Volume 139

Isi Black Box Mobil Vanessa?

Black Box Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel Dikirim ke Jepang

Liputan6.com 2021-11-17 07:09:35
Kondisi Mitsubishi Pajero Sport yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya dalam kecelakaan di Tol Nganjuk. (Twitter)

Benda alat perekam layaknya black box di pesawat yang diambil dari Mitsubishi Pajero Sport milik Vanessa Angel sudah dikirim ke Jepang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto.

"Alatnya (mobil) sudah dikirim ke Jepang. Kayak kotak hitam gitu kalau di pesawat," katanya, Selasa (16/11/2021).

Ia menjelaskan, dari kotak hitam ini nantinya akan didapatkan kejelasan mengenai fungsi-fungsi fitur mobil yang saat itu digunakan oleh Vanessa Angel dan keluarga. Ia menyebut, mobil yang dipakai oleh Vanessa itu adalah mobil bekas.

"Dari kotak hitam itu, nanti akan diterangkan mengenai kecepatan, fungsi dalam mobil, air bag, ban nya gimana, titik rem nya gimana, fitur-fitur itu bisa dipakai atau tidak. Karena itu kan mobil second (mobil bekas) yang dipakai oleh almarhum," tegasnya.

Rudi mengatakan, dari keterangan yang didapatkan dari black box mobil Pajero inilah, yang nantinya akan dijelaskan oleh ahli untuk melengkapi berkas perkara kecelakaan maut dengan tersangka sopir Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy tersebut.

"Hasilnya itulah yang nantinya akan dijelaskan oleh ahli dalam berkas," ujarnya.

Sebelumnya, Tubagus Mohammad Joddy, sopir artis Vanessa Angel, telah ditahan di Mapolres Jombang, Jawa Timur. Ia dikumpulkan dengan tahanan pidana umum lainnya, seperti tahanan kasus narkoba, maupun lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pasal Berlapis untuk Sopir

Dalam kasus itu, Tubagus M Joddy dijerat pasal berlapis. Dia dijerat Pasal 310 ayat 4 Undang-Undang Nomor 22 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dengan ancaman enam tahun penjara dan denda Rp12 juta, dan atau Pasal 311 Ayat 5 UU RI Nomor 22 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dengan ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp24 juta.

Artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi diketahui meninggal dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan BandarKedungmulyo, Kamis (4/11) siang.

Mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpanginya menabrak beton pembatas jalan tol di sebelah kiri. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) dan asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.

 

Peliharaan 'Crazy Rich' Sukoharjo

Mengintip Isi Kandang Seluas 9 Hektare Milik 'Crazy Rich' Sukoharjo

Liputan6.com 2021-11-17 16:00:16
Ilustrasi harimau sumatra Pusat Suaka Orangutan (PSO) Arsari di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Abdul Jalil)

Crazy richasal Sukoharjo, Jawa Tengah, Andry Sumampow memiliki lahan seluas 9 hektare untuk memelihara berbagai hewan, seperti harimau, walabi, rusa, kuda, burung merak, hingga ayam.

Bahkan, pria berusia 29 tahun ini sempat viral di media sosial, terutama di TikTok karena mempunyai lahan seluas 9 hektare untuk menunjang pakan harimau kesayangannya, yang bernama Kenzo.

Dalam video berjudul Konglomerat Pelihara Hewan Ini untuk Pakan Harimaunya di kanal Youtube Indo Exotic Pets, dia memperlihatkan beberapa koleksi hewan miliknya, termasuk harimau kesayangannya.

"Kami ada ayam kampung, ayam bangkok. Di sini juga ada kandang walabi semacam kangguru Autralia. Kami ada tujuh ekor kuda, yang ini enggak untuk makan Kenzo. (Kudanya) ada yang poni, ada yang dari Argentina. Kalau ini ada merak Blora, ini kameo yang lebih mahal. Selain itu, ada burung unta ada 9 dari Afrika," jelas Andry Sumampow.

Di lahan 9 hektare itu, bukan hanya Kenzo yang dipelihara Andry, tapi ada juga ada orangtua Kenzo, sehingga total ada tiga harimau di kandang milik Andry.

Uniknya, di lahan seluas 9 hektare ini, Andry mengatakan, ada beberapa hewan yang ia gunakan untuk makan harimau kesayangannya. "Kenzo enggak mungkin kelaparan di sini, semua terjamin," ucapnya.

Bukan hanya untuk kandang hewan peliharaannya saja, Andry Sumampow juga memiliki lapangan golf di area tersebut. Awalnya, lapangan tersebut milik pribadi, tapi kini juga dibuka untuk umum.

Tetapi jangan kaget jika ada rusa yang berkeliaran di lapangan golf tersebut. Pasalnya, rusa-rusa di sini dipelihara dengan cara dilepas tanpa dikandang.

Baca berita menarik lainnya di Solopos.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Simak video pilihan berikut ini:

Capres yang Mengaku Nabi

Pria Mengaku Nabi Daftar Pilpres Korea Selatan, Ini 7 Klaimnya

Liputan6.com 2021-11-17 16:00:21
Pengunjung yang mengenakan masker mengambil gambar di Museum Nasional Korea di Seoul, Korea Selatan, Rabu (22/7/2020). Museum ini dibuka kembali pada Rabu (22/7) setelah ditutup selama dua bu

Seorang pria kontroversial di Korea Selatan (Korsel) yanag mengaku sebagai nabi dilaporkan ikut daftar pilpres 2022. Sosok itu bernama Huh Kyung-young.

Ia berasal dari Partai Dividen Revolusioner Nasional. Sesuai nama partainya, Huh berjanji bagi-bagi dividen keuangan negara ke rakyat apabila menang.

Klaimnya yang fantastis membuatnya sering menjadi bahan olok-olok di dunia politik Korsel.

Pelantung single "Call Me" ini mengaku punya kekuatan dan mengklaim sebagai nabi yang turun dari langit. Ia berkata prihatin dengan kondisi masyarakat Korsel.

"Negara kita adalah ekonomi nomor ke-10 di dunia, tetapi level kehidupan masyarakatnya di level 100. Ini menunjukkan fakta negara kita tak kekurangan uang, tetapi ada banyak pencuri," ujarnya.

Berikut daftar klaim kontrovesial dari Huh Kyung-young seperti dirangkum dari Yonhap, Rabu (17/11/2021):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Bagi-Bagi Duit

Apabila menang, Huh Kyung-young berjanji akan memberikan sekali pembayaran 100 juta won ke semua orang berusia 18 tahun ke atas. Uang itu setara Rp 1,2 miliar.

Program universal income juga menjadi andalan. Tiap bulan, ia berjanji akan membagikan dividen ke rakyat senilai 1,5 juta won (Rp 18 juta).

Dalam sudut pandang ekonomi, program-program seperti ini bisa memicu inflasi. Harga-harga akan meroket, dan lembaran mata uang won menjadi kertas tak bernilai. Situasi akan mirip di Venezuela.


2. Hadiah Nikah

Khusus para pasutri baru, Huh berjanji memberikan 100 juta won. Artinya, para anak-anak muda yang menikah bisa meraih total 200 juta won dari pemerintah usai Huh Kyung-Young menang.

Ada lagi tambahan 50 juta won bagi keluarga yang baru punya bayi.

Pasutri baru juga bisa mendapat pinjaman bunga nol won senilai 200 juta untuk beli rumah.


3. Anggaran dari Koruptor?

Huh Kyung-young berkata dana anggarannya akan berasal dari para kriminal, termasuk para koruptor pengemplang pajak.

Para pelanggar hukum akan dikenai denda sesuai jumlah kekayaan mereka. Uang-uang yang disita akan dipakai untuk program subsidi pemerintah.


4. Ekonomi Meroket

Huh berjanji bahwa ekonomi rakyatnya bisa meroket jika dia jadi presiden. Ia mengklaim pendapatan GNI per kapita bisa tembus US$ 100 ribu.

Berdasarkan data Bank Dunia, GNI per kapita di Korsel berada di kisaran US$ 30 ribu dan di Indonesia US$ 3.870.

Kepada pendukungnya, Huh mengaku punya kekuatan mendapatkan wahyu serta manajemen.

"Saya memiliki karunia mendapatkan wahyu dan kekuatan manajemen," ujarnya.


5. Skor IQ Mencapai 430

Klaim fantastis lain dari Huh Kyung-young adalah otaknya yang jenius. Ia mengaku punya skor IQ 430.

Skor itu mengalahkan skor Albert Einstein yang diperkirakan memiliki IQ 160, bahkan Nikola Tesla yang diperkirakan memiliki skor hingga 310, berdasarkan laporan Reader's Digest.


6. Ingin Pindahkan Markas PBB ke Perbatasan Korut

Janji lainnya adalah ingin memindahkan markas PBB ke desa Panmunjom yang berada di perbatasan Korea Utara-Korea Selatan.

Meski klaim ini terdengar lucu, klaimnya yang lain pernah membuatnya terjerat hukum ketika berbohong saat pilpres 2007. Salah satu klaimnya adalah keturunan trah Samsung dan hadir di pelantikan George W. Bush.

Hasilnya, ia dilarang ikut pemilu selama 10 tahun.


7. Bisa Terbang

Kekuatan magis yang ia klaim miliki adalah bisa terbang dan punya kekuatan penyembuhan.

Ia kerap berbicara tentang kenabiannya melalui YouTube. Pria berusia 71 tahun ini juga mengaku abadi.

Pelantikan Jenderal Andika

Pesan Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI Baru

Liputan6.com 2021-11-17 15:52:00
Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI

Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku bersyukur usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Panglima TNI.

Menurut dia, hal itu adalah sebuah kehormatan luar biasa untuk mengemban amanah sebagai kepala kemiliteran di Indonesia.

"Ini suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik," kata Andika di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Dia menuturkan akan melanjutkan program kerja yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh pendahulunya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Andika menilai banyak hal baik yang perlu dilanjutkan dan dievaluasi.

"Program kerja kita akan melanjutkan secara umum karena kita sudah dibatasi ruang-ruang yang sudah dicantumkan UU 34 tahun 2004 dan saya akan terus tapi memang detailnya saja dari tiap tugas itu yang perlu sedikit evaluasi," jelas dia.

Andika berharap, seluruh TNI bisa terus menjadi bagian satu kesatuan dengan rakyat. Seperti semangan atas misi yang dibawanya, bahwa TNI adalah kita.

"Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dan kita semua di tengah keluarga teman maupun sanak saudara kita semua, karena kita adalah bagian dari mereka," kata dia.


Resmi Dilantik

Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono.

"Memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatan Panglima TNI disertai ucapan terima kasih dan pengabdian jasa yang telah disumbangkan kepada bangsa RI selama memangku jabatan tersebut," kata Sekretaris Militer Presiden membaca salinan Keppres.

"Mengangkat Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keppres mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," sambung dia.

Jokowi lalu memimbing Andika Perkasa mengucapkan sumpah jabatan Panglima TNI. Dia berjanji akan dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerka sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Andika.

Isi Diary Vanessa Bikin Nangis

Ibu Sambung Menangis Baca Buku Harian Vanessa Angel, Apa Isinya?

Liputan6.com 2021-11-17 13:00:00
Vanessa Angel meninggal dunia di Jawa Timur, 4 November 2021. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Ibu sambung Vanessa Angel, Puput, mengungkap bahwa dia sempat membaca buku harian Vanessa Angel semasa kecil. Sebenarnya, buku diary itu ditemukan secara tidak sengaja.

Awalnya, Vanessa Angel meminta tolong ibunya untuk dikirimi foto masa kecil. Di sinilah sang ibu sambung menemukan diary almarhumah.

"Ketika Vanes minta dikirimi foto masa kecil kan sempat tiga minggu sebelum meninggal minta foto masa kecil dia. 'Ma tolong dong minta foto kecil kakak'," kata Puput dikutip dari YouTube Cumicumi, Rabu (17/11/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menangis

Puput mengaku tak bisa membendung air mata saat membaca curahan hati Vanessa Angel di masa kecil.

"Saya cari di situ ada diary dia. Saya baca-baca sampai nangis. Ternyata dia mau mengenang momen kehidupannya," ujar istri Doddy Soedrajat ini.


Isi Diary

Puput lalu membocorkan satu kisah yang ditulis Vanessa Angel tentang hidupnya. Yaitu, kesedihannya saat ditinggal almarhumah ibunda saat usianya masih 10 tahun.

"Dia memang dari kecil suka nulis diary, ada buku tulisan kecil dia ketika ditinggal mamanya. Dia itu hampir sama kayak daddy, orangnya suka nulis," ungkap Puput.


Kecelakaan Maut

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tewas di tempat dalam kecelakaan di ruas Tol Jombang - Mojokerto 4 November 2021. Tubagus Joddy sang sopir telah ditetapkan sebagai tersangka.

Anak Gajah Mati Mengenaskan

HEADLINE: Lagi, Anak Gajah Mati Mengenaskan, Negara Perlu Serius Urus Satwa Liar

Liputan6.com 2021-11-18 00:00:00
Gajah yang belalainya terluka dan nyaris putus akibat jeratan perangkap pemburu di Banda Aceh, Indonesia. (AP)

Seekor anak gajah sumatra ditemukan dalam kondisi mengenaskan, badannya kurus dan belalainya nyaris putus. Saat dilihat warga di kawasan Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, pada belalai anak gajah itu terlihat sisa jerat yang masih menempel.

Usai menerima laporan warga, Sabtu malam (13/11/2021), pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh yang dibantu personel medis, Resort Aceh Jaya dan CRU Sampoiniet, BKPH Teunom-KPH I, CRU Aceh, PKSL FKH-USK, dan masyarakat setempat, langsung terjun ke lokasi mencari keberadaan si anak gajah tersebut.

Anak gajah itu baru bisa ditemukan pada Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 14.00 WIB di sekitar wilayah Desa Alue Meuraksa.

"Usai ditemukan dilakukan upaya pembiusan untuk dapat dilakukan penanganan medis dan pelepasan jerat yang masih menempel di belalainya," kata Agus Arianto.

Dari hasil observasi tim medis, diperkirakan luka pada belalai anak gajah sumatra itu sudah berlangsung lama. Hal itu dibuktikan dengan kondisi badan anak gajah yang terlihat kurus.

"Mungkin selama perkiraan selama dia terjerat asupan makanannya juga tidak optimal, karena fungsi belalai kan sebagai pengganti tangan untuk dia makan minum," kata Agus.

Tim medis memperkirakan, anak gajah itu sudah terluka jerat sekitar satu bulan sebelum ditemukan. Lantaran lukanya yang parah, anak gajah liar perlu mendapatkan perawatan lanjutan dan harus dievakuasi ke PLG Saree, Aceh Besar.

Namun nahas, dua hari usai menjalani perawatan, anak gajah sumatra itu mati. Luka pada belalainya sempat membusuk dan infeksinya menyebar, sehingga anak gajah tersebut tak bisa diselamatkan.

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap anak gajah yang mati, Agus menyebut, perkembangbiakan gajah sumatra di wilayah Aceh sendiri menurutnya masih sangat bagus. Data BKSDA Aceh yang diutarakan Agus menyebut, gajah sumatra di Aceh sendiri jumlahnya berkisar antara 500-550 ekor. Jumlah itu dirasa Agus menggambarkan perkembangbiakan gajah yang cukup baik, meski di beberapa lokasi ditemukan konflik antara manusia dan gajah, selain juga ditemukannya kasus kematian gajah.

"Kalau secara alami perjumpaan yang kita temukan di beberapa kantong-kantong habitat itu, berbagai umur gajah itu masih bisa ditemukan. Artinya proses perkembangbiakannya bagus," kata Agus.

Soal jerat yang membuat belalai anak gajah itu putus, pihak BKSDA Aceh mengaku tidak tahu siapa yang memasang, dan apa motivasinya. Namun pihaknya menyebut, sampai saat ini memang masih ada masyarakat yang menggunakan jerat sebagai respons konflik.

Agus hanya mengimbau, seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam, khususnya satwa liar gajah sumatra, dengan cara tidak merusak hutan, yang merupakan habitat berbagai jenis satwa, serta tidak menangkap, melukai dan membunuh. Kemudian tidak menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati.

"Saya selalu mengimbau ke masyarakat untuk tidak menggunakan alat atau bahan apa pun yang dapat membahayakan satwa liar bahkan membunuh satwa liar untuk merespons konflik yang tejadi. Tidak listrik tegangan tinggi untuk merespons konflik, untuk upaya-upaya pencegahan terhadap satwa liar yang masuk ke perkebunan warga. Karena itu tidak hanya melukai tapi juga membunuh, bahkan bisa membunuh warga itu sendiri," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Catatan Kelam Perlindungan Gajah

Kematian nahas seekor anak gajah sumatra di Aceh itu, menambah panjang catatan kelam jeleknya perlindungan satwa liar di tanah air. Tak heran jika Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh, usai penemuan anak gajah mati dengan belalai putus itu, meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Pemerintah Aceh bersama pemkab setempat perlu serius menyelesaikan persoalan ini agar tidak terjadi pengulangan terus menerus.

Direktur WALHI Aceh Muhammad Nur saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (17/11/2021) mengatakan, pada kenyataannya, pemerintah seolah tidak serius dalam melakukan perlindungan terhadap satwa kunci, terlihat hampir setiap tahun ada kematian gajah yang kena jerat maupun racun.

"Sementara di sisi lain Pemerintah Aceh Jaya di tahun 2019 lalu mendapatkan kouta repelanting sawit seluas 1.425 hektar, yang tersebar di berbagai titik, di antaranya Desa Alue 453 hektare, Masen dan Panter Kuyun Kecamatan Darul Hikmah-Setia Bakti 130 hektare, Desa Gampog Baroh 50 hektare, Desa Gunong Buloh 289 hektare, dan Desa Ranto Saboh 287 hektare. Luas kawasan peremajaan sawit itu sudah mengganggu jalur lintas gajah," beber Nur.

Aktivitas perluasan peremajaan sawit di Aceh Jaya maupun di kabupaten lain, kata Nur, membuktikan pemerintah pusat hingga pemda tidak perduli dengan ekositem gajah. Jalur atau koridor gajah, harusnya tidak diganggu atas nama bisnis sektor sumber daya alam.

"Untuk itu kami minta kepada Dinas Perkebunan Aceh menghentikan sementara waktu kegiatan peremajaan sawit sampai adanya penjelasan lebih rinci, terkait kawasan yang boleh digunakan untuk replanting, hingga tidak lagi menganggu habitat gajah dan species kunci lainnya di Aceh," katanya.

Mengingat peristiwa kematian gajah di Aceh terus berulang, WALHI Aceh mendesak BKSDA Aceh untuk tidak membiarkan kasus ini menguap begitu saja. Selain imbauan ke masyarakat, penting juga penegakan hukum tanpa pandang bulu sehingga memberikan efek jera pada pelaku menyebar jerat yang kerap memakan nyawa satwa liar.

"Kami juga meminta kepada KLHK untuk mengevaluasi capaian program TFCA terkait dengan perlindungan gajah sumatra. Ketika melihat angka kematian gajah meningkat setiap tahun, BKSDA seolah tidak serius memberikan perlindungan," katanya.

Menurut catatan WALHI Aceh, setidaknya sepanjang 2021 ada 34 kasus yang melibatkan satwa liar gajah di Aceh, termasuk kabar kematian dan konflik manusia dan gajah. Berikut catatan WALHI Aceh:

1. 2 Januari 2021, kawanan gajah liar memasuki permukiman warga di Bener Meriah

2. 11 Januari 2021, seekor gajah liar menampakkan diri, di Jalan Nasional, dan 5 hektare lahan warga dirusak oleh gajah tersebut di Bener Meriah.

3. 12 Januari 2021, seekor gajah betina yang sedang hamil ditemukan mati dikawasan perkebunan warga di Bener Meriah

4. 14 Januari 2021, puluhan ekor gajah liar merusak tanaman sawit, pisang, kelapa, dan juga 3 unit gubuk milik warga, di Aceh Timur.

5. 25 Januari 2021, kawanan gajah liar tersebut telah merusak perkebunan kelapa sawit dan pepaya milik warga di Nagan Raya.

6. 26 Januari 2021, kawanan gajah liar merusak perkebunan jagung dan pepaya, area persawahan warga juga ikut dirusak oleh kawanan gajah liar di Nagan Raya.

7. 26 Januari 2021, kawanan gajah liar merusak unit rumah milik warga di Nagan Raya.

8. 26 Januari 2021, berbagai jenis tanaman seperti coklat, pisang,durian,kelapa sawit, dan tanaman muda lainnya habis dirusak gajah di Pidie Jaya.

9. 27 Januari 2021, kawanan gajah merusak perkebunan jagung milik warga di Nagan Raya.

10. 27 Januari 2021, 10 hektare kebun sawit milik warga rusak diobrak-abrik oleh kawanan gajah liar di Aceh Timur.

11. 29 Januari 2021, ganguan gajah liar disejumlah desa dalam kecamatan seunagan timur, semakin meningkat. tanaman kacang tanah, padi, dan jagung dirusak dan dimakan di Nagan Raya.

12. 6 Februari 2021 kawanan gajah liar kembali merusak hektaran sawah milik warga, tidak hanya itu gajah juga merusak perkebunan jagung, kacang, pepaya,dan pinang, juga jadi bahan amukan gajah Di Nagan Raya

13. 14 Februari 2021, kawanan gajah liar sering berkeliaran dikawasan perkebunan warga di Pidie.

14. 6 Maret 2021, seekor gajah jantan ditemukan mati di pedalaman Desa Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya.

15. 8 Maret 2021, sebanyak 3 ekor gajah liar berkeliaran di kawasan perumahan penduduk di Bener Meriah.

16. 12 Maret 2021, 3 ekor gajah merusak tanaman diperkebunan warga di Bener Meriah.

17. 19 Maret 2021, sebanyak 5 ekor gajah liar mengamuk dipermukiman warga, 300 batang pohon pisang tumbang, 1 rumah rusak, dan 6 tiang listrik tumbang di Bener Meriah.

18. 21 Maret 2021, BKSDA Aceh menyatakan seekor gajah sumatera terluka lagi di Aceh Timur, gajah tersebut berada di kawasan Peunarun Kabupaten Aceh Timur.

19. 21 Maret 2021, seekor gajah liar jantan dengan bobot 4,5 ton dipindahkan oleh pihak BKSDA, di Bener Meriah.

20. 22 Maret 2021, seekor gajah betina ditemukan sakit di kawasan Perkebunan Sawit di Aceh Timur.

21. 2 Mei 2021 13, ekor gajah liar mengamuk di Kutacane, Aceh Tenggara, kawanan gajah tersebut merusak perkebunan milik warga yang berada di sekitar lokasi tersebut.

22. 18 Mei 2021, kawanan gajah liar kembali merusak perkebunan milik warga di Aceh Selatan.

23. 24 Mei 2021. seorang warga Tangse diamuk seekor gajah liar jantan, setelah berusaha menghalau kawanan gajah liar tersebut memasuki perkebunannya, di Pidie

24. 8 Juni 2021, seekor gajah betina berusia 6 bulan ditemukan mati di kawasan Aceh Timur.

25. 16 Juni 2021, seekor gajah liar menyerang seorang asisten pawang gajah di kawasan CRU Cot Girek.

26. 4 Juli 2021, seorang warga meninggal setelah diamuk gajah di Aceh Tengah.

27. 23 Juli 2021, kawanan gajah memasuki daerah pemukiman penduduk di Pidie.

28. 25 Juli 2021, 100 batang sawit muda milik masyarakat dirusak gajah di Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang.

29. 26 Juli 2021, sebanyak 20 ekor gajah liar merusak perkebunan pinang masyarakat di Pidie.

30. 7 Agustus 2021, seekor gajah liar berkeliaran dipermukiman warga di Bener Meriah.

31. 25 Agustus 2021, banyak tanaman produktif milik warga yang diserang kawanan gajah liar di Pidie.

32. 4 September 2021, satu rumah petani ambruk diserang kawanan gajah di Aceh Timur.

33. 16 September 2021, sebanyak 5 ekor gajah dibunuh di Aceh Jaya.

34. 16 Oktober 2021, seekor gajah liar ditemukan mati tanpa Kepala di Aceh Timur.

35. 17 November 2021, seekor anak gajah mati usai dua hari dirawat lantaran belalai putus terkena jerat.

Infografis Akhir Tragis Anak Gajah Usai Belalai Nyaris Putus Terkena Jerat. (Liputan6.com/Trieyasni)


Jadi Sorotan Dunia

Kasus gajah sumatra yang terakhir menjadi sorotan dunia. Berbagai media internasional mengangkat isu tersebut sebagai tema yang penting untuk diangkat dan dibicarakan. Media Amerika Serikat, Washington Post, melalui artikel bertajuk Indonesiababy elephant dies after losing half of her trunk mengangkat kasus tersebut.

"Seekor bayi gajah di Pulau Sumatra, Indonesia, mati pada hari Selasa setelah kehilangan separuh belalainya karena jebakan yang dibuat oleh pemburu yang memangsa spesies yang terancam punah itu, kata pihak bewenang, meskipun ada upaya untuk mengamputasi dan mengobati luka-lukanya," tulis media dari Amerika itu yang dikutip Rabu (17/11/2021).

Associated Press, yang juga dari Amerika turut mengulasnya dalam judul tulisan serupa.

Media Irlandia, Irish Examiner melalui tulisan Baby elephant in Indonesia dies after losing half of trunk to poachers' trap mengutuk para pelaku yang tega membuat anak gajah itu menderita.

"Seekor bayi gajah di pulau Sumatera Indonesia telah mati setelah kehilangan setengah belalainya karena jebakan yang dibuat oleh pemburu liar," tulis media tersebut mengutip pihak berwenang.

Dari Asia, media China, SCMP, turut mengulas dampak kekejaman para pemburu gajah dengan artikel Indonesian baby elephant dies after losing half its trunk due to poaching trap.

Sementara itu,Baby elephant in Indonesia dies after losing half of trunk to poachers' trap menjadi tajuk ulasan mengenai kisah malang bayi gajah di Banda Aceh itu yang dimuat media Turki, Daily Sabah.

Saluran berita bahasa Inggris yang paling banyak ditonton di India, Republic World, tak ketinggalan dengan isu tersebut. Menyoroti usia muda hewan tersebut melalui tulisanIndonesia: 1-year-old Sumatran Elephant Dies After Losing Half Of Her Trunk.

Kisah tragis bayi gajah dengan belalai hampir putus itu juga disorot media asing Taiwan News, yang ikut mengangkat dengan artikel bertajuk serupa Associated Press.


Tindakan Pemerintah

Sementara itu dalam paper Rencana Tindakan Mendesak Penyelamatan Populasi Gajah Sumatra 2020-2023, yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), populasi gajah sumatra dari periode 2007-2019 disebut merosot menjadi 61,3 persen. Penyebab kematian gajah antara lain disebabkan oleh perburuan, konflik antara gajah dan manusia, dan kematian akibat jerat, racun, dan aliran listrik. Semua penyebab itu dinyatakan sebagai ancaman serius bagi populasi gajah sumatra.

Hal ini juga di perparah dengan deforestasi habitat gajah sumatera. Pada 2000, hutan di Provinsi Riau dan Jambi memiliki luas sebesar 7,8 juta hektare dan pada 2014, luas hutan mengalami penurunan 3,4 juta hektare atau sekitar 43,6 persen. Kondisi ini yang membuat status populasi gajah sumatra saat ini menjadi kritis (Critically Endangered).

Penurunan populasi dan hilangnya habitat menyebabkan populasi gajah terpecah menjadi kantong - kantong populasi yang lebih kecil. Sejumlah kantong populasi kecil (kurang dari lima individu) merupakan populasi yang paling terancam.

Daya dukung yang semakin terbatas dan perkawinan sedarah (inbreeding), merupakan ancaman yang sangat serius bagi populasi kecil. Jika hal ini tidak ditangani dengan serius dalam waktu singkat, populasi gajah sumatra tidak viable untuk berkembang dan tingkat erosi genetik akan semakin tinggi.

Kematian gajah in-situ di Indonesia terfokus di Aceh, Riau, Jambi dan Lampung dalam 10 tahun terakhir yang diakibatkan oleh konflik gajah dan manusia, perburuan, sakit dan kondisi tidak teridentifikasi.

Di Aceh sendiri, kematian gajah banyak terjadi di Aceh Timur dan Aceh Tengah dan kondisi yang kritis bagi kantong gajah di Subbusalam (Aceh Selatan). Di Riau, kematian gajah terpusat di Tesso Nilo dengan kematian di tahun 2013-2014 mencakup 80 persen dari seluruh kematian gajah di Riau hingga menurun secara drastis tahun 2017-2019. Balai Raja dan Giam Siak menduduki tempat kedua sebagai lokasi dengan jumlah kematian gajah dan manusia tertinggi di Propinsi Riau.

Kantong gajah di Tebo memiliki jumlah kematian gajah yang lebih tinggi dibandingkan lokasi lain di Provinsi Jambi, terutama karena kondisi kritis beberapa kelompok gajah dan konflik berkepanjangan dengan manusia. Provinsi Lampung memiliki dua kantong gajah yang merupakan wilayah rawan kematian gajah, yaitu di Bukit Barisan Selatan (BBS) dan Way Kambas.

Beberapa kantong gajah yang memiliki angka kematian gajah tertinggi dan menjadi prioritas adalah Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Selatan (Subbusalam), Tesso Nilo, Balai Raja, Tebo (Jambi), Bukit Barisan Selatan dan Way kambas.

Merujuk pada kondisi populasi dan distribusi gajah sumatra saat ini, KLHK akan melakukan beberapa strategi penyelamatan dan penyelesaian masalah mendesak dalam upaya koservasi gajah sumatra, antara lain, perlindungan gajah di alam dan penguatan kapasitas aparat penegakan hukum dalam memerangi tindakan kejahatan terhadap satwa liar, khususnya pada gajah. Penanggulangan dan adaptasi konflik manusia dan gajah secara efektif melalui optimalisasi pengelolaan barrier, serta mendorong praktik hidup berdampingan (koeksistensi) antara manusia dengan gajah (tidak ada kematian manusia).

Menghilangkan potensi ancaman langsung pada lokasi-lokasi prioritas, dan penyelamatan gajah dari populasi alami kritis (doomed population) dan pemindahan ke habitat yang aman dan layak.


Infografis Perlindungan Gajah Sumatra

 

Hijaber Pertama di Miss World

Khadija Omar, Kontestan Berhijab Pertama di Miss World dari Somalia

Liputan6.com 2021-11-17 03:02:00
Khadijah Omar, kontestan pertama yang berhijab yang mengikuti ajang Miss World 2021 (dok.instagram/@khadija_omarr/https://www.instagram.com/p/CNaqpvCgIZG/Komarudin)

Nama Khadija Omar, kontestan Miss World 2021 mendadak menarik perhatian publik. Bukan tanpa sebab, perempuan asal Somalia itu perempuan pertama berhijab yang mengikuti ajang kecantikan dunia tersebut.

"Khadija Omar berusia 20 tahun. Mahasiswi jurusan psikologi, adalah kontestan berhijab pertama yang mewakili Somalia di Miss World 2021," tulis laman Miss Somali, Selasa (16/11/2021).

Disebutkan, saat tumbuh dewasa, Khadijah tidak memiliki representasi tentang model hijab, membuatnya mengidolakan orang-orang yang terlihat berbeda darinya. Namun, dia terinspirasi setelah melihat model Somalia Halima Arden di panggung global, dan keinginan untuk mewakili gadis-gadis Muslim kulit hitam di majalah, acara televisi , film semakin berkembang, sebuah mimpi yang akhirnya terwujud melalui platform Miss World Somalia.

Dibesarkan sebagai pengungsi di kamp, dia sepenuhnya memahami bahwa kondisi iklim yang keras di Somalia seperti kekurangan air, kekeringan, serangan belalang, hingga banjir. Hal itu telah membuat lebih dari 2,3 juta orang mengungsi dengan perempuan dan anak-anak mengalami efek itu paling banyak.

Khadijah akan bekerja dengan UNHCR dan Aksi Pemuda Somalia dalam program mata pencarian dan pendidikan iklim, terutama untuk perempuan dan anak-anak. Ia akan bekerja dalam merelokasi orang-orang yang rentan dari pemukiman rawan banjir untuk para pengungsi internal di situs yang aman.

Para pengungsi akan diberikan tempat penampungan sementara. Mereka juga menerima perlengkapan bantuan darurat serta uang penggalangan dana bagi mereka untuk memulai kehidupan yang berkelanjutan setelah mereka direlokasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sibuk Pemotretan

Saat ini, Khadija Omar terbilang sangat sibuk. Dalam beberapa foto yang diunggah dalam Instagram Story-nya, ia terlihat sibuk menjalani pemotretan.

"Terima kasih atas berbagai salam dan cinta. Aku sibuk hari ini. Tapi aku akan segera kembali," kata Khadija.

Dalam akun Instagram-nya, sejumlah warganet ramai memberikan dukungan kepada Khadijah. Tak sedikit di antara mereka adalah orang Indonesia.


Soal Hijab

Sebelumnya, dalam akun Instagram @Khadija.omarr, ia mengungkapkan tentang ketidakpercayaannya saat ini terhadap beberapa orang yang tak memahami perempuan yang berhijab. "Larangan hijab Prancis hanyalah bukti lebih lanjut tentang bagaimana islamofobia ada di dunia kita," tulis akun tersebut.

Khadija mengatakan ia telah mengenakan hijab bertahun-tahun. Bagi dia, mengenakan hijab itu pilihan dan ia tidak merasa tertindas.

"Hijabku adalah caraku memperingati agamaku dan keindahan yang menyertainya," kata Khadija. Unggahannya itu mendapat dukungan dari banyak warganet.


Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

 

Gerhana Bulan Terlama Abad Ini?

Gerhana Bulan Sebagian 18-19 November 2021 yang Terlama Abad Ini? Begini Kata Lapan

Liputan6.com 2021-11-17 18:01:20
Perkembangan gerhana dimulai dengan sebagian menutupi bulan seperti yang terlihat di Sydney, Australia, pada Rabu 26 Mei 2021. (Saeed / AFP / Getty)

Menurut NASA, bayangan Bumi akan menutupi sebagian besar Bulan atau juga disebut sebagai Gerhana Bulan bakal terjadi dalam waktu dekat pada bulan November ini.

Badan Antariksa AS itu mengatakan Gerhana Bulan sebagian bakal terbentuk pada 18-19 November 2021. Apakah terlihat di Indonesia?

Fenomena ini bahkan disebut-sebut sebagai yang terlama abad ini.

Statistik NASA tentang Gerhana Bulan dari tahun 2001 hingga 2100 menunjukkan gerhana sebagian bulan ini akan menjadi yang terpanjang abad ini, dengan durasi lebih dari 3 jam dan 28 menit. Bandingkan dengan Gerhana Total terlama abad ini, yang terjadi pada 2018 dan berlangsung selama hampir satu jam 43 menit.

Perihal tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan bahwa Gerhana Bulan sebagian bakal terjadi di Indonesia pada 19 November 2021 nanti. Namun apakah akan menjadi Gerhana Bulan terlama di abad ini? Begini penjelasannya.

"Selama-lamanya durasi Gerhana Bulan Sebagian, tetap masih lebih lama durasi Gerhana Bulan Total yang durasinya dapat mencapai 5 jam 19 menit sejak kontak awal sebagian (saat Bulan tepat memasuki umbra Bumi) hingga kontak akhir sebagian (saat Bulan tepat meninggalkan umbra Bumi)," kata Andi Pangerang dari Pusat Riset Sains Antariksa seperti dikutip dari akun Instagram @pussainsa_lapan, Rabu (17/11/2021).

"Hal ini dikarenakan Bulan berada di tengah-tengah umbra sehingga durasi gerhananya menjadi lebih lama. Gerhana seperti ini disebut juga Total-Sentral."

Indonesia pernah mengalaminya pada 16 Juni 2011 silam dengan durasi total selama 100 menit, dan akan terjadi kembali pada 7 Juli 2047 dengan durasi parsial + total sebesar 5 jam 19 menit dan durasi total 101 menit.

Gerhana Bulan Sebagian adalah kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak Gerhana, maka durasi gerhana akan semakin lama.

Pada Gerhana Bulan Sebagian kali ini, jelas Andi, permukaan Bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%. Sehingga durasi gerhana dapat mencapai 3 jam 28 menit. Perkiraan waktu ini sesuai dengan yang diprediksi oleh NASA.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ini Wilayah di Indonesia yang Paling Jelas Lihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November

Menurut Andi Pangerang, Gerhana Bulan Sebagian kali ini paling lama terlihat di wilayah paling timur Indonesia.

"Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian Barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana bulan Sebagian," paparnya.

Gerhana Bulan Sebagian terlama yang pernah dialami di Indonesia terjadi pada 15 September 1932 dengan durasi 3 jam 24 menit dan 12 Mei 1892 dengan durasi 3 jam 26 menit.

Indonesia akan mengalami kembali Gerhana Bulan Sebagian terlama pada 14 Agustus 2231 dengan durasi 3 jam 27 menit dan 17 Juli 2373 dengan durasi 3 jam 23 menit.

Bulan purnama terlihat selama gerhana sebagian di Sydney, Australia pada Rabu (26/5/2021). Gerhana bulan total yang bertepatan dengan Supermoon untuk pertama kalinya dalam dua tahun. (Saeed KHAN / AFP)

Boleh Sekolah Asal Berhijab

Taliban Izinkan Perempuan Sekolah, Syaratnya Pakai Hijab

Liputan6.com 2021-11-17 11:57:29
Delegasi Taliban Shahabuddin Delawar (kiri), Mullah Abdul Ghani Baradar, dan Khairullah Khairkhwa (kanan) bertemu diplomat asing di Doha, Qatar, Selasa (12/10/2021). Taliban mencari pengakuan

Setelah dikecam oleh dunia internasional, Taliban menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang anak perempuan untuk sekolah. Namun, Taliban berkata belajar tanpa hijab itu dilarang agama.

Dilansir Tolo News, Rabu (17/11/2021), Kementerian Kebajikan dan Pencegahan Maksiat menyebut perempuan bisa sekolah hingga level PhD. Hanya saja hijab menjadi syarat pendidikan perempuan.

"Islam tidak menolak pendidikan, tetapi menolak pendidikan tanpa hijab," ujar (plt.) Menteri Kebajikan dan Pencegahan Maksiat, Shaikh Mohammad Khaled Hanafi.

Solusi lain yang dilakukan Emirat Islam Afghanistan adalah pemisahan siswa dan siswi agar tak belajar di tempat yang sama.

"Emirat Islam sedang membuat kerangka agar anak laki-laki dan perempuan bisa melanjutkan pendidikan mereka di tempat-tempat yang terpisah," jelasnya.

Pada akhir Oktober lalu, beberapa SMA di Afghanistan dilaporkan sudah menerima kembali para siswi.

Selain itu, Hanafi memastikan bahwa tujuan kementeriannya bukan mengatur masalah jenggot.

"Tujuan Kementerian Kebajikan dan Maksiat bukanlah untuk mempermalukan orang-orang terhormat karena alasan bercukur, itu bukan tujuan kita," ucapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Taliban Salahkan Pemerintah Sebelumnya

Tak lupa, ia turut menyalahkan pemerintahan sebelumnya. Ia berkata dulu banyak pelecehan tempat kerja yang terjadi.

Sebelumnya, Taliban juga menyalahkan pemerintahan sebelumnya pada krisis kesehatan yang terjadi. Saat ini, Afghanistan mengalami masalah di sektor kesehatan dan ekonomi karena bantuan internasional dihentikan sejak Taliban berkuasa.

Taliban pun masih berusaha agar diakui pemerintahan dunia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pernah berkata bahwa jika Taliban ingin pengakuan dunia, maka salah satu syaratnya adalah menjamin hak-hak perempuan.

Ayah Vanessa Ingin Video Call

Ayah Vanessa Angel Ungkap Rasa Rindu: Daddy Tungguin Video Call Kamu, Nak

Liputan6.com 2021-11-17 14:30:00
Tak Tahu Anaknya Menikah, Ini 5 Momen Mesra Vanessa Angel Bareng Ayah (sumber: vanessaangelofficial)

Sudah dua pekan Vanessa Angel berpulang ke sisi Tuhan. Kepergian Vanessa untuk selamanya tentu membuat orang terdekat dilanda kerinduan, termasuk sang ayah, Doddy Soedrajat.

Melalui akun Instagram-nya, pria paruh baya ini mengaku tak bisa tidur karena merindukan anak sulungnya. Doddy menanti Vanessa Angel menghubunginya.

"Putri kecilku, semalam Daddy tungguin video call kamu lagi nak," tulis Doddy Soedrajat pada Kamis (17/11/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Call

Bersama keterangan itu, dia mengunggah tangkapan layar Instagram Story Vanessa. Kala itu, ibunda Gala Sky memperlihatkan momen video call bersama ayahnya saat ulang tahun, Oktober 2021.

"Happy birthday daddy see you tomorrow," tulis istri almarhum Bibi Andriansyah kala itu.


Ulang Tahun

Diketahui, keesokan harinya mereka bertemu untuk merayakan ulang tahun Doddy Soedrajat di sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan. Itu menjadi pertemuan terakhir mereka.

Dalam momen itu pula, Vanessa Angel membelikan baju untuk sang ayah dan ibu sambungnya.


Keceriaan Vanessa

Sementara bila mengintip Instagram Storiesnya, Doddy Soedrajat mengunggah video Vanessa saat bermain TikTok bersama adiknya. Bintang FTV ini tampak ceria dalam video itu.

"Ya Allah, Nak, Al Fatihah," tulis Doddy disertai dengan emotikon menangis.