Volume 114

Jojo Tak Terbendung

Hasil Denmark Open 2021: Jonatan Christie dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti Tak Terbendung

Liputan6.com 2021-10-21 17:42:12
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat bertanding melawan Anders Antonsen (Denmark) pada semifinal final Piala Thomas atau Thomas Cup 2021 di Aarhus, Denmark, 16 Oktober

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menaklukkan wakil Jepang Kanta Tsuneyama 21-11 pada babak 16 besar Denmark Open 2021 di Odense Park, Kamis (21/10/2021).

Tidak mengalami kesulitan berarti untuk meraih kemenangan, Jonatan selanjutnya bertemu Kenta Momota.

Unggulan pertama Denmark Open itu melaju ke perempat final setelah menumbangkan pemain India Srikanth Kidambi 23-21, 21-9.

Beberapa saat sebelum kemenangan Jonatan, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga mengamankan tiket 8 besar usai menaklukkan wakil Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie 21-14, 21-12. Praveen/Melati selanjutnya bersua wakil Tiongkok Feng Yan Zhe/Du Yue.

Sayang ganda putra muda Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan gagal mengikuti jejak. Mereka harus mengakui keunggulan andalan tuan rumah Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 15-21, 18-21.


Hasil Pertandingan

Indonesia menyisakan 11 wakil memasuki babak 16 besar Denmark Open 2021. Masih ada andalan di tiap nomor sehingga peluang merebut gelar terbuka. Berikut hasil dan jadwal pertandingan hari ini.

Hasil Pertandingan

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon: 17-21, 21-17, 23-21

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia): 21-14, 21-12

Jonatan Christie vs Kanta Tsuneyama (Jepang): 21-11, 21-9

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark): 15-21, 18-21


Jadwal Pertandingan

Court 1:

Match 10: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark)

Court 2:

Match 7: Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Court 3:

Match 7: Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi (Jepang)

Match 8: Nita Violina Marwah/Putri Syaikah vs Lee Sohee/Shin Seungchan (Korea Selatan)

Match 9: Thomas Rouxel (Prancis) vs Tommy Sugiarto

Match 11: Fajar Alfian/M Rian Ardianto vs Arjun Madathil Ramachandran/Dhruv Kapila (India)

*Match 1 di setiap court dimulai pukul 14.00 WIB

Rapor Jokowi Ma'ruf

HEADLINE: Rapor 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Demokrasi dan Hukum Jadi Sorotan?

Liputan6.com 2021-10-22 00:01:22
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/1

Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta Pusat tak menyurutkan langkah para mahasiswa menuju Istana. Mereka yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) ini terus bergerak memperingati aksi 2 tahun Jokowi-Ma'ruf Amin di Patung Kuda, Kamis (21/10/2021).

Di antara ratusan mahasiswa, ada yang membentangkan spanduk bertulisan '7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat'. Ada juga dengan tulisan, 'Reformasi Habis Dikorupsi Oligarki'.

Unjuk rasa digelar karena mereka menilai selama tujuh tahun pemerintahan Jokowi banyak persoalan yang belum terselesaikan. Mahasiswa pun menyebut selama itu Jokowi mengkhianati rakyat.

Menurut Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, banyak hal yang disorot dalam dua tahun kepemimpinan Jokowi-Maruf Amin. Terutama persoalan demokrasi. Menurutnya, Indonesia masih jauh menerapkan norma-norma yang terkandung dalam teori demokrasi itu sendiri.

"Teorinya bahwa negara demokrasi itu bisa langgeng jika tercapai tiga hal. Pertama hukum yang tidak tebang pilih, kemudian ekonomi yang merata dan ketiga, kebebasan berpolitik," ujar Hensat, begitu ia disapa, kepada Liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

"Kalau hukum secara kasat mata bisa melihat banyak yang bikin deg-degan. Kasus Joker (Djoko Tjandra), Jaksa Pinangki, belum lagi korupsinya mantan Menteri KKP yang divonis ya menurut saya tidak segitu ya, Eks menteri sosial yang korupsi juga," imbuh dia.

Sedangkan dari sisi ekonomi, menurutnya, masih belum merata. Pemerintah saat ini dinilainya menggunakan utang sebagai solusi dalam menghadapi tantangan terkait dengan pemerataan ekonomi. "Jadi (pemerataan ekonomi) belum terlihat," ujar Hensat.

Meski demikian, Ia mengapresiasi langkah Jokowi terkait pemerataan ekonomi dengan melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur. "Ini yang menurut saya diacungi jempol," kata Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini.

Selain itu, kebebasan berpolitik termasuk berdemokrasi dan kebebasan berpendapat masih belum dirasakan masyarakat. Hal itu dapat dilihat adanya penghapusan mural yang berisikan kritik juga penanganan demonstrasi yang refresif dari aparat.

"Yang saya takutkan itu, aksi-aksi untuk meredam kebebasan berpendapat mudah-mudahan tidak menjadi perlombaan prestasi untuk pelakunya untuk naik jabatan," ujar Hensat.

Selain infrastruktur, kebijakan yang patut diacungi jempol adalah penanganan pandemi Covid-19. Dia mengungkapkan, kendati awal penanganannya terus mendapatkan sorotan, namun seiring berjalan waktu pandemi ini dapat terkendali dengan baik.

"Terbukti dengan vaksin, PPKM, ini penanggulangan covid-19 cukup berhasil," terang dia.

Publik juga diminta untuk bersikap adil dalam melihat janji Jokowi-Maruf Amin yang belum terealisasi. Gelombang covid-19 yang menghantam Indonesia dinilainya telah memporakporandakan program-program yang telah dicanangkan.

"Kita harus objektif juga melihat pemerintah banyak sekali habis energinya untuk penanggulangan covid-19. Sehingga janji-janji Jokowi belum banyak terpenuhi," jelasnya.

Dalam tiga tahun ke depan, tantangan Jokowi akan semakin lebih besar dari pandemi Covid-19. Karena jelang-jelang ujung pemerintahan Jokowi, para menteri ataupun parpol biasanya sudah berjalan masing-masing untuk menyelamatkan kursi legislatif atau mendongkrak elektabilitasnya.

"Maka kalau ada cegukan-cegukan politik yang penting-penting, nah itu akan berimbas cukup keras juga untuk pemerintahan Jokowi. Karena parpol akan jalan sendiri-sendiri," terang Hensat.

Dia menyarankan agar Jokowi mampu menjaga kebebasan berpendapat dalam tiga tahun ke depan dengan baik. Karena jika tidak, ini akan berimbas pada anggapan masyarakat dalam menilai akhir kepemimpinan Jokowi.

"Ini terkait dengan legacy beliau, setelah 2024 itu akan dicatat sebagai presiden yang seperti apa gitu," jelas Hensat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Sorotan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai demokrasi menjadi hal yang paling disorot dalam 2 tahun Jokowi-Maruf Amin. Dari riset luar negeri maupun publik menyebutkan indeks demokrasi Indonesia telah turun.

"Faktanya turun. Indikatornya, rakyat ketakutan mengkritik karena ditangkap, tidak berani menyampaikan aspirasinya, demontrasi banyak ditangkap, penegak hukum represif. Ini tentu harus menjadi evaluasi bagi pemerintah karena penilaian lembaga luar dan publik, artinya itu sangat objektif," kata dia kepada liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

"Jokowi dalam menjaga demokrasi masih minus, ini masih koreksi," dia mengimbuhkan.

Masalah penerapan demokrasi yang sehat sebenarnya sudah lama menjadi sorotan publik. Namun hingga kini masih belum ada juga perbaikan bahkan cenderung memburuk. Lantas apakah tiga tahun ke depan akan semakin mengkhawatirkan?

"Tergantung, apakah punya keinginan mengembalikan demokrasi ke alamnya. Kita melihat nanti ketika mereka sudah melakukan kebijakan yang fokus terarah pada demokrasi," ujar dia.

Dalam berbagai kesempatan, Jokowi kerap melontarkan bahwa dirinya tidak antikritik. Namun hal itu tidak dilaksanakan oleh aparatur negara di bawahnya. Karena itu, menurut Ujang, harus ada kesamaan tindakan antara Presiden dengan level di bawahnya.

"Tidak sinkron, ini harusnya seiya sekata seirama antara presiden, aparat penegakan hukum dan para menterinya. Agar oskestra manajemen pemerintahan berjalan baik. Kalau berbeda, ini sangat merugikan rakyat. Tidak baik dalam konteks manajemen pemerintahan," ujar dia.

Hal menjadi perhatian selanjutnya terkait dengan penegakan hukum. Ujang menilai, aparat penegak hukum masih tebang pilih dalam menerapkan aturan.

"Kadang hukum menyasar lawan politik, ini harusnya tidak seperti itu. Hukum itu berlandaskan pada keadilan, pada siapa pun. Ini harus dibenahi. Kalau kita sepakat ingin menjadi negara demokrasi, maka penegakan hukum yang adil sebuah keniscayaan," terang dia.

Hal yang harus menjadi perhatian serius dalam 2 tahun Jokowi-Maruf adalah soal pemberantasan korupsi. Praktik perampokan uang negara tetap menjadi momok yang menghancurkan bangsa ini.

"Masih harus keras lagi memberantas korupsi, banyak koruptor yang belum ditangkap. Masih belum maksimal. Karena buktinya kemiskinan kita masih banyak, kemiskinan itu karena memang banyak korupsi," jelas Ujang.

"Apalagi jelang pemilu, jangan sampai penegakan hukum khususnya pemberantasan koprupsi itu menyasar lawan lawan politik. Itu yang tidak boleh," dia mengimbuhkan.

Dia juga menyoroti tentang janji-janji Jokowi yang belum terlaksana. Menurutnya, pemerintah harus banyak mengevaluasi terkait janji saat kampanye.

"Banyak persoalan, Jokowi menjaga demokrasi masih minus. Ini masih koreksi. Terkait dengan revolusi mental, hari ini tidak jalan. Menjadi evaluasi. Presiden yang memunculkan mesti dikoreksi kembali," ujar dia.

Ujang tidak mempermasalahkan kursi menteri yang diisi oleh para kader parpol dan profesional. Karena menurutnya, formasi tersebut harus mengedepankan keseimbangan.

"Saya melihatnya sudah pas. Cuma persoalannya, ini sosak menterinya. Sosok kinerjanya yang kurang bagus. Kan itu. Mestinya menteri-menteri di tengah pandemi bekerja fokus untuk kepentingan masyarakat. Bukan kepentingan prbadi, pencapresan, parpol, dan ini probelum sebenarnya," terang dia.

Dia pun memprediksi bakal ada perombakan kabinet Jokowi dalam waktu dekat. Ini terkait dengan masuknya PAN dalam gerbong koalisi.

"Reshuffle ada, terkait ada pan. tapi apakah reshuffle melebar, saya tidak tahu," dia menandaskan.


Pemberantasan Korupsi Kian Meluntur

Peneliti Indonesia Coruption Watch (ICW) Lalola Easter menilai, pada tahun kedua Jokowi-Maruf Amin menjabat, nyaris tidak ada perubahan dalam ikhtiar pemberantasan korupsi. Alih-alih memperbaiki kerusakan, pemerintah terus melanjutkan pemburukan pemberantasan korupsi.

"Mengacu pada janji saat Pilpres 2019, telah disebutkan beberapa poin krusial rencana agenda Jokowi-MA jika berkuasa, antara lain membangun penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya, serta mengelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya," kata Lalola kepada Liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

Namun pada tahun kedua masa jabatannya, ICW melihat tidak ada kondisi yang mengarah pada upaya dan kebijakan yang sejalan dengan misi diatas. Sebut saja misalnya skandal TWK KPK, sebagai kelanjutan dari pelemahan KPK melalui revisi UU KPK.

"Presiden Jokowi bahkan tidak menggubris rekomendasi Ombudsman Republik Indonesia (ORI) serta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sama sekali untuk membatalkan kebijakan pemecatan sewenang-wenang pegawai KPK," kata dia.

Di bidang penegakan hukum setali tiga uang. Lahir beberapa skandal internal di lembaga penegak hukum, yang melibatkan aparatnya, seperti jaksa Pinangki dan tidak ada proses penegakan hukum yang serius. Meskipun ada beberapa kasus korupsi besar yang ditangani, seperti korupsi Jiwasraya, namun penataan integritas badan pemerintah yang memberantas korupsi tidak dilakukan.

"Sehingga selalu muncul penyalahgunaan wewenang," ujarnya.

Secara umum, Lola melanjutkan, kemauan politik Pemerintah dalam memberantas korupsi terus meluntur. Janji politik 2019 untuk membangun martabat penegakan hukum dan memperbaiki tata kelola pemerintah hanya isapan jempol belaka.

"Sebaliknya, skandal korupsi oleh penegak hukum meledak, dan Pemerintah tidak mengambil langkah drastis untuk mengatasi masalah itu," ujar dia.

Selain itu, pemerintah kehilangan orientasi dalam kebijakan legislasi anti-korupsi. Tidak ada satupun aturan baru yang dibuat untuk mengatasi masalah korupsi yang masih sangat serius.

"RUU Perampasan Aset dan RUU Pembatasan Transaksi Tunai batal dijadikan agenda utama. Karpet merah justru dibentangkan lebar-lebar untuk UU yang mencerminkan kepentingan pemodal besar, seperti UU Cipta Kerja, dan terbaru, wacana pemberian pengampunan pajak jilid III," terang Lola.

Menurutnya, pemerintah telah menormalisasi korupsi. Kebijakan pemberian remisi terhadap koruptor, bahkan yang telah menghina martabat penegak hukum dan penegakan hukum, seperti Joker adalah pukulan telak terhadap upaya penanganan korupsi sebagai kejahatan luar biasa.

"Fenomena ini dilengkapi dengan pembiaran terhadap praktek konflik kepentingan pejabat publik dan meluasnya kebijakan rangkap jabatan di berbagai sektor pemerintah," ungkap dia.

Pemerintah juga dinilai gagal menjamin akuntabilitas dan transparansi dalam penanganan pandemi. Alokasi anggaran yang besar, dan sebagiannya bersumber dari utang luar negeri, dengan kebijakan impunitas pejabat publik dan pengadaan darurat yang berdampak pada melonggarnya norma antikorupsi telah memicu skandal korupsi, baik pada tingkat petty corruption maupun grand corruption.

"Sementara mata dan tangan masyarakat diikat, karena tiada akses yang memadai atas informasi anggaran, baik untuk pengadaan sektor kesehatan, penanggulangan dampak sosial dalam bentuk bansos Covid-19 maupun sektor penegakan hukum atas penyimpangan anggaran Covid-19," terangnya.

Lola menambahkan, pemerintah terus diam dengan berbagai praktek pembungkaman suara kritis warga maupun masyarakat sipil. Padahal banyak di antara praktek itu melanggar hukum, seperti hacking, doxing ataupun kriminalisasi melalui pasal pencemaran nama baik dan UU ITE.

"Para pelaku hacking dan doxing masih sangat bebas melakukan aksinya. Apakahpembiaran ini mencerminkan elit negara sebagai sponsornya?" Lola menandaskan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Anggawira, mengapresiasi berbagai upaya dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selama 2 tahun terakhir sebagai langkah baik.

Kondisi baik dikatakan khususnya untuk beberapa langkah yang dilakukan selama 2 tahun Jokowi-Ma'ruf Amin memerintah selama proses pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

"Walaupun kita ketahui memang kondisi sekarang memang tidak mudah, tapi dari langkah-langkah yang dilakukan mulai terasa beberapa perubahan yang kami rasakan," ujar Anggawira kepada Liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

Namun begitu, Anggawira menyoroti, ada beberapa pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Pertama, dari sisi kemudahan berusaha seperti yang dijanjikan dengan adanya UU Cipta Kerja.

"Pemerintah mampu meneropong kendala utama dalam konteks berusaha, yaitu perizinan dengan UU Cipta Kerja dan turunannya, melakukan one single submission. Dan tentunya dibarengi dengan beberapa macam insentif," ungkapnya.

Selain itu, Anggawira juga menyoroti sektor perbankan yang mulai mengucurkan kreditnya, baik di sektor konsumsi maupun sektor produksi.

"Mudah-mudahan ini bukan hanya di atas kertas, tapi dibarengi beberapa afirmasi di sisi otoritas jasa keuangan (OJK)," ucap dia.

Anggawira pun melihat adanya potensi pemasukan dari krisis energi di beberapa negara, yang semustinya bisa turut dimanfaatkan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Yang lainnya juga, kita memang menghadapi peluang karena adanya kenaikan harga energi dunia yang sangat menguntungkan kita sebagai produsen batubara. Ini harusnya bisa dimanfaatkan untuk direinvestasikan di sektor energi," tuturnya.

Di sisi lain, Anggawira juga meminta Jokowi-Ma'ruf untuk tidak melupakan kendala di sektor riil yang masih terganggu akibat dampak pandemi Covid-19.

"Challenge-nya memang tentunya di sektor riil. Mudah-mudahan dengan penerapan standar prokes yang ketat, sebenarnya laju Covid-19 bisa kita kendalikan," pungkas Anggawira.


Ketimpangan Sosial Melebar

Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai kinerja dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin masih ada beberapa tantangan dan kekurangan. Misalnya, salah satunya terkait dengan besaran bantuan sosial (bansos) yang disalurkan.

Atau dalam hal ini, ia menuturkan terkait dengan kecepatan pemerintah dalam merespons penyaluran pertumbuhan ekonomi nasional dan stimulus pertumbuhan ekonomi yang porsinya dinilai Bhima masih minim.

"Beberapa negara di ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura bisa menyediakan sampai 10 persen porsi stimulus daripada PDB-nya. Sementara Indonesia ada di kisaran 4-5 persen dari PDB, ini berkaitan dengan ruang fiskal di Indonesia yang terbatas dan efek dari penerimaan perpajakan yang cukup rendah hanya 8,3 persen pada 2020, itu membuat kapasitas buat stimulus tak optimal," tutur Bhima kepada Liputan6.com, Kamis (21/10/2021).

Adanya penyesuaian program juga jadi sorotan Bhima, ditengah perjalanan, pemerintah perlu mengganti skema penyaluran bansos yang tadinya berupa paket sembako menjadi uang tunai. Hal ini bisa jadi angin segar, pasalnya penyaluran bisa lebih terawasi.

Namun, pada penyaluran dengan metode sebelumnya, ia mengkritisi hal ini juga masih banyak data yang belum terverifikasi dan salah sasaran. Ia menuding akarnya dari integrasi aturan dari Kementerian yang membuat bingung pejabat pelaksanaanya atau pemerintah daerah yang dekat dengan target penyaluran bansos.

Sementara itu, di sisi lain, dengan beberapa langkah sigap pemerintah, terkait vaksinasi, hal itu bisa mendorong peningkatan ekonomi. Contohnya komoditas ekspor dengan meningkatnya permintaan global terharap sumber daya yang ada di Indonesia.

"Kita lihat di kuartal III dan kuartal IV awal itu mulai ada perbaikan khususnya percepatan vaksinasi itu yang harus diapresiasi saya kira, kemudian dari sektor lain 2 tahun terakhir, pemerintah baru rasakan bonanza komoditas, batubara naik, sawit naik, bisa tolong ekspor," katanya.

"Surplus perdagangannya juga cukup besar per Agustus sekitar 4,7 miliar dolar salah satu yang tertinggi bahkan kinerja ekspor salah satu yang tertinggi sepanjang indonesia merdeka," tambahnya.

Peningkatan harga komoditas ini yang dipandang Bhima mampu mendorong peningkatan ekonomi di dalam negeri. Selain itu, hilirisasi sektor seperti smelter juga diharapkan bisa mendorong hilirisasi produk mineral indonesia.

Sehingga ke depannya bisa masuk dalam rantai pasok pembuatan mobil listrik global. Terakhir, yang juga jadi sorotan adalah kebijakan mengenai pajak karbon yang dinilai masih belum memiliki mekanisme yang jelas.

"Meski untuk pajak karbon catatan mengenai mekanisme penyaluran pajak itu harus digunakan untuk kepentingan lingkungan hidup dan Energi Baru Terbarukan, ini tantangangannya," tegas Bhima.

Menurut analisisnya, Bhima menaksir pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 dibandingkan tahun sebelumnya hanya berkisar antara 3-3,5 persen.

"Tapi belanja pemerintah masih memiliki peran agar pertumbuhannya lebih besar lagi, kita tunggu kuartal keempat ada libur nataru, pariwisata sudah dibuka, wisatawan sudah banyak lakukan mobilitas ini akan perkuat struktur konsumsi domestik kita," tutupnya.

Selain itu, Bhima Yudhistira juga menyoroti ketimpangan ekonomi yang terus meningkat, yakni banyaknya orang kaya dan bertambahnya jumlah pengangguran.

"Selain dari dampak pandemi, ini juga dampak dari banyak kebijakan-kebijakan justru melanggengkan ketimpangan tadi, misalnya obral insentif yang tidak tepat sasaran," katanya.

Kemudian Bhima mengatakan, pada beberapa kebijakan perlindungan sosial yang terlambat diberikan pemerintah selama pandemi juga berpengaruh terhadap lebarnya jurang ketimpangan tersebut.

Kemudian juga beberapa kebijakan perlindungan sosial yang terlambat diberikan selama masa pandemi itu juga berpengaruh.

"Jadi jumlah orang kaya naik hingga 65 ribu orang kaya baru, tingkat gini rasio khususnya di perkotaan mencapai 0,4. Jadi ini satu hal yang perlu diwaspadai karena ketimpangan yang terlalu lebar sehingga sangat mengganggu stabilitas ekonomi dan politik dalam jangka waktu yang cukup panjang," tuturnya.

Kemudian, Bhima juga menyoroti terkait penambahan utang yang dilakukan secara agresif sehingga peningkatan rasio utang tidak dibarengi dengan belanja yang sifatnya produktif oleh pemerintah. Misalnya belanja pegawai dan belanja barang yang terjadi kenaikan cukup tinggi.

Menurut catatannya, akhirnya penambahan urang secara agresif bakal menjadi beban bagi bagi pemerintahan berikutnya ataupun generasi selanjutnya.

"Terhitung per penduduk itu sekarang menanggung 24 juta rupiah utang pemerintah, ini yang perlu diwaspadai," katanya tegas.


Kata Jubir Soal 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengaku semua pihak berhak untuk menilai pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal itu bagian dari proses demokrasi.

"Semua pihak tentu punya penilaian. Situasi pandemi membuat kita menghadapi pilihan yang sulit, namun perlahan-lahan semua hambatan dapat kita hadapi," kata Faldo kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Dia pun menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang memberikan masukan kepada pemerintah. Presiden Jokowi akan tetap bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Terimakasih kepada setiap pihak yang terus ikut mengawasi jalannya pemerintahan. Yang jelas, kami akan bekerja sekuat tenaga di setiap waktu yang ada," ujar dia.

"Kami tahu betul ekspektasi terhadap pemerintah Presiden Jokowi sangat besar. Kami apresiasi setiap warga negara yang terus menjaga harapan untuk bangkit," dia menambahkan.

Hal yang sama disampaikan Juru Bicara Presiden, M. Fadjroel Rachman. Dia menegaskan, Presiden Joko Widodo tidak surut mewujudkan mimpi terbesar bangsa, yaitu Indonesia Maju. Mimpi yang hanya bisa diwujudkan oleh transformasi progresif di segala bidang.

Menurut Fadjroel, krisis, resesi dan pandemi Covid-19 tidak boleh melemahkan, namun bahkan melahirkan ketangguhan menggerakkan transformasi, dan menumbuhkan kualitas bangsa.

"Seperti pesan Presiden Joko Widodo bahwa Krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa, kita hindari, tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi," kata dia dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Di masa pandemi, prestasi internasional pun telah diraih, Thomas Cup 2020kembali ke pangkuan Indonesia setelah 19 tahun, juga presidensi G-20 negara perekonomian terbesar di dunia berada di tangan Indonesia.

Selain itu, lanjut Fadjroel, Presiden Joko Widodo konsisten memimpin proses transformasi progresif dalam koridor konstitusi, regulasi, demokrasi dan ilmu pengetahuan. Fondasi transformasi progresif dimulai dari perubahan cara kerja bangsa khususnya pemerintahan.

"Cara kerja pemerintahan harus efektif-efisien, melayani dan memberdayakan rakyat. Perubahan cara kerja ditopang oleh penyederhanaan regulasi, salah satunya Undang-Undang Cipta Kerja yang disahkan pada 2 November 2020," ujar dia.

Cara kerja baru Bangsa Indonesia juga diperkuat oleh organisasi kepemerintahan yang maju yaitu birokrasi yang tidak rumit, tidak koruptif, dan terintegrasi secara digital. Maka, Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan penyederhanaan birokrasi sebagai upaya membentuk organisasikepemerintahan maju.

"Cara kerja baru yang ditopang penyederhanaan regulasi dan birokrasi adalah landasan penting implementasi kebijakan di semua bidang. Implementasi transformasi selama dua tahun pemerintahan, Presiden Joko Widodo menciptakan keseimbangan antara penanganan pandemi, kebijakan keberlanjutan pembangunan nasional, serta pengawalan keadilan, hukum dan HAM," terang Fadjroel.

Dia menambahkan, kebijakan penanganan pandemi difokuskan pada penyelamatan kesehatan dan daya tahan sosial ekonomi rakyat secara simultan. Sehingga, Presiden Joko Widodo membentuk Satgas Covid-10 dan Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN).

Penangan sosial ekonomi ini diwujudkan dalam bentuk insentif keringanan pajak, bantuan modal UMKM, bantuan sosial dengan berbagai skema, dan kartu prakerja. Selain itu, kebijakan perlindungan terhadap WNI terdampak pandemi di luar negeri juga dijalankan secara simultan, seperti penjemputan WNI dari Tiongkok, Jepang, dan fasilitasi kepulangan TKI dari beberapa negara.

"Sebagai upaya perlindungan dan keselamatan sosial ekonomi rakyat, Presiden Joko Widodo telah melakukan diplomasi internasional terkait pengadaan vaksin sejak pertengahan tahun 2020. Alhamdulillah, kerja keras ini menghasilkan pengadaan vaksin baik produk jadi dan bahan mentah sehingga Indonesia menjadi negara dengan vaksinasi tertinggi nomor 6 (enam) di dunia," terang Fadjroel.

Upaya pengembangan vaksin produk dalam negeri Vaksin Merah Putih oleh lembaga penelitian dan universitas-universitas terus didorong sehingga diharapkan Indonesia mandiri dalam produksi vaksin Covid-19 pada tahun 2022.

"Penanganan pandemi Covid-19 Indonesia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia pada September 2021. Hal ini dilihat dari keberhasilan memutus mata rantai persebaran virus Corona, vaksinasi dan perekonomian," ujar dia.

Sedangkan dari sisi ekonomi, Indonesia pada Triwulan kedua 2021 mencapai pertumbuhan 7,07% setelah pada awal pandemi 2020 terkontraksi sampai -5,32%. Pada level sosial ekonomi mikro daya beli, geliat UMKM, dan ketahanan sosial masyarakat tetap terjaga.

"Tiga strategi penanganan pandemi Covid-19 yaitu: kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi khususnya UMKM menunjukkan hasil positif yang diakui masyarakat dunia," jelas Fadjroel.

Kemudian, kebijakan pembangunan dalam narasi Indonesia Sentris tetap dilaksanakan antara lain pembangunan sumberdaya manusia (SDM), melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan transformasi ekonomi melalui ekonomi hijau dan hilirisasi industri.

"Selama dua tahun ini presiden, melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan tol, jembatan, bendungan, embung dan lain-lain agar tercipta keterhubungan antar daerah. Sedangkan pembangunan SDM diwujudkan dalam kebijakan merdeka belajar, digitilasi pendidikan, beasiswa semua level pendidikan, dan peningkatan gizi anak-anak Indonesia," jelasnya.

Transformasi ekonomi dalam bentuk ekonomi hijau direalisasikan dengan melanjutkan upaya deforestasi yang telah mencapai 75,03%, teknologi industri ramah lingkungan, pengurangan emisi dengan program Energi BaruTerbarukan (EDT) seperti Solar B-30, serta berbagai kebijakan konservasi lingkungan termasuk restorasi lahan gambut dan mangrove.

"Sedangkan hilirisasi industri dipacu melalui proyek pembangunan smelter untuk industri tambang," kata Fadjroel.

Pada sektor UMKM, Presiden Jokowi juga disebut mendorong hilirisasi industri dan digitalisasi.

Sementara kebijakan terkait keadilan, hukum dan HAM menjadi bagian penting dari implementasi transformasi progresif. Termasuk melindungi, memajukan, menegakkan, dan memenuhi HAM, juga hak konstitusional untukmelakukan kritik (secara lisan dan tertulis).

"Keadilan juga ditandai pelaksanaan PON XX Papua sehingga Indonesia bagian timur khususnya rakyat Papua memiliki kesempatan terhadap akses fasilitas olahraga berkualitas, pembuktian kapasitas SDM, dan berpartisipasi menjadii simbol persatuan Bangsa Indonesia," demikian Fadjroel.

Infografis Ragam Komentar 2 Tahun Jokowi--Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Trieyasni)

Miss World Malaysia Minta Maaf soal Batik

Minta Maaf Sebut Batik Berasal dari Negaranya, Miss World Malaysia Tetap Diprotes

Liputan6.com 2021-10-21 13:01:46
Minta Maaf Sebut Batik Berasal dari Negaranya, Miss World Malaysia Tetap Diprotes. (dok.Instagram @lavanyasivaji/https://www.instagram.com/p/CVFX3IBBsBb/Henry_

Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji sedang ramai menjadi perbincangan karena mengklaim batik berasal dari Malaysia. Klaim tersebut menuai beragam reaksi termasuk dari warganet Indonesia yang langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram Sivaji.

Beberapa hari lalu, Sivaji membagikan potretnya mengenakan gaun batik untuk malam final Miss World Malaysia 2021 pada 17 Oktober 2021. "Kain batik melambangkan keragaman bagi orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Lavanya Sivaji pada keterangan unggahannya.

Awalnya, unggahan itu mendapat tanggapan yang biasa saja dan lebih menyoroti peluang Sivaji dalam ajang kecantikan itu . Namun, setelah Sivaji dinobatkan sebagai Miss World Malaysia 2021, unggahan tersebut langsung dibanjiri protes warganet, terutama dari Indonesia.

Sejumlah warganet menegaskan bahwa batik merupakan buatan dan budaya asli Indonesia. "Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," tulis seorang warganet.

Sivaji lantas mengubah keterangan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf lewat sebuah unggahan baru pada Rabu, 20 Oktober 2021. "Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulisnya dalam keterangan barunya.

Sementara lewat unggahan terbarunya, Sivaji menyampaikan permintaan maaf setelah menyebut batik sebagai budaya Malaysia. "Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini.Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulis Sivaji dalam keterangan unggahan di Instagram.

Dia kemudian mengatakan, sekarang tidak sedikit negara yang juga memiliki batik sebagai salah satu budayanya, termasuk Malaysia. "Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing.Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," sambungnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belajar Sejarah

Sivaji menutup permintaan maafnya tersebut dengan ucapan terima kasih karena merasa diingatkan untuk menghormati akar, budaya, dan tradisinya. "Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah ibu," tambahnya.

Meski sudah meminta maaf, warganet Indonesia kembali mengkritik pernyataan Lavanya. Ia diminta mempelajari lebih dulu sebelum menuangkan sejarah dalam unggahannya.

"Sebelum menggunakan caption atau mengclaim sesuatu mungkin bisa di pelajari dulu sejarah nya darimana agar tidak di serang oleh netizen +62 btw thank you for wearing Batik , salam dari indonesia," komentar seorang warganet.

"Hey batik tu tetap yg punya indonesia. Kalaupun ada negara lain yg punya motif sama gabisa dinamakan batik, karna nama batik sendiri udah terdaftar di unesco!! Jgn ngadi2 deh," komentar warganet lainnya.


Dokter

Sivaji sendiri merupakan dokter yang lahir dii Taman Seri Gombak, Batu Caves, Selangor, Malaysia. Dilansir dari Conan Daily, dia adalah pendiri 4Them, sebuah proyek advokasi dan amal yang berfokus pada masalah gizi dan kesehatan masyarakat adat Malaysia.

Wanita berusia 25 tahun ini merupakan lulusan dari Universiti Pertahanan Nasional Malaysia di Kuala Lumpur, di mana ia mengejar gelar kedokterannya. Dalam dunia kontes kecantikan, ia sebelumnya dinobatkan sebagai runner-up ketiga Miss Malaysia Indian Global 2019.

Pada tahun ini, ia menjadi salah satu dari 28 finalis ajang Miss World Malaysia 2021 yang digelar secara virtual. Dengan kemenangannya di Miss World Malaysia 2021, Sivaji akan mewakili Malaysia di ajang Miss World 2021 yang akan digelar pada Desember mendatang di Puerto Riko.


Motif-Motif Batik Indonesia

 

Balas Dendam Donald Trump

Donald Trump Akan Luncurkan Platform Media Sosial Baru Bernama TRUTH Social

Liputan6.com 2021-10-21 09:28:50
Mantan Presiden AS Donald Trump di acara Turning Point USA Student Action Summit di Phoenix, Arizona. Dok: C-SPAN

Donald Trump masih terus berusaha untuk kembali ke dunia maya setelah berbagai platform media sosial (medsos), seperti Facebook, Twitter, YouTube hingga Twitch memblokir akun miliknya.

Sebelumnya, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) ini sempat berencana membuat medsos tandingan Facebook dkk. Nyatanya, "medsos" yang disebutkan oleh Trump itu hanya sebatas blog.

Hanya dalam kurang dari 1 bulan, blog bernama "From the Desk of Donald J. Trump" pun dihapus dari internet. Tak patah arang, suami dari Melanie Knauss ini berencana untuk membuat medsos baru.

Adapun media sosil baru milik Presiden AS ke-45 itu bernama TRUTH Social dan berada di bawah naungan perusahaan Trump Media & Technology Group.

"Saya membuat TRUTH Social dan TMTG untuk melawan tirani perusahaan teknologi besar saat ini," kata Trump dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari MSN, Kamis (21/10/2021).

Dia menambahkan, "Kita hidup di dunia di mana Taliban memiliki kehadiran besar di Twitter, namun Presiden Amerika favorit Anda telah dibungkam. Ini tidak dapat diterima."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Soft Launching Aplikasi TRUTH Social

Donald Trump joget sambil mengajak warga memilih di Pemilu AS 2020. Dok: Twitter @realdonaldtrump

Selain soft launching aplikasi bulan depan, Trump dan timnya berencana untuk merilis TRUTH Social ini secara nasional pada awal tahun depan.

Selain itu, perusahaan juga berencana untuk merilis sebuah layanan video-on-demand yang nantinya akan menampilkan program hiburan, berita, dan podcast.


Donald Trump Ingin Akunnya Dibuka Lagi

Donald Trump tampil di acara CPAC 2021. Dok: AP Photo/John Raoux

Di sisi lain, Donald Trump meminta hakim federal di pengadilan Florida untuk memaksa Twitter membuka kembali akun miliknya.

Donald Trump beralasan, Twitter secara tak pantas menangguhkan akunnya karena menerima tekanan dari anggota kongres.

Dalam laporan Bloomberg, dikutip dari New York Post, Senin (4/10/2021), pengajuan Trump mengatakan Twitter "menjalankan tingkat kekuasaan dan kontrol atas wacana politik di negara ini yang tidak terukur."

Lebih lanjut, dalam pengajuannya di Jumat pekan lalu, Presiden AS ke-45 itu mengatakan hal tersebut "secara historis belum pernah terjadi sebelumnya dan sangat berbahaya untuk membuka debat demokratis."

Selain itu, pengajuan Trump mengklaim Twitter secara tidak benar melakukan sensor pada kontennya, dengan memberikan tanda seperti "informasi menyesatkan" dan label partisan lain di cuitannya.

(Ysl/Isk)

Tsunami COVID-19 di Rusia

Tsunami COVID-19 di Rusia, Kasus Tembus 33 Ribu Sehari

Liputan6.com 2021-10-21 11:00:57
Pekerja medis membawa pasien yang diduga terinfeksi COVID-19 dengan tandu di sebuah rumah sakit di Kommunarka, Moskow, Senin (11/10/2021). Tim gugus tugas virus Corona Rusia pada hari Senin m

Pemerintah Rusia sedang menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Selama 28 hari terakhir, ada 728 ribu kasus baru di Rusia.

Euronews menyebut rekor lonjakan kasus COVID-19 di Rusia kini sudah menjadi tsunami COVID-19.

Grafik harian kasus COVID-19 hingga 19 Oktober 2021. Dok: Our World in Data

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Kamis (21/10/2021), total kasus Virus Corona COVID-19 di Rusia sudah hampir 8 juta. Sebanyak 222 ribu orang meninggal dunia.

Kasus COVID-19 mingguan di Rusia juga meroket tinggi. Per 17 Oktober, kasus mingguan tembus 211 ribu kasus. Itu adalah rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19.

Angka lain yang tembus rekor adalah jumlah pasien meninggal akibat COVID-19. Totalnya ada 6.766 pasien di Rusia yang meninggal dalam sepekan per 17 Oktober kemarin.

Rusia kini sudah tembus 33 ribu kasus per hari. Angka itu terjadi sejak pekan kedua Oktober. Angka kasus harian sudah konsisten naik sejak akhir September.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Putin Liburkan Pekerja

Presiden Vladimir Putin lantas mengeluarkan dekret untuk libur kerja massal selama sepekan.

Total kasus akibat tsunami COVID-19 ini bisa melewati 30 ribu kasus sehari.

Media pemerintah Rusia melaporkan tanggal yang pemerintahan Vladimir Putin untuk hari non-kerja adalah 30 Oktober hingga 7 November 2021. Para pekerja tetap mendapat upah selama liburan.

"Saya memerintahkan hari tanpa bekerja sambil menjaga upah pekerja dari 30 Oktober hingga 7 November 2021 untuk mencegah penyebaran lebih jauh dari infeksi virus corona baru," tulis dekrit tersebut seperti dikutip Tass, Kamis (21/10/2021).

Kepala daerah juga mendapat wewenang untuk menerapkan hari libur itu sebelum 30 Oktober atau memperpanjang setelah 7 November dengan mempertimbangkan situasi kesehatan.


Infografis COVID-19:

 

Gaji Tukang Bersih-Bersih Rp 450 Juta

Ratu Elizabeth Cari Petugas Kebersihan Istana Buckingham, Bakal dapat Gaji Rp 450 Juta

Liputan6.com 2021-10-21 14:30:27
Ratu Inggris Elizabeth II saat menghadiri peresmian jembatan Queensferry, Skotlandia, Minggu (4/9). Pembangunan jembatan ini telah menghabiskan lebih dari 22,6 Triliun rupiah. (Andrew Milliga

Memiliki penghasilan hingga ratusan juta, siapa yang tidak ingin? Tentu saja mendapatkan tawaran sebuah pekerjaan dengan gaji yang cukup fantastis menjadi keinginan banyak orang.

Namun, tentu saja tawaran pekerjaan tersebut tidak akan selalu datang setiap harinya. Namun, kamu mungkin saja bisa mendapatkan gaji senilai ratusan juta hanya dengan menjadi petugas kebersihan. Ya, tidak salah memang, pasalnya Ratu Elizabeth diketahui tengah mencari petugas kebersihan untuk Istana Buckingham.

Pencarian petugas kebersihan bagi Istana Buckingham ini pun dilansir Liputan6.com dari Daily Mail, Kamis (21/10/2021). Namun, rupanya Ratu bukan hanya menawarkan pekerjaan sebagai petigas kebersihan istana saja, akan tetapi juga membantu sebuah acara mewah The Firm.

Istana Buckingham sendiri baru saja mengeluarkan sebuah iklan mengenai lowongan pekerjaan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi tim kebersihan mereka. Bahkan, pihak Istana Buckingham termasuk Ratu Elizabeth lebih meminta para calon pelamarnya untuk menghargai sebuah perhatian terhadap detail dibandingkan pengalaman kerja.


Digaji Rp 200 juta hingga Rp 450 juta

Dilansir Liputan6.com dari Daily Mail, Kamis (21/10/2021) pekerjaan sebagai tukang kebersihan di Istana Buckingham tersebut nantinya terbagi dalam dua kelompok. Dimana seseorang bisa melakukan pekerjaan selama 20 jam per minggu dari senin hingga Minggu dengan bayaran 11.300 Pounds atau sekitar Rp 200 juta dalam satu tahun.

Sedangkan kelompok lainnya memiliki jam kerja 40 jam per minggunya dari senin hingga Minggu dengan bayaran 22.600 Pounds atau sekitar Rp 446 juta setahun. Tentu saja, tawaran gaji ini langsung menarik perhatian banyak netizen. Namun, sayangnya lowongan pekerjaan tersebut baru saja ditutup pada Rabu, 20 Oktober 2021 lalu.


Diajarkan keterampilan khusus untuk mencapai standar Istana

Para pelamar pekerjaan yang lolos nantinya akan bertanggung jawab atas pembersihan dan pemeliharaan beberapa interior ternama Istana Buckingham. Bahkan, mereka juga akan berkesempatan untuk mendukung fungsi dan acara yang diadakan di Istana. Sedangkan, tujuan utama dari petugas kebersihan yang dicari pihak Istana Buckingham ialah memastikan kamar-kamar dan barang yang ada di istana terlihat menjadi yang terbaik.

Para pelamar yang lolos nantinya akan belajar langsung dari petugas kebersihan lainnya dalam sebuah tim. Hal ini dimaksudkan untuk mempelajari keterampilan khusus yang diperlukan untuk mencapai standar dari Istana Buckingham. Memiliki perhatian terhadap detail, komitmen untuk memberikan standar tinggi hingga kerapian menjadi salah satu penilaian penting bagi Istana. Pasalnya, pihak istana juga tengah mencari seseorang yang aktif dengan keterampilan manajemen waktu yang baik untuk mengemban berbagai tugas di Istana dengan luas 77.000 meter persegi dengan 775 kamar.

"Yang terpenting, Anda akan bersemangat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan Anda," bunyi iklan tersebut.


Iklankan 10 posisi pekerjaan di Istana Buckingham

Bukan hanya membuka lowongan pekerjaan sebagai petugas kebersihan saja. Nyatanya, Istana Buckingham juga tengah mencari orang untuk 10 posisi pekerjaan. Istana Buckingham juga mencari manajer petugas untuk membantu renovasi sayap demi sayap, analis meja layanan dan analis sistem, serta Asisten Manajer Restoran Staf.

Bahkan, bukan hanya Istana Buckingham saja yang tengah mencari pekerja, akan tetapi Istana Skotlandia juga mencari asisten layanan pengunjung dan sipir akhir pekan. Hal senada juga dilakukan Istana Holyroodhouse yang tengah mencari manajer pemasaran dan pengembangan bisnis.

Sementara itu, Windsor Home Park sedang mencari sopir dan operator gudang dan supervisor gudang dan pemenuhan.

Angelina Jolie Isolasi Mandiri

Angelina Jolie Isoman Usai Premier Eternals di LA, Ditemukan Kasus Positif Covid-19

Liputan6.com 2021-10-21 16:00:00
Angelina Jolie memang selalu miliki tubuh yang langsing. Namun dengan berat badan yang turun drastis, ia membuat para penggemar khawatir. (JEAN-BAPTISTE LACROIX AFP)

Angelina Jolie yang baru saja jadi sorotan karena tampil menawan di karpet merah pemutaran perdana Eternals di Los Angeles, AS, kini menjalani isolasi mandiri. Tak hanya Jolie, para aktor dan aktris lain dari film terbaru Marvel tersebut juga bernasib serupa.

Diwartakan The Hollywood Reporters, Kamis (21/10/2021), kabar ini diketahui setelah Angelina Jolie, Salma Hayek, Gemma Chan, dan Lauren Ridloff tak hadir di acara Women in Hollywood dari Elle Magazine.

Langkah isoman ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan, karena ditemukan kasus positif Covid-19, dan para seleb Hollywood ini berpotensi telah terpapar.

"Para pahlawan super kini berada dalam isolasi super," kata Nina Garcia dari Elle, di panggung acara ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hasil Tes Negatif

Juru bicara Disney juga telah memberikan penjelasan atas hal ini.

"Hari ini kami diberi tahu mengenai kemungkinan paparan Covid-19. Meski semua artis kami mendapat hasil negatif, untuk kehati-hatian kami memilih untuk menghadiri acara ini secara virtual dibandingkan secara langsung," tutur sang jubir.


Syarat Masuk ke Lokasi

Seperti diketahui, para bintang Eternals tampil dalam penayangan perdana film ini Senin pekan ini, di Bioskop El Capitan, Los Angeles. Semua yang hadir di karpet merah harus memberikan bukti vaksin dan menjalani rapid test di lokasi.

Sementara para penonton umum mesti menyertakan bukti vaksin atau hasil tes negatif yang berlaku dalam 48 jam terakhir. Di dalam bioskop, masker harus dikenakan kecuali saat makan dan minum.


Hadir Virtual

Dalam acara yang digelar Elle ini, Angelina Jolie, Salma Hayek, Gemma Chan, dan Lauren Ridloff mendapat penghargaan atas kontribusi mereka di bidang film dan pertelevisian.

"Saya sangat meminta maaf karena tak bisa bersama Anda semua petang ini, tapi saya sangat bangga mendapatkan kehormatan ini bersama wanita hebat lain, Angelina, Salma, dan Lauren," kata Gemma Chan dalam rekaman video.

Ia menambahkan, "Saya sangat megangumi kalian semua. Tidak hanya pencapaian karier mereka, tapi semua yang mereka perjuangkan dan yakini dalam kehidupan mereka."


Perjuangan Wanita

Sementara itu aktris Eva Longoria membacakan sambutan dari Angelina Jolie. Isinya tentang sukacita karena banyak wanita di dunia dari berbagai latar belakang, menyatukan kekuatan untuk menghadapi pandemi. Hal serupa juga ia temui dalam jajaran pemain Eternals.

"Wanita yang lahir di negara dengan perjuangan mengenai kesetaraan dan hak, menghadapi tantangan yang lebih besar di sini. Para wanita yang tahu bahwa apa yang membuat mereka berbeda, adalah sesuatu yang membuat diri mereka cantik, membuat mereka bisa berkontribusi lebih banyak lagi," ujarnya.

Pesona Raline Shah

Raline Shah Datang ke Premiere Eternals, Penampilannya Bikin Terpana

Liputan6.com 2021-10-21 14:00:00
Kala mengenakan baju adat Bali, Raline Shah nampak seperti gadis Bali yang anggun memesona namun tetap dalam kesederhanannya. (Instagram/ralineshah)

Sebelum tayang di bioskop pada November mendatang, film Eternals diputar lebih awal dalam world premiere di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Senin (18/10/2021) waktu setempat.

Selain aktor dan aktris yang terlibat dalam film garapan Marvel ini, terdapat juga beberapa tamu undangan. Mengejutkannya, Raline Shah merupakan salah satu tamu yang diundang dalam acara ini.

Kabar ini diperlihatkan sendiri oleh Raline Shah melalui Instagram Stories. Salah satu unggahan terakhirnya dalam event tersebut, memperlihatkan Raline mengenakan busana yang memukau.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Serba Hitam

Mengintip potret yang diunggah melalui Getty Images, tampak jelas Raline mengenakan busana serba hitam seperti unggahannya di Instagram Stories tersebut.

Busana ala jas yang memperlihatkan perut Raline dengan celana panjang yang dikenakan, sanggup membuat kita terpana. Di latar belakangnya terdapat wallpaper bertuliskan sponsor acara dan logo film Eternals.


Ungkapan Raline

Melansir Antara News, Raline sempat menyampaikan keterangan pers seputar kehadirannya di premiere film Eternals tersebut.

"Senang sekali rasanya turut hadir di World Premiere Eternals hari ini. Selain memperkenalkan superhero terbaru dari Marvel Cinematic Universe, Marvel Studios Eternals memberikan cerita yang sangat seru, dari perjalanan unik dan sangat beragam dari setiap karakternya," ujar Raline Shah, Rabu (20/10/2021).


Kehadiran Para Bintangnya

Selain Raline Shah, tentunya para pemain film Eternals turut hadir di premiere ini. Mulau dari Angelina Jolie, Salma Hayek, Kumail Nanjiani, Brian Tyree Henry, Richard Madden, hinggga Gemma Chan.

Dari sisi sineas, sutradara Chloe Zao sampai para produser termasuk bos Marvel Studios Kevin Feige juga turut hadir memeriahkan acara ini.


Sinopsis Film

Eternals merupakan film ke-25 di waralaba Marvel Cinematic Universe yang berfokus pada sepuluh makhluk berjenis Eternal yang selama ini bermukim di Bumi untuk hidup berdampingan dengan manusia.

Namun ketika lawan mereka yang bernama Deviants mulai merajalela hingga mengancam Bumi, para Eternals pun berkumpul kembali untuk saling bahu membahu menyelamatkan peradaban manusia.

Legenda Rubah dari Korsel

Legenda Rubah Berekor Sembilan, Ini 7 Hal Tentang Gumiho Asal Korea Selatan

Liputan6.com 2021-10-20 20:40:00
Gumiho atau siluman rebah, dongen dari Korea Selatan (Pinterest)

Legenda urban masih sering kita dengar di kalangan masayarakat, merupakan mitos yang sering kali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Di setiap cerita legenda urban terdapat moral yang bisa anda pelajari.

Salah satu legenda urban terkenal dari Negeri Ginseng yaitu Gumiho. Saat mendengar namanya, pasti pecinta drama Korea sudah tidak asing lagi, pasalnya sosok gumiho sendiri sudah banyak dijadikan sebagai tema dalam drama Korea.

Gumiho adalah sebuah legenda asal Korea yang berbetuk siluman rubah dari Korea Selatan. Seiring berkembangnya zaman, masyarakat Korea sudah tidak lagi mempercayai arti cerita legenda namun beberapa masyarakat masih ada yang percaya juga.

Sosok gumiho dinilai sangat misterius karena dipercaya sebagai makhluk astral yang sosoknya bisa menghilang dan muncul kapan saja. Berikut 7 di antara fakta dari legenda gumiho, Liputan6.com kutip dari beragam sumber, Rabu (20/10/2021):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Hidup Seribu Tahun

Awalnya gumiho ialah seekor rubah yang telah hidup selama seribu tahun lamanya. Konon jika ada rubah yang sudah hidup selama itu, maka rubah tersebut bukanlah sembarang rubah melainkan gumiho.


2. Arti Penamaan Gumiho

Awal penamaan gumiho adalah karena siluman rubah ini memiliki ekor yang cukup banyak, yakni sembilan. Nama gumiho sendiri diambil dari kata 'gu' yang berarti sembilan dalam bahasa Korea dan 'miho' yang memiliki arti rubah.

Jadi secara keseluruhan gumiho memiliki arti rubah berekor sembilan, dan ekor sembilan merupakan ciri khas dari gumiho.


3. Bisa Berubah Wujud

Seperti halnya makhluk astral lainnya, gumiho juga bisa berubah-ubah wujudnya, yang paling sering ia berubah menjadi perempuan cantik. Mungkin ini menjadi salah satu alasan mengapa dalam drama, sosok siluman rubah selalu identik dengan perempuan cantik yang mampu menggoda laki-laki mana saja.


4. Rubah Menjadi Lambang Kelicikan

Selain ciri khas ekornya, gumiho juga memiliki sifat licik karena bisa menjebak manusia, terutama laki-laki dengan kecantikannya.

Oleh karena itu, gumiho selalu dikaitkan dengan perempuan cantik yang suka menggoda laki-laki demi mendapatkan apa yang ia inginkan.


5. Makan Jantung dan Hati Manusia

Siluman rubah ini juga memiliki aturan, mereka dapat berubah wujud menjadi seutuhnya manusia asalkan dia memakan jantung dan hati manusia secara utuh. Inilah letak sifat jahat dari siluman tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat Korea selalu memperingati untuk kaum lelaki agar tidak tertipu daya oleh kecantikan perempuan karena yang ditakutkan apabila perempuan itu ialah gumiho yang menjelma menjadi seorang perempuan dna akan mengambil jantung serta hatinya.


6. Cara Lain Agar Gumiho Bisa Menjadi Manusia Seutuhnya

Namun sebenarnya ada cara lain jika gumiho ingin menjadi manusia seutuhnya, ia harus menikah dengan lelaki yang ia sukai dan menjaga kerahasiaan akan dirinya selama 100 hari.

Selain itu, gumiho juga tak boleh menyantap hewan dan harus bersikap baik kepada manusia. Jika salah satu pantangan tersebut dilanggar, maka kesempatannya untuk menjadi manusia seutuhnya akan hilang.


7. Legenda Gumiho di Negara Lain

Legenda mengenai siluman rubah ternyata bisa anda jumpai di negara-negara Asia Timur, hanya saja dengan penamaan yang berbeda.Di Jepang, siluman rubah dinamakan sebagai Kitsune.

Sedangkan di Tiongkok dinamakan Huli Jing. Meski tokoh legendanya sama, namun Gumiho dipercaya memiliki sifat yang lebih jahat dibandingkan Kitsune dan Huli Jing.

Penulis : Azarine Natazia


Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

 

Rp 400 Juta untuk Badai Sitokin

Pengakuan Deddy Corbuzier Rogoh Kocek Rp 400 Juta Demi Melawan Badai Sitokin Akibat Covid-19

Liputan6.com 2021-10-21 18:00:00
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Agustus 2021, Deddy Corbuzier membuat pengakuan menggemparkan yakni positif Covid-19 hingga kondisinya kritis. Ia menghilang beberapa minggu lantaran dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Mantan suami Kalina Ocktaranny ini bahkan melawan badai sitokin yang menghantam paru-parunya. Tak ada yang tahu kondisi mantan presenter Hitam Putih kecuali lima orang terdekat termasuk anak.

Ayah Azka Corbuzier baru-baru ini buka kartu soal berapa uang yang dikeluarkan demi melawan badai sitokin. Angkanya mencapai ratusan juta rupiah namun Deddy Corbuzier bersyukur nyawanya selamat.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gue Lebih Cepat Sembuh

"Kira-kira 400 (juta rupiah). Badai sitokin itu setelah Covid-19. Chandra Liow itu dua miliar (untuk menyembuhkan badai sitikon)," katanya dalam video interviu di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Rabu (20/10/2021).

"Gue lebih cepat sembuhnya, dia hampir sebulan," menambahkan. Deddy Corbuzier tak kaget kena Covid-19 meski telah bergaya hidup sehat. Yang ia kaget, kenapa bisa kena badai sitokin.


Stamina dan Makan Sehat

Hingga kini, itu masih menjadi misteri. Pernah, saking penasaran artis kelahiran Jakarta, 28 Desember 1976, itu bertanya kepada dokter mengapa badai sitokin menghampirinya.

"Karena sitokin itu gue tanya sama dokter. Gue jaga stamina, gue makan sehat dan sebagainya kenapa bisa kena, ya jawabannya sampai detik ini sama seperti orang arisan. Lo enggak pernah tahu (siapa yang dapat)," Deddy Corbuzier membeberkan.


Karena Nyokap Gue

Pertanyaan lain yang diajukan kepada Deddy Corbuzier, terkait mengapa merahasiakan status kesehatannya selama menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Karena nyokap gue sudah 86 tahun, kalau dia tahu gue sakit pada saat itu dan dia tahu gue kritis, urusannya panjang," terang bintang film The Mentalist dan Triangle The Dark Side.


Keluarga Tak Tahu

"Azka tahu tapi keluarga gue enggak ada yang tahu. Nyokap gue bilangin gue lagi keluar kota dan renovasi. Jadi dia enggak tahu. Kalau nyokap gue tahu sangat berbahaya buat nyokap gue kalau sampai tahu," pungkasnya.

Deddy Corbuzier bersyukur melewati fase kritis dan kini kembali ke panggung showbiz. Beberapa hari setelah keluar dari rumah sakit, ia melanjutkan gaya hidup sehat dan berolahraga di sasana.