Volume 173

Marbot Masjid Mirip Ronaldo

Viral Marbot Masjid Mirip Cristiano Ronaldo, Netizen Gagal Fokus

Liputan6.com 2021-12-23 12:30:47
Viral Marbot Masjid Mirip Cristiano Ronaldo, Netizen Gagal Fokus (sumber: Twitter/jamanggogo)

TikTok menjadi platform media sosial yang berhasil mencuri perhatian publik. Banyak informasi unik dibagikan para penggunanya seperti unggahan akun TikTok @hobss_99 pada Rabu (22/12/2021). Unggahan akun TikTok viral karena menampilkan marbot masjid yang berparas layaknya Cristiano Ronaldo.

Marbot masjid yang memiliki paras layaknya Cristiano Ronaldo ini terlihat akan menjalankan tugasnya sebagai muazin. Saat berjalan ke tempat mic, pria mirip CR7 ini tersenyum yang semakin mempertegas bahwa ia terlihat mirip Ronaldo.

Kemiripan marbot masjid dengan Ronaldo ini membuat video yang diunggah viral hingga masuk fyp. Video tersebut sudah disaksikan 6 juta tayangan dengan mendapatkan 733 ribu like dan 13,4 ribu komentar dari netizen TikTok.

Penasaran kan melihat video viral marbot masjid mirip Cristiano Ronaldo? Berikut Liputan6.com rangkum dari TikTok @hobss_99, viral marbot masjid mirip Cristiano Ronaldo, Kamis (23/12/2021).


Senyuman mirip Ronaldo

@hobss_99

Maaf gaes baru upload lagi, soalnya lagi sibuk buat tugas kuliah wkwk

Up by Olly murs. - Havy

Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola terpopuler di dunia. Tak heran jika hampir semua orang tahu siapa Cristiano Ronaldo. Lalu apa jadinya jika ada orang yang memiliki paras yang mirip Ronaldo? Tentu akan membuat orang tersebut viral.

Orang yang viral karena mirip Ronaldo yakni marbot masjid di unggahan akun TikTok @hobss_99. Terlihat jelas, pria dengan mengenakan baju koko dan memakai peci berjalan menuju mic masjid untuk azan. Pria tersebut tersenyum saat direkam dan senyuman tersebut mirip sekali dengan Cristiano Ronaldo.


Video lainnya yang viral

@hobss_99

Maaf gees maren imbang lawan chelsea

original sound - 433


Komentar netizen

Netizen gagal fokus saat melihat ada marbot yang mirip dengan Cristiano Ronaldo. Alhasil, video tersebut viral dan sudah dikomentari 13,4 ribu like. Berikut komentar-komentar netizen merespons video viral marbot masjid mirip Ronaldo.

"Ronaldo pas mondok," tulis akun TikTok @hateyou.

"Ronaldo mode halal ini mah," tulis akun TikTok @dipp.

"Gue curiga yang ngerekam Messi," tulis akun TikTok @kumpulanfilmkuu.

Rumah Baru Gala Sky

Ayah Bibi Andriansyah Beli Rumah Untuk Gala Sky, Begini Tanggapan Doddy Sudrajat

Liputan6.com 2021-12-23 09:00:00
Vanessa Angel - H. Faisal (Foto: Instagram/@h_faisal_69)

H.Faisal ayah mendiang Bibi Andriansyah baru saja membeli rumah untuk Gala Sky Andriansyah, bertepatan dengan hari ulang tahun Vanessa Angel pada 21 Desember 2021.

Rumah tersebut dibeli dari uang hasil donasi untuk Gala Sky Andriansyah, yang kekurangannya dilengkapi oleh Faisal.

Lantas bagaimana tanggapan Doddy Sudrajat mengenai hal tersebut. "Daddy enggak mau berkomentar. Ya silakan saja kalau mereka mau ada rencana punya rumah baru," kata Doddy dikutip dari kanal YouTube Star Story, Rabu (22/12/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Sudi Hadir

Rencananya keluarga Bibi Andriansyah akan menggelar syukuran untuk rumah baru Gala. Namun dengan tegas Doddy Sudrajat menolak untuk hadir meskipun diundang.

"Kalau diundang pun Daddy nggak akan datang," ujar Doddy Sudrajat.


Menentang

Sejak awal Doddy Sudrajat sangat tidak setuju dengan donasi rumah untuk cucunya. Sebab ia takut cucunya besar nanti dibully karena hal itu.

"Nanti kalau sudah mulai SD atau SMP kan bisa dibully sama temen-temennya, 'Yah lo tinggal di rumah sumbangan', nanti akan dibully kan cucu Daddy, kasihan. Jadi tolong dipikirkan lagi," ungkap Doddy.


Donasi

Diketahui donasi rumah untuk Gala Sky Andriansyah digagas oleh sahabat Vanessa Angel, Marissya Icha. Dana yang terkumpul mencapai miliaran rupiah sebelum akhirnya dibelikan rumah seperti yang diinginkan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah semasa hidup.

Mbah Minto Berpulang

Mbah Minto Meninggal Dunia, Ini 5 Potretnya yang Super Jenaka

Liputan6.com 2021-12-23 12:07:40
Mbah Minto meninggal dunia dalam usia 85 tahun pada Rabu, 22 Desember 2021 (dok.Instagram/@ucup_jbsklaten/https://www.instagram.com/p/CXyz19jPHDr/Komarudin)

YouTuber Klaten Mbah Minto dikabarkan meninggal dunia pada usia 85 tahun, Rabu (22 Desember 2021). Pemilik nama asli Minto Suwito Siyaam ini merupakan YouTuber yang sempat viral. Mbah Minto viral melalui video parodi gagal mudik yang diunggah di media sosial.

Kabar meninggalnya Mbah Minto disampaikan langsung Gubernur Jawa Tengah melalui unggahan kabar duka di akun Twitter-nya. Ganjar mendoakan agar amal ibadah Mbah Minto diterima di sisi Tuhan.

"Ya Allah.Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah," tulis Ganjar, Kamis (23/12/2021).

Selain itu kreator YouTube Ucup Klaten juga menyampaikan hal yang sama di akunnya @ucup_jbsklaten.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulisnya ucup Klaten dalam akun Instagram pribadinya.

Nama Mbah Minto viral usai muncul dalam kanal YouTube, Ucup Klaten. Dalam video itu, Mbah Minto diceritakan tinggal di kampung halamannya. Berbeda dengan anaknya yang tinggal di perantauan.

Ia meminta agar anaknya tidak pulang kampung. Meski begitu, ia berharap anaknya tetap mengirimkan uang kepadanya. Kesederhanaan dan kejenakaan Mbak Minto yang membuat videonya disukai banyak orang. Berikut ini deretan potret Mbah Minto yang dikenal jenaka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Potretnya di Video Gagal Mudik

 


2. Mbah Minto sering tampil di channel Youtube Ucup Klaten dengan konten-konten lucu

 


3. Keren ya mbah naik motor vespa

 


4. Masih energik meski sudah berusia 85 tahun4

 


5. Mbah Minto selalu tampil ceria di semua video

 


6. Selamat jalan Mbah Minto, karya-karyamu akan selalu kami kenang

 

Sang Pencetak 3 Gol di Piala AFF

Mengenal Lebih Dekat Irfan Jaya, Pencetak 3 Gol di Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-23 14:08:37
Irfan Jaya (Foto: Instagram/@irfanjayaij41)

Penampilan Irfan Jaya di Piala AFF 2020 menjadi sorotan. Apalagi, Indonesia sudah melaju ke semifinal setelah melibas Malaysia 4-1.

Dari 13 gol yang didapati Indonesia di AFF 2020, Irfan Jaya menyumbangkan tiga gol dan menjadi yang terbanyak dari pemain lainnya.

Irfan Jaya berhasil mencatat brace saat melawan Malaysia. Dan sisanya saat berhadapan dengan Laos 5-1.

Selain menjadi pemain bola, ada sisi menarik dari kehidupan pria bernama lahir Irfan Samaling Kumi, apa itu?

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Awal Karier

Pria yang bernama asli Irfan Samalling Kumi mengawali kariernya sebagai pesepak bola junior saat bergabung dalam SSS Butta Sinoa.

Pada 2014, Irfan tergabung dalam Tim Sepak Bola Porda Bantaeng. Dilanjutkan pada 2017 ke Persiban Bantaeng.


Keluarga

Pria 25 tahun ini, sudah memiliki dua anak dari seorang istri, Sri Lestari Dhanial. Bila ada waktu senggang, ia menghabiskannya bersama keluarga kecilnya.

Lihat saja beberapa foto yang diunggahnya di akun Instagram terverifikasi miliknya, terlihat Irfan mengajak istri dan kedua buah hatinya untuk berkumpul bersama. Entah itu di rumah atau di tempat wisata.


Olahraga

Walau sudah menjadi atlet sepak bola, namun Irfan Jaya tetap melatih otot-ototnya dengan olahraga yang lain. Seperti bersepeda atau sekadar berenang bersama kedua putranya.


Membaca

Kesibukannya di lapangan hijau, tak membuat Irfan Jaya jauh dari kedua anaknya. Irfan sesekali juga membacakan sebuah buku untuk putranya tersebut.


Mesra

Rupanya, Irfan Jaya merupakan pria romantis loh. Buktinya, saat mendapat kejutan ulang tahun ia tak segan memberikan kecupan kepada sang istri. Hal itu terlihat dari video yang diunggah sang istri di Instagramnya.

Tak hanya itu, ia juga mau berduaan dengan istri main ayunan. Lihat deh tatapan matanya ke istri, mesra ya.


Endorsement

Kesuksesannya di lapangan hijau membuat Irfan Jaya melebarkan sayapnya sebagai bintang endorsement. Dalam beberapa unggahan, pria yang menjadi penyerang sayap ini berpose dengan sebuah produk.

Pengakuan Kakak Laura Anna

Kakak Laura Anna Benarkan Sempat Minta Biaya Sebesar Rp 12,6 Miliar kepada Gaga Muhammad

Liputan6.com 2021-12-23 16:00:16
Laura Anna dan Greta Irene (Sumber: Instagram/edlnlaura)

Kakak Laura Anna, Greta Irene, mengungkapkan masalah somasi terhadap Gaga Muhammad yang sempat dilayangkan pihak keluarganya. Beredar kabar bahwa keluarga Laura Anna sempat meminta uang pengganti kerugian atas kecelakaan yang menyebabkan Laura Anna lumpuh.

Tak main-main, angka yang diminta keluarga Laura Anna itu mencapai Rp 12,6 M. Saat ditemui usai persidangan pada Kamis (23/12/2021), Greta Irene tidak membantah hal tersebut.

Greta Irene menegaskan bahwa nilai yang diajukan kepada keluarga Gaga Muhammad itu sudah melalui berbagai macam perhitungan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perhitungan

"Kita nggak langsung jalur hukum dan somasi, pertama sudah diomongin dulu pasti. Sudah kita hitung, sampai Laura umur 60 tahun," kata Greta Irene dilansir dari tayangan YouTube di kanal Sambel Lalap.

"Kita hitung perhari Laura butuh berapa, itu yang harus mereka bayar sampai Laura umurnya 60 tahun. Jangan lupa dihitung juga dengan inflasi uang ya, karena makin lama kan ada inflasi. Kita harus bayar suster, obat-obatan, dll," sambungnya.


Minta Tanggung Jawab

Pasalnya, pihak keluarga Laura Anna bersikeras menganggap bahwa kecelakaan yang menyebabkan adiknya lumpuh itu karena murni kelalaian dan kesalahan Gaga Muhammad. Oleh karenanya, ia meminta Gaga Muhammad untuk ikut bertanggung jawab menanggung biaya pengobatan Laura Anna.

"Itu harus diperhitungkan dong semuanya, ini kan tanggung jawabnya dia. Ini kan kelalaian dia, masa yang tanggung jawab semua kita," beber Greta Irene.


Tak Ditambah dan Dikurangi

Adapun untuk nilai yang cukup besar itu, Greta Irene menegaskan bahwa pihaknya mencatat segala biaya tersebut dengan sebenar-benarnya tanpa ada yang dikurangi dan ditambahkan.

"Kita hitung semua, nggak ngelebih-lebihin, nggak ngurang-ngurangin. Ada hitung-hitungannya, kita kasih dalam bulan pertama kita keluar berapa, kita kasih lihat dari pertama operasi, rumah sakit, dll," jelas Greta Irene lagi.

Tuntutan Nia Ramadhani

Nia Ramadhani Kaget Dituntut Setahun Rehabilitasi, Sambil Menangis Minta Keringanan Hukuman

Liputan6.com 2021-12-23 15:00:00
Selebritas Nia Ramadhani usai menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (9/12/2021). Sidang lanjutan tersebut mendengar keteranga

Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie, dituntut hukuman 1 tahun atau 12 bulan rehabilitasi terkait kasus narkoba yang menjeratnya. Mereka terbukti bersalah memiliki dan mengonsumsi narkotika golongan I jenis sabu.

Mendengar tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Nia Ramadhani mengaku kaget. Ia merasa tuntutan tersebut terlalu berat. "Kami sangat kaget dengan tuntutannya," kata Nia Ramadhani usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (23/22/2021).

Mengacu dari hasil asesmen yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan juga sopirnya, Zen Vivanto, dirujuk untuk menjalani rehabilitasi selama 3 bulan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Selebritas Nia Ramadhani saat menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (9/12/2021). Sidang lanjutan tersebut mendengar keterangan saksi ahli. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Namun ia kaget ketika tuntutan jaksa empat kali lipat dari hasil asesmen yakni 12 bulan atau setahun proses rehabilitasi narkoba.

"Kami minggu depan akan minta diberi keringanan karena harusnya berdasarkan hasil asesmen terpadu dari BNN kami dirujuk tiga bulan rehabilitasi tapi barusan tuntutannya tiba-tiba 12 bulan. Saya enggak tahu atas dasar apa," kata Nia sembari menangis.


Keringanan Hukuman

Nia Ramadhani berharap mendapat keringanan hukuman. Sehingga saat pembacaan vonis hukumannya lebih ringan dari tuntutan jaksa.

"Mudah-mudahan kami bisa diperlakukan sama seperti yang lainnya juga dan kami mendapatkan keadilan di sini dan tidak dipersusah, terima kasih," tuturnya.


Tuntutan Jaksa

Tiga terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba yakini Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan juga sang sopir, Zen Vivanto, dituntut hukuman 12 bulan rehabilitasi oleh JPU saat persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Kami selaku JPU menuntut Majelis Hakim agar menempatkan ketiga terdakwa, Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan Zen Vivanto di panti rehabilitasi medis RSKO, Cibubur, Jakarta Timur masing-masing selama 12 bulan," kata JPU saat membacakan tuntutannya.

Syuting Sinetron di Pengungsian Semeru

Dikecam Netizen, Pemeran Sinetron yang Shooting di Pengungsian Akhirnya Minta Maaf

Liputan6.com 2021-12-23 12:10:36
Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda (Instagram/christlaurent)

Usai mendapat kecaman dari netizen karena melakukan shooting di lokasi pengungsian erupsi Gunung Semeru, Rebecca Tamara dan Leo Consul, pemeran sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda, akhirnya meminta maaf.

Melalui akun Instagramnya masing-masing, baik Rebecca maupun Leo mengakui kesalahannya karena shooting di lokasi pengungsian.

"Assalamualaikum, Saya Rebecca, ingin meminta maaf sebesar-besarnya atas kejadian ini. Saya mengakui kesalahan Saya untuk menerima adegan tersebut sesuai arahan," tulis Rebecca.

Simak berita selengkapnya hanya di video berikut ini.

Obat Penangkal Omicron

Amerika Izinkan Penggunaan Obat COVID-19 Paxlovid Sebagai Upaya Lawan Omicron

Liputan6.com 2021-12-23 16:54:42
Obat COVID-19 Paxlovid buatan Pfizer. (Dok. Pfizer)

Pfizer Inc segera memproduksi obat COVID-19 Paxlovid setelah Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengizinkan pil untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas itu, sebagai salah satu upaya menangkal varian Omicron.

Obat antivirus Paxlovid diklaim hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data dari uji klinis perusahaan. Data lab terbaru menunjukkan bahwa Paxlovid tetap efektif melawan Omicron, menurut pihak Pfizer pada Kamis (23/12/2021).

Pfizer menaikkan proyeksi produksi Paxlovid pada 2022 menjadi 120 juta dari sebelumnya hanya 80 juta pil, dan mengatakan siap untuk memulai pengiriman di Amerika Serikat.

Sebelumnya, ada obat antivirus yang juga digadang-gadang sebagai obat COVID-19 yakni ritonavir.

Koordinator respons COVID-19 Gedung Putih Jeff Zients mengatakan pemerintah AS akan memiliki 265.000 kursus perawatan yang tersedia pada Januari 2022 dan pasokan akan meningkat pada bulan-bulan berikutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perangi Omicron

Pemerintah AS mengharapkan akan mengadakan 10 juta kursus yang telah dipesan dalam waktu enam bulan. Pfizer mengaku memiliki 180.000 kursus perawatan yang siap dikirimkan dengan kontrak pemerintah AS untuk 10 juta kursus obat dihargai 530 dolar AS per kursus.

Keputusan FDA mengeluarkan otorisasi darurat untuk perawatan itu hadir ketika AS memerangi lonjakan kasus COVID-19 yang didorong oleh varian Omicron, dengan Presiden Joe Biden mengumumkan rencana untuk lebih banyak vaksinasi dan situs pengujian federal.

Obat ini dapat mengisi celah pengobatan yang dibuka oleh varian Omicron, kata William Schaffner, ahli penyakit menular terkemuka dari Vanderbilt University School of Medicine. "Perawatan antibodi monoklonal yang paling banyak digunakan untuk COVID-19 terbukti kurang efektif dalam memerangi varian dan ada persediaan terbatas dari satu perawatan tersisa yang berfungsi, katanya."

Antibodi monoklonal biasanya diberikan secara intravena di rumah sakit, tidak tersedia secara luas dan lebih dari dua kali harga pil Pfizer.


Untuk Penggunaan Darurat

Varian Omicron, pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan dan Hong Kong pada November 2021, telah menyebar ke seluruh dunia dan sekarang merupakan lebih dari 70 persen kasus virus corona baru di Amerika Serikat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Infeksi dan vaksin sebelumnya telah ditunjukkan dalam penelitian hanya sebagian mencegah infeksi dari varian, meskipun suntikan booster memang meningkatkan perlindungan.

FDA mengatakan pihaknya mengizinkan Paxlovid untuk penggunaan darurat pengobatan penyakit ringan hingga sedang pada orang dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas yang berisiko tinggi untuk berkembang menjadi COVID-19 yang parah.

Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan harus dimulai sesegera mungkin setelah diagnosis COVID-19 dan dalam waktu lima hari setelah timbulnya gejala, kata FDA. Pil dimaksudkan untuk diminum setiap 12 jam selama lima hari.

Sementara uji klinis tidak termasuk pasien di bawah usia 18 tahun, kata Pfizer, rejimen dosis orang dewasa yang berwenang diharapkan menghasilkan tingkat konsentrasi obat yang sebanding dalam darah pada pasien anak 12 dan lebih tua dengan berat setidaknya 40 kg (88,2 lbs).

Obat kedua, ritonavir, diketahui berinteraksi dengan beberapa obat resep lainnya. Pfizer mengatakan bahwa itu harus dapat dikelola dan menyarankan sebagian besar pasien akan dapat menurunkan dosis obat mereka yang lain saat dirawat untuk COVID-19.

Pfizer mengatakan pihaknya berencana untuk mengajukan aplikasi obat baru dengan FDA pada tahun 2022 mencari persetujuan peraturan penuh.

Pfizer telah setuju untuk mengizinkan produsen generik untuk memasok versi pengobatan ke 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patent Pool (MPP).

Pil saingan dari Merck & Co (MRK.N) sedang ditinjau oleh FDA. Obat, molnupiravir, yang dikembangkan dengan Ridgeback Biotherapeutics, mengurangi risiko rawat inap dan kematian sebesar 30% dalam uji coba.

Saham Pfizer berakhir naik lebih dari 1persen pada 59,45 dolar AS pada hari Rabu.


Infografis Deretan Kandidat Obat Covid-19

 

Bayar Utang Negara dengan Teh

Negara Ini Ingin Bayar Utang dengan Teh

Liputan6.com 2021-12-23 13:50:38
Ilustrasi kebun teh (sumber: iStockphoto)

Sri Lanka berencana untuk melunasi utang impor minyaknya dengan Iran dalam bentuk teh. Nilai utang Sri Lanka mencapai USD 251 juta.

Dikutip dari BBC, Kamis (23/12/2021) Menteri Perkebunan Sri Lanka, Ramesh Pathirana mengatakan negaranya berencana mengirim teh senilai USD 5 juta Ke Iran setiap bulan untuk melunasi utang sebesar USD 251 juta.

"Kami berharap dapat mengirim teh senilai USD 5 juta setiap bulan untuk pembayaran ke Iran atas pembelian minyak - tertunda sejak empat tahun terakhir," kata Pathirana kepada kantor berita Reuters.

Diketahui, Sri Lanka mengalami krisis utang dan valuta asing yang parah, yang diperparah dengan hilangnya pendapatan turis selama pandemi COVID-19.

Seorang anggota dewan teh negara itu mengatakan ini adalah pertama kalinya teh dibarter untuk melunasi utang luar negeri.

Pathirana menjelaskan, metode pembayaran tersebut tidak akan melanggar sanksi PBB atau AS, karena teh dikategorikan sebagai makanan atas dasar kemanusiaan, dan tidak ada bank Iran yang masuk daftar hitam yang akan terlibat.

"Skema yang direkomendasikan akan menghemat mata uang asing yang sangat dibutuhkan Sri Lanka karena penyelesaian ke Iran akan dilakukan dalam rupee Sri Lanka melalui penjualan Teh Ceylon," jelas Kementerian Perkebunan negara itu.


Risiko Tidak Dapat Untung

Namun, juru bicara Asosiasi Pekebun Teh Ceylon di Sri Lanka, yang mencakup semua perusahaan perkebunan besar di negara itu, mengatakan mode transaksi ini adalah "solusi plester (yang menempel) oleh pemerintah".

"Itu belum tentu menguntungkan eksportir karena kami akan dibayar dalam rupee, menghindari pasar bebas, dan tidak memberikan nilai nyata bagi kami," ujar Roshan Rajadurai.

Sri Lanka dilaporkan harus membayar utang sekitar USD 4,5 tahun depan, dimulai dengan pembayaran obligasi negara internasional senilai USD 500 juta pada Januari 2022.

Namun, cadangan devisa negara itu menyusut menjadi USD 1,6 miliar pada akhir November 2021, menurut data terbaru dari bank sentral.

Gubernur Bank Sentral Sri Lanka, Ajith Nivard Cabraal mengatakan awal bulan ini bahwa pihaknya yakin dapat "dengan mulus" membayar semua utang negara yang jatuh tempo pada 2022.

Sri Lanka menghasilkan sekitar 340 juta kg teh setiap tahun.

Tahun lalu, negara tersebut mengekspor 265,5 juta kg teh, dengan pendapatan USD 1,24 miliar pada 2020.

Hampir 5 persen penduduk Sri Lanka bekerja di industri bernilai miliaran dolar tersebut, memetik daun di lereng gunung dan mengolah teh di pabrik perkebunan.

Karantina Mandiri Hingga Rp 19 Juta

HEADLINE: Karantina Mandiri di Hotel Mulai Rp6 Juta, Upaya Rem Mobilitas ke Luar Negeri?

Liputan6.com 2021-12-24 00:01:08
Aktivitas warga terkonfirmasi COVID-19 di Rumah Karantina COVID-19 Hotel Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (17/6/2021). Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular L

Pelaku perjalanan luar negeri yang melakukan perjalanan mandiri sesampainya di Tanah Air wajib menjalani karantina. Menurut aturan terbaru dari pemerintah, karantina yang mesti dijalani selama 10 hari dan 14 hari. Ini demi mencegah penularan COVID-19 dari luar masuk ke dalam negeri.

Mengingat perjalanan yang dilakukan adalah urusan pribadi maka biaya karantina hotel dibebankan ke masing-masing orang. Pengecualian berlaku bagi tiga kelompok WNI, yaitu PMI, pelajar yang telah menyelesaikan studi di luar negeri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kembali dari perjalanan dinas keluar negeri. Tiga kelompok ini mendapatkan fasilitas gratis atau yang ditanggung Pemerintah di Wisma Atlet dan rusun.

Aturan ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 25 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) huruf F Nomor 4 Poin G bertanggal 14 Desember 2021.

"Warga negara Indonesia yang tidak termasuk kriteria yang disebut dipersilakan menjalani karantina di tempat akomodasi karantina atau hotel yang mendapatkan rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia," tutur Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Hery Trianto.

Pemerintah menyediakan opsi karantina mandiri bisa di hotel bintang dua hingga bintang 5 bahkan luxury. Pagu yang ditetapkan mulai dari Rp6 juta hingga Rp26 juta.

Tarif hotel karantina ada yang untuk 10 hari dan 14 hari bersumber dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Tarif Hotel Karantina untuk 9 malam 10 hari:

Bintang 2: Rp6.750.000-Rp7.240.000

Bintang 3: Rp7.740.000-Rp9.175.000

Bintang 4: Rp9.225.000-Rp11.425.000

Bintang 5: Rp12.425.000-Rp 16.000.000

Luxury: Rp17.000.000-Rp21.000.000

Tarif Hotel Karantina untuk 13 malam 14 hari:

Bintang 2: Rp9.050.000-Rp9.900.000

Bintang 3: Rp10.400.000-Rp11.525.000

Bintang 4: Rp12.525.000-Rp14.965.000

Bintang 5: Rp16.965.000-Rp21.500.000

Luxury: Rp 23.500.000-Rp26.500.000

Berdasarkan data PHRI ada 16.588 kamar hotel karantina yang diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan luar negeri untuk tujuan wisata.

Dari jumlah 16.588 kamar tersebut, Koordinator Hotel Repatriasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Vivi Herlambang mengatakan, keterisian kamar per 23 Desember 2021 sudah di angka 56,19 persen (9.322 kamar). Masih ada 7.266 kamar tersedia (43,81 persen).

"Karantina yang PHRI sediakan adalah karantina di hotel. Artinya, karantina mandiri. Per tanggal hari ini, 23 Desember 2021, baru sebanyak 56,19 persen keterisiannya. Ya, masih ada 43,81 persen lagi yang masih tersedia atau 7.266 kamar," ungkap Vivi saat dialog Kupas Tuntas Prosedur Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Kamis (23/12/2021).

Untuk jumlah hotel karantina, antara lain, hotel bintang 2-3 ada 58, bintang 4 ada 46 hotel, dan hotel bintang 5 ada 31 hotel. Total hotel karantina seluruhnya sebanyak 135 hotel.

Infografis Tarif Kamar Hotel Karantina Mandiri (Liputan6.com/Triyasni)

Tarif Hotel Karantina Dianggap Mahal

Banyak Warga Negara Indonesia (WNI) mengeluhkan tarif hotel selama 10 hari terlampau mahal. Terlebih, ada opsi penambahan masa karantina menjadi 14 hari jika situasi persebaran varian Omicron kian meluas.

Menanggapi itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan tarif hotel karantina sudah disesuaikan dengan standar keuangan Pemerintah.

"Selama masa pandemi, kepada masyarakat yang menempuh perjalanan keluar negeri karena alasan berlibur, harap mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk karantina wajib tersebut," kata Wiku dalam konferensi pers Selasa, 21 Desember 2021.

Senada dengan Wiku, anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyatakan pemerintah sudah merinci secara komprehensif komponen biaya apa saja terkait karantina warga yang baru datang dari luar negeri.

"Keputusan pemerintah soal karantina mandiri sudah komprehensif. Sudah diperhitungkan matang," kata Rahmad saat dikonfirmasi, Kamis (23/12/2021).

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay menyatakan tingginya tarif karantina mandiri yang kini menuai polemik harus menjadi bahan instropeksi pemerintah. Saleh menyebut kebijakan penerapan tarif karantina mandiri perlu dikaji ulang.

"Tentu banyak kritik karena biayanya mahal sekali, itu perlu diurai, dijelaskan kembali oleh pemerintah kepada kita sehingga tudingan masyarakat bisa minimalisir. Jadi perlu dikaji ulang lagi," kata Saleh saat dihubungi, Kamis (23/12/2021).

Saleh menyebut pemerintah perlu melihat perbandingan dengan sistem karantina negara lain dan kemampuan masyarakat Indonesia.

"Apalagi dibandingkan negara lain, saya dengar tidak ada karantina kalau hasilnya negatif. Sementara orang ke luar negeri hanya 3-4 hari, cuma sebentar, tapi karantina lebih lama. Ongkos keluar negeri misal Rp9 juta PP tapi karantina lebih mahal. Maka enggak heran banyak pertanyaan muncul," kata dia.

"Apakah karantina ini apa betul bisa mengantisipasi virus dari luar ini, apa betul Omicron bisa diantispasi. Apalagi ada asumsi kan seakan-akan kerjasama dengan hotel, ini yang perlu dijelaskan pemerintah," ujar dia.

Selain itu, politikus PAN ini mendukung agar hanya TKI dan pelajar yang mendapat karantina di Wisma Atlet. Ia menyebut wisatawan tentu mampu untuk karantina mandiri.


PHRI: Sebenarnya Murah Banget

Bila dilihat secara teperinci tarif karantina hotel untuk 10 malam sebenarnya sudah murah. Dari harga tersebut, pelaku perjalanan, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) pun mendapatkan paket karantina tes PCR 2 kali hingga jaminan keamanan seperti disampaikan Vivi Herlambang, Koordinator Hotel Repatriasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

"Kalau dibilang mahal, berapa angka mahalnya? Dari mana mahalnya? Sebenarnya, untuk 10 hari bisa Rp6,75 juta (hotel bintang 2). Itu harganya sudah mencakup makan 3 kali (sarapan, makan siang, makan malam), laundry, penjemputan bandara, dan keamanan," beber Vivi saat dihubungi Health Liputan6.commelalui sambungan telepon, Rabu (22/12/2021).

Tarif hotel karantina yang ada pun sudah termasuk pajak pelayanan. Namun, pelaku perjalanan memang tidak diperkenankan hanya memesan kamar saja (room only).

"Semua (tarif) di dalamnya, harganya sudah termasuktax service (pajak pelayanan). Dan tidak boleh pesan room only, itu memang tidak boleh," jelas Vivi.

Lebih lanjut, Vivi berpandangan, masyarakat menilai tarif hotel karantina mahal melihat dari durasi karantina yang 10 hari. Pemilihan hotel dibebaskan oleh masing-masing individu dan bisa dipesan jauh-jauh hari melalui situs https://quarantinehotelsjakarta.com/hotels.html.

"Kalau mau yang murah-murah ya Rp6 juta. Itu termasuk di dalamnya 21 persentax service. Ya, jadi sebenarnya murah banget. Keamanan ada, PCR juga sudah 2 kali, makan 3 kali," ucapnya.

Vivi Herlambang merespons sosialisasi kepada pelaku perjalanan keluar negeri sudah banyak.

Setelah diamati, rupanya pelaku perjalanan keluar negeri, ada yang tidak atau belum memesan hotel karantina. Padahal, mereka seharusnya dapat memesan jauh-jauh hari.

"Kalau untuk sosialisasi kan sekarang banyak sih. Sebenarnya, sosialisasi sudah banyak, tetapi masyarakat Indonesia yang keluar, sebelumnya enggak mesan dulu," Vivi menerangkan.

"Paling karantina, mereka mikirnya, hanya 2 hari, 3 malam atau 5 malam. Nah, sekarang tiba-tiba berubah menjadi 10 hari. Makanya, mereka juga mintanya (karantina) digratiskan, maunya di Wisma Atlet Pademangan, enggak mau di hotel."

Oleh karena itu, Vivi menyarankan, bagi WNI yang pergi keluar negeri, sebelum pulang harus sudah punya tempat karantina hotel.

"Ya, tidak harus dipesankan, bisa pesan sendiri. Ada yang Rp10 juta, tertinggi Rp17 juta juga ada," pungkasnya.


Karantina Hotel Terkesan Mahal Bikin Orang Enggan Bepergian

Adanya karantina serta biaya yang dikeluarkan untuk karantina mandiri di hotel menurut epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman bisa mengerem mobilitas masuk dan ke luar Indonesia. Paling tidak, masyarakat jadi berpikir ulang bepergian.

"Tentu akan mengerem, setidaknya akan membuat berpikir ulang orang untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk yang mau pulang ke Indonesia. Ini sisi positifnya," kata Dicky.

Di sisi lain, pada orang yang sudah amat sangat ingin bepergian ke luar negeri misalnya untuk berlibur hal itu tidak menjadi penghalang. Bisa saja tetap pergi ke luar negeri nanti saat kembali memilih karantina mandiri di hotel dengan harga yang paling rendah.

Dicky juga menyarankan agar ada aturan tambahan untuk mengurangi mobilitas orang masuk dan keluar dari Indonesia. Misalnya, menurut Dicky kebijakan yang bisa dilakukan saat ini yakni bagi yang tidak terlalu (urgent) orang tapi mau masuk atau keluar Indonesia harus sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga. Sementara bagi pekerja migran bisa tetap masuk RI dengan dua dosis vaksin COVID-19.

"Bila ingin membatasi WNI atau WNA melakukan perjalanan boleh ditambahkan aturan tiga dosis," kata Dicky lewat pesan suara ke Health Liputan6.com,pada Kamis (23/12/2021).

Menurut Dicky dengan adanya aturan tambahan sudah mendapatkan dosis vaksin ketiga COVID-19 akan jadi cara elegan dalam membatasi pelaku perjalanan dalam situasi krisis ini.

"Ya memang bakal sedikit banget (yang melakukan perjalanan masuk ke Indonesia) tapi ini cara elegan untuk membatasi dalam situasi krisis ini. Kita tidak menutup diri tapi memperkuat kriteria," katanya.


Buka Opsi Karantina Selain di Hotel

Dicky mengatakan pemerintah sebaiknya membuka opsi bukan hanya hotel yang bisa jadi tempat karantina mandiri. Bisa juga di wisma milik swasta atau milik kementerian atau lembaga. Bahkan wisma punya organisasi masyarakat pun sebenarnya bisa jadi tempat karantina mandiri asalkan memenuhi standar karantina.

"Asal, tempatnya memenuhi standar, prosedur karantina termasuk dalam pengelolaan dan manajemen karantina," lanjut Dicky.

Selain itu, tempat karantina mandiri bisa dilakukan selain di hotel asalkan pengelola juga sudah dilatih dan dipastikan memenuhi syarat. Tak ketinggalan saat berjalannya karantina ada monitoring.

"Sehingga, tidak terjadi monopoli dan kelangkaan (tempat karantina mandiri). Ada daftarnya, masyarakat bisa memilih," kata Dicky.

Di rumah pun bisa jadi opsi masyarakat melakukan karantina mandiri. Asalkan pemerintah sudah membuat syarat siapa saja yang bisa melakukan karantina di rumah. Misalnya ada orang di rumah yang jadi penanggung jawab, seluruh anggota di rumah sudah divaksinasi dua kali, tidak ada komorbid serta ada koordinasi dengan dinas kesehatan selama melakukan karantina mandiri.


Mengaku Pekerja Migran agar Karantina Gratis

Di tengah pro kontra tarif karantina hotel, fakta menunjukkan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 21 Desember mengatakan sekitar 4 ribu orang pergi ke luar negeri setiap hari di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Di sisi lain, WNI yang masuk ke Indonesia beberapa waktu terakhir juga alami peningkatan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyayangkan banyaknya pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang meminta untuk di karantina di Wisma Altet. Alasannya, karena karantina di Wisma Atlet gratis.

Padahal, kata Luhut, berdasarkan penelusuran Polda Metro Jaya, sejumlah warga tersebut pergi ke luar negeri untuk liburan dan belanja. Dia pun menyayangkan adanya video yang menunjukkan para pelaku perjalanan seolah-olah terlantar di Soekarno-Hatta.

"Jangan ada yang membuat atau ngarang-ngarang berita yang belum lengkap, saya sudah minta ke Polda Metro melakukan razia di lapangan terbang Soekarno-Hatta ternyata banyak yang membuat sebaran video itu. Banyak yang belanja ke luar negeri, shopping tidak mau karantina di hotel padahal dia bisa. Dia minta supaya dia di karantina Wisma Atlet supaya gratis," ujar Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/12/2021).

Kondisi yang dikatakan Luhut, diperkuat oleh Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto. Menurut Hery, ada sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri dan ingin dianggap sebagai pekerja migran. Mereka tak mau karantina mandiri di hotel.

Padahal, WNI yang bersangkutan menghabiskan perjalanan luar negeri dengan tujuan berwisata. Bagi mereka yang keluar negeri untuk pelesiran, sebagaimana aturan yang berlaku adalah karantina di hotel/penginapan dengan biaya sendiri.

"Kami menemui begitu banyak pelaku perjalanan yang berusaha memanfaatkan situasi untuk bisa mendapatkan fasilitas karantina secara gratis," ungkap Hery saat dialog Kupas Tuntas Prosedur Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Kamis (23/12/2021).

"Sekelompok masyarakat ini ingin dianggap sebagai pekerja migran, walaupun mereka bepergian dari luar negeri itu seminggu atau dua minggu. Dengan berbagai alasan, mereka tidak mau memanfaatkan fasilitas karantina di hotel."

Luhut menekankan Pemerintah akan menindak para pelaku perjalanan luar negeri yang mampu melakukan karantina di hotel, namun karantina di Wisma Atlet karena gratis.


Karantina Efektif Mencegah Varian COVID-19 Baru Masuk RI

Ahli epidemiologi Masdalina Pane mengatakan bahwa jika melihat Undang-Undang Karantina, seharusnya karantina ditanggung pemerintah.

"Karantina itu menurut undang-undang adalah tanggung jawab pemerintah, sekarang pemerintah enggak punya uang buat karantina tapi punya uang buat PCR. Kalau untuk bisnisnya dia punya uang tapi untuk masyarakatnya dia tidak punya uang," kata Masdalina kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis, 23 Desember 2021.

Karantina tetap menjadi tanggung jawab pemerintah kecuali pemerintah mengeluarkan regulasi yang tidak memperbolehkan masyarakat pergi ke luar negeri. Jadi, jika ada masyarakat yang harus pergi ke luar negeri maka ia harus memenuhi ketentuan pemerintah salah satunya membayar karantina.

Jika dilihat dari sisi efektivitas, karantina memang pengendalian di hulu. Pengendalian pertama adalah mencegah Variant of Concern (VOC) termasuk Omicron agar tidak masuk ke Indonesia.

"Berapa lama pemberlakuannya? Satu kali masa inkubasi terpanjang. Masa inkubasi terpanjang COVID-19 adalah 14 hari. Ini dilakukan jika terdapat VOC yang bersirkulasi di dunia, sejauh ini dua VOC yang bersirkulasi di dunia adalah Delta dan Omicron," katanya.

Pencegahan di hulu, perlu juga dibarengi dengan keterbukaan kondisi wabah. Hal ini berkaitan dengan data terkait jumlah kasus dan hal lainnya.

"Itu harus diumumkan secara terbuka. Sejauh ini pencegahan di hulu yang kita lakukan masih cukup efektif. Ini diindikasikan dengan temuan kasus baru Omicron di pintu masuk, belum ada yang di komunitas. Dengan karantina 14 hari virus itu mati sendiri di tubuh yang terinfeksi," kata Masdalina.

Inti utama memutus rantai penularan adalah isolasi dan karantina. Isolasi pada mereka yang positif dan karantina pada mereka yang kontak erat atau pelaku perjalanan luar negeri.

"Apakah karantina sebelum 14 hari cukup? Cukup karena 14 hari itu masa inkubasi terpanjang, yang kurang dari 14 hari dapat dibantu dengan penerapan protokol kesehatan," Masdalina menambahkan.

Selanjutnya Luhut mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri yang tidak esensial. Hal ini untuk mencegah penyebaran varian Omicron di Indonesia.

"Saya ulangi pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri karena begitu parahnya keadaan sekarang mengenai Omicron di seluruh dunia," kata Luhut.

Berdasarkan data WHO, Omicron sudah terdeteksi di 89 negara. Pemerintah Indonesia mengumumkan kasus pertama Omicron pada 15 Desember 2021.