Volume 132

Artis Keturunan Pahlawan

10 Selebriti Indonesia Keturunan Pahlawan: dari Celine Evangelista hingga Dian Sastrowardoyo

Liputan6.com 2021-11-09 12:15:00
Celine Evangelista, Prof Mr Sunario Sastrowardoyo, Dian Sastrowardoyo (Foto: Instagram/@celine_evangelista/therealdisastr)

Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sesuai dengan Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959, Hari Pahlawan diperingati untuk menghormati pertempuran yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945 melawan sekutu.

Peran para pahlawan di masa lampau berdampak besar hingga Indonesia bisa bebas dari penjajah. Sejumlah seleb ternyata keturunan Pahlawan Nasional. Nama-nama artis muda hingga senior ini masih memiliki hubungan darah dengan para pahlawan.

Meneruskan perjuangan dengan berkarya di dunia seni, berikut 10 selebritas yang masih keturunan Pahlawan, dirangkum Showbiz Liputan6.com, Selasa (09/11/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Celine Evangelista

Mantan istri Stefan William ini cicit dari Haji Fadeli Luran. Fadeli disebut sosok yang mempersatukan umat Muslim di Sulawesi Selatan. Ia juga dikenal sebagai anggota militer, pejuang dan pernah menjadi Komandan Batalyon di Sulawesi.

Nama Haji Fadeli Luran juga dijadikan nama jalan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan. Celine pernah mengunggah foto saat ziarah ke makam Haji Fadeli Luran pada 12 April 2019 silam.


2. Maia Estianty

Raden Hadjie Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto kerap dijadikan nama jalan di sejumlah kota di Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu pemimpin Sarekat Islam, organisasi pertama di Indonesia. HOS Cokroaminoto juga dikenal sebagai salah satu guru sekaligus mantan mertua Ir Soekarno, presiden RI pertama.

Maia Estianty merupakan cicit dari HOS Cokroaminoto. Garis keturunan ini didapat dari ayah Maia, Harjono Sigit, yang merupakan cucu dari Pahlawan Nasional itu. Beberapa tahun lalu, Maia pernah mengunggah foto sang nenek, Oetari Tjokroaminoto yang merupakan istri pertama Presiden Ir. Soekarno.


3. Asri Welas

Aktris dan komedian Asri Welas dalam sebuah kesempatan menyebut dirinya masih keturunan Pangeran Diponegoro. Ia merupakan generasi ketujuh dari pahlawan bernama lengkap Pangeran Harya Dipanegara.

Pahlawan Nasiona ini dikenang atas jasanya memimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung 1825-1830 melawan Hindia Belanda.


4. Ashanty

Ashanty juga memiliki hubungan dengan sosok yang dianggap pahlawan di daerahnya. Prof DR KH Abdullah Siddik SH. Ia merupakan tokoh yang dihormati masyarakat Bengkulu dan sempat diusulkan menjadi Pahlawan Nasional oleh warga Bengkulu Utara pada Maret 2021 lalu.

Datuk Abdullah Siddik lahir di Muara Aman, Bengkulu pada 13 Juni 1913 dan aktif di organisasi Jong Islamieten Bond bersama Agus Salim.

Kakek Ashanty ini pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan. Ia juga disebut merangkap sebagai Mahkamah Tentara Republik Indonesia dengan pangkat Kolonel.


5. Karina Salim

Aktris dan penyanyi Karina Salim merupakan cicit dari H Agus Salim. Ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri ketika Ir. Soekarno menjabat sebagai presiden. Agus Salim ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres No. 657 tahun 1961.


6. Dewi Yull

Penyanyi senior Dewi Yull adalah cicit dari RM Tirto Adhisoerjo, yang dikenal sebagai tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. Tirto pernah mendirikan Media Prijaji, surat kabar nasional pertama di Indonesia dengan seluruh pekerjanya merupakan orang pribumi asli.

Pada 1973, pemerintah menobatkannya sebagai Bapak Pers Nasional. Kemudian pada tanggal 3 November 2006, Tirto mendapat gelar Pahlawan Nasional melalui Keppres RI no 85/TK/2006.


7. Nia Dinata

Sineas Nia Dinata merupakan cucu dari Otto Iskandardinata. Pahlawan Nasional ini dijuluki si Jalak Harupat. Otto dikenal aktif dalam organisasi. Ia pernah menjabat di Budi Utomo, Paguyuban Pasundan, Volksraad (Dewan Rakyat), menjadi pemimpin surat kabar Tjahaja hingga menjadi anggota BPUPKI dan PPKI.

Otto Iskandardinata diangkat menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.


8. Setiawan Djody

Seniman K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat atau beken dengan nama Setiawan Djodi, merupakan cucu dari dr. Wahidin Soedirohoesodo. Pahlawan Nasional ini dikenal sebagai salah satu penggagas berdirinya organisasi Budi Utomo.


9. Jeje Soekarno

Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra atau Jeje Soekarno adalah aktor dan selebgram. Ia putra dari artis Donna Harun dan adik tiri Ricky Harun. Sesuai nama belakangnya, Jeje merupakan cicit dari presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno. Soekarno dikenal sebagai proklamator kemerdekaan RI.


10. Dian Sastrowardoyo

Bintang Ada Apa dengan Cinta? ini merupakan cucu keponakan Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Sunario dikenal sebagai penasihat panitia Kongres Pemuda II tahun 1928. Dengan kata lain, sang kakek termasuk tokoh penting dalam Sumpah Pemuda. Pada tahun 2016, ia sempat mengunggah foto kolase dirinya dan Sunario.

"Beliau adalah tokoh kunci Manifesto Politik1923 Perhimpunan Indonesia dan Sumpah Pemuda 1928. Beliau juga seorang kakak dari eyang kakung saya: dr. Soemarsono Sastrowardoyo," tulis wanita kelahiran 16 Maret 1982.

Strategi Panglima untuk Papua

Strategi Calon Panglima TNI Andika Perkasa Selesaikan Konflik di Papua

Liputan6.com 2021-11-09 02:15:53
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersiap untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Andika Perkasa diajukan Presiden Joko Widodo

Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan menggunakan diplomasi militer dan pendekatan humanis untuk menyelesaikan masalah di Papua. Hal ini terungkap saat Andika Perkasa menjalani fit and proper test di Komisi I DPR.

"Apa yang akan dilakukan untuk memberikan perubahan persepsi terhadap Indonesia dari masalah-masalah yang selama ini menyangkut Papua, seolah-olah Indonesia ada pada posisi salah. Rupanya bukan kekuatan militeristik yang akan diturunkan namun ingin mengedepankan diplomasi militer," kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Abdul K Almasyhari, Senin (8/11/2021).

Saat fit and proper test Andika Perkasa mengaku bahwa tidak pernah menganggap seluruh warga negara Indonesia sebagai musuh. Almasyhari menceritakan, Andika berkomitmennya untuk melakukan pendekatan humanis di setiap potensi kerusuhan.

"Jenderal Andika menjawab, ya, saya harus adil terhadap semua. Hal itu yang saya catat secara baik," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Sementara anggota Komisi I DPR, Dave A Fikarno, mengatakan, Andika Perkasa dalam pemaparan visi-misinya sebagai calon panglima TNI banyak memaparkan strategi menyelesaian persoalan di Papua.

Bahkan menurut dia, setengah lebih dari waktu pemaparan visi misi dan tanya jawab digunakan untuk memaparkan strategi penyelesaian persoalan di Papua.

"Isu Papua seperti yang kita ketahui harus siap-siap karena akan berlanjut. Persoalan di Papua tidak bisa diserahkan pada satu sektor atau sisi saja, penggunaan militer memang penting dan perlu," katanya.

Hal itu menurut dia karena masih ada ancaman dan serangan secara militer yang terus terjadi, berarti masih ada yang memasok senjata, peluru, dan dana bagi kelompok teroris di Papua.


Penambahan Personel TNI

Menurut dia, salah satu kebijakan Jenderal Andika kedepan adalah menurunkan prajurit pada pengisian pos-pos militer seperti Kodam, Koramil, dan Kodim, serta akan disiapkan Satuan Tugas.

"Itu baru TNI AD, belum dari pangkalan-pangkalan laut dan udara karena masih banyak kekosongan. Jadi penambahan prajurit di sana bukan berarti otomatis hanya penebalan pasukan untuk memerangi rakyat namun kebutuhan itu masih banyak yang kosong," ujarnya.

Sri Mulyani Mengajar Anak SD

Di Depan Murid SD, Sri Mulyani Beberkan Upaya Pemerintah Selamatkan Warga dari Covid-19

Liputan6.com 2021-11-09 11:40:43
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dalam Kemenkeu Mengajar ke-6 terkait pentingnya peranan keuangan negara menjadi alat yang diandalkan dalam menangani pandemi covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dalam Kemenkeu Mengajar ke-6 terkait pentingnya peranan keuangan negara menjadi alat yang diandalkan dalam menangani pandemi covid-19.

"Pemerintah menggunakan instrumen atau alat yang penting yaitu keuangan negara. Keuangan negara menjadi suatu alat yang diandalkan. Keuangan negara artinya negara memiliki instrumen keuangan untuk membantu rakyat dan ekonominya yang sedang terkena musibah luar biasa," kata Sri Mulyani dalam Kemenkeu Mengajar ke-6 yang disaksikan oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA, Selasa (9/11/2021).

Menkeu menjelaskan, dalam menghadapi pandemi covid-19, Pemerintah tidak berpangku tangan melainkan menggunakan instrumen keuangan negara untuk mengurangi dampak luar biasa dari pandemi tersebut.

Menurutnya, pandemi covid-19 ini memberikan suatu pilihan yang tidak mungkin, apakah Pemerintah harus menyelamatkan masyarakat supaya mereka tidak terkena virus covid-19.

Namun kalau Pemerintah ingin menyelamatkan nyawa masyarakat, Pemerintah harus membatasi masyarakat untuk tidak berinteraksi secara fisik. Mereka harus di rumah dan tidak bisa bertemu dengan yang lainnya, jika bertemu pun harus menerapkan prokes ketat, seperti jaga jarak harus pakai masker, dan harus divaksin.

Tapi, jika masyarakat tidak berinteraksi, ekonominya akan berhenti. Kalau berhenti itu akan menyusahkan masyarakat juga, karena dampaknya banyak masyarakat kehilangan pekerjaan, dan pendapatan.

"Jadi kalau kita ingin menyelamatkan rakyat dengan tidak membolehkan mereka keluar rumah karena takut menimbulkan dampak covid-19, covid-19 makin menularkan berbagai lapisan masyarakat Rumah Sakit penuh. Namun itu artinya perekonomiannya berhenti mandet," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selamatkan Rakyat

Tentu ini adalah dua pilihan yang tidak mungkin pemerintah pilih, apakah menyelamatkan rakyat dari ancaman covid-19 atau menyelamatkan perekonomian. Karena kedua-duanya adalah penting dan saling mempengaruhi.

"Jadi bagaimana pemerintah harus menyelamatkan rakyat dari ancaman Covid-19 dan menyelamatkan ekonomi dari kemerosotan. Disinilah peranan keuangan negara menjadi penting APBN," tegasnya.

Pemerintah melakukan menggunakan keuangan negara untuk membantu masyarakat, dengan cara menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 seperti bantuan uang tunai maupun dalam bentuk sembako.

"Kita juga memberikan bantuan mulai dari mulai masyarakat semuanya dulu konsentrasinya di Jakarta dan bodetabek karena covid-19 yang terkenal lebih banyak awalnya di Jakarta dan sekarang ke seluruh Indonesia jadi bantuan kepada masyarakat diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Disamping itu banyak bantuan yang dilakukan Pemerintah, diantaranya BLT desa, Subsidi kuota Internet untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, subsidi listrik, kartu prakerja, hingga insentif untuk tenaga kesehatan.

Ucapan Terakhir Vanessa untuk Mertua

Ucapan Terakhir Vanessa Angel kepada Mertua: Sebentar Lagi Kita Bakal Terkenal

Liputan6.com 2021-11-09 07:00:00
Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Foto: Instagram/@vanessaangelofficial)

Empat hari sudah Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Andriansyah pergi untuk selama-lamanya akibat kecelakaan tunggal di tol Nganjuk, Surabaya, Jawa Timur, 4 November 2021 lalu. Namun, kesedihan masih dirasakan keluarga.

Apalagi, kenangan demi kenangan indah bersama pemilik nama asli Vanesza Adzania, masih diingat jelas oleh ibunda Bibi Andriansyah, Dewi Zuhriati.

Bagaimana Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah menunjukkan keceriaannya dihadapan sang mertua.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Ada Feeling

Ibunda Bibi Andriansyah, Dewi Zuhriati, mengaku tak memiliki firasat anak dan menantunya akan meninggal secepat itu.

"Saya enggak ada feeling sama sekali. Soalnya ia sering juga video call, terakhir ke sini saya kira-kira tanggal 24 Oktober. Waktu itu kami akrab banget sama si Gala, dan Vanessa nya kasih unjuk dia jual berlian. Bangga banget dia sama kami," ungkap sang ibunda, dilansir kanal YouTube Cumicumi, Senin (8/11/2021).


Diingatkan

Sambil bercanda, Vanessa menyebut dirinya adalah artis terkenal. Namun, ia diingatkan oleh Faisal, ayah mertuanya agar tak sombong.

"'Aku jual berlian sekarang pa'. 'Hebat dong sekarang anak mama'. 'Iya dong, kan aku arti terkenal'. Terus papanya bilang jangan sombong nak," kenangnya.

"Saya mah aminin aja, kan pastinya dia banggain diri sama orang tua. Enggak mikir apa-apa," sambungnya.


Terkenal

Dan sang ibu mertua, baru teringat bahwa Vanessa sempat mengucap bahwa dirinya dan sang suami bakal terkenal.

"Sebentar lagi kita bakal terkenal sama mas. Saya baru keinget omongan itu di hari kejadian itu. Ya Allah, itulah arti omongan anakku yang hari Minggu terakhir. Itu yang selalu terbayang-bayang sama saya," tambahnya dengan air mata berlinang.


Kirim Makanan

Tak hanya humoris, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah juga kerap mengirimkan makanan kepada orangtuanya.

"Si Bibi nya candain gini 'Mama mau makanan orang kaya enggak, Bibi anterin ke situ ya ma'. Terus dianterin. Anak itu baik banget," paparnya.


Tak Sempat Pamit

Diakui Dewi, saat berangkat ke Surabaya Vanessa Angel dan Bibi tak pamit. Namun, saat berada di Bali, Bibi melakukan video call dan menjelaskan bahwa dirinya dan Vanessa akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

"Dia sih pamitnya enggak saat itu mungkin karena berangkat subuh kali ya. Cuman beberapa hari sebelum itu, waktu di Bali dia ngomong 'Saya nanti habis dari Bali ini mau ke Surabaya ma'. Ya udah saya bilang hati-hati. Dia kan sudah sering bolak-balik Bali pakai mobil. Surabaya, Malang enggak ada kejadian apa-apa," bebernya.

Ronaldo Pimpin "Pemberontakan"

Cristiano Ronaldo Pimpin Pemberontakan Pemain MU Melawan Solskjaer

Liputan6.com 2021-11-09 10:00:32
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mendekati Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan Grup F Liga Champions melawan Atalanta di Gewiss Stadium, Bergamo, Italia, Rabu (3/10/2021)

Ruang ganti Manchester United tengah bergolak. Menurut The Express, Cristiano Ronaldo dikabarkan memimpin pemberontakan pemain melawan manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Ronaldo adalah salah satu dari peningkatan jumlah pemain senior MU yang frustasi dengan Solskjaer. Manajer asal Norwegia itu mendapat sorotan karena banyak keputusan kontroversialnya yang melibatkan pemilihan tim dan taktik.

Superstar asal Portugal itu kembali bergabung dengan Man Utd dari Juventus musim panas 2021. Dia berharap dapat menginspirasi raksasa yang sedang tidur untuk merebut kembali kejayaan mereka.

Sayangnya, Setan Merah gagal membangun kemajuan selama dua musim terakhir di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Terlepas dari penambahan Ronaldo ke tim, juru taktik berusia 48 tahun itu tidak terlihat lebih dekat untuk membimbing timnya meraih trofi.

Tak hanya itu, Cristiano Ronaldo juga terkejut menemukan penurunan standar di Manchester United sejak kepergiannya pada 2009 silam.

Pemenang Ballon d'Or lima kali itu sebelumnya mendukung Solskjaer. Tetapi, Ronaldo yakin sekarang waktunya sudah tepat untuk perubahan di Old Trafford.


Terancam dipecat

Kekalahan MU 0-2 dari Manchester City di Liga Inggris pada akhir pekan lalu semakin mengancam posisi Ole Gunnar Solskjaer. Apalagi, dia memiliki periode yang kacau-balau, hanya memenangkan 54% dari laga sejak bergabung dengan Setan Merah pada Desember 2018.

Musim panas ini, MU merekrut bintang Real Madrid Raphael Varane dan membawa pulang Cristiano Ronaldo dari Juventus. Namun, penampilan Setan Merah di lapangan buruk.

Meski memulai musim dengan baik, MU kemudian kalah dari Young Boys, West Ham United, dan Aston Villa. Kekalahan dari Leicester City dan Liverpool semakin menambah masalah bagi Solskjaer.

Kemenangan atas Tottenham Hotspur mungkin telah memperbaiki keadaan. Tapi, kekalahan dari Manchester City di Old Trafford dikabarkan menjadi pukulan terakhir bagi Solskjaer.


Brendan Rodgers

Manchester United kini telah dikaitkan dengan Brendan Rodgers. Para petinggi Setan Merah dikabarkan sudah mencapai kesepakatan lisan dengan manajer Leicester City tersebut.

Menurut Caught Offside (via Express Sport), Rodgers akan mengambil alih kendali di MU. Juru taktik berusia 48 tahun itu akan menggantikan Solskjaer menyusul serangkaian penampilan di bawah standar Setan Merah.

Gelombang Ketiga Covid-19, Seberapa Parah?

HEADLINE: Hati-Hati Gelombang Ketiga COVID-19, Seberapa Parah?

Liputan6.com 2021-11-10 00:01:26
Demi mencegah gelombang ketiga Covid-19, pemerintah menghapus cuti bersama Natal dan Tahun Baru pada 24 Desember 2021. (pexels/cottonbro).

Kasus COVID-19 di Indonesia tengah rendah, rerata tambahan kasus harian di bawah 500. Rate infection di Indonesia saat ini pun hanya 0,4 persen.

Meski kasus COVID-19 tengah landai, bukan berarti kita boleh terlena. Ancaman gelombang ketiga COVID-19 masih ada. Terlebih sebentar lagi ada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya terjadi peningkatan mobilitas pada masa liburan itu.

Saat ini saja, di mana kurang lebih 1,5 bulan sebelum libur Nataru, mobilitas masyarakat sudah meningkat. Kenaikan mobilitas mayarakat yang cukup tinggi imbas pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa sektor publik.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai kenaikan mobilitas yang berpotensi meningkatkan lonjakan kasus COVID-19. Apalagi ada sejumlah kabupaten/kota di Jawa dan Bali yang tingkat vaksinasi COVID-19 belum mencapai target seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Peningkatan ini harus diwaspadai, karena masih ada 34 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali yang mobilitasnya cukup tinggi, tapi tingkat vaksinasinya belum mencapai target," kata Luhut dalam konferensi pers pada Senin (8/11/2021).

Merujuk data Google Mobility per 5 November 2021, secara nasional mobilitas warga di Indonesia memang meningkat di tempat-tempat tertentu. Meski begitu, ada pula penurunan mobilitas di beberapa tempat.

Tren mobilitas naik 6 persen untuk tempat retail dan rekreasi seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan, taman hiburan, museum, perpustakaan, dan bioskop.

Peningkatan mobilitas yang lebih tinggi yakni 26 persen terjadi di pusat bahan makanan seperti supermarket, toko grosir makanan, pasar tradisional, toko makanan khusus, toko obat, dan apotek.

Sayangnya peningkatan mobilitas tidak selalu diikuti dengan disiplin protokol kesehatan. Luhut masih menerima laporan adanya pelanggaran protokol kesehatan di beberapa daerah. Misalnya di beberapa restoran di Bali. Beach club dan bar beroperasi tanpa pembatasan kapasitas, tidak ada jaga jarak, dan tidak ada imbauan atau paksaan dari pihak pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pun sudah mewanti-wanti mengenai naiknya kasus COVID-19 di Indonesia. Tercatat 155 kabupaten dan kota di Indonesia memperlihatkan gejala kenaikan kasus infeksi virus Corona.

"Walaupun sedikit, itu jadi indikasi awal untuk kita berhati-hati," kata Budi dalam update PPKM pada Senin, 8 November 2021 secara daring.

Dari wilayah yang kasus COVID-19 naik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Budi untuk memberi perhatian lebih pada lima provinsi. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

"Kalau ada kenaikan lebih cepat harus segera ditangani," kata Budi menyampaikan pesan Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas 25 Oktober 2021 meminta bawahannya mencegah lonjakan kasus COVID-19 selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Jadi arahan bapak Presiden agar dipastikan jangan sampai di acara atau di waktu Nataru terjadi lonjakan gelombang (COVID-19) berikutnya," kata Budi.

Pencegahan lonjakan kasus COOVID-19 selama libur Nataru menjadi penentu perhelatan acara internasional tahun 2022, seperti Presidensi Group of 20 (G20). Jika lonjakan kasus tidak terkendali, kemungkinan pemimpin negara-negara G20 tak bisa masuk ke Indonesia.

"Kalau ada lonjakan akan sangat mengganggu kehadiran mereka dan suksesnya acara tersebut," kata Budi.

Infografis Hati-Hati Gelombang Ketiga Covid-19 Mengintai Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Prediksi Gelombang Ketiga COVID-19 Terjadi, Bakal Parah?

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko angkat bicara soal prediksi gelombang ketiga. Ia mengatakan jika gelombang ketiga COVID-19 terjadi di akhir 2021, maka jumlahnya tak akan sebanyak saat gelombang pertama menghantam Indonesia.

"Prediksi terkini gelombang ketiga belum ada perubahan, sekarang trennya mulai naik walau belum akhir tahun, tapi kemungkinan gelombang ketiga tidak akan lebih dari gelombang pertama," kata Tri kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (9/11/2021).

Menurutnya, kasus harian tertinggi gelombang pertama yang terjadi pada Januari 2021 adalah 18 ribu. Sedang, gelombang ke-2 yang terjadi pada Juli 2021 kasus harian tertingginya mencapai 54 ribu.

Prediksi Tri Yunis terkait gelombang ketiga COVID-19 memiliki alasan tersendiri. Alasan pertama, saat ini banyak kasus yang ringan akibat banyaknya orang yang telah terinfeksi pada Juli.

"Orang yang terinfeksi pada Juli 2021 itu hampir 60 persen, kalau penduduk kita 227 juta 150 juta sudah terinfeksi."

Seperti diketahui, antibodi tubuh bisa terbentuk oleh dua cara yakni vaksinasi dan infeksi. Maka dari itu alasan kedua prediksi Tri adalah terkait capaian vaksinasi yang tinggi.

"Vaksinasi sekarang yang kedua itu sudah 30 persen, yang dosis pertama sudah 60 persen. Menurut saya kalau dijumlah, yang vaksinasi 30 persen dan yang sudah terinfeksi 60 persen, jadi 90 persen orang sudah punya antibodi."

"Jadi kalau kena COVID pun, gejalanya akan ringan."

Lalu, jika gelombang ketiga COVID-19 terjadi, maka tingkat keterisian rumah sakit tidak anak sebanyak di gelombang-gelombang sebelumnya.

"Keterisian rumah sakit pun tidak akan besar karena sekarang kasusnya cenderung ringan. Keterisian rumah sakit menurut saya tidak akan lebih dari 50 persen."

Walau diprediksi tidak akan penuh, tapi rumah sakit tetap harus disiapkan, tambahnya.


Gelombang Ketiga COVID-19 Didominasi Varian Delta

Jika gelombang ketiga COVID-19 terjadi, Tri Yunis memprediksi virus Corona yang mendominasi masih varian Delta.

"Kemungkinan virus yang mendominasi gelombang ketiga jika terjadi adalah varian Delta," katanua.

Sejak Juli 2021, COVID-19 varian Delta memang paling banyak menginfeksi orang-orang di Indonesia.

Mengenai subvarian Delta yakni AY.4.2 alias Delta Plus, Tri mengingatkan agar tetap waspada. Apalagi varian Corona AY.4.2 ini sudah sampai di Malaysia.

Meski begitu, Tri mengimbau tidak hanya fokus pada varian Delta Plus tapi juga pada varian lokal yang bisa muncul.

"Jangan ditunggu yang Delta Plus, Indonesia juga akan muncul varian tersendiri, akan nongol kalau diperiksa. Subvarian Delta sekarang sudah ada di Malaysia, menurut saya di Indonesia juga sudah ada," katanya.


Kemenkes Siaga Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

Kementerian Kesehatan berupaya mengantisipasi gelombang ketiga COVID-19 dalam menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Salah satunya lewat pemantauan di pintu-pintu perbatasan negara hingga kesiapan tempat tidur COVID-19.

Saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR Budi Gunadi Sadikin mengatakan pengetatan di pintu masuk sudah dilakukan tapi tetap bisa saja ada yang lolos.

"Memang benar, enggak sempurna, karena pintu-pintu masuk Indonesia banyak keluar-masuk. Tapi setidaknya kita sudah bisa identifikasi daerah yang paling berisiko karena banyak masuk," jelas Budi Gunadi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin, 8 November 2021.

"Di titik udara (pintu masuk bandara) paling banyak Soekarno-Hatta. Di darat, (pintu perbatasan) paling banyak di Entikong dan laut (pintu pelabuhan) paling banyak di Batam. Pertahanan kita dibangun di titik-titik ini."

Penguatan di pintu masuk Indonesia juga sebagai upaya mencegah varian virus Corona masuk. Data Kementerian Kesehatan per 8 November 2021, jumlah kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 434.234 orang, kedatangan di Entikong 28.173 orang, dan kedatangan di Batam mencapai 35.797 orang.

Pada strategi deteksi yang mencakup 3T (testing, tracing, treatment), menurut Budi, persentase terus meningkat walau kasus konfirmasi COVID-19 turun. Berdasarkan data Kemenkes per 1 November 2021, jumlah pemeriksaan harian COVID-19 di angka 159.695.

Rasio kontak erat hasil pelacakan hingga 3 November 2021 juga meningkat di angka 12,67. Orang yang positif COVID-19 dari hasil kontak erat pun dilakukan karantina dan pemeriksaan entrydi-swab sampai yang bersangkutan negatif COVID-19.

"Kita bicara strategi deteksi atau strategi 3T atau surveilans. Pastinya ini semua naik. Jumlah testing dan rasio kontak erat kita tetap naik," papar Budi Gunadi Sadikin.

"Ini yang kita jaga terus supaya lebih tinggi dari standarnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kita pastikan, jangan sampai meledak lagi kasusnya (COVID-19)."

Dari segi strategi perawatan atau terapeutik, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kapasitas tempat tidur (bed) COVID-19 saat ini cukup longgar.

"Kita punya 400.000-an bed, lalu yang dikasih (diperuntukkan) buat COVID-19 sekitar 120.000 bed," katanya.

"Sekarang diisi 3.000 bed, Alhamdulillah dari sisi kapasitas, kita cukup longgar."

Untuk obat-obatan, Budi mengatakan sudah memesan 600.000 hingga 1 juta tablet Molnupiravir. Upaya ini guna memenuhi stok obat sebagai persiapan antisipasi gelombang ketiga COVID-19 pada masa libur akhir tahun 2021.

"Saya sudah ke Amerika Serikat dan bertemu dengan produsen obatnya, Merck (MSD). Sudah ada kesepakatan, rencana kita akan beli dulu sementara 600.000 sampai 1 juta tablet bulan Desember 2021," ungkap Budi Gunadi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin, 8 November 2021.

"Jadi, mempersiapkan diri kalau terjadi lonjakan. Mudah-mudahan tidak terjadi (lonjakan), tapi kalau terjadi, sengaja kita punya stok obatnya dulu."

Sebagaimana hasil uji klinik Molnupiravir sebagai obat COVID-19, Budi Gunadi Sadikin menerangkan, butuh 5 hari penggunaan obat tersebut, yang masing-masing 8 tablet, sehingga total 40 tablet yang diperlukan dalam sekali siklus terapi.

"Hitung-hitungan kami antara 40-50 dolar AS. Enggak terlalu mahal (harganya), di bawah Rp1 juta. Dan Molnupiravir ini diberikan ke orang yang saturasi oksigennya masih di atas 95," katanya.


Vaksinasi, Tameng Hadapi Gelombang Ketiga

Strategi Kemenkes lainnya dalam menghadapi gelombang ketiga COVID-19 adalah menggenjot vaksinasi COVID-19. Jikapun hal yang tidak diinginkan itu terjadi, sebagian besar masyarkat sudah memiliki antibodi sehingga tingkat keparahan dan kematian bisa ditekan.

Budi berharap, pada akhir tahun ini Indonesia bisa mencapai angka hingga 300 juta suntikan. Dengan begitu, capaian kekebalan komunal akan bisa terwujud. Hal ini berdasarkan perhitungan penyuntikkan COVID-19 per Minggu, 7 November 2021 sudah 205 juta suntikan.

"Hingga akhir 2021, ada 168 juta orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama. Lalu, sebanyak 124 juta orang atau sekitar 60 persen dari target vaksinasi telah mendapat dua dosis vaksin COVID-19" kata Budi.

Dengan target seperti di atas maka bakal ada 290-300 juta suntikan vaksin COVID-19 hingga akhir 2021.


Pembatasan Mobilitas

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menegaskan, pihaknya konsisten menerapkan pembatasan mobilitas. Pembatasan mobilitas ditujukan kepada pelaku perjalanan dalam dan luar negeri.

"Tentunya, kita harus senantiasa waspada dan hati-hati terhadap kemungkinan adanya gelombang ketiga COVID-19," kata Ganip saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI pada Senin, 8 November 2021.

"Kami tetap konsisten pada strategi pencegahan yang dilakukan melalui pembatasan mobilitas, sebagaimana Surat Edaran Satgas Nomor 20 Tahun 2021 beserta Addendum-nya dan Surat Keputusan Satgas Nomor 14 Tahun 2021."

Aturan pembatasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri, lanjut Ganip Warsito juga tertuang dalam SE Satgas Nomor 22 Tahun 2021. Pembatasan ini merupakan upaya mencegah penularan dari luar negeri maupun antar daerah.

"Upaya dalam pembatasan operasional kegiatan masyarakat untuk menekan laju mobilitas melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) levelling kabupaten/kota terus kita lakukan dengan dasar Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021 untuk PPKM di Jawa-Bali dan Inmendagri Nomor 56 Tahun 2021 untuk PPKM di luar Jawa-Bali,"

"Kemudian PPKM juga dilakukan pada skala mikro, yaitu tingkat kelurahan dan desa."

Selaras dengan Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan COVID-19 ikut menangani aturan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam SE Nomor 20 Tahun 2021 beserta Addendum-nya.

Kemudian persyaratan yang tertuang dalam SE adalah mewajibkan pelaku perjalanan internasional melakukan tes PCR minimal 3x24 jam sebelum keberangkatan dan melakukan entry test pada saat kedatangan.

"Apabila positif COVID-19, maka akan dilakukan perawatan lanjutan di wisma isolasi, Rumah Sakit Darurat atau RS Rujukan. Bila hasilnya negatif, maka akan melakukan karantina selama 3x24 jam bagi yang sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dan 5x24 jam bagi yang baru vaksinasi dosis pertama," papar Ganip Warsito.

"Setelah itu, para pelaku perjalanan diwajibkan melaksanakan exit test untuk memastikan aman dan bebas dari COVID-19.


Bepergian Boleh Asal Tidak Berkerumun

Menghadapi liburan Nataru, Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun. Bepergian diperbolehkan tapi tidak disertai pengabaian protokol kesehatan.

"Yang pertama jangan berkerumun, bukan jangan pergi-pergi, pergi silakan ke sungai ke hutan, tapi jangan berkerumun."

"Kemudian, Natalan juga bersama keluarga saja, jangan berkerumun, di mal-mal, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata jangan sampai penuh. Cara biar enggak penuh ya masyarakat diminta untuk di rumah saja."

Selain itu, saat tahun baru, masyarakat tidak dilarang untuk merayakannya. Namun, perayaan tersebut bisa dilakukan dengan aman yakni dengan keluarga masing-masing di rumah.

"Ciptakan tahun baru yang berkesan, perayaan tahun baru jangan dilarang tapi ya rayakannya sama keluarga saja."

Kereta Mewah KAI

Menengok Mewahnya Kereta Luxury Generasi 2 dari PT KAI

Liputan6.com 2021-11-09 03:02:30
Menengok Mewahnya Kereta Luxury Generasi 2 dari PT KAI. foto: TikTok @kai121_

PT Kereta Api Indonesia atau KAI terus membuat inovasi agar masyarakat semakin berminat menggunakan kereta. Transportasi yang satu ini belakamgan dibuat senyaman mungkin dengan sejumlah fasilitas dan layanan yang tak jauh beda dengan pesawat terbang.

Tak hanya kelas ekonomi, binis, dan eksekutif, PT KAI ternyata juga menyediakan kereta mewah untuk dinikmati penumpangnya. Kereta Luxury Generasi 2 merupakan salah satu tipe yang memiliki fasilitas lengkap dan sangat nyaman.

Informasi itu diketahui dari akun Instagram dan TikTok resmi mereka yaitu @kai121_ . Mereka membagikan video yang mengulas secara lengkap tentang kereta ini.

"Nyobain kereta sulta check! Kali ini Railmin kasih review Kereta Luxury Generasi 2 yg fancy bgt nih! Berminat mencoba? #kai121 #keretaluxury #fyp," tulis keterangan dalam video tersebut.

Dalam video yang diunggah pada akhir Oktober itu disebutkan bahwa kereta mewah tersebut dirangkaikan pada KA Gajayana. Sedangkan rute yang ditempuh adalah Gambir -- Malang (Pulang Pergi).

Kereta Luxury Generasi 2 ini berkapasitas 26 penumpang dengan konfigurasi dua dan satu. Di sisi kanan akan tersedia dua bangku, dan di sisi kiri terdapat satu bangku.

Bangku yang disediakan itu bisa direbahkan sampai 140 derajat dan memiliki sandaran kaki elektrik. Perjalanan pun jadi lebih nyaman karena penumpang bisa menyesuaikan derajat kursi masing-masing.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada Video on Demand

Setiap penumpang juga bisa menonton video on demand yang tersedia di layar masing-masing bangku. Perjalanan pun jadi tidak membosankan karena bisa menikmati video yang diinginkan.

Tak perlu khawatir kehabisan baterai selama Anda membawa pengisi daya. Di masing-masing kursi juga tersedia USB charging power source untuk mengisi daya gawai yang Anda miliki.

Saat penumpang membutuhkan bantuan, tersedia tombol untuk memanggil pramugari kereta yang bertugas agar datang ke bangku. Tersedia pula lampu baca dan handuk hangat yang diberikan saat menjelang tiba di stasiun tujuan.

Kereta Luxury Generasi 2 juga menyediakan beragam layanan makanan berat, minuman serta makanan penutup. Makanan tersebut akan diberikan sebanyak satu kali untuk kereta dengan perjalanan jarak jauh.


Nyaman dan Bikin Nagih

Untuk tiket Kereta Luxury Generasi 2 bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access atau kanal pemesanan lainnya. Harga tiketnya pun variatif tergantung stasiun tujuan. Di kolom komentar, dituliskan kalau harga tiketnya mulai dari Rp800 ribu.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. Beberapa dari mereka ternyata sudah merasakan naik kereta mewah itu.

"Baru aja kemarin ini coba kereta luxury. Nyaman banget keretanya, bikin nagih sangat. Perjalanan ke Surabaya bakal pakai kereta luxury lagi," komentar seorang warganet.

"Kereta ini emang the best, tapi harganya bukan main," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan kereta mewah itu sudah disaksikan lebih dari 1,2 juta kali dan disukai lebih dari 98 ribu kali.


Jalur Kereta Api Indonesia

 

Balapan Terakhir Valentino Rossi

Jadwal MotoGP Valencia 2021: Balapan Terakhir Valentino Rossi

Liputan6.com 2021-11-09 14:30:30
Lambaian tangan pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, kepada para penggemarnya di akhir balapan MotoGP Emilia Romagna di sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021). Musim ini merupakan kipr

MotoGP 2021 memasuki balapan terakhir pada seri Valencia, Spanyol, Minggu, 14 November. Beberapa cerita besar akan hadir.

Yang utama jelas balapan terakhir Valentino Rossi. Setelah debut di Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 1996, sosok asal Italia itu akan menutup buku kariernya.

Rossi tercatat menyelesaikan 26 musim kompetisi. Rider berusia 42 tahun itu juara dunia sembilan kali dan memenangkan 115 balapan.

Selain Rossi, fokus lainnya adalah sisa persaingan pada musim ini. Fabio Quartararo telah memenangkan titel juara dunia MotoGP dan Ducati menjadi pabrikan terbaik. Sementara Johann Zarco mengamankan gelar pembalap independen.

Penghargaan tersisa adalah tim terbaik dan Rookie of the Year. Ducati Lenovo saat ini unggul atas Monster Energy Yamaha pada kategori pertama. Sementara Enea Bastianini dan Jorge Martn hanya dipisahkan tiga poin pada persaingan debutan terbaik.

Simak jadwal perpisahan Rossi dan sengitnya sisa persaingan 2021 pada MotoGP Valencia di halaman berikut:


Latihan Bebas dan Kualifikasi

Jumat, 12 November 2021

15.55-16.40 WIB: Latihan Bebas 1

20.10-20.55 WIB: Latihan Bebas 2

Sabtu, 13 November 2021

15.55-16.40 WIB: Latihan Bebas 3

19.30-20.00 WIB: Latihan Bebas 4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2


Balapan

Minggu, 14 November 2021

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Ramalan Nostradamus

Munculnya Adolf Hitler, Ini 5 Ramalan Nostradamus yang Dikaitkan Kejadian Nyata

Liputan6.com 2021-11-09 18:35:44
Nostradamus (Wiki)

Nostradamus menjadi terkenal di masa hidupnya karena menerbitkan serangkaian panjang ramalan yang terus membingungkan dan penuh intrik. Namun fakta bahwa ia menulis dalam puisi, atau kuatrain yang penuh teka-teki.

Kuatrain adalah sajak empat seuntai yang setiap baitnya terdiri atas empat buah kalimat.

Itu artinya kata-kata Nostradamus dapat ditafsirkan ulang tanpa henti agar sesuai dengan peristiwa sejarah.

Hal itu juga membuat banyak percobaan untuk menilai 'akurasi'-nya menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimana jika kita benar-benar mendukung prediksi Nostradamus?

Apakah Nostradamus memprediksi sesuatu yang benar?

Berikut ini sejumlah prediksi Nostradamus yang dikaitkan dengan sejarah, dikutip dari History.co.uk, Selasa (9/11/2021):

1. Kematian Tragis Henry II

Raja Henry II dari Prancis. (Wikipedia)

Henry II dari Prancis adalah kenalan pribadi Nostradamus, yang pernah menyapanya dalam sebuah surat bertajuk 'The most invincible Henry King of France' ('Raja Henry Prancis yang paling tak terkalahkan').

Sayangnya, Henry benar-benar berubah menjadi sangat tak terkalahkan, dan berakhir dengan sangat menyakitkan pada usia 40 tahun.

Henry, seorang olahragawan yang gemar berburu dan jousting (permainan bela diri antara dua penunggang kuda yang menggunakan tombak dengan ujung tumpul), sifat aktif Henry membuktikan kehancurannya ketika pada musim panas 1559, saat ia mengadakan turnamen untuk merayakan perjanjian damai.

Selama pertandingan jousting dengan salah satu prajurit mudanya, tombak yang terakhir hancur, mendorong serpihan ke mata dan tengkorak raja.

Kematian yang lambat dan menyakitkan akibat sepsis, membuat banyak yang percaya bahwa itu diramalkan oleh Nostradamus melalui syairnya 'the young lion will overcome the older one', that he will 'pierce his eyes through a golden cage', and that 'two wounds' will ensure a 'cruel death'. (Singa muda akan mengalahkan singa yang lebih tua', bahwa ia akan 'menusuk matanya melalui sangkar emas', dan bahwa 'dua luka' akan memastikan 'kematian yang kejam').

Benarkah prediksi Nostradamus?

Meskipun para kritikus telah menunjukkan kuatrain itu juga mengatakan pembunuhan itu 'on the field of combat in a single battle' (terjadi di medan pertempuran dalam satu pertempuran), sementara Henry secara tidak sengaja terbunuh selama pertandingan jousting biasa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Kebakaran London

Prediksi Nostradamus ini mengutip kuatrain Great Fire of London secara lengkap, karena ini adalah salah satu nubuat paling misterius dari semuanya.

The blood of the just will commit a fault at London,

Burnt through lightning of twenty threes the six:

The ancient lady will fall from her high place,

Several of the same sect will be killed.

Sajak tersebut dianggap terkait dengan peristiwa kebakaran besar (Great Fire) London, khususnya pada kalimat kedua: 20 kali tiga adalah 60. Kemudian ditambah enam menjadi 66.

Konon, itu ada kaitannya dengan momentum kejadian yakni pada 2 September 1666.

Namun, kebakaran tersebut tak dipicu sambaran petir --melainkan percikan api di toko roti Thomas Farriner di Pudding Lane pada musim panas yang terik dan kering.

Tewasnya korban dari kalangan petani dan kelas menengah tidak tercatat kala itu. Namun, menurut Smithsonian Magazine, bisa jadi korban tewas mencapai ratusan atau bahkan ribuan orang.

Terkait 'sekte yang sama' (same sect) dalam sajak tersebut dikaitkan dengan umat Katolik dan bangsa Belanda -- yang dituduh sebagai pelaku pembakaran dan menjadi sasaran persekusi.

Sementara, istilah 'ancient lady' dianggap mewakili London. Meski demikian, itu adalah ramalan paling lemah yang dikaitkan dengan Nostradamus.

3. Kemunculan Adolf Hitler

Adolf Hitler berkali-kali lolos dari upaya pembunuhan (AFP)

Nostradamus telah dikreditkan dengan beberapa prediksi abad ke-20, dan kebangkitan Adolf Hitler sering disebut sebagai salah satunya. Dan, agar adil, tulisan-tulisannya memang memprovokasi sedikit dinginnya pengakuan.

'Dari kedalaman Eropa Barat,' Nostradamus menulis, 'Seorang anak kecil akan lahir dari orang-orang miskin'. Dan apa yang dilakukan anak ini? Dia akan 'dengan lidahnya ... merayu pasukan yang hebat', dan ketenarannya akan menyebar jauh ke luar Eropa.

Syair lain yang mungkin penting menyebutkan pertempuran 'dekat dengan Hister' -- yang merupakan referensi longgar untuk Hitler, atau penyebutan yang lebih biasa dari nama lama sungai Danube.

Hal ini tergantung sudut pandang Anda.

4. Bom Hiroshima dan Nagasaki

Kota Hiroshima yang hancur setelah bom atom pertama dijatuhkan oleh Angkatan Udara AS B-29 pada 06 Agustus 1945. Serangan bom atom AS menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 70.000 lebih di Nagasaki. (AFP PHOTO)

Near the gates and within two cities(dekat gerbang dua kota)

There will be scourges the like of which was never seen, (akan terjadi malapetaka yang tak pernah disaksikan sebelumnya)

Famine within plague, people put out by steel,(kelaparan di tengah wabah, orang-orang terbunuh oleh baja)

Crying to the great immortal God for relief(memohon belas kasih Tuhan)

Pada awal Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom, Little Boy dan Fat Boy, ke Nagasaki dan Hiroshima.

Dua kota tersebut luluh lantak. Mereka yang berhasil lolos dari maut menderita akibat radiasi.

Pascaperang, Jepang juga mengalami krisis kekurangan pangan.

5.Pembunuhan John F. Kennedy

John F Kennedy (John Vachon/LOOK Magazine/Library of Congress).

The great man will be struck down in the day by a thunderbolt(orang hebat akan hancur oleh petir)

An evil deed foretold by the bearer of a petition(perbuatan jahat yang telah diramalkan para pembawa petisi)

According to the prediction, another falls at night time(menurut prediksi, yang lain akan tumbang saat malam)

Conflict at Reims, London and a pestilence in Tuscany(konflik di Reims, London dan wabah penyakit di Tuscany).

Sajak itu dianggap meramalkan nasib John F Kennedy. Ia menerima serangkaian ancaman pembunuhan (petisi) selama masa pemerintahannya sebagai Presiden AS.

Saat berkunjung ke Dallas pada 22 November 1963, Kennedy tewas ditembak. Kematiannya menggegerkan seantero dunia dan menjadi duka rakyatnya.

Adiknya, Bobby Kennedy juga tewas ditembak lepas tengah malam pada 5 Juni 1968.

Namun, konflik di Reims dan London, serba wabah di Tuscany sama sekali tak ada kaitannya dengan kematian dua Kennedy.