Volume 110

Honor BTS Telat Dibayar?

Honor BTS untuk Penampilan di Sidang Umum PBB Telat Dibayar?

Liputan6.com 2021-10-15 14:03:59
BTS di PBB. (Twitter/ bts_bighit)

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan dikritik publik karena tudingan telat membayar honor BTS untuk penampilan mereka di Sidang Umum PBB ke-76, bulan lalu. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook sebelumnya telah dipromosikan sebagai "utusan khusus presiden."

Tidak hanya berpidato seperti tahun-tahun sebelumnya, BTS juga mengambil alih atensi ketika membawakan lagu hit mereka, Permission to Dance, dalam rangkaian acara tersebut. Sebagai buah tudingan, melansir Koreaboo, Jumat (15/10/2021), Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan buka suara, Kamis, 14 Oktober 2021.

Pihaknya mengklarifikasi bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan BTS sebelum penampilan mereka di Sidang Umum PBB di Kota New York, Amerika Serikat. Pertunjukan tersebut ditayangkan pada 20 September 2021 dan servis BTS dianggap selesai saat itu, sementara persyaratan pembayaran telah diputuskan.

Saat ini, mereka berencana menyelesaikan pembayaran honor secepatnya setelah urusan administrasi selesai. Kontroversi soal honor ini muncul ketika seorang anggota parlemen, Kim Seung Soo, ditanya dalam sebuah acara apakah dana sebesar 700 juta won (Rp8,3 miliar) telah dibayarkan pada BTS.

Saat itu, seorang direktur budaya Korea, Park Jung Ryeol, menjawab bahwa itu belum dibayar. Namun, pada siaran sebelumnya pada 1 Oktober 2021, salah satu anggota Blue House, Tak Hyun Min, menyebut honor itu telah dibayarkan. Ini memicu perdebatan tentang pihak mana yang berbohong.

Pada agenda bulan lalu, tidak seperti tahun sebelumnya, yakni pidato disampaikan hanya oleh leader BTS, RM, kali ini setiap member diberi kesempatan berbagi pemikiran mereka. Meski tujuan utama pidato BTS adalah menyebarkan harapan, mereka tidak segan mengangkat topik penting terkait pandemi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sebut Masalah Lingkungan

J-Hope mengatakan bahwa ketujuh member BTS telah divaksin COVID-19. Pelantun lagu Blue Side ini juga menyebut perubahan iklim, sebuah isu yang, menurutnya seolah tersingkirkan setelah COVID-19 melanda dunia.

RM menyambung bahwa banyak anak muda yang mendedikasikan diri memecahkan masalah lingkungan dan membuat dunia jadi tempat lebih baik dan lebih sehat untuk generasi mendatang. "Masa depan adalah teritori yang belum terjelajah, dan di sanalah kita, lebih dari siapa pun, akan menghabiskan waktu," katanya. "Setiap pilihan yang kita buat adalah awal dari perubahan, bukan akhir."

BTS juga menyoroti bagaimana generasi mereka merasa tersesat tahun lalu selama puncak pandemi COVID-19 ketika kelulusan dan acara penting lainnya dibatalkan. "Daripada generasi yang hilang, nama yang lebih tepat adalah generasi 'selamat datang.' Karena alih-alih takut akan perubahan, generasi ini mengatakan 'selamat datang' dan terus maju," kata Suga.


Pidato Member BTS

Jungkook menyambung, "Saya harap kita tidak menganggap masa depan sebagai kegelapan yang suram. Kita memiliki orang-orang yang peduli dengan dunia dan mereka sedang mencari jawaban (solusi). Masih ada banyak halaman tersisa dalam cerita tentang kita dan saya merasa kita tidak boleh berbicara seolah akhir ceritanya sudah ditulis."

Jin mengatakan, "Ada saat-saat selama dua tahun terakhir ketika saya juga merasa bingung, tapi tetap saja, kita memiliki orang-orang yang berteriak 'Ayo hidup, mari manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.'"

"Kita tidak bisa diam ketika berada di waktu yang ideal dalam hidup kita untuk menghadapi tantangan baru. Anda juga pasti pernah merasakan frustrasinya. Dunia berubah seperti kita dibawa dalam sekejap ke dunia paralel," kata Jimin.

BTS menantang pemikiran generasi mereka sebagai "generasi yang hilang akibat Covid" dengan mengatakan bahwa itu adalah "peregangan." Tapi, catatan yang paling penuh harapan datang di akhir pidato, ketika J-Hope menggambarkan vaksin sebagai "tiket untuk bertemu penggemar," dan V menutup pidato dengan janji, "Kami pikir hari kita bisa bertemu lagi secara langsung tidak lama lagi."

Benar saja mengingat pada akhir November dan awal Desember nanti BTS akan menggelar konser offlineselama empat hari di Los Angeles, Amerika Serikat, rangkaian penampilan pertama mereka di depan publik sejak pandemi.


Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19

 

Baim Wong Vs Kakek Suhud

Kesaksian Anak Kakek Suhud soal Pertemuan Ayahnya dengan Baim Wong: Ternyata Nggak Sepanas Itu

Liputan6.com 2021-10-15 13:00:00
Baim Wong dan kakek Suhud (Instagram/baimwong)

Baim Wong telah menemui Kakek Suhud, pria tua yang sempat dikira mengemis oleh Baim. Tujuan suami Paula Verhoeven bertemu sang kakek untuk meminta maaf secara langsung.

Anak Kakek Suhud yang bernama Dedi menyaksikan pertemuan kedua belah pihak. Menurutnya, pertemuan itu berlangsung damai, tak ada ketegangan sama sekali.

"Alhamdulillah dia baik ke bapak, bapak juga baik ke dia, sama-sama saling menghargai juga. Ya namanya manusia nggak luput dari salah," ucap Dedi dikutip dari YouTube Cumicumi, Jumat (15/10/2021).

"Kan dengan pertemuan itu juga bisa mengubah statement orang yang berpikir ini loh yang benar, itu yang benar. Namanya manusia pasti ada salahnya," sambungnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Merasa Lega

Saat bertemu secara langsung, Dedi mengungkap bahwa sebenarnya hubungan Baim dengan Kakek Suhud tak sepanas seperti yang selama ini dibincangkan di media sosial.

"Mas Baim merasa senang ketemu bapak saya, bapak saya juga senang ketemu dia. Akhirnya saya sekeluarga juga lega, Mas Baim juga lega. Ternyata nggak sepanas itu," ungkapnya.


Komentar Orang

Dia menyadari bahwa sering kali ada pihak-pihak yang memperkeruh suasana.

"Namanya kita hidup sekarang di zaman modern tahu sendiri ada aja yang komen begini, begini, ternyata nggak," tutur Dedi.


Murni untuk Berdamai

Terakhir, Dedi menegaskan bahwa pertemuan antara Baim Wong dan Kakek Suhud hanya untuk menyelesaikan konflik dengan jalan damai.

"Memang niatnya untuk saling bertemu dan saling memaafkan, itu saja intinya. Kalau untuk soal uang nggak sama sekali," anak Kakek Suhud mengakhiri.

Papua Sukses Jadi Tuan Rumah

Penutupan PON XX: Sempat Diragukan, Papua Sukses Jadi Tuan Rumah

Liputan6.com 2021-10-15 17:48:39
Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan olahraga empat tahunan tersebut mengangkat tema 'Torang Bisa'.

Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua resmi ditutup pada Jumat (15/10/2021) sore WIB. Gubernur Papua yang juga Ketua Umum PON Papua, Lukas Enembe, mengaku bangga dengan kerja keras panitia.

"Tentu dalam pelaksanaanya ada kesulitan. Namun, saya bangga dan bahagia teman-teman panitia tetap profesional dan mampu mengatasi kendala tersebut," ujar Lukas dalam pidato penutupan di stadion Lukas Enembe.

Lukas menambahkan, ia berharap kenangan manis di PON Papua dapat membekas bagi seluruh peserta dan panitia. Ia pun memuji antusiasme masyarakat Papua terhadap PON.

Menurut Lukas, ada skeptis dan pesimistis ketika Papua terpilih menjadi tuan rumah PON XX. Namun pada akhirnya, Papua membuktikan diri mampu menjadi tuan rumah.

"Tidak sedikit yang skeptis apakah Papua mampu menjadi tuan rumah. Hari ini kita buktikan Papua bisa. Torang bisa," ujar Lukas.

PON XX Papua berlangsung dari tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021. Jawa Barat (Jabar) keluar sebagai juara umum dengan torehan 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu (347).

DKI Jakarta finis di posisi runner up dengan 110 emas, 91 perak, dan 100 perunggu. Sementara itu, Papua sebagai tuan rumah menempati peringkat ke-4 dengan 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu.


Memacu Provinsi Lain

Lebih lanjut, Lukas juga mengucapkan selamat kepada provinsi yang menjuarai PON XX. Dirinya berharap, prestasi itu memacu provinsi lain untuk lebih berprestasi dan memerhatikan olahraga.

"Selamat kepada provinsi yang meraih juara umum Papua. Semoga prestasi yang gemilang tersebut bagi cambuk provinsi lain untuk menghadapi PON yang akan datang," katanya Lukas.


Klasemen 10 Besar PON Papua

1. Jawa Barat: 133 emas, 105 perak, 115 perunggu

2. DKI: 110 emas, 91 perak, 100 perunggu

3. Jawa Timur: 110 emas, 89 perak, 88 perunggu

4. Papua: 93 emas, 66 perak, 102 perunggu

5. Bali: 28 emas, 25 perak, 53 perunggu

6. Jawa Tengah: 27 emas, 47 perak, 64 perunggu

7. Kalimantan Timur: 25 emas, 33 perak, 42 perunggu

8. Riau: 21 emas, 25 perak, 21 perunggu

9. NTB: 15 emas, 11 perak, 12 perunggu

10. Lampung: 14 emas, 10 perak, 12 perunggu

Novel Baswedan Jadi Youtuber

Usai Dipecat dari KPK, Novel Baswedan Jadi Youtuber

Liputan6.com 2021-10-14 21:47:56
Penyidik KPK Novel Baswedan usai memneuhi panggilan penyidik Komisi Kejaksaan di Jakarta, Kamis (2/7/2020). Novel Baswedan memberikan keterangan terkait aduan masyarakat terhadap penuntut kas

Mantan Kasatgas Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mulai mencoba mengisi hari-harinya setelah dipecat dari lembaga antirasuah. Novel menjadi Youtuber dan membuat akun Youtube dengan namanya sendiri.

Novel sudah mengunggah video pertamanya. Dilihat Liputan6.com Kamis, 14 Oktober 2021 pukul 20.28 WIB, Novel sudah memiliki sekitar 1.700 subscriber. Video pertamanya baru diunggah sekitar 3 jam yang lalu.

Dalam video pertamanya yang berdurasi 5 menit 15 detik, Novel memberitahukan bahwa chanel itu merupakan akun resmi Youtubenya. Video itu baru mendapat like sebanyak 958 like dan 2 unlike.

Video perdananya itu dimulai dengan pernyataan soal teror terhadap dirinya yang membuat matanya buta.

"Hal penting yang ingin saya sampaikan adalah kalian boleh membutakan mata saya, tapi perjuangan memberantas korupsi harus tetap berjalan, karena hukum tidak pernah buta," ujar Novel dalam cuplikan video tersebut.

Usai cuplikan diperlihatkan, video memperlihatkan berita-berita terkait dengan dirinya. Novel kemudia memperkenalkan diri sambil merilisi akun Yotubenya.

Dalam pernyataannya, Novel mengaku sengaja membuat akun Youtube lantaran masih ingin berbagi banyak hal tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Tentunya saya ingin berbagi tentang banyak hal, terutama berhubungan dengan antikorupsi, berhubungan dengan pengalaman saya, pengetahuan, dan tentunya hal-hal lain hasil sharing dengan orang-orang lain yang punya komitmen pengetahuan dan juga integritas," kata Novel di awal pernyataannya.


Membahas Antikorupsi dan Investigasi

Novel mengatakan, video-video selanjutnya yang dia unggah akan membahas soal antikorupsi, investigasi dalam pengusutan sebuah kasus, tentang integritas, dan lainnya. Novel berharap apa yang dia unggah bisa membawa manfaat bagi masyarakat.

"Kesempatan saya sudah tidak di KPK inilah yang membuat saya lebih bebas dan tidak terikat aturan etik di KPK sehinga saya bisa bicara di dalam forum-forum yang lebih bebas dan itu semua semoga saja bisa membawa kemanfaatan," kata Novel.

Dear Rachel Vennya...

Dear Rachel Vennya: Klarifikasi Dana Bansos Bisa Cepat, Kok yang Ini Lama?

Liputan6.com 2021-10-15 10:33:53
Rachel Vennya kerap memadukan pakaian warna-warna pastel yang terkesan mencolok dan kerap dihindari oleh banyak orang. Meski demikian, ia tetap dapat terlihat stylish. (Liputan6.com/IG/rachel

Dugaan kaburnya selebriti Instagram Rachel Vennya dari karantina COVID-19 belum dikonfirmasi langsung oleh yang bersangkutan.

Walau demikian, tak sedikit warganet meminta Rachel Vennya---yang akrab disapa Buna---untuk segera mengklarifikasi kasus tersebut.

"Klarifikasi yuk Buna hihihi kemarin pas dana bansos langsung cepet klarifikasinya," kata seorang warganet.

Terkait hal ini, psikolog dari Enlightmind, Nirmala Ika Kusumaningrum, memberi saran pada Rachel Vennya untuk terbuka dan mengungkapkan apa yang terjadi dengan jujur.

"Menurutku ya klarifikasi saja. Dia harus bertanggung jawab dan klarifikasi itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab," ujar Nirmala kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (14/10/2021).


Sampaikan Saja

Nirmala, menambahkan, klarifikasi adalah kesempatan bagi Rachel untuk mengatakan yang sebenarnya. Jika memang dia pergi dari karantina, dia bisa menjelaskan alasannya.

"Ini salah satu kesempatan dia, misal dia punya alasan kuat pergi dari karantina ya sampaikan saja sejujurnya dan minta maaf kalau merasa tindakannya jadi membuat heboh," ujarnya.

Selain klarifikasi dan minta maaf, Rachel juga bisa menjelaskan kepada masyarakat jika memang dia terbukti salah, maka hal yang dia lakukan itu bukan untuk ditiru.


Pesan untuk Influencer

Melihat kejadian ini, Nirmala berpesan untuk para influencer agar lebih bijaksana dalam melakukan segala sesuatu. Mengingat, setiap tingkah laku akan dilihat orang.

"Semua orang itu ingin jadi influencer, semua orang senang kalau dapat panggung tapi ketika kita sudah berhasil meraih itu, ingat juga dengan konsekuensinya, ingat juga kita siapa. Kalau kita sudah jadi influencer semua tingkah laku kita dilihat orang."

"Be wise, kita harus bijak kalau kita masih pengen sembarangan ya jangan jadi influencer. Kalau kita bukan influencer dan berperilaku sembarangan orang-orang enggak ada yang tahu."

Maka dari itu, seorang influencer harus bijaksana dalam memilih perilaku dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, pungkasnya.


Infografis Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Karantina dan Isolasi untuk COVID-19

 

Squid Game Ala Polisi India

Polisi Mumbai Viral Usai Atur Lalu Lintas Terinspirasi Serial Squid Game

Liputan6.com 2021-10-15 16:29:28
Boneka menyeramkan yang jadi momok di Squid Game ternyata terinspirasi dari ini. (Netflx)

Kepolisian di Kota Mumbai India mengeluarkan pesan tentang keselamatan jalan raya yang terinspirasi dari serial populer Netflix, Squid Game.

Drama Korea ini menceritakan tentang sekelompok orang dewasa yang mengambil bagian dalam serangkaian permainan anak-anak.

Di gim pertama, boneka raksasa memanggil "lampu merah, lampu hijau" untuk para kontestan. Bagi pemain yang bergerak setelah lampu merah maka akan ditembak.

Polisi ini lantas melakukan aturan serupa. Polisi Mumbai, India itu membagikan video tentang peraturan lalu lintas.

Dalam video yang diunggah ke Instagram, departemen kepolisian India menulis: "Anda adalah orang terdepan dari "permainan". Anda dapat menyelamatkan diri jika tak ingin tersingkir. Berhenti di saat ada lampu merah."

Postingan tersebut menjadi viral, dengan lebih dari 111.000 yang menyaksikan dan banyak yang mengomentari unggahannya.


Demam Squid Game

Squid Game menjadi sorotan setelah kisahnya yang menarik, dimana sekelompok orang di Korea Selatan yang bermain di turnamen mematikan namun dalam kemasan permainan anak-anak.

Ditonton oleh 111 juta pengguna dalam 28 hari pertama, drama ini telah menjadi peluncuran serial terbesar Netflix.

Sindiran untuk Ronaldo

Legenda MU Rendahkan Cristiano Ronaldo

Liputan6.com 2021-10-15 13:00:16
Striker Manchester United atau MU Cristiano Ronaldo dalam pertandingan Grup F Liga Champions melawan Young Boys di Stadion Wankdorf, Bern, 14 September 2021. (SEBASTIEN BOZON / AFP)

Gary Neville mengungkapkan masalah besar Cristiano Ronaldo di Manchester United. Bahkan, dia menyatakan masalah itu tidak berubah sejak tugas pertama bintang asal Portugal itu dengan MU.

Cristiano Ronaldo kembali Manchester United dari Juventus di musim panas 2021. Tapi, klub Liga Inggris itu tidak konsisten, terlepas dari eksploitasi pemain berusia 36 tahun itu.

Berbicara di The Overlap seperti dikutip Mirror, Gary Neville ingat bagaimana bermain bersama Ronaldo. Pria Inggris itu mengklaim pemenang Ballon d'Or lima kali itu bisa menjadi beban Man Utd di laga-laga besar.

Menurutnya, Ronaldo enggan untuk bekerja keras melepaskan bola. "Anda tidak bisa membawanya (Cristiano Ronaldo) di pertandingan besar karena dia umumnya tidak bekerja cukup keras," kata Neville.


Tidak pernah menekan

Bahkan, Neville menyebut MU tidak akan pernah menjadi tim yang menekan dengan Ronaldo bermain sebagai penyerang. "Jadi dia bermain di depan sekarang - Anda tidak akan pernah menekan dari depan," ucapnya.

"Jadi gagasan bahwa Manchester United bisa menjadi tim yang menekan dengan Cristiano di depan tidak akan pernah terjadi. Dia tidak menekan 10-15 tahun lalu."


Tim serangan balik

Neville kemudian menyebut MU sebagai tim serangan balik. Dia juga memperingatkan mantan klubnya harus berjuang melawan tim yang bermain bertahan.

"Jadi apa yang Anda katakan adalah, 'apa gaya Manchester United?', mereka adalah tim serangan balik," ucap pria yang memenangkan delapan gelar Liga Inggris dan dua trofi Liga Champions bersama MU.

"Tim setengah layak melawan Manchester United akan menembus mereka. Itu masalah; mereka harus menghentikan itu," pungkas Neville.


Klasemen Liga Inggris

Perempuan Setinggi 2,15 M

Miliki Tinggi 2,15 Meter, Wanita Turki Dinobatkan sebagai Wanita Tertinggi di Dunia

Liputan6.com 2021-10-15 16:04:01
foto: Guinness World Record

Seorang wanita Turki dinobatkan sebagai wanita tertinggi di dunia oleh rekor dunia Guinness. Wanita bernama Rumeysa Gelgi itu memiliki tinggi 7 kaki 0,7 inci. Gelgi lahir dengan sindrom Weaver, suatu kondisi langka yang menyebabkan percepatan pertumbuhan.

Kondisi tersebut memaksa Gelgi untuk menggunakan kursi roda untuk sebagian besar mobilitasnya, tetapi dia dapat berjalan dalam waktu singkat dengan bantuan alat bantu jalan.

Dilansir dari UPI, sebelumnya Gelgi telah dinobatkan sebagai wanita tertinggi di dunia pada usia 18 tahun di tahun 2014, dia pun dinobatkan kedua kalinya usai secara resmi diukur ulang oleh Guinness tahun ini.

"Setiap kekurangan dapat diubah menjadi keuntungan bagi diri Anda sendiri, jadi terimalah diri Anda apa adanya, sadari potensi Anda dan lakukan yang terbaik," kata Gelgi kepada Guinness.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keluarganya Bangga

Dia mengatakan bahwa tinggi badannya membuat orang tertarik ketika mereka melewatinya di jalan. Di waktu luangnya, Gelgi suka pergi keluar untuk makan bersama keluarganya dan berenang sangat membantunya untuk bersantai. Keluarganya sangat senang dan bangga padanya karena memiliki gelar Guinness World Records.


Pemegang Rekor Sebelumnya

Sangat menarik bahwa Gelgi berasal dari Turki, seperti halnya Sultan Ksen (251 cm 8 kaki 2,8 inci). Keduanya menjadi pemegang rekor pria dan wanita tertinggi yang masih hidup sekarang dan sama-sama berasal dari negara yang sama.

Terakhir kali kedua pemegang memiliki kewarganegaraan yang sama adalah pada tahun 2009, ketika Bao Xi Shun China (236,1 cm 7 kaki 8,95 inci) dan Yao Defen (233,3 cm 7 kaki 7 inci) masing-masing memegang rekor pria dan wanita tertinggi.

Pinjol Ilegal Bikin Resah

HEADLINE: Sepak Terjang Perusahaan Pinjol Ilegal Bikin Resah, Penertibannya?

Liputan6.com 2021-10-16 00:03:17
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. Unsplash/Benjamin Dada

Bisa dipastikan, fintech lending alias pinjaman online (pinjol) ilegal yang kian menjamur di Tanah Air, saat ini tengah tiarap. Betapa tidak, sepanjang pekan ini aparat kepolisian sibuk menggerebek lokasi kantor atau operasional sejumlah pinjol ilegal.

Penggerebekan yang masif itu dipicu oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tiba-tiba berbicara mengenai perkembangan pinjol yang kian menjamur di Tanah Air. Hal tersebut disampaikan Jokowi di depan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso selaku otoritas pengawas pinjol pada pembukaan OJK Virtual Innovation Day, Senin (11/10/2021).

"Saya memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," kata Jokowi ketika itu.

Pernyataan Jokowi benar adanya. Banyak sudah cerita-cerita pilu masyarakat yang terjerat utang pinjol. Bahkan, sejumlah kasus memperlihatkan fakta mereka yang terjerat pinjol sampai nekat mengakhiri hidupnya.

Layanan pinjol sejatinya bisa jadi alternatif pembiayaan masyarakat. Proses peminjaman pinjol sangat cepat, tak sampai kurang dari 24 jam dana sudah bisa dicairkan. Hal ini yang membuat popularitas pinjol semakin meluas.

Namun, di balik semua kemudahan tersebut, pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi dan tenor cicilan yang lebih ringkas. Saat Anda telat membayar, maka ada denda yang harus ditanggung. Beban denda yang selangit dan menumpuk pada akhirnya membuat utang semakin banyak dan kian mustahil dilunasi.

Di sinilah pinjol ilegal bermain. Mereka menekan, memaksa dan mengancam peminjam agar segera melunasi utangnya. Ancaman itu antara lain berupa mempermalukan peminjam dengan menyebarkan konten pornografi yang direkayasa pelaku. Apalagi pinjol ilegal sudah mengantongi identitas lengkap si peminjam.

Anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo, menilai maraknya pinjol ilegal membuktikan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait kurang tegas dalam menindak. Oleh karena itu, pendekatan pengawasannya harus diubah.

"Selama ini kenapa marak, ya arena OJK-nya sendiri kurang tegas seolah-olah yang ilegal itu bukan urusan OJK. Padahal itu menyangkut sektor jasa keuangan, pendekatannya harus berubah," kata Sudaryatmo kepada Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, selama ini OJK hanya mengawasi pinjol yang legal. Padahal seharusnya OJK juga mengawasi pinjol illegal, agar mereka bisa segera diberhentikan operasinya.

"Hal itu yang harus dikoreksi, dalam artian kenapa kalau ilegal kok bisa beroperasi pinjolnya. Menurut saya OJK bertanggung jawab masalah pinjol baik yang legal maupun ilegal," ujarnya.

Selain itu, Sudaryatmo juga menyoroti terkait sumber pendanaan pinjol ilegal. Seharusnya OJK dan lembaga terkait bisa menelusuri dari mana pendanaan pinjol ilegal tersebut. Dia menduga, bisa saja perusahaan pinjol legal juga terlibat dalam pendanaan pinjol ilegal.

"Pinjol itu melibatkan uang yang tidak sedikit dan triliunan. Lalu transaksi di sektor keuangan itu bisa dilacak dengan gampang. Seharusnya OJK bisa menelusuri pendanaan dari pinjol ilegal itu siapa, kan uangnya banyak. Jangan-jangan pinjol ilegal sumbernya juga dari perusahaan pinjol legal," ujarnya.

YLKI juga meminta agar OJK tidak hanya menindak pinjol illegal saja melainkan juga menindak lembaga keuangan formal yang diketahui memfasilitasi dan menjadi sumber pendanaan pinjol ilegal. Sebab, transaksi yang mudah dilacak itu adalah transaksi keuangan.

"Jadi yang ditindak ini tidak hanya pinjol ilegal saja, tetapi lembaga keuangan formal yang memfasilitasi dan menjadi cukong pinjol ilegal itu juga ditindak. Karena salah satu transaksi yang mudah dilacak itu transaksi jasa keuangan, kecuali transaksinya cash, cuman kan kalau pinjol di transfer, sehingga tidak masuk akal sumber pendanaan tidak bisa dilacak," pungkasnya.

Senada, Kriminolog Universitas Indonesia, Achmad Hisyam menanggapi keberadaan pinjol ilegal ini sebagai lemahnya pengawasan pemerintah. Padahal, tugas pemerintah terkait keberadaan pinjol ini adalah monitoring, evaluasi dan pengawasan.

"Artinya, pemerintah dalam hal ini OJK-nya, Menteri Keuangan, Presiden juga mungkin. Kalau memang sudah tahu ada pinjol yang ilegal ya tutup. Kesalahan dari awal itu, tutup. Jangan nunggu ada korban dulu," tegas Hisyam kepada Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Sedangkan terkait penggerebekan yang dilakukan di banyak tempat di Jabodetabek sepanjang pekan ini, dia mengatakan karena pinjol itu melakukan cara penagihan yang kelewatan. Dia menyebutkan, seandainya penagihan dilakukan dengan cara lain belum tentu akan digerebek meski jelas-jelas itu pinjol ilegal.

"Jadi kalau bisa OJK kerja sama dengan pihak kepolisian, jadi pinjol yang ilegal itu diberantas saja semuanya. Entah dia mau nagihnya sopan atau baik, tutup saja.

Pejabat negara kan punya kuasa, cukup selembar kertas, tutup, selesai kan. Nggak perlu force yang tidak perlu," ujar Hisyam.

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)

Efek Jera

Sementara itu, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, pemerintah akan berupaya untuk memberikan efek jera serta sanksi kepada pinjol ilegal. Sebab, kata dia, kini banyak masyarakat yang terjebak pinjol berbunga tinggi dengan cara penagihan yang diluar etika.

Saat ini, dia mengatakan, ada 107 pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK. Sehingga, masyarakat diminta untuk betul-betul teliti dalam memilih pinjol yang legal.

"Tinggal gimana yang (pinjol) tidak terdaftar ini ada efek jera, agar ada sanksinya dan diproses secara hukum," kata Wimboh kepada wartawan usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Dia mengatakan, OJK bersama Kapolri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gubernur Bank Indonesia, dan Menteri UMKM telah memiliki kesepakatan untuk memberantas semua pinjol yang ilegal. Salah satunya, dengan menutup platform pinjol ilegal.

"Ini bekerja sama di antaranya harus ditutup platformnya dan diproses secara hukum baik bentuknya apa pun. Mau koperasi, mau payment, mau peer2peer semua sama," ujarnya.

"Untuk itu pemberatasan segera dan masih jadi agenda kita bersama terutama OJK, Pak Kapolri, dan Pak Kominfo. Ini supaya masyarakat tidak terjebak kepada tawaran-tawaram pinjaman-pinjaman yang oleh pinjol ilegal," sambung Wimboh.

Dia juga memastikan OJK akan mendorong pinjol yang legal agar memberikan pelayanan lebih baik, bunga lebih murah, dan memperbaiki cara penagihan. Namun, hal ini harus dilakukan dengan koordinasi antarlembaga.

"Jadi kami akan lebih masif melakukan penanganan pemberantasan dan meningkatkan efektivitas dan pemberian layanan yang lebih baik bagi pinjol yang sudah terdaftar di OJK," jelas Wimboh.

Dia juga menegaskan pihaknya akan menutup pinjaman online (pinjol) ilegal. Hal ini dikarenakan pinjol ilegal memiliki suku bunga yang tinggi serta cara penagihan diluar kaidah dan etika.

"Kami lihat banyak sekali laporan masyarakat bahwa suku bunganya tinggi dan juga penagihannya melanggar kaidah, aturan, dan etika. Ini semua tantangan kita bersama kalau tidak terdaftar (di OJK), maka harus ditutup," tandas Wimboh.

Kabar terakhir, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan kepada OJK dan Kemenkominfo untuk melakukan moratorium penerbitan izin perusahaan pinjol. Tujuannya untuk mencegah maraknya pinjol ilegal yang merugikan masyarakat.

"OJK akan melakukan moratorium untuk penerbitan izin fintech atas pinjol legal yang baru," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Johnny menambahkan, Kominfo juga akan menerapkan moratorium atau penundaan penerbitan izin baru bagi pinjol. Dia menyebut, saat ini ada 107 pinjol legal yang telah terdaftar resmi dan beroperasi di bawah tata kelola OJK.

"Dan karenanya kominfo juga akan melakukan moratorium penerbitan penyelenggara sistem online untuk pinjaman, penyelenggara sistem elektronik untuk pinjaman online yang baru," ucapnya.


Gerak Cepat Usai Perintah Jokowi

Perintah itu sangat jelas dan tegas. Selasa 12 Oktober lalu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh anggotanya untuk menindak penyelenggara Financial Technology Peer to Peer Lending (Fintech P2P Lending) atau yang biasa dikenal dengan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Kapolri mengatakan, tindak tegas tersebut juga merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memberikan perhatian khusus terhadap kejahatan pinjol.

"Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus. Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi pre-emtif, preventif maupun represif," kata Sigit saat memberikan pengarahan kepada jajaran Polda secara daring di Mabes Polri, Jakarta.

Tak perlu menunggu lama, perintah itu pun dilaksanakan di tingkat lapangan. Sehari berselang, aparat kepolisian menggerebek dan menangkap puluhan karyawan terkait kasus pinjaman online atau pinjol ilegal.

Pada Rabu 13 Oktober 2021, Polres Metro Jakarta Pusat menggerebek sebuah ruko di daerah Jakarta Barat yang dijadikan sebagai kantor pinjol. Di lokasi ini, polisi menangkap 56 karyawan yang bertugas di bagian penawaran hingga penagihan.

Sehari kemudian, Kamis 14 Oktober 2021, giliran Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggerebek kantor perusahaan penagih utang pinjol, PT Indo Tekno Nusantara (ITN) di sebuah ruko di Green Lake City, Tangerang, Banten. Sebanyak 32 orang karyawan diamankan di lokasi. Para karyawan ini memiliki tugas mulai dari tim analisis, marketing hingga kolektor.

Penggerebekan kantor pinjol ilegal juga terjadi di Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, Kamis malam. Ini dilakukan oleh tim siber Ditreskrimsus Polda Jabar bersama jajaran Polda DIY yang berlokasi di sebuah bangunan ruko bercat dominan putih-merah, dan berpagar biru.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rahman menuturkan penggerebekan diawali dari laporan seorang korban berinisial TM ke Polda Jabar.

Di lokasi, polisi menangkap 83 orang operator atau debt collector, dua HRD, dan satu manajer. Selain itu, juga turut disita 105 unit PC, 105 unit ponsel, dan beberapa barang bukti terkait lainnya.

Tak menunggu lama, Jumat (15/10/2021) dinihari, 83 orang karyawan pinjol ilegal itu dibawa ke Markas Polda Jawa Barat untuk menjalani pemeriksaan.

"Tadi pagi pukul 03.00 WIB sudah dibawa ke Polda Jawa Barat sebanyak 83 orang beserta dengan beberapa barang bukti," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto.

Sementara itu, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga tak kalah gesit. Pihaknya menggerebek tujuh lokasi yang diduga merupakan tempat operasional sindikat Pinjol ilegal di Jakarta dalam dua hari terakhir.

Operasi penggerebekan dan penangkapan tersebut dilakukan penyidik sejak Selasa lalu di sejumlah apartemen ataupun kantor yang dijadikan untuk perusahaan pinjol tersebut beroperasi.

"Iya benar, Bareskrim Polri melakukan penggerebekan dan penangkapan sindikasi Pinjol di 7 wilayah di Jakarta," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Brigjen Helmy Santika saat dikonfirmasi, Kamis kemarin.

Tujuh lokasi yang digrebek berada di dua lokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, lalu di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Penjaringan, Jakarta Utara, lalu di sebuah Apartemen Taman Anggrek, di Laguna Pluit, dan terakhir Green Bay Pluit, Jakarta Utara. Menurut Helmy, dalam penggerebekan tersebut, terdapat tujuh tersangka yang turut ditangkap oleh penyidik.

Kejahatan melalui pinjol ilegal memang bukan barang baru bagi Bareskrim Polri. Buktinya, Bareskrim telah menangani perkara pinjol ilegal sebanyak 370 kasus. Data tersebut tercatat dalam periode kurun waktu 2020-2021.

"Bahwa Polri telah menangani kasus pinjaman online sebanyak 370 perkara dengan penyelesaian sebanyak 93 perkara," tutur Helmy.

Selain itu, lanjut Helmy, ada delapan perkara yang telah dilimpahkan ke Kejaksaan, 20 perkara diterbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3), 63 perkara henti lidik, dan dua perkara dicabut laporannya oleh pelapor.

"279 masih proses penyelidikan, dan dua proses penyidikan," jelas Helmy.

Helmy menyampaikan, Polri sendiri telah menerbitkan Surat Telegram Kabareskrim berisikan petunjuk dan arahan kepada jajaran untuk mengungkap berbagai perkara pinjol ilegal.

Kepolisian juga berkoordinasi lewat rapat mingguan Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi yang terdiri dari Dittipideksus Bareskrim Polri, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sebagai sarana koordinasi, pertukaran data dan informasi kasus-kasus pinjaman online untuk kepentingan penegakan hukum," Helmy menandaskan.


Pencegahan dan Penindakan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran telah membentuk tim khusus untuk menangani berbagai kasus pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan masyarakat.

"Pak Kapolda Metro Jaya memerintahkan untuk membentuk tim yang dipimpin Ditreskrimsus jadi kami akan menerima semua laporan dari masyarakat tentang kejahatan pinjaman fintecth P2P (peer-to-peer) atau yang biasa kita kenal dengan pinjaman online," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Yusri mengatakan, tim khusus tersebut akan terus melakukan penyelidikan dan menindak tegas pinjol ilegal.

"Yang jelas kami akan perangi, kami akan tindak tegas para pelaku-pelaku semua ini," katanya.

Yusri mengatakan, kepolisian juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur tawaran pinjaman online ilegal.

"Jangan sampai tergiur tawaran fintech ini, karena awalnya mereka menawarkan penawaran yang bagus tetapi sebenarnya menjerumuskan masyarakat," ujar Yusri.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan meningkatkan patroli siber dengan sasaran aplikasi pinjol ilegal. Temuan tersebut selanjutnya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk dilakukan penutupan terhadap aplikasi pinjaman daring ilegal tersebut.

"Ditreskrimsus melakukan kegiatan patroli siber dan kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk bisa menutup aplikasi-aplikasi meresahkan, berkoordinasi dengan pihak terkait baik itu dari Kominfo," kata Yusri.

Selain penutupan terhadap aplikasi pinjaman ilegal tersebut, pihak kepolisian juga akan memproses perusahaan pinjaman ilegal tersebut sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Terakhir kita lakukan penegakan hukum secara tegas, ada UU Perlindungan Konsumen, UU ITE, ada UU Perdagangan, UU Pornografi, juga di KUHP pengancaman secara langsung ini akan kita tindak tegas," ujarnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan 151 platform teknologi finansial (tekfin/fintech) peer-to-peer (P2P) lending dan 4 entitas investasi tanpa izin. Sebagai tindak lanjut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir pinjol ilegal tersebut.

Seratusan platform ilegal ini menambah panjang data pemutusan akses terhadap 4.873 platform ilegal sejak 2018 hingga 10 Oktober 2021. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan pemberantasan pinjol ilegal tak berhenti dengan pemblokiran aplikasi.

"Kunci utama dan paling efektif untuk bisa memberantas fintech lending ilegal ialah dengan literasi kepada masyarakat agar pasar dari para pelaku fintech lending ilegal akan hilang dengan sendirinya," kata Samuel di Jakarta, Rabu 13 Oktober 2021.

Berikut 151 platform pinjol ilegal yang diblokir Kemenkominfo:

- DanaBag

- Pinjaman Uang Online Dana Cair

- Prima Tunai

- Pinjaman Dana Online Duit 24 Jam

- Good Dana

- Dana Tunai Online Pinjaman Kredit

- FUND CASHPINJAMAN ONLINE CEPAT, AMAN & TERPERCAYA

- Doit

- Pinjaman Online Cepat Cair

- SakuAku

- Pinjaman Kelinci

- KTA Terbaik Bunga Rendah Aman

- Kotak Uang Pinjam Uang Tunai Kredit Dana

- Kredit Tunai: Uang Cair

- KSP Fast Loan

- Setor Tunai

- Pinjaman Uang Tunai Online Dana

- Bunga Anggrek

- Pinjaman Uang Tunai Online Cepat

- Cash STR

- Pincash

- Pinjaman Online Uang Tunai Rupiah Cepat

- Bantu Rakyat

- Pinjam Pasar

- Duit Plus

- Pinjaman Uang Online Cepat Cair Dana

- Duit Plus

- Tunai Cepat

- Bunga Dahlia

- Pinjaman Online Cash Dana Uang

- KTA Gampang

- Pinjaman Online Dana Kredit Tunai

- Money Go

- Pinjaman Uang Tunai Online (dari dua developer berbeda)

- MonggoPinjam

- Pinjaman Online Uang Tunai Dana Cash (dari dua developer berbeda)

- Monggo Pinjam

- Saku Dana

- Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana Cash

- Uang Cash info

- Pinjaman uang Dana Kredit tunai

- Mengambil Uang

- Platform Pinjaman

- Uang Kas

- Pinjaman Online Kredit Dana Informasi

- KadoDuit

- Pinjaman Online Uang Tunai Dana Cepat

- Bunga Melati

- Pinjaman Online Dana Uang

- Cash Alarm

- Cash Tree

- Celenganku

- cepatuang

- Cepat Untung

- Ceria Mas

- Cerita Saku

- Chee Cash

- Cicilan

- Cukup Flash

- Dana Aksel

- Dana Bahagia

- Pinjaman Online Terbaik Masa Kini

- Dana Banyak

- Dana Baru

- Dana Dana Pro

- Pinjam Online Cepat Cair dan Mudah

- Dana Darurat Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana (dari dua developer berbeda)

- KSP Dana Darurat

- Dana Darurat

- Dana Darurat

- Pinjaman Online Dana Darurat

- Dana Dompet Sean.Walker

- Dana Ku

- Dana Link

- Dana Lite

- Pinjaman Online Nyaman Mudah

- Dana Now Pro Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana Cash

- Dana Pratama

- Pinjaman Online Cepat Cair

- DANAQ KSP Pinjaman

- Uang Tunai Kredit Dana

- Dana-Q

- Wallet Management & Expense Tracker

- DanaQ

- Wallet Manager

- DanaQ

- Pinjaman Uang Rupiah online via danaQ

- DanaQ

- DanaQ

- Lifestyle & Helper

- DanaQu

- Pinjaman Uang Rupiah Dana via danaQ Cepat

- Dana Qu

- Uang Rupiah Pinjaman Online Cepat

- DANA RAJA

- Dana Segera

- Dana Two

- DANA UNGGUL

- DanaUsaha

- Dana Usaha (dari dua developer berbeda)

- DANA WAY

- Danamo Pd2021

- Danamon Beta

- Dapat Banyak

- DD Money

- Detik Pinjaman

- DolpinDana

- Dhuwit Plus

- Dompet Bantuan

- Kredit Runai Pinjaman Uang Online (dari dua developer berbeda)

- Dompet Bantuan

- Dompet Bantuan

- Pinjam Uang Tunai Secara Online

- Dompet Bantuan

- Cair Tanpa Jaminan

- Dompet Cash

- Pinjaman Cepat

- Dompet Kilat (dari dua developer berbeda)

- Prima Plus (dari dua developer berbeda)

- Banyak uang

- Jangan khawatir tentang meminjam uang

- Dana Pintar: Pinjaman Baru

- Pinjaman Tunai Online

- pinjaman tunai dana online

- PinjamPinjam

- Pinjaman Dana Aman & Mudah

- Pinjamam Dana - KTA Termudah Tanpa Beban

- DanaUang

- Uang Aman

- Meminjam Uang

- Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana

- PAHLAWAN PINJAMAN

- AdaKredit

- CashSaku

- Pinjaman Online Cepat Cair

- Gercep - Pinjaman Kilat tanpa ribet

- TunaiGo

- Pinjaman Online

- Go Cash

- Arcade Kas

- Kredit Kilat

- Pinjaman Online Dana Cepat

- Dana Mudah

- Pinjaman uang online cepat cair

- Dana Bull

- Pinjaman dana tunai online cair

- Rupiah Kurir

- Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana Cash

- Dana Rakyat

- Pinjaman Online Uang Dana Cepat Masuk

- Dana Tunai

- Pinjaman Cepat Cair tanpa ribet info

- Kredit Tunai pinjaman uang

- Rupiah saku

- Wadah Pinjaman

- Dana Rupiah

- Pinjaman Kredit Uang Kilat Pengantar

- Kredit Saku

- Pinjaman Cepat

- Dana Pintar

- Saya Modalin

- Pinjaman Online Praktis dan Cepat

- Pinjam Instan

- Pinjaman Online Praktis dan Cepat

- Pinjam Instan

- Pinjaman Online Praktis dan Cepat

- Tunai Pinjaman

- Pinjaman Uang Tunai Dana Online

- Pinjam Pay

- Pinjaman Dana tunai online cair

- AjukanDana, Pinjaman Dana Cepat

- Pinjam Kilat

- Pinjam Kilat

- Pinjaman uang

- Platform pinjaman pribadi

- Pinjam uang

- pinjam uang secara online

- FinStar

- Pinjaman Uang Tunai Kredit Dana Cash

- Uang kaya

- platform pinjaman angsuran

- Uangkaya

- Uangada

- Uang Kaya

- Pinjaman tunai 24 jam tanpa jaminan

- KTA Bijak

- Kredit Pinjaman Online Tanpa Deposit

- Fundnesia

- pinjamdana.com

- agen_pinjamancepat - PinjamNow

- Uang Kita: Pinjaman termudah

- Dompet Cepat - Pinjaman Kredit Uang Kilat

- Kreditgogo

- Dana Bijak

- Pinjaman Uang Tunai Rupiah Online

- Pinjaman Bahagia

- Pinjaman Rupiah Uang Online

- Cash Kilat: Minat Murah

- Go Cash

- Cara Mudah Meminjam Uang

- Tunai Go

- TUNAI-GO

- Pinjaman Teman

- Dana Harapan

- Pinjaman Now

- PinjamanNow

- pinjam uang dengan tanpa menunggu

- Uang Bijak

- KTA Dana Tunai Online

Anak Sapi Berkepala 2

Lahir Berkepala 2 dan Bermata 3, Anak Sapi Gemparkan Warga

Liputan6.com 2021-10-15 14:03:41
(@iamsuffian/twitter.com)

Warga di sebuah desa di Odisha, India, dihebohkan dengan lahirnya seekor anak sapi dengan kondisi langka yang berkepala dua dan bermata tiga tak seperti kebanyakan sapi lainnya.

Seorang petani bernama Dhaniram dari desa Bijapur, Kumuli panchayat di distrik Nabrangpur awalnya merasa heran ketika melihat seekor anak sapi lahir dengan kondisi tak biasa. Padahal, ibu anak sapi itu memililki wajah dan tubuh normal seperti sapi pada umumnya.

Melansir dari India Times, Jumat (15/10/2021), kemunculan sapi dengan dua kepala dan tiga mata tersebut sontak menarik perhatian warga setempat. Bahkan, rumah Dhaniram dibanjiri warga yang datang karena penasaran dengan penampakan sapi unik tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Induk sapi kesulitan melahirkan

Dhaniram mengatakan membeli sapi itu dua tahun lalu dan dia baru-baru ini hamil. Ketika sapi itu melahirkan dan mengalami kesulitan melahirkan, dia pun memeriksakannya dan menyadari anak sapi itu lahir dengan dua kepala dan tiga mata.

"Anak sapi itu kesulitan minum susu dari induknya, jadi kami harus membeli susu dari luar dan memberinya makan," kata putra Dhaniram kepada India Today.


Viral

Seorang pengguna Twitter bernama Suffian membagikan video anak sapi dengan kondisi langka tersebut ketika bersama ibunya.

Hingga kini, video tersebut menjadi perbincangan viral dan telah ditonton lebih dari 1.600 kali oleh pengguna Twitter.