Volume 169

Indonesia Gilas Malaysia

Hasil Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Gasak Malaysia 4-1

Liputan6.com 2021-12-19 21:24:34
Winger Timnas Indonesia Irfan Jaya merayakan gol ke gawang Malaysia pada laga Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Minggu (19/12/2021). (AFP/Roslan Rahman)

Timnas Indonesia menaklukkan musuh bebuyutan Malaysia 4-1 pada laga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Minggu (19/12/2021). Hasil ini membuat timnas melangkah ke semifinal.

Pasukan Shin Tae-yong tersentak gol Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Namun, Skuat Garuda sukses membalikkan kedudukan melalui dua gol Irfan Jaya ('36, 43).

Skuat Garuda kemudian mempertegas keunggulan lewat gol Pratama Arhan ('50) dan Elkan Baggott ('82).

Indonesia kini mengungguli Malaysia. Mereka meraih kemenangan ke-40 dalam 97 pertandingan sejak pertama kali bertemu pada 1957. Sementara Malaysia berjaya 36, kali.

Khusus di Piala AFF, Indonesia kini meraih kemenangan kelima dari sembilan pertemuan melawan Malaysia.


Babak Pertama

Indonesia mengambil inisiatif serangan di lima menit awal. Akselerasi Pratama Arhan berbuah tendangan pertama. Pada sepak pojok tidak lama berselang, sepak pojok Arhan memaksa kiper Malaysia blunder.

Irfan Jaya tidak membuang bola dengan sempurna. Bola dikuasai gelandang Kogileswaran Raj yang melepas tendangan jarak jauh untuk merobek gawang Indonesia. Dari Stadion Bishan, Vietnam sudah unggul atas Kamboja lewat gol Nguyen Tien Linh. Skor ini membuat Vietnam ke puncak klasemen sementara.

Pelanggaran keras Ramai Rumakiek untuk Rizal Ghazali berbuah kartu kuning pertama dari wasit.

Tekel terhadap Pratama Arhan tidak digubris wasit. Hal tersebut memancing gelombang protes dari bangku cadangan Indonesia.

Alfeandra Dewangga bermain dengan api. Dia mendorong Safawi Rasid yang berhasil melewatinya. Beruntung wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Timnas kesulitan memberi ancaman berarti bagi gawang Malaysia. Sementara Vietnam mempertegas keunggulan atas Kamboja berkat gol kedua Nguyen Tien Linh.

Syafiq Ahmad hampir menggandakan keunggulan Malaysia. Tidak lama berselang, Irfan Jaya membayar kesalahan dengan meneruskan umpan silang Witan Sulaeman.

Kepercayaan diri timnas bertambah. Serangan balik timnas hampir meloloskan Ezra Walian. Sementara Ramai Rumakiek terlalu bernafsu dan menghiraukan rekan setelah merebut bola dari pemain Malaysia. Tendangannya melenceng jauh.

Pratama Arhan dan Irfan Jaya, dua sosok paling menonjol di timnas, berkolaborasi untuk terciptanya gol kedua. Pratama Arhan merebut bola dan melepas bola yang diblok lawan. Bola liar kemudian dimaksimalkan Irfan Jaya untuk membuat Skuat Garuda memimpin.

Babak pertama kemudian berakhir.


Babak Kedua

Babak kedua dimulai. Malaysia membuat kejutan dengan menarik Safawi Rasid dan memasukkan bek Dominic Tan. Timnas juga merubah personel dengan hadirnya Elkan Baggott menggantikan Ramai Rumakiek.

Timnas memperbesar keunggulan melalui Pratama Arhan. Dari situasi sepak pojok, dia melepas tendangan jarak jauh yang tidak mampu dihentikan kiper Malaysia.

Ezra Walian mendapat kartu kuning setelah kakinya mengenai lawan usai mengumpan bola.

Irfan Jaya melewatkan kesempatan mencetak hattrick. Rachmat Irianto merebut bola. Dia kemudian coba menembak tapi bolanya jatuh ke kaki Irfan. Namun, tendangannya masih melenceng. Sementara itu, Vietnam mencetak dua gol cepat melalui Bui Tien Dung dan Nguyen Quang Hai untuk mengungguli Kamboja 4-0.

Syafiq Ahmad merasa sudah mencetak gol bagi Malaysia. Namun, wasit menganulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap kiper Nadeo Argawinata.

Ezra Walian yang sudah berusaha keras meski jarang mendapat bola ditarik. Masuk Kushedya Hari Yudo.

Evan Dimas masuk di sisa 15 menit pertandingan. Dia menggantikan Rachmat Irianto yang terkena cedera.

Indonesia kembali membuang kesempatan memperbesar skor. Witan Sulaeman merebut memanfaatkan kesalahan bek lawan. Dia kemudian mengirim umpan dengan kondisi lawan dalam keadaan kosong. Namun, Kushedya Hari Yudo terlambat menyambut umpannya.

Namun, dari sepak pojok setelahnya, Elkan Baggott mencetak gol perdana bagi timnas untuk mengubah skor 4-1.

Kushedya Hari Yudo dan Irfan Jaya digantikan Yabes Roni dan Hanis Sagara. Ricky Kambuaya mendapat kartu kuning usai melakukan pelanggaran. Evan Dimas kemudian hampir mencetak gol jika tendangannya tidak membentur gawang. Skor pun tidak berubah.


Susunan Pemain

Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya; Ezra Walian

Malaysia (4-1-4-1): Khairul Fahmi; Rizal Ghazali, Dion Cools, Junior Eldstal, Syahmi Safari; Baddrol Bakhtiar; Safawi Rasid, Faisal Halim, Kogileswaran Raj, Arif Aiman; Syafiq Ahmad

Mantan Vanessa Angel Muncul

Penjelasan Doddy Sudrajat soal Tampilkan Mantan Vanessa Angel dalam Acara 40 Harian

Liputan6.com 2021-12-19 09:00:41
Vanessa Angel - Doddy Soedrajat (Foto: Instagram/@dodysoedrajat_1)

Ada yang mengagetkan dalam acara 40 harian kepergian Vanessa Angel yang diselenggarakan belum lama ini. Salah satunya adalah tidak ditampilkannya foto Bibi Andriansyah.

Alih-alih foto suami, yang ditampilkan malah foto para mantan kekasih Vanessa Angel. Dalam acara Rumpi No Secret, Feni Rose pun bertanya pada Doddy Sudrajat.

"Fitnah atau fakta waktu 40 hari kemarin daddy inisiatif sengaja menunjukkan foto-foto mendiang anak Pak Doddy dengan mantan-mantannya, termasuk Prof Bambang. Itu inisiatif daddy karena sosok tersebut banyak membantu membiayai pengajian kemarin?" tanya Feni Rose.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


HanyaTamu

Doddy Sudrajat mengaku bahwa sebenarnya dia hanya tamu undangan dalam acara 40 harian itu. Bukan dia yang merancang acaranya.

"Fitnah. Daddy kan di situ juga diundang, di situ tamu juga dari keluarga besar Vanessa. Yang membuat acara itu kan bang Milano dan Prof Bambang," kata Doddy Sudrajat.


Kenapa Ada Foto Mantan?

Saat ditanya mengapa yang ditampilkan adalah foto pria lain padahal Vanessa telah bersuami, Doddy juga tak bisa menjelaskan.

"Daddy enggak bisa jawab karena sudah ada EO-nya di sana," ucap pria paruh baya ini.


Tak Merasa Aneh

Namun secara pribadi, dia tak keberatan melihat foto-foto mantan kekasih Vanessa dipamerkan dalam acara itu. Dia tak mempermasalahkan.

"Enggak masalah, enggaklah (merasa aneh). Ya itu sekali lagi kan dqaddy diundangm sudah ada EO-nya. Jadi mengikuti acara aja saat itu," tutupnya.

Firli Bahuri Dimutasi

Boneka Barbie Anne Avantie

Barbie Anne Avantie, Detail Selendang Batik Pekalongan Produksi AS Bikin Takjub

Liputan6.com 2021-12-19 17:31:49
Anne Avantie memegang boneka Barbie miniatur dirinya. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Anne Avantie terpilih menjadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan boneka Barbie oleh Mattel Amerika Serikat. Pada Sabtu, 18 Desember 2021, desainer kebaya asal Semarang itu akhirnya menerima langsung boneka yang dibuat sebagai bentuk penghargaan untuk sosok inspiratif.

Terlihat dari dekat boneka Barbie itu sangat mirip dengannya, mulai dari gaya rambut yang selalu dikonde, lengkap dengan bunga kamboja yang dijepit di sisi kanan rambutnya. Wajahnya pun dimakeup serupa dengan gaya keseharian Anne Avantie, lengkap dengan gaya poni belah tengah.

Boneka didandani dengan kebaya brokat hitam yang dipadukan dengan celana hitam, bahunya pun sangat cantik berbalut selendang batik. Tak lupa kalung salib yang menjuntai hingga ke bagian atas perut, juga ditiru oleh Barbie untuk menggambarkan sosok Anne Avantie.

"Ini selendangnya motif Pekalongan. Salut, Mattel di Amerika bisa menyerupai selendang Pekalongan ini, sangat mirip," ujar Anne Avantie, saat dijumpai dalam perkenalan boneka Barbie karakter dirinya, di Living World Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan (Tangsel),kemarin.

Saat memegang dan menatapnya secara langsung, ia dibuat takjub dengan Barbie yang ada di genggamannya. Ia bahkan sempat bercanda bila Mattel Amerika Serikat pasti kewalahan saat membuat konde versinya.

"Dibuat enam bulan di Amerika, mungkin stres karena kondenya saya ini. Tapi saya dari awal dikasih lihat preview-nya, dikirim terus secara berkala, saya enggak pernah komplain, enggak pernah bilang kurang, saya yakin mereka membuatnya sepenuh hati," tutur Anne Avantie.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikira Guyon

Anne mengaku sempat tidak percaya saat ditelepon pertama kali oleh Mattel Indonesia. Ucapan mereka dianggapnya hanya guyonan saja. Bahkan, dia sempat menganggap kalau orang yang menghubunginya itu hanyalah orang iseng.

"Saya enggak kepengen bohong, yang saya rasakan saat itu ini guyonan, enggak percaya, ini bikinan orang-orang nganggur, banyak di rumah, kurang kerjaan, bikin ulah saja, saya pikir kaya gitu,"akunya.

Akhirnya, ia mulai memercayai Mattel Indonesia serius dengan rencananya.

"Terpilih jadi orang pertama di Indonesia sebagai role model itu nggak pernah terpikirkan oleh saya, karena mimpi saya sebenarnya hanya ingin membahagiakan mami. Dan menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat kehormatan dipilih sebagai sosok Barbie, saya persembahkan untuk ibu saya," kata Anne Avantie sembari menangis haru.

Setelah menerima boneka Barbie versi dirinya, dia akan memperlakukannya secara istimewa. Ia akan membuatkan rumah mini di rumahnya untuk memajang boneka miniatur dirinya itu.


Serba Virtual

Proses pembuatan boneka Barbie Anne Avantie itu langsung dilakukan oleh Mattel Global di Amerika. Karena pandemi Covid-19, segala preview setiap detail pembuatan pun dikirimkan ke Indonesia dan Anne Avantie melalui online dan virtual.

Menurut Mirsha Windyastuti, Associate Brand Manager Mattel Indonesia, sosok Anne Avantie dipilih sebagai perwakilan dari kategori fesyen yang kini memang dilirik oleh Barbie untuk program Role Model.

"Berbicara di dunia fashion siapa lagi legend-nya yang inspiratif. Aku searching, research, kemudian propose ke tim Mattel Global di Amerika, dan mereka setuju bila bunda Anne Avantie ini sangat inspiratif," kata Mirsha.

Tak hanya itu, perjuangannya merawat sang ibunda yang sempat terserang kanker pada 1996, hingga akhirnya kini karyanya mendunia, juga turut jadi poin plus. "Anne Avantie memberikan bukti nyata, kalau ada sosok inspiratif untuk tidak pernah menyerah mewujudkan cita-citanya," ujar Mirsha.


6 Fakta Menarik Tentang Fashion

 

TKW Dapat Warisan Rp 1 M

Kisah TKW Asal Indonesia Dapat Warisan Rp1 M dari Aktor Taiwan Chen Sun Young

Liputan6.com 2021-12-19 13:00:55
Aktor senior Chen Sung-young dan perawatnya Yule asal Indonesia. Dok:

Pada Jumat, 17 Desember 2021, Taiwan kehilangan salah satu aktor terbaiknya, Chen Sung Young. Lelaki yang meninggal pada usia 80 tersebut mewariskan sebagian harganya pada seorang TKW asal Indonesia bernama Yuli.

Besaran harta warisan yang diterima oleh Yuli adalah 2 juta dolar Taiwan atau sekitar 1 miliar rupiah. Tak hanya itu, Chen Sung Young juga pernah memberikan hadiah berupa perhiasan emas senilai 1,2 juta dolar Taiwan atau sekitar 620 juta untuk Yuli.

"Saya memintanya untuk memanggil saya Abba (ayah)," ujar Chen Sung Young beberapa waktu lalu seperti dikutip News.fox.24 pada Minggu, (19/12/2021).

Menurutnya, itu menjadi salah satu bentuk terima kasihnya pada Yuli atas kesabarannya selama ini. Ia pun sempat mengungkapkan bahwa akan berusaha memberikan apapun pada Yuli termasuk harta warisan yang telah direncanakannya.

"Saya akan memberikan apapun yang dia inginkan, selama saya bisa melakukannya. Meskipun tidak banyak," kata Chen Sung Young.

Yuli bekerja sebagai perawat dan pengasuh Chen Sung Young. Chen Sung Young pun pernah mengungkapkan bahwa ia menyayangi Yuli layaknya anak sendiri.

"Abba akan mati nanti, saya akan memberikanmu sejumlah uang," ujar Chen Sung Young.

Selama ini, Chen Sung Young juga belum pernah menikah dan tidak memiliki anak. Namun ia begitu dekat dengan Yuli yang merawatnya dan mengurus kebutuhan sehari-harinya selama tujuh tahun belakangan.

Berdasarkan keterangan, uang yang diberikan pada Yuli akan digunakan untuk membeli tanah dan memulai bisnis di kampung halaman tempat Yuli tinggal bersama suami dan anaknya.


Pensiun sejak tahun 2000

Mengutip Taiwan News, karier Chen Sung Young telah dimulai sejak tahun 1970 silam. Ia memainkan berbagai peran dalam drama dan film yang begitu populer selama beberapa dekade.

Termasuk peran utama dengan Jet Li dalam film komedi aksi Hongkong, Fong Sai-yuk. Chen Sung Young pun pernah mendapatkan Golden Horse Award atas perannya dalam drama sejarah Taiwan yang berjudul A City of Sadness.

Chen Sung Young telah pensiun pada tahun 2000 karena kesehatannya yang terus menurun saat itu. Pada tahun 2006, Chen Sung Young juga mengalami stroke. Pada tahun 2009, Chen Sung Young juga terkena maag. Kemudian pada 2016, aktor satu ini juga terkena edema paru.

Meskipun melewati kondisi yang tak mudah, Chen Sung Young mengungkapkan bahwa hidup sendiri bukanlah sebuah masalah baginya.

"Selama Anda hidup melewati 80 tahun, 80 tahun juga Anda menikmati hidup. Hidup sendiri sangat bahagia seperti saya," ujar Chen Sung Young.


Infografis

 

Misteri Kematian Dumbo

Kronologi Kematian Dumbo, Anak Gajah di Kebun Binatang Surabaya yang Masih Jadi Misteri

Liputan6.com 2021-12-19 15:00:00
Ilustrasi gajah. (dok. unsplash @paulhart)

Seekor anak gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) mati , Rabu (15/12/2021) pukul 03.26 WIB. Penyebab kematian anak gajah berusia 2,5 tahun di Kebun Binatang Surabaya itu masih misterius alias belum bisa dipastikan.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim) menerbitkan siaran pers yang membenarkan peristiwa kematian anak gajah di Kebun Binatang Surabaya. Dumbo merupakan anak gajah jantan yang lahir di KBS pada 22 Juli 2019 dari gajah jantan Lembang dan induk Doa.

Berdasarkan hasil nekropsi yang dilakukan oleh tim medis KBS diduga kematian anak gajah sumatera tersebut disebabkan oleh virus Elephant endotheliotropic herpesviruses (EEHV).

Gejala awal yang diperlihatkan, anak gajah sumatera tersebut terlihat lesu atau kurang aktif dan nafsu makan menurun pada hari Selasa (14/12/2021). Pawang gajah memanggil tim dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari dari hasil pemeriksaan, ujung lidah mengalami sianosis (berwarna kebiruan) dan terjadi pembengkaan pada sekitar mata. Perawatan terbaik disebutkan telah dilakukan untuk gajah Dumbo yakni dengan pemberian terapi cairan, obat-obatan, dan vitamin per oral, serta injeksi.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya penurunan kondisi sampai dengan dilakukan klisma untuk mengeluarkan kotoran. Di luar tindakan medis cepat yang telah dilakukan, anak gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya mati karena tidak dapat melawan virus EEHV.


Masih Tunggu Hasil Lab

Penyakit Elephant endotheliotropic herpesviruses (EEHV) atau Elephantid betaherpesvirus 1 (EIHV-1) adalah jenis virus herpes yang mematikan dan spesifik menyerang gajah.

Biasanya yang terjangkit adalah anak gajah atau umumnya usia muda sampai 10 tahun dengan kasus terbanyak pada rentang umur 1-3 tahun dan waktu kematiannya cenderung cepat yakni hanya 1-2 hari setelah gejala penyakit seperti pendarahan pada saluran pencernaan.

Dikutip dari TIMESIndonesia, Direktur Jenderal KSDAE Wiratno menyebutkan kematian anak gajah di fasilitas eksitu akibat EEHV perlu menjadi perhatian semua pihak terutama pengelolaan lembaga konservasi.

"Meskipun sulit dideteksi awal akan tetapi dapat dilakukan pencegahan dengan peningkatan sanitasi terhadap lingkungan tempat perawatan gajah jinak termasuk sanitasi atas pawang atau mahout yang memelihara dan merawat gajah," ucapnya.

Kendati demikian, konfirmasi atas penyebab lebih jelasnya kematian anak gajah di KBS masih menunggu hasil pemeriksaan PCR di PT Medika Satwa Laboratoris, Bogor terhadap sampel organ yang dikirimkan.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Indra Explotasia memastikan akan mengawasi peristiwa ini. Di Jatim, terdapat 11 lembaga konservasi yang merawat gajah sumatra. Ada 36 ekor gajah yang tersebar di Taman Safari Indonesia II Prigen sebanyak 19 ekor, PDTS-KBS sebanyak 6 ekor, PT. Bunga Wangsa Sedjati 6 ekor, dan PT. Bumi Lamongan Sejati sejumlah 5 ekor.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Diam-Diam Roro Fitria ke KUA

Roro Fitria Diam-Diam Daftar Nikah ke KUA Mampang Prapatan

Liputan6.com 2021-12-19 13:30:00
Roro FItria berhijab (Sumber: Instagram/roro.fitria1989)

Artis Roro Fitria dikabarkan bakal menikah pada 29 Desember mendatang. Kabar bahagia tersebut diketahui dari dokumen yang didaftarkan ke Kantor Urusan Agama Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Menurut Kepala KUA Mampang Jakarta Selatan, Basirun pihaknya menerima pendaftaran nikah Roro Fitria pada awal Desember kemarin.

Pengajuan tersebut dilakukan langsung oleh Roro Fitria. Tidak sendirian, wanita yang kini tampil berhijab itu datang ditemani oleh calon suami yang diketahui bernama Andre Irawan.

"Mbak Roro bersama Mas Andre Irawan mengajukan untuk pernikahan di tanggal 29 Desember. Mereka mengajukan ke sini tanggal 9 Desember," kata Basirun kepada wartawan baru-baru ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ijab

Basirun menyebutkan Roro Fitria dan Andre Irawan akan melangsungkan proses ijab qabul di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Kebetulan Basirun sendiri yang akan menjadi penghulunya.

"Nikahnya itu insyaAllah di Hotel Grand Kemang pada jam empat sore. Penghulunya kebetulan saya sendiri," jelas Basirun.


Dipersunting

Saat dikorek mengenai identitas calon suami Roro Fitria, Basirun mengatakan Andre Irawan merupakan duda dengan anak. Pekerjaan Andre sendiri adalah seorang wiraswasta.

"Mas Andre ini sudah pernah menikah. Menikahnya sudah lama tapi kemudian berpisah tidak tahu karena apa. Mas Andre juga punya anak," tutur Basirun.


Gagal

Sebelumnya, Roro Fitria diketahui pernah bertaaruf dengan seorang pria. Namun proses itu ada perbedaan karakter dan latar belakang budaya membuat gesekan terjadi.

"Nggak gagal sih, jadi kita bisa dibilang break gitu ya. Komunikasi tetap baik mungkin karena Nyai Jawa banget, terus beliau Sumatra, mungkin sedikit gesekan. Bagi beliau tidak masalah tapi bagi Nyai kayak kecentok gitu, aduh kok gini gitu. Balik lagi ke karakter yang nggak bisa dipaksakan gitu. Mungkin karakteristik dari luar pulau Jawa beda," ujar Roro Fitria beberapa waktu lalu.


Enggan Sebut Gagal

Namun meski begitu, Roro mengaku hubungannya itu bukanlah sebuah kegagalan.

"Nggak sih, gagal (sih) nggak. Kita masih komunikasi, kita coba jalanin, sama-sama narik mundur apa ada rasa kangen dan apa Allah mempertemukan kita lagi apa gimana," pungkasnya.

Hubungan Gisel-Wijin Kandas

Gisella Anastasia Umumkan Telah Putus dari Wijin

Liputan6.com 2021-12-19 12:30:00
Gisella Anastasia (Gisel) dan Wijaya Saputra (Wijin) / IG/ https://www.instagram.com/p/By5A73Xnu0L/

Hubungan asmara Gisella Anastasia alias Gisel dengan pebasket Wijin berakhir. Padahal mereka digadang-gadang akan menikah meski Gisel terjerat kasus hukum terkait video syur.

Kandasnya hubungan Gisel dan Wijin ternyata terjadi sejak beberapa bulan lalu. Melalui akun media sosialnya, Gisel sempat mengisyaratkan perpisahan tersebut sampai akhirnya mengungkapkan kepada awak media.

"Kita update sejujur-jujurnya, apa adanya. Kalau memang saat ini, menjalani kehidupan masing-masing, nggak bareng bareng lagi," kata Gisella Anatasia ditemui di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (18/12/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kandas Sejak Lama

Dijelaskan Gisel, saat dirinya menjalani pemeriksaan penyidik untuk terakhir kalinya terkait kasus video syurnya dengan Nobu, ia sudah tak menjadi kekasih Wijin.

"Kehilangan ada pastilah, kemarin juga yang terakhir dipanggil juga itu posisinya memang sudah enggak bareng, pasti ada masanya 'duh udah enggak bareng," tutur Gisel.


Baik-baik

Meski putus namun Gisel mengaku masih berhubungan baik dengan pemilik nama lengkap Wijaya Saputra.

"Tapi pasti keputusan ini sudah dipikiran baik-baik, kesepakatan bersama, untuk kebaikan bersama. Jadi untuk masalah melow-melow sedihnya kudu dilewatin saja ya enggak apa-apa," tambah Gisel lagi.


Alasan Putus

Untuk alasan mengapa sepakat mengakhiri asmara yang sudah dibangunnya beberapa tahun belakangan, Gisel enggan menceritakan. Biarlah semua itu ia dan Wijin yang mengetahuinya.

"Masa cerita di sini (alasan putus). Udah lama (putus) nggak ngitung, cuman kemarin baru nulis aja," tuturnya.

Masuk Bui karena Kucing

Cekoki Kucing Minuman Keras, Pemuda di Tulungagung Masuk Bui

Liputan6.com 2021-12-18 22:12:20
Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Amber Kipp

Polisi menahan AZI (24), pemuda asal Keamatan Gondang Tulungagung karena kasus penganiayaan kucing, yang videonya viral di media sosial.

AZI sudah menjadi tersangka sejak dua tahun terakhir di Polres Tulungagung.

"Kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan dan dilanjutkan ke Pengadilan Negeri Tulungagung sejak Rabu (16/12/2021)," kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tulungagung, Agung Tri Radityo di Tulungagung, dikutip dari Antara, Sabtu (18/12/2021).

Kasus AZI sebenarnya sudah lama, hampir dua tahunan. Ia dilaporkan komunitas pecinta satwa, dan pecinta kucing karena telah menganiaya jenis hewan piaraan tersebut dengan cara mencekoki mulut hewan mungil itu dengan minuman keras.

Tindakan sadis terhadap kucing itu direkam video lalu diunggah ke media sosial sehingga memicu kegaduhan di kalangan jagat warganet setempat. Video tersebut beredar luas di masyarakat pada 18 Oktober 2019.

Awalnya, pelaku alias pemilik akun Instagram @azzam_cancel mengaku bahwa cairan yang diberikan kepada kucing tersebut bukanlah ciu, melainkan air kelapa.

Pelaku berdalih, air kelapa diberikan untuk menyelamatkan kucing yang keracunan.

"Untuk pasal yang kita sangkakan yang pertama pasal 14 ayat 1 UU nomor 1 tahun 1946, tentang peraturan hukum pidana," jelas Agung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berdalih Air Kelapa

AZI pun kemudian diperiksa polisi dan dijerat dengan pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946.

Sempat terkatung-katung lama, berkas acara pemeriksaan AZI kemudian dilanjutkan.

AZI yang berstatus tersangka dalam perkaa itu kemudian ditahan setelah berkas acara penyelidikan dan penyidikan dianggap memenuhi syarat secara hukum pidana dan dilakukan penahanan, lantaran syarat obyektif dan subyektif sudah terpenuhi.

"Kami juga takut tersangka melarikan diri dan mengulangi perbuatannya," ujarnya.