Volume 131

Foto Vanessa Hilang di Makam

Bingkai Foto Vanessa Angel di Makam, Hilang

Liputan6.com 2021-11-08 17:30:30
Keluarga dan kerabat saat pemakaman Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Taman Makam Islami Malaka, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (5/11/2021). Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal dala

Keluarga Vannesa Angel dan Bibi Ardiansyah berziarah ke makam keduanya, Senin (8/11/2021). Namun mereka terkejut saat mengetahui foto Vanessa Angel yang tergeletak di makam raib.

Hal itu disadari oleh ibunda Bibi Ardiansyah. Mertua Vanessa Angel itu sempat menanyakan foto sang menantu yang awalnya ditaruh di depan nisan.

"Foto Vanessa mana ya? Perasaan tadi pagi masih ada," kata ibunda Bibi Ardiansyah di TPU Malaka Islamic Centre, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (8/11/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ziarah

"Mungkin diambil fans," ucap salah seorang yang ikut dalam rombongan ziarah.

Seperti diketahui selama empat hari Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah dimakamkan, banyak warga sekitar dan penggemar ikut berziarah. Mereka juga tampak berfoto di makam tersebut.


Duka Mendalam

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan rekan serta sahabat yang ditinggalkan. Salah satunya Ibu mertua Vanessa Angel mengungkapkan bahwa sebelum sang menantu melakukan perjalanan ke Surabaya, Vanessa sempat menuturkan kalimat terakhir pada dirinya.

"Terus dia (Vanessa) bilang gini, sebentar lagi kita bakal terkenal sama mas (Bibi Andriansyah). Saya baru teringat omongan itu di hari kejadian itu, Ya Allah," ujarnya.story.

"Omongan terakhir di hari Minggu itu selalu terbayang-bayang sama saya, sedih banget," lanjutnya.


Anak Baik

Lebih lanjut, sang ibu juga menuturkan tentang keseharian sosok Bibi Andriansyah. Ia menyebut bahwa Bibi adalah anak yang baik dan kerap menyenangkan kedua orangtuanya.

"Sering kirim makanan kepiting, sama ayahnya udah dibilang 'jangan sering-sering nanti kolesterol mamamu kambuh' tapi anak saya bilang 'udah gakpapa ini kan nyenengin orang tua. Anak saya itu baik banget," tutup sang ibu.

Jakarta Banjir Lagi

Hujan Berhenti, 2 RT di Kelurahan Cawang Jakarta Masih Terendam Banjir

Liputan6.com 2021-11-08 13:00:53
Pemukiman di RT 9 RW 05, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur masih terendam banjir, Senin (8/11/2021) siang. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta, hingga Senin (8/11/2021) siang ini, masih terendam banjir. Salah satu pemukiman di RT 9 RW 05, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Ketinggian air hingga pukul 11.34 WIB masih berkisar 100 sentimeter.

Pantauan Liputan6.com, petugas PPSU dari Kelurahan Cawang bersama-sama warga setempat membersihkan saluran air yang tersumbat. Dengan peralatan seadanya seperti serokan dan kayu mereka mencari drainase yang mengalami penyumbatan.

Salah seorang warga bernama Fajar menyampaikan, banjir yang terjadi di RW 05, Kelurahan Cawang selain faktor cuaca juga diperparah dengan kiriman dari air dari Kali Ciliwung. Ia mengatakan, air kiriman tiba di RW 05 pada Senin dini hari sekira pukul 01.00 WIB.

Adapun, air meluber ke pemukiman warga yang tinggal empat RT yakni RT 09, RT 10, RT 11, dan RT 12.

"Di RW sini semua RT terendam RT 9 RT 10 RT 11 dan RT 12 Namun, air RT 10 RT 12 sudah surut," ujar dia, saat ditemui, Senin siang.

Fajar mengungkapkan ketinggian air kala itu beragam mulai dari 1 hingga 1.5 meter.

"Kalau di sini (RT 09) tinggi 1,5 meter," ujar dia.


Warga Masih Mengungsi

Kini, tersisa 2 RT yang masih dilanda banjir. Adapun, semua warga saat ini sedang mengungsi di Fly Over Kalibata. "Warga sudah pada ngungsi semua di sana," ujar Fajar.

Salah seorang ketua RT yang tak mau disebutkan namanya menyampaikan, hingga saat ini belum ada bantuan logistik yang diterima pengungsi di Fly Over Kalibata. Menurut dia, kemungkinan karena pengungsian baru didirikan hari ini.

"Belum ada bantuan, kan banjir juga baru. Nanti juga ada yang kirim," cetusnya yang tak mau ditanya lebih jauh.

Ivan Gunawan Takut Tol

Ivan Gunawan Ungkap Ketakutan Naik Mobil Lewat Tol

Liputan6.com 2021-11-08 15:20:12
Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/ivan_gunawan)

Kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, masih menyisakan duka mendalam bagi para sahabatnya di dunia hiburan Tanah Air. Termasuk juga Ivan Gunawan.

Kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, masih menyisakan duka mendalam bagi para sahabatnya di dunia hiburan Tanah Air. Termasuk juga Ivan Gunawan.

Dari kecelakaan itu, Ivan Gunawan mengungkap sebuah fakta bahwa sebenarnya ia adalah orang yang paling takut jika naik kendaraan melalui jalan tol. Hal itu disampaikan Ivan Gunawan saat mengenang Vanessa Angel dalam sebuah acara talk show yang dipandunya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lebih Pilih Naik Pesawat

Terlebih lagi, sudah banyak pengalaman serupa yang menewaskan public figure dalam kecelakaan. Salah satunya adalah ketika almarhum Taufik Savalas meninggal dunia dalam kecelakaan pada 2007 silam.

"Gue tuh orang yang paling takut masuk tol, atau perjalanan jauh di mobil semenjak almarhum Taufik Savalas (meninggal dunia dalam kecelakaan). Gue mendingan suruh jalan udara deh," kata Ivan Gunawan dilansir dari tayangan YouTube Trans TV Official beberapa waktu lalu.


Tak Bisa Tidur

Sejauh dan selama apapun perjalanan itu memakan waktu, Ivan Gunawan selalu berusaha untuk tetap terjaga. Terlebih lagi jika cuaca buruk selama perjalanan.

"Aku kalau di tol, apalagi kalau hujan, ngebut, tuh udah parno. Makanya aku kalau di jalan tuh mau berangkat lima jam, enam jam, tujuh jam, enggak pernah bisa tidur," aku Ivan Gunawan.


Dampingi Sopir

Oleh karenanya, kalaupun mengharuskan melalui perjalanan darat yang cukup panjang, Ivan Gunawan lebih memilih untuk duduk di depan mendampingi sopir untuk memantau selama perjalanan.

"Pasti harus fokus dan duduk di depan, pakai seat belt. Maksudnya harus benar-benar ngikutin orang yang di sebelah kita (sopir)," tutupnya.

Andika Perkasa Sah Jadi Panglima

Komisi I DPR Setujui Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Liputan6.com 2021-11-06 13:09:06
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersiap untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Andika Perkasa diajukan Presiden Joko Widodo

Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Hal tersebut disampaikan usai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI di Gedung DPR RI.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," tutur Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Andika Perkasa pun mengucapkan terima kasih atas persetujuan yang disampaikan Komisi I DPR RI.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya," kata Andika.


Visi Misi Andika Perkasa

uka Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi I DPR RI pagi hari ini, Sabtu (6/11/2021).

"Sesuai dengan perintah dari komisi I saya akan menjelaskan dan mungkin paling lama lima menit karena ya memang ini yang saya siapkan," kata Andika di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Andika Perkasa melanjutkan, bahwa visi yang akan dibawanya yakni TNI adalah Kita. Menurut dia, tagline tersebut sangat merepresentasi TNI di mata masyatakat Indonesia dan internasional.

"Mengapa saya memilih TNI adalah kita, karena saya ingin masyarakat Indonesia dan internasional melihat TNI sebagai kita atau bagian dari mereka," ungkap Andika.

Andika Perkasa mengaku tidak ingin ada ekspektasi berlebihan terhadap institusi TNI, bila kelak dirinya didaulat sebagai Panglima TNI.

"Saya tidak ingin, orang melihat kita terlalu tinggi karena kita dengan segala keterbatasan dengan kelebihan keankearagaman semuanya, ya inilah kita," kata Andika.

Andika mengaku ingin masyarakat melihat TNI apa adanya. Di mana memiliki kekurangan namun terus melakukan perbaikan.

"Saya ingin masyarakat kita sesuai dengan pelajaran yang saya jalani waktu itu public policy dan public administrasion, saya ingin masyarakat kita melihat TNI yang apa adanya dengan segala kekurangan dan perbaikan yang harus kami jalani," ungkap Andika.

Teror Joker Jilid 2

Teror Joker Jilid 2: Pria Tua di Jepang Bakar Kereta Shinkansen

Liputan6.com 2021-11-08 16:43:56
Gerbong terbakar di kereta Tokyo. Dok: Twitter @siz33

Seorang pria tua ditangkap di Jepang karena melakukan aksi pembakaran di kereta shinkansen. Ia mengaku terinspirasi dari serangan pria berkostum Joker di Tokyo pada malam Halloween 2021.

Dilaporkan Kyodo, Senin (8/11/2021), pelaku kali ini adalah pria lanjut usia bernama Kiyoshi Miyake (69). Aksi dilakukan pelaku di kereta dari Hiroshima menuju Stasiun Kagoshima-Chuo di kota Kagoshima.

Insiden terjadi sekitar 08.40 pagi. Miyake menyiram cairan pembakar, kemudian menyalakan api di secarik kertas, lalu melemparnya ke lantai.

Saat itu, ada 30 orang yang berada di gerbong tersebut. Alarm darurat kereta langsung menyela, dan shinkansen itu berhenti darurat.

Pelaku mengaku "ingin mengimitasi" serangan pisau dan pembakaran yang dilakukan Joker di Tokyo. Kebetulan kedua pelaku sama-sama berasal dari Fukuoka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kejahatan di Kereta

Serangan si Joker tua ini tidak menimbulkan luka. Berbeda dari serangan si Joker muda yang menikam seorang pria paruh baya.

Namun, akibat kejadian ini beberapa layanan shinkansen tersendat hingga 50 menit. Sebanyak 900 penumpang terdampak.

Jepang sedang menyorot naiknya kejahatan yang terjadi di kereta api. Sebelum ada serangan Joker di Tokyo, ada pula serangan penusukan pada Agustus 2021.

Kejadian terparah di shinkansen adalah di 2015. Ada penumpang yang membakar dirinya, sehingga ikut menewaskan wanita berusia 50 tahunan. Selain itu, 26 penumpang lainnya terluka.


Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

 

Jokowi Juga Dikarantina

Selesai Karantina 3 Hari, Jokowi: Apa Kabar Saudaraku Seluruh Indonesia?

Liputan6.com 2021-11-08 12:49:02
Presiden Jokowi saat berbicara dalam KTT Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim atau COP26 di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Foto Biro Pers Sekretariat Presid

Presiden Jokowi menyelesaikan masa karantina mandiri selama tiga hari, usai pulang dari kunjungan ke sejumlah negara pada Jumat, 5 November 2021. Jokowi lalu menyapa masyarakat Indonesia melalui akun media sosialnya.

"Hari ini, masa karantina tiga hari seusai perjalanan ke luar negeri saya berakhir. Apa kabar saudara-saudaraku di seluruh Tanah Air?" kata Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Senin (8/11/2021).

Adapun Jokowi menjalani karantina usai kunjungan kerja ke Italia, Britania Raya, Abu Dhabi, dan Dubai selama sekitar satu minggu. Setibanya di Indonesia, Jokowi langsung menjalani karantina di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 20 tahun 2021, masa karantina pelaku perjalanan internasional menjadi tiga hari. Dengan begitu, masa karantina Jokowi yang dimulai pada Jumat, 5 Oktober 2021 selesai pada Senin hari ini.


Vaksinasi Capai Lebih dari 200 Juta Dosis

Disisi lain, Jokowi menyampaikan capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia saat ini yang sudah mencapai lebih dari 200 juta suntikan. Menurut dia, jumlah ini telah mencapai sekitar 40 persen dari sasaran vaksinasi nasional untuk kategori lengkap dan 60 persen untuk dosis pertama.

Berkat capaian ini, Indonesia berhasil masuk ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan tertinggi. Capaian ini jug membuat Indonesia berkontribusi memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia.

"Capaian tersebut membawa Indonesia ke dalam lima negara dengan jumlah suntikan vaksinasi tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang, sekaligus berkontribusi dalam memvaksinasi hampir setengah penduduk dunia," jelas Jokowi.

Dia mengucapkan terima kasih atas peran semua pihak yang bersama-sama berupaya menghentikan laju pandemi Covid-19. Jokowi juga mengingatkan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

"Semoga senantiasa sehat dan bersemangat menjalankan protokol kesehatan," ucap Jokowi.

Siap Latih MU, Zidane?

Siap Latih Manchester United, Zidane?

Liputan6.com 2021-11-08 12:00:35
Pelatih Real Madird, Zinedine Zidane menyaksikan pemainnya bertanding melawan Manchester City pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Inggris (7/8/2020). City menang t

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer kembali berada di ujung tanduk. Kekalahan MU dari City membuatnya dikabarkan akan segera dipecat dan digantikan Zinedine Zidane.

Solskjaer semakin tertekan usai MU dikalahkan City 0-2 di Stadion Old Trafford pada lanjutan Liga Inggris akhir pekan kemarin. Kekalahan ini terjadi setelah posisi Solskjaer sempat sedikit aman.

Pria Norwegia itu sudah hampir dipecat pertengahan Oktober lalu setelah MU dibantai Liverpool 0-5 di Stadion Old Trafford juga pada arena Liga Inggris. Ole Gunnar Solskjaer kemudian aman setelah MU menang 0-3 d kandang Tottenham Hotspur.

Jika Manchester United memecat Solskjaer setelah disikat City, pilihan penggantinya semakin terbatas. Antonio Conte yang sempat difavoritkan menjadi penerus Solskjaer baru saja dicomot Tottenham Hotspur.

Praktis kini tinggal Zinedine Zidane yang paling dijagokan. Pasalnya Zidane merupakan salah satu nama beken yang sedang menganggur usai meninggalkan Real Madrid akhir musim kemarin.


Timnas Prancis

Bintang MU Cristiano Ronaldo juga kabarnya lebih suka Zidane yang menggantikan Solskjaer ketimbang Conte. Lantas apakah Zidane bersedia menukangi MU menggantikan Solskjaer?

Menurut laporan media Spanyol AS, Zidane hampir pasti akan menolak pinangan dari MU. Pria 49 tahun itu tak tergiur memoles MU. Saat ini Zidane memilih menunggu tawaran menjadi pelatih timnas Prancis.


Tak Mau Tim Transisi

Zidane sedang menunggu tawaran menggantikan Didier Deschamps di timnas Prancis. Jikapun akhirnya tak jadi melatih Prancis dan harus menukangi kluub, Zidane hanya mau menangani klub yang punya potensi besar langsung juara.

Eks pemain Juventus itu ogah menangani tim yang sedang dalam masa transisi seperti MU saat ini.

Pengganti Andika Perkasa?

HEADLINE: Calon KSAD Pengganti Jenderal Andika Perkasa, Siapa Paling Berpeluang?

Liputan6.com 2021-11-09 00:03:33
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) memberi keterangan pers di Mabes TNI AD, Jakarta, Rabu (9/10/2019). (Liputan6.com/Pool/Dispen TNI AD)

DPR RI telah resmi menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang masuk masa pensiun. Ini artinya kursi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) segera kosong.

Bukan perihal sulit memilih, pasalnya ini semua berada di tangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang diusulkan Panglima. Artinya, ada kemungkinan Jenderal TNI Andika akan mengusulkannya.

Hal ini jelas sebagaimana termuat dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI Pasal 14 ayat (2) yaitu yang berbunyi; 'Kepala Staf Angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima'.

Dengan hal ini, secara tidak langsung kursi KSAD akan diperebutkan oleh para jenderal bintang tiga TNI AD yang tersebar baik di kesatuan TNI AD, Mabes TNI, serta kementerian dan lembaga negara.

Sejumlah nama mulai menghiasi, misalnya saja ada Wakil KSAD Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, yang bisa saja mengikuti sejumlah seniornya yang penah meraih kursi KSAD yaitu salah satunya Moeldoko.

Selain itu masih di kesatuan AD ada nama Irjenad Letjen Benny Susianto, Korsahli KSAD Letjen Wisnoe Prasetja Boedi, Komandan Puspomad Letjen Chandra Warsenanto Sukotjo, Komandan Pusterad Letjen Teguh Arief Indratmoko, Dankodiklat AD Letjen Anto Mukti Putranto, Komandan Pussenif AD Letjen Arif Rahman, Kepala RSPAD Letjen dr Albertus Budi Sulistya, serta ada Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman.

Di lingkungan Mabes TNI juga perluang, misalnya saja Dankodiklat TNI Letjen Madsuni, kemudian ada Pangkogabwilhan III Letjen Jeffry Apoly Rahawarin, Kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto, Asops Panglima TNI Letjen Tiopan Aritonang, serta Kasum TNI Letjen Eko Margiyono.

Sementara di lembaga atau kementerian ada Wamenhan Letjen Muhammad Herindra, Irjen Kemenhan Letjen Ida Bagus Purwalaksana, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Ganip Warsito, serta Sesmenko Polhukam Letjen TNI Tri Soewandono.

Meski demikian, dari sejumlah nama ini, Andika memilih untuk tak secara gamblang siapa yang nanti akan diusulkannya ke Presiden Jokowi.

"Nama yang milih nanti Presiden. Saya janji nanti setelah resmi, sekarang kan belum. Jangan sampai saya mendahului," kata Andika di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Penasehat senior Kantor Staf Presiden (KSP) Andi Widjajanto mengatakan, berdasarkan catatan yang dimilikinya dari tahun 2020 sampai 2021, sudah ada 12 KSAD.

Jika dirinci ada enam merupakan mantan Pangkostrad, lalu tiga mantan Wakasad, satu mantan Ka BAIS, satu mantan Sekjen Kemhan, dan satu mantan Sesmenko Polhukam.

"Di masa Presiden Jokowi ada tiga KSAD seluruhnya pernah menjabat Pangkostrad," kata Andi kepada Liputan6.com, Senin (8/11/2021).

Dia pun melihat ada dua perwira tinggi berperluang menggantikan Jenderal Andika Perkasa di posisi KSAD. Dua pati yang dimaksud yaitu menjabat Pangkostrad dan Kasum TNI. "Yaitu Dudung dan Eko M," ungkap Andi.

Dia pun mengingatkan, siapapun KSAD yang terpilih, jelas yang utamanya harus melakukan tugasnya dalam pembinaan kekuataan darat.

"Tantangan terkait dengan peningkatan kesejahteraan dan profesional prajurit, perawatan dan modernisasi alutsista, revitalisasi doktrin dan organisasi TNI AD," jelas Andi.

Senada, Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, Di tubuh TNI AD memang banyak jenderal bintang tiga yang mumpuni, baik yang bertugas di lingkungan TNI AD maupun di luar. Tapi sebagian besar sudah cukup senior dan menjelang pensiun.

"Karena itu yang paling berpeluang sebagai kandidat pengganti Jenderal Andika di jabatan Kasad saya kira adalah Pangkostrad Dudung Abdurrachman dan Kasum TNI Eko Margiyono. Di atas kertas, nama Letjen Dudung memang diunggulkan dan dinilai sebagai jago istana. Tapi saya kira Letjen Eko Margiyono juga bukan tidak mungkin karena masa aktifnya lebih panjang hingga tahun 2025 dan dari segi kapabilitas sangat layak," jelas Khairul kepada Liputan6.com, Senin (8/11/2021).

Menurut dia, keduanya juga memiliki kekayaan pengalaman tugas dan jabatan. Pernah memimpin pasukan, memimpin satuan teritorial, bertugas di lembaga pendidikan bahkan di lingkungan intelijen.

Khairul mengingatkan, pergantian KASAD ini juga harus mempertimbangkan proyeksi regenerasi kepemimpinan TNI. Karena siapapun yang menjabat nanti, mestinya akan berpeluang juga menjadi Panglima TNI setelah Jenderal Andika.

"Nah, Letjen Dudung kurang diuntungkan dari segi usia. Masa aktifnya akan berakhir pada November 2023, sama seperti Laksamana Yudo Margono, artinya, akan kecil kemungkinan untuk menguat di bursa Panglima," jelas dia.

Karena itu, selain dari jajaran bintang tiga, dia melihat tidak tertutup juga peluang mempromosikan seorang perwira bintang dua dari generasi 90-an dalam waktu dekat untuk kemudian disiapkan sebagai KSAD.

"Saya kira ada sejumlah perwira bintang dua dari generasi 90-an yang layak diorbitkan ke bintang tiga, bahkan kemudian bintang empat dalam waktu dekat," kata Khairul.

Infografis Deretan Bintang Tiga Calon KSAD Pengganti Andika Perkasa. (Liputan6.com/Trieyasni)

Tetap Solid, Banyak Tugas

Khairul mengingatkan, sebagai pembina kemampuan dan kesiapsiagaan matra darat, KSAD nantinya tentu harus memastikan aspek-aspeknya terjaga dengan baik.

Selain itu, harus mulai dengan peningkatan kemampuan para personel yang berbasis teknologi, mengingat tantangan digital yang hadir ke depannya.

"Terutama yang menyangkut integritas dan kapabilitas/kompetensi prajurit, kesadaran dan kepatuhan pada hukum terutama bagi para personel yang bertugas di wilayah konflik, serta memberikan dukungan kuat bagi upaya pemeliharaan dan peningkatan kemampuan terutama yang berbasis berbasis teknologi. Itu tantangannya," jelas dia.

Khairul juga melihat, pemilihan KSAD ini tak akan menimbulkan resistensi di tubuh TNI AD siapapun nanti yang terpilih atau ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

"Saya kira tidak akan ada resistensi siapapun yang menjadi KSAD. Organisasi TNI sudah matang dan cepat beradaptasi terhadap perubahan kepemimpinan," kata dia.


Beda Pilihan, Beda Pendekatan

Pengamat Militer Universitas Kristen Indonesia (UKI), Sidratahta Mukhtar memandang memang seperti banyak pihak bahwa calon KSAD adalah Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman dan Kasum TNI Letjen Eko Margiyono.

Meski demikian, dia melihat keduanya ada perbedaan pendekatan. "Pak Dudung, dia menegaskan posisi militer yang agresif meskipun dalam kondisi militer tertentu, hal tersebut diperlukan," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (8/11/2021).

Jika yang dipilih Eko, bisa dianggap meredam situasi dari berbagai kalangan. "Misalnya komunitas seperti kelompok garis keras, radikal, itu relatif bisa diatasi dengan record Pak Eko yang tidak terlalu muncul sebelumnya, sehingga ketika muncul Pak Eko bisa lebih merangkul," jelas Sidratahta.

Dia menyadari, siapapun nanti yang dipilih adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Walaupun, banyak pihak yang melihat Dudung lebih diunggulkan dari sisi kepentingan pertahanan secara umum.

"Pertimbangan kepada Pak Eko itu lebih mudah kalau ingin mengubah pendekatan menjadi yang lebih humanis, utamanya mereka yang secara psikologis merasa ditekan. Misal terhadap FPI, karena bagaimana pun meski kelompok FPI secara formal sudah mati, tapi anatomi pergerakan tetap ada, Pak Eko bisa diharapkan untuk hal tersebut, cuma Pak Dudung (sulit) karena cenderung keras," ungkap Sidratahta.

Namun, dia melihat sosok Eko yang kurang dikenal. Sedangkan Dudung sudah banyak yang mengenalnya, terlebih saat menjadi Pangdam Jaya, meskipun banyak kontroversialnya.

Dia menyebut, siapapun nanti terpilih, tidak ada resistensi atau gejolak di TNI khususnya di AD sendiri. Terlebih Panglima TNI berasal dari matra yang sama.

"Dalam tradisi matra darat sangat ahli pengendalian konflik dan politik itu tidak kelihatan, mungkin baru kelihatan pas pergantian KSAD. Tapi kalau Panglimanya dari KSAD, saya tidak melihat potensi itu terjadi, karena faktor Panglima yang menentukan, kecuali Panglimanya bukan dari KSAD," tutur Sidratahta.

Dia pun mengingatkan, KSAD yang baru juga ada pekerjaan rumah, salah satunya bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan rakyat.

"Kalau Dudung yang terpilih harus mengubah cara beliau dalam merangkul kekuatan itu, mungkin ke kekuatan nasionalis dan Islam. Jika Pak Dudung tidak merubah cara kepemimpinannya, maka akan ada pergeseran dari apa yang sudah dilakukan Andika semasa menjadi KSAD, terutama cara Dudung saat menjadi Pangdam," kata Sidratahta.


Percaya Sepenuhnya

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, KSAD memang sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. Dan semua pihak dirasa tak ada masalah nantinya dengan pilihan Presiden.

"Biasa dalam sebuah tubuh organisasi besar seperti TNI AD selalu ada dinamika, tapi siapapun yang ditunjuk oleh Presiden, semuanya akan kembali pada loyalitas yang satu," kata dia, Senin (8/11/2021).

Menurut dia, KSAD baru tentu harus bisa meningkatkan disiplin para prajuritnya.

"Meningkatkan kedisiplinan AD untuk tetap mematuhi sumpah prajurit dan sapta marga, meningkatkan kedisiplinan, sehingga saya kira profesionalisme angkatan bersenjata kita AD tetap terjaga," jelas Muzani.

Sementara itu, politikus PKS Abdul Kharis Almasyhari menyebut kesejahteraan prajurit AD harus menjadi prioritas utama KSAD baru.

"Tantangannya adalah membawa TNI AD lebih baik lagi daripada Pak Andika. Soal kesejahteraan prajurit masih perlu ditingkatkan," kata Kharis.

Secara pribadi, Abdul Kharis tidak enggan memberikan komentar nama yang pantas menjasi KSAD menggantikan Andika yang kini menjabat Panglima TNI. Namun menurutnya nama yang berpeluang menduduki jabatan itu adalah yang saat ini telah berbintang tiga. "Saya gak ada perefrensi," kata dia.

Menurut Kharis mereka yang menjadi KSAD mesti seorang jenderal yang paham betul soal AD. Ditunjang dengan prestasi karier yang moncer.

"Jujur saya belum begitu kenal, Pak Dudung belum pernah ketemu. Pak Eko yang udah pernah ketemu, Eko orangnya baik," kata dia.

Infografis Menanti Calon KSAD Pengganti Jenderal Andika Perkasa. (Liputan6.com/Trieyasni)

Terlalu Cantik, Disangka Robot

Curhat Model Dianggap Terlalu Cantik, Sering Dihujat dan Disangka Robot

Liputan6.com 2021-11-08 07:02:09
Model Slovakia Dianggap Terlalu Cantik, Sering Dihujat dan Disangkan Robot. (dok.Instagram @veronikarajek/https://www.instagram.com/p/CAVSCHogJli/Henry)

Model asal Slovakia, Veronika Rajek, belum lama ini menjadi sorotan publik karena dinilai terlalu cantik. Ia bahkan dikira robot manusia karena kecantikannya dianggap tidak nyata.

"Mereka mengira aku robot AI (Artificial Intelligence) hingga catfishing (penipuan profil online). Orang lain benar-benar tidak percaya diriku ada," kata Veronika seperti dikutip dari New York Post, 5 November 2021.

Menurut Veronika, punya penampilan rupawan tidaklah mudah. Ia mengaku sering mendapat berbagai hujatan dari warganet di media sosial. Dia bahkan dituduh melakukan filler, botox, implan payudara, dan mengedit fotonya secara berlebihan agar terlihat menakjubkan.

Untuk membuktikan keaslian payudaranya, Veronika dilaporkan pernah pergi ke dokter di Dubai untuk membuktikan bahwa payudaranya adalah asli dan bukan hasil operasi plastik.

"Orang-orang mempertanyakan tentang keaslian payudaraku, jadi aku pergi ke dokter untuk membuktikan bahwa itu nyata. Dokter juga benar-benar terkejut karena dia awalnya mengira aku telah menjalani operasi plastik, namun dia mengatakan aku memiliki payudara alami yang indah," terangnya.

Veronika juga mengatakan bahwa dia rajin berolahraga semasa remaja, sehingga otot-ototnya terbentuk dan membuat bentuk payudaranya jadi lebih indah. Meski sudah berusaha membuktikan, wanita berusia 25 tahun ini tetap saja dihujat di media sosial.

Parahnya lagi, hujatan itu datang dari sesama wanita. "Aku mendapatkan lebih banyak pelecehan dari wanita karena mereka cemburu dan mereka pikir aku akan merebut kekasih mereka. Hanya wanita yang bisa sangat menyakiti wanita lain," tuturnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tetap Merasa Senang

Rajek adalah model sekaligus influencer di Slovakia. Saat ini, ia diketahui tinggal di Wina, Austria. Di Instagram, model yang memiliki lebih dari 1 juta pengikut itu kerap mengunggah foto-foto berbalut bikini. Selain itu, ia juga sering membagikan tentang kegiatannya sehari-hari.

Pada 2016, Veronika dilaporkan sempat mengikuti kontes kecantikan Miss Slovakia 2016. Namun, dalam kontes itu ia tak berhasil menjadi pemenang.

Terlepas dari berbagai komentar buruk dan hujatan pada dirinya, Veronika mengaku tidak ingin bertukar tempat dengan orang lain."Aku tidak punya banyak teman tapi aku merasa senang," ucapnya.

Veronika juga menegaskan bahwa semua orang bisa merasa cantik terlepas dari penampilan mereka. "Kalau kau merasa cantik apa adanya, maka kau cantik. Jika kau merawat dirimu, kau juga bisa tampil cantik," tutupnya.


Standar Kecantikan

Di akhir tahun lalu, Yael Shelbia didapuk menjadi wanita tercantik dunia 2020 versi TC Chandler. Model berdarah Israel tersebut menduduki posisi pertama, mengalahkan Lisa BLACKPINK yang menduduki posisi kedua dalam daftar 100 wanita tercantik dunia tersebut.

Namun hal itu justru menuai pro dan kontra di media sosial. Tak sedikit warganet berkomentar kalau TC Chandler punya selera yang buruk tentang wanita. Selain itu, ada juga yang mengatakan kalau daftar itu tidak tepat dan justru beralih mengomentari fisik Yael.

Menanggapi hujatan-hujatan tersebut, Yael Shelbia mengaku bahwa ia harus tahan banting. Menurutnya, itu merupakan konsekuensi karena ia merupakan seorang figur publik. "Saya menerima banyak dukungan dan cinta, ada juga yang memberikan pesan-pesan negatif. Mereka mengatakan hal-hal yang biasa diucapkan haters, tidak ada yang perlu dipedulikan," ucap Yael

Shelbia, seperti dilansir dari NDTV, 23 Januari 2021.Yael juga sadar kalau standar kecantikan setiap orang juga berbeda-beda. Karena itulah, ia tak ambil pusing dengan pendapat orang-orang mengenai penampilannya.


Penghasilan Tertinggi Model Dunia

 

Impian Pecinta Kucing

Mon Chat Pitre, Toko Buku yang Diimpikan oleh Para Pecinta Kucing

Liputan6.com 2021-11-08 18:35:56
Ilustrasi Kucing Credit: pexels.com/Helena

Mon Chat Pitre adalah toko buku yang dirancang dengan unik, karena ditemani oleh seekor kucing. Toko ini dibuka pada bulan Juni 2021.

Telah menjadi daya tarik di kawasan Aix en Provence, terutama kalangan pecinta kucing. Pilihan buku yang bagus, serta kesempatan untuk memanjakan kucing dan memohon perhatian pengunjung menjadi daya tarik masyarakat.

Dilansir Odditycentral, Senin (8/11/21) Mon Chat Pitre didirikan oleh beberapa jurnalis televisi, Solene Cavanne dan Jean Philippe Doux. Meski baru buka kurang dari lima bulan, toko ini berhasil menjadi tujuan favorit para pecinta kucing.

Bahkan, terkadang seseorang mengunjungi toko tersebut dengan dalih mencari buku. Padahal yang mereka inginkan hanya berinteraksi dengan kucing yang menyukai perhatian.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Adopsi Kucing

Para pendiri telah mengadopsi enam kucing untuk tinggal di Mon Chat Pitre. Namun, pemilik mengatakan bahwa kucing yang mereka adopsi adalah kucing terlantar, dan jika ada pengunjung yang ingin mengadopsinya dipersilahkan.

Dihibur oleh kucing yang mencari perhatian kepada para pengunjung, pemilik tak lupa menyediakan tempat peristirahatan sendiri untuk para kucing. Mereka dapat beristirahat di belakang toko, dimana pengunjung tidak diperbolehkan untuk memasuki.

Penulis: Alicia Salsabila


Infografis Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Kamu Sudah Siap?