Volume 138

Gala Sky: Mama...

Pilu, Gala Sky Terus Menerus Panggil Mamanya di Dalam Mobil

Liputan6.com 2021-11-16 13:30:00
Vanessa Angel dan Gala Sky Andriansyah. (Instagram/ vanessaangelofficial)

Publik masih menyorot aktivitas Gala Sky Andriansyah usai mengalami kecelakaan bersama kedua orangtuanya. Mereka penasaran bagaimana kondisi terkini anak berusia satu tahun itu.

Terbaru, publik merasa iba dengan video Gala Sky yang kerap memanggil sang ibu, Vanessa Angel. Video itu diunggah oleh adik almarhum Bibi Andriansyah, Fuji, di Instagram Story.

Gala Sky Andriansyah terlihat duduk dipangku oleh seseorang di dalam mobil. Matanya menatap ke satu arah dan mulai memanggil ibundanya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Panggil Mama

"Mama... mama.. mama," kata putra semata wayang almarhumah Vanessa Angel dengan suara lembut.

Mendengar Gala memanggil ibunya, Fuji tampak bingung, tak tahu bagaimana merespons keponakannya. "Ha? Ehm...." kata Fuji.


Respons

Video itu lantas diunggah ulang oleh para pengguna akun TikTok. Warganet tak kuasa menahan kesedihan setelah melihat Gala memanggil Vanessa Angel.

"Ikatan batin antara ibu dan anak, walaupun beda alam, mereka ada rasa saling rindu," kata pemilik akun TikTok Sand Andreas.

"Ya Allah teriris banget hatiku dengar Gala sebut maminya," tambah yang lainnya.


Kondisi Gala

Sahabat Vanessa, Stevianne Agnecya pun mengabarkan kondisi terkini Gala Sky Andriansyah pascakecelakaan bersama orangtuanya di Tol Jombang - Mojokerto, 4 November 2021.

"Alhamdulillah Gala sudah bisa senyum, sudah bisa ketawa, sudah bisa joget-joget, sudah mau main. Gala anak hebat. Lukanya juga sudah sangat membaikkk. Senang akhirnya bisa lihat baby Gala," tulisnya, Senin (15/11/2021).

Klarifikasi soal Karma Vanessa

Faye Nicole Klarifikasi Soal Karma yang Menimpa Vanessa Angel

Liputan6.com 2021-11-15 20:40:40
Faye Nicole (Sumber: Instagram/fayenicolee_)

Nama pesinetron cantik Faye Nicole kembali menjadi perbincangan. Gara-garanya ada sebuah akun yang mengatasnamakan dirinya menuliskan kata-kata karma yang menimpa mendiang Vanessa Angel.

Tak mau menjadi sasaran empuk netizen, wanita yang sempat dikabarkan dekat dengan Tubagus Chaeri Wardana itu langsung memberikan klarifikasinya.

"Hai semua, lagi ramai banget nih di TikTok. Aku mau meluruskan ya, aku harap bisa berhenti di sini dan kalian jangan kepancing sama berita yang sumbernya aja enggak jelas... Sebelumnya aku mau ngasih tahu kalo Instagram @fayeofficials itu bukan punya aku pribadi ya. Itu fake account yang mengatasnamakan aku. Jadi untuk caption yang kesannya aku 'menyindir' Alm (karma is real) itu bukan aku yang bikin ya teman-teman," ungkap Faye

"Itu akun palsu yang mengatasnamakan aku," tegas Faye.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baik-Baik Saja

Dalam kesempatan itu, Faye juga menegaskan hubungannya dengan Vanessa Angel baik-baik saja. Faye juga menegaskan bahwa dirinya tidak memblokir akun Vanessa seperti yang diklaim oleh unggahan di media sosial.

"Pada kenyataannya, aku sama sekali tidak memblokir akun almarhumah. Sekarang kita fokus doain beliau ya. Jangan diungkit-ungkit lagi masa lalunya," imbuh Faye.


Menyindir

Sebelumnya, akun @fayeofficials mengunggah foto Faye Nicole dengan Vanessa Angel sambil menuliskan caption menyindir.

"Karma is real. Tuhan selalu punya cara tersendiri untuk membalas perbuatan umatnya," tulis akun tersebut.


Foto-Foto

Hubungan Faye dan Vanessa Angel sempat memanas. Penyebabnya, Faye disebut-sebut sebagai orang yang menjebak Vanessa Angel saat bermasalah di Surabaya. Tak hanya itu saja, nama Faye dicurigai sebagai orang yang menyebarkan foto-foto Vanessa Angel di kamar mandi.

Hal itu pula yang dikatakan oleh mendiang Bibi Andriansyah dalam sebuah wawancara di acara Rumpi. Bibi menuturkan bahwa orang yang ada saat foto Vanessa tersebar ke publik hanyalah Faye Nicole.

"Ya enggak ada apa-apa sih, aku enggak tau. Soal urusan Faye, aku sama sekali gak tahu-menahu. Cuman yang aku tahu, foto Vanessa tersebar, orang yang ada saat itu cuma Faye. Saat foto Vanessa yang lagi mandi, itu ada Faye," ujar Bibi, saat itu.

Lebih lanjut, Bibi menegaskan bahwa dirinya hanya berasumsi dan tak tahu kebenarannya secara pasti. "Vanessa sendiri yang bilang, kamu sama siapa di Malaysia? Sama Faye. Jadi saya cuma berasumsi, tapi saya enggak tahu kebenarannya," pungkas Bibi kala itu.

Penyesalan Sopir Vanessa Angel

Tubagus Joddy Sempat Menyesal karena Selamat, Sementara Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Meninggal Dunia

Liputan6.com 2021-11-16 09:30:00
Vanessa Angel - Bibi Andriansyah - Tubagus Joddy (Foto: Instagram/@tubagusjoddy)

Keluarga Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, untuk pertama kalinya muncul dan memberikan tanggapan mengenai kecelakaan maut yang melibatkan Tubagus Joddy serta menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Tubagus Ndang Lesmana, ayah Tubagus Joddy, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Ia juga telah mendatangi langsung keluarga mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah untuk meminta maaf mewakili sang putra, atas kelalaian dan kesalahan yang diperbuat Tubagus Joddy.

"Kami mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi pada almarhumah Vanessa Angel dan almarhum Bibi Andriansyah," kata ayah Tubagus Muhammad Joddy dengan suara bergetar, seperti tampak dalam video di kanal YouTube Star Story pada Senin (15/11/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minta Maaf

"Tak lupa kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga almarhumah Vanessa dan almarhum Bibi Andriansyah atas kelalaian dan kesalahan anak kami," sambungnya.


Syok

Dalam kesempatan itu, ayah Tubagus Joddy kemudian menceritakan saat kecelakaan terjadi. Di mana kala itu, Tubagus Joddy langsung menghubunginya dan mengirim foto kondisi mobil akibat kecelakaan tersebut. Sang ayah mengaku langsung terkejut menerima kabar dari putranya.

"(Saat kecelakaan), Joddy langsung menghubungi saya, 'Pak, Joddy kecelakaan', terus dia kasih foto, saya blank waktu itu, semua syok. Karena melihat kondisi kendaraan saat itu," jelas ayah Tubagus Joddy.


Penyesalan

Kecelakaan itu rupanya juga berdampak sangat besar bagi Tubagus Joddy. Bahkan ia sempat menyampaikan penyesalannya kepada sang ayah karena ia selamat dari kecelakaan tersebut.

"Penyesalan, masih tidak percaya. Joddy bilang sama bapak, 'kenapa Joddy enggak apa-apa, kenapa Kak Vanessa meninggal, kenapa Mas Bibi meninggal, sedangkan Joddy enggak apa-apa'," cerita sang ayah lagi.


Pesan

Terlepas dari itu, ayah Tubagus Joddy mengatakan bahwa ada hikmah yang begitu besar yang bisa diambil dari kejadian nahas yang menimpa anaknya dan keluarga Vanessa Angel. Ia berpesan kepada para pengendara untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

"Mungkin di balik kejadian ini ada hikmahnya, saya berpesan kepada pengemudi-pengemudi, bijaklah dalam berkendara, karena kesalahan sedikit itu akan mengakibatkan orang lain meninggal atau luka-luka," katanya lagi.

Orang Indonesia Kandidat CNN Heroes

Made Janur Yasa, Orang Indonesia yang Masuk Nominasi CNN Heroes 2021

Liputan6.com 2021-11-16 12:00:19
Made Janur Yasa dari Ubud, Bali, orang Indonesia yang masuk nominasi CNN Heroes. (Instagram Plastic Exchange).

Orang Indonesia masuk nominasi Top 10 CNN Heroes tahun 2021, sebuah ajang penghargaan tahunan spesial dari CNN dalam rangka menghormati orang-orang yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk membantu sesama manusia. Dia adalah Made Janur Yasa, salah satu dari 10 orang yang telah membuat dunia menjadi tempat lebih baik.

Pria asal Ubud, Bali itu mengatakan dia ingin menemukan cara untuk membantu orang-orang di komunitasnya selama pandemi sambil juga mengatasi masalah polusi plastik yang sedang berlangsung. "Saya harus berpikir, di dalam tantangan ada peluang," katanya dalam wawancara dengan CNN awal Oktober 2021.

Jadi, dia memulai program di mana penduduk desa setempat dapat menukar plastik dengan beras -- sistem barter yang akan bermanfaat bagi lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat. Warga dapat mengubah sampah plastik yang mereka kumpulkan untuk ditukar dengan makanan pokok.

Pada Mei 2020, ia menjadi tuan rumah pertukaran pertama di desa tempat ia lahir dan dibesarkan. Acara itu sukses, dan konsep tersebut dengan cepat menyebar ke desa-desa lain di Bali. Nirlabanya, Plastic Exchange, lahir.

Mengutip CNN.com, Selasa (16/11/2021), 10 orang dalam daftar CNN Heroes itu -- termasuk salah satunya dari Indonesia -- dinominasikan dan dipilih oleh CNN untuk masing-masing menerima hadiah $10.000 atau sekitar Rp 141 juta. Mereka kemudian dipilih untuk dinobatkan sebagai CNN Hero of the Year dan menerima tambahan $100.000 berkisar Rp 1,4 miliar atas perjuangan mereka.

Acara penobatan CNN Hero of the Year bertajuk The 15th Annual CNN Heroes All-Star Tribute yang dibawakan oleh Anderson Cooper dan Kelly Ripa bakal digelar pada Minggu, 12 Desember, mulai pukul 8 malam ET.

CNN Heroes telah menyoroti karya orang-orang yang berdampak di seluruh dunia sejak 2007.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Top 10 CNN Heroes 2021

1. Jenifer Colpas (Cartagena, Kolombia) Tierra Grata

Bagi ribuan orang yang hidup tanpa layanan dasar di pedesaan Kolombia, Jenifer Colpas dan Tierra Grata menyediakan sumber listrik yang bersih, air yang aman, dan sistem sanitasi yang vital.

2. Lynda Doughty (Phippsburg, ME)Marine Mammals of Maine

Memantau 2.500 mil dari garis pantai, Lynda Doughty dan timnya siap siaga 24 jam dan 7 hari. Nirlabanya, Marine Mammals of Maine, memberikan perawatan kritis dengan tujuan akhir melepaskan hewan kembali ke alam liar.

3. David Flink (New York, NY) Eye to Eye

Program bimbingan unik David Flink memasangkan siswa sekolah menengah dan mahasiswa yang memiliki perbedaan belajar dengan siswa sekolah menengah yang menghadapi tantangan serupa, membantu mereka untuk berkembang.

4. Dr Patricia Gordon (Los Angeles, CA) Menyembuhkan Kanker Serviks

Menggunakan metode "melihat dan mengobati" yang sederhana, Dr. Patricia Gordon menjalankan misi medis untuk menyelamatkan ribuan wanita di seluruh dunia dari kematian akibat kanker serviks yang dapat dicegah dan diobati.

5. Hector Guadalupe (New York, NY) A Second U Foundation

Setelah menghabiskan sepuluh tahun di penjara, Hector Guadalupe menggunakan keterampilan kebugaran yang membuatnya bugar di balik jeruji untuk memulai karir baru di luar. Saat ini, organisasinya membantu pria dan wanita lain yang sebelumnya dipenjara menjadi pelatih kebugaran dan mengakhiri siklus residivisme.

6. Zannah Mustapha (Maiduguri, Nigeria) Yayasan Islam Keberanian Masa Depan

Terlepas dari terorisme regional, penculikan, pembunuhan dan ancaman terhadap sekolah-sekolah daerah, Zannah Mustapha mendidik anak-anak dari kedua sisi konflik Boko Haram Nigeria, sementara juga membantu ribuan janda.

7. Michele Neff Hernandez (Simi Valley, CA) Soaring Spirits

Setelah kehilangan suaminya dalam sebuah kecelakaan tragis, Michele Neff Hernandez mendirikan Soaring Spirits untuk menyatukan janda-janda lainnya. Selama 13 tahun terakhir, organisasi ini telah membantu lebih dari 4 juta orang janda melalui perjalanan duka mereka.

8. Shirley Raines (Los Angeles, CA) Beauty 2 the Streetz

Shirley Raines membantu memberi makan, merawat, dan mengangkat penghuni Skid Row. Melalui Beauty 2 the Streetz, dia memberi mereka kesempatan untuk melihat sesuatu dalam diri mereka selain tunawisma.

9. Dr Ala Stanford (Philadelphia, PA) Black Doctors COVID-19 Consortium

Seorang ahli bedah anak, Dr. Ala Stanford melihat bagaimana pandemi menghancurkan komunitas kulit berwarna di kampung halamannya di Philadelphia. Dia menanggapinya dengan membangun kepercayaan dan memberikan tes dan vaksinasi gratis melalui kelompoknya, Black Doctors COVID-19 Consortium.

10. Made Janur Yasa (Ubud, Bali, Indonesia) Pertukaran Plastik

Ketika pandemi melanda perekonomian Bali, Plastic Exchange Made Janur Yasa menawarkan keluarga kesempatan untuk menerima beras gratis dengan mengumpulkan sampah plastik untuk didaur ulang. Inisiatif ini telah menyebar ke 200 desa dan membantu memberi makan ribuan orang.


Infografis Bali Siap Sambut Kedatangan Kembali Wisatawan Mancanegara

 

Karena Wayang Warganet Meradang

Adidas Dikecam Netizen Indonesia Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com 2021-11-16 09:55:19
Sneakers kolaborasi Adidas X desainer grafis Malaysia Jaemy Choong tuai kontroversi gara-gara desain Wayang Kulit. (dok. tangkapan layar video Instagram @adidassg/https://www.instagram.com/p/

Perusahaan seperti asal Jerman, Adidas baru-baru ini menuai kecaman dari netizen Indonesia. Hal ini terjadi sesaat setelah Adidas merilis produk terbarunya bernama Ultra Boost DNA City Pack.

Kecaman yang datang dari netizen Indonesia sendiri diketahui karena produk sepatu terbaru Adidas yang bertema wayang kulit disebut sebagai warisan budaya dari Malaysia. Produk koleksi dari City Pack ini sendiri pertama diumumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Filipina pada Senin (15/11/2021).

Unggahan akun Instagram tersebut pun langsung diserbu oleh netizen Indonesia yang menjelaskan mengenai budaya Wayang Kulit. Namun, hingga tulisan ini dibuat pihak Adidas Filipina masih belum memberikan tanggapan. Hal ini berbanding terbalik dengan akun resmi Adidas Singapura yang langsung meminta maaf dan memberikan tanggapannya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait kecaman netizen Indonesia terhadap Adidas yang sebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia, Selasa (16/11/2021).


1. Dilatarbelakangi desain pada sepatu

Klaim yang menyebutkan jika Adidas menyebutkan Wayang Kulit merupakan budaya dari Malaysia sendiri diketahui berasal dari desain kolaborasi sepatu asal Jerman tersebut dengan nama Ultra Boost DNA City Pack. Desain yang menggambarkan wayang kulit pada sepatu tersebut sendiri diketahui dibuat oleh seorang desainer grafis asal Negeri Jiran, Malaysia bernama Jaemy Choong.

Bahkan, dalam unggahan di akun resmi Instagram Adidas Filipina turut menampilkan budaya wayang kulit khas Indonesia serta desain sepatu yang dimaksud.

"Malaysia mewakili desain @JAEMYC untuk UltraBOOST DNA City Pack. Terinspirasi oleh kekayaan budaya Malaysia, desain tersebut memberi penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan memadukan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern," tulis akun Instagram @adidasph.


2. Hasil kerja sama dengan seniman kreatif dari Asia Tenggara

Pekan lalu, berdasarkan keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 13 November 2021, label sepatu asal Jerman tersebut merilis CITY PACK, koleksi baru yang "memberikan sentuhan baru pada siluet ikonis UltraBOOST DNA." Bahkan, perusahaan tersebut memilih bekerja sama dengan enam seniman kreatif asal Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Masing-masing seniman tersebut sendiri membuat desain yang terinspirasi dari berbagai keragaman budaya, masyarakat ataupun identitas khas asal daerah seniman tersebut.


3. Permintaan maaf

Klaim yang diungkapkan oleh Adidas Filipina dan Singapura yang menyebut jika Wayang Kulit berasal dari Malaysia ini pun membuat banyak netizen Indonesia meradang. Bahkan, tak sedikit pula yang turut menegaskan jika Wayang Kulit merupakan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Hal ini terlihat pula dari berbagai komentar di unggahan akun Instagram perusahaan sepatu tersebut.

Usai menerima berbagai kecaman, pihak perwakilan perusahaan dari Singapura pun langsung menyampaikan permintaan maaf melalui Instagram Story.

"Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara Wayang Kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti asal-usulnya dari Indonesia dalam posting kami.

Kami dengan tulus meminta maaf atas segala pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan kami baru saja mengubah pos kami.

Saat bekerja dengan seniman untuk mengembangkan perwakilan desaign warisan Malaysia dan Asia Tenggara, kami dengan rendah hati terinspirasi oleh warisan budaya yang kaya di negara-negara Asia Tenggara.

Untuk menghindari keraguan, baik brand maupun seniman tidak bermaksud untuk mengklaim seni budaya dari Indonesia.

Kami sekali lagi berterima kasih atas dukungan Anda terhadap merek ini, dan pembuat konten yang berkolaborasi dengan kami untuk merayakan budaya unik kami serta identitas kami." tulis akun Instagram @adidassg.


4. Ubah keterangan unggahan.

Tak hanya memberikan pernyataan permintaan maaf saja, dalam unggahan videonya mereka juga telah mengubah narasi dengan menyebut Wayang Kulit merupakan warisan budaya Indonesia.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST. Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!" tulis akun Instagram @adidassg.


5. Wayang Kulit diakui UNESCo sebagai budaya Indonesia

Melansir dari laman Indonesia.go.id, Selasa (16/11/2021), sejak 7 November 2003 lalu, UNESCo telah mengakui pertunjukan wayang kulit sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dibidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah atau Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Pertunjukan wayang kulit sendiri telah berkembang di Indonesia selama 10 abad sejak adanya kerajaan di Jawa ataupun Bali. Panjangnya periode waktu keberadaan wayang di Indonesia ini juga tercermin dari keragaman jenis wayang, aneka lakon, cara pementasan, dan bahasa. Adanya keragaman manifestasi seni wayang membuat pihak UNESCO mencatatnya sebagai warisan asli Indonesia.

Banjir Sebulan Tak Kunjung Surut

HEADLINE: Hampir Sebulan Banjir di Sintang Kalbar Tak Kunjung Surut, Solusinya?

Liputan6.com 2021-11-17 00:00:00
Banner Infografis Hampir Sebulan Banjir di Sintang Kalbar Belum Surut. (Foto: Dok. BNPB)

Minggu, 14 November 2021, menjadi hari yang kelam bagi Selly dan Uluk Azmi. Saat hendak mengantarkan makanan ke rumahnya di Jalan Akcaya II, Kota Sintang, Kalimantan Barat, mereka mendapati sang kakak, Hendra Saptapraha (41), sudah tak bernyawa. Tubuhnya mengambang di antara perabot rumah yang terendam banjir. Belakangan diketahui, Hendra punya riwayat penyakit epilepsi. Dirinya sempat menolak saat diminta mengungsi dan lebih memilih bertahan di rumahnya karena mengira banjir akan segera surut.

Faktanya, sejak banjir melanda Sintang pada akhir Oktober 2021, air di beberapa wilayahnya belum juga surut. Hingga laporan ini ditulis, Selasa (16/11/2021), data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang menyebut, air masih menggenangi Kabupaten Sintang di 12 kecamatan, antara lain Kecamatan Kayan Hulu, Kayan Hilir, Sintang, Binjai Hulu, Tempunak, Kelam Permai, Sei Tebelian, Ketungau Hilir, Sepauk, Dedai, Serawai dan Ambalau.

Akibatnya sebanyak 140.468 orang terdampak dan 35.117 unit rumah terendam banjir hingga ketinggian 3 meter. Sedangkan mereka yang mengungsi berjumlah 7.545 KK atau 25.884 jiwa. Warga yang mengungsi tersebar di 32 pos pengungsian. Tak hanya itu, 2 orang juga dilaporkan meninggal dunia akibat banjir.

Sementara itu, pantauan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, wilayah Kecamatan Kayan Hilir dan Sintang masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang pada malam hari. Dua wilayah tersebut termasuk dari tiga wilayah yang terdampak banjir paling parah di Kabupaten Sintang.

Menyikapi potensi hujan, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga, khususnya menghadapi bahaya banjir susulan. BPBD Sintang mengimbau warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di saat darurat, seperti saat proses evakuasi maupun di pos pengungsian.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Sintang menyampaikan, pihaknya terus melakukan pelayanan kepada warga terdampak, khususnya di pos pengungsian. Pos pengungsian didukung pos lapangan yang tersebar di 5 titik. Kendali penanganan darurat berada di bawah pos komando (posko) yang berada di Kantor BPBD Kabupaten Sintang. Untuk mendukung pelayanan makan dan minum para penyintas bencana, posko mengoperasikan 36 dapur umum di 12 kecamatan yang terdampak banjir.

Di sektor pelayanan publik, banjir menyebabkan 77 gardu PLN mengalami gangguan. Dari total gardu terdampak, sebanyak 16 gardu sudah berfungsi normal, sedangkan 61 lainnya masih padam. Pihak PLN terus melakukan perbaikan di lapangan dengan memperhatikan faktor keselamatan petugas.

Peristiwa banjir di Kabupaten Sintang ini terjadi sejak 21 Oktober 2021 lalu. Banjir melanda setelah hujan ekstrem mengguyur sehingga debit air Sungai Kapuas dan Melawi meluap. Pihak BPBD dan BNPB menyebut, banjir juga dipengaruhi pasang laut yang terjadi pada bagian hilir, sehingga aliran sungai terhambat dan banjir bertahan hingga kini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Buka Mata

Lalu siapa yang salah atas peristiwa ini? Jawaban yang paling gampang adalah menyalahkan hujan, sambil terus menutup mata dan pura-pura tidak tahu bahwa di kawasan itu sudah terjadi sabotase alam ugal-ugalan atas nama pembangunan dan peningkatan ekonomi. Tanpa meremehkan, curah hujan yang tinggi, La Nina, dan berbagai macam istilah lainnya, hanya pemantik bencana banjir. Ada yang lebih mengerikan dari itu, yaitu rusaknya bentang alam yang menjadi penyangga di sekitar daerah aliran sungai, yang menyebabkan air sungai meluap saat terjadi hujan.

Kawasan penyangga kehilangan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, sehingga banjir tak dapat ditolak. Maka pada tahap ini, banjir bukan lagi bencana alam tapi lebih kepada bencana yang dibuat manusia sendiri.

Hendrikus Adam, Kadiv Kajian dan Kampanye WALHI Kalbar saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (16/11/2021) mengatakan, banjir di Sintang membuktikan bahwa krisis iklim yang ditandai dengan anomali cuaca ekstrem tengah terjadi, salah satunya disebabkan karena kerusakan alam itu sendiri.

"Praktik ekstraksi sumber daya alam yang berlangsung sejak lama melalui curah izin bagi korporasi maupun praktik perusakan lingkungan di Kalimantan Barat, menjadikan bentang alam yang tadinya punya peran penting sebagai penyangga kawasan mengalami degradasi," katanya.

Tak hanya itu, Hendrikus menyebut, alih fungsi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas maupun bantaran sekitar daerah aliran sungai itu, yang sudah berlangsung sejak lama hingga saat ini, menyebabkan terjadinya risiko pendangkalan sungai. Akibatnya, air sungai meluap ke permukaan akibat debit air hujan yang tinggi maupun akibat air kiriman dari hulu.

Masalah banjir Sintang, kata Hendrikus, tidak bisa diselesaikan hanya dengan kunjungan pejabat terkait ke lokasi. Kunjungan tersebut memang baik, sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban banjir. Namun demikian, pemerintah juga perlu membuka mata dan melihat persoalan ini secara jernih.

"Bencana ekologis banjir ini penting jadi perhatian, agar pemerintah serius mengambil langkah perlindungan, pemulihan, dan penyelamatan eksosistem yang mengalami kerusakan," katanya.


Rusaknya DAS Kapuas

Data hasil analisis Global Forest Watch menyebut, dalam dua dekade terakhir, yaitu antara 2002-2020, hutan primer di Kalimantan Barat hilang sekitar 1,25 juta hektare atau menyumbang 36 persen kehilangan tutupan pohon. Kalbar memiliki 6,88 juta hektar hutan primer atau sekitar 47 persen dari total luasan wilayah 14,9 juta hektare. Pada 2020 saja, Kalbar tercatat sudah kehilangan 32.000 hektare hutan primer yang setara dengan 23 juta ton emisi karbon.

Sementara itu, Forest Watch Indonesia punya catatan lain terkait berkurangnya hutan, khususnya di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas. Awalnya, DAS Kapus memiliki 10 juta hektare hutan alam, namun pada 2020 luas lahan hutan alam di DAS Kapuas hanya tersisa 4 juta hektare. Luas tersebut berkurang 1,2 juta hektare selama 20 tahun terakhir.

Berkurangnya luasan hutan alam di DAS Kapuas, menurut catatan terbaru Forest Watch Indonesia, karena 54 persen daratan di DAS Kapuas telah dibebani izin-izin alih fungsi lahan dan industri ekstraktif. Perkebunan kelapa sawit menjadi industri yang mempunyai izin terluas, yaitu mencapai 2,5 juta hektare.

Mufti Barri, Direktur Eksekutif Forest Watch Indonesia (FWI) kepada Liputan6.com, Selasa (16/11/2021) mengatakan, membicarakan soal banjir Sintang memang tidak lepas dari DAS Kapuas. Pasalnya, Kabupaten Sintang yang memiliki luas 2,2 juta hektare, 100 persen wilayahnya berada di DAS Kapuas yang luasnya mencapai 10 juta hektare.

"Jadi banjir di Sintang sumber airnya bukan hanya dari wilayah administratif saja, kita harus lihat juga DASnya, karena sumber air bukan hanya dari Kabupaten Sintang saja, tapi juga dari DAS yang terkadang lintas kabupaten bahkan lintas negara," katanya.

Mufti lebih jauh mengatakan, situasi terakhir tutupan hutan di DAS Kapuas yang tinggal 40 persen, semakin memperlihatkan ruang untuk hutan semakin sedikit dari tahun ke tahun. Yang mengecewakan, menurutnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan selalu mengklaim laju deforestasi selalu turun.

"Desfortasi itu tidak seharusnya digunakan lagi untuk argumentasi-argumentasi terkait kerusakan lingkungan, salah satunya banjir. Karena sejatinya, deforestasi apalagi di DAS Kapuas itu memang akan terus turun, berkaitan dengan sumber daya hutan yang semakin menipis. Jadi bukan karena ada intervensi pemerintah yang menekan laju deforestasi, tapi karena hutannya yang sudah semakin menipis," katanya.

Data Forest Watch Indonesia mencatat, lebih dari 50 persen wilayah DAS Kapuas sudah dikuasai izin-izin konsensi, dan paling besar lahan sawit dan hutan tanaman industri. Hal inilah yang menunjukkan bahwa penurunan laju deforestasi terjadi bukan karena intervensi pemerintah tapi karena sumber daya hutannya memang sudah habis.

"Kalau kita lihat dari situasi banjir ini, hutan yang ada di DAS kapuas seharusnya sudah nol deforestasi. Pemerintah bukan lagi menurunkan laju deforstasi tapi seharusnya menekan tidak ada lagi deforestasi, bahkan seharunya ada minus deforestasi, artinya ada upaya-upaya yang dilakukan di DAS Kapuas," kata Mufti.

Mufti menekankan, apa yang terjadi di Sintang saat ini, adalah potret deforestasi yang terjadi di masa lalu, yang bahkan tidak dibenahi. Kejadian banjir Sintang seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia saat ini untuk bersama-sama menatap masa depan. Ada dua upaya yang setidaknya belum terlambat untuk dilakukan, yaitu pertama, melakukan rehabilitasi DAS Kapuas. Namun yang selalu menjadi kendala saat rehabilitasi hutan adalah kepastian lahan. Hal ini, menurut Mufti, sudah menjadi persoalan klasik yang terus terjadi saat rehabilitasi hutan.

"Menyelesaikan masalah kepastian hutan itu ya tentu dengan mencabut izin-izin yang memang berkontribusi besar pada terjadi bencana-bencana," katanya.

Langkah kedua, yang tak kalah penting, kata Mufti, adalah dengan menyeret perusahaan-perusahaan yang terbukti merusak hutan ke hadapan hukum. Upaya reforestasi, tidak bisa lagi hanya dengan menanam, membagikan bibit tanaman dan menyuruh warga menanam di perkarangan rumah mereka. Mengingat persoalannya tidak sesederhana itu.

"Artinya harus ada tindakan tegas dari pemerintah dengan cara mencabut izin-izin yang ada di sana," katanya.


Drama Politikus

Terkait banjir di Kabupaten Sintang yang tiga pekan tidak surut dan seolah tak ada solusi, Fadli Zon mencuit di media sosial menyindir Presiden Joko Widodo, yang lebih memilih ke acara seremonial di Mandalika ketimbang mengurus banjir Sintang.

"Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sdh 3 minggu banjir belum surut," tulis Fadli Zon di akun Twitter pribadinya @fadlizon.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengungkapkan, pemerintah telah memerintahkan badan terkait untuk bertindak menangani persoalan banjir. Selain itu, bantuan juga telah disalurkan kepada para korban bencana.

"Sudah ada badan yang bertindak cepat. BNPB sudah koordinasi turun dari awal. Kami juga koordinasi dengan pemerintah terkait. Bantuan tingkat satu sudah terdistribusi, sekarang bantuan tahap dua, dan diproses setelah pendataan yang dilakukan," kata Faldo, Senin (15/11/2021).

Dia menegaskan, Jokowi memberikan perhatian kepada bencana yang terjadi di Kalimantan Barat tersebut. Presiden, kata dia, ingin memastikan semua bantuan dan penanganan korban bencana berjalan dengan baik.

Yang membuat orang merasa geli, usai cuitan Fadli Zon tersebut, Partai Gerindra yang notabene partai koalisi pemerintah, langsung memberikan teguran kepada wakil ketua umumnya itu. Bahkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, pernyataan Fadli tidak menggambarkan sikap resmi fraksi dan Partai Gerindra. Pihaknya meminta maaf atas cuitan Fadli tersebut.

"Soal twit Pak Fadli Zon soal Sintang, kami perlu meluruskan jika statement tersebut tidak mewakili fraksi ataupun partai," ujar Habiburokhman, Minggu (15/11/2021).

"Kepada Beliau sudah diberikan teguran dan kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan," jelasnya.

Habiburokhman mengatakan, Partai Gerindra biasa memberikan teguran kepada kadernya yang memberikan pernyataan kurang tepat.

"Sebagai kader Gerindra, adalah hal yang biasa bagi kami jika ditegur apabila adastatementyang kurang tepat. Saya sendiri sebagai jubir partai sering kena teguran, begitu juga rekan-rekan anggota DPR lainnya," paparnya.


Menanti Gerak Konkret Jokowi

Langkah-langkah pemulihan hutan di DAS Kapuas bisa dengan mudah dilakukan Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin bangsa, pemegang mandat rakyat, yaitu dengan mengevaluasi perizinan konsensi berbasis hutan dan lahan. Penegakan hukum atas dugaan praktik buruk korporasi terhadap ekosistem lingkungan hidup sangat mendesak dilakukan.

Apalagi Presiden Joko Widodo sudah mengakui, banjir di Kalimantan disebabkan daerah tangkapan hujan yang rusak, sehingga harus diperbaiki.

"Ya itu karena kerusakan wilayah tangkapan, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun, ya itu yang harus kita hentikan," ujar dia, seusai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 di Banten, Selasa (16/11/2021).

Jokowi mengatakan, air Sungai Kapuas di Kalimantan Barat meluap karena daerah tangkapan hujan rusak dan pemerintah akan fokus memperbaiki daerah tangkapan hujan itu.

"Karena memang masalah utama ada di situ," katanya.

Selain daerah tangkapan hujan yang rusak, Jokowi mengatakan salah satu penyebab banjir adalah adanya curah hujan di Pulau Kalimantan yang lebih ekstrem dari biasanya.

Sebagai solusinya, Jokowi berjanji mulai tahun depan akan membangun daerah tangkapan hujan yang rusak. "Akan ada persemaian, kemudian ada penghijauan kembali di daerah-daerah hulu, di daerah-daerah tangkapan hujan, di area tangkapan, kita perbaiki," kata Jokowi, yang berlatar belakang sarjana kehutanan itu.

Lalu bagaimana dengan izin-izin konsensi yang banyak mengalihfungsi lahan? Nampaknya tugas rehabilitasi hutan dan reforestasi masih sangat panjang.


Infografis Banjir Sintang

 

Malaysia Larang Ojek Online

Malaysia Larang Layanan Ojek Online, Apa Alasannya?

Liputan6.com 2021-11-16 13:56:52
Ilustrasi anak motor. (Sumber: Pixabay)

Mengutip angka kematian pengendara sepeda motor dan pembonceng di Malaysia, Wakil Menteri Transportasi Datuk Henry Sum Agong menyatakan pemerintah tidak akan mengizinkan layanan ojek online.

Dilansir The Malay Mail, Selasa (16/11/2021), Henry mengatakan keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan statistik kecelakaan di jalan yang diberikan polisi.

Menjawab pertanyaan Anggota Parlemen (MP) Julau Larry S'ng, Henry mengatakan, dari angka kecelakaan lalu lintas 2019, ada lebih dari 3.900 kematian akibat kecelakaan sepeda motor dari total kematian di jalan 6.167, atau 64 persen.

"Ini memperhitungkan risiko keselamatan dan kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi di antara pengendara dan pembonceng di Malaysia," kata Henry.

Hal ini menyebabkan baik S'ng dan Muar MP Syed Saddiq Syed Abdul Rahman bertanya mengapa Malaysia tidak mengikuti model bike ride-hailing (ojek online) yang digunakan di negara tetangga Thailand dan Indonesia.

Sementara Syed Saddiq berkata, "ini adalah yang pertama kita mendengar tentang ini."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Populer di Malaysia

Wakil menteri menolak untuk menjawab pertanyaan anggota parlemen, dengan mengatakan bahwa pemerintah selalu mencari hal-hal positif terkait ride-hailing.

Pada 2019, layanan sepeda motor online bernama Gojek, yang populer di Indonesia, bersama dengan layanan serupa Dego, diberi lampu hijau untuk beroperasi di Malaysia.

Izin ini berlaku di bawah inisiatif Menteri Pemuda dan Olahraga Syed Saddiq.


Infografis Covid-19 Varian Delta Plus Muncul di Singapura dan Malaysia

 

Harun Masiku Kembali Diburu

Covid-19 Mereda, KPK Tingkatkan Pencarian Buron Harun Masiku

Liputan6.com 2021-11-16 12:51:51
Infografis Menanti KPK Tangkap Buron Internasional Harun Masiku (Liputan6.com/Abdillah)

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyatakan pihaknya mulai kembali meningkatkan upaya pencarian buronan Harun Masiku. Peningkatan pencarian Harun dilakukan lantaran pandemi Covid-19 mulai mereda.

"Saat ini Covid-19 sudah mereda, itu juga akan menjadi komitmen kami untuk kembali meningkatkan upaya pencarian Harun Masiku," ujar Ghufron di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan pihaknya akan mencari keberadaan Harun di mana pun berada, termasuk dugaan Harun berada di luar negeri. Menurut Ghufron, pihaknya sudah meminta bantuan Interpol untuk menyeret mantan caleg dari PDIP tersebut.

"Kami sekali lagi dari awal komitmen," ujar Ghufron.

Dia juga meminta dukungan masyarakat luas untuk tak ragu menghubungi KPK jika menemukan keberadaan Harun Masiku. Bantuan masyarakat dibutuhkan untuk mempercepat pencarian Harun.

"Kami berharap juga, bukan hanya media tapi masyarakat luas, mudah-mudahan masyarakat luas memberikan kontribusi positif kalau ada info-info tentang keberadaan orang-orang bukan hanya Harun Masiku tapi semua orang-orang yang terdapat dalam daftar pencarian orang yang di-list oleh KPK," tutur Ghufron.


Permintaan Red Notice

Sebelumnya, KPK sudah berkoordinasi dengan Interpol terkait penangkapan Harun Masiku. KPK sudah mengirimkan surat permintaan daftar red notice untuk tersangka kasus dugaan suap pergantian anggota DPR RI melalui pergantian antar-waktu.

"KPK telah mengirimkan surat ke National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia agar dapat diterbitkan red notice," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Kopi Ciwidey di Burj Khalifa

Ridwan Kamil Minum Kopi Berlapis Emas dari Jawa Barat di Burj Khalifa

Liputan6.com 2021-11-16 16:02:39
Ridwan Kamil juga memberikan sedikit gambaran saat menunggu antrian untuk bersalaman. Bahkan, antrian sampai tempat suguhan makanan. Hal itu juga sekaligus dimanfaatkan untuk mencicipi menu y

Kopi Indonesia sudah terkenal akan cita rasa yang khas dan telah menembus pasar global. Salah satunya adalah kopi luwak, yang memang asli dari Indonesia. Hal itu dibuktikan sendiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ia mendapat kejutan ketika diundang untuk mengunjungi restoran At.Mosphere di Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada pekan lalu. Secangkir kopi asli Ciwidey, Jawa Barat, yang dihidangkan dengan kertas emas menjadi 'hadiah' saat Ridwan makan siang di sana.

Kopi ini dihidangkan oleh chef Eka Muhammad, seorang putra Jawa Barat yang menjadi chef dan peracik menu di restoran tersebut. Hal itu, diungkapkan Ridwan melalui unggahan di akun Instagramnya, Senin, 15 November 2021.

"Assalamualaikum, saya sedang di Dubai bersama chef kebanggaan, Eka Pratama Mochamad, asal Jawa Barat. Jadi chef di Armani Hotel Dubai, di Gedung Burj Khalifa, gedung paling keren di Dubai," kata Ridwan melalui video singkat yang diunggah di akun Instagramnya.

Sambil memegang cangkir. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini kemudian mempromosikan Kopi Luwak Ciwidey yang disuguhkan chef Eka. "Chef Eka menyuguhkan kopi termahal pakai emas, yang ternyata Kopi Ciwidey. Saya baru tahu emas bisa diminum. Saya terima kopinya dengan emasnya di dalam kopi. Sah?" katanya menirukan ucapan Ijab Kabul, yang langsung memancing gelak tawa Chef Eka dan tamu lainnya .

Kang Emil juga mengungkapkan rasa bangga karena salah satu kopi termahal di dunia diracik oleh orang Indonesia. Bukan itu saja, kopi dengan taburan butiran emas itu, menjadi sajian ekslkusif yang hanya tersedia di Armani Hotel Dubai, yang berada di gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.


Cendol Jadi Dessert

Kang Emil mengungkapkan, chef Eka juga berinovasi dengan cendol hijau yang diracik jadi dessert yang menarik. Di atas cendolnya diberi topping berupa es krim.

Selain chef Eka, Kang Emil mengatakan ada tiga orang lainnya di restoran At.Mosphere yang berasal dari Jawa Barat. "Terima Kasih Kang Eka, tetap mencintai Indonesia dan Jawa Barat dengan bela negara berinovasi dengan produk kuliner Jabar ke dunia," kata Kang Emil menutup unggahan Instagramnya.

Setelah kembali ke Indonesia dan menjalani karantina selama beberapa hari, Emil menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Elizabeth Truss di Gedung Creative Center, Kota Bogor, 12 November 2021. Dalam kesempatan itu, Emil menyiapkan sajian istimewa sekaligus unik dan menarik bagi tamuny, yakni Es Cendol Elizabeth.


Cendol Elizabeth

"Bersama Walikota Bogor @bimaaryasugiarto, kami suguhi Cendol Elisabeth Bogor. Beliau surprise karena ada minuman pake nama Elizabeth, dan berharap bisa hadir di kafe-kafe di London. *siap laksanakan," tulisnya dalam unggahannya di Instagram pada 12 November 2021.

Elizabeth memang menjadi nama yang umum di Inggris Raya. Nama itu juga menjadi nama Ratu Inggris. Diplomasi bilateral dengan jajanan khas Jabar tersebut ternyata menjadikan obrolan antara kedua belah pihak jadi lebih cair.

Usai pertemuan, Kang Emil juga mengungkapkan keinginan Menlu Inggris, agar Jabar membuka restoran di London dengan sajian menu Es Cendol. "Jadi beliau meminta kalau bisa buka restoran di London, ada cendolnya lah, itu tentang diplomasi cendolnya," ungkapnya.

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!


Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

 

Divaksin Dapat Rp 500 Ribu

Presiden Ukraina Janji Berikan Uang Tunai Rp 500 Ribu untuk Setiap Warga yang Sudah Vaksin

Liputan6.com 2021-11-16 06:31:46
Seorang pasien COVID-19 yang diintubasi duduk di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Kiev pada 2 November 2021. Salah satu negara termiskin di Eropa, Ukraina, telah dilanda lonja

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada hari Senin mengatakan dalam sebuah pernyataan video bahwa semua warga Ukraina yang divaksinasi terhadap COVID-19 akan menerima pembayaran 1.000 hryvnia (Rp 500 ribu).

Ukraina memiliki salah satu tingkat vaksinasi terendah di Eropa dan bergulat dengan frase terburuk dari pandemi, dengan kematian mencapai rekor harian baru 833 minggu lalu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (16/11/2021).

Terkait vaksin COVID-10, Ukraina menghadapi masalah yakni sertifikat palsu vaksin COVID-19.

Walaupun berbagai vaksin Covid-19 sudah tersedia di Ukraina, tetapi upaya vaksinasi mendapat perlawanan kuat dari gerakan anti-vaksinasi. Para anti-vaksin juga secara aktif didorong hoaks dari Rusia.

Layanan Keamanan Ukraina baru-baru ini mengidentifikasi dan menutup lima ribu akun palsu terkait Rusia yang digunakan untuk menyebarkan teori anti-vaksin ke pengguna Facebook Ukraina.

Adanya hal ini membuat banyak orang berspekulasi bahwa disinformasi anti-vaksinasi sekarang menjadi bagian dari perang hibrida yang sedang berlangsung antara Moskow melawan Ukraina.

Ketika pemerintah Ukraina memperkenalkan langkah-langkah yang lebih ketat untuk memerangi penyebaran Covid-19 dan membatasi akses bagi yang belum divaksinasi, pasar gelap yang berkembang dalam sertifikat vaksinasi Covid-19 palsu telah muncul. Dokumen palsu vaksin ini dibanderol dengan harga rata-rata hanya 75 Dolar AS.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


CDC Tetapkan Ukraina Negara Berisiko Tinggi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS pernah menetapkan Ukraina sebagai tujuan perjalanan berisiko sangat tinggi, diikuti dengan jumlah kasus COVID-19 yang tinggi di negara Eropa Timur.

CDC mendefinisikan tujuan risiko COVID-19 "Level 4: Sangat Tinggi" sebagai area yang telah melaporkan lebih dari 500 kasus COVID-19 per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir.


Infografis 3 Syarat Penyintas Covid-19 Dapat Disuntik Vaksin Lebih Cepat: