Volume 158

Tim Indonesia Incar Piala AFF

HEADLINE: Timnas Indonesia Incar Juara Piala AFF 2020, Seberapa Besar Peluangnya?

Liputan6.com 2021-12-09 00:01:13
Timnas Indonesia. (PSSI).

Sulitkah menemukan 11 orang untuk menciptakan tim sepak bola berprestasi meski Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk?

Pertanyaan itu semestinya tidak muncul. Terlebih banyak negara dengan penduduk jauh lebih kecil mampu memetik prestasi di lapangan hijau, contohnya Uruguay atau Kroasia.

Toh fakta bicara lain. Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia, tapi terjadi saat masih berada di bawah kekuasaan kolonial. Skuat Garuda baru berpartisipasi empat kali di Piala Asia, seluruhnya berakhir di fase grup.

Sementara pada ajang regional, Indonesia belum pernah menjadi penguasa Asia Tenggara. Timnas harus menerima kenyataan lima kali jadi runner-up Piala AFF. Bandingkan dengan Singapura, negara berpenduduk lima juta yang sudah menduduki takhta empat kali.

Indonesia boleh berdalih dan menunjuk Tiongkok dan India yang memiliki masalah serupa. Kedua negara itu punya warga negara lebih banyak ketimbang Tanah Air, Tiongkok dengan 1,4 miliar dan India 1,3 miliar.

Namun, Tiongkok dan India juga punya alibi kuat. Tiongkok berada satu kawasan dengan Jepang dan Korea Selatan yang terlebih dahulu fokus pada pembinaan sepak bola. Sementara sepak bola bukanlah cabang olahraga populer di India.

Lagipula, kedua negara itu masih bisa merebut gelar di tengah kondisi. Tiongkok menjuarai Piala Asia Timur serta masuk final Piala Asia masing-masing dua kali, plus sekali tampil di Piala Dunia. Sedangkan India memenangkan Piala Asia Selatan dalam delapan kesempatan.

Dalam kondisi ini, Indonesia melanjutkan perjuangan memburu gelar internasional pertama di Piala AFF 2020.


Pengganjal Timnas di Singapura

Tantangan besar sudah menanti Indonesia di Singapura. Pasukan Shin Tae-yong satu grup dengan juara bertahan Vietnam serta musuh abadi Malaysia.

Dalam situas ini, penting bagi timnas untuk menaklukkan dua rival lain di Grup B yakni Kamboja dan Laos. Kamboja jadi lawan perdana di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021). Perolehan poin serta tabungan gol dari dua negara itu bisa memainkan peran krusial untuk menentukan posisi Indonesia pada klasemen akhir.

"Kami mesti menekan dan merebut penguasaan bola," ujar Shin pada konferensi pers virtual jelang pertandingan, Rabu.

"Saya yakin kami akan menang selama tim tampil sesuai persiapan. Kami akan bekerja keras demi hasil yang bagus," tutur pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Kalau sukses melewati tantangan di babak awal, batu karang dari grup lain sudah menunggu Indonesia. Duo pengoleksi titel Piala AFF terbanyak Thailand dan Singapura bakal menanti di semifinal.


Menanti Polesan Shin Tae-yong

Menghadapi tugas ini, Shin Tae-yong sempat terganjal kebijakan hanya boleh maksimal merekrut dua pemain dari satu klub. Meski pada akhirnya wacana itu batal diterapkan.

Demi mengembankan misi, nakhoda asal Korea Selatan tersebut mencampur bakat lokal dengan pemain naturalisasi serta keturunan. Victor Igbonefo masuk kategori pertama dan Elkan Baggott berada di daftar kedua.

Baggott (Ipswich Town) juga jadi salah satu nama pemain yang mengadu nasib di luar negeri, bersama Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim, Malaysia), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia), dan Egy Maulana Vikri (Senica, Slovakia).

Shin Tae-yong diharapkan bisa memoles Evan Dimas dan kawan-kawan untuk menumpas setiap rintangan. Terpilih usai mengalahkan Luis Milla pada seleksi, sosok berusia 51 tahun itu sejauh ini bekerja di tengah berbagai masalah yang menerpa. Isu pemain titipan, pandemi, hingga terjangkit Covid-19, mengiringi kariernya selama mencari nafkah di Tanah Air.

Dia juga mesti membagi fokus ke berbagai level usia timnas. Dalam situasi tersebut, Shin Tae-yong membukukan rapor 40 persen kemenangan pada 10 pertandingan ajang senior.


Rapor Miris di Piala AFF

Training camp di Turki jadi tolak ukur terakhir. Timnas melakoni tiga partai uji coba di sana selama sebulan terakhir. Mereka dikalahkan Afghanistan (0-1), membungkam Myanmar (4-1), serta menaklukkan klub lokal Antalyaspor 4-0.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik," tegas Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Dengan kesuksesan terakhir Indonesia pada sepak bola terjadi pada multi-event SEA Games 1991, rapor Indonesia di Piala AFF memang miris. Selama 12 kali berpartisipasi sejak 1996, capaian runner-up dicatat pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Pada 2016, timnas harus mengakui keunggulan Thailand 2-3 secara agregat.

Pada edisi terakhir Piala AFF 2018, rapor Indonesia sangat mengenaskan. Skuat Garuda sudah mengepak kopor sejak awal karena menduduki peringkat keempat dari lima peserta Grup B kala itu.

Kini Piala AFF 2020 digelar pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022 di Singapura. Timnas Indonesia menyatakan siap bertempur demi merebut gelar juara yang didambakan. Semangat!

Tarif Wawancara Adik Ipar Vanessa Rp 30 Juta?

Adik Bibi Andriansyah Diduga Pasang Tarif Wawancara Rp 30 Juta, Nikita Mirzani: Memang Dia Siapa?

Liputan6.com 2021-12-08 13:00:00
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_172)

Bagaikan sinetron harian dengan jumlah episode tak menentu, drama keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah terus menghadirkan episode baru. Kali ini, adik Bibi berulah.

Ulah keduanya dibongkar Nikita Mirzani di medsos. Bintang film Nenek Gayung dan Mama Minta Pulsa menuding adik Bibi Andriansyah pasang tarif mahal saat diundang jadi bintang tamu gelar wicara.

"Ada lagi yang nanya: Kakak kenapa sih harus dikasih tahu mereka minta 30 juta? Loh kan neti (netizen -red) nanya ke saya, kok enggak ngundang adiknya Bibi? Lalu saya jawab," cuitnya menyoal polah Fuji dan Fadly Faisal.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Enggak Saya Karang

"Jawaban saya enggak saya karang-karang kok. Itu sesuai sama fakta di lapangan. Gini katanya oke kita mau datang tapi 30 juta yah, kalau enggak mau enggak apa-apa," imbuh Nikita Mirzani.

Ia menantang warganet +62 melakukan cek silang terhadap kedua adik Bibi Andriansyah. Nikita Mirzani lantas mengenang suasana jelang syuting gelar wicara di kanal YouTube Langit Entertainment.


Memang Dia Siapa?

"Lalu saya nananya sama team, siapa bintang tamu yang diundang? Team Langit bilang adiknya Bibi, kakak. Tapi minta 30 juta. Lalu saya ketawa dan saya bilang ke team-lah: Memang dia siapa?" ocehnya.

Tampaknya Nikita Mirzani merasa tarif wawancara yang dipasang adik Bibi Andriansyah kemahalan. Mengingat, Fuji dan Fadly Faisal belum punya karya nyata di industri hiburan Tanah Air.


Salahnya di Mana?

Memang, Fuji dan Fadly Faisal tengah di atas angin. Mereka kebanjiran simpati publik setelah merawat Gala Sky Andriansyah yang jadi yatim piatu setelah Vanessa Angel dan Bibi tewas akibat kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur, 4 November 2021.

"Salahnya di mana? Dahlah Neti, daripada fokus ke keluarga Bibi dan sih Dodot mulu, mendingan fokus ke bencana alam yang sedang menimpa Indonesia, bumi tercinta," Nikita Mirzani mencuap.


Banjir dan Gunung Semeru

Ia mengingatkan, Indonesia saat ini dilanda banyak musibah. Ada baiknya, publik melakukan langkah nyata dengan meringankan beban sesama. Sudah saatnya mengalihkan perhatian dari drama keluarga Vanessa dan Bibi ke hal yang lebih penting.

"Banjir dan Gunung Semeru. Yuk, gunakan hati dan akal sehat kalian untuk sedikit lebih sensitif terhadap hal-hal yang menyangkut banyak nyawa," ceplos Nikita Mirzani. Setuju?

Ada "Gubuk" di Bulan, Milik Alien?

China Investigasi Objek Misterius di Bulan Mirip Gubuk, Milik Alien?

Liputan6.com 2021-12-08 13:10:49
Bulan purnama yang dikenal sebagai Harvest moon muncul di atas Whitby Abbey, di Whitby, Inggris, Senin (20/9/2021). Ahli bulan NASA, Gordon Johnston, menerangkan harvest moon adalah bulan pur

Rover milik China mengidentifikasi objek misterius di Bulan. Objek tersebut tampak seperti gubuk atau rumah. Milik alien?

Dilaporkan Live Science, Rabu (8/12/2021), rover Yutu 2 itu melihat objek tersebut dari jarak 80 meter. Foto itu disebar oleh program Our Space pemerintah China di platform Weixin.

"Rumah" itu terlihat menonjol di tengah hamparan Bulan yang rata.

"Apakah itu sebuah rumah yang didirikan oleh alien setelah pendaratan?" ujar peneliti Our Space dengan gaya bercanda. "Atau apakah itu pionir pesawat luar angkasa dari para pendahulu yang menjelajah Bulan?"

Meski demikian, Live Science memperkirakan rumah tersebut mungkin bukan milik alien. Bahkan, realitanya mungkin lebih membosankan dari ekspektasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Realita

Live Science menyebut temuan ini mungkin tidak sensasional seperti di film 2001: A Space Odyssey. Kemungkinan besar penjelasannya membosankan.

Objek misterius itu mungkin hanya salah satu bongkahan besar di Bulan. Bongkahan itu kemungkinan besar terangkat dari permukaan Bulan ketika ada tabrakan yang terjadi.

Sebagai informasi, ada teori yang menyebut bahwa Bulan terbentuk dari hasil tabrakan antara Bumi dan obyek luar angkasa pada zaman dahulu.

Penjelasan utuh mengenai "rumah" alien itu baru dapat diketahui jika Yutu 2 milik China sudah semakin dekat. Diprediksi bahwa Yutu 2 baru bisa mendekat dalam dua sampai tiga bulan.

Yutu 2 menjelajah Bulan setelah diantar Chang'e 4 lunar lander pada Januari 2019. Nama Yutu berarti "kelinci giok", semenara Chang'e adalah dewi bulan dalam mitologi China yang dikejar-kejar oleh Panglima Tian Feng (Cu Pat Kai).


Infografis Varian Baru Omicron Hantui Dunia

 

Kisah Haru Penyelamat Hewan di Semeru

5 Video Penyelamatan Hewan Akibat Erupsi Semeru, Tim Relawan Banjir Pujian

Liputan6.com 2021-12-08 16:45:23
Tak hanya selamatkan manusia, tim relawan juga selamatkan hewan peliharaan. (Sumber: Tiktok/beatyom)

Gunung Semerumeletus disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal. Akibatnya, dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB pun terpantau gelap gulita. Sumber dari BPBD Jawa Timur melaporkan awan panas mengarah Curah Kobokan.

Usai kondisi dirasa cukup kondusif, tim relawan pun melakukan evakuasi korban. Bukan hanya penyelamatan terhadap manusia saja, beberapa tim juga diketahui menyelematkan hewan peliharaan yang selamat.

Seperti yang beredar di media sosial ini. Sederet video tim relawan menyelamatkan hewan mulai dari kucing, bebek bahkan kerbau yang juga selamat dari erupsi Semeru. Warganet pun beramai-ramai mengapresiasi aksi tim relawan ini.

Berikut ini Liputan6.com rangkum 5 video aksi penyelamatan hewan oleh tim relawan erupsi Semeru dari berbagai sumber, Rabu (8/12/2021).


1. Aksi relawan yang terlihat menyelamatkan seekor bebek yang terjebak lumpur letusan gunung Semeru.


2. Bahkan salah satu tim juga berhasil menemukan anak kucing yang berhasil terhindar dari awan panas.


3. Susuri rumah-rumah warga, tim relawan temukan kucing oranye yang berada di dalam rumah sendirian.


4. Aksi tim relawan ini juga banjir pujian warganet karena selamatkan kucing dan berikan perawatan.

@beatyom

Lagi2 selain relawan KEMANUSIAAN .team Relawan menemukan kucing selamat dari erupsi SEMERU#masukberandafyp #fyp #erupsisemeru #lumajang

Sedih - Instrumental - Asraf Studio


5. Meski hampir tertimbun lumpur, kerbau ini berhasil selamat dan ditemukan oleh relawan.

@beatyom

kerbau pun terkubur lumpur semeru#fypviral #masukberanda #gunungsemeru #semeru #erupsisemeru #sedihbanget

suara asli - -

BTS Map of the Soul Pop Up Store Ada di Jakarta

BTS Map of the Soul Pop Up Store Buka di Jakarta, Ada 400 Produk dan Spot Foto

Liputan6.com 2021-12-08 15:06:00
BTS Map of the Soul Pop Up Store hadir secara fisik di Senayan City, Jakarta mulai dari 8 Desember 2021 sampai 13 Maret 2022. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Satu lagi suguhan terbaru dan spesial bagi para Army, begitu penggemar boyband Korea BTS akrab disapa. BTS "Map of the Soul" Pop Up Store resmi hadir secara fisik di Senayan City, Jakarta mulai 8 Desember 2021 sampai 13 Maret 2022 yang buka mulai pukul 10.15--20.45 WIB.

"Spesial untuk fans BTS Indonesia yang ada lebih dari empat juta penggemar. Kami menawarkan berbagai macam produk, ada lebih dari 400 produk," kata Elle Widodo, GM Marketing Toys Kingdom saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Indonesia menjadi negara ke-9 dari rangkaian BTS "Map of the Soul" showcase. Sebelumnya, gelaran ini telah terselenggara di Korea Selatan, Jepang, Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia, Taiwan, hingga Mongolia.

Ellen melanjutkan, produk-produk merchandise BTS terdiri atas alat tulis dan apparel seperti hoodie, sweatshirt, jaket, dan t-shirt. Ada pula aksesori BTS meliputi topi, pouch, key chan, sandal, berlanjut dengan peralatan gawai seperti laptop pouch dan airpod case, serta produk home living, yakni selimut dan handuk.

"Ada juga pengalaman belanja unik, yaitu experience zone, tempat buat foto-foto bertema hits BTS, yaitu Black Swan, ON, dan Dynamite," tambah Ellen.

Ellen berharap kehadiran BTS pop up store menjadi "oase" bagi penggemar BTS untuk berbelanja merchandise idola mereka. Untuk dapat berbelanja ke pop up store, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dan pendaftaran dibuka setiap minggu dengan beberapa ketentuan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pendaftaran Online

Ext. Affair Director Kawan Lama Group Fransisca Hutahaean menyampaikan dalam persiapan registrasi, pihaknya bekerja sama dengan representatif BTS. Calon pengunjung bisa mendaftarkan diri secara online melalui 2021btspopupasia.morningkall.com.

"Pendaftaran online supaya bisa dimonitor orang yang datang agar merasa aman, nyaman dan enjoy di pop up store kita," kata Sisca.

Jadwal pendaftaran online akan dibuka setiap Selasa untuk setiap sesi mingguan. Informasi pendaftaran online dapat dilihat di media sosial Facebook dan Twitter @morningKall dan Senayan City

Sisca menjelaskan, pengunjung akan dibagi menjadi 14 batch setiap kunjungan. Satu batch terdiri atas 50 orang guna mencegah kerumunan dan pengunjung dapat menjaga jarak di dalam pop up store.


Pembatasan dan Protokol Kesehatan

Nantinya, pengunjung akan diberi waktu maksimum 45 menit setiap sesi. Selain itu, jumlah pembelian barang turut dibatasi.

"Membeli maksimal tiga pieces per item, tujuannya agar semua kebagian," kata Ellen.

GM Marcomm Senayan City Jaclyn Halim menjelaskan setelah mendapat konfirmasi lokasi dan tanggal terselenggara BTS pop up store, pihak operasional telah mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut penggemar. Semua dilaksanakan pihaknya dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Semua mengikuti protokol kesehatan, dari masuk mal, dari sisi queuing di luar, registrasi online. Untuk offline kita atur rapi jarak penggemar saat antri, dan tetap pakai masker," jelas Jaclyn.


INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

 

Vonis Hoaks Babi Ngepet

Adam Ibrahim Divonis 4 Tahun Penjara Terkait Hoaks Babi Ngepet di Depok

Liputan6.com 2021-12-06 18:48:19
Adam Ibrahim divonis 4 tahun penjara terkait kasus hoaks babi ngepet yang sempat menghebohkan warga Sawangan, Depok.

Adam Ibrahim divonis 4 tahun penjara terkait kasus hoaks babi ngepet yang sempat menghebohkan warga Sawangan, Depok.

Pada jalannya persidangan yang digelar Senin (6/12/2021), Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok, Muhammad Iqbal Hutabarat menyakini bahwa Adam Ibrahim telah terbukti bersalah karena tindak pidana penyebaran berita bohong terkait babi ngepet.

"Menyatakan terdakwa dan Ibrahim telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan berita bohong," ujar Iqbal di Pengadilan Negeri Depok, Senin (6/12/2021).

Iqbal mengungkapkan, Adam Ibrahim telah melanggar pasal 14 ayat 1 undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

"Karena terbukti bersalah menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dan Ibrahim selama 4 tahun," tegas Iqbal.

Perbuatan Adam Ibrahim terdapat beberapa hal yang memberatkan, yakni meresahkan masyarakat, membuat keonaran, dan tidak mencontohkan perlakuan yang baik kepada masyarakat. Selain itu, terdapat hal yang meringankan terdakwa yakni Adam Ibrahim belum pernah di hukum.

Usia menjalani sidang, Adam Ibrahim mengaku menerima keputusan hakim dan akan mejalani hukuman atas perbuatannya. Padahal sebelumnya tim pengacara Adam Ibrahim akan berpikir terlebih dahulu, namun Adam Ibrahim secara tegas untuk menerima hukuman yang telah dijatuhkan majelis hakim.

"Saya terima yang mulia, saya akan mempertanggungjawabkan, ikhlas yang mulia," ucap Adam Ibrahim.


Kasus Hoaks Babi Ngepet

Sebagai informasi, Polres Metro Depok berhasil mengungkap kasus hoaks babi ngepet yang dilakukan Adam Ibrahim di wilayah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. Ironisnya, hoaks babi ngepet dilakukan Adam Ibrahim pada masa kebijakan PPKM Covid-19.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, babi ngepet yang menjadi perhatian masyarakat, merupakan sebuah kebohongan yang dilakukan sekelompok warga.

Hal itu terungkap usai dilakukan pemeriksaan dan telah mengamankan AI (44) sebagai otak kebohongan.

"Sudah ditetapkan satu tersangka yaitu AI karena mengatur rekayasa babi ngepet," ujar Imran, Kamis (29/4/2021).

Imran mengungkapkan, rekayasa yang dilakukan AI berawal dari adanya cerita masyarakat sekitar merasa kehilangan uang, mulai dari Rp 1 juta dan Rp 2 juta. Dari kejadian tersebut tersangka melakukan rekayasa dengan memesan babi secara online seharga Rp 900 ribu.

"Tersangka beli dengan online sebesar Rp 900 ribu dan menambah Rp 200 ribu sebagai ongkos kirim," ucap Imran.

Potret Transformasi Amanda Manopo

Genap 22 Tahun, Ini 10 Potret Transformasi Amanda Manopo dari Dulu hingga Kini

Liputan6.com 2021-12-08 18:15:38
Transformasi Amanda Manopo (Sumber: Instagram/amandamanopo)

Amanda Gabriella Manopo Lugue atau yang lebih dikenal sebagai Amanda Manopo baru saja merayakan ulang tahun ke-22. Pemain sinetron Ikatan Cinta ini pun memilih merayakan ulang tahunnya bersama keluarga serta para sahabat.

Penampilan Amanda Manopo saat makan malam bersama keluarga dan sahabat terdekat pun tak lepas dari sorotan. Menggunakan busana serba putih, Amanda Manopo terlihat menawan meski menggunakan makeup sederhana.

Mengawali karier pada 2008 lalu, perubahan penampilan Amanda Manopo dari kecil hingga kini pun sering kali mencuri perhatian netizen. Penampilan Amanda Manopo pun dinilai semakin terlihat menawan dan elegan.

Penasaran seperti apa? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret transformasi Amanda Manopo dari kecil hingga kini, Rabu (8/12/2021).


1. Dalam momen ulang tahunnya yang ke-22, Amanda Manopo mengunggah foto lawas semasa kecilnya di Instagram.

 


2. Amanda Manopo sendiri telah terjun ke dunia hiburan Tanah Air sejak usaia 9 tahun.

 


3. Ia pun memulai kariernya sebagai model iklan produk perawatan rambut anak.

 


4. Potret masa kecil Amanda Manopo pun banyak mencuri perhatian netizen.

 


5. Ia juga terlihat begitu menggemaskan saat kecil.

 


6. Semakin beranjak remaja, Amanda Manopo pun mulai aktif bermain film dan sinetron.

 


7. Film Coboy Junior The Movie pun berhasil membuat namanya semakin dikenal publik.

 


8. Bahkan, akting Amanda Manopo di Mermaid In Love mampu mencuri perhatian banyak penonton.

 


9. Kini, penampilan Amanda Manopo semakin terlihat dewasa dan anggun.

 


10. Bahkan, potongan rambut pendeknya semakin membuat Amanda Manopo terlihat segar.

 

Kakek Penyimpan 100 Bangkai Kucing

Idap Sindrom Noah, Kakek Ini Simpan 100 Bangkai Kucing dalam Rumah

Liputan6.com 2021-12-08 18:30:04
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Amber Kipp

Kamu pasti pernah menemukan kejadian-kejadian yang tak biasa. Mulai dari kejadian yang di luar nalar ataupun adanya penemuan kasus atau insiden yang cukup menghebohkan.

Hal ini pula yang terjadi di daerah Prancis bagian selatan. Pasalnya, baru-baru ini lebih dari seratus bangkai kucing di temukan di sebuah rumah. Insiden penemuan seratus bangkai kucing ini pun langsung menjadi sorotan banyak pihak.

Dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli.my, Rabu (8/12/2021) penemuan bangkai kucing tersebut terdapat di salah satu kediaman kakek yang merupakan seorang pensiunan. Penemuan tersebut pun langsung menggegerkan banyak pihak. Pasalnya, bangkai-bangkai kucing tersebut sebagian besar ditemukan di tempat yang tak biasa.

Bukan hanya menemukan ratusan bangkai kucing saja. Akan tetapi di kediaman tersebut juga terdapat sisa-sisa bangkai tupai, tikus serta rahang anjing.


Ditemukan oleh keponakan

Dilansir dari laporan News In, Rabu (8/12/2021) adanya bangkai hewan tersebut pertama kali ditemukan oleh keponakan dari kakek tersebut. Anggota Asosiasi Perlindungan Hewan, Philipe Desjacques bahkan menyebutkan jika sang keponakan sang terkejut melihat banyaknya bangkai hewan di dalam rumah kakek tersebut.

Sang kakek yang berusia 81 tahun itu sendiri diketahui tengah berada dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Nice, Franch Riviera. Dari laporan yang ada bangkai-bangkai hewan tersebut ditemukan dalam kotak plastik dan kayu yang tertutup rapat.

"Sebagian besar kucing mati dimasukkan ke dalam wadah lain sementara beberapa dikunci hidup-hidup di dalam kotak kecil. Ditemukan juga, bangkai kucing di sofa rumah diyakini telah dimakan oleh kucing lapar." ujar Philipe Desjacques.


Mengidap sindrom Noah

Tak hanya ditemukan bangkai hewan saja, akan tetapi Philipe Desjacques juga menyebutkan terdapat lebih dari 20 ekor kucing yang masih hidup. Namun, keadaan kucing-kucing yang masih hidup tersebut sangat memprohatinkan karena kekurangan nutrisi.

Ia juga menyebutkan kemungkinan sang kakek mengidap sindrom Noah. Hal ini menjelaskan mengenai kebiasaan mengumpulkan hewan untuk kesheningan. Sindrom Noah sendiri merupakan bagian dari sindrom Diogenes yang kerap dikaitkan dengan kebiasaan seseorang mengumpulkan barang.

Meski disebut mengidap sindrom Noah, akan tetapo pihak asosiasi tetap akan mengajukan tuntutan terhadap sang kakek atas dugaan pengabaian dan penelantaran hewan.

Jaket Bomber Keren dari Dayak Sintang

Saat Jokowi Tertarik dan Beli Jaket Bomber Motif Khas Dayak Sintang

Liputan6.com 2021-12-08 12:25:19
Presiden Jokowi membeli sebuah jaket bomber dengan motif tenun Dayak Sintang yang didominasi warna merah. (Setpres)

Kain tenun ikat Sintang yang dipajang oleh salah satu gerai di lobi Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menarik perhatian Presiden Jokowi.

Dia memutuskan untuk masuk ke gerai tersebut sebelum meresmikan Bandara Tebelian, Rabu (8/12/2021).

"Di satu pojok lobi Bandara Tebelian, Sintang, pagi ini, saya mendapati gerai yang memajang kain tenun ikat Sintang yang menarik," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Rabu.

Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR d Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pun melihat-melihat kain tenun ikat sintang. Adapun kain tenun itu merupakan produksi UMKM setempat.

Di gerai itu, Jokowi membeli sebuah jaket bomber dengan motif tenun Dayak Sintang yang didominasi warna merah. Dia langsung memakai jaket itu untuk meresmikan Bandara Tebelian.

Awalnya, Jokowi tampak lebih tertarik untuk membeli kain tenun. Namun, para menteri dan gubernur merayu Jokowi untuk membeli sebuah jaket.

"Ayo Pak beli Pak, untuk mempromosikan kain tenun Sintang," ucap Gubernur Kalbar.

Jokowi akhirnya memilih jaket bomber tersebut. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeli seulas kain tenun yang juga langsung dipakai.

"Saya memilih jaket bomber yang langsung saya kenakan ini. Kainnya bermotif manok, yang ditenun pengrajin Desa Umin Jaya dan penjahit dari UMKM Kota Sintang," tutur Jokowi di akun Instagramnya.


Resmikan Bandara

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Tebelian yang berada di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Jokowi berharap Bandara Tebelian dapat melayani kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat.

"Bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai," kata Jokowi saat peresmian sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia menyebut saat ini era kompetesi antarnegara semakin sengit dan Indonesia harus bergerak lebih cepat. Oleh sebab itu, kata dia, kelancaran konektivitas menjadi kunci agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain.

"Kita harus mampu membuat konektivitas antarprovinsi, antardaerah, antarkabupaten semakin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat. Sehingga, sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," jelas dia.

Kota-Kota Paling Mengecewakan Turis

Kota-Kota Paling Mengecewakan di Dunia Menurut Warganet, Ada dari Indonesia

Liputan6.com 2021-12-08 03:02:30
Atlantic City, Amerika Serikat. (dok. unsplash @arya_dubey48)

Entah itu karena makanan, jalanan kota, atau suasana yang buruk, hampir setiap pelancong pernah mengalami liburan sangat mengecewakan. Dalam sebuah utas Reddit yang viral, mereka pun berbagai sederet pengalaman, membentuk daftar kota paling mengecewakan di dunia.

Dalam utas yang menarik ribuan komentar, pengguna Reddit yu/0_7_0 bertanya pada orang-orang tentang kota yang paling membuat mereka kecewa. Alasan yang dibagikan pun beragam, mulai dari kekhawatiran akan keamanan, makanan yang buruk, hingga hanya tempat-tempat yang "tidak menghipnotis."

VICEWorld News menghimpun, seperti dilansir Selasa, 7 Desember 2021, Atlantic City di Amerika Serikat (AS) menempati posisi teratas sebagai salah satu tempat yang paling dilebih-lebihkan. Ini terutama di antara wisatawan yang mengharapkannya jadi Las Vegas versi pesisir timur AS.

"Atlantic City jauh lebih kotor dari yang saya kira," kata seorang pengguna, sementara pengguna lain menggambarkannya sebagai "menggigit apel hanya untuk menyadari bahwa itu adalah bawang."

Tempat lain yang menurut pengguna terlalu dilebih-lebihkan adalah Marrakesh, Maroko. Mereka menyebut kota itu melayani pandangan turis dan kehilangan semua rasa keaslian dalam prosesnya.

"(Marrakesh) luar biasa sebelum sekitar tahun 2000, tapi sekarang rasanya seperti versi Disneyland dari budaya mereka untuk melayani turis barat. Kostum Ali Baba berpura-pura jadi pengembara gurun," kata seorang pengguna.

"Setengah dari 'barang buatan tangan' mereka hanyalah barang murahan dari China. Anda tidak bisa berjalan 20 kaki tanpa didekati penipu. Seperti, secara harfiah setiap blok. Seluruh kota hanya terasa seperti fasad untuk menarik uang turis yang bodoh," sambung yang lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada dari Indonesia

Para pengguna juga dengan cepat menyebut atraksi turis populer, Air Terjun Niagara, yang sering disebut sebagai salah satu keajaiban dunia. Namun, objek wisata ini dikatakan tidak lagi membuat pengunjung seolah menyatu dengan alam.

"Saya tidak tahu air terjun ini akan berada di kota. Saya pikir itu terletak di taman nasional. Seluruh tempat ini terasa seperti pusat perbelanjaan raksasa," kata seorang pengguna.

Sementara sebagian besar pengguna setuju dengan sudut pandang ini, itu juga memicu percakapan menarik seputar apa yang menyebabkan pemisahan taman nasional di AS. "Urbanisasi Air Terjun Niagara benar-benar mengilhami para konservasionis untuk melobi sistem taman nasional," tulis yang lain.

Dubai adalah kota lain yang mendapat kecaman karena apa yang dianggap pengguna sebagai kedangkalan tertinggi. "Memutuskan untuk menghabiskan 10 hari di sana, tapi ternyata 24 jam saja sudah cukup. Terlalu banyak mal, tidak ada budaya," kata seorang pengguna.

Seorang pengguna lain menyoroti bagaimana Dubai dibangun di atas tenaga kerja yang diimpor dari negara tetangga. "Negara itu dibangun di atas darah dan jiwa buruh murah dari Pakistan, India, Sri Lanka, dan Bangladesh," tulisnya.

Yang lain juga merasa bahwa Bali, yang dulunya surga pantai indah, kini jadi pusat wisata berbasis Instagram tanpa jiwa.

"Bali banyak berubah dalam 10 tahun terakhir. Dulu sangat indah dan menakjubkan... sekarang penuh dengan 'pengembara digital' dan makanan yang terlalu mahal," kata seorang pengguna. "Saya ingat ketika itu (Bali) jadi tempat selancar yang keren dengan makanan murah."

Banyak pengguna juga memilih Beijing, yang mereka rasa bukan hanya tujuan overhyped, tapi juga "tempat rasisme merajalela." "Terintimidasi oleh tingkat keamanan bersenjata di mana-mana, harus melawan begitu banyak penipu, tidak suka disentuh dan ditertawakan ketika di kereta bawah tanah (saya orang Eropa yang sangat putih dengan rambut keriting). Secara keseluruhan, ini sangat menantang meski ada beberapa pemandangan yang menakjubkan," tulis seorang pengguna.


Dari Rasisme sampai Tingkat Keamanan

Rasisme tampaknya jadi tema berulang, muncul sebagai salah satu faktor utama yang membuat pengalaman bepergian di luar negeri tidak tertahankan. "Setiap kali saya pergi ke Paris, saya belajar bagaimana mengatakan, 'Maaf saya tidak bisa berbahasa Prancis, saya orang Amerika yang bodoh' dalam bahasa Prancis. Orang Paris menyukainya," kata seorang pengguna.

Tapi, bukan hanya rasisme yang membuat banyak pengalaman perjalanan terasa aneh dan tidak aman. Dalam beberapa kasus, pengguna benar-benar terbuka tentang menghadapi bahaya di jalan-jalan kota baru.

"Ditembak 5 menit setelah tiba di Rio," ungkap seorang warganet.

Pengguna lain menyebut Myrtle Beach, sebuah kota di Carolina Selatan, AS, memiliki banyak "sabu dan pembunuhan," selain hanya benar-benar murahan tanpa alasan. Ia juga merasa bahwa menemukan kota yang ditimpa kemelaratan jadi pengalaman terburuk.

"New Orleans," tambah mereka. "Makanannya enak, musiknya bagus, tapi kotanya mengerikan, baunya seperti kencing dan muntah ke mana pun kami pergi."

Beberapa merasakan hal yang sama tentang Manila di Filipina. "Lalu lintas sangat buruk, dan sangat kotor," kata seorang pengguna. "Bangunan yang bagus, tapi seluruh pengalaman itu membuat stres."

Naples adalah tujuan lain yang disebut sebagai "lengket seperti meja McDonald's." Banyak juga yang mengeluhkan betapa tidak amannya kota Italia itu.

Pada akhirnya, utas Reddit ini tidak harus selalu dipercaya sepenuhnya, tapi tetap terinformasi akan membantu. Fakta-faktanya tidak universal, tapi pengakuan perjalanan pelancong mungkin lebih kuat daripada ulasan "ahli."


Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan COVID-19