Volume 135

Aksi Jokowi di Mandalika

Jajal Sirkuit Mandalika Pakai Motor Kustom, Presiden Jokowi Langsung Ngacir

Liputan6.com 2021-11-12 12:23:10
Presiden Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021). (Biro Pers Kepresidenan)

Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika akhirnya diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat (12/11/2021). Tak cuma meresmikan, Presiden Jokowi juga sempat menjajal trek balap yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat menjajal Sirkuit Mandalika, Jokowi mengendarai motor kustom berbasis Kawasaki W175 yang pernah ia pakai saat meninjau jalan perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara pada 19 Desember 2019.

Nampak Jokowi mengenakan setelan sarung tangan, jaket, celana, dan sepatu berwarna hitam serta helm half face yang senada.

Ia nampak antusias menjajal trek, bahkan saat bendera start dikibarkan, orang nomor satu di Indonesia itu langsung ngacir.

Menteri BUMN Erick Thohir turut hadir dalam kegiatan tersebut. Menteri Erick bertugas mengibarkan bendera start dan finis.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Viral di Media Sosial

Bocoran Jokowi akan menjajal trek Sirkuit Mandalika dengan sepeda motor sudah diketahui sejak kemarin. Gubernur NTB Zulkieflimansyah memposting foto motor yang dipakai Jokowi tersebut di Instagram.

"Pak Jokowi pun tak sabar lagi utk menjajal Sirkuit Mandalika besok sore..." tulis Zulkieflimasyah pada video di Instagramnya pada Kamis (11/11/2021).


Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

 

Meghan Markle Minta Maaf

Pengakuan Meghan Markle yang Minta Maaf ke Pengadilan Atas Kasus Buku Finding Freedom

Liputan6.com 2021-11-12 17:33:09
Meghan Markle (Niall Carson/PA Wire/AP Images)

Duchess of Sussex Meghan Markle meminta maaf kepada pengadilan karena lupa bahwa dia meminta seorang ajudan senior untuk memberi arahan kepada penulis biografi tentang dirinya.

Dilansir BBC, Jumat (12/11/2021), Meghan Markle membantah menyesatkan Pengadilan Tinggi secara sengaja, setelah pengadilan mendengar mantan sekretaris komunikasi Meghan dan Harry Jason Knauf, memberikan informasi kepada Omid Scobie dan Carolyn Durant, penulis Finding Freedom, buku biografi tentang Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Meghan Markle menggugat Associated Newspapers Limited (ANL), penerbit Mail On Sunday atas lima artikel yang diproduksi ulang, bagian dari surat-surat pribadi yang dikirim kepada ayahnya, Thomas Markle pada Agustus 2018. Markle memenangkan kasusnya awal tahun ini, ketika Pengadilan Tinggi menemukan penerbitan surat itu melanggar hukum.

Tim hukum ANL berusaha untuk membatalkan keputusan ini di Pengadilan Banding, membantah bahwa ini hanyalah surat pribadi dan berpendapat bahwa itu dibuat dengan mempertimbangkan kemungkinan konsumsi publik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diam-diam Berkontribusi

Seorang juru bicara Sussex sebelumnya mengatakan pasangan itu tidak berkontribusi pada biografi Finding Freedom yang ditulis oleh Omid Scobie dan Carolyn Durand. Namun, bukti terbaru yang didengar pada Rabu, 10 November waktu setempat mengatakan buku itu "dibahas secara rutin" dan "dibahas langsung dengan bangsawan itu beberapa kali secara langsung dan melalui email".

Dia juga membahas perencanaan pertemuan dengan penulis untuk memberikan informasi latar belakang dan mengatakan Meghan telah memberinya poin pengarahan untuk dibagikan kepada para penulis, termasuk informasi tentang bagaimana dia memiliki "kontak yang sangat minim" dengan saudara tirinya di masa kecilnya.

Pada hari kedua sidang banding, pengacara untuk ANL juga mempertanyakan sejauh mana surat dari Meghan kepada ayahnya yang termasuk "pribadi".

Mereka mengutip pertukaran pesan teks antara Duchess dan Knauf, saat Meghan berkata: "Jelas semua yang saya buat adalah dengan pemahaman bahwa itu bisa bocor, jadi saya sangat teliti dalam pilihan kata saya."


Tidak Berniat Menyesatkan

Bukti Knauf ke pengadilan juga termasuk isi surel dengan Duke of Sussex, Pangeran Harry. Dalam surel tersebut keduanya membahas pertemuan yang diusulkan dengan penulis dan kebutuhan untuk menyembunyikan keterlibatan keduanya terhadap penulisan biografi itu.

Mantan ajudan tersebut mengatakan Pangeran Harry menjawab: "Saya sepenuhnya setuju bahwa kita harus mengatakan bahwa kita tidak ada hubungannya dengan itu. Sama halnya, Anda memberikan konteks dan latar belakang yang tepat kepada mereka akan membantu mendapatkan beberapa kebenaran di luar sana."

Dalam sebuah pernyataan saksi di pengadilan, Duchess mengatakan dia menerima bahwa ajudannya memang memberikan informasi kepada penulis buku dengan pengetahuannya, tetapi Meghan mengatakan tidak mengetahui sejauh mana informasi yang dibagikan.

"Ketika saya menyetujui pengesahan... Saya tidak mendapat manfaat dari melihat email-email ini dan saya meminta maaf kepada pengadilan atas fakta bahwa saya tidak mengingat pertukaran ini pada saat itu," katanya.

"Saya sama sekali tidak punya keinginan atau niat untuk menyesatkan terdakwa atau pengadilan."


Bukan Informasi Pribadi

Pada bulan Oktober tahun lalu, pengacaranya mengajukan untuk menunda tanggal persidangan karena kehamilannya, dan Markle mengatakan dia disarankan untuk menghindari stres setelah keguguran baru-baru ini.

Kabar itu datang tak lama setelah ANL mengindikasikan ingin mengungkapkan identitas lima teman yang memberikan wawancara kepada majalah AS People, yang merujuk kepada hubungannya dengan ayahnya.

Sebelumnya pada hari Rabu, 10 November, pernyataan saksi dari Knauf mengklaim bahwa surat yang ditulis Meghan kepada ayahnya dilakukan dengan pengetahuan bahwa dia mungkin membocorkannya.

Sidang akan dilanjutkan pada hari Kamis, dengan hakim diharapkan memberikan keputusan mereka di kemudian hari.

Penulis: Anastasia Merlinda


Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

 

Isu Uang Duka Buat Dugem

Ayah Bibi Andriansyah Tepis Isu Uang Duka Dipakai Dugem: Kami Tahu Batas, Ini Uang Anak Yatim Piatu

Liputan6.com 2021-11-12 12:30:00
Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Jagat maya mendadak heboh gara-gara cuitan bertajuk kawal uang duka Vanessa Angel yang dilontar seseorang. Dari sini kehebohan berkembang jadi gunjingan uang duka almarhumah dikemplang.

Adik Bibi Andriansyah, yakni Fuji dan Fadly Faisal, diduga menyalahgunakan uang duka Vanessa Angel untuk dugem. Bola panas terus menggelinding hingga ayah Bibi Andriansyah mengklarifikasi.

Faisal menyebut kabar uang duka Vanessa Angel dipakai buat dugem ngawur. Tujuh hari setelah kecelakaan maut terjadi, keluarga masih berduka, fokus mengirim doa dan mengawal Gala Sky Andriansyah.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Enggak Bisa Merem

"Kami dalam berduka. Apa ada yang melihat saya sudah enjoy, sudah tenang, sudah nyaman enggak kami sekarang? Jadi itu pikiran terlalu ngawur," Faisal meluruskan kepada awak media.

"Tidur saja enggak bisa merem mata itu. Makan belum enak, ini malah pada berpikiran macam-macam," katanya, kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube KH Infotainment, Kamis (11/11/2021).


Seharusnya Berpikir Jernih

Faisal meminta semua pihak menahan diri. Keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah layak diberi masa teduh untuk bangkit dari duka, bukannya dihantam dengan gosip miring.

"Seharusnya berpikir yang jernih. Kami bukan orang kaya raya, tapi kami bukan orang kecil banget. Kami tahu batas-batasnya. Kami tahu ini uang anak yatim piatu, ini uang masjid. Saya juga pengurus masjid, sedang membangun masjid juga," Faisal menyambung.


Tak Mungkin Lakukan Itu

Aksi mengembuskan rumor uang duka anak menantu yang meninggal dunia dikemplang, masih menurut Faisal, perbuatan keji sekaligus tuduhan tidak berdasar.

"Jadi kami enggak mungkin melakukan itu. Tuduhan-tuduhan terhadap keluarga saya, itu tidak pantas dilayangkan. Lihat saja anak-anak saya, buktinya pada datang baik enggak anak saya?" ucapnya.


Terlalu Jauh

"Penilaian seperti itu seakan-akan kami (berbuat) terlalu jauh," Faisal mengakhiri. Meski tak terima, keluarga Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel tak mau menanggapi rumor ini terlalu jauh.

Lebih baik memanfaatkan waktu untuk kirim doa kepada mendiang. Mereka juga fokus memulihkan kondisi kesehatan fisik dan mental Gala Sky Andriansyah yang telah tiba di Jakarta.

Jurus Tangkal Banjir Jakarta

HEADLINE: Polemik Sumur Resapan Antisipasi Banjir Jakarta, Menyerap Air atau Anggaran?

Liputan6.com 2021-11-13 00:03:48
Pekerja sedang menyelesaikan pengerjaan sumur resapan di Jalan Mataram Raya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (12/10/2021). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempercepat pembang

Pembuatan sumur resapan di Jakarta jadi buah bibirmasyarakat usai beredar viral video yang memperlihatkan sumur resapan dibuat di atas trotoar dekat Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Timur.

Dalam video yang beredar, perekam menyebut "Pemprov DKI Jakarta Bodoh" karena membangun sumur resapan lebih tinggi daripada permukaan jalan.

"Terus air apa yang akan meresap ke dalam? Ini Pemprov DKI Jakarta betul-betul akalnya enggak jalan," kata perekam video.

Hal itu mendapat tanggapan dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono yang menilai pembangunan sumur resapan di dekat Banjir Kanal Timur (BKT) tidak bermanfaat. Sumur resapan sendiri merupakan salah satu program Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk mengurangi titik banjir di Ibu Kota.

"Kalau kita mau jujur, sangat tidak bermanfaat dibandingkan dengan alokasi anggaran yang begitu besar. Sangat tidak bermanfaat," katanya, Jumat (12/11).

Menurut Gembong, anggaran untuk pembangun sumur resapan pada 2021 lebih dari Rp 400 miliar. Sementara untuk 2022 direncanakan mencapai Rp 100 miliar.

Mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan ini mendorong anggaran untuk pembangun sumur resapan pada 2022 ditiadakan. Sebab, berkaca pada situasi saat ini sumur resapan tidak bermanfaat.

"Kita minta ke teman-teman untuk didrop karena kita lihat di 2021 ternyata sangat tidak signifikan manfaatnya," jelasnya.

Gembong berpendapat anggaran pembangunan sumur resapan sebaiknya dialihkan ke program penanggulangan banjir. Misalnya untuk normalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta.

"Mau tidak mau normalisasi. Jadi jangan mimpilah dengan naturalisasi, karena ya, gimana ya, dia mimpi naturalisasi tapi tidak dieksekusi juga," ujarnya.

Komentar negatif juga datang dari Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan. Dia mengkritik Pemprov DKI Jakarta yang membangun sumur resapan di atas trotoar dekat Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Timur. Kritik disampaikan karena BKT berfungsi untuk menangkal banjir sehingga sumur tidak perlu lagi dibangun di dekatnya.

"Ini lucu, yakni dibangun dekat dengan sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Apa pula gunanya membuat sumur resapan yang posisinya di samping sungai BKT yang begitu besar dan panjang?" kata Azas dalam keterangan resminya yang dikutip Liputan6.com, Jumat (12/11/2021).

Azas menegaskan bahwa proyek sumur resapan yang dibangun dekat BKT tidak ada gunanya. Menurut dia, sumur yang dibangun itu bukan untuk menyerap air, melainkan menyerap anggaran Pemprov DKI Jakarta.

"Jadinya memang pembuatan sumur resapan Anies adalah untuk resapan anggaran dalam APBD Jakarta 2021, bukan untuk sumur resapan air," kata dia.

Tigor mengatakan Pemprov DKI Jakarta cukup memperbaiki saluran sekunder di sekitar BKT untuk mengalirkan air agar lancar masuk ke BKT.

Menurutnya itu perlu dilakukan karena selama ini jalan raya sekitar BKT kerap tergenang air karena saluran yang tidak berfungsi optimal.

"Sekarang ini titik banjir bertambah banyak di banyak jalan raya sebagai akibat saluran air tidak lancar menuju Banjir Kanal Timur maupun Banjir Kanal Barat," kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Justin Adrian juga meragukan efektivitas pembangunan sumur resapan, jika proyek penting untuk penanggulangan banjir tidak dikerjakan.

"Jangan sampai Pak Gubernur hanya cari pelarian infrastruktur penanganan banjir dengan cepat-cepat membangun sumur resapan sedangkan yang penting seperti normalisasi sungai, pembangunan waduk, saluran PHB, saluran drainase, dan tanggul progresnya lamban," kata Justin di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Menurut dia, pembangunan sumur resapan bisa jadi tidak efektif menangani banjir secara sistemik. Namun hanya mengatasi genangan-genangan air saja bukan dari luapan air sungai.

Justin juga menilai perlu dilakukan evaluasi untuk titik-titik pembangunan sumur resapan di Jakarta.

"Lokasi pembangunannya juga harus dievaluasi, jangan karena kejar target angka jadi pembangunannya asal-asalan. PSI akan minta penjelasan temuan-temuan ini, apalagi tahun depan Pemprov minta Rp 361 miliar lagi untuk bangun lebih banyak sumur resapan," jelas dia.

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)

Bantahan Pemprov DKI Jakarta

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Riza Patria mengklaim, keberadaan sumur resapan dan tali air di Ibu Kota efektif menyurutkan genangan hingga banjir akibat hujan deras.

Dia menuturkan, tak ada masalah saat sumur resapan tidak tersedia di semua trotoar atau pedestrian. Sebab, menurut Riza, keberadaan tali air telah membantu air hujan yang menggenang mengalir menuju titik resapan.

"Tidak masalah sekalipun sumur resapan tidak ada di semua trotoar, tapi disiapkannya tali air tetap dapat masuk, sekalipun tidak melalui mulut sumur resapan," kata Riza, Jumat (12/11/2021).

Riza menyatakan, setiap sumur resapan dan tali air di Ibu Kota sudah diperiksa Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Menurut laporan yang diterima, tidak adanya sumur resapan di setiap trotar karena keterbatasan tempat.

"Jadi dicari tempat yang baik, ternyata dimungkinkan karena emang di situ dibutuhkan resapan air. Jadi kalau mau lihat contohnya ada di Gandaria Selatan," tambah Riza.

Riza mengklaim, sejauh ini sumur resapan dan tali air berjalan efektif menangani genangan air yang disebabkan hujan. Hal itu dibuktikan dengan cepat surutnya air di sejumlah titik langganan genangan di Jakarta.

"Sejauh ini kalau teman-teman lihat hasil sumur resapan kan cukup efektif terjadi genangan cepat surut," kata Riza.

Riza memastikan, program pengendali genangan air di Jakarta bukan hanya dengan sumur resapan. Namun pihak Pemprov DKI juga menyiapkan selokan, gerebek lumpur dan pengerukan di 13 sungai dan waduk di Jakarta.

"Kita hadirkan seluruh jajaran Sumber Daya Air bahkan seluruh dinas lain terlibat dalam rangka pencegahan dan pengendalian penanganan daripada kesiapsiagaan menghadapi musim hujan yang sekarang intensitasnya terus meningkat," kata Riza menandasi.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali juga menyatakan pengendalian banjir di Ibu Kota tak hanya mengandalkan dari sumur resapan saja. Kata dia terdapat sejumlah langkah yang telah dilakukan Pemprov DKI.

"Iya, bukan cuma sumur resapan, ada juga pembersihan saluran air, pengerukan sungai dan seterusnya. Nanti tanya teman-teman di SDA dan di beberapa dinas yang lain," kata Marullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Mantan Wali Kota Jakarta Selatan ini mengakui terdapat sejumlah sumur resapan yang belum berfungsi secara optimal. Sebab terdapat sejumlah sumur resapan yang masih dalam proses pembangunan.

Kendati begitu, Marullah menilai sumur resapan di Jakarta efektif untuk pengendalian banjir.

"Sebenarnya efektif, efektif di beberapa tempat sudah jalan, efektif sekali. Kita juga lihat ada beberapa yang masih dalam taraf pembangunan yang belum selesai, kita selesaikan," jelas dia.


Janji Kampanye Anies

Pembuatan sumur resapan atau drainase vertikal adalah bagian dari janji kampanye Anies Baswedan saat Pilkada DKI 2017. Anies kala itu optimis pembuatan sumur resapan bisa mengendalikan banjir dan genangan saat hujan mengguyur Ibu Kota.

Saat kampanye, Anies mengatakan ada empat hal utama yang akan ia lakukan jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta, yakni: "Membereskan" sumber banjir di hulu sehingga volume air yang sampai ke Jakarta berkurang.

Melakukan gerakan membangun sumur-sumur resapan di Jakarta. Memastikan aliran air tidak terhambat dengan membersihkan gorong-gorong hingga sungai. Memastikan tidak terjadi sedimentasi yang berlebihan di hilir.

"Jadi air dari hulu diamankan, yang di tengah dipastikan turun ke bawah, dan di hilir kita bereskan," ujar Anies dalam acara "Jakarta Kece-Bagaimana Cara Ahok dan Anies Mengatasi Banjir?" yang ditayangkan stasiun televisi Netmediatama pada 13 Desember 2016.

Menurut Anies, penting untuk memastikan air masuk ke tanah, bukan sekadar dialirkan ke laut melalui proyek normalisasi.

"Konsep (memasukkan air ke dalam tanah) seperti ini yang kami tawarkan, dan kami percaya dengan pendekatan seperti ini, secara bertahap masalah banjir di Jakarta bisa diselesaikan," ujar Anies.

Setelah terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies menargetkan membangun 1,8 juta titik sumur resapan di Jakarta, kecuali di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Namun, per Februari 2021, jumlah sumur resapan yang dibuat masih jauh dari target. Tercatat 3.964 titik sumur resapan yang baru dibangun.

Dalam satu kesempatan, Riza mengatakan, jumlah 1,8 juta titik sumur resapan adalah kebutuhan di Jakarta, bukan target yang harus dipenuhi dalam lima tahun kepemimpinan Anies.

Riza berujar, Pemprov DKI Jakarta memiliki perencanaan jangka panjang, termasuk dalam penyediaan sumur resapan. Jadi, penyediaannya tidak bisa dilakukan dalam satu periode kepemimpinan saja.

"Jadi 1,8 juta sumur itu adalah kebutuhan kita di Jakarta seluruhnya, dan akan dikerjakan oleh setiap periode ke periode, gubernur ke gubernur. Sama seperti Kanal Banjir Timur yang tak bisa diselesaikan satu periode. Kanal Banjir Barat tak mungkin diselesaikan dalam satu periode," ucap Riza.

Pembangunan sumur resapan tidak hanya disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta, tetapi juga berbagai pihak seperti pemilik gedung, pengembang, pemilik apartemen, perkantoran, industri, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta yang kala itu menjabat, Juaini Yusuf, mengatakan, belum masifnya pembangunan sumur resapan disebabkan karena Pemprov DKI Jakarta baru menggandeng dua vendor. Oleh karenanya, pembuatan sumur resapan rencananya akan ditingkatkan.

Pada 2021-2022, Dinas SDA Jakarta menargetkan pembangunan 300.000 titik sumur resapan. Guna merealisasikan rencana tersebut, Dinas SDA DKI akan menggandeng 100 vendor. Dengan demikian, diharapkan target pembangunan tersebut dapat tercapai.

Tanggal Cantik Paris Hilton

Paris Hilton Menikah dengan Carter Reum, Pilih Tanggal Cantik 11-11

Liputan6.com 2021-11-12 12:40:00
6 Momen Tunangan Paris Hilton dan Carter Reum, Dilamar Dengan Cincin Senilai Rp 28 M. (Sumber: Instagram/parishilton)

Paris Hilton akhirnya melepas masa lajang dengan sang kekasih. Kabar ini disampaikan oleh sejumlah media hiburan internasional.

Sumber yang dikutip E! News, menyebutkan pernikahan ini terjadi pada tanggal cantik Kamis (11/11/2021) kemarin di Los Angeles, AS.

"Paris memilih gaunnya pada malam kemarin," tutur sumber lain yang dihubungi media ini soal pernikahan sang sosialita. Ia menambahkan, "Ada banyak cinta dan dukungan di sekeliling Carter dan Paris."

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pernikahan Negeri Dongeng

Pada podcast This is Paris yang mengudara 11 November 2021, Carter Reum sempat mengungkap bocoran mengenai pernikahannya.

"Ini pastinya menjadi pernikahan negeri dongeng," kata dia. Carter Reum melanjutkan, "Ciuman pertama dan pelukan pertama, dan yang kami selalu katakan sengatan listrik antara kami berdua... Aku akan mengenang semua memori ini."


Pesta Tiga Hari

Paris juga sempat membocorkan rencana pernikahan yang akan ia gelar saat menjadi bintang tamu di acara gelar wicara Jimmy Fallon pada Agustus 2021. Kala itu, ia merencanakan pesta perkawinannya berlangsung selama tiga hari.

"Akan ada banyak yang terjadi... Banyak gaun, mungkin ada 10. Aku suka berganti pakaian," ujarnya kala itu.


Sembilan Bulan Tunangan

Paris Hilton menikah setelah sekitar sembilan bulan bertunangan dengan Carter Reum. Pria ini mengajukan lamaran pada Februari 2021, dan pertunangan mereka diumumkan pada hari ulang tahun Paris ke-40.

"Saat kamu menemukan belahan jiwamu, kamu tak hanya sekadar tahu. Kamu juga merasakannya," kata Paris kala mengumumkan kabar bahagianya.


Kenal 15 Tahun

Dalam tayangan The Trend Report With Mara Schiavocampo,Paris sempat bercerita bahwa ia dan Carter Reum sebenarnya sudah saling kenal selama 15 tahun. Namun api asmara baru memercik saat keduanya merayakan Thaksgiving bersama pada 2019.

"Kami mulai ngobtol, dia mendapatkan nomor teleponku, dan kami saling menggoda hari itu," kenang Paris.

Selamat menempuh hidup baru, Paris!

Sirkuit Terindah di Dunia

Potret Sirkuit Mandalika, Lintasan Balap Terindah di Dunia

Liputan6.com 2021-11-12 15:00:29
Foto aerial perkembangan pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kamis (14/1/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika dan menjajal langsung sirkuit tersebut dengan sepeda motor balap pribadinya.

Berdasarkan video yang unggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (12/11/2021), Presiden Jokowi terlihat tengah bersiap-siap untuk menaiki motor balapnya yang berwarna hijau dengan nomor RI1.

Menggunakan pakaian balap serba hitam termasuk helm, Jokowi akhirnya menjajal sirkuit kebanggan Indonesia ini. Di sisi lain terlihat Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi. Erick mengepakkan bendera bermotif papan catur sebagai tanda balapan dimulai.

Adapun sebagai informasi, Sirkuit Mandalika menjadi salah satu lintasan balap terindah didunia. Bagaimana tidak, sirkuit ini langsung berbatasan dengan pantai pasir putih yang ada di wilayah Mandalika, Lombok.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Corak Batik

Adapun sebagai informasi, aspal sirkuit lintasan utama Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki panjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 tikungan.

Dalam sistem pengaspalan, menggunakan metode BIM untuk memenuhi spesifikasi khusus di pembangunan proyek Sirkuit Mandalika.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PTPP Novel Arsyad saat mendampingi Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirdjoatmodjo meninjau progress persiapan Sirkuit Mandalika dalam menyambut ajang World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021 mendatang.


Sirkuit Kelas A

PT PP dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam event grand prix.

Metode pengaspalan dilakukan secara teliti dan terencana karena pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya dilakukan secara otomatis. Pengaspalan dapat terus berlangsung dan tidak ada waktu tunggu untuk suplai hotmix ke finisher.


Aspal Canggih

Untuk menjaga mutu, PTPP menggunakan 2 Paver yang dikendalikan secara otomatis dengan berbasis automatic hydraulic controler dengan alat yang bernama MMGPS untuk mencapai Elevasi dan Super Elevasi rencana yang presisi.

PTPP menggunakan 2 finisher agar tidak terjadi cold join sambungan memanjang. PTPP menerapkan campuran aspal khusus untuk digunakan pada sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh aspal SMA, salah satunya adalah daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada rider.

Diplomasi Cendol Ridwan Kamil

Diplomasi Cendol Warnai Kunjungan Kerja Menlu Inggris ke Kota Bogor

Liputan6.com 2021-11-12 16:40:08
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menikmati cendol elizabeth bersama Menlu Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, Jumat (12/11/2021).

Unik dan menarik karena jajanan khas Indonesia dari Kota Bandung cendol elizabeth menjadi jamuan istimewa dalam bincang antara Pemda Provinsi Jabar dan Pemerintah Inggris.

"Kami sangat berbangga dan dapat kehormatan kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss, dan yang paling istimewa beliau senang sekali meminum cendol itu yang utama. Ternyata ada cendol elizabeth yang terkenal di Jabar dan nama beliau adalah Elizabeth," ujar Ridwan Kamil.

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Britania Raya termasuk itu juga menjadi nama Ratu Inggris.

Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak pun menjadi lebih cair.

Selepas pertemuan Gubernur membeberkan permintaan Menlu Inggris yang menawarkan untuk membuka restoran di London dengan menu es cendol.

"Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London ada cendolnya lah itu tentang diplomasi cendolnya," ujar kang Emil.

Diplomasi model seperti ini kerap dilakukan Gubernur Ridwan Kamil. Sebelum cendol elizabeth, kopi kerap dipakai Ridwan Kamil dalam berbagai kunjungan kerja ke luar negeri sebelum pandemi bahkan hingga saat ini melalui pertemuan virtual.

Diplomasi kopi efektif menggaet kerja sama bisnis, budaya, dan pemerintahan. Pada Februari 2020, Gubernur meluncurkan Kafe Jabarno di 555 Flinders Lane, Kota Melbourne, negara bagian Victoria, Australia.

Mei lalu Ridwan Kamil sukses menjadikan batik sebagai alat diplomasi yang efektif ketika menyatukan Indonesia - Korea Selatan di mana artis K- Pop Leetuk dan Yeesung Super Junior berpose mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil dan membuat ramai pemberitaan di kedua negara.

(*)

New Zealand van Java

6 Fakta Menarik Boyolali, New Zealand van Java

Liputan6.com 2021-11-12 08:30:37
Petugas mengamati aktivitas Gunung Merapi di Pos Pengamatan Gunung Api Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (8/11/2020). BPPTKG melaporkan adanya potensi erupsi akibat aktivi

Boyolali adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasinya berada di Kemiri dan Mojosongo, terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur.

Sedangkan, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat. Kabupaten ini termasuk kawasan Solo Raya. Kabupaten Boyolali terdiri dari 19 kecamatan, 6 kelurahan, dan 261 desa.

Pada 2017, jumlah penduduknya mencapai 989.776 jiwa dengan luas wilayah 1.008,45 kilometer persegi dan sebaran penduduk 981 jiwa/kilometer persegi. Pusat pemerintahan berada di kecamatan Boyolali.

Daerah ini punya beberapa gunung yang terkenal yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kedua gunung tersebut menjadikan kondisi tanah di Boyolali sangat subur. Hal ini menjadikan Boyolali menjadi salah satu lumbung pangan bagi Provinsi Jawa Tengah.

Selain potensi bidang pertanian dan peternakan, potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Boyolali adalah kawasan industri. Sebagai daerah yang menjadi jalur transportasi nasional dan regional yang menghubungkan Kota Surakarta -- Semarang -- dan Surakata -Yogyakarta, Boyolali menjadi daerah yang sangat strategis dalam roda perekonomian di Jawa Tengah

Tentu bukan itu saja hal-hal menarik dari Boyolali. Berikut enam fakta menarik seputar Kabupaten Boyolali yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1.Julukan Boyolali

Boyolali punya julukan New Zealand Van Java atau Selandia Baru dari Jawa. Keduanya sama-sama menjadi produsen susu. Kalau New Zealand dikenal sebagai negara produsen susu dan daging sapi, Boyolali merupakan daerah produsen susu terbesar di Pulau Jawa.

Boyolali juga menjadi salah satu pemasok daging sapi lokal di Jawa. Di Kecamatan Ampel banyak ditemui pemotongan hewan serta pusat produsen berbagai macam abon sapi. Julukan tersebut juga membuat Boyolali disebut sebagai Kota Susu. Boyolali juga memiliki flora dan fauna khas, yakni sapi lokal dan Mawar Pager.

2. Sejarah Nama Boyolali

Mendengar nama Boyolali, sepintas terpikir artinya yakni 'buaya lupa'. Dari pemahaman sekilas, dugaan awalnya asal nama Boyolali berkaitan dengan cerita buaya yang lupa diri. Rupanya asal nama Boyolali tak ada hubungannya dengan hewan pemangsa itu. Dari berbagai versi yang ada, salah satu yang paling sering diceritakan adalah kisah Kyai Ageng Pandanarang pada abad ke-16.

Saat itu, Ki Ageng Pandanarang atau yang lebih dikenal Tumenggung Notoprojo diutus oleh Sunan Kalijaga pergi ke Gunung Jabalakat di Tembayat, Klaten untuk menyiarkan agama Islam. Ki Ageng pun pergi bersama istri dan anaknya. Dalam perjalanannya dari Semarang menuju Klaten, Ki Ageng banyak melewati rintangan. Ia berjalan cukup jauh, sehingga anak dan istrinya tertinggal di belakang.

Perjalanan pun dilanjutkan hingga mereka tiba di suatu tempat yang ada banyak pohon bambu kuning atau bambu ampel. Dalam menempuh perjalanan ini, Ki Ageng semakin meninggalkan anak dan istrinya di belakang. Sembari menunggu, Ki Ageng pun beristirahat lebih dulu di sebuah batu besar.

Setelah berhasil menyusul Ki Ageng, Nyi Ageng berkata kepada suaminya, "Kyai, baya wis lali, teka ninggal bae" yang artinya "Kyai, kelihatannya lupa ya sampai-sampai meninggalkan kami". Konon, dari kata Nyai Ageng tersebut kemudian daerah tersebut diberi nama Bayalali atau Boyolali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Wisata Alam

Keindahan alam Boyolali membuat daerah ini punya banyak kawasan wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Kayang yang berlokasi di Desa Klakah yang berjarak 5 km ke arah barat dari Kecamatan Selo.

Daerah wisata ini memiliki pemandangan alam berupa air terjun yang terletak di antara dua kabupaten, yaitu Boyolali dan Magelang. Air Terjun Kedung Kayang yang memiliki ketinggian 30 meter ini masih alami dan belum dieksploitasi besar-besaran, karena jalan menuju ke objek wisata tersebut seperti layaknya jalan di daerah perkampungan. Di sekitar objek wisata ini terdapat tanah datar yang cocok untuk area perkemahan. Fasilitas yang tersedia berupa penginapan/ homestay, perkemahan, dan warung.

Ada pula objek wisata Gunung Merapi salah satu gunung berapi teraktif di dunia, selain itu pemandangan alamnya sangat indah serta panorama alam masih asli. Bagi pecinta alam yang senang berpetualang merupakan jalur terpendek untuk mencapai puncak gunung Merapi empat jam dan untuk mencapai puncak gunung Merbabu delapan jam. Dengan mendaki puncak Merapi para pendaki dapat melihat matahari terbit.

Setiap malam 1 Suro diadakan Upacara Tradisional Sedekah Gunung sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Fasilitasnya antara lain TIC (Tourism Information Centre) Joglo Merapi I, Home Theatre New Selo, Wall Climbing, Lapangan Tenis, Gedung Diklat, Bungalow Tersenyum, homestay dan masih banyak lagi.

4. Agrowisata Sapi Perah

Kabupaten Boyolali terkenal dengan usaha pengembangan sapi perah dan penggemukan sapi. Iklim yang dingin memungkinkan pemeliharaan sapi perah. Daerah Cepogo ditetapkan menjadi lokasi agrowisata sapi perah.

Jika ingin lebih ke atas ke dekat puncak Merapi dan Merbabu, di kawasan kecamatan Selo terdapat Desa Wisata Samiran yang juga menjadi basis agrowisata sapi perah di Boyolali. Kalau Anda berkunjung ke Boyolali, sempatkanlah datang ke tempat pemerahan sapi yang terletak di Kecamatan Cepogo. Kondisi kendaraan harus prima karena medan yang menanjak dan jalan yang berkelok-kelok.

Anda dapat melihat proses pemerasan susu sapi, selain bisa mencoba ikut memerah susu sapi dengan tuntunan peternak. Yang pasti, Anda dapat meminum susu yang masih segar hasil perasan peternak sapi, sekaligus hasil-hasil olahan susu, seperti keju, yogurt, kerupuk susu, stik susu, dan dodol susu.

Keju dengan merek "Meneer" merupakan produksi pabrik keju PT Nedin yang berlokasi di Desa Samiran dan menggunakan susu asli Samiran. Yogurt dengan merek "Mer's Yogurt" juga produksi desa Samiran. Melalui produk-produk tersebut diharapkan bisa menaikkan kembali citra Boyolali sebagai Kota Susu.


5. Kuliner Khas Boyolali

Makanan atau kuliner khas Boyolali banyak yang terbuat dari sapi dan susu. Ada Soto Seger Khas Boyolali yang sangat segar saat disantap, seperti namanya. Soto ini menggunakan kuah yang bening dan kental, kaya akan rempah. Isi soto meliputi taoge, seledri, nasi, daging ayam atau daging sapi dan bisa ditambah dengan aneka gorengan dan sundukan atau satai jeroan.

Ada pula Nasi Tumpang khas Boyolali yang bahan bakunya adalah tempe busuk atau yang biasa disebut tumpang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan untuk memberi rasa dan aroma yang khas pada nasinya. Sebagai pendamping, nasi tumpang disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti daun singkong, kacang, taoge dan sayuran lain.

Yang termasuk unik adalah jenang pecel atau bubur pecel, yaitu bubur sumsum yang dicampur dengan pecel. Biasanya banyak jenang pecel dijual di area Pasar Sunggingan yang ada di Jalan Garuda Boyolali. Sebagai salah satu penghasil susu segar terbaik dan terbesar di Indonesia, Boyolali punya susu segar yang terkenal gurih, creamy dan teksturnya lembut. Saking terkenalnya, susu Boyolali bahkan menjamur sampai kota Solo.

Susu segar tidak hanya diminum langsung, tapi juga bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman, seperti tahu susu. Ada juga dodol susu yang dibuat dari susu segar pilihan yang aman tanpa bahan kimia tambahan. Dodol susu banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Boyolali.

6. Sedekah Gunung

Ada banyak acara dan tradisi budaya di Boyolali. Salah satu yang paling dikenal adalah Sedekah Gunung. Upacara ini diadakan di Desa Lencoh, Kecamatan Selo setiap malam 1 Suro. Acara ini merupakan prosesi persembahan kepala kerbau dan sesaji ke kawah gunung Merapi sebagai tanda syukur masyarakat Selo dan sekitarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Upacara ini dimeriahkan dengan tarian dan atraksi oleh masyarakat setempat. Waktu pelaksanaan mulai pukul 22:00 sampai 24:00, dan diakhiri dengan kirab potongan kepala kerbau serta gunungan nasi jagung sebagai sesaji yang diletakkan di Pasar Bubrah.

Ada tiga acara utama selama prosesi upacara berlangsung, yaitu kirab sirah maeso atau kepala kerbau, kirab saji Gunung Merapi serta kirab ratusan obor. Kirab ratusan obor menjadi daya tarik lebih karena baru diadakan pada 2010.Tradisi ini bermula dari ritual tolak bala yang dilakukan Pakubuwono X dari Kasunanan Surakarta dengan menumbalkan seekor kerbau ke Gunung Merapi. Seiring waktu, kini warga hanya menumbalkan bagian kepalanya saja.


8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

 

Burung Liar Tertua

Mengenal Wisdom, Burung Liar Tertua Berusia 70 Tahun

Liputan6.com 2021-11-11 20:40:38
Ilustrasi perbanding ukuran elang laut dengan elang biasa. (Sumber SWNS via The Telegraph)

Seekor burung liar Laysan Albatros yang pertama kali diidentifikasi dan diikat oleh para ahli biologi tahun 1956 ditemukan masih hidup. Spesies Albatros atau elang laut itu bernama Wisdom, kini berusia 70 tahun dan baru saja menetaskan anaknya.

Dilansir odditycentral, Kamis (11/11/21), ahli Biologi bernama Chandler Robbins yang menemukan Wisdom di dekat pangkalan angkatan laut AS di Midway Atoll yang disebut rumah oleh koloni elang laut terbesar di dunia. Burung bernama Wisdom itu bahkan hidup lebih lama dari pria yang menemukannya, juga para pejantannya.

Diketahui, peluang hidup burung liar lebih dari tujuh dekade sangat kecil. Meskipun banyak faktor yang mengancam jiwa elang laut liar, namun ia tetap memiliki peluang untuk melawannya.

Selama dekade terakhir, Wisdom telah mengesankan para ilmuwan dengan kemampuannya untuk tetap hidup saat terbang ribuan mil untuk mencari makanan dan merawat anak-anaknya. Ia menjadi satu-satunya burung liar tertua yang pernah dicatat, meskipun ada seekor kakatua yang hidup di penangkaran berusia 100 tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bertahan Hidup dari Pemangsa di Lautan

Beberapa ahli biologi percaya bahwa elang laut liar telah mengembangkan seperangkat keterampilan unik yang memungkinkannya menghindari pemangsa dan menjadi sangat produktif, yang memainkan peran besar dalam umur panjangnya.

"Saya pikir selama bertahun-tahun, dia benar-benar belajar untuk menghindari pemangsa di lautan, dan dia belajar mencari makan dengan sangat efisien dan juga mungkin menghindari plastik akhir-akhir ini dan kapal penangkap ikan yang berpotensi (membunuhnya)," kata ahli Biologi Suaka Margasatwa Nasional, Midway Atoll John Klavitter.

US Fish and Wildlife Service (USFWS) meyakini Wisdom meneteskan antara 30 dan 36 telur selama hidupnya, dan terakhir pada awal tahun ini. Induk jantannya adalah Akeakamai, pasangan terakhirnya, yang telah bersamanya sejak 2010.

"Kami percaya Wisdom memiliki pasangan lain," kata Dr. Beth Flint. "Meskipun elang laut kawin seumur hidup, mereka mungkin menemukan pasangan baru jika perlu - misalnya, jika mereka hidup lebih lama dari pasangan pertama mereka."

Penulis: Alicia Salsabila


Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

 

Ria Ricis Menikah

Tangis Ria Ricis Pecah Saat Penghulu Ucapkan Kata Sah Resmi Menikah dengan Teuku Ryan

Liputan6.com 2021-11-12 16:12:51
tangkapan layar pernikahan Ria Ricis

Ria Ricis kini resmi menyandang status baru sebagai istri Teuku Ryan. Ijab kabul keduanya berjalan dengan lancar, yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta, Jumat (12/11/2021).

Tauku Ryan mempersunting Ria Ricis dengan maskawin emas seberat 100 gram, uang tunai Rp 179.500.000 serta seperangkat alat salat.

Saat ijab kabul berlangsung, pemilik nama asli Ria Yunita tidak disandingkan dengan Teuku Ryan. Keduanya terpisah sampai akhirnya disatukan setelah penghulu dan saksi nikah mengesahkan pernikahan mereka.

"Saya terima nikah dan kawinnya Ria Yunita binti Suliyanto dengan mas kawin tersebut tunai," kata Teuku Ryan.


Tangis Ria Ricis

Usai Teuku Ryan mengucapkan ijab kabul, tangis bahagia Ria Ricis pecah. Doa dipanjatkan oleh Ria Ricis yang bersyukur ijab kabul berjalan dengan, terlebih Teuku Ryan lancar mengucap ijab tanpa harus mengulang.


Malu Malu

Setelah dinyatakan sah, Ria Ricis didampingi oleh kakak-kakanya diantar menuju Teuku Ryan. Untuk pertama kalinya, Teuku Ryan dan Ria Ricis pun saling bersentuhan. Pria asal Aceh itu memegang kening sang istri, sementara pemilik nama asli Ria Yunita itu mencium tangan suaminya. Ekspresi keduanya tampak malu-malu.


Bahagia

Setelah menandatangani buku nikah, baru Ria Ricis bisa tertawa semringah. Ria Ricis dan Teuku Ryan terlihat memamerkan buku nikah mereka.

"Yeay punya suami," terlihat dalam mimik wajah Ria Ricis.