Volume 162

Tendangan Geledek Penuh Gaya

Tendangan Geledek Asnawi Mangkualam Jadi Sorotan di Akun Medsos AFF: Penuh Gaya

Liputan6.com 2021-12-13 12:15:22
Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampil dominan sejak awal laga menghadapi Laos pada partai kedua Grup B di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021). (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia menang telak 5-1 atas Laos di laga kedua Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Minggu kemarin (12/12/2021). Ini adalah kemenangan kedua skuad Garuda, setelah sebelumnya mereka kalahkan Kamboja 4-2.

Pada laga lawan Laos, lima gol kemenangan Timnas Indonesia dilesakkan Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas ('84). Gol balasan Laos dicetak Kydavone Souvanny.

Penampilan anak asuh Shin Tae yong pada pertandingan kemarin banyak menuai pujian. Bukan itu, saja salah satu gol yang dibuat penggawa Indonesia Asnawi Mangkualam juga jadi sorotan, termasuk dari pihak AFF

Gol Asnawi Mangkualam dibuat dari tendangan penalti setelah pemain Laos Kydavone Souvanny menjegal Alfeandra Dewangga pada menit 23,

Asnawi dengan percaya diri maju sebagai eksekutoro. Tendangan keras mantan pemain PSM Makassar itu menghujam jala gawang Laos yang dikawal Keo Oudone Souvanasangso.


Penuh Gaya

Dan, rupanya tendangan indah Asnawi sontak mendapat perhatian AFF yang ditunjukan lewat postingannya di media sosial.

"Tidak ada peluang (untuk melakukan penyelamatan) ketika penalti dilakukan seperti itu!" tulis AFF.

"Asnawi Mangkualam mencetak gol internasional pertamanya dengan penuh gaya," tambahnya.

Berdasrkan catatan di situs Transfermarkt, pemain Ansan Greeners FC ini tak pernah mengambil tendangan penalti dalam laga kompetitif.


Assist

Selain mencetak gol pembuka, Asnawi juga kembali berkontribusi dalam terjadinya gol tim Merah Putih. Dia sukses membuat assist.

Pemain yang berkarier di Liga Korea itu berhasil mengirimkan umpan presisi yang mampu disambar oleh Irfan Jaya, sehingga menjadi gol.


Puncak Klasemen

Sementara itu, kemenangan atas Laos mengangkat Indonesia ke posisi teratas klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020.

Posisi kedua ditempati Vietnam usai menaklukkan Malaysia 3-0 di Stadion Bishan. Skuat Garuda untuk sementara menguasai puncak berkat keunggulan produktivitas

Ayah Vanessa Tabur Bunga di Jalan Tol

Polisi Diminta Tindak Aksi Doddy Sudrajat yang Dianggap Membahayakan Saat Melakukan Tabur Bunga di Jalan Tol

Liputan6.com 2021-12-13 16:40:57
Ayah artis VA, Doddy Sudrajat menggelar jumpa pers terkait konflik dengan putrinya di kawasan Buncit, Jakarta, Jumat (25/1). Dalam kesempatan itu, Doddy Sudrajat mengaku sudah pisah dengan an

Jelang 40 hari meninggalnya Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Doddy Sudrajat melakukan tabur bunga di lokasi kecelakaan maut yang menewaskan putrinya di Tol JOMO, Jawa Timur. Momen tersebut dibagikan Doddy Sudrajat lewat Instagram Storiesnya, yang mengunggah ulang postingan akun @irma_rachim.

Namun aksi kakek Gala Skat Andriansyah ternyata mendapat kritikan banyak orang, salah satunya dari dari Ketua Umum Barisan Ksatria Nusantara (BKN) Muhammad Rofi'i Mukhlis.

Menurut Muhammad Rofi'i Mukhlis, aksi tabur bunga yang dilakukan Doddy Sudrajat di jalan Tol sangatlah berbahaya.

"Ini lagi-lagi si Doddy Sudrajat ya. Mohon maaf ini Pak Doddy, ini harus diingetkan sampeyan ini. Kemarin mau mindah makam Vanessa, gak papa itu urusannya sampeyan ya," kata Rofi'i seperti dikutip dari akun TikTok, Senin (13/12/2021).

"Tapi karena ini Anda telah menggunakan jalan tol untuk pansos, untuk bikin kegiatan-kegiatan yang tidak dibenarkan. Kalau ini dibiarkan, gerakan Pak Doddy Sudrajat yang menabur bunga lalu bincang-bincang di jalan tol itu sangat bahaya," tambahnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ditiru

Rofi tak ingin apa yang dilakukan oelh Doddy Sudrajat akan ditiru banyak orang. Apalagi aksi tersebut sangat membahayakan dan dianggap melanggar hukum.

"Ini kalau ditiru oleh kelompok-kelompok masyarakat lainnya, terus doa di sana dalam jumlah banyak, terus gimana ini? Maka dari itu saya minta bapak Kapolda Jawa Timur, Ditlantas Polda Jawa Timur untuk menindak saudara Doddy Sudrajat ini," tegas Rofi'i.


Tak Boleh DIbiarkan

Aksi seperti ini kata Rofi'i jangan sampai dibiarkan dan perlu penanganan serius. Ia berharap ayah mendiang Vanessa Angel iti mendapatkan sangsi atas perbuatannya.

"Gak boleh ini dibiarkan begini-begini. Sekali lagi, saya mohon kepada yang terhormat Kapolda agar tidak pandang bulu. Saya selaku Ketua Umum BKN meminta ini untuk ditertibkan, bila perlu diberi sanksi," katanya.


Saran

Tidak dibenarkan menabur bunga di jalan tol. Rofi'i menyarankan Doddy Sudrajat untuk melakukan tabur bunga di makam Vanessa Angel.

"Tidak boleh tabur bunga di jalan tol atas nama apapun, tidak boleh. Kalau mau tabur bunga, silahkan datang ke makamnya almarhum Vanessa dan Bibi. Di situ sudah jelas, di situ makamnya. Terima kasih," pungkasnya.

Petisi Boikot Nikita Mirzani

Heboh Petisi Boikot Nikita Mirzani, Disebut Figur Publik yang Sering Buat Keributan

Liputan6.com 2021-12-13 12:00:49
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_172)

Muncul Petisi Boikot Nikita Mirzani yang disuarakan Flavossara Berry pada laman Change.org. Hingga Senin, 13 Desember 2021, petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 85.000 orang.

Tertulis dalam petisi boikot Nikita Mirzani, bahwa artis tersebut sering membuat keributan. Flavossara pun ingin figur publik yang ada di Indonesia tidak lagi membawa keributan.

"Seorang artis bernama Nikita Mirzani, akhir-akhir ini sering membuat keributan. Mulai dari ribut sesama artis, menghina umat Islam, membuka aib orang lain yang seharusnya tidak pantas, melakukan fitnah, bahkan pernah melakukanVictim Blaming terhadap korban kasus kekerasan seksual!

Dia pernah mengatakan untuk jangan menyenggol pribadi dia, tapi dia juga yang seenaknya berlaku egois menghina dan menyenggol pribadi orang lain.

Saatnya, kita tuntas dan bersihkan Indonesia dari public figure yang membawa keributan. Sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia menjadi pribadi yang bermartabat, dimulai dari hal kecil. Walaupun petisi ini terdengar konyol untuk sebagian orang," demikian isi petisi boikot Nikita Mirzani.


Kontroversi Nikita Mirzani

Nikita Mirzani dikenal sebagai salah satu artis kontroversial. Kontroversi Nikita Mirzani dimulai ketika terlibat perseteruan dengan artis hingga ulama, serta pernah terseret kasus prostitusi.

Salah satu kontroversinya terkait Nikita Mirzani mengunggah video singkat menyindir kepulangan Rizieq Shihab. Menurutnya, penyambutan kepulangan Rizieq pada Selasa (10/11/2020) silam terlalu berlebihan hingga menyebut habib tukang obat.

"Gara-gara Habib Rizieq pulang ke Jakarta, penyemputannya gila-gilaan. Nama habib itu adalah tukang obat, screenshot. Nah nanti banyak antek-anteknya nih mulai nih ya, nggak takut gue juga," kata Nikita Mirzani dalam video.

Ucapan Nikita yang menyebut Rizieq tukang obat berbuntut panjang. Salah satu ulama yang mengecam Nikita adalah Almarhum Ustaz Maaher At-Thuwailibi. Ia mengancam akan menggeruduk kediaman Nikita bersama 800 lasker pembela ulama jika Niki tak menyampaikan permohonan maaf.

"Kepada saudari Nikita Mirzani yang sudah menyudutkan dan merendahkan imam besar kami Habib Rizieq dengan sebutan tukang obat. Tidak layak seorang muslimin dan muslimat yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasulnya menghina seorang ulama, apalagi beliau adalah cucu dari para cucu baginda Rasulullah SAW. Kalau kita tidak bisa menjadi orang saleh, setidaknya jangan memusuhi orang-orang saleh," kata Maaher kala itu.


Infografis Prostitusi Artis

 

Pakai Baju Adat Palestina di Israel

Miss Universe 2021 Terselenggara di Israel, Miss Universe Filipina Dikecam karena Pakai Baju Adat Palestina

Liputan6.com 2021-12-13 14:02:06
Pakai Baju Adat Palestina di Miss Universe 2021Israel, Miss Filipina Tuai Kecaman. (dok.Instagram @beatriceluigigmz/https://www.instagram.com/p/CXEdWS3Ni4n/?utm_source=ig_embed&ig_rid=4a849e0

Kontes kecantikan Miss Universe 2021 di Israel resmi berakhir dengan penobatan wakil India Harnaaz Sandhu sebagai pemegang terbaru mahkota. Ajang ini memunculkan sejumlah kontroversi bahkan sebelum terselenggara, seperti pengunduran diri wakil dari beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia, karena berlangsung di Israel.

Kontroversi lainnya dilakukan Miss Universe Filipina, Beatrice Luigi Gomez. Ia dikecam setelah mengunggah foto sedang mengenakan pakaian tradisional Palestina saat berkunjung ke sebuah daerah di Israel.

Beatrice mengungggah foto dirinya di Instagram yang tengah menyiapkan makanan dan mengenakan pakaian tradisional Palestina bersama beberapa kontestan lain. Namun, ia menulis tagar #VisitIsrael, tanpa menyebut kata Palestina.

Unggahan pada 5 Desember 2021 itu kemudian menuai kecaman dari sejumlah pengguna media sosial. Penampilan Beatrice dinilai sebagai pencurian budaya.

"Penyelenggara Miss Universe di Israel dan kontestan memanfaatkan budaya Palestina, tanpa pengakuan dari ratusan generasi Palestina yang mewariskan identitas budaya ini," komentar seorang warganet.

Beberapa orang menuduh ajang Miss Universe dan para kontestannya "menghapus kolonialisme" dan menyebut Israel mencoba "mencuri segala sesuatu yang berhubungan dengan Palestina."

Dilansir dari The New Arab, Senin (13/12/2021), penyelenggara berharap ajang tersebut akan mempromosikan Israel sebagai tujuan wisata, walau para aktivis menyerukan untuk memboikot kontes tersebut atas pelanggaran hak asasi manusia Israel terhadap orang Palestina.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bentuk Kebodohan

Warganet lain menyebut apa yang diunggah Miss Universe Filipina itu sebagai bentuk kebodohan dan pengaburan kolonialisme.

"Sehari dari kehidupan Badui Palestina, memakaiTawb atau Thobe (gamis) Palestina, menyiapkan makanan Palestina/Arab, dan mempromosikan untuk mengunjungi Israel. Jangan sampai selesai bersama Miss Universe 2021. Itu kebodohan, penindasan, dan pengapuran kolonialisme," tulis pengguna Twitter.

Bukan hanya Miss Universe Filipina, peserta lain juga menimbulkan kontroversi menjelang kompetisi. Sebuah video menunjukkan Miss Universe Thailand, Anchilee Scott-Kemmis, memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem yang kemudian memicu kemarahan warga Palestina pekan lalu.


Pemenang Miss Universe 2021

Miss Universe 2021 sendiri akhirnya diraih perwakilan India, Harnaaz Sandhu. Puncak acara kontes kecantikan ke-70 ini berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021 waktu setempat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza memakaikan mahkota kemenangan pada Sandhu. Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yaitu 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan).

Pemandu acara Miss Universe 2021 di belakang panggung, yakni Carson Kressley dan Chesley Kryst, mengungkap format kontes terdiri atas Top 16, Top 10, Top 5, Top 3, dan penganugerahan mahkota. Posisi Top 16 diduduki oleh wakil dari Prancis, Kolombia, Singapura, Panama, Puerto Riko, Bahama, Jepang, Inggris Raya, Amerika Serikat, India, Aruba, Paraguay, Filipina, Venezuela, Afrika Selatan, dan Vietnam (pilihan penggemar).

Penyanyi Jojo turut mengiringi kompetisi gaun malam para kontestan di Top 5 Miss Universe 2021. Mereka yang berhasil menembus babak ini adalah wakil India Harnaaz Sandhu, wakil Afrika Selatan Lalela Mswane, wakil Paraguay Nadia Ferreira, wakil Kolombia Valeria Ayos, dan wakil Filipina Beatrice Gomez.


Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

 

Masjid China di Afghanistan

China dan Taliban Resmikan Masjid dan Sumur di Afghanistan

Liputan6.com 2021-12-13 15:04:37
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Pejabat China dan Taliban meresmikan pembangunan masjid dan dua sumur di Kementerian Kehakiman Afghanistan pada Minggu (12/12).

Dikutip dari laman Xinhua, Senin (13/12/2021) proyek-proyek tersebut didanai oleh pemerintah China.

Duta Besar China untuk Afghanistan Wang Yu mengatakan, Tiongkok dan Afghanistan adalah tetangga yang sangat dekat yang dihubungkan oleh gunung dan sungai, dan kedua bangsa menikmati pertukaran persahabatan yang berlangsung lama.

"Sesuai dengan prinsip persahabatan, ketulusan, saling menguntungkan dan inklusivitas, China selalu berpegang pada kebijakan diplomatik membangun persahabatan dan kemitraan dengan Afghanistan dan telah berdiri bersama untuk saling mendukung," katanya.

Duta Besar mencatat bahwa China dengan tulus berharap dan mempromosikan realisasi awal perdamaian, ketenangan, kemakmuran dan hubungan bertetangga yang baik di Afghanistan.

China telah secara aktif mengadopsi langkah-langkah konkret untuk membantu Afghanistan meraih peluang dan mengatasi kesulitan.

Kepala juru bicara pemerintahan pimpinan Taliban Zabihullah Mujahid berterima kasih kepada China atas sumbangan tersebut.

"Imarah Islam Afghanistan berterima kasih kepada China atas pengiriman bantuan dan juga memastikan memiliki hubungan yang dapat dipercaya dengan negara tetangga," katanya dalam pidatonya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ucapan Terima Kasih untuk China

Menjamin perlindungan terhadap investasi dan investor, Mujahid menyatakan bahwa pemerintah tegas untuk memberikan keamanan bagi diplomat dan investor China dan juga berterima kasih atas kerjasama tersebut.

Juru bicara Taliban juga mengharapkan bantuan negara-negara kawasan, dunia Islam, negara-negara Eropa dan China dalam proses pembangunan kembali Afghanistan usai dilanda perang.

Berbicara pada pertemuan tersebut, Penjabat Menteri Kehakiman Shaikh Abdul Hakim Sharai mengucapkan terima kasih kepada China atas dukungan dan pemberian bantuan kemanusiaan ke negaranya.

"Saya berterima kasih kepada China dan duta besar Tiongkok atas dukungan mereka untuk Afghanistan."


Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting

 

Artis India, Miss Universe 2021

Deretan Fakta Harnaaz Sandhu, Pemenang Miss Universe 2021 dari India

Liputan6.com 2021-12-13 14:12:49
Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu. (AP Photo/Ariel Schalit)

Miss India, Harnaaz Sandhu, dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Dilansir dari People, gadis 21 tahun itu berhasil mengalahkan 79 lawannya dari berbagai negara.

Final Miss Universe sendiri berlangsung di Eilat, Israel, Minggu (12/12). Harnaaz Sandhu berada di posisi pertama diikuti dengan Miss Paraguay Nadia Ferreira dan Miss Afrika Selatan Lalela Mswane.

Harnaaz Sandhu memegang gelar Miss Universe, setelah sebelumnya dipegang oleh Andrea Meza sebagai Miss Universe 2020. Harnaaz Sandhu menjadi perwakilan India ketiga yang berhasil meraih gelar sebagai Miss Universe, pertama kali pada tahun 1994, tahun 2000 dan kemudian tahun 2021.

Dilansir dari Cosmo, berikut ini deretan hal tentang Harnaaz Sandhu yang mungkin ingin kalian ketahui.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dukung Pemberdayaan Perempuan

Menurut biografi Miss Universe-nya, Harnaaz mengaku mendapat inspirasi dari ibunya, yang mematahkan generasi patriarki untuk menjadi ginekolog yang sukses dan memimpin keluarganya. Didorong untuk mendukung wanita lain dengan cara yang sama, Harnaaz tumbuh bekerja dengan ibunya di kamp kesehatan yang membahas kesehatan wanita dan kebersihan menstruasi.


Seorang Aktris

Harnaaz juga seorang aktris dan dia ingin memainkan karakter yang mematahkan stereotip yang dimiliki dunia tentang wanita. Aktris favoritnya adalah Priyanka Chopra.


Hobi Bermain Catur

Hobi Harnaaz antara lain yoga, menari, memasak, menunggang kuda, dan bermain catur.


Kostum Unik

Untuk kostum nasional Miss Universe, Harnaaz mengenakan sari yang merupakan representasi visual kerajaan dari seorang wanita yang menampilkan Ratu India, kuat namun halus. Unsur-unsurnya simbolis terhadap naluri perlindungan seorang wanita. Elemen kunci dari Kostum adalah Cermin dan Payung. Elemen perwakilan dari Kostum Nasionalnya ialah warna Pink.


Sarjana Teknologi Informasi

Dia lulus dengan gelar sarjana di bidang teknologi informasi dan sedang belajar administrasi publik untuk gelar masternya.

PNS Tetap Dilarang Cuti

PPKM Level 3 Nataru Batal, PNS Tetap Dilarang Cuti

Liputan6.com 2021-12-13 12:30:29
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri tidak lagi melarang masyarakat untuk mengambil cuti natal dan tahun baru (Nataru). Namun bagi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, tetap dilarang mengambil cuti pada Hari Raya Natal dan tahun baru atau nataru.

Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 dibatalkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo tetap menginstruksikan ASN untuk tidak bepergian ke luar daerah.

"ASN tetap tidak boleh mengambil cuti dan keluar daerah pada nataru," tegas Menteri Tjahjo, Senin (13/12/2021).

Larangan cuti bagi ASN ini termuat dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 26/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara selama Periode Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Dalam surat itu tertulis, ASN dilarang bepergian ke luar daerah selama periode Nataru. Larangan ini berlaku sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Berlaku bagi ASN di Area Aglomerasi

Larangan itu tidak berlaku bagi ASN yang berada di area aglomerasi, seperti Jabodetabek, Solo Raya, Bandung Raya, dan sebagainya.

ASN yang bepergian untuk tugas kedinasan, harus memperoleh Surat Tugas yang ditandatangani minimal Pejabat Tinggi Pratama atau Kepala Kantor Satuan Kerja.

Modus Jual Pulau di Indonesia

Praktik Jual-Beli Pulau Kecil Indonesia Masih Marak, Begini Modusnya

Liputan6.com 2021-12-13 16:40:28
Tangkapan layar tawaran penjualan sejumlah pulau di situs online www.privateislandsonline.com.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkap temuan maraknya praktik jual beli pulau-pulau kecil tanpa izin di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Laksda TNI Adin Nur Awaludin menyatakan, aksi tidak terpuji tersebut dilakukan oleh kelompok maupun perorangan. Meski begitu, dia tidak merinci di mana saja titik lokasi praktik jual beli pulau kecil tanpa izin tersebut.

"Banyak modus dilaksanakan yang terjadi yaitu kelompok orang atau bahkan pribadi membeli pulau tanpa ada pemberitahuan, tanpa izin," ungkapnya dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2021 & Proyeksi 2022 Kinerja Subsektor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Senin (13/12).

Ironisnya, sambung Awaludin, para pelaku mengelola sepenuhnya pulau-pulau kecil tersebut. "Bahkan, terkesan menjadi miliknya sendiri," tekannya.

Awaludin menerangkan, praktik jual beli pulau-pulau kecil tanpa izin sendiri termasuk perbuatan kriminal karena melanggar ketentuan yang berlaku. Yakni Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

"Karena bagaimanapun pengelolaan pesisir maupun pulau-pulau kecil berada di tanggung jawab Kementerian Kelautan dan Perikanan," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perkuat Pengawasan

Untuk itu, KKP bersama stakeholders terkait terus memperkuat pengawasan terhadap pengelolaan wilayah pesisir maupun pulau-pulau kecil di Indonesia. Tujuannya, untuk mengantisipasi timbulnya praktik serupa.

"Ini yang menjadi perhatian kami ke depan. Jangan sampai terjadi seolah-olah pembelian pulau terjadi lalu ada perizinan dari KKP," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Vaksin Anak Dimulai

Kick Off Vaksinasi Anak Usia 6-11 pada 14 Desember, Ini Persiapan IDAI

Liputan6.com 2021-12-13 16:20:28
Seorang anak mendapatkan vaksin covid-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Pemprov DKI menggelar vaksinasi massal bagi anak usia 12-17 tahun di St

Setelah menyasar usia 12 tahun ke atas, vaksinasi COVID-19 akan mulai disuntikkan (kick off) pada anak usia 6-11 pada Selasa, 14 Desember 2021.

Terkait hal ini, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengatakan bahwa pihaknya tengah membuat petunjuk teknis (juknis) terutama terkait dengan skrining. Ini termasuk pemeriksaan tekanan darah dan hal lainnya.

"Nanti kalau sudah siap, kita akan keluarkan rekomendasi terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 khususnya skriningnya di lapangan seperti apa," ujar Piprim dalam seminar daring IDAI, Senin (3/12/2021).

Menurutnya, kapten dari pelaksanaan vaksinasi anak ini adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pelaksanaanya akan seperti vaksinasi pada anak usia 12-17.

"Pelaksanaannya kalau saya lihat akan seperti kakak-kakaknya yang usia 12 sampai 17. Jadi dilaksanakan di puskesmas, bisa juga di sekolah, nanti IDAI siap mendampingi pelaksanaan di lapangan."


Belum Semua

Piprim menambahkan, pelaksanaan vaksinasi besok belum untuk semua anak usia 6-11 di seluruh Indonesia.

"Saya lihat ada beberapa kabupaten/kota yang ditunjuk, khususnya yang cakupan vaksinasinya memang sudah tinggi. Begitu informasi sementara."

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan pembukaan (kick off) pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun.

Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

"Kami harapkan, hari Selasa (14/12/2021) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan. Selanjutnya, secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun," kata Maxi dalam Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun secara virtual pada Minggu, 12 Desember 2021.


Lokasi Vaksinasi Anak

Dalam paparan Maxi, rencana kick off vaksinasi anak usia 6-11 akan digelar di DKI Jakarta, Banten atau Depok.

Waktu pelaksanaan vaksinasi anak bisa pertengahan atau akhir Desember 2021. Adapun jumlah sasaran anak usia 6-11 tahun se-DKI Jakarta yang akan divaksinasi sebanyak 983.248 anak.

Pelaksanaan vaksinasi anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Rekomendasi serupa juga telah dikeluarkan oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).


Infografis Amankah Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

 


Simak Video Berikut Ini