Volume 118

China Lockdown Lagi

Virus COVID-19 Menyebar ke 11 Provinsi, China Terapkan Lockdown Lagi

Liputan6.com 2021-10-25 18:00:29
Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah menge

Pihak berwenang di China Utara memberlakukan kembali lockdown dan tindakan darurat lainnya untuk memberhentikan penyebaran Virus Corona COVID-19. Pejabat kesehatan China memperingatkan wabah yang kian memburuk setelah negara itu mencatat lebih dari 100 kasus baru di 11 provinsi selama seminggu terakhir.

Dilansir CNN, Senin (15/10/2021), "Sejak 17 Oktober, ada beberapa wabah lokal yang tersebar di China, dan mereka berkembang pesat," kata Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional (NHC), pada konferensi pers hari Minggu.

"Ada peningkatan risiko bahwa wabah akan menyebar lebih jauh. Penyebaran akan tetap terjadi secara cepat meskipun sekitar 75% populasi China atau lebih telah vaksinasi COVID-19 dosis penuh," menurut Mi.

Kasus wabah terbaru COVID-19 di China terhitung tidak ada artinya dibandingkan dengan beberapa negara lain, termasuk Singapura dan Inggris. Tetapi cakupan penyebarannya telah mengkhawatirkan pemerintah China, yang bersikeras pada kebijakannya untuk menanggulangi COVID-19 secara ketat hingga Zero COVID-19-19.

Wabah terbaru COVID-19 terdeteksi pertama kali pada tanggal 16 Oktober, di antara kelompok wisata warga lanjut usia yang divaksinasi penuh dari Shanghai yang melakukan perjalanan ke beberapa wilayah utara. Di antara 133 infeksi yang dilaporkan pada hari Minggu, 106-nya terkait dengan 13 grup wisata, menurut Mi, pejabat kesehatan NHC.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Persiapan Olimpiade Musim Dingin 2022

Infeksi COVID-19 telah dilaporkan hampir di sepertiga provinsi dan wilayah negara itu, dengan tingkat konsentrasi risiko menengah hingga tinggi, di Mongolia Dalam, Gansu, Ningxia, Guizhou, dan Beijing. Pihak berwenang juga telah melarang agen perjalanan menyelenggarakan tur lintas provinsi di wilayah ini.

Pada hari Minggu, ibu kota China memperketat pembatasan masuk ke kota. Mengharuskan bagi para pelancong yang datang dari tempat-tempat dengan kasus COVID-19 yang sudah dikonfirmasi untuk menunjukkan hasil tes negatif virus tersebut dan menjalani pemantauan kesehatan selama 14 hari.

Ibu kota China ini telah mencatat 14 kasus yang dikonfirmasi dalam wabah terbaru, termasuk 12 selama tiga hari terakhir, menurut penghitungan CNN dari laporan harian Komisi Kesehatan Kota Beijing.

Wabah COVID-19 yang meluas di Beijing adalah hal terakhir yang ingin dilihat oleh para pemimpin China ketika kota itu bersiap untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 pada bulan Februari mendatang.

Bulan depan, anggota Komite Sentral elit Partai Komunis yang berkuasa juga akan berkumpul di ibukota untuk pertemuan tahunan mereka, yang membuka jalan bagi Presiden Xi Jinping untuk tetap berkuasa di masa jabatan ketiga pada kongres partai musim gugur mendatang.


Penundaan Acara Maraton

Pihak berwenang di Beijing sejauh ini sudah membuat contoh enam warga yang diduga melanggar aturan COVID-19 dengan penahanan kriminal.

Di antara mereka, dua orang pergi makan dan mengundang teman-teman ke rumah untuk main mahyong meskipun mengalami demam setelah kembali dari tujuan wisata yang terinfeksi COVID-19 di Mongolia Dalam. Dua lainnya mencoba memanjat pagar komunitas mereka yang sudah terkunci.

Kota itu juga menunda acara maraton yang semula dijadwalkan pada tanggal 31 Oktober, dan belum ada peresmian tanggal baru untuk acara tersebut.

Bahkan di tempat lain, respons penanggulangan COVID-19 jauh lebih ketat.


Beberapa Kota Menanggulangi Penyebaran Virus COVID-19

Ejin Banner, sebuah kota berpenduduk 35.000 orang di Mongolia Dalam dan tujuan wisata populer, melarang semua penduduk dan turis meninggalkan rumah atau kamar hotel mereka mulai Senin, setelah mencatat 12 kasus pada Minggu.

Kota itu juga mengumumkan hukuman keras untuk enam pejabat, termasuk direktur komisi kesehatan setempat, atas "tanggapan yang lamban dan manajemen yang tidak efektif" dari wabah terbaru.

Di provinsi tetangga Gansu, ibu kota provinsi Lanzhou juga mengumumkan langkah-langkah selama akhir pekan untuk "menghentikan semua kegiatan wisata" dan menempatkan pengunjung di karantina.

Kedua kota, serta beberapa kota lainnya di Mongolia Dalam dan Gansu, telah menghentikan semua layanan kereta api, bus, dan taksi, menurut Kementerian Perhubungan.

Penulis : Azarine Natazia

Ramai-Ramai Tolak Tes PCR Naik Pesawat

Petisi Tolak Wajib Tes PCR Naik Pesawat Bermunculan

Liputan6.com 2021-10-26 14:25:44
Petugas kesehatan melakukan swab test PCR pada warga di Laboratoriun GSI Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (18/8/2021). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan resmi menetapkan tarif tertinggi

Kebijakan kontroversial Pemerintah untuk mewajibkan masyarakat melakukan tes PCR, khususnya perjalanan udara, walaupun sudah divaksin dua kali, mengundang penolakan besar dari masyarakat.

Sebagaimana rilis yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (26/10/2021), ada dua petisi online di platform Change.org, lebih dari 40.000 orang meminta agar Pemerintah mengganti kebijakan tes PCR untuk penerbangan.

Petisi online pertama dibuat oleh Dewangga Pradityo Putra, seorang engineer pesawat. Dalam petisinya, ia menganggap kebijakan yang mengharuskan seseorang melakukan tes PCR meski sudah divaksin dua kali, akan menyebabkan penerbangan berkurang, sehingga industri penunjangnya pun akan semakin kesulitan.

"Saya merasakan sekali dampak pandemi ini di pekerjaan. Penerbangan berkurang, teman saya juga ada yang dirumahkan jadinya," tulis Dewangga dalam petisinya.

"Padahal, sirkulasi udara di pesawat sebenarnya lebih aman karena terfiltrasi HEPA, sehingga udaranya bersirkulasi dengan baik, mencegah adanya penyebaran virus."

Judul petisi yang dibuat Dewangga, yakni Kembalikan Tes Antigen Sebagai Syarat Penerbangan! Petisi ini dibuat 4 hari lalu dan sudah 40.893 ditandatangani (diakses Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 13.37 WIB).

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Wajib PCR Memberatkan Masyarakat

Petisi kedua terkait ketidaksetujuan tes PCR untuk penerbangan, dibuat oleh Herlia Adisasmita, seorang warga yang tinggal di Bali. Bagi Herlia, Bali yang bergantung pada pariwisata sangat mengharapkan kedatangan dari turis domestik.

Adanya peraturan wajib PCR dianggap akan memberatkan dan malah akan membuat industrinya semakin menghadapi keadaan yang sulit, terutama mengingat harga PCR yang terlampau mahal.

"Kami harus bagaimana lagi? Bangkrut sudah, nganggur sudah, kelaparan sudah, bahkan banyak di antara kami yang depresi, rumah tangga berantakan karena faktor ekonomi, atau bahkan bunuh diri," tuturnya.

Petisi Herlia berjudul, Hapuskan Aturan PCR untuk Penerbangan sudah ditandatangani 40.953 (diakses Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 13.42 WIB).

Di dalam petisinya, Herlia yang menuliskan dirinya mewakili masyarakat Bali, masyarakat pariwisata, memohon Pemerintah untuk menghapuskan aturan wajib PCR untuk penerbangan atau opsi lain, turunkan harga PCR secara signifikan.


Kembalikan Tes Antigen Syarat Terbang

Lebih lanjut, Dewangga berharap Pemerintah kembali menjadikan antigen sebagai syarat untuk penerbangan, terutama bagi mereka yang sudah divaksin.

"Dengan syarat ini, saya yakin industri penerbangan dan pariwisata akan bangkit, dan orang yang mau divaksin juga akan bertambah," tulisnya dalam petisi.

Hingga hari ini, Pemerintah masih belum mengganti kebijakan tes PCR untuk penerbangan. Aturan wajib tes PCR termaktub dalam Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Bahwa ketentuan wajib tes PCR sebagai syarat perjalanan transportasi udara berlaku pada Level PPKM 3, 2, dan 1 di wilayah Jawa-Bali serta non Jawa-Bali Level 3 dan 4. Aturan SE Satgas COVID-19 Nomor 17 Tahun 2021 sebelumnya, masih dibolehkan penggunaan tes antigen untuk syarat penerbangan.

Perkembangan terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan, harga tes PCR diturunkan menjadi Rp300.000 untuk sekali tes. Kebijakan wajib tes PCR pun akan bertahap diberlakukan di moda transportasi lain, selain udara.


Infografis Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, Swab PCR Test

 

Cara Putri Diana Asuh Anak

6 Cara Putri Diana Mengasuh 2 Anaknya

Liputan6.com 2021-10-25 23:36:19
Kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang berusia 40 tahun bakal dilelang Agustus 2020 mendatang. (Instagram/lady_.dianaspencer).

Putri Diana menjalankan perannya menjadi seorang ibu dengan sangat serius, ia selalu berusaha untuk menghabiskan waktunya bersama kedua putranya, William dan Harry. Sejak anak-anaknya lahir, Diana mendobrak beberapa tradisi dan batas-batas yang ada di kerajaan.

Bagi Diana, perannya sebagai seorang ibu dan istri adalah hal yang penting, "yang paling penting, (peran saya) menjadi ibu dan istri. Itu yang akan saya coba capai, meskipun saya melakukan beberapa hal lainnya, tetapi saya mencoba," kata Putri Diana pada November 1985.

Ia juga melanjutkan perkataannya, "saya hidup untuk putra-putra saya. Saya akan tersesat tanpa mereka."

Berikut beberapa cara Putri Diana dalam mengasuh dan mendidik sang anak, yang dikutip Liputan6.com dari Insider.com, Senin (25/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Melanggar Protokol Kerajaan

Putri Diana membawa anaknya ikut tur kerajaan ke luar negeri. Ia bersikeras untuk membawa William yang pada saat itu masih berusia sembilan bulan ke Australia.

"Diana dan Charles melawan peraturan kerajaan dengan membawa William yang masih berusia sembilan bulan, serta pengasuhnya, bersama mereka dalam tur enam minggu ke Australia dan Selandia Baru," kata pakar kerajaan Christopher Warwick pada Harper's Bazaar.

"William dan Harry sungguh sangat beruntung memiliki ibu seperti Diana karena ia memiliki ide-ide yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya," kata dia.


2. Mengajarkan Arti Bersyukur

Putri Diana sering berbicara tentang betapa bersyukurnya dia untuk keluarganya, terutama setelah bertemu begitu banyak orang yang kurang beruntung di seluruh dunia.

"Saya punya dua anak laki-laki kuat yang sangat sehat. Hal itu tidak selalu terjadi di setiap keluarga yang pernah saya temui.. dan saya menyadarai betapa beruntungnya saya," kata Diana dalam sebuah wawancara.


3. Menyempatkan Waktu dengan Sang Anak

Putri Diana mencoba untuk menyamakan jadwalnya dengan jadwal sang anak agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka. Diana sempat memiliki profesi pekerjaan sebagai guru sekolah TK, namun dia melepas pekerjaannya sesaat ia menikah dengan Pangeran Charles.

Menjadi putri di kerajaan tentunya kesehariannya dipenuhi dengan tugas, acara, dan kewajiban kerajaan. Namun, ia mengatakan akan mengoordinasikan jadwalnya agar sesuai dengan jadwal sang anak.

"Dalam kalender resminya, sang putri memiliki semua detail jadwal sehari-hari dari kehidupan keseharian putranya yang ditandai dengan tinta hijau," tulis Katrine Ames di Newsweek pada pada 1997.


4. Menyekolahkan Anaknya

Tradisi dalam keluarga kerajaan mengatakan bahwa anak-anak kerajaan harus dididik di rumah oleh pengasuh mereka. Namun, Putri Diana berhasil mengubah tradisi pendidikan di kerajaan ketika William mulai masuk TK di Nothing Hill pada September 1985.

"Saya (sedikit sedih) karena ini merupakan bab yang baru saja dibuka dalam hidup saya dan tentu saja William. Tapi dia siap untuk itu. Dia anak yang sangat mandiri," kata Diana kepada pers setelah hari pertama William disekolahkan.

Pangeran William menjadi calon anggota raja pertama yang sepenuhnya dididik dalam sistem sekolah umum dan Putri Diana akan terus mendukung pendidikan Pangeran William dan Pangeran Harry sepanjang hidup mereka.


5. Bersikap Konyol di Depan Sang Anak

Seperti ibu pada umumnya, Putri Diana tidak pernah takut untuk melakukan aksi bersahaja di depan sang anak. Dalam perjalanan ke Pulau Necker pada 1990, Putri Diana bermain di pasir bersama sang putra dan teman-teman dari putranya. Ia menunjukkan bahwa menjadi seorang bangsawan, bukan berarti tidak bisa bersenang-senang.

Putri Diana juga pernah terlihat turun dari seluncuran air. "Dia mengerti bahwa ada kehidupan nyata di luar tembok istana," kata William dalam sebuah film dokumenter tentang hidupnya.


6. Mengajarkan untuk Selalu Berbagi

Putri Diana selalu mendorong sang anak tentang rasa berbagi dengan orang-orang yang kurang beruntung. "Saya ingin anak-anak memiliki pemahaman tentang emosi orang, rasa tidak aman mereka, kesusahan orang, harapan dan impian mereka," kata Diana dalam sebuah wawancara.

Putri Diana tidak hanya bercerita tentang keistimewaan keluarga mereka, tetapi dia juga akan membawa anak-anak ke dalam rumah sakit dan tempat penampungan tunawisma.

"Ibuku memperkenalkan kondisi itu kepada saya sejak lama," kata Pangeran William kepada Telegraph pada 2005. "Itu benar-benar membuka mata saya dan saya sangat senang ketika ia melakukannya. Itu adalah suatu hal yang akan saya pegang erat sampai waktu yang lama."

Penulis : Azarine Natazi


Infografis Putri Diana

 

LRT Tabrakan Saat Uji Coba

HEADLINE: Kereta LRT Jabodebek Tabrakan Saat Uji Coba, Murni Human Error?

Liputan6.com 2021-10-27 00:01:02
Petugas mengecek kereta ringan lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek yang mengalami kecelakaan di jalur lintas LRT Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Petugas terlihat ada di rel untuk m

Dua kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tabrakan di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Senin siang, 25 Oktober 2021 kemarin. Insiden yang melibatkan rangkaian kereta atau trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodebek itu terjadi di antara Stasiun Ciracas-Stasiun Harjamukti.

Direktur Utama PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero), Budi Noviantoro mengungkapkan, insiden tabrakan LRT Jabodebek ini terjadi saat uji coba. Sehingga dipastikan tidak ada penumpang dalam peristiwa tersebut.

Dijelaskan, kecelakaan LRT terjadi saat trainset 20 telah berhenti dekat Stasiun Harjamukti pada pukul 12.25. Kemudian trainset 29 menabrak dari belakang pada pukul 12.45 di KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti-Ciracas.

Dugaan awal, kecelakaan tersebut kesalahan manusia atau human error yakni proses langsir yang telalu cepat. Langsir merupakan istilah pergerakan rangkaian kereta untuk berpindah jalur rel.

Meski begitu, kepastian terkait penyebab tabrakan LRT ini masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Ini terindikasi adanya human error, di mana masinis pada saat langsir ini kecepatannya melebihi. Tapi itu nanti akan diketahui oleh hasil investigasi KNKT. Tapi indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu," kata Budi saat konferensi pers daring, Senin kemarin.

Dirut PT INKA memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Masinis dari PT INKA bernama Faisal yang mengoperasikan trainset 29 hanya mengalami luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit Melia Cibubur untuk penanganan medis.

"Masinisnya Alhamdulillah tidak apa-apa, luka ringan, masuk RS masih sadar," kata Budi.

Kepala KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya telah mengirim tim ke lapangan untuk melakukan investigasi kecelakaan LRT Jabodebek. Meski temuan awal PT INKA menunjukkan indikasi adanya human error, KNKT belum bisa menilai ke sana.

"Enggak, kita belum sampai ke situ," kata Soerjanto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (26/10/2021).

Dia juga belum bisa memprediksi berapa lama investigasi kecelakaan LRT Jabodebek ini rampung. Sebab, alat perekam semacam black box atau kotak hitam pada kereta tersebut belum berhasil diambil.

"Kita belum tahu, karena black box kan bisa kebuka enggak, nanti kalau black box-nya bisa kebuka bisa lebih cepat lah," ujarnya.

Hari ini, tim KNKT bersama pihak PT INKA masih berkoordinasi untuk menyiapkan langkah-langkah berikutnya guna kepentingan investigasi. Paralel dengan itu, tim gabungan juga masih berupaya mengevakuasi black box pada LRT.

"Itu kan masih tumpuk keretanya. (Proses pengambilan black box) masih diupayakan," kata Soerjanto menandaskan.

Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang (Liputan6.com/Triyasni)

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno menyesalkan insiden kecelakaan LRT Jabodebek saat uji coba di antara Stasiun Ciracas-Stasiun Harjamukti, Jakarta Timur. Menurut dia, seharusnya PT INKA tidak melakukan uji coba di jalur yang disiapkan untuk operasional.

"Itu mestinya uji ini enggak di situ, ya di parbriknya. Jadi harus punya track(sendiri). Masalahnya PT INKA enggak punya track panjang. Jadi kalau di sini kan track-nya untuk operasional, kalau rusak siapa yang tanggung jawab," ujar Djoko saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Karena itu, dia mendorong agar perusahaan pelat merah yang berpusat di Madiun, Jawa Timur itu memiliki infrastruktur yang memadai untuk uji coba kereta yang mereka produksi.

"Makanya kita dorong biar INKA punya track sendiri aja. Jadi mau dia guling atau apa enggak apa-apa, iya kan? Kalau rusak ya dibawa lagi," katanya.

Merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2011 tentang Standar, Tata Cara Pengujian, dan Sertifikasi Kelaikan Kereta dengan Penggerak Sendiri, Djoko menyatakan bahwa saat ini LRT Jabodebek masih dalam tahap uji pertama, yang meliputi uji rancang bangun dan rekayasa, uji statis, dan uji dinamis.

Dia percaya rangkaian kereta LRT yang dibuat PT INKA ini memiliki kualitas yang baik. Apalagi BUMN tersebut berpengalaman puluhan tahun dalam memproduksi kereta api, bahkan telah diekspor ke beberapa negara.

"Kalau saya sih lihatnya kan enggak hanya kali ini PT INKA pernah mengoperasikan kereta. Kereta bandara juga PT INKA, itu enggak apa-apa," tuturnya.

Djoko juga menyinggung soal kondisi masinis trainset 29 yang hanya mengalami luka ringan saat tabrakan dengan trainset 20. Dia mengamini pernyataan Dirut PT INKA bahwa kereta yang diproduksi kuat.

"Artinya kuat berarti ya keretanya, hahaha. Saya kira nanti aman, enggak pada takut, karena KC KRL pernah kecelakaan, penumpangnya juga tetap banyak toh," katanya menandaskan.


Hasil Investigasi KNKT Jadi Bahan Perbaikan LRT

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengaku prihatin dengan kecelakaan LRT Jabodebek saat uji coba di perlintasan layang di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Senin kemarin. Menurutnya, uji coba LRT sangat penting untuk keselamatan penumpang.

"Ya bahwa uji coba LRT itu kan sangat penting untuk keselamatan pemakai nantinya dan bahwa ketika itu terjadi kecelakaan, kita merasa prihatin atas kecelakaan yang terjadi," katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Dasco mengajak publik untuk tidak berspekulasi terkait penyebab tabrakan tersebut, dan menyerahkan kepada KNKT selaku pihak yang berwenang dalam investigasi kecelakaan transportasi.

"Kita serahkan semua kepada KNKT untuk mengkaji, menyelidiki apakah kesalahannya karena teknis atau human error," ucapnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini berharap, hasil investigasi dan masukan dari KNKT nantinya bisa menjadi bahan perbaikan dan evaluasi LRT agar insiden serupa tidak terulang.

"Ini akan kita tunggu hasil dari KNKT untuk menjadi masukan perbaikan LRT di masa datang," pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS, Sigit Sosiantomo meminta pemerintah melakukan evaluasi komprehensif pascainsiden tabrakan LRT ini. Dia juga meminta agar pemerintah tidak mengeluarkan izin operasional terlebih dulu sebelum syarat teknis dan kelaikan prasarana dan sarana LRT dipenuhi.

"Investigasi teknis secara menyeluruh baik terhadap prasarana dan sarana kereta LRT harus dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan ini. Termasuk kemungkinan human error mengingat kereta ini masih dalam tahap uji coba," kata Sigit, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Dia menambahkan, Pasal 175 ayat (1) UU No 23/2007 tentang Perkeretaapian, mengamanatkan untuk dilakukan pemeriksaan dan penelitian penyebab jika terjadi kecelakaan kereta api. Hal tersebut perlu dilakukan oleh pemerintah dengan membentuk atau menugaskan suatu badan.

Adapun berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 62/2013 tentang Investigasi Kecelakaan Transportasi, pelaksanaan investigasi dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Terkait dengan insiden ini, Sigit mengingatkan pemerintah untuk menjamin terpenuhinya persyaratan teknis dan kelaikan sarana dan prasarana kereta LRT sebelum mendapatkan izin operasi penuh.

"Persyaratan teknis dan kelaikan harus dipenuhi sarana dan prasarana kereta LRT ini sebelum pemerintah memberikan izin operasi. Jangan karena mengejar tenggat operasional, persyaratan teknis dan kelaikan diabaikan," kata Sigit.


Mirip Kecelakaan MRT di Malaysia

Tabrakan LRT di Cibubur, Jakarta Timur pada Senin 25 Oktober 2021 kemarin, mengingatkan pada insiden serupa yang terjadi di negeri jiran, Malaysia, beberapa bulan lalu. Beruntung tak ada korban jiwa dari dua kecelakaan LRT tersebut.

Peristiwa LRT tabrakan di Kuala Lumpur terjadi pada 24 Mei 2021. Sebanyak 213 penumpang terluka. Faktor penyebab kecelakaan di Malaysia adalah human error.

Pada Juni 2021, Menteri Transportasi Malaysia, Wee Ka Siong mengumumkan bahwa ada kesalahan SOP yang dilakukan masinis dan pusat operasi kontrol, demikian laporan Channel News Asia, dikutip Selasa (26/10/2021).

Akibatnya, salah satu kereta (Train 40) mengarah ke tujuan yang salah dan menabrak kereta lain (Train 81) yang membawa penumpang yang diberangkatkan secara prematur dari stasiun Kuala Lumpur.

Train 40 harusnya masuk mode Automated Train Operation (ATO) agar pergi ke jalur selatan, tetapi masinis dan operation center LRT melakukan kesalahan dalam SOP sehingga Train 40 malah secara manual dibawa dari Gombak menuju utara, yakni Kuala Lumpur.

"Keadaan-keadaan itu menimbulkan kecelakaan antara Train 40 dan Train 81," ujar Dr Wee.

Setelah kecelakaan terjadi, pemerintah Malaysia meminta agar publik tidak berspekulasi terkait insiden tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Wilayah Federal, Tan Sri Annuar.

"Publik diminta tidak mengambil kesimpulan sendiri terkait penyebab kecelakaan LRT sehingga tidak ikut campur dalam investigasi-investigasi yang dilakukan pihak berwenang, terutama polisi dan Prasarana Bhd," ujarnya melalui Twitter, dilansir The Star.

Korban tabrakan LRT Malaysia dibawa ke RS Kuala Lumpur. Ada juga korban yang sempat kritis.

Kecelakaan LRT di Malaysia ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya pernah ada kecelakaan yang terjadi, bahkan pada 2006 ada LRT yang menabrak pembatas jalur, dan bagian kepalanya sudah menggantung di udara. Beruntung bagian badan kereta masih berada di jalur.

Akan tetapi, insiden Mei 2021 adalah yang terparah sejak 23 tahun beroperasinya LRT di Malaysia.


Infografis LRT Jabodebek

 

Naik Apapun Wajib Tes PCR

Aturan Tes PCR Bakal Diwajibkan di Semua Transportasi

Liputan6.com 2021-10-26 13:10:47
Calon penumpang menjalani swab antigen di Stasiun Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020). Penumpang kereta api jarak jauh menunjukkan surat bebas Covid-19 dengan melakukan tes PCR atau tes rapid

Menteri Koordintor bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika kewajiban tes PCR secara bertahap juga akan diterapkan pada transportasi lainnya. Langkah ini dalam mengantisipasi periode Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dia memprediksi jika kenaikan mobilitas akan terjadi pada masa Libur Nataru. Berdasarkan hasil survey Balitbang Kemenhub, sekitar wilayah Jawa Bali yang diperkirakan akan melakukan perjalanan sekitar 19,9 Juta jiwa, sedangkan Jabodetabek 4,45 Juta jiwa.

Peningkatan pergerakan penduduk ini, jika tanpa pengaturan protokol kesehatan yang ketat akan meningkatkan resiko penyebaran kasus.

"Mengenai hal ini, Presiden juga memberikan arahan tegas kepada kami semua untuk segera mengambil langkah terkait keputusan dan kebijakan mengenai hal ini dan merancang agar tidak ada peningkatan kasus akibat liburan nataru," jelas Luhut, seperti dikutip Selasa, 26 Oktober 2021.

Luhut menjelaskan jika terkait dengan kewajiban tes PCR pada transportasi pesawat, tujuan utamanya untuk menyeimbangkan relaksasi yang dilakukan pada aktivitas masyarakat, terutama pada sektor pariwisata.

"Meskipun kasus kita saat ini sudah rendah, belajar dari pengalaman negara lain kita tetap harus memperkuat 3T dan 3M supaya kasus tidak kembali meningkat, terutama menghadapi periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)," tambah dia.

Dia pun mengatakan jika secara bertahap penggunaan tes PCR akan juga diterapkan pada transportasi lainnya selama dalam mengantisipasi periode Nataru.

Sebelumnya, pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-4 di Jawa Bali mulai 19 Oktober sampai 1 November 2021.

Terkait hal tersebut, Menteri Dalam Negeri menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Aturan tersebut salah satunya mengatur bahwa pelaku perjalanan domestik, khususnya yang menggunakan pesawat udara harus mempersiapkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan hasil tes PCR. Hasil tes PCR sebagai salah satu syarat penerbangan diambil minimal dua hari sebelum keberangkatan (H-2).


Terus Pantau

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan untuk menekan lonjakan kasus pada libur natal dan tahun baru, Pemerintah sudah melakukan berbagai langkah. Pertama, terus memonitor perkembangan varian baru virus penyebab Covid-19 yang berpotensi mengkhawatirkan.

"Kami sudah lihat, di Inggris ada satu varian yang berpotensi mengkhawatirkan, yaitu AY.4.2 tetapi belum masuk di Indonesia dan kami monitor perkembangannya seperti apa," kata Menteri Budi.

Menteri Budi juga mengatakan, kendati masih berada dibawah ambang batas yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah terus mengawasi peningkatan kasus Covid-19 pada 105 kabupaten dan kota di Indonesia selama dua pekan terakhir.

"Tapi kita mencoba mengantisipasi secara lebih dini agar jangan sampai euphoria yang berlebihan membuat kita jadi lengah, tidak waspada, dan kenaikan di 105 kabupaten kota ini kemudian menjadi tidak terkontrol, karena kenaikan jadi sangat tinggi", katanya.

Untuk itu, dari sisi surveillance, Pemerintah akan memastikan semua kontak erat harus mendapat testing. "Selain kasus konfrimasi, seluruh kontak erat harus dilakukan testing-nya. Jadi protokol 3T (tracing, testing, treatment)-nya harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, pemerintah juga memastikan percepatan program vaksinasi, khususnya terhadap para lansia, " pungkas Menteri Budi.


Infografis Manfaat Tes Usap Rapid Antigen dan PCR

 

Taman Hiburan di Bekas Kilang Minyak

Arab Saudi Siap Bangun Taman Hiburan di Bekas Kilang Minyak di Tengah Laut

Liputan6.com 2021-10-25 20:03:07
Arab Saudi Siap Bangun Taman Hiburan di Bekas Kilang Minyak di Tengah Laut. foto: TikTok @@PIF_en

Arab Saudi dikenal sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar dunia. Mereka memiliki banyak kilang minyak yang tersebar di tengah lautan.

Dari sekian banyak kilang minyak yang dimiliki, Pemerintah Arab Saudi berencana menyulap salah satu bekas kilang minyak yang ada di Teluk Arab sebagai objek wisata. Dilansir LadBible dan Insider, 23 Oktober 2021, hal tersebut disampaikan langsung oleh Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi.

PIF menyebut proyek pariwisata baru tersebut terinspirasi oleh platform minyak lepas pantai dan menjanjikan serangkaian penawaran, petualangan, dan pengalaman olahraga air. Taman hiburan bernama The Rig ini nantinya akan menghadirkan berbagai atraksi wisata menarik bagi wisatawan.

Di taman seluas 150.000 meter persegi ini nantinya akan ada tiga hotel dan 11 restoran yang tersebar di sejumlah platform di atas air yang saling terhubung. Hotel ini juga akan memiliki sekitar 800 kamar yang bisa disewakan untuk wisatawan.

Bukan itu saja, tersedia pula berbagai wahana menarik lainnya yang memacu adrenalin, seperti bungee jumping sampai roller coaster di tengah lautan. "Proyek ini merupakan atraksi wisata yang unik, diharapkan dapat menarik wisatawan dari seluruh dunia," tulis pernyataan resmi PIF.

"The Rig adalah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan menjadi nilai tambah yang signifikan bagi perekonomian lokal," lanjut pernyataan tersebut. Selain menyuguhkan beragam atraksi wisata menari bagi wisatawan, taman hiburan ini nantinya juga akan dibangun dengan mengedepankan konsep yang lebih ramah lingkungan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belum Dibangun

"Selain itu, untuk memastikan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan di sekitar proyek, keseluruhan proyek akan mengikuti standar global terkemuka dan praktik terbaik, yang selanjutnya mendukung upaya kerajaan yang lebih luas dalam perlindungan lingkungan," sambung pernyataan tersebut.

Meski begitu, wisatawan harus bersabar lebih dahulu untuk mencicipi taman hiburan tersebut. Sampai saat ini, belum diketahui lebih lanjut mengenai kapan taman hiburan di tengah laut pertama di dunia itu dibangun.

Walau demikian, The Rig diharapkan memberikan daya tarik wisata bagi wisatawan, terutama yang berasal dari wilayah Teluk Arab.


Paket Wisata Musim Dingin

Tak hanya mengandalkan wisata ibadah dan religi, Arab Saudi juga menawarkan lebih dari 300 paket wisata dan perjalanan safari di alam liar, dalam kampanye liburan musim dingin di negara itu. Kampanye dengan slogan "Musim Dingin Ada di Sekitar Anda" ini sempat diluncurkan jelang akhir tahun lalu.

Tapi kemudian dihentikan sementara setelah pemerintah Arab Saudi melarang penerbangan internasional pada Desember lalu akibat pandemi Covid-19. Paket wisata yang ditawarkan bisa dilihat melalui laman dan aplikasi Visit Saudi.

Paket tersebut disediakan oleh lebih dari 200 agen pariwisata. Tim Safari Al-Ahsa dengan 100 anggota, mempromosikan pariwisata di bagian Timur dengan berfokus pada pengalaman di gurun, menjelajahi warisan dan monumen kawasan, dan berbagi atraksi alam serta iklimnya yang beragam. Ketua tim Safari Al-Ahsa, Yasser Al-Sari mengatakan, salah satu destinasi yang menarik adalah Danau Al-Asfar.

"Danau itu dikelilingi area hijau yang luas, dengan pohon palem yang terlihat dari kejauhan. Kawasan ini menarik banyak spesies burung yang bermigrasi di musim dingin dan musim panas dan tentunya menarik banyak wisatawan lokal dan luar negeri," terang Yasser, seperti dilansir dari Arab News.

Menyusul peluncuran kampanye musim dingin Arab Saudi, tim Safari Al-Ahsa menerima sekitar lima permintaan setiap minggu untuk mengatur perjalanan safari liar. Waktu perjalanan berkisar dari eksplorasi setengah hari sampai berkemah semalam. Menurut tim Al-Sari, cuaca yang lebih dingin membuat pengalaman lebih khas.


Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

 

Bayi Pintar Cari Uang

Bayi 1 Tahun Punya Penghasilan Belasan Juta Rupiah per Bulan dari Traveling

Liputan6.com 2021-10-26 17:01:00
Bayi 1 Tahun Punya Penghasilan Belasan Juta Rupiah Per Bulan dari Traveling. (dok.Instagram @whereisbriggs/https://www.instagram.com/p/CThfKqDF1O5/Henry)

Saat ini semakin banyak orang memilih untuk menjadi influencer, mulai dari urusan makanan hingga pakaian. Usia tak lagi menjadi batas untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Bahkan, banyak influencer cilik di berbagai negara bisa menghasilkan jutaan hingga miliaran rupiah hanya untuk sebuah foto atau video di media sosial. Salah satunya adalah seorang bayi bernama Briggs Darrington di Amerika Serikat (AS).

Bayi yang sekarang berusia satu tahun ini telah menjadi seorang influencer dan bisa menghasilkan lebih dari 1.000 dolar AS atau sekitar Rp14 juta sebulan. Mengutip India Times, 20 Oktober 2021, pasangan Jess dan Steve awalnya tak menduga kalau bayi mereka mampu menarik banyak perhatian dan disukai warganet.

Dengan wajahnya yang imut dan tingkanya yang lucu, banyak orang merasa gemas dan menyukai Briggs. Kabarnya, awal mula bayi ini dikenal publik karena pasangan suami istri tersebut selalu mengunggah momen kebersamaan mereka di media sosial Instagram.

Mulai dari momen liburan hingga kegiatan di rumah yang merupakan penyebab Briggs dikenal publik. Terlebih, Jess merupakan sosok ibu yang sangat dekat dengan media sosial dan selalu membagikan momen kebersamaannya dengan buah hatinya.

Hingga kemudian, publik pun mengetahui sosok bayi bernama Briggs. Bahkan, saking terkenalnya di AS, Jess dan Steve sampai membuat akun Instagram putra mereka tersebut yang kini telah memiliki lebih dari 32 ribu pengikut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


45 Penerbangan

Puluhan sampai ribuan komentar pun dilontarkan warganet mengenai bayi menggemaskan itu. Sejak saat itulah, berbagai produk dan brand bersedia meng-endorse di akun Instagram Briggs tersebut.

Bukan itu saja, Jess menyebut bahwa mereka kerap dibiayai oleh berbagai produk saat liburan. Menurut pengakuan Jess, ia dan suami bersama anak mereka telah bepergian sebanyak 45 penerbangan.

Uniknya lagi, berbagai produk atau brand rela menggelontorkan puluhan hingga ratusan juta rupiah di akun Instagram Briggs karena ketenaran bayi itu. Jess mengaku tidak bermaksud untuk mengeksploitasi anak mereka.

Ia menyebut bahwa dirinya dan suaminya merupakan traveler.Hal itulah yang diduga menjadi penyebab berbagai produk bersedia membayar hingga memasang iklan di akun Instagram bayi itu.


Penerbangan Pertama

"Dia sangat cepat terkenal daripada kami melalui brand dan dari dewan pariwisata. Saya tidak menyalahkan itu, dia memang sangat imut, saya juga ingin bekerja dengannya," ucap Jess.

Kepopuleran Briggs di media sosial kabarnya sempat membuat kedua orangtuanya terheran-heran, karena sudah bisa menghasilkan lebih dari Rp14 juta dalam sebulan. Bahkan, liburan mereka ke berbagai tempat dikabarkan merupakanendorse dari berbagai produk.

Perjalanan pertama Briggs adalah ketika glamping saat usianya baru sekitar tiga minggu. Ia juga naik pesawat pertamanya saat berusia dua bulan. Sampai saat ini orangtuanya masih berbagi pengalaman tentang bagaimana cara bepergian dengan bayi, dan disertakan dengan tips dan trik untuk para orangtua.


Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak

 

Rambut Angelina Jolie Jadi Gunjingan

Viral Ekstensi Rambut Angelina Jolie yang Tidak Rapi di Karpet Merah

Liputan6.com 2021-10-26 12:02:00
Angelina Jolie saat tiba pemutaran film "Eternals" pada 24 Oktober 2021 di Auditorium Parco della Musica venue di Roma, selama Festival Film Roma ke-16. (TIZIANA FABI / AFP)

Angelina Jolie hadir di karpet merah pemutaran perdana "The Eternals" pada Minggu, 24 Oktober 2021 di Festival Film Roma. Aktris berusia 46 tahun ini tampil dalam balutan gaun silver metal mesh Atelier Versace.

Dilansir dari Page Six, Selasa (26/10/2021), bukan hanya gaun indah perak Angelina Jolie yang mencuri perhatian publik, namun juga ekstensi rambutnya. Tata rambut itu tampak berombak, tidak rata dan jelas-jelas dipadukan dengan rambut asli aktris ini.

Ekstensi rambut Angelina Jolie yang tidak rata itu membuat warganet heboh di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang berkomentar soal tata rambut tersebut.

"Bagaimana Anda membiarkan Angelina Jolie berjalan di karpet merah dengan ekstensi rambutnya terlihat seperti ini, seseorang tampaknya akan dipecat," cuit seorang warganet.

"Siapa pun yang melakukan ekstensi rambut Angelina harus menjadi teman Jennifer," gurau yang lain. Hal ini merujuk pada perseteruan lama antara Jolie dan Jennifer Aniston yang menikah dengan Brad Pitt sebelum Pitt dan Jolie berpasangan.

Bahkan, tokoh televisi Amerika Serikat Stassi Schroeder turut buka suara. Ia menuangkannya melalui unggahan di Instagram Story pada Minggu malam.

"Sebelum saya mengucapkan selamat malam, saya ingin tahu siapa yang memutuskan untuk memberikan ratu ini ekstensi yang tidak dicampur. Oke, yang sebenarnya saya tanyakan adalah siapa yang dipecat sekarang?" tanyanya soal ekstensi rambut Angelina Jolie.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aksesori Dagu

Sebelumnya, penampilan Jolie di karpet merah pemutaran perdana "The Eternals" tak kalah mencuri atensi. Acara tersebut berlangsung di El Capitan Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Senin, 18 Oktober 2021 waktu setempat.

Dilansir dari Independent, Rabu, 20 Oktober 2021, Jolie tampil dalam balutan gaun strapless dari Balmain. Ia berpose di karpet merah bersama kelima buah hatinya, yakni Zahara, Maddox, Knox, Vivienne, dan Shiloh.

Melengkapi gaun Balmain, Jolie turut mengenakan aksesori bibir dan dagu emas. Perhiasan itu adalah persembahan desainer Nina Berenato.

Aksesori ChloeXHalle Chin Cuff seharga 50 dolar AS atau setara Rp705 ribu. Sebelum dikenakan Jolie, duo penyanyi Chloe and Halle Bailey yang terlebih dahulu mengenakan aksesori ini tahun lalu.


Gaya Daur Ulang

Penampilan putrinya, Zahara turut menjadi sorotan. Dilansir dari People, Rabu, 20 Oktober 2021, remaja berusia 16 tahun ini mengenakan gaun ibunya.

Gaun dari Elie Saab Couture itu sebelumnya dikenakan Jolie saat hadir di Academy Awards 2014. Gaun tersebut hadir dengan sentuhan perak berkilau dan nuansa champagne.

Sementara, anggota keluarga lainnya memilih mengenakan busana bernuansa netral. Shiloh dan Vivienne tampak senada dalam balutan busana earthy tones. Maddox dan Knox masing-masing memilih setelan hitam dan hijau tua.

"Anak-anak saya semua bercampur dengan nuansa vintage, dan dalam gaun Oscar lama saya. Kami semua berpenampilan dan mendaur ulang barang-barang lama saya," kata Jolie kepada ET di karpet merah.

Menariknya, Shiloh mengenakan gaun cokelat dari Gabriela Hearst. Gaun tersebut beberapa waktu lalu dikenakan Jolie saat bepergian ke Prancis pada musim panas ini.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Taliban Siapkan Pasukan Baru

Taliban Akan Bentuk Pasukan Bersenjata Baru, Komunitas Internasional Mendukung?

Liputan6.com 2021-10-26 11:21:15
Pejuang Taliban menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Taliban menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghan

Pemerintah Afghanistan yang dipimpin Taliban pada Senin 25 Oktober 2021 mengumumkan akan membentuk angkatan bersenjata baru untuk negara itu. Di dalamnya selain anggota Taliban juga termasuk tentara dari militer rezim sebelumnya.

Mantan militer Afghanistan dan pemerintah yang didukung Barat runtuh pada 15 Agustus ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari negara tersebut saat Taliban mengambil alih kendali dalam serangan kilat. Sementara AS dan sekutunya menarik pasukan setelah 20 tahun di Afghanistan.

Pada September, Taliban menunjuk pemerintah sementara di Afghanistan, menyatakan negara itu sebagai emirat Islam.

Menteri Pertahanan Mullah Mohammed Yaqoob, putra pendiri Taliban Mullah Omar, mengumumkan pembentukan angkatan bersenjata baru pada Minggu 24 Oktober, dalam pesan audio yang dirilis kementerian pertahanan.

Dia mengatakan, kementerian bermaksud untuk menciptakan tentara nasional dan independen, dengan kemampuan darat dan udara untuk "membela negara dengan nilai-nilai tinggi", dan akan mencoba melengkapinya dengan senjata modern.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan kepada Arab Newsyang dikutip Selasa (26/11/2021), "Tentara adalah prioritas dan kebutuhan mendesak negara. Imarah Islam akan bekerja untuk membentuk pasukan yang diberdayakan yang akan bertanggung jawab untuk melindungi warga Afghanistan dan akan memiliki kemampuan untuk mempertahankan perdamaian Afghanistan dengan cara apa pun."

Dia mengatakan, tentara baru akan terdiri dari anggota Taliban dan tentara dari rezim sebelumnya.

"Tentara ini akan dibentuk dari pasukan baru dan juga pasukan yang bertugas di Tentara Nasional Afghanistan. Kami akan bekerja sama untuk membentuk tentara yang kuat dari kedua kekuatan yang melayani dan telah melayani Afghanistan," tambah Mujahid.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kata Pengamat

Namun, sejauh ini belum ada komentar apakah pembentukan angkatan bersenjata baru akan didukung oleh negara lain.

Ekonom yang berbasis di Kabul, Hamayoon Frotan, mengatakan: "Membentuk tentara baru membutuhkan uang dan sumber daya manusia, karena miliaran dolar aset bank sentral Afghanistan yang disimpan di luar negeri telah dibekukan setelah pengambilalihan Taliban."

"Saya percaya bahwa Taliban memiliki sumber daya manusia, juga bagian dari peralatan yang dibutuhkan tentara yang diperoleh Taliban dari Amerika."

Dia menunjukkan bahwa dukungan mungkin datang dari China dan Rusia, karena kantor berita milik negara Rusia TASS pekan lalu mengutip Presiden Vladimir Putin yang mengatakan penghapusan gerakan Taliban -- yang dilarang di Rusia -- dari daftar organisasi teroris adalah mungkin.

Tetapi selama pertemuan pleno internasional Valdai Discussion Club pada hari Kamis, Putin mengatakan langkah seperti itu harus dilakukan di tingkat PBB.


Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan