Volume 172

Rafathar Kecelakaan

Kronologi Kecelakaan Mobil yang Dialami Rafathar

Liputan6.com 2021-12-22 13:30:31
Bisa tiru style Nagita Slavina dan keluarga yang tampil kompak dalam balutan busana bernuansa beige. Nagita terlihat cantik dengan abaya berbahan organza disertai elemen border. Sementara Ra

Kabar tak menyenangkan datang dari keluarga Raffi Ahmad. Sang putra sulung, Rafathar baru saja mengalami kecelakaan mobil.

Kala itu, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tak menemani Rafathar bepergian. Sehingga Rafathar pergi bersama pengasuhnya, Lala.

Lantas bagaimana kronologi musibah yang dialami Rafathar? Melalui kanal YouTube Rans Entertaiment, Minggu (19/12/2020), Lala menceritakan kejadiannya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berhenti Mendadak

"Jadi ini pak ceritanya, kan tadikan yang pas mau naikan Antasari itu kan macet kan pak biasa keluar tol. Nah tadi tuh kita jalannya pelan, ndat ndut gitu nah itu mobil truk yang di depan kita berhenti mendadak," ungkap Lala kepada Raffi Ahmad.


Kena Bumper Mobil

Diceritakan Lala, bagian mobil yang terkena truk besar yang berada di depan mobilnya itu.

"Jadi nginjek rem tapi kena... kan truk yang buat angkut-angkut itu kan tinggi kena besinya kena bumper atasnya," lanjutnya.


Pakai Seatbelt

Untungnya, Rafathar dan sang pengasuh serta orang-orang yang ada di dalam mobil tak mengalami luka-luka.

"Untung Rafathar enggak apa-apa tadi," ujar Raffi Ahmad.

"Alhamdulillah kita pakai seatbelt semua. Jadi cuma gini doang," sambung Lala.


Beri Pesan

Raffi Ahmad tak memarahi Lala akibat kecelakaan yang dialami Rafathar. Ia justru mengingatkan Lala untuk tidak berhenti berdoa dalam perjalanan.

"Udah lain kali hati-hati ya, namanya juga kecelakaan. Yang penting kita berdoa terus," pesannya.

Akhir Misteri Pesawat MH370?

HEADLINE: Pesawat MH370 Diduga Ditemukan di Hutan Kamboja, Misteri Terpecahkan?

Liputan6.com 2021-12-23 00:02:03
Ilustrasi Malaysian Airlines MH370 (Joshua Paul / AP PHOTO)

Sudah 7 tahun berlalu. Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, masih jadi misteri terbesar dunia penerbangan.

Pesawat Boeing 777-200ER itu menghilang dari radar pada 8 Maret 2014, tidak lama setelah lepas landas dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China.

Hingga kini, apa yang terjadi pada pesawat dan 239 orang di dalamnya tidak diketahui. Insiden pesawat nahas itu pun telah memicu perburuan liar untuk kebenaran yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Terbaru, mengutip Express.co.uk, Rabu (22/12/2021), Andre Milne dari Unicorn Aerospace meyakini bahwa dia dan timnya mungkin hampir memecahkan misteri itu. Menurut penyelidik, dia telah menemukan citra satelit dari apa yang dia gambarkan sebagai "impact event" atau "peristiwa dampak" berada jauh di dalam hutan Kamboja.

Andre Milne mengatakan, dia melakukan referensi silang gambar dengan kontaknya di Pentagon AS dan Gedung Putih, dan bermaksud untuk meluncurkan misi pengintaian helikopter pada awal tahun 2022. Komunike terakhir awak MH370 direkam di atas Laut China Selatan, sekitar 38 menit setelah lepas landas.

Tak lama setelah itu, pengendali lalu lintas udara kehilangan jejak pesawat tetapi masih dilacak oleh radar militer selama sekitar satu jam. Data radar menunjukkan pesawat menyimpang dari rute yang direncanakan dan menghilang sekitar 200 mil laut barat laut Pulau Penang, Malaysia.

Milne percaya pesawat itu mungkin jatuh di atas Kamboja, yang terletak di timur laut Malaysia, di antara Thailand dan Vietnam. Dugaan ini muncul setelah beberapa bukti mengemuka menunjukkan bahwa pesawat yang hilang itu terakhir kali mengirim sinyal ping ke seluruh negeri tetapi informasi itu awalnya diabaikan.

Ia mengatakan, "Kontak Pentagon saya pada dasarnya memerintahkan saya untuk mendapatkan tim pengintaian rahasia di lapangan sesegera mungkin."

"Dua tim akhirnya dibentuk oleh kru pengintai rahasia terbaik yang pernah saya tangani, yang setelah berbulan-bulan melakukan perencanaan pergi ke hutan Kamboja Senin 20 Desember lalu dan menetapkan lokasi kecelakaan hampir tidak mungkin untuk dicapai dengan berjalan kaki dan kemudian dikirim dengan drone pengintai untuk mengkonfirmasi keadaan lokasi kecelakaan yang sekarang telah sepenuhnya ditumbuhi vegetasi hutan."

"Artinya, satu-satunya cara seseorang mencapai lokasi itu sekarang adalah dengan helikopter pengintai. Itu sedang dikerjakan sekarang. Saya juga akan menghubungi Military Sat Intel China, Rusia dan AS dan meminta sapuan penginderaan jauh yang akan diambil dari luar angkasa untuk mendeteksi massa aluminium dan titanium yang dicurigai di tanah yang tertutup hutan belantara."

"Saya ingat bahwa sinyal terakhir yang sebenarnya diterima dari MH370 ke Kontrol Operasi Malaysia sebenarnya dari Kamboja, tetapi secara keliru diabaikan karena dugaan data Samudera Hindia Selatan Inmarsat dianggap lebih dapat diandalkan yang kita semua tahu sekarang bagaimana misi pencarian MH370 berakhir dalam kegagalan total."

Menurut Milne, gambar satelit yang dia bagikan menunjukkan "sebelum dan sesudah" dari dugaan klaim lokasi kecelakaan, sebelum dan sesudah pesawat MH370 hilang.

Dia percaya gambar-gambar itu, jika dibandingkan, mengungkapkan sesuatu yang menghantam bagian hutan ini. Gambar lain yang dibagikan, tampaknya menunjukkan tata letak Boeing 777 skala 1:1 ke lokasi, yang menurut Milne "cocok dengan ukuran skala Malaysia Flight MH370".

Laporan pada 2018 tentang hilangnya MH370 oleh Kementerian Transportasi Malaysia tidak meyakinkan tetapi menghasilkan penerapan protokol keselamatan yang diharapkan akan mencegah tragedi serupa lainnya terjadi.

Karena banyak peneliti percaya pesawat itu jatuh ke laut, langkah-langkah tersebut termasuk memperpanjang masa pakai baterai underwater locator beamsserta memperpanjang waktu flight data recorders (perekaman perekam data penerbangan).

Potongan-potongan puing pesawat MH370 yang potensial telah ditemukan di sepanjang pantai di wilayah tersebut, menunjukkan bahwa pesawat itu mungkin tidak jatuh di tanah keras. Laporan 2018 tidak mengesampingkan "campur tangan tidak sah oleh pihak ketiga."

Infografis Misteri Pesawat MH370, Jatuh di Hutan Kamboja? (Liputan6.com/Triyasni)

Sebetulnya ini bukan pertama kali ada kabar bahwa pesawat MH370 ditemukan di hutan belantara Kamboja. Pada 2018, ada kabar serupa, namun dibantah oleh pemerintah Kamboja.

Akun Twitter SpaceWill Info juga membantah kabar tersebut. SpaceWill merupakan marketing dari satelit SuperView dari China.

Pengamat penerbangan dan founder Aero Indo Magazine, Arista Atmadjati, juga tidak percaya dengan klaim dari Unicorn Aerospace. Arista menilai jika pesawatnya jatuh di darat, maka seharusnya sudah ketemu oleh satelit sejak lama.

"Kalau jatuh di darat, itu gampang deteksi. Satelit di dunia ini ada berapa? Indonesia saja punya citra satelit sendiri, mungkin kalau jatuh di darat, citra satelit bisa baca," jelas Arista kepada Liputan6.com, Rabu (22/12/2021).

Ia berkata satelit bahkan bisa mendeteksi apa yang ada di bawah tanah. Apabila MH370 jatuh di hutan, ia menilai dalam sebulan bisa ditemukan.

"Kayak satelit untuk cari minyak. Minyak itu kan dalam tanah. Itu kan kelihatan kandungan minyak, kandungan emas, dari satelit juga tahu. Apalagi kalau cuman dihalangin pohon. Lebih mudah karena tidak di dalam tanah. Di dalam tanah saja satelit bisa lihat juga," ujarnya.

Arista menjelaskan bahwa pesawat yang jatuh di dalam laut susah dilacak akibat efek pusaran bawah laut. Akibatnya, pesawat menjadi porak-poranda.

Ia mencontohkan ketika ada bagian dari pesawat MH370 yang pernah ketemu di Madagaskar.

"Ya memang kalau di laut begitu. Porak-poranda. Ke sana-kemari. Jadi satelit juga bingung, apalagi kalau di bawah kena pusaran itu bisa pindah-pindah," ungkapnya.

Arista pun mempertanyakan motif dari pihak yang menyebut bahwa pesawat MH370 jatuh di Kamboja.

Pasalnya, selain ada teknologi satelit, jika pesawat jatuh di darat maka kemungkinan warga setempat yang berburu di hutan tersebut pasti bisa menemukannya.

Ia berkata apabila pihak Unicorn Aerospace benar, maka ia akan kagum. Tetapi apabila sebaliknya, maka ia penasaran motivasi sebenarnya dari pihak Unicorn.

"Kalau itu enggak benar, nah ini motivasinya apa?" ucap Arista.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Optimistis MH370 Akan Ditemukan

Malaysia memutuskan untuk mengakhiri pencarian MH370 pada 2017, yang sangat mengecewakan kerabat para korban yang berduka. Namun di belahan dunia lain, ada pula yang melanjutkan perburuan, salah satunya adalah Peter Foley.

Foley merupakan direktur program untuk upaya internasional yang dipimpin oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia. Dia mengaku sangat tertarik untuk melihat mencari dan yakin pesawat itu dapat ditemukan.

"Sejujurnya saya percaya orang-orang yang berada jauh dari rumah dan berada di dalam cuaca yang sangat mengerikan di Samudra Hindia adalah pahlawan mutlak. Sebab mereka melakukan pencarian dan kami benar-benar bekerja sangat keras untuk menemukan pesawat itu," katanya kepada media Inggris,The Guardian.

Selain Foley, ada ahli lain yang berdedikasi, mulai dari ahli teori konspirasi hingga mereka yang amatir dan punya berniat baik untuk mencari.

Ian MacLeod, seorang ahli kapal karam, penyelam dan pecinta misteri laut, juga mengatakan ini hanya soal waktu. Yakin bahwa pesawat itu akan ditemukan.

Dia juga menjelaskan mengapa dia ingin menemukan pesawat itu. Pakar korosi yang berbasis di Perth itu mengatakan yang penting adalah memberikan penjelasakan kepada keluarga korban.

"Orang-orang yang kehilangan nyawanya, itu tidak sia-sia, karena kisah mereka terus hidup. Itulah yang memotivasi saya."

Ahli lain adalah insinyur ruang angkasa Richard Godfrey, yang merupakan bagian dari kelompok ilmuwan independen yang berburu puing-puing MH370.

Berbicara dari Frankfurt di Jerman, Godfrey mengatakan dia "cukup fokus", menghabiskan berjam-jam setiap hari selama tujuh setengah tahun terakhir untuk pencarian.

Dia menggunakan jaringan laporan propagasi sinyal lemah (WSPR) untuk melacak gangguan dalam gelombang radio. Ini adalah database global soal gelombang radio yang dipantulkan atau dihamburkan ketika sebuah pesawat melintasinya.

Ada banyak ahli lain yang berbagi keinginannya. Blaine Gibson, seorang ahli kapal masih mencari jawaban. Bob Ballard, yang menemukan bangkai kapal Titanic pada 1985, ingin membantu.

MH370 menghilang dari radar kontrol lalu lintas udara beberapa menit setelah penerbangannya dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Beijing. Analisis data satelit dan radar menunjukkan pesawat itu terus terbang selama tujuh jam.

Infografis Menguak Tabir Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat MH370 (Liputan6.com/Triyasni)


Pernah Diklaim Jatuh di Laut Burma

Sebelum pemberitaan mengenai dugaan lokasi tumbukan MH370 di pedalaman hutan Kamboja, pada Oktober 2018 maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 itu pernah diklaim jatuh di Laut Burma.

Seorang detektif amatir Inggris mengklaim dia melihat puing-puing MH370 di laut Burma setelah menjelajahi Google Earth.

Diambil dari Google Earth, objek tersebut tampaknya berbentuk seperti pesawat besar, memicu teori liar bahwa itu mungkin pesawat yang telah lama hilang, demikian dikutip dari The Sun, Rabu (22/12/2021).

MH370 menghilang pada Maret 2014 dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 239 orang di dalamnya.

Pesawat Malaysia Airlines itu tidak pernah ditemukan meskipun pencarian yang menelan biaya ratusan juta.

Detektif yang berbasis di Inggris itu mengatakan kepada The Sun Online: "Seperti bentuk pesawat di dalam air.

"Itu adalah salah satu posisi radar kasarnya."

"Aku punya firasat itu bisa jadi. Bentuknya nyata. Jika Anda melihatnya dari atas. Saya tahu itu terlihat cukup kecil, tetapi ukuran pegunungan dan gundukan membuat saya berpikir itu mungkin pesawat tersebut."

"Saya pikir ada yang ditutup-tutupi di suatu tempat karena hanya beberapa puing yang bisa ditemukan."

Dalam empat tahun sejak pesawat menghilang, berbagai teori telah muncul untuk menjelaskan apa yang terjadi. Sebagian besar ahli telah mencapai konsensus bahwa pesawat yang dilacak berbelok tajam ke kiri menuju Laut Andaman, kemudian membelok ke selatan dan jatuh di Samudra Hindia.

Namun, beberapa orang mengklaim data yang digunakan untuk meramalkan rute ini telah disalahartikan dan pesawat itu mungkin telah berbelok ke utara.

Teknologi Pelacakan Terbaru

Sebuah teknologi pelacakan baru diklaim dapat memecahkan misteri hilangnya Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hampir delapan tahun silam. Menurut sebuah laporan dari Inggris, setidaknya teknologi ini mampu bidang puing-puing pesawat tersebut, seperti dikutip dari laman NYpost, Rabu (22/12/2021).

Boeing 777 itu hilang dari kontak radar pada Maret 2014, sekitar 90 menit setelah meninggalkan Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China. Semua 239 orang di dalamnya diduga tewas.

Hilang diduga di suatu tempat di Samudra Hindia memicu upaya pencarian internasional. Namun bertahun-tahun kemudian hanya jejak berupa puing-puing yang diyakini dari pesawat yang hanya ditemukan.

Sebuah sistem yang disebut Weak Signal Propagation Reporter (WSRP), yang melacak sinyal antara pesawat dan aset darat, masih dalam masa pertumbuhan pada saat itu.

Teknologi baru ini memungkinkan untuk mengumpulkan data yang lebih akurat dari sebuah sistem.

Jika sudah sempurna ini akan memungkinkan pencari untuk menentukan lokasi pesawat ketika kehilangan kontak dengan kontrol udara, The Times of London melaporkan.

Ocean Infinity, sebuah perusahaan robotika kelautan, melakukan pencarian terakhir untuk pesawat tersebut pada tahun 2018.

"Kami selalu tertarik untuk melanjutkan pencarian baik sebagai hasil dari informasi baru atau teknologi baru," kata juru bicara Orion Infinity, seraya menambahkan bahwa kerangka waktu untuk memperbarui upaya itu adalah akhir 2022 atau awal 2023.


6 Klaim Pemecah Misteri Hilangnya MH370

Andre Milne dari Unicorn Aerospace meyakini bahwa dia dan timnya mungkin hampir memecahkan misteri hilangnya pesawat MH370.

Nasib penerbangan Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang telah terbukti menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di era modern. Pesawat tersebut menghilang dari radar pada 8 Maret 2014, tidak lama setelah lepas landas dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Beijing China.

Menurut penyelidik MH370, Andre Milne disebutkan telah menemukan citra satelit dari apa yang dia gambarkan sebagai "impact event" atau "peristiwa dampak" atau bekas lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines yang berada jauh di dalam hutan Kamboja.

Menurut pemberitaan Express.co.uk yang dikutip Rabu (22/12/2021), para penyelidik yakin mereka telah menemukan lokasi jatuh pesawat nahas MH370 di dalam hutan Kamboja. Misteri hilangnya Malaysia Airlines penerbangan 370 itu akhirnya akan terpecahkan?

Berikut ini sejumlah hal yang dilaporkan Andre Milne:

1. Citra Satelit Baru

Andre Milne mengklaim telah menemukan citra satelit dari apa yang dia gambarkan sebagai "impact event" atau "peristiwa dampak" atau bekas lokasi jatuhnya (tumbukan) pesawat Malaysia Airlines yang berada jauh di dalam hutan Kamboja.

2. Hasil Kontak dengan Sumber Pentagon

Andre Milne mengatakan kepada Express.co.uk bahwa dia melakukan referensi silang gambar dengan kontaknya di Pentagon AS dan Gedung Putih.

"Kontak Pentagon saya pada dasarnya memerintahkan saya untuk mendapatkan tim pengintaian rahasia di lapangan sesegera mungkin," demikian menurut penyelidik dari pengakuan Milne.

3. Misi Pengintaian dengan Helikopter

Dari hasil kontak dengan sumber di Pentagon, Andre Milne bermaksud untuk meluncurkan misi pengintaian helikopter pada awal tahun 2022.

"Dua tim akhirnya dibentuk oleh kru pengintai rahasia terbaik yang pernah saya tangani, yang setelah berbulan-bulan melakukan perencanaan pergi ke hutan Kamboja Senin 20 Desember lalu dan menetapkan lokasi kecelakaan hampir tidak mungkin untuk dicapai dengan berjalan kaki dan kemudian dikirim dengan drone pengintai untuk mengkonfirmasi keadaan lokasi kecelakaan yang sekarang telah sepenuhnya ditumbuhi vegetasi hutan," ungkap Andre Milne.

"Artinya, satu-satunya cara seseorang mencapai lokasi itu sekarang adalah dengan helikopter pengintai. Itu sedang dikerjakan sekarang. Saya juga akan menghubungi Military Sat Intel China, Rusia dan AS dan meminta sapuan penginderaan jauh yang akan diambil dari luar angkasa untuk mendeteksi massa aluminium dan titanium yang dicurigai di tanah yang tertutup hutan belantara."

4. 'Ping' Terakhir MH370 Menguatkan Posisi di Kamboja

Milne percaya pesawat itu mungkin jatuh di atas Kamboja, yang terletak di timur laut Malaysia, di antara Thailand dan Vietnam. Dugaan ini muncul setelah beberapa bukti mengemuka menunjukkan bahwa pesawat yang hilang itu terakhir kali mengirim sinyal ping ke seluruh negeri tetapi informasi itu awalnya diabaikan.

"Saya ingat bahwa sinyal terakhir yang sebenarnya diterima dari MH370 ke Kontrol Operasi Malaysia sebenarnya dari Kamboja, tetapi secara keliru diabaikan karena dugaan data Samudera Hindia Selatan Inmarsat dianggap lebih dapat diandalkan yang kita semua tahu sekarang bagaimana misi pencarian MH370 berakhir dalam kegagalan total."

5. Klaim Berbagi Gambar Lokasi Sebelum dan Sesudah Pesawat MH370 Menghilang

Menurut penyelidik, gambar satelit yang dia bagikan menunjukkan "sebelum dan sesudah" dari dugaan klaim lokasi kecelakaan, sebelum dan sesudah pesawat MH370 hilang.

Dia percaya gambar-gambar itu, jika dibandingkan, mengungkapkan sesuatu yang menghantam bagian hutan ini.

6. Dugaan Keberadaan Bangkai MH370

Gambar lain yang dibagikan, tampaknya menunjukkan tata letak Boeing 777 skala 1:1 ke lokasi, yang menurut Milne "cocok dengan ukuran skala Malaysia Flight MH370".


Infografis Tragedi dan Misteri Jatuhnya Pesawat MH370

Timnas Indonesia-Singapura Sama Kuat

Hasil Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Imbangi Singapura di Leg Pertama Semifinal

Liputan6.com 2021-12-22 21:25:10
Winger Timnas Indonesia, Witan Sulaeman merayakan gol di Piala AFF 2020. (PSSI).

Timnas Indonesia mendapat bekal berharga pada perjuangan menuju laga puncak Piala AFF 2020. Mereka mengimbangi tuan rumah Singapura 1-1 pada leg pertama semifinal di Stadion Nasional, Rabu (22/12/2021).

Skuat Garuda memimpin melalui Witan Sulaeman di menit ke-28. Singapura lalu menyamakan skor lewat Ikhsan Fandi di menit ke-70. Kedua tim akan kembali bertarung di tempat sama pada Hari Natal, Sabtu (25/12/2021).

Sebagai tim tamu, Skuat Garuda bermain mengenakan seragam kedua berwarna hijau-putih. Sementara Singapura memakai jersey utama berwarna merah. Kim Hee-gon asal Korea Selatan menjadi wasit.

Laga berusia 10 menit, kedua tim bermain hati-hati dan gagal menciptakan peluang berarti.

Setelah menerobos sisi kiri pertahanan Indonesia, kiper Nadeo Argawinata terpaksa mementahkan umpan silang. Bola muntah jatuh ke kaki Ikhsan Fandi. Beruntung usahanya masih melebar.

Tidak lama berselang, Nur Adam Abdullah mendapat kartu kuning karena tekel tinggi.

Skuat Merah Putih mendapat empat tendangan penjuru hingga memasuki menit ke-20. Tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Pada open play tidak lama berselang, tendangan Witan Sulaeman masih melebar.

Tendangan bebas Singapura menemukan kepala Safuwan Baharudin. Tandukannya memaksa Nadeo Argawinata bekerja mengamankan gawang.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.


Aksi Witan Sulaeman

Kerja sama Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman berbuah gol pertama bagi Indonesia. Tendangan kiri Witan tidak mampu dihentikan kiper lawan. Indonesia unggul 1-0 di menit ke-28.

Indonesia melewatkan peluang menggandakan keunggulan. Rachmat Irianto yang menekan lawan sukses merebut bola di area berbahaya. Dia mengirim bola ke Witan Sulaeman yang tendangannya melenceng.

Bek Singapura Safuwan Baharudin kehilangan kesabaran menghadapi permainan cepat timnas sehingga mendapat kartu kuning. Tidak lama berselang babak pertama berakhir. Indonesia mendapat gol tandang berharga berkat kontribusi Witan Sulaeman.

Elkan Baggott dan Ezra Walian masuk di awal babak kedua. Mereka menggantikan Rizky Ridho dan Dedik Setiawan. Singapura juga merombak tim dengan memasukkan Anumanthan Kumar sebagai pengganti Zulfahmi Arifin.

Ikhsan Fandi merebut bola dari Pratama Arhan di kotak penalti. Beruntung tendangannya masih bisa diblok dan menghasilkan tendangan penjuru.

Pertandingan berusia 60 menit. Kedua tim jual beli serangan tapi tidak ada yang membuahkan gol.


Gol Ikhsan Fandi

Striker Singapura Faris Ramli sukses melewati sejumlah bek Indonesia untuk mendapat peluang. Sayang eksekusi kaki kirinya tidak menemui sasaran.

Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto di lini tengah timnas. Singapura juga memasukkan Zulqarnaen Suzliman dan Shawal Anuar.

Singapura akhirnya menyamakan kedudukan. Ikhsan Fandi lolos dari jebakan offside setelah tuan rumah melancarkan serangan balik. Dia tanpa kesulitan menaklukkan Nadeo Argawinata di menit ke-70. Namun, dia langsung diganti Amy Recha.

Singapura mendapat momentum. Tandukan Safuwan Baharudin mengenai tiang gawang. Sebelumnya liukan Shawal Anuar membuat pertahanan timnas kelabakan.

Tekel Nazrul Nazari terhadap Ricky Kambuaya hanya berbuah tendangan bebas. Padahal tayangan ulang menunjukkan pelanggaran terjadi di kotak penalti. Dari set piece, Indonesia tidak berhasil mengancam gawang Singapura. Ezra Walian kemudian digantikan Hanis Saghara.

Dua pemain pengganti, Hanis Saghara dan Amy Recha, coba mengubah skor laga bagi masing-masing tim. Namun, tendangan mereka masih bisa dimentahkan kiper lawan.

Shin Tae-yong melakukan perjudian terakhir dengan memasukkan Yabes Roni untuk menggantikan Irfan Jaya pada injury time. Namun kedudukan 1-1 tidak berubah.


Susunan Pemain

Singapura: Hassan Sunny, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Zulfahmi Arifin, Nazrul Nazari, Hariss Harun, Shahdan Sulaiman, Nur Adam Abdullah, Song Ui-young, Faris Ramli, Ikhsan Fandi

Indonesia: Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Rachmat Arianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Dedik Setiawan, Irfan Jaya

Menag Ucapkan Selamat Natal

Menteri Agama Ucapkan Selamat Natal 2021: Tuhan Memberkati Kita Semua

Liputan6.com 2021-12-22 16:38:10
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Dok Kemenag)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Selamat Natal 2021 kepada para umat Nasrani di seluruh negeri.

"Saya Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI mengucapkan Selamat Natal 2021 dan selamat menyongsong tahun. baru 2022 kepada seluruh umat Kristiani di mana pun berada. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita semua," ucap Yaqut dalam sebuah video, Rabu (22/12/2021).

Dia mengatakan, perayaan Natal di tahun ini yang mengusung tema "Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan" dianggapnya begitu relevan dengan situasi Indonesia.

Di mana tema itu dianggap sebagai upaya untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia yang begitu majemuk.

"Persaudaraan merupakan teman universal yang bisa merekatkan hati orang-orang yang beriman untuk menjaga kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat," kata Yaqut.


Sikap Bijak

Menurut Yaqut, melalui perayaan Natal manusia diajak untuk menyadari panggilan secara pribadi yang bersedia mengabdi.

Perayaan Natal menurutnya, juga mengingatkan pentingnya sikap bijak dalam merespons bermacan perbedaan.

Korea Dukung Timnas di AFF

Media Korea Dukung Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-22 17:30:22
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong. (PSSI).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong belakangan kerap disanjung media Korea Selatan berkat kesuksesannya mengantarkan Skuat Garuda melangkah ke semifinal Piala AFF 2020. Kali ini, giliran News1 yang memberi sanjungan bagi Shin Tae-yong.

Dilansir dari Soha.vn, News1 kabarnya mengomentari performa Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia dengan menyebut mereka sebagai kandidat cemerlang untuk final Piala AFF edisi ini.

Sang pelatih bahkan digadang-gadang bakal menciptakan sejarah baru dalam sepak bola Indonesia, layaknya Park Hang-seo yang berhasil membawa anak-anak asuhnya menyabet trofi Piala AFF 2018.

"Timnas Indonesia yang dipimpin oleh pelatih Shin Tae-yong akan menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Jika berhasil mencapai final, ia akan menciptakan lembaran baru dalan sejarah sepak bola Indonesia, seperti halnya pelatih Park Hang-seo yang menjadi pahlawan sepak bola Vietnam," tulis News1 melalui laporannya yang diunggah pada Selasa (21/12/2021).

News1 juga menyoroti perkembangan signifikan yang ditunjukkan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Mereka menilai, pelatih berusia 52 tahun tersebut sukses menata ulang skuad dengan memasukkan pemain-pemain muda yang menjanjikan.

"Sepak bola Indonesia, yang belum menorehkan catatan luar biasa di Asia Tenggara, telah mencapai pertumbuhan pesat usai diambil alih manajer Shin Tae-yong. Melalui turnamen ini, pelatih Shin mengatur ulang tim dengan pemain muda yang menjanjikan," sambungnya.


Indonesia di Piala AFF

Timnas Indonesia memang tampil cukup baik di babak penyisihan grup Piala AFF 2020. Dari total empat pertandingan yang dilakoni, Indonesia tercatat telah mengoleksi tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan 13 gol.

Hasil tersebut membawa Skuad Garuda keluar sebagai juara grup B, setelah unggul dari segi produktivitas gol dibanding Timnas Vietnam.

Sayangnya, pasukan Garuda belum sekali pun menginjak podium juara sejak Piala AFF pertama kali dihelat dengan nama Piala Tiger pada 1996. Prestasi tertinggi yang diraih Timnas Indonesia adalah menjadi runner up di Piala AFF edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.


Semifinal Kontra Singapura

Adapun, pasukan Indonesia saat ini tengah bersiap menghadapi semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura. Pertandingan ini akan berlangsung dalam dua leg, yakni pada Rabu (22/12/2021) dan Sabtu (25/12/2021), di Stadion Nasional Singapura.

Jelang laga tersebut, Shin Tae-yong mengingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak lengah. Pasalnya, Singapura merupakan tim dengan kualitas permainan apik. Mereka tercatat hanya kalah satu kali dari Thailand di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

"Saya merasa Singapura adalah tim yang bagus, terutama saat melawan Filipina dan Myanmar, jadi kami tidak boleh lengah. Satu persen pun kami tidak boleh lengah, saya tegaskan kepada para pemain bahwa Singapura memang tim yang baik," ujarnya dalam konferensi pers pra pertandingan, Selasa (21/12/2021).

Penulis: Melinda Indrasari

Keanu Reeves Tolak Gabung Marvel

Keanu Reeves Akui Sudah Bertemu Bos Marvel Studios, Merasa Belum Saatnya Bergabung

Liputan6.com 2021-12-22 16:40:00
Keanu Reeves (Photo by Willy Sanjuan/Invision/AP)

Keanu Reeves sempat membuat fans waralaba Marvel Cinematic Universe bergejolak ketika ia menyampaikan ketertarikannya untuk bergabung dalam film-film garapan Marvel Studios.

Rupanya, aktor yang kini sedang tampil dalam film The Matrix Resurrections itu sudah pernah menemui bos Marvel Studios Kevin Feige. Namun, ada beberapa hal yang menjadi catatan selama pertemuan itu.

Melansir screenrush.com, dalam wawancara bersama comicbook.com, Keanu Reeves menyebut bahwa perbincangannya dengan bos Marvel Studios masih belum membuahkan titik temu yang pas.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belum Punya Sesuatu

Menurut Keanu Reeves, dirinya dan Kevin Feige masih belum menemukan sesuatu yang bisa membawanya ke dunia film superhero Marvel.

"Masih belum. Kami telah bertemu, dan Kevin Feige adalah orang keren. Ya. Tapi tidak, kami tidak punya apa-apa, harus menemukan sesuatu," Keanu Reeves mengungkapkan, belum lama ini.


Membuka Kesempatan

Namun secara tersirat, jelas pertemuan ini sangat membuka kesempatan bagi Keanu Reeves untuk bisa dipanggil ketika pihak Marvel Studios menemukan peran yang cocok, entah itu sebagai pahlawan atau penjahat.


Sempat Antusias

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan Esquire, bintang film The Matrix ini mendapat pertanyaan seputar kariernya. Salah satu hal yang menjadi pembahasan adalah rencana keterlibatan di film Marvel.

Ditanya seputar itu, Keanu Reeves mengaku siap bergabung dalam waralaba film yang masih digandrungi masyarakat dunia.


Lebih Besar

"Bukankah itu lebih besar dari alam semesta? Itu seperti sebuah multisemesta. Itu adalah semesta Marvel. Bisa menjadi sebuah kehormatan," ujar Keanu Reeves kepada Esquire, melansir screenrant.com, belum lama ini.

"Ada beberapa sutradara yang benar-benar mengagumkan dan visioner, dan mereka melakukan sesuatu yang benar-benar belum dilakukan siapapun," Keanu Reeves mengatakan.

"Ini istimewa di rasa itu, dalam hal skala, ambisinya, produksinya. Jadi akan sangat keren untuk menjadi bagian dari itu," pungkasnya.

Rayakan Hari Ibu Dilarang di Korut

Rezim Kim Jong-un Batasi Ucapan Hari Ibu di Korea Utara?

Liputan6.com 2021-12-22 12:31:44
Seorang wanita meletakkan karangan bunga saat memberi hormat di depan patung mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-sung dan Kim Jong-il pada peringatan 10 tahun kematian Kim Jong-il, Pyongyang

Korea Utara secara resmi merayakan Hari Ibu pada 16 November. Negara yang dikendalikan Dinasti Kim itu pertama kali merayakan hari tersebut ketika Kim Jong-un mulai berkuasa di 2011.

Namun, pada 2017 ada laporan bahwa Hari Ibu di Korea Utara justru dikekang. Contoh yang dikekang adalah tulisan "aku menyayangimu" kepada Ibu, sebab dianggap bisa mengurangi rasa hormat kepada rezim Kim.

Sebagaimana hari tersebut semakin populer, toko-toko milik negara, dan merchant-merchant lain mulai menawarkan berbagai jenis susunan bunga. Tetapi, rezim telah mulai membatasi praktek memasang pita-pita yang menunjukkan 'terima kasih' atau 'aku menyayangimu," ujar seorang sumber yang dikutip Daily NK pada 2017.

Akibatnya, muncul sentimen negatif terhadap masyarakat yang dianggap patriarkis.

"Orang-orang mulai bilang bahwa di Korea Utara ada ayah tapi tidak ada ibu," kata sumber yang berasal dari Provinsi Pyongan Selatan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Warga Tetap Antusias

Meski ada restriksi, Daily NK menyebut masyarakat Korut antusias merayakan Hari Ibu. Barang-barang yang populer di antaranya pakaian, cermin, kaus kaki, dan sarung tangan.

Bunga-bunga juga menjadi pilihan bagi masyarakat untuk merayakan Hari Ibu.

Pada November lalu, Yonhap melaporkan bahwa warga meletakan bunga-bunga di depan patun Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Bukti Mansudae, Pyongyang.

Penghormatan terhadap mendiang kedua pemimpin itu bertepatan dengan Hari Ibu di Korea Uara.

Pengakuan Donald Trump

Mengaku Sudah Disuntik Booster Vaksin COVID-19, Donald Trump Disoraki

Liputan6.com 2021-12-22 11:32:54
Donald Trump raih gelar sabuk hitam kehormatan dari organisasi Taekwondo Korsel. Dok: Facebook Kukkiwon_tkd

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengungkap telah disuntik booster vaksin COVID-19. Perkembangan ini menarik sebab ada elemen-elemen konservatif di AS yang menolak vaksinasi.

Trump berkata jika pendukungnya anti-vaksin, maka mereka terjebak retorika lawan politiknya. Ia pun meminta agar pendukungnya bangga dengan vaksin buatan AS karena menyelamatkan jutaan nyawa.

"Berbanggalah dengan itu," ujar Donald Trump seperti dilansir New York Post, Rabu (22/12/2021).

"Apa yang kita lakukan adalah bersejarah. Jangan biarkan mereka merebutnya dari kita," lanjutnya.

Hal itu diungkap Trump saat berbincang secara live dengan jurnalis Bill O'Reilly. Trump juga mengaku sudah mendapat booster, kemudian ada suara yang menyorakinya --terlihat dalam video wawancara dengan O'Reilly.

Tetapi, Trump menyetop sorakan itu dan berkata hanya ada sedikit saja yang menolak.

"Tidak, tidak, tidak. Jangan (bersorak)," ucapnya.

Presiden AS Joe Biden juga sudah mendapatkan vaksin booster. Ia lantas menyambut baik kabar Trump telah disuntik booster.

"Mungkin itu adalah satu dari sedikit hal yang dia dan saya setujui," ujar Presiden Biden dalam konferensi pers.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vaksin Nusantara dan Merah Putih Jadi Opsi Vaksinasi Booster Pemerintah RI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa vaksin Nusantara akan menjadi salah satu opsi untuk vaksinasi booster.

Selain vaksin Nusantara, vaksin-vaksin program Merah Putih yang dikembangkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Baylor College, termasuk vaksin kerja sama antara Universitas Airlangga dengan Biotis Pharmaceutical, Kalbe Farma Genexine, serta JBio dan Ahui juga termasuk dalam opsi.

Hal ini menyusul ditemukannya varian Omicron di Indonesia beberapa hari lalu. Pemerintah terutama tengah mengkaji pemberian vaksin booster dari vaksin-vaksin yang telah digunakan di Indoensia seperti Pfizer, Sinovac dan AstraZeneca.

"Akan dilakukan revisi Perpres dan Permenkes dan pemerintah akan mengupayakan ini secepatnya dan proses ini sedang melakukan kajian dan sedang berproses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM)," kata Airlangga dalam Konferensi Pers PPKM secara daring, Senin (20/12) mengutip Antara.

Airlangga menambahkan, opsi vaksin dalam negeri untuk menjadi booster adalah arahan Presiden Joko Widodo.

"Ini akan segera dimatangkan, disiapkan regulasinya termasuk regulasi daripada harga masing-masing vaksin tersebut," ujarnya.


Infografis COVID-19:

 

Masjid Raya Sumbar Terbaik

Masjid Raya Sumatera Barat Masuk Daftar Desain Arsitektur Terbaik Dunia, Bikin Bangga

Liputan6.com 2021-12-22 10:10:00
Masjid Raya Sumatera Barat didesain khusus sehingga bisa tahan terhadap gunjangan gempa bumi

Masjid Raya Sumatera Barat dinobatkan sebagai salah satu masjid dengan desain arsitektur terbaik dunia. Masjid yang berlokasi di Kota Padang ini menyabet Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid dalam Kompetisi Arsitektur Masjid Abdullatif Al Fozan.

Dilansir dari Albursa, Rabu (22/12/2021), kompetisi ini mengumumkan hasil di sesi ketiga. Terdapat tujuh masjid dari berbagai negara yang memenangkan Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid, termasuk Masjid Raya Sumatera Barat.

Masjid-masjid lainnya yang berada dalam daftar pemenang, yakni Masjid Basuna di Kegubernuran Sohag, Mesir, Masjid Sancaklar di Istanbul, Turki, Masjid Agung Djenn di Mali, Masjid Raja Abdullah di Riyadh, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Merah di Bangladesh.

Mengutip dari laman resmi Simas Kemenag, Rabu (22/12/2021), Masjid Raya Sumatera Barat juga dikenal sebagai Masjid Mahligai Minang. Masjid yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat ini menjadi salah satu masjid yang terbesar di Tanah Air.

Peletakan batu pertama masjid berlangsung pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat saat itu, Gamawan Fauzi. Pengerjaannya dilakukan dalam beberapa tahap yang terkendala karena hanya mengandalkan dana APBD Sumatera Barat.

Berdasarkan rencana, masjid ini akan berlantai tiga dan diperkirakan dapat menampung sekitar 20 ribu jamaah, yakni sekitar 15 ribu jamaah di lantai dasar dan selebihnya di lantai dua dan tiga. Masjid ini dibangun di lahan seluas sekitar 40.000 meter persegi dengan luas bangunan utama kurang dari setengah luas lahan tersebut, yakni sekitar 18.000 meter persegi, sehingga menyisakan halaman yang luas. Di halaman itu akan dibuat pelataran, tempat parkir, taman, dan tempat evakuasi bila terjadi tsunami (shelter).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Arsitektur Masjid Raya

Proses pembangunan masjid oleh PT. Total Bangun Persada ini dilakukan dalam tiga tahap pertama, mulai dari pekerjaan persiapan, pengurukan tanah, dan pemasangan struktur bangunan, dilanjutkan dengan pengerjaan ruang salat dan tempat wudu, hingga pemasangan keramik pada lantai dan ukiran sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar (fasad). Tiga tahap pembangunan tersebut masing-masing menghabiskan biaya sebesar Rp103,871 miliar (2008 dan 2009), Rp15,288 miliar (2010), dan Rp31 miliar (2011).

Arsitektur masjid ini adalah rancangan Rizal Muslimin. Ia adalah pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007.

Arsitektur masjid ini secara umum mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong. Ada pula penggunaan ukiran Minang sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar.


Tentang Masjid Raya Sumatera Barat

Selain itu, arsitektur Masjid Raya juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad dengan menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di Kota Mekkahpada setiap sudutnya. Sementara, Abdullatif Al Fozan Award dimulai sejak 2011.

Penghargaan ini bertujuan memberi apresiasi kepada kantor teknik yang merancang proyek pemenang. Ketentuannya adalah masjid-masjid calon harus dimasukkan dalam buku yang diterbitkan oleh penghargaan dalam bahasa Arab dan Inggris, dalam kerangka kerja tujuan penghargaan merayakan arsitektur masjid dan pentingnya di abad ke-21.

Selain itu, penghargaan ini diberikan setiap tiga tahun dan dibagi menjadi tiga kategori, yakni untuk masjid pusat dengan pengaruh dan kehadiran di tingkat nasional di setiap negara di dunia, yang kedua untuk masjid salat Jumat, dan kategori ketiga adalah untuk masjid lingkungan. Penghargaan juga diberikan untuk inovasi di bidang teknologi dan ide-ide yang dapat berkontribusi pada pengembangan arsitektur masjid.


Infografis: Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia

 

Waspadai Siklon Tropis

Daerah-Daerah Ini Diminta Waspada Dampak Siklon Tropis Selama 3 Hari ke Depan

Liputan6.com 2021-12-22 10:44:20
Sebuah kendaraan rusak terendam air banjir setelah banjir bandang di Ile Ape, di Pulau Lembata, provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/5/2021). NTT diterjang banjir bandang dan tanah longso

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi suspek area potensi bibit siklon tropis di Laut Timor-Laut Arafura. Keberadaan bibit siklon tropis ini akan mempengaruhi kecepatan angin, potensi hujan, hingga gelombang laut.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan ada sejumlah daerah yang berpotensi terdampak adanya bibit siklon. Karena itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini khusus hingga tiga hari ke depan.

Peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku. Kemudian potensi angin kencang di wilayah Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

"Dan juga potensi tinggi gelombang dengan ketinggian dapat mencapai 2,5 meter. Di sini tepatnya 1,25 sampai 2,5 meter di Laut Seram, Perairan Kaimana, Perairan Kepulauan Aru, Perairan Kepulauan Semata hingga Tanimbar, Perairan Amamapare-Agats bagian utara, dan Laut Arafuru," jelasnya dalam konferensi pers, Rabu (22/12/2021).

Potensi gelombang tinggi diperkirakan juga terjadi di Laut Flores bagian timur, Perairan Selatan Baubau sampai Kepulauan Wakatobi, Laut Banda, Perairan selatan Pulau Buru-Pulau Seram, Perairan Kepulauan Kai, dan Perairan Fakfak. Potensi gelombang di wilayah ini diperkirakan mulai 2,5 sampai 4 meter.

Berangkat dari potensi cuaca ekstrem akibat bibit siklon tersebut, BMKG mengeluarkan lima imbauan kepada stakeholder dan masyarakat. Satu, masyarakat diminta untuk menghindari kegiatan pelayaran di wilayah perairan yang terdampak terutama pada hari-hari yang disampaikan.

Dua, masyarakat diminta menghindari daerah yang rentan mengalami bencana seperti di lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang, tepi pantai, dan daerah rentan lainnya.

"Jadi imbauan ini berlaku kami sampaikan mulai hari Kamis besok hingga hari Mingggu," sambung Dwikorita.

Tiga, masyarakat dan seluruh pihak terkait diimbau untuk mewaspadai potensi dampak seperti banjir, banjir bandang, banjir pesisir, tanah longsor, terutama di daerah yang rentan. Empat, pihak terkait terus mengintensifkan koordinasi dalam rangka mengantisipasi bencana hidrometeorologi ataupun bencana musibah akibat gelombang tinggi.

Lima, semua pihak tetap terus selalu memonitor, memantau perkembangan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG melalui berbagai kanal BMKG seperti website, media sosial (Twitter, Instagram, YouTube) infoBMKG, aplikasi iOS dan android infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat atau call center 196.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


BMKG Mengidentifikasi Siklon Tropis

Sebelumnya, Dwikorita mengatakan identifikasi suspek area potensi bibit siklon tropis di Laut Timor-Laut Arafura ini berdasarkan pemantauan Tropical Cyclone Warning Center.

Berdasarkan analisis dinamika atmosfir hari ini pukul 07.00 WIB, terjadi peningkatan pembentukan pola pusaran angin yang berpotensi menjadi suspek area bibit siklon tropis di sekitar perbatasan wilayah Laut Timor-Laut Arafura. Peningkatan potensi ini terjadi dalam dua hari ke depan.

"Suspek area tersebut mempunyai kecenderungan bergerak ke arah selatan hingga barat daya menuju wilayah perairan Australia," katanya.

Suspek area potensi bibit siklon tropis ini diperkirakan menguat cukup signifikan dalam 72 jam ke depan, terutama pada 25 sampai 26 Desember 2021. Penguatan suspek area ini ditandai dengan meningkatnya pola sirkulasi dan kecepatan angin di atas 25 knots.

"25 Knots ini dikalikan 1,8 km/jam, jadi kira-kira sekitar 36 atau 35 km/jam. Jadi diperkirakan kekuatan atau kecepatan angin akan melebihi 35 km/jam di hari Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Berdasarkan pemodelan, probabilitas bibit siklon menjadi siklon tropis terjadi pada Kamis (23/12) atau dalam 24 jam ke depan dengan potensi masih rendah. Namun, pada Jumat (24/12) atau 48 jam ke depan, potensinya meningkat dari rendah hingga sedang.

Kemudian pada Sabtu (25/12) atau 72 jam ke depan, potensi siklon tropis meningkat lagi dari sedang hingga tinggi. Hingga pada Minggu (26/12) atau dalam 96 jam ke depan, potensinya diperkirakan menjadi tinggi.

Dwikorita memperkirakan, pada 26 Desember 2021, bibit siklon sudah berada di area Australia. Namun, dampak dari bibit siklon tersebut secara tidak langsung berpengaruh di wilayah Indonesia.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com