Volume 120

Boikot Miss Universe di Israel

Cucu Nelson Mandela Serukan Boikot Miss Universe 2021 Digelar di Israel

Liputan6.com 2021-10-28 10:01:00
Andrea Meza, perwakilan Meksiko berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2020. (Rodrigo Varela / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Cucu mantan Presiden ke-1 Afrika Selatan Nelson Mandela, Nkosi Zwelivelile Mandla Mandela bereaksi atas rencana gelaran Miss Universe 2021. Ia meminta negara-negara Afrika untuk memboikot kontes kecantikan ke-70 yang akan berlangsung di Israel pada Desember 2021.

Dilansir dari News24, Kamis (28/10/2021), di sisi lain, Lalela Mswane telah dinobatkan sebagai Miss Afrika Selatan 2021 pada Sabtu, 17 Oktober 2021 di Grand Arena, GrandWest di Cape Town. Perempuan berusia 24 tahun ini diumumkan sebagai perwakilan Miss Universe tahun ini.

Pernyataan boikot Miss Universe 2021 di Israel disampaikan cucu Nelson Mandela dalam sebuah pernyataan yang dibagikan melalui akun Instagram Nkosi Zwelivelile. Ia menyinggung soal Israel adalah negara apartheid, yakni sistem pemisahan ras, agama dan keyakinan, kelas sosial, diskriminasi etnis, dan kelompok mayoritas mendominasi kelompok minoritas.

"Israel adalah Negara Apartheid dan kami akan terus memobilisasi semua orang yang mencintai kebebasan di dunia untuk memboikot, melepaskan dan menjatuhkan sanksi terhadap rezim apartheid yang brutal," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Mvezo Komkhulu (The Great Place) yang dibagikan pada 19 Oktober 2021.

"Sehari-hari Apartheid Israel melanggar hak asasi manusia dasar rakyat Palestina dan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan," lanjut pernyataan tersebut.

"Israel adalah Negara Apartheid dan terus melakukan pendudukan keji dan perluasan pemukiman ilegal yang melanggar hukum internasional. Kita harus terus mengisolasi Apartheid Israel dengan cara yang sama seperti kita mengisolasi Apartheid Afrika Selatan," bunyi pernyataan itu.

Pria berusia 47 tahun itu melanjutkan pihaknya harus memperkuat upaya untuk mengembargo semua perdagangan dengan negara Apartheid terutama penjualan senjata dan sistem serta peralatan pertahanan. "Kami menyerukan semua negara untuk meningkatkan upaya mereka untuk mengisolasi Apartheid Israel dan memutuskan semua hubungan baik itu perdagangan, budaya, olahraga, rekreasi atau diplomatik," ungkap pernyataan.

"Kami menyerukan semua negara Afrika untuk menarik diri dari kontes Miss Universe di Apartheid Israel sebagai protes atas status pengamat yang diberikan secara sepihak oleh Komisioner AU," tutup pernyataan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Malaysia Mundur

Menurut pernyataan pers, Malaysia, Barbados, dan Laos telah menolak untuk bersaing di Miss Universe 2021. Hal tersebut dikarenakan Covid-19 yang menghalangi berlangsungnya kontes lokal dan "perjalanan internasional dan domestik yang terbatas".

Kabar absennya Malaysia di Miss Universe 2021 disampaikan oleh Miss Universe Malaysia Organization (MUMO). Pernyataan tersebut diunggah melalui lewat Instagram resmi MUMO pada Selasa, 17 Agustus 2021.

"Kami memperhatikan bahwa Organisasi Miss Universe akan mengadakan kontes tahunan ke-70 di Eilat, Israel pada bulan Desember. Sayangnya, karena situasi Covid-19 yang memburuk, yang mengakibatkan terbatasnya perjalanan internasional dan domestik, kami tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia 2021," bunyi pernyataan tersebut.

Karena kondisi yang tak memungkinkan, Malaysia memutuskan absen di gelaran 2021. "Oleh karena itu, kami menolak undangan untuk kontes tahun ini dan dengan menyesal tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia tahun ini," lanjut mereka.

Sebelum mengakhiri pernyataan resmi, MUMO juga menyampaikan harapan terbaik mereka terkait pelaksanaan Miss Universe mendatang. "Berharap dapat berpartisipasi lagi dalam waktu dekat," tutup pernyataan itu.


Miss Universe 2021

Dilansir dari Insider, Rabu, 21 Juli 2021, Organisasi Miss Universe mengumumkan pada Selasa, 20 Juli 2021, bahwa Miss Universe 2021 akan dilaksanakan di Eliat, Israel, pada Desember 2021. Kontes ini akan kembali mendaulat Steve Harvey sebagai pembawa acara.

Presiden Organisasi Miss Universe Paula Shugart menyebut Israel telah masuk dalam daftar negara tuan rumah kontes "selama beberapa tahun karena sejarahnya yang kaya." Ia juga menjelaskan alasannya terpilihanya Israel sebagai tuan rumah Miss Universe 2021.

"Ketika kami mencari lokasi untuk perayaan ulang tahun ke-70, jadi jelas lewat percakapan kami dengan wali kota Lankri dan Kementerian Pariwisata Israel bahwa Israel yang telah bekerja dengan baik dalam mengatasi pandemi global, memiliki sumber daya terbaik untuk menjadi tuan rumah Miss Universe di Desember," kata Paula kepada Insider.

Ia berharap dapat memperdalam komitmen untuk menciptakan percakapan, koneksi, dan pemahaman budaya yang bermakna lewat kemitraan ini. Organisasi Miss Universe mengungkapkan para kontestan akan "mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya Israel" dalam minggu-minggu menjelang kompetisi dengan kunjungan ke Laut Mati, Yerusalem, dan Tel Aviv.

Kontes kecantikan ini akan menampilkan kontestan dengan berbalut pakaian renang, gaun malam, dan wawancara. Penyelenggaraan Miss Universe 2021 akan ditayangkan di FOX, di Amerika Serikat.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Taeyeon SNSD Jadi Korban Penipuan?

Taeyeon SNSD Dikabarkan Jadi Korban Penipuan Real Estate, Agensi Beri Penjelasan

Liputan6.com 2021-10-28 17:40:00
Taeyeon SNSD (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com)

Baru-baru ini, Taeyeon SNSD dikabarkan menjadi korban penipuan. Diwartakan Soompi, Kamis (28/10/2021), hal ini berawal dari pemberitaan media Korea Selatan YTN.

Disebutkan bahwa sebuah perusahaan investasi real estate menipu sekitar 3 ribu orang yang membeli properti, dengan memanfaatkan informasi palsu.

Perusahaan ini mengecoh korbannya, sehingga mereka membeli tanah yang dijanjikan bisa dikembangkan. Padahal aslinya, tanah itu dilindungi sebagai kawasan konservasi hutan.

Total kerugian dari para korban ditaksir mencapai 25 miliar won, atau sekitar Rp 303 miliar.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komedian Jadi Tenaga Penjual

Seorang komedian terkenal yang memulai kariernya di KBS, disebut berperan sebagai tenaga penjual properti tersebut. Ia bertugas merekrut orang-orang berada untuk ikut berinvestasi.

Salah satunya, seorang anggota girl group terkenal yang disebut sebagai A.


A Adalah Taeyeon

YTN menyebutkan A membeli tanah dari sebuah perusahaan investasi real estate terkemuka pada 2019. Perusahaan ini membeli tanah senilai 400 juta won, dan dijual ke A senilai 1,1 miliar won, atau sekitar Rp 3,3 miliar hanya dalam waktu tiga bulan.

Dari sini, sebuah media lain mengidentifikasi sosok A adalah Taeyeon. Sementara sosok komedian yang menyambi sebagai makelar tersebut adalah Ahn Soo Mi.


Susah untuk Dikonfirmasi

Agensi Taeyeon, SM Entertainment angkat suara soal kasus ini. Namun, mereka tak memberikan jawaban tegas kepada media.

"Susah bagi kami untuk mengonfirmasi informasi ini, karena berkaitan dengan aset artis kami," ujar perwakilan SM.


Ahn Soo Mi Protes

Sementara itu, dalam wawancara dengan OSEN Ahn Soo Mi mengatakan bahwa dulu sempat bekerja sebagai pegawai paruh waktu di perusahaan real estate. Namun, ia tak pernah bertemu Taeyeon atau mencoba meyakinkan kaum berada untuk melakukan hal tertentu.

Ia memutuskan, akan mengambil langkah hukum atas artikel ini.

Gaun Tisu Toilet Paris Hilton

Paris Hilton Pakai Gaun dari Tisu Toilet Jelang Nikah, Tetap Terlihat Mahal

Liputan6.com 2021-10-28 04:02:27
Gelar Acara Makan Siang Jelang Nikah, Paris Hilton Pakai Gaun dari Tisu Toilet. (dok.Instagram @caraotaradio/https://www.instagram.com/p/CVggBY7BNcK/Henry)

Model. sosialita dan bintang televisi Paris Hilton rencananya akan menikah dengan Carter Reum dalam waktu dekat. Menjelang hari pernikahannya, Paris menggelar pesta bridal brunch atau acara makan siang calon pengantin wanita di kediaman pribadinya di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 23 Oktober 2021.

Bukan Paris namanya jika busana yang ia kenakan tidak menarik perhatian. Di acara tersebut, ia terlihat tampil berbeda dengan memakai outfit unik.

Dilansir dari Hollywoodlife, Selasa, 26 Oktober 2021, wanita 40 tahun ini terlihat memakai gaun yang terbuat dari gulungan tisu toilet. Gaun nyeleneh tersebut ternyata merupakan bagian dari permainan.

Bersama dengan timnya, gadis pewaris jaringan hotel Hilton itu tampil all-out, menggulung banyak tisu toilet sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai gaun. Agar semakin terlihat mirip gaun, Paris tak lupa menambahkan shoulder pad dan mahkota yang semuanya juga dibuat dari tisu toilet.

Setelahnya, Paris dengan percaya diri berpose dengan outfit anehnya tersebut. Untuk melengkapi penampilannya, Paris menata rambutnya dengan gaya high ponytail simpel dan memakai sarung tangan berhiaskan berlian sebagai aksesori.

Meskipun gaunnya terbuat dari tisu toilet, Paris tetap terlihat cantik dan keren. Gaun putih dari gulungan tisu itu malah terlihat mahal saat dikenakan Hilton.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dirusak Anjing

Dalam momen itu terlihat pula adik iparnya, Tessa Hilton, dalam acara tersebut. Tessa mengenakan gaun panjang menyapu lantai, lengkap dengan sarung tangan dan tudung.

Teman-teman mereka juga ikut membantu menyiapkan gaun tersebut. Namun gaun mereka segera hancur ketika anjing peliharaan Hilton mulai mengunyah kertas toilet itu, seperti yang terungkap dalam serangkaian cerita yang diunggah di akun Instagram milik Paris.

Ternyata, di balik dress tisu gulung itu, Paris mengenakan pakaian pengantin yang sebenarnya. Ia memakai gaun mini putih dengan lengan panjang serta sepatu pump yang serasi.


Digelar 3 Hari

Sebelumnya, Paris dan Carter membeli hunian mewah di Pantai La Costa, Malibu, yang harganya mencapai 8,4 juta dolar AS atau sekitar Rp120 miliar. Melansir Dirt.com, 26 Agustus 2021, hunian mewah Hilton dan Reum itu berada di pinggir pantai.

Lokasinya berjarak sekitar lima meter dari Nobu Malibu, tempat yang terkenal di kalangan selebritas. Rumah yang dibangun pada 1955 itu memiliki tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi. Luas properti ini sekitar 3.000 kaki persegi.

Lantainya terbuat dari batu dengan jendela memanjang dari langit-langit rumah hingga ke lantai. Hunian ini dilengkapi dengan bak mandi air panas dan balkon dengan pemandangan menghadap ke Samudra Pasifik.

Bagi Hilton, membeli hunian baru menjadi sebuah fase baru untuk memulai lembaran yang baru. Dalam talkshow bersama Jimmy Fallon, Paris mengungkapkan pernikahan mereka akan digelar selama tiga hari. Ia pun akan berganti sepuluh busana. Namun, belum diketahui pasti kapan waktu pernikahan itu akan digelar.


Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Luna Maya Rela Jadi Istri Kedua

Luna Maya Rela jadi Istri Kedua, Asalkan dengan Pria Ini

Liputan6.com 2021-10-28 18:00:00
"Ya pasti lah (berkurang), (dulu) per episode cuy (dibayar), dikali berapa acara coba aja. Tapi kalau sekarang kan saya investasikan, mungkin sekarang saya kerja hasilnya bukan sekarang tapi

Sudah bukan hal tak biasa bila kita melihat sejumlah artis Indonesia menyukai musik Korea alias K-Pop. Salah satu selebritas Tanah Air yang mengidolakan artis-artis Negeri Ginseng adalah Luna Maya.

Saat berkumpul dengan Geng Menteri Ceria yang didokumentasikan melalui kanal YouTube Melaney Ricardo, Luna Maya sempat membahas seputar Kim Namjoon alias RM BTS yang sangat diidolakan olehnya.

Bahkan, Luna Maya secara tak ragu mengaku sebagai istri dari RM BTS saat menyaksikan video idolanya itu. Ia pun langsung digoda oleh Ayu Dewi dan Melaney Ricardo seputar kecintaannya terhadap sang artis K-Pop.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertanyaan dari Sahabat

Ayu Dewi dan Melaney lantas memberikan pertanyaan serius kepada Luna Maya terkait RM.

"Luna, seandainya RM mau sama lu. RM misalnya datang, melamar lu. Minta lu pindah dari Indonesia?" tanya Ayu Dewi.

"Tapi lu meninggalkan semua pekerjaan," timpal Melaney Ricardo.


Tak Masalah Jadi Istri Kedua

Di luar dugaan, Luna Maya menyampaikan jawaban yang mungkin bisa membuat kita geleng-geleng kepala.

"Jadi bini kedua juga enggak apa-apa," ceplos Luna Maya secara terang-terangan.

"Catat itu guys, catat! Jadi bini kedua," Melaney Ricardo kembali menimpali.


Rela Jual Aset

Tak sampai di situ, Luna Maya juga mengaku siap untuk merelakan semua asetnya di Tanah Air seandainya RM benar-benar mengajaknya membina rumah tangga di Korea Selatan.

"Gue jual semua yang gue punya di sini," Luna Maya menegaskan.


Isu Pernikahan RM

Di luar kecintaan Luna Maya terhadap Kim Namjoon, beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa personel BTS tersebut sudah menikah.

Tak hanya menikah, RM BTS juga dikabarkan sudah memiliki anak. Namun begitu, isu tersebut hingga kini masih belum benar-benar terkonfirmasi.

NU Jatim: Cryptocurrency Haram

Bahtsul Masail NU Jatim Putuskan Hukum Cryptocurrency Haram

Liputan6.com 2021-10-28 12:03:02
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur memutuskan jika hukum Cryptocurrency atau mata uang digital kripto haram.

Keputusan hukum mata uang digital kripto itu diambil setelah LBM NU Jatim menggelar bahtsul masail dengan menggunakan rujukan sahih pada akhir pekan lalu.

Dasar keputusan haram ini dengan mempertimbangkan pola transaksi mata uang kripto (cryptocurrency) lebih banyak unsur spekulatif dan tidak terukur.

"Berdasarkan hasil bahtsuk masail, cryptocurrency hukumnya haram," kata Wakil Ketua PWNU Jatim KH Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur, seperti dikutip Kamis (28/10/2021).

Cryptocurrency dinilai tidak bisa menjadi instrumen investasi. Sebab dalam praktiknya mengandung unsur spekulasi dan tidak terukur.

Dari sini, mengacu pada sudut pandang fikih, jual beli harus diikuti syarat kerelaan dan tidak ada penipuan.

"Tapi dalam crypto itu orang lebih banyak tidak tahu apa-apa, orang itu terjebak, ketika tiba-tiba naik karena apa, turun karena apa. Sehingga murni spekulasi, mirip seperti orang berjudi," ucapnya.


Beda dengan Saham

Cryptocurrency, dinilai berbeda dengan saham yang diperjualbelikan adalah hak kepemilikan perusahaan. Penyebab naik turunnya nilai sebuah saham pun sudah jelas, yakni bergantung pada keuntungan perusahaan tersebut.

Rencananya, keputusan bahtsul masail soal cryptocurrency itu nantinya akan dibawa oleh LBM PWNU Jatim ke forum Muktamar ke-34 NU di Lampung pada 23-25 Desember mendatang.

Hasil muktamar nantinya akan disampaikan ke pemerintah dan pihak terkait sebagai rekomendasi.

151 Aplikasi Android Palsu

Waspada, 151 Aplikasi Android Ini Sudah Tipu Jutaan Pengguna

Liputan6.com 2021-10-28 08:00:15
Ilustrasi Android, Robot Android. Kredit: Google

Google Play Store memang tidak pernah sepi dari beragam aplikasi berbahaya yang disamarkan agar dapat menipu pengguna Android di berbagai negara di dunia.

Terkini, pelaku kejahatan menggunakan aplikasi Android berbahaya untuk menipu korbannya agar mendaftar ke layanan berlangganan SMS premium palsu.

Adalah Jakub Vavra dari tim keamanan Avast mengungkap modus penipuan dengan aplikasi Android tersebut.

Dikutip dari Threatpost, Kamis (28/10/2021), Jakub menyebut metode penipuan tersebut dengan nama UltimaSMS.

"Salah satu aplikasi pertama yang saya temukan digunakan untuk menipu orang disebut Ultima Keyboard Pro," katanya dalam posting blog Avast.

UltimaSMS setidaknya menginfeksi 151 aplikasi Android dan sudah diunduh secara total lebih dari 10 juta kali.

"Aplikasi palsu yang saya temukan terdiri dari berbagai kategori, seperti keyboard khusus, pemindai kode QR, editor video dan foto, filter kamera, dan permainan," tulisnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Modus Pelaku Tip Pengguna Android

Mazar, malware yang mampu hapus data smartphone lewat SMS (Foto: PhoneArena)

Lebih lanjut, Google telah menghapus aplikasi yang terindikasi menipu para pengguna dari toko, tetapi kemungkinan masih ada yang lain.

"Pada dasarnya, modus penipuan ini sama seperti lainnya yang digunakan untuk menyebarkan kampanye penipuan SMS premium," jelas Vavra. Karena itu, diyakini aksi ini didalangi oleh orang atau kelompok yang sama.

Meski aplikasi yang diiklankan terlihat sah, pemeriksaan lebih dekat menunjukkan sesuatu yang lebih mencurigakan.

"Mereka cenderung menyertakan pernyataan kebijakan privasi umum dan menampilkan profil pengembang dasar termasuk alamat email umum, serta banyak ulasan negatif yang mengidentifikasi mereka sebagai penipu," kata Jakub.


151 Aplikasi yang Dimaksud

Android malware (ist.)

Mengutip dari firma intelijen pemasaran seluler Sensor Tower, modus penipuan ini tampaknya bersifat global, menjerat pengguna dari lebih dari 80 negara.

"Aplikasi tersebut paling banyak diunduh oleh pengguna di Timur Tengah, seperti Mesir, Arab Saudi, Pakistan, diikuti oleh pengguna di AS dan Polandia," jelas Vavra.

Sementara untuk daftar 151 aplikasi yang dimaksud, kamu bisa melihatnya dengan mengklik link di sini.

(Ysl/Tin)

Ribuan Bangkai di Pantai Inggris

Fenomena Misterius: Ribuan Bangkai Makhluk Laut Terdampar di Pantai Inggris

Liputan6.com 2021-10-28 06:30:55
Ilustrasi kutipan singkat, laut. (Photo by Thomas Vimare on Unsplash)

Ribuan bangkai makhluk laut terdampar di pantai timur laut Inggris. Warga lokal menyebut krustasea (udang-udangan) perlahan menumpuk di pinggir pantai.

Dilaporkan CNN, Kamis (28/10/2021), makhluk tersebut terdiri atas kepiting berbagai jenis, kerang, hingga lobster. Warga lokal bernama Sharon Bell berusaha menolong makhluk laut yang masih hidup dan terjerat rumput laut.

"Rumput lautnya menumpuk tinggi hingga sampai pinggang, tetapi semuanya penuh, dan saya maksud ada ribuan kepiting mati dan kepiting hidup, segala jenis, dan lobsternya juga," ujar Sharon Bell, warga Marske-by-the-Sea.

Sharon Bell berkata kepiting-kepiting itu sudah mengeluarkan bau bangkai yang menyengat pada Rabu (26/10). Bell dan suaminya menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelamatkan kepiting yang masih hidup.

Ia menyebut warga lokal ingin mendapat jawaban.

"Apabila ini adalah insiden akibat perbuatan manusia ... maka tentunya kita harus memastikan ini tidak akan terjadi lagi," ujarnya.


Investigasi

Environment Agency di Inggris berkata sedang bekerja dengan lembaga-lembaga terkait, salah satunya Pusat Lingkungan, Perikanan, dan Akuakultur.

Mereka telah mengumpulkukan sampel-sampel, seperti air, untuk memeriksa kenapa bisa banyak kepiting terdampak di pantai Tees Estuary dan pantai-pantai sekitarnya.

"Sampel-sampel air, sedimen, kerang, dan lobster telah diambil," ujar pihak Environment Agency.

Nantinya, sampel-sampel itu akan digunakan untuk mencari tahu apakah ada polusi yang menyebabkan kematian hewan-hewan tersebut.

Paspor untuk Gender-X

AS Terbitkan Paspor Pertama untuk Gender-X

Liputan6.com 2021-10-28 15:24:53
Ilustrasi paspor (Dok.Unsplash)

Paspor Amerika Serikat (AS) pertama dengan tanda gender-X baru saja diterbitkan. Departemen Luar Negeri (Deplu) negara tersebut mengumumkan pada Rabu 27 Oktober 2021.

Mengutip VOA Indonesia, Kamis (28/10/2021), paspor dengan tanda gender-X untuk orang non-binari, interseks, dan tidak memiliki konformitas gender.

Dalam sebuah pengumuman yang diposting di situs Departeman Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat, juru bicara Ned Price mengatakan langkah ini diambil menyusul komitmen dari Menteri Luar Negeri Antony Blinken yang dibuat pada Juni lalu untuk menyediakan penanda gender ketiga.

Hal ini merupakan "sebuah langkah lainnya guna memastikan perlakuan adil bagi kelompok LGBTQI+ di AS, terlepas dari gender atau jenis kelamin mereka."

Price mengatakan, pihak Departemen Luar Negeri akan menawarkan opsi terbaru ini untuk para warga yang ingin membuat paspor setelah pembaruan sistem dan formulir selesai awal tahun depan. Deplu AS juga akan memberikan pemberitahuan dan informasi di situs webnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Langkah Bersejarah di AS

Dalam komentarnya kepada kantor berita Associated Press pada Rabu 27 Oktober, Jessica Stern, utusan diplomatik khusus AS untuk hak-hak LGBTQI+, mengatakan langkah ini "bersejarah dan patut disambut gembira."

Jessica Stern juga mencatat hal tersebut dan menjadikan dokumen perjalanan sesuai dengan "realitas yang ada" bahwa terdapat spektrum lebih luas dari karakteristik seks manusia dibandingkan dua penggolongan sebelumnya.

Serikat Kebebasan Sipil Amerika atau ACLU memuji langkah itu.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok itu mengatakan, "ACLU akan terus bekerja sama dengan pemerintahan Biden sehingga penanda gender yang akurat akan tersedia di dokumen identitas dan catatan di pemerintah federal."

Habis Divaksin Dapat Bonus

Hadiah Usai Vaksinasi COVID-19, Pegawai Coca-Cola di AS Dapat Bonus Rp 28 Juta

Liputan6.com 2021-10-27 21:00:03
Ilustrasi coca-cola (AFP/Justin Sullivan)

Perusahaan Coca-Cola mengumumkan akan memberikan bonus US$ 2.000 (Rp 28 juta) jika mereka mau mendapat vaksin COVID-19. Ini untuk mendukung program Presiden Joe Biden.

Saat ini, Presiden Joe Biden memiliki kebijakan agar pekerja di pemerintahan agar divaksinasi dengan batas 8 Desember 2021 demi mencegah lonjakan kasus COVID-19. Ini termasuk kontraktor yang bekerja di lingkungan pemerintah.

Berdasarkan laporan Fortune, Rabu (27/10/2021), Coca-Cola beroperasi di taman nasional, pangkalan militer, dan gedung pemerintah lainnya, sehingga masuk ke aturan vaksin Joe Biden.

Coca-Cola yang bermarkas di Atlanta itu memiliki 8.500 pegawai di AS. Akan tetapi, perusahaan enggan mengungkap berapa jumlah pegawai yang belum divaksinasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada Sanksi?

Bonus ini merupakan reward bagi pegawai yang mau mendapat vaksin, akan tetapi pihak perusahaan enggan mengungkap apa punishment bagi pegawai yang tetap ogah mendapat vaksin COVID-19.

Selain itu, Coca-Cola juga akan memberikan bonus bagi pegawai melakukan vaksinasi COVID-19 meski ada halangan agama, tetapi mereka bisa mendapat pengecualian untuk vaksin COVID-19.

Berdasarkan aturan Joe Biden, pegawai-pegawai harus vaksinasi COVID-19 secara lengkap pada 8 Desember 2021. Namun, maksimal mereka sudah harus divaksinasi pada 24 November 2021.

Pasalnya, vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua memiliki jarak sekiranya dua pekan, sehingga pegawai tak bisa vaksinasi ketika deadline sudah dekat.

(USD 1: Rp14.193)


Infografis COVID-19:

 

Antisipasi Bencana La Nina

HEADLINE: Waspada Fenomena La Nina Seiring Musim Hujan, Antisipasi di Daerah?

Liputan6.com 2021-10-29 00:00:00
Banner Infografis Waspada Bencana Alam Akibat La Nina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di berbagai daerah di Indonesia, untuk waspada terhadap fenomena La Nina, yang menyebabkan curah hujan meningkat jelang akhir tahun. Berkaca dari kejadian La Nina tahun lalu, hasil kajian BMKG memprediksi, fenomena yang sama juga diprediksi terjadi tahun ini. Dampaknya akan ada peningkatan curah hujan bulanan berkisar antara 20-70 persen di atas normalnya.

Info dari laman BMKG juga menyebut, berdasarkan monitoring perkembangan data terbaru suhu permukaan laut di Samudera Pasifik bagian tengah dan timur, saat ini nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina, yaitu sebesar -0.61 pada Dasarian I Oktober 2021.

Kondisi itu, kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, akan terus berkembang dan masyarakat perlu bersiap dan terus waspada dengan kehadiran La Nina tahun ini yang diprakirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah-sedang, setidaknya hingga Februari 2022.

"Maka perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi, yaitu bencana hidrometeorologi," katanya.

Dwikorita juga mengingatkan pemerintah daerah, masyarakat, dan semua pihak terkait, soal pengurangan risiko dan dampai bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Pemda perlu mengambil langkah sigap menyiapkan langkah pencegahan dan mitigasi terhadap potensi bencana hidrometeorologi, antara lain banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang atau puting beliung, maupun badai tropis.

Sementara itu, berdasarkan data jejaring stasiun pengamatan hujan BMKG yang ada di seluruh wilayah Indonesia, hingga Dasarian I (sepuluh hari pertama) Oktober 2021, sebanyak 19,3 persen wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Antara lain Aceh bagian tengah, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi, sebagian besar Sumtera Selatan, Lampung bagian barat, Banten bagian timur, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan, sebagian Bali, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, Pulau Taliabu, dan Pulau Seram bagian selatan.

BMKG juga menyebut, daerah-daerah yang telah memasuki periode musim hujan pada Oktober ini meliputi wilayah Aceh bagian timur, Riau bagian tenggara, Jambi bagian barat, Sumatera Selatan bagian tenggara, Bangka Belitung, Banten bagian barat, Jawa Barat bagian tengah, Jawa Tengah bagian barat dan tengah, sebagian DI Yogyakarta dan sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Sedangkan beberapa wilayah Indonesia lainnya, akan memasuki musim hujan pada November hingga Desember 2021 secara bertahap dalam waktu yang tidak bersamaan. Namun secara umum, sampai November 2021 diprakirakan 87,7 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Kemudian pada akhir Desember 2021, BMKG memprakirakan 96,8 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Sementara periode puncak musim hujan diprediksi akan dominan terjadi pada Januari dan Februari 2022.

Plt Deputi Bidang Klimatologi Urip Haryoko mewanti-wanti warga untuk selalu waspada, pasalnya pada Oktober ini beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan tengah mengalami periode transisi, atau peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

"Pada periode peralihan musim ini, sering muncul fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin puting beliung, angin kencang meskipun periodenya singkat tapi sering memicu terjadinya bencana hidrometeorologi," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fenomena La Nina dan IOD

Rahmat Subekti, peneliti cuaca di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Raden Inten Lampung, kepada Liputan6.com pernah mengatakan, secara umum La Nina lebih berdampak di daerah Indonesia bagian tengah dan timur. Untuk wilayah Sumatera, La Nina lemah hingga moderate, dan dampaknya tidak sekuat di wilayah tengah dan timur Indonesia.

"Tapi tetap perlu diwaspadai peningkatan curah hujan akibat La Nina moderate ini," katanya.

Lebih jauh, Rahmat menjelaskan, La Nina fenomena alam yang terjadi Samudera Pasifik. Lokasinya yang jauh dari Pulau Sumatera, turut mempengarungi besarnya dampak yang bakal terjadi.

"Ada fenomena serupa La Nina, tapi terjadi di Samudera Hindia, Namanya Indian Ocean Dipole. Ini secara umum pengaruh dan dampaknya kuat di Indonesia bagian barat, salah satunya Pulau Sumatera," katanya.

Sama halnya seperti fenomena La Nina, Indian Ocean Dipole terjadi karena perbedaan suhu muka laut di lautan sebelah timut pantai Afrika dan kawasan laut barat Indonesia.

Saat suhu muka laut pada salah satu kawasan tersebut menjadi lebih panas atau dingin dari biasanya, maka akan menyebabkan perubahan sirkulasi udara dan juga arus laut, yang berbeda dari kondiri biasanya. Perubahan sirkulasi inilah yang kemudian membawa dampak kondisi iklim, khususnya di Indonesia bagian barat.

Suhu muka laut yang menjadi lebih panas ini juga mempengaruhi tekanan udara di atas lautan yang hangat tersebut menjadi lebih rendah. Maka akan terjadi aliran udara dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Dalam konteks fenomena IOD, maka massa udara akan mengalir ke wilayah Indonesia, yakni Pulau Sumatera, jika suhu muka laut id perairan barat Indonesia lebih hangat.

IOD sendiri punya tiga fase, yaitu netral, positif, dan negatif. Pada fase negatif, suhu muka laut di barat Indonesia menjadi lebih hangat dari biasanya. Selisih suhu muka laut, antara muka alut pantai timur Afrika dan pantai barat Indonesia akan lebih kecil dari minus 0,5 derajat Celsius. Hal ini menimbulkan curah hujan yang berbeda dari biasanya di wilayah barat Indonesia hingga Australia.

Rahmat tidak bisa memastikan sejauh mana fenomena Indian Ocean Dipole berdampak pada peningkatan curah hujan di Indonesia bagian barat, namun yang pasti perubahan iklim yang terjadi bisa memperburuk keadaan.

"Kami memantau sampai pengaruh pada informasi waspada peningkatan curah hujan saja. Soal bagaimana hujan ini bisa menimbulkan banjir bandang, itu sudah menjadi ranah BPBD, atau dengan KLHK jika kaitannya dengan tutupan hutan," katanya.


Perubahan Iklim Perparah Keadaan

Sementara itu, Peneliti Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Siswanto mengatakan, cuaca ekstrem yang sering terjadi belakangan ini menjadi salah satu dampak krisis iklim di Indonesia.

Bahkan laporan terbaru Panel Antar-Pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) PBB, menemukan perubahan iklim mengintensifkan siklus hidrologi atau air di alam. Jadi sangat sering terjadi suatu wilayah akan mendapatkan curah hujan ekstrem yang bisa menyebabkan banjir, namun di saat musim kemarau wilayah tersebut akan mengalami kekeringan yang intens.

"Perubahan iklim juga akan menyebabkan pola curah hujan di wilayah tropis berubah dan intensitasnya tergantung dengan wilayah," katanya.

Daerah pesisir juga akan mengalami dampak dari kenaikan tinggi muka laut sepanjang abad ke-21 yang berkontribusi terhadap banjir pantai yang lebih sering di daerah pesisir serta menyebabkan erosi pantai. Dia juga mengingatkan bahwa untuk kota seperti Jakarta, Makassar, Medan dan Surabaya juga akan mengalami respons berbeda.

"Terutama di kota sendiri sudah ada fenomena yang disebut dengan fenomena panas perkotaan," jelasnya.

Secara umum saat ini rata-rata suhu udara permukaan Indonesia lebih rendah dari rata-rata global. Namun, jika dilihat secara spesifik per kota seperti Jakarta maka ditemukan tingkatnya lebih tinggi dibandingkan rata-rata global. "Kalau kita lihat kota per kota seperti Jakarta itu akan 1,4 derajat Celsius lebih kuat, dibandingkan rata-rata global," katanya.'

IPCC melalui Sekjen PBB Antonio Guterres pada 9 Agustus 2021 juga telah memberikan peringatan keras berupa 'Kode Merah Bagi Umat Manusia' terkait perubahan iklim yang belakangan masif terjadi. Tentu peringatan ini bukan hanya untuk beberapa negara saja, melainkan juga untuk semua negara, termasuk Indonesia.

Bahkan, yang menyedihkan, forum ilmiah itu juga menyebut, 20 tahun ke depan cuaca ekstrem yang terjadi karena perubahan iklim tidak bisa lagi dikendalikan, jika manusia masih saja melakukan aktivitas menyebar emisi karbon secara ekstrem. Saat musim hujan seperti sekarang ini, intensitas turunnya air bisa sangat tingi sehingga menyebabkan banjir bandang. Peristiwa banjir bandang yang terjadi di NTT belum lama ini seharusnya bisa menjadi warning bagi orang Indonesia, untuk mulai bergerak mengurangi terjadinya perubahan iklim, dengan cara mengurangi emisi karbon dan merawat hutan.

Sudah seharusnya KTT COP26, yang akan digelar bakal waktu dekat, menjadi momentum bagi negara-negara di dunia untuk berkomitmen mengatasi isu perubahan iklim dan mengurangi emisi karbon. Inggris, sebagai penyelenggara acara menegaskan komitmennya dan mengajak negara-negara di dunia untuk terus menghasilkan tindakan nyata. Indonesia pun diajak untuk menghasilkan upaya konkret untuk hal ini.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins juga mengapresiasi penanganan yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani isu perubahan iklim.

"Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menangani isu ini, terlebih karena Indonesia sangat rapuh dalam hal ini," ujarnya dalam media briefing terkait KTT COP26, Kamis (28/10/2021).

Owen Jenkins juga menegaskan, Inggris telah menunjukkan komitmen penuhnya untuk mengurangi emisi global. Dalam upayanya, negara-negara di dunia diharapkan untuk menurunkan suhu global mencapai di bawah 1,5 derajat celcius. Selain itu, isu-isu yang juga diangkat lainnya terkait perubahan iklim adalah soal penggundulan hutan hingga mencairnya suhu bumi.

Dalam pandangan Owen, Indonesia punya potensi menjadi negara adidaya iklim dengan kekayaan sumber daya alam yang dimilikinya. Maka dari itu, Inggris menyatakan dukungannya bagi Indonesia dan sejumlah negara berkembang lainnya dalam mewujudkan upaya untuk mengurangi emisi global.

"Kami sangat memahami bahwa Indonesia dan negara berkembang lainnya membutuhkan dukungan, membutuhkan biaya, membutuhkan investasi untuk mencapainya. Dan itu adalah sesuatu yang sangat ingin kami berikan dan dukung," ujar Owen.

Owen Jenkins juga sangat yakin kepada Indonesia atas ambisinya mengurangi emisi karbon, khususnya yang berkaitan dengan kehutanan dan penggunaan lahan.

Reporter: Benedikta Miranti


Infografis Musim Hujan Datang La Nina Mengintai

 


Antisipasi di Daerah

Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati jauh-jauh hari telah mewanti-wanti pemda selaku pemegang kebijakan di daerah, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap adanya potensi lanjutan dari curah hujan tinggi, yaitu bencana hidrometeorologi.

Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, misalnya, telah menggelar apel kesiapsiagaan bencana dan 'memanaskan mesin' badan penanggulangan bencana di daerahnya.

"BMKG sudah menyampaikan akan ada hujan lebat. Bahkan, disertai angin dan petir. Karenanya, kita juga harus siap. Petugas kita turunkan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana di Taman Edukasi dan Wisata Ngrowo Bening Kota Madiun, Rabu (27/10/2021).

Naidi mengatakan, petugas BPBD Kota Madiun dan OPD terkait lainnya akan langsung bergerak sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Mulai pengecekan aliran sungai, pengecekan dan pemangkasan pohon-pohon besar, dan potensi kebencanaan lainnya.

Potensi bencana masih tetap ada di Kota Madiun. Mulai banjir, angin puting beliung, hingga pohon tumbang. Karenanya, pemda setempat terus berupaya mengambil langkah antisipasi.

"Sebanyak 70 persen pohon yang tinggi-tinggi dan rawan tumbang sudah kita pangkas. Sudah kita rapikan tidak lebih dari 7 meter. Ini untuk antisipasi pohon tumbang," katanya. Selain itu, pembangunan tangkis atau talud di sejumlah titik aliran sungai juga terus dikebut.

Wali kota berharap pembangunan sudah selesai sebelum hujan turun. Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah, lanjutnya, sering kali menjadi penyebab banjir di sejumlah titik karena menyumbat aliran sungai hingga air meluber ke permukiman warga.

Ia menambahkan, apel kesiapsiagaan bencana tersebut juga untuk melihat sejauh mana petugas BPBD Kota Madiun dalam menghadapi bencana yang rawan terjadi saat musim hujan.

Karenanya, melalui kegiatan tersebut Wali Kota Maid juga mengecek kesiapan peralatan dan infrastruktur yang dimiliki Pemkot Madiun untuk menanggulangi bencana.

"Peralatan penanganan bencana kita lengkapi. Tak kalah penting, masyarakat juga terus kita imbau agar ikut menjaga lingkungan," katanya.

Terkait wilayah rawan banjir, Maidi menyebut masih di Kota Madiun wilayah timur dan utara. Yakni, Kelurahan Kelun, Tawangrejo, Pilangbango, dan Rejomulyo. Wilayah-wilayah tersebut mendapat kiriman air dari Gunung Wilis dan Ponorogo.

"Bencana bisa datang kapan saja. Prinsipnya, kita yang harus siap dan waspada," kata dia.

Sementara, Apel Kesiapsiagaan Bencana di Taman Edukasi dan Wisata Ngrowo Bening tersebut melibatkan sebanyak 400 personel yang berasal dari BPBD, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PMI, Tagana, Pramuka, TNI, kepolisian, dan relawan.

Dalam apel tersebut juga dilakukan simulasi penanganan kebakaran dan penyelamatan korban. Apel juga ditinjau oleh Forkopimda Kota Madiun.


Relawan Tangguh Bencana

Sama seperti Madiun, sadar akan bahaya fenomena La Nina yang bisa menyebabkan bencana turunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, menyiagakan relawan tangguh bencana (Retana) di masing-masing wilayah rawan bencana alam banjir, khususnya di wilayah selatan, untuk siaga dan waspada serta segera melakukan evakuasi jika melihat air sungai meluap.

"Kita imbau Retana untuk segera nengevakuasi warga di bantaran sungai, jika melihat air sungai terus meninggi hingga merendam perkampungan warga. Termasuk melaporkan situasi terkini, sehingga berbagai upaya dan penanganan segera dilakukan, " kata Plt Kepala BPBD Cianjur, Tedi Artiawan, Rabu (27/10/2021).

Tedi menjelaskan, sebagian besar wilayah Cianjur, masuk dalam zona merah bencana mulai dari utara hingga selatan Cianjur, mulai dari pergerakan tanah, longsor, banjir dan gelombang tinggi di pesisir selatan yang sempat menyebabkan abrasi dan merendam perkampungan warga.

Sehingga pihaknya menugaskan seluruh Retana di masing-masing desa dan kecamatan untuk jeli membaca tanda alam akan terjadinya bencana, terlebih selama dua pekan terakhir, curah hujan cukup tinggi dengan intensitas lama, harus sangat diwaspadai karena dapat memicu terjadinya bencana.

"Meski hingga saat ini, kami belum menetapkan status siaga bencana karena masih menunggu dari BMKG. Namun upaya pencegahan dengan menempatkan Retana di wilayah rawan bencana, setidaknya dapat menghindari jatuhnya korban jiwa, " katanya.

Sementara hingga dua pekan terakhir, pihaknya mencatat 8 peristiwa bencana alam melanda Cianjur, sebagian besar dipicu hujan deras dengan intensitas lebih dari 2 jam, menyebabkan banjir dan longsor di wilayah utara termasuk pergerakan tanah dan banjir di wilayah selatan serta pergerakan tanah.

"Sebagian besar sudah teratasi, rumah warga yang rusak akibat banjir dan terancam longsor, sudah kembali ditempati. Namun kami mengimbau seluruh warga di Cianjur, untuk segera mengungsi ke tempat aman, jika melihat tanda alam akan terjadinya bencana, " kata Tedi.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jabar, punya cara sendiri dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bakal terjadi. Antara lain mengantisipasi adanya potensi bencana di jalur wisata menuju kawasan Lembang saat wilayah Bandung Raya memasuki masa musim hujan.

Kepala BPBD KBB Duddy Prabowo, Kamis mengatakan antisipasi itu diperlukan mengingat cuaca ekstrem ini berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir bandang, angin kencang, hingga pohon tumbang yang membahayakan kendaraan.

"Kami juga mengantisipasi itu di daerah wisata ya, karena kan sekarang PPKM sudah Level 2, objek wisata sudah bisa beroperasi, apalagi mayoritas area wisata di kawasan Lembang itu kan alam terbuka," kata Duddy di Bandung.

Dalam satu bulan terakhir, Duddy pun mencatat ada empat kali peristiwa bencana di kawasan Lembang dalam satu bulan terakhir.. Keempat peristiwa itu terjadi di Desa Cikole, Desa Jayagiri, dan titik lainnya yang dekat dengan sejumlah objek wisata.

Bencana yang terjadi di kawasan Lembang itu mulai dari banjir, longsor, dan banjir bandang. Akibatnya puluhan rumah terdampak rusak sedang hingga rusak berat akibat fenomena tersebut.

Menurutnya, kondisi geografis di sejumlah titik itu mendukung terjadinya peristiwa longsor dan banjir bandang itu karena KBB merupakan wilayah perbukitan dan pegunungan yang memiliki kemiringan mulai dari 25 derajat hingga 40 derajat.

Adapun menurutnya potensi bencana itu juga tidak hanya rawan di kawasan Lembang. Menurutnya seluruh kecamatan di KBB pun memiliki potensi yang sama.

Selain di Lembang, BPBD mencatat ada tiga peristiwa bencana mulai dari longsor hingga banjir bandang dalam satu bulan terakhir. Tiga titik itu yakni di Desa Pakuhaji Kecamatan Ngamprah, Desa Weninggalih Kecamatan Sindangkerta, dan di Desa Gununghalu Kecamatan Gununghalu.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat awal musim maupun puncak musim hujan yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari 2022, terutama bagi masyarakat yang bertempat tinggal di lokasi-lokasi yang rawan terjadi longsor dan banjir bandang," katanya.


Penambahan Posko Bencana

Di Sumatera Selatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, berencana menambah posko penanggulangan bencana alam di setiap kecamatan.

Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU) Amzar Kristopa di Baturaja, Rabu, menjelaskan bahwa penambahan posko ini untuk mempermudah dalam penanggulangan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

Menurut dia, saat ini BPBD OKU baru mendirikan lima posko penanggulangan bencana di lima kecamatan meliputi Kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan, Semidang Aji, Lengkiti, dan Lubuk Batang.

"Kecamatan ini dipetakan sebagai daerah rawan banjir dan tanah longsor pada musim hujan," katanya.

Ke depan pihaknya akan menambah posko di Kecamatan Muara Jaya dan Peninjauan serta kecamatan lainnya khususnya yang dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan karena daerah ini berpotensi terjadi bencana bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan.

Dijelaskan pula bahwa di setiap posko akan dilengkapi peralatan penanggulangan bencana, termasuk personel BPBD, dibantu tim sukarelawan yang disiagakan untuk hadapi bencana alam.

Sukarelawan di setiap posko ini, kata dia, bertugas mengantisipasi sekaligus memantau titik rawan bencana di wilayah masing-masing agar dapat menanggulangi bencana sedini mungkin.

Selain itu, mereka juga bertugas membantu BPBD OKU dalam aksi penanggulangan bencana, termasuk mengevakuasi korban jika terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Dengan penambahan posko ini, dia berharap bencana alam dapat menanggulangi kejadian tersebut sedini mungkin sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.


Infografis Antisipasi Potensi Bencana Alam Akibat La Nina