Volume 151

Potensi Tsunami 8 Meter Cilegon

Kepala BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami hingga Ketinggian 8 Meter di Cilegon

Liputan6.com 2021-12-01 17:41:25
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11). Rapat membahas berbagai hal mengenai jatuhnya Lion Air PK-L

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkap adanya potensi tsunami hingga ketinggian 8 meter di Cilegon, Banten.

Hal ini diungkapnya saat menggelar rapat kerja bersama Komisi V DPR, BMKG hingga Kemenhub untuk membahas persiapan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Zona rawan tsunami di Cilegon, Banten, itu juga tempat wisata di Selat Sunda dapat berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter," kata Dwikorita di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (1/12/2021).

Namun, dia tidak membeberkan kapan potensi tsunami dapat terjadi. Dia hanya memaparkan zona rawan tsunami.

Selain itu, Dwikorita juga memaparkan proyeksi cuaca saat Nataru. Ia menyebut hampir wilayah Indonesia akan mengalami hujan lebat.

Pada sebelum Natal atau 18-24 Desember 2021, hampir di seluruh wilayah Sumatera dan Jawa akan berpotensi hujan lebat. Begitu juga Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Potensi cuaca satu minggu sebelum Natal, di sini terlihat potensi cuaca gambar yang menunjukkan awan hitam itu adalah hujan lebat tampaknya. Hampir seluruh provinsi di Sumatera, kecuali Sumsel, dan di Jawa kecuali DKI akan mengalami hujan lebat, bahkan sampai NTT. Ini hujannya lebat dan intensitas sedang," ujarnya.


Waspada Potensi Hujan Lebat pada 25 Desember

Sementara, pada 25 Desember 2021-1 Januari 2022, ia menyebut potensi hujan sedang-lebat akan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Berikutnya 25 Desember-1 Januari, tampaknya hampir seluruh provinsi di Indonesia itu mengalami hujan lebat, baik Sumatera, Kalimantan, Jawa, NTT, Papua, Sulawesi sebagian besar hujan lebat, kecuali di Sulbar dan Maluku hujan sedang," kata Dwikorita.

Oleh karena itu, Dwikorita meminta masyarakat terus memperhatikan himbauan pemerintah dan pantauan cuaca.

"Untuk keselamatan, baik transportasi, keselamatan masyarakat, karena dengan hujan lebat, potensi bencana, banjir, longsor, banjir bandang, gelombang tinggi, itu semakin meningkat," pungkas dia.

Tanggal Keramat Pemilu 2024

HEADLINE: Menanti Ketuk Palu Pemilu 2024, Masih Ada Pekerjaan Rumah?

Liputan6.com 2021-12-02 00:03:03
Ilustrasi Pemilu/Pilkada/Pilpres (Freepik)

Hari H Pemilu 2024 disebut menemukan titik terang. Baik Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah dan DPR juga disebut telah sepakat dengan tanggal 21 Februari.

Klaim tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner KPU Pramono Ubaid. Menurutnya, semua pihak menghormati kewenangan lembaganya dalam menetapkan tanggal pemungutan suara.

Sebagai tindak lanjut dan penetapan tanggal, KPU telah menyurati Komisi II DPR agar menindaklanjuti pembahasan jadwal Pemilu 2024

KPU pun telah mengirimkan surat permohonan konsultasi dalam forum rapat dengar pendapat (RDP) untuk membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024.

Pramono mengatakan, dalam surat tersebut KPU berharap RDP bisa dilaksanakan pada tanggal 7 Desember atau paling lambat sebelum memasuki masa reses.

Dia menjelaskan, sifatnya masih berkonsultasi untuk menemukan aturan di Pemilu 2024, meskipun drafnya sudah disiapkan.

"Ya belum (disepakati). Kan baru kita kirimkan surat permohonan konsultasinya. Tapi nanti kan proses pembahasan kan masih berlangsung dalam RDP nanti. Ya kita menunggu undangan RDP dari DPR," kata Pramono kepada Liputan6.com, Rabu (1/12/2021).

Dia menuturkan, dasar penyusunan PKPU yang nanti akan dibahas tetap menggunakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Karena kan memang telah disepakati tidak ada revisi.

"Tapi kan untuk teknis-teknis tahapannya nanti kan KPU diberi kewenangan untuk mendetailkan itu melalui peraturan KPU, nah salah satunya peraturan KPU soal tahapan program dan jadwal yang kita ajukan untuk konsultasi itu," jelas Pramono.

Dia menyadari, bahwa tantangan Pemilu 2024 tak mudah, lantaran adanya Pilkada serentak juga. Karena itu, pihaknya berupaya untuk membuat jarak lebar antar kedua kontestasi tersebut agar tak mempengaruhi atau memberi dampak, terlebih pada Pilkada.

"Kita Ingin bagaimana ragulasi yang dibutuhkan untuk Pemilu itu disiapkan jauh-jauh hari. Jadi tidak mepet-mepet Pemilu. Makanya PKPU itu kita siapkan dari jauh hari itu dalam rangka untuk mengurangi kompleksitas itu," kata Pramono.

Dia pun menuturkan, soal adanya penerapan teknologi informasi di dalam pelaksanaan tahapan Pemilu, Misalnya untuk pendaftaran partai politik, lalu kemudian untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara.

"Nah itu bagian dari upaya kita mengurangi kompleksitas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan datang," jelas Pramono.

Meski demikian, dia menampik bahwa KPU untuk Pemilu 2024 menyiapkan pemungutan suara melalui metode elektronik.

"Yang kita siapkan bukan e-voting atau penghitungan suara elektronik atau e-counting, tetapi e-rekapitulasi. Jadi rekapitulasi hasil penghitungan suara secara elektronik nah itu yang kita siapkan," kata Pramono.

Senada, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, dalam rancangan PKPU nanti ada yang sifatnya perubahan, baru, atau kodifikasi.

"Proses pembentukan PKPU dilaksanakan sesuai mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data sementara KPU ada sekitar 19 rancangan PKPU untuk Pemilu dan 14 rancangan PKPU untuk Pilkada," kata I Dewa Kade kepada Liputan6.com, Rabu (1/12/2021).

Menurut dia, jumlah PKPU tersebut tidak stagnan sampai di sana. "Nanti bisa berkembang sesuai kebutuhan," jelas I Dewa Kade.

Diyakininya, kompleksitas Pemilu 2024 yang berbarengan Pilkada membuat semua harus dijalankan dengan baik. Selain itu, perlu rencana yang matang untuk bisa berjalan dengan sempurna.

Karenanya, I Dewa Kade melihat ada sejumlah agenda penting dan strategis yang perlu mendapat atensi sejak awal, salah satunya PKPU tersebut.

"Perlu dipersiapkan dan dibentuk secara partisipatif dan progresif sehingga mampu menjawab kebutuhan," kata I Dewa Kade.

Selain itu, peningkatan kapasitas SDM dan konsolidasi kelembagaan Penyelenggara. Ini penting sekali.

"Penguatan aplikasi dan sistem IT KPU, perencanaan anggaran dan logistik, antisipasi Pandemi yang belum berakhir, faktor cuaca dan iklim, serta koordinasi dengan segenap stake holder," kata I Dewa Kade.


Harus Berinovasi

Sementara, Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti mengatakan,terkait aturan Pemilu sebenarnya tidak ada banyak yang berubah secara teknis lantaran tidak ada revisi UU Pemilu.

"Hanya yang paling mendesak dan penting untuk diatur secara teknis saat ini menurut saya adalah jadwal tahapan Pemilu dan penyederhanaan tata kelola pelaksanaan pemilu," kata Putri kepada Liputan6.com, Rabu (1/12/2021).

Menurut dia, kedua hal itu penting dalam konteks meminimalkan kerumitan teknis dan risiko pelaksanaan Pemilu serentak. "Apalagi kalau belajar dari pengalaman Pemilu sebelumnya," jelas Putri.

Dia pun mencontohkan, Pemilu sebelumnya banyak petugas TPS sakit hingga meninggal dunia lantaran kerumitan teknis Pemilu.

"Dan persoalan ini bisa diminimalkan risikonya dengan penyederhanaan teknis pelaksanaan kepemiluannya, termasuk misalnya dengan digitalisasi," jelas Putri.

Dia pun melihat, KPU sudah mengembangkan e-rekapitulasi. "Hal ini jika serius ingin dikembangkan, maka harus diatur teknisnya sejak awal, meski di tengah jalan sangat mungkin dikembangkan," tutur Putri.

Sementara, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati melihat selain PKPU dan jadwal Pemilu, KPU juga harus bisa melakukan simulasi-simulasi terkait tahapan Pemilu, termasuk jika ada gagasan atau inovasi yang akan diterapkan pada Pemilu 2024 nanti.

"Menurut kami memang idealnya ada perubahan di level UU. Terutama terkait tata kelola manajemen pemilunya saja, jadi kalaupun ada revisi sifatnya terbatas saja, bukan revisi besar. Atau pemerintah mengeluarkan Perppu. Misalnya untuk hal terkait penggunaan teknologi informasi. Apalagi baru-baru ini ada Putusan MK No 16/2021 yang menyatakan bahwa untuk memperbaiki manajemen Pemilu, kita perlu dilakukan pembenahan dari sisi UU," kata Khoirunnisa kepada Liputan6.com, Rabu (1/12/2021).

Namun, karena tidak ada perubahan UU, artinya secara sistem tetap sama dengan Pemilu 2019, sehingga yang perlu disiapkan adalah teknis manajemennya. Misalnya soal proses rekapitulasi suara yang berdasarkan pemilu 2019 menjadi beban yang cukup besar.

"KPU ada inovasi untuk melakukan rekapitulasi secara elektronik untuk memudahkan dan meringankan beban kerja, tetapi masalahnya penggunaan teknologi informasi tidak diatur dalam UU Pemilu," ungkap Khoirunnisa.

Terkait pandemi Covid-19 juga, perlu diatur regulasinya, karena memang tak ada yang tahu bagaimana situasi di tahun 2024 nanti.

"Misalnya soal alternatif pemberian suara, karena saat ini pemilih untuk memberikan suara harus datang ke TPS. Tidak ada alternatif lain, misalnya dengan pemilihan pendahuluan, dengan pos, atau waktu di TPS yang diperpanjang. Hal seperti ini harus diatur di UU," kata Khoirunnisa.

Dia menyadari, memang ada Pilkada 2020 yang digelar di tengah pandemi sebagai salah satu contoh dalam penerapannya, namun masih terasa kompleksitasnya.

"Misal soal sanksi pelanggar protokol kesehatan saat kampanye, belum lagi petugas dan peserta yang terdampak karena pandemi. Memang menyelenggarakan pemilu/pilkada di tengah pandemi bisa saja. Tapi kan tidak mudah dan tidak murah. Makanya harus siap dari sisi regulasi, khususnya di level UU" kata Khoirunnisa.


KPU Punya Hak

Sementara, Anggota Komisi II DPR Djarot Saiful Hidayat menyatakan sepakat dengan usulan KPU tersebut.

Menurutnya, lembaga tersebut memang punya hak untuk menentukan penjadwalan dan waktu untuk Pemilu 2024, yang memang telah diatur oleh undang-undang.

"Sesuai dengan undang-undang, memang KPU mempunyai kewenangan untuk menentapkan jadwal Pemilu setelah berkoordinasi dengan Pemerintah dan DPR," kata Djrarot saat dikonfirmasi, Rabu (1/12/2021).

Dia pun juga sepakat dengan KPU yang meminta agar DPR membahas kelanjutan penetapan jadwal Pemilu 2024 pada 7 Desember 2021.

"Memang sebaiknya sebelum reses DPR sudah ada kesepakatan bersama antara KPU, Pemerintah dan DPR tentang waktu pelaksanaan Pemilu 2024," kata Djarot.

Senada, Politikus PKB Luqman Hakim Al-Jambi juga memandang tepat jika Pemilu 2024 dilakukan 21 Februari. Menurutnya tak bisa ditawar lagi.

"PKB memiliki banyak pertimbangan, utamanya adalah agar pemilu 2024 sungguh-sungguh bisa menjadi sarana konstitusional bagi rakyat menggunakan kedaulatannya atas negara ini untuk membentuk pemerintahan," kata Luqman.


Salah Satu Pekerjaan Rumah

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemutakhiran data, sinkronisasi, dan kerja bersama untuk Satu Data Indonesia. Hal ini agar tidak muncul data palsu yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum politik sehingga hasil Pemilu bisa termanipulasi.

"Jangan sampai data-data palsu digunakan untuk pendaftaran partai politik, calon independen atau kepala daerah, sehingga mengantarkan orang-orang yang tidak mewakili pilihan rakyat bisa jadi pemimpin," tegas Moeldoko dikutip dari siaran pers, Rabu (1/12/2021).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sendiri mengeluarkan kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) yang diatur dalam Perpres Nomor 39 tahun 2019. Kebijakan ini diharapkan menjadi kunci dari berbagai permasalahan data di Indonesia.

Mulai dari, sulitnya mendapatkan data termutakhir dan berkualitas akibat tidak adanya koordinasi antar institusi sehingga data yang dihasilkan sering tumpang tindih dan tidak sinkron. Moeldoko mengaku pihaknya kesulitan mendapat data mutakhir

"Kami (KSP) dalam proses debottlenecking sering kesulitan mendapat data mutakhir, sehingga KSP bersama Bappenas dan Kementerian/Lembaga kunci menginisiasi dan merumuskan kebijakan SDI (Satu Data Indonesia) ini," jelas dia.

Mantan Panglima TNI itu menyampaikan kebijakan SDI yang dikomandani Menteri PPN/Kepala Bappenas itu menjadi langkah pemerintah untuk melakukan strukturisasi kerangka regulasi dan institusi, serta menyediakan data dalam format terbuka. Dengan begitu, data pemerintah menjadi terpadu dan dapat dibagikan satu sama lain.

"Kebijakan pemerintah harus berbasis data, dan ini sekaligus upaya untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas kerja pemerintah," kata Moeldoko.

Dia ingin pengumpulan dan pemutakhiran data oleh KPU tidak hanya diperuntuhkkan bagi penyelenggaraan Pemilu 2024. Namun, juga untuk program-program pemerintah.

"KSP siap bekerjasama dan mendukung KPU untuk integrasi manajemen data," ujar Moeldoko.

Infografis Berharap Sepakat Jadwal Pemilu 2024 Sebelum DPR Reses (Liputan6.com/Triyasni)

Karena Gala, Fuji Dapat Mobil Mewah

Fuji Dapat Hadiah Mobil Mewah Berkat Ketulusan Merawat Gala Sky Andriansyah

Liputan6.com 2021-12-01 16:30:19
Pemilik nama lengkap Fujianti Utami ini disebut-sebut punya pesona dan wajah cantik natural. Banyak netizen yang memuji gaya remaja berusia 19 tahun tersebut. (Liputan6.com/IG/@fuji_an)

Adik almarhum Bibi Andriansyah, Fuji, mendapat mobil mewah dari elite PPP, Patrika S.A Paturusi atau Anggie. Fuji diberi Mitsubishi Outlander berkelir putih.

Hal ini terlihat dari unggahan Instagram Story Fuji. Wanita berusia 19 tahun ini mengucapkan terima kasih kepada Anggie Paturusi.

"Masih speechless sampai sekarang ya Allah. Terima kasih banyak Bu Anggi masyaallah baik banget @anggiepaturusi," tulis Fuji dengan foto sedang berpose di depan mobil barunya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tulus

Mobil itu diberikan untuk Fuji karena telah membantu mengurus Gala Sky setelah orangtuanya, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal.

"Bisa dipakai buat wara wiri adik Gala ya. Karena aunty sudah tulus sayang sama adik Gala," tulis pemilik akun @kyla_mustica di Instagram.


Speechless

Saking senangnya, adik Bungsu Bibi Andriansyah ini sampai kehilangan kata-kata atas hadiah istimewa tersebut.

"Aduh kayak nggak bisa berkata-kata. Terima kasih banyak ya," ucapnya.


Respons

Warganet pun memberi beragam komentar terkait hal ini.

"Definisi memuliakan anak yatim Allah balas seketika didunia gimana ntar di akhirat nya," kata salah satu warganet di akun insta.nyinyir.

"Catet ya 'mobil buat fuji' jgn sampe yg sebelah ungkit2 tuh mobil jga," tambah yang lainnya.

Rihanna Dapat Gelar Pahlawan

Rihanna Dapat Gelar Pahlawan Nasional Barbados, Didoakan Bersinar Bak Berlian

Liputan6.com 2021-12-01 11:40:00
Penyanyi Rihanna berpidato setelah menerima penghargaan Humanitarian of the Year 2017 dari Universitas Harvard di Cambridge, (28/2). Rihanna meraih penghargaan berkat perannya di berbagai keg

Penyanyi Rihanna ikut hadir dalam momen bersejarah, yakni seremonial pelantikan presiden pertama Barbados, Sandra Mason. Seperti diketahui, negara ini baru saja lepas dari Persemakmuran Inggris dan berubah menjadi negara republik.

Kehadiran Rihanna di sini bukan sebagai pemanis semata. Ia mendapat gelar kehormatan, yakni pahlawan nasional.

Dilansir dari CNN, Rabu (1/12/2012), hal ini disampaikan Perdana Menteri Barbados, Mia Motley, dalam pidatonya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pahlawan Nasional

"Atas nama bangsa yang penuh syukur dan rakyat yang berbangga, kami memperkenalkan kepada Anda, pahlawan nasional Barbados, Robyn Rihanna Fenty," tutur PM Mia Motley, menyebut nama asli Rihanna.

Ia kemudian mendoakan Rihanna, sambil menyelipkan referensi dari lagu pemilik sembilan piala Grammy ini, "Diamonds."


Bak Berlian

"Semoga kau terus bersinar seperti berlian dan membawa rasa bangga kepada negaramu lewat kerja kerasmu, tindakanmu, dan mendatangkan rasa hormat ke mana pun engkau pergi," kata sang Perdana Menteri.


Sempat Jadi Duta Barbados

Ini bukan pertama kalinya Rihanna menyandang gelar dari negaranya. Tahun 2018 ia diangkat menjadi Duta Barbados yang bertugas mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi untuk negara ini.

Mundur satu dekade ke belakang, ia juga pernah menjadi duta kebudayaan untuk Kementerian Pariwisata Barbados.


Dihadiri Pangeran Charles

Seperti diberitakan sebelumnya, seremoni inagurasi Presiden Barbados yang digelar Senin malam hingga Selasa mencakup berbagai perayaan, termasuk parade militer. Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, ikut hadir dalam momen bersejarah ini.

Dengan menjadi negara berbentuk republik, Barbados juga mencopot kepala negara mereka sebelumnya, Ratu Elizabeth II.

Rafathar Cemburu

Raffi Ahmad Akui Rafathar Mulai Cemburu dan Banding-bandingkan Dirinya dengan Sang Adik

Liputan6.com 2021-12-01 11:00:00
Rafathar Malik Ahmad menggendong baby R di kamar RS Bunda Jakarta, pekan ini. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Semenjak kelahiran putra kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada Jumat, 26 November 2021 lalu, seluruh perhatian masyarakat tertuju kepada sang bayi, yaitu Rayyanza Malik Ahmad. Rupanya hal tersebut sedikit mengusik Rafathar, anak pertama Raffi Ahmad.

Raffi mengungkapkan bahwa Rafathar memang sedikit cemburu atas kehadiran Rayyanza Malik Ahmad. Namun Raffi menganggap bahwa hal itu tentunya lumrah dirasakan oleh anak yang baru menjadi seorang kakak.

Saat konferensi pers kelahiran Rayyanza Malik Ahmad, Raffi mengatakan bahwa Rafathar sudah mulai membanding-bandingkan sang adik dengan dirinya dulu saat lahir.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cemburu

"Rafathar juga harus dikasih perhatian khusus, namanya juga anak kecil. Kecemburuan mah biasa, ada aja. Kayak tadi dia nanya kok banyak bunga. Dia nanya 'waktu Aa lahir dulu banyak bunga juga nggak? Kok semua kadonya tulisannya buat Baby R'. Dia ngerasa kok bukan buat dia," kata Raffi Ahmad pada Senin (30/11/2021).


Beri Pemahaman

Raffi Ahmad bersama dengan Nagita Slavina kemudian memberikan pemahaman-pemahaman kepada Rafathar.

"Jadi pelan-pelan kasih pengertian ke Rafathar, 'Rafathar juga dulu waktu lahir sama'. Aku kasih lihat videonya, sama ada acara penyambutan juga," jelas Raffi Ahmad.


Tidak Membeda-bedakan

Yang pasti baik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tentunya tidak akan membeda-bedakan bentuk perhatiannya kepada Rafathar maupun sang adik yang baru lahir.

"Jadi ngatasin Rafathar ya kita sebagai orangtuanya harus ngahaminan bahasa Sundanya, kita sayang. Mau Rafathar, mau Rayyanza, dua-duanya spesial buat kita," tegasnya.

Air di Bumi Berasal dari Matahari?

Mungkinkah Air Bumi Berasal dari Matahari?

Liputan6.com 2021-12-01 19:10:37
Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya.

Asal usul air Bumi terus diperdebatkan oleh para ilmuwan, apakah air berasal ketika planet Bumi terbentuk atau bersumber dari luar angkasa?

Namun, penelitian baru menunjukkan titik asal yang sebelumnya tidak terhitung, yakni Matahari di pusat tata surya kita. Menurut para astronom, radiasi matahari mungkin telah menciptakan air di permukaan butiran debu yang dibawa oleh asteroid yang menabrak planet kita miliaran tahun yang lalu.

Air menutupi lebih dari 70% permukaan planet kita, tetapi sumber pastinya telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy menunjukkan telah menemukan sumber yang sangat cocok dengan tanda isotop air di Bumi.

Penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan di Universitas Glasgow, menggunakan proses yang disebut tomografi probe atom (APT) untuk menganalisis sampel asteroid yang berbeda. Beberapa di antaranya membawa air dan lainnya yang mengorbit terlalu dekat dengan Matahari, seperti dilansir dari Sky News, Selasa (1/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Adanya Terpaan Angin Matahari

Dr Luke Daly, dari Universitas Glasgow dan penulis utama studi tersebut, mengatakan bahwa angin matahari adalah aliran sebagian besar ion hidrogen dan helium yang mengalir terus menerus dari Matahari ke luar angkasa.

"Ketika ion hidrogen itu menabrak permukaan tanpa udara seperti asteroid atau partikel debu antariksa, mereka menembus beberapa puluh nanometer di bawah permukaan, di mana mereka dapat mempengaruhi komposisi kimia batuan".

"Seiring waktu, efek 'pelapukan antariksa' dari ion hidrogen dapat mengeluarkan atom oksigen yang cukup dari bahan di batu untuk menciptakan H2O (air) yang terperangkap dalam mineral di asteroid."

Dr Luke menyebutkan bahwa air yang berasal dari angin matahari yang dihasilkan oleh tata surya secaa isotop ringan menunjukkan bahwa debu berbutir halus, yang diterpa angin matahari dan ditarik ke dalam pembentukan Bumi miliaran tahun yang lalu. Sehingga, itu bisa menjadi sumber reservoir air yang hilang di planet ini.


Belum Dapat Dibuktikan

Profesor Bland di Universitas Curtin menjelaskan tidak dapat dibuktikan bahwa air dibawa ke Bumi pada tahap akhir pembentukannya oleh asteroid.

"Pengujian sebelumnya dari sidik jari isotop asteroid ini menemukan bahwa mereka, rata-rata, tidak cocok dengan air yang ditemukan di Bumi yang berarti setidaknya ada satu sumber lain yang belum ditemukan," katanya.

"Penelitian kami menunjukkan angin matahari menciptakan air di permukaan butiran debu kecil dan air yang lebih ringan secara isotop ini kemungkinan menyediakan sisa air di Bumi," tambah profesor, yang bekerja di Pusat Sains dan Teknologi Antariksa di Universitas Curtin.

Teori angin matahari baru ini didasarkan pada analisis atom demi atom yang cermat dari fragmen sangat kecil dari asteroid dekat Bumi tipe S yang dikenal sebagai Itokawa, sampelnya dikumpulkan oleh wahana antariksa Jepang Hayabusa dan kembali ke Bumi pada 2010.

"Sistem tomografi probe atom kelas dunia kami di sini di Universitas Curtin memungkinkan kami untuk melihat secara luar biasa detail di dalam 50 nanometer pertama atau lebih dari permukaan butiran debu Itokawa, yang kami temukan mengandung cukup air yang, jika ditingkatkan, akan berjumlah menjadi sekitar 20 liter untuk setiap meter kubik batu," tambah Profesor Bland.

Reporter: Cindy Damara


Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

 

Hotman Paris Bela Ayah Bibi

Hotman Paris Bersedia Beri Bantuan Hukum untuk Ayah Bibi Andriansyah

Liputan6.com 2021-12-01 15:00:00
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Ayah Bibi Andriansyah, Faisal, dan ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, masih berseteru terkait hak perwalian cucu mereka, Gala Sky. Selain itu, ada pula masalah ahli waris.

Pengacara kondang Hotman paris rupanya bersedia memberi bantuan hukum untuk pihak Faisal, apabila dia diminta.

"Kalau Pak Faisal memang butuh bantuan hukum, karena Pak Faisal memang kelihatan jujur ya saya bersedia membantu. Siap bantu," tutur Hotman Paris Hutapea dikutip dari YouTube Cumicumi, Rabu (1/12/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Itikad Baik

Menurut pengamatannya, Faisal sama sekali tak memiliki niat buruk dalam masalah ini. Itulah mengapa dia ada di pihak ayah almarhum Bibi.

"Untuk sementara saya mengatakan bahwa Pak Faisal di pihak yang beritikad baik. Tidak ada motivasi mencari harta, tidak ada faktor ingin menguasai harta warisan," paparnya.


Mendamaikan

Tak hanya itu, dia juga bersedia bila diminta untuk mendamaikan kedua pihak yang bersitegang.

"Ya kalau bisa, kalau dikasih kesempatan tapi saya lihat gugatannya sudah masuk, sudah mulai perang," ungkap Hotman.


Respons Faisal

Faisal pun berterima kasih atas kebaikan hati, dan dukungan untuk dirinya. Dia membenarkan bahwa Hotman sudah berbicara kepadanya.

"Saya terima kasih sekali, tadi dia sempat lontarkan ke saya, kalau ada masalah saya ingin bantu, terima kasih sekali. Tapi tentu saya jauh hari sudah menentukan pilihan saya (soal pengacara)," kata Faisal.

Traktiran Unik Rian D'Masiv

Rian D'Masiv Berdiri di Pinggir Jalan Demi Traktir Roti Panggang Gratis Saat Rayakan Ulang Tahun ke-35

Liputan6.com 2021-12-01 12:20:00
Rian D'Masiv memiliki ide unik saat merayakan ulang tahunnya yang ke-35

Perayaan ulang tahun Rian D'Masiv yang ke-35 tahun dilakukan dengan cara unik dan berbeda. Pelantun lagu "Semakin" dan "Diantara Kalian" berdiri di pinggir jalan Ciledug Raya, Tangerang, Banten, Selasa (30/11/2021).

Vokalis grup band D'Masiv ini membawa papan pengumuman berisi traktiran roti panggang gratis. Di hari perayaan ulang tahunnya, Rian D'Masiv mentraktir siapa pun orang yang ditemuinya di pinggir jalan. Alhasil, Rian D'Masiv sukses membuat mata pengendara motor dan mobil menoleh.

"Ini baru pertama kali kepikiran kayak gini. Traktir orang-orang yang lewat roti panggang Thick Toast di perayaan ulang tahun. Biasanya saya cuma makan bareng keluarga sama teman dekat saja," kata pemilik nama lengkap Rian Ekky Pradipta.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bulan Luar Biasa

Rian D'Masiv diketahui berulang tahun pada 17 November 2021 lalu. Kenapa ia baru merayakannya, pria yang pernah berfoto dengan David Beckham ini memberi jawaban. Rupanya, ia merayakan bulan November sebagai momen istimewa.

"Alhamdulillah bulan ini bulan luar biasa. Selain saya ultah, istri ultah, juga adik saya juga ultah, D'Masiv juga," dia menjelaskan.


Disatroni Ojol

Rian D'Masiv berbagi cerita tentang pengalamannya mentraktir masyarakat yang lewat di hadapannya. Yang paling menarik perhatiannya adalah pengendara ojek online alias ojol.

"Kaget juga tadi melihat para ojol yang biasanya beliin orang lain sekarang bisa rasain. Itu bikin saya tersentuh," kata Rian D'Masiv yang memberikan banyak roti panggang gratis kepada pengendara ojol serta orangtua yang melintas.


Ingat Perjuangan

Rian D'Masiv sekaligus mengenang perjuangannya di masa lalu saat masih mengamen bersama para personel bandnya.

"Jadi saya mau napak tilas dan berbagi dengan masyarakat sekitar, kegiatan ini juga bikin saya nggak lupa dan ingat masa lalu dengan perjuangan dulu," dia menuturkan.


Cerita Masa Lalu

Ia memilih mentraktir masyarakat dan pengendara yang melintas di Jalan Ciledug Raya, Tangerang. Menurut Rian D'Masiv, jalanan tersebut memiliki memori yang tak bisa dilupakannya.

"Jalanan ini punya cerita, saya tumbuh besar di sini, ngamen juga saya di sini. Alhamdulillah sekarang punya rezeki seperti sekarang. Jadi saya mau napak tilas dan berbagi dengan masyarakat sekitar," dia mengungkapkan.

Gong Yoo Bikin Akun Instagram

Akhirnya Gong Yoo Buka Akun Instagram Pribadi, Ini Unggahan Pertamanya

Liputan6.com 2021-12-01 11:20:00
Gong Yoo (Management Soop via Soompi)

Aktor Gong Yoo akhirnya membuka Instagram pribadi dengan nama akun @_gongyoo_official_. Dia membuat akun media sosial pribadi di tengah masa promosi serial The Silent Sea.

Pihak agensi, Management Soop, mengumumkan akun Instagram resmi Gong Yoo. Media sosial ini dibuat sebagai sarana interaksi fans dengan idolanya.

"Kami membuka akun Instagram resmi untuk menyampaikan kehidupan sehari-hari aktor Gong Yoo kepada semua penggemar.@_gongyoo_official_," tulis perwakilan manajemen, Rabu (1/12/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikelola Manajemen

Di akhir kalimatnya, pihak manajemen menegaskan bahwa bintang serial Goblin ini tak memiliki akun media sosial lain selain yang disebutkan di atas.

"Gong Yoo tidak memiliki media sosial lain dan akun ini dikelola langsung oleh Management Soop. Terima kasih," ia mengakhiri.


Unggahan Gong Yoo

Pantauan Liputan6.com pada Rabu siang, unggahan pertama Gong Yoo adalah foto cumi cumi yang dimuat satu jam lalu. Dia tak menyertakan keterangan dalam unggahan itu.

Selanjutnya, sang aktor mengunggah foto dirinya memakai jersey dengan nama marga Gong dan nomor punggung 30.

Tak lama setelah Instagramnya diluncurkan, Gong Yoo sudah memiliki followers sebanyak 90 ribu.


Respons

Fans tentunya antusias dengan hal ini.

"Gong yoo pernah bilang kalau dia punya ig pasti dipenuhi dengan foto makanan," kata salah satu penggemar di kolom komentar.

"Sepertinya bikin IG nunggu tanggal bagus ya.. 1-12-21," tambah yang lainnya.

Tubuh Mumi yang Terikat Tali

Mumi Berusia Lebih dari 800 Tahun Ditemukan di Peru

Liputan6.com 2021-11-30 19:40:45
Mumi Lady of Cao ditemukan di Peru. (Wiese Foundation)

Para arkeolog menemukan mumi yang diperkirakan berusia paling tidak 800 tahun di Peru. Mumi itu ditemukan dengan sepenuhnya terikat tali, dan tangan menutupi wajah.

Dilansir The Guardian, Selasa (30/11/21), penggalian itu dipimpin oleh arkeolog Pieter Van Dalen Luna.

Pieter mengatakan, jenis kelamin mumi tersebut tidak diidentifikasi dan ditemukan di wilayah Lima. "Ciri utama mumi adalah seluruh tubuh diikat dengan tali dan dengan tangan menutupi wajah, yang akan menjadi bagian dari pola pemakaman lokal," kata dia.

Mumi tersebut tinggal di wilayah dataran tinggi Andes yang sekarang disebut Peru. Namun, "tanggal radiokarbon akan memberikan kronologi yang lebih tepat," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ditemukan di Pinggiran Kota Lima

Mumi itu ditemukan di dalam struktur bawah tanah yang ditemukan di pinggiran kota Lima. Di makam juga ada sesajen termasuk keramik, sisa-sisa sayuran dan peralatan batu.

Peru adalah rumah bagi ratusan situs arkeologi yang berasal dari budaya yang berkembang baik sebelum dan sesudah Kekaisaran Inca. Suku Inca pernah mendominasi bagian selatan Amerika Selatan, mulai dari Ekuador selatan dan Kolombia hingga Chili tengah.

Penulis: Alicia Salsabila


Infografis Siap-Siap Pemberlakuan PPKM Level 3 Cegah Gelombang Ketiga Covid-19