakukan simulasi setiap bulan. Pihak pemerintah daerah juga perlu turun tangan merawat dan memastikan sistem peringatan dini itu berfungsi dengan baik.

"Jangan sampai saat bencana terjadi, sistem tidak berfungsi, itu kan yang sering terjadi," katanya.

Dalam upaya memitigasi potensi megabencana itulah BMKG proaktif melakukan sosialisasi lapangan ke daerah-daerah rawan tsunami. Di Jawa Timur mulai Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember hingga Banyuwangi.

"Kami langsung turun lapangan guna melakukan verifikasi jalur evakuasi dan titik evakuasi akhir yang sudah ada di masing-masing daerah," ujarnya.

Hasilnya, lanjut dia, sejauh ini hampir semua daerah telah memiliki pemetaan dan sarana pendukung jalur evakuasi serta titik evakuasi dirasa sudah aman.

"Kami ukur ketinggiannya ternyata sudah aman dari tsunami," katanya.

Selain jalur evakuasi, yang terpenting menurut Ma'muri adalah edukasi terhadap masyarakat saat terjadi tanda-tanda bencana.Khusus untuk tsunami, masyarakat diharapkan mengingat rumus 20 20 20.

Rumus ini berarti, jika terjadi gempa lebih dari 20 detik, warga punya waktu 20 menit untuk mengungsi ke tempat dengan ketinggian di atas 20 meter.

"Edukasi 20 20 20 tepat, tapi yang terpenting harus secara kontinyu (berkelanjutan), sebab terjadinya kapan kita tidak tahu," katanya.


Potensi Bukan Prediksi

Sementara itu, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/10/2021) mengatakan, sebelum jauh bicara mitigasi, semua pihak harus tahu dulu karakteristik bahaya tsunami.

"Tidak cuma berapa tinggi tsunaminya, tapi juga di situ periode ulangnya berapa. Karena ini akan menentukan bentuk mitigasi seperti apa yang akan kita upayakan," katanya.

Muhari mengatakan, dalam mengambil kebijakan penanggulangan bencana tsunami, BNPB selalu menggunakan data-data GPS dan data-data titik episenter gempa untuk bisa menentukan berapa energi tsunami yang dibawa. Olah data ini yang kemudian menjadi hitung-hitungan potensi, bukan prediksi seperti yang ramai dibicarakan belakangan.

"Kita juga menghitung ulang, mempelajari ulang, episenter-episenter kecil titik-titik gempa. Dapatlah kita dua segmen yang berpotensi menimbulkan tsunami, di sebelah selatan Banten itu 8,8 dan di pesisir selatan Jawa Timur bisa 8,9. Tapi ini yang perlu dijelaskan, magnitude sebesar itu bisa tercapai kalau pergerakan lempeng ini tidak lepas selama minimal 400 tahunan," kata Muhari.

Yang menjadi masalah, kata Muhari, Indonesia kekurangan informasi sejarah kejadian bencana tsunami atau gempa besar yang pernah terjadi di selatan Jawa. Sehingga sangat sulit untuk menentukan periode gempa. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah, belum sampai periode tertentu, namun energinya sudah dilepas.

"Misal harusnya 400 tahun tapi baru 100 tahun energinya sudah dilepas, itu bisa saja terjadi, tapi kekuatannya tentu tidak sebesar jika 400 tahun," katanya.


Mitigasi Berbasis Vegetasi

Muhari lalu mempertanyakan, mitigasi untuk tsunami sebesar apa yang akan dirancang? Jika di media heboh ada yang mengatakan potensi tsunami 20 meter, hingga saat ini bahkan di Jepang sekalipun, belum ada teknologi mitigasi yang mampu menahan tsunami lebih dari 20 meter. Sehingga jika bicara mitigasi maka kita harus melihat most probable event (potensi yang paling mungkin terjadi). Paralel dengan mitigasi BNPB juga melakukan upaya kesiapsiagaan seperti penyiapan sarana dan prasarana evakuasi.

Belajar dari pengalaman buruk tsunami 1994 yang terjadi di Jawa Timur dan 2006 di Jawa Barat. Dari situ bisa diolah data untuk menemukan berapa tinggi air saat masuk daratan.

"Di Jawa Timur 1994 paling tinggi maksimal 12 meter, rata-rata sampai ke darat 4-5 meteran. Pangandaran maksimal 14 meter, sampai ke darat 4-5 meter. Jadi kita bisa ambil rata-rata yang harus kita mitigasi ketinggian 5-6 meter. Karena itu yang paling mungkin terjadi," katanya.

Lalu strategi mitigasi seperti apa yang bisa dilakukan? Muhari mengatakan, yang paling mungkin untuk saat ini adalah opsi mitigasi berbasis vegetasi. Itu menjadi opsi terbaik ketimbang membuat tanggul raksasa penahan tsunami. Mengingat struktur beton setelah 30 tahun fungsinya tidak lagi optimal.

"Jepang itu bangun tembok laut 1960, begitu masuk awal 2000 mereka bongkar bangun lagi yang baru. Artinya itu cuma satu generasi. Kalau kita bicara tsunami misal periode ulangnya 100 tahun, sudah habis nilai fungsinya. Tapi kalau kita bicara vegertasi, kita tanam cemara, pandan laut, mangrove. makin lama rantingnya makin rapat, makin mampu mengurangi daya rusak gelombang tsunami," katanya.

Muhari lalu menceritakan sebuah desa di selatan Tanjung Lesung, yang tidak terkena dampak signifikan saat tsunami Krakatau menerjang kawasan itu. Pasalnya ada hutan pantai setebal 180 meter yang melindungi desa itu. Saat tinggi gelombang tsunami sekitar 4 meter melanda, yang masuk ke pemukiman warga di desa tersebut hanya sekitar 30-40 cm.

"Dia naiknya kayak banjir dan tidak merusak. Tapi hutan pantainya hancur, energi tsunaminya kurang jauh. Rumah di desa itu semuanya dari bamboo tapi gak ada yang rusak," kata Muhari.

Inilah yang kemudian dilakukan BNPB, yaitu melakukan mitigasi vegetasi di banyak tempat dan lokasi yang berpotensi tsunami. Selain juga berkolaborasi dengan BMKG dan pemerintah daerah setempat untuk membangun jalur evakuasi yang terstruktur.

"Ke depan kita maunya itu tidak ada lagi sirene, tidak ada lagi namanya pengeras suara, kita maunya nanti lewat hape. Jadi tiap orang yang di radius tsunami akan otomatis mendapat peringatan langsung melalui ponsel saat potensi itu muncul. Mudah-mudahan ini bisa terealisasi sekitar 3-4 tahun lagi," katanya.


Infografis

 


Simak juga video pilihan berikut ini:

Kado Ultah Jimin BTS

Jimin BTS Ulang Tahun ke-26, Fans Buat Jiminland di Toko Bebas Bea Terbesar di Dunia

Liputan6.com 2021-10-14 15:01:00
Jimin BTS. (Big Hit Music via Soompi)

Momen spesial yang dirayakan idola juga turut membawa kebahagiaan bagi para penggemar. Begitu pula ketika Jimin BTS berulang tahun ke-26 atau 27 tahun dalam perhitungan tahun Korea, pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Dilansir dari Allkpop, Kamis (14/10/2021), Jimin BTS dihadiahi Jiminland yang diumumkan fanbase China ParkJiminBar melalui akun Twitter. Jimin akan menjadi orang pertama di dunia yang memiliki proyek ulang tahun seperti itu.

Proyek Jiminland termasuk pembuatan 15 lampu raksasa dengan citra tarian klasik Jimin sebagai bangunan ikonik. Kado fantastis ini juga berdinding bunga berbentuk bulan dan boneka besar untuk menciptakan Jiminland.

Fanbase berkolaborasi dengan Yongsan IPark Mall di Korea Selatan untuk mengamankan dasar pembuatan proyek ini. Yongsan IPark Mall berdiri di atas lahan seluas 335.147 meter persegi dan salah satu bangunan paling terkenal di Seoul.

Area yang luas memungkinkan proyek yang cukup besar untuk pengalaman yang lebih baik. Jimin adalah idola pertama di dunia yang memiliki 15 lampu raksasa yang dibuat dalam citra tarian klasiknya sebagai bangunan ikonik.

IPark adalah toko bebas bea kota terbesar di dunia dan menampung beberapa kawasan bisnis terpenting. Investasi besar dilakukan untuk menjalankan proyek perayaan bertema Jimin melalui distrik-distrik tersebut, karena publisitas proyek tersebut.

Bahkan, proyek tersebut berada di dekat HYBE di Yongsan, dengan volume lalu lintas yang tinggi untuk meningkatkan iklan. Lokasi proyek memfasilitasi publisitas besar dan juga kesempatan bagi Jimin untuk melihatnya dengan mudah.

Beberapa fitur proyek termasuk boneka ulang tahun kustom raksasa dengan model kue ulang tahun dan dinding bunga tema ulang tahun bulan besar. Ada pula dekorasi dengan bola bercahaya warna-warni dan balon bulu dengan foto Jimin, karakter bercahaya tiga dimensi raksasa 'HAPPY JIMIN DAY,' yang melengkapi lampu dansa.

Fitur lain adalah lampu bercahaya raksasa, potongan karton Jimin, dan tiga kafe bertema khusus ulang tahun Jimin. The Garden Street yang menutupi jalan utama dipenuhi dengan bendera ulang tahun Jimin, empat spanduk veneer Jimin super besar yang disesuaikan di area inti, dan memainkan lagu solo Jimin di The Garden untuk meningkatkan suasana.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Persembahan dari Jepang

Berlokasi di Distrik Yongsan, proses negosiasi dengan badan terkait tidak mudah. Mengingat, belum pernah ada proyek seperti itu untuk idola yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pengaruh luar biasa Jimin di kota kelahirannya dan pengakuan nasionalnya, ditambah dengan status dan popularitas Jimin yang tinggi bersama dengan grupnya, memungkinkan untuk mengamankan kesempatan baginya. Ini adalah salah satu proyek dukungan ulang tahun yang akan diingat untuk waktu yang lama.

Basis penggemar yang sama diatur untuk Yunika Vision AD di Shinjuku, Jepang. Namun, di Jepang, penggemar lain mengorganisir 'Jimin Truck' untuk menghormati Jiminday. Truk itu berkeliling memainkan lagu solo Jimin, Filter, Lie, dan Serendipity, bersama dengan lagu BTS lainnya. Seorang penggemar melihat truk tersebut di sekitar Fukushima, Jepang, dan mengunggah sebuah klip.

Dalam video terlihat bahwa truk tersebut menarik banyak perhatian publik, bahkan beberapa orang berhenti untuk mengambil foto dan video. Penggemar Jepang bahkan memiliki pertunjukan kembang api untuk merayakan ulang tahun Jimin dan banyak iklan video lainnya. Promosi Jimin di Jepang sangat tepat untuk ulang tahunnya.


Dukungan dari Berbagai Negara

Karena berbagai fanbase dan penggemar telah membuat beberapa proyek paling unik dan bersejarah untuk merayakan ulang tahun Jimin, beberapa proyek telah menarik perhatian dari berbagai institusi. Satu proyek akhirnya dipajang di dinding luar Pusat Kepresidenan Boris Yeltsin, salah satu museum terbaik di Eropa.

Penggemar lain membuat kompilasi video dari ARMY yang berbeda dari berbagai tempat di dunia. Semuanya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Jimin.

Donasi lain dilakukan oleh @jmnsource atas nama Jimin. Donasi ini untuk mendukung organisasi yang menangani anak-anak dengan bibir sumbing, mempromosikan pendidikan kelompok terpinggirkan, dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan.

Penggemar di Myanmar berdonasi untuk sebuah organisasi yang mendukung dan memberikan perawatan kepada anak-anak yang terkena HIV/AIDS. Penggemar Nigeria menyumbang untuk mendukung pasien kanker kaki yang membutuhkan operasi. Ada banyak proyek donasi yang dilakukan oleh penggemar Jimin untuk ulang tahunnya. Hatinya yang baik, empati, dan murni memiliki pengaruh besar pada para penggemarnya.


Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

 

Lindungi Petani Palestina

Kampanye Damai Melindungi Petani Palestina di Musim Panen Zaitun

Liputan6.com 2021-10-14 13:01:00
Relawan Palestina membantu petani memanen buah zaitun selama musim panen di sebuah ladang di lingkungan Shijaiyah dekat perbatasan dengan Israel, timur Kota Gaza (7/10/2021). (AFP/Mohammed Ab

Kampanye 10 hari untuk membantu dan melindungi petani Palestina telah diluncurkan di daerah yang dianggap berisiko tinggi terhadap serangan pemukim Israel. Momen tersebut bertepatan dengan musim panen zaitun di Palestina.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (14/10/2021), puluhan sukarelawan Palestina tiba di Desa Jalud, di pinggiran selatan Nablus di Tepi Barat, Rabu, 13 Oktober 2021. Sukarelawan, baik muda maupun tua, membantu pemilik tanah memanen pohon zaitun mereka secepat mungkin.

Kelompok sukarelawan lain bekerja secara bersamaan dengan pemilik tanah di desa sebelah Qaryout. Kampanye yang digelar Komite Persatuan Kerja Pertanian (UAWC), akan mencakup 12 desa, terutama di Nablus selatan, juga di daerah Ramallah dan Betlehem.

Kampanye ini akan menyatukan lebih dari 250 sukarelawan termasuk mahasiswa, komite pertanian, dewan lokal, dan penduduk desa. Muayyad Bsharat, kepala advokasi di UAWC, menyebut kepada Al Jazeera bahwa tujuan utama kampanye ini adalah untuk "memperkuat kendali atas sumber daya alam kita, dengan membawa petani Palestina ke tanah mereka di Area C, dan ke daerah lain yang terancam oleh pendudukan Israel."

"Idenya adalah meluncurkan kampanye di salah satu 'titik panas' di Nablus selatan," kata Bsharat. "Kehadiran sejumlah besar orang di tanah membuat para pemukim takut dan membuat mereka tidak dapat melakukan serangan. Ketika kami membawa 50 hingga 60 sukarelawan setiap hari, ini adalah spanduk yang menjauhkan para pemukim."

Kampanye lain juga telah diluncurkan oleh kelompok pemuda dan komite populer untuk musim ini, yang berlangsung hingga November. "Para petani akan merasa bahwa mereka mendapat bantuan, terutama di daerah yang paling sensitif, di mana mereka harus memetik buah zaitun dengan cepat," kata Bsharat.

Desa-desa Palestina di Nablus selatan menghadapi serangan paling sistematis oleh pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Qusra, Burin, dan 'Urif. Serangan termasuk penyerangan fisik dan pemukulan dengan batu dan pentungan, perusakan properti, termasuk rumah, sekolah, dan mobil, serta pencurian dan perusakan tanaman dan ladang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Semangat di Tengah Keterbatasan

Pada 2020, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mencatat 40 serangan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina selama musim panen zaitun, 17 di antaranya di provinsi Nablus, diikuti oleh 10 di daerah Ramallah. Jalud dan desa sebelah Qaryout dikelilingi oleh tiga pemukiman besar dan serangkaian pos terdepan yang melapisi tepi sisa tanah mereka.

Kedua desa kecil tersebut sering menjadi sasaran serangan pemukim, yang sering melakukannya dengan perlindungan tentara Israel. Pemukim di pos-pos terdekat Adei Ad, Esh Kodesh, dan Ahiya adalah beberapa yang paling kejam di Tepi Barat yang diduduki.

Pada 2019, pemukim membakar sekitar 1.000 pohon zaitun di Jalud. Baru-baru ini di bulan Mei, para pemukim membakar kebun zaitun dan menebang tiang listrik yang melayani Jalud, untuk ketiga kalinya.

Qassem al-Haj Mohammad, seorang petani berusia 52 tahun, memiliki beberapa bidang tanah di Jalud bersama saudara-saudaranya, yang mereka warisi dari ayah mereka. Tanah keluarga telah diserang oleh pemukim pada beberapa kesempatan, termasuk dalam satu contoh menebang 40 pohon zaitun yang mereka tanam pada 1980-an.

Dalam contoh lain membakar 150 pohon zaitun yang ditanam oleh ayah mereka pada 1960-an. Ia mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pemukim mencoba memprovokasi warga Palestina dengan tujuan mengumpulkan reaksi, yang kemudian dapat mereka gunakan sebagai alasan bagi tentara untuk mencegah mereka mengakses tanah mereka. "Mereka ingin kita melakukan apa saja, supaya mereka bisa menguasai wilayah itu."


Merugi

Perjuangan keluarga melampaui serangan pemukim. Keluarga Qassem, seperti banyak keluarga lainnya, dilarang mengakses sebagian besar tanah mereka di daerah yang dekat dengan pemukiman, kecuali dua hingga tiga hari dalam setahun.

"Mereka mengizinkan kami satu atau dua hari untuk menanam tanaman kami, dan satu hari untuk memanennya, sepanjang tahun," kata Qassem.

"Kami tidak diperbolehkan melakukan hal lain untuk memelihara pohon, jadi setiap tahun, hasil panen kami berkurang," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa satu tahun, dia dan lima pemilik tanah lainnya secara kolektif kehilangan sekitar 40.000 shekel atau setara Rp175 juta. "Namun, kami terpaksa pergi ke sana dan bekerja pada hari-hari yang diizinkan. Jika kita biarkan, tentara dan pemukim akan menggunakannya sebagai alasan untuk menangkap," tambahnya.

Qassem memperkirakan bahwa petani Palestina di daerah itu kehilangan puluhan ribu shekel setiap tahun. Hal tersebut dikarenakan pembatasan pendudukan Israel di tanah mereka.


Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

 

Batik Lubuklinggau Eksis di Milan

Batik Durian Lubuklinggau Eksis di Panggung Milan Fashion Week 2021

Liputan6.com 2021-10-14 10:01:13
Salah satu looks dari JYK label yang ditampilkan dalam Milan Fashion Week 2021. (dok. JYK)

Wastra Indonesia terus bergerilya di kancah internasional. Kali ini giliran batik durian yang tampil di Milan Fashion Week 2021. Pekan mode itu berlangsung pada 21-27 September 2021 di Palazzo Visconti di Modrone, Milan, Italia.

JYK, label fesyen lokal yang berbasis di Jakarta, memanfaatkan batik durian untuk koleksi Spring/Summer 2022. Ada 10 tampilan yang dihadirkan JYK bertema Revolutionary Hope. Tema itu dimaknai sebagai suatu harapan dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan dalam hidup.

Sang desainer, Jenny Yohana Kansil mengungkapkan gaya yang dihadirkan terinspirasi dari gaya punk era 70an. Ia memadukan dengan kain batik durian yang berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Lubuklinggau.

"Segala sesuatu bekerja untuk membawa kebaikan buat kita. Ini saya dapatkan inspirasi ini dari durian," tutur Jenny, dalam acara Press Conference JYK - Batik Durian Lubuklinggau Milan Fashion Week, Rabu, 13 Oktober 2021.

Harapan tersebut dilambangkan dengan motif lingkaran atau bentuk bulat dari buah durian itu sendiri. "Round symbol ini melambangkan 360 of section, which is if we have a hope akan melindungi kita dari hal negatif, our health, our mental health, and everything," ujar Jenny.

Yetti Oktarina Prana, Ketua Dekranasda Lubuklinggau dan Ketua Tim Penggerak PKK, mengaku awalnya ragu membawa batik durian Lubuklinggau ke kancah kancah internasional. Menurutnya, batik durian Lubuklinggau masih tergolong muda dan sederhana ketimbang batik-batik Indonesia lainnya.

"Sampai hari ini saya masih gak percaya bahwa Batik Durian bisa sampai ke Milan Fashion Week. Saya diajak oleh Mbak Jenny untuk membawa Batik Durian ke Milan," ujar perempuan yang akrab disapa Rina itu.

Ia menyebut sejak tampil di Milan Fashion Week 2021, peminat dari batik durian melonjak. Karena terbilang batik baru, Rina menjelaskan batik ini tidak memiliki aturan khusus sehingga lebih fleksibel diolah.

"Jadi dia batik yang baru lahir, dia tidak punya beban pakem yang pasti sehingga ini menjadi salah satu daya tarik. Dia bebas untuk berkembang menjadi dirinya sendiri," ujar Rina.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jengkol dan Pinang

Batik yang dirintis sejak 2013 ini menggunakan pewarna alami dari jengkol dan pinang. Kedua tanaman ini dapat menghasilkan warna cokelat yang indah pada kain batik. Jengkol dapat memberikan warna cokelat tua yang pekat, sementara pinang dapat memberikan warna cokelat muda.

Rina menjelaskan, pemilihan nama batik dikarenakan Kota Lubuklinggau merupakan kota penghasil buah durian. "Durian kita luar biasa bagusnya, kalau bisa saya bilang durian kita mungkin salah satu yang terbaik," ujar Rina.

Durian Lubuklinggau biasanya dibiarkan hingga buah tersebut jatuh sendiri ke tanah dan tidak pernah dipetik. Karena Kota ini memiliki banyak komoditas durian, banyak pengusaha durian lokal dan olahan durian lainnya di kota ini.

Rina menuturkan bahwa, pemilihan buah durian sebagai motif batik karena jika buah durian diaplikasikan pada kain, bentuk dari buah tersebut masih terlihat. "Di awal-awal, kita konsisten kalau motif batik kita terbelah agar terlihat kalau itu buah durian. Saat ini pengembangan motif tidak kaku, jadi duriannya bebas," tambah Rina.


Kuasai Medan

Sementara, JYK berkomitmen untuk menggunakan kain alami yang berkelanjutan, seperti sutra mentah, sutra organza, katun, dan kulit vegan yang terbuat dari limbah kopi dan sayuran guna mendukung gerakan global sustainable fashion. Sama halnya dengan bahan batik yang digunakan, terbuat dari katun dan sutra dengan teknik pewarna ramah lingkungan.

Jenny menuturkan, pemilihan Kota Milan sebagai tempat pertunjukkan karena Milan merupakan kota mode dunia. "(Milan) rumah kedua bagi saya. Saya telah memiliki networking dan menguasai medannya," tambahnya.

Ia menambahkan, melalui Milan Fashion Week JYK tidak hanya sekadar menampilkan koleksi, sekaligus memperluas koneksi untuk membuka peluang kerja sama di kemudian hari.

"Sebagai desainer, kita nggak jual baju tapi kita jual cerita. Because people don't need new clothes in their life or in their wardrobes, but they need a new story in their life,"tutup Jenny. (Gabriella Ajeng Larasati)


Motif-Motif Batik Indonesia

 

Pemain Sepak Bola Tunanetra

Intip Kunci Sukses Azeem Amir, Pemain Sepak Bola Tunanetra yang Menginspirasi

Liputan6.com 2021-10-14 13:00:59
Azeem Amir. Foto instagram @azeem_amir99

Azeem Amir adalah pemain sepak bola profesional tunanetra dan pendiri Learn with ESS, yang memberikan pelatihan kesadaran disabilitas untuk bisnis, sekolah, dan perguruan tinggi di Inggris. Ia juga tengah mengejar gelar master dalam manajemen olahraga.

Dilansir dari Disability Horizons, Azeem menceritakan awal karirnya di bidang olahraga hingga mampu berkompetisi di tingkat profesional, serta apa yang memotivasinya untuk memulai bisnisnya sendiri.

Ternyata, Azeem dulunya selalu bersekolah di sekolah umum. Padahal, ia mengakui merasa kesulitan karena kurangnya dukungan dan pemahaman dari staf pengajar tentang kebutuhan dan keinginannya untuk mandiri. Bahkan orang tuanyatelah diberitahu bahwa Azeem sebaiknya disekolahkan di sekolah kebutuhan khusus. Namun mereka tidak mau melakukannya demi Ameer.

Sehingga, Ameer selalu lebih tekun sampai akhirnya mendapat dukungan eksternal dari dewan lokal. "Dengan itu dan bantuan dari keluarga saya, saya belajar bagaimana menggunakan Braille dan keterampilan lain yang diperlukan untuk mandiri," kata Ameer.


Menjadi Pesepakbola Tunanetra

"Saya mulai bermain sepak bola sebagai hobi sejak usia dini dan sangat menikmatinya. Saat saya terus bermain dan passion saya dalam olahraga semakin tumbuh," jelasnya.

Sehingga saat ia mendengar sebuah program yang disebut Talent Pathway, yang mengawasi pelaksanaan kamp bakat nasional dan memberikan dukungan dan kemajuan pengembangan bagi para atlet melalui berbagai tahap, Ameer tak melewatkan kesempatan itu.

"Melalui ini, saya dibina karena pelatih bisa melihat bahwa saya bisa bermain. Semuanya terjadi begitu cepat sehingga saya memutuskan untuk mengambilnya sebagai karier profesional. Sayangnya, saya ketinggalan bergabung dengan atlet lain di Paralimpiade 2020 dengan satu tendangan dalam latihan, yang sangat mengecewakan. Tapi saya sedang mempersiapkan Paralimpiade berikutnya."

Menurut Ameer, sepak bola tunanetra seperti sepak bola pada umumnya, namun hanya dilakukan oleh lima pemain dari masing-masing sisi. Empat orang penyerang dan penjaga gawang yang melihat akan menggunakan penutup mata. Selain tiu, pelatih akan berdiri di belakang para pemain dan memandu pemain untuk mengarahkan kemana tujuannya dan para pemain selain mendengarkan arsahan dari pelatih juga fokus mendengar pada suara bola yang memiliki lonceng di dalamnya.

"Saat berlatih di gym, saya memiliki pelatih pribadi untuk membantu dan mendukung saya jika diperlukan. Misalnya dengan membaca tampilan layar peralatan. Selain itu, saya berlatih seperti orang lain."

Adapun puncak karirnya hingga saat ini, Ameer mengakui bahwa itu merupakan saat ia melakukan debutnya di Jepang pada tahun 2018. Yang membuatnya istimewa karena diundang ke pertandingan dan mewakili negaranya di level tertinggi.

Menurut Ameer, seorang pesepakbola harus memiliki keterampilan koordinasi yang baik, kepercayaan diri, mindset berkembang untuk mendapatkan keterampilan komunikasi yang lebih baik. Sehingga ia menyarankan kepada penyandang disabilitas lain yang mungkin tertarik untuk menekuni sepak bola yaitu untuk mencoba setiap olahraga dan rekreasi lainnya juga. Lebih baik memilih yang Anda nikmati melakukannya agar tidak bosan. "Pastikan Anda melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia."


Meningkatkan Kesadaran Disabilitas

Ameer rupanya pernah melakukan Ted Talk beberapa tahun lalu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas. Yang bagi Ameer lagi-lagi merupakan suatu kehormatan bisa diundang sebagai pembahas untuk menyoroti disabilitas, terutama bahwa orang-orang tidak boleh meremehkan potensi pesepakboola tunanetra.

"Hal ini mendorong saya untuk bekerja dengan perusahaan dan meningkatkan kesadaran. Saya ingin orang merasa terinspirasi dan mengubah cara mereka memandang penyandang disabilitas."

Sehingga terbentuklah Learn with ESS, yang merupakan singkatan dari 'education sport and speaking'. Itu merupakan program kesadaran disabilitas yang menyediakan pelatihan dan aktivitas interaktif melalui pendidikan, olahraga, dan berbicara untuk mengatasi masalah seputar disabilitas. Sebab Ameer ingin mengubah cara orang memandang penyandang disabilitas.

Ada dalam pelatihannya, Ameer menyertakan orang-orang non-disabilitas dan memposisikan mereka sebagai penyandang disabilitas. Misalnya dengan mencoba berbagai kegiatan olahraga yang berbeda menggunakan kursi roda dan penutup mata.

Selain itu, Ameer juga aktif memberikan seminar motivasi ke sekolahh, perguruan tinggi dan bisnis di seluruh Inggris.

Ameer juga menyebutkan bahwa melalui sepak bola tunanetra, ia rutin didatangi orang-orang yang menanyakan disabilitasnya. Hal ini membuatnya berpikir jika mungkin ada suatu hal yang bisa ia lakukan untuk membantu orang-orang memahami, mendidik serta meningkatkan kesadaran tentang disabilitas.

Learn with ESS dimulai pada Februari 2020 dan secara resmi diluncurkan setelah setahun menjalankannya sebagai pilot pada Maret 2021.

Tentu bisnisnya juga terdampak oleh pandemi COVID-19, sebab mereka jadi tidak biisa memberikan pelatihan aktivitas fisik atau pelatihan langsung. Namun karena pandemi pula, mereka berhasil mengatur dan memberikan seminar motivasi secara online.

Sarannya bagi penyandang dosabilitas lainnya jika ingin memulai bisnis, "Sangat penting untuk mendapatkan orang-orang di sekitar Anda yang antusias dan dapat mengingatkan Anda mengapa Anda memulai bisnis Anda dan percaya bahwa Anda dapat mencapainya. Lakukan sesuatu yang menggambarkan kepribadian Anda dan sesuatu yang Anda sukai."

Ameer juga menyebutkan rencananya untuk ESS di masa depan agar bisa tumbuh secara organik dan geografis. selanjutnya membawanya secara internasional ke seluruh dunia ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Ia juga ingin menyesuaikannya dengan semua audiens.


Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

 

Tentara Korut 'Bertangan Besi'

Korut Pamer Tentara Topless 'Bertangan Besi', Pecahkan Bata dengan Tangan Kosong

Liputan6.com 2021-10-14 18:00:39
Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Media pemerintah Korea Utara (Korut) pada Selasa 12 Oktober 2021 merilis rekaman Kim Jong-un tersenyum dan bertepuk tangan ketika tentara bertelanjang dada, berpartisipasi dalam sebuah pameran yang dimaksudkan untuk memamerkan kekuatan otot pasukan negara itu, serta senjata yang telah dikembangkan Pyongyang untuk meluncurkan serangan nuklir.

Rekaman video yang beredar menunjukkan tentara Korut berseragam, menyerang rekan-rekan mereka yang topless alias bertelanjang dada dengan kayu dan memecahkan lempengan beton yang diletakkan di perut tentara dengan palu godam.

Mengutip Seattle Times, Kamis (14/10/2021), salah satu adegan yang sangat dramatis menunjukkan seorang prajurit bertelanjang dada melepaskan rantai dan terbaring di pecahan kaca sebelum lempengan beton diletakkan di perutnya dan dihancurkan.

Menurut The Hill, cuplikan dari pameran militer yang dipentaskan yang dimaksudkan untuk menunjukkan kepada musuh bahwa tentaranya memiliki "tangan besi" untuk melindungi negara.

Berbagai demonstrasi seni bela diri itu juga termasuk menghancurkan batu bata dengan tangan kosong, dan bahkan menghancurkan batu bata di kepala mereka.

Video-video luar biasa itu adalah bagian dari pameran "pertahanan diri" pada hari Senin, di mana totaliter Korea Utara memamerkan persenjataan nuklir dan militer terbarunya, termasuk versi senjata "hipersonik" yang menurut Pyongyang diuji bulan lalu.

Analis telah menyatakan keraguan atas kemampuan senjata itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bukan untuk Bermusuhan dengan Korea Selatan

Dalam pidatonya, Kim Jong-un mengatakan dia sedang membangun militer "tak terkalahkan" untuk melawan apa yang dia sebut permusuhan AS yang terus-menerus, dan bukan untuk memperbarui permusuhan dengan Korea Selatan.

"AS sering memberi isyarat bahwa mereka tidak memusuhi negara kami, tetapi tidak ada bukti berbasis tindakan yang membuat kami percaya bahwa mereka tidak bermusuhan," kata Kim hari Senin, menurut Korean Central News Agency. "AS terus menciptakan ketegangan di kawasan itu dengan penilaian dan tindakannya yang salah."

Pameran ini menandai peringatan 76 tahun Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara. Itu adalah peristiwa pertama dari jenisnya sejak Kim mengambil alih negara yang dilanda kemiskinan itu pada akhir 2011, menurut pejabat Korea Selatan.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara telah melakukan beberapa uji coba rudal yang dirancang untuk menunjukkan perkembangan penting dalam program senjata nuklir dan militernya. Korea Selatan juga telah memamerkan teknologi militer barunya sendiri.

Kucing Tercantik di Dunia

Ini Jenis Kucing Tercantik di Dunia Menurut Rasio Emas, Kucingmu Termasuk?

Liputan6.com 2021-10-14 16:07:50
Ilustrasi Kucing Credit: pexels.com/flicker

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan paling populer. Kecantikan kucing yang beragam dari berbagai ras adalah salah satu alasan yang membuatnya begitu populer.

Penelitian baru dari All About Cats telah memanfaatkan Golden Ratio atau Rasio Emas untuk menganalisis proporsi wajah dari 46 ras kucing paling terkenal untuk mengungkapkan secara matematis kucing tercantik di dunia.

Dan berdasarkan statistik, hasilnya ternyata cukup menarik. Berikut adalah 10 ras kucing tercantik di dunia menurut Golden Ratio dengan rasio mereka masing-masing:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ras kucing tercantik

1 - Hutan Norwegia: Hasil rasio = 1,65, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,03

1 - Biru Rusia: Hasil rasio = 1,65, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,03

1 - Manx: Hasil rasio = 1,59, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,03

4 - Ragamuffin: Hasil rasio = 1,67, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,05

4 - Siberia: Hasil rasio = 1,67, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,05

6 - American Curl: Hasil rasio = 1,56, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,06

7 - Selkirk Rex: Hasil rasio = 1,69, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,07

7 - Siam: Hasil rasio = 1,55, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,07

9 - Maine Coon: Hasil rasio = 1,71, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,09

10 - Egyptian Mau : Hasil rasio = 1,72, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,1

10 - Turkish Angora: Hasil rasio = 1,72, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 0,1


Tiga teratas kurang menarik

Sementara itu, ada tiga teratas yang kurang menarik secara visual. Mereka adalah:

1 - Himalaya: Hasil rasio = 58,49, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 56,87

2 - Peterbald: Hasil rasio = 19,78, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 18,16

3 - Persia: Hasil rasio = 7,49, selisih dari Rasio Emas 1,62 = 5,87

Norwegian Forest, Russian Blue dan Manx, telah mengamankan posisi teratas, semuanya mencetak 0,03 dari rasio emas 1,62.

Kecantikan matematis memang tidak murah. Karena Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk dapat membeli kucing Russian Blue, Norwegian Wood, dan Manx.

Di sisi lain, hidung mancung dan mata besar Himalayan berwajah datar telah menempatkannya di posisi teratas untuk jenis kucing 'paling jelek', diikuti oleh Peterbald yang aneh dan kucing Persia yang lancang. Meskipun peringkat secara substansial lebih rendah untuk daya tarik visual, nilai moneter dari milik breed ini hampir tidak berkurang.


Apa itu Rasio Emas?

Apa sebenarnya rasio emas itu? Rasio emas adalah algoritma simetri matematis yang mendasari persepsi manusia tentang daya tarik. Semakin dekat kita melihat wajah atau objek dengan rasio ini, semakin menarik secara estetis bagi otak kita, yang terprogram dengan preferensi untuk simetri.

Studi khusus ini menggunakan gambar 46 ras kucing paling terkenal untuk mengukur fitur wajah mereka. Karena penelitian ini hanya memperhatikan rasio, perbedaan ukuran antara gambar tidak mempengaruhi hasil keseluruhan.


Fitur yang diuji

Studi ini melakukan pengukuran untuk fitur-fitur berikut sebelum menjalankan angka melalui kalkulator rasio emas untuk mendapatkan skor rasio untuk setiap ras:

Panjang wajah

Bagian atas kepala hingga pupil mata

Pupil ke ujung hidung

Pupil ke mulut

Lebar hidung

Jarak antara sudut luar mata

Lebar wajah

Bagian bawah telinga ke pupil

Ujung hidung ke dagu

Mulut ke dagu

Panjang mulut

Ujung hidung ke mulut

Dilengkapi dengan skor rasio ini, All About Cats kemudian dapat mengetahui perbedaan antara skor masing-masing breed/ras dan rasio emas 1,62, memberi peringkat pada setiap breed berdasarkan seberapa dekat skor rasio mereka dengan ideal.

Meski demikian, pada dasarnya tiap kucing cantik. Setujukah Anda?

Polusi Limbah Elektronik

Limbah Elektronik Tahun 2021 Capai 57,4 Juta Metrik Ton

Liputan6.com 2021-10-14 12:00:33
Ilustrasi sampah elektronik. (dok. Unsplash.com/@john_cameron)

Limbah elektronik di seluruh dunia pada tahun 2021 diperkirakan mencapai 57,4 juta metrik ton.

Mengutip rilis pers WEEE Forum via Eurekalert, Kamis (14/10/2021), produksi limbah elektronik global meningkat setiap tahun sebesar 2 metrik ton, atau sekitar 3 hingga 4 persen.

Salah satu sumber masalah ini dikaitkan dengan tingkat konsumsi elektronik yang lebih tinggi--meningkat 3% setiap tahun, siklus hidup produk yang lebih pendek, dan pilihan reparasi yang terbatas.

"Banyak faktor yang berperan dalam membuat sumber daya sektor listrik dan elektronik menjadi efisien dan sirkular," ujar Pascal Leroy, Direktur Jenderal Forum WEEE, organisasi di balik Hari Limbah Elektronik Internasional.

Misalnya, kata Leroy, anggota organisasi WEEE mengumpulkan dan mengamankan daur ulang yang bertanggung jawab atas 2,8 metrik ton limbah elektronik pada 2020.

Namun, menurut dia, ada satu hal yang bersifat sangat sentral. "Selama warga tidak mengembalikan barang bekas, peralatan rusak, menjualnya, atau menyumbangkannya, kita perlu terus menambang semua material baru yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang hebat," tutur Leroy.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Data di Eropa dan AS

Di Eropa, 11 dari 72 barang elektronik di rumah tangga rata-rata tidak lagi digunakan atau rusak. Setiap tahun per warga negara di Eropa, 4 hingga 5 kilogram produk listrik dan elektronik yang tidak terpakai ditimbun terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang.

Melengkapi data itu, sebuah penelitian di Prancis memperkirakan bahwa bobot dari 54 hingga 113 juta unit ponsel setara dengan 10 hingga 20 ton. Ponsel-ponsel ini kebanyakan tersimpan di dalam laci dan ruang penyimpanan lainnya di rumah tangga.

Di AS, di mana banyak ponsel didaur ulang, diperkirakan 151 juta ponsel atau lebih per tahun--sekitar 416.000 ponsel per hari--dibuang ke tempat sampah hingga akhirnya dibakar atau ditimbun.

Di sinilah masalahnya, 40 persen logam berat di tempat pembuangan sampah AS berasal dari sampah elektronik.

Sementara itu, peralatan besar yang dibuang seperti kompor dan lemari es merupakan komponen terbesar dari limbah elektronik. Peralatan-peralatan elektronik berukuran besar itu mengandung baja, tembaga, dan aluminium.


Desain Ramah Lingkungan Baru untuk Perangkat Elektronik

Virginijus Sinkeviius, Komisaris Uni Eropa untuk Lingkungan, Kelautan dan Perikanan, menyatakan bahwa limbah elektronik adalah salah satu jenis limbah yang tumbuh paling cepat di Eropa dan di seluruh dunia.

"Untuk mengubah tren ini, kita tidak boleh menganggapnya sebagai limbah, melainkan peluang yang terbuang sia-sia karena produk yang tahan lebih lama akan sangat menghemat tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga dalam bahan mentah yang berharga dan emisi CO2," ujar Sinkeviius.

Komisi Uni Eropa untuk Lingkungan, Kelautan dan Perikanan, kata dia, sedang merancang persyaratan desain ramah lingkungan baru untuk perangkat elektronik. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan daya tahan perangkat dan membuatnya lebih mudah diperbaiki.

"Kami juga ingin konsumen memiliki informasi yang lebih baik, sehingga lebih mudah untuk membuat pilihan yang berkelanjutan," tutur Sinkeviius


Bagaimana dengan Sampah Elektronik di Indonesia?

Di Indonesia sendiri timbulan sampah elektronik mencapai 2 juta ton pada tahun 2021. Pulau Jawa berkontribusi hingga 56 persen dari generasi limbah elektronik tahun 2021.

Dalam webinar sampah elektronik yang digelar KLHK dan EwasteRJ, Kamis (14/10/2021), pengelolaan sampah elektronik di Indonesia belum optimal.

Untuk itu diperlukan adanya upaya-upaya yang terintegrasi mulai dari pemerintah, pemerintah daerah, pelaku usaha/industri, produsen maupun masyarakat.

Selain diperkuat dengan peraturan perundang-undangan, maka harus diperkuat juga dengan keterlibatan para produsen dan distributor produk elektronik untuk mengembangkan skema take-back, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat serta melibatkan lembaga masyarakat yang peduli dalam mengelola sampah elektronik.

Melalui webinar ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bahaya dari sampah elektronik, cara penanganan sampah elektronik yang tepat dan ramah lingkungan, pemahaman dan inisiatif pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah elektronik melalui pengembangan TPS 3R dan pusat daur ulang serta pemahaman masyarakat terkait kespesifikan sampah elektronik.

Penanganan sampah elektronik dari rumah tangga di hulu perlu dilanjutkan dengan pengelolaan di hilirnya, di mana selanjutnya sampah elektronik dikelola sebagai limbah B3, sehingga dalam lifecycle-nya dimungkinkan untuk mendapatkan dan memanfaatkan logam berharga yang terdapat dalam sampah elektronik.

Oleh karenanya diperlukan juga komitmen dari sektor swasta yaitu perusahaan penghasil barang elektronik untuk lebih bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah elektronik dan pihak swasta dalam megembangkan fasilitas pengelolaan sampah elektronik.


Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

 

Paket 2 Tahun Baru Sampai

Kurir Terlambat Kirim Sampai 2 Tahun, Kisah Wanita Baru Terima Paketnya Ini Bikin Heran

Liputan6.com 2021-10-14 16:30:48
Padahal wanita ini sudah mengikhlaskan paketnya yang tak kunjung datang.(Sumber: TikTok/yyyxxxsyg)

Kemudahan dan kecanggihan teknologi saat ini memudahkan seseorang untuk bisa berbelanja barang hanya dari rumah saja. Ada banyak aplikasi penyedia toko online yang banyak menawarkan barang sehari-hari.

Cukup hanya menggunakan aplikasi toko online, kamu bisa membeli baju, sepatu, aksesoris hingga kebutuhan lainnya tanpa mengeluarkan tenaga ekstra. Meski barang yang datang tak secepat seperti berbelanja offline, namun barang paling lama akan sampai di rumah diperkirakan satu atau dua minggu.

Namun pernahkah kamu merasakan paket yang kamu pesan tak kunjung datang selama 2 tahun? Hal itulah yang dirasakan oleh wanita berikut ini.

Wanita itu membagikan kisahnya lewat akun TikTok miliknya. Dalam video tersebut ia menyebut jika paket yang baru ia terima adalah pesanannya 2 tahun lalu.


Pesanan Sudah 2 Tahun Lalu

Dilansir dari akun TikTok @yyyxxxsyg oleh Liputan6.com, Kamis (14/10/2021) seorang wanita yang diketahui bernama Irma ini membagikan video dimana ia menerima paket. Bukan paket biasa, ia menuliskan jika paket itu adalah pesanannya dua tahun lalu.

"paket dikirim terlambat seminggu

paket dikirim terlambat 2 tahun"tulisnya sebagai keterangan video di TikTok yang diunggahnya Minggu (10/10/2021) lalu.

Pemilik akun ini juga menambahkan padahal dirinya sudah ikhlas jika paket dipesannya tak sampai di rumah. Apalagi terlambatnya bukan sebatas seminggu atau dua minggu saja.


Kurirnya Sudah Minta Maaf

Terlihat dari video berdurasi singkat itu bungkus paket sudah lusuh. Kertas resi untuk menempel identitas dan keterangan barang pun sudah terlihat menguning. Plastiknya juga sudah bolong dan terlihat berdebu.

"Buktinya rezeki tidak akan kemana-mana, padahal saya sudah ikhlas," ujarnya.

Lantaran sudah merasa ikhlas dengan paket yang tak kunjung sampai, ia mengaku tidak marah dengan kurir yang baru saja mengantarnya ke rumah.

"Tenang, kurir sudah minta maaf," katanya lagi.

@yyyxxxsyg

bukti kalo udah rezeki kita ga bakal kemana, pdhl udh diikhlasin, tenang kang kurirnya udah minta maaf ko #jntflyingbox #foryoupage #funnyvideos

Langit - punyamu


Respons Heran Netizen

Diunggah pada Minggu (10/10/2021) hingga kini video tersbeut sudah ditonton lebih dari 586 ribu kali oleh netizen. Tak hanya ditonton saja, video milik Irma ini juga banyak dikomentari netizen. Tak sedikit netizen yang heran dengan sang kurir paket.

Lewat kolom komentar, Irma menyebut jika isi paket itu adalah korset untuk kakaknya yang baru saja melahirkan.

"positif thinking, mungkin di kriim dari Mars" tulis Bagas.

"berasa dapet kado haha" imbuh Yunida.

"ko bisa yah sabar, gw lama 2 minggu langsung ngedumel" saut LikeVan.

"ga kebayang beli baju bayi pas lahiran nyampe2 anaknya udeh umur 2taun" tambah D.Y.

"kang kurir nya masuk universe lain... Pas balik dah 2 tahun aje ya" komentar D.Awang.

Krisis Energi Usai Pandemi?

Krisis Energi Menyusul Pandemi, Indonesia Harus Apa?

Liputan6.com 2021-10-14 16:40:44
Aktivitis melakukan aksi di depan Kedubes Jepang di Jakarta, Rabu (26/6/2019). Mereka meminta Jepang menghentikan pendanaan proyek energi kotor batubara yang memicu krisis iklim, pencemaran,

Krisis energi Eropa yang dimulai sejak beberapa bulan terakhir kini mulai melanda negara Asia seperti Cina dan India. Krisis dipicu oleh pemulihan ekonomi akibat menurunnya pandemi Covid-19 di beberapa negara.

Permintaan terhadap pasokan energi terutama di sektor industri, meningkat pesat. Akibatnya, harga komoditas energi kian melonjak.

International Energy Agency (IEA) menyebutkan, harga kebutuhan energi di Jerman dan Spanyol pada September 2021 meningkat tiga sampai empat kali dari rata-rata biaya konsumsi energi pada tahun 2019 dan 2020.

Sementara itu, Central Electricity Authority (CEA) India mencatat, setidaknya 63 dari 135 pembangkit listrik tenaga batu bara di India hanya memiliki pasokan untuk dua hari.

Di Indonesia, konsumsi listrik yang tinggi sepanjang 2021, diprediksikan PT PLN (Persero) meningkat 4,5 hingga 4,75 persen dibandingkan konsumsi listrik tahun lalu.

Gelombang krisis energi yang terjadi di sejumlah negara menjadi peringatan sekaligus pelajaran bagi Indonesia untuk menjaga ketahanan energi.

"Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan ketahanan energi nasional adalah dengan membangun aspek geologi. Pengembangan aspek geologi juga berpotensi mendukung setidaknya 8 dari 17 target Sustainable Development Goals (SDGs)," terang Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


PR Indonesia

Eko Budi juga mengajak serta para akademisi di lingkup energi untuk membangun center of excellence (COE) di bidang geologi.

"Saat ini, informasi kegeologian di Indonesia masih belum terpusat. COE geologi baik yang didirikan oleh Pemerintah seperti Badan Geologi, maupun yang didirikan di level universitas, dapat menjadi rujukan nasional bagi semua stakeholder dalam pengambilan keputusan terkait energi," ujarnya. Di sisi lain, Dewan Energi Nasional (DEN) mengatakan, Indeks Ketahanan Energi Indonesia saat ini masih berada di angka 6,57. Angka ini berada pada rentang kategori tahan.

Namun, Eko Budi mengatakan, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah besar untuk meningkatkan indeks ketahanan energi setiap tahunnya.

"Sejalan dengan visi Badan Geologi, kami juga mengajak masyarakat turut serta memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar," tutur dia.