Volume 112

Merah Putih Dilarang Berkibar

HEADLINE: Akhir Paceklik 19 Tahun Thomas Cup, Kembalinya Dominasi Bulu Tangkis Indonesia?

Liputan6.com 2021-10-19 00:05:19
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi usai menjuarai turnamen bulu tangkis beregu putra Piala Thomas 2020 melawan China di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia kembali merebut

Begitu smes silang Jonatan Christie tidak dapat dikembalikan Li Shi Feng, meledaklah kegembiraan kubu Merah Putih. Indonesia memastikan diri memenangi pertarungam atas China dengan skor 3-0 pada final Thomas Cup 2020 di Ceres Arena, Aahrus, Denmark, Minggu (18/10/2021).

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, melompat gembira di tengah lapangan. Tunggal putra kedua Indonesia itu kemudian diserbu Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan serta para pelatih setelah memenangkan partai ketiga final Thomas Cup.

Mereka berpelukan, berangkulan, dan kemudian melepaskan tangan ke atas merayakan kesuksesan membawa pulang Piala Thomas ke Tanah Air. Ya, sudah 19 tahun gelar bergengsi di turnamen badminton beregu putra itu melalang buana setelah terakhir kali dimenangkan pada 2002 lalu.

Bertemu China di final Piala Thomas 2020, poin pertama Indonesia didapat melalui Anthony Sinisuka Ginting. Melawan Lu Guang Zu, tunggal putra peringkat lima dunia itu kalah 18-21 di game pertama.

Anthony Sinisuka Ginting bangkit di dua game berikutnya untuk menang 21-14 dan 21-16 dalam waktu satu jam 17 menit. "Puji Tuhan saya bisa menang. Jujur saya nervous di game pertama yang selalu tertinggal dan kalah," tutur atlet bulu tangkis berusia 24 tahun itu.

Infografis Thomas Cup Kembali ke Indonesia Setelah 19 Tahun. (Liputan6.com/Trieyasni)

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, yang dimainkan sebagai ganda putra pertama, menjawab kepercayaan dengan kemenangan. Mereka menumbangkan pasangan China He Ji Ting / Zhou Hao Dong dua game langsung 21-12 dan 21-19.

"Bersyukur Alhamdulillah bisa menyumbangkan angka kemenangan bagi Indonesia. Kami tidak menyangka bisa diturunkan di partai final Piala Thomas dan sebagai ganda pertama serta bisa menyumbang angka," kata Fajar usai pertandingan.

"Saya senang karena bisa mempersembahkan kemenangan. Keberhasilan ini sangat penting bagi kami untuk tidak menjadi pasangan pelapis terus. Ini menambah kepercayaan diri kami," ucap Rian menambahkan.

Kemenangan Indonesia akhirnya ditentukan Jonatan Christie yang turun pada partai ketiga final. Tunggal putra nomor tujuh dunia itu harus berjuang selama satu jam 22 menit sebelum menang 21-14, 18-21, dan 21-14 atas Li Shi Feng.

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia," ujar Jonatan Christie. "Kami persembahkan kemenangan dengan merebut kembali Piala Thomas untuk keluarga, pelatih, tim pendukung, pengurus PBSI, dan para pecinta bulutangkis Indonesia."


Kebersamaan dan Piala Thomas ke-14

Kapten tim Indonesia Hendra Setiawan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah berjuang hingga dapat membawa pulang Piala Thomas. Menurutnya, keberhasilan itu berkat kebersamaan dan kekompakan tim.

"Terima kasih kepada pemain yang telah berjuang. Terima kasih kepada pelatih dan tim pendukung yang telah bekerja kompak hingga kita juara," kata pebulu tangkis berusia 37 tahun itu.

Manajer tim Indonesia Eddy Prayitno juga mengapresiasi perjuangan total para pemain di lapangan. "Mewakili Ketua Umum PBSI Pak Agung Firman Sampurna dan Ketua Harian Pak Alex Tirta, kami mengucapkan terima kasih atas perjuangan pemain hingga kita juara dan merebut kembali Piala Thomas," tutur Eddy.

Sementara Kabid Binpres Rionny Mainaky menyebut keberhasilan ini karena perjuangan pemain dan berkat kuasa Tuhan. "Kita sudah berusaha keras dan bertanding penuh semangat. Selain itu, kemenangan ini juga karena kuasa Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin," sebut Rionny.

Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sejak mulai dipertandingan pada 1948-1949 silam, Piala Thomas tahun ini memasuki edisi ke-31. Seharusnya, kejuaraan beregu putra ini digelar pada 2020. Tapi, karena pandemi Covid-19, kejuaraan ini diundur dan baru dipertandingkan tahun ini.

Untuk Indonesia, ini adalah kemenangan ke-14 di Thomas Cup. Pasukan Merah Putih pertama kali meraihnya pada 1958 silam. Kemudian 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, dan1979, saat turnamen digelar tiga tahun sekali.

Setelah digelar dua tahun sekali sejak 1984, Indonesia kembali menjadi juara pada 1984. Bahkan skuat Merah Putih pernah lima kali secara beruntun menjadi juara, yaitu pada 1994, 1996, 1998, 2000, dan 2002. Piala Thomas kembali dimenangkan pada tahun ini.

Setelah itu, dominasi Indonesia dihentikan oleh China yang menjadi juara pada 2004, 2008, 2010, 2012, 2018. Sebelumnya, Negeri Tirai Bambu itu juga pernah meraih Piala Thomas pada 1982, 1986, 1988, dan 1990. Total sudah 10 kali China menjadi kampiun.

Sementara Malaysia menempati urutan ketiga sebagai negara yang paling banyak menjuarai Thomas Cup. Tim Negeri Jiran tercatat lima kali sebagai kampiun, yakni 1949, 1952, 1955, 1967, serta 1992. Sementara Jepang dan Denmark masing-masing satu kali menjadi juara pada 2014 serta 2016.


Tanpa Merah Putih

Sayang, perayaan kemenangan Indonesia kurang lengkap. Pasalnya, saat lagu Indonesia Raya berkumandang, bendera Merah Putih tidak berkibar. Merah Putih diganti dengan bendera PBSI. Hal ini dikarenakan Indonesia terkena sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA) yang efektif per 7 Oktober 2021.

Hukuman itu diberikan karena WADA menilai Indonesia tidak patuh kepada aturan karena gagal menerapkan program pengujian yang efektif. Sebelum menjatuhkan sanksi, WADA sudah mengirim pemberitahuan perihal ketidakpatuhan akan peraturan antidoping sesuai standar terbaru pada 15 September lalu.

Namun, Indonesia tidak memberikan balasan dalam tempo 21 hari setelah surat diterima. Alhasil, hukuman diberikan. "Cukup sedih sih nggak ada Bendera Merah-Putih. Mudah-mudahan masalah WADA cepat beres," kata Marcus Fernaldi Gideon.

"Kalau saya sih senang karena bisa juara. Namun, ada sedikit kurangnya karena Bendera Merah Putih tidak berkibar. Tapi, semua orang tahu kalau PBSI juga adalah singkatan dari Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Kita tetap membawa nama Indonesia," ucap Fajar Alfian.

"Yang jelas semoga masalah ini cepat selesai karena kita berjuang buat Merah Putih. Apalagi, di depan ada event besar seperti World Champ dan Asian Games, juga Thomas Cup tahun depan."

Kecaman datang dari legenda bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat. "Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khususnya Menpora KONI dan KOI? Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara indonesia aja..," kata mantan atlet yang pernah membawa Indonesia juara Thomas Cup 2000 dan 2002 di akun Instagram miliknya.

"Jangan ngarep jadi Tuan rumah olympic or piala dunia....urusan kecil aja gak bisa beres.. Kacau dunia olahraga ini,...


Minta maaf

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta maaf atas tidak berkibarnya bendera Merah Putih saat Indonesia merayakan kemenangan di Thomas Cup 2020. "Saya kira saya juga mohon maaf," katanya.

"Saya meminta maaf karena kita semua jadi tidak enak. Seharusnya kita menikmati kembali juara Piala Thomas. Kenikmatan itu berkurang karena Merah Putih tak bisa dikibarkan."

Permintaan maaf juga disampaikan Lembaga Anti-Doping Indonesia atau LADI. "Kami meminta maaf kepada Presiden RI Joko Widodo, masyarakat Indonesia, dan stakeholder olahraga Indonesia," ucap sekretaris LADI Dessy Rosmelita.

"Kami akan berkordinasi dengan Pak Okto agar hal-hal spesifik yang sempat dibahas dalam rapat tadi bisa ditindaklanjuti sehingga mempercepat langkah-langkah pembebasan sanksi sanksi dan menjadi patuh terhadap aturan WADA," tambahnya.

Kita semua tentunya berharap Indonesia segera terbebas dari sanksi WADA. Sehingga Merah Putih bisa kembali berkibar saat lagu Indonesia Raya berkumandang saat merayakan kemenangan para atlet Tanah Air.

Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah tiga turnamen bulu tangkis pada akhir tahun ini di Bali. Indonesia Masters bakal berlangsung 16-21 November. Dilanjutkan dengan Indonesia Open yang digelar mulai 23 sampai 28 November. Terakhir, BWF World Tour Finals yang akan dihelat pada 1-5 Desember.

Akan sangat aneh jika para pebulu tangkis Indonesia yang juara di ketiga turnamen itu tidak bisa menyaksikan bendera Merah Putih berkibar saat merayakan kemenangan di rumah sendiri. Kita pun juga berharap sukses di Thomas Cup 2020 tidak membuat Anthony Ginting cs berpuas diri dan terus mengejar prestasi untuk kejayaan bulu tangkis Indonesia.

Postingan Jojo Diserbu

Menang Piala Thomas, Surat Terbuka Jonatan Christie Minta Maaf Kalah Olimpiade Tokyo Digeruduk Netizen

Liputan6.com 2021-10-18 11:30:00
Jonatan Christie. (Foto: Instagram @jonatanchristieofficial)

Jonatan Christie memuluskan cita-cita tim Indonesia memulangkan Piala Thomas ke Tanah Air setelah menundukkan Li Shi Feng dari Tiongkok dengan dramatis 14-21, 21-18, dan 21-14 dalam partai final di Denmark, Minggu (17/10/2021) malam waktu Indonesia.

Ucapan selamat membanjiri akun Instagram terverifikasinya. Yang menarik, sejumlah warganet menggeruduk unggahan jadul Jonatan Christie saat kalah di Olimpiade Tokyo 2020 pertengahan tahun ini. Unggahan itu berisi surat terbuka permintaan maaf.

"Saya ingin mengucapkan permohonan maaf saya kepada teman-teman semua terutama untuk warga Indonesia yang telah mendukung doa dan memberikan pesan semangat untuk saya," tulis atlet kelahiran Jakarta, 15 September 1997, usai kalah dalam Olimpiade 2020.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Saya Mengakui

"Saya mengakui masih banyak hal yang harus saya perbaiki dari penampilan saya kemarin baik dari teknis maupun nonteknis," tulis Jonatan Christie pada 30 Juli 2021 dengan latar hitam polos.

Saat itu, ia mengaku kecewa pada diri sendiri. Namun, Jonatan Christie tak mau tenggelam dalam kesedihan. Ia mengevaluasi diri seraya meyakini akan datang masa di mana Tuhan membalik keadaan.


Pasti Kecewa

"Kecewa? Pasti kecewa, tapi biar momen ini saya pakai untuk saya dapat berbuat lebih baik lagi dari sisi kepribadian saya sendiri maupun dari cara permainan saya di lapangan juga," Jonatan Christie menyambung.

"Saya tahu waktu Tuhan adalah yang terbaik, mungkin keinginan saya yang terlalu menggebu menjadi bumerang juga buat saya. Sekarang biarlah Tuhan yang bekerja atas hidup saya dan saya akan memperbaiki kesalahan-kesalahan saya," ia mengakhiri.


Kritik Membawa Berkah

Beberapa jam setelah Jonatan Christie menyempurnakan kemenangan Anthony Sinisuka Ginting yang disusul duet ganda putra masa depan Indonesia Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto, surat terbuka ini diserbu netizen.

"Definisi dari: Kritikan membawa berkah! Kamu terima semua kritikan kita dan belajar dari kesalahan. You did it, Ka Jo. We are so proud you. Jesus Christ Bless," cuit akun @keysiarhln_ di kolom komentar.


Hari Ini Sudah Terbayar

"Hari ini sudah terbayar Jo, Jo dan teman-teman berhasil bawa PialaThomas Cup ke Indonesia. God bless," akun @nonald15 menyahut. Yang lain menyorot perlawanan tangguh Jonatan Christie hingga membuat lawan cedera.

"But now you've made it king!!! so proud of you kak jo, makasih udah berjuang habis-habian, sampe buat lawan cedera gitu. SUMPAH KAK JO KEREN BGT, AND WE, INDONESIANS ARE VERY PROUDDD OF YO!" @rahmafebrita menimpali.

Tiket Konser BTS Rp 200 Juta

Tiket Konser BTS Dijual Sampai Tembus Rp 200 Juta, Permainan Calo?

Liputan6.com 2021-10-18 12:40:34
BTS perform dynamite di Grammy 2021/dok. Twitter BTS_official

ARMY alias para penggemar BTS beberapa waktu belakangan ini mengkhawatirkan merajalelanya calo dalam konser grup ini yang digelar bulan depan di Los Angeles Amerika Serikat

Dilansir dari Allkpop, Senin (18/10/2021), sejumlah tiket konser "Permission to Dance on Stage - LA" dijual kembali di situs Ticketmaster.

Tiket dari berbagai kelas ikut dijual, termasuk VVIP. Bahkan ada yang memasang angka fantastis, yakni US$ 15.338. Bila dirupiahkan, tiket untuk menonton penampilan RM dkk ini mencapai angka sekitar Rp 216 juta.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Tersedia untuk Publik

Tak heran bila angka yang ditawarkan meroket, menyesuaikan hukum ekonomi soal permintaan dan penawaran.

Seperti diketahui, tiket konser BTS di LA ini tak tersedia untuk publik, karena permintaan saat presale yang begitu tinggi.


Tiket Ludes

"Karena permintaan dari para pembeli sebelumnya dan presale dari penggemar yang terverifikasi untuk BTS Permission to Dance - LA yang begitu luar biasa, semua pertunjukan ludes terjuat & tiket tak tersedia untuk penjualan ke publik," begitu pengumuman dari Ticketmaster pada 10 Oktober lalu.


Tak Boleh Dibatalkan

Sekadar informasi, Ticketmaster tak memperkenankan pembatalan tiket 72 jam setelah dibeli. Sebagai gantinya, platform ini menyediakan situs untuk menjual kembali tiket yang telah dibeli.

Dengan permintaan yang terus membludak, tak heran harganya terus meroket.


Konser Empat Hari

Konser BTS ini akan digelar selama empat hari. Yakni tanggal 27-28 November dan 1-2 Desember. Ini adalah konser pertama mereka yang digelar secara langsung sejak penampilan mereka di Seoul pada 2019 lalu.

Sebelum konser ini dilangsungkan, sang pelantun "Mic Drop" juga akan tampil dalam konser online pada 24 Oktober mendatang.

Boleh Pakai Bikini di Arab Saudi

Aturan Baru di Pantai Arab Saudi, Wanita Boleh Pakai Bikini dan Peluk Pasangan Bukan Muhrim

Liputan6.com 2021-10-18 13:04:42
Penumpang memasuki Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, Senin (177/5/2021). Warga Saudi yang telah menerima vaksinasi Covid-19 diizinkan bepergian ke luar negeri untuk

Beberapa tahun belakangan ini ada sejumlah kebijakan yang membuat Arab Saudi lebih terbuka dan tidak lagi dianggap konservatif. Hal itu juga dirasakan Asma, seorang wanita yang sering berwisata ke pantai.

Bagi wanita berusia 32 tahun itu, menghabiskan hari di pantai dengan kekasihnya tak pernah terpikirkan sebelumnya bisa dilakukan di negara tersebut. Dilansir dari The New Arab dan The Times of Israel, 18 Oktober 2021, Kini, Asma bisa berdansa dengan kekasihnya di atas pasir putih di tepi Laut Merah dengan iringan musik dan lagu-lagu berbahasa Inggris dari pengeras suara.

Itu adalah gambaran kecil dari perubahan yang sedang berlangsung di kerajaan Islam, yang berusaha untuk melonggarkan beberapa aturan sosial ketat dalam dorongan modernisasi. Sebelumnya, musik dilarang di tempat umum hingga 2017, sebuah aturan yang ditegakkan oleh polisi Agama.

Wanita lalu boleh diizinkan mengemudi setahun kemudian, dan pantai biasanya masih dipisahkan antara pria dan wanita. Namun dengan membayar 300 riyal Saudi atau sekitar Rp1,1 juta per orang, Asma dan kekasihnya bisa masuk ke Pure Beach dekat Jeddah, dengan musik, dansa, dan taman air yang bertuliskan "Arab Saudi" dalam bahasa Inggris jika dilihat dari atas.

"Saya senang saya sekarang bisa datang ke pantai terdekat untuk menikmati waktu saya," kata Asma pada AFP. "Ini adalah simbol kebahagiaan, ini adalah impian kami untuk datang ke sini dan menghabiskan akhir pekan yang indah," tambahnya.

Para pengunjung wanita yang ingin berenang dibolehkan memakai bikini. Beberapa di antaranya bersantai sambil menghisap shisha. Saat matahari terbenam, penari mengikuti musik Barat di atas panggung, dan banyak pasangan berpelukan di dekatnya.

Di banyak negara situasi ini bukan pemandangan yang aneh, tetapi berbeda untuk Arab Saudi, yang menjadi rumah situs-situs paling suci Islam. Bilal Saudi, kepala acara di King Abdullah Economic City, mengatakan pantai itu terbuka untuk turis lokal maupun asing.

"Saya merasa bahwa saya tidak lagi harus bepergian (ke luar negeri) untuk bersenang-senang, karena semuanya ada di sini," kata Dima, seorang pengusaha muda lokal sambil bergoyang mengikuti musik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Banyak yang Berubah

Petugas di pantai mengatakan mereka tidak tahu apakah pasangan yang berpelukan sudah menikah atau belum. Baru dua tahun yang lalu pasangan asing yang belum menikah diizinkan untuk berbagi kamar hotel.

Demi 'privasi', seperti yang dikatakan staf, ponsel disita dan disimpan dalam kantong plastik. "Saya terkejut dengan kebebasan dan keterbukaan di pantai, sesuatu yang akan dialami di Amerika Serikat," ujar pengunjung pantai lainnya.

Mereka juga terlihat di luar kawasan Jeddah yang dikenal sebagai kawasan paling santai di negara itu. Pure Beach sendiri berada di King Abdullah Economic City, sekitar 125 kilometer di utara pusat kota Jeddah.

"Saya dibesarkan di sini, banyak yang sudah berubah sekarang. Beberapa tahun yang lalu kami bahkan tidak diizinkan untuk mendengarkan musik, jadi ini seperti surga," ucap Hadeel Omar dari Mesir.


Hidup Normal

Arab Saudi mengalami beberapa perubahan di bawah putra mahkota dan penguasa de facto, Mohammed bin Salman (MBS) yang berkuasa sejak 2017. Meski begitu, MBS juga dianggap telah bertindak keras terhadap perbedaan pendapat, menahan aktivis hak-hak perempuan, ulama dan jurnalis.

Sebuah laporan intelijen Amerika Serikat menuding MBS telah menyetujui pembunuhan brutal terhadap jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istambul, Turki pada 2018. Reformasi sosial kerajaan didorong oleh keinginan untuk mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada minyak bumi, termasuk dengan memantik sektor pariwisata dan pengeluaran domestik.

Sebelumnya, hanya pelancong bisnis dan peziarah Muslim saja yang dapat berkunjung ke Arab Saudi. Namun pada 2019, mereka mulai menawarkan visa untuk turis asing.

Meski sudah cukup terbuka, pihak penguasa Arab Saudi masih tetap melarang minuman beralkohol secara nasional. "Hidup itu normal (di Arab Saudi). Sebelumnya tidak normal," ujar Asma.


Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

 

Jalan Kemal Ataturk di Menteng

3 Tanggapan Rencana Penggantian Nama Jalan di Menteng Jadi Mustafa Kemal Ataturk

Liputan6.com 2021-10-18 18:06:37
Poster pendiri Turki modern Mustafa Kemal Ataturk terlihat di sebuah toko, ketika turis yang mengenakan masker melintas di kota Ayvalik, Laut Aegea, Rabu (9/9/2020). Turki telah mewajibkan pe

Pemerintah berencana mengubah salah satu nama jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat menjadi nama tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Kabar tersebut disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Menurut dia, pemerintah Turki juga siap menyediakan satu jalan untuk diisi nama tokoh Indonesia.

"Jadi memang ada keinginan dari kita, dari pemerintah Turki agar ada nama dari kita yang ada di Turki dan juga nama tokoh dari Turki. Jadi sama-sama," kata Riza pada wartawan, Minggu 17 Oktober 2021.

Meski sudah disampaikan Riza, perencanaan perubahan nama Mustafa Kemal Ataturk menuai beragam tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas.

Menurut Anwar, sosok tersebut adalah tokoh yang sudah mengacak-acak ajaran Islam dan melakukan hal bertentang dengan sunah.

"Hal itu dia lakukan adalah karena dia ingin menjadikan Turki menjadi negara maju dengan cara menjauhkan rakyat Turki dari ajaran agama Islam dan melarang agama Islam dibawa-bawa ke dalam kehidupan publik," kata Anwar dalam keterangan tertulis.

Berikut sederet tanggapan terkait rencana pergantian nama salah satu jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat menjadi nama tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk dihimpun Liputan6.com:


1. Sejarawan

Sejarawan dari Universitas Indonesia Tiar Anwar Bachtiar mengaku tidak mempermasalahkan rencana pergantian nama salah satu jalan di Jakarta dengan nama tokoh Turki. Namun, dia tidak setuju ketika nama Mustafa Kemal Ataturk akan digunakan untuk nama jalan di Indonesia.

"Ini Mustafa Kemal kontroversial, dia ini tentu oleh orang-orang Turki sebagian Kemalis anggap sebagai pahlawan tapi sebagian lain ada tokoh antagonis tokoh yang penuh dengan intrik dia juga sudah menghancurkan khilafah dan sebagainya," kata Tiar saat dihubungi Liputan6.com, Senin (18/10/2021).

Tiar menyebut, Mustafa Kemal Ataturk tidak memiliki nama terlalu baik untuk masyarakat Turki. Karena hal itu, dia meminta pemerintah agar mencari nama tokoh Turki lainnya.

"Sebaiknya kalau memang pemerintah Indonesia mau memasang nama salah satu tokoh Turki, banyak tokoh Turki yang tidak kontroversial bisa diterima oleh semua masyarakat," ucap dia.


2. MUI

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas angkat suara soal nama Presiden Pertama Turki Mustafa Kemal Ataturk yang akan dijadikan nama jalan di Jakarta. Menurut Anwar, sosok tersebut adalah tokoh yang sudah mengacak-acak ajaran Islam dan melakukan hal bertentang dengan sunah.

"Hal itu dia lakukan adalah karena dia ingin menjadikan Turki menjadi negara maju dengan cara menjauhkan rakyat Turki dari ajaran agama Islam dan melarang agama Islam dibawa-bawa ke dalam kehidupan publik," kata Anwar dalam keterangan tertulis diterima, Minggu 17 Oktober 2021.

Anwar melanjutkan, Mustafa Kemal Ataturk adalah seorang tokoh yang sangat sekuler yang tidak percaya ajaran agamanya akan bisa menjadi solusi dan akan bisa membawa Turki menjadi negara maju.

"Jadi Mustafa Kemal Ataturk ini adalah seorang tokoh yang kalau dilihat dari fatwa MUI adalah orang yang pemikirannya sesat dan menyesatkan," tambah Anwar.

Anwar menilai, jika pemerintah Indonesia tetap mengabadikan nama Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta, maka akan sangat menyakiti hati umat Islam. Karena, Indonesia adalah negara yang berdasarkan Pancasila di mana sila pertamanya adalah Ketuhanan yang Maha Esa.

"Sebab pemerintahnya akan menghormati seorang tokoh yang sangat sekuler dan melecehkan agama Islam yang menjadi agama dari mayoritas rakyat di negeri ini," kritik Anwar.

"Itu jelas merupakan sebuah tindakan yang tidak baik dan tidak arif serta jelas akan menyakiti dan mengundang keresahan di kalangan umat Islam yang itu jelas tidak kita harapkan," tandas Anwar.


3. Wagub DKI Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pemberian nama jalan dengan tokoh Turki merupakan bentuk kerjasama kedua negara.

Rencananya salah satu jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat akan diganti dengan nama tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

"Penamaan jalan itu kan bagian kerja sama antar negara antara pemerintah jadi itu kerjasama antara Indonesia dan pemerintah Turki. Kita juga saling membantu, saling menghormati," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021).

Dia menyatakan kantor KBRI di Turki telah diganti dengan nama Presiden Soekarno. Kata dia, penamaan jalan dengan tokoh Turki telah diusulkan.

"Kebetulan nama yang diusulkan dari mereka ya Ataturk. Ya kita saling menghormati menghargai antar negara," ucap Riza.

Lanjut dia, semua pihak harus saling menghormati, menghargai, dan memperhatikan pertimbangan terkait nama yang diusulkan tersebut.

"Insyallah pemerintah akan mencarikan solusi yang terbaik supaya baik bagi semua termasuk hubungan kita degan pemerintah Turki menjadi lebih baik," jelas Riza.

(Lesty Subamin)

Hujan Salju yang Bikin Resah

Salju Turun Lebih Awal di China, Warga Resah

Liputan6.com 2021-10-18 11:05:23
Wisatawan berkunjung ke Kuil Surga di Beijing, Kamis (7/10/2021). Pada hari terakhir Hari Libur Nasional China selama seminggu warga dan wisatawan ramai-ramai mengunjungi kuil tersebut. (AP

Temperatur dingin terjadi di Beijing pada 20 hari lebih awal dari biasanya. Hal ini terjadi di tengah gelombang dingin yang sudah lebih dulu terjadi di beberapa provinsi China. Salju juga terpantau turun lebih awal.

Media pemerintah Global Times menyebut fenomena iklim ini meresahkan warga karena bisa menjadi pertanda musim dingin yang lebih parah dari biasanya.

"Gelombang dingin menurunkan temperatur di banyak tempat di provinsi Hebei, Shandong, Henan, Anhui, dan Jiangsu yang (temperaturnya) turun 10 derajat celcius dalam 24 jam," tulis Global Times, dikutip Senin (18/10/2021).

Warga lokal lantas bercanda bahwa rasa dingin ini seperti "quick-freeze mode" di dalam kulkas.

Kedatangan gelombang dingin ini membuat khawatir karena sistem pemanas munisipal di China memiliki jadwal tersendiri untuk dinyalakan, tetapi gelombang dingin datang lebih awal.

Beberapa daerah di China akhirnya menyalakan sistem mereka lebih awal, seperti di kota-kota di timur laut China.

Hal ini dikhawatirkan bisa memicu masalah energi di China yang saat ini juga sedang mengalami kesulitan. Namun, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional menjamin persediaan energi akan aman pada musim dingin dan musim semi mendatang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Salju di Luoyang

Salju terpantau sudah terlihat di Beijing dan Luoyang, meski sekarang masih jauh dari musim salju.

Pada 1 Oktober 2021, salju turun di gunung di daerah Beijing.

Di Luoyang, provinsi Henan, salju juga mulai terlihat di Gunung Baiyun pada Sabtu lalu. Biasanya, salju turun di akhir November atau awal Desember.

Prakiraan cuaca nasional telah mengeluarkan blue alert untuk mengantisipasi gelombang dingin.

Otoritas meteorologi nasional China berkata setelah gelombang dingin, suhu akan naik sedikit, tetapi tetap 4-6 derajat celcius lebih dingin dari rata-rata.

Pakar cuaca di Beijing berkata gelombang dingin datang lebih awal karena adanya anomali-anomali di atmosfer. Meski demikian, pakar membantah bahwa gelombang dingin akan berpengaruh pada musim dingin yang lebih parah.

Bocah Boleh Masuk Bioskop

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang: Anak-anak Boleh Masuk Bioskop

Liputan6.com 2021-10-18 17:34:24
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi per perpanjangan PPKM level.

Pemerintah melalukan penyesuaian aktivitas masyarakat Jawa-Bali dalam perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) periode 19 Oktober-1 November 2021. Kini, bioskop di daerah PPKM level 1 dan 2 dapat beroperasi dengan kapasitas 70 persen.

"Kapasitas bioskop untuk kota level 2 dan 1 dapat dinaikkan menjadi 70 persen," ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers, Senin (18/10/2021).

Adapun sebelumnya bioskop hanya diperbolehkan buka dengan kapasitas 50 persen. Selain itu, pemerintah kini mengizinkan anak-anak masuk ke bioskop.

"Dan untuk anak-anak diperkenankan masuk bioskop di kota dengan Level 1 dan 2," katanya.

Tak hanya itu, anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun diperbolehkan masuk tempat wisata di daerah PPKM level 2 yang sudah menggunakan Peduli Lindungi. Mereka tetap harus didampingi orangtua.

"Ujicoba tempat wisata di kabupaten/kota level 3 akan ditambah sesuai dengan izin Kemenparekraf. Wisata air dapat dibuka pada kabupaten/kota level 2 dan 1," jelas Luhut.


Situasi Terus Membaik

Luhut mengatakan, penyesuaian aktivitas masyarakat ini dikarenakan situasi Covid-19 di Jawa dan Bali yang mulai membaik. Luhut mengatakan kasus konfirmasi Covid-19 baik secara nasional maupun di Jawa-Bali telah turun hingga 99 persen dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu.

"Saat ini hanya tersisa kurang dari 20 ribu kasus aktif di nasional dan kurang dari 8 ribu kasus aktif di Jawa Bali. Jauh menurun dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta," tutur Luhut.

Janji Melarang Prostitusi

PM Spanyol Pedro Sanchez Janji Akan Larang Prostitusi Secara Resmi

Liputan6.com 2021-10-18 12:33:57
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (AP/Francisco Seco)

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berjanji untuk melarang prostitusi di negara itu.

Berbicara kepada para pendukungnya di akhir kongres Partai Sosialisnya di Valencia, Sanchez mengatakan bahwa praktik tersebut "memperbudak" perempuan.

Dikutip BBC, Senin (18/10/2021), prostitusi didekriminalisasi di Spanyol pada 1995 dan pada 2016 PBB memperkirakan industri seks negara itu bernilai 3,7 miliar (3,1 miliar, $4,2 miliar).

Sebuah survei tahun 2009 menemukan bahwa hingga 1 dari 3 pria Spanyol telah membayar untuk seks.

Namun, laporan lain yang diterbitkan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa angka tersebut mungkin mencapai 39% dan sebuah studi PBB tahun 2011 menyebutkan Spanyol sebagai pusat prostitusi terbesar ketiga di dunia, di belakang Thailand dan Puerto Rico.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aturan Prostitusi di Spanyol

Prostitusi saat ini tidak diatur di Spanyol, dan tidak ada hukuman bagi mereka yang menawarkan layanan seksual berbayar atas keinginan mereka sendiri selama itu tidak terjadi di ruang publik.

Namun, mucikari atau bertindak sebagai proxy antara pekerja seks dan calon klien adalah ilegal.

Industri ini telah berkembang pesat sejak dekriminalisasi dan umumnya diperkirakan sekitar 300.000 wanita bekerja sebagai pelacur di Spanyol.

Pada 2019, partai Sanchez menerbitkan janji dalam manifesto pemilihannya untuk melarang prostitusi, dalam apa yang dilihat sebagai langkah untuk menarik lebih banyak pemilih perempuan.

Manifesto itu menyebut prostitusi "salah satu aspek paling kejam dari feminisasi kemiskinan dan salah satu bentuk terburuk kekerasan terhadap perempuan".

Namun dua tahun setelah pemilihan, belum ada undang-undang yang diajukan.


Potensi Perdagangan Perempuan

Pendukung sistem Spanyol saat ini mengatakan bahwa itu telah membawa manfaat besar bagi para wanita yang bekerja di perdagangan dan membuat hidup lebih aman bagi mereka.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran yang signifikan telah berkembang seputar potensi perempuan untuk diperdagangkan ke dalam pekerjaan seks.

Pada tahun 2017, polisi Spanyol mengidentifikasi 13.000 wanita dalam penggerebekan anti-perdagangan manusia, yang menyatakan bahwa setidaknya 80% dari mereka dieksploitasi di luar kehendak mereka oleh pihak ketiga.

Dilarang Borong Tas Chanel

Mengapa Warga Korea Selatan Hanya Boleh Belanja 1 Tas Chanel per Tahun?

Liputan6.com 2021-10-18 12:02:12
Ilustrasi tas Chanel. (dok. Laura Chouette/Unsplash)

Jika brand fesyen umumnya senang dengan kehadiran pembeli yang memborong produknya, tidak demikian dengan Chanel di Korea Selatan. Jenama asal Prancis itu kini membatasi jumlah pembelian tas oleh pelanggan mereka, maksimal satu tas per tahun.

Menurut Hankook Ilbo, surat kabar haria Korea Selatan, Chanel Korea menerapkan kebijakan bahwa setiap pelanggan hanya dapat membeli satu tas flap Timeless Classic dan satu tas tangan Coco Handle per tahun. Aturan yang sama juga berlaku untuk barang-barang yang dikategorikan sebagai barang berbahan kulit ukuran kecil, terutama dompet dan pouch, jika pelanggan ingin lebih dari satu model yang sama untuk kategori ini.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (18/10/2021), langkah itu diambil menyusul peningkatan penjualan kembali (reselling) tas Chanel. Ada fenomena yang muncul di negeri ginseng terkait produk dari brand tersebut, yakni melakukan open run.

Open run merupakan aksi sejumlah orang secara bersama-sama dan cepat memasuki sebuah toko sesaat toko tersebut dibuka. Mereka umumnya mengantre berjam-jam untuk memasuki toko secepat mungkin agar peluang mendapat barang yang diinginkan semakin tinggi.

Sistem open run ini sangat kompetitif, para reseller mulai mengantre di depan toko di Myeong-dong dengan menggunakan kursi kemah. Mereka menunggu hingga pintu toko terbuka dan langsung berlarian ke enam atau tujuh mal di distrik tersebut.

Pelanggan yang membeli seperti ini, tidak hanya menginginkan tas untuk dirinya sendiri, tetapi juga akan menjual kembali tas tersebut dengan harga yang lebih tinggi di tempat lain. Selisih harga jualnya sekitar 300 hingga 400 dolar AS atau hampir mencapai Rp4,3juta - Rp5,7 juta.

Sistem itu membuat sejumlah orang lelah dan akhirnya bersedia untuk membayar lebih demi mendapatkan tas impiannya.

"Saya sangat lelah dengan open run. Saya tidak punya waktu, mereka menyusahkan dan menghabiskan tenaga," ujar salah satu pengguna yang mengunggah di Chicment, situs forum di Naver untuk berbagi informasi mengenai barang-barang mewah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Naikkan Harga

Sementara itu, pengguna lainnya menuliskan bahwa ia bersedia membayar kepada para reseller dengan harga 250 hingga 340 dolar Amerika Serikat atau setara dengan 3,5 juta hingga 4,8 juta rupiah, mengingat sulitnya melakukan open run hanya untuk masuk ke toko.

Dilansir dari Business Insider, dengan melakukan open run, para 'reseller' dapat menghasilkan 90 hingga 270 dolar (Rp1,2 juta hingga Rp3,8 juta) per barang jika mereka berhasil mendapatkan tas yang diinginkan oleh klien mereka. Keuntungan ini cukup lumayan sebagai pekerjaan sampingan.

Chanel sering menaikkan harga di Korea, tetapi para pelanggan terlihat tidak menghiraukan hal tersebut. Menurut analis pasar, pandemi ini memberikan efek kepada masyarakat yang gemar akan barang-barang mewah karena keinginan mereka untuk melakukan ke luar negeri tidak bisa terpenuhi.


Bukan Satu-satunya

Chanel bukanlah satu-satunya merek mewah yang membatasi pembelian per orang. Sebut saja, Herms mengizinkan setiap pelanggan untuk membeli hingga dua tas dengan desain yang sama per tahunnya. Rolex, jenama jam tangan mewah membatasi pembelian per orang hanya satu atau dua jam tangan setiap tahun.

Pada 2020, pasar barang mewah di Korea Selatan merupakan yang terbesar dalam urutan ketujuh. Nilainya diperkirakan akan melampaui 123 miliar dolar AS atau hampir mencapai Rp 1,7 triliun. Pasar penjualan kembali (reseller) barang mewah diperkirakan mencapai enam miliar dolar AS atau hampir mencapai Rp84,6 miliar.

Pada September lalu, generasi milenial, terutama kaum pria yang berusia 20-an hingga 30-an yang menjadi pelanggan loyal untuk berbelanja barang-barang bermerek. Mereka menyumbang sekitar sepertiga dari pasar mewah dan barang ritel di Korea Selatan. (Gabriella Ajeng Larasati)


6 Fakta Menarik tentang Fesyen

 

Beruang Kutub Segera Punah

Studi Sebut Beruang Kutub Bisa Punah pada Akhir Abad ke-21, Ini Penyebabnya

Liputan6.com 2021-10-17 20:35:00
Ilustrasi beruang kutub (AFP/Mario Hoppman)

Sebuah studi memprediksi bahwa pada akhir abad ke-21, es laut Arktik mungkin hilang selama muslim panas, hal ini bisa mendorong beruang kutub dan spesies lain yang bergantung pada es menuju kepunahan. Penurunan es laut arktrik terus menurun sejak awal catatan satelit pada tahun 1979.

Dilansir Live Science, Minggu (17/10/21), salah satu area di Bumi yang mengandung es secara signifikan adalah wilayah Arktik. Ini mencakup area seluas lebih dari 380.000 mil persegi (1 juta kilometer persegi) dari pantai barat Kepulauan Arktik Kanada ke pantai utara Greenland.

Ketika para ilmuwan menamai wilayah es setebal 13 kaki (4 meter), mereka mengira itu akan bertahan selama beberapa dekade.

Skenario mengenai perubah iklim, es laut akan menipis secara dramatis pada tahun 2050. Skenario yang paling optimis, di mana emisi karbon segera dan drastis dibatasi untuk mencegah pemanasan terburuk, dapat mengakibatkan sebagian terbatas dari es yang bertahan di wilayah tersebut.

Para peneliti mengatakan dalam skenario paling pesimistis, dimana beruang kutub serta anjing laut dapat menghilang pada tahun 2100. Lapisan es laut Arktik tumbuh dan menyusut setiap tahun, mencapai batas minimumnya pada akhir musim panas yang mencair pada bulan September sebelum pulih kembali pada musim gugur dan musim dingin untuk mencapai batas maksimumnya pada bulan Maret.

Menurut Pusat Data Salju dan Es Nasional (NSIDC), karena karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya semakin berkontribusi pada pemanasan atmosfer, rentang es laut telah di antara batas yang semakin menyusut, dengan membawa 15 luasan es laut terendah dalam catatan satelit.

NSIDC melaporkan hal yang lebih buruk lagi bahwa bahwa jumlah es Kutub Utara yang lebih tua dan lebih tebal yang bertahan setidaknya satu musim pencairan berada pada rekor terendah, sekitar seperempat dari total yang dicatat oleh survei satelit pertama 40 tahun lalu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Prediksi para Ilmuwan

Penurunan lapisan es yang lebih dramatis dapat memiliki efek melumpuhkan pada kehidupan hewan yang tinggal di, atau di bawah, jaringan es yang bergeser, termasuk ganggang fotosintesis, krustasea kecil, ikan, anjing laut, narwhal, paus kepala busur, dan beruang kutub. Beruang kutub sangat rentan terhadap kepunahan jika es hilang.

Pergeseran habitat yang cepat ini dapat menyebabkan beruang kutub punah atau menyebabkan kawin silang yang lebih luas dengan beruang grizzly (Ursus arctos horribilis), yang jangkauannya meluas ke utara saat iklim menghangat, laporan dari Live Science.

Proses ini pada akhirnya dapat menggantikan beruang kutub dengan beruang "pizzly" hibrida. Meskipun demikian, dalam skenario peningkatan emisi yang lebih pesimistis, para peneliti memperkirakan es musim panas dan ekosistem yang bergantung pada es akan menghilang.

Pada 9 Agustus, laporan penting dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB mengeluarkan peringatan keras bahwa Bumi diperkirakan akan mencapai ambang kritis: peningkatan suhu global 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit) karena perubahan iklim dalam 20 tahun ke depan.

Selain itu, laporan IPCC yang bocor ke publikasi Spanyol CTXT memperingatkan bahwa emisi gas rumah kaca global harus mencapai puncaknya dalam empat tahun ke depan jika pemanasan global ingin tetap berada dalam 1,5 C.

Penulis : Alicia Salsabila


Infografis Semua Vaksin Covid-19 Program Nasional Gratis, Laporkan bila Berbayar